Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

47 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Eksperimentalisme adalah suatu aliran filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Pada intinya merupakan penggabungan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Behaviorisme filosofis menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Sementara itu, pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata (praktis).

    ReplyDelete
  2. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Eksperimentalisme merupakan aliran filsafat yang mempelajari mengenai proses atau cara memperoleh pengalaman. Golongan eksperimentalis memandang bahwa manusia sebagai makhluk yang dinamis, aktif, dan kreatif. Manusia-manusia eksperimentalis adalah manusia-manusia dan optimis bahwa ia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berpikir kreatif berdasarkan pengalaman-pengalaman. Falsafah Eksperimentalis ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Adapun filsuf yang beraliran eksperimentalisme diantaranya John Dewey.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Eksperimentalisme adalah suatu faham keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Ekperimentalisme erat kaitannya dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Intrumentalisme berkaitan dengan pragmatisme, yaitu menggunakan asas kebermanfaatan “untuk apa” yaitu melakukan sesuatu manfaatnya untuk apa. Sebagai contoh: belajar matmatika manfaatnya apa?.

    ReplyDelete
  4. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dewey menamakan pragmatisme sebagai instrumentalisme. Instrumentalisme sebenarnya sebutan lain dari filsafat pragmatisme, selain eksperimentalisme. Pierce memaksudkan pragmatisme untuk membuat pikiran biasa menjadi ilmiah, tetapi James memandangnya sebagai sebuah filsafat yang dapat memecahkan masalah-masalah metafisik dan agama. Bahkan lebih jauh, James menganggapnya sebagai theory of meaning dan theory of truth. Dewey merumuskan esensi instrumentalisme pragmatis sebagai to conceive of both knowledge and practice as means of making good excellencies of all kind secure in experienced existence. Demikianlah, Dewey memberikan istilah pragmatisme dengan instrumentalism, operationalism, functionalism, dan experimentalism. Disebut demikian karena
    menurut aliran ini bahwa ide, gagasan, pikiran, dan inteligent merupakan alat atau instrumen untuk mengatasi kesulitan atau persoalan yang dihadapi manusia.

    ReplyDelete
  5. anisa safitri
    17701251038
    PEP B

    Eksperimen adalah percobaan. Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Jadi, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya kurang lebih seperti itu. Dalam penelitian Pendidikan eksperimental merupakan penelitian pendidikan yang berbasis pada pecobaan untuk menentukan atau menyelesaikan masalah, dengan mengontrol atau memanipulasi fenomena- fenomena lingkungan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Eksperimen berarti percobaan yang bersistem dan berencana, sedangkan eksperimental berkaitan dengan percobaan pula, atau dengan kata lain bahwa eksperimental merupakan suatu percobaan untuk menemukan atau bahkan menguji suatu kebenaran. Eksperimental juga berkaitan dengan empiricism yang berarti eksperimental juga berhubungan dengan pengalaman. Dengan adanya pengalaman maka muncullah eksperimentalisem.

    ReplyDelete
  7. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan link yang bapak berikan, diperoleh informasi bahwa eksperimentalisme merupakan keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Instrumentalisme merupakan suatu usaha untuk menyusun suatu teori yang logis dan tepat dari konsep-konsep, pertimbangan-pertimbangan, penyimpulan-penyimpulan dalam bentuk yang bermacam-macam yang berfungsi dalam penemuan-penemuan yang berdasarkan pengalaman mengenai konsekuensi-konsekuensi di masa depan.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Eksperimentalisme merupakan ideologi atau paham filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Ideologi ini merupakan sintesis filososfi santara behaviorisme dengan pragmatisme. Behaviorisme menganggap bahwa pengalaman personal merupakan output dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofis eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa suatu konsep adalah benar jika diterapkan ke pemecahan masalah yang nyata ( praktis) maka akan mengarah ke arah konsekuensi-konsekuensi yang efektif.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. experimentalism adalah suatu paham yang menekankan pada prinsip ekperimental dan empirisme untuk mencari suatu kebenaran. Asumsinya, kebenaran harus berdiri di atas bukti-bukti yang empiric melalui proses penelitian yang sistematik. Dalam konteks Indonesia, Kurikulum 13 adalah krikulum yang menjadikan eksperimental-saintifik sebagai salah-satu metode dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hidup manusia bersifat hirarki terstruktur. Di dalam kehidupan banyak sekali terdapat rahasia baik yang bersifat alami maupun bersifat buatan. Suatu ilmu dapat dikatakan valid dan reable apabila telah terbukti kebenaranya dan diakui oleh khalayak umum. Untuk membuktikan suatu teori, rahasia, penemuan, dan masalah tertentu diperlukan pengujian dengan melakukan suatu Experimentalism yang disusun berdasarkan pola hubungan baik yang bersifat dependen, independen maupun hubungan interaktif yang disertai dengan kajian teoristik yang bersifat ilmiah.

    ReplyDelete
  11. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber wikipedia di atas, eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis yang menyatakan bahwa eksperimen dan empirisme merupakan jalan atau cara untuk menemukan kebenaran. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme yang berkeyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya. Trial dan error juga merupakan salah satu bentuk dari eksperiment yang telah dipraktikan di segala bidang tetapi sifatnya kurang formal. Memang seharusnya seperti itu, suatu kebenaran baiknya ditemukan berdasarkan eksperiman, bukan hanya berdasarkan feeling atau kira-kira saja. Jika suatu informasi atau pengetahuan merupakan hasil dari eksperimen, maka informasi atau penegtahuan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Eksperimentalisme merupakan aliran yang menyadari dan mempraktekkan eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Aliran ini membuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan melalui eksperimen. Ketika suatu teori atau suatu pernyataan tidak dipraktekkan melalui sebuah kajian yang mendalam maka belumlah teori tersebut dapat difonis kebenarannya, selain itu juga belum bisa kita katakan bahwa teori tersebut salah atau tidak benar.

    ReplyDelete
  13. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I now know that the philosophical belief that the path to truth is through experimentation and empiricism. In other words, experimentalism is a philosophical philosophy that studies the process / acquisition of experience. The experimental philosophical character is John Dewey. In relation to education in Indonesia, the 2013 curriculum always promotes teaching-learning methods that highlight scientific experiments, where students should be required to improve their experiences and use them in classroom learning. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  14. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Eksperimen adalah sebuah teori atau pendapat yang harus diujicobakan nilai kebenarannya, dengan pengujian tersebut akan dilalui dengan trial dan error. Filosofi eksperimental awalnya dimulai dengan memusatkan perhatian pada pertanyaan filosofis yang berkaitan dengan tindakan yang disengaja. Dalam ekperimental juga diperhatikan data empiris yang dikumpulkan dan dapat memiliki efek tidak langsung pada pertanyaan filosofis dengan memungkinkan pemahaman yang lebih baik

    ReplyDelete
  15. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Experimentalis merupakan keyakinan bahwa suatu kebenaran hanya dapat diperoleh melalui eksperimen. Apabila sesuatu belum dapat dibuktikan kebenarannya melalui eksperimen maka hal tersebut belum dapat dipercayai. Menurut saya dalam kehidupan sehari-hari ini tidak semua hal yang kita percaya dapat dibuktikan dengan eksperimen terutama hal-hal yang menyangkut spiritual. Semua yang menyangkut Kuasa Tuhan wajib dipercaya tanpa harus memikirkan dan membuktikannya secara ilmiah. Karena memang semua itu berbeda ranah,kepercayaan yang berkaitan dengan spiritual adalah ranahnya hati sedangkan segala yang bisa dibuktikan secara eksperimen merupakan ranahnya pikiran.
    Sedangkan instrumentalis merupakan pandangan bahwa nilai konsep dan teori ilmiah tidak ditentukan oleh benar salah tetapi tentang sejauh mana prediksi yang dibuat mampu menyelesaikan permasalahan. Instrumentalis berpandangan bahwa teori ilmiah merupakan alat untuk menyelesaikan masalah praktis.

    ReplyDelete
  16. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kelompok eksperimentalisme memandang manusia sebagai mahluk yang dinamis., aktif dan kreatif. Manusia-manusia eksperimentalis adalah manusia-manusia dan optimis bahwa ia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berfikir kreatif berdasarkan pengalaman-pengalaman.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Experimentalism adalah paham yang memandang dunia itu sebagai suatu eksperimen atau percobaan. Sesuatu hal dikatakan benar jika melalui percobaan dan terbukti kebenarannya. Berdasarkan fakta-fakta yang ada kemudian dikaitkan dengan aturan-aturan yang berlaku, kemudian diambil keputusan apakah itu benar atau salah. Tetapi untuk menguji kebenaran, kita harus menjadikan kebenaran Tuhan sebagai landasan utama.

    ReplyDelete
  18. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Experimentalisme merupakan pandangan filosofis yang memiliki pandangan bahwa untuk mencapai jalan kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Eksperimen berarti mencoba, yaitu pengetahuan didasarkan atas percobaan untuk memperoleh pengetahuan baru. Sedangkan empirisme berkaitan dengan proses pengalaman bermakna yang didapat oleh siswa. Experimentalisme memiliki keterkaitan dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan asas kegunaannya.

    ReplyDelete
  19. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa experimentalism adalah paham atau aliran filsafat yang menyatakan bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empiris. Filsafat eksperimental juga merupakan salah satu cabang dari filsafat yang menggunakan data empiris, biasanya diperoleh dari survey, untuk menjawab masalah filsafat.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih bapak atas sharing ilmunya. Berdasarkan pengertian tentang eksperimentalisme bahwa untuk mencapai jalan kebenaran adalah melalui eksperimen dan empiris, maka saya memaknai bahwa manusia sejatinya dalam kehidupan itu selalu melakukan berbagai eksperimen setiap harinya dimana kemudian mereka akan mendapatkan pengetahuan baru tentang hidupnya, dan setiap kali mendapatkan pengalaman baru maka manusia akan mengevaluasi tentang nilai dari kebenaran pengetahuannya.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  21. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Experimen adalah kegiatan yang dilakukan oleh paham experimentalisme. Experimen yang memiliki makna ‘pengalaman’, selalu ada di dalam kehidupan manusia, karena kehidupan manusia tidak luput dari pengalaman-pengalaman. Eksperimentalisme merupakan suatu paham filsafat yang mempelajari tentang proses mendapatkan suatu pengalaman. Ketika seorang manusia belajar memperoleh pengalaman, tidak lain dan tidak bukan artinya manusia tersebut sedang belajar, karena pengalaman adalah pelajaran yang sangat penting. Maka, kita dapat mengetahuinya bahwa usaha memperoleh pengalaman itu dapat diarahkan sedemikian rupa untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  22. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Experimentalism adalah suatu keyakinan filsafati yang mencari suatu kebenaran melalui eksperimen. Orang dalam kelompok experimentalism cenderung melakukan percobaan-percobaan atau perlakuan-perlakuan hingga dapat membuktikan suatu kebenaran. Dalam pembelajaran matematika, metode eksperimen ini sungguh berguna seperti menguji apakah suatu metode pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi atau motivasi belajar siswa. Biasanya metode eksperimen akan menggunakan data-data kuantitatif atau data statistik untuk membuktikan suatu hipotesis.

    ReplyDelete
  23. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Experimentalism adalah suatu keyakinan filsafati yang mencari suatu kebenaran melalui eksperimen. Orang dalam kelompok experimentalism cenderung melakukan percobaan-percobaan atau perlakuan-perlakuan hingga dapat membuktikan suatu kebenaran. Dalam pembelajaran matematika, metode eksperimen ini sungguh berguna seperti menguji apakah suatu metode pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi atau motivasi belajar siswa. Biasanya metode eksperimen akan menggunakan data-data kuantitatif atau data statistik untuk membuktikan suatu hipotesis.

    ReplyDelete
  24. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pandangan eksperimentalism menurut saya cocok untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa matematika merupakan ilmu dimana seseorang siswa akan semakin mengerti matematika jika mereka selalu memncoba mengerjakan soal-soal dari tingkat rendah hingga tinggi. Jadi, jika mereka selalu berpandangan bahwa ketika saya mencoba maka saya bisa, maka anggapan akan kesulitan belajar matematika mereka juga akan menurun.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  25. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Berdasarkan apa yang saya pelajari dari http://global.britannica.com /EBchecked/topic/289412/instrumentalism eksperimentalisme disebut juga instrumentalisme. Tokoh yang mengemukakan paham ini adalah filsuf Amerika John Dewey. Eksperimentalisme menyatakan bahwa kebenaran dari suatu ide itu terletak dari kegunaannya. Hal yang paling penting dalam suatu ide adalah instrumen tindakannya. Terimakasih Prof. Marsigit atas ilmunya. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  26. Junianto
    PM C

    Dari sumber yang Prof posting dalam blog ini bisa saya pahami bahwa paham ini menjunjung tinggi adanya eksperimen/ pengalaman empiris untuk mencapai sebuah kebenaran. Kaitannya dengan penelitian maka penelitian itu akan dianggap kredibel jika data yang dihasilkan merupakan hasil pengalaman sebagai bukti empiris. Maka dari itu, bukti empiris dari pengalaman merupakan hal yang mutlak harus ada sebagai bukti nyata.

    ReplyDelete
  27. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, experimentalism merupakan suatu keyakinan atau pandangan filosofis bahwa dalam mencapai sebuah kebenaran haruslah melalui eksperimen dan empirisme. Dalam dunia pendidikan, eksperimen ini memang bukanlah suatu hal yang baru untuk membuktikan kebenaran hipotesis-hipotesis. Dimana dalam pelaksanaannya dilakukan dengan percobaan dan perlakuan berdasarkan teori yang ada.

    ReplyDelete
  28. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dari kata utamanya experimentalism sudah sangat familiar di telinga kita. Experimentalism merupakan faham filsafat yang meletakkan pengalaman sebagai pembukti kebenaran. Belum dianggap benar jika belum pernah merasakan. Tanpa fisadari manusia bnyak yang menganut faham ini. Termasuk saya berada pada saat saat experimentalism dimana saya tidak akaan mengatakan itu sakit jika belum sakit sendiri dan sebagainya. Namun terkadang ada yang sia sia pula saat seperti ini. Bahwasanya pengalaman buruk orang lain seharusnya menjadi pembelajaran bagi kta. Bukan untuk diulangi lagi.

    ReplyDelete
  29. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Suatu teori dapat digunakan setelah tahu pasti bahwa teori tersebut benar, maka dari itu sebelum suatu teori digunakan harus diadakan dahulu ekperimen untuk menguji kebenarannya. Eksperimental merupakan suatu usaha manusia untuk menguji suatu teori yang awalnya hanya mitos menjadi logos sehingga nantinya akan menjadi pengetahuan baru yang dapat dipertanggung-jawabkan dan memiliki hubungan sebab-akibat yang jelas berdasarkan bukti empiris yang telah diuji kebenarannya.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Eksperimentalisme merupakan paham yang menyatakan kebenaran dari kegiatan eksperimen. Tanpa disadari kita sudah melakukan eksperimen setiap harinya sehingga mendapatkan suatu kesimpulan. Contoh sederhananya ketika kita ingin pergi ke kampus dengan melewati banyak jalan, kita mencoba untuk melewati jalan yang berbeda kemungkinannya pasti ada dua yaitu jalan itu menuju ke kampus atau malah tidak menuju ke kampus, namun kita tetap memilih jalan yang tidak pernah kita lalui, dan pada akhirnya kita dapat menentukan kesimpulannya mengenai jalan tersebut. Itu merupakan salah satu contoh. Pada dasarnya experimentalism ini kebenaran dengan melakukan eksperimen sehingga menghasilkan data untuk memperkuat kebenaran yang sudah kita duga sebelumnya.

    ReplyDelete
  31. Anisa Safitri
    177011251038
    PEP B

    Eksperimentalisme mempelajari tentang suatu proses atau pengalaman yang diperoleh untuk mencari suatu kebenaran. Apabila kebenaran itu ingin diraih, maka diperlukan percobaan try and error (eksperimen) sebagai perantanya.

    ReplyDelete
  32. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Terkadang kita memang harus berani mencoba untuk belajar dan mengetahui kebenaran. Dengan mencoba atau eksperimen kita akan belajar banyak hal baru, Tetapi ada pula hal-hal yang tidak perlu kita coba untuk tahu bahwa itu benar atau salah. Kita dapat belajar dari eksperimen atau pengalaman orang lain. Dengan belajar pengalaman orang lain kita akan menjadi tahu bahwa sesuatu itu benar atau salah.

    ReplyDelete
  33. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Experimentalism adalah paham yang memandang dunia itu sebagai suatu percobaan dan pengalaman. Sesuatu hal dikatakan benar jika melalui percobaan dan harus terbukti kebenarannya. Berdasarkan fakta-fakta yang ada kemudian dikaitkan dengan aturan-aturan yang berlaku. Percobaan dilakukan harus dengan pengalaman. Jadi apabila di dalam pembelajaran sebaiknya melakukan cara-cara pembelajaran seperti ini sehingga akan berperan positif dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena belajar dari sebuah pengalaman itu memang penting.

    ReplyDelete
  34. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Paham eksperimentalisme percaya bahwa pendidikan bukan hanya semata-mata untuk memberikan materi yang dapat membawa siswa kearah kemampuan menyesuaiakan diri dengan situasi kondisi kehidupan nyata saja, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana agar siswa dapat meningkatkan kualitasnya melalui upaya memperkuat dan meningkatkan pengalaman-pengalaman moral. Orang yang menganut paham eksperimental menyadari, bahwa peranan rasio atau akal manusia harus menjadi perhatian dalam pengembangan sumberdaya manusia, karena fungsinya yang dapat menjembatani relasi individu –individu dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  35. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Eksperimentalisme ialah suatu paham yang mempelajari tentang proses atau cara memperoleh pengalaman. Beberapa sumber mengatakan bahwa eksperimentalisme merupakan hasil perkawinan antara behaviorisme dan pragmatism. Behaviorisme memandang pengalaman sebagai suatu hasil perilaku individu dengan lingkungan fisik maupun sosialnya. Sedangkan pragmatism menganggap sebuah gagasan benar apabila menuntun seseorang ke arah yang efektif apabila diterapkan dalam kasus nyata.

    ReplyDelete
  36. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Century Dictionary and Cyclopedia, eksperimentalisme dalam filsafat yang menganggap pengamatan fakta sebagai usaha satu-satunya jaminan kebenaran positif, yang dibedakan dari kebenaran matematika belaka; filosofi yang alami dikembangkan dari penuntutan ilmu eksperimental; sekolah filsafat bahasa Inggris dari Locke, Berkeley, Hartley, yang Mills, dan lain-lain, bersama-sama dengan Hume.

    ReplyDelete
  37. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Aliran eksperimentalis berpendapat, bahwa hidup adalah perubahan dan perubahan terjadi melalui pemikiran cerdas manusia dalam menyelesaikan berbagai rintangan dan masalah yang ada. Penyelesaian masalah ini sangat tergantung pada pengalaman-pengalaman.

    ReplyDelete
  38. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Experimentalism adalah aliran filsafat yang mempercayai bahwa untuk menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan emprisism. Atau dengan kata segala cita-cita manusia akan diperoleh melalui aktivitas/pengalaman. Misalnya saja dalam pbm, siswa dapat belajar jika dia bereksperimen, melakukan aktivitas belajar.
    Wassalamualaikum, wr.wb

    ReplyDelete
  39. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Eksperimentalisme adalah sebuah keyakinan filosofis tentang jalan menuju kebenaran adalah melalui melalui eksperimen dan empirisme. Eksperimentalisme ini juga berkaitan erat dengan instrumentalisme, suatu keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.

    ReplyDelete
  40. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Eksperimentalisme merupakan suatu keyakinan filosofis yang mengatakan bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Eksperimentalisme meupakan paham yang juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaan yang ditunjukkan. Jadi, paham Eksperimentalisme dan Instrumentalisme merupakan keyakinan yang meyakini kebenaran harus dibuktikan.

    ReplyDelete
  41. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Istilah eksperimen tentu sudah tidak asing lagi ditelinga peneliti maupun akademisi. Eksperimentalisme sendiri berasal dari kata dasar eksperimen yang dapat diartikan sebagai percobaan. Seperti halnya dalam metode ilmiah, menurut para penganut ekperimentalisme sebuah kebenaran hanya dapat diperoleh dari serangkaian percobaan atau eksperimen untuk menjawab hipotesis-hipotesisnya. Dengan eksperimen yang dilakukan ini harapannya diperoleh pengetahuan atau bukti empiris yang mendukung teori atau pengetahuan sebelumnya.

    ReplyDelete
  42. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Eksperimentalisme merupakan kebenaran yang diuji dengan melakukan percobaan. Tidak ada kebenaran yang pasti dan dapat dijadikan pedoman dalam bertindak. Misalnya undang-undang terus menerus diuji, sebagai masyarakat kapan kita bisa menjadikan undang-undang itu sebagai pedoman untuk bertindak? Dalam hidup bermasyarakat, kita memerlukan kebenaran yang ditetapkan, bukan terus menerus diuji

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Eksperimentalism berarti paham yang menguji suatu kebenaran dengan ekspeimen. Menggunakan teknik trial dan error. Kebenaran menurut paham ini pun harus di evaluasi berdasarkan tujuannya apakah sudah sesuai atau belum, jika belum berarti dilakukan trial lagi, begitu seterusnya. Menurut saya paham ini cocok jika dipakai untuk bidang biologi, fisika, kedokteran, dll. Namun saya tidak setuju jika paham ini juga menguji pada ranah spiritual.

    ReplyDelete
  44. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pengalaman adalah guru yang paling baik, begitulah pepatah mengajarkan kita untuk giat mencoba terlebih dahulu baru memperoleh makna setelahnya. Dalam mencoba sesuatu (apalagi hal baru) tentu banyak keraguan dan ketakutan akan hasil yang diperoleh. Namun bagi sebagian orang, mencoba sesuatu dapat menjawab rasa ingin tahunya, menjawab rasa penasarannya atau membuktikan dugaannya. Seseorang yang berani untuk mencoba tentu telah siap menerima segala kemungkinan dari apa yang akan diperolehnya.

    ReplyDelete
  45. dalam filsafat menekankan pada pemikiran dalam mencari kebenaran. Experimentalisme merupakan salah satu aliran filsafat dimana kebenaran tidak hanya dicari melalui pemikiran yang pasif dengan mengamati dunia. Namun , lebih dari itu kebenaran dicari melalui proses yang dimulai dengan sebuah memeriksa atau mencari hambatan terhadap tindakan manusia selama ini sehingga dapat dilakukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hal di atas merupakan suatu paham yang melihat kebenaran suatu hal tau kejadian yang diperoleh dengan cara mencoba dan membuktikan. Paham ini dalam proses pembelajaran sangat diperlukan agar guru dapat merancang apa saja yang perlukan dalam proses belajar-mengajar dan sejauh mana metode atau cara mengajar yang lakukan oleh guru berhasil mempengaruhi gaya belajar maupun hasil belajar siswa di kelas.

    ReplyDelete
  47. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hal di atas merupakan suatu paham yang melihat kebenaran suatu hal tau kejadian yang diperoleh dengan cara mencoba dan membuktikan. Paham ini dalam proses pembelajaran sangat diperlukan agar guru dapat merancang apa saja yang perlukan dalam proses belajar-mengajar dan sejauh mana metode atau cara mengajar yang lakukan oleh guru berhasil mempengaruhi gaya belajar maupun hasil belajar siswa di kelas.

    ReplyDelete