Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    ecumenism berasal dari bahasa Yunani yaitu oikoumene yang dapat diartikan sebagai seluruh dunia yang memiliki penghuni. Ecumenism mengarah pada upaya ataupun usaha yang menuju kesatuan dalam rangka mengembangkan hubungan yang lebih dekar antar sesama pemeluk agama dan ini merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh umat kristiani, tujuannya adalah untuk membentuk kesatuan yang penuh.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah "ekumenisme" mengacu pada upaya orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari denominasi Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Ada berbagai harapan yang berbeda tentang bagaimana bentuk kesatuan Kristen itu, bagaimana ia terjadi, metode-metode ekumenis apa yang harus dilibatkan, dan apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari gerakan oikumenis seharusnya. Sesungguhnya ekumenisme menunjukkan bahwa adanya upaya untuk saling bersatu antar umat kristen.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ekumenisme memiliki arti tinggal dirumah sendiri atau mendiami bumi. Dalam cakupan yang luas ekumenisme memiliki arti sebagai insiatif kelompok atau suatu agaman untuk menuju persatuan berbasis keesaan Tuhan. Tujuan dari paham ekumenisme adalah untuk meningkatkan kekompakan dan pemahaman yang lebih baik antar kelompok agama sehingga menjadi satu.
    Gerakan ekumenisme sangat identik dengan agama katolik. Dimana diketahui berdasar pada sejarah agama katolik mengalami berabagai perpecahan. Gerakan ini untuk menyatukan gereja-gereja dalam sebuah tatanan yang seragam (organisasi payung), dengan tujuan adanya suatu pergumulan gereja dalam menghadapi persoalan kemanusiaan. Namun pada perkembangannya, gerakan ini menyasar tidak hanya pada kaum gereja saja, melainkan universal untuk semua agama. Tujuannya adalah merumuskan keadilan, kebenaran dalam konteks kemanusiaan yang universal. Jika dipandang secara mendalam maka terdapat pergeseran esensi dimana awalmula keberadaan adalah tujuan agama sedangkan kelanjutannya mengarah ke liberal.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ekumenisme merupakan salah satu aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal ini seperti sila pertama Pancasila, mengakui adanya Tuhan. Dibuat netral dan tidak mengarah pada agama apapaun supaya hidup rukun dan damai. Yang ditekankan pada paham ini adalah manusia yang mempunyai agama dan percaya akan Tuhan. Dalam penerapan di Indonesia pun bahwa yang ada dalam pancasila adalah agama untuk menciptakan kerukunan dan percaya kepada Tuhan yang maha Esa.

    ReplyDelete
  5. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, ecumenism menurut KBBI adalah usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh semua orang yang beriman Kristen. Dari pengertian ini, saya mewakili orang yang beragama islam, kita harus mencontoh arti dari ecumenism ini. Seperti yang kita ketahui, sekarang-sekarang ini banyak sekali orang yang saling memfitnah. Saking banyaknya, saya hampir bingung mau mana yang harus saya percaya. Zaman sekarang, sebuah berita nasional bisa di setting agar untuk mengalihkan isu, jadi kadang saya jengkel dengan para tokoh-tokoh yang hanya ingim mencari popularitas, hidup kok kayak gitu, semogu kita jangan meniru perbuatan yang buruk itu. Sebagai perwakilan orang islam dan rakyat indonesia, kita adalah saudara, jadi jangan saling memfitnah, karena mulutmu adalah harimaumu. Setiap perbuatan kita didunia ini, nanti pasti akan di balas di akhirat. ingat itu!!!

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Ekumenisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yang berarti rumah dan tinggal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa okumenisme atau oikoumene berarti rumah yang ditinggali atau didiami. Dalam pengertian yang lebih luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan yang menuju pada keesaan di seluruh dunia. Tujuan dari okumenisme ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan pemahaman yang lebih baik antar kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Ecumenism. Melalui https://en.wikipedia.org/wiki/Ecumenism, saya dapat mengetahui tentang Ecumenism yang artinya upaya orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Selain itu, Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai denominasi Kristen dalam beberapa bentuk.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ekumenisme secara luas dapat dimaknai meliputi kerukunan antaragama pada umumnya. Dalam upaya untuk menciptakan suasana persaudaraan antara semua agama hal ini sangat diperlukan. Tentu saja, di sini juga ada kesulitan untuk mengakui dengan tulus kesetaraan martabat semua agama, sebab setiap pemeluk agama yakin bahwa hanya agamanya sendiri yang benar.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Ekuinisme adalah sebuah paham filsafat yang meyakini kesatuan antar beragama. Dari hal tersebut, kita dapat belajar bahwa apapun agamanya kita adalah satu yaitu saling mempercayai dan meyakini bahwa adanya Tuhan. Siapapun Tuhannya kita harus menghormatinya dan saling menghormati tersebut membuat kita terhindar dari konflik perbedaan agama.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani yaitu oikoumene yang berarti seluruh dunia yang dihuni. Ecumenism dilihat sebagai suatu doktrin tentang gerakan untuk mempromosikan kerjasama dan pemahaman yang lebih baik antara berbagai denominasi yang berbeda terutama agama kristiani. Namun jika dilihat dari perkembangannya, gerakan ini melibatkan agama-agama yang lainnya seperti Islam, Budha, dan Hindu.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Ecumenism merupakan gerakan yang merujuk pada pemersatu antar agama.

    ReplyDelete
  12. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Ekumenisme merupakan paham yang menekankan pada peningkatan kerja sama dan saling memahami antara kelompok-kelompok agama pada agama yang sama. Ekumenisme digunakan dala agama Kristen yang merujuk pada gerakan menuju persatuan denominasi Kristen yang terpecah. Dengan kata lain, ekumenisme mengacu pada upaya orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Terdapat 3 pendekatan persatuan Kristen yaitu Catholicsm, Orthodoxy, Anglicanism dan Protestantism.

    ReplyDelete
  13. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal, sehingga oikoumene berarti rumah yang ditinggali atau dunia yang didiami. Dalam pengertian yang lebih luas ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan diseluruh dunia. Tujuan dari ekumenisme adalah peningkatan kerjasama dan saling memiliki pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Pada dasarnya paham dari filsafat ini adalah bertujuan baik, dimana mereka berusaha untuk menjalin persatuan antar pemeluk agama yang sama. Jika persatuan dan rasa memiliki tersebut terus ada maka perpecahan adalah sebuah hal mungkin menjadi mustahil. Tidak seperti yang terjadi akhir-akhir ini, dimana sesama pemeluk agama yang sama saling hujat seakan tidak memiliki rasa persaudaraan sedikitpun. Meskipun berbeda selisih paham bukankah akan lebih baik jika bentuk kritiknya masih tetap dalam koridor kesopanan tanpa menghujat sesuatu yang tidak pantas.

    ReplyDelete
  14. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Yang dimaksudkan dengan “Gerakan Ekumenis” ialah: kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha yang dilakukan untuk menanggapi bermacam-macam kebutuhan Gereja dan berbagai situasi untuk mendukung kesatuan umat kristen. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama.

    ReplyDelete
  15. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Ekumenisme artinya tinggal di tempat sendiri atau mendiami tempat tempat tinggal sendiri. Artian lebih luasnya adalah keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Ekumenisme juga dapat diartikan sebagai sekelompok agama kristen yang akan menyatukan kelompoknya karena terpecah belah akibat adanya doktrin atau sejarah.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ekumenisme dalam pengertian yang luas merupakan inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, terutama antara agama-agama kristen. Ekumenisme ini juga dapat dilihat sebagai suatu doktrin tentang gerakan yang mempromosikan peningkatan kerjasama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau berbagai denominasi yang berbeda menuju kepada satu kesatuan kristian yang umum. Gerakan ini berkembang tidak hanya pada agama-agama Kristen saja, tetapi melibatkan agama-agama lain. Gerakan ini bukan untuk membawa umat lain ke agama yang satu.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ekumenisme (kadang-kadang dieja oikoumenisme, oikumenisme) berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  18. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini ecumenism diartikan sebagai "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Lebih lanjut dibahas pula bahwa tujuan dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Di sini ada gerakan yang berusaha untuk menciptakan saling menghormati, toleransi, dan kerja sama di antara agama-agama besar di dunia. Oleh karena itu, ecumenism juga dapat disebut sebagai pluralisme agama-agama, yang berbeda dengan ecumenism di dalam satu agama itu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut Wikipedia, ekuiminisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Lebih jelasnya ekuiminisme mengacu pada upaya orang-orang Kristen dari berbagai tradisi gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ekuminisme juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai denominasi Kristen dalam beberapa bentuk.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang dibagikan Prof. Kata Ekumenism berasal dari bahasa Yunani oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal, sehingga oikoumene bisa diartikan sebagai rumah yang ditinggali atau dunia yang didiami. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerjasama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Link di atas berisi mengenai ecuminism. Awal terbentuk dari ecuminism, yang identik dengan Christian, adalah persatuan antar gereja. Dari link di atas juga diperoleh perkembangan dari ecuminism hingga logo ecuminism.

    ReplyDelete
  22. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Ekumenisme (kadang-kadang dieja oikoumenisme, oikumenisme) berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Menurut KBBI, ekumenisme usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh semua orang yang beriman Kristen.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Pada abad ke-20, istilah "ekumene" dipakai dalam perujukan kepada Ekumenisme, yaitu upaya penyatuan atau kerjasama antara kelompok-kelompok yang berbeda di dalam Kekristenan. Dalam konteks ini, telah dianggap adanya (atau kelak akan terjadi) kesatuan umat yang percaya di antara golongan-golongan Kristen yang berbeda-beda. Definisi - atau presuposisi - ini tidaklah diterima oleh setiap kelompok Kristen. Pekerjaan ekumenisme berlangsung dalam bentuk negosiasi di antara komisi-komisi dari berbagai denominasi serta melalui pembicaraan sejumlah organisasi inter-denominasional seperti Dewan Gereja-gereja se-Dunia.

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Ecumenism atau ekumenisme berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Jadi ekumenisme bermakna rumah yang ditinggali atau dunia yang didiami. Aliran ini bertujuan kepada sebuah inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Pada tahun 1910 terjadi gerakan ekumenis yang bertujuan untuk mempersatukan gereja-gereja protestan sedunia.

    ReplyDelete
  25. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ekumenisme memiliki arti luas yaitu suatu inisiatif agamauntuk menuju keesaan diseluruh dunia. Memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama dan saling memahami antar kelompok agama. Paham ini dikenalkan oleh kaum Kristiani dengan merujuk pada suatu gerakan untuk menuju persatuan dan kesatuan denominasi Kristen yang terpecah. Dalam sistem demokrasi di Indonesia seperti halnya yang tertuang dalam Pancasila sila petama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengakui Tuhan yang Esa yang bersifat universal dan netral serta tidak mengarah pada salah satu agama tertentu agar hidup bermasyarakat dengan damai dan tentram.

    ReplyDelete
  26. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Ecumenism yang saya pahami adalah rumah besar yang dihuni oleh umat agama bertujuan dalam persatuan di dunia. Ecumenism merupakan peningkatan kerja dalam upaya untuk mempersatukan agama yang terpecah menjadi kelompok-kelompok. Ecumenism sendiri merupakan pemahaman dari Agama Kristen sebagai inisiatif menuju keesaan di dunia.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  27. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Ecumenism, pada awalnya, mengarah pada usaha menyatukan dan mendekatkan umat kristen yang telah terpecah oleh doktrin , sejarah, dan praktik keagamaan. Ecumenism, dalam konteks pluralisme, dimaknai sebagai upaya mendekatkan hubungan antar umat beragama. Bukan untuk menyatukan umat dari berbagai keyakinan dan agama dalam satu payung organis atau meleburkan agama menjadi satu, melainkan untuk menumbuhkan rasa saling menghormati, toleransi, dan kerja sama di antara agama-agama besar di dunia.

    ReplyDelete
  28. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Ecumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ecumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling memiliki pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Dengan demikian, ecumenisme termasuk dalam pluralisme untuk menciptakan rasa saling menghormati, toleransi antar umat beragama.

    ReplyDelete
  29. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Bahwa mereka yang meyakini adanya tuhan meyakini pula bahwa secara spiritual kekuasaanya Esa, super power. Allah SWT yang Maha Kuasa tiada tandingannya. Terimakasih

    ReplyDelete