Jan 13, 2013

ETHOLOGY




Ass, jika ingin membaca tentang Ethology, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku hewan. Seringkali suatu perilaku hewan terjadi karena pengaruh genetis (perilaku bawaan lahir atau innate behavior), dan karena akibat proses belajar atau pengalaman yang dapat disebabkan oleh lingkungan. Pada perkembangan ekologi perilaku terjadi perdebatan antara pendapat yang menyatakan bahwa perilaku yang terdapat pada suatu organisme merupakan pengaruh alami atau karena akibat hasil asuhan atau pemeliharaan, hal ini merupakan perdebatan yang terus berlangsung. Dari berbagai hasil kajian, diketahui bahwa terjadinya suatu perilaku disebabkan oleh keduanya, yaitu genetis dan lingkungan (proses belajar), sehingga terjadi suatu perkembangan sifat.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi dapat dibedakan dengan psikologi komparatif, yang juga mempelajari perilaku hewan, namun menguraikan studinya sebagai cabang psikologi. Jadi di mana psikologi komparatif memandang studi perilaku heawan dalam konteks dari apa yang dikenal sebagai psikologi manusia, etologi memandang studi perilaku hewan dalam konteks dari apa yang dikenal tentang anatomi dan fisiologi hewan. Lebih lanjut, psikolog komparatif awal berkonsentrasi pada studi pembelajaran, dan kemudian cenderung melihat pada perilaku dalam keadaan buatan, sedangkan para etolog awal berkonsentrasi pada perbuatan dalam keadaan alami, cenderung mendeskripsikannya naluriah. Kedua pendekatan ini saling melengkapi daripada bersaing, namun menimbulkan perspektif yang berbeda dan kadang-kadang bertentangan dengan pendapat tentang zat bahan. Di samping itu, selama kebanyakan abad ke-20 psikologi komparatif berkembang paling kuat di Amerika Utara, sedangkan etologi lebih kuat di Eropa, dan ini menimbulkan perhatian berbeda seperti tiang pondasi filsafat yang agak berbeda dalam kedua studi itu. Perbedaan praktik ialah bahwa psikologi komparatif berkonsentrasi pada perolehan pengetahuan luas dari perilaku spesies yang lebih sedikit, sedangkan etolog lebih tertarik dalam perolehan pengetahuan dari perilaku dalam jajaran spesies yang luas, tak sekurangnya agar bisa membuat perbandingan berdasar kuat melintasi kelompok taksonomi. Para etolog telah membuat lebih banyak penggunaan dari metode komparatif yang sebenarnya daripada yang pernah diperoleh para psikolog komparatif.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter menekankan pada pengalaman fisik atau biologis maka kritiknya adalah terlalu menekankan pada biologis sedangkan kognisinya tidak tercapai. Dalam arti lain etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau tingkah laku, mekanisme dan faktor-faktor yang memperngaruhinya.

    ReplyDelete
  4. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kata “etologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos di mana dalam bahasa Yunani digunakan untuk menyatakan "kebiasaan". Etologi juga dikenal dengan istilah sosiobiologi yakni cabang ilmu ilmiah yang didasarkan pada asumsi bahwa evolusi telah menghasilkan perilaku sosial, dan upaya untuk menjelaskan dan meneliti serta mengeksplorasi perilaku sosial dalam konteks tersebut. Sosiobiologi sering dianggap sebagai gabungan biologi dan sosiologi dimana sangat erat hubungannya dengan bidang perilaku manusia dan psikologi evolusioner. Kebiasaan yang dinilai di sini adalah kebiasaan dari hewan. Kebiasaan ini dipelajari dengan kombinasi kerja laboratorium, pengamatan lapangan serta dengan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hal tersebut.

    ReplyDelete
  5. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. ethology adalah salah-satu cabang dalam ilmu zoology yang mempelajari prilaku atau tingka laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktornya (Wikipedia). Menurut saya, ilmu ini sangat penting untuk memahami dan mencari titik temu antara setiap makhluk. Karena saya meyakini bahwa setiap makhluk memiliki hukum-hukumnya sendiri seperti hewan. Hewan juga memilik hak untuk hidup. Hewan adalah bagian dari hukum alam sebagai unsur keseimbangan alam raya. Itulah kenapa hewan-hewan yang nyaris punah harus dilindungi demi kehidupan dan keseimbangan alam semesta.

    ReplyDelete
  6. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ilmu Ethology biasanya digunakan oleh ilmuan untuk mempelajari segala macam prilaku dan gejala yang terjadi pada hewan. Hal ini berwal dari pendapat Charles Darwin yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia berasal dari kera hal itu terjadi karena menurut Darwin rangka manusia cukup identik sama dengan rangka kera/simpanse. Karena pendapat tersebutlah melahirkan berbagai macam ilmu dan teori untuk mengkaji beragam prilaku kehidupan dan kecerdasan yang dimiliki hewan.

    ReplyDelete
  7. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ethology ialah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya (Wikipedia). Disiplin ilmu ethology modern ini dianggap lahir sekitar tahun 1930an ketika biolog berkebangsaan Belanda Nikolaas Tinbergen dan Konrad Lorenz mulai merintisnya. Menurut saya, ethology ini merupakan salah satu contoh kuasa Tuhan dimana untuk mempelajari tentang perilaku hewan saja ada bidang ilmunya tersendiri yakni ethology, ini menunjukan bahwa setiap ciptaan Tuhan itu kompleks sifatnya sehingga memerlukan waktu dan ilmu yang lebih untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Teori ini menekankan bahwa kepekaan terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan. Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman. Etologi merupakan cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang ilmu tentang perilaku atau tingkah laku hewan, perilaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Fokus etologi pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi respon perilaku dalam pengaturan laboratorium.

    ReplyDelete
  9. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for the above article. This term is foreign to me. Thanks again for the prof. Marsigit for introducing this term to me. The science I can understand about ethology is an objective scientific study of animal behavior in its nature, which is evolutionary adaptive. Talking about behavior reminds us of behaviorism, which is a scientific and objective study of animal behavior in terms of its response or response to stimuli that are not pressure from anything. So most likely the science of this etology is closely related or even not much different from behaviorism. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete