Jan 13, 2013

ETHOLOGY




Ass, jika ingin membaca tentang Ethology, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alamiah. Behaviorisme adalah istilah yang juga menggambarkan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, tapi biasanya mengacu pada studi tentang perilaku yang terlatih tanggapan dalam konteks laboratorium.Etologi adalah kombinasi laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan evolusi. Etholog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, di sejumlah binatang yang tidak terkait. Memahami etologi atau perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami spesies yang berbeda atau keturunan memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Hal ini juga memungkinkan pelatih untuk mendorong kinerja perilaku alami dan juga penghentian perilaku yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Setiap makhluk hidup akan melakukan interaksi dengan lingkungannya sejak pertama kali dilahirkan. Untuk tetap bertahan hidup pun setiap makhluk harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya, termasuk juga pada hewan. Suatu spesies hewan mampu untuk berinteraksi dengan lingkungan, mampu berkomunikasi dengan sesama, mampu bergerak dan mencari makan untuk mempertahankan hidupnya. Etologi adalah studi ilmiah yang mempelajari tentang perilaku hewan, dan merupakan sub-topik dari zoologi. Fokus etologi adalah pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi perilaku respon dalam pengaturan laboratorium. Dan memahami etologi atau hewan perilaku dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan.

    ReplyDelete
  3. Etologi adalah studi ilmiah tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alamiah, dan perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Pengetahuan dapat diperoleh darimana saja. Termasuk dari hewan. Etologi merupakan pengetahuan tentang perilaku hewan di alam alamiah. Dengan etologi manusia dapat mengambil pelajaran dari kehidupan hewan. Bagaimana bersikap terhadap hewan tertentu dengan bahaya atau keunikannya.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensi yang di berikan Prof Marsigit, dari sini dapat menambah kata pengertian pham filsafat baru yaitu ethology. sepemahaman saya ilmu perilaku hewan, ilmu perilaku satwa atau juga disebut etologi adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Ilmu perilaku hewan, pada keseluruhannya merupakan kombinasi kerja-kerja laboratorium dan pengamatan di lapangan, yang memiliki keterkaitan yang kuat dengan disiplin ilmu-ilmu tertentu semisal ekologi, evolusi, dan neuroanatomi. Seorang ahli perilaku hewan umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku (misalnya agresi) berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Meski ada pula yang berspesialisasi pada tingkah laku suatu jenis atau kelompok kekerabatan hewan yang tertentu. Ahli perilaku hewan juga disebut etolog.

    ReplyDelete
  5. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ethology adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku hewan secara alamiah yang merupakan cabang dari zoologi. Sehingga dengan memahami ilmu ethologi atau perilaku hewan dapat menjadi
    hal yang penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami dari spesies atau ras yang berbeda memungkinkan pelatih untuk memilih individu-individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Hal ini juga memungkinkan pelatih untuk mendorong kinerja perilaku alami dan juga penghentian perilaku yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Ethology merupakan ilmu yang mempelajari perilaku hewan, satwa atau dalam ilmu biologi disebut zoologi. Ilmu yang mempelajari perilaku hewan ini merupakan perpaduan yang dilakukan oleh seorang pengamat di dalam laboratorium maupun pengamatan dilapangan. Ethology memiliki keterkaitan dengan ilmu neuroanatomi, ekologi dan evolusi. Ahli yang mengamati perilaku hewan disebut etolog. Etolog mengamati bagaimana proses perilaku hewan secara langsung pada jenis hewan yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Etologi adalah pengetahuan tentang perilaku hewan di alam. Pada bidang biologi dikenal dengan zoologi. lawan etologi, adalah ditafsirkan sebagai sub-topik psikologi daripada sebagai salah satu biologi. Secara historis, di mana psikologi komparatif sudah termasuk penelitian tentang perilaku hewan dalam konteks dari apa yang diketahui tentang psikologi manusia, etologi melibatkan penelitian tentang perilaku hewan dalam konteks dari apa yang diketahui tentang anatomi hewan, fisiologi, neurobiologi, dan sejarah filogenetik. Selanjutnya, awal psikologi komparatif berkonsentrasi pada studi belajar dan cenderung untuk penelitian perilaku dalam situasi buatan, sedangkan etholog awal berkonsentrasi pada perilaku dalam situasi alami, cenderung menggambarkannya sebagai naluriah.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Secara umum etologi dapat diartikan sebagai studi ilmiah tentang karakter/ perilaku hewan yang alamiah. Etologi merupakan sub topik dari Zoologi yang merupakan ilmu tentang hewan. Etologi merupakan lawan dari behaviorisme.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Etologi berasal dari bahasa Yunani yaitu etos yang berarti karkter dan logia yang berarti “studi tentang”. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh myrmecologist Amerika (orang yang mempelajari tentang semut), William Morton Wheeler pada tahun 1902. Secara istilah, etologi merupakan studi ilmiah tentang perilaku hewan, biasanya difokuskan pada perilaku dalam kondisi alamiah dan perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Sedangan behaviorism adalah istilah yang juga menggambarkan studi ilmiah tentang perilaku hewan, akan tetapi lebih mengacu pada respon yang diukur terhadap rangsangan dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptivity evolusi. Etologi adalah kombinasi dari laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomi, ekologi, dan biologi evolusi. Etholog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku seperti agresi, di sejumlah hewan yang tidak terkait.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Tetapi etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu zoology. Ilmu yang mempelajari perilaku atau karakter hewan tersebut digunakan di dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Teori ini mencoba menjelaskan perilaku manusia. Sehingga di dalam ilmu psikologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam pengaturan yang alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    setelah membaca wikipedia diatas, saya memahami bahwa Etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner.
    Etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Karena etologi dianggap sebagai topik biologi, etolog telah memperhatikan secara khusus dengan evolusi perilaku dan pemahaman perilaku dalam hal teori seleksi alam . Dalam satu hal, etolog modern pertama adalah Charles Darwin , yang bukunya The Expression of the Emotions in Man and Animals mempengaruhi banyak etologis. Dia mengejar ketertarikannya pada perilaku dengan mendorong anak didiknya George Romanes , yang menyelidiki pembelajaran dan kecerdasan hewan dengan menggunakan metode antropomorfik , kognitivisme anekdotal , yang tidak mendapatkan dukungan ilmiah.
    Etolog awal lainnya, seperti Charles O. Whitman, Oskar Heinroth , Wallace Craig dan Julian Huxley , malah berkonsentrasi pada perilaku yang dapat disebut naluriah, atau alami, karena hal itu terjadi pada semua anggota spesies dalam keadaan tertentu. Awal mereka untuk mempelajari perilaku spesies baru adalah dengan membangun sebuah etogram (deskripsi jenis perilaku utama dengan frekuensi kejadiannya). Ini memberikan basis data perilaku kumulatif dan obyektif, yang selanjutnya dapat diperiksa dan melengkapi peneliti selanjutnya.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Secara etimologi, etologi bisa kita bagi menjadi 2 akar kata yaitu ethos artinya sikap, perilaku dan logos artinya ilmu pengetahuan. Jadi dapat kita katakan dengan sederhana bahwa etologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang pola tingkah laku dan sosial makhluk hidup/organisme. Perilaku adalah respon dari sistem saraf terhadap stimuli/rangsangan yang dibawa/dilaksanakan oleh sistem rangka-otot atau sistem hormone. Etologi lebih mempelajari kehadiran suatu perilaku spesifik apabila diberikan stimulus tertentu dan mengapa hal itu bisa terjadi, bahkan hanya terjadi pada organisme-organisme tertentu saja. Perilaku muncul jika ada stimulus dari luar maupun dalam tubuh, dan penerima stimulus tentunya sistem saraf (reseptor) yang menghantarkan sampai ke organ tertentu (efektor) dalam merespon.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Etologi adalah kombinasi ilmu laboratorium dan lapangan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomi, ekologi, dan biologi evolusioner. Etolog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada pada kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, pada sejumlah hewan yang tidak terkait.Kajian perilaku hewan pada dasarnya mengkaji bagaimana hewan-hewan berperilaku di lingkungan dalam berbagai situasi dengan pola yang spesifik. jadi, etologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang hewan, khususnya pada perilaku hewan.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Etologi adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Baru-baru ini tingkah laku tersebut juga termasuk tingkah laku manusia. Bagaimana pun sebagai pendatang baru dibidang psikologi perkembangan, hal ini belum menjadi tekanan yang kuat. Dengan berbagai macam usaha ilmiah, deskripsi dari fenomena yang telah dipelajari datang sebelum penjelasan dari fenomena tersebut. Sehingga, satu kelemahan dari penjelasan etologi mungkin suatu saat nanti akan lebih baik dampaknya kepada lingkungan. Sementara itu etologi memperluas perspektif kita, memberikan kita ide baru dan teori seharusnya, mengembangkan berbagai pertanyaan tentang pengembangan manusia.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Etologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai karakter atau kebiasaan. Namun awal mulanya etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai perilaku hewan dan biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam. Dalam melatih hewan adanya etologi atau perilaku hewan merupakan hal yang sangat penting. Mengingat perilaku alami dari spesies yang berbeda memungkinkan pelatih untuk memilih individu-individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Jadi etologi menekankan bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh faktor biologis.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Etologi adalah salah satu cabang zoologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang perilaku atau tingkah laku hewan, mekanismenya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam klasifikasinya, perilaku hewan dapat dikategorikan menjadi dua yang dilandaskan kepada bagaimana perilaku tersebut bisa terbentuk atau dimiliki suatu spesies atau individu. Dalam dunia hewan pembentukan perilaku atau tingkah laku biasanya terbentuk akibat oleh dua faktor yaitu: 1. Perilaku alami (yang diperoleh tidak dengan proses belajar tetapi didasari oleh genotip dan interaksinya dengan lingkungan) dan 2. Perilaku akibat belajar yang hanya dapat dimiliki oleh suatu hewan jika telah mengalami suatu pelajaran baik oleh kejadian tertentu yang menimbulkan pengalaman atau memang karena adanya serangkaian pembelajaran yang dilakukan oleh individu lain (baik oleh spesiesnya sendiri, spesies lain atau oleh manusia).

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku dipandang sebagai sifat adapyif evolusioner. Penelitian yang dilakukan biasanya mengacu pada respon terukur terhadap rangsangan atau respon perilaku terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptasi evolusioner. Etologi adalah kombinasi ilmu laboratorium dan lapangan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomi, ekologi, dan biologi evolusioner.

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ethology merupakan study ilmiah dan obyektif mengenai perilaku hewan. Istilah “etologi” diturunkan dari bahasa Yunani, sebagaimana ethos ialah kata Yunani untuk "kebiasaan". Etologi juga dikenal dengan istilah sosisobiologi yakni bidang studi ilmiah yang didasarkan pada asumsi bahwa perilaku sosial telah dihasilkan dari evolusi dan upaya untuk menjelaskan dan memeriksa perilaku sosial dalam konteks tersebut. Seperti yang telah disebutkan di awal, kebiasaan yang dinilai adalah kebiasaan dari hewan, kebiasaan ini dipelajari dengan kombinasi kerja laboratorium, pengamatan lapangan serta dengan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hal itu.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terima kasih kepada pak prof yang telah emberikan artiel tentang ethology, sehinga saya mendapat pengetahuan yang baru .Etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner. Behaviourism adalah istilah yang juga menggambarkan penelitian ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya mengacu pada respons terukur terhadap rangsangan atau respons perilaku yang terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptasi evolusioner. Etologi adalah kombinasi ilmu laboratorium dan lapangan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomi, ekologi, dan biologi evolusioner. Etolog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada pada kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, pada sejumlah hewan yang tidak terkait.

    ReplyDelete
  21. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ethology pada awal sejarahnya merupakan suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Namun seiring berkembangnya zaman, ilmu yang mempelajari perilaku hewan tersebut digunakan pula dalam dunia psikologi untuk mempelajari perilaku manusia. oleh karena itu, dalam konteks psikologi, etologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan cara pengaturan yang alami. jika dalam binatang mereka menggunakan insting. Maka manusia istilahnya adalah intuisi. Intusisi pada manusia merupakan suatu pengetahuan yang sudah diketahui secara alami tanpa harus diberitahukan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  22. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Etologi adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Yang saya pahai adalah tingkah laku hewan ini jika dianalogikan dengan manusia maka bagaimana bagaimana perilaku berpengaruh kuat pada kesempatan seseorang untuk kelangsungan hidup dan reproduksi. Hal ini berarti bahwa manusia menggunakan akal sehat dan pemikirannya serta hati nurani yang dimiliki untuk menggapai pengetahuan. Ini terjadi secara alami pada manusia sama halnya pada hewan.

    ReplyDelete
  23. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konrad Lorenz (1903-1989) merupakan seorang pengembang penting dari teori etologi. Etologi menekankan pada landasan biologis dan evolusioner perkembangan. Penanaman (imprinting) dan periode penting (critical periods) merupakan konsep kunci. Garis besar teori ini mengatakan pada dasarnya sumber dari semua perilaku sosial ada dalam gen. Ada instink dalam makhluk untuk mengembangkan perilakunya. Analogi yang dikemukakan adalah “genes setting the stage, and society writing the play”. Teori ini memberikan dasar bagi pemahaman periode kritis perkembangan dan perilaku yang melekat pada anak segera setelah dilahirkan.

    ReplyDelete
  24. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Etologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang ilmiah dan objektif dari perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner. Secara behaviourism, etologi adalah istilah yang juga menggambarkan penelitian ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya mengacu pada respons terukur terhadap rangsangan atau respons perilaku yang terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptasi evolusioner. Ahli perilaku hewan ini disebut dengan etolog.

    ReplyDelete
  25. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang dapat saya pahami, Etologi berasal dari bahasa yunani yaitu etos yang berarti karakter dan logia yang berarti studi tentang. Secara umum etologi dapat diartikan sebagai studi ilmiah tentang karakter/ perilaku hewan yang alamiah. Etologi merupakan sub topik dari Zoologi yang merupakan ilmu tentang hewan. Etologi merupakan lawan dari behaviorisme.

    ReplyDelete
  26. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Etologi merupakan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan melihat perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Etologi berupa kombinasi laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan evolusi. Memahami etologi atau perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami dari spesies yang berbeda atau keturunan memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan.

    ReplyDelete
  27. Ethology mula-mula mempelajari perilaku hewan dikehidupan bebas. Bahwa perilaku dapat berubah seiring dengan bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kemudian perilaku tersebut dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Perilaku-perilaku tersebut ternyata dapat dirubah dengan pemberian stimulus atau perlakuan. Kemudian percobaan dapat dilakukan dalam laboratorium atau dengan pemberian perlakuan tertentu untuk mengamati perilaku yang terjadi.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Etologi secara bahasa berarti perilaku hewan. Etologi merupakan suatu cabang ilmu biologi yang mengkaji perilaku - perilaku hewan, seperti Tarian Lebah, Stimulus dan Respon dari Anjing (pavlov) dan sebagainya. Istilah "etologi " juga berarti "karakter". Kata-kata lain yang berasal dari "etos" kata Yunani termasuk "etika" dan "etis". Dalam perkembangannya ilmu etologi digunakan untuk menjelaskan dari perbedaan perseorangan dan nasional dalam karakter, pada dasar psikologi asosiasionistik.

    ReplyDelete
  29. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Behaviourism adalah istilah yang juga menggambarkan penelitian ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya mengacu pada respons terukur terhadap rangsangan atau tanggapan perilaku terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptivitas evolusioner

    ReplyDelete
  30. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku dipandang sebagai sifat adaptif evolusioner.

    ReplyDelete
  31. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Banyak naturalis telah mempelajari aspek perilaku hewan sepanjang sejarah. Etologi berakar pada karya Charles Darwin dan ahli ornitologi Amerika dan Jerman pada akhir abad 19 dan awal abad 20, termasuk Charles O. Whitman, Oskar Heinroth, dan Wallace Craig.

    ReplyDelete


  32. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    etologi dianggap sebagai topik biologi, etologi telah memperhatikan secara khusus dengan evolusi perilaku dan pemahaman perilaku dalam hal teori . seleksi alam Etologi modern pertama adalah Charles Darwin, yang bukunya The Expression of the Emotions in Man and Animals memengaruhi banyak ahli etologi.
    Dia mengejar ketertarikannya pada perilaku dengan mendorong anak didiknya George Romanes, yang menyelidiki pembelajaran dan kecerdasan hewan dengan menggunakan metode antropomorfik, kognitivisme anekdotal, yang tidak mendapatkan dukungan ilmiah.

    ReplyDelete
  33. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ethology merupakan paham yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. Ethology juga mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya terhadap perilaku tersebut. Meskipun tingkah laku manusia bersifat bawaan dari gen yang berasal dari orang tua, namun pengalaman yang telah diperolehnya juga ikut mempengaruhi bagaimana seseorang bertingkah laku.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku hewan. Seringkali suatu perilaku hewan terjadi karena pengaruh genetis (perilaku bawaan lahir atau innate behavior), dan karena akibat proses belajar atau pengalaman yang dapat disebabkan oleh lingkungan. Pada perkembangan ekologi perilaku terjadi perdebatan antara pendapat yang menyatakan bahwa perilaku yang terdapat pada suatu organisme merupakan pengaruh alami atau karena akibat hasil asuhan atau pemeliharaan, hal ini merupakan perdebatan yang terus berlangsung. Dari berbagai hasil kajian, diketahui bahwa terjadinya suatu perilaku disebabkan oleh keduanya, yaitu genetis dan lingkungan (proses belajar), sehingga terjadi suatu perkembangan sifat.

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi dapat dibedakan dengan psikologi komparatif, yang juga mempelajari perilaku hewan, namun menguraikan studinya sebagai cabang psikologi. Jadi di mana psikologi komparatif memandang studi perilaku heawan dalam konteks dari apa yang dikenal sebagai psikologi manusia, etologi memandang studi perilaku hewan dalam konteks dari apa yang dikenal tentang anatomi dan fisiologi hewan. Lebih lanjut, psikolog komparatif awal berkonsentrasi pada studi pembelajaran, dan kemudian cenderung melihat pada perilaku dalam keadaan buatan, sedangkan para etolog awal berkonsentrasi pada perbuatan dalam keadaan alami, cenderung mendeskripsikannya naluriah. Kedua pendekatan ini saling melengkapi daripada bersaing, namun menimbulkan perspektif yang berbeda dan kadang-kadang bertentangan dengan pendapat tentang zat bahan. Di samping itu, selama kebanyakan abad ke-20 psikologi komparatif berkembang paling kuat di Amerika Utara, sedangkan etologi lebih kuat di Eropa, dan ini menimbulkan perhatian berbeda seperti tiang pondasi filsafat yang agak berbeda dalam kedua studi itu. Perbedaan praktik ialah bahwa psikologi komparatif berkonsentrasi pada perolehan pengetahuan luas dari perilaku spesies yang lebih sedikit, sedangkan etolog lebih tertarik dalam perolehan pengetahuan dari perilaku dalam jajaran spesies yang luas, tak sekurangnya agar bisa membuat perbandingan berdasar kuat melintasi kelompok taksonomi. Para etolog telah membuat lebih banyak penggunaan dari metode komparatif yang sebenarnya daripada yang pernah diperoleh para psikolog komparatif.

    ReplyDelete