Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menentukan apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawabannya?

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menurut saya jawaban dari pertanyaan ‘apakah semua pertanyaan-pertanyaan itu memerlukan jawaban?’ adalah tergantung ruang dan waktu. Pertanyaan tersebut bisa saya jawab ‘tidak’ dan jua bisa saya jawab ‘ya’. Contoh kasus bahwa setiap pertannyaan itu tidak memerlukan jawaban adalah ketika di dalam perkuliahan seorang mahasiswa menanyakan peranyaan yang tidak relevan dengan topik yang sedang dipelajari, maka dosen tidak perlu menjawabnya. Contoh lain adalah dalam bahasa inggris yang disebut question tag. Atau yang disebut sebagai pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Karena si penanya sebenarnya sudah mengetahui informasinya tetapi hanya meyakinkan informasi tersebut.
    Contoh kasus bahwa setiap pertanyaan memelukan jawaban adalah ketika seorang mahasiswa yang bertanya pada dosen tentang hal yang tidak relevan dengan topik perkuliahan, setidaknya hal tersebut memerlukan jawaban dosen apakah dosen bersedia atau tidak untuk menjawab pertanyaan dari mahasiswa. Tidak mungkin dosen hanya diam saja tanpa berkomentar. Contoh yang kedua, adalah question tag di dalam bahasa inggris. Meskipun si penanya sudah mengetahui informasinya tetap saja diperlukan jawaban berupa ‘ya’ untuk membenarkan informasi atau ‘tidak’ untuk menyatakan bahwa informasitersebut salah.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete