Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dualisme adalah dua prinsip yang saling bertentangan. Dualisme dan dikotomi yang terjadi pada pendidikan adalah adanya pemisahan sistem pendidikan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama, yang pada akhirnya melahirkan pemisahan antara sekolah umum dan sekolah agama (madrasah), antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama, yang masing-masing dianggap saling bertentangan satu dengan yang lainnya. Pada dasarnya dualisme yang terjadi di dalam sistem pendidikan Indonesia merupakan perjalanan panjang sistem pendidikan yang telah terjadi sebelum Indonesia meraih kemerdekaannya. Hal ini dapat ditelusuri dari sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah Belanda pada saat penjajahan berlangsung.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pemerintahan Indonesia ingin mengeluarkan pendidikan agama dari belenggu sistem dualisme pendidikan, walaupun usaha tersebut belum sepenuhnya memberikan harapan yang pasti terhadap pengahpusan dualisme pendidikan, sehingga perlu beberapa kebijakan pemerintah lainnya terhadap pendidikan yang selanjutnya kebijakan pemerintah tersebut dari tahun ke tahun hingga saat ini mengalami perubahan dan perbaikan untuk melepaskan diri dari belenggu dualisme pendidikan yang begitu mengental sebelum kemerdekaan.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Konsep ini mengarah pada dua substansi. Ada dua pihak yang berbeda pandangan dan sama sama tidak bisa diresukdi. Paham yang berbeda satu dengan yanglain tetapi tidak dapat disatukan atau pun dihilangkan salah satunya. Paham ini kontradiksi dari monoisme. sikap dualism berbahaya tatkala hadir dan memuat kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah atau semesta.

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah dualisme berasal dari bahasa latin, dualis yang berarti bersifat dua. Dualisme berpandangan bahwa ada dua substansi dalam kehidupan ini. Dualisme pada umumnya mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realitas antara eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut (dunia dan Allah), antara yang mengetahui dan yang ada dalam bidang kontingen, antara materi dan roh (atau antara materi dan kehidupan yang terikat pada materi), antara substansi dan aksiden, dsb. Dualisme merupakan pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi, unik. Contoh Adikodrati/Kodrati. Allah/Alam Semesta. Roh/Materi. Jiwa/Badan. Dunia yang kelihatan/Dunia yang tidak kelihatan. Dunia indrawi/Dunia Intelektual. Substansi yang berpikir/Substansi material. Realitas aktual/Realitas kemungkinan. Dunia noumenal/Dunia fenomenal. Kekuatan kebaikan/Kekuatan kejahatan. Alam semesta dapat dijelaskan dengan kedua bidang (dunia) itu. (Zaprulkhan, 2016: 51-52).

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dualisme dalam filsafat adalah suatu ideologi yang meyakini menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Ideologi dualisme menyangkal bahwa pikiran sama seperti otak, dan beberapa menyangkal bahwa pikiran adalah sepenuhnya produk dari otak. Pikiran bukan merupakan sepenuhnya produk dari otak saja akan tetapi pikiran juga merupakan hasil dari unsur hati atau unsur spirtual.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. dualism kurang lebih adalah suatu cabang filsafat yang berasumsi bahwa kehidupan ini terdiri atas dua substansi yang saling berlawann namun saling memengaruhi dan merasuki. Contoh dualism; adanya jiwa dan raga, hidup dan mati, siang dan malam, sehat dan sakit, dll.

    ReplyDelete
  7. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut sumber wikipedia di atas, dualism berasal dari kata Latin "duo" yang berarti "dua". Dualism merujuk kepada dua bagian dari keadaan. Istilah dualisme juga merujuk kepada pertentangan dari dua hal. Jika dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, hal-hal yang ada dan mungkin ada di dunia ini juga banyak terdiri dari dua hal yang saling bertentangan. Misalnya kebaikan dengan keburukan, kaya dengan miskin, sedih dengan senang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menurut saya dualism ini juga memperlihatkan suatu keseimbangan.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dualisme merupakan pandangan filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Menurut pandangan ini, segala yang ada dan yang mungkin ada bersumber dari dua substansi atau hakikat dengan menggabungkan antara idealism dan materialism. Sehingga dualisme mengatakan bahwa wujud alam ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber, yaitu hakikat materi dan rohani. Materi ada karena adanya rohani dan sebaliknya rohani ada karena terdapat materi. Dualisme berlainan dengan monoism yang mengajarkan bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal.

    ReplyDelete
  9. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas tema kali ini. Dari ketiga link diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa dualisme dalam filsafat adalah suatu ideologi yang meyakini menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Dua subtansi ini sangatlah berbeda. Dualisme pada umumnya mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realitas antara eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut/ mutlak (dunia dan Allah). Seperti halnya kebaikan dengan keburukan, kaya dengan miskin, sulut dan mudah, sedih dengan senang, dan lainnya sehingga enurut saya dualisme ini juga memperlihatkan suatu keseimbangan dan keselarasan. Wallahualam bishowab.

    ReplyDelete