Jan 13, 2013

SUMMUM BONUM





Ass, jika ingin membaca tentang Summum Bonum, bisa konek berikut:


Wss

26 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Summum bonum pertama kali dperkenalkan oleh Cicero, seorang filsuf berkebangsaan Romawi, Summum Bonum bermakna kebaikan tertinggi. Umumnya, dipandang sebagai suatu tujuan khir yang digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, suatu akhir tunggal dan prioritas utama kepentingan yang dikejar manusia. Dan dalam meraih kebaikan, tidak hanya diperoleh dengan memelajari peraturan umum, melainkan dengan praktik, keterampilan, dan emosionaol dan sosial yang sesuai dengan car-cara untuk beroleh kesempatan.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Summum Bonum merupakan ungkapan lati yang berarti kebaikan tertinggi. Summum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri dan pada saat yang sama mengandung semua barang lainnya. Penghakiman atas kebaikan tertinggi ada 4 kategori: Utilitarianisme (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan kemungkinan kebahagiaan psikologi untuk jumlah maksimum orang), eudaemonisme (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan berkembang), deontologisme rasional (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan kebajikan atau tugas), dan eudaemonisme rasional atau deontologisme yang dipaksakan (ketika kebaikan dan kebahagiaan digabungkan dalam kebaikan tertinggi).
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Summum Bonum diartikan sebagai suatu kebenaran tertinggi. Kebaikan ini merupakan suatu kebaikan mutlak yang dilakukan oleh Yang Maha Baik, yaitu Tuhan. Atau dalam kehidupan sosial kebenaran tertinggi ini juga dapat muncul dari pemimpin-pemimpin komunitas yang mengabdikan dirinya untuk yang lain.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Summun Bonum bermakna ‘kebaikan tertinggi’. Pengertian sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan seseorang yang berbudi dalam hubungaannya dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan dan menjauhi laranganyan Tuhan, serta dalam melaksanakan kebaikan itu didasari hanya kepada Tuhan tidak ada mengharapkan manusia. Merasa dekat dalam hubungan kepadaTuhan membuat manusia memiliki derajad tinggi dimata Tuhan jika dijalanani dengan Ikhlas.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Segalanya yang merupakan ide "baik" adalah bagian dari "summum bonum". Ketika lahir ke dunia kita tanpa nama, tanpa kata, tanpa keyakinan, prinsip, nilai. Kita lahir apa adanya ke hadapan hidup, tanpa tujuan dan tanpa makna. Nama, keyakinan, prinsip dan nilai adalah hal yang disematkan kepada kita. Pertama-tama oleh keluarga kita, lalu oleh lingkungan dan masyarakat sekitar kita. Makna dan tujuan hidup diberikan pada kita seakan adalah takdir, hadiah dari langit yang harus kita taati. Agar berguna bagi bangsa, negara dan agama, itu doa tiap orang tua.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, summum bonum adalah kebaikan tertinggi yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada baik yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan dan yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pengertian summum bonum merupakan ide baik menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak. Misal, nikmat Allah bukanlah merupakan satu hal baik di antara banyak hal baik lainnya, yang mungkin diinginkan atau dihasratkan orang, melainkan nikmat Allah itulah summum bonum, kebaikan tertinggi, satu-satunya hal baik yang kita butuhkan untuk meraih kepuasan sempurna dan pemenuhan seluruh hasrat di dalam hidup. Jika engkau memiliki nikmat dari Allah, engkau memiliki segalanya dan jika engkau tidak memiliki nikmat Allah, engkau tidak memiliki apa-apa.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam filsafat, summum bonum merupakan suatu perilaku moral yang dianggap sebagai kebaikan tertinggi, segala kemungkinan dari kebahagiaan terbesar adalah berasal dari manusia. Bukan merupakan sesuatu yang instan karena manusia melakukan sesuatu karena ingin mencapai suatu tujuan. Sedangkan dalam hal ini, moral bertumpu pada kewajiban, dimana dalam berbicara manusia harus mengetahui tujuan yang ingin dicapai.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    St. Thomas merupakan filsuf yang mencetuskan Summum bonum. Summum bonum merupakan kajian filsafat mengenai kebenaran perilaku seseorang dan kehidupan yang baik.. Istilah ini memberi makna kepada pengertian kebaikan yang terbaik, yang memunculkan semua hal yang baik, yang diinginkan, dan yang sungguh memuaskan segala keinginan hati manusia. Tindakan manusia yang benar akan menyebabkan kebaikan terbaik, sementara tindakan tak bermoral dikatakan sebagai penghalang.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link tersebut, summon bonun adalah sebuah istilah dalam filsafat yang mempunyai arti kebaikan tertinggi dan dianggap sebagai tujuan. Kebaikan tertinggi dimaksudkan sebagai kehidupan seseorang yang benar atau kehidupan yang dipimpin oleh seorang pemimpin. Sesuai dengan pendapat Plato bahwa dunia pengetahuan yang memunculkan ide yang baik adalah yang terakhir dari semuanya dan terlihat sebagai penulis universal dari semua yang indah dan benar.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Summum bonum merupakan nama latin yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero yang berarti kebaikan tertinggi. Summum bonum dikembangkan oleh Plato, yang kemudian terdapat beberapa sanggahan oleh Aristoteles. Di samping itu, Judgment atau penghakiman terhadap kebaikan tertinggi terdiri dari empat kategori yaitu Utilititarianism, Eudaemonism atau virtue ethics, Rational deontologism, rational eudaemonism.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Summum bonum merupakan ide baik atau kebaikan tertinggi, ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero. Sumsum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama berisi semua barang lainnya.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Summum Bonum adalah ungkapan Latin yang berarti ‘kebaikan tertinggi’, yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero. Summun Bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dimana tujuan tersebut merupakan sebuah tujuan yang baik. Sebagaimana kodratnya tujuan yang baik harus diwujudkan dengan cara yang baik pula, maka summun bonum harus dilaksanakan dengan tidakan atau moral yang baik. Ada yang menyebutkan bahwa summun bonus merupakan tujuan akhir dari kehidupan, namun alasan tersebut belum cukup jelas. Namun, tidak juga sepenuhnya salah. Karena siapapun pasti menginkan akhir hidup yang baik, baik dari segi keadaan, apa yang ditinggalkan atau apa yang ia bawa pergi. Summum Bonum atau kebaikan tertinggi dapat diartikan sebagai usaha untuk menggapai penulis skenario alam semesta yaitu Tuhan. Dalam agama islam mungkin dapat diartikan sebagai menggapai ridho Allah SWT. Dimana sebagi manusia yang wajib kita lakukan adalah berusa mencapainya dengan tindakan-tindakan yang baik pula. Karena untuk mencapai sesuatu yang baik juga diperlukan jalan yang baik pula.

    ReplyDelete
  13. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Secara harfiah, summum bonum adalah highest good atau kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi ini merujuk pada kehidupan orang yang sesuai dengan ajaran Tuhan. Kebaikan tertinggi ini tidak hanya hal baik yang mungkin ada tetapi menunujukkan pula pada hal-hal yang mengandung dan melahirkan semua hal baik yang diinginkan sesuai dengan keinginan hati. Kierkegaard menulis, “What I really need is to be clear about what I am to do, … It is a question of understanding my destiny, of seeing what the Deity really wants me to do; the thing is to find a truth which is truth for me, to find the Idea for which I am willing to live and die.”

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Summum bonum merupakan ekspresi Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada semua hal yang mengandung dan melahirkan kebaikan, yang diinginkan, dan yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Kebaikan tertinggi tersebut dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran. Kebaikan tertinggi itu adalah keutamaan tertinggi, karena ia berhubungan dengan akal. Jika akal terlatih, akal dapat memberi arah kepada kehidupan sehingga mencapai keunggulan, maka kebahagiaan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Summum bonum adalah gambaran hati yang berarti kebaikan tertinggi. Summum umumnya. Dari elegi ini Penghakiman atas kebaikan tertinggi ada 4 kategori. Yang pertama Utilitarianisme (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan kemungkinan kebahagiaan psikologi untuk jumlah maksimum orang). kedua eudaemonisme (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan berkembang). ketiga deontologisme rasional (ketika kebaikan tertinggi diidentifikasi dengan kebajikan atau tugas). Keempat eudaemonisme rasional atau deontologisme yang dipaksakan (ketika kebaikan dan kebahagiaan digabungkan dalam kebaikan tertinggi). Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Summun_Bonum diartikan sebagai kebaikan tertinggi. Istilah summon bonum dikenalkan oleh filsuf Cicero. Summun bonum memuat kebaikan tertinggi, yang tidak hanya berarti hal yang baik yang mungkin ada tetapi juga menunjuk kepada baik yang mengandung hal dan melahirkan semua hal yang baik yang diinginkan yang memuaskan hasrat atau keinginan hati manusia.

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi". Dalam Kantianisme, ini digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar manusia. Aristoteles dalam bukunya yang berjudul Nicomachean Ethics menerima bahwa target aktivitas manusia, “Pasti yang 'Baik', yaitu, kebaikan tertinggi”. Aristoteles menganggap teori etika sebagai bidang yang berbeda dari ilmu teoritis. Berbagai teori etika yang muncul antara lain karena adanya perbedaan prespektif dan penafsiran tentang apa yang menjadi tujuan akhir hidup umat manusia.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang dibagikan Pak. Summum bonum adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St.Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato.

    ReplyDelete
  19. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Summum bonum can be said the highest good. If I interpreted it literally, just like highest good, but is there any other interpretation, sir?

    ReplyDelete
  20. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Summun Bonum dalam elegi di atas memiliki makna kebaikan tertinggi. Manusia hanya berusaha menjadi manusia yang baik sebaik-baiknya antara sesama manusia.
    Kebaikan tertinggi manusia tidak ada nilainya sama sekali dibandingkan dengan kebaikan Tuhan. Kebaikan tertinggi manusia akan menjadi sia-sia jika dalam dirinya terdapat kesombongan. Karena kebaikan tertinggi hanyalah milik Allah SWT Yang Maha Baik kepada setiap makhluk ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Summun Bonum diperkenalkan oleh Marcus Tullius Cicero yang bermakna ‘kebaikan tertinggi’. Istilah ini digunakan pada masa filsafat abad pertengahan. Kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan seseorang yang berbudi dalam hubungaannya dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan.

    ReplyDelete
  22. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Summum bonum artinya adalah kebaikan yang berada pada tingkat paling tinggi. Artinya benar benar sangat baik. Biasanya summum bonum berkaitan dengan segi spritualitas, ketika seseorang sudah memiliki kebaikan yang paling tinggi tentu didapatkannya dengan dirinya yang mendekatkan diri kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero,yang sesuai dengan Idea of the Good dalam filsafat Yunani kuno. Sumsum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama berisi semua hal lainnya.Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan.

    ReplyDelete
  24. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Sumum bonum, secara harfiah berarti kebenaran tertinggi, bertolak dari keinginan manusia mencapai kesempurnaan perilaku dan kodratnya.  Sesungguhnya, semual hal di alam semesta ini akan berevolusi menuju kesempurnaan atau kebaikan yang lebih baik lagi. Dalam Kantianisme, summum bonum digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi sebagaj tujuan tunggal dan utama yang harus dicapai manusia.

    ReplyDelete
  25. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, prinsip Kebaikan Tertinggi atau sumum bonum berpangkal pada panggilan manusia kepada kesempurnaan perilaku dan hukum kodratnya. Semual hal, terutama makhluk hidup, akan berevolusi menuju kesempurnaan atau kebaikan yang lebih baik lagi. Summum bonum merupakan bahasa latin yang mempunyai arti “kebaikan tertinggi”. Maksud dari kebaikan tertinggi ialah dimana kebaikan yang dinilai puncak, terunggul, dan kebaikan akhir dalam kehidupan manusia yang deminya segala sesuatu dilakukan. Sesuatu tersebut dinilai atau dikehendaki sebagai pengalaman atau obyek yang sangat dinginkan dan yang di cari-cari. Pemenuhan kewajiban yang berasal dari hati nurani atau dorongan dari Tuhan adalah salah satu bagian dari summum bonum, dimana Tuhan memberikan tekad batin yang kuat untuk bertindak atas dasar kewajiban dan keutamaan, hal demikian lah yang dianggap sebagai moral yang murni. Terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete