Jan 13, 2013

SOPHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Sophism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Sophism memiliki kebermaknaan orang yang menekuni kebijaksanaan dan pembelajar. Sophism selalu dikaitkan dengan orang yang cerdas dan pandai berbicara atau berpendapat. Perkembangan ilmu pengetahuan dibangun atas landasan-landasan berpikir Sophism. Perlu diakui bahwa seiring perkembangan zaman, Sophism memiliki pengertian yang berbeda. Jika dulu Sophism merupakan orang yang merdeka sejak dalam pikiran, saat ini ada beberapa Sophism yang justru menjadi staf pikirannya para penguasa dan pelaku industri. Menjadi Sophism memang tidak mudah, ia harus berpikir adil sejak dalam berpikir.

    ReplyDelete
  2. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    sophism bisa berarti orang yang bijak. Menurut orang-orang shopist, filsafat bukanlah ilmu pengetahuan tapi merupakan retorika yang diucapkan. Orang-orang shopist melalui pemikirannya mampu mempengaruhi pada masa itu pada bidang politik etis. Karena kita tahu politik dulu dan saat ini dibutuhkan kalimat-kalimat retoris dalam berargumen, sehingga berusaha bijaksana atau berusaha terlihat bijaksana.

    ReplyDelete
  3. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Sofis merupakan seorang guru pada zaman Yunani Kuno. Seorang sofis mengajar menggunakan berbagai cara diantaranya : filsafat dan retorika, musik, atletik, dan matematika. Sofisme juga dipandang sebagai kelompok cendekiawan yang mahir dalam berpidato. Sofisme berpandangan bahwa kebenaran itu relatif. Dalam pidatonya seorang sofis berusaha untuk mempengaruhi masyarakat untuk mempercayai argumentasi-argumentasinya.

    ReplyDelete
  4. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari referensi yang saya pahami dari wikipedia, sophist atau yang bisa dibilang sebagai penganut aliran sophism pada awal pengenalan istilahnya merupakan guru atau cendekiawan yang menggunakan filsafat dan retorika sebagai alat. Biasanya ilmu yang diajarkan beragam, musik, matematika, atletik, dll. Namun secara umum mereka mengajarkan ilmu arete (kebijaksanaan/keistimewaan).

    ReplyDelete
  5. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sophisme merupakan paham yang dicetuskan oleh kaum sophis yang berpendapat bahwa suatu kebenaran itu relatif. Untuk memperluas paham yang dicetuskannya ini mereka mempengaruhi banyak masyarakat dengan argumen-argumennya yang menyesatkan agar terkesan kehebatannya dimata masyarakat. Sedangkan sophisme dalam definisi modern merupakan suatu argumen munafik yang digunakan untuk menipu orang lain. dengan begitu, sophisme digambarkan sebagai kemunafikan atau penipuan.

    ReplyDelete
  6. Junianto
    PM C

    Sophism merupakan suatu paham yang merupakan cendekiawan yang pandai berpidato atau beretorika. Dalam paham ini mungkin bisa dimaknai bahwa kebenaran itu bersifat relatif karena masing-masing orang memiliki kemampuan untuk mengungkapkan pendapatnya. Pendapat atau argument dari masing-masing orang ini terkadang tidak bisa ditemukan titik temu sehingga mereka menganggap bener dirinya masing-masing.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Setelah membaca beberapa link, menurut saya sofisme suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Kaum sofis selalu berusaha memengaruhi khalayak ramai dengan argumentasi-argumentasi yang menyesatkan yang disampaikan melalui pidato-pidato mereka agar terkesan kehebatan mereka sebagai orator-orator ulung. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, banyak orang yang memanfaatkan kemampuan mereka dalam berbicara untuk melakukan kebohongan demi memperoleh keuntungan pribadi tetapi merugikan orang lain. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sifat sophism disini terkadang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat memberikan sesuatu yang memang menurut pemahaman dia itu benar namun disini harus di garis bawahi, bahwa mereka itu membutuhkan sumber yang khusus untuk retorika yang mereka berikan guna diikuti oleh orang-orang. Karena pada dasarnya jika kita hanya beretorika belaka tanpa adanya dasar, maka kita akan memberikan kesesatan bagi mereka yang mengikuti kita dalam hal apapaun.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Sophisme berasal dari kata shopia yang berarti kebijaksanaan. Secara umun Sophisme berarti orang yang sedang berlatih untuk kebijaksanaan. Seorang shopia dalam kehidupan masyarakat dapat menetapkan kebijaksanaan umum. Berdasarkan sumber yang saya baca para kaum intelektual saling memberikan kontribusi untuk kemajuan masyarakat. Bagi sofisme yang penting adalah bagaimana meningkatkan kemampuan individu, menekankan karakter individualistik, tidak berbagi seperangkat keyakinan dan mendirikan ada sekolah, baik dalam arti lembaga akademis atau dalam tubuh individu berkomitmen untuk berlakunya doktrin-doktrin tertentu. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  10. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, sophism merupakan suatu paham segolongan atau sekelompok orang yang mengajarkan arate (keunnggulan atau kebajikan) yang diterapkan dalam berbagai bidang. Mereka yang menganut paham sophism ini disebut juga dengan sophist, dimana kebanyakan dari golongan ini berasal dari negarawan muda dan bangsawan.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sophism.. Kata yang masih asing untuk saya tapi indah sepertinya. Ternyata Sofisme adalah metode pengajaran. Di Yunani kuno, sofis adalah kategori guru yang mengkhususkan diri dalam menggunakan teknik filsafat dan retorika untuk tujuan mengajar - "keunggulan" atau "kebajikan" - terutama untuk negarawan muda dan bangsawan.
    Praktek pengisian uang untuk pendidikan dan memberikan kebijaksanaan hanya untuk mereka yang bisa membayar menyebabkan kecaman yang dibuat oleh Socrates, melalui dalam dialog Plato, serta Xenophon Memorabilia.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Mata duitan, memakai sulap retorika dan ambigiusitas bahasa dalam rangka meraih dan mendukung rasionalitas yang menyesatkan, tidak perduli dengan kebenaran dan keadilan, melainkan hanya sekedar mencari kekuasaan dengan segala cara agar menang, menolak Ilmu dan keyakinan, memiliki cara pandang relative, skeptic dan agnostic dalam rangka mengikuti kemana arah argument mengalir, untuk mendapatkan argumentasi yang paling kuat demi memenangkan perdebatan, suka membantah (guibber) meski telah ada bukti-bukti yang jelas, menuruti selera pribadinya dan tidak perduli dengan pendapat orang lain adalah ciri-ciri seorang Sophist menurut Plato.
    Sedangkan, sofisme adalah argumen yang tampaknya benar tetapi sebenarnya tidak valid. Argumen tersebut menampilkan kecerdikan yang kemudian digunakan untuk menipu.

    ReplyDelete
  13. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sofisme memiliki makna bahwa kebenaran itu relatif. Jadi dapat dikatakan bahwa sofisme dekat dengan suatu sifat bijaksana dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam kehidupan sekarang ini, sofisme layak untuk diterapkan. Dengan adanya kebijaksanaan, manusia dapat menjalani kehidupan ini tanpa menghadapi masalah. Karena mereka telah mampu menjadikan pribadi yang bijaksana dalam pengambilan keputusan suatu masalah sehari-hari.

    ReplyDelete
  14. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Sophist, daya memperoleh bahwa istilah shopisme berasal dari bahasa Yunani, sophisma, dar sophizo "saya bijak"; memberikan sophistēs, yang berarti "bijak, orang yang melakukan hikmat," dan sophós berarti "orang bijak". Shopist merupakan istilah guru khusus yang mengkhususkan diri dalam menggunakan filsafat dan retorika, meskipun sofis lainnya mengajarkan pelajaran seperti musik, atletik, dan matematika. Ajaran utama dari shopist ini adalah arete yaitu keunggulan dan kebajikan utamanya untuk bangsawan dan negarawan muda. Saat ini ajaran tentang keunggulan dam kebajikan perlu pula dimasukkan dalam berbagai pelajaram. Tentunya tidak hanya bagi golongan bangsawan dan negarawan tetapi bagi seluruh siswa.

    ReplyDelete
  15. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Sophisme merupakan paham mengenai kebijaksanaan. orang yang dianggap bijaksana dapat dipanggil dengan kata Sophist. Seorang sophist mampu untuk beroterika dan memberikan arahan-arahan yang bijaksana. Paham Sophisme ini penting dimiliki oleh para petinggi dalam mengambil suatu kebijakan yang berhubungan dan berdampak dengan orang banyak. Selain itu dalam pembelajaran paham Sophisme diperlukan baik dalam mengajar maupun kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Sofisme dalam definisi modern merupakan argumen munafik yang digunakan untuk menipu seseorang. Di Yunani kuno, sofis adalah kategori guru yang mengkhususkan diri dalam menggunakan teknik filsafat dan retorika untuk tujuan mengajar arete-keunggulan, atau kebajikan-terutama untuk negarawan muda dan bangsawan. Praktek pengisian uang untuk pendidikan dan memberikan kebijaksanaan hanya untuk mereka yang bisa membayar menyebabkan kecaman yang dibuat oleh Socrates, melalui dalam dialog Plato, serta Memorabilia Xenophon. Melalui karya-karya seperti ini, Sophis digambarkan sebagai "munafik" atau "menipu", maka makna modern istilah.

    ReplyDelete
  17. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sekarang ini, memang tidak ada gerakan sophisme secara organisasi yang tampak pergerakannya, namun paham Neo Liberal menjadikan pemikiran Sophistik sebagai dasar dan mengarahkan masyarakat dunia agar berperilaku sophisme. Peradaban Yunani Kuno hancur karena pandangan sofisme. Kaum Sophis ini hadir dengan mengusung paham skeptisisme, yang intinya adalah meragukan segala hal. Bagi kaum Sophis tidak ada yang disebut dengan kebenaran mutlak.

    ReplyDelete
  18. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Sophism ialah paham bahwa seseorang memiliki keterampilan atau kealian dalam bidangnya, seperti seorang memahat, guru, dan sebagainya. seorang pemahat yang terampil atau ahli artinya ia mampu memahat dengan bentuk yang menyerupai benda aslinya dan tanpa atau sedikit melakukan kesalahan. Seorang guru yang terampil atau ahli artinya ia mampu menginstruksiakan atau pembuat pembelajaran dengan bijak, yakni dapat memilik metode yang tepat dalam mengajar. Dalam pembelajarn sangat penting bagi seorang guru untuk terampil atau ali di bidangnya yaitu sebagai pendidik. Ia harus mampu menjadi fasilitator yang memfasilitasi siswanya serta membimbing siswanya agar dalam pelasaan pembelajran siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri. tentu saja keterampilan atau kehlian guru ini tidak bisa muncul begitu saja, melainkan melalui proses dan pengalaman.

    ReplyDelete
  19. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pada awalnya istilah sophist mempunyai arti positif dimana istilah ini berasal dari bahasa yunani “sophistikos” yang artinya bijaksana, pintar, halus. Maka dapat dikatakan sophis berarti seseorang yang mencintai kebijaksanaan. Namun pada pertengahan abad ke 6 SM, maka sophist mengalami pergeseran makna. Sophist menjadi kata yang bermakna negatif yaitu adanya peristiwa banyaknya guru yang mengajar untuk mendapatkan uang. Plati menyebutkan ciri-ciri orang yang sophist antara lain yaitu seseorang yang mata duitan, seseorang yang memakai sulap retorika dan ambiguitas bahasa dalam rangka meraih dan mendukung rasionalitas yang menyesatkan, tidak peduli dengan kebenaran dan keadilan, menolak ilmu, dan menuruti selera pribadi dan tidak peduli pendapat orang lain

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sofisme (serapan dari bahasa Inggris: Sophism) suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Disebut demikian karena yang pertama-tama mempraktekkannya adalah kaum sofis, nama suatu kelompok cendekiawan yang mahir berpidato pada zaman Yunani kuno.

    ReplyDelete
  21. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sophism adalah suatu pemikiran yang menyatakan hari ini untuk sesuatu, bisa saja hari esoknya berlainan dengan alasan bahwa kebenaran hanyalah berlaku sementara.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  22. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Sophisme diambil dri kata shopia yang artinya bijak atau belajar. Shopia sendiri memiliki pengertian umum seseorang yang melakukan kebijaksanaan atau pembelajaran. Jika diimplikasikan dalam pembelajaran maka kita berusaha untuk menggapai kebijaksanaa dalam pembelajaran, sehingga dapat memajukan siswanya menjadi paham akan pembelajran.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Sophism dapat diartikan kedalam dua hal. Berdasarkan pemikiran Yunani kuno sophist adalah orang-orang yang selain berilmu dia juga bijaksana, yang mengajak orang berpendidikan di dunia selain mencapai kekayaan dan ketenaran, juga perlu membangkitkan antipati yang signifikan. Sedangkan dalam definsi modern, sophism adalah
    sebuah argumen yang membingungkan atau sedikit salah yang digunakan untuk menipu seseorang.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  25. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Based on what i read in wikipedia.com
    Sophism in the modern definition is a specious argument used for deceiving someone. In ancient Greece, sophists were a category of teachers who specialized in using the tools of philosophy and rhetoric for the purpose of teaching arete—excellence, or virtue—predominantly to young statesmen and nobility. The practice of charging money for education and providing wisdom only to those who could pay led to the condemnations made by Socrates, through Plato in his dialogues, as well as Xenophon's Memorabilia. Through works such as these, Sophists were portrayed as "specious" or "deceptive", hence the modern meaning of the term.

    A sophism is taken as a specious argument used for deceiving someone. It might be crafted to seem logical while actually being wrong, or it might use difficult words and complicated sentences to intimidate the audience into agreeing, or it might appeal to the audience's prejudices and emotions rather than logic; e.g., raising doubts towards the one asserting, rather than his assertion. The goal of a sophism is often to make the audience believe the writer or speaker to be smarter than he or she actually is; e.g., accusing another of sophistry for using persuasion techniques. There are also several parties who consider sophism as an attitude who argue that truth is relative existence.

    ReplyDelete
  26. Sofisme, orang yang pandai dalam hal mengungkapkan pandangan terhadap apa yang ada dan mungkin ada dalam pikirannya. Mereka memiliki pandangan yang luas tentang manusia dan kehidupannya dalam pikiran manusia. Biasanya merekalah pelopor dari berbagai pemikiran dasar yang berkembang.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  27. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sofisme adalah pandangan yang meyakini bahwa kebenaran hidup itu bersifat relatif. Para penganut sofisme beranggapan bahwa kebenaran dapat diperoleh dengan kemampuan beretorika. Bagaimana cara mereka menyampaikan pendapat, mempengaruhi kepercayaan orang lain atas kebenaran yang ia sampaikan. Sekaligus pendapatnya tidak disertai dengan bukti-bukti kebenaran empiris yang valid. Orang akan mengikuti apa yang kita ucapkan, ketika kita menyampaikan itu dengan sangat baik.

    ReplyDelete
  28. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sophisme merupakan bagian pemikiraan filsafat yang muncul dan pertama kali di praktikkan kaum sofis yakni suatu kelompok cendekiawan yang mahir berpidato pada zaman yunani kuno. Para sofis selalu mencoba mempengaruhi masyarakat dengan pemikiran-pemikiran dan argumentasi menyesatkan malalui kemampuan pidato mereka. Dalam pandangan ini , sophism berpendapat bahwa kebenaran bersifat relatif. Terima Kasih

    ReplyDelete
  29. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menjadi bijaksana dan berpengalaman tentulah tidak mudah. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami. Karena menjadi bijaksana menurut saya adalah proses pendewasaan diri untuk dapat memahami setiap kondisi yang ada. Pengalaman adalah guru yang sempurna. Dengan pengalaman, manusia akan diajarkan untuk dapat belajar hal-hal baru, mengambil hikmah dari yang terjadi dan merubah diri menjadi lebih baik.

    ReplyDelete