Jan 13, 2013

PYRRHONISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pyrrhonism, bisa konek berikut:


Wss

10 comments:

  1. Menurut pyrrhonisme, pengetahuan tentang sesuatu mustahil untuk diketahui secara pasti kita harus membuat asumsi-asumsi tentang sesuatu tersebut. Apa yang dirasakan oleh indra kadang menipu dan akal kadang terlalu mengikuti atau memperturutkan nafsu. Kebenaran absolut atau kesalahan absolut merupakan ketidakpastian menurut manusia. Pyrrhonisme juga dekat kearah skeptisisme.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pyrrhonisme, filsafat Skeptisisme berasal dari Pyrrho dari Elis (c. 370-c. 272 SM), umumnya dianggap sebagai pendiri Skeptisisme kuno. Sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Percaya bahwa "pengetahuan tentang hal-hal yang tidak mungkin dan bahwa kita harus mengasumsikan sikap cadangan". Menurut pandangan ini bahwa kita akan mustahil untuk mengetahui pasti tentang sesuatu, maka kita harus memberikan asumsi sebelum mengambil keputusan. Karena terkadang apa yang dirasakan oleh indra kita berbeda dengan yang ada dalam pikiran kita. Maka dengan demikian kebenaran yang mutlak atau kesalahan yang mutlak tidak akan bisa dilihat secara pasti.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pyrrhonism atau Pyrrhonian Skepticsm merupakan sekolah yang didirikan oleh Aenesidemus skeptisisme pada abad ke 1 SM. Orang yang menganut aliran Pyrrhonism disebut Pyrrhonian yang menyatakan bahwa jika seseorang tidak mampu percaya dalam mengklaim suatu pengetahuan maka dengan demikian manusia harus mampu menahan diri dalam segala bentuk kebenaran.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketidak percayaan pada suatu ilmu adalah hal yang biasa terjadi asal tidak menimbulkan perpecahan diantara sesama. Menjadi ragu dan mempertyanyakan kebenaran atas ilmu adalah suatu sikap yang baik dan kritis. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa ingin tahu seorang. Namun padangan Pyrrhonism memiliki sisi negatif.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pyrrhonisme atau skeptisism Pyrrhonian merupakan cabang filsafat skeptisime yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat sebelum masehi. Skeptis berarti ragu-ragu. Sehingga skeptisime berpandangan bahwa segala sesuatu itu dapat diragukan sebelum terbukti kebenarannya. Mereka selalu mempunyai asumsi-asumsi untu terus mencari kebenaran tentang suatu ilmu pengetahuan. Di dalam filsafat matematika, pandangan yang menganut aliran skeptisime adalah pandangan fallibilist. Namun, seorang fallibilist tidak sepenuhnya skeptisim. Keragu-raguan mereka berdasar, berkaitan dengan kebenaran matematika. Sebelumnya terdapat aliran absolutism bahwa kebenaran matematika itu mutlak. Akan tetapi, para fallibilist berasumsi bahwa matematika bisa saja salah. Pemikiran inilah yang kemudian menjadi tonggak awal para filsuf untuk mencari dan membuktikan kebenaran matematika sehingga matematika berkembang seperti saat ini dan dapat dipercaya kebenarannya.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Pyrrhonisme hampir sama intinya dengan skepticsm adalah suatu paham yang menyatakan jika kita tidak mampu percaya dalam mengklaim suatu pengetahuan maka kita harus mampu menahan diri dari segala bentuk kebenaran klaim. dengan kata lain kita harus menahan diri dari keyakinan bukan hanya dari pengetahuan klaim.

    ReplyDelete
  7. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pyrrhonisme adalah aliran skeptis yang meragukan semua hal. “Di dunia ini tidak ada yang pasti”. Tidak ada sesuatu yang pasti benar atau pun pasti salah, tidak ada sesuatu yang pasti akan selalu ada di dunia ini. Manusia tidak bisa memastikan apapun yang akan terjadi, yang akan dilakukannya, ataupun memastikan bahwa pilihannya itu tepat. Kita sering mendengar dan menanyakan kalimat “Apa kamu yakin?”. Kita tidak akan pernah benar-benar yakin akan suatu hal. Kita hanya berusaha menggapai keyakinan itu.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Skeptis yang merupakan keraguan karena belum terbukti kebenarannya. Untuk membuktikan benar tidaknya agar menjadi tegas atau tidak samar perlu adanya asumsi-asumsi dengan pembuktian secara induktif maupun deduktif. Tiada segala sesuatu di dunia ini yang absolut, karena sebenar-benar absolut hanya milik Alloh.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pyrrhonisme adalah posisi filsafat yang harus menangguhkan satu keputusan dalam penyelidikan. Jika kita lihat dari definisinya aliran ini termasuk kedalam skeptisisme yang berpandangan bahwa menekankan pada tidak adanya klaim terhadap kebenaran. Masalah kriteria kebenaran adalah masalah bagaimana kita menemukan atau memastikan kebenaran-kebenaran yang perlu kita cari untuk mencapai pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Inti dari skeptisisme kuno adalah suatu paham yang menyatakan jika kita tidak mampu percaya dalam mengklaim suatu pengetahuan maka kita harus mampu menahan diri dari segala bentuk kebenaran klaim. dengan kata lain kita harus menahan diri dari keyakinan bukan hanya dari pengetahuan klaim. mereka percaya bahwa "pengetahuan tentang hal-hal itu tidak mungkin dan kita harus mengasumsikan sikap cadangan",

    ReplyDelete