Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari beberapa referensi yang ada, functionalism merupakan suatu teori pikiran yang ada pada masa filsafat kontemporer yaitu apa yang membuat keadaan mental dari suatu jenis tertentu tidak dapat ditentukan oleh konstitusi internal tetapi pada cara fungsi atau peran yang ada pada sistem keberadaaannya.

    ReplyDelete
  2. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Fungsionalisme merupakan teori sosiologi yang sempat dominan dalam tradisi ilmu sosial selama beberapa dekade. Dalam beberapa literatur, fungsionalisme juga dikenal dengan nama lain, fungsionalisme struktural. Fungsionalisme adalah sebuah teori yang pemahamannya tentang masyarakat didasarkan pada model sistem organik dalam ilmu biologi. Artinya, fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan. Parsons kemudian mengembangkan apa yang dikenal sebagai imperatif-imperatif fungsional agar sebuah sistem bisa bertahan.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Fungsionalisme merupakan teori yang menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan. Ini tersusun atas beberapa bagian yang saling terhubung satu sama lain.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fungsionalisme memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Apa yang dilakukan manusia sebagai aksi adalah hal yang kompleks yang merupakan manifestasi dari jiwa dan mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan oleh sesuatu hal. Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis.

    ReplyDelete
  5. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Fungsionalisme merupakan salah satu aliran psikologi yang memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai aksi merupakan hal yang kompleks dan merupakan manifestasi dari jiwa yang mempunyai maksud tertentu, bukan hanya disebabkan oleh suatu hal. Salah satu ciri dari aliran fungsionalisme adalah memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai dengan tuntutan lingkungan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, fungsionalisme adalah orientasi dalam psikologi yang menekankan pada proses mental dan menghargai manfaat psikologi serta mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Maksudnya, Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah. Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Functionalism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Functionalism, saya dapat mengetahui tentang Functionalism melalui pandangan filsafat. Fungsionalisme adalah sudut pandang teori pikiran yang digunakan untuk menyatakan bahwa kondisi mental semata-mata dibentuk oleh fungsional yaitu hubungan sebab akibat dengan kondisi mental lainnya, indera dan perilaku. Fungsionalisme berkembang sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Functionalism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/functionalism/, saya dapat mengetahui tentang fungsionalisme lebih lanjut yaitu adalah doktrin tentang membuat sesuatu pikiran, keinginan, mental yang tidak tergantung pada konstitusi internal tetapi pada fungsinya atau perannya dalam sistem kognitif. Teori-teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental untuk ditentukan oleh hubungan sebab akibatnya dengan stimulasi sensorik, keadaan mental dan perilaku.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Functionalism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/functism/, saya dapat mengetahui tentang fungsionalisme yang merupakan teori tentang sifat kondisi mental. Keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang dilakukan dan bukan dari apa yang dilakukan. Secara khusus, motivasi dari fungsionalisme berasal dari perbandingan pikiran yang bermanfaat untuk komputer. Secara utama, fungsionalisme tergantung bahwa lebih unggul dari teori identitas dan behaviorisme
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Functionalism. Melalui link https://www.britannica.com/science/functionalism-psychology, saya dapat mengetahui tentang Fungsionalisme dalam segi psikologi yang merupakan sebuah aliran pemikiran yang berasal dari AS selama akhir abad ke-19 dimana melawan aliran strukturalisme Jerman yang dipimpin oleh Edward B. Titchener. Beberapa Fungsionalis psikolog adalah William James dan James Rowland Angell, dan filsuf George H. Mead, Archibald L. Moore, dan John Dewey mengutarakan pentingnya pemikiran empiris, rasional atas filosofi eksperimental, trial-and-error. Dengan begitu kemampuan pikiran lebih dipentingkan daripada dengan proses berpikir.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dikutip dari beberapa sumber, Functionalism atau fungsionalisme merujuk pada beberapa hal yaitu arsitektur, hubungan internasional, philosophy of mind (filsafat pikiran), fungsionalisme struktur, fungsionalisme biologi, dan fungsionalisme versus internasionalisme. Fungsionalisme adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis mental lainnya) tidak tergantung pada konstitusi internal, tetapi semata-mata pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya yaitu dalam sistem kognitif di mana ia berada. Teori-teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental untuk ditentukan oleh hubungan sebab akibatnya dengan stimulasi sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Fungsionalisme merupakan paham yang mempunyai pandangan bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Hal yang dilakukan manusia sebagai aksi merupakan suatu hal kompleks yang merupakan manifestasi dari jiwa dan mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan oleh sesuatu hal. Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis. Adapun beberapa ciri fungsionalisme diantaranya yaitu menekankan fungsi dibanding elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari aktivitas mental manusia.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Fungsionaisme adalah sebuah teori filsafat yang memandang fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu system dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Prespektif fungsionalis mempunyai persyaratan fungsional yang harus dipenuhi agar semua system social bertahan. Dari hal tersebut, system biologi dan system social saling terhubung untuk menjalankan fungsinya.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Fungsionalisme hendak menciptakan kewenangan (otoritas) berdasarkan fungsi dan kebutuhan yang dapat menghubungkan kewenangan tersebut dengan kebutuhan, pengetahuan ilmiah, keahlian, dan teknologi. Artinya kewenangan tersebut memiliki konsep suprateritorial. Pendekatan fungsionalis mengecualikan dan membantah ide kekuasaan negara dan pengaruh politik (pendekatan realis) dalam pembentukan organisasi internasional pada masa antarperang (yang penuh konflik negara-bangsa) dan tahun-tahun selanjutnya

    ReplyDelete
  15. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Fungsionalisme berarti paham yang menilai sesuatu pikiran, keinginan atau aktivitas mental lainnya tidak bergantung pada internalnya tetapi berganutng pada fungsinya atau perannya. Terdapat variasi fungsionalisme yaitu machine state functionalis, psycho-functionalism, analytic functionalism, dan role-functionalism and realizer-functionalism.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Fungsionalisme adalah teori tentang sifat keadaan mental. Menurut fungsionalis, keadaan mental diindentifikasikan oleh apa yang mereka lakukan daripada dengan apa mereka terbuat dari. Fungsionalisme ini adalah pandangan yang paling terkenal atau diterima diantara para filsuf pikiran dan ilmu kognitif. Fungsionalisme mengklaim bahwa sifat keadaan mental ditentukan oleh apa yang mereka lakukan, dengan bagaimana mereka berfungsi. Jadi keyakinan misalnya bahwa itu cerah mungkin dibentuk oleh sebagian keyakinannya lainnya seperti bahwa matahari itu adalah bintang, kemudian ia seperti melihat matahari dan akhirnya ia memakai kacamata hitam. Keyakinan atau hasrat dalam fungsionalisme didefinisikan sebagai relasi atau hubungan antara input (dalam hal ini perasaan saat ia seperti melihat matahari), output (dalam hal ini keadaan dimana ia memutuskan untuk memakai kacamata) dan kondisi mental lainnya (keyakinan bahwa matahari adalah bintang) yang pada gilirannya dibentuk secara fungsional. Secara khusus, fungsionalisme adalah teori tentang keadaan yang disengaja, dari keadaan sadar atau tidak.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fungsionalisme adalah aliran yang berpandangan bahwa fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi. Mereka lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial di masyarakat bisa bertahan. Sistem tersebut harus bekerja sama untuk mempromosikan solidaritas dan stabilitas.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Fungsionalisme adalah aliran psikologi yang memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi inderawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis. Ciri dari funsionalisme adalah menenkankan fungsi dibanding elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajarai aktivitas mental manusia.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Fungsionalisme adalah teori filsafat yang menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Fungsionalisme adalah sebuah pemikiran yang tidak menolak substansi imaterial, tetapi menyatakan bahwa pada akhirnya semua substansi bersifat material. Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link tersebut disampaikan bahwa functionalism dalam filsafat pikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem yang merupakan bagian. Hal ini berarti functionalism lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan dalam hubungannya dengan lingkungan adalah sesuatu yang terpenting. Functionalism juga sangat memandang penting aspek terapan atau fungsi dari psikologi itu sendiri bagi berbagai bidang dan kelompok manusia. Aktivitas mental tidak dapat dipisahkan dari aktivitas fisik, maka stimulus dan respon adalah suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  21. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) yang dibentuk semata-mata oleh peran fungsional mereka. Karena keadaan mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka direalisasikan pada beberapa tingkat, dengan kata lain, mereka dapat diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang tepat.

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Functionalism sesuai dengan link dari wikipedia memiliki definisi berbeda. Artinya, functionalism didefinisikan sesuai dengan ilmu yang mendasarinya.

    ReplyDelete
  23. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dari sumber yang saya baca, fungsionalisme adalah suatu pemikiran yang menerima adanya substansi material tetapi menyatakan bahwa adanya substansi yang bersifat material. Dalam kehidupan masyarakat, fungsionalisme melihat sebagai sebuah sistem yang utuh dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan.

    ReplyDelete
  24. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Fungsionalisme merupakan teori yang menekankan bahwa unsur-unsur di dalam suatu masyarakat atau kebudayaan itu saling bergantung dan menjadi kesatuan yang berfungsi; doktrin atau ajaran yang menekankan manfaat kepraktisan atau hubungan fungsional

    ReplyDelete
  25. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Fungsionalisme adalah sudut pandang teori pikiran, yang menyatakan tentang kondisi mental (keyakinan, keinginan, kesakitan, dll.) Semata-mata dibentuk oleh peran fungsionalnya, yaitu hubungan sebab akibat dengan, kondisi mental lainnya, input indera dan keluaran perilaku. Fungsionalisme berkembang sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Menurut link yang Bapak bagikan di atas functionalism atau fungsionalisme merupakan aliran filsafat yang memandang fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Aliran ini juga memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh, setiap perbuatan manusia mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan sesuatu. Fungsionalisme memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya.

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Fungsionalisme yaitu sebuah teori filsafat yang yang beranggapan bahwa fenomena mental dalam suatu kesatuan yang dinamis membentuk sistem untuk pemuasan kebutuhan yang bersifat biologis. Misalnya adalah fungsionalisme menganggap pendidikan sebagai suatu sistem dari beberapa bagian yang terhubung satu sama lain. Salah satu bagian tidak dapat ditafsirkan secara terpisah.

    ReplyDelete