Jan 13, 2013

ETHOLOGY




Ass, jika ingin membaca tentang Ethology, bisa konek berikut:


Wss

42 comments:

  1. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konrad Lorenz (1903-1989) merupakan seorang pengembang penting dari teori etologi. Etologi menekankan pada landasan biologis dan evolusioner perkembangan. Penanaman (imprinting) dan periode penting (critical periods) merupakan konsep kunci. Garis besar teori ini mengatakan pada dasarnya sumber dari semua perilaku sosial ada dalam gen. Ada instink dalam makhluk untuk mengembangkan perilakunya. Analogi yang dikemukakan adalah “genes setting the stage, and society writing the play”. Teori ini memberikan dasar bagi pemahaman periode kritis perkembangan dan perilaku yang melekat pada anak segera setelah dilahirkan.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Etologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang ilmiah dan objektif dari perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner. Secara behaviourism, etologi adalah istilah yang juga menggambarkan penelitian ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya mengacu pada respons terukur terhadap rangsangan atau respons perilaku yang terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptasi evolusioner. Ahli perilaku hewan ini disebut dengan etolog.

    ReplyDelete
  3. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Yang dapat saya pahami, Etologi berasal dari bahasa yunani yaitu etos yang berarti karakter dan logia yang berarti studi tentang. Secara umum etologi dapat diartikan sebagai studi ilmiah tentang karakter/ perilaku hewan yang alamiah. Etologi merupakan sub topik dari Zoologi yang merupakan ilmu tentang hewan. Etologi merupakan lawan dari behaviorisme.

    ReplyDelete
  4. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku hewan. Seringkali suatu perilaku hewan terjadi karena pengaruh genetis (perilaku bawaan lahir atau innate behavior), dan karena akibat proses belajar atau pengalaman yang dapat disebabkan oleh lingkungan. Pada perkembangan ekologi perilaku terjadi perdebatan antara pendapat yang menyatakan bahwa perilaku yang terdapat pada suatu organisme merupakan pengaruh alami atau karena akibat hasil asuhan atau pemeliharaan, hal ini merupakan perdebatan yang terus berlangsung. Dari berbagai hasil kajian, diketahui bahwa terjadinya suatu perilaku disebabkan oleh keduanya, yaitu genetis dan lingkungan (proses belajar), sehingga terjadi suatu perkembangan sifat.

    ReplyDelete
  5. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Etologi dapat dibedakan dengan psikologi komparatif, yang juga mempelajari perilaku hewan, namun menguraikan studinya sebagai cabang psikologi. Jadi di mana psikologi komparatif memandang studi perilaku heawan dalam konteks dari apa yang dikenal sebagai psikologi manusia, etologi memandang studi perilaku hewan dalam konteks dari apa yang dikenal tentang anatomi dan fisiologi hewan. Lebih lanjut, psikolog komparatif awal berkonsentrasi pada studi pembelajaran, dan kemudian cenderung melihat pada perilaku dalam keadaan buatan, sedangkan para etolog awal berkonsentrasi pada perbuatan dalam keadaan alami, cenderung mendeskripsikannya naluriah. Kedua pendekatan ini saling melengkapi daripada bersaing, namun menimbulkan perspektif yang berbeda dan kadang-kadang bertentangan dengan pendapat tentang zat bahan. Di samping itu, selama kebanyakan abad ke-20 psikologi komparatif berkembang paling kuat di Amerika Utara, sedangkan etologi lebih kuat di Eropa, dan ini menimbulkan perhatian berbeda seperti tiang pondasi filsafat yang agak berbeda dalam kedua studi itu. Perbedaan praktik ialah bahwa psikologi komparatif berkonsentrasi pada perolehan pengetahuan luas dari perilaku spesies yang lebih sedikit, sedangkan etolog lebih tertarik dalam perolehan pengetahuan dari perilaku dalam jajaran spesies yang luas, tak sekurangnya agar bisa membuat perbandingan berdasar kuat melintasi kelompok taksonomi. Para etolog telah membuat lebih banyak penggunaan dari metode komparatif yang sebenarnya daripada yang pernah diperoleh para psikolog komparatif.

    ReplyDelete
  6. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter menekankan pada pengalaman fisik atau biologis maka kritiknya adalah terlalu menekankan pada biologis sedangkan kognisinya tidak tercapai. Dalam arti lain etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau tingkah laku, mekanisme dan faktor-faktor yang memperngaruhinya.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kata “etologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos di mana dalam bahasa Yunani digunakan untuk menyatakan "kebiasaan". Etologi juga dikenal dengan istilah sosiobiologi yakni cabang ilmu ilmiah yang didasarkan pada asumsi bahwa evolusi telah menghasilkan perilaku sosial, dan upaya untuk menjelaskan dan meneliti serta mengeksplorasi perilaku sosial dalam konteks tersebut. Sosiobiologi sering dianggap sebagai gabungan biologi dan sosiologi dimana sangat erat hubungannya dengan bidang perilaku manusia dan psikologi evolusioner. Kebiasaan yang dinilai di sini adalah kebiasaan dari hewan. Kebiasaan ini dipelajari dengan kombinasi kerja laboratorium, pengamatan lapangan serta dengan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hal tersebut.

    ReplyDelete
  8. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. ethology adalah salah-satu cabang dalam ilmu zoology yang mempelajari prilaku atau tingka laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktornya (Wikipedia). Menurut saya, ilmu ini sangat penting untuk memahami dan mencari titik temu antara setiap makhluk. Karena saya meyakini bahwa setiap makhluk memiliki hukum-hukumnya sendiri seperti hewan. Hewan juga memilik hak untuk hidup. Hewan adalah bagian dari hukum alam sebagai unsur keseimbangan alam raya. Itulah kenapa hewan-hewan yang nyaris punah harus dilindungi demi kehidupan dan keseimbangan alam semesta.

    ReplyDelete
  9. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ilmu Ethology biasanya digunakan oleh ilmuan untuk mempelajari segala macam prilaku dan gejala yang terjadi pada hewan. Hal ini berwal dari pendapat Charles Darwin yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia berasal dari kera hal itu terjadi karena menurut Darwin rangka manusia cukup identik sama dengan rangka kera/simpanse. Karena pendapat tersebutlah melahirkan berbagai macam ilmu dan teori untuk mengkaji beragam prilaku kehidupan dan kecerdasan yang dimiliki hewan.

    ReplyDelete
  10. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ethology ialah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya (Wikipedia). Disiplin ilmu ethology modern ini dianggap lahir sekitar tahun 1930an ketika biolog berkebangsaan Belanda Nikolaas Tinbergen dan Konrad Lorenz mulai merintisnya. Menurut saya, ethology ini merupakan salah satu contoh kuasa Tuhan dimana untuk mempelajari tentang perilaku hewan saja ada bidang ilmunya tersendiri yakni ethology, ini menunjukan bahwa setiap ciptaan Tuhan itu kompleks sifatnya sehingga memerlukan waktu dan ilmu yang lebih untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Teori ini menekankan bahwa kepekaan terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan. Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman. Etologi merupakan cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang ilmu tentang perilaku atau tingkah laku hewan, perilaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Fokus etologi pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi respon perilaku dalam pengaturan laboratorium.

    ReplyDelete
  12. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for the above article. This term is foreign to me. Thanks again for the prof. Marsigit for introducing this term to me. The science I can understand about ethology is an objective scientific study of animal behavior in its nature, which is evolutionary adaptive. Talking about behavior reminds us of behaviorism, which is a scientific and objective study of animal behavior in terms of its response or response to stimuli that are not pressure from anything. So most likely the science of this etology is closely related or even not much different from behaviorism. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  13. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Etologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari perilaku binatang, terutama yang berkaitan erat dengan fungsi perilaku serta mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya terhadap perilaku yang didasarkan atas variabel variabel ekologis, psikologis, dan genetik dengan menggunakan metodologi yang terdapat dalam semua cabang disiplin biologi. Ilmu perilaku hewan, pada keseluruhannya merupakan kombinasi kerja-kerja laboratorium dan pengamatan di lapangan, yang memiliki keterkaitan yang kuat dengan disiplin ilmu-ilmu tertentu semisal neuroanatomi, ekologi, dan evolusi.

    ReplyDelete
  14. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Istilah Etology berasal dari bahasa Yunani yang memilki arti karakter. Ethology adalah cabang ilmu pengetahuan zoologi atau kajian objektive terhadap prilaku hewan atau prilaku satwa serta faktor-faktor penyebabnya. Etology lebih fokus kepada proses perilaku [ada kelompok hewan tertentu dan seringnya mempelajari satu jenis perilaku saja. Mirip seperti Behaviourism yang juga menggambarkan studi objektive nya kepada perilaku hewan yang biasanya mengacu kepada respons atau rangsangan terhadap tindakan tertentu. Sehingga pada pengembangan sains baru, etology difungsikan untuk menjelaskan karakter individu dan nasional yang berdasarkan psikologi.

    ReplyDelete
  15. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Etologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari prilaku binatang dan manusia, terutama yang berhubungan dengan sikaf atau prilaku. Binatang maupun manusia merupakan mahkluk hidup unik yang sangat menarik untuk dijadikan objek penelitian yang berkaitan dengan tingkah laku. Khususnya bagi seorang guru banyak yang mamandang bahwa siswa adalah objek real yang sangat unik, yang terkadang ingin melakukan pengkajian lebih jauh terhadap beragam karakter yang dimilikinya, tidak hanya dari segi prilaku tetapi juga dari segi ilmu dan kecerdasan intelektual.

    ReplyDelete
  16. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Etologi adalah ilmu yang mempelajari secara objektif perilaku atau tingkah laku hewan, dan sifat adaptif yang evolusioner. Berdasarkan link artikel di atas, terlepas dari relasi genetic, saya memahami bahwa manusia memiliki relasi yang sangat erat dengan hewan. Relasi tersebut merupakan relasi sebagai mahluk hidup yang sama-sama tumbuh, berkembang dan bereproduksi. Hanya saja, terkadang keistimewan yang dimiliki manusia atas pikirannya menjadikan hewan sebagi sekedar objek pemuas nafsu manusia, seperti makanan dan hiburan. Padahal sejatinya, hewan patut dihargai sebagai makhluk hidup untuk dapat menjaga keseimbangan dan keharmonisan semesta.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Etologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai karakter atau kebiasaan. Namun awal mulanya etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai perilaku hewan dan biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam. Etologi lebih banyak mempelajari tentang perilaku dan jenis-jenis spesies hewan. Sehingga karena banyaknya spesies hewan itu sangat banyak, maka biasanya seseorang yang meneliti itu hanya berfokus pada hewan jenis tertentu saja supaya dapat dikaji secara mendalam. Selain itu, mengingat perilaku alami dari spesies yang berbeda memungkinkan pelatih untuk memilih individu-individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan.

    ReplyDelete
  18. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postinganya, Prof. erdasarkan referensi dari wikipedia, dapat saya simpulkan bahwa ethology yang berasal dari bahasa Yunani, 'ethos' yang berarti 'karakter' dan logia yang berarti 'ilmu tentang' atau ilmu tentang karakter merupakan ilmu mengenai tingkah laku dan memandang tingkah laku sebagai sifat yang adaptif dan berevolusi. Ilmu ini sering disamakan istilahnya dengan behaviorisme yang meski awalnya digunakan untuk hewan namun berkembang menjadi salah satu teori belajar dan diaplikasikan untuk manusia.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih bapak atas postingan sharing ilmunya, sesungguhnya saya baru mengetahui istilah etologi ini. Jika dalam kajiannya etologi membahas mengenai perilaku hewan, dan jika kita hubungkan dengan ilmu ke-manusia-an maka maknanya adalah bahwasanya manusia dan hewan itu memiliki perbedaaan yang sangat jauh. Perilaku hewan hanya mengikuti insting mereka untuk bertahan hidup dan berreproduksi tanpa memiliki tujuan yang jelas, namun manusia memiliki tujuan kenapa mereka harus bertahan hidup dan berreproduksi.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Asal kata ethology yaitu etho dan logos, etho adalah hewan dan logos adalah ilmu, sehingga ethologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hewan atau cabang ilmu yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, serta mekanisme dan juga faktor-faktor yang menyebabkannya. Seorang etholog (ahli perilaku hewan) menaruh perhatian khusus pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku hewan berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda.

    ReplyDelete
  21. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Menurut saya, ethology adalah suatu ilmu ilmiah yang mempelajari tentang tingkah laku binatang. Biasanya ilmu tersebut fokus membahas tentang tingkah laku binantang secara natural yang ditunjukkan oleh binatang tersebut. Sebagai contohnya tingkah laku natural yang ditujukkan oleh binatang kera adalah suka bergelantungan di pohon. Nah, maka pada ethology tentang kera akan fokus dan khusus membahas tentang tingkah laku bergelantungan kera secara natural yang ditunjukkan oleh kera tersebut. diman etimology ini adalah lebih difokuskan pada perhatian perilaku hewan secara alamiah tanpa ada campur tangan manusia, atau tanpa ada pelatihan khusus, sehingga sifat asli binatang yang dipelajari.

    ReplyDelete
  22. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ethologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor penyebabnya. Seorang ahli perilaku hewan (etolog) umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. lmu ethologi modern dianggap lahir pada tahun 1930an oleh biolog berkebangsaan Belanda yaitu Nikolaas Tinbergen dan biolog dari Austria Konrad Lorenz.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Secara agama, dikatakan bahwa manusia dan makhluk yang lainnya di dunia ini itu aslinya sama, seperti dengan hewan maupun tumbuhan. Namun, perbedaan yang hakiki adalah bahwa manusia diberikan keistimewaan meimiliki otak sehingga manusia sebenarnya lebih mulia karena bisa memikirkan sesuatu sebelum berbuat, berbeda dengan makhluk lain seperti contohnya dengan hewan, mereka hanya akan berbuat yang menguntungkan mereka saja namun tidak sebaliknya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Junianto
    PM C

    Etologi adalah sebuah studi ilmiah tentang perilaku hewan dimana studi ini fokus pada perilaku hewan dalam kondisi alami tanpa ada intervensi atau pengaruh dari manusia. Sehingga studi ini dilakukan benar-benar melihat perilaku hewan yang ada di lingkungan alaminya. Studi ini biasanya berfokus pada spesies terbatas sehingga hasilny alebih mendalam tentang spesies tersebut. Studi bisa meliputi perilaku, pertumbuhan, perkembangbiakan suatu spesies hewan.

    ReplyDelete
  25. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Etologi disebut juga ilmu perilaku hewan atau ilmu perilaku satwa. Etologi merupakan suatu studi ilmiah dan dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alamiah, dan melihat perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Paham ini bertentangan dengan behaviorisme. Etologi merupakan cabang dari ilmu zoologi. Sehingga paham ini mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Paham ini mencoba untuk menjelaskan perilaku manusia. Mempelajari perilaku manusia secara alamiah, tidak seperti behaviorisme yang mempelajari dalam laboratorium. Teori ini memandang bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi dan evolusi yang ditandai dengan periode (critical period). Karena menganggap laboratorium bukan setting yang baik untuk mengamati perilaku maka peneliti mengamati perilaku secara teliti dalam lingkungan alamiahnya seperti: di rumah, taman bermain, tetangga, sekolah, rumah sakit dan lain-lain. Mohon koreksi apabila terdapat kesalahan Prof. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah ethology berasal dari bahasa Yunani, etos yang berarti "karakter" dan -λογία, -logia yang berarti "studi tentang". Ethology adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner. Sedangkan pada pengembangan sains baru, ethology bertujuan untuk menjelaskan tentang perbedaan karakter individu berdasarkan psikologi asosiasiistik.

    ReplyDelete
  27. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Lahirnya salah satu teori teori belajar terkenal beberapa diantaranya dikarenakan eksperimen dengan binatang. Untuk mengetahui pola hidup dan kebiasaannya, para ahli belajar etologi. Etologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari perilaku binatang dan manusia, terutama yang berkaitan erat dengan fungsi perilaku serta mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya terhadap perilaku yang didasarkan atas variabel variabel ekologis, psikologis, dan genetik dengan menggunakan metodologi yang terdapat dalam semua cabang
    Selain itu, Etologi adalah kombinasi dari laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan biologi evolusi. Etholog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, di sejumlah hewan yang tidak terkait.

    ReplyDelete
  28. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hewan dan manusia adalah makhluk Tuhan yang dapat berpindah tempat, keduanya memiliki perilaku yang berbeda beda. Dalam cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang perilaku hewan, mekanisme dan faktor-faktor yang mempengaruhinya disebut dengan etologi.
    Seiring berkembangnya zaman kata etologi diadobsi oleh dunia psikologi untuk mempelajari perilaku manusia. Sehingga, dalam konteks psikologi, etologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan pengaturan yang alami, maksudnya adalah reaksi manusia dalam lingkungan alami manusia.

    ReplyDelete
  29. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari referensi di atas dikatakan bahwa Etology merupakan studi ilmiah mengenai perilaku hewan. Uraian definisi ini mengingatkan saya dengan mata kuliah psikologi belajar dimana dipelajari mengenai teori belajar yang dikemukakan oleh ahli-ahli. Dari beberapa teori belajar ternyata diperoleh dari pengamatan perilaku hewan yang diberikan suatu rangsangan sehingga membentuk kebiasaan yang menjadikan hewan tersebut paham harus melakukan apa agar tujuannya dapat terpenuhi, misal untuk makan, keluar dari kandang dan sebagainya. Teori yang dimaksud di atas seperti teori belajar piage, teori belajar vygotsky, teori belajar thorndike dan lain-lain. Dari pengamatan perilaku hewan tersebut ditarik kesimpulan bahwa dapat digunakan untuk mempelajari perilaku manusia juga.

    ReplyDelete
  30. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Salah satu contoh ilmu antar disiplin adalah ethology yang mempelajari tentang perilaku organisme. Dalam perkembangannya, ethology berarti ilmu yang mempelajari tentang perilaku atau kebiasaan makhluk hidup. Ethology menekankan bahwa perilaku dapat dipengaruhi oleh biologi.

    ReplyDelete
  31. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner (https://en.wikipedia.org/wiki/Ethology). Mempelajari tentang makhluk hidup lain, akan menjadikan kita sebagai manusia bersyukur. Bersyukur bahwa kita manusia memiliki akal dan hati yang membedakan kita dengan makhluk hidup lain. Selain itu mempelajari tentang perilaku hewan akan menjadikan kita belajar bahwa ternyata ada hewan-hewan tertentu yang ternyata memiliki sifat yang lebih unggul disbanding kita, seperti kesetiaannya.

    ReplyDelete
  32. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Etologi adalah studi mengenai tingkah laku hewan dan manusia dalam konteks evolusi. Etologi menekankan bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi, terkait dengan evolusi dan ditandai oleh critical period. Konsep critical period adalah suatu periode tertentu yang sangat dini dalam perkembangan yang memunculkan perilaku tertentu secara optimal. Para Etologis adalah para pengamat perilaku yang teliti, dan mereka yakin bahwa laboratorium bukanlah setting yang baik untuk mengamati perilaku. Mereka mengamati perilaku secara teliti dalam lingkungan alamiahnya seperti taman bermain, halaman rumah, dll. Pengamatan terhadap perilaku dan perkembangan hewan dapat digunakan untuk mendukung penelitian tentang manusia.

    ReplyDelete
  33. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Etologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku hewan dan manusia, terutama yang berkaitan dengan fungsi perilaku serta mempelajari pengaruh yang ditimbulkannya. Terdapat beberapa penyebab munculnya perilau pada manusia. Pertama, perilaku itu bersifat bawaan artinya perilaku bersifat tetap dan relative tida terpengaruh oleh lingkungannya. Kedua, perilaku diperoleh dari hasil belajar artinya pengalaman ikut terlibata dalam menentukan perilau manusia. Implementasinya dalam dunia pendidikan ialah seorang guru sebaiknya mampu mempelajari perilaku siswanya agar dapat mengenal karakteristik siswa. Ha ini demi mencapai tujuan guru yaitu mengubah perilau siswa (dalam belajar) menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  34. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Encyclopedia Britannica, Etologi adalah studi perilaku hewan (bahkan manusia) . Meskipun banyak naturalis telah mempelajari aspek perilaku hewan selama berabad-abad, ilmu modern etologi biasanya dianggap muncul sebagai suatu disiplin diskrit dengan pekerjaan pada tahun 1920 ahli biologi Nikolaas Tinbergen dari Belanda dan Konrad Lorenz dari Austria. Etologi adalah kombinasi dari laboratorium dan ilmu lapangan, dengan ikatan yang kuat ke tertentu disiplin-misalnya lainnya, neuroanatomy, ekologi, evolusi.

    ReplyDelete
  35. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Dalam KBBI etologi diartikan sebagai istilah biologi cabang ilmu hewan tentang perilaku dan cara hidup hewan. Ya, menurut pemahaman saya, etologi adalah suatu studi ilmiah yang mengkaji perilaku hewan. Kajian ini melihat perilaku hewan di bawah kondisi alami dan menganggap perilaku hewan adalah hasil dari perilaku adaptif evolusioner.

    ReplyDelete
  36. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Etologi adalah keyakinan filosofis tentang studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami, dan perilaku memandang sebagai sifat adaptif evolusioner.

    ReplyDelete
  37. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Etologi adalah studi ilmiah yang secara objektif tentang perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alami dan sifat adaptif evolusioner. Selanjutnya pada pengembangan sains baru, studi ini memiliki tujuan untuk menjelaskan tentang perbedaan karakter individu berdasarkan psikologi asosiasistik.

    ReplyDelete
  38. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Etologi merupakan cabang ilmu yang fokusnya adalah pada bagaimana sifat dan perilaku hewan dalam kondisi alamiah tanpa adanya intervensi atau perlakuan dari peneliti atau manusia lain. Para peneliti melihat perbedaan karakter dari spesies yang mereka amati. Dari studi tentang perilaku alamiah hewan ini, salah satu manfaatnya adalah dapat dijadikan pengetahuan awal untuk melakukan perlakuan terhadapnya.

    ReplyDelete
  39. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Etologi merupakan cabang ilmu zoologi (perilaku hewan atau satwa) yang mempelajari segala sesuatu tentang tingkahlaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebanya. Etologi secara garis besar merupakan kombinasi dari kerja dan pengamatan di laboraturium dengan pengamatan secara langsung di Lapangan. Seorang ahli ilmu tingkah laku hewan disebut etolog. Etolog biasanya mengamati jenis-jenis tingkah laku atau perilaku hewan dengan jenis hewan yang berbeda, namun ada pula kemungkinan para etolog juga berspesialisasi mengamati jenis atau perilaku kelompok atau kekerabatan hewan tertentu.

    ReplyDelete
  40. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Etologi fokus pada ilmu yang mempelajari perilaku hewan. Perilaku hewan akan berkaitan dengan kelangsungan hidup mereka dan juga reproduksi mereka. Perilaku hewan juga dipengaruhi oleh umur. Pada ilmu ini, interaksi antar hewan juga diamati, apakah interaksi antar spesies mempengaruhi perilakunya.

    ReplyDelete
  41. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Postingan mengenai ethology ini menurut saya lebih ditekankan pada bagaimana kita memahami perilaku antar sesama manusia. Manusia memang sulit dimengerti. Jangankan memahami orang lain, memahami diri sendir saja, masih terasa sulit. Dalam perilaku, kemampuan kita memaknainya masih secara gamblang dapat dimengerti dan dipelajari . Seperti mimik muka dan gerak tubuh. Namun jangan salah, selalu ingat pepatah ini, "What you see is what I chosen", artinya selalu ada makna ganda dalam perilaku manusia. Sehingga berhati-hatilah dalam menerka makna dibalik perilaku manusia.

    ReplyDelete
  42. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Ethologi merupakan salah satu study mengenai prilaku naturalistik hewan. Dengan mempelajari perilaku hewan berharap dapat memperoleh nilai-nilai behavioristik yang positif untuk membangun peradaban dunia. TIdak ada salahnya belajar hal positif dari hewan karena mereka juga merupakan makhluk Tuhan. Hal ini msejalan dengan maqolah arab yang berarti "Ambillah hikmah sekalipun dari mulut anjing". Terima Kasih

    ReplyDelete