Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Uniformtarianisme berdasarkan adalah doktrin keseragaman, artinya ia memahami bahwa hukum alam bersifat universal berlaku di mana-mana dan kapanpun. Konsep uniformitarianisme dalam teks geologi kerap disederhanakan menjadi panduan untuk menafsirkan masalalu, padahal uniformitarianisme lebih dari itu, ia memahami secara holistic tentang hubungan dan pengaruh masa lalu terhadap masa sekarang.

    ReplyDelete
  2. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Menurut sumber di wikipedia yang saya baca, uniformitarianism yang berasal dari kata 'uniform' yang artinya seragam. Sehingga, uniformitarianism adalah paham atau asumsi mengenai hukum dan proses yang berlaku di semesta adalah sama dan konsisten dengan yang berlaku di masa lampau dan bahwa hukum tersebut berlaku di mana saja. Paham ini banyak digunakan dalam hampir semua cabang ilmu pasti.

    ReplyDelete
  3. Junainto
    PM C

    Uniformitarianism yang saya pahami dari sumber yang Prof share adalah sebuah doktrin keseragaman yang mengatakan bahwa hukum alam dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana. Dari paham ini, maka hukum alam dan proses alam sekrang ini sudah terjadi juga di masa lalu dan akan terjadi di masa mendatang juga. Selain itu, konsep ini mengatakan bahwa hukum alam dan proses alam itu bersifat universal sehingga di seluruh dunia ini semuanya sama.

    ReplyDelete
  4. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Uniformitarianism adalah doktrin tentang keseragaman. Uniformitarianism menganggap bahwa keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Teori ini terkait juga dengan bidang geologi. Tokohnya adalah James Hutton. Teori ini lebih dikenal dengan “The Present is The Key to The Past “ yang menyebutkan bahwa peristiwa yang terjadi pada masa geologi lampau terdahulu, dikontrol oleh hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa pada masa kini.

    ReplyDelete
  5. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas referensi yang telah diberikan. Menurut website http://plato.stanford.edu/entries/process-theism/ tokoh yang memprakarsai paham uniformitarianism ialah Charles Lyell (1797-1875) dan William Whewell ( 1794-1866 ). Uniformitarianisme menyatakan bahwa bumi berkembang dalam waktu yang sangat panjang melalui berbagai proses geologi dan geomorfik. Kata uniformitarianisme digunakan sebagai penjelasan alternatif mengenai teori bumi dan diperluas juga sampai biologi. Apabila masuk ke ranah filsafat uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa adanya hukum alam yang berlaku sekarang maupun di tempat manapun di jagad ini. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari beberapa pengertian yang saya baca dan juga dari beberapa pendapat dari teman-teman, maka uniformitarianism itu saya kurang setuju. Jika memang benar kejadian itu ada dan selalu berulang, menurut saya itu berhubungan dengan hal yang berbau dengan alam namun hanya pada sesuatu yang ajeg seperti perputaran bumi mengelilingi matahari yaitu selama 365 hari. Namun, kejadian alam yang ada seperti banjir dan lain sebagainya itu sesungguh kejadian yang selalu baru dan tidak sama. Karena pada sesungguhnya, alam itu berada di dalam ruang dan waktu jadi tidak ada yang namanya sama dalam kenyataan di alam semesta ini.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, uniformitarianism atau bisa disebut juga sebagai doktrin keseragaman. Dimana uniformitarianism merupakan sebuah asumsi yang menyatakan bahwa hukum alam dan segala proses yang terdapat di alam semesta ini adalah sama dengan yang terjadi di masa mendatang maupun pada masa lampau. Dan hukum ini berlaku dimana saja sehingga dapat dikatakan semuanya berlaku secara umum atau universal.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Uniformitarisme merupakan sebuah paham yang cenderung mengganggap sama segala sesuatudan proses yang ada di alam semesta mulai dari jaman dahulu sampai sekarang. Prinsip uniformitarisme menjadi prinsip utama dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan yang menganggap sebuah postulat yang dibuktikan tidak dapat diverifikasi kebenarannya dengan metode ilmiah.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Uniformitarianism adalah prinsip yang menganggap bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Mungkin juga konsep renkarnasi juga bisa terpaut dari sini. Atau bagaimana? Bahwasanya yang pernah terjadi mungkin akan ada kemiripan dengan yang sebelumnya
    Saya juga pernah mendengar bahwa dikehupan ini ada banyak gelombang sehingga mungkin saja dengan frekuensi yang sama kita bisa mengulang kembali kejadian tersebut. Saya juga sering berfikir, bumi itu berputar, bahkan tren fashion pada jaman 80 an saja terulang kembali pada tahun 2016 ini. Mungkin memang benar bahwa dalam hidup ini banyak hal yang bisa terulang.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di dunia saat ini, selalu terjadi di dunia pada masa lalu dan diaplikasikan dimanapun di dunia. Hal ini termasuk konsep bahwa apa yang terjadi saat ini adalah kunci dari apa yang terjadi di masa lalu. Masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan melihat apa yang terjadi di masa lalu. Suatu ilmu, prediksi ilmiah, dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Uniformitarianisme merupakan prinsip utama dari geologi dan semua ilmu pengetahuan kecuali geologi modern yang berprinsip naturalisme.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Uniformitarianisme adalah salah satu konsep yang menyatukan antara geologi dan sains. Dalam hal ini uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi laili K
    17709251059
    PMC

    Uniformitarianisme atau dikenal juga dengan doctrine of uniformity (doktrin keseragaman) merupakan asumsi bahwa hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana (https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism). Keseragaman disini saya pahami bahwa kehidupan ini sebenarnya selalu berputar. Selalu ada siklus atau proses yang sama. Seperti hari senin bertemu senin. Siang, malam, kembali ke siang merupakan contoh bagaimana sebenarnya alam beroperasi dengan cara yang sama.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Uniformitarianisme ialah suatu paham dalam filsafat dimana alam semesta memiliki keteraturan, sehingga peristiwa yang terjadi akan berualng-ulang. Peristiwa pada masa lampau dapt terulang pada masa kini maupun masa yang akan datang. Sehingga dapat dipahami bahwa masa depan seperti masa lalu . Sehingga manusia dapat memprediksi atau berjaga-jaga akan kejadian di masa datang dengan berbekal pengalaman di masa lalu.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi.

    ReplyDelete
  16. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Uniformitarianisme merupakan paham yang menganggap bahwa kebenaran itu bersifat universal artinya setiap orang mengakui keseragaman atau keuniversalan suatu kebenaran tersebut. Salah satu contoh dari Uniformitarianisme yaitu semua orang meyakini bahwa hari senin akan selalu berulang setiap tujuh hari secara berkelanjutan. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan menerapkan mana-mana di alam semesta. Ini sudah termasuk konsep gradualistik bahwa "masa kini adalah kunci ke masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama. Uniformitarianism telah menjadi prinsip utama geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan, tetapi ahli geologi modern yang naturalisme, sementara menerima geologi yang telah terjadi di waktu yang mendalam, tidak lagi berpegang pada gradualisme ketat.

    ReplyDelete
  18. Uniformitarianisme atau prinsip keseragaman, merupakan suatu aliran atau paham yang meyatakan bahwa dalam alam semesta terdapat keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip ini dapat membenarkan penalaran induktif (proses berfikir menarik kesimpulan berdasarkan fakta yang bersifat khusus) maupun penelitian ilmiah. Dalam penelitian ilmiah, penarikan kesimpulan dapat dilakukan berdasarkan pola-pola yang ditemukan, terutama bila bersesuaian dengan pola-pola yang telah ada ditemukan sebelumnya oleh penelitian yang terdahulu.

    ReplyDelete
  19. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kehidupan yang berupa siklik dan linear tertuang dalam kajian hermeneutika. Suatu kejadian di masa yang akan datang merupakan pengulangan kejadian di masa lalu namun dari segi ruang dan waktu, kehidupan terus bergerak linear. Artinya tidak akan terulang dalam waktu yang sama, karena waktu terus berjalan. Dalam perkembangan ilmu dan sejarah banyak masyarakat yang percaya bahwa reinkarnasi bisa saja terjadi, yang artinya kita mungkin hidup kembali dalam versi yang berbeda di masa yang akan datang. sehingga teori reinkarnasi kebanyakan merupakan pengetahuan yang bersifat priori.

    ReplyDelete
  20. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Uniformitarianism ialah doktrin atau paham keseragaman, yakni asumsi bahwa hokum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlau dimana-mana. Dalam paham keseragaman menyebutkan bahwa kehidupan masa kini ditentukan oleh kehidupan di masa lalu, dalam hal ini biasanya mengacu pada kejadian alam atau hokum fisika atau ilmu sains lainnya. Saya akan mencoba memberikan contoh paham keseragaman di luar konteks sains, yakni di dalam konteks pendidikan. Terdapat beberapa contoh pelaksanaan pendidikan yang tidak tepat apabila menggunakan paham keseragaman, yakni dalam mengembangkan kurikulum sekolah. Hal ini dikarenakan karakteristik setiap sekola berbeda, sehingga tidak bisa hanya menggunakan satu kurikulum yang sama/seragam untuk diterapkan di semua sekolah yang ada.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Uniformitarianism adalah doktrin yang memahami bahwa hukum alam dan proses yang terjadi saat ini itu sama dengan yang terjadi di masa lampau. Atau dengan kata lain hukum alam dan proses itu dapat menembus ruang dan waktu. Sehingga apa yang terjadi di masa lampau akan terjadi kembali di masa depan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Uniformitarianisme adalah sebuah doktrin keseragaman. Seragam berasumsi bahwa hokum alam dan proses di alam semeseta adalah sama. Sehiingga dapat dikatakan bahwa "sekarang adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu". Namun hal tersebut ternyata tidak benar adanya. Ita harus melihat jauh kebelakang untuk memeriksa akar kebenarannya.

    ReplyDelete
  23. Paham uniformitarianisme yang mengenaut bahwa keseragaman alam yang bersifat universal. Yang mana hal ini biasanya dipakai pada berbagai ilmu-ilmu pasti. Namun jika kita teliti bahwa tidak semua paham yang menganut uniformitarianism berlaku untuk berbagai macam nilai kehidupan manusia. Karena sesungguhnya manusia itu antar manusianya memiliki karakteristik yang berbeda.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  24. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    uniformitarianisme atau yang seringkali juga disebut sebagai doktrin keseragaman, memiliki pandangan bahwa apa yang terjadi dibumi ini dari waktu ke waktu adalah sama. Hukum alam dan segala prosesnya yang terjadi hari ini juga terjadi di masa lalu, dengan pandangan yang sama maka hal ini juga akan terjadi di masa depan. Demikian seterusnya sehingga apa yang terjadi di alam ini sebenar-benarnya adalah sama dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  25. Arina Husna Zaini
    11701251024
    PEP S2 B
    Assalmualaikum Wr.Wb
    Artikel tentang Uniformitarianisme diatas memberikan pengetahuan bahwa pendangan Uniformitarianisme menekankan pada keseragaman dan keteraturan dimana alam semesta memiliki aturan dan keteraturan sehingga apa yang terjadi dapat terulang kembali. Dalam Uniformitarianisme memandang bahwa peristiwa yang terjadi hari ini atau besok tidak bisa terlepas oleh masa lampau. Oleh karena itu penting adanya pemahaman tentang menembuh ruang dan waktu. Terima Kasih

    ReplyDelete
  26. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Uniformitarianism yang pertama kali diciptakan oleh William Whewell ini sepenangkapan saya mengasumsikan bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di jagat raya ini selalu terjadi dari masa lalu hingga sekarang dan terjadi dimana saja. Tentu dalam hal ini ada sebuah sistem yang menjalankannya. Sebuah sistem sempurna yang membuat alam semesta ini berjalan sebagaimana mestinya. Adanya perubahan antara masa lalu dan masa kini diakibatkan oleh tingkah laku yang dilakukan oleh manusia. Pada perkembangannya, sebagian manusia tidak mensyukuri apa yang mereka dapat. Malah cendrung ingin menguasai seutuhnya.

    ReplyDelete
  27. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Pada filsafat kealaman, uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Uniformitarianisme mengabaikan evolusi bagaimana alam selalu berkembang dan bertumbuh, mengabaikan bahwa perubahan itu selalu ada.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Uniformitarianisme pernah menjadi prinsip kunci di geologi, tetapi naturalisme geologi modern, walau menerima bahwa geologi muncul melalui waktu yang panjang, dia tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete