Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

18 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam diri manusia pasti ada banyak pertanyaan. Namun apakah semua pertanyaan perlu akan jawabannya? Seperti contoh pertanyaan “dimana kita bisa melihat Allah SWT?”. Itu pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, karena untuk sampai pada jawaban kita hanya memerlukan keyakinan adanya Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Tidak semua pertanyaan memerlukan jawabannya. Setiap pertanyaan memang pasti ada jawabannya. Tapi jangan paksakan bahwa setiap pertanyaan memerlukan jawabannya. Karena jika dipaksakan, bisa saja itu bukan jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebenarnya banyak sekali pertanyaan di dunia ini yang apabila kita jawab, akan menjadi salah. Itu semua karena keterbatasan manusia. Apa yang diketahui manusia tentang semua yang ada dan mungkin ada sangat-sangat sedikit. Hanya Allah SWT lah yang mampu menjawab semua pertanyaan.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pertanyaan adalah awal untuk memperoleh pengetahuan. Kita bertanya karena ada rasa ingin tahu. Maka kita akan mengetahui atas pertanyaan melalui jawaban dari pertanyaan tersebut. Untuk menjawab apakah semua pertanyaan memerlukan jawaban saya kira iya. Namun mungkin ada pertanyaan yang belum dapat di jawab atau dengan berjalannya waktu pertanyaan itu akan terjawab. Misalnya, ada yang bertanya ‘kapan hari kiamat itu tiba’. Maka pertanyaan ini akan terjawab oleh waktu. Ada juga pertanyaan yang tidak dapat dijawab karena pikiran manusia tidak bisa menjangkau pertanyaan itu karena keterbatasan kita sebagai manusia. Seperti awal perputaran jam dalam hidup ini. Pertanyaan memerlukan jawaban namun, ada pertanyaan yang ada jawaban dan belum ada jawaban.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    yang diperoleh dari suatu pertanyaan adalah jawaban. Adanya pertanyaan didasari rasa ingin tahu. Tidak semua pertanyaan akan serta merta dapat terjawab, butuh proses untuk menemukan sebuah jawaban tepat atas pertanyaan. Setiap pertanyaan memiliki jawaban, jikalau ada yang mengatakan bahwa ada pertanyaan yang tidak memiliki jawaban, itu berarti usaha dalam memperoleh jawaban tersebut belumlah sungguh-sungguh atau memang, Allah menyembunyikan jawaban sehingga terhindar dari jebakan pertanyaan.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Tidak semua pertanyaan itu memerlukan jawaban. Pertanyaan seperti ini sering disebut dengan pertanyaan retoris. Dalam pertanyaan retoris ini biasanya jawaban atau maksud si penanya sudah terkandung dalam pertanyaan tersebut. Pertanyaan retoris ini sering dipakai untuk menegaskan suatu maksud, tanpa mengeliminasi kondisi yang sedang terjadi.

    Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Retoris

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Setiap pemikiran menghasilkan pertanyaan, namun tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban. Ada pertanyaan harus dijawab dan juga tidak harus dijawab. Artinya, semua pertanyaan pasti punya jawaban, akan tetapi tidak semua pertanyaan wajib untuk dijawab. Terkadang, kita harus melihat apakah perlu untuk menjawab pertanyaan tersebut, tergantung ruang dan waktu. Suatu pertanyaan akan tetap memiliki makna saat dia tidak mendapatkan jawabannya. Walaupun tidak semuanya seperti itu.

    ReplyDelete
  7. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari setiap hal yang kita lihat, dari setiap hal yang kita rasakan, dari setiap hal yang ada, tentu dapat menimbulkan sebuah pertanyaan dalam pikiran kita. Bahkan, dari semua pertanyaan yang ada, pun muncul sebuah pertanyaan lagi. Pertanyaannya ialah apakah semua pertanyaan itu memerlukan jawaban. Dari sudut pandang saya, tidak semua jawaban perlu dijawab. Ada hal-hal tertentu yang terkadang kita lebih baik untuk tidak mengetahui jawabannya. Ada pula pertanyaan-pertanyaan yang kita tak perlu menjawabnya, karena ruang dan waktu sendiri yang akan mengirimkan jawabannya.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut saya menjawab sebuah pertanyaan tergantung konteks ruang dan waktu dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan bisa muncul karena adanya rasa ingin tahu dan penasaran dalam diri seseorang. Namun ada pertanyaan yang memang membutuhkan jawaban, tidak mesti harus dijawab, dan ada juga pertanyaan yang memang tidak memiliki jawaban.

    ReplyDelete
  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pertanyaan dapat muncul karena ada pemikiran atau karena ada proses berfikir. Setiap pertanyaan pastilah ada jawabannya, yang diperlukan hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih agar mendapat jawaban dari sebuah pertanyaan yang merupakan hasil pemikiran. Jika ada pertanyaan, maka akan ada jawaban, tinggal menunggu waktu untuk menjawab.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Bertanya merupakan ungkapan dari rasa keingintahuan kita akan sesuatu. Dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut tentunya akan menjawab rasa keingintahuan tersebut. Namun ada beberapa pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Misalkan ada yang bertanya "Berapa uang yang kamu masukkan ke kotak amal tadi?", pertanyaan semacam itu tidak perlu dijawab karena hanya akan menimbulkan unsur riya'.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sebagai manusia yang selalu berpikir dan belajar dari lahir sampai akhir hidupnya nanti, pastilah banyak pertanyaan yang timbul dalam benak kita. Memang apa yang kita tanyakan membutuhkan jawaban, namun terkadang pertanyaan yang terlontar pun ada yang tidak bisa dijawab menggunakan kata-kata saja. Pertanyaan itu pun hanya bisa dijawab oleh sang waktu yang Tuhan telah rancang untuk kita. Pada akhirnya nanti, pertanyaan akan terjawab, karena memang pertanyaan itu memang membutuhkan jawaban.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Ada pertanyaan yang butuh jawaban, tapi ada juga pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. jika suatu pertanyaan itu butuh jawaban, itu karena pertanyaan tersebut diajukan karena rasa ingin tahunya terhadap sesuatu. Tentunya kita sebagai guru ingin agar siswa kita aktif bertanya, terlepas dari pertnyaan tersebut berbobot atau tidak. Apalagi dengan adanya metode saintifik yang memiliki sintaks menanya. Sewaktu kita menerapkan pendekatan saintifik, kita megharapkan hal itu. jika pertanyaan anak-anak mengarahkan pada topik yang ada hari itu maka pertanyaan itu yang akan dijadikan acuan untuk kegiatan selanjutnya. Selain itu, ada juga pertanyaan yang membutuhkan jawaban langsung. Ada saat ketika seseorang bertanya kita memberikan pertanyaan balik agar dia dapat berpikir lebih lanjut seperti yang terjadi di sekolah, tapi ada juga pertanyaan yang membutuhkan jawaban langsung seperti saat kita ditanya tentang identitas diri kita.

    ReplyDelete
  13. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Manusia selalu memiliki pertanyaan dalam dirinya. Namun, bukan berarti semua pertanyaan membutuhkan jawaban. Di dunia ini, ada juga pertanyaan yang merupakan pertanyaan retorik. Dalam pertanyaan ini, baik penanya ataupun yang ditanya sudah memiliki jawabannya. Pertanyaan jenis ini sering dipakai dalam orasi atau pidato. Pertanyaan jenis ini tidak membutuhkan jawaban.ada juga pertanyaan yang membuat kita serba salah dalam menjawabnya. Seperti makan buah simalakama. Pertanyaan seperti ini sedapat mungkin dihindari. Jadi, menurut saya, tidak semua pertanyaan di dunia ini membutuhkan jawaban.

    ReplyDelete
  14. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terkadang tidak semua pertanyaan itu memerlukan jawaban. Cukup kita menanyakan saja rasanya sudah lega tanpa harus ada jawaban. Terkadang pertanyaan juga dapat bermaksud sebagai suatu sindiran kepada orang yang diberi pertanyaan. terkadang jawabannyapun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga lebih baik tidak usah dijawab.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Menurut saya, tidak semua pertanyaan memerlukan jawaban. Ada pertanyaan-pertanyaan yang memang tidak mampu untuk dijawab oleh manusia, pertanyaan yang menyangkut akidah suatu agama misalnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya mampu dijawab oleh sang Pencipta, sehingga jika manusia terus menerus mempertanyakannya malah akan tersesat. Contoh lainnya adalah pertanyaan mengenai awal terbentuknya alam semseta ini. Pertanyaan tersebut masih menjadi misteri samapai saat ini, jawabannya hanya merupakan dugana, dan mungkin kita tidak akan benarbenar tahu menganai jawabannya.

    ReplyDelete
  16. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Yang maha menjawab segala pertanyaan kita tentunya hanyalah Allah SWT. terkadang bertanya kepada manusia dan dijawab bukan yang semestinya, maka janganlah berharap kepada manusia. berharaplah kepada Allah SWT. terkadang memang apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kejadian yang terjadi, tetapi percayalah itu yang terbaik menurut Allah bagi kita.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hampir setiap elegi yang ada di blog ini selalu memunculkan sesosok orang tua berambut putih yang tak lain merupakan reinkarnasi sebuah ilmu pengetahuan. Sosok tersebut akan muncul setiap tedapat seseorang yang bertanya. Apapun pertanyaan yang diajukan pasti akan dijawabnya. Namun, pada suatu ketika, dia tidak mampu menjawab pertanyaannya sendiri, dan dia menjadi bingung karenanya. Keadaan ini layaknya sebuah kontradiksi, ya memang begitulah adanya. Karena kita hidup di dunia yang terikat oleh ruang dan waktu, yang menurunkan sifat kontradiksi. Untuk dapat menjawab semua pertanyaan, maka belajarlah, belajar belajar dan belajar. Tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Kita belajar untuk mencari jawaban semua pertanyaan yang ada di benak kita.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas c 2016

    Munculnya berbagai pertanyaan adalah karena adanya proses berpikir, yaitu berpikir kritis dan kreatif. Ketika seseorang tidak memiliki pertanyaan lagi di dalam hidupnya, maka sama saja dengan pengetahuannya yang mandheg. Karena lahirnya pengetahuan adalah dari adanya pertanyaan yang menggiring manusia untuk menemukan jawabannya. Namun, ada kalanya pertanyaan itu tidak bisa semuanya dijawab, mungkin karena terjadinya sebuah kontradiksi. Maka manusia harus tetap belajar dan belajar karena semakin sering kita bertanya, menemukan kontradiksi, maka kita akan memperoleh pengetahuan baru.

    ReplyDelete