Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari sumber-sumber referensi yang diberikan dalam tulisan ini, dapat saya simpulkan bahwa dialectism adalah wacana antara dua atau lebih orang yang mempunyai sudut pandang yang beragam tentang suatu subjek tetapi ingin memberikan bukti kebenaran dengan argumen yang beralasan. Dialectisme memiliki tiga tahap perkembangan yaitu naive, idealistic dan materialistic. Dealectism sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu dealektite.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Dialektika menyerupai debat, namun konsep ini tidak memasukkan unsur-unsur subyektif seperti daya tarik emosional dan rasa retorika modern yang merendahkan. Dialektika juga merupakan alternatif yang dikenal sebagai logika minor yang bertentangan dengan logika atau kritik utama. Jadi, dialektika merupakan ilmu pengetahuan tentang pemikiran yang tidak didasarkan oleh logika ataupun emosi namun berdasarkan pada pengetahuan-pengetahuan yang yang sesungguhnya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dialektika merupakan suatu cara berpikir yang berpotensi menghasilkan penjelasan, tetapi dialektika itu sendiri bukan merupakan penjelasan. Dengan kata lain, dialektika adalah salah satu metode untuk mencapai penjelasan, tetapi bukan penjelasan itu sendiri. Dialektika ialah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Metode dialektika ialah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dari materi dipandu oleh argumen beralasan. Dialektika memandang agama-agama lain beserta para penganutnya pada saat yang bersamaan secara negatif dan positif. Pandangan ini menganggap dalam semua agama terkandung unsur-unsur kebaikan dan kejahatan; kebenaran dan kesalahan; keagungan dan kenistaan.

    ReplyDelete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dialektika merupakan suatu sistem berpikir dalam mencari suatu kebenaran. Dialektika sendiri buka sebuah penjelasan, melainkan suatu metode untuk mencari nilai dari segala sesuatu. Pada awalnya dialektika merujuk pada penolakan-penolakan argumen. Dialog-dialog penolakan argumen tersebut menjadi suatu perbincangan yang mengarah pada suatu hakikat permasalahan melalui berbagai macam pernyataan dan kontradiksi. Filsuf karl mark memaknai dialetika sebagai sebuah metode penemuan nilai yang mengadopsi berbagai macam pemikiran Hegel. Oleh karena itu metode dialektika mengacu pada aspek fundamen dari berbagai eksistensi manusia.

    ReplyDelete
  5. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dialectisism merupakan sebagai cara penyelesaian masalah melalui perdebatan, atau dapat dikatakan bahwa dialektika merupakan cara menyampaikan argument dalam suatau kegiatan tertentu. Dapat berupa perdebatan dll, yang merupakan tempat yang dapat untuk berdialektika. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menghindari perdebatan. Lakukan musyawarah positif agar permasalahan bisa selesai dengan baik. Musyawarah untuk mufakat merupakan cara yang baikdalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dialektik merupakan hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah. Menurut ajaran Hegel yang menyatakan bahwa dialektika ialah segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi. Menurut Muhammad Nurisshobah, “Pendidikan dialektis adalah memposisikan sejarah sebagai cermin evaluasi untuk tidak mengulangi yang sama layaknya seekor keledai yang tetap jatuh pada lubang yang sama”. Pendidikan dialektis adalah kunci dalam menjalankan proses pendidikan dalam dinamika kita. Pendidikan masa depan berarti pendidikan hari kemarin yang selalu diperbaiki secara dialektis dengan pendidikan hari ini.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, dialektiktisme adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hukum yang paling umum dalam mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Disebutkan bahwa dialektism itu hukum yang mengatur perkembangan alam, jadi siapakah yang mengatur hukum itu? apakah manusia? Menurut saya, yang mengatur itu adalah Allah Subhanahuwata'ala. Karena Allah yang menciptakan semua alam ini, jadi hati-hati jangan berbuat yang tidak baik pada alam ini, karena bisa-bisa akan ada hukum alam yang diberikan Allah Subhanahuwata'ala. Semoga senantias kita terjaga dan tetap menjaga alam ini.

    ReplyDelete
  8. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Jika kita membahasa tentang filsafat tentu kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya dialektika atau dialektik. Secara pengertian, dialektik merupakan memiliki makna komunikasi dua arah. Salah satu orang ternama yang memakai kata ini adalah Hegel. Menurut Hegel, tidak ada satupun kebenaran yang absolut karena berlakunya hukum dialektik, kerena absolut hanya membutuhkan semangat revolusionernya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dialektik, sebagai pedoman untuk mendekati, mengenal dan menganalisa hal-hal yang khusus dan kongkrit, dan untuk menemukan hukum-hukum Dialektik yang khusus untuk menguasai hal-hal tertentu. Sifat hukum Dialektik yang umum itu abstrak, ia merupakan abstraksi dari hukum-hukum dialektika yang khusus dan kongkrit, dalam dunia kenyataan yang kongkrit.Hukum umum Dialektik itu sebenarnya tidak ada, yang ada hanyalah hukum-hukum dialektik yang khusus dan kongkrit. Setiap hal atau soal mempunyai hukum dialektiknya sendiri yang khusus dan kongkrit.Karena itu, memecahkan suatu persoalan tertentu berarti memecahkan atau menemukan dan memahami secara tepat hukum dialektikanya yang khusus mengenai persoalan itu.

    ReplyDelete
  10. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dialecticism adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara mempelajari hukum untuk mengatur perkembangan alam, masyarakat, dan pola pikir. Konsep dialecticsm disempurnakan oleh Heigel dengan menyederhanakan dan memaknainya dengan tesis, antithesis, dan sistesis. Sedangkan menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog, dialektika mengandung 4 hal yaitu, waktu, pertentangan, timbal balik, dan seluk beluk.

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dialektika menyerupai debat, tetapi konsep itu tidak memasukkan unsur-unsur subyektif seperti daya tarik emosional dan retorika rasa merendahkan yang modern. Menurut KBBI Dialektika adalah Hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah. Selain itu Dialektika merupakan ajaran Hegel yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi. Dialektika sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Baik dalam ranah sosial, pendidikan, politik, budaya, dan lain sebagainya. Dialektika sering dihubungkan dengan karakter yang melekat dalam diri maupun lingkungan sosial seseorang.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dialecticism berkaitan dengan perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat yang emosional, tetapi lebih kepada beradu argumen yang jelas dan terarah. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  13. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Salah satu bentuk dialektik barat adalah metode Socrates disebut sebagai dialog Socrates. Tujuan utama dari dialog Socrates adalah untuk meningkatkan jiwa lawan bicara, dengan membebaskan mereka dari kesalahan yang tidak diakui; dan mengajari mereka semangat penyelidikan. Dilektik antara Socrates, Gorgi Sofis, Polus dan Callicles dengan tujuan akhir menurut Socrates adalah untuk mencapai pengetahuan sejati, ia bahkan rela mengubah pandangannya sendiri untuk sampai pada kebenaran. menetapkan definisi yang tepat dari subjek (dalam hal ini, retorika) dan dengan penggunaan argumentasi dan pertanyaan, membuat subjek menjadi ke arah lebih tepat.

    ReplyDelete
  14. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dialektik berasal dari kata dasar dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Menurut Hagel, tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/ pertentangan atas tesis oleh antitesis menjadi sintesis). Hegel mengatakan yang absolut adalah perubahannya, yang artinya bahwa sama saja dengan segala yang ada selalu berubah, bergerak terus menerus, bahkan tanpa terlihat oleh mata kita sekalipun materi selalu berubah, misalnya batu, tanah dll. Dalam filsafat klasik, dialektika adalah bentuk penalaran berdasarkan dialog argumen dan kontra-argumen, tesis dan antitesis.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Berdasarkan perkembangan konflik tersebut, dialektika ialah tesis, anti tesis, dan sintesa. Menurut pandangan ini, tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, sementara yang absolut hanyalah semangat revolusionernya. Semangat revolusioner yang dimaksud adalah perubahan atau pertentangan tesis oleh anti tesis menjadi sintesis.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Kemudian Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). terimakasih

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa dialektika menyerupai debat, tetapi konsep itu tidak memasukkan unsur-unsur subyektif seperti daya tarik emosional dan retorika rasa merendahkan yang modern. Dalam Hegelianisme, kata dialektika memiliki makna khusus dari kontradiksi antara gagasan yang berfungsi sebagai faktor penentu dalam hubungan mereka. Dialektika terdiri dari tiga tahap pengembangan: pertama, tesis atau pernyataan ide, yang memunculkan langkah kedua, reaksi atau antitesis yang bertentangan atau meniadakan tesis, dan ketiga, sintesis, pernyataan yang melaluinya perbedaan antara dua poin terselesaikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa dialektika merupakan suatu sistem berpikir dalam mencari suatu kebenaran.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dialektika dalam bahasa Yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru. Konsep dialektikal dari dunia dan perkembangannya dikembangkan pertama kali oleh filsuf Yunani, Heraclitus. Dia percaya bahwa segala sesuatu dalam alam ini berubah secara terus menerus dengan konstan dan saling berhubungan satu sama lain.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih Prof atas link yang dibagikan. Dialektika juga dikenal dengan metode dialektika, pada dasarnya merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang berbeda tentang suatu subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika ini menyerupai debat, tetapi konsepnya tidak memasukkan unsur-unsur subjektif seperti daya tarik emosional dan retorika rasa merendahkan yang modern.

    ReplyDelete
  20. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dialecticism terdiri dari tiga tahapan yaitu tesis, antitesis, dan sintesis. Dialektik adalah pembicaraan antara dua orang yang memiliki paham berbeda untuk ditemukan sintesisnya. Tesis aadalah ide ide yang berbeda, untuk kemudian dijadikan antitesis dengan adanya argumen kemudian argumen tersebut ditemukan sintesisnya.

    ReplyDelete
  21. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dialectism adalah suatu paham filsafat dimana adanya suatu percakapan yang terjadi antara dua atau lebih orang yang mempunyai pendapat dan sudut pandang yang berbeda, atau gagasan/ide yang berbeda yang akhirnya akan membangun sebuah kesimpulan. Dalam paham ini Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dialektisisme berasal dari kata ‘dialektik’ yang berarti segala sesuatu berubah. Dialektisime berpandangan bahwa segala sesuatu di dunia ini selalu berubah secara terus menerus dan saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya. Tokoh dalam aliran ini adalah filsuf yunani, Heraclitus.

    ReplyDelete
  23. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dialektika berasal dari kata dialog yang artinya hubungan atau komunikasi dua arah. Maka dialektika secara garis besar memiliki makna yaitu suatu keadaan terjadinya saling berhubungan antara satu keadaan dan keadaan lain.
    Seiring berjalanya waktu seorang filsuf jerman,George Wilhelm Friedrich Hegel,mendefinisikan dan membahasakan dialektika mempunyai tiga bagian yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainya. Tiga hal tersebut adalah:
    Tesis (Pengiyaan)
    Anti-tesis (Pengingkaran), dan
    Sintesis (Titik temu atau kesimpulan dari dua hal di atas).
    ajaran Hegel yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dalam filsafat klasik, dialektika adalah bentuk penalaran berdasarkan dialog argumen dan argumen-kontra, menganjurkan proposisi (tesis) dan proposisi-proposisi (antitesis). Hasil dari dialektika semacam itu mungkin adalah penolakan terhadap proposisi yang relevan, atau sintesis, atau kombinasi dari pernyataan yang berlawanan, atau peningkatan kualitatif dari dialog tersebut.

    ReplyDelete
  25. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Menurut link yang Bapak bagikan di atas dialectic atau dialek merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki pandangan berbeda tentang suatu subjek, tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika telah menjadi pusat dari kontinental filsafat. Dialektika telah memasuki budaya intelektual benua Eropa. Sedangkan berbeda dengan di Amerika dan Inggris yang memegang aliran positivisme.

    ReplyDelete
  26. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dialektika berasal dari kata dialog yang berarti bahwa terjadinya komunikasi dua arah. Dialektika mengandung 4 hal yaitu waktu, pertentangan, timbal balik, dan asal usul. Berarti bahwa dialektika ini adalah proses penyelesaian masalah melalui cara perdebatan. Padahal dalam Islam maupun demokrasi Indonesia, manusia dianjurkan untuk menghidari perdebatana. Lebih menekankan penyelesaian masalah dengan musyawarah untuk mencapai ketenangan dan kesenangan bersama.

    ReplyDelete
  27. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Dialketisisme bertolak dari konsep bahwa sesuatu di dunia ini memiliki lawannya namun tidak selalu berlawanan dalam konteks ide. Dua hal yang berlawanan mungkin saling mensintesis dan menghasilkan satu hal baru. Prinsip dialektika yang dikemukakan oleh Hegel, menyatakan bahwa segala seuatu yang ada dapat dimengerti sejauh ia koeksis dengan ketiadaan. Lebih jauh Hegel mencontohkan suatu tesis sistem pemerintahan diktator di mana masyarakat suatu negara diatur dengan baik namun tidak memiliki kebebasan. Antitesisnya adalah pemerintahan anarki di mana masyarakat memiliki kebebasan tanpa batas namun mengakibatkan kekacauan. Dari keduanya muncul sintesis negara demokrasi yang menjamin kebebasan warga negara sekaligus membatasinya dengan undang-undang.

    ReplyDelete
  28. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Dialektika adalah ilmu pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Menurut Aristoteles dialektika adalah menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan proses berfikir yang dinamis dan memecahkan persoalan yang muncul karena adanya argumen yang kontradiktif atau berhadapan sehingga dicapai kesepakatan yang rasional.

    ReplyDelete
  29. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete