Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 50: Permohonan Maaf Atas Kesombongan Filsafatku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memahami bahwa ternyata untuk yang kesekian kalinya saya harus minta maaf atas Kesombongan Filsafatku terhadap Subyek Penguasaku.

Salah satu bentuk Kesombongan Filsafatku adalah aku Selalu Merasa Berfilsafat ketika berhadapan denganmu; sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka Dirimu tidak merasa Nyaman.

Aku menyadari bahwa jikalau dikarenakan oleh Filsafatku engkau merasa kurang nyaman, maka aku kemudian juga menyadari bahwa ternyata aku belum Berfilsafat.

Tetapi anehnya, ketika aku mengetahui bahwa ketidaknyamanan dirimu tidak santun terhadap Ruang dan Waktu; maka semakin mantaplah aku Berfilsafat di depanmu.

Sehingga akupun menjadi ragu atas permohonan maafku.


Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.
Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

15 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Jika dalam berdoa kita selalu mengatakan kepada orang lain bahwa kita sedang berdoa , itu artinya tidak berdoa karena kesombongan yang kita lakukan. Aku yang saat ini dalam proses dan akan terus belajar filsafat. tetapi aku menyadari bahwa aku belum berfilsafat. Kesombongan yang aku punya menyadari bahwa kita bukan apa- apa di dunia ini, dan hanyalah bagian kecil dari alam semesta ini. Terkadang kita selalu merasa hebat dalam berfilsafat dihadapan orang lain. Padahal kita tahu bahwa itu tidak membuat orang lain tersebut nyaman. Tetapi ketika kita tahu, bahwa ketidaknyamanan orang lain tidak santun terhadap Ruang dan Waktu, maka kita terus berfilsafat didepannya agar ia mengerti. Dimana waktunya ia memang harus meningkatkan dimensinya untuk belajar berfilsafat.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Sombong adalah salah satu sifat tercela. Sombong adalah sifat di mana sesorang merasa paling hebat dan berusaha menunjukkan itu pada orang lain. Misalnya kita orang pendidikan matematika kita merasa menguasai sekali mateatika sehingga merasa sombong. Kesombongannya dapat berupa ketika berbicara seperti telah menjadi ahli matematika. Padahal baru mengetahui sedikit tentang matematika. Saya ingat penjelasan Prof bahwa ahli matematika dunia saja hanya menyetahui matematika 2% apalagi kita. Astagfirullah. Begitupun dalam berfilsafat.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Sombong adalah salah satu sifat tercela. Sombong adalah sifat di mana sesorang merasa paling hebat dan berusaha menunjukkan itu pada orang lain. Misalnya kita orang pendidikan matematika kita merasa menguasai sekali mateatika sehingga merasa sombong. Kesombongannya dapat berupa ketika berbicara seperti telah menjadi ahli matematika. Padahal baru mengetahui sedikit tentang matematika. Saya ingat penjelasan Prof bahwa ahli matematika dunia saja hanya menyetahui matematika 2% apalagi kita. Astagfirullah. Begitupun dalam berfilsafat.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tidak sopan terhadap ruang dan aktu sama artinya dengan tidak paham pada posisi diri atau kurang menempatkan diri pada posisi yang seharusnya. Seringkali bersikap semena-mena pada diri sendiri bahkan pada orang lain. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan lebih memahami apa yang s=ada secara mendalam sehingga bisa terhidar dari kesombongan berfilsafat.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Seseorang dianggap sombong ketika ia merasa bahwa dirinya lebih hebat dari yang lain atau bahkan merasa dirinyalah yang paling hebat. Secara filsafat, sombong bisa dikatakan tidak santun terhadap ruang dan waktu. Kita harus menanamkan dalam hati kita bahwa masih ada orang lain yang lebih dari kita dan sesungguhnya Allah yang paling hebat. Tidaklah pantas bagi kita untuk bersikap sombong.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu contoh kesombongan filsafat adalah tidak sopan terhadap ruang dan waktu, ia bertindak atau tidak memposisikan diri sesuai ruang dan waktu. Ia sombong akan ilmu yang ia miliki. Ia merasa telah purna ilmunya. Tidak mau mendengar pendapat, kritik dan saran dari orang lain. Sesungguhnya kesombongan hanya akan menuntunmu kepada perbuatan tercela. Kesombongan hanya akan menuntutmu ke dalam jebakan ruang dan waktu salah.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dan kesombongan filsafatku adalah merasa telah berfilsafat namun ternyata belum berfilsafat. Merupakan suatu hal yang menjadikan seseorang menjadi tidak ada. Ada menjadi tak ada, dan tidak ada menjadi ada. Ketika kesombongan mengakui siapa diri kita masing-masing dengan berlaku seolah-olah telah melakukan hal yang sebenarnya belum dilakukan. Kesombongan seperti itu haruslah dikembalikan kepada sang penguasa. Sehingga tidak lagi ada kesombongan atau lebih tepatnya kebohongan semata yang akan menjebak diri kita masing-masing.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kesombongan muncul karena adanya sifat yang menganggap diri kita lebih baik dari diri orang lain, sehingga kita memandang remeh, memandang rendah orang tersebut. Sama halnya dalam berfilsafat, sering kali muncul kesombongan atas pemikiran kita karena kita merasa filsafat kita lebih baik, lebih benar dibandingkan pemikiran orang lain. Hal ini tentunya dapat membuat orang lain menjadi tidak nyaman bahkan marah. Namun demikian hal tersebut tidak semestinya ditanggapi dengan kemarahan, karena akan menjadi lebih tidak baik. Ibarat kata api ketemu api maka akan semakin membesar. Maka dari itu sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain adalah perilaku yang sangat tepat.

    ReplyDelete
  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kesombongan filsafat dilakukan oleh seseorang yang memiliki keinginan untuk memanipulasi ruang dan waktu sehingga ia dapat berada di ruang yang sama dalam waktu yang berbeda, atau ruang yang berbeda dalam waktu yang sama. Jika seperti itu, maka ia telah melakukan sebuah perbuatan curang yang jelas bukan merupakan ciri-ciri orag berpikir secara filsafat.

    ReplyDelete
  10. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Seseorang merasa sudah berfilsafat, termasuk mungkin saya sudah merasa menulis seakan akan itu filsafat. Tetapi ternyata itu bukan filsafat, padahal sudah terlanjur yakin bahwa itu telah berfilsafat. oleh karenanya itulah yang disebut kesombongan berfilsafat. oleh karenanya semoga dimaafkan atas segala kesombongan yang tidak baik ini.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Kesombongan merupakan suatu sikap yang tidak dikehendaki oleh siapapun. Kesombongan dapat menjadikan kita angkuh di depan sesama dan merasa diri lebih dari orang lain sehingga sukar untuk memahami sesama. Sikap sombong hendaknya harus kita jauhi, apalagi sombong dalam segala pemikiran yang kita pikirkan yang berasal dari ilmu yang telah dimiliki. Kita hendaknya mampu untuk memanfaatkan ilmu sesuai dengan ruang dan waktunya sehingga orang lain merasa nyaman dengan keberadaan kita.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam melakukan olah pikir sebenarnya kita harus memperhatikan ruang dan waktunya. Namun, terkadang karena kesombongan kita, kita merasa diri benar dan kemudian melakukan hal yang melebihi batas, tidak memperhatikan ruang dan waktu dalam berfilsafat. Terkadang kita lupa bahwa apa yang kita anggap benar belum tentu sama dengan orang lain dan membuat kita memaksakan kehendak kita, sehingga terjadi kelancangan fisafat terhadap subjek.

    ReplyDelete
  13. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berfilsafat yang tidak sesuai dengan ruang dan waktunya merupakan salah satu entuk kesombongan filsafat. Bentuk kesombongan filsafat lainnya adalah merasa berfilsafat padahal belum berfilsafat. Oleh karena itu kita harus berfilsafat dengan berpikir sedalam dalamnya dan seluas-luasnya dan berfilsafat sesuai dengan ruang dan waktunya. Mohon maaf atas kesombongan filsafatku selama ini.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pada awal pembelajaran filsafat, pasti terdapat seseorang yang merasa kurang nyaman. Mereka merasa bingung karena tidak memahami apa itu sebenarnya filsafat. Merasa pusing karena terlalu banyak yang dipikirkan. Namun, jika kebingungan kita tersebut sesuai dengan ruang dan waktu, maka hal itu baik adanya. Artinya memang kita haruslah mengalami sebuah kebingungan sebelum memperoleh tingkat pemahaman. Hal ini sering kita alami di dalam perkuliahan filsafat bukan?

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pengertian dari Sombong atau tinggi hati itu adalah merasa bahwa dirinya jauh lebih baik daripada orang lain, sehingga dia melihat orang lain itu rendah, hina dan sebagainya. Sifat ini seakan sudah mengakar pada manusia, dijaman maju seperti sekarang ini. banyak orang yang dengan jujur mengatakan, mereka menyombongkan dirinya adalah hal yang lumrah. Hal ini lantaran kekayaan yang mereka miliki serta kepintaran, sehingga sangat wajar menyombongkan diri. Kesombongan itu bagai sebilah pedang yang melukai bukan saja orang yang menggunakannya tetapi juga orang yang diserangnya. Kecongkakan merampas kita dari segala sesuatu yang ingin Allah berikan kepada kita, tetapi “ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan” .

    ReplyDelete