Jan 13, 2013

SUMMUM BONUM





Ass, jika ingin membaca tentang Summum Bonum, bisa konek berikut:


Wss

22 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa summum bonum adalah ekspresi bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama dengan yang berisi semua barang-barang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya utama, akhir tunggal dan utama yang manusia harus mengejar; sedangkan dalam sintesis Thomis Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang-orang benar dan / atau kehidupan yang dipimpin di Persekutuan dengan Allah dan sesuai dengan ajaran Allah.

    ReplyDelete
  2. Manusia hidup di dunia pada dasarnya untuk melakukan segala kebaikan. Summum bonum merupakan kebaikan yang tertinggi. Kebaikan-kebaikan yang dilakukan manusia akan mencapai summum bonum. Hal ini berarti kebahagiaan terbesar yang mungkin adalah semua moral manusia. Tindakan moral didasarkan pada hati nurani untuk mengejar segala kebaikan.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    sebelumnya saya tidak pernah mendengar tentang summum bonum ini. dari sini saya mendapatkan pelajaran bahwa Summum bonum merupakan sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "yang paling baik", yang diperkenalkan oleh Cicero. Yang paling baik itu adalah ketika seseorang sudah sampai pada tingkat ma’rifat dalam ajaran islam yakni dengan menyerahkan segala sesuatu kepada Allah. Karena Allahlah yang maha terbaik itu dan manusia hanya bisa mendekatinya yakni dengan meneladani Rasulullah. Sebagaimana didalam Islam yang terbaik itu adalah pada masa Rasulullah kemudian diikuti masa Sahabat, Kemudian masa Tabiin, Tabi’ tabiin dan seterusnya. Jadi menurut saya untuk mejadi yang terbaik itu dilakukan dengan jalan mengikuti Sunnah yang terbaik yakni Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Summum Bonum bahasa latin yang berarti kebaikan tertinggi, kebaikan tertinggi yang dimaksud ialah kehidupan seseorang yang benar dalam memimpin suatu kelompok. Menurut kant kebaikan tertinggi mencangkup kebahagiaan dan keutamaan. Summum Bonum cenderung menggunakan pemikiran totalitas absolut.

    ReplyDelete
  6. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Istilah summum bonum diartikan sebagai kebaikan tertinggi. Kant menganggap bahwa kebaikan tertinggi mengandung dua elemen yakni keutamaan dan kebahagiaan. Keutamaan adalah kesesuaian antara kehendak dan hukum moral. Orang memiliki keutamaan apabila kehendaknya sesuai dengan hukum moral. Kebaikan tertinggi adalah identitas antara keutamaan dan kebahagiaan. Kant mengatakan bahwa kebahagiaan adalah kondisi mahluk rasional di dunia, dimana dalam keseluruhan eksistensinya semuanya berlangsung sesuai dengan keinginan dan kehendaknya. Tetapi hal itu tidaklah mungkin, karena manusia bukan pengatur dunia yang bisa mengharmoniskan antara dunia fisik, kehendak dan keinginannya. Manusia hanyalah mahluk biasa yang tidak memiliki kuasa lebih atas segala kehendak dan Kuasa Tuhan sang Pencipta dan Pengatur alam semesta.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    summum bonum adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang dalam filsafat st. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat kebaikan tertinggi yang tidak hanya berarti hal yang baik yang mungking ada, tetapi juga merujuk kepada "BAIK", yang mengandug hal dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan , yang memuaskan hasrat atau keinginan hati manusia. prinsip summum bonum ini juga berpangkal pada panggilan manusia pada kesempurnaan dan hukum kodratnya.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menjadi baik dan menjadi sempurna pasti menjadi harapan semua orang. Walaupun manusia dikatakan makhluk sempurna tapi dia memiliki batasan, maka dikatakan manusia adalah makhluk tidak sempurna. Disni munculah kontradiksi. Begitulah hidup akan selalu penuh dengan kontradiksi. Jika manusia dikatakan tidak sempurna, maka manusia akan berusaha untuk mendekati sempurna. Ingatlah bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Summum bonum yang berarti kebaikan tertinggi yang mencakup keutamaan dan kebahagiaan. Kebaikan tertinggi selalu diupayakan dan memiliki arah meskipun adanya batasan-batasan dalam menggapai suatu tujuan. Segala sesuatu yang kita lakukan dalam menggapai summum bonum pasti ada konsekuensi yang harus dijalani. Jadi, segala sesuatu itu ada prosesnya, yang terpenting adalah proses, masalah hasil kelak akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero, untuk menyesuaikan dengan Ide yang Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama memuat semua kebaikan-kebaikan yang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya utama, bentuk tunggal dan utama akhir yang seharusnya dikejar manusia. Dalam Islam, kebaikan tertinggi yakni milik Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga, orang-orang beriman yang senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, sebenar-benarnya mereka tengah mencapai kebaikan tertinggi, yakni sangat dekat dengan Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Terdapat tiga postulat kategoris dalam bangunan filsafat Kant yang merupakan dalil-dalil akal praktis yang harus diterima dan dipercaya kebenarannya kebebasan (reiheit) immortalitas (unsterblichkeit) ,eksistensi Tuhan (das dasein gottes. Yang dimaksud adalah immortalitas jiwa, berkaitan dengan summum bonum, yaitu kebaikan tertinggi (virtue atau highest good). Bagi Kant, tindakan yang baik adalah tindakan yang sesuai dengan maksim yang dapat menjadi maksim umum dan bersifat universal. Prinsip universalitas yang mendasari etika Kant dapat kita cermati dari konsepnya tentang imperatif kategoris. Sedangkan prinsip humanitas dimaksudkan bahwa etika Kant menempatkan manusia pada posisi yang tinggi.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Summum Bonum yang berarti kebaikan tertinggi memiliki makna bagaimana cara kita untuk memiliki kebaikan dibidang persahabatan, kesenangan, kebajikan, kehormatan dan kekayaan cocok bersama secara keseluruhan. ada upaya kita untuk mewujudkannya merupakan goal yang harus dicapai. melalui praktik, keterampilan deliberatif, emosional, dan sosial yang memungkinkan kita untuk menerapkan pemahaman umum tentang kesejahteraan dengan cara yang sesuai untuk setiap kesempatan.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari banyak istilah yang berakhiran -ism, summum bonum merupakan istilah yang unik dalam bentuk pengucapannya menurut saya. Summum bonum istilah ini memuat pengertian kebaikan tertinggi, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada baik, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero , sesuai dengan Ide Baik dalam filsafat Yunani kuno . Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua barang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme , untuk menggambarkan kepentingan tertinggi , tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar oleh manusia. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan , kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan / atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan titah Tuhan .

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Para ahli filsafat sependapat tentang tujuan akhir yang diinginkan oleh manusia itu, yaitu kebahagiaan. Setiap manusia ingin bahagia. Untuk mencapai kebahagiaan itu bermacam-macam jalan yang ingin ditempuh oleh manusia dengan melalui tujuan-tujuan sementaranya masing-masing. Setiap manusia ingin baik, tujuan sementaranya pun harus merupakan kebaikan-kebaikan. Dan tujuan terakhir itulah yang disebut ”Summum Bonum”. Dan summum bonum itulah kebahagiaan yang tertinggi yang ingin dicapai manusia. Karena anggapan tentang baik ini bermacam-macam interpretasi dan perkiraan masing-masing, maka terjadilah bermacam-macam usaha perbuatan yang dilakukan juga berbeda-beda.Dalam usaha dan perbuatan yang berrnacam-macam dan berbeda-beda ini, ada yang sejalan menuju tujuan akhir, tetapi ada pula yang tidak sejalan. Artinya, sejalan dengan arah tujuan akhir akan sampai pada tujuan akhir itu, yaitu jalan-jalan yang merupakan kebaikan-kebaikan yang sebenarnya tidak bertentangan dengan tujuan akhir itu. Banyak orang yang terjebak dan jatuh pada kebaikan yang bersifat fatamorgana yakni kebaikan yang palsu. Kebahagiaan/kebaikan yang palsu ini akan mengakibatkan penderitaan, baik bagi dirinya ataupun pada yang lainnya, baik langsung maupun tidak langsung.

    ReplyDelete
  16. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Summum Bonum merupakan kebaikan tertinggi yang dicapai oleh setiap manusia. Kebaikan tertinggi disini maksudnya adalah upaya manusia dalam menggapai dirinya menjadi yang tertinggi dihadapan Allah dengan melakukan kebaikan-kebaikan selama hidupnya. Karena manusia harus percaya dengan hukum sebab akibat, bahwa jika menanam baik, maka hasilnya akan lebih baik. Jika menanam tidak baik maka hasilnya juga akan lebih tidak baik pula.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link di atas, dapat kita ketahui bahwa summum bonum memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pengertian sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Prinsip summum bonum ini juga berpangkal pada panggilan manusia pada kesempurnaan dan hukum kodratnya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari artikel yang saya baca, summum bonum merupakan ungkapan Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Summum bonum dikenalkan oleh filsuf Romawi, Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua unsur lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan perintah Tuhan. Maka dari itu kebaikan tertinggi mengajarkan untuk hidup yang selaras dan sesuai dengan ajaran kebaikan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "yang paling baik", yang diperkenalkan oleh Cicero, untuk sesuai dengan Ide yang Baik dalam filsafat Yunani kuno. Menjadi yang paling baik itu tergantung pada ruang dan waktunya, namun “yang paling baik” bernilai mutlak hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa, karena memang hanya Tuhanlah paling baik.

    ReplyDelete
  20. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Summum-bonum berasal dari bahasa latin yang berarti kebaikan tertinggi. Dari link yang ada, Aristoteles, Socrates dan plato mengambil kebajikan menjadi pusat kehidupan yang baik. Menurut saya Summum-bonum adalah apabila seorang manusia ataupun masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupannya dia dapat berguna dan bemanfaat bagi masyarakat disekitanya, tanpa pernah merugikan orang lain. Bila diibaratkan dengan lebah, ketika ia hadir tidak pernah mematahkan ranting yang halus yang ada di sekitarnya, senantiasa bekerja berkelompok di dalam komunitasnya, ia menghisap sari-sari tanaman dan mengeluarkan madu, yang banyak berguna bagi orang banyak.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh filsuf Romawi Cicero, sesuai dengan Ideah Baik dalam filsafat Yunani kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat bersamaan mengandung semua barang lainnya.Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan. Dalam sintesis Thomis tentang Aristotelianisme dan Kekristenan, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan / atau kehidupan yang dipimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan titah Tuhan. Di Kantianisme, digunakan untuk menggambarkan kepentingan tertinggi, tujuan tunggal dan utama yang harus dikejar.

    Ini berarati bahwa kabikan dalam pandangan summun bonum adlaah bahwa kabikan itu ada tingkatan dan kebaiakan tertinggi adalah tujuan akhir.

    ReplyDelete
  22. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK” yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak.

    ReplyDelete