Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

14 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dialektika merupakan suatu metode untuk menyelesaikan suatu perselisihan dengan cara menyampaikan argumen yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang membahas suatu objek pembicaraan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan argumen dari masing-masing pihak. Socrates mengatakan bahwa kebenaran sebagai nilai tertinggi bisa ditemukan melalui akal dan logika dalam diskusi. Menurut Socrates diskusi merupakan sarana yang tepat untuk persuasi, penemuan kebenaran, dan penentu tindakan seseorang.

    ReplyDelete
  2. Dialektika adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang masuk akal. Dialektika digunakan untuk mencari kebenaran melalui diskusi atau tanya jawab. Dialektika berguna sebagai pemerdalam dalam memahami masalah dan dalam pemecahan masalah. Dialektika menghasilkan pemikiran-pemikiran baru berdasarkan penambahan-penambahan dialog. Dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dari yang belum mengerti menjadi mengerti. Dialektika yang dilakukan oleh Sokrates dengan melakukan dialog.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensi yang di berikan Prof Marsigit, dari sini dapat menambah kata pengertian pham filsafat baru yaitu dialecticism. Dari sini dialektika merupakan Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Sebagai tambahan Pengertian dialektika menurut Aristoteles adalah Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dialectic or dialectics dikenal juga sebagai sebuah metode yakni pembahasan tentang suatu masalah yang melibatkan dua atau lebih orang untuk menyelesaikan persoalan yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Kalau menurut pemahaman saya istilah dialectic dalam bahasa sederhananya adalah musyawarah untuk mencari mufakat, sebagaimana yang telah dicontohkan dalam budaya kita yakni sebelum memutuskan sesuatu maka dilaksanakan musyawarah, kemudian hasilnya disepekati bersama untuk kepentingan bersama.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Komunikasi adalah hal yang penting dalam bersosialisasi. Membangun komunikasi juga menjadi hal yang penting dalam hubungan antar sesama manusia, kadang komunikasi juga dapat menimbulkan perbedaan pendapat satu sama lain. Perbedaan pandangan menjadi lumrah karena setiap orang memiliki pemikiran masing-masing. Dialog dan debat seringkali menjadi salah satu penghubung dalam perbedaan persepsi. Diharapkan akan menghasilkan mufakat dalam debat yang sedang membahas sesuatu yang bertentangan. Dalam berdebat seyogyanya tetap menggunakan pikiran dan hatinya.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dialecticism merupakan komunikasi dua arah. Dialecticism mengandung 4 hal yaitu waktu, pertentangan, timbal balik, dan seluk beluk. Komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan dan dalam pembelajaran matematika. Dialecticism juga dapat diartikan cara penyelesaian masalah dengan perdebatan. Agar perbedebatan ini selesai maka harus saling membujuk lawan dalam perdebatan dengan berargumen atau alasan sesuai dengan pengetahuan yang kuat dan luas.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dialektika berasal dari bahasa Yunani merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Salah satu cara mencari kebenaran yaitu secara dialektis. yaitu tahap logika yang mengajarkan kaidah-kaidah dan metode penuturan serta analisis sistematik tentang ide-ide untuk mencapai apa yang terkandung dalam pandangan. Dalam kehidupan sehari-hari dialektika berarti kecakapan untuk melekukan perdebatan. Dalam teori pengetahuan ini merupakan bentuk pemikiran yang tidak tersusun dari satu pikiran tetapi pemikiran itu seperti dalam percakapan.

    ReplyDelete
  9. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dialektika merupakan komunikasi dua arah. Dialektika penting guna menyatukan dua pendapat yang berbeda dengan mencari solusi yang tepat cara, tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran. Seperti halnya antitesis dan tesis yang keduanya dapat disintesis dengan adanya dialektika.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Menurut K. Berten, logika dimaknai sebagai seni berdebat dan muncul pada era Zeno da Citium. Logika pada masa Aritoteles belum dikenal namun, logika pada masa ini sering disebut dengan analitik dan istilah lainnya adalah dialektika. Metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan probelem yang ada. Ada proses pemikiran seseorang yang mengalami perkembangan karena mempertemukan ide yang satu dengan ide yang lain antara orang yang berdialog. Tujuannya mengembangkan cara berargumentasi agar posisi yang bersifat dua arah dapat diketahui dan diharapkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Setelah saya membaca artikel tentang dialecticism yang dapat saya simpulkan adalah bahwa dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dari materi dipandu oleh argumen beralasan. Perdebatan dimenangkan melalui kombinasi membujuk lawan, membuktikan argumen seseorang yang benar, atau membuktikan argumen lawan salah

    ReplyDelete
  12. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dialektisme merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki dua atau lebih sudut pandang yang berbeda tentang suatu objek dan ingin membangun kebenaran dengan alasan – alasan yang kuat. Dialektika diidentikkan dengan perdebatan. Perdebatan dimenangkan melalui kombinasi membujuk lawan, membuktikan argumen seseorang yang benar, atau membuktikan argumen lawan yang salah.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dialektika atau dialektika ( bahasa Yunani : διαλεκτική , dialektikḗ ), juga dikenal sebagai metode dialektis , adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun berharap untuk membangun kebenaran melalui argumen beralasan.
    Istilah dialektika tidak identik dengan istilah debat . Sementara dalam teori debat tidak harus secara emosional diinvestasikan dalam sudut pandang mereka, dalam praktiknya, debat sering menampilkan komitmen emosional yang mungkin menghimpun penilaian rasional. Perdebatan dimenangkan melalui kombinasi membujuk lawan, membuktikan argumen seseorang benar, dan membuktikan argumen lawan benar. Perdebatan tidak selalu membutuhkan segera mengidentifikasi pemenang atau pecundang yang jelas; Namun, pemenang yang jelas sering ditentukan oleh hakim, dewan juri atau konsensus kelompok . Istilah dialektika juga tidak identik dengan istilah retorika , metode atau seni wacana yang berusaha membujuk, memberi informasi, atau memotivasi audiens. Konsep, seperti " logo " atau daya tarik rasional, " patos " atau daya tarik emosional, dan " etos " atau daya tarik etis, sengaja digunakan oleh para ahli retorika untuk meyakinkan audiens.

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dialektisisme adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat kusir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah. Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dari materi dipandu oleh argumen beralasan.

    ReplyDelete