Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

15 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Experimentalism adalah kepercayaan filosofis bahwa percobaan menghasilkan kebenaran (empirisme). Atau juga bisa ditafsirkan sebagai kepercayaan filosofis bahwa kebenaran dievaluasi berdasarkan kegunaannya menunjukkan;( instrumentalisme). Eksperimentalisme yang juga disebut dengan instrumentalisme, merupakan sebuah filsafat yang dikemukakan oleh seorang filsuf Amerika John Dewey, yang mengatakan bahwa apa yang paling penting dalam sebuah benda atau ide adalah nilainya sebagai instrumen dari tindakan dan bahwa kebenaran ide terletak pada kegunaannya. Berpikir sebagai alat untuk memecahkan masalah. Dalam filsafat ilmu, instrumentalisme adalah pandangan bahwa sebuah teori ilmiah merupakan alat yang berguna dalam memahami dunia. Sebuah konsep atau teori harus dievaluasi oleh seberapa efektif menjelaskan dan memprediksi fenomena.

    ReplyDelete
  2. Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang dapat ditunjukkan. Eksperimentalisme cocok untuk kehidupan manusia di dunia karena manusia yang diberi anugerah indra dan akal digunakan untuk memperoleh pengetahuan melalui pengamatan dan percobaan. Walaupun kadang pengetahuan yang diperoleh kurang sempurna. Orang yang melakukan usaha dengan eksperimen merupakan menunjukkan adanya pemberdayaan pengethauannya untuk terus berinovasi.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Experimentalism adalah sebuah keyakinan dalam filsafat yang mengatakan bahwa suatu kebenaran harus bisa dibuktikan dengan melalui eksperimen dan empiris. Sehingga aliran ini untuk mencari sebuah kebenaran maka harus dilakukan percobaan dan melihatnya dalam kenyataan, dan diharapkan dengan adanya eksperimen ini akan menguatkan sebuah kebenaran dan menjadikannya sebagai ilmu.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Experimentalism merupakan keyakinan dalam ilmu filsafat mengenai bagaimana cara untuk membuktikan kebenaran melalui eksperimen dan emipirisme. Experimentalis memulai filsafat dengan pengalaman yang ada di berbagai aspek kehidupan manusia. Sehingga Experimentalism memperlajari proses seseorang untuk memperoleh pengalaman di semua aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. [1] Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya ditunjukkan. Instrumentalism, dalam filsafat ilmu, pandangan bahwa nilai konsep ilmiah dan teori tidak ditentukan oleh apakah mereka benar-benar benar atau sesuai dengan kenyataan dalam arti tetapi dengan sejauh mana mereka membantu untuk membuat prediksi empiris yang akurat atau untuk menyelesaikan masalah konseptual.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini tampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama sekali pada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Experimentalism merupakan keyakinan filosofs yang mengatakan bahwa cara untuk mencari kebenaran yakni dengan eksperimen dan empiricism. Hal ini berkaitan juga dengan instrumentalis, yaitu keyakinan bahwa suatu kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaan yang ditunjukkannya. Salah satu tokohnya yaitu John Dewey, seorang filsuf asal Amerika. Dia terkenal dengan pemikirannya tentang pragmatisme. Dia juga berpandangan bahwa penyelidikan tidak harus dipahami sebagai sebuah pemikiran yang pasif yang hanya mengamati dunia dan gambar dari sebuah ide-ide yang bersesuaian dengan realitas, melainkan sebuah proses cek dan recek, menguji hipotesis.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Experimentalism merupakan suatu pandangan filosofis dalam membuktikan segala sesuatu melalui proses experiment. Untuk berexsperiment diperlukan adanya pengalaman bahkan untuk menggapai pengalaman perlu proses panjang karena pengalaman adalah guru terbaik.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/ perolehan pengalaman. Paham ini memandang manusia sebagai makhluk yang dinamis aktif dan kreatif. Eksperimentalis dikatakan sebagai seseorang yang optimis bahwa dia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berpikir kreatif berdasarkan pengalaman- pengalaman.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme yang berarti berdasarkan pada pengalaman seseorang. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    berdasarkan Salah satu link yang diberikan oleh bapak:
    Instrumentalisme , dalam filsafat sains , pandangan bahwa nilai konsep dan teori ilmiah tidak ditentukan oleh apakah benar-benar benar atau sesuai dengan kenyataan dalam beberapa hal, tetapi sejauh mana mereka membantu membuat prediksi empiris yang akurat atau untuk menyelesaikannya. Masalah konseptual Oleh karena itu, instrumentalisme adalah pandangan bahwa teori ilmiah harus dipikirkan terutama sebagai alat untuk memecahkan masalah praktis daripada deskripsi yang bermakna tentang alam. Memang, para instrumentalis biasanya mempertanyakan apakah masuk akal memikirkan istilah teoretis yang sesuai dengan realitas eksternal.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dikatakan eksperimentalisme, karena filsafat ini menggunakan metode eksperimen dan berdasarkan atas pengalaman dalam menentukan kebenarannya. Eksperimentalisme menyadari dan mempraktikkan bahwa eksperimen (percobaan ilmiah) merupakan alat utama untuk menguji kebenaran suatu teori. Percobaan-percobaan tersebut akan membuktikan apakah suatu ide, teori, pandangan, benar atau tidak. Dengan percobaan itulah subjek memiliki pengalaman nyata untuk mengerti suatu teori, suatu ilmu pengetahuan. Kita menguji kebenaran suatu peoposisi dengan melakukan percobaan. Dengan demikan maka tidak ada kebenaran yang pasti dan dapat dijadikan pedoman dalam bertindak.

    ReplyDelete