Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam filsafat, Dialektika merupakan hubungan atau komunikasi dua arah. Maknanya adalah suatu keadaan atau kondisi yang saling berhubungkan antara sesuatu objek atau keadaan dengan lainnya. Dialektika memiliki tujuan agar kita memiliki analisa yang lebih tajam dan akurat dalam memandang realita kehidupan. Dalam kenegaraan dialektika mungkin dapat diterjemahkan ke dalam bentuk diplomasi, agar dapat membangun hubungan antar Negara dan dunia lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dialecticism merupakan suatu paham yang memberikan pandangan tentang komunikasi dua arah. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang terjadi di dalam proses belajar mengajar, komunikasi dapat berbentuk vertikal maupun horizontal. Komunikasi vertikal meliputi komunikasi yang terjadi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar. Sedangkan komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa di dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.

    ReplyDelete
  3. Dalam berkomunikasi tentunya harus terjadi secara dua arah agar lebih efektif, inilah yang dimaksud dengan paham dialektisme. Dalam hubungannya dengan dunia pendidikan, dimana tokoh yang berperan yaitu guru dan siswa, haruslah dapat menciptakan suasana pembelajaran sesuai dengan paham dialektisme, agar tujuan dalam pembelajran pun dapat tercapai.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  4. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dialektisme merujuk pada dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai satu subjek dan mencoba bersama-sama untuk mencapai kebenaran melalui argumentasi yang rasional. Dalam filsafat, dialektik digunakan untuk menguji dan memahami objek filsafat.

    ReplyDelete
  5. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dialektism disini memberikan pengertian bahwa ketika kita melakukan sebuah musyawarah dengan seseorang, maka seharusnya kita lebih ke bagaimana cara membuat musyawarah yang harmonis dimana kesubjektifitasan mereka selalu dibelakangkan. Hal ini yang akan membuat sifat keobjektivitasan dari seseorang itu akan turun karena memahami sifat objek itu seperti apa
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  6. Junianto
    PM C

    Paham ini memberikan pandangan bahwa komunikasi itu sebaiknya dilakukan dua arah. Kaitannya dengan dunia pendidikan, maka pembelajaran yang terjadi di kelas sebaiknya dilakukan tidak hanya guru memberikan materi tetapi siswa juga aktif dalam menemukan pengtahuan. Sehingga pembelajaran tidak pasif hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajar tetapi siswa juga aktif. Inilah yang diharapakan dalam pembelajaran di era sekarang ini.

    ReplyDelete
  7. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah dialecticism berasal dari bahasa Yunani: διαλεκτική, dialektikḗ. Dialecticism merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dialecticism ini mempunyai tiga tahapan perkembangan, yaitu naive dialectic, idealistic dialectic dan materialistic dialectics.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dialektism merupakan paham bahwa segala sesuatu berubah. Dialektism berasal dari bahasa yunani dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Dialektika berhubungan dengan tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) dialektika mengandung 4 hal: Waktu; Pertentangan; Timbal balik; dan Seluk-beluk (pertalian).

    ReplyDelete
  9. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Plato mempopulerkan pahan dialekika. Dialektika erat kaitannya dengan pemikiran berbeda dari sejumlah orang yang ingin membangun suatu kebenaran dari banyaknya perbedaan pemikiran tersebut. Dialektika dapat diartikan sebagai sesuatu yang benar jika dilihat dari seluruh hubungan dengan banyak sudut pandang. Selain itu dialektika juga dapat diartika sebagai persatuan hal-hal yang bertentangan .

    ReplyDelete
  10. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dialektisme meruapakan paham yang membahas mengenai komunikasi dua arah. Dengan kata lain pngetahuan dapat dibangun dengan komunikasi dua arah. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas Dialektisme harus digunakan agar pengetahuan yang ingin dibangun atau disampaikan dapat diterima dengan baik. Pembelajaran yang baik di kelas apabila terjadi kegiatan komunikasi baik siswa antar siswa, ataupun siswa antar guru. Dengan adanya komunikasi dua arah,pengetahuan yang dibangun akan lebih baik dan berkembang.

    ReplyDelete
  11. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Dialecticism adalah paham yang memandang dunia sebagai komunikasi. Komunikasi adalah penyaluran ide, atau pandangan. Biasanya dialeg lebih banyak digunakan untuk mengutarakan pendapat yang berbeda dengan yang diutarakan sebelumnya. Berupaya juga untuk mencari kelemahan lawan. Dialeg dilakukan bisa untuk mengutarakan ketidaksesuaian dengan apa yang dipikirkan, atau mendukung pendapat yang ada.

    ReplyDelete
  12. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dialektika berasal dari kata dialog yang berarti bahwa terjadinya komunikasi dua arah. Dialektika mengandung 4 hal yaitu waktu, pertentangan, timbal balik, dan asal usul. Berarti bahwa dialektika ini adalah proses penyelesaian masalah melalui cara perdebatan. Padahal dalam Islam maupun demokrasi Indonesia, manusia dianjurkan untuk menghidari perdebatana. Lebih menekankan penyelesaian masalah dengan musyawarah untuk mencapai ketenangan dan kesenangan bersama.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dialektika merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu dubjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argument beralasan. Dialektika ini merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menambah wawasan kita. Dengan dialektika kita dapat berpikir lebih terbuka dan mendengar pandangan-pandangan lain. Tetapi jangan sampai dialektika menjadi sebatas debat kusir yang justru menimbulkan perpecahan. Karena itulah kita harus menyadari bahwa pendapat kita tidaklah sempuran dan mau membuka diri untuk menerima ilmu baru.

    ReplyDelete
  14. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dialektika (juga dialektika dan metode dialektik) adalah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  15. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Dialektika merupakan suatu metode untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan pendapat dari dua atau yang miliki perbedaan argumen dalam memandang masalah tersebut. Setelah membuat beberapa pertimbangan, kemudian akan disepakati untuk memecahkan masalah atau isu.Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dialektika merupakan sebuah ‘wadah’ bagi klaim-klaim rasional dari para filsuf dalam upaya memurnikan ide sebagai pengetahuan. Di dalamnya, klaim-klaim para filsuf saling menguji dan menyangkal, serta menyimpulkan suatu klaim baru yang tidak mungkin tidak akan dimurnikan lagi dalam proses yang sama. Proses itu teru berputar di kisara tesis dan anti-tesis. Implikasinya dalam kehidupan sehari-hari adalah di saat kita berbicara atau berinteraksi dengan seseorang tentunya kita mengharapkan interaksi balasan atau terjadinya komunikasi dua arah yang saling berkaitan antara dua atau beberapa orang yang sedang berbicara. Saling membantah argumen, saling memberikan masukan, adalah contoh bahwa manusia sedang berdialek.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dialektisisme ialah proses yang terus menerus sehingga tidak akan tercipata keberhentian. Dalam filsafat dialektis ialah kegiatan analisis yang mempertentangkan tesis dan antitesis untuk menghasilkan sisntesis. Menurut Hegel, setiap tesis akan mendapat reaksi berupa antitesis dan pada akhirnya menghasilkan sintesis. Sintesis ialah tesis baru yang suatu ketika akan mendapatkan reaksi baru berupa antitesis dan kemudian akan menumbuhkan sintesis baru lagi. Demikian seterusnya langkah-langkah tadi berulang kembali. Contohnya terdapat sebua tesis yaitu bumi itu bulat dan merupakan pusat dari tata surya, kemudian ada antitesis yang menyanggah tesis tersebut yaitu matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi. Kemudian terciptalah sintesis berupa bumi itu bulan dan bukan merupakan pusat atta surya, pusat tata surya ialah matahari.

    ReplyDelete
  19. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dialektism istilah digunakan untuk merujuk ke metode argumen yang menyelesaikan perselisihan yang telah berlangsung dalam filsafat Indian dan Eropa sejak awal jaman dahulu. Dunia dialektika berasal di Yunani kuno dan dipopulerkan oleh Plato selama dialog Socrates. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem, dan memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialektika biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  20. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Pengertian dialektika menurut Aristoteles dalam buku Cecep Sumarna (2006:132) adalah “Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya”. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dialektisme adalah suatu upaya untuk memunculkan wacana dari dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektisme ini kontradiksi dengan meotde metafisik.

    ReplyDelete
  22. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dialectism adalah pemikiran filsafat yang berpendapat bahwa untuk membuktikan kebenaran dapat dilakukan dengan komunikasi dua arah atau lebih. Di dalam hidup manusia memerlukan berkomunikasi baik itu kepada sesam manusia atau kepada Tuhan, jika manusia tidak melakukan komunikasi maka ia tidak akan bisa memperoleh ilmu, dan membangun kehiudpan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  23. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dalam filsafat, metode dialektika menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialektis menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem, dan memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialektika biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dialektisme adalah paham yang mengedepankan komunikasi dari berbagai arah dalam melakukan dan menyelesaikan sesuatu. Para penganut paham ini menginginkan kebaikan dari sudut pandang bersama yang bisa diterima oleh semua pihak, bukan kebenaran yang hanya bersumber dan berpihak pada satu keompok saja. Hal ini jika kita kaitkan dalam pembelajaran, maka pembelajaran dapat dipandang sebagai suatu kelompok diskusi antara guru dengan siswa siswa dengan siswa lainnya. Bukan sekadar transfer ilmu dari guru kesiswa yang merupakan komunikasi satu arah. Siswa dengan difasilitasi oleh guru, bersama-sama mengkonstruksi berbagai pengetahuan.

    ReplyDelete
  26. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Diskusi yang jauh dari bentuk debat dimana masing-masing berargumen secara obyektif disebut dialektika. Argumen yang disampaikan harus ada alasan dan bertujuan untuk mencari kebenaran. Dengan diskusi seperti ini maka masing-masing bisa saling belajarh dan saling menghargai pendapat orang lain. Pada pembelajaran matematika ketika ada diskusi kelompok, maka cara ini bisa diterapkan sehingga siswa dengan siswa lainnya bisa saling belajar berpendapat dan menghargai pendapat temannya.

    ReplyDelete
  27. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Segala sesuatu itu hanya bersifat sementara, terbatas dan dibentuk oleh kontradiksi. Kontradiksi akan selalu ada, karena tiadalah bersifat absolute. Dalam hidup, sering dijumpai perbedaan yang menyebabkan munculnya pertentangan. Perbedaan bukan menjadi landasan dalam menerima begitu saja, dibutuhkan penguatan argumen dengan dasar jelas.

    ReplyDelete
  28. Arina Husna Zaini
    PEP B S2
    17701251024

    Assalamualikum Wr.Wb

    dialecticism merupakan pandangan filsafat yang melakukan studi tentang materialisme dimana dalam hal ini berbicara tentang keunggulan 'benda\materi' dari 'ide', maka study tentang dialektika adalah menjawab pertanyaan: bagaimana materi tersebut berkembang, yang secara singkat dapat dijawab bahwa semua materi adalah saling berhubungan, dan berubah, dan berkembang secara konstan. Dalam bisa ng pendidikan, pandangan filsfaat ini penting untuk dikembangkan agar proses pembelajaran dapat dirancang sesuai kemampuan kognitif , afektif dan psikomotorik siswa sehingga mempu meningkatkan nilai dari ketiga aspek tersebut hingga berbuat pada akhlak yang mulia . Terima Kasih

    ReplyDelete