Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 29: Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aku sebagai manusia dengan segala keterbatasan yang ada, dimana tulisanku tidak akan mampu mengikuti kata- kataku. Karena ketika aku hendak menuliskan apa yang aku pikirkan, sebelum yang aku tuliskan selesai dalam pikiranku muncul pikiran lain. Begitu banyak kata- kata yang hendak aku ucapkan, namun tulisanku tidak mampu untuk mengikuti. Sehingga dalam beberapa hal, komuniaksi secara lisan (kata- kata) lebih mudah dibandingkan secara tertulis

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia adalah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna. sehebat apapun aku, tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku. Ketika aku hendak menulis apa yang aku ucapkan, sebelum selesai tulisanku, kata-kata tersebut telah selesai aku ucapkan. Itu lah aku, manusia yang penuh keterbatasan.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Segala hal yang ada akan selalu berjaan beriirngan dengan yang mungin ada. Konsep ini yang menjadi penghubung antara apa yang dituangkan pada tuisan, kata-kata, perbuatan, hati dan pikiran idealnya dapat berjalan beriringan. Pada kenyataannya sering berkata lain, antara yang satu dengan yang lain saling kontradiksi, maka akan terjadi pergolakan. Ini dapat diaphami sebagai bentuk ketidakkonsistenan yang selalu ada.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kita sebagai manusia memang memiliki banyak keterbatasan yang tetap harus disyukuri. Salah satunya adalah kita tidak bisa menilis secepat yang kita bicarakan. Kita juga tidak bisa menulis semua bunyi-bunyian yang bisa kita lantunkan. Mungkin alasan inilah mengapa recorder diciptakan.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Membahas mengenai kemampuan manusia, berbicara atau mengucap kata-kata dalam keadaan normal kecepatannya melebihi kecepatan normal menulis. Dalam berbicara manusia bisa mengucap kata seperti yang dipikirkan bahkan bisa juga diimprovisasi, namun saat menulis manusia cenderung akan lebih memikirkan lagi apa yang pantas untuk ditulis dari ucapan-ucapan yang telah ada. Menulis biasanya melakukan reduksi dari ucapan, dipilih yang penting atau yang perlu untuk ditulis. Oleh karena itu mengapa tulisanku tak mampu mengikuti kata-kataku

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kata-kata kita merupakan tranformasi pikiran yang diwujudkan dalam suara, namun tidak kata-kata tidak akan mampu untuk mentranformasikan semua pikiran yang ada, begitupun halnya dengan kemampuan tangan kita dalam menuliskan setiap kata yang terucap. Memang telah dijelaskan dalam Alquran bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk ciptaan lainnya. Namun demikian, manusia juga memiliki keterbatasan dan keterbatasan itu patut untuk disyukuri. Karena jika manusia diberikan kesempurnaan dalam sempurna maka yakin dan percaya bahwa hidup ini tidak akan tenang. Salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh manusia adalah dalam hal menulis. Setiap manusia tidak akan mampu mencatat atau menulis setiap kata atau kalimat yang keluar dari mulutnya. Oleh karena itu biasanya apa yang kita tulis adalah inti atau hal-hal yang penting dari apa yang diucapkan. Oleh karena itu tulisan manusia tidak mampu mengikuti kata-katanya.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Sebagai ciptaan Tuhan yang tidak sempurna, manusia memiliki kekurangan, keterbatasan secara jasmani maupun secara rohani. Keterbatasan berfikir yang dimiliki manusia tidak dapat secara menyeluruh ditulis dalam kata-kata. Sebaliknya, Kata-kata yang diucapkan tidak mampu tertuang dalam tulisan, dikarenakan tak terhingga dan terbatasnya yang kita ucapkan. Oleh karena itu, tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai macam keterbatasan. Salah satunya adalah keterbatasan kita dalam menuliskan apa saja yang kita ucapkan. Apa yang kita ucapkan merupakan hasil dari pemikiran kita. Pada saat kita mencoba untuk menuliskannya, kita cenderung mereduksi ucapan kita tersebut. Kita akan memilih kata atau kalimat mana yang lebih baik. Itulah mengapa tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku.

    ReplyDelete
  10. Kunny KunhertantiKunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Jika dalam forum sebelumnya suatu kegiatan tidak mampu mengikuti tulisanku, saat ini tulisanku tidak mampu mengikuti kata-kataku. Tulisan terdapat dalam dimensi material yaitu dimensi yang terletak paling bawah dalam filsafat, sedangkan kata-kata terletak pada dimensi formal. Hal ini bisa menjelaskan bahwa tulisan tidak bisa mengikuti kaa-kata. Tidak semua yang ada di pikiran kita bisa kita terjemahkan menjadi tulisan.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Sama halnya dengan forum Tanya jawab ke-28. Manusia dapat menuangkan atau menjelaskan apa yang ada di dalam pikirannya secara lisan dan tulisan, walaupun tidak semua yang dipikirkan dapat dilisankan atau dituliskan. Yang ada di pikiran dapat dituangkan secara tertulis sesuai dengan apa yang diucapkan. Namun keterbatasan manusia, membuat segala sesuatu yang ducapkan tidak semuanya dapat kita tuliskan. Tulisan kita hanya dapat memuat sebagian kata-kata yang kita ucapkan sehingga apa yang kita ucapkan tidak semuanya perlu ditulis. Kita hanya dapat mengambil intisari dari setiap ucapan yang kita ucapkan untuk dituangkan dalam tulisan.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Berikut contoh sederhananya. Saat saya menyebutkan tentang kota maka yang ada dalam pikiran saya adalah kota-kota yang ada di Indonesia yang saya tahu, kemudian kota-kota di negara lain yang saya tahu. Belum habis saya menuliskan satu kota, pikiran saya sudah melompat ke kota yang lainnya. Terkadang, untuk menuliskannya saya perlu mengulang kembali menyebutkan nama kota yang sudah saya sebutkan dalam pikiran saya. Contoh yang lain: saat seseorang ingin menulis sesuatu terkadang dia membuat kesalahan dalam penulisan sehingga harus menulis kembali. Namun, saat dia menulis, dia sudah selesai mengucapkan kata tersebut. Dengan demikian, tepatlah jika tulisanku tidak dapat mengikuti kata-kataku.

    ReplyDelete
  13. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Mungkin maksud dari tulisanku tidak dapat mengikuti kata katakaku adalah kita banyak berkata dan mungkin lebih baik diungkapkan dengan kata kata daripada tulisan. karena dengan berkata secara lengsung maka semua akan jelas, karena terkadang dengan menggunakan kata kata dapat membuat salah paham dan menjadi hal yang tidak baik atau menjadi prasangka tidak baik. Jadi tulisanku tidak dapat mengikuti kata kataku.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kecepatan manusia untuk menuliskan sesuatu tidaklah sebanding dengan kecepatan manusia untuk menuliskan sesuatu. Kemampuan berbicara kita lebih cepat dibandingkan kemampuan menulis kita. Bahkan saat kita menulis, dalam pikiran kita, kata-kata yang akan kita tuliskan tersebut kita eja satu demi satu.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Kecepatan antara ucapan dengan gerakan tangan itu memang sangat berbeda. Cakupan objek yang kita ucapkan dengan apa yang kita tulis itu juga berbeda. Denga ucapan, kita dapat mengekspresikan segala sesuatu, seperti suara-suara tertentu yang mungkin tidak akan mampu kita tulis. Namun hal ini juga menunjukkan bahwa lisan itu lebih berbahaya daripada tulisan. Mulutmu harimaumu, orang-orang sering menyebutkan hal tersebut. dengan ucapan, kita dapat mengucapkan segala sesuatu yang tidak mampu kita deskripsikan dengan tulisan.

    ReplyDelete
  16. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ketika kita mendeskripsikan sebuah objek, maka tulisan kita tidak akan mampu mengikuti apa yang kita deskripsikan. Dalam sepintas, kita melihat sesuatu maka kita langsung memikirkan objek tersebut kemudian mendeskripsikan nya dengan kata-kata. Misalnya saja ketika melihat sosok B.J. Habibie, maka akan ada banyak pikiran dan representasi tentang beliau, yang kemudia keluar melalui kata-kata, namun itu tidaklah cukup hanya kita tuangkan dalam sebuah tulisan. Itulah mengapai tulisan tidak mampu mengikuti kata-kataku.

    ReplyDelete