Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

7 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Individualisme adalah paham yang menghendaki kebebasan berbuat dan menganut suatu kepercayaan bagi setiap orang; paham yang mementingkan hak perseorangan di samping kepentingan masyarakat atau negara; paham yang menganggap diri sendiri (kepribadian) lebih penting daripada orang lain. Pengaruh perkembangan teknologi pada masa sekarang membentuk perilaku remaja yang individualis. Perilaku remaja semakin acuh tak acuh terhadap norma-norma sosial yang ada dimasyarakat. Kehidupan remaja yang seharusnya bersosialisasi dengan masyarakat sekitar digantikan dengan bersosialisasi dengan menggunakan media internet dan media komunikasi lainnya.Hal ini menimbulkan perilaku yang individualis dan acuh tak acuh terhadap masyarakat. Sikap individualistis ini mengakibatkan anak enggan bersosialisasi dikehidupan nyata.Banyak remaja saat ini mereka lebih aktif di media sosial tetapi pasif di dunia nyata.Ini merupakan perilaku penyimpangan yang membentuk perkembangan remaja menjadi individual. Hal ini membuat benak saya menyimpulkan bahwa individualism ada kaitanya dengan egoism.

    ReplyDelete
  2. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam filsafat individualism adalah suatu aliran yang memiliki pandangan terhadap kepentingan sendiri dalam bertanggung jawab dan kebebasan. Sifat individualisme ini lebih condong pada kepentingan hak pribadi tanpa memperhatikan kepentingan orang yang ada disekitarnya. Sifat tersebut merupakan salah satu karakter yang ada dan sering kita jumpai di sekitar kita, karena tidak sedikit diantara kita yang menggunakan paham individualisme tersebut. Kaitannya dalam dunia pendidikan, tidak tepat rasanya ketika paham tersebut dimiliki oleh para pendidik di Indonesia karena kurang memberikan manfaat kepada banyak orang melainkan hanya untuk dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Individualisme merupakan pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu dan menekankan kemerdekaan manusia serta kebebasan diri sendiri. Individualisme lebih mementingkan dirinya sendiri dibandingkan dengan kepentingan bersama. Paham ini menentang adanya pendapat bahwa tujuan kelompok lebih penting daripada tujuan sendiri. Mereka akan melakukan segala cara agar dapat mencapai tujuannya masing-masing dan tidak akan berusaha lebih keras untuk kelompok jika kepentingannya belum terselesaikan. Tidak peduli dengan apa yang akan terjadi dengan kelompok, yang penting dirinya dapat menggapai apa yang diinginkan.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Individualism adalah sikap moral ataupun pandangan sosial yang menekankan pada nilai-nilai individu. individualist ditujukan kepada orang-orang yang memiliki sikap atau nilai yang bersifat individual. Mereka cenderung mementingkan kepentingan diri sendiri dibandingkan terlibat dalam kepentingan umum. Biasanya keinginan pribadi menjadi prioritas yang diutamakan dalam kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Individualisme merupakan paham filsafat yang memiliki pandangan moral, sosial dan politik yang menekankan pada kebebasan diri sendiri. Seorang individualis bergerak melalui pandangan individu dan menentang intervensi dari segala sumber. Penganut paham individualis cenderung kesulitan dalam bersosial karena dimanapun lingkungan pasti terdapat intervensi, setidaknya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat. Individualis akan bergerak sesuai dengan pemikirannya menuju pada tujuan-tujuan individual.

    ReplyDelete
  6. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Individualisme merupakan paham filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu.dalam paham ini seseorang yang ingin mencapai keinginan secara individu atau mencapai keingan nya ataumemcapai tujuan secara personal,hal ini kontradiksi dengan paham sosialis yang merupakan makhluk sosial dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    18709251025

    Individualism merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Jadi, seorang induvidualis akan lebih suka bertindak sebagai individu/perseorangan. Dengan adanya perkembangan tekonologi yang sangat pesat, salah satu dampak negatif yang timbul adalah banyak orang yang individualis sehingga kurang peduli, komunikasi, dan interaksi dengan orang lain. Mayoritas orang-orang yang hidupnya individual tidak mementingkan hidup bersama lingkungan sekitar, artinya hidupnya jauh dari sikap gotong royong .

    ReplyDelete