Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

31 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari referensi yang diberikan diatas adalah posisi filosofi yang menyatakan bahwa segala sesuatu ada dalam arti yang seluas-luasnya (segala sesuatu dalam arti apapun) merupakan aktual yang mana domain dari rentang kuantifikasi mencakup semuanya. Sehingga dengan kata lain, actualism menentang sesuatu yang diluar kenyataan untuk terealisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Seperti yang diutarakan saudari Agnes bahwa "actualism menentang sesuatu yang diluar kenyataan untuk terealisasi", sepertinya bermaksud untuk menyatakan hal-hal yang tidak memuat unsur kenyataan adalah bukan perwujudan dari Realisme, yakni paham yang menyatakan segala sesuatunya bersifat nyata atau real. Terima Kasih.

      Delete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Kajian filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Aktualisme merupakan pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Yang ada di dunia ini merupakan sesuatu yang nyata sehingga dirasakan keberadaannya oleh panca indra. Sedagkan penolakan aktualisme adalah kemungkinanilisme yang menyatakan bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin. Yang mungkin ada bisa saja muncul melalui sebuah keyakinan yang tidak dapat langsung diketahui keberadaannya dengan panca indra.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Selanjutnya, seperti yang disampaikan Saudari Aan bahwa "pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Yang ada di dunia ini merupakan sesuatu yang nyata sehingga dirasakan keberadaannya oleh panca indra. Sedagkan penolakan aktualisme adalah kemungkinanilisme yang menyatakan bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin. Yang mungkin ada bisa saja muncul melalui sebuah keyakinan yang tidak dapat langsung diketahui keberadaannya dengan panca indra". Sepertinya pernyataan ini bermaksud untuk menjabarkan tesis dari Actualism dan anti tesisnya, bahwa pada kenyataannya segala sesuatu yang ada dan mungkin ada kemudian terjadi dan dipersaksikan oleh seorang atau lebih merupakan actualism.

      Delete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Aktialisme adalah aliran filsafat yang menyatakan sebuah kejadian bertolah pada keterjadiannya atau keaktualanya. Mudahnya, aliran ini adalah paham yang mempercayai jika keberadaanya benar-benar ada dan bisa dirasakan oleh panca indera. Jika suatu kejadian hanya “konon katanya” atau nilai keberadaanya masih diragukan maka akan ditolek oleh penganut paham ini.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiiw
    18708251004
    S2 P. Mat A 2018

    Berdasarkan link diatas, menurut saya actualisim merupakan bentuk yang nyata atau yang ada. Aktual artinya nyata, benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil, nyata. Lawannya adalah posibilism. Dari sini hal hal yang tidak nyata atau tidak real, bukan fakta tidak akan diterima kaum aktualis karena mereka percaya pada segala sesuatu yang nyata terjadi.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Aktual adalah betul-betul ada (terjadi); sesungguhnya: cerita itu diangkat dari kejadian yang --; sedang menjadi pembicaraan orang banyak (tentang peristiwa dan sebagainya); baru saja terjadi; masih baru (tentang peristiwa dan sebagainya). Aktualisasi diri adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Aktualisasi diri merupakan istilah yang telah digunakan dalam berbagai teori psikologi.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai ACTUALISIM bahwa Aktualisme adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apa pun - adalah aktual. Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu yang berada di luar aktualitas; menjadi nyata. Oleh karena itu, aktualitasisme sangat berlawanan dengan possibilisme, yang, seperti telah kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk memasukkan kemungkinan tetapi bukan objek yang sebenarnya. Tentu saja, para aktualis akan setuju bahwa mungkin ada Aliens. Oleh karena itu, aktualitas dapat dianggap sebagai teori metafisik yang mencoba menjelaskan kebenaran klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik objek non-aktif apa pun. Apa yang membuat aktualisme begitu menarik secara filosofis, adalah bahwa tidak ada cara yang jelas benar untuk menjelaskan kebenaran klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik objek yang mungkin tetapi tidak aktif. Di sisa artikel ini, kami akan memaparkan berbagai upaya untuk melakukannya secara terperinci dan menilai keefektifannya.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, actualisim adalah posisi pada status ontologis yang kemungkinan dunia menyatakan segala sesuatu yang ada dan mungkin ada pada sebenarnya. Menurut saya aktual adalah terpercaya, dalam artian segala sesuatu yang sudah pasti kebenarannya. Berbicara aktual, pada zaman now ini nampaknya sulit untuk mendapatkan berita yang aktual, hal itu karena banyak sekali berita yang menunjukkan hoax. Nah, oleh karena itu jangan mudah percaya pada berita apapun apabila tidak ada buktinya.

    ReplyDelete
  8. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam filsafat, rasional dan pengalaman merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, kedua hal tersebut merupakan sumber utama dari ilmu pengetahuan serta alat untuk mempertimbangkan suatu keadaan mengenai peristiwa-peristiwa yang telah dan akan terjadi. Di dunia ini, sesuatu itu ada dan mungkin ada, ketika mempercayai sesuatu yang mungkin ada, hal ini juga termasuk dengan keyakianan atau kepercayaan, akan tetapi dalam aliran aktualisme, posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Aktual berati benar. Aktualisme berarti bahwa sebuah paham yang memandang kebenaran adalah sesuatu yang nyata atau dapat dipertanggungjawabkan. Merujuk pada fakta-fakta yang ada. Kaum aktualis tidak akan menerima sesuatu yang tidak memiliki fakta yang nyata dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan karena mereka percaya pada sesuatu yang nyata terjadi dan dapar dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham aktualisme merupakan paham yang menyakini bahwa kebenaran sesungguhnya adalah hal yang nyata atau aktual. Untuk menjadi aktualis yang nyata dan aktif kita harus dapat berusaha mewujudkan kapasitas yang ada dalam individu. Sebagai contoh, dalam dunia pendidikan aktualitas merupakan penggalian potensi pada tiap-tiap individu untuk menjadi aktif dan benar-benar terlihat secara nyata. Dalam hal ini, peran guru adalah sebagai pengajar dan memberikan bantuan pada peserta didik dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link tersebut, actualism adalah padangan filsafat tentang segaa sesuatu yang ada, yang mungkin ada kemudian dapat dinyatakan dalam arti apapun mengenai kebenaranya. Actualisim tidak mempunyai cara untuk menjelaskan kebenaran dari suatu asumsi tanpa harus menarik kesimpulan tetapi menonactualkan objeknya. Karena secara ontologis actalisim dapat menyatakan segaa sesuatu yang ada atau semua yang ada merupakan sebenarnya.

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Selain itu, actualisim berkontradiksi dengan possibilism yaitu mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tetapi nonactual objek. Tidak benar-benar yang ada mungkin dapat menjadi alien. Karena menurut possibilism, sesuatu yang tidak sebenarnya tetapi yang bisa saja, jika telah sebenarnya maka telah aliens. Kontradiksi tersebut ada pada beberapa entitas yang mungkin ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada, yang mana segala sesuatu yang ada dalam arti luas adalah aktual. Tesis dari aktualisme adalah domain tanpa batas dan keberadaan sesuatu secara actual. Sedangkan anti tesisnya adalah kemungkinan. Aktualisme adalah yang mungkin ada. Setiap individu mempunyai pandangan yang berbeda terhadap sebuah kemungkinan sehingga kemungkinan hanyalah bagian dari dunia. Karena tidak semua kemungkinan itu actual.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) yang sebenarnya. Ketika beranggapan bahwa sesuatu yang ada didunia ini adalah sesuatu yang ada, itu merupakan hal yang wajar ketika hal tersebut dialami, dirasakan keberadaanya oleh alat indera, namun ketika di dunia ini ada hal yang mungkin ada yaitu belum kontak dengan alat indera namun ada dalam pikiran maka itu yang mungkin ada, yang mungkin ada bisa dikatakan ada tetapi terbatas pada pikiran. Ketika mempercayai sesuatu yang mungkin ada, hal ini juga termasuk dengan keyakinan atau kepercayaa.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam filsafat analitik kontemporer, aktualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Dimana aktual berarti sesuatu yang sedang menjadi bahan perbincangan orang banyak dan baru saja terjadi serta masih hangat diperbincangkan. Aktualism menyangkal atau bertolak belakang dengan possibilisme yang menganggap bahwa hal-hal yang ada untuk dimasukkan kedalam kemungkinan tetapi bukan objek yang sebenarnya. Contohnya seperti kasus Alien, kaum Possibilisme percaya bahwa alien adalah mungkin ada, didasarkan pada fakta bahwa ada alien yang mungkin, tetapi nonaktual yaitu hal-hal yang tidak sebenarnya ada tetapi bisa saja terjadi. Sedangkan kaum aktualisme menganggap sesuatu yang ada adalah aktual, tentu saja mereka menolak pendapat yang diungkapkan oleh kaum possibelisme. Kaum aktualisme akan setuju jika pernyataannya diubah menjadi ‘ada kemungkinan bahwa ada alien’ tanpa menyebutkan dan membawa objek yang mungkin terjadi namun non aktual, karena itu akan bertenatangan dengan paham aktualism.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Berdasarkan pandangan aktualis, yang membedakan dunia nyata dari dunia lain yang mungkin adalah apa yang membedakan kenyataan dengan deskripsi simulasi kenyattan. Menurut Sherlock Holmes, yang dulu ada dan bukan produk imajinasi dan yang terakhir tidak ada dan merupakan produk dari imajinasi yang ditetapkan dalam konstruksi modal.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Dengan kata lain, domain kuantifikasi tersebut terbatas pada keberadaan aktualnya. Lawan dari actualism adalah possibilism, yaitu bahwa terdapat beberapa entitas yang mungkin ada. Entitas tersebut ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Aktualisme membahas tentang bahwa sesuatu itu memang ada. Ada disini yang berarti sesuatu yang bisa dilihat dan dirasakan manusia contohnya alam semesta yang memang ada bersifat nyata, cipataan Tuhan. Lawan dari aktualisme adalah possibilism yaitu kemungkinan, sesuai dengan objek filsafat yang mengkaiji tentang sesuatu yang ada dan yang mungkin ada.Pada paham possibilism, yang sangat berbeda yang dikenal sebagai modal realisme dikembangkan oleh filsuf David Lewis, Menurut Lewis, dunia yang sebenarnya diidentifikasi dengan alam semesta fisik tempat kita semua menjadi bagian. Dunia-dunia lain yang mungkin ada dalam arti yang persis sama dengan dunia yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Aktualisasi diri adalah Keinginan seseorang untuk menggunakan semua kemampuan dirinya untuk mencapai apapun yang mereka mau dan bisa dilakukan. Ahli jiwa Abraham Maslow, dalam bukunya Hierarchy of Needs menggunakan istilah aktualisasi diri (self actualization) sebagai kebutuhan dan pencapaian tertinggi seorang manusia. Maslow menemukan bahwa tanpa memandang suku asal usul seseorang, setiap manusia mengalami tahap-tahap peningkatan kebutuhan atau pencapaian dalam kehidupannya masing-masing. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari link di atas dapat diketahui bahwa aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Lawan dari aktualisme adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yag hanya mungkin, entitas ini telah ada tetapi tidak aktual. Sebuah gagasan penting dari possibilism yang sangat berbeda dikenal sebagai realism yang dikembangkan oleh David Lewis. Menurutnya dunia yang sebenarnya diidentifikasi dengan alam semesta fisik tempat kita semua menjadi bagiannya.

    ReplyDelete
  22. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu yang ada, dalam arti luas) adalah aktual. Actualism menyangkal bahwa ada sesuatu yang berada di luar aktualitas. Aktualisme sangat kontras dengan kemungkinan, yaitu mengambil hal-hal yang ada untuk memasukkan objek yang mungkin tetapi tidak aktual.

    ReplyDelete
  23. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang dibagikan Pak. Saya membuka salah satu link dan membaca bahwa rasional dan pengalaman merupakan bagian penting dalam kehidupan, karena keduanya merupakan sumber pengetahuan, alat untuk mempertimbangkan suatu keadaan mengenai peristiwa-peristiwa yang telah dan akan terjadi. Ketika mempercayai sesuatu yang mungkin ada, hal ini juga termasuk dengan keyakinan atau kepercayaan. Tetapi terdapat aliran yang dyang dikenal dengan actualism yaitu dalam filsafat analitik kontemporer, acualism adalah poisisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Because actualism opposite with the possibilities, can I conclude that actualism is an empiric?

    ReplyDelete
  25. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dari link yang saya baca di atas mengenai aktualisme merupakan bentuk yang nyata dan ada dengan ruang dan waktu tertentu. Aktual memiliki makna segala sesuatu yang nyata dan ada yang dapat dibuktikan dengan kebenaran. Sesuatu yang betul-betul terjadi, benar, dan dapat dipercaya merupakan sifat dari actual itu sendiri. Dimana lawan dari actualism yaitu possibilism.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Berdasarkan artikel yang bapak bagikan di atas, dapat diketahui bahwa actualism dalam filsafat analitik kontemporer memandang bahwa segala sesuatu yang ada itu adalah aktual atau yang sebenarnya. Anti tesis dari actualism adalah possibilsm.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Actulism merupakan paham filsafat yang mengedepankan aktualisasi atau berkaitan dengan hal-hal yang aktual dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  28. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Actualism dalam filsafat meyakini bahwa segala sesuatu yang ada-keberadaannya nyata dan dapat dijelaskan oleh indera-adalah aktual. Lawan dari actualism adalah possibilism yang meyakini keberadaan sesuatu yang mungkin ada walaupun obyeknya tidak nyata. Maka, dari sudut pandang ini, yang membedakan aktualisme dan posibilisme adalah realita dan imajinasi.

    ReplyDelete