Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

56 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link di atas dapat kita ketahui bahwa dialektika atau metode dialektika adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Jadi dalam hal pembelajaran khususnya pembelajaran matematika sesuai untuk diterapkan pada siswa untuk membangun konsep matematikanya. Dalam hal ini guru dapat memberikan soal yang berbasis masalah atau soal yang open-ended, sehingga saat mengerjakan akan ditemukan berbagai langkah untuk menemukan jawabannya. Dealitika juga berhubungan dengan bagaimana mengembangkan kemampuan penalaran siswa, karena pada saat memberikan jawaban harus disertai dengan argumen yang beralasan atau tepat. Dialektika dalam pembelajaran sangat penting untuk mentransfer pelajaran, menjalin komunikasi dll.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut artikel yang saya baca, dialektika juga dikenal sebagai metode dialektis yang merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subyek namun berharap untuk membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Istilah ini identik dengan debat dan juga retorika, metode atau seni wacana yang berusaha membujuk, memberi informasi atau memotivasi audiens.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan probelem yang ada. Ada proses pemikiran seseorang yang mengalami perkembangan karena mempertemukan ide yang satu dengan ide yang lain antara orang yang berdialog. Tujuannya mengembangkan cara berargumentasi agar posisi yang bersifat dua arah dapat diketahui dan diharapkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Dialektika adalah suatu konsep-konsep tertentu yang membedakannya dari pemikiran dan kepercayaan Barat, khususnya keyakinan mereka berbeda tentang perubahan dan kontradiksi. Pemikiran dialektik melibatkan memperlakukan dunia sebagai terdiri dari ekstrem atau lawan yang ada bersama (misalnya, panas / dingin atau terang / gelap).
    Maksudnya adalah bahwa paham dialejtism ini berpandangan bahwa hidup di dunia ini adalah ada suatau lawan. Misalnya baik dan buruk, terang dan terbit.

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan probelem yang ada.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Prinsip dialekstisme menjadi salah satu prinsip dalam filsafat. Prinsip ini berhubungan erat dengan komunikasi antar manusia. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata dialek sebagai cara orang berbicara atau sering juga disebut sebagai aksen. Dialektisisme berasal dari kata dialek yang artinya adalah komunikasi dua arah (dialog). Selain itu, kebenaran harus terikat oleh ruang dan waktu, tidak semua kesalahan yang tidak disengaja adalah kesalahan, bisa jadi itu sebuah kebenaran dikarenakan untuk melingungi seseorang dari penjahat misalnya.

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dialektisisme merupakan sebuah proses yang terus menerus sehingga tidak akan tercipta kemandegan. Istilah dialektik (dialektika) telah ada sejak masa yunani kuno yang dipahami sebagai segala sesuatu berubah (panta rei). Dialektika dalam bahasa Yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru. Konsep dialektikal dari dunia dan perkembangannya dikembangkan pertama kali oleh filsuf Yunani, Heraclitus.

    ReplyDelete
  8. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada abad 19, seorang filsuf jerman, Hegel, berhasil menemukan semua hukum dasar dialektika, dengan studinya tentang logikan. Dialetika dalam bahasa yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru. pengadaian dasar dualektika hegel adalah rasionalisme internal, yakni pengertian bahwa keseluruhan kenyataan dipahami sebagai manifestasi ruh, senantiasa terhubung satu sama lain dengan jejaring yang takreputus

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dialektisisme ini berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Kemudian Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Dalam artikel juga diterangkan mengenai dialektikal sekolah. Hal ini berkaitan dengan teori kondisional dan logika moral.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dialektika merupakan pengembangan logika berpikir melalui triade: thesis, antithesis, dan sinthesis. Sebagai sistem, dialektika tergambar dalam kerangka ke-filsafatan yang serba triade.
    Proses dialektika selalu terdiri dari tiga fase, fase pertama disebut thesis. Thesis merupakan klaim, teori yang didukung oleh argumen. Pada fase pertama thesis akan menampilkan lawannya pada fase kedua yaitu antithesis. Akhirnya timbullah fase ketiga, disebut sinthesis, yang mendamaikan antara thesis dan antithesis yang saling bertentangan. Proses ini berlangsung terus. Sintesis yang telah dihasilkan dapat menjadi thesis baru yang menampilkan antithesis lagi, dan akhirnya kedua-duanya didamaikan menjadi sinthesis baru. Oleh Karena itu, proses dialektika dikiaskan dengan gerak spiral dan bukan gerak garis lurus.

    ReplyDelete
  11. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dialektika berasal dari Yunani kuno dan dipopulerkan oleh Plato dalam dialog Socrates. Dialektik adalah suatu metode dimana wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik, yang kemudian ingin menegakkan kebenaran materi yang dilandaskan pada argumen beralasan. Karna memiliki makna yang hampir sama, tapi antara istilah dialektika tidak sama dengan istilah perdebatan. Alasannya yaitu karena dalam teori debat belum tentu secara emosional diinvestasikan dalam sudut pandang mereka. Dialektika ini juga tidak sama dengan istilah retorika, metode atau seni wacana yang berusaha untuk membujuk, menginformasikan, atau memotivasi penonton.

    ReplyDelete
  12. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dialektika adalah suatu pemikiran yang berasal dari filsafat Yunani kuno. Dialektika menekankan pembangunan melalui gerakan bolak-balik yang menentang proposisi. Gerakan dialektika mengacu pada proses mental atau proses yang diyakini terjadi di realitas objektif. Ketika gerakan dialektika dipandang sebagai gerakan yang terjadi dalam pikiran, seperti dalam dialektika Socrates, berarti pada dasarnya suatu proses dimana seseorang secara bertahap untuk mencapai wawasan tertentu. Menurut para filsuf seperti Heraclitus, Hegel, dan Marx, dialektika mengacu pada gerakan konfliktual yang melekat pada realitas. Sedangkan menurut Socrates, Plato, dan tradisi skolastik yang diprakarsai oleh Aristoteles, dialektika mengacu pada pergerakan pikiran dalam mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  13. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dialektika diambil dari kata dialektos yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti pidato, pembicaraan, perdebatan. Dialetika adalah suatu gerak yang menimbulkan tesis, kemudian menimbulkan anti tesis, selanjutnya timbul sintesis yang merupakan tesis baru, yang nantinya menimbulkan antitesis dan seterusnya. Ini dikarenakan atas ketidakpuasan Kant terhadap ilmu pengetahuan yang dibatasi secara kritis. Adapun peranan dari dialektika adalah interpretasi mengenai hakikatnya. Penghargaan atas kegunaannya sangat bervariasi sepanjang sejarah filsafat. Ini dikarenakan perbedaan pendapat setiap filsuf.

    ReplyDelete
  14. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Faham dialektism pertma kali dikenalkan oleh tokoh filsafat yaitu Hegel. Dialektika Hegel dikenal Sebagai sebuah doktrin yang cukup mampu bertahan dan diikuti oleh banyak orang. Ketika menjelaskan atau berusaha menerangkan tentang proses-proses sosial, dialektika hegel ini selalu saja banyak dicopot dan dijadikan sebuah penjelasan. Proses sosial memang sepertinya bekerja seperti dialektika Hegel ini, namun bagi saya Dialektika Hegel cukup melenakan dan menjauhkan atas kekomplekan apa yang terjadi sebenarnya. Doktrin ini melemahkan, menyempitkan dan menyederhanakan realita Proses Sosial yang ada. Doktrin Hegel ini memang cukup menarik dan cukup memberikan suatu penjelasan yang keliatannya rasional. Dikembangkan dari filsafatnya Kant yang tertulis di Critique of Pure Reason, Dialektika Hegel kemudian mereduksi dan mengembangkan cirinya sendiri. Dialektik Kant terdiri dari Ritme Tiga Hentakan: Thesis, AntiThesis dan Sintesis. Istilah kerennya Dialektika ini adalah Hukum Sosial yang berlaku untuk semua ruang dan waktu. Dialektika adalah kumpulan kepercayaan publik yang ditandai dengan penerimaan kontradiksi dan harapan akan perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  15. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah saya membaca uraian tentang dialecticism yang dapat saya simpulkan adalah bahwa dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dialektika kehidupan manusia dapat diterima, dijalani dan dipraktekan secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, tujuan dialektika yaitu perwujudan dan pengejawantahan diri manusia menjadi tujuan dan sasaran yang nyata dan konkret. Sepanjang manusia memberanikan diri berada dalam proses dialektika, sepanjang itu pula manusia dididik dan mendidikkan dirinya secara kualitatif. Ia akan berani menanggalkan pengetahuannya yang lama dan menerima pengetahuan yang baru demi pertumbuhan dan perkembangannya.

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dialektika adalah cara berfikir dan citra tentang dunia. Sebagai cara berpikir, dialektika menekankan arti penting dari proses, hubungan,, dinamika, konflik dan kontradiksi cara berpikir yang lebih dinamis. Disisi lain, dielektika adalah pendangan bahwa dunia bukan tersusun dari struktur yang statis, tetapi terdiri dari proses, hubungan, dinamika, konflik dan kontradiksi. Meski gagasan dialektika dihubungkan dengan Hegel, namun ia sudah ada dalam filsafat sejak dulu. Marx yang terdidik dalam tradisi Hegelian, mengakui arti penting dialektika. Namun, ia mengkritik beberapa aspek dari cara yang dipakai Hegel. Misalnya, Hegel cenderung menerapkan dialektika hanya pada dunia gagasan, sedangkan Marx merasa bahwa dialektika dapat diterapkan pula pada aspek kehidupan yang lebih bersifat material seperti pada aspek ekonomi.

    ReplyDelete
  18. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dialectisism mengarah pada salah satu bentuk komunikasi. dialectisism dapat didefinisikan sebagai cara penyelesaian masalah melalui perdebatan, atau dapat dikatakan bahwa dialektika merupakan cara menyampaikan argument dalam suatau kegiatan tertentu, dapat berupa perdebatan dll yang merupakan tempat yang dapat untuk berdialektika. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menghindari perdebatan. Lakukan musyawarah positif agar permasalahan bisa selesai dengan baik. Musyawarah untuk mufakat merupakan cara yang baikdalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  19. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dialektika merupakan ilmu pengetahuan tentang hukum umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Pada proses berpikir seseorang akan mengalami perkembangan karena mempertemukan ide yang satu dengan ide yang lain antara orang-orang yang berdialog. Tujuannya mengembangkan cara berargumentasi agar posisi yang bersifat dua arah dapat diketahui dan diharapkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Paha mini adalah paham berangkat dari asumsi bahwa alam semesta beserta kehidupan di dalamnya tidaklah pasif. Melainkan dinamis dan terus berubah-ubah. Dialketika adalah suatu hukum yang menjelaskan relativitas tersebut. Jika dunia ini pasif, maka tidak aka nada siang dan malam. Jika dunia ini pasif, maka tidak akan terjadi perubahan zaman dari masa primitive hingga masa modern saat ini. dalam hal ini, perubahan adalah suatu keniscayaan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  21. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber wikipedia di atas, dialecticism atau dialektika dikenal sebagai wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek atau objek tertentu namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa kaitan objek tersebut dengan objek lainnya. Hal ini kontras dengan metode metafisik yang meneliti objek-objek tersebut di lingkungan yang terpisah, terisolasi (tidak dikaitkan dengan objek lain) dan statis. Jika dikaitkan dengan sekarang, dialektika ini identik dengan komunikasi. Untuk menemukan suatu kebenaran, perlu adanya diskusi atau komunikasi antar satu orang dengan orang lainnya agar terbuka fikiran mengenai apa yang ingin diketahui kebenarannya. Diskusi akan memperluas pengetahuan dan membuat pengetahuan menjadi berkembang dan dinamis.

    ReplyDelete
  22. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Berdasarkan perkembangan konflik tersebut, dialektika ialah tesis, anti tesis, dan sintesa. Menurut pandangan ini, tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, sementara yang absolut hanyalah semangat revolusionernya. Semangat revolusioner yang dimaksud adalah perubahan atau pertentangan tesis oleh anti tesis menjadi sintesis.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel-artikel diatas. Dari dua link di atas saya dapat mengambil pelajaran bahwa Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Hal itu merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan sosial. Dua manusia dengan dua kepala pasti memiliki perbedaan pendapat dan sudut pandang dan masing-masing pasti memiliki alasan, baik tesis maupun antitesisnya. Padahal benar dan salah bersifat relatif, dan yang dianggap benar tidak lah ada yang mutlak kecuali kebenaran dari Tuhan, Sang Maha Benar. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  24. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Dialecticism atau dialektika juga dikenal dengan metode dialektis. Menurut link bacaan yang telah dibagikan diatas, Metode dialektis adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen yang beralasan. Socrates adalah satu pencetus dialektika, yaitu menarik suatu nilai kebenaran dengan logika. Metode dialektika muncul karena mengandalkan intuisi namun seiring perkembangan zaman, maka dialektika saat ini dibangun dengan metode dialektika materialistik. Sehingga dialetika di sekarang ini yaitu dengan diskusi atau perdebadatan yang membuat mendapatkan nilai kebenaran terhadap sebuah informasi yang terkait(diperoleh).

    ReplyDelete
  25. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran.

    ReplyDelete
  26. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dialecticism merupakan komunikasi yang terjadi dalam bentuk dua arah. Jika di dalam proses pembelajaran yang dimaksud komunikasi dua arah adalah komunikasi yang terjadi di antara guru-siswa, siswa-siswa, siswa-sumber belajar. Untuk mewujudkan komunikasi tersebut maka guru harus bisa memilih metode dan strategi pembelajaran yang bersifat kolaboratif salah satunya adalah pembelajaran kooperatif.

    ReplyDelete
  27. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sebelumnya, saya pernah memberikan komentar pada postingan berjudul DIALECTISM, akan tetapi sepertinya meskipun judlnya sama, terletak dalam postingan yang berbeda atau diposting dalam waktu yang berbeda (atau mungkin, mohon maaf, saya yang lupa, kemudian mengomentari postingan ini dua kali). Di balik itu semua, saya meyakini bahwa dengan membaca ulang dan berdiskusi kembali, kita akan memperoleh pengetahuan yang lebih matang.
    Dialektism adalah merupakan aktivitas mencari pengetahuan dan mencari kebenaran lewat diskusi pada beberapa sudut pandang. Dialektisme berbeda dengan debat. Jika debat terkadang dibumbui dengan emosional yang agak meletup-letup, kemudian menghasilkan labeling si hebat dan si payah, maka dialketisem hadir berbeda sama sekali dengan debat. Dialektism memiliki tida pilar metode utama, yaitu dialektika naif yang diperoleh lewat intuisi, dialketika idealistis, dan dialektika materialis. Dialektika berupaya mencari kebenaran pengetahuan lewat diskusi panjang mendengarkan beberapa sudut pandang. Di dalamnya terdapat poin utama jika hasil diskusi berupa keputusan yang logis. Jadi dialktism ini berbeda dengan reotrika (bujukan, rayuan), karena dialektism menghasilkan keputusan lewat pemikiran yang matang, bukan memenangkan satu sudt pandang tertentu karena suatu bujukan.

    ReplyDelete
  28. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam filsafat, Dialektika merupakan hubungan atau komunikasi dua arah. Maknanya adalah suatu keadaan atau kondisi yang saling berhubungkan antara sesuatu objek atau keadaan dengan lainnya. Dialektika memiliki tujuan agar kita memiliki analisa yang lebih tajam dan akurat dalam memandang realita kehidupan. Dalam kenegaraan dialektika mungkin dapat diterjemahkan ke dalam bentuk diplomasi, agar dapat membangun hubungan antar Negara dan dunia lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dialecticism merupakan suatu paham yang memberikan pandangan tentang komunikasi dua arah. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang terjadi di dalam proses belajar mengajar, komunikasi dapat berbentuk vertikal maupun horizontal. Komunikasi vertikal meliputi komunikasi yang terjadi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar. Sedangkan komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa di dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.

    ReplyDelete
  30. Dalam berkomunikasi tentunya harus terjadi secara dua arah agar lebih efektif, inilah yang dimaksud dengan paham dialektisme. Dalam hubungannya dengan dunia pendidikan, dimana tokoh yang berperan yaitu guru dan siswa, haruslah dapat menciptakan suasana pembelajaran sesuai dengan paham dialektisme, agar tujuan dalam pembelajran pun dapat tercapai.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  31. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dialektisme merujuk pada dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai satu subjek dan mencoba bersama-sama untuk mencapai kebenaran melalui argumentasi yang rasional. Dalam filsafat, dialektik digunakan untuk menguji dan memahami objek filsafat.

    ReplyDelete
  32. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dialektism disini memberikan pengertian bahwa ketika kita melakukan sebuah musyawarah dengan seseorang, maka seharusnya kita lebih ke bagaimana cara membuat musyawarah yang harmonis dimana kesubjektifitasan mereka selalu dibelakangkan. Hal ini yang akan membuat sifat keobjektivitasan dari seseorang itu akan turun karena memahami sifat objek itu seperti apa
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  33. Junianto
    PM C

    Paham ini memberikan pandangan bahwa komunikasi itu sebaiknya dilakukan dua arah. Kaitannya dengan dunia pendidikan, maka pembelajaran yang terjadi di kelas sebaiknya dilakukan tidak hanya guru memberikan materi tetapi siswa juga aktif dalam menemukan pengtahuan. Sehingga pembelajaran tidak pasif hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajar tetapi siswa juga aktif. Inilah yang diharapakan dalam pembelajaran di era sekarang ini.

    ReplyDelete
  34. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah dialecticism berasal dari bahasa Yunani: διαλεκτική, dialektikḗ. Dialecticism merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dialecticism ini mempunyai tiga tahapan perkembangan, yaitu naive dialectic, idealistic dialectic dan materialistic dialectics.

    ReplyDelete
  35. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dialektism merupakan paham bahwa segala sesuatu berubah. Dialektism berasal dari bahasa yunani dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Dialektika berhubungan dengan tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) dialektika mengandung 4 hal: Waktu; Pertentangan; Timbal balik; dan Seluk-beluk (pertalian).

    ReplyDelete
  36. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Plato mempopulerkan pahan dialekika. Dialektika erat kaitannya dengan pemikiran berbeda dari sejumlah orang yang ingin membangun suatu kebenaran dari banyaknya perbedaan pemikiran tersebut. Dialektika dapat diartikan sebagai sesuatu yang benar jika dilihat dari seluruh hubungan dengan banyak sudut pandang. Selain itu dialektika juga dapat diartika sebagai persatuan hal-hal yang bertentangan .

    ReplyDelete
  37. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dialektisme meruapakan paham yang membahas mengenai komunikasi dua arah. Dengan kata lain pngetahuan dapat dibangun dengan komunikasi dua arah. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas Dialektisme harus digunakan agar pengetahuan yang ingin dibangun atau disampaikan dapat diterima dengan baik. Pembelajaran yang baik di kelas apabila terjadi kegiatan komunikasi baik siswa antar siswa, ataupun siswa antar guru. Dengan adanya komunikasi dua arah,pengetahuan yang dibangun akan lebih baik dan berkembang.

    ReplyDelete
  38. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dialecticism adalah paham yang memandang dunia sebagai komunikasi. Komunikasi adalah penyaluran ide, atau pandangan. Biasanya dialeg lebih banyak digunakan untuk mengutarakan pendapat yang berbeda dengan yang diutarakan sebelumnya. Berupaya juga untuk mencari kelemahan lawan. Dialeg dilakukan bisa untuk mengutarakan ketidaksesuaian dengan apa yang dipikirkan, atau mendukung pendapat yang ada.

    ReplyDelete
  39. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dialektika berasal dari kata dialog yang berarti bahwa terjadinya komunikasi dua arah. Dialektika mengandung 4 hal yaitu waktu, pertentangan, timbal balik, dan asal usul. Berarti bahwa dialektika ini adalah proses penyelesaian masalah melalui cara perdebatan. Padahal dalam Islam maupun demokrasi Indonesia, manusia dianjurkan untuk menghidari perdebatana. Lebih menekankan penyelesaian masalah dengan musyawarah untuk mencapai ketenangan dan kesenangan bersama.

    ReplyDelete
  40. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dialektika merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu dubjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argument beralasan. Dialektika ini merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menambah wawasan kita. Dengan dialektika kita dapat berpikir lebih terbuka dan mendengar pandangan-pandangan lain. Tetapi jangan sampai dialektika menjadi sebatas debat kusir yang justru menimbulkan perpecahan. Karena itulah kita harus menyadari bahwa pendapat kita tidaklah sempuran dan mau membuka diri untuk menerima ilmu baru.

    ReplyDelete
  41. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dialektika (juga dialektika dan metode dialektik) adalah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  42. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Dialektika merupakan suatu metode untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan pendapat dari dua atau yang miliki perbedaan argumen dalam memandang masalah tersebut. Setelah membuat beberapa pertimbangan, kemudian akan disepakati untuk memecahkan masalah atau isu.Terimakasih

    ReplyDelete
  43. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dialektika merupakan sebuah ‘wadah’ bagi klaim-klaim rasional dari para filsuf dalam upaya memurnikan ide sebagai pengetahuan. Di dalamnya, klaim-klaim para filsuf saling menguji dan menyangkal, serta menyimpulkan suatu klaim baru yang tidak mungkin tidak akan dimurnikan lagi dalam proses yang sama. Proses itu teru berputar di kisara tesis dan anti-tesis. Implikasinya dalam kehidupan sehari-hari adalah di saat kita berbicara atau berinteraksi dengan seseorang tentunya kita mengharapkan interaksi balasan atau terjadinya komunikasi dua arah yang saling berkaitan antara dua atau beberapa orang yang sedang berbicara. Saling membantah argumen, saling memberikan masukan, adalah contoh bahwa manusia sedang berdialek.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dialektisisme ialah proses yang terus menerus sehingga tidak akan tercipata keberhentian. Dalam filsafat dialektis ialah kegiatan analisis yang mempertentangkan tesis dan antitesis untuk menghasilkan sisntesis. Menurut Hegel, setiap tesis akan mendapat reaksi berupa antitesis dan pada akhirnya menghasilkan sintesis. Sintesis ialah tesis baru yang suatu ketika akan mendapatkan reaksi baru berupa antitesis dan kemudian akan menumbuhkan sintesis baru lagi. Demikian seterusnya langkah-langkah tadi berulang kembali. Contohnya terdapat sebua tesis yaitu bumi itu bulat dan merupakan pusat dari tata surya, kemudian ada antitesis yang menyanggah tesis tersebut yaitu matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi. Kemudian terciptalah sintesis berupa bumi itu bulan dan bukan merupakan pusat atta surya, pusat tata surya ialah matahari.

    ReplyDelete
  46. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dialektism istilah digunakan untuk merujuk ke metode argumen yang menyelesaikan perselisihan yang telah berlangsung dalam filsafat Indian dan Eropa sejak awal jaman dahulu. Dunia dialektika berasal di Yunani kuno dan dipopulerkan oleh Plato selama dialog Socrates. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem, dan memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialektika biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  47. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Pengertian dialektika menurut Aristoteles dalam buku Cecep Sumarna (2006:132) adalah “Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya”. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  48. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dialektisme adalah suatu upaya untuk memunculkan wacana dari dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektisme ini kontradiksi dengan meotde metafisik.

    ReplyDelete
  49. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dialectism adalah pemikiran filsafat yang berpendapat bahwa untuk membuktikan kebenaran dapat dilakukan dengan komunikasi dua arah atau lebih. Di dalam hidup manusia memerlukan berkomunikasi baik itu kepada sesam manusia atau kepada Tuhan, jika manusia tidak melakukan komunikasi maka ia tidak akan bisa memperoleh ilmu, dan membangun kehiudpan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  50. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dalam filsafat, metode dialektika menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem, dan memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialektika biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dialektisme adalah paham yang mengedepankan komunikasi dari berbagai arah dalam melakukan dan menyelesaikan sesuatu. Para penganut paham ini menginginkan kebaikan dari sudut pandang bersama yang bisa diterima oleh semua pihak, bukan kebenaran yang hanya bersumber dan berpihak pada satu keompok saja. Hal ini jika kita kaitkan dalam pembelajaran, maka pembelajaran dapat dipandang sebagai suatu kelompok diskusi antara guru dengan siswa siswa dengan siswa lainnya. Bukan sekadar transfer ilmu dari guru kesiswa yang merupakan komunikasi satu arah. Siswa dengan difasilitasi oleh guru, bersama-sama mengkonstruksi berbagai pengetahuan.

    ReplyDelete
  53. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Diskusi yang jauh dari bentuk debat dimana masing-masing berargumen secara obyektif disebut dialektika. Argumen yang disampaikan harus ada alasan dan bertujuan untuk mencari kebenaran. Dengan diskusi seperti ini maka masing-masing bisa saling belajarh dan saling menghargai pendapat orang lain. Pada pembelajaran matematika ketika ada diskusi kelompok, maka cara ini bisa diterapkan sehingga siswa dengan siswa lainnya bisa saling belajar berpendapat dan menghargai pendapat temannya.

    ReplyDelete
  54. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Segala sesuatu itu hanya bersifat sementara, terbatas dan dibentuk oleh kontradiksi. Kontradiksi akan selalu ada, karena tiadalah bersifat absolute. Dalam hidup, sering dijumpai perbedaan yang menyebabkan munculnya pertentangan. Perbedaan bukan menjadi landasan dalam menerima begitu saja, dibutuhkan penguatan argumen dengan dasar jelas.

    ReplyDelete
  55. Arina Husna Zaini
    PEP B S2
    17701251024

    Assalamualikum Wr.Wb

    dialecticism merupakan pandangan filsafat yang melakukan studi tentang materialisme dimana dalam hal ini berbicara tentang keunggulan 'benda\materi' dari 'ide', maka study tentang dialektika adalah menjawab pertanyaan: bagaimana materi tersebut berkembang, yang secara singkat dapat dijawab bahwa semua materi adalah saling berhubungan, dan berubah, dan berkembang secara konstan. Dalam bisa ng pendidikan, pandangan filsfaat ini penting untuk dikembangkan agar proses pembelajaran dapat dirancang sesuai kemampuan kognitif , afektif dan psikomotorik siswa sehingga mempu meningkatkan nilai dari ketiga aspek tersebut hingga berbuat pada akhlak yang mulia . Terima Kasih

    ReplyDelete