Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 23: Gelar Tertinggi Mencari Ilmu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memikirkan bahwa Ternyata Gelar Tertinggi Seorang Mencari Ilmu adalah Hanyalah Sebagai Saksi Keilmuannya.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

5 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Gelar tertinggi dari suatu keilmuan hanyalah sebagai kesaksian keilmuannya. Gelar seseorang akan lebih bermakna ketika ilmu yang ia miliki bermanfaat bagi orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa semua yang ada dan mungkin ada akan selalu melalui proses ADA, MENGADA, dan PENGADA. Begitu juga seseorang yang memiliki ilmu. Jadikan ilmu yang engkau miliki bermanfaat bagi orang lain dengan selalu menjadi pengada, mengada, sehingga engkau ada.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Gelar tertinggi bagi kita yang mencari adalah hanya sebagai saksi keilmuan. Hal ini berarti bahwa bukan gelar tetapi tentang pengetahuan yang telah kita dapatkan. Sama halnya ketika kita kuliah bukan nilai A inti atau tujuannya tetapi ilmu yang harus kita dapatkan. Ilmu yang sangat penting. Kemudian gelar juga tidak lah lebih bermakna ketika kita tidak menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Ilmu yang kita dapatkan kita berikan kepada murid kita. Ini akan menjadi amal jariah atau amal yang tidak terputus.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ilmu tak akan pernah ada habisnya jika dipelajari, karena ilmu akan terus berkembang sesuai dengan jamannya. Usaha dalm mencari ilmu, manusia akan belajar banyak hal, yidak semata-mata memperoleh gelar yang ia pelajari tapi juga dalam mempelajari sesuatu ada hal yang lain dapat merubah pemahman kita, merubah sikap dan mental kita. Usaha yang keras dalam belajar dihargai dengan gelar atau pangkat, ada hal yang lebih tinggi dari sebuah gelar yaitu oenghargaan terhadap setiap proses perubahan diri menjadi lebih baik setelah kita mencari ilmu yaitu kebijaksanaan. Orang yang memiliki banyak ilmu diharapkan tidak menjadi manusia yang sombong, tapi yang bijaksana dalam menggunakan ilmunya.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Masih banyak masyarakat yang berlomba-lomba mengejar pendidikan hanya karena alasan gengsi, misalnya hanya mengejar gelar semata. Padahal ada yang lebih penting semua itu, yaitu ilmu yang kita peroleh selama menjalani pendidikan. Bagi orang-orang yang benar-benar mencari ilmu, gelar yang diperolehnya bukan menjadi tujuan utamanya, bukan pula menjadi hal yang disombongkan, melainkan hanya menjadi saksi keilmuannya.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Gelar Tertinggi mencari ilmu bukanlah sederet huruf yang mendampingi nama ketika dipanggil atau yang tertera bersama nama tambahan kita. Gelar tertinggi mencari ilmu tak bisa dijamah oleh mata, tak tercium oleh telinga. Gelar tertinggi mencari ilmu adalah ucapan terima kasih dari orang yang merasa terbantu dengan ilmu yang didapat, ucapan tulus dari hati, bukan hanya sekedar lafalan huruf terima kasih. Gelar tertinggi mencari ilmu ketika ilmu tersebut sebagai rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Berilmu.

    ReplyDelete