Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

36 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan seseorang dan keinginan dan nilai kemerdekaan dan kemandirian dan advokat bahwa kepentingan individu harus mencapai diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, sementara menentang campur tangan eksternal pada kepentingan sendiri oleh masyarakat atau lembaga seperti pemerintah. Individualisme membuat individu fokus dan mulai dengan premis dasar bahwa individu manusia adalah kepentingan utama dalam perjuangan pembebasan. Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme adalah contoh gerakan yang mengambil individu manusia sebagai unit pusat analisis. Individualisme dengan demikian melibatkan hak individu untuk kebebasan dan realisasi diri.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan "nilai moral individu". Seorang individualis membuat kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial. Dan hal tersebut bertentangan dengan kenyataan bahwa seorang manusia adalah makhluk sosial yang berinteraksi dan membutuhkan orang lain dalam hidupnya, sehingga seseorang tidak dapat terlalu mementingkan kepentingannya sendiri. Menurut saya, sebaiknya kita tidak menjadi seseorang yang individualis karena sebagai manusia, kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita memerlukan orang lain untuk bersosialisasi dan membantu kita ketika kita dalam masalah. Sebagai contoh, ketika kita dalam kesulitan, maka akan ada tetangga dan keluarga kita yang akan membantu. Begitu pun dalam pekerjaan, seperti guru yang akan bekerja pada beberapa komunitas. Dalam komunitas, kita harus memutuskan sesuatu demi kepentingan bersama sehingga kita tidak dapat mementingkan kepentingan pribadi. Jadi, kita tidak harus menjadi individualis.

    ReplyDelete
  3. Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Kepentingan individu harus dicapai terlebih dahulu daripada kepentingan kelompok. Individu menjadi fokus dari pandangan ini. Yang menjadi premis dasar bahwa individu manusia adalah elemen utama dari perjuangan pembebasan. Perjuangan pembebasan mempunyai tujuan uatama untuk kebebasan individu. Pandangan individualisme akan memunculkan pandangan politik, filsafat dan ekonomi individu. Pandangan politik individulasime seperti liberalisme dan anarchisme. Pandangan filsafat individualisme seperti egoisme, existentialisme, freetaught, humanism, hedonism, libertinism, objectvism, subjectivism. Pandangan individualisme ada yang mempunyai keuntungan dan kerugian. Di zaman komtemporer keburukan dari individualisme cenderung yang lebih dimunculkan. Egoisme, hanya mementingkan diri sendiri di atas kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Individualisme adalah suatu sikap yang mementingkan diri sendiri diatas kepentingan bersama. sehingga dalam paham individualisme ini akan muncul sikap egosime. Sehingga dengan adanya sikap individualisme ini akan memungkinkan terjadinya perpecahan dalam kehidupan, sementara sangat bertentang dengan hakikat dari manusia. Hakikat manusia itu adalah mahluk sosila yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka sudah semestinya sikap individualisme ini dihilangkan dalam kehidupan agar persatuan dan kesatuan bisa terjaga.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Individualism merupakan salah satu aliran dalam filsafat yang menekankan kemerdekaan manusia, kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan untuk dirinya sendiri. Individualism menolak semua pendapat orang lain dan mengutamakan kepentingan atau tujuan diri sendiri di atas kepentingan bersama. Individualism paham yang menanggap perorangan atau individu sebagai dasar suatu uraian kehidupan dengan keseluruhan sosial menjadi konstruksi logis sebagai pendukungnya. Paham ini tidak menolak adanya masyarakat dan tidak menolak bahwa seseorang akan mendapatkan keuntungan ketika hidup bermasyarakat.

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hakekatnya manusia memang harus mampu hidup sendiri, namun tidak lupa dengan hubungan sosialnya. Kebermaknaan seseorang terjadi jika dirinya bermanfaat bagi orang lain. Seseorang individualis menurut saya tidaklah sepenuhnya buruk, karena individualis belum berproses dengan sosial dan belum mengerti akan indahnya kebersamaan dalam pergaulan sesama.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Individualisme merupakan sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Pandangan ini lebih mengutamakan kepentingan individu daripada kelompok. Sehingga yang diajarkan yakni nilai-nilai kemerdekaan dan kemandirian. Individualisme sering didefinsikan berbeda dengan totalitarianisme, kolektivisme, otoritatianisme, komunitarianisme, dan bentuk-bentuk sosial lainnya. Sedangkan contoh gerakan yang mengedepankan manusia individu sebagai unit pusat analisis adalah liberalisme klasik, eksistensialisme, dan anarkisme. Semboyan mereka yakni “hak individu untk kebebasan dan realisasi diri”. Individualisme merupakan pandangan yang sudah dianut oleh negara-negara Barat sejak lama. Pandangan ini tentunya tidak sesuai dengan budaya Timur seperti di Indonesia yang mengedepankan kebersamaan dan gotong royong. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, individualisme telah menjamah dan menggerus tatanan masyarakat di negara-negara Timur. Tentunya hal ini tidak dapat dibenarkan. Karakter bangsa harus tetap dipertahankan.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Individualism adalah paham yang menepatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial.hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain jadi kurang tepat unuk di terapkan pada kehidupan

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hakekatnya setiap manusia memang memiliki kepentingan masing-masing, tapi jangan lupakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Paham individualisme ada sisi positif dan negatifnya. Salah satu sisi negatifnya yaitu akan memunculkan sikap egoisme. Hal ini tentunya dapat mendorong terjadinya pertengkaran dan perpecahan jika setiap individu mengutamakan kepentingan dirinya.

    ReplyDelete
  10. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Individualism merupakan suatu pandangan filsafat yang mementingkan kepentingan individu diatas golongan. Manusia merupakan makhluk individu yang diciptakan hingga bersuku-suku dengan tujuan saling mengenal satu sama lain sehingga sadar bahwa sebenar-benar manusia adalah makhluk sosial juga yang membutuhkan bantuan orang lain seperti halnya dengan Tukang Cukur.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016
    Individualisme merupakan paham bahwa perseorangan adalah unit dasar dari suatu uraian kehidupan, dengan keseluruhan sosial menjadi konstruksi logis pendukungnya, atau jalan yang membicarakan jumlah dari individu-individu yang ada dan hubungan diantara mereka. Setiap individu memiliki kebesasan karena dia adalah pusat dirinya sendiri. Tetapi karena alasannya ini juga, individualisme bukan berarti kebesasan melakukan sesuatu tanpa tanggung jawab. Kebebasan seorang individu akan dibatasi oleh kebebasan individu yang lainnya.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    para individualism membuat diri mereka fokus hanya pada diri sendiri. karena berdasarkan pengertiannya yaitu Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang dan dengan demikian menghargai kemandirian dan kemandirian dan menganjurkan agar kepentingan individu harus diutamakan daripada negara atau kelompok sosial.
    hal ini tentu bertentangan dengan manusia sebagai makhluk sosial. tapi bukan beratri kita tidak memiliki nilai tersebut.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Individualisme Metodologis
    Doktrin ini diperkenalkan sebagai ajaran metodologis untuk ilmu sosial oleh Max Weber, yang terpenting di bab pertama Ekonomi dan Masyarakat (1922). Ini adalah klaim bahwa fenomena sosial harus dijelaskan dengan menunjukkan bagaimana hasil dari tindakan individual, yang pada gilirannya harus dijelaskan melalui referensi ke negara-negara yang disengaja yang memotivasi pelaku individual. Ini melibatkan, dengan kata lain, sebuah komitmen terhadap keunggulan dari apa yang oleh Talcott Parsons nanti akan disebut "kerangka acuan tindakan" (Parsons 1937: 43-51) dalam penjelasan ilmiah sosial. Hal ini juga kadang-kadang digambarkan sebagai klaim bahwa penjelasan fenomena sosial "makro" harus disertakan dengan yayasan "mikro", yang menentukan mekanisme tindakan-teoritis (Alexander, 1987).

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Individualisme yaitu paham bahwa perseorangan merupakan unit dasar dari suatu uraian kehidupan, jumlah dari individu-individu yang ada dan hubungan diantara mereka. Individualisme memegang nilai bahwa seorang individu adalah unit pusat dalam sebuah realitas dan sekaligus sebagai nilai standar tertinggi. Perlu diperhatikan bahwa paham ini tidak menolak adanya (kumpulan) masyarakat. Pandangan ini melihat bahwa masyarakat adalah koleksi (kumpulan) dari individu-individu. Individualisme juga berpandangan bahwa individu adalah unit prestasinya sendiri. Disini, Individualisme tidak menolak bahwa satu individu dapat membangun prestasi individu yang lainnya.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Kebudayaan Individualistik menekankan pada nilai-nilai individual, seperti kekuasaan dan pencapaian pribadi. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam kebudayaan Individualistik:Individualisme berkembang dalam masyarakat yang ikatan antar individunya longgar/ tidak terlalu akrab, Orang-orang dalam kebudayaan individualistic menganggap dirinya sebagai seorang individu yang istimewa, berbeda dengan orang lain, menekankan pada kata “Aku”, Mereka berkounikasi secara efektif, terus terang, to the point, tanpa basa-basi, Mengutamakan kesuksesan dan keberhasilan pribadi dalam pekerjaannya, tak segan bersaing untuk memperebutkan posisi.

    ReplyDelete
  16. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Dalam konsepsi individualisme, seseorang melakukan sesuatu dengan bebas. individualisme lebih menekankan pada hak pribadi, kebebasan beraspirasi, kemandirian, dan tanggung jawab. Setiap individu dinilai berdasarkan pada kualitas dan integritasnya, bukan berdasarkan kedekatan hubungannya. Mereka akan diperlakukan sama. Setiap individu mendapatkan imbalan sesuai dengan jasanya.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Secara umum kata individualisme adalah sifat yang sangat dekat dengan sifat egois, hanya mementingkan kepentingan diri daripada kepentingan kelompok, tidak suka tolong menolong, tidak mempunyai rasa kekeluargaan. Paham individualisme dilandasi teori bahwa manusia itu lahir merdeka dan hidup merdeka. Masing – masing boleh berbuat apa saja menurut keinginannya, asalkan tidak mengganggu keamanan orang lain. Dampak individualisme menimbulkan cara pandang yang lebih mengutamakan kepentingan individu di atas kepentingan masyarakat. Dalam masyarakat seperti ini, usaha untuk mencapai pengembangan diri, antara anggota masyarakat satu dengan yang lain saling berkompetisi sehingga menimbulkan dampak yang kuat.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Individualisme berkaitan dengan sikap moral atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral pada individu. Kepentingan individu harus diutamakan dari pada kepentingan negara atau kelompok sosial. Individualisme membuat seseorang fokus kepada kepentingan diri sendiri. Tetapi dalam dunia ini kita hidup bernegara dan berada pada suatu kelompok sosial tertentu yang membuat kita juga harus mampu berbaur dengan masyarakat dan lebih mengutamakan kepentingan negara atau kepentingan bersama dari pada kepentingan diri sendiri karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Indiviudualisem merupakan istilah untuk menyebut egois, paham dimana seharusnya manusia memiliki motivasi dan tujuan yang memang berasal dari dalam dirinya sendiri. Egoisme ini juga memiliki dua arti, yang pertama adalah orang yang termotivasi dari kepentingan dirinya sendiri. Arti yang kedua adalah orang yang seharus termotivasi akan tetapi tidak harus dari dalam diri motivasi yang mereka peroleh.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Individulisme adlaah suatau paham yang selalau menyendiri. Bahawa hidup harus sendiri. Tidak bergantung dengan orang lain. Prinsip ini juga menjadikannya bebas tanpa terikan dengan apapun dan hanya dirinya sendiri. Dengan begitu dia hanya merasa bahwa dunia ini adalah miliknya. Padahal kita adalah makhkuk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  21. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sejalan dengan apa yang telah disampaikan dari artikel diatas bahwa sebenarnya pahgam individualisme merupakan suatu paham yang menekankan pada kebebasan manusia atas kepentingan dan tanggung jawab diri sendiri. bagi kaum individualism, masyarakat adalah sekumpulan manusia yang mempunyai banyak kepentingan yang berbeda dan sering bertentangan dan ini menjadi penghalang besar bagi para individualism dam mewujudkan keinginaanya karena terbatasi oleh pihak lain. individu dan masyarakat dianologikan seperti dua mata logam yang tidak bisa dipisahkan. dimana tak ada individu yang hidup di dunia ini tanpa masyarakat.

    ReplyDelete
  22. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam artikel disebutkan pula mengenai egoisme. Individualisme dan egoisme tidaklah sama. Individualisme berkaitan dengan kemandirian. Yaitu satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. Pendapat-pendapat yang di tentang termasuk holisme, kolektivisme dan statisme, antara lain. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang. Sedangkan egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Individualisme juga merupakan suatu pandangan dalam filsafat. Individualisme adalah pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Indivdual menunjukkan tingkat kemandirian seseorang. Dimana istilah ini digunakan sebagai istilah yang menunjukkan kualitas seorang individu. Individualitas terkait dengan karakteristik individu. Individualisme juga dikaitkan dengan kepentingan artistik dan gaya hidup dimana ada kecenderungan terhadap penciptaan diri dan eksperimen yang bertentangan dengan tradisi atau opini dan perilaku seperti juga dengan posisi filosofis dan etika humanis.

    ReplyDelete
  24. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Individualisme merupakan suatu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Dengan kata lain individualisme lebih mementingkan kebebasan pribadi artinya lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan mementingkan orang lain. Hal ini menjadikan individu kurang bermasyarakat sehingga apapun kejadian-kejadian di lingkungan sekitar mereka di anggap tidak penting

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Individualisme pada pokoknya adalah tentang pendirian moral, filsafat politik, ideologi, dan pandangan sosial yang menekankan penilaian moral (baik dan buruk) kepada individu. Individu diberikan otonomi untuk menentukan sendiri apa yang harus dan tidak harus dilakukannya. Dengan adanya kebebasan memilih dan menentukan sendiri, juga menuntut keberanian untuk mempertanggungjawabkannya. Selain itu, individualisme memegang nilai bahwa seorang individu adalah unit pusat dalam sebuah realitas dan sekaligus sebagai nilai standar tertinggi. Perlu diperhatikan bahwa paham ini tidak menolak adanya (kumpulan) masyarakat, anggapan tersebut dalam artian bahwa masyarakat adalah koleksi (kumpulan) dari individu-individu, tidak lebih dan tidak kurang. Individualisme meyakini bahwa setiap orang merupakan “akhir” dalam dirinya sendiri, dan tidak perlu ada orang yang dikorbankan untuk kepentingan orang lainnya.

    ReplyDelete
  26. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Individualisme merupakan salah satu faham filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Individualisme juga berkaitan dengan "hak individu terhadap kebebasan dan realisasi diri". Selain itu, individualisme juga menunjukkan "Kualitas menjadi individu; individualitas" dan terkait dengan memiliki "Karakteristik individu; sebuah kekhasan." Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. Pendapat-pendapat yang di tentang termasuk holisme, kolektivisme dan statisme, antara lain. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang. Sehingga dapat dikatakan bahwa individualisme memiliki persamaan dengan “EGOIS”.

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Paham Individualism adalah paham yang menempatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial. Individualisme ini juga menjadi dasar analisis pada paham paham yang ada saat ini yaitu Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme. Menurut saya paham individualisme ini kurang tepat unuk kita jadikan paham yang kita terapkan pada kehidupan kita karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  28. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Individualisme berisi sikap atau tindakan yang berfokus pada individu. Seseorang yang individualis cenderung akan mengutamakan kepentingannya diatas kepentingan sosial atau kelompok. Individualisme berupa doktrin dalam diri sendiri sehingga dapat menjadi fenomena yang tidak bisa terelakkan ketika seorang yang individualis terjun dalam kehidupan sosial dalam perkembangannya.

    ReplyDelete
  29. Individualisme menekankan pada kebebasan, kemerdekaan dan pencapaian individu. Dalam melakukan segala hal maka individu tersebut yang bertanggungjawab. Hal yang positif mengenai individu antara lain tentang kemandirian dan tanggungjawab. Individu yang mandiri dan bertanggungjawab akan dapat memperolah kesuksesan karena lebih efisien dan mungkin efektif. Seperti segala yang ada dan mungkin ada pasti mempunyai sisi kebaikan dan keburukan. Individu yang mengarah pada egoisme tentu akan buruk karena segala sesuatu dipandang hanya berdasarkan sudut pandang dirinya. Tetapi manusia yang dapat menempatkan individu dalam masyarakatnya tentu akan baik, mengakui kebebasan individu tetapi tidak bertentangan dengan sosial.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Individu adalah suatu konsep lama. Namun, individualisme adalah konsep yang baru lahir pada abad ke-20. Secara khususnya konsep tersebut mencerminkan kerugian, kepiluan atas kehilangan sesuatu. Tetapi arti individualisme telah dibentuk oleh masyarakat yang dibentuk pula melalui aturan mekanikal yang kejam. Jika individualisme berarti kepuasan diri dan pribadi, maka kita kini berada di era kegemilangannya. Tetapi jika individualisme bermaksud “dominium”, atau komitmen, melebihi perkelompokan dalam kehidupan, maka kita dalam era terburuk yang tiada tolok bandingan, itulah, keakuran (conformism). Tidak pernah dalam sejarah, manusia menjadi begitu akur dalam prosedur dan tingkah-laku sosial seperti hari ini: ATM yang sama, uang yang sama, sistem pajak yang sama, undang-undang yang sama, bank-bank yang sama, dan seterusnya sampai ke perkara-perkara seperti makanan , dan pakaian dan hiburan dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pengertian dari individualisme adalah satu paham yang menerangkan bahwa seseorang yang mementingkan hak pribadinya tanpa memperhatikan orang lain. Individualisme ini juga menjelaskan bagaimana seseorang hidup tanpa adanya sosialisasi dengan orang lain. Tujuan dari ideologi individualism adalah menempatkan kepentingan individu pada tujuan hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan dan kemakmuran hidup sebanyak-banyaknya.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kepentingan individu lebih diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, sementara menentang campur tangan eksternal atas kepentingan sendiri oleh masyarakat atau institusi seperti pemerintah. Karena pada dasarnya Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu.

    ReplyDelete
  33. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    individualisme adalah sikap manusia memikirkan kemerdekaan dirinya sendiri. orang yang menganut paham ini cenderung kurang baik bila diajak bekerja sama.

    ReplyDelete
  34. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Individualism adalah paham yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Individualism menentang peraturan-peraturan yang menghalangi kebebasan. Dengan kata lain, Individualism menempatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan Negara, masyarakat atau kelompok sosial. Menurut saya paham ini kurang tepat diterapkan di Indonesia karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Individualisme berpangkal dari konsep bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk individu yang bebas. Paham ini memandang manusia sebagai makhluk pribadi yang utuh dan lengkap terlepas dari manusia yang lain. Pandangan individualisme berpendapat bahwa kepentingan individulah yang harus diutamakan. Yang menjadi sentral individualisme adalah kebebasan seorang individu untuk merealisasikan dirinya. Paham individualisme menghasilkan ideologi liberalisme. Paham ini bisa disebut juga ideologi individualisme liberal. Paham individualisme liberal muncul di Eropa Barat (bersama paham sosialisme) pada abad ke 18-19. Yang dipelopori oleh Jeremy Betham, John Stuart Mill, Thomas Hobben, John Locke, Rousseau, dan Montesquieu.

    ReplyDelete
  36. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pada dasarnya Manusia ialah makhluk individu yang memiliki harkat, derajat dan martabat yang mulia. Karenanya ia akan selalu berusaha merealisasikan potensi yang ada pada dirinya seraya ingin menunjukkan siapa yang lebih baik, baik itu potensi jasmani maupun rohani. Manusia juga dikatakan sebagai makhluk sosial karena ia akan membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalani hidupnya, karena pada dasarnya manusia pun butuh berinteraksi dengan manusia lain agar ia mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Secara sosial manusia adalah makhluk individu dan sosial yang memiliki kesempatan yang sama di kehidupan dalam bermasyarakat. Artinya manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menguasai sesuatu. Contohnya berkeluarga, bersekolah, mencari pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya termasuk beragama. Tapi pada kenyataannya masing-masing individu mempunyai tempat yang berbeda atau dengan kata lain tidak mempunyai kedudukan yang sama.

    ReplyDelete