Jan 13, 2013

SOPHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Sophism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Kaum sophism merupakan kaum yang suka membahas tentang manusia. Mereka sangat menghargai seni dalam bahasa dan berdebat merupakan salah satu keahliannya. Kaum sophism sama seperti seorang pengacara ataupun seorang politikus. Mereka merupakan orang-orang yang suka sekali berkata-kata, suka berargumen, dan suka dalam melakukan perdebatan. Namun terkadang kaum sophism ini tidak memperhatikan bahwa dirinya benar atau salah, yang mereka inginkan adalah apa yang harus sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Ini merupakan salah satu sisi negatif dari sophism yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa memikirkan kebenarannya, mereka sudah seperti kaum yang egois karena apa yang terjadi harus sesuai dengan apa yang mereka pikirkan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend. Mat A 2018

    Sophisme erat kaitannya dengan kebijaksanaan atau bijaksana. Implikasi pada kehidupan sekarang, sifat ini bagus untuk diterapkan di berbagai aspek kehidupan manusia. Karena dengan kebijaksanaan kita bisa menghadapi berbagai permasalahan hidup dengan baik. Dengan kebajikan yang disadari manusia akan membentuk kedamaaian satu dengan yang lain manusia, karena kebajikan itu menular jika dihayati dan diperhatikan. Paham ini berkembang pada era pra Socrates.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Yang dapat saya pahami mengenai sophism berdasarkan beberapa link yang disertakan pada tulisan diatas, sophism adalah suatu paham sekelompok ataupun segolongan orang yang mengajarkan arate (kebajikan) yang diaplikasikan dalam bermacam-macam bidang, Adapun mereka yang mengikuti paham ini disebut sophist, mayoritas dari sophist sendiri adalah negarawan dan bangsawan.

    ReplyDelete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Sofism adalah sikap yang menganggap kebenaran adalah relatif. Dalam aktifitasnya, kaum sofis menganggap kebenaran relatif karena mereka berharap dapat mengubah nilai sesuatu melalui argumen-argumennya. Sufism muncul dari cendikiawan-cendikiawan yang mencoba mempengaruhi pikiran orang melalui orasi-orasi. Para sofis tumbuh menjadi orator ulung yang memiliki kemampuan untuk mencipkan nilai kebenaran pada tiap individu. Definisi kebenaran dan kesalahan dapat dikemas sedemikian rupa sehingga pendengar dapat tertipu.

    ReplyDelete
  5. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Sophist berasal dari kata yunani Sophistikos yang berarti bijaksana, pintar, halus. Tetapi pada pertengahan abad ke-5 sebelum masehi sophist menjadi hanya sebagai nama sebuah gerakan guru keliling yang mengajar untuk mendapatkan uang. Karena perubahan tersebut shopism menjadi paham yang berorientasi pada uang. Apabila dikaitkan dengan kehidupan sekarang, banyak manusia yang hidupnya menjadi hanya berorientasi pada uang sehingga rela melakukan cara yang tidak halal untuk mendapatkan uang. Artinya ia menganut paham shopism. Shopism membuat hidup manusia hanya untuk uang dan kebahagiaan didapat melalui uang.

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Sophism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Sophist, saya dapat mengetahui tentang Sophism lebih lanjut. Dari link tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar filsafat dipengaruhi oleh Plato dan Aristoteles yang dianggap berbeda dari sofisme, yang belakangan dianggap sebagai disiplin praktis dan retoris. Para Sophis berpaling dari ilmu alam teoritis menjadi lebih rasional dan perbaikan keberhasilan kehidupan manusia. Mereka berpendapat bahwa dewa tidak bisa lagi menjadi penjelasan tindakan manusia
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Sophism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/sophists/, saya dapat mengetahui tentang Sophism lebih lanjut. Dari link tersebut dapat disimpulkan bahwa Sofist dibentuk dari bahasa Yunani yang artinya kata benda sophia, kebijaksanaan atau belajar. Didapatlah pengertian umum yang artinya orang yang menjalankan kebijaksanaan atau pembelajaran. Sophia dapat menunjuk jenis keahlian khusus serta kecerdikan umum dalam perilaku hidup dan jenis wawasan yang lebih tinggi yang terkait dengan peramal dan penyair.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Sophism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/plato-sophstate/, saya dapat mengetahui tentang Metode dan Metafisika dalam Plato's Sophist and Statesman lebih lanjut. Dari link tersebut dapat disimpulkan bahwa Statesman atau negarawan memulai pembagian tanpa paradigma baru. Pembagian pembukaan berlangsung dalam dua tahap yaitu tahap pertama yang berfokus pada pengetahuan negarawan, diikuti dengan ceramah tentang metode, dan tahap kedua berfokus pada objek pengetahuan itu.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut dari beberapa literatur yang telah saya baca, sofisme merupakan suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Jika semua hal di dunia ini ada yang digolongkan menjadi benar dan ada yang digolongkan menjadi salah. Lalu seberapa benar dan seberapa salah semua itu? Benar dan salah tergantung dari sudut pandangnya. Benar dan salah itu relatif, semua terikat pada ruang dan waktunya. Artinya dikembalikan lagi ke masing-masing perspektif individu. Tepat bagiku belum tentu tepat bagimu, begitu pun sebaliknya. Sebenar-benarnya tepat yang absolut hanyalah milik Allah S.W.T..

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Sofisme merupakan suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Menurut mereka kebanaran itu bersifat relatif dan akan menjadi berbeda sesuai dengan prespektif masing-masing orang. Teori tersebut pernah berjaya karena pada masanya kaum Sofis selalu berusaha mempengaruhi khalayak ramai dengan argumentasi atau pendapat yang disampaikan pada pidato-pidato mereka agar terkesan bahwa mereka terkenal sebagai orator ulung.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, sofisme merupakan suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Disebut demikian karena yang pertama-tama mempraktikkannya adalah kaum sofis, nama suatu kelompok cendekiawan yang mahir berpidato pada zaman Yunani kuno. Kebenaran relatif adanya?. Menurut saya tidak semua kebenaran itu relatif adanya, karena kebenaran dari Allah Subhanahuwata'ala adalah kebenaran yang mutlak tidak bisa di ganggu gugat. Tetapi keyakinan seseorang pada kebenaran memang relatif, karena setiap manusia punya pemikiran yang berbeda, otomatis pendapat kebenaran yang dimilikinya relatif adanya. Oleh karena itu, hati-hatilah dalam memandang, karena tidak semua yang kita pandang itu benar. Yang slalu benar adalah Allah Subhanahuwata'ala. Semoga kita termasuk orang-orang yang benar. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018
    Sophism adalah paham yang mengajar tentang hubungan manusia. Sofis adalah guru yang secara khusus dibayar untuk mengajar bidang ilmu filsafat dan beberapa bidang ilmu lainnya.
    Praktik para sofis ini kemudian mendapat kecaman dari beberapa filsuf terkemuka seperti Socrates karena para sofis mengajar dengan orientasi uang, tidak mengajar pada yang tidak memiliki uang. Inilah yang menyebabkan para sofis dianggap sebagai orang bermoral namun menipu.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Shopism berasal dari bahasa Yunani yaitu Shopisma yang berarti kebajikan, sedangkan Shopist adalah orang yang melakukan kebajikan dan Shopo berarti orang yang bijak. Dalam ajarannya kaum Shopis memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teori politik praktis. Meskipun kontroversial, ajaran yang ia bawa memiliki pengaruh besar terhadap oemikiran pada abad ke-5 SM.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Sofisme merupakan sebuah madzhab yang diletakkan kepada kaum yang cerdas. Seiring perubahan zaman, makna sofis mengalami pergeseran makna. Kata sofis tidak lagi diperuntukkan kepada mereka yang cerdas, melainkan licik dan mengajarkan kebodohan. Hal tersebut dilakukan oleh Protagoras (480-411 SM) dan Giorgias. Protagoras dan Giorgias menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang ada, sesungguhnya yang ada itu hanyalah sebuah ketiadaan.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Sofisme suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Pada umumnya para Sofis akan menjawab bahwa hidup sosial tidak mempunyai dasar kodrati. Sampai-sampai Protagoras tidak ragu-ragu mengatakan bahwa manusia adalah ukuran untuk segala sesuatu. Dengan demikian kaum Sofis jauh-jauh dalam relativitasme di bidang tingkah laku etis di bidang pengenalan.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Banyak sofis Yunani kuno yang memiliki kemampuan spesialis dalam menggunakan alat filsafat dan retorika, meskipun sofis lain mengajarkan mata pelajaran seperti musik, atletik, dan matematika. Secara umum, mereka mengaku mengajar arete ("keunggulan" atau "kebajikan", diterapkan pada berbagai bidang mata pelajaran), terutama untuk negarawan muda dan bangsawan.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sophist berasal dari kata yunani yaitu Sophistikos yang berarti bijaksana, pintar dan halus. Dari asal kata tersebut maka Sophist diartikan sebagai seseorang yang mencitai kebijaksanaan. Kata Sophist mengalami perubahan makna sat memasuki Athena pada pertengahan abad ke-5 SM. Sophist hanya menjadi sebuah nama gerakan guru keliling yang mengajari anak-anak bangsawan Athena dan mereka yang mampu membayar. Ajaran yang diajarkan para Sophist adalah tentang cara berdebat, retorika dan orator, dimana keterampilan tersebut dibutuhkan oleh masyarakat Athena untuk membela diri dalam persidangan dihadapan dewan mahkamah Athena. Pada masanya Athena termasuk negara yang sejak awal menerapkan demokratis. Sebuah persidangan di Athena diselenggarakan disebuah arena luas yang didengarkan oleh sekitar 1505 orang, sehingga untuk memenangkan sidang tersebut diperlukan kemampuan orasi yang baik. Peperangan yang terjadi antara orang Athena dan Persia dimenangkan oleh Athena, atas kemenangan tersebut mereka menyadari bahwa sebuah kota kecil dengan peradaban yang lebih tinggi akan mampumengalahkan negara besar dengan kebudayaan yang tradisional. Oleh karenanya masyarakan Athena mulai mengembangkan diri mereka dengan keilmuan dan keterampilan. Keadaan tersebut dijadikan peluang oleh kelompok Sophist untuk memperoleh keuntungan dalam rangka mencari uang dengan cara mengajarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Athena. Dari sinilah makna Sophist yang awalnya adalah “orang yang bijaksana” barubah menjadi “kelompok guru keliling”. Sungguh sebuah ironi, dimana kebijaksanaan dapat berubah haluan menjadi sesuatu yang hanya berorientasi pada uang. Terlepas dari perubahan maknanya kaum Sophist tetap memberikan pengaruh yang berarti bagi masyarakat Athena.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sofisme ialah suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran ialah bersifat relatif. Interpretasinya merupakan kebebasan manusia. Ajaran ini berasal dari para sofis pada zaman Yunani kuno. Kaum sofis selalu berusaha memengaruhi orang-orang dengan argumentasi-argumentasi yang menyesatkan dan disampaikan melalui pidatonya agar terkesan kehebatannya sebagai orator ulung. Ajaran ini dianggap sebagai ajaran yang tidak baik karena menyalahi etika dan moral. Para kaum sofis dianggap menggunakan kebebasan dengan cara yang salah untuk kepentingan dirinya sendiri. Dalam definisi modern, sofisme merupakan argumen munafik yang digunakan untuk menipu seseorang.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari sumber yang diberikan dikatakan bahwa Sophist berasal dari bahasa Yunani Spohistikos yang berarti bijaksana, pintar, halus. Maka dari ini Sophist diartikan sebagai seorang yang mencintai kebijaksanaan. Istilah Sophist sudah dikenal bahkan sebelum Thales abad ke-6 Sebelum Masehi, dengan ini maka Thales bisa juga disebut sebagai seorang Sophist . Namun pada pertengahan abad ke-5 kata Sophist mengalami perubahan makna menjadi hanya sebagai nama sebuah gerakan guru keliling yang mengajar untuk mendapatkan uang. Mereka mengajari anak-anak bangsawan Athena, dan mereka yang mampu membayar.

    ReplyDelete
  20. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dari sumber yang saya baca, sophism artinya kebajika, bijaksana atau halus. Sophisme adalah salah satu paham yang mengajarkan orang-orang untuk berbuat kebajikan, mereka termasuk orang-orang yang menghargai tentang seni, dan menurut mereka kebenaran bersifat realtif sehingga mereka tidak terlalu memikirkan apa yang mereka kerjakan baik benar atau salah. sekelompok orang yang termasuk golongan ini disebut sophist.

    ReplyDelete
  21. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Sofis mengajarkan seni berbicara dan menulis di dunia Barat sebelum tokoh filosofis atau retoris lainnya. Kaum Sofis terkenal karena klaim mereka untuk mengajarkan kebajikan dan keunggulan, dan khususnya karena menerima bayaran untuk mengajar. Ini yang menyebabkan kaum sofis sering dipandang secara negatif. Misalnya saja, mengajar untuk mendapatkan uang yang banyak, menghalalkan segala cara untuk memenangkan argumentasi, serta mengajarkan relativisme.

    ReplyDelete
  22. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sofisme suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Disebut demikian karena yang pertama-tama mempraktikkannya adalah kaum sofis, nama suatu kelompok cendekiawan yang mahir berpidato pada zaman Yunani kuno. Mereka selalu berusaha memengaruhi khalayak ramai dengan argumentasi-argumentasi yang menyesatkan yang disampaikan melalui pidato-pidato mereka agar terkesan kehebatan mereka sebagai orator-orator ulung.

    ReplyDelete
  23. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Sofisme merupakan suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relative adanya. Pengetahuan yang diajarkan sofisme bercorak relativistik dan skeptic. Relatvisme pengetahuan disebabkan oleh usaha untuk menjadikan manusia sebagai satu-satunya ukuran sedangkan skeptisme didasarkan pada pandangan bahwa nothing exsist.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Sophism adalah 'one who exercises wisdom or learning’ dengan kata lain, sophism adalah seseorang yang menjalankan pendidikan dan juga kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  25. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link-link tersebut, sophism adalah sebuah kata yang mempunyai arti bijaksana, pintar dan halu. Sophism juga mempunyai arti sebagai seorang yang mencintai kebijaksanaan. Kebijaksnaan tersebut dilaksanakan di berbagai bidang dengan tujuan akan tercipta kerukunan antar masyarakat dengan harapan kebijaksanaan tersebut terus berkembang.

    ReplyDelete
  26. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sophisme adalah salah satu paham yang mengajarkan orang-orang untuk berbuat kebajikan, mereka termasuk orang-orang yang menghargai tentang seni, dan menurut mereka kebenaran bersifat realtif sehingga mereka tidak terlalu memikirkan apa yang mereka kerjakan baik benar atau salah.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Sofisme merupakan suatu sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Disebut demikian karena yang pertama-tama mempraktikkannya adalah kaum sofis, nama suatu kelompok cendekiawan yang mahir berpidato pada zaman Yunani kuno. Mereka selalu berusaha memengaruhi khalayak ramai dengan argumentasi-argumentasi yang menyesatkan yang disampaikan melalui pidato-pidato mereka agar terkesan kehebatan mereka sebagai orator-orator ulung.

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Sopist merupakan istilah untuk guru yang mengajar keliling untuk medapatkan uang. Sophism sendiri bermakna metode pengajaran.

    ReplyDelete
  29. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Sofisme memiliki makna bahwa kebenaran itu relatif. Jadi dapat dikatakan bahwa sofisme dekat dengan suatu sifat bijaksana dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam kehidupan sekarang ini, sofisme layak untuk diterapkan. Dengan adanya kebijaksanaan, manusia dapat menjalani kehidupan ini tanpa menghadapi masalah. Karena mereka telah mampu menjadikan pribadi yang bijaksana dalam pengambilan keputusan suatu masalah sehari-hari.

    ReplyDelete