Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 34: Tidak Percaya Hukum Sebab Akibat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan sikapku, apakah aku harus menerima atau menolak Hukum Sebab Akibat?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terdapat dua bidang ilmu yang saya ketaui membahas tentang hukum sebab akibat. Yang pertama adalah fisika. Issac Newton memiliki tiga Hukum Newton tentang gaya di dalam fisika. Hukum Newton ketiga menyatakan aksi-reaksi atau sering disebut hukum sebab akibat. Suatu gaya yang terjadi pasti memiliki sebab juga memiliki akibat. Tidak ada gaya yang muncul secara tiba-tiba tanpa sebab. Juga tidak ada gaya yang diciptakan yang tidak memiliki akibat. Baik itu sebab-akibat yang positif maupun negatif.
    Yang kedua yaitu di dalam spiritual khususnya di dalam agama islam. Islam meyakini bahwa Alam semesta beserta isinya ini diciptakan oleh Allah SW, Tuhan yang maha Esa. Jadi alam semesta ini ada disebabkan kuasa Allah sebagai penciptanya. Contoh sebab dan akibat yang lain adalah firman Allah SWT yang intinya tidaklah suatu kaum itu nasibnya dapat berubah kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap usaha yang manusia lakukan pasti berakibat pada nasibnya di dalam kehidupan ini. Begitu pula sebaliknya nasibnya di kehidupan ini disebabkan oleh perbuatan atauusaha yang ia lakukan sendiri.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete