Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

8 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dialektika kehidupan manusia dapat diterima, dijalani dan dipraktekan secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, tujuan dialektika yaitu perwujudan dan pengejawantahan diri manusia menjadi tujuan dan sasaran yang nyata dan konkret. Sepanjang manusia memberanikan diri berada dalam proses dialektika, sepanjang itu pula manusia dididik dan mendidikkan dirinya secara kualitatif. Ia akan berani menanggalkan pengetahuannya yang lama dan menerima pengetahuan yang baru demi pertumbuhan dan perkembangannya.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dialektika adalah cara berfikir dan citra tentang dunia. Sebagai cara berpikir, dialektika menekankan arti penting dari proses, hubungan,, dinamika, konflik dan kontradiksi cara berpikir yang lebih dinamis. Disisi lain, dielektika adalah pendangan bahwa dunia bukan tersusun dari struktur yang statis, tetapi terdiri dari proses, hubungan, dinamika, konflik dan kontradiksi. Meski gagasan dialektika dihubungkan dengan Hegel, namun ia sudah ada dalam filsafat sejak dulu. Marx yang terdidik dalam tradisi Hegelian, mengakui arti penting dialektika. Namun, ia mengkritik beberapa aspek dari cara yang dipakai Hegel. Misalnya, Hegel cenderung menerapkan dialektika hanya pada dunia gagasan, sedangkan Marx merasa bahwa dialektika dapat diterapkan pula pada aspek kehidupan yang lebih bersifat material seperti pada aspek ekonomi.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dialectisism mengarah pada salah satu bentuk komunikasi. dialectisism dapat didefinisikan sebagai cara penyelesaian masalah melalui perdebatan, atau dapat dikatakan bahwa dialektika merupakan cara menyampaikan argument dalam suatau kegiatan tertentu, dapat berupa perdebatan dll yang merupakan tempat yang dapat untuk berdialektika. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menghindari perdebatan. Lakukan musyawarah positif agar permasalahan bisa selesai dengan baik. Musyawarah untuk mufakat merupakan cara yang baikdalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  4. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dialektika merupakan ilmu pengetahuan tentang hukum umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Pada proses berpikir seseorang akan mengalami perkembangan karena mempertemukan ide yang satu dengan ide yang lain antara orang-orang yang berdialog. Tujuannya mengembangkan cara berargumentasi agar posisi yang bersifat dua arah dapat diketahui dan diharapkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Paha mini adalah paham berangkat dari asumsi bahwa alam semesta beserta kehidupan di dalamnya tidaklah pasif. Melainkan dinamis dan terus berubah-ubah. Dialketika adalah suatu hukum yang menjelaskan relativitas tersebut. Jika dunia ini pasif, maka tidak aka nada siang dan malam. Jika dunia ini pasif, maka tidak akan terjadi perubahan zaman dari masa primitive hingga masa modern saat ini. dalam hal ini, perubahan adalah suatu keniscayaan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber wikipedia di atas, dialecticism atau dialektika dikenal sebagai wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek atau objek tertentu namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa kaitan objek tersebut dengan objek lainnya. Hal ini kontras dengan metode metafisik yang meneliti objek-objek tersebut di lingkungan yang terpisah, terisolasi (tidak dikaitkan dengan objek lain) dan statis. Jika dikaitkan dengan sekarang, dialektika ini identik dengan komunikasi. Untuk menemukan suatu kebenaran, perlu adanya diskusi atau komunikasi antar satu orang dengan orang lainnya agar terbuka fikiran mengenai apa yang ingin diketahui kebenarannya. Diskusi akan memperluas pengetahuan dan membuat pengetahuan menjadi berkembang dan dinamis.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Berdasarkan perkembangan konflik tersebut, dialektika ialah tesis, anti tesis, dan sintesa. Menurut pandangan ini, tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, sementara yang absolut hanyalah semangat revolusionernya. Semangat revolusioner yang dimaksud adalah perubahan atau pertentangan tesis oleh anti tesis menjadi sintesis.

    ReplyDelete
  8. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel-artikel diatas. Dari dua link di atas saya dapat mengambil pelajaran bahwa Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Hal itu merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan sosial. Dua manusia dengan dua kepala pasti memiliki perbedaan pendapat dan sudut pandang dan masing-masing pasti memiliki alasan, baik tesis maupun antitesisnya. Padahal benar dan salah bersifat relatif, dan yang dianggap benar tidak lah ada yang mutlak kecuali kebenaran dari Tuhan, Sang Maha Benar. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete