Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Yang dimaksudkan dengan “Gerakan Ekumenis” ialah: kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha, yang – menanggapi bermacam-macam kebutuhan Gereja dan berbagai situasi – diadakan dan ditujukan untuk mendukung kesatuan umat kristen; misalnya: pertama, semua daya-upaya untuk menghindari kata-kata, penilaian-penilaian serta tindakan-tindakan, yang ditinjau dari sudut keadilan dan kebenaran tidak cocok dengan situasi saudara-saudari yang terpisah, dan karena itu mempersukar hubungan-hubungan dengan mereka; kemudian, dalam pertemuan-pertemuan umat kristen dari berbagai Gereja atau Jemaat, yang diselenggarakan dalam suasana religius, “dialog” antara para pakar yang kaya informasi, yang memberi ruang kepada masing-masing peserta untuk secara lebih mendalam menguraikan ajaran persekutuannya, dan dengan jelas menyajikan corak-cirinya. Sebab melalui dialog itu semua peserta memperoleh pengertian yang lebih cermat tentang ajaran dan perihidup kedua persekutuan, serta penghargaan yang lebih sesuai dengan kenyataan. Begitu pula persekutuan-persekutuan itu menggalang kerja sama yang lebih luas lingkupnya dalam aneka usaha demi kesejahteraan umum menurut tuntutan setiap suara hati kristen; dan bila mungkin mereka bertemu dalam doa sehati sejiwa. Akhirnya mereka semua mengadakan pemeriksaan batin tentang kesetiaan mereka terhadap kehendak Kristus mengenai Gereja, dan sebagaimana harusnya menjalankan dengan tekun usaha pembaharuan dan perombakan.

    ReplyDelete
  2. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal ini seperti sila pertama Pancasila, mengakui adanya Tuhan. Dibuat netral dan tidak mengarah pada agama apapaun supaya hidup rukun dan damai. Yang ditekankan pada paham ini adalah manusia yang mempunyai agama dan percaya akan Tuhan. Dalam penerapan di Indonesia pun bahwa yang ada dalam pancasila adalah agama untuk menciptakan kerukunan dan percaya kepada Tuhan yang maha Esa.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik dan lebih dalam. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju satu kesatuan pemahaman dan terlihat teroganisir dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa macam bentuk.

    ReplyDelete
  4. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. saya tidak akan berkomentar banyak tentang paham ini karena terkait dengan agama di luar dari yang saya yakini. Namun, secara singkat (semoga tidak keliru), ecumenism adalah suatu paham yang menyangkut suatu gerakan dalam agam kristen untuk menyatukan setiap perbedaan dalam agama Kristen yang terdiri dari beranekaragam sekte. Boleh dikatakan bahwa paham tersebut adalah usaha pemurnian ajaran dalam satu kesatuan tunggal yaikni ajaran Kristen secara murni. Sekian

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ecumenism adalah suatu paham yang membuka diri pada kemunikasi lain, dan juga pengaruh tradisi dan peradaban yang lain. Kontak dan saling pengaruh antara peradaban memang sama sekali tak terhindarkan. Selain itu, ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang kristen dari berbagai tradisi gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Karena negara kita terdiri dari berbagai macam agama maka menuntut kita sebagai umat muslim untuk saling tenggang rasa dan memiliki sifat toleransi antar agama dan antar adat. Selain itu kita juga harus berusaha agar dapat membuat lingkungan yang madani dengan menghindari berbagai macam perselisihan dan pertengkaran antara umat beragama. Kita sebagai umat muslim meskipun tetap menanamkan sifat toleransi tetapi kita tidak lupa untuk selalu membentengi diri agar tidak jatuh di dalam kepercayaan lain dan tidak boleh mendiskriminasi bahwa agama lain salah, tetapi ingatlah perintah allah, “agamamu adalah ibadahmu dan agamaku adalah ibadahku.

    ReplyDelete
  6. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat 2017

    Ecumenisme merujuk pada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik di antara mereka. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya untuk menyatukan berbagai kelompok Kristen dalam beberapa bentuk. Jadi menurut saya, ecumenisme merupakan usaha yang dilakukan oleh orang-orang Kristen untuk menyatukan pemahaman-pemahaman yang berbeda diantara mereka.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Ekumenisme dalam pengertian yang luas merupakan inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, terutama antara agama-agama kristen. Ekumenisme ini juga dapat dilihat sebagai suatu doktrin tentang gerakan yang mempromosikan peningkatan kerjasama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau berbagai denominasi yang berbeda menuju kepada satu kesatuan kristian yang umum. Gerakan ini berkembang tidak hanya pada agama-agama Kristen saja, tetapi melibatkan agama-agama lain. Gerakan ini bukan untuk membawa umat lain ke agama yang satu.

    ReplyDelete
  8. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel menarik diatas. Disini saya mempelajari bahwa Ekumenisme adalah inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, yang merupakan aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Ekumenisme juga merujuk kepada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik di antara mereka sebagai bentuk upaya menyatukan berbagai kelompok kristen. Ini merupakan wawasan baru bagi saya, sehingga hikmah yang dapat diambil bagi saya pemeluk islam adalah meskipun islam terdiri dari berbagai aliran pemikiran dan organisasi yang bergerak juga bermacam-macam, kita pun juga harus mampu menyatukan pendapat dan pikiran karena sejatinya islam itu 1, hanya saja manusia saja lah yang membuat kini menjadi berkubu-kubu. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  9. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Ecumenism, suatu pengetahuan baru bagi saya. Menurut artikel wikipedia tersebut, ecumenism adalah sebuah gerakan yang menyuarakan penyatuan suatu jenis agama tertentu, yaitu upaya untuk menyatukan orang-orang kristen dari berbagai kelompok yang ada. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatan kerja sama dan pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Menurut saya, jika diperluas, penggunaan istilah ini bisa diartikan sebagai upaya penyatuan beberapa hal pada beberapa pihak yang masih masuk dalam suatu prinsip tertentu (misal: prinsip kedamaian dunia atau khususnya prinsip/agama yang mengakui adanya Tuhan yang Esa) untuk memperdalam pemahaman dan kerjasama antar pihak yang dilibatkan. Terlepas dari pro dan kontra terhadap pandangan ini, menurut saya memang perlu adanya rasa untuk saling memahami satu sama lain atau minimal mengerti satu sama lain dalam kehidupan, baik itu orang yang sepemahaman, maupun yang tidak sepaham dengan kita; baik itu kepada orang yang seagama, maupun orang diluar agama kita; untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis satu sama lain serta menghindari perilaku diskriminatif.

    ReplyDelete