Jan 13, 2013

INDIVIDUALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Individualism, bisa konek berikut:


Wss

31 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Individualisme adalah paham yang menghendaki kebebasan berbuat dan menganut suatu kepercayaan bagi setiap orang; paham yang mementingkan hak perseorangan di samping kepentingan masyarakat atau negara; paham yang menganggap diri sendiri (kepribadian) lebih penting daripada orang lain. Pengaruh perkembangan teknologi pada masa sekarang membentuk perilaku remaja yang individualis. Perilaku remaja semakin acuh tak acuh terhadap norma-norma sosial yang ada dimasyarakat. Kehidupan remaja yang seharusnya bersosialisasi dengan masyarakat sekitar digantikan dengan bersosialisasi dengan menggunakan media internet dan media komunikasi lainnya.Hal ini menimbulkan perilaku yang individualis dan acuh tak acuh terhadap masyarakat. Sikap individualistis ini mengakibatkan anak enggan bersosialisasi dikehidupan nyata.Banyak remaja saat ini mereka lebih aktif di media sosial tetapi pasif di dunia nyata.Ini merupakan perilaku penyimpangan yang membentuk perkembangan remaja menjadi individual. Hal ini membuat benak saya menyimpulkan bahwa individualism ada kaitanya dengan egoism.

    ReplyDelete
  2. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam filsafat individualism adalah suatu aliran yang memiliki pandangan terhadap kepentingan sendiri dalam bertanggung jawab dan kebebasan. Sifat individualisme ini lebih condong pada kepentingan hak pribadi tanpa memperhatikan kepentingan orang yang ada disekitarnya. Sifat tersebut merupakan salah satu karakter yang ada dan sering kita jumpai di sekitar kita, karena tidak sedikit diantara kita yang menggunakan paham individualisme tersebut. Kaitannya dalam dunia pendidikan, tidak tepat rasanya ketika paham tersebut dimiliki oleh para pendidik di Indonesia karena kurang memberikan manfaat kepada banyak orang melainkan hanya untuk dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Individualisme merupakan pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu dan menekankan kemerdekaan manusia serta kebebasan diri sendiri. Individualisme lebih mementingkan dirinya sendiri dibandingkan dengan kepentingan bersama. Paham ini menentang adanya pendapat bahwa tujuan kelompok lebih penting daripada tujuan sendiri. Mereka akan melakukan segala cara agar dapat mencapai tujuannya masing-masing dan tidak akan berusaha lebih keras untuk kelompok jika kepentingannya belum terselesaikan. Tidak peduli dengan apa yang akan terjadi dengan kelompok, yang penting dirinya dapat menggapai apa yang diinginkan.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Individualism adalah sikap moral ataupun pandangan sosial yang menekankan pada nilai-nilai individu. individualist ditujukan kepada orang-orang yang memiliki sikap atau nilai yang bersifat individual. Mereka cenderung mementingkan kepentingan diri sendiri dibandingkan terlibat dalam kepentingan umum. Biasanya keinginan pribadi menjadi prioritas yang diutamakan dalam kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Individualisme merupakan paham filsafat yang memiliki pandangan moral, sosial dan politik yang menekankan pada kebebasan diri sendiri. Seorang individualis bergerak melalui pandangan individu dan menentang intervensi dari segala sumber. Penganut paham individualis cenderung kesulitan dalam bersosial karena dimanapun lingkungan pasti terdapat intervensi, setidaknya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat. Individualis akan bergerak sesuai dengan pemikirannya menuju pada tujuan-tujuan individual.

    ReplyDelete
  6. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Individualisme merupakan paham filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu.dalam paham ini seseorang yang ingin mencapai keinginan secara individu atau mencapai keingan nya ataumemcapai tujuan secara personal,hal ini kontradiksi dengan paham sosialis yang merupakan makhluk sosial dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    18709251025

    Individualism merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Jadi, seorang induvidualis akan lebih suka bertindak sebagai individu/perseorangan. Dengan adanya perkembangan tekonologi yang sangat pesat, salah satu dampak negatif yang timbul adalah banyak orang yang individualis sehingga kurang peduli, komunikasi, dan interaksi dengan orang lain. Mayoritas orang-orang yang hidupnya individual tidak mementingkan hidup bersama lingkungan sekitar, artinya hidupnya jauh dari sikap gotong royong .

    ReplyDelete
  8. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Individualisme merupakan salah satu pokok filsafat yang menekankan pada kemerdekaan manusia serta kebebasan sendiri. Seseorang yang indivisualis biasanya akan melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai hal yang paling penting dan utama. Individualisme sering dianggap sebagai salah satu gejala rasionalisasi dan birokratisasi kehidupan oleh logika rasionalitas yang banyak ditemukan dalam suatu sistem.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, individualisme adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Individualisme memiliki arti lebih mementingkan kebebasan pribadi artinya lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan mementingkan orang lain. Hal ini menjadikan individu kurang bermasyarakat sehingga apapun kejadian-kejadian di lingkungan sekitar mereka di anggap tidak penting. Namun dalam kehidupan sehari-hari sikap tersebut lebih dominan terhadap masyrakat perkotaan. Meskipun hal ini terlihat tidak begitu mencolok dan kita menjadi terbiasa dengan berbagai peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat perkotaan. 

    ReplyDelete
  10. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
    Melanjutkan komentar saya, seorang yang memiliki gaya hidup individualisme cenderung modernisasi artinya gaya hidup yang pemikirannya lebih berkembang dan maju. Dengan pemikiran-pemikiran tersebut mereka lebih sibuk hidup diluar rumah daripada hanya duduk diam dirumah tanpa melakukan pekerjaan apa-apa. Dari sikap mereka tersebut dapat di lihat bahwa mereka lebih suka hidup sendiri daripada berinteraksi dengan masyarakat sekitar rumah. Menurut mereka hidup individual itu lebih menguntungkan dan menganggap hidup hanya untuk kepentingan diri-sendiri. Bekerja dari pagi hingga pulang pagi. Mereka tidak sempat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Sebab sibuknya sehingga waktu menjadi terbuang sia-sia. Ingat, hidup itu butuh interaksi pada masyarakat, jangan jadi manusia yang penyendiri atau tidak punya hubungan sosial pada tetangga, karena kalau ada apa2 tetangga adalah saudara kita.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Individualism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Individualism, saya dapat mengetahui tentang Individualisme yang artinya adalah sikap moral, filosofi politik, ideologi, atau pandangan sosial dimana lebih menekankan pada nilai moral individu. Individualisme adalah tentang pelaksanaan tujuan dan keinginan seseorang sehingga menghargai independensi dan mengadvokasi bahwa kepentingan individu harus diutamakan daripada kepentingan umum. Individualisme sering disebut berbeda dengan totalitarianisme dan kolektivisme
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Individualism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/methodological-individualism/, saya dapat mengetahui tentang Individualisme Metodologis. Doktrin ini muncul melalui metodologis untuk ilmu sosial oleh Max Weber. Hal ini sama dengan megklaim bahwa fenomena sosial harus dijelaskan dengan menunjukkan bagaimana mereka dihasilkan dari tindakan individu. Kemudian pada saatnya harus dijelaskan melalui referensi ke negara yang disengaja yang memotivasi aktor individu.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  13. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Individualism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/egoism/, saya dapat mengetahui tentang Egoisme. Dalam filsafat, egoisme artinya adalah teori tentang diri seseorang yang memiliki motivasi dan tujuan dari tindakannya sendiri. Jenis egoisme salah satunya adalah deskriptif adalah menganggap egoisme sebagai deskripsi faktual tentang manusia. Seseorang termotivasi oleh minat dan keinginan untuk mereka sendiri dan mereka tidak dapat dijelaskan sebaliknya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Individiualism merupakan salah satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, dan sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Individualime atau Individulism berpendapat bahwa tujuan seorang individu itu lebih penting dibandingkan tujuan suatu kelompok. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham individualisme masyarakat digambarkan sebagai banyaknya kepentingan yang berbeda dan sering bertentangan . Individualisme kerap dibicarakan pada kajian politik atas, menengah, hingga kemasyarakatan . Ketika kita membahas individualism, akan selalu identic dengan keegoisan, keserakahan, kompetisi dan semacamnya. Paham filsafat ini kurang bersesuaian dengan segala standar moral yang berlaku karena peraturan-peraturan itu dianggap akan menghalangi kebebasan seseorang. Maka dari itu, tradisi individualisme membangun argumen dan konsep-konsep tentang perlunya demokrasi, penegakan kekuasaan hukum, dan pemerintahan yang terbatas.

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link tersebut, saya sedikit menyimpulkan bahwa individualism adalah sebuah pandangan filsafat mengenai moral, politik,atau social yang memfokuskan pada kemerdekaan seseorang sesuai dengan kepentingannya dan dapat mempertanggung jawabkannya. Seorang yang individualis akan mencapai dan menghendaki secara individu.

    ReplyDelete
  17. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tidak mau ramai-ramai, tidak mau berkumpul bersama teman-teman, tidak mau berteman, tidak mau diganggu oleh teman, tidak mau memikirkan orang lain selain diri sendiri, dan banyak lagi bentuk dari sikap individualis seseorang di dunia ini. Bukan tanpa sebab, semua sikap yang terdapat pada diri seseorang merupakan hasil olah pikir dan juga pengalaman yang pernah dialami seseorang. Dampak yang disebabkan tentu saja bisa dijauhi orang karena memang tidak mau didekati, tetapi bagi orang lain yang memang ingin membantu orang tersebut agar tidak menanggung beban pikiran sendiri adalah baik. Karena tekanan yang dialami seseorang berbeda-beda, ada yang let it flow dan ada juga yang dipaksa untuk berpikir keras sehingga menjadi stress. Baik buruk sikap individualis memang beraneka ragam sehingga penangannya pun mau tidak mau harus berani mendekati dan tidak menyerah untuk ikut campur dalam pemikirannya.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Individualism adalah paham yang mengedepankan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama atau negara. Orang yang menganut paham individualism cenderung tidak mau bergaul dan tidak suka banyak interaksi dengan orang banyak. Selain itu, orang yang menganut paham ini cenderung tidak peduli dengan masalah orang lain atau orang banyak.

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Tanpa individualism, sesorang tidak dapat mengumpulkan kebahagiaannya. Menurut paham individualism, melakukan usaha untuk belajar dan menemukan kepentingan sendiri secara pribadi tanpa mengikuti struktur kepentingan masyarakat. Seorang individualis, tidak mengikuti satu filosofi tertentu, melainkan menciptakan gabungan unsur-unsur banyak orang, berdasarkan pada kepentingan pribadi dalam aspek-aspek tertentu yang ia temukan berguna.

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Individualism merupakan suatu filsafat yang memiliki pandangan moral, politi atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan mandiri. Seorang yang individualis akan cendeung menganggap benar semua pendapan pribadinya. Mereka juga tak akan segan melawan pendapat orang lain atau suatu lembaga jika pendapatnya tidak disetujui. Orang yang mempunyai paham individualis nampaknya akan sulit hidup dalam sebuah kelompok, karena ia tidak akan mempunyai rasa memiliki untuk kelompok, karena ia hanya menganggap maha benar seluruh kehendak atau pendapatnya. Aliran filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang. Aliran filsafat ini juga nampaknya tidak cocok untuk iklim di negara Indonesia, dimana masyarakat Indonesia yang cenderung mengabaikan kepentingan pribadi untu kepentingan dan kesejahteraan bersama.

    ReplyDelete
  21. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Individualisme merupakan aliran filsafat yang memiliki pandangan moral, politik, ideologi atau sosial yang menekankan pada nilai individu. Individualis mempromosikan pencapaian tujuan dan keinginan individu. Mereka menganjurkan bahwa kepentingan individu harus lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau kelompok sosial. Pandangan ini menentang intervensi dari masyarakat, negara, dan setiap kelompok terhadap kepentingan pribadi mereka.

    ReplyDelete
  22. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Individualisme adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan moral atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia dan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intevensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh karena itu, induvidualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat.

    ReplyDelete
  23. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Individualisme adalah konsep yang sering disalahpahami karena lebih sering diartikan sebagai egoism. Padahal menurut Wikipedia individulisme adalah sikap moral filosofi politk, ideologi, atu pandangan sosial yang menekankan nilai moral individu. Individu diberikan otonomi untuk menentukan sendiri apa yang harus dan tidak harus dilakukannya. Pandangan ini berangkat dari pemikiran positif tentnag manusia bahwa mereka memiliki potensi unik untuk mampu mengambil keputusan sendiri.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. Pendapat-pendapat yang di tentang termasuk holisme, kolektivisme dan statisme, antara lain. Filsafat ini juga kurang senang dengan segala standar moral yang berlaku ke atas seseorang karena peraturan-peraturan itu menghalangi kebebasan seseorang. terimakasih

    ReplyDelete
  25. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Sering kita salah memahami individualism, menyamakan individualisme dengan egoisme dan narsisisme. Ternyata ketiga istilah itu jelas berbeda satu sama lain. Individualisme juga sering dipahami dapat merusak tatanan dalam masyarakat. Pemahaman ini sebenarnya didasarkan pada implikasi luas individualisme, yaitu keterbukaan dan kemajuan. Seorang individu dalam mengambil keputusan mengenai hidupnya membutuhkan referensi yang banyak, tidak tertutup terhadap perubahan-perubahan. Meskipun perubahan-perubahan itu berasal dari luar masyarakatnya.

    ReplyDelete
  26. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    "with the fundamental premise that the human individual is of primary importance in the struggle for liberation." Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa pada paham ini, individu dipandangan menjadi hal yang penting sehingga dijadikan fokus.

    ReplyDelete
  27. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Individualisme adalah suatu paham filsafat yang memandang bahwa dalam segi sosial, politik dan pandangan moral , seseorang tersebut memliki kebebasan diri sendiri. Orang-orang yang memiliki sifat individualis ini cenderung memiliki sifat egois dan tidak memikirkan orang lain, mereka lebih mementingkan keptingan dirinya sendiri. Dan jika dalam kehidupan bermasyarakat mereka cenderung tidak berinteraksi dengan sesama.

    ReplyDelete
  28. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang indvidualis akan melanjutkan pecapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, Negara dan setiap badan atau kelompk atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepala setiap badan masyarakat.

    ReplyDelete
  29. Jefri Mailool
    PEWP 18701261002

    Individualisme menjadikan individu sebagai fokusnya dan dimulai dengan "pernyataan mendasar bahwa individu manusia adalah yang terpenting dalam perjuangan untuk pembebasan. Liberalisme klasik, eksistensialisme, dan anarkisme adalah contoh gerakan yang mengambil manusia individu sebagai unit pusat analisis.

    ReplyDelete
  30. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Menurut KBBI individualisme merupakan paham yang menganggap manusia secara pribadi perlu diperhatikan (kesanggupan atau kebutuhannya tidak boleh disamaratakan. Aristoteles merupakan salah satu tokoh yang mempelopori paham individualisme.

    ReplyDelete
  31. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Individualisme ialah salah satu filsafat yang berpandangan pada soaial, moral, dan politik dengan menekankan kebebasan individu. Seseorang yang individualis maka akan melakukan kegiatannya sesuai dengan kehendak pribadi. Tidak mau di intervensi dari orang lain atas apa yang telah dipilih. Dalam ilmu ini, mereka akan kurang senag dengan sebuah peraturan karena akan menghambat kebebasan.

    ReplyDelete