Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 29: Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Tulisan itu merupakan bentuk nyata dari pikiran. Menulis tentu ada batasannya. Tulisan mengandung berbagai keterbatasan dari segala kelebihan yang dimiliki. Hal apa yang kita tulis sebenarnya hanyalah sebagian saja dari apa yang kita katakan. Karena tentu saja kecepatan dalam berkata-kata lebih cepat dibandingkan dengan menulisnya. Maka dari itu, jelas bahwa tulisan itu tidak mampu mengikuti kata-kata. Sehingga tidaklah mungkin semua yang kita katakan mampu ditulis. Segala hal yang kita katakan dengan kecepatan berkata dan banyak kosakata, tak akan mampu kita tuangkan semua dalam tulisan. Seperti pada perkuliahan filsafat yang memanfaatkan teknologi untuk merekam selama kuliah berlangsung. Hal itulah yang merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran untuk mengatasi keterbatsan tulisan untuk menampung semua perkataan

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Rumusnya adalah sehebat-hebat diriku tidak akan mengejar tulisanku. Sehebat-hebat tulisanku tidak akan mengejar kata-kataku. Sehebat kata-kataku tidak akan bisa mengejar pikiranku. Sehebat-hebat pikiran tidak akan mengejar hatiku. Jadi belajar agama jangan hanya menggunakan pikiran. Karena sebenar-benarnya agama itu adanya di dalam hati.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Ketika aku menuliskan tulisanku ini, kata-kataku lebih cepat dari tulisanku. Mulutku lebih cepat mengatakan kata-kataku dibanding tanganku menulis. Maka tulisanku tak mampu mengikuti kata-kataku. Ketika aku kuliah dengan dosenku, tulisanku tak mampu mengikuti kata-kata dosenku. Itulah keterbatasan manusia. Sebenar-benar manusia memiliki batas, yakni batas bahwa tulisannya tak mampu mengikuti kata-katanya. Dengan keterbatasan manusia itulah manusia berusaha untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menggunakan perekam agar kata-kataku terekam dan aku dapat menuliskannya.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Keterbatasan manusia untuk dapat menuliskan apa yang telah diucapkan sehingga terkadang lupa apa yang pernah ia ucapkan sekalipun, tetapi janganlah menjadi orang yang gampang melupakan atau bahkan pura-pura melupakan apa yang telah diucapkan.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku. Seperti perkuliahan bersama Bapak Marsigit, yaitu kita tidak perlu menulis ketika mengikuti perkuliahan, karena ketika kita memaksa untuk menuliskannya maka akan banyak sekali kata-kata yang tidak dapat dituliskan. Karena sebuah kata yang diucapkan mengancung banyak arti sehingga terkadang satu ucapan kata tidak akan cukup kita tuliskan dalam selembar kertas, sehingga tulisanku tidak akan mampu mengikuti kata-kataku.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kecepatan manusia untuk menuliskan sesuatu tidaklah sebanding dengan kecepatan manusia untuk menuliskan sesuatu. Kemampuan berbicara kita lebih cepat dibandingkan kemampuan menulis kita. Bahkan saat kita menulis, dalam pikiran kita, kata-kata yang akan kita tuliskan tersebut kita eja satu demi satu

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Bagaimana kita menuliskan suatu hal, tentu kita telah menyaring dan mengolahnya terlebih dahulu, sesungguhnya kata-kata kita lebih banyak dan lebih luas dari apa yang kita tulis, kata-kata dalam pikiran dan hati kita melewati proses menjadi tulisan kita, tentu saja hal ini menjadikan tulisan kita tidak akan mengejar kata-kata kita.

    ReplyDelete
  8. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku, namun lain halnya dengan kata-kataku mampu mengikuti tulisanku. banyak hal dapat dikatakan,diungkapkan tanpa harus menuliskannya. namun dengan sebuah tulisan kita mampu membacanya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Begitu besar nikmat yang Allah berikan pada hambanya. Salah satu nikmat yang tiada terkira adalah ucapan, kita bisa mengucapkan apa saja sesuai dengan keinginan kita, bahkan mengucapkan sesuatu yang tidak dapat dituliskan pun bisa kita lakukan. Mengucapkan hal yang sangat panjang dan sangat cepat pun bisa kita lakukan, tetapi bagaimana dengan tulisan? Ketika kita mengucapkan semuanya itu, kita tidak bisa menuliskan semua yang kita ucapkan, karena sampai seribu kali seribu pangkat seribu pun kita tidak akan selesai untuk mengucapkan banyak kata, sehingga kita tidak akan mampu untuk menuliskan semua yang kita ucapkan.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Manusia memang diciptakan lebih sempurna dari makhluk lainnya. Meskipun demikian, manusia tetap memiliki segala keterbatasan, karena hanya Dialah yang Maha sempurna. Salah satu contoh keterbatasan tersebut adalah layaknya tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku. Apa yang kita ungkapkan secara lisan melalui kata-kata tidak mungkin semuanya dapat tertulis secara detail melainkan hanya poinnya saja atau bahkan tidak sama sekali. Hal ini bisa terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecepatan pengucapan lisan dan lambatnya gerak tangan ketika menulis.

    ReplyDelete
  11. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setiap kegiatan yang dilakukan memiliki batasannya masing-masing. Kata-kata yang diucapkan memiliki kecepatan yang mampu melebihi kecepatan dalam menuliskan sesuatu. Secepat apapun dalam menulis sesuatu, tidak akan mampu mengikuti kecepatan kata-kata yang diucapkan. Oleh karena itu maka dikatakan bahwa tulisan tidak mampu mengikuti kata-kata. Namun karena setiap keterbatasan yang ada itulah setiap hal menjadi memiliki makna.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Tulisanku tak mampu mengikuti kata-kataku, salah satu keterbatasan yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Hal ini sangat tergantung bagaimana kemampuan seseorang menulikan lisannya dengan fasih, namun selalu kadang kita mampu menyampaikan sesuatu namun tak mampu menulisnya. Ini juga merupakan salah satu dilema yang sangat sering saya alami ketika mengerjakan tugas atau ketika akan memulai menulis, ada didalam pikiran dan mampu diucapkan ternyata tidak selalu bisa dituliskan atau dituangkan dalam bentuk tulisan.

    ReplyDelete
  13. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Jika tindakanku tak mampu mengikuti tulisanku dikarenakan kurangnya komitmen dan usaha yang maksimal. Kini muncul lagi bahwa tulisanku pun bahkan tak mampu mengikuti kata-kataku Memang kecepatan mulut kita mengeluarkan kata-kata tak kan sebanding dengan kecepatan tangan kita dalam merangkai. Jika kata-kata merupakan bahasa yang mampu disampaikan secara langsung, namun tulisan mempunyai tantangan sendiri untuk menyampaikan informasi kepada orang lain secara tidak langsung. Kata-ata harus dirangkai dan dipikirkan agar komunikatif dan dipahami oleh orang lain yang akan membaca tulisan kita.

    ReplyDelete
  14. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Segala yang ada selalu berjalan bersama yang mungkin ada. Konsep inilah yang terjalin antara apa yang tertuang pada tulisan, kata-kata, perbuatan, hati dan pikiran yang idelanya dapat berjalan beriringan. Namun, kenyataan sering berkata lain. Ketika antara yang satu dengan yang lainnya terjadii kontradiksi, maka telah terjadi pergolakan. Ini dapat dipahami sebagai bentuk ketidakkonsistenan yang selalu ada di sekitar kita.

    ReplyDelete