Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

12 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dualisme menunjukkan keadaan dua bagian. Dalam filsafat pikiran, dualisme adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran/tubuh. Sebaliknya, beberapa filosofi Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.

    ReplyDelete
  2. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Awalnya dualisme untuk menjelaskan hal yang bersifat teologis yaitu pertempuran tentang kebaikan dan kejahatan. Kemudian dualisme dikembangkan untuk hal yang lain seperti pikiran dan materi, jiwa dan raga, dunia yang kelihatan dan dunia yang tidak kelihatan, dunia inderawi dan dunia intelektual, realitas aktual dan realitas kemungkinan, dunia noumenal dan dunia fenomenal, kekuatan kebaikan dan kekuatan kejahatan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dualisme berasal dari bahasa latin yaitu duo yang artinya "dua") yakni menunjukkan keadaan dari dua bagian. Istilah ini awalnya diciptakan untuk menunjukkan biner oposisi, namun lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Sehingga dalam dualisme ontologis, dunia dibagi menjadi dua kategori menyeluruh. Oposisi dan kombinasi dari dua prinsip dasar alam semesta yin dan yang adalah bagian besar dari filsafat Cina, dan merupakan fitur penting dari Taoisme, baik sebagai filsafat dan agama.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dualism merupakan konsep dalam filsafat yang menyatakan adanya dua substansi dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga dan mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Gagasan ini berasal sejak jaman Plato dan Aristoteles. Yang menghubungkan antara eksistensi jiwa yang berhubungan dengan kecerdasan dan kebijaksanaan. Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa kecerdasan seseorang tidak dapat di identifikasi atau dijelaskan berdasarkan fisik seseorang. Dalam filsafat ilmu dualisme mengacu pada dikotomi subjek dan objek, realitas subjektif dan objektif.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualism adalah paham yang meyakini dalam hidup adanya dua substansi yang bertolak belakang. Dualism dikenal pula monolism dan pluralis. Dualisme sendiri enekankan pada keseimbangan antara dua hal yang berbeda. Dualism dalam filsafat menekankan pada keseimbangan antara fisik dan mental atau pikiran. Sampainya seseorang mendapatkan keseimbangan orang itu akan mencapai ketenangannya.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Berdasarkan sumber, saya menyimpulkan bahwa Dualisme merupakan paham yang menganggap segala sesuatu hanya terbagi menjadi 2 bagian. Misalnya, baik dan buruk, hitam dan putih, bagus dan jelek, dll. Hal ini yang membuat pikiran manusia menjadi terbatas antara yang baik dan yang buruk, sehingga cenderung menganggap bahwa sesuatu yang sedikit adalah yang tidak normal. Mereka hanya terfokus pada dua perbedaan padahal masih banyak lagi yang berbeda untuk dikaji. Seperti keanekaragaman suku di Indonesia yang bersatu padu demi nasionalisme.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dualisme pada awalnya berasal dari bahasa latin duo yang berarti dua. Dapat dikatakan bahwa dualisme adalah menunjukkan keadaan dari dua bagian. Dualisme memegang keyakinan bahwa ada dua unsur keberadaan yaitu Fisik dan Spiritual.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Versi dari dualisme yang dikenal secara umum diterapkan oleh RenĂ© Descartes (1641), yang berpendapat bahwa budi adalah substansi nonfisik. Descartes adalah yang pertama kali mengidentifikasi dengan jelas budi dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak, sebagai tempat kecerdasan. Sehingga, dia adalah yang pertama merumuskan permasalahan jiwa-raga dalam bentuknya yang ada sekarang. Dualisme bertentangan dengan berbagai jenis monisme, termasuk fisikalisme dan fenomenalisme. Dalam dualisme ontologis, dunia dibagi menjadi dua kategori menyeluruh. Oposisi dan kombinasi dari dua prinsip dasar alam semesta ‘yin’ dan ‘yang’ adalah bagian besar dari filsafat Cina, dan merupakan fitur penting dari Taoisme, baik sebagai filsafat dan agama (itu juga dibahas dalam Konfusianisme). Jadi, dualisme merupakan konsep filsafat yang berkaitan dengan dua hal yang saling bertentangan.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dualism merupakan suatu paham yang memiliki 2 substansi yang berbeda. Misal: tesis dan antitesis. Dua hal berbeda merupakan hal yang wajar dalam menggapai equilibrium (keseimbangan). Selain itu masih banyak hal lain yang harus kita pelajari yang tidak hanya sebatas dualism, namun pluralism dengan berbagai perbedaan menjadikan sesuatu itu unik sesuai dengan dimensi ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Sebagai contohnya yaitu seperti ada dan tidak ada, benar dan salah hingga dunia yang terlihat dan dunia yang tidak terlihat. Sehingga dualisme ini memandang dua hal yang tidak dapat direduksi dan unik.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. dualism membagi segala sesuatu menjadi dua bagian yang saling bertentangan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dualisme (dari kata Latin duo yang berarti "dua") menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [ klarifikasi diperlukan ] , sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.
    Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Sebaliknya moral mungkin, misalnya, ada dalam pandangan dunia yang memiliki satu tuhan, lebih dari satu tuhan, atau tidak sama sekali. Sebaliknya, ditheisme atau bitheisme menyiratkan (setidaknya) dua tuhan. Sementara bitheisme menyiratkan harmoni, ditheisme menyiratkan persaingan dan oposisi, seperti antara yang baik dan yang jahat, atau terang dan gelap, atau musim panas dan musim dingin. Misalnya, sistem ditheistik akan menjadi satu di mana satu tuhan adalah pencipta, dan satu lagi perusak.

    ReplyDelete