Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 49: Permohonan Maaf atas Kelancangan Filsafatku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memahami bahwa ternyata untuk yang kesekian kalinya saya harus minta maaf atas Kelancangan Filsafatku terhadap Subyek Penguasaku.

Salah satu bentuk Kelancangan Filsafatku adalah aku Selalu Berani Mengatakan Benar sebagai Benar dan Salah sebagai Salah di Hadapanmu; sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka Dirimu tidak merasa Nyaman.

Kelancanganku yang lainnya terhadapmu adalah bahwa aku berusaha melihat apa yang olehmu tidak boleh dilihat, berusaha mendengar apa yang olehmu tidak boleh didengar. Padahal aku tahu bahwa engkau adalah Subyek Penguasaku yang menentukan sebagian nasibku.


Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.
Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

3 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Karena filsafat mempelajari yang ada dan yang mungkin ada. Dimana dengan mempelajari filsafat berarti mengolah pikiran apa yang kita punya dan akhirnya terbentuk suatu pemikiran baru sehingga terkadang memunculkan ada yang benar dan ada yang salah. Aku berani mengatakan benar dan salah karena aku telah berpikir. Padahal benar menurutku belum tentu benar menurut pemikiran orang lain, sehingga membuat orang lain tidak merasa nyaman melihat dan mendengarnya. Maka aku mohon maaf atas kelancangan filsafatku terhadap subyek penguasaku. Aku sadar bahwa hidup di dunia ini tidak sendiri.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Setiap manusia selalu indentik dengan salah,dengan kesalahan yang ada disitualah ada yang namanya belajar. Setiap pelajaran yang disampaikan belumla benar jika yang belajar belum benar-benar tahu yang sebenarnya, disaat itulah timbul pendapat antara yang belum tahu dan yang tahu yang masing masing merasa benar. Yang tahu belumlah tentu benar kalau kebenaran belum ia dapatkan dengan membuktikan bahwa ia memang benar. Jadi sitiap orang mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan argomen atau pendapat, masalah benar atau salah dia bisa membuktikan ke dalam sebuah pakta dan bisa di terima oleh banyak orang.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Setiap manusia selalu indentik dengan salah,dengan kesalahan yang ada disitualah ada yang namanya belajar. Setiap pelajaran yang disampaikan belumla benar jika yang belajar belum benar-benar tahu yang sebenarnya, disaat itulah timbul pendapat antara yang belum tahu dan yang tahu yang masing masing merasa benar. Yang tahu belumlah tentu benar kalau kebenaran belum ia dapatkan dengan membuktikan bahwa ia memang benar. Jadi sitiap orang mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan argomen atau pendapat, masalah benar atau salah dia bisa membuktikan ke dalam sebuah pakta dan bisa di terima oleh banyak orang.

    ReplyDelete