Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

13 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan seseorang dan keinginan dan nilai kemerdekaan dan kemandirian dan advokat bahwa kepentingan individu harus mencapai diutamakan daripada negara atau kelompok sosial, sementara menentang campur tangan eksternal pada kepentingan sendiri oleh masyarakat atau lembaga seperti pemerintah. Individualisme membuat individu fokus dan mulai dengan premis dasar bahwa individu manusia adalah kepentingan utama dalam perjuangan pembebasan. Liberalisme, eksistensialisme dan anarkisme adalah contoh gerakan yang mengambil individu manusia sebagai unit pusat analisis. Individualisme dengan demikian melibatkan hak individu untuk kebebasan dan realisasi diri.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan "nilai moral individu". Seorang individualis membuat kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial. Dan hal tersebut bertentangan dengan kenyataan bahwa seorang manusia adalah makhluk sosial yang berinteraksi dan membutuhkan orang lain dalam hidupnya, sehingga seseorang tidak dapat terlalu mementingkan kepentingannya sendiri. Menurut saya, sebaiknya kita tidak menjadi seseorang yang individualis karena sebagai manusia, kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita memerlukan orang lain untuk bersosialisasi dan membantu kita ketika kita dalam masalah. Sebagai contoh, ketika kita dalam kesulitan, maka akan ada tetangga dan keluarga kita yang akan membantu. Begitu pun dalam pekerjaan, seperti guru yang akan bekerja pada beberapa komunitas. Dalam komunitas, kita harus memutuskan sesuatu demi kepentingan bersama sehingga kita tidak dapat mementingkan kepentingan pribadi. Jadi, kita tidak harus menjadi individualis.

    ReplyDelete
  3. Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Kepentingan individu harus dicapai terlebih dahulu daripada kepentingan kelompok. Individu menjadi fokus dari pandangan ini. Yang menjadi premis dasar bahwa individu manusia adalah elemen utama dari perjuangan pembebasan. Perjuangan pembebasan mempunyai tujuan uatama untuk kebebasan individu. Pandangan individualisme akan memunculkan pandangan politik, filsafat dan ekonomi individu. Pandangan politik individulasime seperti liberalisme dan anarchisme. Pandangan filsafat individualisme seperti egoisme, existentialisme, freetaught, humanism, hedonism, libertinism, objectvism, subjectivism. Pandangan individualisme ada yang mempunyai keuntungan dan kerugian. Di zaman komtemporer keburukan dari individualisme cenderung yang lebih dimunculkan. Egoisme, hanya mementingkan diri sendiri di atas kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Individualisme adalah suatu sikap yang mementingkan diri sendiri diatas kepentingan bersama. sehingga dalam paham individualisme ini akan muncul sikap egosime. Sehingga dengan adanya sikap individualisme ini akan memungkinkan terjadinya perpecahan dalam kehidupan, sementara sangat bertentang dengan hakikat dari manusia. Hakikat manusia itu adalah mahluk sosila yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka sudah semestinya sikap individualisme ini dihilangkan dalam kehidupan agar persatuan dan kesatuan bisa terjaga.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Individualism merupakan salah satu aliran dalam filsafat yang menekankan kemerdekaan manusia, kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan untuk dirinya sendiri. Individualism menolak semua pendapat orang lain dan mengutamakan kepentingan atau tujuan diri sendiri di atas kepentingan bersama. Individualism paham yang menanggap perorangan atau individu sebagai dasar suatu uraian kehidupan dengan keseluruhan sosial menjadi konstruksi logis sebagai pendukungnya. Paham ini tidak menolak adanya masyarakat dan tidak menolak bahwa seseorang akan mendapatkan keuntungan ketika hidup bermasyarakat.

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hakekatnya manusia memang harus mampu hidup sendiri, namun tidak lupa dengan hubungan sosialnya. Kebermaknaan seseorang terjadi jika dirinya bermanfaat bagi orang lain. Seseorang individualis menurut saya tidaklah sepenuhnya buruk, karena individualis belum berproses dengan sosial dan belum mengerti akan indahnya kebersamaan dalam pergaulan sesama.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Individualisme merupakan sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Pandangan ini lebih mengutamakan kepentingan individu daripada kelompok. Sehingga yang diajarkan yakni nilai-nilai kemerdekaan dan kemandirian. Individualisme sering didefinsikan berbeda dengan totalitarianisme, kolektivisme, otoritatianisme, komunitarianisme, dan bentuk-bentuk sosial lainnya. Sedangkan contoh gerakan yang mengedepankan manusia individu sebagai unit pusat analisis adalah liberalisme klasik, eksistensialisme, dan anarkisme. Semboyan mereka yakni “hak individu untk kebebasan dan realisasi diri”. Individualisme merupakan pandangan yang sudah dianut oleh negara-negara Barat sejak lama. Pandangan ini tentunya tidak sesuai dengan budaya Timur seperti di Indonesia yang mengedepankan kebersamaan dan gotong royong. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, individualisme telah menjamah dan menggerus tatanan masyarakat di negara-negara Timur. Tentunya hal ini tidak dapat dibenarkan. Karakter bangsa harus tetap dipertahankan.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Individualism adalah paham yang menepatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara atau kelompok sosial.hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain jadi kurang tepat unuk di terapkan pada kehidupan

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hakekatnya setiap manusia memang memiliki kepentingan masing-masing, tapi jangan lupakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Paham individualisme ada sisi positif dan negatifnya. Salah satu sisi negatifnya yaitu akan memunculkan sikap egoisme. Hal ini tentunya dapat mendorong terjadinya pertengkaran dan perpecahan jika setiap individu mengutamakan kepentingan dirinya.

    ReplyDelete
  10. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Individualism merupakan suatu pandangan filsafat yang mementingkan kepentingan individu diatas golongan. Manusia merupakan makhluk individu yang diciptakan hingga bersuku-suku dengan tujuan saling mengenal satu sama lain sehingga sadar bahwa sebenar-benar manusia adalah makhluk sosial juga yang membutuhkan bantuan orang lain seperti halnya dengan Tukang Cukur.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016
    Individualisme merupakan paham bahwa perseorangan adalah unit dasar dari suatu uraian kehidupan, dengan keseluruhan sosial menjadi konstruksi logis pendukungnya, atau jalan yang membicarakan jumlah dari individu-individu yang ada dan hubungan diantara mereka. Setiap individu memiliki kebesasan karena dia adalah pusat dirinya sendiri. Tetapi karena alasannya ini juga, individualisme bukan berarti kebesasan melakukan sesuatu tanpa tanggung jawab. Kebebasan seorang individu akan dibatasi oleh kebebasan individu yang lainnya.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    para individualism membuat diri mereka fokus hanya pada diri sendiri. karena berdasarkan pengertiannya yaitu Individualisme adalah sikap moral, filsafat politik, ideologi, atau pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individualis mempromosikan pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang dan dengan demikian menghargai kemandirian dan kemandirian dan menganjurkan agar kepentingan individu harus diutamakan daripada negara atau kelompok sosial.
    hal ini tentu bertentangan dengan manusia sebagai makhluk sosial. tapi bukan beratri kita tidak memiliki nilai tersebut.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Individualisme Metodologis
    Doktrin ini diperkenalkan sebagai ajaran metodologis untuk ilmu sosial oleh Max Weber, yang terpenting di bab pertama Ekonomi dan Masyarakat (1922). Ini adalah klaim bahwa fenomena sosial harus dijelaskan dengan menunjukkan bagaimana hasil dari tindakan individual, yang pada gilirannya harus dijelaskan melalui referensi ke negara-negara yang disengaja yang memotivasi pelaku individual. Ini melibatkan, dengan kata lain, sebuah komitmen terhadap keunggulan dari apa yang oleh Talcott Parsons nanti akan disebut "kerangka acuan tindakan" (Parsons 1937: 43-51) dalam penjelasan ilmiah sosial. Hal ini juga kadang-kadang digambarkan sebagai klaim bahwa penjelasan fenomena sosial "makro" harus disertakan dengan yayasan "mikro", yang menentukan mekanisme tindakan-teoritis (Alexander, 1987).

    ReplyDelete