Jan 13, 2013

PYRRHONISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pyrrhonism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Pyrrhonisme merupakan sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Orang-orang pyrronis menahan persetujuan yang berhubungan dengan proposisi yang tidak terbukti atau biasa disebut dengan dogma. Asas utama pemikiran Pyrrho yaitu acatalepsia yang berarti kemampuan untuk menahan persetujuan dari doktrin mengenai kebenaran hal-hal di alam mereka sendiri. Hal ini membuktikan bahwa apa yang kita anggap benar harus berdasarkan fakta dan mempunyai bukti, jangan memutuskan benar terhadap sesuatu hanya berdasarkan pemikiran sendiri tapi harus dapat dibuktikan. Karena apa yang kita pikirka benar belum tentu benar menurut orang lain, sehingga apa yang kta anggap benar harus dapat dibuktikan dan dapat diterima oleh orang lain.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan Ketiga tautan yang dilampirkan dalam tulisan ini, dapa saya simpulkan bahwa pyrrhonism adalah sebuah paham yang mendebat temuan-temuan teori yang belum pasti. Mereka yang menganut paham ini, menahan pandangan para dogmatis yang telah memberi doktrin tentang kebenaran yang hanya berlaku bagi mereka tetapi tidak bersifat universal.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Pyrrhonisme adalah skeptis Pyrrhonian, suatu skeptic kuno. Dalam aliran ini semua hal cenderung dipandang sebagai suatu yang tidak pasti, meragukan, dan belum jelas. Dalam hal ini semua dianggap sebagai kebenaran relative, dimana nilai kebenaran berbasis pada pola pikir tiap individu. Manusia yang terkena paham ini akan memiliki keraguan yang cenderung beraura negatif pada suatu hal, padahal prasangka tersebut belum tentu terjadi. Paham skeptik menekankan bahwa semua yang mungkin ada adalah ketikdak pastian. Dampaknya jelas, ketakutan, keminderan, rasa tidak percaya diri bahkan pobia yang berlebihan.

    ReplyDelete

  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Phyrronisem memiliki arti sebagai paham skeptis. Skeptis sendiri berarti tidak mudah percaya tanpa ada bukti kuat sehingga dapat dipercaya. Dalam artian skeptis ini adalah skeptis akademis dimana para penganut paham ini meragukan kebenaran dari proposisi-proposisi yang belum dibuktikan secara jelas. Keraguan ini berkaitan dengan menahan persetujuan untuk proposisi yang belum secara utuh kebenarannya.

    ReplyDelete
  5. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pyrrhonism artinya tidak ada kepastian, semuanya bisa diragukan sehingga mempertanyakan terhadap pengetahuan, fakta, atau pendapat/keyakinan yang dinyatakan sebagai fakta. Keraguan tersebut meliputi berbagai hal termasuk keraguan tentang prinsip-prinsip dasar agama.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Pyrrhonism, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui bahwa Pyrrhonisme adalah sekolah skeptisisme yang didirikan oleh Pyrrho pada abad keempat SM. Tujuan Pyrrhonisme berada dalam sifat psikologis dan dikenal pula melalui argumen epistemologis khususnya masalah kriteria dan masalah induksi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/skepticism-ancient/, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui tentang Skeptisisme Kuno. Konsep inti dari skeptisisme kuno adalah keyakinan, penghentian penilaian, kriteria kebenaran, penampilan, dan investigasi. Sedangkan gagasan penting dari skeptisisme modern seperti pengetahuan, kepastian, keyakinan yang dibenarkan, dan keraguan tidak memainkan atau hampir tidak ada peran.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Pyrrhonism. Melalui link https://www.britannica.com/topic/Pyrrhonism, saya dapat mengetahui tentang Pyrrhonism. Dari link tersebut dapat diketahui Pyrrhonisme merupakan filsafat Skeptisisme yang berasal dari Pyrrho of Elis yang umumnya dianggap sebagai pendiri Skeptisisme kuno. Beliau mengidentifikasi orang-orang bijak sebagai orang yang menunda penilaian dan tidak mengambil bagian dalam kontroversi mengenai kemungkinan pengetahuan tertentu. Kemudian beliau mengusulkan posisi netral menerima hal-hal yang muncul tanpa analisis lebih lanjut.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Saya sendiri masih belum benar-benar memahami maksud yang paling sebenar-benarnya dari paham pyrrhonisme. Menurut salah satu referensi online yang saya baca, Pyrrhonisme adalah aliran skeptis yang meragukan semua hal. “Di dunia ini tidak ada yang pasti“. Kepastian yang absolut hanyalah milik Allah S.W.T.. Meskipun di dunia ini tidak ada yang 100% pasti, akan tetapi saya harus tetap berusaha sebaik mungkin dalam menjalani semua hal, terkait dengan hasil akhirnya nanti maka itu adalah bonus dari apa yang telah saya upayakan.

    ReplyDelete