Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

14 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Pengingkaran terhadap aktualisme adalah possibilisme, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata. Aktualisme juga dapat diartikan sebagai sebuah paham tentang sesuatu yang ada. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual.

    ReplyDelete
  2. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensi yang di berikan Prof Marsigit, dari sini dapat menambah kata pengertian pham filsafat baru yaitu actualism. Di sini Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Di Amerika Serikat bernama William James sebagai tokohnya, di Inggris bernama FC. Schiller, Charles S. Pierce (1834-1914) dan George Herbert Mead (1863-1931). Pragmatik dalam perkembangan mengalami perbedaabn kesimpulan walalaupun dari gagasan asal yang sama. Ada 3 patokan yang di setujui aliran pragmatik yaitu:
    1. Menolak segala intelektualisme
    2. Aktualisme
    3. Meremehkan logika formal
    Mungkin itu yang saya dapatkan dari mepelajari actualism ini.

    ReplyDelete
  3. Actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yakni, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. Aktualis akan menyatakan ada pada apapun yang telah ada, dalam alam sekitar atau pemikiran manusia yang telah dituangkan berupa buah pikiran.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yakni, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya.Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain tak terbatas hitungan yang berkisar atas semua dan hanya existents yang sebenarnya. Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada, segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam akal adalah yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada suatu jenis yang menjadi diluar aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri di kontras dengan possibilism yang mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda yang memungkinkan ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini telah menjadi tapi tidak sebenarnya dan karenanya, untuk membuktikannya "kurang kuat",

    Untuk memahami tesis actualism, kita lihat contoh . Bayangkan sebuah ras makhluk yang mereka sebut ‘Aliens’ yang sangat berbeda dari bentuk kehidupan yang benar-benar ada di mana saja di alam semesta, pada kenyataannya, bahwa tidak benar-benar ada hal yang bisa menjadi Alien. Meskipun tidak ada Aliens, tampaknya intuitif benar bahwa mungkin sudah ada hal-hal seperti itu. Setelah semua, kehidupan bisa berkembang sangat berbeda dari cara itu pada kenyataannya. Jadi mengapa benar bahwa mungkin sudah ada Aliens padahal sebenarnya tidak ada. Dan apakah ada yang benar-benar bisa menjadi Alien?
    Untuk menjawab pertanyaan ini, seorang filsuf harus mencoba untuk mengidentifikasi fitur-fitur khusus dari dunia yang bertanggung jawab atas kebenaran klaim tentang apa yang bisa saja terjadi. Satu kelompok filsuf, yang possibilists, menawarkan jawaban berikut: ‘Ada kemungkinan bahwa ada Aliens’ benar karena sebenarnya ada individu yang bisa menjadi Aliens. Dengan hipotesis, bagaimanapun, orang tersebut hanya mungkin dan tidak aktual. Tidak ada benar-benar hal mungkin telah menjadi Alien. Oleh karena itu, kebenaran 'Ada kemungkinan bahwa ada Aliens' adalah, menurut possibilism, didasarkan pada kenyataan bahwa ada kemungkinan-tapi-nonactual Aliens, yaitu, hal-hal yang tidak sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Actualism diartikan sebagai pandangan mengenai segala sesuatu yang ada atau sesuatu yang telah menjadi dengan sebenarnya menurut filsafat analitik kontemporer. Lawan dari actualism ialah possibilism yang menyatakan bahwaada beberapa entitas yang kurang kuat dari hal-hal yang sudah ada.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    dari link di atas, saya menjadi tahu bahwa actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (semua ada) adalah aktual

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Actualism merupakan suatu paham dengan segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Actual berada di sekeliling atau di sekitar kita. Actual ada karena kita berpikir, benar adanya jika ada dalam pikiran kita tentang apa yang kita pikirkan.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yakni, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar atas semua dan hanya existents yang sebenarnya. Penolakan actualism adalah possibilism, dengan tesisnya yang mengungkapkan bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini telah menjadi tapi tidak sebenarnya dan, karenanya, menikmati "kurang kuat" semacam menjadi daripada hal-hal yang benar-benar ada. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran filsafat yang mereka pelajari baru secara parsial atau tidak menyeluruh. Karena objek filsafat itu meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini. Kita tidak bisa hanya mempelajari yang ada saja. Padahal ilmu Allah SWT itu sangat luas, dan baru sedikit sekali yang terlihat dan terjangkau oleh pikiran manusia.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aktualisme merupakan budaya terhadap sesuatu yang aktual (sesungguhnya, benar-benar terjadi,fakta). Sehingga mereka yang termasuk aktualis hanya mempercayai terhadap sesuatu yang aktual, itu benar - benar terjadi dan berdasarkan fakta. Sehingga para aktualis sangat menentang kata “ yang mungkin ada”.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    actualism adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. hal-hal yang bertentangan dengan logika bukanlah objek dari paham ini. dalam realisasinya actualism selalu menggunakan akal pikiran dan pancaindra nya untuk menganalisis apakah sesuatu itu benar adanya

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) adalah yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar lebih dari sekali dan hanya existents sebenarnya. Penolakan actualism adalah possibilism. Possibilism adalah teori yang mengungkapkan bahwa manusialah yang menentukan kehidupannya.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam filsafat analitik kontemporer , aktualisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang ada , dalam arti luas) adalah aktual. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain dengan batasan yang tidak terbatas berkisar pada semua dan hanya eksistensi aktual.
    Penyangkalan aktualisme adalah possibilisme , tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin saja : entitas ini memiliki keberadaan tetapi tidak aktual dan, oleh karena itu, menikmati "kurang kuat" semacam daripada sebenarnya hal-hal yang ada. Gagasan yang penting namun secara signifikan berbeda dari possibilisme yang dikenal sebagai realisme modal dikembangkan oleh filsuf David Lewis . " Tentang akun Lewis, dunia sebenarnya diidentifikasi dengan alam fisik dimana kita semua menjadi bagian. Dunia lain yang mungkin ada Dalam arti yang persis sama dengan dunia sebenarnya, mereka hanya secara spatio-temporal tidak terkait dengan dunia kita, dan satu sama lain. Oleh karena itu, bagi Lewis, entitas "hanya mungkin" - entitas yang ada di dunia lain yang mungkin - ada di tempat yang sama persis Seperti kita di dunia nyata, untuk menjadi aktual, dari perspektif individu tertentu manapun di dunia yang mungkin, hanyalah bagian dari dunia yang sama dengan x .

    ReplyDelete
  13. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada itu sebenarnya adalah aktual. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain dari kuantifikasi dari rentang yang terbatas atas semua dan hanya existents sebenarnya. Pengingkaran actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada (dengan cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.
    Untuk memahami apa itu actualism diberikan sebuah contoh seperti berikut. Bayangkan ada sekumpulan makhluk sebut saja alien yang sangat berbeda bentuknya dari segala macam yang ada di kehidupan alam semesta ini. Pada kenyataannya, alien tidak benar-benar ada. Namun, alien ini tampak intuitif bahwa hal-hal seperti ini benar adanya. Walaupun belum ada yang mengetahui pasti apakah benar alien benar-benar ada, padahal sebenarnya tidak ada. Dan apalagi tidak ada yang bisa menjadi alien.

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Rasional dan pengalaman merupakan bagian penting dalam kehidupan, karena keduanya merupakan sumber pengetahuan, alat untuk mempertimbangkan suatu keadaan mengenai peristiwa-peristiwa yang telah dan akan terjadi. Ketika beranggapan bahwa sesuatu yang ada di dunia ini adalah sesuatu yang ada, itu merupakan hal yang wajar ketika hal tersebut dialami, dirasakan keberadaanya oleh alat indera, namun ketika di dunia ini ada hal yang mungkin ada yaitu belum kontak dengan alat indera namun ada dalam pikiran maka itu yang mungkin ada, yang mungkin ada bisa dikatakan ada tetapi terbatas pada pikiran. Ketika mempercayai sesuatu yang mungkin ada, hal ini juga termasuk dengan keyakinan atau kepercayaan, tetapi terdapat aliran yang dikenal dnegan aktualisme. Aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete