Jan 13, 2013

PYRRHONISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pyrrhonism, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Pyrrhonisme merupakan sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Orang-orang pyrronis menahan persetujuan yang berhubungan dengan proposisi yang tidak terbukti atau biasa disebut dengan dogma. Asas utama pemikiran Pyrrho yaitu acatalepsia yang berarti kemampuan untuk menahan persetujuan dari doktrin mengenai kebenaran hal-hal di alam mereka sendiri. Hal ini membuktikan bahwa apa yang kita anggap benar harus berdasarkan fakta dan mempunyai bukti, jangan memutuskan benar terhadap sesuatu hanya berdasarkan pemikiran sendiri tapi harus dapat dibuktikan. Karena apa yang kita pikirka benar belum tentu benar menurut orang lain, sehingga apa yang kta anggap benar harus dapat dibuktikan dan dapat diterima oleh orang lain.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan Ketiga tautan yang dilampirkan dalam tulisan ini, dapa saya simpulkan bahwa pyrrhonism adalah sebuah paham yang mendebat temuan-temuan teori yang belum pasti. Mereka yang menganut paham ini, menahan pandangan para dogmatis yang telah memberi doktrin tentang kebenaran yang hanya berlaku bagi mereka tetapi tidak bersifat universal.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Pyrrhonisme adalah skeptis Pyrrhonian, suatu skeptic kuno. Dalam aliran ini semua hal cenderung dipandang sebagai suatu yang tidak pasti, meragukan, dan belum jelas. Dalam hal ini semua dianggap sebagai kebenaran relative, dimana nilai kebenaran berbasis pada pola pikir tiap individu. Manusia yang terkena paham ini akan memiliki keraguan yang cenderung beraura negatif pada suatu hal, padahal prasangka tersebut belum tentu terjadi. Paham skeptik menekankan bahwa semua yang mungkin ada adalah ketikdak pastian. Dampaknya jelas, ketakutan, keminderan, rasa tidak percaya diri bahkan pobia yang berlebihan.

    ReplyDelete

  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Phyrronisem memiliki arti sebagai paham skeptis. Skeptis sendiri berarti tidak mudah percaya tanpa ada bukti kuat sehingga dapat dipercaya. Dalam artian skeptis ini adalah skeptis akademis dimana para penganut paham ini meragukan kebenaran dari proposisi-proposisi yang belum dibuktikan secara jelas. Keraguan ini berkaitan dengan menahan persetujuan untuk proposisi yang belum secara utuh kebenarannya.

    ReplyDelete
  5. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pyrrhonism artinya tidak ada kepastian, semuanya bisa diragukan sehingga mempertanyakan terhadap pengetahuan, fakta, atau pendapat/keyakinan yang dinyatakan sebagai fakta. Keraguan tersebut meliputi berbagai hal termasuk keraguan tentang prinsip-prinsip dasar agama.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Pyrrhonism, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui bahwa Pyrrhonisme adalah sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Tujuan Pyrrhonisme berada dalam sifat psikologis dan dikenal pula melalui argumen epistemologis khususnya masalah kriteria dan masalah induksi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/skepticism-ancient/, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui tentang Skeptisisme Kuno. Konsep inti dari skeptisisme kuno adalah keyakinan, penghentian penilaian, kriteria kebenaran, penampilan, dan investigasi. Sedangkan gagasan penting dari skeptisisme modern seperti pengetahuan, kepastian, keyakinan yang dibenarkan, dan keraguan tidak memainkan atau hampir tidak ada peran.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://www.britannica.com/topic/Pyrrhonism, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui Pyrrhonisme merupakan filsafat Skeptisisme yang berasal dari Pyrrho of Elis yang umumnya dianggap sebagai pendiri Skeptisisme kuno. Beliau mengidentifikasi orang-orang bijak sebagai orang yang menunda penilaian dan tidak mengambil bagian dalam kontroversi mengenai kemungkinan pengetahuan tertentu. Kemudian beliau mengusulkan posisi netral menerima hal-hal yang muncul tanpa analisis lebih lanjut.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Saya sendiri masih belum benar-benar memahami maksud yang paling sebenar-benarnya dari paham pyrrhonisme. Menurut salah satu referensi online yang saya baca, Pyrrhonisme adalah aliran skeptis yang meragukan semua hal. “Di dunia ini tidak ada yang pasti“. Kepastian yang absolut hanyalah milik Allah S.W.T.. Meskipun di dunia ini tidak ada yang 100% pasti, akan tetapi saya harus tetap berusaha sebaik mungkin dalam menjalani semua hal, terkait dengan hasil akhirnya nanti maka itu adalah bonus dari apa yang telah saya upayakan.

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Pyrrhonisme merupakan kata yang berkonotasi skeptisisme ekstrim, beberapa ajaran utama dari filsuf Yunani, Pyrrho dan para pengikutnya adalah, 1) Seseorang harus menangguhkan putusan tentang hakikat sejati realitas, 2) Argumen-argumen dapat diberikan untuk suatu pendapat yang ingin dipertahankan seseorang, 3) Seseorang harus menerima fakta bahwa pengetahuannya terbatas dan tidak ditujukan untuk menyelidiki lebih dari pada yang dapat diketahui atau dipahami, 4) Nilai-nilai tertinggi dalam kehidupan adalah ketenangan, kemerdekaan, dan berdiri sendiri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, pyrrhonisme atau keraguan filsafat adalah posisi filsafat yang harus menangguhkan satu keputusan dalam penyelidikan. Nah namanya keraguan, itu memang merupakan suatu posisi yang sulit. Namun, berusahalah tetap tenang. Apapun yang kita pilih sekarang, yakinilah bahwa setiap langkah kita, ada Allah yang Maha Melihat. Oleh karena itu, selalulah percaya akan Kuasa Allah. Jika memang ragu, pilihlah apa yang sudah kita yakini, apapun yg terjadi, itu adalah Takdir. Terimalah takdir itu, karena itu yang terbaik dari Allah untuk kita.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pyrrhonism merupakan filsafat skepticism yang ditemukan oleh Pyrrho of Ellis pada abad ke 4 SM. Prinsip utama paham Pyrrho ini berkonotasi dengan kemampuan untuk menahan persetujuan dari doktrin tentang kebenaran hal-hal dalam sifat mereka sendiri, yaitu terhadap setiap pernyataan kontradiksisnya dapat diajukan justifikasi yang sama.

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pyrrhonisme merupakan paham keraguan filsafat yang berarti harus menangguhkan suatu keputusan dalam penyelidikan. Sangat jelas kaitannya dengan paham skeptisisme yang menyangsikan kenyataan yang diketahui. Kesangsian Descartes sebagai pionir skeptisisme dalam metode kesangsiannya berupa sebuah sikap skeptis, tetapi skeptisisme tersebut bersifat metodis, karena tujuan akhir dari sikap skeptic ini merupakan upaya untuk mendapatkan kepastian yang tak tergoyangkan sebagai akhir pengetahuan manusia. Lain halnya dengan D.Hume yang menyatakan skeptisme radikal. Ia tidak hanya menyangsikan hubungan-hubungan kausal, bahkan terkait adanya substansi atau realitas akhir yang bersifat tetap.

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Pyrrhonism sama dengan skeptic yang merupakan sebuah paham yang mempunyai kecenderungan belum jelas dan meragukan. Jika kita menganut paham ini maka kita tidak akan mudah percaya karena memiiki keraguan dalam segi negatifnya. Segi negative tersebut akan menutup fakta ynag ada dan dampaknya akan menimbulkan prasangka yang belum jelas kepastiannya.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Pyrrhonism adalah doktrin sebuah sekolah skeptis ekstrem kuno yang meragukan penilaian pada setiap proposisi. Paham ini mengemukakan keraguan pada sesuatu sehingga menimbulkan suatu hal tersebut menjadi tertunda menjadi sebuah fakta.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pironisme berkaitan dengan kriteria dan masalah induksi. Pyrrhonism dapat dibagi menjadi yang ephectic ("penangguhan penilaian"), zetetic ("terlibat dalam pencarian"), atau aporetik ("terlibat dalam sangkalan"). Filsuf dari Pyrrhonism diantaranya adalah Aenesidemus, Agrippa the Skeptic, Arcesilaus, Robert Fogelin, Heraclides of Tarentum, Herodotus of Tarsus, Benson Mates, Menodotus of Nicomedia, Michel de Montaigne, Nausiphanes, Pyrrho, Sextus Empiricus, Theodas of Laodicea, dan Timon

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Pyrrohonism adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh Aenesidemus. Sekolah tersebut didirikan meskipun saat itu hubungan antara filsuf sekolah dan filsuf dari tokoh sejarah sedang mengalami kekeruhan. Pyrrho mengatakan bahwa segala sesuatu itu tidak sama dan tidak stabil serta tidak pasti, baik persepsi maupun keyakinan kita tidak dapat mengatakan sesuatu yang benar ataupun salah. Untuk itu, karena alasan ini, maka kita tidak boleh mempercayai keyakinan atau persepsi kita. Opini, kecenderungan dan ragu-ragu terhadap sesuatu adalah hal-hal yang perlu diabaikan. Menurut paham ini, persepsi dan keyakinan adalah sesuatu yang meragukan dan tidak dapat menentukan apakah suatu hal itu bernilai benar atau tidak.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pyrrhonism atau skeptisisme pyrrhonoan merupakan sekolah skeptisisme yang didirikan oleh pengikut Aenesidemus pada abad pertama sebelum masehi. Pyrrhonian merupakan paham keraguan, yaitu posisi filsafat yang harus menangguhkan setiap keputusan dalam penyelidikan. Pyrrhonian menolak setiap persetujuan atau keputusan yang berhubungan dengan proposisi yang tidak jelas sehingga perlu dilakukan penyelidikan secara terus menerus. Mereka membantah kemungkinan dalam mencapai kebenaran oleh ketakutan sensorik, alasan, atau keduanya. Mereka berusaha membuat skeptis secara universal.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas ketiga link yang dibagikan Prof. Kita bisa mengetahui bahwa pyrhonisme, filsafat Skeptisisme yang berasal dari Pyrrho of Elis, yang dianggap sebagai pendiri skeptisisme. Dia mengidentifikasi orang bijak mereka yang menunda penilaian dan tidak mengambil bagian dalam kontroversi mengenai kemungkinan pengetahuan tertentu. Pyrrhonisme sangat mempengaruhi pemikiran filosofis di Eropa abad ke-17 dengan publikasi ulang karya Skepis Sextus Empiricus dan kekuatanya tetap ada hingga kini.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Pyrrhonisme, atau skeptis Pyrrhonian, adalah sekolah yang didirikan oleh Aenesidemus skeptisisme pada abad ke-1 SM dan dicatat oleh Sextus Empiricus pada abad ke-2 akhir atau awal abad ke-3 Masehi. Itu dinamai Pyrrho, seorang filsuf yang hidup dari c. 360 untuk c. 270 SM, meskipun hubungan antara filosofi sekolah dan dari tokoh sejarah yang keruh. Sebuah kebangkitan istilah ini perlu dicatat untuk abad ke-17 ketika pandangan dunia ilmiah modern lahir. Sedangkan skeptis akademik, dengan Carneades sebagai penganut yang paling terkenal, mengklaim bahwa "Tidak ada yang dapat diketahui, bahkan ini", skeptis Pyrrhonian menahan setiap persetujuan sehubungan dengan proposisi non-jelas dan tetap dalam keadaan penyelidikan terus-menerus. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Prinsip utama pemikiran Pyrrho dapat diungkapkan dengan kata “acatalepsia” yang berarti bahwa kemampuan untuk menahan persetujuan dari doktrin mengenai kebenaran hal-hal di alam mereka sendiri. Dia berpendapat bahwa kita hanya tahu bagaimana keadaan tampak bagi kita, tetapi tidak peduli dengan substansi batin mereka, terutama karena hal yang sama dapat muncul secara berbeda pada orang yang berbeda. Jadi, tidak mungkin mengetahui pendapat mana yang benar.

    ReplyDelete
  22. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pyrrhonisme umumnya berkonotasi dengan skeptisisme ekstrim. Ajaran dalam pyrrhonisme diantaranya seseorang harus menangguhkan putusan tentang hakikat sejati realitas. Karena segala sesuatu yang dapat diketahuinya merupakan penerapan-penerapannya dan hal-hal itu bersifat relative dan tidak konsisten. Dalam paham ini argument-arguman dapat diberikan untuk suatu pendapat yang ingin dipertahankan seseorang. Seseorang harus menerima fakta bahwa pengetahuannya terbatas dan tidak ditujukan untuk menyelidiki lebih daripada yang dapat diketahui atau dipahami.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari artikel di atas, saya ingin menanyakan apa yang dimaksud dengan pengaturan argumen terhadap argumen? Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Pyrrhonism adalah salah satu paham filsafat yang menekankan bahwa adanya debatan temuan teori yang balum dapat dibuktikan keberannya atau belum valid/pasti. Paham memfokuskan bahwa tidak dianjurkan untuk menganggap sebuah persepsi itu benar atau salah karena belum pasti. Sehingga semua keputusan harua dibuktikan dengan penyelidikan.

    ReplyDelete
  25. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pyrrhonism adalah doktrin sebuah sekolah skeptis ekstrem kuno yang meragukan penilaian pada setiap proposisi. Paham ini mengemukakan keraguan pada sesuatu sehingga menimbulkan suatu hal tersebut menjadi tertunda menjadi sebuah fakta. Dalam islam, kita diharapkan meninggalkan sesuatu yang membuat kita ragu menuju pada apa yang membuat kita tidak ragu.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Pyrrhonism adalah sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Ia paling dikenal melalui karya-karya Sextus Empiricus yang masih ada, yang ditulis pada akhir abad kedua atau awal abad ketiga Masehi.

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Pyrrhonisme diperkenalkan oleh seorang filsuf yunani yang bernama Pyrrho pada abad sebelum masehi. Menurut aliran ini nilai-nilai tertinggi dalam kehidupan adalah ketenangan, kemerdekaan, dan berdiri sendiri. Selain itu paham ini memandang bahwa pengetahuan yang dimiliki seseorang terbatas dan tidak bertujuan untuk menyelidiki lebih daripada yang dapat diketahui atau dipahami.

    ReplyDelete