Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dualisme adalah ajaran filsafat yang memandang bahwa alam terdiri dari dua macam hakikat, yaitu hakikat material dan rohani, baik dan jahat, mental dan tubuh, dan lain sebagainya. Masing-masing kedua hakikat tersebut berdiri sendiri dan abadi. Namun, kedua hal tersebut yang menciptakan kehidupan dan keseimbangan dalam alam seperti simbol Yin-Yang dalam budaya Tionghoa.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sharing alamat web nya bapak, sehingga kami bisa belajar mengenai faham dualism dalam filsafat, yang memandang bahwa pada hakeket nya alam dunia itu selalu terbagi menjadi dua macam hakikat yang saling berkontradiksi, misalnya baik-jahat, rohani-materi, mental-fisik, dan unsur lainnya, yang mana hal tersebut harus seimbang dalam membentuk kegidupan di bumi.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  3. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dualisme adalah kepercayaan atau aliran mengenai sesuatu yang memiliki dua kutub atau dua sisi atau dua bagian. Dualisme berasal dari bahasa Latin Duo yang berarti dua. Dalam filsafat ilmu, dualisme mewakili pandangan tentang hubungan antara pikiran dan benda.

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Filsuf dalam aliran dualism adalah R.descartes, di mana konsep ini menyatakan terdapat dua subtansi yaitu hubungan antara jiwa dan raga, antara pikiran dan materi, antara subyek dan obyek. Paham dualism merupakan paham yang sangat bertentangan dengan monism. Dualism ini membedakan antara dua substansi yaitu misalnya jiwa dan raga, meskipun jiwa dan raga berada di dalam diri manusia dan saling berhubungan erat tetapi keduanya tetaplah substansi yang terpisah. Maka yang bersifat nyata hanyalah pikiran karena dengan berpikir segala sesuatu akan menjadi ada seperti cogito ergo sum.

    ReplyDelete
  5. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dualisme merupakan aliran tentang segala sesuatu yang memiliki dua sisi, dua bagian, dua daerah, dan dua kutub. Dualisme pertama kali secara implisit terdapat pada kepercayaan agama Mesir yaitu adanya perbedaan Tuhan Set (kekacauan, kematian) dan Osiris (ketertiban, kehidupan). Selanjutnya dalam hal teologi, dualis dapat diibaratkan Baik dan Jahat - atau Tuhan dan Syetan/Iblis.

    ReplyDelete
  6. Junianto
    PM C

    Dualism merupakan paham yang menganggap bahwa segala sesuatu memiliki dua sisi atau dua hal yang selalu berlawanan. Sebagai contoh bahwa di dunia ini ada baik dan buruk, besar dan kecil, subjek dan objek, atas dan bawah, dsb. Ini juga merupakan sunatullah untuk menjaga keseimbangan di dunia ini. Bisa dibayangkan jika keburukan itu tidak memiliki penyeimbang kebaikan maka dunia ini bisa jadi sudah hancur.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dualism terhadap apa yang ada di dunia ini itu sah-sah saja, namun pada hakikatnya kita tidak boleh berpahaman dalism terhadap Tuhan kita, karena kita tahu yang sebenarnya adalah Tuhan yang menciotakan Dualism guna menjadi alat bantu berfikir manusia guna memilih atau melihat sesuatu itu tidak hanya dari satu sisi saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. Junianto
    PM C

    Dualism merupakan paham yang menganggap bahwa segala sesuatu memiliki dua sisi atau dua hal yang selalu berlawanan. Sebagai contoh bahwa di dunia ini ada baik dan buruk, besar dan kecil, subjek dan objek, atas dan bawah, dsb. Ini juga merupakan sunatullah untuk menjaga keseimbangan di dunia ini. Bisa dibayangkan jika keburukan itu tidak memiliki penyeimbang kebaikan maka dunia ini bisa jadi sudah hancur.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum..
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Ide intinya untuk beberapa domain tertentu, ada dua jenis fundamental atau kategori atau prinsip. Dualisme berkebalikan dengan monisme, yang merupakan teori bahwa hanya ada satu jenis fundamental, kategori hal atau prinsip; dan sedikit mirip dengan pluralisme, yang adalah pandangan bahwa ada banyak jenis atau kategori. Dalam filsafat pikiran, dualisme adalah teori bahwa mental dan fisik-atau pikiran dan tubuh atau pikiran dan otak-yang, dalam arti, jenis yang sangat berbeda dari hal. Dalam teologi, misalnya 'dualis' adalah seseorang yang percaya bahwa baik dan jahat atau Tuhan dan Iblis. Dalam filsafat dualisme berhubungan dengan mental dan tubuh, hubungan antara jiwa dan raga. Gagasan mengenai Dualisme ini muncul sejak jaman Plato dan Aristoteles. Tetapi dikenal umum setelah diterapkan oleh Rene Descrates. Dimana paham ini mengajarkan bahwa adanya perbedaan jelas antara pikiran dan otak. Membedakan otak sebagai pusat kecerdasan dengan kesadaran. Semoga jika terdapat kesalahan pemahaman Prof. Marsigit dapat menkoreksinya. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah dualism berasal dari kata Latin duo yang berarti “dua”. Secara umum dualism menunjukkan keadaan dua bagian, dimana terdapat dua jenis atau kategori mendasar dari beberapa hal atau prinsip. Istilah dualisme pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner yang kekal, diperlukan makna yang dipertahankan dalam bentuk metafisik dan filosofis, namun lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dualism merupakan paham yang memandang hubungan antara dua hal. Dualism adalah paham yang memiliki ajaran bahwa segala sesuatu yang ada, bersumber dari dua hakikat atau substansi yang dapat berdiri sendiri-sendiri. Misalnya dualism dalam pikiran bahwa dualism akan mengulas hubungan antara pikiran dan permasalahan yang keduanya merupakan kategori yang berbeda. Sedangkan dalam filsafat ilmu pengetahuan, dualism akan membahas antara subjek dan objek.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dualis dalam filsafat pikiran menekankan perbedaan radikal antara pikiran dan materi. Mereka semua menyangkal bahwa pikiran adalah sama seperti otak, dan beberapa menyangkal bahwa pikiran adalah sepenuhnya produk dari otak. Sedangkkan pada https://id.wikipedia.org/wiki/Dualisme Dualisme didefinisikan sebagai konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik

    ReplyDelete
  13. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dualisme mencoba memadukan antara dua paham yang saling bertentangan, yaitu materialisme dan idealisme. Menurut aliran dualisme materi maupun ruh sama-sama merupakan hakikat. Materi muncul bukan karena adanya ruh, begitu pun ruh muncul bukan karena materi. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya aliran ini masih memiliki masalah dalam menghubungkan dan menyelaraskan kedua aliran tersebut. Aliran dualisme memandang bahwa alam terdiri dari dua macam hakikat sebagai sumbernya. Aliran dualisme merupakan paham yang serba dua, yaitu antara materi dan bentuk. Jadi, segala pengertian yang ada pada manusia, seperti meja, kursi tersebut bukanlah sesuai dengan realitas ide yang berada di dunia ide, melainkan sesuai dengan jenis benda yang tampak pada benda konkret. Materi dan bentuk tidak dapat dipisahkan. Materi tidak dapat terwujud tanpa bentuk, sebaliknya bentuk tidak dapat berada tanpa materi. Tiap benda yang dapat diamati disusun dari bentuk dan materi.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Tuhan dan alam adalah dua hal yang berbeda, penggolongan yang seperti ini adalah penggolongan yang didasarkan pada dua hakekat yaitu hakekat rohani dan hakekat materi.
    Laki-laki dan perempuan, masing-masing bebas berdiri sendiri.
    Dua hal diatas adalah contoh dari paham dualisme, duaisme adalah suatu konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Masing-masing subtansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi.

    ReplyDelete
  15. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dualisme merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa hakikatnya hidup ini daru dua substansi yang berbeda. Seperti halnya pikiran dan tindakan, abstraksi dan realitas, langit dan bumi dan lain sebagainya. Kedua substansi tersebut tidak dapat direduksi dan menjadi suatu kesatuan. Meskipun dua substandi itu terletak pada dasar yang sama, namun pada paham dualisme kedua substansi tersebut dipandang sebagai sesuatu yang berbeda.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dualisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa dalam kehidupan ini terdapat dua prinsip yang saling bertentangan (ada baik dan buruk, terang dan gelap. Dalam konsep ini mengarah pada dua subtansi. Selain pandangan yang berhubungan antara jiwa dan raga, mengklaim juga bahwa fenomena mental adalah entitas non fisik. Sikap ini akan berbahaya jika memuat suatu kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah secara bersamaan.

    ReplyDelete
  17. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Plato dalam bukunya Phaedo, menyatakan adanya “dualisme” antara jiwa dan tubuh. Plato menjelaskan bahwa pikiran dan tubuh adalah dua entitas yang terpisah. Jiwa adalah imaterial dan sumber intelektualitas yang memiliki ikatan dengan pengetahuan dan kebenaran maka sifatnya abadi, sedangkan tubuh adalah kopian yang tidak sempurna dari jiwa, maka dari itu sifatnya material dan tidak abadi

    ReplyDelete
  18. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Kata dualisme berasal dari kata Latin duo yang berarti "dua". Kata dualism ini menunjukkan keadaan dua bagian. Dualisme moral adalah kepercayaan akan pelengkap atau pertentangan antara orang baik dan yang jahat. Baik dan jahat adalah dua hal yang berbeda. Tetapi baik dan jahat dihadapan manudia sifatnya adalah relatif. Manusia cenderung menganggap seseorang baik jika orang tersebut memberikan manfaat baginya. Tetapi kita harus ingat bahwa ada baik dan jahat yang mutlak di dunia ini. Yaitu baik dan jahat menurut Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dualism adalah paham yang memandang dunia dari dua hal. Dualism bertentangan dengan semua jenis yang bersifat monoisme. Contoh dari dualism Misalnya adalah hubungan antara jiwa dan raga. Jiwa dan raga merupakan salah satu bentuk dualisme, yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Jiwa termasuk dari akal pikiran, raga adalah bentuk fisiknya. Manusia itu dilengkapi dengan jiwa dan raga. Oleh karena itu kita sebaiknya bersyukur karena pada dasarnya manusia itu makhluk yang paling sempurna

    ReplyDelete
  20. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Paham dualisme dianggap suatu bagian dari paham idealisme. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Secara definitif dualisme dapat dipahami sebagai pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik. Segala sesuatu yang ada bersumber dari dua hakikat atau substansi yang berdiri sendiri-sendiri. Contohnya adalah adanya Allah dan alam semesta, jiwa dan raga, dll.

    ReplyDelete
  21. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Artinya, realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Segala sesuatu yang ada terdiri dari dua hal yaitu zat dan pikiran. Menurut Plato dua substansi tersebut ialah merupakan dua dunia, yakni dunia yang dapat diindera dan dunia yang dapat dimengerti. Kaitannya dengan kegiatan belajar, duaisme artinya memanfaatkan panca indera untuk memperoleh informasi serta menggunakan pikiran untuk mengolah informasi tersebut menjadi sebuang pengetahuan.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dualisme adalah konsep bahwa pikiran kita adalah lebih dari sekedar otak kita. Konsep ini mensyaratkan bahwa pikiran kita memiliki non-material, dimensi spiritual yang mencakup kesadaran dan mungkin atribut yang kekal. Salah satu cara untuk memahami konsep ini adalah untuk mempertimbangkan diri kita sebagai wadah termasuk tubuh kita dan otak bersama dengan dipisahkan oleh pikiran non-fisik, kekuatan, atau jiwa. Pikiran, kekuatan, atau jiwa dianggap bagian sadar bahwa memanifestasikan dirinya melalui otak dengan cara yang sama bahwa gambar gelombang dan gelombang suara menampakkan diri melalui televisi. Gambar dan suara ombak juga non-materi seperti pikiran, jiwa, atau jiwa. Konsep alternatif adalah materialisme. Materialisme menyatakan bahwa segala sesuatu di alam semesta kita terbuat dari bahan fisik termasuk pikiran manusia atau otak dan bahwa atribut spiritual tidak ada di alam semesta. Konsep ini menyatakan bahwa pikiran dan otak kita adalah satu dan sama.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas atau segala yang ada itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan berdiri sendiri-sendiri. Ada pula yang mengatakan bahwa dualisme adalah ajaran yang menggabungkan antara idealisme dan materialisme, dengan mengatakan bahwa alam wujud ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber yaitu hakikat materi dan rohani. Berdasar sumber di atas, dalam filsafat ilmu, dualisme sering mengacu pada dikotomi antara "subjek" (pengamat) dan "objek" (yang diamati).

    ReplyDelete
  24. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dualisme adalah sebuah pandangan filosofis tentang sekumpulan pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi, yang dimulai dengan klaim bahwa fenomena mental, dalam beberapa hal, tidak bersifat fisik. Dualisme ini kontras dengan monism, yang merupakan teori bahwa hanya ada satu jenis fundamental, kategori benda atau prinsip.

    ReplyDelete
  25. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi, yaitu dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga. atau dengan kata lain segala objek yang ada dan mungkin ada itu memiliki dua bagian, misalnya saja adalah wadah dan isi.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dualisme secara sederhana dapat dimaknai sebagai pandangan bahwa setiap hal yang ada di dunia memiliki dua sisi. Banyak sekali contohnya, misal ada kanan-kiri, baik-buruk, awal-akhir, dsb. Bahkan dalam kaitannya sebagai manusia dalam menjalani kehidupan, kita dituntut untuk selalu mempertimbangkan dan menyeimbangkan antara idealis dan realita, dalam membuat gagasan atau ide haruslah berdasar dan mempertimbangkan pengalaman. Hal seperti ini diyakini, kita akan memperoleh hasil yang luar biasa, jauh lebih baik dibandingkan hanya mementingkan idealis atau realita saja, menggunakan logita atau pengalaman saja. Sedangkan jika dikaitkan dengan pembelajaran, sebagai guru hendaknya dalam melakukan penilaian melihat dari dua aspek, yakni formal dan normatif.

    ReplyDelete
  27. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Bisa diartikan adanya 2 sisi dalam satu bagian. Contohnya di indonesia pernah terjadi dualisme kepengurusan PSSI. Saat itu terjadi perpecahan di tubuh PSSI, sehingga ada dua ketua umum, ada dua liga yang diselenggarakan. Contoh lainnya misalnya ada dualisme pada diri seseorang, kepada penguasa dia sopan, ramah, baik namun kepada bawahannya dia tidak sopan, tidak ramah, dan jahat.

    ReplyDelete
  28. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Dualisme slah satu aliran filsafat yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, memiliki hal yang sama dan abadi. Hubungan antara keduanya dapat menciptakan kehidupan dalam alam Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakekat ini adalah terdapat dalam diri manusia.Terima Kasih

    ReplyDelete