Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

53 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan salah satu sumber di atas, dualism, atau ya lebih dikenal dengan sebutan dualisme adalah keadaan yang menunjukkan adanya dua bagian atau pemisahan. Dualisme sering terjadi dalam oraganisasi atau politik, karena ada perbedaan pendapat/pemikiran atau kepentingan golongan tertentu di antara sesama anggota kelompok. Terdapat berbagai macam jenis dualism, di antaranya, dualisme moral, dualisme dalam hal teologi, ontologi, dualisme dalam hal fisafat ilmu, dualisme dalam hal filsafat pikiran, dan sebagainya. Berdasarkan alamat website http://www.iep.utm.edu/dualism/, dualisme dalam filsafat pemikiran adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran / tubuh. Sebaliknya, beberapa filsafat Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.
    Menurut hemat saya, adanya perbedaan/ dualism dalam pemikiran akan memperkaya pengetahuan dan akan melahirkan pengetahuan/ teori baru. akan tetapi perbedaan dalam keyakinan akan menimbulkan perpecahan bila tidak dibarengi dengan toleransi dalam beragama sesuai dengan aturan masing-masing ajaran agamanya.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari artikel yang saya baca menyatakan bahwa dualisme menunjukkan dua bagian. Awalnya dimunculkan untuk menunjukkan sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Dualisme menurut saya mengajarkan untuk melihat berbagai hal melalui dua sisi. Tidak langsung menunjukkan judge terhadap satu sisi saja melainkan perlu melihat lebih luas lagi dari sisi yang berbeda karena mungkin saja terjadi bahwa sisi yang dilihat bukan merupakan sisi yang benar, tetapi yang benar adalah sisi yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dualisme adalah konsep filsafa yang menyatakan adanya dua substansi yang dasar dari dunia ini. Dua hal yang berbeda namun kedua hal itu yang membuat dunia ini menjadi seimbang. Hal-hal yang selalu ada dua sisi di dunia ini, misalnya saja baik-buruk, ada-tidak ada, benar-salah. Hal-hal seperti ini yang memang ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Di dunia ini begitu banyak contoh dualisme, siang-malam, kanan-kiri, depan-belakang. Tokoh dualisme adalah Plato, Aristoteles, dan Rene Descartes yang mempercayai konsep filsafat yang menyatakan konsep dua hal. Bahkan dalam menjalani kehidupan sebagai manusia, dituntut untuk selalu menyeimbangkan antara idealis dan realita, dalam membuat ide haruslah mempertimbangkan pengalaman, karena hal tersebut diyakini akan memperoleh hasil yang luar biasa dibandingkan hanya mementingkan idealis atau realita saja.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kata dualism adalah terdiri dari kata duo yang berrati dua dan ism adalah dapat kita artikan sebagai paham. menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [klarifikasi diperlukan], sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Sebaliknya moral mungkin, misalnya, ada dalam pandangan dunia yang memiliki satu tuhan, lebih dari satu tuhan, atau tidak sama sekali. Sebaliknya, ditheisme atau bitheisme menyiratkan (setidaknya) dua tuhan. Sementara bitheisme menyiratkan harmoni, ditheisme menyiratkan persaingan dan oposisi, seperti antara yang baik dan yang jahat, atau terang dan gelap, atau musim panas dan musim dingin. Misalnya, sistem ditheistik akan menjadi satu di mana satu tuhan adalah pencipta, dan satu lagi perusak.
    Maksudnya adalah ketika kita hidup di alam semesta ini selalau ada dua hal yang kita hadapai sebegai contoh baik dan burukm postif dan negatif.

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualis dikalangan antropolog pasti memandang manusia dari dua sisi: akal dan nafsu, jiwa dan raga, kebebasan dan takdir. Dalam filsafat ilmu, dualisme pasti merujuk kepada dichotomi subyek-obyek, realitas subyektif dan obyektif. Kebenaran pun menjadi dua kebenaran obyektif dan subyektif. Bahkan di zaman postmo kebenaran ada dua absolut dan relatif.

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dualisme dari apa yang ada didalam dan apa yang ada diluar diri manusia, yaitu badan dan jiwa. Dua hal tersebut ada didalam diri manusia. Karena jika hanya ada jiwa maka tidak bisa disebut manusia, begitu juga jika hanya ada badan tanpa jiwa. maka keduanya harus ada dalam diri manusia. Berdasarkan link tersebut dijelaskan bahwa dalam dualism, "pikiran" dikontraskan dengan"tubuh" dalam ruang dan waktu yang berbedam serta aspek yang berbeda. berdasarkan link diatas, menurut Descartes manusia dan semua yang ada dan yang mungkin ada hal lain di dunia ini memiliki dualisme.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme bertentangan dengan berbagai jenis monisme, termasuk fisikalisme dan fenomenalisme. Dalam artikel juga disebutkan pula jenis-jenis dari dualisme, seperti ontologi dan interaksi. Dualisme juga berkaitan dengan pikiran (mind). Berkaitan dengan "mind", para dualist bersifat :(a) tidak konsisten dengan hukum atau kebenaran sains yang diketahui (b) secara konseptual tidak koheren, (c) dapat direduksi menjadi absurditas.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang dualism dalam filsafat. Dualisme adalah ajaran atau aliran/paham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik.

    ReplyDelete
  10. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam filsafat, dualisme adalah teori bahwa mental dan fisik atau pikiran dan tubuh atau pikiran dan otak, dalam beberapa hal merupakan jenis yang sangat berbeda dari hal. Dualis menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Pikiran (atau jiwa) terdiri dari zat non-fisik, sementara tubuh didasari bahan fisik yang dikenal sebagai materi. Substansi dualis yaitu bahwa pikiran dan tubuh terdiri dari zat yang berbeda dan bahwa pikiran adalah hal pemikiran yang tidak memiliki atribut dari benda-benda fisik misalnya ukuran, bentuk, lokasi, soliditas, gerak, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  11. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dualisme merupakan pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi. Dualisme berbeda dengan monisme, mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realita antra eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut (dunia dan Tuhan), antara yang mengetahui dan yang ada dalam bidang kontingen, antara materi dan roh, antara substansi dan aksiden, dan sebagainya (L. Bagus, 2005). Pada dasarnya, dualisme menganggap bahwa meskipun terdapat dua substansi terpisah namun keduanya saling berkaitan erat satu sama lain.

    ReplyDelete
  12. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dualisme berasal dari kata Latin duo yang berarti "dua" yaitu yang menunjukkan keadaan dua bagian. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner kekal [klarifikasi diperlukan], sebuah makna yang dipelihara dalam wacana dualitasitas metafisik dan filosofis namun telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sebuah sistem yang berisi dua bagian penting. Sebagai contoh, Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Ini hanya menyiratkan bahwa ada dua moral yang berlawanan dalam pekerjaan, terlepas dari interpretasi apa pun tentang apa yang mungkin "bermoral" dan terlepas dari bagaimana hal ini dapat diwakili. Gagasan tentang dualisme jiwa dan raga berasal setidaknya sejak zaman Plato dan Aristoteles dan berhubungan dengan spekulasi tantang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Plato dan Aristoteles berpendapat, dengan alasan berbeda, bahwa "kecerdasan" seseorang (bagian dari budi atau jiwa) tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan dengan fisik

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link yang Bapak berikan. Yang dapat saya simpulkan dari beberapa link tersebut yaitu dualisme pada awalnya berasal dari bahasa latin duo yang berarti dua. Dapat dikatakan bahwa dualisme adalah menunjukkan keadaan dari dua bagian. Dualisme memegang keyakinan bahwa ada dua unsur keberadaan yaitu Fisik dan Spiritual.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dualisme adalah dua prinsip yang saling bertentangan. Dualisme dan dikotomi yang terjadi pada pendidikan adalah adanya pemisahan sistem pendidikan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama, yang pada akhirnya melahirkan pemisahan antara sekolah umum dan sekolah agama (madrasah), antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama, yang masing-masing dianggap saling bertentangan satu dengan yang lainnya. Pada dasarnya dualisme yang terjadi di dalam sistem pendidikan Indonesia merupakan perjalanan panjang sistem pendidikan yang telah terjadi sebelum Indonesia meraih kemerdekaannya. Hal ini dapat ditelusuri dari sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah Belanda pada saat penjajahan berlangsung.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pemerintahan Indonesia ingin mengeluarkan pendidikan agama dari belenggu sistem dualisme pendidikan, walaupun usaha tersebut belum sepenuhnya memberikan harapan yang pasti terhadap pengahpusan dualisme pendidikan, sehingga perlu beberapa kebijakan pemerintah lainnya terhadap pendidikan yang selanjutnya kebijakan pemerintah tersebut dari tahun ke tahun hingga saat ini mengalami perubahan dan perbaikan untuk melepaskan diri dari belenggu dualisme pendidikan yang begitu mengental sebelum kemerdekaan.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Konsep ini mengarah pada dua substansi. Ada dua pihak yang berbeda pandangan dan sama sama tidak bisa diresukdi. Paham yang berbeda satu dengan yanglain tetapi tidak dapat disatukan atau pun dihilangkan salah satunya. Paham ini kontradiksi dari monoisme. sikap dualism berbahaya tatkala hadir dan memuat kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah atau semesta.

    ReplyDelete
  17. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah dualisme berasal dari bahasa latin, dualis yang berarti bersifat dua. Dualisme berpandangan bahwa ada dua substansi dalam kehidupan ini. Dualisme pada umumnya mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realitas antara eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut (dunia dan Allah), antara yang mengetahui dan yang ada dalam bidang kontingen, antara materi dan roh (atau antara materi dan kehidupan yang terikat pada materi), antara substansi dan aksiden, dsb. Dualisme merupakan pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi, unik. Contoh Adikodrati/Kodrati. Allah/Alam Semesta. Roh/Materi. Jiwa/Badan. Dunia yang kelihatan/Dunia yang tidak kelihatan. Dunia indrawi/Dunia Intelektual. Substansi yang berpikir/Substansi material. Realitas aktual/Realitas kemungkinan. Dunia noumenal/Dunia fenomenal. Kekuatan kebaikan/Kekuatan kejahatan. Alam semesta dapat dijelaskan dengan kedua bidang (dunia) itu. (Zaprulkhan, 2016: 51-52).

    ReplyDelete
  18. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dualisme dalam filsafat adalah suatu ideologi yang meyakini menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Ideologi dualisme menyangkal bahwa pikiran sama seperti otak, dan beberapa menyangkal bahwa pikiran adalah sepenuhnya produk dari otak. Pikiran bukan merupakan sepenuhnya produk dari otak saja akan tetapi pikiran juga merupakan hasil dari unsur hati atau unsur spirtual.

    ReplyDelete
  19. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. dualism kurang lebih adalah suatu cabang filsafat yang berasumsi bahwa kehidupan ini terdiri atas dua substansi yang saling berlawann namun saling memengaruhi dan merasuki. Contoh dualism; adanya jiwa dan raga, hidup dan mati, siang dan malam, sehat dan sakit, dll.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut sumber wikipedia di atas, dualism berasal dari kata Latin "duo" yang berarti "dua". Dualism merujuk kepada dua bagian dari keadaan. Istilah dualisme juga merujuk kepada pertentangan dari dua hal. Jika dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, hal-hal yang ada dan mungkin ada di dunia ini juga banyak terdiri dari dua hal yang saling bertentangan. Misalnya kebaikan dengan keburukan, kaya dengan miskin, sedih dengan senang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menurut saya dualism ini juga memperlihatkan suatu keseimbangan.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dualisme merupakan pandangan filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Menurut pandangan ini, segala yang ada dan yang mungkin ada bersumber dari dua substansi atau hakikat dengan menggabungkan antara idealism dan materialism. Sehingga dualisme mengatakan bahwa wujud alam ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber, yaitu hakikat materi dan rohani. Materi ada karena adanya rohani dan sebaliknya rohani ada karena terdapat materi. Dualisme berlainan dengan monoism yang mengajarkan bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal.

    ReplyDelete
  22. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas tema kali ini. Dari ketiga link diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa dualisme dalam filsafat adalah suatu ideologi yang meyakini menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Dua subtansi ini sangatlah berbeda. Dualisme pada umumnya mempertahankan perbedaan-perbedaan mendasar yang ada dalam realitas antara eksistensi yang kontingen dan eksistensi yang absolut/ mutlak (dunia dan Allah). Seperti halnya kebaikan dengan keburukan, kaya dengan miskin, sulut dan mudah, sedih dengan senang, dan lainnya sehingga enurut saya dualisme ini juga memperlihatkan suatu keseimbangan dan keselarasan. Wallahualam bishowab.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ada banya permasalahan mengenai dulisme salah satunya adalah dualisme dalam sistem pendidikan indonesia. dualisme sistem pendidikan di Indonesia baik itu antara lembaga pendidikan negri maupun swasta, serta lembaga pendidikan umum maupun agama selalu terjadi hal yang kontroversial terkait kebijakan-kebijakan pemerintah yang sampai sekarang masih menimbulkan perdebatan. Terkait dianak tirikannya lembaga pendidikan swasta maupun lembaga pendidikan agama yang secara langsung dinaungi oleh kementrian agama. Hal yang sering terjadi dalam pembagian kedua lembaga pendidikan ini terkait penyamarataan fasilitas dan alat penunjang dalam proses pembelajaran serta melanjutkannya anak didik dalam proses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  24. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Seperti tulisannya “dualism” berasal dari kata dual, yang dapat diartikan sebagai dua bagian, yang menampilkan dua sisi. Sehingga menurut link diatas, dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua bagian. Dualism pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan eksistensi antara jiwa dan raga, dimana eksistensi jiwa terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Dualism mempunyai dua bagian substanti yang saling berlawanan, akan tetapi bisa saling mempengaruhi untuk menjaga sebuah keseimbangan.

    ReplyDelete
  25. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Membaca beberapa sumber bacaan di atas, saya mengambil kesimpulan jika dualisme bertentangan dengan monisme. Jika monisme hanya meyakini satu kebenaran tunggal, atau hanya ada satu jenis fundamental. Dualisme sangat berbeda dengan itu. Secara harfiah sudah terlihat jika dualisme menunjukkan adanya dua kompenen. Kemudian setelah saya membaca kembali, saya memperoleh tambahan pengetahuan jika dualisme memanglah menunjukkan dua buah bagian. Pada beberapa pembahasan, saya melihat jika dua bagian penyusun dualisme ini bersifat kontradiktif, misal baik dan buruk. Hal itu memberikan pengertian jika dualisme sendiri merupakan penegasan dari eksistensi dua bidang yang keduanya tidak bisa direduksi.

    ReplyDelete
  26. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dualisme adalah ajaran filsafat yang memandang bahwa alam terdiri dari dua macam hakikat, yaitu hakikat material dan rohani, baik dan jahat, mental dan tubuh, dan lain sebagainya. Masing-masing kedua hakikat tersebut berdiri sendiri dan abadi. Namun, kedua hal tersebut yang menciptakan kehidupan dan keseimbangan dalam alam seperti simbol Yin-Yang dalam budaya Tionghoa.

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sharing alamat web nya bapak, sehingga kami bisa belajar mengenai faham dualism dalam filsafat, yang memandang bahwa pada hakeket nya alam dunia itu selalu terbagi menjadi dua macam hakikat yang saling berkontradiksi, misalnya baik-jahat, rohani-materi, mental-fisik, dan unsur lainnya, yang mana hal tersebut harus seimbang dalam membentuk kegidupan di bumi.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  28. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dualisme adalah kepercayaan atau aliran mengenai sesuatu yang memiliki dua kutub atau dua sisi atau dua bagian. Dualisme berasal dari bahasa Latin Duo yang berarti dua. Dalam filsafat ilmu, dualisme mewakili pandangan tentang hubungan antara pikiran dan benda.

    ReplyDelete
  29. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Filsuf dalam aliran dualism adalah R.descartes, di mana konsep ini menyatakan terdapat dua subtansi yaitu hubungan antara jiwa dan raga, antara pikiran dan materi, antara subyek dan obyek. Paham dualism merupakan paham yang sangat bertentangan dengan monism. Dualism ini membedakan antara dua substansi yaitu misalnya jiwa dan raga, meskipun jiwa dan raga berada di dalam diri manusia dan saling berhubungan erat tetapi keduanya tetaplah substansi yang terpisah. Maka yang bersifat nyata hanyalah pikiran karena dengan berpikir segala sesuatu akan menjadi ada seperti cogito ergo sum.

    ReplyDelete
  30. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dualisme merupakan aliran tentang segala sesuatu yang memiliki dua sisi, dua bagian, dua daerah, dan dua kutub. Dualisme pertama kali secara implisit terdapat pada kepercayaan agama Mesir yaitu adanya perbedaan Tuhan Set (kekacauan, kematian) dan Osiris (ketertiban, kehidupan). Selanjutnya dalam hal teologi, dualis dapat diibaratkan Baik dan Jahat - atau Tuhan dan Syetan/Iblis.

    ReplyDelete
  31. Junianto
    PM C

    Dualism merupakan paham yang menganggap bahwa segala sesuatu memiliki dua sisi atau dua hal yang selalu berlawanan. Sebagai contoh bahwa di dunia ini ada baik dan buruk, besar dan kecil, subjek dan objek, atas dan bawah, dsb. Ini juga merupakan sunatullah untuk menjaga keseimbangan di dunia ini. Bisa dibayangkan jika keburukan itu tidak memiliki penyeimbang kebaikan maka dunia ini bisa jadi sudah hancur.

    ReplyDelete
  32. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dualism terhadap apa yang ada di dunia ini itu sah-sah saja, namun pada hakikatnya kita tidak boleh berpahaman dalism terhadap Tuhan kita, karena kita tahu yang sebenarnya adalah Tuhan yang menciotakan Dualism guna menjadi alat bantu berfikir manusia guna memilih atau melihat sesuatu itu tidak hanya dari satu sisi saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  33. Junianto
    PM C

    Dualism merupakan paham yang menganggap bahwa segala sesuatu memiliki dua sisi atau dua hal yang selalu berlawanan. Sebagai contoh bahwa di dunia ini ada baik dan buruk, besar dan kecil, subjek dan objek, atas dan bawah, dsb. Ini juga merupakan sunatullah untuk menjaga keseimbangan di dunia ini. Bisa dibayangkan jika keburukan itu tidak memiliki penyeimbang kebaikan maka dunia ini bisa jadi sudah hancur.

    ReplyDelete
  34. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum..
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Ide intinya untuk beberapa domain tertentu, ada dua jenis fundamental atau kategori atau prinsip. Dualisme berkebalikan dengan monisme, yang merupakan teori bahwa hanya ada satu jenis fundamental, kategori hal atau prinsip; dan sedikit mirip dengan pluralisme, yang adalah pandangan bahwa ada banyak jenis atau kategori. Dalam filsafat pikiran, dualisme adalah teori bahwa mental dan fisik-atau pikiran dan tubuh atau pikiran dan otak-yang, dalam arti, jenis yang sangat berbeda dari hal. Dalam teologi, misalnya 'dualis' adalah seseorang yang percaya bahwa baik dan jahat atau Tuhan dan Iblis. Dalam filsafat dualisme berhubungan dengan mental dan tubuh, hubungan antara jiwa dan raga. Gagasan mengenai Dualisme ini muncul sejak jaman Plato dan Aristoteles. Tetapi dikenal umum setelah diterapkan oleh Rene Descrates. Dimana paham ini mengajarkan bahwa adanya perbedaan jelas antara pikiran dan otak. Membedakan otak sebagai pusat kecerdasan dengan kesadaran. Semoga jika terdapat kesalahan pemahaman Prof. Marsigit dapat menkoreksinya. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  35. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah dualism berasal dari kata Latin duo yang berarti “dua”. Secara umum dualism menunjukkan keadaan dua bagian, dimana terdapat dua jenis atau kategori mendasar dari beberapa hal atau prinsip. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner yang kekal, diperlukan makna yang dipertahankan dalam bentuk metafisik dan filosofis, namun lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.

    ReplyDelete
  36. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dualism merupakan paham yang memandang hubungan antara dua hal. Dualism adalah paham yang memiliki ajaran bahwa segala sesuatu yang ada, bersumber dari dua hakikat atau substansi yang dapat berdiri sendiri-sendiri. Misalnya dualism dalam pikiran bahwa dualism akan mengulas hubungan antara pikiran dan permasalahan yang keduanya merupakan kategori yang berbeda. Sedangkan dalam filsafat ilmu pengetahuan, dualism akan membahas antara subjek dan objek.

    ReplyDelete
  37. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dualis dalam filsafat pikiran menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Mereka semua menyangkal bahwa pikiran adalah sama seperti otak, dan beberapa menyangkal bahwa pikiran adalah sepenuhnya produk dari otak. Sedangkkan pada https://id.wikipedia.org/wiki/Dualisme Dualisme didefinisikan sebagai konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik

    ReplyDelete
  38. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dualisme mencoba memadukan antara dua paham yang saling bertentangan, yaitu materialisme dan idealisme. Menurut aliran dualisme materi maupun ruh sama-sama merupakan hakikat. Materi muncul bukan karena adanya ruh, begitu pun ruh muncul bukan karena materi. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya aliran ini masih memiliki masalah dalam menghubungkan dan menyelaraskan kedua aliran tersebut. Aliran dualisme memandang bahwa alam terdiri dari dua macam hakikat sebagai sumbernya. Aliran dualisme merupakan paham yang serba dua, yaitu antara materi dan bentuk. Jadi, segala pengertian yang ada pada manusia, seperti meja, kursi tersebut bukanlah sesuai dengan realitas ide yang berada di dunia ide, melainkan sesuai dengan jenis benda yang tampak pada benda konkret. Materi dan bentuk tidak dapat dipisahkan. Materi tidak dapat terwujud tanpa bentuk, sebaliknya bentuk tidak dapat berada tanpa materi. Tiap benda yang dapat diamati disusun dari bentuk dan materi.

    ReplyDelete
  39. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Tuhan dan alam adalah dua hal yang berbeda, penggolongan yang seperti ini adalah penggolongan yang didasarkan pada dua hakekat yaitu hakekat rohani dan hakekat materi.
    Laki-laki dan perempuan, masing-masing bebas berdiri sendiri.
    Dua hal diatas adalah contoh dari paham dualisme, duaisme adalah suatu konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Masing-masing subtansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi.

    ReplyDelete
  40. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dualisme merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa hakikatnya hidup ini daru dua substansi yang berbeda. Seperti halnya pikiran dan tindakan, abstraksi dan realitas, langit dan bumi dan lain sebagainya. Kedua substansi tersebut tidak dapat direduksi dan menjadi suatu kesatuan. Meskipun dua substandi itu terletak pada dasar yang sama, namun pada paham dualisme kedua substansi tersebut dipandang sebagai sesuatu yang berbeda.

    ReplyDelete
  41. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dualisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa dalam kehidupan ini terdapat dua prinsip yang saling bertentangan (ada baik dan buruk, terang dan gelap. Dalam konsep ini mengarah pada dua subtansi. Selain pandangan yang berhubungan antara jiwa dan raga, mengklaim juga bahwa fenomena mental adalah entitas non fisik. Sikap ini akan berbahaya jika memuat suatu kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah secara bersamaan.

    ReplyDelete
  42. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Plato dalam bukunya Phaedo, menyatakan adanya “dualisme” antara jiwa dan tubuh. Plato menjelaskan bahwa pikiran dan tubuh adalah dua entitas yang terpisah. Jiwa adalah imaterial dan sumber intelektualitas yang memiliki ikatan dengan pengetahuan dan kebenaran maka sifatnya abadi, sedangkan tubuh adalah kopian yang tidak sempurna dari jiwa, maka dari itu sifatnya material dan tidak abadi

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Kata dualisme berasal dari kata Latin duo yang berarti "dua". Kata dualism ini menunjukkan keadaan dua bagian. Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Baik dan jahat adalah dua hal yang berbeda. Tetapi baik dan jahat dihadapan manudia sifatnya adalah relatif. Manusia cenderung menganggap seseorang baik jika orang tersebut memberikan manfaat baginya. Tetapi kita harus ingat bahwa ada baik dan jahat yang mutlak di dunia ini. Yaitu baik dan jahat menurut Tuhan.

    ReplyDelete
  44. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dualism adalah paham yang memandang dunia dari dua hal. Dualism bertentangan dengan semua jenis yang bersifat monoisme. Contoh dari dualism Misalnya adalah hubungan antara jiwa dan raga. Jiwa dan raga merupakan salah satu bentuk dualisme, yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Jiwa termasuk dari akal pikiran, raga adalah bentuk fisiknya. Manusia itu dilengkapi dengan jiwa dan raga. Oleh karena itu kita sebaiknya bersyukur karena pada dasarnya manusia itu makhluk yang paling sempurna

    ReplyDelete
  45. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Paham dualisme dianggap suatu bagian dari paham idealisme. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Secara definitif dualisme dapat dipahami sebagai pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik. Segala sesuatu yang ada bersumber dari dua hakikat atau substansi yang berdiri sendiri-sendiri. Contohnya adalah adanya Allah dan alam semesta, jiwa dan raga, dll.

    ReplyDelete
  46. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Artinya, realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Segala sesuatu yang ada terdiri dari dua hal yaitu zat dan pikiran. Menurut Plato dua substansi tersebut ialah merupakan dua dunia, yakni dunia yang dapat diindera dan dunia yang dapat dimengerti. Kaitannya dengan kegiatan belajar, duaisme artinya memanfaatkan panca indera untuk memperoleh informasi serta menggunakan pikiran untuk mengolah informasi tersebut menjadi sebuang pengetahuan.

    ReplyDelete
  47. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dualisme adalah konsep bahwa pikiran kita adalah lebih dari sekedar otak kita. Konsep ini mensyaratkan bahwa pikiran kita memiliki non-material, dimensi spiritual yang mencakup kesadaran dan mungkin atribut yang kekal. Salah satu cara untuk memahami konsep ini adalah untuk mempertimbangkan diri kita sebagai wadah termasuk tubuh kita dan otak bersama dengan dipisahkan oleh pikiran non-fisik, kekuatan, atau jiwa. Pikiran, kekuatan, atau jiwa dianggap bagian sadar bahwa memanifestasikan dirinya melalui otak dengan cara yang sama bahwa gambar gelombang dan gelombang suara menampakkan diri melalui televisi. Gambar dan suara ombak juga non-materi seperti pikiran, jiwa, atau jiwa. Konsep alternatif adalah materialisme. Materialisme menyatakan bahwa segala sesuatu di alam semesta kita terbuat dari bahan fisik termasuk pikiran manusia atau otak dan bahwa atribut spiritual tidak ada di alam semesta. Konsep ini menyatakan bahwa pikiran dan otak kita adalah satu dan sama.

    ReplyDelete
  48. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas atau segala yang ada itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan berdiri sendiri-sendiri. Ada pula yang mengatakan bahwa dualisme adalah ajaran yang menggabungkan antara idealisme dan materialisme, dengan mengatakan bahwa alam wujud ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber yaitu hakikat materi dan rohani. Berdasar sumber di atas, dalam filsafat ilmu, dualisme sering mengacu pada dikotomi antara "subjek" (pengamat) dan "objek" (yang diamati).

    ReplyDelete
  49. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dualisme adalah sebuah pandangan filosofis tentang sekumpulan pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi, yang dimulai dengan klaim bahwa fenomena mental, dalam beberapa hal, tidak bersifat fisik. Dualisme ini kontras dengan monism, yang merupakan teori bahwa hanya ada satu jenis fundamental, kategori benda atau prinsip.

    ReplyDelete
  50. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi, yaitu dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga. atau dengan kata lain segala objek yang ada dan mungkin ada itu memiliki dua bagian, misalnya saja adalah wadah dan isi.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  51. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dualisme secara sederhana dapat dimaknai sebagai pandangan bahwa setiap hal yang ada di dunia memiliki dua sisi. Banyak sekali contohnya, misal ada kanan-kiri, baik-buruk, awal-akhir, dsb. Bahkan dalam kaitannya sebagai manusia dalam menjalani kehidupan, kita dituntut untuk selalu mempertimbangkan dan menyeimbangkan antara idealis dan realita, dalam membuat gagasan atau ide haruslah berdasar dan mempertimbangkan pengalaman. Hal seperti ini diyakini, kita akan memperoleh hasil yang luar biasa, jauh lebih baik dibandingkan hanya mementingkan idealis atau realita saja, menggunakan logita atau pengalaman saja. Sedangkan jika dikaitkan dengan pembelajaran, sebagai guru hendaknya dalam melakukan penilaian melihat dari dua aspek, yakni formal dan normatif.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Bisa diartikan adanya 2 sisi dalam satu bagian. Contohnya di indonesia pernah terjadi dualisme kepengurusan PSSI. Saat itu terjadi perpecahan di tubuh PSSI, sehingga ada dua ketua umum, ada dua liga yang diselenggarakan. Contoh lainnya misalnya ada dualisme pada diri seseorang, kepada penguasa dia sopan, ramah, baik namun kepada bawahannya dia tidak sopan, tidak ramah, dan jahat.

    ReplyDelete
  53. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Dualisme slah satu aliran filsafat yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, memiliki hal yang sama dan abadi. Hubungan antara keduanya dapat menciptakan kehidupan dalam alam Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakekat ini adalah terdapat dalam diri manusia.Terima Kasih

    ReplyDelete