Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ekumenisme merupakan usaha atau inisiatif untuk membangun hubungan dan kesatuan Gereja. Ekumenisme juga merupakan suatu inisiatif untuk mengikrarkan keesaan Tuhan di seluruh dunia. ekumenisme memiliki tujuan peningkatan kerja sama dan smembangun pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan di dalam agama. Istilah ecumenism pada sejarahnya, merupakan istilah yang digunakan untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen yang terpecah-pecah. Ecumenism berusaha mempersatukan aliran-aliran tersebut sehingga dapat mencapai kesatuan. Menurut saya gerakan ini akan memunculkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain dalam satu keyakinan meskipun berbeda aliran. Gerakan ini juga menghindari adanya perselisihan dan konflik antar aliran di dalam agama. Selanjutnya apabila maknanya diperluas hal yang dapat saya pelajari adalah bahwa hidup di dunia ini harus senantiasa saling menghargai antar umat beragama lain apalagi seagama meskipun berbeda aliran.

    ReplyDelete
  3. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan di dalam agama. Istilah ecumenism pada sejarahnya, merupakan istilah yang digunakan untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen yang terpecah-pecah. Ecumenism berusaha mempersatukan aliran-aliran tersebut sehingga dapat mencapai kesatuan. Menurut saya gerakan ini akan memunculkan sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain dalam satu keyakinan meskipun berbeda aliran. Gerakan ini juga menghindari adanya perselisihan dan konflik antar aliran di dalam agama. Selanjutnya apabila maknanya diperluas hal yang dapat saya pelajari adalah bahwa hidup di dunia ini harus senantiasa saling menghargai antar umat beragama lain apalagi seagama meskipun berbeda aliran.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas sharing ilmunya dan alamat webnya bapak, sebenarnya saya baru mengetahui istilah pada blog ini tentang “ecumenism”. Jika berdasarkan sumber diatas bahwa ecumenicm adalah gerakan persatuan dalam agama, yang sejarahnya berasal dari agama Kristen yang terpecah, dan berusaha untuk mempersatukan aliran-aliran agama Kristen. Maka hikma yang dapat kita ambil bahwasanya sebagai seorang manusia kita harus selalu menegakkan persatuan walaupun kita memiliki keyakinan yang berbeda, karena masalah amalan itu tergantung pada Tuhan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  5. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa Ecumenism adalah usaha dalam menambah keeratan hubungan serta pengertian antara umat dalam satu agama, dalam hal ini umat Kristiani. Jika disandingkan dengan paham Schism yang berusaha memisahkan atau memecah-belah pemeluk satu agama, maka Ecumenism adalah oposit dari Schism.

    ReplyDelete
  6. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut sumber yang saya baca bahwa ekumenism merupakan paham yang memiliki tujuan ingin mempersatukan agama kristen yang selama ini terpisahkan karena adanya doktrin-doktrin yang berbeda. Ekumenism ini memiliki suatu misi untuk menyatukan gereja-gereja. Sejujurnya saya khawati mencoba komen akan paham ekumenism ini karena berkaitan dengan agama dan tempat ibadah agama lain yang tidak begitu saya pahami, sehingga khawati menimbulkan salah persepsi dan menimbulkan kontroversi.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kata Ekumenisme (oikoumenisme, oikumenisme) berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Sehingga oikoumene dapat diartikan sebagai "rumah yang ditinggali". Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuannya adalah adanya denominasi di dalam suatu agama yang sama. Tujuannya agar saling memahami dan meningkatkan kerja sama antar kelompok-kelompok agama.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Ecumanism jika dihubungkan dengan filsafat, maka hal ini akan memberikan atau mendorong seseorang untuk melakukan hermeneutika hidup dimana awalnya mereka terpecah belah namun mereka akhirnya bersifat toleran karena mereka mengerti bahwa hermeneutika hidup itu penting untuk memberikan kehidupan yang nyaman dan lebih baik.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C

    Ecumenism merupakan gerakan persatuan dalam agama. Gerakan ini bisa menyatukan agama-agama dalam arti demi kerukunan beragama bukan berarti persatuan dalam hal prinsip. Gerakan ini diharapkan bisa memupuk rasa toleransi antar pemeluk agama. Jika gerakan ini bisa terealisasi di Inonesia tentu perpecahan dan adu domba antar agama yang terjadi saat ini bisa diminimalisir.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih Prof. Marsigit atas referensi yang diberikan, semoga dapat menambah pengetahuan saya. Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), dari asal katanya ekumenisme berarti rumah yang ditinggali. Ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Secara umum gerakan ini merujuk pada suatu gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama yang paling hakiki, yakni memanusiakan manusia. Sehingga paham ini tentunya tidak lepas dari hubungan antar agama. Ekumenisme digunakan oleh agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  11. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah ecumenism berasal dari bahasa Yunani (oikoumene) yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni". Ecumenism mengacu pada usaha atau upaya menuju kesatuan dalam rangka mengembangkan hubungan yang lebih dekat antar sesama pemeluk agama yang dalam hal ini adalah umat Kristiani. Dimana tujuan spesifik dari usaha itu adalah untuk membentuk kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ecumenism merupakan paham yang mendukung adanya kerjasama diantara beberapa perbedaan kepercayaan. Kaum ekumenis sangat membuka dirinya terhadap lingkungan sekitar dan menganggap komunikasi antar sesama itu penting. Selain itu, pengaruh dari tradisi dan peradaban lain tak bisa terhindarkan. Karena selalu membuka diri pada kritik dan kontra maka kaum ekumenis mempunyai watak yang terbuka dan banyak mendapat pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya tidak familiar dengan kata tersebut. Namun, berdasarkan sumber yang saya baca https://www.britannica.com/topic/ecumenism
    Ekumenisme merupakan gerakan atau kecenderungan menuju persatuan Kristen di seluruh dunia atau kerja sama. Pada baru-baru ini, istilah ini menekankan pada apa yang dipandang sebagai universalitas gereja-gereja Kristen.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Ekumenisme menganggap bahwa hanya ada satu gereja untuk mempersatukan umat kristiani. Kristen terpecah-pecah karena doktrin, sejarah dan juga praktik, karena inilah ekumenisme merupakan sebuah gerakan untuk menyatukan seluruh umat kristiani untuk bekerja sama. Secara umum tujuan ekumenisme adalah meningkatkan kerja sama dan saling memahami yang lebih baik antar kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama.

    ReplyDelete
  15. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimaksih pak dan teman-teman yang telah memberikan gambaran mengenai Ecumenism yang sebelumnya belum pernah saya mendengar atau mengetahui tentang Ecumenism itu sendiri. Dari link dan komen-komen teman-teman teman di atas, ternyata Ecumenism merupakan suatu paham yang memiliki tujuan mempersatukan agama yang terpisah-pisah. Jika menyinggung mengenai agama artinya sama dengan membahas mengenai keyakinan. Keyakinan seseorang mungkin berbeda-beda, begitupula dengan agama. Namun, meskipun beragam tujuan utama dari beragama yaitu menuju ke pada yang satu yang memiliki ke absolutan yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ekumenisme memiliki arti luas yaitu suatu inisiatif agamauntuk menuju keesaan diseluruh dunia. Memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama dan saling memahami antar kelompok agama. Paham ini dikenalkan oleh kaum Kristiani dengan merujuk pada suatu gerakan untuk menuju persatuan dan kesatuan denominasi Kristen yang terpecah. Dalam sistem demokrasi di Indonesia seperti halnya yang tertuang dalam Pancasila sila petama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengakui Tuhan yang Esa yang bersifat universal dan netral serta tidak mengarah pada salah satu agama tertentu agar hidup bermasyarakat dengan damai dan tentram.

    ReplyDelete
  17. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Istilah ekumenisme dan ekumenis berasal dari bahasa Yunani (oikoumene), yang berarti "seluruh dunia yang berpenghuni". Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah kesatuan yang utuh dan utuh. Maka sebenarnya tidak hanya orang Kristen dan gereja saja yang harus bekerja sama. Kita semua sebagai masyarakat Indonesia juga harus saling bekerja sama agar tercipta kesatuan. Meskipun kita memiliki berbagai budaya yang beragam kita harus tetap menjunjung tingki persatuan.

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Ekuminisme adalah pahaam yang menganggap dunia sebagai tempat tinggal yang didiami. Yang pada jaman dahulu paham ini untuk mempersatukan suatu umat yang terpecah. Tetapi pada jaman sekarang, jika dilihat pengertian tentang ekuimenism kita dapat mengambil hikmah bahwa memang dunia ini sebagai tempat tinggal, dan setiap manusia ingin hidup dengan damai, maka dalam menjalani kehidupan, diperlukan saling hormat-menghormati karena dunia ini sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, kita sebaiknya saling memahami antar kelompok akan menciptakan kerukunan dan perdamaian

    ReplyDelete
  19. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ekumenisme erat kaitannya dengan ruang lingkup kajian umat Kristiani. Ekumenisme adalah salah satu bentuk reaksi atau upaya dari sekelompok orang untuk mempersatukan kembali kelompok-kelompk yang berselisih paham demi mewujudkan kedamaian dunia. Maka sebenarnya dari pandangan Ekumenisme dapat ditarik suatu tujuan yaitu menciptakan bumi sebagai temapt tinggal manusia yang dalam keadaan damai tanpa adanya perselisihan keyakinan terutama di bidang agama dan kepercayaan.

    ReplyDelete
  20. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Ekumenisme adalah suatu inisiatif yang bertujuan untuk kesatuan Kristen yang lebih besar. Artinya harus ada gereja tunggal dalam Kristen diantara banyaknya gereja-gereja yang terpisah agar bisa menyatu atau bersatu. Ekumenisme merupakan tanggung jawab setiap umat Kristen untuk melakukan pembaharuan gereja, pertobatan hati, doa bersama, saling mengenai sebagai saudara, menguraikan ajaran iman, serta bekerjasama dengan saudara-saudara yang terpisah.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Encyclopedia Britannica, ekumenisme adalah gerakan atau kecenderungan kesatuan Kristen di seluruh dunia atau kerja sama. Istilah, asal baru-baru ini, menekankan apa yang dipandang sebagai universalitas gereja-gereja Kristen. Kata ekumene berasal dari kata Yunani oikumene ("dunia yang dihuni") dan oikos ("rumah") dan dapat ditelusuri dari perintah, janji-janji, dan doa dari Tuhan.

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dalam KBBI, ekumenisme diaritkan sebagai kata benda yang berarti usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh semua orang yang beriman Kristen. Dari referensi diatas saya mendapatkan bahwa ekumenisme adalah gerakan interdenominasi yang bertujuan untuk mewujudkan kerjasama yang lebih baik di antara gereja-gereja kristen. Ekumenisme menganggap bahwa harus ada struktur gereja tunggal untuk berbagi seperangkat keyakinan.

    ReplyDelete
  23. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Ekumenisme adalah keyakinan folosofis tentang upaya unutk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan untuk mendorong kerja sama yang lebih besar antar masyarakat.

    ReplyDelete
  24. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Ekumenisme mengacu pada usaha orang-orang Kristen dari berbagai tradisi Gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan yang terlihat dan organik dari berbagai denominasi Kristen dalam beberapa bentuk. Kata sifat ekumenis juga dapat diterapkan pada inisiatif interdenominasi yang mendorong kerja sama yang lebih besar antara orang Kristen dan gereja mereka, terlepas dari tujuan spesifik dari usaha itu adalah suatu kesatuan yang utuh. ekumenisme dapat dipandang sebagai usaha untuk mengembangkan hubungan demi mencapai suatu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari apa yang coba saya pahami, Ekumenisme merupakan aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan, sehingga mereka melakukan gerakan persatuan dalam beragama. Dalam hal ini bukan berarti menyatukan setiap agama menjadi satu prinsip atau keyakinan, namun lebih kepada gerakan untuk menyatukan kerukunan antar umat beragama sehingga terjalin kerukunan dalam bermasyarakat. Hal Ini sebagaimana tertuang dalam sila pertama Pancasila, yaitu 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Indonesia adalah negara penuh keragaman, baik suku, bahasa, budaya, hingga agama. Para pendiri bangsa memiliki gagasan yang luhur untuk dapat menyatukan antar umat beragama di Indonesia dengan membangun bangsa dengan berlandaskan ketuhanan, tanpa memihak salah satu agama. Tujuannya tentu agar terjalin kebersamaan dan kerukunan antar keberagaman agama.

    ReplyDelete
  26. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Ekuminisme berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Oikoumene berarti rumah yang ditinggali. Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia dengan tujuan peningkatan kerjasama dan saling memahami antar kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Dalam praktiknya ekumenisme merupakan suatu bentuk persatuan umat agama yang ingin bekerjasama untuk tujuan yang baik. Saat ini banyak sekali perkumpulan-perkumpulan agama yang memiliki visi dan misi yakni untuk bersama-sama mengkaji Al Quran dan ajaran agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Bahkan di kalangan civitas akademika seperti UNY ini banyak sekali perkumpulan-perkumpulan mahasiswa yang berlatarbelakangnya agama untuk bersatu menyamakan visi dan misi, mengkaji kitab dan ajaran agama secara bersama-sama untuk menuju keesaan yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ekumenism merupakan upaya orang-orang Kristen dari berbagai tradisi gereja untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk pada upaya menuju kesatuan tradisi gereja. Dengan ekumenism maka akan terjadi saling pemahaman antar tradisi dan hubungan akan semakin erat dalam suatu agama atau kelompok keagamaan. Hampir semua agama pasti ada perbedaan-perbedaan dalam hal tradisi, namun hal tersebut harus disikapi dengan rasa saing menghormati dan menghargai, yang terpenting adalah semangat persatuannya.

    ReplyDelete
  28. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam perbedaan, sering kali muncul keinginan untuk menyamakannya agar tidak adalagi perbedaan. Hal ini lumrah terjadi karena menjadi sama sering kali membuat nyaman seseorang. Namun dalam hal menyamkan kepercayaan, sesuatu yang fundamental dalam hidup seseorang tentu tidaklah mudah. Usaha inilah yang perlu dihargai. Jika tidak sesuai tujuannya, tidak mulia niatnya, maka akan sulit terjadiny penyatuan sebuah hubungan yang berbeda, apalagi jika yang berkaitan dengan agama.

    ReplyDelete
  29. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Istilah Ecumenism memang diistilahkan sebagai usaha orang orang kristen di berbagai gereja untuk mengembambangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Namun, dilihat dari makna dan arti ecunism , kegiatan seperti ini lumrah dilakukan diberbagai internal agama untuk menciptakan dan mempererat tali persaudaraan dan kesatuan. Oleh karena itu, penting juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. Terima Kasih

    ReplyDelete