Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

15 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Pertanyaan yang muncul di dalam pikiran kita itu sangat banyak. Sehingga jawaban untuk pertanyan itu juga perlu diperhatikan. Jawaban yang tepat adalah jawaban yang sesuai dengan ruang dan waktu, perlu atau tidaknya memberikan jawaban juga disesuaikan dengan ruang dan waktu. Tidak semua pertanyaan itu memerlukan jawaban. Maksudnya adalah jika dirasa tidak perlu untuk dijawab sebaiknya tidak dijawab. Apalagi jika jawaban kita dapat berakibat buruk bagi orang lain. Oleh karena itu, ktia perlu menyadari bahwa dalam menjawab pertanyaan itu harus sesuai ruang dan waktu. Bahkan apabila jawaban kita akan berdampak buruk bagi orang lain maka jawaban itu tidak perlu untuk dijawab.

    ReplyDelete
  2. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Rasulullah SAW telah mengatakan bahwa untuk dapat menjawab segala pertanyaan kita hanya ada dua yang patut untuk kita jadikan pedoman yaitu Al Qur’an (kitab Allah SWT) dan Sunah (perilaku dan ucapan Rasul). Ketika kita tidak mampu menemukan jawaban di antara keduanya, maka kita perlu bertanya kepada orang yang kita anggap sebagai ahlinya, baru yang paling akhir kita perlu memikirkan dan menanyakan kepada hati kita apakah yang seharusnya kita lakukan untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kita.

    ReplyDelete
  3. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Kita semua punya begitu banyak pertanyaan yang tersimpan di dalam kepala. Tanpa sadar, kita melakukan beragam cara untuk meminta penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, hingga sering kali lupa, tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang sekiranya mampu membuat kita puas. Tidak semua pertanyaan ada jawabannya. Oleh karena itulah sampai saat ini manusia perlu untuk belajar.

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Pertanyaan merupakan pondamen dari pada ilmu. Maka ketika kita ingin memperoleh ilmu, kita harus memulainya dengan berpikir kritis dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Sebagai sebuah pondamen, tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban. Ibarat membuat rumah, ketika sudah ada pondamennya, tidak masalah apakah akan dilanjutkan membuat rumah, atau didiamkan begitu saja. Dan lagi, pertanyaan asalnya dari pikiran, dimana pikiran tidak akan melampaui hati. Maka ketika pertanyaan-pertanyaan tersebut tentang hati, tentang perasaan, dan tentang keyakinan kita maka terkadang kita tidak memerlukan jawabannya.

    ReplyDelete
  5. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban, ada yang memang membutuhkan jawaban dan ada yang tidak membutuhkan jawaban. Pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban jika itu merupakan sebuah pernyataan yang dibuat dalam bentuk pertanyaan. Tetapi setiap pertanyaan di dunia pasti memiliki jawaban baik itu jawaban yang diberikan langsung, maupun jawaban yang tertulis maupun yang tersirat.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut saya, tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban. Ada pertanyaan-pertanyaan yang memang tidak mampu untuk dijawab oleh manusia, pertanyaan yang menyangkut akidah suatu agama misalnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya mampu dijawab oleh sang Pencipta, sehingga jika manusia terus menerus mempertanyakannya malah akan tersesat. Contoh lainnya adalah pertanyaan mengenai awal terbentuknya alam semseta ini. Pertanyaan tersebut masih menjadi misteri samapai saat ini, jawabannya hanya merupakan dugana, dan mungkin kita tidak akan benarbenar tahu menganai jawabannya.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Tidak semua pertanyaan berjodoh dengan jawaban. Dan untuk memahaminya, terkadang yang kita butuhkan hanyalah merasa dan mengedepankan intuisi, membuka seluruh panca indera untuk dengan rela melihat proses sebagai bagian yang lebih penting dari sebuah tujuan.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya semua pertanyaan membutuhkan jawaban. Meski bukan serta merta jawaban dari pertanyaan itu bersifat linear, atau jawaban dari pertanyaan itu langsung menyertai pertanyaan, bisa jadi jawaban dari pertanyaan tersebut terkandung dalam pertanyaan. Jikapun suatu pertanyaan tidak dapat ditemukan jawabannya karena keerbatasan pikir manusia sehingga tidak menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya tidak menjawab adalah sebuah jawaban. Sehingga menurut saya semua pertanyaan pasti membutuhkan jawabannya.

    ReplyDelete
  9. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban, karena kadang ada suatu pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. contohnya pertanyaan dari seseorang yang sudah mengetahui jawabannya dan orang tersebut hanya butuh pendapat dari orang lain yang sama dan yang yang tidak sama dengannya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  10. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Setiap pertanyaan adalah ilmu, maka setiap pertanyaan itu memerlukan jawaban. Bagaimana dengan pertanyaan yang tidak bisa dijawab? Seperti yang telah Pak Marsigit sampaikan bahwa tidak ada jawaban pun itulah jawabannya. Sehingga, setiap apapun petanyaan, pasti bisa kita jawab. Seperti contohnya pada perempuan jawa yang ketika ditanya oleh calon suaminya ‘apakah kau mau menjadi istri ku?’, tetapi perempuan tersebut hanya diam dan senyum tanpa memberikan jawaban apapun, itu artinya si perempuan mau menjadi istri dari seorang laki-laki tersebut.

    ReplyDelete
  11. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ilmu pengetahuan dimulai dengan adanya pertanyaan. Merupakan hakekat manusia apabila selalu diliputi pertanyaan dan rasa ingin tahu. Tentunya sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seseorang membutuhkan suatu jawaban untuk mengobati ketidaktahuannya. Karena mencari jawabanlah manusia melakukan berbagai macam dugaan, percobaan dan upaya lainnya untuk menemukan suatu jawaban.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Bila pertanyaan yang dimaksud adalah apakah semua pertanyaan memiliki jawaban maka jawabannya adalah iya, sebab ketika tidak memberi jawaban atau menolak menjawab pun juga merupakan jawaban. Namun, bila pertanyaan yang diberikan adalah apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawaban maka saya akan menjawab tidak semua memerlukan jawaban apalagi bila pertanyaan kepastian tentang sesuatu yang tidak diketahui secara pasti kapan dan bagaimananya.

    ReplyDelete
  13. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Apakah semua pertanyaan membutuhkan jawaban? Menurut saya pertanyaan tersebut tidak memerlukan jawaban yang mutlak. Kadang bersifat perlu kadang bersifat tidak perlu. Pertanyaan ada yang membutuhkan jawaban namun kadang sebaiknya sebuah pertanyaan dibiarkan tetap menjadi pertanyaan dan menjadi bahan pemikiran dan jawaban masing-masing yang cukup dijawab dalam hati. Jawaban tak terlihat. Sehingga semua pertanyaan memerlukan jawaban, hanya saja jawaban itu bisa ada bisa juga tidak ada.

    ReplyDelete
  14. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Apakah semua pertanyaan harus memiliki jawaban? Menurut saya, adalah iya, semua pertanyaan harus memiliki jawaban. Akan tetapi terkadang beberapa jawaban hanya perlu dijawab dengan, "pikiran manusia belum dapat menggapainya." Setiap manusia pasti memiliki pertanyaan-pertanyaan yang senantiasa terngiang-ngiang di pikiran. Sebagai manusia yang diberikan potensi akal untuk berpikir, merupakan hal yang wajar apabila kita terus mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan proses pencarian jawaban tersebut, apabila tidak tersesat, manusia menjadi lebih bijaksana dan lebih menghargai hakikat hidup. Tetapi ada kalanya, beberapa pertanyaan itu tidak dapat dijawab. Apa yang sebaiknya dilakukan? Yang sebaiknya dilakukan adalah tentunya meminta bantuan pada orang lain yang lebih tau. Jika setelah meminta bantuan beberapa orang pun belum ditemukan jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan, sebainya kita merasa legowo dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan, "Pikiran manusia memang belum dapat menggapainya. Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, tentu saja pikiranku ada batasnya. Semoga aku ikhlas akan hal ini." Tidak semua hal yang kita tanyakan memiliki jawaban yang kita inginkan. Kita hanya harus ikhlas menerima kenyataan bahwa pikiran manusia itu tidak sempurna. Ketidaksempurnaan inilah yang membuat manusia menjadi sempurna. Karena manusia sempurna dalam ketidaksempurnaannya.

    ReplyDelete
  15. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pertanyaan muncul tentu untuk memperoleh jawaban. Apa yang mendasari sebuah pertanyaan muncul dapat berlandaskan kepada rasa ingin tahu atau ketidaksesuaian antara yang dipikirkan dengan apa yang dirasakan. Namun, tidak semua pertanyaan serta merta dapat terjawab, butuh proses untuk menemukan sebuah jawaban tepat atas pertanyaan. Setiap pertanyaan memiliki jawaban, jikalau ada yang mengatakan bahwa ada pertanyaan yang tidak memiliki jawaban, itu berarti usaha dalam memperoleh jawaban tersebut belumlah sungguh-sungguh atau memang, Allah menyembunyikan jawaban sehingga terhindar dari jebakan pertanyaan.

    ReplyDelete