Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

12 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Actualism, oleh karena itu, dapat dianggap sebagai teori metafisika yang mencoba untuk menjelaskan kebenaran dari klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik bagi benda nonactual apapun. Apa yang membuat actualism begitu filosofis menarik, adalah bahwa tidak ada jelas cara yang benar untuk menjelaskan kebenaran dari klaim seperti 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' tanpa menarik bagi mungkin tapi nonactual objek.

    ReplyDelete
  2. Anisa SAfitri
    17701251038
    PEPB

    dari link diatas bahwa menurut saya actualisim merupakan bentuk yang nyata atau yang ada. Aktual artinya nyata, benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil, nyata. Lawannya adalah posibilism. Dari sini hal hal yang tidak nyata atau tidak real, bukan fakta tidak akan diterima kaum aktualis karena mereka percaya pada segala sesuatu yang nyata terjadi.

    ReplyDelete
  3. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Actualisim adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada, segala sesuatu yang dapat dikatakan eksis dalam arti apapun adalah aktual. Dengan kata lain, aktualisim menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan untuk menjadi sebenarnya. Dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa actualisim merupakan respon untuk mengakui bahwa ada hal lain yang bersifat ada dan yang mungkin ada namun mempunyai suatu reaksi yang harus diakui keberadaannya. Aliran actualisim menolak kebenaran yang tidak diikuti dengan bukti nyata agar bisa mengakui hal yang tidak aktual tapi ungkin saja.

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Aktualisme adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada, ada dalam artian segala sesuatu dapat dikatakan eksis/ada adalah yang sesungguhnya (sebenarnya). Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu yang melampaui kenyataan untuk menjadi sebenarnya artinya aliran ini menyakini bahwa tidak ada yang mungkin tidak ada. Oleh karena itu, aktualisme dapat dianggap sebagai teori metafisik yang mencoba menjelaskan kebenaran tanpa mengajukan benda apapun yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami aktualisme sangat erat hubungannya dengan filsafat analisis kontemporer. Pada filsafat analisis kontemporer, aktualisme merupakan suatu ideologi yang meyakini bahwa segala sesuatu itu ada (maksudnya dalam arti luas yaitu segala sesuatu yang telah menjadi/terjadi) adalah yang sebenar-benarnya ada dan terjadi. Suatu hipotesa atau teori meupakan domain yang tak terbatas kuantifikasinya dan bisa lebih dari beberapa kali, akan tetapi sebenar-benar yang benar adalah keberadaan (eksistensi)

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut Wikipedia, actialism adalah salah-satu cabang dalam filsafat analitis yang menyatakan bahwa segala sesuatu adalah aktual, nyata, dan dapat diselidiki melalui penyelidikan empirik. Namun pertanyaan saya adalah apakah hal-hal yang sifatnya metafisik dapat dikatakan tidak aktual? Mohon pencerahannya,Prof.

    ReplyDelete
  7. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kajian filsafat tidak hanya mempelajari segala sesuatu yang ada (Aktual) tetapi juga meliputi dari sesuatu yang mungkin ada. Hal ini dilakukan karena pada setiap diri manusia terdapat tesis anti tesisnya sehingga menjadi sebuah sintesa kehidupan. Begitu juga dalam pelajaran matematika salah satu penerapan kajian aktualisme adalah pendekatan Realistic Mathematics Education, dimana pada pendekatan ini siswa di ajak untuk menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan objek-objek konkret atau nyata, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  8. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Actualism adalah paham filsafat yang memandang sesuatu dari aktual atau tidak. Aktual yang dimaksud adalah kebenaran yang telah teruji kebenarannya. dan dapat dibuktikan dari fakta-fakta yang ada untuk merumuskan pemecahan suatu masalah. Sehingga jika tidak sesuai dengan akal pikiran manusia kadang dianggap salah dan tidak bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177709251005

    Assalamualaikum prof,
    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Dengan kata lain, domain kuantifikasi tersebut terbatas pada keberadaan aktualnya. Lawan dari actualism adalah possibilism, yaitu bahwa terdapat beberapa entitas yang mungkin ada. Entitas tersebut ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  10. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Aktualism adalah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu segala sesuatu yang ada dalam arti luas) disebut sebagai aktual. Aktualism juga dapat disebut sebagai hal yang sudah kita ketahui atau hal yang sudah ada di dalam pikiran kita. Lawan dari aktualism adalah possibilism. Possibilsme ialah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat sesuatu yang mungkin ada. Mungkin ada yang dimaksud dalam hal ini ialah suatu hal yang ada keberadaannya tetapi tidak aktual. Dengan kata lain, hal yang mungkin ada ialah hal yang yang belum kita ketahui (yang belum ada di dalam pikiran) walaupun hanya satu sifatnya saja tetapi hal tersebut nyata adanya.

    ReplyDelete
  11. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Actual menurut bahasa berarti benar-benar ada. Actualism adalah sebuah pandangan atau aliran yang memandangkan dan berpendapat segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Actualism adalah paham filsafat yang memandang segala sesuatu yang ada terbukti nilai kebenarannya, dan benar-benar dapat dipercaya. Kebalikan dari actualism adalah possiblism yaitu kemungkinan, yaitu sesuatu yang mungkin ada dan masih diragukan nilai kebenarannya.

    ReplyDelete
  12. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas link-link diatas. Aktual berarti nyata atau benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil dan nyata. Aktualisme adalah sebuah pandangan atau aliran yang memandangkan dan berpendapat segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Lawan dari aktualism adalah possibilism. Possibilsme ialah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat sesuatu yang mungkin ada. Sehingga possibilisme ini masih bersifat meraba-raba, membuat pradugaan atau hipotesis, menebak, dan memprediksi sesuatu yang mungkin ada dan terjadi. Wallahu'alam bishowab.


    ReplyDelete