Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

10 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dewey menamakan pragmatisme sebagai instrumentalisme. Instrumentalisme sebenarnya sebutan lain dari filsafat pragmatisme, selain eksperimentalisme. Pierce memaksudkan pragmatisme untuk membuat pikiran biasa menjadi ilmiah, tetapi James memandangnya sebagai sebuah filsafat yang dapat memecahkan masalah-masalah metafisik dan agama. Bahkan lebih jauh, James menganggapnya sebagai theory of meaning dan theory of truth. Dewey merumuskan esensi instrumentalisme pragmatis sebagai to conceive of both knowledge and practice as means of making good excellencies of all kind secure in experienced existence. Demikianlah, Dewey memberikan istilah pragmatisme dengan instrumentalism, operationalism, functionalism, dan experimentalism. Disebut demikian karena
    menurut aliran ini bahwa ide, gagasan, pikiran, dan inteligent merupakan alat atau instrumen untuk mengatasi kesulitan atau persoalan yang dihadapi manusia.

    ReplyDelete
  2. anisa safitri
    17701251038
    PEP B

    Eksperimen adalah percobaan. Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Jadi, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya kurang lebih seperti itu. Dalam penelitian Pendidikan eksperimental merupakan penelitian pendidikan yang berbasis pada pecobaan untuk menentukan atau menyelesaikan masalah, dengan mengontrol atau memanipulasi fenomena- fenomena lingkungan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Eksperimen berarti percobaan yang bersistem dan berencana, sedangkan eksperimental berkaitan dengan percobaan pula, atau dengan kata lain bahwa eksperimental merupakan suatu percobaan untuk menemukan atau bahkan menguji suatu kebenaran. Eksperimental juga berkaitan dengan empiricism yang berarti eksperimental juga berhubungan dengan pengalaman. Dengan adanya pengalaman maka muncullah eksperimentalisem.

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan link yang bapak berikan, diperoleh informasi bahwa eksperimentalisme merupakan keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Instrumentalisme merupakan suatu usaha untuk menyusun suatu teori yang logis dan tepat dari konsep-konsep, pertimbangan-pertimbangan, penyimpulan-penyimpulan dalam bentuk yang bermacam-macam yang berfungsi dalam penemuan-penemuan yang berdasarkan pengalaman mengenai konsekuensi-konsekuensi di masa depan.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Eksperimentalisme merupakan ideologi atau paham filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Ideologi ini merupakan sintesis filososfi santara behaviorisme dengan pragmatisme. Behaviorisme menganggap bahwa pengalaman personal merupakan output dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofis eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa suatu konsep adalah benar jika diterapkan ke pemecahan masalah yang nyata ( praktis) maka akan mengarah ke arah konsekuensi-konsekuensi yang efektif.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. experimentalism adalah suatu paham yang menekankan pada prinsip ekperimental dan empirisme untuk mencari suatu kebenaran. Asumsinya, kebenaran harus berdiri di atas bukti-bukti yang empiric melalui proses penelitian yang sistematik. Dalam konteks Indonesia, Kurikulum 13 adalah krikulum yang menjadikan eksperimental-saintifik sebagai salah-satu metode dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  7. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hidup manusia bersifat hirarki terstruktur. Di dalam kehidupan banyak sekali terdapat rahasia baik yang bersifat alami maupun bersifat buatan. Suatu ilmu dapat dikatakan valid dan reable apabila telah terbukti kebenaranya dan diakui oleh khalayak umum. Untuk membuktikan suatu teori, rahasia, penemuan, dan masalah tertentu diperlukan pengujian dengan melakukan suatu Experimentalism yang disusun berdasarkan pola hubungan baik yang bersifat dependen, independen maupun hubungan interaktif yang disertai dengan kajian teoristik yang bersifat ilmiah.

    ReplyDelete
  8. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber wikipedia di atas, eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis yang menyatakan bahwa eksperimen dan empirisme merupakan jalan atau cara untuk menemukan kebenaran. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme yang berkeyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya. Trial dan error juga merupakan salah satu bentuk dari eksperiment yang telah dipraktikan di segala bidang tetapi sifatnya kurang formal. Memang seharusnya seperti itu, suatu kebenaran baiknya ditemukan berdasarkan eksperiman, bukan hanya berdasarkan feeling atau kira-kira saja. Jika suatu informasi atau pengetahuan merupakan hasil dari eksperimen, maka informasi atau penegtahuan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Eksperimentalisme merupakan aliran yang menyadari dan mempraktekkan eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Aliran ini membuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan melalui eksperimen. Ketika suatu teori atau suatu pernyataan tidak dipraktekkan melalui sebuah kajian yang mendalam maka belumlah teori tersebut dapat difonis kebenarannya, selain itu juga belum bisa kita katakan bahwa teori tersebut salah atau tidak benar.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I now know that the philosophical belief that the path to truth is through experimentation and empiricism. In other words, experimentalism is a philosophical philosophy that studies the process / acquisition of experience. The experimental philosophical character is John Dewey. In relation to education in Indonesia, the 2013 curriculum always promotes teaching-learning methods that highlight scientific experiments, where students should be required to improve their experiences and use them in classroom learning. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete