Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

8 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hampir setiap elegi yang ada di blog ini selalu memunculkan sesosok orang tua berambut putih yang tak lain merupakan reinkarnasi sebuah ilmu pengetahuan. Sosok tersebut akan muncul setiap tedapat seseorang yang bertanya. Apapun pertanyaan yang diajukan pasti akan dijawabnya. Namun, pada suatu ketika, dia tidak mampu menjawab pertanyaannya sendiri, dan dia menjadi bingung karenanya. Keadaan ini layaknya sebuah kontradiksi, ya memang begitulah adanya. Karena kita hidup di dunia yang terikat oleh ruang dan waktu, yang menurunkan sifat kontradiksi. Untuk dapat menjawab semua pertanyaan, maka belajarlah, belajar belajar dan belajar. Tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Kita belajar untuk mencari jawaban semua pertanyaan yang ada di benak kita.

    ReplyDelete
  2. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas c 2016

    Munculnya berbagai pertanyaan adalah karena adanya proses berpikir, yaitu berpikir kritis dan kreatif. Ketika seseorang tidak memiliki pertanyaan lagi di dalam hidupnya, maka sama saja dengan pengetahuannya yang mandheg. Karena lahirnya pengetahuan adalah dari adanya pertanyaan yang menggiring manusia untuk menemukan jawabannya. Namun, ada kalanya pertanyaan itu tidak bisa semuanya dijawab, mungkin karena terjadinya sebuah kontradiksi. Maka manusia harus tetap belajar dan belajar karena semakin sering kita bertanya, menemukan kontradiksi, maka kita akan memperoleh pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  3. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menurut saya jawaban dari pertanyaan ‘apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawaban?’ adalah tergantung ruang dan waktu. Pertanyaan tersebut bisa saya jawab ‘tidak’ dan jua bisa saya jawab ‘ya’. Contoh kasus bahwa setiap pertannyaan itu tidak memerlukan jawaban adalah ketika di dalam perkuliahan seorang mahasiswa menanyakan peranyaan yang tidak relevan dengan topik yang sedang dipelajari, maka dosen tidak perlu menjawabnya. Contoh lain adalah dalam bahasa inggris yang disebut question tag. Atau yang disebut sebagai pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Karena si penanya sebenarnya sudah mengetahui informasinya tetapi hanya meyakinkan informasi tersebut.
    Contoh kasus bahwa setiap pertanyaan memelukan jawaban adalah ketika seorang mahasiswa yang bertanya pada dosen tentang hal yang tidak relevan dengan topik perkuliahan, setidaknya hal tersebut memerlukan jawaban dosen apakah dosen bersedia atau tidak untuk menjawab pertanyaan dari mahasiswa. Tidak mungkin dosen hanya diam saja tanpa berkomentar. Contoh yang kedua, adalah question tag di dalam bahasa inggris. Meskipun si penanya sudah mengetahui informasinya tetap saja diperlukan jawaban berupa ‘ya’ untuk membenarkan informasi atau ‘tidak’ untuk menyatakan bahwa informasitersebut salah.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  4. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Pertanyaan adalah awal dari berpikir. Semakin banyak pertanyaan maka semakin banyak berpikir. Pertanyaan dapat dimulai dari yang paling sederhana sampai yang kompleks. Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada tentangnya dapat dibuat berbagai macam pertanyaan. Berbicara tentang pertanyaan, pastilah erat kaitannya dengan jawaban. Jawaban adalah respon dari pertanyaan. Setiap kita bertanya pastilah memerlukan jawaban. Pertanyaan dan jawaban adalah pasangan yang selalu beriringan di dalam pemikiran manusia. Namun ada kalanya pertanyaan tersebut tidak membutuhkan jawaban. Pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban apabila menyangkut kuasa Tuhan, karena kekuasaan Tuhan adalah Mutlak adanya dan tidak perlu untuk dipertanyakan.

    ReplyDelete
  5. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B


    Terimakasih pak,untuk kesempatan mengemukakan pendapat tentang hal ini. Seluruh hal di muka bumi ini dapat menimbulkan pertanyaan. Adalah tugas kita sendiri untuk mencari dan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Satu hal yang perlu disadari adalah semua tergantung ruang dan waktu. Ketika kita mengungkapkan suatu pertanyaan dan mencari jawabannya, belum tentu kita akan langsung menemukan. Semua akan terjawab pada waktunya, pada tempatnya. Jika tak terjawab, maka selebihnya ada hikmah yang dapat kita ambil dari proses kita mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

    ReplyDelete
  6. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bismillah. Menurut pendapat saya saat ini, semua pertanyaan memerlukan jawaban. Bahkan "tidak menjawab" adalah suatu jawaban dari pertanyaan. Maka di dunia ini sudah diciptakan berbagai hal dengan harmoninya, dengan pasangannya. Begitu juga pertanyaan, ada pertanyaan pasti ada jawaban. Dan satu kali lagi, "tidak menjwab" pun merupakan sebuah jawaban.

    Jika "pertanyaan" dianalogikan sebagai awal ilmu kita, maka jawaban adalah hal wajib yang harus kita cari untuk membulatkan ilmu yang sudah kita dapatkan mulanya itu. Meskipun sesungguhnya, tidak ada ilmu yang "bulat" atau final.

    ReplyDelete
  7. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Tidak semua pertanyaan membutuhkan sebuah jawaban, meskipun semua pertanyaan mempunyai jawaban, bahkan diam juga merupakan sebuah jawaban. Adanya jawaban itu karena adanya pertanyaan, akan tetapi terkadang karena suatu jawaban menimbulkan banyak pertanyaan, jawaban inilah yang tentunya jawaban yang tidak perlu disebutkan. Kemudian jawaban itu juga terkait dengan ruang dan waktu. Penjelasan akan pertanyaan adalah sebuah jawaban dan waktu akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan.

    ReplyDelete
  8. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Apakah semua pertanyaan memerlukan jawaban? Tergantung ruang dan waktunya. Jawaban adalah penjelasan dan tanggapan olah fikir seseorang terhadap sebuah pertanyaan. Seseorang mampu menjawab pertanyaan jika seseorang tersebut mempunyai olah fikir dan wawasan tentang pertanyaan itu. Ada kalanya seseorang tidak mampu menjawab pertanyaan. Dan ada kalanya pertanyaan itu tidak memerlukan jawaban, semua terkait dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete