Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

14 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Teori Pra-Darwin Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut James Hutton (1785), Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai “The present is the key to the past” dan sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu. Pada tahun 1785, Hutton mengemukakan perbedaan yang jelas antara hal yang alami dan asal usul batuan beku dan sedimen. James Hutton berhasil menyusun urutan intrusi yang menjelaskan asal usul gunungapi. Dia memperkenalkan hukum superposisi yang menyatakan bahwa pada tingkatan yang tidak rusak, lapisan paling dasar adalah yang paling tua. Ahli paleontologi telah mulai menghubungkan fosil-fosil khusus pada tingkat individu dan telah menemukan bentuk pasti yang dinamakan indek fosil. Indek fosil telah digunakan secara khusus dalam mengidentifikasi horison dan hubungan suatu tempat dengan tempat lainnya.

    ReplyDelete
  3. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Manusia pernah merasakan hal yag pernah terjadi, terjadi lagi. Bahasa yang sering dikenal adalah djavu. Unifotmitarianisme adalah paham yang menyatakan dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati di masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Sebenarnya hal tersebut dapat menjadi media pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi makhluk yang lebih baik karena kejadian dan pengalaman yang pernah dialami dapat menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Saya kurang begitu memahami apa itu uniformitarianism, tetapi saya akan mencoba sedikit memaparkan menurut apa yang sudah saya baca. Definisi dari uniformitarianisme ini adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa pada masa kini mengendalikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Hukum uniformitarianisme ini adalah karya dari seorang ahli geologi yang bernama James Hutton. Hukum ini juga menyatakan bahwa keadaan sekarang merupakan kunci bagi keadaan masa lalu. Tujuan dari hukum ini adalah untuk memperkirakan batuan mana yang terbentuk lebih dahulu, batuan mana yang terbentuk terakhir, dan menentukan umur absolut batuan.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami uniformitarianisme dalam beberapa buku teks geologi dinyatakan sebagai “saat ini adalah panduan untu menafsirkan masa lalu”. Bumi ini sudah berumur lebih dari ratusan juta tahun. Dan dalam proses berjalannya waktu, setiap saat pasti mengalami perubahan walaupun sedikit demi sedikit. Bumi memiliki beberapa lapisan, dan pada setiap lapisan memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing. Lapisan-lapisan ini tersusun disebabkan oleh banyaknya proses yang terjadi tentunya tidak serta merta semuanya langsung jadi melainkan dengan proses yang panjang, bisa saja suatu saat nanti lapisan bumi ini akan bertambah dengan lapisan baru lagi sebaga hasil penumpukan-penumpukan dan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Asumsi dasar dari uniformitarianism adalah alam semesta ini bergerak seperti siklus di mana kejadian masa lampau akan terulang kembali pada masa kini dan masa depan. Ada pertautan waktu yang evolusioner. Ada suatu hukum alam yang bergerak secara independen. Namun, satu hal yang saya pikir sedikit keliru dari paham ini (semoga saya salah) adalah pengabaiannya terhadap manusia sebagai subjek sejarah terutama dalam fase-fase yang menandakan revolusi

    ReplyDelete
  7. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada sebuah keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Hal ini sebenarnya sudah dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misal dalam hal mode (style) fashion. Jika diperhatikan melalui foto-foto orang zaman dahulu, style fashion zaman sekarang mirip dengan style fashion zaman dahulu. Style fashion zaman dahulu dikeluarkan lagi dan sangat digemari oleh orang-orang zaman sekarang. Tidak tahu apakah hal ini merupaan kesengajaan atau tidak. Tetapi ini merupakan salah satu contoh bahwa dalam alam semesta ini ada sebuah keteraturan sehingga suatu saat akan terulang kembali.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang dibagikan
    "Uniformitarianisme". Benar-benar baru sekali bagi saya. Benar-benar baru pertama kali saya mendengarnya lewat mata saya yang melihatnya kemudian pikiran saya yang membantu membacanya. Maka, karena benar-benar baru berkenalan, saya sangat berhati-hati mengajaknya berinteraksi. Saya melihat definisi yang baru juga, yang sulit untuk saya pecahkan agar mampu merasuk ke dalam otak saya. Uniformitarianisme, dibahas berkali-kali terkait masa kini dan masa lalu. Hingga pada akhir suatu paragraf, saya membaca bahwa dalam Uniformitarianisme, "masa kini adalah kunci masa lalu". Melalui statement itulah saya mulai berfikir, apakah Uniformitarianisme merupakan faham yang pada masanya dulu menggunakan grounded research dan menghasilkan teori sehingga dipakai sampai saat ini. Tetapi mohon maaf, itu hanyalah pendugaan saya. Pertanyaan kedua yang muncul di benak saya, apakah "Uniformitarianisme" menolak adanya teori bahwa masa kini adalah fenomena baru yang berbeda dengan masa lalu? Bismillah, saya akan mencoba untuk terus membaca. Sekali lagi, terimakasih

    ReplyDelete
  9. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Uniformitarianisme adalah kajian filsafat tentang terbentuknya alam semesta secara alami. Pada awalnya bumi dianggap terbentuk dari kekuatan supernatural dan dibentuk akibat berbagai bencana. Menurut uniformitarianis bencana-bencana yang terjadi sekarang ini akibat dari bencana yang lalu mengalami perubahan secara lambat dan berangsur-angsur. Sehingga munculnya paham uniformitarian ini sebagai salah satu dasar dari perkembangan ilmu geologi tentang terbentunya bumi.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Uniformitarianisme merupakan aliran dalam filsafat yang memperlajari tentang riwayat terbentuknya bumi bahwa proses-proses yang membentuk bumi itu adalah berupa bencana-bencana seperti erosi dan vukanisme yang terjadi di masa lalu juga di masa sekarang melalui proses perubahan yang sangat lambat dan beransur-ansur. Dapat katakan bahwa uniformitarianisme adalah paham tentang teori evolusi yang berdasar pada perubahan fisik yang terjadi secara perlahan dan memakan waktu yang sangat lama sekali.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Uniformitarianisme berpandangan tentang keseragaman. Menurut paham ini, bumi memiliki sejarah yang panjang. Hukum-hukum alam dan proses yang sedang terjadi di alam semesta sekarang ini ialah juga terjadi di masa lalu. Paham ini memunculkan prinsip yang menyatakan bahwa masa kini merupakan kunci masa lalu. Uniformitarianism ini telah menjadi prinsip utama dalam geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan yang lain. Namun, naturalisme geologi modern tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    ReplyDelete
  12. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Seperti halnya dalam kehidupan, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan mengetahui pola atau pattern yang muncul atas suatu kejadian. Tetapi tidak semua hal yang akan terjadi di masa depan bisa diprediksi karena kekuasaan menentukan masa depan hanya terletak pada kuasa tuhan.

    ReplyDelete
  13. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for providing the above links. But I still do not understand what is uniformitarianism. From these articles, I take the lesson that this uniformitarianism is the assumption that the laws of nature that control current events control the events that occurred in the past. Uniformitarianism in some geological textbooks is expressed as "now is a guide to interpreting the past". This we can see in everyday life. For example, when considered through photographs of ancient people, fashion style today is similar to the style of fashion in the past. Style fashion in the past was issued again and is very popular by people today. So there is an evolutionary timeline. This is my understanding of uniformitarianism. Hopefully you can explain it again in class.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Unifotmitarianisme adalah paham yang menyatakan dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati di masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Oleh karena itu kejadian dan pengalaman yang pernah dialami hendaknya menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.sesuatu terjjadi dan akan terjadi adalah sebuah rahasia, namun masa lalau adalah masa yang tidak bisa kita raih kembali maka bersiap untuk menjadi lebih baik ketika masa yang akan datang adalah jalan terbaik untkkita menyambutnya.

    ReplyDelete