Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

11 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) yang dibentuk sendiri oleh peran fungsional mereka , yaitu mereka yang hubungan kausal dengan negara-negara lain mental, masukan sensorik, dan output perilaku .Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Karena kondisi mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka mengatakan akan direalisasikan pada beberapa tingkat; dengan kata lain, mereka mampu diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang sesuai.

    ReplyDelete
  2. Functionalisme (filsafat budi) adalah teori budi dalam filsafat kontemporer yang menyatakan bahwa keadaan budi seperti kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya - atau hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain, input indera, dan output perilaku. Keadaan budi dicirikan oleh hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain dan dengan input indera dan output perilaku. Fungsionalisme terpisah dari detail implementasi keadaan budi secara fisik dan berada dalam ranah properti fungsional non-budi. Contohnya, ginjal dicirikan secara ilmiah berdasarkan peran fungsionalnya dalam menyaring darah dan menjaga keseimbangan kimiawi. Dari sudut pandang ini, pertanyaan mengenai apakah ginjal terbuat dari jaringan organik, nanotube plastik, atau silikon tidak bermasalah: peran yang dimainkan dan hubungannya dengan organ lainnya-lah yang mencirikannya sebagai sebuah ginjal.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Fungsionalisme adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalis, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan apa yang mereka telah perbuat. Doktrinnya mengatakan bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis lain dari keadaan mental) tidak tergantung pada konstitusi internal, tetapi hanya pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya dalam sistem kognitif . Lebih tepatnya, teori-teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental yang akan ditentukan oleh hubungan kausal untuk rangsangan sensorik,perilaku dan keadaan mental lainnya.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Functionalism merupakan perpaduan antara teori identitas dan behaviorisme. Teori ini menyatakan bahwa suatu keadaan mental yang didefinisikan berdasarkan sebab akibat, efek mental lainnya dan efek perilaku. Teori ini di desain berdasarkan pada sebuah objek yang harus ditentukan oleh fungsi bukan oleh pertimbangan estetika, sehingga apapun yang praktis dirancang akan menjadi seseuatu yang inheren keindahannya.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fungsionalism ini merupakan teori sifat mental. Fungsionalism ini suatu paham yang memiliki sebuah prinsip yang harus dibangun sesorang berdasarkan pada tujuan hidupnya.Sifat manusia yang saling membutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain diharapkan dapat menjebatani jati diri sesorang, karena manusia akan berarti jika dirinya bermakna bagi makhluk lainnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Fungsionalisme dalam pemikiran filsafat merupakan sebuah doktrin bahwa yang menyebabkan keadaan mental seseorang (keinginan atau rasa sakit) itu tidak bergantung pada keadaan internal jasmasninya, tetapi pada bagaimana fungsinya atau perannya di dalam sebuah sistem tubuh. Fungsionalisme merupakan sebuah tesis filosofis tentang sifat mental dan banyak digunakan dalam berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur. Sebagai contoh yakni teori fungsionalisme struktural. Teori fungsionalisme struktural adalah suatu bangunan teori yang paling besar pengaruhnya dalam ilmu sosial pada abad sekarang. Tokoh-tokoh yang pertama kali mencetuskan fungsional yaitu August Comte, Émile Durkheim dan Herbet Spencer. Pemikiran structural fungsional sangat dipengaruhi oleh pemikiran biologis yaitu menganggap masyarakat sebagai organisme biologis yaitu terdiri dari organ-organ yang saling ketergantungan, ketergantungan tersebut merupakan hasil atau konsekuensi agar organisme tersebut tetap dapat bertahan hidup.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    setelah saya baca wikipedia, Fungsionalisme ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) merupakan semata-mata oleh peran fungsional mereka -. Yaitu, mereka adalah hubungan kausal dengan keadaan mental lainnya, masukan sensorik, dan output perilaku. Fungsionalisme adalah tingkat teoretis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Oleh karena itu, berbeda dari pendahulunya dualisme Cartesian (advokasi zat mental dan fisik independen) dan Skinnerian behaviorisme dan fisikalisme (menyatakan hanya bahan fisik) karena hanya peduli dengan fungsi efektif otak, melalui organisasi atau 'program perangkat lunak nya. Yang dapat saya tangkap dari peryataan diatas adalah bahwa menurut fungsionalisme apapun yang kita lakukan, kita yakini atau yang lain lain adalah karena kita tahu apa fungsi dari hal tersebut. Maaf sebelumnya kalau salah.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Functionalism merupakan suatu sudut pandang filosofis yang dibangun atas beberapa konsep agar menhasilkan sesuatu yang baru yang lebih bermakna. Demikian halnya dengan manusia yang dibangun atas beberapa struktur yang berbeda untuk menggapai suatu hal yang berbeda dan bermakna. Misal: f(x) = x0 = 1; dengan x adalah apa saja atau siapa saja dan 0 adalah ikhlas. Jika apa saja atau siapa saja dapat menggapai ikhlas maka yang dihasilkan ialah ridho Alloh.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Aliran ini memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016


    sepemahaman saya tentang fungsionalisme adalah bahwa Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara implementasi fisik dan output perilaku. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang dikembangkan sebagian besar sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme.

    ReplyDelete
  11. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Fungsionalisme dalam filsafat pikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia menjadi bagian. Doktrin ini berakar pada konsepsi Aristoteles tentang jiwa, dan memiliki pendahulunya dalam konsep Hobbes tentang pikiran sebagai "mesin penghitung", namun hal itu telah sepenuhnya diartikulasikan (dan disahkan secara populer) hanya pada sepertiga terakhir abad ke-20. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lain, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini berfokus secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental.

    ReplyDelete