Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

59 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Hal ini mengingatkan saya bahwa sebagai manusia, dalam memandang masa depan dapat melihat dari melihat dari masa lalu yang sudah dijalani. Kita tidak bisa membuat perkiraan dari masa lalu yang terjadi di masa depan jika tidak terjadi keseragaman. Dengan demikian uniformitarianisme tidak bisa dipahami jika hanya membaca sepotong – sepotong saja melainkan harus secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Uniformitarianisme umumnya disederhanakan dalam buku teks geologi sebagai "saat ini adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu". Bumi tempat kita tinggal saat ini memang sudah sangatlah tua, namun dalam prosesnya selalu mengalami perubahan sedikit demi sedikit namun pasti. Bumi yang terdiri dari beberapa laisan, lapisan yang tersusun sedikit demi sedikit dan selalu mengalami perubahan, proses yang tidak terlihat namun dapat dirasakan.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Keseragaman alam yang secara teratur berulang dari masa lalu hingga masa kini, disebutkan dapat membenarkan penelitian ilmiah atau penalaran induktif. Penalaran induktif adalah penyimpulan secara umum berdasar kejadian-kejadian khusus, sehingga tentu keseragaman pada masa lalu di alam semesta dapat membantu dalam membuat teori. Namun bagaimana dengan ilmu matematika yang menggunakan penalaran deduktif? Setelah kejadian umum terjadi, baru diambil sebuah kesimpulan dan akan berlaku untuk semua. Menurut saya, penalaran deduktif juga diperlukan keseragaman, tanpa keseragaman hal yang terjadi setelah teori diterapkan, hal tersebut bukanlah deduktif. Mungkinkah uniformitarianisme juga erat kaitannya dengan penalaran deduktif?

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell (1797-1875). Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D
    Artikel tersebut membahas tentang Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Kita tahu bahwa huku alam itu berlaku pada dunia sekarang atau kita bsia sebut di alam semesta. Karena huku alam pasti berlaku maka dalam suatu pendidikan juga akan berlaku juga hukum alam itu.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam ilmu filsafat, terdapat suatu paham atau konsep mengenai dunia yang bertolak belakang dengan paham yang dipercayai pada masa saat itu dicetuskan dimana semua kebenaran berlandaskan atas injil Uniformitarianisme dipahami sebagai suatu konsep yang mempercayai bahwa bumi berkembang didalam suatu waktu yang amat panjang dengan melewati beraneka ragam proses geologi dan geomorfik. Uniformitarianisme berkembang dan diperkenanlkan pertama kali oleh william whewell (1832)

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Uniformtarianisme dalam hal ini merupakan keseragaman, artinya bersifat universal berlaku dimanapun dan kapanpun. "The present is the key to the past". Artinya bahwa pengetahuan yang sekarang berkaita dengan pengetahuan masa lalu. Paham ini sesuai dengan artikel encyclopedia dalam link yang di share dalam elegi ini menggambarkan pengertian yang sama dengan aktualisme, yang berarti sesuatu yang benar-benar terjadi.

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Uniformitarianisme adalah sebuah faham yang memiliki pandangan bahwa asumsi hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Dalam istilah geologi, uniformitarianisme memasukkan konsep gradualistik bahwa "masa kini adalah kunci masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama, meskipun banyak ahli geologi modern tidak lagi berpegang pada gradualisme yang ketat. Kalau bisa saya ambil kesimpulan bahwa “Kita harus belajar dari pengalaman (masa lalu), masa lalu adalah kunci”

    Refrence: https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link yang diberikan. Yang dapat saya pahami dari Uniformitarianism adalah paham yang menyatakan bahwa hukum hukumalam yang terjadi pada masa sekarang sama terjadi juga pada masa lalu. Jadi dapat dikatakan bahwa hukum alam tidak berubah. Masa sekarang adalah kunci ke masa lalu dan berfungsi pada tingkat yang sama.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Uniformitarianisme adalah filsafat naturalisme tentang riwayat bumi yang diajukan oleh James Hutton dari Skotlandia abad ke-17 dimana ia mencetuskan doktrinnya tersebut dalam sebuah buku yang berjudul “Theory of The Earth”. Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip keseragaman alam digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah. Sebuah ilmu sangat bergantung pada keseragaman karena tanpa hal tersebut tidak akan mungkin menyimpulkan peristiwa masa lalu yang dapat kita perkirakan akan terjadi di masa depan. Selain itu, prediksi ilmiah dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Secara umum, penalaran induktif bergantung pada keseragaman karena hal tersebut memungkinkan kita untuk mengambil kasus-kasus tertentu dan menyimpulkannya dengan aturan dan prinsip umum. Namun, keseragaman alam sendiri tidak bisa bergantung pada penalaran induktif.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Teori Pra-Darwin Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  12. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut James Hutton (1785), Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai “The present is the key to the past” dan sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu. Pada tahun 1785, Hutton mengemukakan perbedaan yang jelas antara hal yang alami dan asal usul batuan beku dan sedimen. James Hutton berhasil menyusun urutan intrusi yang menjelaskan asal usul gunungapi. Dia memperkenalkan hukum superposisi yang menyatakan bahwa pada tingkatan yang tidak rusak, lapisan paling dasar adalah yang paling tua. Ahli paleontologi telah mulai menghubungkan fosil-fosil khusus pada tingkat individu dan telah menemukan bentuk pasti yang dinamakan indek fosil. Indek fosil telah digunakan secara khusus dalam mengidentifikasi horison dan hubungan suatu tempat dengan tempat lainnya.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Manusia pernah merasakan hal yag pernah terjadi, terjadi lagi. Bahasa yang sering dikenal adalah djavu. Unifotmitarianisme adalah paham yang menyatakan dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati di masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Sebenarnya hal tersebut dapat menjadi media pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi makhluk yang lebih baik karena kejadian dan pengalaman yang pernah dialami dapat menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  14. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Saya kurang begitu memahami apa itu uniformitarianism, tetapi saya akan mencoba sedikit memaparkan menurut apa yang sudah saya baca. Definisi dari uniformitarianisme ini adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa pada masa kini mengendalikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Hukum uniformitarianisme ini adalah karya dari seorang ahli geologi yang bernama James Hutton. Hukum ini juga menyatakan bahwa keadaan sekarang merupakan kunci bagi keadaan masa lalu. Tujuan dari hukum ini adalah untuk memperkirakan batuan mana yang terbentuk lebih dahulu, batuan mana yang terbentuk terakhir, dan menentukan umur absolut batuan.

    ReplyDelete
  15. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami uniformitarianisme dalam beberapa buku teks geologi dinyatakan sebagai “saat ini adalah panduan untu menafsirkan masa lalu”. Bumi ini sudah berumur lebih dari ratusan juta tahun. Dan dalam proses berjalannya waktu, setiap saat pasti mengalami perubahan walaupun sedikit demi sedikit. Bumi memiliki beberapa lapisan, dan pada setiap lapisan memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing. Lapisan-lapisan ini tersusun disebabkan oleh banyaknya proses yang terjadi tentunya tidak serta merta semuanya langsung jadi melainkan dengan proses yang panjang, bisa saja suatu saat nanti lapisan bumi ini akan bertambah dengan lapisan baru lagi sebaga hasil penumpukan-penumpukan dan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini.

    ReplyDelete
  16. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Asumsi dasar dari uniformitarianism adalah alam semesta ini bergerak seperti siklus di mana kejadian masa lampau akan terulang kembali pada masa kini dan masa depan. Ada pertautan waktu yang evolusioner. Ada suatu hukum alam yang bergerak secara independen. Namun, satu hal yang saya pikir sedikit keliru dari paham ini (semoga saya salah) adalah pengabaiannya terhadap manusia sebagai subjek sejarah terutama dalam fase-fase yang menandakan revolusi

    ReplyDelete
  17. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada sebuah keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Hal ini sebenarnya sudah dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misal dalam hal mode (style) fashion. Jika diperhatikan melalui foto-foto orang zaman dahulu, style fashion zaman sekarang mirip dengan style fashion zaman dahulu. Style fashion zaman dahulu dikeluarkan lagi dan sangat digemari oleh orang-orang zaman sekarang. Tidak tahu apakah hal ini merupaan kesengajaan atau tidak. Tetapi ini merupakan salah satu contoh bahwa dalam alam semesta ini ada sebuah keteraturan sehingga suatu saat akan terulang kembali.

    ReplyDelete
  18. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang dibagikan
    "Uniformitarianisme". Benar-benar baru sekali bagi saya. Benar-benar baru pertama kali saya mendengarnya lewat mata saya yang melihatnya kemudian pikiran saya yang membantu membacanya. Maka, karena benar-benar baru berkenalan, saya sangat berhati-hati mengajaknya berinteraksi. Saya melihat definisi yang baru juga, yang sulit untuk saya pecahkan agar mampu merasuk ke dalam otak saya. Uniformitarianisme, dibahas berkali-kali terkait masa kini dan masa lalu. Hingga pada akhir suatu paragraf, saya membaca bahwa dalam Uniformitarianisme, "masa kini adalah kunci masa lalu". Melalui statement itulah saya mulai berfikir, apakah Uniformitarianisme merupakan faham yang pada masanya dulu menggunakan grounded research dan menghasilkan teori sehingga dipakai sampai saat ini. Tetapi mohon maaf, itu hanyalah pendugaan saya. Pertanyaan kedua yang muncul di benak saya, apakah "Uniformitarianisme" menolak adanya teori bahwa masa kini adalah fenomena baru yang berbeda dengan masa lalu? Bismillah, saya akan mencoba untuk terus membaca. Sekali lagi, terimakasih

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Uniformitarianisme adalah kajian filsafat tentang terbentuknya alam semesta secara alami. Pada awalnya bumi dianggap terbentuk dari kekuatan supernatural dan dibentuk akibat berbagai bencana. Menurut uniformitarianis bencana-bencana yang terjadi sekarang ini akibat dari bencana yang lalu mengalami perubahan secara lambat dan berangsur-angsur. Sehingga munculnya paham uniformitarian ini sebagai salah satu dasar dari perkembangan ilmu geologi tentang terbentunya bumi.

    ReplyDelete
  20. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Uniformitarianisme merupakan aliran dalam filsafat yang memperlajari tentang riwayat terbentuknya bumi bahwa proses-proses yang membentuk bumi itu adalah berupa bencana-bencana seperti erosi dan vukanisme yang terjadi di masa lalu juga di masa sekarang melalui proses perubahan yang sangat lambat dan beransur-ansur. Dapat katakan bahwa uniformitarianisme adalah paham tentang teori evolusi yang berdasar pada perubahan fisik yang terjadi secara perlahan dan memakan waktu yang sangat lama sekali.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Uniformitarianisme berpandangan tentang keseragaman. Menurut paham ini, bumi memiliki sejarah yang panjang. Hukum-hukum alam dan proses yang sedang terjadi di alam semesta sekarang ini ialah juga terjadi di masa lalu. Paham ini memunculkan prinsip yang menyatakan bahwa masa kini merupakan kunci masa lalu. Uniformitarianism ini telah menjadi prinsip utama dalam geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan yang lain. Namun, naturalisme geologi modern tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Seperti halnya dalam kehidupan, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan mengetahui pola atau pattern yang muncul atas suatu kejadian. Tetapi tidak semua hal yang akan terjadi di masa depan bisa diprediksi karena kekuasaan menentukan masa depan hanya terletak pada kuasa tuhan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for providing the above links. But I still do not understand what is uniformitarianism. From these articles, I take the lesson that this uniformitarianism is the assumption that the laws of nature that control current events control the events that occurred in the past. Uniformitarianism in some geological textbooks is expressed as "now is a guide to interpreting the past". This we can see in everyday life. For example, when considered through photographs of ancient people, fashion style today is similar to the style of fashion in the past. Style fashion in the past was issued again and is very popular by people today. So there is an evolutionary timeline. This is my understanding of uniformitarianism. Hopefully you can explain it again in class.

    ReplyDelete
  24. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Unifotmitarianisme adalah paham yang menyatakan dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati di masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Oleh karena itu kejadian dan pengalaman yang pernah dialami hendaknya menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.sesuatu terjjadi dan akan terjadi adalah sebuah rahasia, namun masa lalau adalah masa yang tidak bisa kita raih kembali maka bersiap untuk menjadi lebih baik ketika masa yang akan datang adalah jalan terbaik untkkita menyambutnya.

    ReplyDelete
  25. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Sejak SD kita sudah sering mendengar kata uniform dalam pelajaran bahasa inggris, ya uniform disini berarti seragam. Sehingga uniforitarianism adalah pandangan yang berpusat pada keseragaman. Keseragaman apa? Keseragaman masa lalu yang akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Pandangan ini menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali di masa depan. Memang benar, akan tetapi pandangan ini muncul sebelum adanya teori Darwin sehingga menurut saya walaupun memang benar bahwa sesuatu hal itu bersifat siklik dan berulang, tetapi terdapat beberapa hal yang tidak bisa berulang lagi terutama jika hal tersebut berhubungan dengan psikis dan spiritual.

    ReplyDelete
  26. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Uniform berarti seragam, sehingga uniformitarianism adalah sebuah aliran atau pandangan terhadap nilai keseragaman. Dalam pandangan ini, mengasumsikan bahwa hukum alam dan sistem prosesnya yang sama antara masa lalu dan masa sekarang maupun masa depan. Sehingga dalam uniformitarianism dapat memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan sesuai dengan apa yang telah terjadi di masa lalu akan terulang kembali. Memang ada beberapa hal yang seperti terulang kembali contohnya Dejavu, akan tetapi ada beberapa hal yang tidak akan mungkin terulang kembali. Seperti layaknya pengalaman manusia, yang masa lalu dijadikan pelajaran agar manusia menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

    ReplyDelete
  27. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Uniformitarianisme didefinisikan dalam Glossary Geologi sebagai "prinsip fundamental atau doktrin bahwa proses geologi dan hukum alam yang sekarang beroperasi atau secara konsep klasik uniformitarianisme menekankan bahwa 'masa kini adalah kunci masa lalu'.

    ReplyDelete
  28. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Teori Uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell (1797-1875). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu tertentu. Prinsip dari Uniformitarianisme yaitu masa sekarang adalah kunci ke masa lalu, mengakhiri dibutuhkannya perubahan besar-besaran untuk menjelaskan kondisi geologis dari fosil. Terlebih lagi, pandangan ini menekankan pentingnya proses-proses keseharian yang berkelanjutan melewati rentang waktu yang sangat panjang.

    ReplyDelete
  29. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara epistemologi, dalam wikipedia uniformitarian dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya. Artinya pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan. Dengan kata lain, kesimpulan yang akan didapatkan berasal dari pengetahuan awal atau priorinya, bukan berasal dari hasil pengamatan. Pengetahuan priori yang dimaksud bukan pengetahuan yang asal-asalan tetapi pengetahuan yang sebelumnya sudah memiliki keteraturan mengenai hal tersebut dalam pengalaman hidupnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  30. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ini ada keteraturan atau keseragaman sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip keseragaman alam tersebut akan digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah atau yang sering disebut sebagai hipotesis. Hal tersebut dapat kita pahami bahwa kejadian masa depan ada kalanya akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita juga dapat memprediksikan apa yang akan terjadi dalam suatu penelitian ilmiah maupun yang akan terjadi pada masa depan dengan melihat masa lalu.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  31. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam dunia geosains, tahun 1700-an, Uniformitarianism merupakan suatu konsep yang menunjukkan bahwa proses bencana tidak bertanggung jawab atas alam yang ada di permukaan bumi. Konsep tentang uniformitarianisme diasumsikan bahwa hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam sekarang, selalu dioperasikan di alam semesta di masa lalu. Hal ini sering diringkas sebagai "saat ini adalah kunci ke masa lalu," karena meyakini bahwa segala sesuatu terus terjadi karena terbentuknya dunia pada awalnya. Artinya segala sesuatu yang terjadi di masa sekarang merupakan buah hasil dari masa lalu. Dan masa depan merupakan buah hasil dari masa saat ini. Maka untuk menjadikan masa depan yang baik perlu integritas dalam mengusahakan segala sesuatu apapun di saat ini, masyarakt yang produktif dan bukan konsumtif akan melahirkan ide dan karya yang luar biasa dan dibutuhkan di masa depan.

    ReplyDelete
  32. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Uniformtarianisme berdasarkan adalah doktrin keseragaman, artinya ia memahami bahwa hukum alam bersifat universal berlaku di mana-mana dan kapanpun. Konsep uniformitarianisme dalam teks geologi kerap disederhanakan menjadi panduan untuk menafsirkan masalalu, padahal uniformitarianisme lebih dari itu, ia memahami secara holistic tentang hubungan dan pengaruh masa lalu terhadap masa sekarang.

    ReplyDelete
  33. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Menurut sumber di wikipedia yang saya baca, uniformitarianism yang berasal dari kata 'uniform' yang artinya seragam. Sehingga, uniformitarianism adalah paham atau asumsi mengenai hukum dan proses yang berlaku di semesta adalah sama dan konsisten dengan yang berlaku di masa lampau dan bahwa hukum tersebut berlaku di mana saja. Paham ini banyak digunakan dalam hampir semua cabang ilmu pasti.

    ReplyDelete
  34. Junainto
    PM C

    Uniformitarianism yang saya pahami dari sumber yang Prof share adalah sebuah doktrin keseragaman yang mengatakan bahwa hukum alam dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana. Dari paham ini, maka hukum alam dan proses alam sekrang ini sudah terjadi juga di masa lalu dan akan terjadi di masa mendatang juga. Selain itu, konsep ini mengatakan bahwa hukum alam dan proses alam itu bersifat universal sehingga di seluruh dunia ini semuanya sama.

    ReplyDelete
  35. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Uniformitarianism adalah doktrin tentang keseragaman. Uniformitarianism menganggap bahwa keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Teori ini terkait juga dengan bidang geologi. Tokohnya adalah James Hutton. Teori ini lebih dikenal dengan “The Present is The Key to The Past “ yang menyebutkan bahwa peristiwa yang terjadi pada masa geologi lampau terdahulu, dikontrol oleh hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa pada masa kini.

    ReplyDelete
  36. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas referensi yang telah diberikan. Menurut website http://plato.stanford.edu/entries/process-theism/ tokoh yang memprakarsai paham uniformitarianism ialah Charles Lyell (1797-1875) dan William Whewell ( 1794-1866 ). Uniformitarianisme menyatakan bahwa bumi berkembang dalam waktu yang sangat panjang melalui berbagai proses geologi dan geomorfik. Kata uniformitarianisme digunakan sebagai penjelasan alternatif mengenai teori bumi dan diperluas juga sampai biologi. Apabila masuk ke ranah filsafat uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa adanya hukum alam yang berlaku sekarang maupun di tempat manapun di jagad ini. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  37. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari beberapa pengertian yang saya baca dan juga dari beberapa pendapat dari teman-teman, maka uniformitarianism itu saya kurang setuju. Jika memang benar kejadian itu ada dan selalu berulang, menurut saya itu berhubungan dengan hal yang berbau dengan alam namun hanya pada sesuatu yang ajeg seperti perputaran bumi mengelilingi matahari yaitu selama 365 hari. Namun, kejadian alam yang ada seperti banjir dan lain sebagainya itu sesungguh kejadian yang selalu baru dan tidak sama. Karena pada sesungguhnya, alam itu berada di dalam ruang dan waktu jadi tidak ada yang namanya sama dalam kenyataan di alam semesta ini.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, uniformitarianism atau bisa disebut juga sebagai doktrin keseragaman. Dimana uniformitarianism merupakan sebuah asumsi yang menyatakan bahwa hukum alam dan segala proses yang terdapat di alam semesta ini adalah sama dengan yang terjadi di masa mendatang maupun pada masa lampau. Dan hukum ini berlaku dimana saja sehingga dapat dikatakan semuanya berlaku secara umum atau universal.

    ReplyDelete
  40. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Uniformitarisme merupakan sebuah paham yang cenderung mengganggap sama segala sesuatudan proses yang ada di alam semesta mulai dari jaman dahulu sampai sekarang. Prinsip uniformitarisme menjadi prinsip utama dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan yang menganggap sebuah postulat yang dibuktikan tidak dapat diverifikasi kebenarannya dengan metode ilmiah.

    ReplyDelete
  41. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Uniformitarianism adalah prinsip yang menganggap bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Mungkin juga konsep renkarnasi juga bisa terpaut dari sini. Atau bagaimana? Bahwasanya yang pernah terjadi mungkin akan ada kemiripan dengan yang sebelumnya
    Saya juga pernah mendengar bahwa dikehupan ini ada banyak gelombang sehingga mungkin saja dengan frekuensi yang sama kita bisa mengulang kembali kejadian tersebut. Saya juga sering berfikir, bumi itu berputar, bahkan tren fashion pada jaman 80 an saja terulang kembali pada tahun 2016 ini. Mungkin memang benar bahwa dalam hidup ini banyak hal yang bisa terulang.

    ReplyDelete
  42. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di dunia saat ini, selalu terjadi di dunia pada masa lalu dan diaplikasikan dimanapun di dunia. Hal ini termasuk konsep bahwa apa yang terjadi saat ini adalah kunci dari apa yang terjadi di masa lalu. Masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan melihat apa yang terjadi di masa lalu. Suatu ilmu, prediksi ilmiah, dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Uniformitarianisme merupakan prinsip utama dari geologi dan semua ilmu pengetahuan kecuali geologi modern yang berprinsip naturalisme.

    ReplyDelete
  43. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Uniformitarianisme adalah salah satu konsep yang menyatukan antara geologi dan sains. Dalam hal ini uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam.

    ReplyDelete
  44. Nur Dwi laili K
    17709251059
    PMC

    Uniformitarianisme atau dikenal juga dengan doctrine of uniformity (doktrin keseragaman) merupakan asumsi bahwa hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana (https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism). Keseragaman disini saya pahami bahwa kehidupan ini sebenarnya selalu berputar. Selalu ada siklus atau proses yang sama. Seperti hari senin bertemu senin. Siang, malam, kembali ke siang merupakan contoh bagaimana sebenarnya alam beroperasi dengan cara yang sama.

    ReplyDelete
  45. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Uniformitarianisme ialah suatu paham dalam filsafat dimana alam semesta memiliki keteraturan, sehingga peristiwa yang terjadi akan berualng-ulang. Peristiwa pada masa lampau dapt terulang pada masa kini maupun masa yang akan datang. Sehingga dapat dipahami bahwa masa depan seperti masa lalu . Sehingga manusia dapat memprediksi atau berjaga-jaga akan kejadian di masa datang dengan berbekal pengalaman di masa lalu.

    ReplyDelete
  46. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi.

    ReplyDelete
  47. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Uniformitarianisme merupakan paham yang menganggap bahwa kebenaran itu bersifat universal artinya setiap orang mengakui keseragaman atau keuniversalan suatu kebenaran tersebut. Salah satu contoh dari Uniformitarianisme yaitu semua orang meyakini bahwa hari senin akan selalu berulang setiap tujuh hari secara berkelanjutan. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

    ReplyDelete
  48. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan menerapkan mana-mana di alam semesta. Ini sudah termasuk konsep gradualistik bahwa "masa kini adalah kunci ke masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama. Uniformitarianism telah menjadi prinsip utama geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan, tetapi ahli geologi modern yang naturalisme, sementara menerima geologi yang telah terjadi di waktu yang mendalam, tidak lagi berpegang pada gradualisme ketat.

    ReplyDelete
  49. Uniformitarianisme atau prinsip keseragaman, merupakan suatu aliran atau paham yang meyatakan bahwa dalam alam semesta terdapat keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip ini dapat membenarkan penalaran induktif (proses berfikir menarik kesimpulan berdasarkan fakta yang bersifat khusus) maupun penelitian ilmiah. Dalam penelitian ilmiah, penarikan kesimpulan dapat dilakukan berdasarkan pola-pola yang ditemukan, terutama bila bersesuaian dengan pola-pola yang telah ada ditemukan sebelumnya oleh penelitian yang terdahulu.

    ReplyDelete
  50. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kehidupan yang berupa siklik dan linear tertuang dalam kajian hermeneutika. Suatu kejadian di masa yang akan datang merupakan pengulangan kejadian di masa lalu namun dari segi ruang dan waktu, kehidupan terus bergerak linear. Artinya tidak akan terulang dalam waktu yang sama, karena waktu terus berjalan. Dalam perkembangan ilmu dan sejarah banyak masyarakat yang percaya bahwa reinkarnasi bisa saja terjadi, yang artinya kita mungkin hidup kembali dalam versi yang berbeda di masa yang akan datang. sehingga teori reinkarnasi kebanyakan merupakan pengetahuan yang bersifat priori.

    ReplyDelete
  51. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Uniformitarianism ialah doktrin atau paham keseragaman, yakni asumsi bahwa hokum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlau dimana-mana. Dalam paham keseragaman menyebutkan bahwa kehidupan masa kini ditentukan oleh kehidupan di masa lalu, dalam hal ini biasanya mengacu pada kejadian alam atau hokum fisika atau ilmu sains lainnya. Saya akan mencoba memberikan contoh paham keseragaman di luar konteks sains, yakni di dalam konteks pendidikan. Terdapat beberapa contoh pelaksanaan pendidikan yang tidak tepat apabila menggunakan paham keseragaman, yakni dalam mengembangkan kurikulum sekolah. Hal ini dikarenakan karakteristik setiap sekola berbeda, sehingga tidak bisa hanya menggunakan satu kurikulum yang sama/seragam untuk diterapkan di semua sekolah yang ada.

    ReplyDelete
  52. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Uniformitarianism adalah doktrin yang memahami bahwa hukum alam dan proses yang terjadi saat ini itu sama dengan yang terjadi di masa lampau. Atau dengan kata lain hukum alam dan proses itu dapat menembus ruang dan waktu. Sehingga apa yang terjadi di masa lampau akan terjadi kembali di masa depan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  53. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Uniformitarianisme adalah sebuah doktrin keseragaman. Seragam berasumsi bahwa hokum alam dan proses di alam semeseta adalah sama. Sehiingga dapat dikatakan bahwa "sekarang adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu". Namun hal tersebut ternyata tidak benar adanya. Ita harus melihat jauh kebelakang untuk memeriksa akar kebenarannya.

    ReplyDelete
  54. Paham uniformitarianisme yang mengenaut bahwa keseragaman alam yang bersifat universal. Yang mana hal ini biasanya dipakai pada berbagai ilmu-ilmu pasti. Namun jika kita teliti bahwa tidak semua paham yang menganut uniformitarianism berlaku untuk berbagai macam nilai kehidupan manusia. Karena sesungguhnya manusia itu antar manusianya memiliki karakteristik yang berbeda.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  55. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    uniformitarianisme atau yang seringkali juga disebut sebagai doktrin keseragaman, memiliki pandangan bahwa apa yang terjadi dibumi ini dari waktu ke waktu adalah sama. Hukum alam dan segala prosesnya yang terjadi hari ini juga terjadi di masa lalu, dengan pandangan yang sama maka hal ini juga akan terjadi di masa depan. Demikian seterusnya sehingga apa yang terjadi di alam ini sebenar-benarnya adalah sama dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  56. Arina Husna Zaini
    11701251024
    PEP S2 B
    Assalmualaikum Wr.Wb
    Artikel tentang Uniformitarianisme diatas memberikan pengetahuan bahwa pendangan Uniformitarianisme menekankan pada keseragaman dan keteraturan dimana alam semesta memiliki aturan dan keteraturan sehingga apa yang terjadi dapat terulang kembali. Dalam Uniformitarianisme memandang bahwa peristiwa yang terjadi hari ini atau besok tidak bisa terlepas oleh masa lampau. Oleh karena itu penting adanya pemahaman tentang menembuh ruang dan waktu. Terima Kasih

    ReplyDelete
  57. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Uniformitarianism yang pertama kali diciptakan oleh William Whewell ini sepenangkapan saya mengasumsikan bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di jagat raya ini selalu terjadi dari masa lalu hingga sekarang dan terjadi dimana saja. Tentu dalam hal ini ada sebuah sistem yang menjalankannya. Sebuah sistem sempurna yang membuat alam semesta ini berjalan sebagaimana mestinya. Adanya perubahan antara masa lalu dan masa kini diakibatkan oleh tingkah laku yang dilakukan oleh manusia. Pada perkembangannya, sebagian manusia tidak mensyukuri apa yang mereka dapat. Malah cendrung ingin menguasai seutuhnya.

    ReplyDelete
  58. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Pada filsafat kealaman, uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Uniformitarianisme mengabaikan evolusi bagaimana alam selalu berkembang dan bertumbuh, mengabaikan bahwa perubahan itu selalu ada.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  59. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Uniformitarianisme pernah menjadi prinsip kunci di geologi, tetapi naturalisme geologi modern, walau menerima bahwa geologi muncul melalui waktu yang panjang, dia tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete