Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

53 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber di atas, dapat kita ketahui bahwa ecumenism atau ekumenisme adalah gerakan atau upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Dalam konteks ini, ekumenisme adalah gagasan persatuan umat Kristen dalam arti literal bahwa harus ada gereja tunggal. Ekumenisme adalah terpisah dan berbeda dari agama Kristen Nondenominational. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ekumenisme mengacu pada usaha orang – orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini sering digunakan untuk pemersatu dari berbagai gereja Kristen dalam beberapa bentuk. Hal ini dapat mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka dan menganggap satu kesatuan jemaat lokal dalam sebuah persekutuan di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Hal ini berusaha untuk mencari hal-hal yang menjadi persamaan agar bisa tercipta persatuan bukan perpecahan.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal tersebut sama halnya dengan sila pertama Pancasila, yaitu 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Di Indonesia, agama yang diakui negara adalah Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghuchu. Pada zaman kemerdekaan, dalam pembuatan Pancasila, guna menghindari perpecahan rakyat Indonesia karena perbedaan agama, dibuatlah sila pertama yang dianggap lebih netral tanpa memihak salah satu agama. Karena berapapun jenis agama di dunia ini, hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Ecumenism adalah suatau paham yang dianut oleh kritiani, Ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai gereja Kristen dalam beberapa bentuk.Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah kesatuan yang utuh dan utuh

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan. Agama agama yang dipersatukan antara lain. Kaum ekumenis adalah mereka yang membuka diri pada komunikasi lain,dan juga pengaruh dari tradisi dan peradaban yang lain. Kontak dan saling pengaruh antar peradaban memang sama sekali tak terhindarkan. Hampir mustahil membayangkan suatu peradaban yang “murni” secara total, serta terisolasi sama sekali dari pengaruh-pengaruh di sekitarnya.

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ekumenisme ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perdebatan antara kelompok orang yang memiliki paham berbeda, serta diharapkan dapat meningkatkan sikap toleran antar umat beragama. ekumenism merupakan suatu paham dalam filsafat yang salah satu tujuanya adalah meningkatkan kerja sama dan saling toleransi antara kelompok umat beragama. dari sisi pandang islam, bahwa tuhan menghendaki umatnya beragama, karena sesungguhnya keragaman atau perbedaan yang ada merupakan bagian dari sunnatallah. hal ini terbukti dengan diberikannya pilihan-pilihan oleh Allah SWT untuk hambanya apakah akan beriman atau tidak, dijelaskan dalam QS. Al-kafirun 6 : bagimu agamamu dan bagiku agamaku

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Melalui ekumenisme ini para antar-iman berusaha untuk menciptakan saling menghormati, toleransi, dan kerja sama di antara agama-agama besar di dunia. Dalam pengertian ini, ekumenisme dapat disebut sebagai pluralisme agama-agama, yang berbeda dengan ekumenisme di dalam satu agama itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ekumenisme merupakan gagasan dari persatuan umat Kristen. Dalam arti literal bahwa harus ada Gereja tunggal. Ekumenis memiliki visi yaitu mencari kesatuan Gereja dan "seluruh bumi yang berpenduduk" sebagai kepedulian dari semua orang Kristen. Sehingga dapat dikatakan bahwa ekumenisme merupakan suatu gerakan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama, yakni memanusiakan manusia.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “oikos” (=rumah) dan kata “menein” (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Secara luas, ekumenisme diartikan sebagai inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Ekumenisme sebagai dialog antar-iman antara wakil-wakil berbagai agama, tidak dimaksudkan untuk mempersatukan para penganutnya ke dalam suatu kesatuan organis yang penuh satu sama lainnya, melainkan sekadar untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik. Gerakan ini mempromosikan toleransi, saling menghargai, dan kerja sama, baik di antara denominasi-denomiasi Kristen, atau antara agama Kristen dengan agama-agama lainnya. Alternatifnya, ekumenisme dapat bertujuan untuk mempertemukan semua orang yang mengaku beriman Kristen ke dalam suatu organisasi yang kelihatan, misalnya, melalui kesatuan dengan Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur.

    ReplyDelete
  11. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani (oikoumene), yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni", dan secara historis digunakan dengan referensi khusus ke Kekaisaran Romawi. Visi ekumenis terdiri dari pencarian untuk kesatuan Gereja yang tampak (Efesus 4: 3) dan "seluruh bumi yang dihuni" (Matius 24:14) sebagai perhatian semua orang Kristen. Dalam kekristenan, ekumenis kualifikasi pada awalnya (dan masih) digunakan dalam istilah seperti "dewan ekumenis" dan "Patriark Ekumenis" dalam arti berkaitan dengan totalitas Gereja yang lebih besar (seperti Gereja Katolik atau Gereja Orthodok) daripada Dibatasi pada salah satu gereja lokal atau keuskupannya. Digunakan dalam pengertian asli ini, istilah tersebut tidak mengandung konotasi untuk menyatukan kembali denominasi Kristen yang terpisah secara historis, namun menganggap satu kesatuan jemaat lokal dalam sebuah persekutuan di seluruh dunia. Mengikut tafsiran moden, ecumenism merujuk kepada gerakan yang mempromosikan penyatuan semua agama terutama antara agama-agama Kristian. Ecumenism juga dilihat sebagai satu DOKTRIN tentang gerakan ini untuk mempromosikan kerjasama dan pemahaman yang lebih baik antara berbagai denominasi yang berbeda; bertujuan untuk menuju kepada satu kesatuan Kristian yang umum. Jika dilihat perkembangan gerakan ini, ia merangkumi bukan saja agama-agama Kristian tetapi melibatkan agama-agama lain seperti Islam, Buddha dan Hindu. Daripada tafsiran ini, sungguh jelas bahawa ecumenism difahami pada zaman ini sebagai BUKAN untuk membawa umat lain [bukan Katolik] kembali ke jalan [agama] yang benar. Seolah-olah di dunia ini tidak wujud SATU agama yang benar ataupun semua agama dilihat sebagai semuanya benar.

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Bapak atas sumber bacaannya. Yang dapat saya tangkap, Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan.

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Yang dimaksudkan dengan “Gerakan Ekumenis” ialah: kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha, yang – menanggapi bermacam-macam kebutuhan Gereja dan berbagai situasi – diadakan dan ditujukan untuk mendukung kesatuan umat kristen; misalnya: pertama, semua daya-upaya untuk menghindari kata-kata, penilaian-penilaian serta tindakan-tindakan, yang ditinjau dari sudut keadilan dan kebenaran tidak cocok dengan situasi saudara-saudari yang terpisah, dan karena itu mempersukar hubungan-hubungan dengan mereka; kemudian, dalam pertemuan-pertemuan umat kristen dari berbagai Gereja atau Jemaat, yang diselenggarakan dalam suasana religius, “dialog” antara para pakar yang kaya informasi, yang memberi ruang kepada masing-masing peserta untuk secara lebih mendalam menguraikan ajaran persekutuannya, dan dengan jelas menyajikan corak-cirinya. Sebab melalui dialog itu semua peserta memperoleh pengertian yang lebih cermat tentang ajaran dan perihidup kedua persekutuan, serta penghargaan yang lebih sesuai dengan kenyataan. Begitu pula persekutuan-persekutuan itu menggalang kerja sama yang lebih luas lingkupnya dalam aneka usaha demi kesejahteraan umum menurut tuntutan setiap suara hati kristen; dan bila mungkin mereka bertemu dalam doa sehati sejiwa. Akhirnya mereka semua mengadakan pemeriksaan batin tentang kesetiaan mereka terhadap kehendak Kristus mengenai Gereja, dan sebagaimana harusnya menjalankan dengan tekun usaha pembaharuan dan perombakan.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal ini seperti sila pertama Pancasila, mengakui adanya Tuhan. Dibuat netral dan tidak mengarah pada agama apapaun supaya hidup rukun dan damai. Yang ditekankan pada paham ini adalah manusia yang mempunyai agama dan percaya akan Tuhan. Dalam penerapan di Indonesia pun bahwa yang ada dalam pancasila adalah agama untuk menciptakan kerukunan dan percaya kepada Tuhan yang maha Esa.

    ReplyDelete
  15. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik dan lebih dalam. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju satu kesatuan pemahaman dan terlihat teroganisir dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa macam bentuk.

    ReplyDelete
  16. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. saya tidak akan berkomentar banyak tentang paham ini karena terkait dengan agama di luar dari yang saya yakini. Namun, secara singkat (semoga tidak keliru), ecumenism adalah suatu paham yang menyangkut suatu gerakan dalam agam kristen untuk menyatukan setiap perbedaan dalam agama Kristen yang terdiri dari beranekaragam sekte. Boleh dikatakan bahwa paham tersebut adalah usaha pemurnian ajaran dalam satu kesatuan tunggal yaikni ajaran Kristen secara murni. Sekian

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ecumenism adalah suatu paham yang membuka diri pada kemunikasi lain, dan juga pengaruh tradisi dan peradaban yang lain. Kontak dan saling pengaruh antara peradaban memang sama sekali tak terhindarkan. Selain itu, ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang kristen dari berbagai tradisi gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Karena negara kita terdiri dari berbagai macam agama maka menuntut kita sebagai umat muslim untuk saling tenggang rasa dan memiliki sifat toleransi antar agama dan antar adat. Selain itu kita juga harus berusaha agar dapat membuat lingkungan yang madani dengan menghindari berbagai macam perselisihan dan pertengkaran antara umat beragama. Kita sebagai umat muslim meskipun tetap menanamkan sifat toleransi tetapi kita tidak lupa untuk selalu membentengi diri agar tidak jatuh di dalam kepercayaan lain dan tidak boleh mendiskriminasi bahwa agama lain salah, tetapi ingatlah perintah allah, “agamamu adalah ibadahmu dan agamaku adalah ibadahku.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat 2017

    Ecumenisme merujuk pada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik di antara mereka. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya untuk menyatukan berbagai kelompok Kristen dalam beberapa bentuk. Jadi menurut saya, ecumenisme merupakan usaha yang dilakukan oleh orang-orang Kristen untuk menyatukan pemahaman-pemahaman yang berbeda diantara mereka.

    ReplyDelete
  19. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Ekumenisme dalam pengertian yang luas merupakan inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, terutama antara agama-agama kristen. Ekumenisme ini juga dapat dilihat sebagai suatu doktrin tentang gerakan yang mempromosikan peningkatan kerjasama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau berbagai denominasi yang berbeda menuju kepada satu kesatuan kristian yang umum. Gerakan ini berkembang tidak hanya pada agama-agama Kristen saja, tetapi melibatkan agama-agama lain. Gerakan ini bukan untuk membawa umat lain ke agama yang satu.

    ReplyDelete
  20. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel menarik diatas. Disini saya mempelajari bahwa Ekumenisme adalah inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, yang merupakan aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Ekumenisme juga merujuk kepada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik di antara mereka sebagai bentuk upaya menyatukan berbagai kelompok kristen. Ini merupakan wawasan baru bagi saya, sehingga hikmah yang dapat diambil bagi saya pemeluk islam adalah meskipun islam terdiri dari berbagai aliran pemikiran dan organisasi yang bergerak juga bermacam-macam, kita pun juga harus mampu menyatukan pendapat dan pikiran karena sejatinya islam itu 1, hanya saja manusia saja lah yang membuat kini menjadi berkubu-kubu. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  21. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Ecumenism, suatu pengetahuan baru bagi saya. Menurut artikel wikipedia tersebut, ecumenism adalah sebuah gerakan yang menyuarakan penyatuan suatu jenis agama tertentu, yaitu upaya untuk menyatukan orang-orang kristen dari berbagai kelompok yang ada. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatan kerja sama dan pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Menurut saya, jika diperluas, penggunaan istilah ini bisa diartikan sebagai upaya penyatuan beberapa hal pada beberapa pihak yang masih masuk dalam suatu prinsip tertentu (misal: prinsip kedamaian dunia atau khususnya prinsip/agama yang mengakui adanya Tuhan yang Esa) untuk memperdalam pemahaman dan kerjasama antar pihak yang dilibatkan. Terlepas dari pro dan kontra terhadap pandangan ini, menurut saya memang perlu adanya rasa untuk saling memahami satu sama lain atau minimal mengerti satu sama lain dalam kehidupan, baik itu orang yang sepemahaman, maupun yang tidak sepaham dengan kita; baik itu kepada orang yang seagama, maupun orang diluar agama kita; untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis satu sama lain serta menghindari perilaku diskriminatif.

    ReplyDelete
  22. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam setiap peradaban atau lingkunga kebudayaan, atau lebih kecil lagi lingkungan tradisi tertentu, selalu akan kita jumpai dua kelompok yang saling bersebrangan contohnya kaum puritan dan kaum ekunisme. Kaum puritan yakni mereka yang hendak menjaga kemurnian tradisi dan peradaban. Kaum ekunisme yakni mereka yang membuka diri pada komunikasi dan juga pengaruh dari tradisi lain.

    ReplyDelete
  23. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Ecumenism adalah sebuah aliran atau pandangan terhadap sebuah gerakan kesatuan kelompok-kelompok agama kristen yang telah terpecah belah akibat dari sejarah atau doktrin tertentu. Gerakan kesatuan atau ecumenism dapat dikatakan sebagai upaya untuk menyatukan pemahaman atau keaslian dari pemahaman terhadap agama kristen yang dilakukan oleh orang-orang gereja.

    ReplyDelete
  24. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Tujuan gerakan Ecumenism yang yaitu menciptakan kekuatan Gereja. Gerakan ini resminya dirintis oleh sekelompok pemimpin gereja-gereja aliran Protestan, yang kemudian pada dunia barat terwujud dalam bentuk dewan gereja-gereja sedunia. Melalui gerakan ini, diharapkan seluruh umat Kristen di dunia dapat bekerja sama dan saling mendukung.

    ReplyDelete
  25. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ekumenisme merupakan usaha atau inisiatif untuk membangun hubungan dan kesatuan Gereja. Ekumenisme juga merupakan suatu inisiatif untuk mengikrarkan keesaan Tuhan di seluruh dunia. ekumenisme memiliki tujuan peningkatan kerja sama dan smembangun pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  26. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan di dalam agama. Istilah ecumenism pada sejarahnya, merupakan istilah yang digunakan untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen yang terpecah-pecah. Ecumenism berusaha mempersatukan aliran-aliran tersebut sehingga dapat mencapai kesatuan. Menurut saya gerakan ini akan memunculkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain dalam satu keyakinan meskipun berbeda aliran. Gerakan ini juga menghindari adanya perselisihan dan konflik antar aliran di dalam agama. Selanjutnya apabila maknanya diperluas hal yang dapat saya pelajari adalah bahwa hidup di dunia ini harus senantiasa saling menghargai antar umat beragama lain apalagi seagama meskipun berbeda aliran.

    ReplyDelete
  27. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan di dalam agama. Istilah ecumenism pada sejarahnya, merupakan istilah yang digunakan untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen yang terpecah-pecah. Ecumenism berusaha mempersatukan aliran-aliran tersebut sehingga dapat mencapai kesatuan. Menurut saya gerakan ini akan memunculkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain dalam satu keyakinan meskipun berbeda aliran. Gerakan ini juga menghindari adanya perselisihan dan konflik antar aliran di dalam agama. Selanjutnya apabila maknanya diperluas hal yang dapat saya pelajari adalah bahwa hidup di dunia ini harus senantiasa saling menghargai antar umat beragama lain apalagi seagama meskipun berbeda aliran.

    ReplyDelete
  28. Terimakasih atas sharing ilmunya dan alamat webnya bapak, sebenarnya saya baru mengetahui istilah pada blog ini tentang “ecumenism”. Jika berdasarkan sumber diatas bahwa ecumenicm adalah gerakan persatuan dalam agama, yang sejarahnya berasal dari agama Kristen yang terpecah, dan berusaha untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen. Maka hikma yang dapat kita ambil bahwasanya sebagai seorang manusia kita harus selalu menegakkan persatuan walaupun kita memiliki keyakinan yang berbeda, karena masalah amalan itu tergantung pada Tuhan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  29. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa Ecumenism adalah usaha dalam menambah keeratan hubungan serta pengertian antara umat dalam satu agama, dalam hal ini umat Kristiani. Jika disandingkan dengan paham Schism yang berusaha memisahkan atau memecah-belah pemeluk satu agama, maka Ecumenism adalah oposit dari Schism.

    ReplyDelete
  30. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut sumber yang saya baca bahwa ekumenism merupakan paham yang memiliki tujuan ingin mempersatukan agama kristen yang selama ini terpisahkan karena adanya doktrin-doktrin yang berbeda. Ekumenism ini memiliki suatu misi untuk menyatukan gereja-gereja. Sejujurnya saya khawati mencoba komen akan paham ekumenism ini karena berkaitan dengan agama dan tempat ibadah agama lain yang tidak begitu saya pahami, sehingga khawati menimbulkan salah persepsi dan menimbulkan kontroversi.

    ReplyDelete
  31. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kata Ekumenisme (oikoumenisme, oikumenisme) berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Sehingga oikoumene dapat diartikan sebagai "rumah yang ditinggali". Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuannya adalah adanya denominasi di dalam suatu agama yang sama. Tujuannya agar saling memahami dan meningkatkan kerja sama antar kelompok-kelompok agama.

    ReplyDelete
  32. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Ecumanism jika dihubungkan dengan filsafat, maka hal ini akan memberikan atau mendorong seseorang untuk melakukan hermeneutika hidup dimana awalnya mereka terpecah belah namun mereka akhirnya bersifat toleran karena mereka mengerti bahwa hermeneutika hidup itu penting untuk memberikan kehidupan yang nyaman dan lebih baik.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  33. Junianto
    PM C

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan dalam agama. Gerakan ini bisa menyatukan agama-agama dalam arti demi kerukunan beragama bukan berarti persatuan dalam hal prinsip. Gerakan ini diharapkan bisa memupuk rasa toleransi antar pemeluk agama. Jika gerakan ini bisa terealisasi di Inonesia tentu perpecahan dan adu domba antar agama yang terjadi saat ini bisa diminimalisir.

    ReplyDelete
  34. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih Prof. Marsigit atas referensi yang diberikan, semoga dapat menambah pengetahuan saya. Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), dari asal katanya ekumenisme berarti rumah yang ditinggali. Ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Secara umum gerakan ini merujuk pada suatu gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama yang paling hakiki, yakni memanusiakan manusia. Sehingga paham ini tentunya tidak lepas dari hubungan antar agama. Ekumenisme digunakan oleh agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  35. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah ecumenism berasal dari bahasa Yunani (oikoumene) yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni". Ecumenism mengacu pada usaha atau upaya menuju kesatuan dalam rangka mengembangkan hubungan yang lebih dekat antar sesama pemeluk agama yang dalam hal ini adalah umat Kristiani. Dimana tujuan spesifik dari usaha itu adalah untuk membentuk kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  36. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ecumenism merupakan paham yang mendukung adanya kerjasama diantara beberapa perbedaan kepercayaan. Kaum ekumenis sangat membuka dirinya terhadap lingkungan sekitar dan menganggap komunikasi antar sesama itu penting. Selain itu, pengaruh dari tradisi dan peradaban lain tak bisa terhindarkan. Karena selalu membuka diri pada kritik dan kontra maka kaum ekumenis mempunyai watak yang terbuka dan banyak mendapat pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  37. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya tidak familiar dengan kata tersebut. Namun, berdasarkan sumber yang saya baca https://www.britannica.com/topic/ecumenism
    Ekumenisme merupakan gerakan atau kecenderungan menuju persatuan Kristen di seluruh dunia atau kerja sama. Pada baru-baru ini, istilah ini menekankan pada apa yang dipandang sebagai universalitas gereja-gereja Kristen.

    ReplyDelete
  38. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Ekumenisme menganggap bahwa hanya ada satu gereja untuk mempersatukan umat kristiani. Kristen terpecah-pecah karena doktrin, sejarah dan juga praktik, karena inilah ekumenisme merupakan sebuah gerakan untuk menyatukan seluruh umat kristiani untuk bekerja sama. Secara umum tujuan ekumenisme adalah meningkatkan kerja sama dan saling memahami yang lebih baik antar kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimaksih pak dan teman-teman yang telah memberikan gambaran mengenai Ecumenism yang sebelumnya belum pernah saya mendengar atau mengetahui tentang Ecumenism itu sendiri. Dari link dan komen-komen teman-teman teman di atas, ternyata Ecumenism merupakan suatu paham yang memiliki tujuan mempersatukan agama yang terpisah-pisah. Jika menyinggung mengenai agama artinya sama dengan membahas mengenai keyakinan. Keyakinan seseorang mungkin berbeda-beda, begitupula dengan agama. Namun, meskipun beragam tujuan utama dari beragama yaitu menuju ke pada yang satu yang memiliki ke absolutan yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  40. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ekumenisme memiliki arti luas yaitu suatu inisiatif agamauntuk menuju keesaan diseluruh dunia. Memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama dan saling memahami antar kelompok agama. Paham ini dikenalkan oleh kaum Kristiani dengan merujuk pada suatu gerakan untuk menuju persatuan dan kesatuan denominasi Kristen yang terpecah. Dalam sistem demokrasi di Indonesia seperti halnya yang tertuang dalam Pancasila sila petama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengakui Tuhan yang Esa yang bersifat universal dan netral serta tidak mengarah pada salah satu agama tertentu agar hidup bermasyarakat dengan damai dan tentram.

    ReplyDelete
  41. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani (oikoumene), yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni". Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah kesatuan yang utuh dan utuh. Maka sebenarnya tidak hanya orang Kristen dan gereja saja yang harus bekerja sama. Kita semua sebagai masyarakat Indonesia juga harus saling bekerja sama agar tercipta kesatuan. Meskipun kita memiliki berbagai budaya yang beragam kita harus tetap menjunjung tingki persatuan.

    ReplyDelete
  42. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Ekuminisme adalah pahaam yang menganggap dunia sebagai tempat tinggal yang didiami. Yang pada jaman dahulu paham ini untuk mempersatukan suatu umat yang terpecah. Tetapi pada jaman sekarang, jika dilihat pengertian tentang ekuimenism kita dapat mengambil hikmah bahwa memang dunia ini sebagai tempat tinggal, dan setiap manusia ingin hidup dengan damai, maka dalam menjalani kehidupan, diperlukan saling hormat-menghormati karena dunia ini sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, kita sebaiknya saling memahami antar kelompok akan menciptakan kerukunan dan perdamaian

    ReplyDelete
  43. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ekumenisme erat kaitannya dengan ruang lingkup kajian umat Kristiani. Ekumenisme adalah salah satu bentuk reaksi atau upaya dari sekelompok orang untuk mempersatukan kembali kelompok-kelompk yang berselisih paham demi mewujudkan kedamaian dunia. Maka sebenarnya dari pandangan Ekumenisme dapat ditarik suatu tujuan yaitu menciptakan bumi sebagai temapt tinggal manusia yang dalam keadaan damai tanpa adanya perselisihan keyakinan terutama di bidang agama dan kepercayaan.

    ReplyDelete
  44. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Ekumenisme adalah suatu inisiatif yang bertujuan untuk kesatuan Kristen yang lebih besar. Artinya harus ada gereja tunggal dalam Kristen diantara banyaknya gereja-gereja yang terpisah agar bisa menyatu atau bersatu. Ekumenisme merupakan tanggung jawab setiap umat Kristen untuk melakukan pembaharuan gereja, pertobatan hati, doa bersama, saling mengenai sebagai saudara, menguraikan ajaran iman, serta bekerjasama dengan saudara-saudara yang terpisah.

    ReplyDelete
  45. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Encyclopedia Britannica, ekumenisme adalah gerakan atau kecenderungan kesatuan Kristen di seluruh dunia atau kerja sama. Istilah, asal baru-baru ini, menekankan apa yang dipandang sebagai universalitas gereja-gereja Kristen. Kata ekumene berasal dari kata Yunani oikumene ("dunia yang dihuni") dan oikos ("rumah") dan dapat ditelusuri dari perintah, janji-janji, dan doa dari Tuhan.

    ReplyDelete
  46. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dalam KBBI, ekumenisme diaritkan sebagai kata benda yang berarti usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh semua orang yang beriman Kristen. Dari referensi diatas saya mendapatkan bahwa ekumenisme adalah gerakan interdenominasi yang bertujuan untuk mewujudkan kerjasama yang lebih baik di antara gereja-gereja kristen. Ekumenisme menganggap bahwa harus ada struktur gereja tunggal untuk berbagi seperangkat keyakinan.

    ReplyDelete
  47. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Ekumenisme adalah keyakinan folosofis tentang upaya unutk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan untuk mendorong kerja sama yang lebih besar antar masyarakat.

    ReplyDelete
  48. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai denominasi Kristen dalam beberapa bentuk. Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah suatu kesatuan yang utuh. ekumenisme dapat dipandang sebagai usaha untuk mengembangkan hubungan demi mencapai suatu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  49. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari apa yang coba saya pahami, Ekumenisme merupakan aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan, sehingga mereka melakukan gerakan persatuan dalam beragama. Dalam hal ini bukan berarti menyatukan setiap agama menjadi satu prinsip atau keyakinan, namun lebih kepada gerakan untuk menyatukan kerukunan antar umat beragama sehingga terjalin kerukunan dalam bermasyarakat. Hal Ini sebagaimana tertuang dalam sila pertama Pancasila, yaitu 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Indonesia adalah negara penuh keragaman, baik suku, bahasa, budaya, hingga agama. Para pendiri bangsa memiliki gagasan yang luhur untuk dapat menyatukan antar umat beragama di Indonesia dengan membangun bangsa dengan berlandaskan ketuhanan, tanpa memihak salah satu agama. Tujuannya tentu agar terjalin kebersamaan dan kerukunan antar keberagaman agama.

    ReplyDelete
  50. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Ekuminisme berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Oikoumene berarti rumah yang ditinggali. Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia dengan tujuan peningkatan kerjasama dan saling memahami antar kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Dalam praktiknya ekumenisme merupakan suatu bentuk persatuan umat agama yang ingin bekerjasama untuk tujuan yang baik. Saat ini banyak sekali perkumpulan-perkumpulan agama yang memiliki visi dan misi yakni untuk bersama-sama mengkaji Al Quran dan ajaran agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Bahkan di kalangan civitas akademika seperti UNY ini banyak sekali perkumpulan-perkumpulan mahasiswa yang berlatarbelakangnya agama untuk bersatu menyamakan visi dan misi, mengkaji kitab dan ajaran agama secara bersama-sama untuk menuju keesaan yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  51. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ekumenism merupakan upaya orang-orang Kristen dari berbagai tradisi gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan tradisi gereja. Dengan ekumenism maka akan terjadi saling pemahaman antar tradisi dan hubungan akan semakin erat dalam suatu agama atau kelompok keagamaan. Hampir semua agama pasti ada perbedaan-perbedaan dalam hal tradisi, namun hal tersebut harus disikapi dengan rasa saing menghormati dan menghargai, yang terpenting adalah semangat persatuannya.

    ReplyDelete
  52. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam perbedaan, sering kali muncul keinginan untuk menyamakannya agar tidak adalagi perbedaan. Hal ini lumrah terjadi karena menjadi sama sering kali membuat nyaman seseorang. Namun dalam hal menyamkan kepercayaan, sesuatu yang fundamental dalam hidup seseorang tentu tidaklah mudah. Usaha inilah yang perlu dihargai. Jika tidak sesuai tujuannya, tidak mulia niatnya, maka akan sulit terjadiny penyatuan sebuah hubungan yang berbeda, apalagi jika yang berkaitan dengan agama.

    ReplyDelete
  53. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Istilah Ecumenism memang diistilahkan sebagai usaha orang orang kristen di berbagai gereja untuk mengembambangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Namun, dilihat dari makna dan arti ecunism , kegiatan seperti ini lumrah dilakukan diberbagai internal agama untuk menciptakan dan mempererat tali persaudaraan dan kesatuan. Oleh karena itu, penting juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. Terima Kasih

    ReplyDelete