Jan 13, 2013

SUMMUM BONUM





Ass, jika ingin membaca tentang Summum Bonum, bisa konek berikut:


Wss

6 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat moral menurut Immanuel Kant yakni suatu tindakan bisa secara moral baik atau buruk hanya jika dilakukan secara bebas dan berasal dari penghargaan terhadap hukum moral, bukan dari keinginan untuk memenuhi hasrat kebahagiaan. Supaya moralitas benar-benar rasional maka tindakan moral harus mampu memenuhi tujuannya untuk menuju kebaikan tertinggi (summum bonum). Kaum Stoik menyatakan dengan keluhuran budi (virtue), kehidupan yang berbudi luhur perlu dicari tanpa memperdulikan kebahagiaan.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami istilah summum bonum diperkenalkan oleh Cicero merupakan ekspresi bahasa latin yang memiliki arti “tertinggi yang baik”. Istilah ini sesuai dengan ide yang baik dalam filsafat Yunani kuno. Istila ini secara umum diasumsikan sebagai tujuan, dan pada saat yang bersamaan bisa juga berisi hal-hal yang lain. Istilah ini sering digunakan pada abad pertengahan dan pada ideologi Kantianisme untuk mendeskripsikan pentingnya keutamaan, bentuk tunggal dan akhir utama yang seharusnya dikejar dan menjadi tujuan akhir manusia.

    ReplyDelete
  4. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177709251005

    Assalamualaikum prof,
    Summum bonum merupakan ekspresi Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada semua hal yang mengandung dan melahirkan kebaikan, yang diinginkan, dan yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Kebaikan tertinggi tersebut dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran. Kebaikan tertinggi itu adalah keutamaan tertinggi, karena ia berhubungan dengan akal. Jika akal terlatih, akal dapat memberi arah kepada kehidupan sehingga mencapai keunggulan, maka kebahagiaan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi". Summum bonum diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir. Jika dipandang secara spiritual, kebaikan tertinggi ialah ketika kita bermanfaat bagi orang lain. Apapun pekerjaan, status sosial, gelar, jabatan, semua akan bernilai baik jika kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, perjuangkanhlah apa yang sedang diperjuangkan kemudian tebarlah manfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete
  6. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Summum bonum berasal dari bahawa latin yang diperkenalkan oleh ahli filsuf Romawi Cicero, yang berarti kebaikan tertinggi. Summum Bonum digunakan untuk kehidupan orang benar atau kehidupan yang sesuai dengan aturan Tuhan. Tetapi pada ideologi Kantianisme, summun bonum juga bisa menggambarkan kepentingan tertinggi dan utama yang harus dikejar oleh manusia. Umumnya summum Bonum dianggap sebagai tujuan akhir dari manusia. Sehingga jika dikaitkan dengan islam, Summum Bonum bisa bermakna tujuan akhir dari kehidupan umat muslim adalah kematian. Maka bagi umat islam sudah kewajiban dalam mencapai tujuan hidup berdasarkan aturan Allah, sehingga kita akan menjadi pribadi yang baik walaupun bukan kebaikan yang tertinggi, karena sesungguhnya kebaikan tertinggi atau Maha Baik adalah milik Allah semata.

    ReplyDelete