Jan 13, 2013

PERFECTIONISM





Ass, jika ingin membaca tentang Perfectionism, bisa konek berikut:


Wss

39 comments:

  1. Perfeksionisme merupakan pandangan yang meyakini bahwa seseorang harus mencapai kesempurnaan, kualitas yang optimal secara spiritual, mental, fisik dan materi. Keinginan untuk menjadi sempurna boleh saja dimiliki oleh manusia. Tetapi kita harus tetap ingat bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, jika kita sempurna, maka kita tidak bisa memahami hidup kita sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada makhluk hidup yang sempurna dialam semesta ini. Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Berusaha terbaik, bersyukur, dan berserah atas segala upaya kita kepada Allah akan menjadikan kita lebih damai sejahtera.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Istilah perfeksionisme telah mengakuisisi sejumlah makna dalam moral kontemporer dan filsafat politik. Perfeksionisme ini digunakan untuk merujuk pada alasan-alasan kehidupan manusia yang baik, penjelasan tentang kesejahteraan manusia, teori moral, dan pendekatan politik. Secara historis, perfeksionisme dikaitkan dengan teori-teori etika yang menjadi ciri manusia yang baik dalam hal pengembangan sifat manusia. Suatu pandangan seseorang untuk selalu melakukan sesuatu dengan sempurna dan tidak menerima adanya kesalahan walau sekecil apapun dapat disebut dengan perfeksionisme. Pereksionisme ini memiliki efek positif dan negatif. Orang yang perfeksionis dapat memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh. Orang tersebut percaya bahwa dia bisa dan dia akan mendapatkan predikat terbaik. Namun, jika dia tidak bisa mendapatkan predikat terbaik, ia akan down dan depresi.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    "No body perfect" itulah kata utama yang bisa saya sampaikan disini. Karena tidak adanya manusia yang sempurna maka manusia dikatakan mahluk sosial, karena seberapa hebatpun dia, dia pasti akan membutuhkan orang lain. Untuk menutupi kelemahan-kelamahan yang ada pada manusia, maka disitulah munculnya musyawarah untuk memutuskan segala sesuatu. Perfectionism adalah suatu paham yang menganggap dirinya harus sempurna, sempurna dalam fisik, pemikiran dan semuanya, sebenarnya paham ini boleh saja dipakai untuk penyemangat dalam kehidupan kita yakni bagaimana kita agar bisa mendekati sempurna. Namun perlu diwaspadai, terkadang bagi seseorang yang bisa mendekati sempurna akan muncul sifat sombong dalam dirinya sehingga akan membawa kehacuran.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu link yang saya buka mengenai Perfectionism, menyebutkan bahwa Perfectionism merupakan kegigihan keinginan dalam memperoleh tujuan yang maksimal atau optimal dari manusia mengenai spiritual, mental, fisik dan materi. Perfectionism lebih dari kebahagiaan atau kesenangan dan Perfectionism berbeda dengan Utilitarianism dari segala bentuknya. Tidak ada parameter yang universal untuk Perfectionism.

    ReplyDelete
  5. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Dalam buku A Mangunhardjana disebutkan bahwa "Di dunia ini ada orang-orang yang mau hidup sempurna. Mereka mau mengurus segala dengan sempurna. Mereka mau bekerja, bergaul, dan bermasyarakat dengan sempurna. Bagi mereka, kesempurnaan adalah segala -galanya. Karena itu mereka tak dapat menerima cara hidup, cara bekerja, cara bergaul yang dinilai tidak sempurna. Mereka juga berpendirian bahwa manusia mempunyai kemampuan dan dapat diusahakan untuk menjadi sempurna. Orang-orang itu menganut paham perfeksionisme".

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Prfectionism merupakan kegigihan keinginan dalam memperoleh tujuan yang maksimal atau optimal dari manusia mengenai spiritual, mental, fisik dan materi. Menurut saya preectionism ini menutut kesempurnaan dalam segala hal. Manusia tidak ada yang sempurna, namun manusia ingin menjadi sempurna. Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT mana mungkin manusia bisa sempurna?

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Perfect atau sempurna. Perfectionism merupakan pandangan bagi orang-orang yang memiliki keinginan untuk melakukan segala hal dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin dalam di berbagai aspek tentunya. Kesempurnaan akan membawa manusia kepada kejayaan, namun sangat rentan menimbulkan penyakit hati yakni sombong. Seseorang yang terkenal dengan perfecsionis pun masih memiliki banyak kekurangan dalam dirinya. Manusia merupakan makhluk sempurna di dalam ketidak sempurnaan. Oleh karena itu, apa yang patut atau pantas untuk disombongkan?? Sombong hanyalah sifat iblis yang membangkang kepada Allah SWT. Jadi, perfectionism dapat dijadikan sebagai suatu pandangan, namun harus disesuaikan ruang dan waktu. Ada kalanya dia baik, dan tak jarang membawa kepada keburukan.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Perfeksionisme adalah kegigihan kehendak dalam memperoleh kualitas yang optimal BAIK DARI spiritual, mental, fisik, dan materi. Kata lainya bisa jadi sempurna, dan manusia tidak akan bisa menjadi sempurna. Sebaiknya manusia menjadi perfeksionis, perfeksionis tidak selalu percaya bahwa seseorang dapat mencapai kehidupan yang sempurna atau keadaan hidup. Sebaliknya, praktek perfeksionis teguh ketekunan dalam memperoleh kehidupan yang mungkin terbaik atau keadaan hidup.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Setinggi-tinggi ilmu dan pikiran tidaklah mampu mengetahui segala seluk beluk hati (spiritual). Sehebat-hebat ucapan, tidaklah mampu mengucapkan semua yang dipikirkan. Sehebat-hebat tulisan, tidaklah mampu menulis semua ucapan. Sehebat-hebat perbuatan, tidaklah mampu melaksanakan semua tulisan. Itu semua terjadi karena manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, dan jika manusia sempurna maka ia tidak akan hidup didunia ini. Manusia hanya bisa berusaha menggapai sempurna, tapi tidak akan pernah benar-benar sempurna. Kesempurnaan absolut hanya milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Perfectionism adalah suatu pandangan tentang kesempurnaan dalam segala aspek kehidupan. Akantetapi perfectionism harus mengingat dan sadar akan ruang dan waktu agar tidak menjadikannya berlebihan yang berakibat timbulnya sifat sombong. Sesempurnanya manusia masih ada Yang Maha Sempurna yaitu Alloh. Manusia dengan segala keterbatasannya tiada yang patut disombongkan. Yang berhak sombong ialah Alloh SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi perfect, dengan mencapai kondisi yang paling baik pada segala aspek. Orang- orang yang perfeksionis berpendapat bahwa kebahagian hanya bernilai jika potensi yang dimilki berfungsi dengan baik. Sumber kebahagian tertinggi terdapat pada fungsi sebenarnya dari kemampuan intelektual.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    jika kita telusuri lebih dalam tentu di dunia ini tidak ada orang yang sempurna. yang ada hanyalah keinginan untuk selalu mengusahakan sesuatu itu menjadi sempurna. perfectionism merupakan alirang yang selalu menuntuk kesempurnaan dari suatu kebaikan. adakalanya dalam hal kebaikan, aliran ini banyk manfaatnya, tapi jika dalam keburukan tentu ini tidak bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Setiap orang pasti ingin menjadi seseorang yang sempurna. Namun ada beberapa alasan yang membuat kesempurnaan ini menjadi negatif. Perfectionism adalah aliran filsafat yang mengejar kesempurnaan. Orang yang perfectionist merasa dirinya spesial terutama dalam hal perasaan. Walaupun di dunia ini tidak ada yang sempurna, seorang perfectionist akan selalu berusaha menyempurnakan hidupnya dengan cara mereka sendiri. Menjadi seseorang yang perfectionist terkadang tidak menyenangkan dan menyiksa diri sendiri. Karena di saat ekspektasi tidak sesuai realita, seorang perfectionist akan merasa kesal dan berdampak dengan mental perasaan mereka.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pengertian umum perfectionist yaitu seseorang yang mengejar kesempurnaan. Bisa berkonotasi positif dan bisa berkonotasi negatif. Positif atau negatifnya tergantung pola pikir seseorang itu. Oleh karena itu harus dipahami apa bedanya perfectionist positif dan perfectionist negatif. Cenderung selalu ingin sempurna adalah karakter seorang perfectionist dan karakter seperti itu akan cenderung melekat kuat dalam alam fikirannya seumur hidup dan akan terbawa kemanapun termasuk ketika ia memasuki berbagai ruang pengalaman hidup baik yang bersifat lahiriah maupun batiniah,fisik maupun non fisik.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Perfeksionisme telah memperoleh sejumlah makna dalam filsafat moral dan politik kontemporer. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada kisah kehidupan manusia yang baik, catatan tentang kesejahteraan manusia, teori moral, dan pendekatan terhadap politik. Secara historis, perfeksionisme dikaitkan dengan teori etika yang mencirikan kebaikan manusia dalam hal perkembangan sifat manusia. Penulis yang beragam seperti Aristoteles, Aquinas, Spinoza, Marx, dan TH Green adalah perfeksionis dalam pengertian ini.
    Berbicara secara umum, penulis perfeksionis memajukan akun obyektif tentang kebaikan dan kemudian mengembangkan sebuah akun tentang etika dan / atau politik yang diinformasikan oleh kisah kebaikan ini. Penulis perfeksionis yang berbeda mengajukan berbagai catatan tentang kebaikan dan sampai pada kesimpulan etis dan politis yang berbeda. Tapi semua perfeksionis mempertahankan sebuah catatan tentang kebaikan yang objektif dalam arti bahwa ia mengidentifikasi keadaan, aktivitas, dan / atau hubungan baik dalam diri mereka sendiri dan tidak baik berdasarkan fakta bahwa mereka diinginkan atau dinikmati oleh manusia

    ReplyDelete
  17. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    perfectionist positif adalah seseorang yang mempunyai standar maksimal kesempurnaan. Namun kalau tidak tercapai maka dia akan menerima hasil akhirnya walaupun tidak 100% sesuai yang diidealkan apabila gagal dia tidak menutupinya ataupun menyalahkan orang lain. Dia berpikir idealistis tapi realistis. perfectionis negatif adalah seseorang yang mempunyai standar maksimal kesempurnaan. Namun, kalauu tidak tercapai dia akan menutupinya dan menunjukkan keberhasilan lainnya yang sebenarnya keberhasilan semu bahkan kegagalannya dikatakan sebagai kegagalan orang lain.

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link di atas dapat kita pahami bahwa perfectionism adalah paham atau kecenderungan seseorang untuk selalu mencapai kesempurnaan. Dari sisi kehidupan dan pengalaman hidup sifat perfeksionis berarti kehidupan yang dimiliki oleh orang yang mau berfikir terhadap perenungan kehidupan dan apa yang telah terjadi padanya. Sehingga pribadi tersebut mampu menyeleksi kehidupan yang pedas,pahit maupun manis dalam peristiwa mendatang.Manusia adalah mahkluk paling utama tercipta dalam kehidupan beraneka jenis ini,dibekali perlengkapan begitu sempurna dengan kehidupan beraneka ragam dan berbagai kisah kehidupan yang begitu sangat menyimpan rahasia saat di cernah oleh akal yang berputar, membuat manusia bertanya-tanya tentang arti kehidupan yang dilalui baik secara pribadi maupun umum. Sehingga pada saat manusia itu berfikir tentang kesempurnaan,mereka sukar mengembalikan pada batiniyah yang mana hal itu akan membuat hati lebih tenang. namun di sisi lain setiap orang mempunyai standar kesempurnaan tersendiri.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perfectionism membawa pada kondisi yang dapat menghambat keberhasilan atau apa pun. Perfectionism mengakibatkan seseorang memiliki perhatian berlebih terhadap sesuatu hal. Maka dari itu lebih baik jika bersikap sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan. Sikap berlebihan akan membawa pada perasaan yang menggebu – gebu, maka jika yang diharapkan tidak tercapai akan menimbulkan perasaan kecewa yang mendalam. Sehebat – hebatnya manusia tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan itu hanyalah milik Tuhan, maka hendaknya menghindari sifat sombong.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Perfeksionis adalah sifat dimana seseorang memiliki kecenderungan untuk selalu menampilkan sesuatu dengan sempurna dan tidak ada celah sedikit pun. Dalam kehidupannya, orang yang perfeksionis biasanya selalu ingin dipandang sempurna baik dalam pekerjaan, penampilan, bahkan yang lainnya. Tidak hanya itu, saat dia melihat pekerjaan yang dikerjakan orang lain pun, dia melihatnya harus sempurna. Memang hal ini ada hal positif dan negatifnya, positifnya dia selalu mengusahakan sesuatu dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang sempurna, namun negatifnya, seseorang itu akan mudah terpukul jika ternyata hasil yang dia dapat tidak sempurna.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita tahu bahwa paham perefect adalah suatu paham yang mengatakan bahwa kita selalau sempurna. Perfeksionisme , dalam psikologi , adalah ciri kepribadian yang dicirikan oleh seseorang berjuang untuk tanpa cacat dan menetapkan standar kinerja tinggi, disertai dengan evaluasi diri yang kritis dan kekhawatiran mengenai evaluasi orang lain. [1] [2] Hal ini paling baik dikonseptualisasikan sebagai karakteristik multidimensional, karena para psikolog sepakat bahwa ada banyak aspek positif dan negatif. [3] Dalam bentuk maladaptifnya , perfeksionisme mendorong orang untuk mencoba mencapai cita-cita yang tak terjangkau sementara perfeksionisme adaptif mereka kadang-kadang dapat memotivasi mereka untuk mencapai tujuan mereka. Pada akhirnya, mereka mendapatkan kesenangan untuk melakukannya. Ketika perfeksionis tidak mencapai tujuan mereka, mereka seringkali mengalami depresi . dengan adanaya Perfeksionis secara kompulsif dan tanpa henti menuju tujuan yang tidak dapat dicapai, dan mengukur harga diri mereka dengan produktivitas dan prestasi. [4] Menekan diri untuk mencapai tujuan yang tidak realistis pasti membuat orang kecewa. Perfeksionis cenderung menjadi kritik keras terhadap diri mereka sendiri ketika mereka gagal memenuhi standar mereka.

    ReplyDelete
  22. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Seperti bentuk katanya, paham perfectionism bersal dari kata perfect atau sempurna. jadi dapat dipahami bahwa paham perfectionosm merupakan suatu paham yang merujuk pada keinginan untuk menuju pada kesempurnaan dalam berbagai hal. Seorang yang perfeksionis akan berusaha dengan keras demi meraih sesuatu yang diingkannya mencapai suatu titik yang disebutnya"sempurna". sehingga seorang perfeksionis tidak berhenti sebelum ia capai apa yang diinginkannya. Namun jika seorang perfeksionis dapat dikatakan sebagai orang yang kurang puas dan begitu ambisius karena mengejar suatu kesempurnaan. jika usahanya menyesuaikan pada kemampuan diri itu tak masalah, namun jika justru menghalangkan segala cara maka itu sangat tidak baik. Karena sebenarnya semua hal di dunia ini tidak ada yang mencapai sempurna kecuali hanya berusaha saja.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Manusia memang perlu mengusahakan kesempurnaan. Namun perlu disadari bahwa segenap usahanya tidak akan mampu menggapai derajat sempurna mengingat manusia diberikan keterbatasan-keterbatasan. Bila saja manusia memiliki satu sifat kesempurnaan maka Ia tak kan menjadi naman lagi. Menuju atau berusaha menggapai sempurna itu perlu. Tapi tidaklah cukup untuk menjadi sempurna.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika

    Menurut KBBI perfeksionis berarti orang yang ingin segala-galanya sempurna. Dalam artikel yang dishare dalam elegi ini menyebutkan pula bahwa ada macam perfeksionis, yaitu perfeksionis sebagai sifat manusia dan perfeksionis sebagai kebaikan obyektif. Namun sebenar-benarnya perfeksionis adalah menggapai perfeksionis moral, artinya berusaha sebaik mungkin untuk menjaga moral kita. Orang yang percaya bahwa kesempurnaan moral dicapai kalau dapat hidup tanpa dosa merupakan perfeksionis.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perfeksionisme dalam ilmu psikologi yaitu tentang sifat kepribadian. Perfeksionisme dalam filsafat, artinya sebuah pandangan. Perfeksionisme telah memperoleh sejumlah makna dalam filsafat moral dan politik kontemporer. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada kisah kehidupan manusia yang baik, catatan tentang kesejahteraan manusia, teori moral, dan pendekatan terhadap politik. Secara historis, perfeksionisme dikaitkan dengan teori etika yang mencirikan kebaikan manusia dalam hal perkembangan sifat manusia. Penulis beragam seperti Aristoteles, Aquinas, Spinoza, Marx, dan T.H.

    ReplyDelete
  26. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Perfeksionisme merupakan istilah dalam psikologi. Perfeksionisme adalah sebuah faham seseorang yang berkaitan dengan ciri kepribadian seseorang yang menetapkan standar kinerja tinggi dan berjuang untuk mendekati kesempurnaan dalam segal hal, hal ini juga disertai dengan evaluasi diri yang kritis dan kekhawatiran mengenai evaluasi orang lain. Faham perfectionis memiliki aspek positif dan negatif terhadap seseorang yang menjalankannya. Dalam wikipedia menyebutkan, memiliki dua bentuk yaitu: 1) Dalam bentuk maladaptif, perfeksionisme mendorong orang untuk mencoba mencapai cita-cita yang tak terjangkau; dan 2) perfeksionisme adaptif mereka kadang-kadang dapat memotivasi mereka untuk mencapai tujuan mereka. Pada akhirnya, mereka mendapatkan kesenangan untuk melakukannya. Ketika perfeksionis tidak mencapai tujuan mereka, mereka seringkali mengalami depresi.

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih banyak atas link bacaan yang Bapak berikan. Yang dapat saya pahami dari perfectionism adalah bahwa perfectionism adalah suatu ciri kepribadian dimana ia memasang target terlalu tinggi dan terlalu kritis dan khawatir akan evaluasi yang dilakuan orang lain. Menurut saya ciri kepribadian ini kurang baik karena segala sesuatu yang terlalu itu kurang baik. Karena Allah tidak suka yang terlalu berlebihan.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Perfeksionisme adalah kecenderungan seseorang untuk selalu memiliki atau mencapai kesempurnaan (kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi). Seseorang dapat menampilkan karakter perfeksionis dalam hal pekerjaan, penampilan, ataupun kehidupan sosial. Masalah perfeksionis adalah tindakannya yang cenderung suka menunda-nunda dan akhirnya capek sendiri. Obsesinya akan kesempurnaan menjadi beban pikiran dan meletihkan perasaannya sehingga lebih cepat kehabisan energi dalam melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam pandangan perfeksionis, semua hal harus menjadi sempurna. Baik itu fisik maupun metafisik. Seseorang yang perfeksionis tidak akan mendapatkan apapun, karena tidak ada yang bisa diterimanya. Dunia ini adalah kumpulan dari entitas tidak sempurna yang saling menyempurnakan. Perfeksionis hanya bisa mendapatkan pikirannya saja. Namun tidak dapat mencapai realita. Karena yang sempurna hanya berada dalam pikiran yang terbebas dari ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  30. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perfeksionis tidak selalu percaya bahwa seseorang dapat mencapai kehidupan yang sempurna atau keadaan hidup. Sebaliknya, praktek perfeksionis ketekunan teguh dalam memperoleh kehidupan yang mungkin terbaik. Perfeksionis sendiri merupakan salah satu aliran atau paham dalam etika yang merupakan bagian filsafat. Teori perfectionisme dari Plato dan Aristoteles menetapkan dalam kaitan dengan pengembangan berbagai kemampuan manusia.

    ReplyDelete
  31. Ajaran untuk mencapai sesuatu yang serba ideal. Bahwa segala sesuatu dari awal perencenaan sampai akhir dipikirkan sebaik mungkin. Kesempurnaan tentu dapat dipikirkan dari berbagai aspek, kesempurnaan material, kesempurnaan formal, kesempurnaan normatif, atau kesempurnaan spiritual. Yang masing-masing aspek tersebut mempunyai nilai yang berbeda-beda. Material yang sempurna dapat diusahakan dengan kerja keras tetapi kadang pada akhirnya akan mempunyai kekurangan maka peran spiritual dibutuhkan untuk mengurangi kekecewaan terhadap materinya.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Perfeksionisme adalah kecenderungan seseorang untuk selalu memiliki atau mencapai kesempurnaan. Apabila terdapat seseorang yang perfeksionis maka dalam kehidupan sosial umumnya mengambil keputusan sesuai dengan norma yang berlaku dalam lingkungannya. Orang yang memiliki sifat seperti ini tidak berani melakukan sesuatu yang berbeda atau menyimpang dari norma umum. Hal tersebut dikarenakan mereka pasti akan khawatir tentang penilaian negatif oleh orang lain.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Di sisi lain, selalu menjadi perfeksionis juga tidak baik, karena cenderung akan menjadi orang yang tertekan dengan standar kesempurnaannya sendiri dan menimbulkan tekanan pula pada orang lain di sekitarnya.

    ReplyDelete
  34. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan link yang telah Bapak berikan, saya memahami bahwa perfectionism adalah paham yang menceritakan kehidupan seseorang yang memiliki sifat kebaikan dan mencoba memepertahankan kebaikan yang dimilikinya. Secara historis, dikaitkan dengan teori etika mencirikan kebaikan manusia untuk menuju perkembangan manusia yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  35. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    perfeksionisme adalah salah satu sifat manusia yang bisa dibilang baik maupun buruk. dipandang baik jika seseorang dengan gigih terus berjuang untuk mendapat sesuatu hal yang terbaik. sedangkan dipandang buruk jika seseorang menghalalkan segala cara untuk mendapat kesempurnaan yang diidamkannya.

    ReplyDelete
  36. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perfectioinism merupakan suatu sifat yang berusaha untuk mencapai suatu kesempurnaan, meskipun kesempurnaan hanya milik Allah SWT, namun dia berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan sesuatu yang terbaik. Perfectionis bisa berupa suatu yang positif maupun negatif, jika hasil yang dia raih tidak berhasil namun dia berlapang dada bahwa dia sudah maksimal sesuai dengan kadar idealnya, dan tidak pernah menyalahkan orang lain, namun negatifnya yaitu terkadang ada orang yang perfectionis yang tidak berhasil menghasilkan apa yang dia buat namun dia menyalahkan orang lain, maka dari itu diperlukan suatu paham idelalisme yang realistis bagi seorang perfectionis.

    ReplyDelete
  37. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    ”Perfeksionisme” adalah ”suatu kecenderungan untuk memandang kekurangsempurnaan sekecil apa pun sebagai sesuatu yang tidak berterima”. Kemungkinan besar, saudara pernah menghadapi orang-orang yang berkecenderungan seperti itu. Saudara dapat melihat bahwa tuntutan-tuntutan ekstrem mereka terhadap orang lain dapat menimbulkan banyak masalah, menciptakan suasana ketidakpuasan dan mengecilkan hati. Orang-orang yang paling seimbang sadar bahwa perfeksionisme yang tercermin dari tuntutan-tuntutan yang ekstrem dan tak masuk akal dalam segala segi kehidupan bukanlah sifat yang menarik. Sifat itu harus diatasi. Akan tetapi, masalahnya adalah bahwa bila yang tersangkut adalah sikap atau pembawaan kita sendiri, mungkin sulit rasanya untuk menyadari adanya kecenderungan ke arah perfeksionisme, maka di situlah tantangan yang harus diatasi.

    ReplyDelete
  38. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut Enneagram, orang yang berkepribadian perfeksionis memiliki sifat yang sangat rasional dan sangat idealis. Sangat suka akan keteraturan dan cenderung taat pada aturan. Dia memiliki jiwa yang kuat untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Dia sangat ingin merubah dan memperbaiki pola-pola yang salah dalam orang lain. Terkadang bahkan terlalu kritis dan terlalu perfeksionis.

    ReplyDelete
  39. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut Enneagram, orang yang berkepribadian perfeksionis memiliki sifat yang sangat rasional dan sangat idealis. Sangat suka akan keteraturan dan cenderung taat pada aturan. Dia memiliki jiwa yang kuat untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Dia sangat ingin merubah dan memperbaiki pola-pola yang salah dalam orang lain. Terkadang bahkan terlalu kritis dan terlalu perfeksionis.

    ReplyDelete