Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 23: Gelar Tertinggi Mencari Ilmu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memikirkan bahwa Ternyata Gelar Tertinggi Seorang Mencari Ilmu adalah Hanyalah Sebagai Saksi Keilmuannya.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

23 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Gelar tertinggi dari suatu keilmuan hanyalah sebagai kesaksian keilmuannya. Gelar seseorang akan lebih bermakna ketika ilmu yang ia miliki bermanfaat bagi orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa semua yang ada dan mungkin ada akan selalu melalui proses ADA, MENGADA, dan PENGADA. Begitu juga seseorang yang memiliki ilmu. Jadikan ilmu yang engkau miliki bermanfaat bagi orang lain dengan selalu menjadi pengada, mengada, sehingga engkau ada.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Gelar tertinggi bagi kita yang mencari adalah hanya sebagai saksi keilmuan. Hal ini berarti bahwa bukan gelar tetapi tentang pengetahuan yang telah kita dapatkan. Sama halnya ketika kita kuliah bukan nilai A inti atau tujuannya tetapi ilmu yang harus kita dapatkan. Ilmu yang sangat penting. Kemudian gelar juga tidak lah lebih bermakna ketika kita tidak menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Ilmu yang kita dapatkan kita berikan kepada murid kita. Ini akan menjadi amal jariah atau amal yang tidak terputus.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ilmu tak akan pernah ada habisnya jika dipelajari, karena ilmu akan terus berkembang sesuai dengan jamannya. Usaha dalm mencari ilmu, manusia akan belajar banyak hal, yidak semata-mata memperoleh gelar yang ia pelajari tapi juga dalam mempelajari sesuatu ada hal yang lain dapat merubah pemahman kita, merubah sikap dan mental kita. Usaha yang keras dalam belajar dihargai dengan gelar atau pangkat, ada hal yang lebih tinggi dari sebuah gelar yaitu oenghargaan terhadap setiap proses perubahan diri menjadi lebih baik setelah kita mencari ilmu yaitu kebijaksanaan. Orang yang memiliki banyak ilmu diharapkan tidak menjadi manusia yang sombong, tapi yang bijaksana dalam menggunakan ilmunya.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Masih banyak masyarakat yang berlomba-lomba mengejar pendidikan hanya karena alasan gengsi, misalnya hanya mengejar gelar semata. Padahal ada yang lebih penting semua itu, yaitu ilmu yang kita peroleh selama menjalani pendidikan. Bagi orang-orang yang benar-benar mencari ilmu, gelar yang diperolehnya bukan menjadi tujuan utamanya, bukan pula menjadi hal yang disombongkan, melainkan hanya menjadi saksi keilmuannya.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Gelar Tertinggi mencari ilmu bukanlah sederet huruf yang mendampingi nama ketika dipanggil atau yang tertera bersama nama tambahan kita. Gelar tertinggi mencari ilmu tak bisa dijamah oleh mata, tak tercium oleh telinga. Gelar tertinggi mencari ilmu adalah ucapan terima kasih dari orang yang merasa terbantu dengan ilmu yang didapat, ucapan tulus dari hati, bukan hanya sekedar lafalan huruf terima kasih. Gelar tertinggi mencari ilmu ketika ilmu tersebut sebagai rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Berilmu.

    ReplyDelete
  6. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Manusia belajar sejak kecil tanpa pernah berhenti. Hanya saja ada yang secara formal melalui institusi seperti sekolah dan ada pula yang tak mampu melalui sekolah. Gelar yang diperoleh seseorang setelah menyelesaikan studinya adalah simbol hadiah yang diperoleh seseorang tersebut setelah berjuang mencari ilmu itu sendiri. Maka dari itu, gelar yang diperoleh ialah sebuah saksi keilmuan dalam diri seseorang, sampai tingkat mana kapasitas seseorang itu dalam keilmuannya.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Orang yang berilmu memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda. Dan jika kita perhatikan sistem yang ada sekarang, tidak dipungkiri bahwa dalam sistem pendidikan yang formal gelar menandakan tingkatan pendidikan seseorang. Mulai dari tingkatan S1, S2, S3, sampai akhirnya meraih gelar Profesor yang merupakan gelar tertinggi dalam mencari ilmu dari sistem pendidikan yang formal. Meskipun demikian gelar tersebut yang disandang oleh manusia sifatnya hanyalah duniawi yang berfungsi sebagai saksi dari perjuangan seseorang dalam meraih suatu ilmu. Menurut saya, gelar tertinggi dari suatu pencapaian ilmu adalah ketika dengan ilmu yang kita raih dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi sekitar kita, sehingga dengan ilmu tersebut seseorang merasa rendah hati karena ilmu yang diraihnya pada hakekatnya adalah pinjaman yang kelak kemudian akan dipertanggung jawabkan, untuk apa ilmu tersebut dipergunakan.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Gelar dan nilai merupakan penilaian fatamorgana atas apa yang telah kita usahakan, dan perjuangkan di kehidupan ini.
    Sesungguhnya yang menjadi makna terpenting bukan gelar tertinggi yang diraih, akantetapi essensi atas apa yang diterima melalui proses yang dilalui dalam mencapai gelar tersebut.
    Tak dapat dipungkiri manusia tidak bisa melihat pada satu sudut pandang esensi yang diperoleh, melainkan nilai nilai yang dibutuhkan yang menguntungkan banginya dalam kehidupannya.

    ReplyDelete

  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut saya, gelar tertinggi seseorang mendapatkan ilmu adalah ketika ia tahu apa yang ia tahu, ketika ia tahu apa yang ia tidak tahu, ketika ia tidak tahu apa yang ia tahu dan ketika ia tidak tahu apa yang tidak ia ketahui. Dengan hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih maka gelar ini bisa kita dapatkan. Semoga.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sesungguhnya gelar tertinggi seorang mencari ilmu adalah ketika ia tidak tahu bahwa dia sedang mencapai yang tertinggi. Seorang filsuf baru disebut filsuf setelah dia tidak ada lagi di dunia, dia dikenal dengan pemikiran2nya. Jadi gelar tertinggi dapat diraih dengan melakukan kontribusi-kontribusi pada masyarakat, maka dia akan mendapat gelar tertinggi meskipun dirinya tidak mengetahui. Sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Seorang semakin tinggi ilmunya maka dia akan semakin tahu akan berbagai hal yang ada di dunia ini. Ilmu-ilmu itu sudah banyak dan diciptakan oleh para ahli, dan kita diberi kesempatan untuk mempelajarinya dan menggalinya lebih dalam lagi. Ketika belajar tentang hal tersebut maka secara umum akan membuktikan kebeneran dari para ahli tersebut . itulah kenapa disebut gelar tertinggi seseorang adalah sebagai saksi sebuah keilmuan.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Saat seseorang menempuh jenjang pendidikan, itu berarti bahwa dia belajar untuk memperdalam dan memperluas ilmu yang dia miliki. Gelar yang dimiliki ada, karena dia sudah berusaha untuk memperolah ilmu yang dia minati. Namun, gelar tidak memiliki arti jika dia tidak dapat mempertanggungjawabkan ilmu yang telah dia pelajari, atau dengan kata lain gelar tidak memiliki arti jika ilmu yang didapat tidak dibagi untuk menjadi kemajuan bagi orang lain. Jadi, sesungguhnya gelar tertinggi dari sebuah ilmu adalah sebagai saksi dari ilmu yang kita miliki.

    ReplyDelete
  13. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Gelar tertinggi mencari ilmu adalah bukan sekedar gelar. tetapi bagaimana orang lain dapat lebih paham akan sesuatu dengan cara kita menjelaskan kepadanya, kita dapat membantu orang yang belum tahu menjadi tahu. kita dapat membuat orang menjadi lebih baik dan terbantu oleh kita. semua yang kita lakukan dengan apa yang kita punya dan kita telah pelajari adalah tidak lain untuk orang yang memerlukan kita.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Orang yang memiliki gelar tertinggi dalam mencari ilmu adalah orang yang dapat mengamalkan ilmunya sedemikian sehingga ilmu tersbut dapat bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, dan mampu mengembangkan ilmunya sehingga terbentuk jejaring sistemik.

    ReplyDelete
  15. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Manusia diciptakan dengan adanya akal dan pikiran. Allah memberikan akal dan pikiran tersebut dengan tujuan agar manusia slalu menuntut ilmu untuk mengangkat derajatnya, karena menuntut ilmu merupakan bagian dari beriman. Dan dalam menuntut ilmu itu tidak ada batasannya, lagi masih mampu dan memiliki keingingan kuat raihlah gelar setinggi-tingginya dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  16. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tetapi ingatlah bahwa setinggi-tingginya gelar yang kita miliki jika kita tidak mampu menyampaikannya kepada orang lain maka ilmu yang kita miliki tidak akan bermanfaat bagi siapapun. Allah SWT menciptakan manusia agar saling membantu dan berguna bagi siapapun.

    ReplyDelete
  17. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ketika kita memiliki ilmu yang setinggi-tingginya harus tetap membentengi diri agar tidak mengarah pada sikap yang buruk yaitu kesombongan, merasa dirinya yang paling pintar, paling benar dan paling tahu segalanya. Hindari segala perilaku tersebut, karena Setinggi-tingginya ilmu yang kita miliki nanti, semuanya akan kembali kepada-Nya.

    ReplyDelete
  18. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Gelar tertinggi mencari ilmu. Bagi kebanyakan masyarakat apalagi jika di pedesaan, gelar tertinggi adalah sarjana. mereka menganggap bahwa sarjana adalah sang maha, yang tahu akan segala ilmu yang menguasai semua. dan bahkan apapun ditanyakan kepada sang sarjana tersebut. tetapi sebagai seorang sarjananya maka tidaklah bersombong dengan semua itu karena semua yang aa dalam hidup ini, dalam diri kita adalah titipan Tuhan YME yang harus kita jaga dan kita gunakan dengan bijaksana. oleh karenanya pergunakan ilmu untuk membantu sesama bukan untuk kesombongan semata.

    ReplyDelete
  19. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Gelar tertinggi dalam mencari ilmu bukanlah profesor atau guru besar. Akan tetapi gelar yang kita peroleh dari Allah SWT. yaitu ‘alim, orang yang berilmu. Janji Allah itu pasti, orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya. Sehingga semakin berilmu maka akan semakin tinggi derajat kita. tidak hanya tamak di dunia, tetapi kelask juga di akhirat. Namun, bukan sembarang ilmu yang Allah maksud, harus ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang berguna bagi orang lain. Ilmu yang dapat memberikan kontribusi besar dalam perkambangan Islam. Dan ilmu yang tidak menjadikan kita lalai dari Allah.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seseorang dipandang oleh Allah SWT salah satunya adalah dari ilmunya. Maka Dia memerintahkan kita untuk terus menggapai ilmu. Gelar ilmu yang diperoleh setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kemampuannya. Menurut saya, sebesar apapun gelar ilmu yang diperoleh jika tidak bermanfaat atau ilmunya tidak diamalkan maka akan sia-sia. Maka sebenar-benarnya gelar ilmu adalah gelar dari-Nya yaitu berupa ridho Allah SWT.

    ReplyDelete
  21. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Gelar merupakan predikat atas apa yang sudah diupayakan dan diperjuangkan oleh seseorang. Gelar keilmuan adalah penghargaan akan ilmu yang mungkin telah dikuasai oleh individu pembelajar. Pada saatnya nanti, keilmuan yang telah dimiliki akan dimintakan pertanggungjawaban daripadanya. Digunakan sesuai ranah keilmuannya kah? Berguna bagi lingkungan sekitar atau tidakkah? Gelar hanyalah sebagai bonus saja, sedangkan yang paling esensi adalah intisari dari cabang keilmuan yang dipelajari.

    ReplyDelete
  22. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seseorang bisa saja memiliki lebih dari satu gelar, bahkan pada satu bidang yang sama. Sarjana matematika, magister pendidikan, doktor, profesor, dan lain sebagainya. Gelar yang satu memiliki keterkaitan dengan gelar yang lain. Pengalaman yang terdahulu akan berpengaruh besar terhadap pengalaman baru yang akan dikejar seseorang yang sedang belajar.

    ReplyDelete
  23. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Gelar memang penting tapi sebatas dunia, namun ilmu tidak terbatas di dunia saja tapi juga akhirat. Gelar tertinggi hanyalah sebagai saksi atau tanda pada orang tersebut. Ketika gelar yang tinggi, ilmu yang banyak dan perbuatan yang bermanfaat untuk umat, maka itulah saksi atau tanda yang benar. Tapi ketika memiliki gelar yang tercantum di sebuah kertas yang bisa lapuk dan di belakang nama yang belum tentu diketahui oleh banyak orang. Akan terasa lebih nyaman ketika nama kita dipanggil dengan nama yang biasa tapi berilmu dibandingkan dengan nama yang bergelar tapi kurang ilmu.

    ReplyDelete