Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan dengan melihat apa yang terjadi pada masa lalu.. Konsep tentang uniformitarianisme diasumsikan bahwa hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam sekarang, selalu dioperasikan di alam semesta di masa lalu.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Hal ini mengacu invarian dalam prinsip-prinsip metafisik yang mendasari ilmu, seperti keteguhan struktur kausal seluruh ruang-waktu, tetapi juga telah digunakan untuk menggambarkan invarian spatiotemporal dari hukum-hukum fisika. Meskipun sebuah postulat dibuktikan yang tidak dapat diverifikasi menggunakan metode ilmiah, uniformitarianism telah menjadi prinsip utama dari hampir semua bidang ilmu pengetahuan. Dalam geologi, uniformitarianisme sudah termasuk konsep gradualistik bahwa "saat ini adalah kunci masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Uniformitarianism menyatakan bahwa hukum alam yang berlaku saat ini pasti lebih baik daripada masa lampau di manapun. Hal ini yang mengacu pada prinsip-prinsip metafisik yang mendasari ilmu seperti keteguhan struktur kausal di dalam seluruh ruang dan waktu. Meskipun sebuah postulat telah dibuktikan kebenarannya tanpa dapat di buktikan kembali dengan metode ilmiah, Uniformitarianism menjadi prinsip utama dalam semua ilmu pengetahuan yang ada sampai saat ini.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    sepenangkapan saya mengasumsikan bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di jagat raya ini selalu terjadi dari masa lalu hingga sekarang dan terjadi dimana saja. Dalam hal ini terdapat sebuah sistem yang menjalankannya. Sebuah sistem yangsempurna membuat alam semesta ini berjalan sebagaimana mestinya, sedangkan adanya perubahan masa lalu dan masa kini diakibatkan oleh tingkah laku manusia.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah.....
    Uniformitarianism merupakan sebuah asumsi bahwa hukum dan proses alam yang terjadi saat ini sama dengan yang telah terjadi dimasa lampau. Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan itu berputar dan selalu terulang kembali. Sebagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. Manusia berkembang dari bayi hingga orang tua. Meskipun terlihat linear, tetapi jika kita amati lebih cermat, sifat-sifat orang tua tidak berbeda jauh dengan bayi. Sebagai contoh yakni, ada orang tua yang untuk buang air kecil sendiri pun tidak mampu dan harus dibantu oleh orang lain. Dunia itu linear artinya tidak terbebas dari ruang dan waktu dan tidak akan pernah kembali ke masa lampau. Namun hukum-hukum alam itu berputar. Sehingga jika kita gabungkan, maka akan membentu sebuah spiral. Selalu berputar tetapi linear. Hal ini disebut juga dengan hermeneutika.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta.Dalam geologi, uniformitarianisme sudah termasuk konsep gradualistik bahwa "saat ini adalah kunci masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama, meskipun banyak ahli geologi modern yang tidak lagi berpegang pada gradualisme yang ketat.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Waktu terus berputar, segala yang ada dan yang mungkin ada terus berproses yang berarti mengalami perubahan. Alam semesta dengan segala hukum alamnya terus berputar dari awal sampai akhir, dari mikro maupun makro. Dengan segala penciptaan-Nya begitu sempurna. Subhanalloh.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Faham ini berdasar pada perubahan fisik yang terjadi perlahan dan memakan waktu lama sekali. Karena paham ini menyadari bahwa bumi selalu berubah. Bumi sudah terbentuk sebelum kita mempelajarinya. Dan apa yang kita pelajari hari ini tentang sains juga sudah berlangsung di masa lampau.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Uniformitarianisme adalah suatu paham yang berasumsi bahwa hukum dan proses alam yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. bisa disimpulkan bahwa uniformitarianisme mempercayai bahwa aktivitas bumi ini konsisten dengan aktivitasnya.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam dan proses yang terjadi di dunia saat ini, selalu terjadi di dunia pada masa lalu dan diaplikasikan dimanapun di dunia. Hal ini termasuk konsep bahwa apa yang terjadi saat ini adalah kunci dari apa yang terjadi di masa lalu. Masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan melihat apa yang terjadi di masa lalu. Suatu ilmu, prediksi ilmiah, dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Uniformitarianisme merupakan prinsip utama dari geologi dan semua ilmu pengetahuan kecuali geologi modern yang berprinsip naturalisme.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Bagi orang-orang geologi kata Uniformitarianisme sudah tidak asing lagi, merupakan satu hukum dasar dalam pengembangan ilmu geologi. Uniformitarianisme adalah salah satu konsep pemersatu paling penting dalam Geosains. Ini konsep yang dikembangkan di akhir 1700-an, menunjukkan bahwa proses bencana tidak bertanggung jawab atas alam yang ada di permukaan bumi. Konsep tentang uniformitarianisme diasumsikan bahwa hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam sekarang, selalu dioperasikan di alam semesta di masa lalu. Hal ini sering diringkas sebagai "saat ini adalah kunci ke masa lalu," karena meyakini bahwa segala sesuatu terus terjadi karena terbentuknya dunia pada awalnya.
    Lebih lanjut Charles Lyell pada awal abad 19 mengembangkan pandangan hutton yang lebih dahulu kedalam prinsip geologi ”uniformitarianisme” yang diterbitkan dalam bukunya Principles of Geology (1830-1833). Lyell mengemukakan bahwa gunung dan lembah dan ciri-ciri fisik permukaan bumi tidak diciptakan seperti bentuknya sekarang atau tidak dibentuk oleh bencana yang berturut-berturut, tetapi terbentuk oleh berlanjutnya proses vulkanis, pergolakan, erosi, glasiasi dan sebagainya dalam jangka waktu yang sangat lama dan masih berlangsung sampai sekarang.
    Ide-ide di balik uniformitarianisme berasal dari karya ahli geologi Skotlandia James Hutton. Pada 1785, Hutton disampaikan pada pertemuan Royal Society Edinburgh bahwa bumi memiliki sejarah yang panjang dan bahwa sejarah ini dapat ditafsirkan dari segi proses saat diamati. Sebagai contoh, tanah terbentuk oleh pelapukan batuan dasar selama ribuan tahun. Dia juga menyarankan bahwa teori-teori supranatural tidak diperlukan untuk menjelaskan sejarah geologi Bumi.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Uniformitarianisme
    Konsep uniformitarianisme biasanya terlalu disederhanakan dalam buku teks geologi karena "sekarang adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu" (atau kata-kata untuk efek itu). Penjelasan ini, bagaimanapun, tidak benar tentang arti sebenarnya dari uniformitarianisme. Untuk memahami uniformitarianisme, seseorang harus memeriksa akarnya di era Pencerahan (sekitar 1750 - 1850) dan bagaimana istilah tersebut telah terdistorsi dalam arti sejak saat itu. Geologi adalah ilmu sejarah, namun fenomena dan proses yang dipelajari oleh ahli geologi beroperasi di bawah sistem alam non-sejarah yang tidak bergantung pada waktu di mana mereka beroperasi. Jelas dari wawasan salah satu pendiri pendiri era penerangan Geologi, James Hutton (1726 - 1797), bahwa ia memahami fakta ini dengan sangat baik. Dalam Teori Bumi (1795), dia menyatakan: "Dalam memeriksa segala sesuatu yang ada, kita memiliki data yang menjadi alasan mengenai apa yang telah terjadi; dan, dari apa yang sebenarnya, kita memiliki data untuk menyimpulkan mengenai hal-hal yang Akan terjadi sesudahnya. " Dengan bukunya, Hutton mempopulerkan gagasan "memeriksa hal-hal yang ada ... berkenaan dengan apa yang telah terjadi," namun tidak memberi konsep itu nama khusus. Hutton tidak menggunakan istilah uniformitarianisme dan menggunakan kata 'uniformity' jarang.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Uniformitarianism adalah teori bahwa semua fenomena geologi dapat dijelaskan sebagai akibat dari kekuatan-kekuatan yang ada memiliki dioperasikan seragam dari asal-usul bumi untuk masa ini. Uniformitarianisme dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan

    ReplyDelete
  15. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Uniformitarianism adalah paham atau aliran dalam geologi yang menyatakan bahwa proses geologi saat ini, terjadi pada tingkat yang sama, diamati hari ini, dengan cara yang sama, dan menjelaskan semua objek geologi bumi. Dengan demikian, diasumsikan bahwa proses geologi pada dasarnya tidak berubah sampai saat sekarang ini, dari orang-orang masa lalu yang tidak teramati, dan bahwa tidak ada peristiwa bencana dalam sejarah bumi. Sebagai proses, uniformtarianism untuk memperkirakan serta untuk menjelaskan semua peristiwa masa lalu. Slogan uniformitarianism adalah, "sekarang adalah kunci ke masa lalu".

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Hal ini mengingatkan saya bahwa sebagai manusia, dalam memandang masa depan dapat melihat dari melihat dari masa lalu yang sudah dijalani. Kita tidak bisa membuat perkiraan dari masa lalu yang terjadi di masa depan jika tidak terjadi keseragaman. Dengan demikian uniformitarianisme tidak bisa dipahami jika hanya membaca sepotong – sepotong saja melainkan harus secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Uniformitarianisme umumnya disederhanakan dalam buku teks geologi sebagai "saat ini adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu". Bumi tempat kita tinggal saat ini memang sudah sangatlah tua, namun dalam prosesnya selalu mengalami perubahan sedikit demi sedikit namun pasti. Bumi yang terdiri dari beberapa laisan, lapisan yang tersusun sedikit demi sedikit dan selalu mengalami perubahan, proses yang tidak terlihat namun dapat dirasakan.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Keseragaman alam yang secara teratur berulang dari masa lalu hingga masa kini, disebutkan dapat membenarkan penelitian ilmiah atau penalaran induktif. Penalaran induktif adalah penyimpulan secara umum berdasar kejadian-kejadian khusus, sehingga tentu keseragaman pada masa lalu di alam semesta dapat membantu dalam membuat teori. Namun bagaimana dengan ilmu matematika yang menggunakan penalaran deduktif? Setelah kejadian umum terjadi, baru diambil sebuah kesimpulan dan akan berlaku untuk semua. Menurut saya, penalaran deduktif juga diperlukan keseragaman, tanpa keseragaman hal yang terjadi setelah teori diterapkan, hal tersebut bukanlah deduktif. Mungkinkah uniformitarianisme juga erat kaitannya dengan penalaran deduktif?

    ReplyDelete
  19. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell (1797-1875). Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D
    Artikel tersebut membahas tentang Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Kita tahu bahwa huku alam itu berlaku pada dunia sekarang atau kita bsia sebut di alam semesta. Karena huku alam pasti berlaku maka dalam suatu pendidikan juga akan berlaku juga hukum alam itu.

    ReplyDelete
  21. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam ilmu filsafat, terdapat suatu paham atau konsep mengenai dunia yang bertolak belakang dengan paham yang dipercayai pada masa saat itu dicetuskan dimana semua kebenaran berlandaskan atas injil Uniformitarianisme dipahami sebagai suatu konsep yang mempercayai bahwa bumi berkembang didalam suatu waktu yang amat panjang dengan melewati beraneka ragam proses geologi dan geomorfik. Uniformitarianisme berkembang dan diperkenanlkan pertama kali oleh william whewell (1832)

    ReplyDelete
  22. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Uniformtarianisme dalam hal ini merupakan keseragaman, artinya bersifat universal berlaku dimanapun dan kapanpun. "The present is the key to the past". Artinya bahwa pengetahuan yang sekarang berkaita dengan pengetahuan masa lalu. Paham ini sesuai dengan artikel encyclopedia dalam link yang di share dalam elegi ini menggambarkan pengertian yang sama dengan aktualisme, yang berarti sesuatu yang benar-benar terjadi.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Uniformitarianisme adalah sebuah faham yang memiliki pandangan bahwa asumsi hukum alam dan proses yang sama yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Dalam istilah geologi, uniformitarianisme memasukkan konsep gradualistik bahwa "masa kini adalah kunci masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama, meskipun banyak ahli geologi modern tidak lagi berpegang pada gradualisme yang ketat. Kalau bisa saya ambil kesimpulan bahwa “Kita harus belajar dari pengalaman (masa lalu), masa lalu adalah kunci”

    Refrence: https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link yang diberikan. Yang dapat saya pahami dari Uniformitarianism adalah paham yang menyatakan bahwa hukum hukumalam yang terjadi pada masa sekarang sama terjadi juga pada masa lalu. Jadi dapat dikatakan bahwa hukum alam tidak berubah. Masa sekarang adalah kunci ke masa lalu dan berfungsi pada tingkat yang sama.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Uniformitarianisme adalah filsafat naturalisme tentang riwayat bumi yang diajukan oleh James Hutton dari Skotlandia abad ke-17 dimana ia mencetuskan doktrinnya tersebut dalam sebuah buku yang berjudul “Theory of The Earth”. Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip keseragaman alam digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah. Sebuah ilmu sangat bergantung pada keseragaman karena tanpa hal tersebut tidak akan mungkin menyimpulkan peristiwa masa lalu yang dapat kita perkirakan akan terjadi di masa depan. Selain itu, prediksi ilmiah dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Secara umum, penalaran induktif bergantung pada keseragaman karena hal tersebut memungkinkan kita untuk mengambil kasus-kasus tertentu dan menyimpulkannya dengan aturan dan prinsip umum. Namun, keseragaman alam sendiri tidak bisa bergantung pada penalaran induktif.

    ReplyDelete
  26. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam pandangan uniformitaarianisme alam ini memiliki sebuah pola keteraturan, sehingga ada hal yang bisa terjadi berulang. Dengan demikian, semua hal bisa diramalkan. Namun, kita ketahui bahwa dunia ini dinamis dan berhermeneutika. Sehingga tidak mungkin semuanya ada pola keteraturan. Jikalau pun bisa dicari polanya, pasti terdapat error. Sehingga tidak semuanya bisa dikenai pola yang telah ditemukan tersebut. Namun, dengan uniformitarianisme ini, manusia bisa melakukan perkiraan-perkiraan untuk mempermudah kehidupannya dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan.

    ReplyDelete
  27. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Uniformitarianisme menganggap bahwa keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Prinsip keseragaman alam digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Oleh karena itu dapat dikatakan, uniformitarianisme merupakan paham yang mengasumsikan bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku dimanapun dalam alam semesta ini.

    ReplyDelete
  28. Perubahan bentuk atau transformasi dari bumi yang ada pada saat ini merupakan pengulangan peristiwa yang akan datang. Bahwa letusan gunung api dan gempa bumi akan mengubah susunan bentuk pulau, dataran, atau lapisan tanah. Perubahan tersebut berulang-ulang, sehingga kita dapat mempelajari keadaan masa lalu dari bentuk atau susunan yang ada sekarang. Atau nantinya orang yang akan datang dapat mempelajari bentuk bumi dari susunan tanah sekarang.

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dapat dikatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Proses-proses yang kita lihat sekarang terjadi juga pada masa lampau, seperti erosi perbukitan, letusan gunung api, gempa bumi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  31. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan. Saya memahami bahwa hukum alam yang terjai di masa lalu dapat juga masih berlaku di masa yang akan datang. Apa yang terjadi saat ini merupakan proses yang terjadi di masa lalu

    ReplyDelete
  32. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Uniformitarianism merupakan paham bahwa hukum alam yang terjadi pada masa sekarang juga terjadi juga pada masa lalu bahkan di seluruh alam semesta.

    ReplyDelete
  33. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Uniformitarianism merupakan suatu teori yang beranggapan bahwa sesuatu yang terjadi sekarang merupakan akibat dari masa lalunya atau pada masa lalu juga terjadi, seperti suatu bencana tidak akan terjadi secara tiba-tiba, pasti merupakan suatu akibat dari masa lalu, hanya perbedaan ruang dan waktunya, bencana tersebut bisa terjadi akibat dari semakin lamanya waktu yang mengakibatkan kekuatan dimilikinya tidak sekuat dulu.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Teori Pra-Darwin Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  35. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut James Hutton (1785), Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai “The present is the key to the past” dan sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu. Pada tahun 1785, Hutton mengemukakan perbedaan yang jelas antara hal yang alami dan asal usul batuan beku dan sedimen. James Hutton berhasil menyusun urutan intrusi yang menjelaskan asal usul gunungapi. Dia memperkenalkan hukum superposisi yang menyatakan bahwa pada tingkatan yang tidak rusak, lapisan paling dasar adalah yang paling tua. Ahli paleontologi telah mulai menghubungkan fosil-fosil khusus pada tingkat individu dan telah menemukan bentuk pasti yang dinamakan indek fosil. Indek fosil telah digunakan secara khusus dalam mengidentifikasi horison dan hubungan suatu tempat dengan tempat lainnya.

    ReplyDelete