Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

33 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Ekumenisme adalah inisiatif interdenominasi yang bertujuan untuk kerjasama yang lebih besar antara berbagai agama. Ini terutama mengacu pada sekte Kristen yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  2. Ekumenisme mengacu pada upaya oleh orang-orang Kristen dari gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang sama. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan visi dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Gereja mempunyai perbedaan yang mencolok, dengan pemahaman masing-masing. Ekumenisme berusaha untuk mencari persamaan-persamaan agar gereja-gereja lebih dekat dan terjadi persatuan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari Yunani yaitu οἰκουμένη (oikoumene), yang berarti "seluruh dihuni dunia", dan secara historis digunakan sebagai referensi khusus untuk Kekaisaran Romawi. Visi ekumenis terdiri mencari kesatuan Gereja dan "seluruh menghuni bumi",sebagai kepedulian dari semua orang Kristen. Jadi ekumenisme mengacu pada upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Ecumenism merupakan inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia dengan tujuan peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ecumenism adalah mengacu upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk Upaya ke arah persatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktrin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Ekumenisme (kadang-kadang dieja oikoumenisme, oikumenisme) berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan (dan oleh) agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ecumenism adalah cara pandang inisiatif keagamaan di seluruh dunia dengan tujuan meningkatkan kerja sama dan kesepahaman di antara sekelompok golongan agama yang sama.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ethology berasal dari kata ethos yang berarti karakter dan logos yang berarti ilmu. Ethology merupakan studi keilmuwan yang mempelajari tentang karakter/perilaku khususnya hewan. Mengetahui karakter hewan merupakan hal terpenting, karena dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan itu tepat waktu, tepat guna, tepat cara, dan tepat sasaran. Misalnya, dalam perlombaan burung diperlukan setingan dan perawatan yang cukup memadai agar dalam kontes bisa koncer. Memahami perilaku memang tidak mudah, perlu proses, dan banyak berexperiment hingga menemukan setingan yang pas. Yang diperlukan ialah ikhlas, sabar, telaten dengan apa yang diusahakannya dan yakin bahwa tiada usaha yang mengkhianati hasil (positive thinking).

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ecumenism adalah usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh dimana tujuannya yaitu untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik. Mereka menjalankan sutau gerakan untuk mewujudkan sebuah nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang sumbernya berasal dari fokusnya tradisi agama

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai gereja Kristen dalam beberapa bentuk. Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah kesatuan yang utuh dan utuh. Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani ( oikoumene ), yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni", dan secara historis digunakan dengan referensi khusus ke Kekaisaran Romawi .

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Gerakan ekumenis di Indonesia keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari gerakan antar agama. Ekumenisme sendiri sebenarnya bisa dimaknai sebagai gerakan yang menyertakan dan memasukkan unsur-unsur yang ada dalam masyarakat demi mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik. Ekumenisme, dalam bahasa yang lain, adalah suatu gerakan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama yang paling hakiki, yakni memanusiakan manusia. Itulah sebabnya ia tidak bisa mengabaikan hubungan antar agama.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (rumah) dan menein (tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan (dan oleh) agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (rumah) dan menein (tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber di atas, dapat kita ketahui bahwa ecumenism atau ekumenisme adalah gerakan atau upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Dalam konteks ini, ekumenisme adalah gagasan persatuan umat Kristen dalam arti literal bahwa harus ada gereja tunggal. Ekumenisme adalah terpisah dan berbeda dari agama Kristen Nondenominational. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ekumenisme mengacu pada usaha orang – orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini sering digunakan untuk pemersatu dari berbagai gereja Kristen dalam beberapa bentuk. Hal ini dapat mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka dan menganggap satu kesatuan jemaat lokal dalam sebuah persekutuan di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Hal ini berusaha untuk mencari hal-hal yang menjadi persamaan agar bisa tercipta persatuan bukan perpecahan.

    ReplyDelete
  19. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal tersebut sama halnya dengan sila pertama Pancasila, yaitu 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Di Indonesia, agama yang diakui negara adalah Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghuchu. Pada zaman kemerdekaan, dalam pembuatan Pancasila, guna menghindari perpecahan rakyat Indonesia karena perbedaan agama, dibuatlah sila pertama yang dianggap lebih netral tanpa memihak salah satu agama. Karena berapapun jenis agama di dunia ini, hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Ecumenism adalah suatau paham yang dianut oleh kritiani, Ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai gereja Kristen dalam beberapa bentuk.Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah kesatuan yang utuh dan utuh

    ReplyDelete
  21. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan. Agama agama yang dipersatukan antara lain. Kaum ekumenis adalah mereka yang membuka diri pada komunikasi lain,dan juga pengaruh dari tradisi dan peradaban yang lain. Kontak dan saling pengaruh antar peradaban memang sama sekali tak terhindarkan. Hampir mustahil membayangkan suatu peradaban yang “murni” secara total, serta terisolasi sama sekali dari pengaruh-pengaruh di sekitarnya.

    ReplyDelete
  22. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ekumenisme ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perdebatan antara kelompok orang yang memiliki paham berbeda, serta diharapkan dapat meningkatkan sikap toleran antar umat beragama. ekumenism merupakan suatu paham dalam filsafat yang salah satu tujuanya adalah meningkatkan kerja sama dan saling toleransi antara kelompok umat beragama. dari sisi pandang islam, bahwa tuhan menghendaki umatnya beragama, karena sesungguhnya keragaman atau perbedaan yang ada merupakan bagian dari sunnatallah. hal ini terbukti dengan diberikannya pilihan-pilihan oleh Allah SWT untuk hambanya apakah akan beriman atau tidak, dijelaskan dalam QS. Al-kafirun 6 : bagimu agamamu dan bagiku agamaku

    ReplyDelete
  23. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Melalui ekumenisme ini para antar-iman berusaha untuk menciptakan saling menghormati, toleransi, dan kerja sama di antara agama-agama besar di dunia. Dalam pengertian ini, ekumenisme dapat disebut sebagai pluralisme agama-agama, yang berbeda dengan ekumenisme di dalam satu agama itu sendiri.

    ReplyDelete
  24. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ekumenisme merupakan gagasan dari persatuan umat Kristen. Dalam arti literal bahwa harus ada Gereja tunggal. Ekumenis memiliki visi yaitu mencari kesatuan Gereja dan "seluruh bumi yang berpenduduk" sebagai kepedulian dari semua orang Kristen. Sehingga dapat dikatakan bahwa ekumenisme merupakan suatu gerakan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama, yakni memanusiakan manusia.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “oikos” (=rumah) dan kata “menein” (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Secara luas, ekumenisme diartikan sebagai inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Ekumenisme sebagai dialog antar-iman antara wakil-wakil berbagai agama, tidak dimaksudkan untuk mempersatukan para penganutnya ke dalam suatu kesatuan organis yang penuh satu sama lainnya, melainkan sekadar untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik. Gerakan ini mempromosikan toleransi, saling menghargai, dan kerja sama, baik di antara denominasi-denomiasi Kristen, atau antara agama Kristen dengan agama-agama lainnya. Alternatifnya, ekumenisme dapat bertujuan untuk mempertemukan semua orang yang mengaku beriman Kristen ke dalam suatu organisasi yang kelihatan, misalnya, melalui kesatuan dengan Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur.

    ReplyDelete
  26. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani (oikoumene), yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni", dan secara historis digunakan dengan referensi khusus ke Kekaisaran Romawi. Visi ekumenis terdiri dari pencarian untuk kesatuan Gereja yang tampak (Efesus 4: 3) dan "seluruh bumi yang dihuni" (Matius 24:14) sebagai perhatian semua orang Kristen. Dalam kekristenan, ekumenis kualifikasi pada awalnya (dan masih) digunakan dalam istilah seperti "dewan ekumenis" dan "Patriark Ekumenis" dalam arti berkaitan dengan totalitas Gereja yang lebih besar (seperti Gereja Katolik atau Gereja Orthodok) daripada Dibatasi pada salah satu gereja lokal atau keuskupannya. Digunakan dalam pengertian asli ini, istilah tersebut tidak mengandung konotasi untuk menyatukan kembali denominasi Kristen yang terpisah secara historis, namun menganggap satu kesatuan jemaat lokal dalam sebuah persekutuan di seluruh dunia. Mengikut tafsiran moden, ecumenism merujuk kepada gerakan yang mempromosikan penyatuan semua agama terutama antara agama-agama Kristian. Ecumenism juga dilihat sebagai satu DOKTRIN tentang gerakan ini untuk mempromosikan kerjasama dan pemahaman yang lebih baik antara berbagai denominasi yang berbeda; bertujuan untuk menuju kepada satu kesatuan Kristian yang umum. Jika dilihat perkembangan gerakan ini, ia merangkumi bukan saja agama-agama Kristian tetapi melibatkan agama-agama lain seperti Islam, Buddha dan Hindu. Daripada tafsiran ini, sungguh jelas bahawa ecumenism difahami pada zaman ini sebagai BUKAN untuk membawa umat lain [bukan Katolik] kembali ke jalan [agama] yang benar. Seolah-olah di dunia ini tidak wujud SATU agama yang benar ataupun semua agama dilihat sebagai semuanya benar.

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Bapak atas sumber bacaannya. Yang dapat saya tangkap, Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan.

    ReplyDelete
  28. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ekumenisme pada awalnya adalah inisiatif interdenominasi sebagai tujuan kerjasama yang lebih besar di antara gereja-gereja Kristen. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Perbedaan keyakinan atau agama ditemui di negara kita sendiri, Indonesia yang mengakui beberapa agama yakni Islam, Kristen, Hindu, dan Budha. Ekumenisme bertujuan untuk menigkatkan toleransi antar umat beragama tersebut.

    ReplyDelete
  29. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih Prof atas share informasi yang diberikan, mungkin saya menambahkan tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan agama salah satunya agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Ekumenisme adalah parameter lain agama satu dunia. Meyakini bahwa orang lain atau yang disebut “nabi” adalah juru selamat, menghancurkan agama-agama. Beberapa pihak percaya New Ageism akan menjadi agama satu dunia, sedangkan yang lainnya berpikir pemanasan global akan menjadi himne. Satu aspek rencana mereka adalah wahyu buatan.

    ReplyDelete
  31. Ecumenism merupakan lawan dari Schism. Ecumenism atau ekumenisme adalah gerakan atau upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Ecumenisme mencari persamaan-persamaan yang dapat menyatukan. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Dalam konteks ini, ekumenisme adalah gagasan persatuan umat Kristen dalam arti literal bahwa harus ada gereja tunggal. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama yang sama.

    ReplyDelete
  32. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ecumenism merupakan paham yang mendukung adanya kerjasama diantara beberapa perbedaan kepercayaan. Kaum ekumenis sangat membuka dirinya terhadap lingkungan sekitar dan menganggap komunikasi antar sesama itu penting. Karena selalu membuka diri pada kritik dan kontra maka kaum ekumenis mempunyai watak yang terbuka dan banyak mendapat pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  33. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Yang dimaksudkan dengan “Gerakan Ekumenis” ialah: kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha, yang – menanggapi bermacam-macam kebutuhan Gereja dan berbagai situasi – diadakan dan ditujukan untuk mendukung kesatuan umat kristen; misalnya: pertama, semua daya-upaya untuk menghindari kata-kata, penilaian-penilaian serta tindakan-tindakan, yang ditinjau dari sudut keadilan dan kebenaran tidak cocok dengan situasi saudara-saudari yang terpisah, dan karena itu mempersukar hubungan-hubungan dengan mereka; kemudian, dalam pertemuan-pertemuan umat kristen dari berbagai Gereja atau Jemaat, yang diselenggarakan dalam suasana religius, “dialog” antara para pakar yang kaya informasi, yang memberi ruang kepada masing-masing peserta untuk secara lebih mendalam menguraikan ajaran persekutuannya, dan dengan jelas menyajikan corak-cirinya. Sebab melalui dialog itu semua peserta memperoleh pengertian yang lebih cermat tentang ajaran dan perihidup kedua persekutuan, serta penghargaan yang lebih sesuai dengan kenyataan. Begitu pula persekutuan-persekutuan itu menggalang kerja sama yang lebih luas lingkupnya dalam aneka usaha demi kesejahteraan umum menurut tuntutan setiap suara hati kristen; dan bila mungkin mereka bertemu dalam doa sehati sejiwa. Akhirnya mereka semua mengadakan pemeriksaan batin tentang kesetiaan mereka terhadap kehendak Kristus mengenai Gereja, dan sebagaimana harusnya menjalankan dengan tekun usaha pembaharuan dan perombakan.

    ReplyDelete