Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

36 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dualisme menunjukkan keadaan dua bagian. Dalam filsafat pikiran, dualisme adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran/tubuh. Sebaliknya, beberapa filosofi Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.

    ReplyDelete
  2. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Awalnya dualisme untuk menjelaskan hal yang bersifat teologis yaitu pertempuran tentang kebaikan dan kejahatan. Kemudian dualisme dikembangkan untuk hal yang lain seperti pikiran dan materi, jiwa dan raga, dunia yang kelihatan dan dunia yang tidak kelihatan, dunia inderawi dan dunia intelektual, realitas aktual dan realitas kemungkinan, dunia noumenal dan dunia fenomenal, kekuatan kebaikan dan kekuatan kejahatan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dualisme berasal dari bahasa latin yaitu duo yang artinya "dua") yakni menunjukkan keadaan dari dua bagian. Istilah ini awalnya diciptakan untuk menunjukkan biner oposisi, namun lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Sehingga dalam dualisme ontologis, dunia dibagi menjadi dua kategori menyeluruh. Oposisi dan kombinasi dari dua prinsip dasar alam semesta yin dan yang adalah bagian besar dari filsafat Cina, dan merupakan fitur penting dari Taoisme, baik sebagai filsafat dan agama.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dualism merupakan konsep dalam filsafat yang menyatakan adanya dua substansi dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga dan mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Gagasan ini berasal sejak jaman Plato dan Aristoteles. Yang menghubungkan antara eksistensi jiwa yang berhubungan dengan kecerdasan dan kebijaksanaan. Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa kecerdasan seseorang tidak dapat di identifikasi atau dijelaskan berdasarkan fisik seseorang. Dalam filsafat ilmu dualisme mengacu pada dikotomi subjek dan objek, realitas subjektif dan objektif.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualism adalah paham yang meyakini dalam hidup adanya dua substansi yang bertolak belakang. Dualism dikenal pula monolism dan pluralis. Dualisme sendiri enekankan pada keseimbangan antara dua hal yang berbeda. Dualism dalam filsafat menekankan pada keseimbangan antara fisik dan mental atau pikiran. Sampainya seseorang mendapatkan keseimbangan orang itu akan mencapai ketenangannya.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Berdasarkan sumber, saya menyimpulkan bahwa Dualisme merupakan paham yang menganggap segala sesuatu hanya terbagi menjadi 2 bagian. Misalnya, baik dan buruk, hitam dan putih, bagus dan jelek, dll. Hal ini yang membuat pikiran manusia menjadi terbatas antara yang baik dan yang buruk, sehingga cenderung menganggap bahwa sesuatu yang sedikit adalah yang tidak normal. Mereka hanya terfokus pada dua perbedaan padahal masih banyak lagi yang berbeda untuk dikaji. Seperti keanekaragaman suku di Indonesia yang bersatu padu demi nasionalisme.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dualisme pada awalnya berasal dari bahasa latin duo yang berarti dua. Dapat dikatakan bahwa dualisme adalah menunjukkan keadaan dari dua bagian. Dualisme memegang keyakinan bahwa ada dua unsur keberadaan yaitu Fisik dan Spiritual.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Versi dari dualisme yang dikenal secara umum diterapkan oleh RenĂ© Descartes (1641), yang berpendapat bahwa budi adalah substansi nonfisik. Descartes adalah yang pertama kali mengidentifikasi dengan jelas budi dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak, sebagai tempat kecerdasan. Sehingga, dia adalah yang pertama merumuskan permasalahan jiwa-raga dalam bentuknya yang ada sekarang. Dualisme bertentangan dengan berbagai jenis monisme, termasuk fisikalisme dan fenomenalisme. Dalam dualisme ontologis, dunia dibagi menjadi dua kategori menyeluruh. Oposisi dan kombinasi dari dua prinsip dasar alam semesta ‘yin’ dan ‘yang’ adalah bagian besar dari filsafat Cina, dan merupakan fitur penting dari Taoisme, baik sebagai filsafat dan agama (itu juga dibahas dalam Konfusianisme). Jadi, dualisme merupakan konsep filsafat yang berkaitan dengan dua hal yang saling bertentangan.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dualism merupakan suatu paham yang memiliki 2 substansi yang berbeda. Misal: tesis dan antitesis. Dua hal berbeda merupakan hal yang wajar dalam menggapai equilibrium (keseimbangan). Selain itu masih banyak hal lain yang harus kita pelajari yang tidak hanya sebatas dualism, namun pluralism dengan berbagai perbedaan menjadikan sesuatu itu unik sesuai dengan dimensi ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Sebagai contohnya yaitu seperti ada dan tidak ada, benar dan salah hingga dunia yang terlihat dan dunia yang tidak terlihat. Sehingga dualisme ini memandang dua hal yang tidak dapat direduksi dan unik.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. dualism membagi segala sesuatu menjadi dua bagian yang saling bertentangan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dualisme (dari kata Latin duo yang berarti "dua") menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [ klarifikasi diperlukan ] , sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.
    Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Sebaliknya moral mungkin, misalnya, ada dalam pandangan dunia yang memiliki satu tuhan, lebih dari satu tuhan, atau tidak sama sekali. Sebaliknya, ditheisme atau bitheisme menyiratkan (setidaknya) dua tuhan. Sementara bitheisme menyiratkan harmoni, ditheisme menyiratkan persaingan dan oposisi, seperti antara yang baik dan yang jahat, atau terang dan gelap, atau musim panas dan musim dingin. Misalnya, sistem ditheistik akan menjadi satu di mana satu tuhan adalah pencipta, dan satu lagi perusak.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri dan abadi. Perhubungan antara keduanya itu menciptakan kehidupan dalam alam. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakekat ini adalah terdapat dalam diri manusia.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme (dualism) berasal dari kata Latin yaitu duo (dua). Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Orang yang pertama kali menggunakan konsep dualisme adalah Thomas Hyde (1700), yang mengungkapkan bahwa antara zat dan kesadaran (pikiran) yang berbeda secara subtantif. Jadi adanya segala sesuatu terdiri dari dua hal yaitu zat dan pikiran.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Dualisme mencoba memadukan antara dua paham yang saling bertentangan, yaitu materialisme dan idealisme. Menurut aliran dualisme materi maupun ruh sama-sama merupakan hakikat. Materi muncul bukan karena adanya ruh, begitu pun ruh muncul bukan karena materi. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya aliran ini masih memiliki masalah dalam menghubungkan dan menyelaraskan kedua aliran tersebut. Aliran dualisme memandang bahwa alam terdiri dari dua macam hakikat sebagai sumbernya. Aliran dualisme merupakan paham yang serba dua, yaitu antara materi dan bentuk. Jadi, segala pengertian yang ada pada manusia, seperti meja, kursi tersebut bukanlah sesuai dengan realitas ide yang berada di dunia ide, melainkan sesuai dengan jenis benda yang tampak pada benda konkret. Materi dan bentuk tidak dapat dipisahkan. Materi tidak dapat terwujud tanpa bentuk, sebaliknya bentuk tidak dapat berada tanpa materi. Tiap benda yang dapat diamati disusun dari bentuk dan materi.

    ReplyDelete
  16. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan bahan bacaan dapat saya rangkumkan bahwa Dualisme (dualism) berasal dari kata Latin yaitu duo (dua). Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Masing-masing substansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi. Ada juga yang menyatakan bahwa dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Dualism merupakan paham yang menggabungkan antara kebajikan dengan kejahatan dalam satu wadah. Paham yang membenarkan percampuran antara keduanya. Orang yang berpikiran dualis akan melihat sesuatu itu secara mendua. Dia akan memisahkan peranan antara jiwa dan raga, antara perbuatan dan hati. Dan akhirnya dia akan berpendapat, perbuatan boleh melakukan kesalahan tetapi hati selalu dalam kebenaran. Mencuri boleh asalkan dengan niat baik. Menjadi pelacur silahkan saja asalkan dengan niat baik untuk menghidupi keluarganya. Dualisme ini adalah paham yang sangat berbahaya. Paham yang telah dianut Barat selama beratus-ratus tahun ini terang saja juga ikut mempengaruhi umat di dunia pada umumnya dan Islam secara khusus lewat gerakan Westernisasi. Maka dari itu hal ini perlu diantisipasi bersama.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan salah satu sumber di atas, dualism, atau ya lebih dikenal dengan sebutan dualisme adalah keadaan yang menunjukkan adanya dua bagian atau pemisahan. Dualisme sering terjadi dalam oraganisasi atau politik, karena ada perbedaan pendapat/pemikiran atau kepentingan golongan tertentu di antara sesama anggota kelompok. Terdapat berbagai macam jenis dualism, di antaranya, dualisme moral, dualisme dalam hal teologi, ontologi, dualisme dalam hal fisafat ilmu, dualisme dalam hal filsafat pikiran, dan sebagainya. Berdasarkan alamat website http://www.iep.utm.edu/dualism/, dualisme dalam filsafat pemikiran adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran / tubuh. Sebaliknya, beberapa filsafat Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.
    Menurut hemat saya, adanya perbedaan/ dualism dalam pemikiran akan memperkaya pengetahuan dan akan melahirkan pengetahuan/ teori baru. akan tetapi perbedaan dalam keyakinan akan menimbulkan perpecahan bila tidak dibarengi dengan toleransi dalam beragama sesuai dengan aturan masing-masing ajaran agamanya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari artikel yang saya baca menyatakan bahwa dualisme menunjukkan dua bagian. Awalnya dimunculkan untuk menunjukkan sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Dualisme menurut saya mengajarkan untuk melihat berbagai hal melalui dua sisi. Tidak langsung menunjukkan judge terhadap satu sisi saja melainkan perlu melihat lebih luas lagi dari sisi yang berbeda karena mungkin saja terjadi bahwa sisi yang dilihat bukan merupakan sisi yang benar, tetapi yang benar adalah sisi yang lainnya.

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dualisme adalah konsep filsafa yang menyatakan adanya dua substansi yang dasar dari dunia ini. Dua hal yang berbeda namun kedua hal itu yang membuat dunia ini menjadi seimbang. Hal-hal yang selalu ada dua sisi di dunia ini, misalnya saja baik-buruk, ada-tidak ada, benar-salah. Hal-hal seperti ini yang memang ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  20. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Di dunia ini begitu banyak contoh dualisme, siang-malam, kanan-kiri, depan-belakang. Tokoh dualisme adalah Plato, Aristoteles, dan Rene Descartes yang mempercayai konsep filsafat yang menyatakan konsep dua hal. Bahkan dalam menjalani kehidupan sebagai manusia, dituntut untuk selalu menyeimbangkan antara idealis dan realita, dalam membuat ide haruslah mempertimbangkan pengalaman, karena hal tersebut diyakini akan memperoleh hasil yang luar biasa dibandingkan hanya mementingkan idealis atau realita saja.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kata dualism adalah terdiri dari kata duo yang berrati dua dan ism adalah dapat kita artikan sebagai paham. menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [klarifikasi diperlukan], sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Sebaliknya moral mungkin, misalnya, ada dalam pandangan dunia yang memiliki satu tuhan, lebih dari satu tuhan, atau tidak sama sekali. Sebaliknya, ditheisme atau bitheisme menyiratkan (setidaknya) dua tuhan. Sementara bitheisme menyiratkan harmoni, ditheisme menyiratkan persaingan dan oposisi, seperti antara yang baik dan yang jahat, atau terang dan gelap, atau musim panas dan musim dingin. Misalnya, sistem ditheistik akan menjadi satu di mana satu tuhan adalah pencipta, dan satu lagi perusak.
    Maksudnya adalah ketika kita hidup di alam semesta ini selalau ada dua hal yang kita hadapai sebegai contoh baik dan burukm postif dan negatif.

    ReplyDelete
  22. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualis dikalangan antropolog pasti memandang manusia dari dua sisi: akal dan nafsu, jiwa dan raga, kebebasan dan takdir. Dalam filsafat ilmu, dualisme pasti merujuk kepada dichotomi subyek-obyek, realitas subyektif dan obyektif. Kebenaran pun menjadi dua kebenaran obyektif dan subyektif. Bahkan di zaman postmo kebenaran ada dua absolut dan relatif.

    ReplyDelete
  23. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dualisme dari apa yang ada didalam dan apa yang ada diluar diri manusia, yaitu badan dan jiwa. Dua hal tersebut ada didalam diri manusia. Karena jika hanya ada jiwa maka tidak bisa disebut manusia, begitu juga jika hanya ada badan tanpa jiwa. maka keduanya harus ada dalam diri manusia. Berdasarkan link tersebut dijelaskan bahwa dalam dualism, "pikiran" dikontraskan dengan"tubuh" dalam ruang dan waktu yang berbedam serta aspek yang berbeda. berdasarkan link diatas, menurut Descartes manusia dan semua yang ada dan yang mungkin ada hal lain di dunia ini memiliki dualisme.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme bertentangan dengan berbagai jenis monisme, termasuk fisikalisme dan fenomenalisme. Dalam artikel juga disebutkan pula jenis-jenis dari dualisme, seperti ontologi dan interaksi. Dualisme juga berkaitan dengan pikiran (mind). Berkaitan dengan "mind", para dualist bersifat :(a) tidak konsisten dengan hukum atau kebenaran sains yang diketahui (b) secara konseptual tidak koheren, (c) dapat direduksi menjadi absurditas.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang dualism dalam filsafat. Dualisme adalah ajaran atau aliran/paham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik.

    ReplyDelete
  26. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam filsafat, dualisme adalah teori bahwa mental dan fisik atau pikiran dan tubuh atau pikiran dan otak, dalam beberapa hal merupakan jenis yang sangat berbeda dari hal. Dualis menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Pikiran (atau jiwa) terdiri dari zat non-fisik, sementara tubuh didasari bahan fisik yang dikenal sebagai materi. Substansi dualis yaitu bahwa pikiran dan tubuh terdiri dari zat yang berbeda dan bahwa pikiran adalah hal pemikiran yang tidak memiliki atribut dari benda-benda fisik misalnya ukuran, bentuk, lokasi, soliditas, gerak, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  27. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualisme merupakan pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi. Dualisme berbeda dengan monisme, mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realita antra eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut (dunia dan Tuhan), antara yang mengetahui dan yang ada dalam bidang kontingen, antara materi dan roh, antara substansi dan aksiden, dan sebagainya (L. Bagus, 2005). Pada dasarnya, dualisme menganggap bahwa meskipun terdapat dua substansi terpisah namun keduanya saling berkaitan erat satu sama lain.

    ReplyDelete
  28. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dualisme berasal dari kata Latin duo yang berarti "dua" yaitu yang menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [klarifikasi diperlukan], sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sebuah sistem yang berisi dua bagian penting. Sebagai contoh, Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Gagasan tentang dualisme jiwa dan raga berasal setidaknya sejak zaman Plato dan Aristoteles dan berhubungan dengan spekulasi tantang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Plato dan Aristoteles berpendapat, dengan alasan berbeda, bahwa "kecerdasan" seseorang (bagian dari budi atau jiwa) tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan dengan fisik

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link yang Bapak berikan. Yang dapat saya simpulkan dari beberapa link tersebut yaitu dualisme pada awalnya berasal dari bahasa latin duo yang berarti dua. Dapat dikatakan bahwa dualisme adalah menunjukkan keadaan dari dua bagian. Dualisme memegang keyakinan bahwa ada dua unsur keberadaan yaitu Fisik dan Spiritual.

    ReplyDelete
  30. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi yang mendasari dunia. Dualisme menegaskan eksistensi dari dua bidang yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik. Contoh dari dualisme ini yaitu zat dan kesadaran (pikiran) yang berbeda secara substantif, roh dan materi, jiwa dan badan, dunia yang kelihatan dan dunia yang tidak kelihatan, dunia inderawi dan dunia intelektual, kekuatan kebaikan dan kekuatan kejahatan, … dsb. Dalam pandangan para penganut paham dualisme, alam semesta dapat dijelaskan dengan kedua bidang (dunia) itu.

    ReplyDelete
  31. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dualisme merupakan ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Masing-masing substansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi, misalnya substansi adi kodrati dengan kodrati, Tuhan dengan alam semesta, roh dengan materi, jiwa dengan badan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  32. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim fenomena mental adalah entitas non fisik. Seseorang yang berpandangan dualisme disebut dualis. Dalam filsafat, Pythagoras adalah dualis. Segala sesuatu diciptakan saling berlawanan: satu dan banyak, terbatas tak terbatas, berhenti-gerak, baik-buruk dan sebagainya. Empedocles setuju dengan Pythagoras, baginya dunia ini dikuasai oleh dua hal, cinta dan kebencian. Plato dalam dialog-dialognya memisahkan jiwa dari raga, inteligible dari sensible.

    ReplyDelete
  33. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam tubuh manusi ada jiwa dan raga, ada akal dan ada fisik. Dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Dualisme juga dapat diperluas dalam hal diluar diri manusia seperti dua kutub, siang dan malam, atas dan bawah, laki-laki dan perempuan, tuan dan hamba, pencipta dan yang dicipta. Apa yang disebutkan tersebut dapat dicari hubungannya dan bagaimana untuk menjalaninya.

    ReplyDelete
  34. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dualism merupakan paham yang memandang hubungan antara dua hal. Dualism adalah paham yang memiliki ajaran bahwa segala sesuatu yang ada, bersumber dari dua hakikat atau substansi yang dapat berdiri sendiri-sendiri. Misalnya dualism dalam pikiran bahwa dualism akan mengulas hubungan antara pikiran dan permasalahan.

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dualisme adalah dua prinsip yang saling bertentangan. Dualisme dan dikotomi yang terjadi pada pendidikan adalah adanya pemisahan sistem pendidikan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama, yang pada akhirnya melahirkan pemisahan antara sekolah umum dan sekolah agama (madrasah), antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama, yang masing-masing dianggap saling bertentangan satu dengan yang lainnya. Pada dasarnya dualisme yang terjadi di dalam sistem pendidikan Indonesia merupakan perjalanan panjang sistem pendidikan yang telah terjadi sebelum Indonesia meraih kemerdekaannya. Hal ini dapat ditelusuri dari sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah Belanda pada saat penjajahan berlangsung.

    ReplyDelete
  36. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pemerintahan Indonesia ingin mengeluarkan pendidikan agama dari belenggu sistem dualisme pendidikan, walaupun usaha tersebut belum sepenuhnya memberikan harapan yang pasti terhadap pengahpusan dualisme pendidikan, sehingga perlu beberapa kebijakan pemerintah lainnya terhadap pendidikan yang selanjutnya kebijakan pemerintah tersebut dari tahun ke tahun hingga saat ini mengalami perubahan dan perbaikan untuk melepaskan diri dari belenggu dualisme pendidikan yang begitu mengental sebelum kemerdekaan.

    ReplyDelete