Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 49: Permohonan Maaf atas Kelancangan Filsafatku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memahami bahwa ternyata untuk yang kesekian kalinya saya harus minta maaf atas Kelancangan Filsafatku terhadap Subyek Penguasaku.

Salah satu bentuk Kelancangan Filsafatku adalah aku Selalu Berani Mengatakan Benar sebagai Benar dan Salah sebagai Salah di Hadapanmu; sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka Dirimu tidak merasa Nyaman.

Kelancanganku yang lainnya terhadapmu adalah bahwa aku berusaha melihat apa yang olehmu tidak boleh dilihat, berusaha mendengar apa yang olehmu tidak boleh didengar. Padahal aku tahu bahwa engkau adalah Subyek Penguasaku yang menentukan sebagian nasibku.


Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.
Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

9 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Sesuatu yang benar memang harus dikatakan benar, dan yang salah harus dikatakan salah. Hal ini merupakan sebuah kewajiban jika kita mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Meskipun itu menyinggung perasaan orang lain. Terkadang kebenaran itu pahit rasanya, itu yang sering kita dengar. Tetapi lebih baik kita merasakan pahit di dunia daripada kelak merasakan pahit di akhirat. Meskipun orang tersebut merasa marah kepada kita, setidaknya kita telah mengingatkannya akan kebenaran. Urusan selanjutnya serahkan semuanya kepada Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dalam belajar filsafat, keikhlasan sangatlah sangatlah penting. Ikhlas dalam belajar filsafat salah satunya bisa dicerminkan dari ikhlas dalam membaca dan memahami. Dalam salah satu elegi forum tanya jawab membahas mengenai kelancangan filsafat. Kelancangan dalam berfilsafat yang dimaksudkan disini adalah dikarenakan filsafat mempelajari segala hal yang ada dan yang mungkin ada, maka terkadang menimbulkan berbagai kontradiksi atau kesalah pahaman dengan orang lain kalau orang tersebut belum mengenal filsafat. Tidak mudah dalam mempelajari filsafat, dalam belajar filsafat kita harus sadar terhadap ruang dan waktu dan bisa menempatkan segala sesuatunya pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala aturan dan hukum-hukum. Anti filsafat adalah filsafat itu sendiri. Dalam filsafat dikenal istilah transformasi dunia. Dua hal yang dibutuhkan untuk mentransformasikan dunia adalah ruang dan waktu, karena kita tidak mungkin lepas dari ruang dan waktu. Secara subjektif, definisi filsafat yaitu diriku atau pikiranku. Dalam mempelajari filsafat juga akan banyak muncul sifat-sifat tertentu, seperti arogansi filsafat, karena dalam berfilsafat kita tidak menyebutkan gelar yang dipunyai oleh para filsuf. Kelancangan filsafat, karena filsafat lancang terhadap subyek. Kesombongan dan juga kemarahan filsafat, karena kita selalu berfilsafat.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Hati adalah sisi kebenaran dalam diri manusia. Olah pikir merupakan proses menunjukan jika suatu fenomena, kejadian, perasaan, tindakan adalah benar. Berangkat dari olah pikir, kita mulai mengetahui hakekat di ciptakan oleh NYA bahkan kemudian olah pikir yang manusia lakukan terbukti dalam firman NYA yang d sampaikan lewat nabi dan rosul. Kebenaran memang milik Allah, Manusia hanya perlu mengIMANi nya.

    ReplyDelete
  5. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Salah satu kelancangan filsafatku adalah aku selalu berani mengatakan benar sebagai benar dan salah sebagai salah dihadapanmu. Sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka dirimu tidak merasa nyaman. Sesungguhnya di dalam filsafat itu tidak ada yang namanya benar atau salah. Yang ada hanyalah tidak cocok sesuai denga ruang dan waktu. Karena filsafat itu adalah ruang dan waktu. Jika aku mengatakan benar sebagai benar atau salah sebagai salah, maka aku telah memaksakan kehendak. Jika mengabaikan ruag dan waktu, maka telah terjadikelancangan yang membuatmu tidak nyaman.
    Kelancanganku yang lainnya terhadapmu adalah bahwa aku berusaha melihat apa yang olehmu tidak boleh dilihat, berusaha mendengar apa yang olehmu tidak boleh didengar. Padahal akutahu bahwa engaku adalah subjek penguasaku yang menentukan nasibku. Sering aku memfilsafatkan hal-hal yang telah kulihat yang tidak seharusnya dilihat, contohnya keburukan orang lain. Dan memfilsafatkan hal-hal yang telah kudengar yang seharusnya tidak boleh kudengar, contohnya suara-suara di hatiku.

    ReplyDelete
  6. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak, melalui postingan Bapak saya belajar.
    Salah satu kewajiban kita di dunia ini adalah mencari ilmu. Belajar dan terus belajar untuk menggapai ilmu. Belajar tanpa melupakan spiritual agar selalu berada di jalur yang tidak menyimpang dengan ketentuan Tuhan. Refleksi diri selalu diperlukan dalam setiap langkah mencari ilmu. Segala kekurangan dan kesalahan yang tidak sengaja dilakukan dapat dimengerti dan segera memperbaiki atau mencari solusi dalam setiap kesalahan yang menyertai langkah pencarian ilmu.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Kelancangan filsafatku, sepertinya terhubung dengan kesombongan filsafatku, sepertinya terhubung juga dengan arogansi filsafatku. Benar juga, sangat sering saya mengatakan sesuatu adalah salah, ataupun sesuatu yang lainnya adalah benar. Sering juga saya menjadi manusia yang sok ingin pintar dengan berusaha mengetahui segala sesuatu. Padahal tidaklah semua hal harus kita ketahui secara rasional. Hal ini seakan-akan membuat diri saya lupa jika saya adalah manusia yang penuh keterbatasan. Apa yang kita ketahui sejatinya adalah hasil reduksi. Sungguh, yang benar-benar “benar” hanyalah Alloh SWT.

    ReplyDelete
  8. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Salah satu kelancanganku yaitu jika aku mengambil sesuatu yang tidak seharusnya aku ambil. Dalam hidup misalnya ada pembagian raskin untuk orang yang kurang beruntung. Namun, aku sebagai orang yang lebih beruntung tetap mengambil raskin tersebut. Inilah sikap lancangku, mengambil apa yang bukan menjadi hak ku.
    Perbuatan kelancangan ini haruslah dihindari, janganlah kita menjadi manusia yang hidupnya penuh dengan kelancangan, sesungguhnya kelancangan akan merugikan diri kita sendiri. Selalu berikhtiar agar kita menjauhi perbuatan perbuatan tercela tersebut.

    ReplyDelete
  9. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna, bahkan ketika manusia tersebut meyakini bahwa hal yang dilakukan itu benar belum tentu hal itu benar. Semua tergantung cara pandnag kita masing-masing. Karena pemikiran yang beragam tersebut sebagai manusia jjangalah selalu merasa benar namun sebaiknya memiliki sifat toleran maksudnya dapat menerima kebenaran dari orang lain dan tidak menganngap bahwa semua yang dilakukan dan dikerjakan merupakan hal yang benar. Apalagi yang paling benar adalah kebenaran dari Allah SWT yang tidak ada keraguan atas kebenaran-Nya.

    ReplyDelete