Jan 13, 2013

ETHOLOGY




Ass, jika ingin membaca tentang Ethology, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Etologi merupakan studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alam dan melihat perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Etologi biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dikelompok hewan tertentu dan sering mempelajari satu jenis perilaku seperti agresi disejumlah hewan yang tidak terkait. Memahami etologi atau perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mempertimbangkan perilaku alami dari spesies yang berbeda atau breed memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Hal ini juga memungkinkan pelatih untuk mendorong kinerja perilaku yang terjadi secara alami dan juga penghentian perilaku yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya seorang ahli untuk melakukan tugas yang diperlukan. Sama halnya dengan guru yang harus dapat memahami perilaku maupun sifat-sifat dari anak didiknya sehingga dapat memutuskan metode mana yang sesuai dengan karakteristik mereka.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari referensi yang dicantumkan diatas dapat saya simpulkan bahwa ethology adalah suatu studi ilmiah dan objektif mengenai perilaku hewan, biasanya dengan berpusat pada perilaku ataupun kondisi alami dan ditinjau dari sifat adaptif. Dalam dunia sains yang baru, ethology berfungsi untuk menjelaskan perbedaan sifat ataupun karakter individu yang berdasarkan psikologi asosiasistik. Secara terminologi, ethology berasal dari bahasa Yunani yang berarto etos atau karakter dan logia yaitu studi tentang.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Etologi merupakan cabang ilmu kehewanan yang mempelajari tentang kehidupan hewan. Ilmu perilaku hewan merupakan kombinasi antara kerja laboratorium dan pengamatan di lapangan, yang memiliki keterkaitan kuat dengan disiplin ilmu-ilmu tertentu, semisal neuroanatomi, ekologi, dan evolusi.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Etologi mwerupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter kehidupan hewan. Ilmu ini menekankan pada pengalaman fisik atau biologis, kritiknya adalah terlalu menekankan pada biologis sedangkan kognisinya tidak tercapai. Dalam arti lain etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme dan faktor-faktor yang memperngaruhinya.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Etologi berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti kebiasaan dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. Ethos bisa pula berarti etis atau etika dapat juga berarti karakter. Jadi secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Namun etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu perilaku hewan. di dalam ilmu psikologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam pengaturan yang alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Etologi secara bahasa yaitu Ethos dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan tentang kebiasaan atau karakter. Secara epistemologi, etologi merupakan ilmu yang mempelajari mempelajari tentang kebiasaan atau karakter sesuatu. Kata etologi sering ditemukan pada bidang zoology yang dikenal sebagai ilmu perilaku tentang hewan. Ilmu ini kemudian berkembang dalam ranah manusia, yaitu pada ilmu psikologi perkembangan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Etologi adalah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam ilmu psikologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam pengaturan yang alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya. Etologi memahami bahwa perilaku manusia mempunyai relevansi dengan perilaku binatang. Contohnya yaitu seperti percobaan para ilmuan yang dicobakan pada tikus atau hewan yang lain. Disitu menunjukkan bahwa manusia dianggap memiliki relevansi dengan perilaku binatang. Sifat-sifat yang menonjol dari setiap binatang diantaranya adalah sifat mempertahankan wilayahnya, bertindak agresif, dan perasaan ingin menguasai sesuatu. Sifat-sifat ini ditemukan pula pada diri manusia. Karena hal tersebut, maka para etolog memandang bahwa insting merupakan sifat dasar hewan dan aspek penting dalam memahami perilaku manusia.

    ReplyDelete
  8. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs PMA 2018

    Disiplin etologi modern pada umumnya dianggap telah dimulai pada tahun 1930-an dengan karya ahli biologi Belanda Nikolaas Tinbergen dan oleh ahli biologi Austria Konrad Lorenz dan Karl von Frisch. Etologi memiliki akar ilmiahnya dalam karya Charles Darwin. Etologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku hewan, fokus pada adaptasi dengan alam dan hasil adaptasi terhadap perilaku hewan.

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Ethology. Melalui https://en.wikipedia.org/wiki/Ethology, saya dapat mengetahui tentang Ethology yang artinya adalah studi ilmiah dan obyektif tentang perilaku hewan. Hal tersebut biasanya fokus pada perilaku di bawah kondisi alam dan melihat perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Sedangkan Behaviourisme adalah istilah yang juga menjelaskan studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan dan biasanya merujuk pada respons terukur terhadap rangsangan atau respons perilaku terlatih dalam konteks laboratorium.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku binatang dan manusia, terutama yang berkaitan erat dengan fungsi perilaku serta mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya terhadap perilaku yang didasarkan atas variabel variabel ekologis, psikologis, dan genetik dengan menggunakan metodologi yang terdapat dalam semua cabang disiplin biologi. Maka etologi juga dapat disebut sebagai sosiobiologi. Sosiobiologi merupakan ilmu mengenai perilaku sosial dari evolusi dan upaya untuk menjelaskan dan memeriksa perilaku sosial dalam konteks tersebut. Secara harfiah, sosiobiologi dikaitkan dengan perpaduan antara sosiologi dan biologi. Sosiobiologi mengkaji bidang perilaku manusia dan psikologi evolusioner. Garis besar teori ini mengatakan pada dasarnya sumber dari semua perilaku sosial ada dalam gen. Ada insting dalam makhluk untuk mengembangkan perilakunya.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link-link tersebut, saya sedikit menyimpulkan bahwa ethology adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan kondisi hewan. Perilaku hewan yang dikelompokkan berdasarkan kealamiannya dan keagresifannya. Dan hewan tersebut membutuhkan pelatihan yang cocok agar hewan tidak menjadi agresif dan buas. Cabang ilmu ini juga mempunyai fungsi utukmenjelaskan karakter hewan sesuai dengan psikologi asosiasitik.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Ethology atau Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif tentang perilaku hewan, yang biasannya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan melihat perilaku senagai sifat adaptif evolusioner. Pada abad ke-21, Etologi menegmbangakn keilmuan baru yaitu neurotheology.

    ReplyDelete
  13. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Ethology merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ilmu yang mempelajari perilaku atau karakter hewan tersebut digunakan di dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Teori ini juga menekankan bahwa kepekaan kita terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan, Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman.

    ReplyDelete
  14. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Etologi merupakan ilmu atau studi ilmiah yang mempelajari tentang perilaku hewan yang bergantung pada kondisi alam dan melihat perilaku adaptasi evolusioner mereka. Dalam melakukan studi etologi terdapat hubungan juga dalam disiplin ilmu seperti neuroanatomi, ekologi, dan evolusi dimana studi ilmu ini merupakan kombinasi antara laboratorium dan ilmu lapangan. Para tokoh yang terjun di bidang etologi diantaranya Charles Darwin, George Romanes, Charles O. Whitman, Oskar Heinroth, Wallace Craig dan Julian Huxley.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Etologi atau ilmu perilaku hewan/satwa berasal dari bahasa Yunani Ethos yang berarti karakter. Etologi adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Ilmu tentang perilaku hewan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu pengamatan yang dilakukan dilaboratorium dan pengamatan yang dilakukan dilapangan. Etolog adalah sebutan untuk para ahli dibidang perilaku hewan. Dilihat dari apa yang mereka kerjakan tentulah seorang etolog adalah seseorang yang amat menaruh perhatian lebih pada proses-proses bagaimana suatu jenis prilaku berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Antara manusia dan hewan tentunya memiliki perbedaan dimana mereka tidak bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Oleh karenanya tak jarang pandangan manusia tentang objek penelitiannya terkadang adakalanya tidak sesuai atau sejalan.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Teori ini menekankan bahwa kepekaan terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan. Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman. Etologi merupakan cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang ilmu tentang perilaku atau tingkah laku hewan, perilaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Fokus etologi pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi respon perilaku dalam pengaturan laboratorium.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ilmu perilaku hewan, ilmu perilaku satwa atau juga disebut etologi (dari bahasa Yunani: ἦθος, ethos, "karakter"; dan –λογία, -logia) adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Seorang ahli perilaku hewan umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku (misalnya agresi) berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Meski ada pula yang berspesialisasi pada tingkah laku suatu jenis atau kelompok kekerabatan hewan yang tertentu. Ahli perilaku hewan juga disebut etolog. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa ethology mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melalui teori ini mencoba menjelskan perilaku manusia. Hal ini sangat menarik. Akan tetapi ada beberapa kritik terhadap teori ethology yaitu teori ini terlalu menekankan pada dasar biologis, perhatian terhadap kognisi kurang memadai, dan teori tersebut lebih baik dalam menghasilkan penelitian dengan hewan daripada dengan manusia.

    ReplyDelete
  19. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Ethology atau etologi adalah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ilmu ini juga digunakan dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Teori ini mencoba menjelaskan perilaku manusia. Sehingga di dalam ilmu psikologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalm pengaturan alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018
    Dari link yang Prof cantunmkan saya peroleh informasi bahwa etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan melihat perilaku sebagai adaptif evolusioner. Behaviorisem adalah istilah yang juga menjelaskan studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya merujuk pada respons terukur terhadap rangsangan atau respons perilaku terlatih dalam konteks laboraturium, tanpa penekanan khusus terhadap evolusi.Etologi adalah kombinasi antara laboraturium dan ilmu lapangan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomi, ekologi dan biologi evolusi. Etologi biasanya lebih tertarik pada proses perilaku daripada kelompok hewan tertentu dan sering mempelajari satu jenis perilaku pada sejumlah hewan terkait.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Ethology memiliki fokus pada kegiatan rutin atau perilaku rutin yang dilakukan hewan dalam kasus ini. Memahami perilaku hewan dapat mempermudah dalam proses "pelatihan hewan" dikarenakan ini mempelajari perilaku hewan secara natural.

    ReplyDelete
  22. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Ethology membahas tentang hewan. Cabang ini memfokuskan tentang kehidupan hewan mulai dari tingkah laku, karaktersitik dan proses adaptasi hewan dengan lingkungannya. Dalam hal ini seseorang bisa belajar bagaimana cara memahami tingkah laku hewan. Biasanya pembahasan tentang ini ada pada cabang ilmu biologi yang di dalamnya juga membahas tentang jenis atau karakter hewan.

    ReplyDelete
  23. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Etologi berasal dari bahasa yunani yaitu
    ethos
    yang berarti kebiasaan dan
    logos
    yang berarti ilmu atau pengetahuan.
    Ethos
    bisa pula berarti etis atau etika dapat juga berarti karakter. Jadi secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Namun etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu perilaku hewan. Etologi adalah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya. Teori Etologi memahami bahwa perilaku manusia mempunyai relevansi dengan perilaku binatang. Sifat-sifat yang menonjol dari setiap binatang diantaranya adalah sifat mempertahankan wilayahnya, bertindak agresif, dan perasaan ingin menguasai sesuatu. Sifat-sifat ini ditemukan pula pada diri manusia. Karena hal tersebut, maka para etolog memandang bahwa insting merupakan sifat dasar hewan dan aspek penting dalam memahami perilaku manusia.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan melihat perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner.

    ReplyDelete
  25. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Ethology atau etologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku hewan. Ilmu etologi dipelopori oleh Nikolaas Tinbergen dan Konrad Lorenz yang kemudian memenangkan hadiah nobel pada tahun 1973. Pada abad 21 etologi merupakan ilmu yang berkembang pesat. Banyak sekali manfaat dari ilmu etologi sehingga menghasilkan pengetahuan-pengetahuan lainnya.

    ReplyDelete
  26. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Menurut saya, ethology adalah suatu ilmu ilmiah yang mempelajari tentang tingkah laku binatang. Biasanya ilmu tersebut fokus membahas tentang tingkah laku binantang secara natural yang ditunjukkan oleh binatang tersebut. Sebagai contohnya tingkah laku natural yang ditujukkan oleh binatang kera adalah suka bergelantungan di pohon. Nah, maka pada ethology tentang kera akan fokus dan khusus membahas tentang tingkah laku bergelantungan kera secara natural yang ditunjukkan oleh kera tersebut. diman etimology ini adalah lebih difokuskan pada perhatian perilaku hewan secara alamiah tanpa ada campur tangan manusia, atau tanpa ada pelatihan khusus, sehingga sifat asli binatang yang dipelajari.

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Salah satu contoh ilmu antar disiplin adalah ethology yang mempelajari tentang perilaku organisme. Dalam perkembangannya, ethology berarti ilmu yang mempelajari tentang perilaku atau kebiasaan makhluk hidup. Ethology menekankan bahwa perilaku dapat dipengaruhi oleh biologi.

    ReplyDelete