Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

34 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Experimentalism adalah kepercayaan filosofis bahwa percobaan menghasilkan kebenaran (empirisme). Atau juga bisa ditafsirkan sebagai kepercayaan filosofis bahwa kebenaran dievaluasi berdasarkan kegunaannya menunjukkan;( instrumentalisme). Eksperimentalisme yang juga disebut dengan instrumentalisme, merupakan sebuah filsafat yang dikemukakan oleh seorang filsuf Amerika John Dewey, yang mengatakan bahwa apa yang paling penting dalam sebuah benda atau ide adalah nilainya sebagai instrumen dari tindakan dan bahwa kebenaran ide terletak pada kegunaannya. Berpikir sebagai alat untuk memecahkan masalah. Dalam filsafat ilmu, instrumentalisme adalah pandangan bahwa sebuah teori ilmiah merupakan alat yang berguna dalam memahami dunia. Sebuah konsep atau teori harus dievaluasi oleh seberapa efektif menjelaskan dan memprediksi fenomena.

    ReplyDelete
  2. Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang dapat ditunjukkan. Eksperimentalisme cocok untuk kehidupan manusia di dunia karena manusia yang diberi anugerah indra dan akal digunakan untuk memperoleh pengetahuan melalui pengamatan dan percobaan. Walaupun kadang pengetahuan yang diperoleh kurang sempurna. Orang yang melakukan usaha dengan eksperimen merupakan menunjukkan adanya pemberdayaan pengethauannya untuk terus berinovasi.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Experimentalism adalah sebuah keyakinan dalam filsafat yang mengatakan bahwa suatu kebenaran harus bisa dibuktikan dengan melalui eksperimen dan empiris. Sehingga aliran ini untuk mencari sebuah kebenaran maka harus dilakukan percobaan dan melihatnya dalam kenyataan, dan diharapkan dengan adanya eksperimen ini akan menguatkan sebuah kebenaran dan menjadikannya sebagai ilmu.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Experimentalism merupakan keyakinan dalam ilmu filsafat mengenai bagaimana cara untuk membuktikan kebenaran melalui eksperimen dan emipirisme. Experimentalis memulai filsafat dengan pengalaman yang ada di berbagai aspek kehidupan manusia. Sehingga Experimentalism memperlajari proses seseorang untuk memperoleh pengalaman di semua aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. [1] Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya ditunjukkan. Instrumentalism, dalam filsafat ilmu, pandangan bahwa nilai konsep ilmiah dan teori tidak ditentukan oleh apakah mereka benar-benar benar atau sesuai dengan kenyataan dalam arti tetapi dengan sejauh mana mereka membantu untuk membuat prediksi empiris yang akurat atau untuk menyelesaikan masalah konseptual.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini tampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama sekali pada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Experimentalism merupakan keyakinan filosofs yang mengatakan bahwa cara untuk mencari kebenaran yakni dengan eksperimen dan empiricism. Hal ini berkaitan juga dengan instrumentalis, yaitu keyakinan bahwa suatu kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaan yang ditunjukkannya. Salah satu tokohnya yaitu John Dewey, seorang filsuf asal Amerika. Dia terkenal dengan pemikirannya tentang pragmatisme. Dia juga berpandangan bahwa penyelidikan tidak harus dipahami sebagai sebuah pemikiran yang pasif yang hanya mengamati dunia dan gambar dari sebuah ide-ide yang bersesuaian dengan realitas, melainkan sebuah proses cek dan recek, menguji hipotesis.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Experimentalism merupakan suatu pandangan filosofis dalam membuktikan segala sesuatu melalui proses experiment. Untuk berexsperiment diperlukan adanya pengalaman bahkan untuk menggapai pengalaman perlu proses panjang karena pengalaman adalah guru terbaik.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/ perolehan pengalaman. Paham ini memandang manusia sebagai makhluk yang dinamis aktif dan kreatif. Eksperimentalis dikatakan sebagai seseorang yang optimis bahwa dia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berpikir kreatif berdasarkan pengalaman- pengalaman.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme yang berarti berdasarkan pada pengalaman seseorang. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    berdasarkan Salah satu link yang diberikan oleh bapak:
    Instrumentalisme , dalam filsafat sains , pandangan bahwa nilai konsep dan teori ilmiah tidak ditentukan oleh apakah benar-benar benar atau sesuai dengan kenyataan dalam beberapa hal, tetapi sejauh mana mereka membantu membuat prediksi empiris yang akurat atau untuk menyelesaikannya. Masalah konseptual Oleh karena itu, instrumentalisme adalah pandangan bahwa teori ilmiah harus dipikirkan terutama sebagai alat untuk memecahkan masalah praktis daripada deskripsi yang bermakna tentang alam. Memang, para instrumentalis biasanya mempertanyakan apakah masuk akal memikirkan istilah teoretis yang sesuai dengan realitas eksternal.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dikatakan eksperimentalisme, karena filsafat ini menggunakan metode eksperimen dan berdasarkan atas pengalaman dalam menentukan kebenarannya. Eksperimentalisme menyadari dan mempraktikkan bahwa eksperimen (percobaan ilmiah) merupakan alat utama untuk menguji kebenaran suatu teori. Percobaan-percobaan tersebut akan membuktikan apakah suatu ide, teori, pandangan, benar atau tidak. Dengan percobaan itulah subjek memiliki pengalaman nyata untuk mengerti suatu teori, suatu ilmu pengetahuan. Kita menguji kebenaran suatu peoposisi dengan melakukan percobaan. Dengan demikan maka tidak ada kebenaran yang pasti dan dapat dijadikan pedoman dalam bertindak.

    ReplyDelete
  16. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Experimentalism merupakan sebuah aliran filsafat mengutamakan bagaimana pengalaman memperoleh sesuatu. Pengalaman sangat erat kaitannya dengan proses berpikir. Karena proses berpikir pada akhirnya tertuju pada pengalaman tersebut. Gerak pemikiran manusia dibangkitkan dengan suatu keadaan yang menimbulkan permasalahan di dunia sekitar kita dan gerak itu berakhir dalam berbagai perubahan. Pengalaman langsung bukanlah soal pengetahuan yang mengandung di dalamnya pemisahan antara subjek dan objek, pemisahan antara pelaku dan sasarannya. Dalam pengalaman keduanya dipersatukan. Kalau terjadi pemisahan antara pelaku dan objek, hal itu bukan merupakan pengalaman, melainkan suatu hasil refleksi atas pengalaman tadi. jadi pengalaman merupakan satu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  17. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Eksperimentalisme merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini nampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama seklai kepada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya. Untuk kesemuanya ini dan guna memenuhi semua harapan Bangsa dan Negara kita, maka melakukan cara-cara belajar mengajar yang bijaksana akan memainkan peranan yang sangat positif dan efektif buat mencapai tujuan dan memenuhi segala harapan tersebut.
    Falsafah Eksperimentalis ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Dia memulai langkah filsafatnya dengan “pengalaman” yang senantiasa kita temuka didalam berbagai fase dan aspek kehidupan. Demikianlah pula, apabila kita mempelajari “pengalaman” itu, kita akan menemukan suatu faktor tertentu yang aktif bekerja, yaitu apa yang kita sebutkan “belajar”. Dan kita akan melihat lebih lanjut bahwa usaha belajar itu dapat diarahkan sedemikian rupa untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik secara efektif.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    John Dewey yaitu filsuf Amerika yang merupalan seorang tokoh filosofi eksperimental. Istilah lain dari Experimentalism ialah instrumentalisme. Experimentalism menurut John Dewey ialah bahwa apa yang terpenting dalam hal atau ide adalah nilai sebagai instrumen tindakan dan bahwa kebenaran ide terletak pada kegunaannya. Jadi experimentalism yaitu filsafat yang mempelajari proses memperoleh pengalaman. Sekolah menyatakan bahwa kognisi telah berkembang tidak untuk tujuan spekulasi atau metafisik, tetapi untuk tujuan berhasilnya dalam penyesuaian.

    ReplyDelete
  19. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses atau perolehan pengalaman. Pada intinya merupakan perkawinan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Behaviorisme filosofis menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Berbicara mengenai pengalaman berhubungan dengan pembentukan pengetahuan. Pengalaman dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan. Dari pengalaman manusia mendapatkan pengetahuan, dari pengetahuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan. Pengetahuan didapatkan dari pengalaman-pengalaman ada yang berasal dari diri sendiri atau orang lain. Pengetahuan yang didapat dari pengalaman sendiri memang berdasarkan kepada kenyataan yang pasti, namun kebenarannya bergantung kepada benar atau kelirunya penglihatan kita. Misalkan berdasarkan pengalaman pribadi seseorang dapat menemukan jawaban atas banyak persoalan yang dihadapinya. Andaikata kita tidak dapat mengambil manfaat dari pengalaman itu, mungkin kemajuan akan sangat terlambat. Meski demikian pengalaman sebagai sumber kebenaran, mempunyai keterbatasan.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Eksperimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen, empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Oleh karena itu dalam mengembangkan pengetahuan juga diperlukan suatu percobaan dan pengamatan. Percobaan dilakukan untuk menguji keberhasilan sedangkan pengamatan dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilannya.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Eksperimentalisme erupakan suatu filsafat yang memperlajari tentang proses/perolehan pengalaman. Jika membicarakan suatu pengalaman, pengalaman merupakan suatu ilmu yang sangatlah berharga. Dari pengalaman kita bisa mengetahui hal-hal seperti apa yang baik dan yang buruk, hal-hal seperti apa yang bisa membuat kita lebih melangkah maju ke depan. Pengalaman masing-masing orang berbeda-bedda, sehingga pengalaman itu adalah hal yang sangat berharga yang kita miliki masing-masing, sehingga anggap lah pengalaman sebagai ilmu yang kita dapat, bukan mejadi bencana yang datang.

    ReplyDelete
  23. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kita sering mendengar istilah eksperimen. Saat ini istilah ini sudah menjadi lazim teruta dilakangan peneliti. Eksperimentalisme sendiri berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Seperti halnya dalam metode ilmiah, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya. Dengan eksperimen yang dilakukan diharapkan akan diperoleh ilmu-ilmu baru atau pengetahuan yang mendukung ilmu yang sudah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Experimentalism adalah suatau kepercayaan atau paham bahwa selalau ada jalan kebenaran, ekebranana itu dilakuakndengan percobaan (eksperimen) yang diasosiasikan dengan suatu isntrumen. Kepercayaan ini juga harus selalu bisa di evaluasi.

    ReplyDelete
  25. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Eksperimentalisme merupakan suatu paham yang berkembang pada zaman modern yang dapat diterapkan dalam segala aspek dikehidupan. Eksperimentalisme secara filsafat lahir dengan dimulai dari adanya "pengalaman". Pengalaman ini ditemukan dari kehidupan manusia sehari-hari. dari pengalaman tersebut, manusia dapat merefleksikan pengalaman tersebut, ini berarti manusia dapat memikirkan pengalaman tersebut. dapat disimpulkan bahwa dalam paham ini pengalaman lah yang berperan penting dalam suatu pemikiran.

    ReplyDelete
  26. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam artikel diterangkan bahwa experimentalisme merupakan keyakinan filosofis dimana untuk menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme.Eksperimen artinya mencoba, yaitu pengetahuan didasarkan atas percobaan, dalam hal pembelajaran maka siswa mencoba seperti halnya dalam pembelajaran saintifik. Sedangkan empirisme berkaitan dengan pengalaman yang dialami oleh siswa. Experimentalisme juga terkait dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan.

    ReplyDelete
  27. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Eksperimentalisme adalah suatu aliran filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Pada intinya merupakan penggabungan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Behaviorisme filosofis menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Sementara itu, pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata (praktis).

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Eksperimentalisme merupakan aliran filsafat yang mempelajari mengenai proses atau cara memperoleh pengalaman. Golongan eksperimentalis memandang bahwa manusia sebagai makhluk yang dinamis, aktif, dan kreatif. Manusia-manusia eksperimentalis adalah manusia-manusia dan optimis bahwa ia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berpikir kreatif berdasarkan pengalaman-pengalaman. Falsafah Eksperimentalis ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Adapun filsuf yang beraliran eksperimentalisme diantaranya John Dewey.

    ReplyDelete
  29. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Eksperimentalisme adalah suatu faham keyakinan filosofis bahwa jalan menuju kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Ekperimentalisme erat kaitannya dengan instrumentalisme, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya yang ditunjukkan. Intrumentalisme berkaitan dengan pragmatisme, yaitu menggunakan asas kebermanfaatan “untuk apa” yaitu melakukan sesuatu manfaatnya untuk apa. Sebagai contoh: belajar matmatika manfaatnya apa?.

    ReplyDelete
  30. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Masa eksperimentalisme berlangsung mulai tahun 1960. Dimana experimentalism bisa berarti pandangan filosofis yang meyakini bahwa percobaan menghasilkan kebenaran yang dikenal dengan empirisme. Selain itu, ekperimentalisme juga bisa berarti keyakinan filosofis bahwa kebenaran dievaluasi berdasarkan pada kegunaannya atau instrumentalismenya.

    ReplyDelete
  31. Eksperimentalisme merupakan pemikiran untuk menggunakan metode eksperimen dan berdasarkan atas pengalaman dalam menentukan kebenarannya. Eksperimentalisme menganggap dan mempraktikkan bahwa suatu eksperimen/percobaan digunakan sebagai alat utama untuk menguji kebenaran suatu teori. Kejadian alam yang dapat diperhatikan kemudian dilakukan pengujian kembali sehingga tidak hanya sekali kemudian melakukan justifikasi tetapi setelah melakukan beberapa kali percobaan dan mendapat hasil yang serupa. Dari eksperimen tersebut kemudian dapat disimpulkan suatu pengetahuan.

    ReplyDelete
  32. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Eksperimentalisme merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Eksperimentalisme memandang bahwa manusia mempunyai hubungan timbal-balik dengan ligkungannya; di satu sisi manusia tergantung dengan lingkungan tempat ia berada dan di sisi lain lingkungan tempat ia berada tergantung dengan manusianya.

    ReplyDelete
  33. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Experimentalism merupakan pandangan bahwa konsep dan teori bukan ditentukan dengan kebenaran atau sesuai dengan kenyataan tetapi sejauh mana mereka membuat prediksi akurat untuk menyelesaikan masalah konseptual.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dewey menamakan pragmatisme sebagai instrumentalisme. Instrumentalisme sebenarnya sebutan lain dari filsafat pragmatisme, selain eksperimentalisme. Pierce memaksudkan pragmatisme untuk membuat pikiran biasa menjadi ilmiah, tetapi James memandangnya sebagai sebuah filsafat yang dapat memecahkan masalah-masalah metafisik dan agama. Bahkan lebih jauh, James menganggapnya sebagai theory of meaning dan theory of truth. Dewey merumuskan esensi instrumentalisme pragmatis sebagai to conceive of both knowledge and practice as means of making good excellencies of all kind secure in experienced existence. Demikianlah, Dewey memberikan istilah pragmatisme dengan instrumentalism, operationalism, functionalism, dan experimentalism. Disebut demikian karena
    menurut aliran ini bahwa ide, gagasan, pikiran, dan inteligent merupakan alat atau instrumen untuk mengatasi kesulitan atau persoalan yang dihadapi manusia.

    ReplyDelete