Jan 13, 2013

SUMMUM BONUM





Ass, jika ingin membaca tentang Summum Bonum, bisa konek berikut:


Wss

56 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link di atas, dapat kita ketahui bahwa summum bonum memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pengertian sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Prinsip summum bonum ini juga berpangkal pada panggilan manusia pada kesempurnaan dan hukum kodratnya.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari artikel yang saya baca, summum bonum merupakan ungkapan Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Summum bonum dikenalkan oleh filsuf Romawi, Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua unsur lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan perintah Tuhan. Maka dari itu kebaikan tertinggi mengajarkan untuk hidup yang selaras dan sesuai dengan ajaran kebaikan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "yang paling baik", yang diperkenalkan oleh Cicero, untuk sesuai dengan Ide yang Baik dalam filsafat Yunani kuno. Menjadi yang paling baik itu tergantung pada ruang dan waktunya, namun “yang paling baik” bernilai mutlak hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa, karena memang hanya Tuhanlah paling baik.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Summum-bonum berasal dari bahasa latin yang berarti kebaikan tertinggi. Dari link yang ada, Aristoteles, Socrates dan plato mengambil kebajikan menjadi pusat kehidupan yang baik. Menurut saya Summum-bonum adalah apabila seorang manusia ataupun masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupannya dia dapat berguna dan bemanfaat bagi masyarakat disekitanya, tanpa pernah merugikan orang lain. Bila diibaratkan dengan lebah, ketika ia hadir tidak pernah mematahkan ranting yang halus yang ada di sekitarnya, senantiasa bekerja berkelompok di dalam komunitasnya, ia menghisap sari-sari tanaman dan mengeluarkan madu, yang banyak berguna bagi orang banyak.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero, sesuai dengan Ideah Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua barang lainnya.Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan / atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan titah Tuhan. Di Kantianisme, digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar.

    Ini berarati bahwa kabikan dalam pandangan summun bonum adlaah bahwa kabikan itu ada tingkatan dan kebaiakan tertinggi adalah tujuan akhir.

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK” yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak.

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Kesimpulan aristoteles tentang sifat kebahagiaan adalah dalam arti unik sendiri. tidak ada penulis atau pemikir lain telah mengatakan dengan tepat apa yang dia katakan tentan apa itu untuk hidup dengan baik. tetapi pada saat yang sama pandangannya tidak terlalu jauh dari ide umum. seperti yang dia tunjukkan sendiri, salah satu konsepsi tradisional kebahagiaan mengidentifikasi dengan kebajikan.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap orang pasti memiliki sisi moral dimana dia bertindak menuju kebaikan. Summun bonum diartikan sebagai kebahagiaan terbesar bagi semua makhluk moral. Yang penting, tujuan ini bukanlah dasar moralitas, tidak seperti contoh keinginan atau tindakan biasa, dimana saya bertindak tepat karena saya ingin mencapai tujuan. Tindakan moral didasarkan pada tugas - tapi, selanjutnya, untuk berbicara, kita harus diyakinkan bahwa tujuan akhir sebenarnya mungkin dilakukan. Sama seperti tindakan moral harus dimungkinkan melalui kebebasan, jadi summum bonum harus dimungkinkan melalui tindakan moral. Tapi kemungkinan summum bonum sebagai tujuan akhir di alam nampaknya dipertanyakan. Oleh karena itu, jika tindakan moral kita masuk akal, pasti ada seseorang yang bekerja di belakang layar. Ini hanya bisa menjadi aktivitas seorang 'penulis moral dunia' yang setidaknya membuatnya bisa membuat summum bonum tercapai. Tindakan moral, oleh karena itu, mengasumsikan eksistensi Tuhan. Namun, postulasi Tuhan itu terletak 'dalam' tindakan moral dengan cara ini secara otomatis mengesampingkan 'bukti moral' dari validitas teoritis apapun.

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Summum bonum adalah ekspresi bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero. Kant menganggap bahwa kebaikan tertinggi mengandung dua elemen yakni keutamaan dan kebahagiaan. Semua manusia pasti menginginkan mencapai kebaikan tertinggi dalam hidup nya. tetapi manusia hanya mampu berusaha menggapainya, dengan selalu berusaha dan berusaha, meningkatkan kualitas ibadah, memaksimalkan pelaksanaan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Nya, dsb. Sesungguhnya manusia adalah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna, oleh karenanya, manusia hanya mampu menggapai summum bonum.

    ReplyDelete
  10. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Summon Bonum diartikan sebagai prinsip kebaikan yang tertinggi dimana semua nilai-nilai moral disertakan. Hal ini memiliki tujuan akhir yang berdasarkan pada nilai dan prioritas yang ditetapkan dalam sistem etika. Pada abad pertengahan istilah ini mulai digunakan dalam filsafat dan berada di Kantianisme. Sedangkan dalam sintesis Thomis Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar atau dengan gagasan bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dalam kasih Tuhan.

    ReplyDelete
  11. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    kalimat summum bonum sering ditemui pada filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian kebaikan tertinggi, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada baik, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. summum bonum merupakan segala sesuatu yang baik dan yang mempunyai kemungkinan untuk menghasilkan atau memberi dampak baik.

    ReplyDelete
  12. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bangunan filsafat Kant merupakan dalil-dalil akal praktis yang harus diterima dan dipercaya kebenarannya, di dalamnya dapat ditemui tiga postulat kategoris. Pertama, kebebasan (reiheit) yaitu kebebasan kehendak, sifatnya a priori dan transendental serta merupakan dasar kepribadian. Kedua, immortalitas (unsterblichkeit), yaitu immortalitas jiwa yang berkaitan dengan summum bonum, yaitu kebaikan tertinggi (virtue atau highest good). Jiwa harus bersifat immortal agar dapat mencapai kebaikan tertinggi. Ketiga, eksistensi Tuhan (das dasein gottes), yang berarti Tuhan adalah kebaikan tertinggi, karena itu mempercayai adanya Tuhan adalah suatu keniscayaan. Kant menyebutkan bahwa “Tercapainya kebaikan tertinggi di dunia ini merupakan objek niscaya dari suatu kehendak yang dapat ditentukan oleh hukum moral. Dalam kehendak tersebut, kesesuaian secara menyeluruh keinginan dengan hukum moral merupakan kondisinya paling tinggi dari kebaikan tertinggi.”

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link bacaan yang telah Bapak berikan. Summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero, untuk sesuai dengan Ide dari Baik dalam filsafat Yunani. The summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama sebagai mengandung semua barang-barang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya utama, bentuk tunggal dan utama akhir dimana manusia harus mengejar, sedangkan dalam sintesis Thomis Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan benar, kehidupan memimpin persekutuan dengan Allah dan menurut ajaran Allah

    ReplyDelete
  14. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Summum bonum adalah ungkapan bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero, sesuai dengan Ide Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua barang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan/atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan titah Tuhan. Di Kantianisme, digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar oleh manusia. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa kalau dalam istilah dunia intertaiment adalah “Happy Ending” dalam sebuah cerita.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat moral menurut Immanuel Kant yakni suatu tindakan bisa secara moral baik atau buruk hanya jika dilakukan secara bebas dan berasal dari penghargaan terhadap hukum moral, bukan dari keinginan untuk memenuhi hasrat kebahagiaan. Supaya moralitas benar-benar rasional maka tindakan moral harus mampu memenuhi tujuannya untuk menuju kebaikan tertinggi (summum bonum). Kaum Stoik menyatakan dengan keluhuran budi (virtue), kehidupan yang berbudi luhur perlu dicari tanpa memperdulikan kebahagiaan.

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami istilah summum bonum diperkenalkan oleh Cicero merupakan ekspresi bahasa latin yang memiliki arti “tertinggi yang baik”. Istilah ini sesuai dengan ide yang baik dalam filsafat Yunani kuno. Istila ini secara umum diasumsikan sebagai tujuan, dan pada saat yang bersamaan bisa juga berisi hal-hal yang lain. Istilah ini sering digunakan pada abad pertengahan dan pada ideologi Kantianisme untuk mendeskripsikan pentingnya keutamaan, bentuk tunggal dan akhir utama yang seharusnya dikejar dan menjadi tujuan akhir manusia.

    ReplyDelete
  18. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177709251005

    Assalamualaikum prof,
    Summum bonum merupakan ekspresi Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada semua hal yang mengandung dan melahirkan kebaikan, yang diinginkan, dan yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Kebaikan tertinggi tersebut dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran. Kebaikan tertinggi itu adalah keutamaan tertinggi, karena ia berhubungan dengan akal. Jika akal terlatih, akal dapat memberi arah kepada kehidupan sehingga mencapai keunggulan, maka kebahagiaan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  19. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi". Summum bonum diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir. Jika dipandang secara spiritual, kebaikan tertinggi ialah ketika kita bermanfaat bagi orang lain. Apapun pekerjaan, status sosial, gelar, jabatan, semua akan bernilai baik jika kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, perjuangkanhlah apa yang sedang diperjuangkan kemudian tebarlah manfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete
  20. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Summum bonum berasal dari bahawa latin yang diperkenalkan oleh ahli filsuf Romawi Cicero, yang berarti kebaikan tertinggi. Summum Bonum digunakan untuk kehidupan orang benar atau kehidupan yang sesuai dengan aturan Tuhan. Tetapi pada ideologi Kantianisme, summun bonum juga bisa menggambarkan kepentingan tertinggi dan utama yang harus dikejar oleh manusia. Umumnya summum Bonum dianggap sebagai tujuan akhir dari manusia. Sehingga jika dikaitkan dengan islam, Summum Bonum bisa bermakna tujuan akhir dari kehidupan umat muslim adalah kematian. Maka bagi umat islam sudah kewajiban dalam mencapai tujuan hidup berdasarkan aturan Allah, sehingga kita akan menjadi pribadi yang baik walaupun bukan kebaikan yang tertinggi, karena sesungguhnya kebaikan tertinggi atau Maha Baik adalah milik Allah semata.

    ReplyDelete
  21. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas ilmu yang diberikan pada artikel kali ini. Saya baru mengetahui bahwa “Summum bonum” adalah sebuah kata yang memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik. Summum Bonum digunakan untuk kehidupan orang benar atau kehidupan yang sesuai dengan aturan Tuhan. Menurut saya kebaikan tertinggi dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran, terutama dengan konsep spiritualisme kita. Kebaikan tertinggi dan hakiki merupakan kebaikan dari Tuhan, dan tidak ada yang benar-benar baik kecuali Dia. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  22. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Jika melihat arti summum bonum yaitu sebagai kebaikan tertinggi maka kebaikan tertinggi ini tentu saja berhubungan dengan Tuhan bagi kita yang mengakui adanya Tuhan. Yang dapat saya pahami, kebaikan tertinggi adalah suatu hal yang dapat membuat sesuatu/seseorang memperoleh/ mengusahakan kebaikan-kebaikan lainnya. Kebaikan ini adalah motif utama dari kebaikan lainnya. Kebaikan tertinggi dapat dilihat pada tujuan hidup kita masing-masing. Tujuan hidup menurut kepercayaan agama saya adalah menggapai Ridho Allah sehingga kita senantiasa menerapkan aturan-aturan dan kebaikan yang ditulis dalam kitab suci Alqur'an.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Summum bonum merupakan perilaku moral yang disebut sebagaikebaikan tertinggi. Semua kemungkinan dari kebahagiaan yang terbesar berasal dari perilaku manusia. Tidak seperti perilaku yang instan, dimanakebanyakan manusia melakukannya karena ingin mencapai tujuan.Sedangkan moral bertumpu pada keajaiban, dimana dalam berbicara contohnya manusia harus benar-benar mengetahui tujuan yang ingin dicapai memang memungkinkan

    ReplyDelete
  24. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kebaikan tertinggi untuk kita sebagai manusia spiritual adalah menjalani perintah sang maha kuasa dan menjauhi segala yang dilarang oleh-Nya. Di dalam beraktivitas kita tidak akan pernah luput dari yang namaya keburukan atau dosa. Maka dari itu kita harus memiliki kontrol diri agar apa yang kita rencanakan dan kita lakukan berdampak positif, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga terhadap orang lain dan lingkungan.

    ReplyDelete
  25. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Summum bonum berarti kebaikan tertinggi. Berdasarkan sumber sumber bacaan di atas, saya melihat bahwa kebaikan yang dimaksud di sini meliputi semua kebaikan, yaitu kebaikan yang ada dan yang mungkin ada. Berdasarkan pemahaman saya, "baik" di sini diartikan sebagai "baik" dari segala sisi. Jika seseorang "baik" hanya pada satu sisi saja, maka hal itu bukanlah summum bonum. Menurut saya kebaikan yang dimaksud di sini ialah kebaikan yang holistik. Tentunya dengan adanya faham seperti ini, jika kita benar benar berupaya meneladaninya bisa jadi akan lahir banyak kebaikan di dunia ini. Maka akan ada banyak orang yang bertindak dengan memikirkan orang orang di sekitarnya, dengan kata lain hanya akan ada sedikit orang yang egoisentris.

    ReplyDelete
  26. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Summum bonum berarti kebaikan tertinggi. Summum bonum merupakan hal yang diharapkan dapat dimiliki oleh manusia. Karena dengan summum bonum yaitu kebaikan tertinggi maka kebaikan-kebaikan lain diyakini akan menyertainya. Summum bonum merupakan tujuan hidup manusia. Manusia yang memperoleh summum bonum merupakan manusia yang dekat dengan kebaikan dan telah dipilih Tuhan untuk mendapatkannya. Manusia berhasil mendapatkan summum bonum maka hidupnya adalah titah Tuhan. Karena summum bonum merupakan pemberian dari Tuhan.

    ReplyDelete
  27. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Summun bonum dipandang sebagai istilah yang menggambarkan kebaikan tertinggi atau kebijaksanaan. Tentunya, kita sebagai manusia untuk dapat mencapai kebaikan tertinggi harus memenuhi etika-etika praktis dalam kehidupan. Dalam mempelajari etika, tujuannya adalah kesejahteraan umat manusia. Oleh karena itu, secara teoritis Summun Bonum tidaklah dapat diperoleh secara instant, melainkan membutuhkan proses dengan standar etis yang berlaku di masyarakat.

    ReplyDelete
  28. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa summum bonum yang merupakan ungkapan dalam bahasa Latin yang berarti ‘baik yang tertinggi” menunjukkan gagasan mengenai keadaan yang merupakan akhir dan secara bersamaan mengandung kebaikan yang lain. Dalam pandangan Aristotelianisme dan Kristiani, keadaan baik yang tertinggi adalah ketika seseorang hidup dengan baik dan berdasarkan kehendak Tuhan. Dalam Kantianisme, istilah ini digunakan untuk akhir yang ingin/harus dicapai oleh manusia.

    ReplyDelete
  29. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Summum bonum rasanya kata-kata yang aneh dan baru didengar juga, tetapi sekilas mirip dengan bahasa arab. Di dalam filsafat summum bonum memiliki pengertian sebagai suatu kebaikan tertinggi. Cakupan baik disisni tidak hanya berarti hal yang paling baik dari hal yang ada dan yang mungkin ada, tetapi juga merujuk pada segala hal yangbaik, baik yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, dan juga hal baik yanag memuaskan keinginan hati manusia. Menurut Plato, summum bonum memiliki arti ‘baik’.

    ReplyDelete
  30. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Summum bonum adalah istilah berasal dari bahasa Yunani yang artinya kebaikan tertinggi. Di dalamnya memuat dan melahirkan seluruh aspek nilai-nilai moral yang baik / yang diinginkan, serta memuaskan semua keinginan hati manusia. Summum bonum itu diibaratkan seperti induk bebek dengan moral yang baik dan penuh keteladanan yang senantiasa diikuti oleh semua anak-anak bebek dibelakangnya.

    ReplyDelete
  31. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Seseorang di dunia ini jika ingin di anggap sebagai seseorang yang memiliki kebaikan yang sangat tinggi itu mudah sekali, karena anggapan manusia sering kali hanya melihat dari dhohirnya saja namun acap kali mengabaikan lahirnya. Hal inilah yang membuat banyak orang sering kali bangga atas kebaikan yang diberikan sehingga banyak sekali orang yang memujinya. Sebenar-benarnya summum bonum disini adalah jika dinilai oleh sang Maha Pencipta yaitu Tuhan yang maha esa. Jadi, jangan selalu berharap mencapai tingkatan summum bonum, namun selalu berusaha saja untuk melakukan kebaikan secara istiqomah dan membuang sifat sombong.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  32. Junianto
    PM C

    Summun Bonum merupakan suatu kebaikan tertinggi. Meskipun istilah ini sangat baru bagi saya dan baru pertama kali mengetahuinya, namun jika dilihat dari maknanya maka hal ini menjadi suatu hal yang familiar. Setiap orang tentu menginginkan kebaikan tertinggi ini sebagai salah satu perwujudna dari ketaatan dia kepada sang Pencipta. Seseorang yang taat pada Sang Pencipta, maka hal ini akan berbanding lurus dengan ketaatannya pada norma, peraturan, dan tata tertib yang ada di dunia. Ketika orang taat pada aturan, harapannya dia juga akan menebarkan kebaikan kepada seluruh umat manusia.

    ReplyDelete
  33. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Sejujurnya saya belom mampu memahami apa itu summum bonum, tapi saya akan mencoba membuat refeleksi setelah membaca website http://en.wikipedia.org/wiki/Summum_bonum. Summum bonum berasal dari Bahasa yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero. Kebaikan yang tertinggi ini pada masa itu diartikan sebahai kehidupan yang benar dan sesuai dengan ajaran Tuhan. Pada perkembangan selanjutnya summum bonum terus menjadi fokus perhatian dalam filsafat Barat, sekuler dan religius. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  34. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Summum bonum merupakan salah satu ungkapan yang digunakan orang latin yang berarti kebaikan yang tertinggi. Summum bonum ini biasanya menganggap bahwa dirinya merupakan yang paling. Sedangkan dalam agama, summum bonum digunakan bahwa kehidupan merupakan komunikasi terhadap Tuhan sesuai dengan perintah-perintah-Nya. Sebuah pendapat tentang kebaikan yaitu pengetahuan di dunia semuanya memberikan kebaikan dan menjadi pencipta dari segala sesuatu yang baik dan indah.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkaan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah summum bonum pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero yang berarti “kebaikan tertinggi”. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir dan digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, ujung tunggal dan kepentingan utama yang harus manusia dikejar.
    Untuk menggapai kebaikan, tidak dapat diperoleh semata-mata dengan mempelajari peraturan umum. Kita juga harus memperoleh, melalui praktik, keterampilan deliberatif, emosional, dan sosial yang memungkinkan kita untuk menerapkan pemahaman umum tentang kesejahteraan dengan cara yang sesuai untuk setiap kesempatan.

    ReplyDelete
  37. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Summon bonum ini berdasarkan referensi di atas merupakan kebaikan tertinggi yang dianggap sebagai tujuan akhir. Kebaikan tertinggi di sini biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang yang benar yang berdasarkan perintah Tuhan. Dari referensi-referensi tersebut Summum bonum ini memiliki arti yang baik.

    ReplyDelete
  38. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Penyajian summon bonum dari Kant tidak pernah mengklaim bahwa manusia bisa, atau seharusnya, bercita-cita untuk " menjadi seperti Allah, " demikian alasan filsafat moral di dasarnya istilah yang sama ketika Kant mengatakan bahwa" oleh karena itu, satu-satunya benda alasan praktis ialah mereka yang baik dan jahat akan kembali ke titik sebelumnya, Kant tentu menyamakan baik, bahkan kebaikan tertinggi, dengan orang yang paling yang berkeinginan . Jelas tampaknya masuk akal untuk menduga, bahkan diambil dalam konteks utama sebagai "prinsip akal" itu sendiri. Hal ini benar hanya karena Allah adalah sumber utama dari kebaikan tertinggi dan satu hanya bisa berasumsi bahwa menjadi "seperti Allah" ialah apa yang Kant dalam pikiran ketika Kant membedakan dengan cara yang dia lakukan antara kejahatan itu baik.

    ReplyDelete
  39. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Summum Bonum adalah kebaikan tertinggi. Summum Bonum digunakan oleh kantianisme untuk menggambarkan suatu hal yang sangat penting. Banyak hal disekitar kita yang bahkan kita tidak sadar kalau hal tersebut mempunyai kebaikan. Walaupun kecil namun apabila digunakan sesuai ruang dan waktunya maka akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  40. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Summum bonum adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang dalam filsafat st. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat kebaikan tertinggi, yang tidak hanya berarti hal yang baik yang mungkin ada, tetapi juga menolak kepada “BAIK”, yang mengandung hal dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang memuaskan hasrat atau keinginan hati manusia.
    Pengertian Sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Prinsip summum bonum ini juga berpangkal pada panggilan manusia pada kesempurnaan dan hukum kodratnya.

    ReplyDelete
  41. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Summum bonum berasal dari Bahasa latin yang artinya kebaikan tertinggi. Summun bonum dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua kebaika lainnya. Summun bonum ini menggambarkan tujuan utama yang harus dikejar manusia. Sebenar-benar tujuan tertinggi yang harus dikejar manusia adalah kebahagian akhirat, kedekatan dengan Tuhannya. Dunia hanyalah tempat singgah sementara, bukan merupakan tujuan dari kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  42. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Istilah yang terdiri dari dua kata ini ternyata adalah suatu bahasa latin, yang memiliki arti kebaikan tertinggi. Dikenalkan oleh St. Thomas Aquinas. Ketika berbicara tentang kebaikan tertinggi di dunia maka akan ada banyak definisi yang ada. Karena akan memuat semua sifatnya dari yang ada hingga yang mungkin ada. Serta ia bersifat relatif. Namun ketika berbicara kebaikan tertinggi di dunia spiritual maka ia bersifat absolut. Dan jika dipahami dari pengertiannya saya beranggapan bahwa kebaikan tertinggi adalah milik Allah Ta’ala yang telah memberi segala nikmat yang ada di dunia ini. Tak ada kebaikan yang paling agung selain milik Allah Ta’ala.

    ReplyDelete
  43. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Summun bonum adalah kebahagian tertinggi yang melampaui seluruh kebahagiaan secara empiris (kesenangan, kesehatan, kekayaan) melainkan sebenar-benarnya kebahagiaan yang mutlak. Menurut Immanuel Kant, summun bonum tidak pernah terjadi karena masih banyaknya kejahatan di dunia ini. Kant berasumsi bahwa untuk merain kebahagiaan tertinggi maka kita harus mempercayai keberadaan Tuhan sebagai landasan untuk mewujudkan moral yang baik dan sesuai kaidah agama. Mustahil summun bonum akan terealisasi jika tidak ada kepercayaan terhadap Tuhan di dunia.

    ReplyDelete
  44. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero, sesuai dengan suatu Ide Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, karena kebaikan tertinggi merupakan capaian yang ingin dicapai. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan / atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan titah Tuhan. Artinya pada saat itu, manusia sesuai dengan perintah Tuhannya dan mengerjakan perintah untuk menyembah kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  45. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Summon bonum digunakan sebagai istilah untuk kebaikan tertinggi, yaitu tidak hanya berarti hal yang paing baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik yang sungguh memuskan hasrat atau keinginan hati manusia. Contoh summon bonum ialah seorang guru mengajarkan kepada siswanya tentang materi matematika dengan cara ceramah, namun suda berulang kali diterangkan siswanya tidak juga mampu memahami materi tersebut. akhirnya guru tersebut menggunakan metode lain yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa sehingga siswa merasa termotivasi dan pada akhirnya mampu mempelajari materi tersebut. dalam ha ini, kebijakan atau kemampuan guru tersebut dalam mencari model pembelajaran yang efektif merupakan summon bonum.

    ReplyDelete
  46. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Summum bonum adalah kebaikan terbesar atau tertinggi. Salah satu kemutlakan dari summum bonum adalah harus mengatur perilaku moral bagi manusia. Namun, jalan untuk mencapai yang paling baik adalah relatif terhadap setiap individu. Untuk mewujudkan summum bonum, salah satu mengambil keyakinan seseorang dan bertindak pada mereka. Potensialnya adalah ideologi yang benar dari seorang individu. Ini adalah jumlah dari keyakinan dan pengetahuan seseorang, esensi inti seseorang diri sejati. Mengubah potensi yang menjadi aktualitas bertindak sesuai dengan ideologi itu, sehingga menciptakan harmoni antara keyakinan dan tindakan. Hal ini menyebabkan pencapaian summum bonum. Jika seseorang tidak tahu atau mengerti apa yang mereka percaya atau mengetahui, bagaimana bisa suatu tindakan sesuai dengan keyakinan atau pengetahuan dan mencapai summum bonum? Pada dasarnya orang yang tidak bermoral, tidak mampu membedakan antara benar dan salah. Oleh karena itu, pengetahuan tentang diri seseorang yang benar adalah kebajikan dan kebajikan adalah sukacita (baik besar atau summum bonum).

    ReplyDelete
  47. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Summum Bonum atau kebaikan tertinggi, adalah hal yang berhubungan dengan akal. Seihingga, untuk mencapainya dibutuhkan perenungan diri atau refleksi. Akal yang jernih dapat memberi petunjuk atau pedoman untuk mencapai sesuatu kebaikan yang unggul atau tinggi

    ReplyDelete
  48. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Summon bonum adalah bahasa latin yang memiliki arti "the highest good" atau kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi yang dapat dicapai manusia adalah ketika dari mampu berhati ikhlas dan berdaya pikir kritis. Sehingga kebaikan tertinggi itu akan relative tergantung pada ruang dan waktunya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manusia adalah makhluk terbatas maka kebaikan tertinggi yang dapat dicapai oleh manusia pun hanya sebatas kemampuannya. Jika manusia ingin memperoleh kebaikan tertinggi yang di atas kemampuannya maka itu berarti dia berlaku sombong. Karena di dunia kebaikan tertinggi sejati hanya milik Tuhan YME. Kebaikan tertinggi yang dapat dimiliki oleh manusia hanya sebatas di pikirannya saja.

      Delete
  49. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Summon bonum memiliki arti sebagai “kebaikan tertinggi” yang dikenalkan oleh filsuf Romawi Cicero. Dalam summon bonum memiliki tokoh pluto dan aristoteles. Konsep Aristoteles tentang penggerak yang tidak bergerak didasarkan pada Gagasan Plato.

    ReplyDelete
  50. Kebaikan atau kebijaksanakan tertinggi dinamakan summon bonum. Setiap manusia sesungguhnya mampu untuk mencapai hal tersebut. Namun dalam prakteknya memang diperlukan perjalan panjang dalam menempuh setiap etika dan aturan menuju summum bonum. Namun sebagai manusia lakukanlah semaksimal mungkin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  51. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Summum bonum merupakan ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero, sesuai dengan Ide Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung segala kebaikan. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam Kantianisme, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi yaitu sebagai tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar oleh manusia.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Summum bonum bisa diartikan sebagai kebaikan tertinggi atau kepentingan tertinggi yang harus dikejar manusia. Kalau di dalam islam, kepentingan tertinggi atau tujuan hidup tertinggi adalah mendapat ridho Nya dan bisa bertemu dengan Nya. Tujuan hidup yang berupa kebaikan sangat penting untuk manusia agar fokus dalam hidupnya agar tidak melenceng dari tujuannya. Sebagai mahasiswa kepentingan tertingginya bisa jadi adalah lulus tepat waktu, sehingga mahasiswa harus fokus dalam belajar, submit artikel berindek scopus, dan fokus tesis.

    ReplyDelete
  53. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menjadi yang terbaik tentu harapan dari kebanyakan orang. Begitu juga dengan harapan menjadi sempurna. Walaupun manusia dikatakan merupakan makhluk sempurna, namun kesempurnaan manusia itu terbatas. Jika sempurna manusia itu terbatas, maka dapat dikatakan manusia itu makhluk tidak sempurna. Nah muncul lah kontradiski di sini. Begitulah hidup yang penuh kontradiksi. Jika manusia dikatakan tidak sempurna, ada usaha-usaha yang dilakukan manusia menuju kesempurnaan. Namun kesempurnaan yang hakiki hanyalah dimiliki oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  54. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb

    summum bonum merupakan istilah untuk "kebaikan tertinggi" . Kebaikan merupakan hal yang dicari manusia, kebaikan diri sendiri maupun kebaikan untuk orang lain. Kebaikan membawa manusia pada ridho Tuhan. Kebaikan melahirkan akhlak yang mulia dan terpuji. Terima Kasih

    ReplyDelete