Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

5 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Eksperimentalisme merupakan keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen. Selain itu, eksperimental juga merupakan keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Seperti halnya seorang peneliti yang ingin membuktikan kebenaran dengan cara bereksperimen. Mereka menganggap bahwa dengan eksperimen dapat membuktikan sesuatu dan dapat mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Namun dalam melakukan eksperimen jangan sampai terjadi kesalahan, karena kesalahan tersebut dapat menimbulkan kegagalan dalam sebuah eksperimen dan menyebabkan hasil yang tidak sesuai sehingga tidak dapat menemukan kebenarannya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan pada beberapa referensi yang diberikan diatas, dapat saya simpulkan bahwa experimentalism adalah suatu pandangan ataupun kepercayaan filosofis yang mengklaim bahwa adanya eksperimen atau percobaan dan empirisme penting untuk dilakukan untuk mengetahui suatu kebenaran. Eksperimen ataupun percobaan yang dilakukan untuk mengetahui kebenaran atau menguji hipotesis, bukanlah suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Hal ini juga selalu dikaitkan dengan teori yang ada. Biasanya, tidak hanya melibatkan eksperimen itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Eksperimentalisme, adalah merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Dikatakan eksperimentalisme, karena filsafat ini menggunakan metode eksperimen dan berdasarkan atas pengalaman dalam menentukan kebenarannya. Eksperimentalisme menyadari dan mempraktekkan bahwa asas eksperimen (percobaan ilmiah) merupakan alat utama untuk menguji kebenaran suatu teori. Percobaan-percobaan tersebut akan membuktikan apakah suatu ide, teori, pandangan, benar atau tidak.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Jadi, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya kurang lebih seperti itu. Dalam penelitian Pendidikan eksperimental merupakan penelitian pendidikan yang berbasis pada pecobaan untuk menentukan atau menyelesaikan masalah, dengan mengontrol atau memanipulasi fenomena- fenomena lingkungan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Eksperimentalisme adalah merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Mengingat ekperimentalisme memandang kehidupan dengan konstruk pengalaman-pengalaman dari masa lalu kesekarang dan sekarang ke yang akan datang, maka bagi aliran ini pendidikan adalah proses rekonstruksi pengalaman-pengalaman subjek didik. Siswa membutuhkan pengalaman belajar yang tidak sedikit. Siswa memerlukan eksplorasi segala sesuatu yang dapat mendasari pengetahuan siswa. Eksplorasi atau pembangunan pengetahuan dimulai dari dunia nyata yang sering dijumpai siswa.

    ReplyDelete