Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

52 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Actualism merupakan perihal mengenai posisi filosofis bahwa segala sesuatu yang ada atau segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualita. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism, yang, seperti telah kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam artikel yang saya baca, aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada dalam arti seluas – luasnya adalah aktual. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain dengan batasan yang tidak terbatas berkisar pada semua dan hanya eksistensi aktual. Penyangkal aktualisme adalah possibilisme, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin saja entitas ini memiliki keberadaan tetapi tidak aktual, dan oleh karena itu ada sesuatu hal yang kurang kuat dari pada hal – hal yang sebenarnya ada. Jadi, segala sesuatu yang sebenarnya yaitu segala sesuatu yang ada, dan itu adalah aktual.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terimakasih atas referensi yang telah diberika, sehingga saya terbantu untuk memahami actualism lebih baik lagi. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. Seseorang yang termasuk aktualis adaah seseorang yang percaya akan sesuatu yang aktual, dan tidak mempercayai yang “mungkin ada”.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang telah ada, dalam arti seluas-luasnya) adalah aktual. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain dengan batasan yang tidak terbatas berkisar pada semua dan hanya eksistensi aktual. Jadi actualism ini juga berpandangan bahwa batasan yang kita miliki adalah tidak terbatas. Hanya aktual eksistensi saja .

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain kuantifikasi terbatas berkisar atas semua dan hanya aktual existents. aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Aktualisme merupakan suatu istilah dalam filsafat yang menyatakan paham mengenai kebenaran yang sesungguhnya / benar-benar ada. Paham aktualisme melaksanakan pembatasan pada perluasan parlemen dan pembatasan pada pelaksanaan kekuasaan. Sehingga kebenaran adalah yang benar terjadi tanpa suatu rekayasa, sehingga dilakukan kontrol terhadap kekuasaan seseorang atau parlemen

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Salah satu tanggapan yang paling dikenal untuk tantangan possibilist dikembangkan oleh alvin plantinga (1974). Jantung pendekatan plantinga adalah gagasan dari esensi individual. definisi yang tepat plantinga dari gagasan ini sedikit rumit, tapi ide itu sendiri cukup sederhana.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Aktualisme dalam filsafat menduduki posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) adalah yang sebenarnya. Hal ini berkaitan dengan empiricsm dan realism, yang menunjuk pada sesuatu yang benar-benar terjadi dalam kehidupan di dunia.Lawan dari possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini ada (dengan cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata. Jadi, pengetahuan yang masih berupa kemungkinan-kemungkinan bukan merupakan isi pemikiran dari para actualist.

    ReplyDelete
  9. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Actualism merupakan suatu posisi filosofis yang menyatakan bahwa segala sesuatu itu ada. Segala sesuatu ini yang dapat dikatakan ada yaitu dalam arti yang sebenarnya. Actualism menyangkal bahwa ada jenis yang berada di luar aktualitas. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism yang menyatakan hal-hal yang tidak sebenarnya namun yang bisa saja.

    ReplyDelete
  10. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    dari link-link diatas, saya berpendapat bahwa actualism menyatakan segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) adalah yang sebenarnya. sesuatu pasti adalah yang sebenarnya. kebalikan dari actualism adalah possibilism yang menyatakan bahwa ada beberapa entitas (sesuatu) yang mungkin, sesuatu tersebut mungkin tidak dapat ditemukan di dunia nyata.

    ReplyDelete
  11. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Aktualisme memandang bahwa segala sesuatu yang ada dalam arti luas adalah aktual atau memang benar-benar ada. Aktualisme berbeda dengan possibilisme, yang memandang bahwa ada atau setidaknya mungkin ada yaitu hal-hal yang sebenarnya bisa saja ada/aktual meskipun pada nyatanya sebenarnya tidak demikian.
    Referensi: https://philpapers.org/browse/actualism-and-possibilism

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas sumber bacaan yang telah diberikan. Setelah membaca beberapa link, dapat saya simpulkan bahwa ACTUALISIM merupakan posisi pada suatu ontologis kemungkinan dunia bahwa segala sesuatu yang ada itu sebenarnya adalah aktual.

    ReplyDelete
  13. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu itu ada (yaitu, segala sesuatu yang ada, dalam arti seluas-luasnya) adalah aktual. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain dengan batasan yang tidak terbatas berkisar pada semua dan hanya eksistensi aktual. Penyangkalan aktualisme adalah possibilisme, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin saja: entitas ini memiliki keberadaan tetapi tidak aktual dan, oleh karena itu, menikmati sesuatu yang "kurang kuat" daripada hal-hal yang sebenarnya ada. Gagasan yang penting namun secara signifikan berbeda dari possibilisme yang dikenal sebagai realisme modal dikembangkan oleh filsuf David Lewis. Bagi Lewis, entitas "hanya mungkin", entitas yang ada di dunia lain yang mungkin ada di tempat yang sama persis Seperti kita di dunia nyata, untuk menjadi aktual, dari perspektif individu tertentu.

    ReplyDelete
  14. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Actualism, oleh karena itu, dapat dianggap sebagai teori metafisika yang mencoba untuk menjelaskan kebenaran dari klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik bagi benda nonactual apapun. Apa yang membuat actualism begitu filosofis menarik, adalah bahwa tidak ada jelas cara yang benar untuk menjelaskan kebenaran dari klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik bagi mungkin tapi nonactual objek.

    ReplyDelete
  16. Anisa SAfitri
    17701251038
    PEPB

    dari link diatas bahwa menurut saya actualisim merupakan bentuk yang nyata atau yang ada. Aktual artinya nyata, benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil, nyata. Lawannya adalah posibilism. Dari sini hal hal yang tidak nyata atau tidak real, bukan fakta tidak akan diterima kaum aktualis karena mereka percaya pada segala sesuatu yang nyata terjadi.

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Actualisim adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada, segala sesuatu yang dapat dikatakan eksis dalam arti apapun adalah aktual. Dengan kata lain, aktualisim menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan untuk menjadi sebenarnya. Dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa actualisim merupakan respon untuk mengakui bahwa ada hal lain yang bersifat ada dan yang mungkin ada namun mempunyai suatu reaksi yang harus diakui keberadaannya. Aliran actualisim menolak kebenaran yang tidak diikuti dengan bukti nyata agar bisa mengakui hal yang tidak aktual tapi ungkin saja.

    ReplyDelete
  18. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Aktualisme adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada, ada dalam artian segala sesuatu dapat dikatakan eksis/ada adalah yang sesungguhnya (sebenarnya). Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan untuk menjadi sebenarnya artinya aliran ini menyakini bahwa tidak ada yang mungkin tidak ada. Oleh karena itu, aktualisme dapat dianggap sebagai teori metafisik yang mencoba menjelaskan kebenaran tanpa mengajukan benda apapun yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  19. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami aktualisme sangat erat hubungannya dengan filsafat analisis kontemporer. Pada filsafat analisis kontemporer, aktualisme merupakan suatu ideologi yang meyakini bahwa segala sesuatu itu ada (maksudnya dalam arti luas yaitu segala sesuatu yang telah menjadi/terjadi) adalah yang sebenar-benarnya ada dan terjadi. Suatu hipotesa atau teori meupakan domain yang tak terbatas kuantifikasinya dan bisa lebih dari beberapa kali, akan tetapi sebenar-benar yang benar adalah keberadaan (eksistensi)

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut Wikipedia, actialism adalah salah-satu cabang dalam filsafat analitis yang menyatakan bahwa segala sesuatu adalah aktual, nyata, dan dapat diselidiki melalui penyelidikan empirik. Namun pertanyaan saya adalah apakah hal-hal yang sifatnya metafisik dapat dikatakan tidak aktual? Mohon pencerahannya,Prof.

    ReplyDelete
  21. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kajian filsafat tidak hanya mempelajari segala sesuatu yang ada (Aktual) tetapi juga meliputi dari sesuatu yang mungkin ada. Hal ini dilakukan karena pada setiap diri manusia terdapat tesis anti tesisnya sehingga menjadi sebuah sintesa kehidupan. Begitu juga dalam pelajaran matematika salah satu penerapan kajian aktualisme adalah pendekatan Realistic Mathematics Education, dimana pada pendekatan ini siswa di ajak untuk menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan objek-objek konkret atau nyata, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  22. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Actualism adalah paham filsafat yang memandang sesuatu dari aktual atau tidak. Aktual yang dimaksud adalah kebenaran yang telah teruji kebenarannya. dan dapat dibuktikan dari fakta-fakta yang ada untuk merumuskan pemecahan suatu masalah. Sehingga jika tidak sesuai dengan akal pikiran manusia kadang dianggap salah dan tidak bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  23. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177709251005

    Assalamualaikum prof,
    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Dengan kata lain, domain kuantifikasi tersebut terbatas pada keberadaan aktualnya. Lawan dari actualism adalah possibilism, yaitu bahwa terdapat beberapa entitas yang mungkin ada. Entitas tersebut ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  24. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Aktualism adalah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu segala sesuatu yang ada dalam arti luas) disebut sebagai aktual. Aktualism juga dapat disebut sebagai hal yang sudah kita ketahui atau hal yang sudah ada di dalam pikiran kita. Lawan dari aktualism adalah possibilism. Possibilsme ialah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat sesuatu yang mungkin ada. Mungkin ada yang dimaksud dalam hal ini ialah suatu hal yang ada keberadaannya tetapi tidak aktual. Dengan kata lain, hal yang mungkin ada ialah hal yang yang belum kita ketahui (yang belum ada di dalam pikiran) walaupun hanya satu sifatnya saja tetapi hal tersebut nyata adanya.

    ReplyDelete
  25. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Actual menurut bahasa berarti benar-benar ada. Actualism adalah sebuah pandangan atau aliran yang memandangkan dan berpendapat segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Actualism adalah paham filsafat yang memandang segala sesuatu yang ada terbukti nilai kebenarannya, dan benar-benar dapat dipercaya. Kebalikan dari actualism adalah possiblism yaitu kemungkinan, yaitu sesuatu yang mungkin ada dan masih diragukan nilai kebenarannya.

    ReplyDelete
  26. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas link-link diatas. Aktual berarti nyata atau benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil dan nyata. Aktualisme adalah sebuah pandangan atau aliran yang memandangkan dan berpendapat segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Lawan dari aktualism adalah possibilism. Possibilsme ialah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat sesuatu yang mungkin ada. Sehingga possibilisme ini masih bersifat meraba-raba, membuat pradugaan atau hipotesis, menebak, dan memprediksi sesuatu yang mungkin ada dan terjadi. Wallahu'alam bishowab.


    ReplyDelete
  27. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Aktualisme berlawanan dengan posibilisme. Jika posibilisme memasukan yang mungkin ada sebagai suatu kebenaran, maka aktualisme hanya memasukan yang ada saja sebagai sesuatu yang benar. Maka aktualisme di sini memberikan titik pacu kebenaran pada sesuatu objek yang riil atau nyata. Aktualisme hanya meyakini kebenaran pada segala sesuatu yang ada, yaitu meliputi yang pernah ada dan yang "sedang" ada. "Yang pernah ada" maksutnya adalah kejadian atau pengetahuan yang telah terjadi dan terbukti pada masa sebelumnya. Sedangkan "yang sedang ada" ialah kebenaran atau pengetahuan yang sedang terjadi dan dibuktikan, jika terbukti, maka pengetahuan ini masuk pada aktualisme.

    ReplyDelete
  28. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Aktualisme adalah pandangan filosofis yang beranggapan bahwa sesuatu yang ada (dalam pemaknaan yang lebih luas) merupakan suatu yang aktual. Aktualisme dapat dikatakan sebagai metafisik yang mencoba untuk membuktikan kebenaran. Aktualisme berusaha untuk menganggap sesuatu yang mungkin ada sebagai hal yang bersifat aktual.

    ReplyDelete
  29. Jika kita memandang bahwa segala sesuatu yang ada bersifat actual maka itulah aktualisme. Segala sesuatu yang ada di bumi, yang ingin membuktkan tentang kebenaran tentang dirinya adalah aktualisme. Hal yang mungkin ada pun berarti berusaha untuk menuju pada aktualisme. Setiap hal di bumi berusaha untuk menampilkan guna mendapatkan pengakuan, guna mendapatkan status, itulah aktualisme.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  30. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa actualism atau aktualisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa sesuatu yang ada atau sesuatu yang dapat dikenakan indera adalah sesuatu yang aktual atau nyata. Lawan dari paham ini adalah posibilisme yaitu bahwa ada sesuatu yang mungkin ada. Dalam pandangan filsafat, para penganut aktualisme menganggap sesuatu yang mungkin ada itu tidak lain hanya fiksi yang diciptakan di dunia nyata.

    ReplyDelete
  31. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Aktualism merupakan salah satu aliran filsafat yang memiliki pandangan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah aktual. Menurut sumber yang saya baca, seseorang dapat mengaktualkan pengetahuan yang diperolehnya jika orang tersebut dapat berpikir positif, dengan berpikir positif, pikiran kita akan lebih berkembang. Selain itu, dengan pikiran positif juga, semangat dalam diri seseorang akan lebih meningkat. Maka dalam pikirannya selalu memikirkan hal-hal yang sifatnya realistik.

    ReplyDelete
  32. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Aktualism mencakup segala sesuatu itu ada atau aktual. Segala sesuatu yang dapat kita indera itu adalah sesuatu yang ada atau aktual. Sebagian yang lain adalah sesuatu yang mungkin ada. Untuk mengubah yang mungkin ada menjadi ada (meng’ada’) seseorang perlu banyak belajar, banyak membaca, banyak berguru dengan orang lain, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  33. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Disini, menganggap sesuatu yang ada belum tentu hal terseput aktual atau dapat dipercaya, begitu juga sesuatu yang aktual belum tentu benar keberadaannya. Paham actualism disini memandang atau hanya mempercayai sesuatu yang ada dan aktual, jika tidak maka mereka sulit untuk mempercayainya. Hal ini sebearnya bagus untuk memilah informasi yang ada dimana zaman sekarang hoax sangatlah menyebar luas. Pemahaman ini juga memberi dampak positif terhadap para pencari kebenaran dari ilmu agama dengan mencari dan memilah informasi dari sumber yang aktual ada.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  34. Junianto
    PM C

    Aktualisme merupakan pandangan bahwa apa yang kita lihat dengan panca indera adalah hal yang aktual atau nyata. Kaitannya dengan filsafat maka dapat dikatakan bahwa aktualism merupakan objek filsafat yaitu segala sesuatu yang ada. Apa yang dapat dirasakan oleh panca indera manusia merupakan sesuatu yang konkret adanya. Objek filsafat yang lain yaitu segala sesuatu yang mungkin ada adalah lawan dari aktualism ini.

    ReplyDelete
  35. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Aktualisme berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat aktual. Para aktualis tidak akan menerima hal-hal yang tidak aktual. Hal-hal yang tidak memiliki fakta dan kebenarannya masih diragukan. Paham ini mempercayai hal yang sebenarnya terjadi. Saya memaknai para aktualis mirip dengan rasionalis. Segala sesuatunya dihubung-hubungkan dengan akal. Saya belajar dari http://www.science.uva.nl/~seop/archives/fall2002/entries/actualism/index.html kalau para aktualis akan mempercayai suatu klaim sebagai suatu aktual apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin suatu nonaktual. Sebagai contoh (contoh saya ambil dari wikipedia), perhatikan pernyataan "Sherlock Holmes ada." Pernyataan ini jelas salah, tapi dianggap sebagai sesuatu yang mungkin benar. Kemungkinan ini biasanya digambarkan dengan pernyataan "ada dunia yang mungkin di mana Sherlock Holmes ada". Kebanyakan aktualis akan senang untuk memberikan penafsiran "keberadaan Sherlock Holmes adalah mungkin" dalam hal kemungkinan dunia. Aktualis berpendapat ketika kita mengklaim "kemungkinan dunia" itu ada, maka sebenarnya pernyataan itu sendiri dapat dipakai untuk menyatakan bahwa dunia kemungkinan itu memang ada. Sejujurnya saya sedikit bingung menagenai aktualisme, tapi saya mencoba membuat contoh lain dari aktualisme untuk memahaminya. Misal saya percaya bahwa dunia Harry Potter itu ada, maka pernyataan saya tentang adanya dunia Harry Potter itu membuat kemungkinan bahwa dunia Harry Potter itu ada memang mungkin saja ada. Mohon koresinya apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  36. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkaan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada dalam arti yang seluas-luasnya (segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun) adalah aktual, dimana domain dari rentang kuantifikasi yang tidak terbatas mencakup semuanya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan untuk menjadi sebenarnya.

    ReplyDelete
  37. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Actualisim merupakan sebuah pandangan yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada itu nyata di dunia. Lawan dari Actualisim yaitu possibilism. Possibilism menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada belum tentu ditemukan di dunia nyata. Jadi apa yang membedakan dunia nyata dari dunia lain adalah apa yang membedakan realitas dari deskripsi simulasi realitas.

    ReplyDelete
  38. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pandangan kita mengenai suatu hal yang ada disebut sebagai aktualisme. segala sesuatu yang dapat dikatakan eksis dalam arti apapun adalah aktual. Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan; untuk menjadi sebenarnya. Aktualisme ini apat dianggap sebagai teori metafisik yang mencoba menjelaskan kebenaran yang mengindikasikan kebenaran yang belum tentu ada kebenarannya.

    ReplyDelete
  39. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Yang dimaksuud dengan Actualism ialah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada termasuk, semua dari mereka di sana (didunia) atau bisa dikatakan yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis yaitu bahwa domain dari kuantifikasi dari rentang yang terbatas atas semua dan hanya existents sebenarnya.

    ReplyDelete
  40. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Aktualisme mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita.

    ReplyDelete
  41. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    actualism adalah Keyakinan bahwa aktualitas dan keberadaan co-luas: yaitu, bahwa hanya hal-hal yang sebenarnya ada, bahwa tidak ada, di samping sebenarnya, ada kemungkinan (kemungkinan entitas).

    ReplyDelete
  42. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Aktual berati benar. Aktualisme berarti bahwa sebuah paham yang memandang kebenaran adalah sesuatu yang nyata atau dapat dipertanggungjawabkan. Merujuk pada fakta-fakta yang ada. Kaum aktualis tidak akan menerima sesuatu yang tidak memiliki fakta yang nyata dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan karena mereka percaya pada sesuatu yang nyata terjadi dan dapar dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Aktualisme merupakan pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang ada, dalam arti seluas-luasnya) adalah aktual. Kaum aktualis berpendapat bahwa ada banyak kemungkinan dunia selain yang kita miliki, yang ada sama seperti yang kita lakukan. Menganggap bahwa sesuatu ada adalah tidak salah, selama memang hal tersebut tidak bertentangan dengan bukti-bukti yang menyatakan ketidakadaannya. Sesuatu bisa jadi memang ada hanya karena kita tidak mengetahuinya maka belum tentu tidak ada.

    ReplyDelete
  44. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Paham aktualisme adalah paham yang hanya mempercayai suatu yang ada hanya berdasarkan eksistensi nya dalam kenyataan di dunia. Aktualis menyangkal keberadaan hal lain yang kajiannya hanya sebatas di pikiran. Contohnya pada penelitian-penelitian mengenai alien, kaum aktualis tidak mempercayai adanya alien karena hal tersebut melampaui kenyataan. Paham ini sangat bertolak belakang dengan paham posibilisme yang selalu membuka atau menerima kemungkinan adanya sesuatu yang saat ini belum tampak buktinya di dalam kenyataan.

    ReplyDelete
  45. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber di atas, dalam filsafat analitik kontemporer, aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang ada, dalam arti seluas-luasnya) adalah aktual. Artinya orang yang berpegang pada aktulism mereka memandang keberadaan adanya sesuatu berdasarkan kebenaran yang sebenar-benarnya, yang dapat dipikirkan dalam pikiran dan sesuai logika. Aktualisme kontradiksi dari possibilisme, yang meyakini adanya kemungkinan keberadaan yang ada tadi dengan melihat aspek lain.

    ReplyDelete
  46. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Aktualisme ialah paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Artinya seorang individu memiliki keinginan untuk menggunakan semua kemampuan atau kekuasaanya untuk mecapai apapun yang mereka mau dan bisa dilakukan. Tentu saja hal ini membahayakan apabila tidak disertai oleh hati nurani. Seseorang yang terlalu ingin mengaktualisasi dirinya cenderung ingin mendapatkan kekayaan atau jabatan setinggi-tingginya yang mampu didapat dari kekuatannya, sekaipun itu melanggar hak orang lain. Oleh karena itu boleh saja kita merasa ingin mengaktualisasi diri demi meningkatkan kualitas kehidupan kita, tetapi jangan lupa untuk menggunakan hari nurani agar aktualisasi diri yang kita laukan tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  47. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Stanford Encyclopedia of Philosophy , aktualisme adalah pandangan secara luas yang terdapat dalam metafisika modalitas. Untuk memahami pemikiran aktualisme, berikut ini sebagai contoh pertimbangannya. Bayangkan sebuah ras makhluk - menyebut mereka 'Aliens' - yang sangat berbeda dari bentuk kehidupan yang ada di mana saja di alam semesta; cukup berbeda, pada kenyataannya, bahwa ada hal sebenarnya yang ada bisa menjadi Alien, lebih dari gorila yang diberikan bisa menjadi lalat buah. Sekarang, meskipun tidak ada Aliens, tampaknya intuitif kasus yang mungkin sudah ada seperti hal-hal tersebut. Setelah semua, kehidupan mungkin telah berkembang sangat berbeda dari cara itu sebenarnya. Misalnya, jika konstanta fisika dasar atau hukum evolusi telah sedikit berbeda, jenis yang sangat berbeda dari hal-hal yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  48. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Aktulisme adalah suatu pandangan yang memandang segala sesuatunya adalah actual.Kemungkinan actual di dunia hanyalah deskripsi tentang cara dunia ini (yang sebenarnya) mungkin saja, dan tidak ada yang lain. Aktuliasme dipandang sebagai deskripsi tentang bagaimana dunia ini (melalui serangkaian pernyataan yang sangat besar), melainkan sebagai keadaan lengkap yang mencakup semua keadaan yang mungkin didapat atau tidak didapat.

    ReplyDelete
  49. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Actualism adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah actual/nyata. Di dalam filsafat, segala objek yang ada dan mungkin ada baru dapat mampu membuktikan keberadaannya jika dia memiliki unsur ada, mengada, dan pengada.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  50. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dalam filsafat analitik kontemporer, aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang ada, dalam arti seluas-luasnya) adalah aktual. Dengan kata lain aktualisme adalah domain dari rentang kuantifikasi yang tidak terbatas mencakup semua dan hanya eksistensi aktual/nyata.

    ReplyDelete
  51. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Aktualisme mengacu pada suatu istilah dalam filsafat yang dapat dimaknai sebagai suatu paham yang menyatakan bahwa kebenaran yang sesungguhnya itu ada dan disarkan pada keberadaan yang aktual. Dengan kata lain, para aktualis memandang bahwa kebenaran adalah yang benar terjadi tanpa suatu rekayasa, dan dapat dilihat secara nyata.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Aktualisme merupakan paham yang menganggap segala sesuatu yang ada itu adalah yang aktual. Aktual berarti yang benar-benar terjadi tanpa rekayasa. Aktual juga bisa diartikan sedang dibicarakan oleh banyak orang. Jadi misalkan di dunia teknologi ada penemuan baru yang sedang dibicarakan banyak orang itu merupakan suatu contoh yang aktual. Kalau dalam filsafat berarti pemikiran pemikiran filsuf terkini adalah filsafat yang aktual.

    ReplyDelete