Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 23: Gelar Tertinggi Mencari Ilmu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memikirkan bahwa Ternyata Gelar Tertinggi Seorang Mencari Ilmu adalah Hanyalah Sebagai Saksi Keilmuannya.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

19 comments:

  1. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebenar-benar gelar tertinggi bagi orang yang mencari ilmu terdapat dua macam. Jikalau dia tidak ikhlas dalam mencari ilmu, maka gelarnya adalah adalah gelar yang melekat pada nama, yang kemungkinan akan cepat hilang karena ilmu yang di dapat semata hanya untuk mendapatkan gelar di belakang namanya saja, bahkan bisa jadi dia merasa puas dengan ilmu yang di dapatnya tersebut. Sedangkan orang yang benar-benar ikhlas dan ridha karena Allah dalam mencari ilmu, maka dia akan mengamalkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga tidak hanya manfaat untuk sendirinya saja, tetapi manfaat juga untuk orang lain. Atas ilmu yang disalurkan kepada orang lain itulah, amal-amal untuknya tidak akan terputus dan akan menjadi saksi keilmuannya.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Ilmu tak akan memiliki arti atau manfaat apabila tidak diamalkan. Oleh karena itu kita harus selalu mengamalkan ilmu yang kita miliki. Salah satu caranya dengan saling berbagai ilmu terhadap sesama. Semakin banyak yang merasakan kemanfaatan dari ilmu, maka semakin tinggilah gelar orang tersebut dalam mencapai ilmu. Jadi gelar tertinggi dalam menuntut ilmu bukanlah gelar S.Pd, M.Pd, Dr, PhD, dll, karena itu adalah gelar formalnya saja, di dunia. Dan orang-orang yang mengejar ilmu demi pangkat atau gelar sarjana, sesungguhnya ialah yang sedang kehilangan ilmunya, karena ilmu dan pengetahuan yang ia peroleh bertujuan hanya untuk dirinya semata. Sehingga gelar yang tertinggi dalam menuntut ilmu adalah ketika kita dapat memberikan manfaat pada oranglain. semakin banyak manfaat yang kita berikan, semakin banyak ilmu yang kita sampaikan, maka ilmu itu akan mengalir terus menerus dan akan menjadi amalan yang tidak akan putus, sehingga akan semakin banyak pula pahala yang kita dapat.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap manusia. Karena itulah kita harus senantiasa mencari ilmu. Tetapi dalam mencai ilmu kita harus senantiasa ikhlas dan menjauhi rasa sombong. Kita tidak boleh merasa telah memiliki ilmu yang tinggi. Kita juga harus memperbaiki niat kita dalam menuntut ilmu. Tujuan menuntut ilmu bukanlah untuk memperoleh kekuasaan, memperoleh harta, tetapi unuk menjadi saksi. Menjadi saksi atas setiap ilmu yang kita miliki, akankah memberikan manfaat atau justru mudharat. Sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (yang artinya):“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan, para malaikat dan orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)”. (Terjemahan QS. Ali Imran: 18).

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Belajar tujuannya adalah untuk mencari tahu. Tapi semakin jauh seseorang belajar, semakin banyak yang orang itu tidak ketahui. Itulah sebabnya manusia seakan-akan tidak pernah mengetahui apapun. Padahal banyak sekali yang sudah diketahuinya, akan tetapi lebih banyak lagi yang tidak diketahuinya. Seperti itulah ilmu pengetahuan, maka manusia diciptakan beragam, karena masing-masing memiliki keterbatasan. Dengan keterbatasan itu manusia merasa saling membutuhkan.

    ReplyDelete
  5. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Pencapaian gelar yang tertinggi dari seseorang pencari ilmu yaitu ketika ilmu yang telah ia dapat kemudian diamalkan untuk kesejahteraan orang lain. Dengan demikian maka akan selalu dikenang dan merupakan saksi keilmuannya, bahkan sampai meninggal pun akan selalu diingat dan juga ketika ilmu yang kita berikan dan diamalkan oleh orang lain maka itu akan merupakan amal yang tak akan terputus.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Orang yang memiliki gelar tertinggi dalam mencari ilmu adalah orang yang dapat mengamalkan ilmunya sedemikian sehingga ilmu tersbut dapat bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, dan mampu mengembangkan ilmunya sehingga terbentuk jejaring sistemik

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Gelar tertinggi seseorang dalam mencari ilmu bukanlah sebagaimana orang-orang mencari gelar semata, namun sebagai pendidik adalah bagaimana kita mengajarkan ilmu-ilmu yang kita miliki kepada siswa-siswa kita dan ilmu yang kita ajarkan membawa manfaat tidak hanya untuk kehidupan kita tapi juga kehidupan orang lain. oleh karena itu menyalurkan ilmu yang kita miliki sangatlah penting.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Belajar tujuannya adalah untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

    ReplyDelete
  10. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    gelar tertinggi seseorang dalam mencari ilmu mungkin dilihat orang dari nama gelar yang mengikuti nama aslinya, namun apakah sama yang dirasa bagi sang empunya gelar tertinggi. bahwa bagi si empunya gelar tertinggi yang dicapai adalah saksi dari segala keilmuannya. jadi dalam mencari ilmu tertinggi sebenarnya yang dirasa adalah bagaimana dirinya mampu memahami ilmu yang telah didapatkan dalam proses mencarinya. jadi gelar tertinggi dalam mencari ilmu adalah saksi ilmunya itu sendiri

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  11. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Menuntut ilmu adalah salah satu kewajiban setiap orang yang beriman. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah gelar tertinggi dari menuntui ilmu? Dalam menuntut ilmu, gelar tertinggi adalah jika ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tiadalah arti bagi mereka yang menuntut ilmu setinggi langit tapi ta ada kebermanfaatannya bagi orang lain. Jika ilmu yang kita bagikan kepada orang lain lalu kemudian ilmu itu dibagi lagi oleh orang tersebut ke orang yang berbeda, maka sebenar-benar ilmu yang disebarkan itu adalah saksi bahwa gelar tertinggi bagi si penuntut ilmu telah tercapai.

    ReplyDelete
  12. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Gelar tertinggi seorang mencari Ilmu adalah hanyalah sebagai saksi keilmuannya. Gelar-gelar akademik merupakan saksi atau tanda tentang ilmu yang telah dipelajari di dunia. Namun, terdapat hal yang lebih tinggi dari gelar akademik tersebut, yakni kebermanfaatan ilmu yang telah dimiliki. Gelar akan lebih berarti jika ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat bagi orang lain. Ilmu yang dimiliki juga harus dipertanggungjawabkan dengan mengamalkannya di jalan yang baik.

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Seseorang dalam menuntut ilmu pada pendidikan formal akan mendapatkan gelar, seperti S1 dengan gelar sarjana, S2 dengan gelar magister, dan S3 dengan gelar doktor. Gelar ini hanyalah sekedar saksi formal atas pendidikan yang telah ditempuhnya. Sebenar-benar gelar tertinggi dalam mencari ilmu adalah ketika seseorang dapat memanfaatkan ilmu yang dimilikinya untuk menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi, sehingga bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, lingkungan, agama, bangsa, negara, dst.

    ReplyDelete
  14. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Gelar hanyalah sebuah tanda ketika seseorang telah menyelesaikan suatu tahapan dalam mencari ilmu. Sedangkan kegiatan dalam mencari ilmu itu sendiri tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Orang yang memiliki kedudukan dalam ilmu adalah orang yang memiliki ilmu dan mampu memanfaatkannya untuk kepentingan orang lain. Ilmu akan terancam menjadi kosong apabila ada dalam kesombongan atas ilmunya.

    ReplyDelete
  15. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Ketika kita mencari ilmu maka kita akan memiliki yang namanya gelar. Gelar siswa, gelar mahasiswa, sarjana, master, doktor atau profesor. Semua itu merupakan gelar yang ada di dunia. Sedangkan ketika kita berfilsafat maka kita harus berpikir bertingkat. Dengan tingkatan tertinggi, kita dapati bahwa sejatinya setinggi-tingginya gelar kita dalam mencari ilmu hanyalah sebagai saksi dari keilmuan Tuhan. Allah adalah Maha Mengetahui segalanya. Dialah yang Maha memiliki Ilmu dan Tertinggi ilmu itu. sehingga tidak ada hak bagi kita untuk sombong dengan apa yang kita miliki ini. karena yang kita lakukan hanya menggapai ilmu saja. Sedangkan yang dinilai dari kita yaitu keikhlasan kita dalam mencari ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Gelar tertinggi seorang mencari ilmu adalah hanyalah sebagai saksi keilmuannya.
    Gelar yang disandang seseorang ketika selesai menuntut ilmu di bangku pendidikan formal tidak berhenti disitu saja. Setelah itu, gelar tersebut harus dipertanggungjawabkan kepada lingkungan sekitar. Dalam hal ini, kebermanfaatan ilmu tersebut lah yang akan menjadi saksi apakah gelar tersebut terimplementasikan dengan baik atau tidak. Sebuah gelar tidak akan mempunyai arti apa apa jika ilmu tersebut tidak bisa memberi manfaat kepada sesama. Gelar kita dapat untuk memberi kebermanfaatan dalam lingkungan sekitar kita untuk mengubah menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Gelar tertinggi dalam mencari ataupun menutut ilmu bukanlah dilihat dari gelar yang ia miliki, namun dari bagaimana ia mengimplementasikan ilmu yang ia miliki dan kebermanfaatan ilmunya untuk banyak orang, serta kerendahan hati dalam berbagi ilmu dan tidak sombong dengan segala pencapaian yang ia terima dari usahanya menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  18. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ilmu tidak akan pernah habis untuk dipelajari, ilmu akan terus berkembang. Dalam usaha mencari ilmu, manusia akan belajar banyak hal, tidak hanya memperoleh gelar atau ilmu yang ia pelajari saja namun juga ternyata dalam mempelajari sesuatu ada hal lain yang dapat merubah pemahaman kita, merubah sikap dan mental kita. Usaha yang keras ini dapat dihargai dengan gelar atau pangkat, sedangkan lebih dari itu ada gelar tertinggi dari penghargaan terhadap setiap proses perubahan diri menjadi lebih baik setelah kita mencari ilmu, yaitu kebijaksanaan. Seseorang yang berilmu diharapkan akan semakin baik sifatnya, semakin santun ucapannya, semakin sopan perbuatannya. Bukan malah semakin sombong atas ilmu yang telah ia takhlukkan.

    ReplyDelete
  19. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Gelar Tertinggi mencari ilmu bukanlah sederet huruf yang mendampingi nama ketika dipanggil atau yang tertera bersama nama tambahan kita. Gelar tertinggi mencari ilmu tak bisa dijamah oleh mata, tak tercium oleh telinga. Gelar tertinggi mencari ilmu adalah ucapan terima kasih dari orang yang merasa terbantu dengan ilmu yang didapat, ucapan tulus dari hati, bukan hanya sekedar lafalan huruf terima kasih. Gelar tertinggi mencari ilmu ketika ilmu tersebut sebagai rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Berilmu.

    ReplyDelete