Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

31 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Individualism merupakan pandangan yang berpusat kepada diri seseorang, artinya pembebasan dan realisasi diri dapat dilakukan melalui paham Individualism. Hal ini berangkat dari pandangan bahwa individu haruslah mencapai kemandirian, mengutamakan kepentingan individu daripada kuasa eksternal. Dengan hal tersbut maka diharapkan akan muncul kualitas individu, karakteristik dan kekhasan dari individu itu sendiri. Namun, perlu disadari bahwa Individualism berbeda dengan egoisme yang merupakan motivasi untuk mempertahankan sesuatu dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri sebagai otoritas dari segala tujuan dan menempatkan individu lainnya di bawah kepentingannya.

    ReplyDelete
  2. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia, dapat saya pahami bahwa individualisme adalah pendirian moral, filsafat, psikologi, politik atau sosial yang melindungi hak masing-masing orang secara individu. Para pendukung faham ini menegaskan hak seseorang dalam menggapai tujuan atau keinginannya tanpa diintervensi oleh masyarakat atau institusi resmi, dalam hal ini pemerintah.

    ReplyDelete
  3. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Individualisme adalah ideology atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Seorang individualis melaksanakan tujuan dan keinginannya sendiri dan menghargai kemandirian individu serta menganjurkan agar kepentingan individu harus diutamakan daripada negara atau kelompok sosial. Bagi beberapa orang, individualism membuat seseorang menjadi lebih fokus, melakukan kegiatan tanpa adanya gangguan atau campur tangan orang luar, merasa aman dan percaya atas tindakan yang dilakukan sendiri demi kepentingan pribadi tanpa menyinggung orang lain. Namun pada kenyataannya tidak semua hal dapat dilakukan seorang diri. Oleh karena itu sikap saling membantu, tolong menolong dan bekerja sama sudah sepatutnya diterapkan dalam rangka saling mengayomi dalam kehidupan bermasyarakat.

    ReplyDelete
  4. Terimaksih bapak atas sharing ilmunya mengenai individualism yaitu berpusat pada diri seseorang, jika memaknainya ke dalam kehidupan maka hal ini berarti bahwa seseorang tersebut terkadang harus individualism, misalnya saat kita diajak untuk bermaksiat oleh kelompok tertentu maka pada saat tersebut kita haruslah individualism, yaitu berpusat pada diri sendiri, demi kebaikan diri sendiri, tidak melulu memihak untuk orang lain.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  5. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Individualism, tidak asing lagi dengan kata individual yang artinya sendiri atau individu. Paham individualisme ini memiliki pemikiran bahwa setiap orang memiliki watak dan sifat khas yang terbentuk atas kemauannya sendiri yang bebas, tetapi tetap bertanggungjawab atas segalanya kepada Tuhan. Paham individualisme banyak dipandang negatif oleh banyak kalangan, karena orang yang menganut paham ini cenderung mementingkan dirinya sendiri sehingga kurang perduli bahkan tidak perduli dengan orang lain. Apabila menyampaikan sesuatu dan mendapatkan kritikan atau masukan, orang yang memiliki paham individualisme ini sulit untuk menerima hal tersebut.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Individualisme adalah suatu sikap moral, ideology, filsafat politik, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Setiap individu memiliki karakteristik moral, ideology, atau pandangan sosial yang berbeda-beda. Individualism menghargai keragaman atau perbedaan karakter setiap individu. Individualisme meyakini bahwa setiap pribadi memiliki kebebasan membangun moralitas atau ideologinya masing-masing tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

    ReplyDelete
  7. Junianto
    PM C

    Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Paha mini sangat menghargai kemandirian dan indenpendensi seseorang. Bahkan paham ini menganjurkan agar kepentingan individu lebih diutamakan daripada kepentingan kelompok dan negara. Hal ini menurut saya juga sejalan dengan manusia sebagai makhluk sosial dan mempunyai hal-hak individu.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Individualisme merupakan paham yang memiliki pandangan moral, politik, sosial, yang menekankan pada kepentingan dan kebebasan sendiri. Menurut paham ini, tujuan pribadi lebih diutamakan daripada tujuan kelompok. Untuk mencapai tujuan pribadi, individualis menentang intervensi dari masyarakat atau suatu kelompok. Individualis kurang senang dengan peraturan-peraturan moral yang berlaku karena menurutnya peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang.

    ReplyDelete
  9. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sifat individualism di kalangan atau di lingkungan manusia, itu dikatak suatu kekurangan dalam diri manusia. Karena pada dasarnya sifat individualism akan mempengaruhi pada kegaitan sosial mereka. Dimana para pelaku individualism hanya menganggap bahwa lingkungan itu tidak penting namun yang penting saya bisa melakukan sesuatu dan memiliki keyakinan bahwa saya itu bisa melakukan sesuatu tersebut tanpa bantuan orang lain. hal ini tidak sesuai dengan tuntunan di Al Quran bahwasannya kita disuruh untuk saling bergotong royong dalam hal kebaikan. Disini Alloh juga memerintahkan kita untuk tidak bersifat individual, namun harus bersifat sosial karena apda dasarnya manusia merupakan makhluk sosial
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih Pak atas referensinya. Individualism dikenalkan sebagai ajaran metodologis untuk ilmu-ilmu sosial oleh Weber Max. Terdapat perbedaan antara individualis dengan individualisme. Individualisme adalah paham dimana menempatkan hak individu sebahai sentralnya, sedangkan individualis adalah hidup seenaknya sendiri dan tidak mau memperhatikan kepentingan orang lain. Kita sering menolak dan mengatakan orang Barat sebagai individualisme, ternyata kitalah yang sebenarnya individualis. Kehidupan individualis sering kita temui, terutama di kota besar. Sebagai contoh, pengrusakan fasilitas umum seperti telepon umum, halte, korupsi dan lain-lain. Itu semuanya merupakan bentuk dari kehidupan individualis. Sedangkan kaum individualisme adalah kaum yang menjunjung tinggi kepentingan individual dan tidak semaunya sendiri. Mempelajari perbedaan individualis dan individualisme memberikan saya wawasan baru mengenai perbedaan keduanya. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Paha mini sangat menghargai kemandirian dan indenpendensi seseorang. Bahkan paham ini menganjurkan agar kepentingan individu lebih diutamakan daripada kepentingan kelompok dan negara. Hal ini menurut saya juga sejalan dengan manusia sebagai makhluk sosial dan mempunyai hal-hak individu.

    ReplyDelete
  12. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, individualism merupakan sikap moral atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Orang yang mempunyai sikap individualism atau disebut juga individualist, mereka melaksanakan tujuan dan keinginan seseorang dengan menghargai kemandirian dan cenderung mengutamakan kepentingan individu dibanding kepentingan kelompok.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hampir semua orang mengenal istilah Indivisualisme. Seseorang yang individualistik dipandang sebagai seseorang yang hanya memikirkan dirinya sendiri dan tanpa memikirkan orang lain. Pandangan seperti ini tidak selamanya benar. Konsepsi seperti ini sering disalahartikan oleh beberapa golongan masyarakat. Teori dasar tentang individualisme sangatlah sederhana: manusia selalu melihat sesuatu dari kaca matanya sendiri.

    Dengan premis dasar bahwa individu manusia adalah kepentingan utama dalam perjuangan untuk pembebasan. Classical Liberalisme, eksistensialisme, dan anarkisme adalah contoh dari gerakan yang mengambil manusia individu sebagai unit pusat analisis. Individualisme sehingga melibatkan "hak individu untuk kebebasan dan realisasi diri".

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pada dasarnya terdapat keterikatan antara indivi dengan masyarakat. Namun, paham individualisme menyangkal keterikatan manusia dan masyarakat. Individualisme meletakkan kepentingan pribadi diatas kepentingan orang lain, individual memiliki sikap sosial yang kurang. Bagi kaum individualis, masyarakat adalah sekumpulan manusia yang mempunyai banyak kepentingan yang berbeda dan sering bertentangan dan ini menjadi penghalang besar pagi para individualis dalam mewujudkan keinginannya karena terbatasi oleh pihak lain.

    ReplyDelete
  15. Anisa Safitri
    177012151038
    PEP B

    Individualisme ialah salah satu filsafat yang berpandangan pada soaial, moral, dan politik dengan menekankan kebebasan individu. Seseorang yang individualis maka akan melakukan kegiatannya sesuai dengan kehendak pribadi. Tidak mau di intervensi dari orang lain atas apa yang telah dipilih. Dalam ilmu ini, mereka akan kurang senag dengan sebuah peraturan karena akan menghambat kebebasan.

    ReplyDelete
  16. Nur Dwi Lali K
    17709251059
    PMC

    Dari sumber yang saya baca, individualime merupakan sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualisme ini mendukun pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang dan dengan demikian menghargai kemandirian dan mengutamakan kepentingan individu daripada negara atau kelompok sosial. Dalam islam, kita dianjurkan untuk bersikap individualisme jika bersangkutan dengan hal ibadah. Tetapi jika dalam hal sosial, kita dianjurkan untuk mengutamakan kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  17. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Individualisme merupakan paham yang memfokuskan pada individu. Individualisme ini mengutamakan kepentingan individu daripada kepentingan kelompok atau golongan. Paham individualisme ini harus dimiliki sesuai ruang dan waktu. Terkadang perlu untuk memiliki paham individualisme yaitu ketika kita melakukan sesuatu yang memiliki dampak yang merugikan baik untuk diri sendiri maupun akan menimbulkan dampak yang negatif bagi orang lain maupun bagi golongan. Sedangkan paham individualisme itu harus dihilangkan atau tidak perlu dimiliki ketika melakukan sesuatu yang dapat membawa manfaat untuk orang lain. Salah satu contoh paham individualisme harus dimiliki ketika menjalankan ibadah, sedangkan dalam membela agama kita harus menghilangkan paham individualisme.

    ReplyDelete
  18. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Individualism adalah paham yang menepatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial. Individualisme ini juga menjadi dasar analisis pada paham paham yang ada saat ini yaitu Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme. Menurut saya paham individualisme ini kurang tepat untuk kita jadikan paham yang kita terapkan pada kehidupan kita karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  19. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Secara negatif, paham individualisme menyangkat ketergantungan antar manusia, yaitu kebutuhan sosial dan lingkungan. Individualisme mulai mewabah di Indonesia karena semakin tingginya tingkat penggunaan teknologi sehingga manusia mulai meminimkan interaksi dan otomatis berujung pada kurangnya kepedulian sesama. Individualisme banyak dianggap sebagai salah satu gejala rasionalisasi dan birokratisasi dunia kehidupan oleh logika rasionalitas instrumental yang banyak ditemukan didalam sistem. Namun gejala tersebut bukan terjadi karena alam semesta melainkan reaksi dari manusia yang tidak mampu menahan dimensi kehidupan sehingga orang cenderung berlindung dan bersembunyi pada wilayah privasi masing-masing.

    ReplyDelete
  20. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Individualisme adalah paham yang memandang moral, politik, dan lain-lain sesuai kehendak pribadi. Paham yang memandang dunia dari penilaian individu saja. Tidak memangnya dari sisi sosialnya. Sehingga dalam bersikap, bertingkah laku, membuat keputusan hanya untuk kepentngannya sendiri, tanpa memperhatikan kepentingan dari oranglain. Paham ini mengakibatkan tidak adanya interaksi dengan orang lain, karena segala sesuatu bersifat individu. Padahal di dalam kehidupan ini manusia tidak dapat hidup sendiri. Selalu membutuhkan orang lain. Jadi kita harus bisa menyesuaikan dengan ruang dan waktunya. Kapan kita boleh berinteraksi dengan orang lain dan kapan tidak boleh.

    ReplyDelete
  21. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Individualisme ialah paham yang menerangkan bahwa seseorang hidup dengan mementingkan haknya pribadi tanpa memperhatikan orang lain. Individualisme juga merupakan penjelasan tentang bagaimana seseorang hidup tanpa adanya sosialisasi dnegan orang lain. Dalam ideologi ini, kepentingan individu harus ditempatkan pada tujuan hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan dan kemakmuran hidup sebanyak-banyaknya. Paham ini merupakan dasar dari paham liberalisme yakni paham tentang kebebasan individu. Tentu saja paham individualisme ini tida baik dan akan mengalami kontradiksi di dalam pelaksanaannya. Sebab jika seseorang mementingkan kepentingannya maka kepentingan individu lain menjadi terhalangi sehingga terjadi. Oleh karena itu, marilah kita menjadi individu yang memperhatikan kepentingan orang lain selain kepentingan diri sendiri agar tercipta masyarakat yang rukun.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Individu adalah segala sesuatu tentang individu (orang) yang melakukan, mengatakan, dan ide tergantung pada satu diri sendiri (satu orang) tanpa berurusan lain orang atau orang. Isme adalah suatu prinsip atau paham. Jadi, individualisme adalah suatu prinsip dan paham dalam melakukan, mengatakan, dan ide tergantung pada diri sendiri (satu orang) tanpa berurusan lain orang atau orang dan masih dipertahankan dan tidak akan perubahan seseorang.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Aliran filsafat ini adalah aliran yang berpandangan tentang kemerdakaan manusia secara individu dan tanggung jawab individu. Seseorang yang menggunakan aliran ini akan terus menjalani kehidupan sesuai kehendak pribadinya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  24. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Individualism adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Sehingga kepentingan pribadi lebih tinggi daripada kepentingan orang lain. Semua perbuatan yang dilakukan hanya demi kepentingan dan keuntungan pribadi, sehingga yang dilakukan hanya sesuai dengan kehendaknya saja.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  25. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Individualism adalah kepercayaan yang menjungjung tinggi nilaimoral individu. Dengan adanya individualime ini maka kepentingan individu harus diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, dan menentang campur tangan eksternal atas kepentingannya sendiri oleh masyarakat atau institusi seperti pemerintah.

    ReplyDelete
  26. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Individualisme dapat diartikan yang menekankan pada nilai moral individu. Dalam mengelola individualisme sebenarnya dapat menjadi hal yang positif namun juga dapat berdampak negatif tergantung bagaimana menanggapinya. Contohnya saja dalam ujian maka sifat individualisme dibutuhkan karena hal itu akan menjadi petunjuk bagi seseorang terhadap kemampuan yang sudah dicapainya. Namun apabila dalam kerja kelompok maka sifat individualisme merupakan sifat yang harus dihindari karena dalam kerja kelompok dibutuhkan saling tukar pendapat dan saling bertukar pikiran untuk mendapatkan kesimpulan bersama.

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualis mendukung pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang dengan demikian menghargai kemandirian dan kemandirian. Individualisme menganjurkan agar kepentingan individu harus diutamakan daripada negara atau kelompok sosial. Individualisme sering didefinisikan berbeda dengan totalitarianisme, kolektivisme, otoritarianisme, komunitarianisme, statisme, kesukuan, dan bentuk sosial lainnya.

    ReplyDelete
  28. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Individualisme adalah sebuah pandangan sosial yang menekankan pada hak-hak individu ditempakan diatas hak-hak lain. Seorang individualis menganggap bahwa kepentingan individunya harus lebih diutamakan daripada kepentingan kelompok. Hal semacam ini tentu sangat bertentangan dengan prinsip kemasyarakatan di Indonesia, bahwa kita sebagai makhluk sosial hidup berkelompok dalam masyarakat, dan idealnya kepentingan kelompok yang menyangkut hajat hidup orang banyak lebih diutamakan dari pada kepentingan indivu. Paham ini juga tidak memperhatikan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan peran orang lain dalam hidup.

    ReplyDelete
  29. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Paham individual merupakan paham yang menjadikan diri sendiri menjadi yang utama. Berarti seorang individualis mengutamakan dirinya dari pada kelompok atau golongan. Individual bisa bermakna positif bisa negatif. Contohnya jika bekerja dan menghasilkan uang secara mandiri dan tidak meminta-minta, ini merupakan sikap individu yang baik. Namun jika mementingkan diri sendiri diatas sebuah kelompok atau atas obyek-obyek dibawahnya maka bisa disebut egois atau bahkan diktator.

    ReplyDelete
  30. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    aliran individualisme menekankan pada kebebasan dan kemerdekaan individu dalam bidang moral, politik ataupun sosial. Para penganut paham ini menolak adanya pengaruh ataupun intervensi dari individu. Oleh karena itu, pandangan individualisme menolak adanya tujuan atau pendapat yang menekankan pada kelompok. Terima Kasih

    ReplyDelete
  31. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Walaupun pada hakikatnya manusia memang harus mampu hidup mandiri, namun adanya hubungan sosial dengan manusia lain tetap perlu terjalin. Malahan kebermaknaan seseorang itu hanya dapat terjadi jika ia dapat bermanfaat bagi orang lain, begitulah hidup seharusnya terjadi. Seseorang yang individualis di mata saya tidaklah buruk. Ia hanya belum mengerti makna dari indahnya kebersamaan dalam pergaulan sesama.

    ReplyDelete