Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

12 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Individualisme berpangkal dari konsep bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk individu yang bebas. Paham ini memandang manusia sebagai makhluk pribadi yang utuh dan lengkap terlepas dari manusia yang lain. Pandangan individualisme berpendapat bahwa kepentingan individulah yang harus diutamakan. Yang menjadi sentral individualisme adalah kebebasan seorang individu untuk merealisasikan dirinya. Paham individualisme menghasilkan ideologi liberalisme. Paham ini bisa disebut juga ideologi individualisme liberal. Paham individualisme liberal muncul di Eropa Barat (bersama paham sosialisme) pada abad ke 18-19. Yang dipelopori oleh Jeremy Betham, John Stuart Mill, Thomas Hobben, John Locke, Rousseau, dan Montesquieu.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pada dasarnya Manusia ialah makhluk individu yang memiliki harkat, derajat dan martabat yang mulia. Karenanya ia akan selalu berusaha merealisasikan potensi yang ada pada dirinya seraya ingin menunjukkan siapa yang lebih baik, baik itu potensi jasmani maupun rohani. Manusia juga dikatakan sebagai makhluk sosial karena ia akan membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalani hidupnya, karena pada dasarnya manusia pun butuh berinteraksi dengan manusia lain agar ia mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Secara sosial manusia adalah makhluk individu dan sosial yang memiliki kesempatan yang sama di kehidupan dalam bermasyarakat. Artinya manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menguasai sesuatu. Contohnya berkeluarga, bersekolah, mencari pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya termasuk beragama. Tapi pada kenyataannya masing-masing individu mempunyai tempat yang berbeda atau dengan kata lain tidak mempunyai kedudukan yang sama.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu.dalam paham ini seseorang yang ingin mencapai keinginan secara individu atau mencapai keingan nya ataumemcapai tujuan secara personal,hal ini kontradiksi dengan paham sosialis yang merupakan makhluk sosial dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  4. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Pandangan orang bahwa individualisme selalu mengacu pada orang yang selalu mengedepankan kepentingannya sendiri. Perlu diingat bahwa individualisme tak seluruhnya berarti buruk. Individualisme juga berarti kemandirian. Memiliki motivasi diri sendiri untuk melakukan kewajibannya. Jika seseorang tidak memiliki karakterisik ini, maka orang tersebut akan sepenuhnya tergantung pada orang lain, selalu membutuhkan motivasi dan penguatan dari orang lain untuk melakukan tugas tanggungjawabnya. Tak sepenuhnya individualisme itu buruk, semua kembali tergantung pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Individualism merupakan suatu bentuk sikap yang mementingkan kepentingan pribadi semata dibanding kepentingan kelompok. Sehingga Individualism mengarah ke suatu sikap egois. Namun ada satu sisi positif dari Individualism, yaitu dalam hal mengerjakan ujian. Indonesia adalah negara yang cukup rentan dengan nilai-nilai kejujuran, hal itu ditandai dengan banyaknya koruptor di negara kita. Sehingga sikap individualisme siswa dalam mengerjakan ujian diperlukan pula untuk menumbuhkan dan membiasakan sikap indivisualisme terkait denfan kejujuran.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Individualisme sangat identik dengan egoisme yatu ideologi dimana motovasi dan tujuan seseorang seharusnya berasal dari dalam dirinya sendiri. Egoisme ini juga memiliki dua arti, yang pertama yaitu orang termotivasi demi kepentingan dirinya sendiri. Sedangkan yang kedua yaitu orang harus termotivasi akan tetapi tidak harus dari dalam diri nya mereka memperoleh motivasi.

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. hamper sama dengan asumsi dalam paham nominalism. Individualism adalah paham yang menekankan pada kebebasan individu. Seorang individualis berdiri di atas kehendak dirinya sendiri sehingga cenderung menolak adanya hukum yang sifatnya universal. Yang mereka lakukan baik bertentang atau tidak dengan norma maka itulah yang dinggap benar oleh para individualis. Dalam ajaran Islam, paham tersebut jelas keliru karena mengabaikan persatuan dan kesatuan antar individu yang berdiri di atas hukum agama untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  8. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Individualism adalah sikap atau pandangan yang menekankan pada nilai individu. Individualisme lebih menekankan pada kemnadirian dan menganjurkan agar kepentingan individu didahulukan dibanding kepentingan negara atau kelompok sosial. Individualism juga menentang campur tangan pihak luar seperti masyarakat atau pemerintah atas kepentingannya sendiri. Individualisme dikatakan bertentangan dengan totalitarianisme, kolektivisme, otoritarianisme, komunitarianisme, kesukuan, dan bentuk-bentuk sosial lainnya. Jadi, dapat kita katakan bahwa individualisme menekankan pada kebebasan individu, terkesan hanya memikirkan diri sendiri, dan tidak suka dengan suatu perkumpulan sosial. Namun pada hakekatnya manusia juga merupakan makhluk individu, tetapi individu yang dimaksudkan jangan sampai seperti yang telah dijelaskan di atas. Manusia sebagai makhluk individu yang dimaksudkan ialah manusia mempunyai tangggung jawab hidup yang pasti berbeda dengan orang lain sehingga tanggung jawab itu harus diembannya sendiri tanpa bisa melibatkan orang lain.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Individualism merupakan suatu sifat yang lebih menekankan pada sikaf egoism. Sifat ini sangat tidak baik dikembangkan di dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Dengan sifat ini terkadang bisa memicu terjadinya perselisihan dan pertengkaran. Maka dari itu, untuk mengatasi sifat ini sebaiknya kita melatih dan membiasakan diri untuk hidup di dalam organisasi masyarakat agar bisa membuat dan menerima suatu hasil yang diperoleh dari musyawarah untuk hasil yang mufakat. Di dalam sifat indivualism kita hanya menggap bahwa pendapat, gagasan, dan ide kita saja yang benar dan harus diterima oleh orang lain, ini merupakan suatu sikaf yang sangat tidak mencerminkan sebagai seorang human education. Sehingga mulailah lebih banyak membaca dan melatih kepribadian kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu. Mereka menganjurkan bahwa kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial. Pandangan ini menentang intervensi dari masyarakat, negara, dan setiap kelompok terhadap kepentingan pribadi mereka.

    ReplyDelete
  12. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above links, I further understand that Individualism stems from the concept that man is essentially a free individual being, a complete and complete personal being apart from another human being. The view of individualism holds that it is individual interests that should be prioritized. The centrality of individualism is the freedom of an individual to realize himself. In my opinion, individualism is not entirely bad. Individualism also means consistency, independence, self-motivation to perform its obligations and duties. Thus, sometimes individualism is needed at appropriate times and spaces. There are times when we have to be alone, not depend on others continuously. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete