Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Eksperimentalisme merupakan keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen. Selain itu, eksperimental juga merupakan keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Seperti halnya seorang peneliti yang ingin membuktikan kebenaran dengan cara bereksperimen. Mereka menganggap bahwa dengan eksperimen dapat membuktikan sesuatu dan dapat mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Namun dalam melakukan eksperimen jangan sampai terjadi kesalahan, karena kesalahan tersebut dapat menimbulkan kegagalan dalam sebuah eksperimen dan menyebabkan hasil yang tidak sesuai sehingga tidak dapat menemukan kebenarannya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan pada beberapa referensi yang diberikan diatas, dapat saya simpulkan bahwa experimentalism adalah suatu pandangan ataupun kepercayaan filosofis yang mengklaim bahwa adanya eksperimen atau percobaan dan empirisme penting untuk dilakukan untuk mengetahui suatu kebenaran. Eksperimen ataupun percobaan yang dilakukan untuk mengetahui kebenaran atau menguji hipotesis, bukanlah suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Hal ini juga selalu dikaitkan dengan teori yang ada. Biasanya, tidak hanya melibatkan eksperimen itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Eksperimentalisme, adalah merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Dikatakan eksperimentalisme, karena filsafat ini menggunakan metode eksperimen dan berdasarkan atas pengalaman dalam menentukan kebenarannya. Eksperimentalisme menyadari dan mempraktekkan bahwa asas eksperimen (percobaan ilmiah) merupakan alat utama untuk menguji kebenaran suatu teori. Percobaan-percobaan tersebut akan membuktikan apakah suatu ide, teori, pandangan, benar atau tidak.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Jadi, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya kurang lebih seperti itu. Dalam penelitian Pendidikan eksperimental merupakan penelitian pendidikan yang berbasis pada pecobaan untuk menentukan atau menyelesaikan masalah, dengan mengontrol atau memanipulasi fenomena- fenomena lingkungan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Eksperimentalisme adalah merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Mengingat ekperimentalisme memandang kehidupan dengan konstruk pengalaman-pengalaman dari masa lalu kesekarang dan sekarang ke yang akan datang, maka bagi aliran ini pendidikan adalah proses rekonstruksi pengalaman-pengalaman subjek didik. Siswa membutuhkan pengalaman belajar yang tidak sedikit. Siswa memerlukan eksplorasi segala sesuatu yang dapat mendasari pengetahuan siswa. Eksplorasi atau pembangunan pengetahuan dimulai dari dunia nyata yang sering dijumpai siswa.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Eksperimentalisme merupakan suatu pokok filsafat yang bersifat resmi dan sistematis. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang termuda. Akan tetapi, aliran ini memiliki sisi yang menonjol karena aliran ini mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama seklai pada segi negatif dari pemikiran yang fundamental, yaitu menentang dan menolak paham-paham yang sebelumnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, berbicara eksperimentalism, dimana orang aliran eksperimentalis berpendapat, bahwa hidup adalah perubahan dan perubahan terjadi melalui pemikiran cerdas manusia dalam menyelesaikan berbagai rintangan dan problem yang ada. Penyelesaian problem sangat tergantung pada penyesuaian diri dengan realitas dalam pengalaman-pengalaman. Kendatipun demikian kelompok eksperimentalis beranggapan, bahwa pendidikan bukan semata-mata memberikan materi pembelaran yang dapat membawa subjek didik ke arah kemampuan menyesuiakan diri dengan situasi kondisi kehidipan nyata saja, tetapi lebih penting dari itu adalah bagaimana agar subjek didik itu meningkatkan kualitas melalui upaya memperkuat dan meningkatkan pengalaman-pengalaman moral.

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik experimentalism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/dewey/, saya dapat mengetahui tentang tokoh experimentalism yaitu John Dewey. John Dewey adalah pendukung aliran pemikiran Amerika yang dikenal sebagai pragmatisme. Melalui pandangannya, beliau menolak epistemologi dualistik dan metafisika filsafat modern yang mendukung pendekatan naturalistik dimana memandang pengetahuan sebagai adaptasi aktif organisme manusia terhadap lingkungannya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik experimentalism. Melalui en.wikipedia.org/wiki/Experimentalism, saya dapat mengetahui tentang experimentalism secara filsafat yang artinya jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini berjaitan dengan instrumentalisme yaitu keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik experimentalism. Melalui www.britannica.com/EBchecked/topic/289412/instrumentalism, saya dapat mengetahui tentang instrumentalisme dalam filsafat sains adalah pandangan bahwa nilai konsep dan teori ilmiah ditentukan bukan berdasarkan apakah yang benar atau sesuai dengan kenyataan tetapi oleh sejauh mana dapat membantu untuk membuat prediksi empiris yang akurat atau untuk menyelesaikan masalah konseptual. Oleh karena itu instrumentalisme adalah pandangan bahwa teori-teori ilmiah harus dipikirkan terutama sebagai alat untuk memecahkan masalah-masalah praktis dan bukan sebagai deskripsi yang bermakna tentang sains.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Eksperimentalisme merupakan paham yang menyatakan suatu kebenaran atau teori dengan cara menyadari dan mempraktekkan suatu eksperimen. Hal ini jelas secara nyata kita temui dan alami melalui pengalaman pengalaman terdahulu maupun pengalaman kehidupan. Pengalaman-pengalaman yang ada akan memunculkan pengetahuan-pengetahuan baru yang perlu diuji kebenarannya.

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari sumber referensi tersebut, saya dapat belajar bahwa experimentalism adalah sebuah kecenderungan mengenai kepercayaan filsuf bahwa terdapat percobaan yang penting untuk membuktikan keberan. Kebenaran yang dilakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui atau menguji asumsi yang sebelumnya diajukan. Dengan harapan apa yang diasumsikan dapat dibuktikan melalui percobaan tersebut. Tetapi tidak semua yang diasumsikan dapat dibuktikan kebenarannya, karena ada factor x yang lebih mempengaruhi.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Experimentlism atau Experimentlisme adalah kepercayaan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Sedangkan Empirisme adalah teori yang menyatakan bahwa pengetahuan saja atau terutama berasal dari pengalaman indrawi. Eksperimentalisme dikaitkan dengan instrumentalisme yaitu keyakinan bahwa kebenaran yang dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Definisi lain tentang Instrumentalisme, adalah pandangan bahwa teori-teori ilmiah harus dipikirkan terutama sebagai alat untuk memecahkan masalah-masalah praktis dan bukan sebagai deskripsi yang bermakna tentang dunia alami. Instrumentalis biasanya mempertanyakan apakah masuk akal untuk menganggap istilah-istilah teoretis sesuai dengan realitas eksternal.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Eksperimentalism adalah aliran filsafat yang sudah mengenal adanya sebuah cara untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan.Seseorang yang menganut paham ini cenderung menyukai suatu pembuktian dan pembenaran yang kuat terhadap sesuatu teori ataupun ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Berdasarkan paham eksperimentalisme ini, secara filosois dimaknai sebagai suatu kebenaran dapat diperoleh melalui eksperimen dan emipirsme. Selain itu, kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya, hal ini terkait pula dengan instrumentalisme. Menurut pandanan insturmentalisme, konsep dan teori ilmiah ditentukan sejauh mana hal tersebut membantu membuat prediksi jawaban secara empiris untuk menyelesaikan masalah konseptual. Dengan demikia, teori-teori ilmiah harus dipikirkan terutama sebagai alat untuk memecahkan masalah-masalah praktis dan bukan sebagai deskripsi saja.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Menurut KBBI eksperimen adalah percobaan yang bersistem dan berencana untuk membuktikan kebenaran suatu teori dan sebagainya. Maka, aliran filsafat eksperimentalisme tidak akan jauh dari pembuktian kebenaran melalui jalan ekperimen atau percobaan. Eksperimentalisme adalah keyakinan filsafat bahwa jalan menuju kebanaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Mereka meyakini bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaan yang ditunjukkanya. Mereka tidak akan menerima dan meyakini sebuah kebenaran tanpa adanya bukti yang jelas melalui jalan eksperimen. Seseorang dengan paham seperti ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Dimana kelebihannya adalah setiap apapun yang ia yakini atau setiap apapun keputusan yang ia ambil pastilah bukan keputusan atau keyakinan main-main yang di ambil dengan terburu-buru, karena orang dengan paham ini pasti telah melalui proses pembuktian kebenaran yang panjang sebelum ia memutuskan sesuatu.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Eksperimentalisme merupakan aliran yang menyadari dan mempraktekkan eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Aliran ini membuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan melalui eksperimen. Ketika suatu teori atau suatu pernyataan tidak dipraktekkan melalui sebuah kajian yang mendalam maka belumlah teori tersebut dapat difonis kebenarannya, selain itu juga belum bisa kita katakan bahwa teori tersebut salah atau tidak benar.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan Wikipedia, eksperimentalisme adalah kepercayaan filosfis yang menyatakan bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentnag proses atau perolehan pengalaman. Ekperimentalisme merupakan gabungan dari behaviorisme dan pragmatism. Beharviorisme menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Sedangkan Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini tampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama sekali pada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya. Dalam abad ke XX ini kita melihat aliran filsafat ini bergerak kearah dasar yang lebih postif. Dan kita harus terlebh dahulu mengerti tentang apa yang ditolak oleh aliran filsafat ini, sebelum masuk kedalam bidang-bidang mereka terima dengan baik dan mereka kokohnya.terimakasih

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa experimentalism merupakan keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen. Experimentalism ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Dimulai langkah filsafatnya dengan pengalaman yang senantiasa kita temuka didalam berbagai fase dan aspek kehidupan. Demikianlah pula, apabila kita mempelajari pengalaman itu, kita akan menemukan suatu faktor tertentu yang aktif bekerja, yaitu belajar. Usaha belajar inilah yang dapat diarahkan sedemikian rupa untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik secara efektif.

    ReplyDelete
  21. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018
    Terimakasih atas link yang diberikan Prof. Saya membuka salah satu link tersebut dan mendapati informasi baru perihal eksperimentalism. Dikatakan bahwa Eksperimentalism adalah kepercayaan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Ini juga dikatikan dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Disarankan agar kita fokus pada bagaimana pengethuan eksperimental benar-benar sampai pada dan bagaimana fungsinya dalam sains.

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Experimentalism berpandangan bahwa kebenaran hanya melalui experimen atau empirik. Artinya, sesuatu dianggap benar jika nyata atau tidak abstrak. Pembuktian harus jelas supaya dapat dikatakan benar.

    ReplyDelete
  23. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Eksperimen merupakan percobaan yang dilakukan untuk menguji suatu kebenaran dengan teori yang ada. Eksperimen dapat dilakukan oleh seorang ilmuwan, pelajar dan peneliti. Eksperimen memiliki tujuan untuk memecahkan persoalan yang ada dan menjawab prediksi jawaban yang ada.

    ReplyDelete
  24. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini tampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama sekali pada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya.

    ReplyDelete
  25. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Ini juga dikaitkan dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Experimentalism atau eksperimentalisme berpandangan bahwa untuk memperoleh kebenaran harus melalui eksperimen, empirisme, dan harus dievaluasi. Kebenaran diperoleh melaui penyelidikan dengan menggunakan data empiris yang dikumpulkan melalui survei tentang intuisi dari orang biasa untuk menginformasikan penelitian tentang pertanyaan filosofis.

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Eksperimentalisme mempelajari tentang suatu proses atau pengalaman yang diperoleh untuk mencari suatu kebenaran. Apabila kebenaran itu ingin diraih, maka diperlukan percobaan try and error (eksperimen) sebagai perantanya.

    ReplyDelete