Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

33 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) yang dibentuk sendiri oleh peran fungsional mereka , yaitu mereka yang hubungan kausal dengan negara-negara lain mental, masukan sensorik, dan output perilaku .Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Karena kondisi mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka mengatakan akan direalisasikan pada beberapa tingkat; dengan kata lain, mereka mampu diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang sesuai.

    ReplyDelete
  2. Functionalisme (filsafat budi) adalah teori budi dalam filsafat kontemporer yang menyatakan bahwa keadaan budi seperti kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya - atau hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain, input indera, dan output perilaku. Keadaan budi dicirikan oleh hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain dan dengan input indera dan output perilaku. Fungsionalisme terpisah dari detail implementasi keadaan budi secara fisik dan berada dalam ranah properti fungsional non-budi. Contohnya, ginjal dicirikan secara ilmiah berdasarkan peran fungsionalnya dalam menyaring darah dan menjaga keseimbangan kimiawi. Dari sudut pandang ini, pertanyaan mengenai apakah ginjal terbuat dari jaringan organik, nanotube plastik, atau silikon tidak bermasalah: peran yang dimainkan dan hubungannya dengan organ lainnya-lah yang mencirikannya sebagai sebuah ginjal.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Fungsionalisme adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalis, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan apa yang mereka telah perbuat. Doktrinnya mengatakan bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis lain dari keadaan mental) tidak tergantung pada konstitusi internal, tetapi hanya pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya dalam sistem kognitif . Lebih tepatnya, teori-teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental yang akan ditentukan oleh hubungan kausal untuk rangsangan sensorik,perilaku dan keadaan mental lainnya.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Functionalism merupakan perpaduan antara teori identitas dan behaviorisme. Teori ini menyatakan bahwa suatu keadaan mental yang didefinisikan berdasarkan sebab akibat, efek mental lainnya dan efek perilaku. Teori ini di desain berdasarkan pada sebuah objek yang harus ditentukan oleh fungsi bukan oleh pertimbangan estetika, sehingga apapun yang praktis dirancang akan menjadi seseuatu yang inheren keindahannya.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fungsionalism ini merupakan teori sifat mental. Fungsionalism ini suatu paham yang memiliki sebuah prinsip yang harus dibangun sesorang berdasarkan pada tujuan hidupnya.Sifat manusia yang saling membutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain diharapkan dapat menjebatani jati diri sesorang, karena manusia akan berarti jika dirinya bermakna bagi makhluk lainnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Fungsionalisme dalam pemikiran filsafat merupakan sebuah doktrin bahwa yang menyebabkan keadaan mental seseorang (keinginan atau rasa sakit) itu tidak bergantung pada keadaan internal jasmasninya, tetapi pada bagaimana fungsinya atau perannya di dalam sebuah sistem tubuh. Fungsionalisme merupakan sebuah tesis filosofis tentang sifat mental dan banyak digunakan dalam berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur. Sebagai contoh yakni teori fungsionalisme struktural. Teori fungsionalisme struktural adalah suatu bangunan teori yang paling besar pengaruhnya dalam ilmu sosial pada abad sekarang. Tokoh-tokoh yang pertama kali mencetuskan fungsional yaitu August Comte, Émile Durkheim dan Herbet Spencer. Pemikiran structural fungsional sangat dipengaruhi oleh pemikiran biologis yaitu menganggap masyarakat sebagai organisme biologis yaitu terdiri dari organ-organ yang saling ketergantungan, ketergantungan tersebut merupakan hasil atau konsekuensi agar organisme tersebut tetap dapat bertahan hidup.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    setelah saya baca wikipedia, Fungsionalisme ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) merupakan semata-mata oleh peran fungsional mereka -. Yaitu, mereka adalah hubungan kausal dengan keadaan mental lainnya, masukan sensorik, dan output perilaku. Fungsionalisme adalah tingkat teoretis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Oleh karena itu, berbeda dari pendahulunya dualisme Cartesian (advokasi zat mental dan fisik independen) dan Skinnerian behaviorisme dan fisikalisme (menyatakan hanya bahan fisik) karena hanya peduli dengan fungsi efektif otak, melalui organisasi atau 'program perangkat lunak nya. Yang dapat saya tangkap dari peryataan diatas adalah bahwa menurut fungsionalisme apapun yang kita lakukan, kita yakini atau yang lain lain adalah karena kita tahu apa fungsi dari hal tersebut. Maaf sebelumnya kalau salah.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Functionalism merupakan suatu sudut pandang filosofis yang dibangun atas beberapa konsep agar menhasilkan sesuatu yang baru yang lebih bermakna. Demikian halnya dengan manusia yang dibangun atas beberapa struktur yang berbeda untuk menggapai suatu hal yang berbeda dan bermakna. Misal: f(x) = x0 = 1; dengan x adalah apa saja atau siapa saja dan 0 adalah ikhlas. Jika apa saja atau siapa saja dapat menggapai ikhlas maka yang dihasilkan ialah ridho Alloh.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Aliran ini memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016


    sepemahaman saya tentang fungsionalisme adalah bahwa Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara implementasi fisik dan output perilaku. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang dikembangkan sebagian besar sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme.

    ReplyDelete
  11. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Fungsionalisme dalam filsafat pikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia menjadi bagian. Doktrin ini berakar pada konsepsi Aristoteles tentang jiwa, dan memiliki pendahulunya dalam konsep Hobbes tentang pikiran sebagai "mesin penghitung", namun hal itu telah sepenuhnya diartikulasikan (dan disahkan secara populer) hanya pada sepertiga terakhir abad ke-20. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lain, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini berfokus secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Fungsionalisme adalah orientasi dalam psikologi yang menekankan pada proses mental dan menghargai manfaat psikologi serta mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran dan perilaku. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental. Aliran psikologi ini pada intinya merupakan doktrin bahwa proses atau keadaan sadar seperti kehendak bebas, berpikir, beremosi, memersepsi, dan menginderai adalah aktivitas-aktivitas atau operasi-operasi dari sebuah organisme dalam hubungan fisiknya dengan sebuah lingkungan fisik dan tidak dapat diberi eksistensi yang penting.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Fungsionalisme dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke-20-an yang merupakan turunan dari liberalism. Fungsionalisme adalah pendekatan yang penting bagi institusi internasional sebagai sebuah “working peace system”. Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional. Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya. Jadi, intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dsb sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Fungsionalisme adalah orientasi dalam psikologi yang menekankan pada proses mental dan menghargai manfaat psikologi serta mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Maksudnya, Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) yang dibentuk semata-mata oleh peran fungsional mereka. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  15. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari Link di atas, dapat kita ketahui bahwa functionalism adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalis, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan dengan apa yang mereka terbuat dari. Fungsionalisme adalah yang paling familiar atau "menerima" pandangan di kalangan filsuf pikiran dan ilmu kognitif. Dari pernyataan tersebut jelas lah bahwa kondisi atau karateristik mental antara orang dewasa, dan anak kecil atau bahkan menurut tingkatan umur akan terlihat dari cara pemikiran dan cara berbuat mereka di lingkungan. Tapi perlu di ingat bahwa sifat atau keadaan mental seseorang bergantung pada bagaimana pengalaman atau apa saja yang telah mereka lakukan sewaktu kecil. Ketika menjelang dewasa, cara berpikir anak lebih cenderung akan dipengaruhi oleh mental yang pada saat itu dimiliki oleh anak tersebut. Misalnya, ketika dewasa mental anak sering merasa takut, maka pada saat setiap kali ia menghadapi suatu permasalahan atau keadaan yang membuatnya merasa sulit, yang lebih banyak ia lakukan tentu saja akan selalu menghindar, karena takut tidak bisa menyelesaikannya setiap persoalan yang dihadapi.Hal ini tentunya akan berdampak buruk untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Fungsionalisme merupakan teori filsafat tentang pikiran. Teori ini didefinisikan berdasarkan sebab akibat. Fungsionalisme juga membahas tentang hubungan pikiran dan perilaku. Pikiran dan perilaku manusia juga terbatas dalam ruang dan waktu. Tergantung dari ruang dan waktu mana yang sedang dibicarakan. Pemahaman mengenai perilaku juga diperlukan dalam semua pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran di kelas. Dari teori – teori yang sudah dipelajari ini mampu menambah wawasan saya tentang apa yang belum diketahui sebelumnya. Namun saya menyadari bahwa masih terbatas dalam pemahamannya.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang merupakan teori alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme. Menurut John Dewey fungsionalisme tidak pernah menjadi sekolah formal, preskriptif, telah menjabat sebagai link bersejarah dalam evolusi filsafat menghubungkan perhatian strukturalis dengan anatomi pikiran untuk konsentrasi pada fungsi dari pikiran dan, kemudian, untuk pengembangan dan pertumbuhan behaviorisme

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita tahu bahwa Fungsionalisme adalah teori tentang sifat keadaan mental. Menurut fungsionalisme, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan dan bukan dari bentuknya. Hal ini dapat dipahami dengan memikirkan artefak seperti mousetraps dan kunci. Secara khusus, motivasi asli untuk fungsionalisme berasal dari perbandingan pikiran yang bermanfaat dengan komputer. Tapi itu hanya analogi. Argumen utama untuk fungsionalisme bergantung pada menunjukkan bahwa ia lebih unggul dari pesaing utamanya: teori identitas dan behaviorisme. Kontras dengan behaviorisme, fungsionalisme mempertahankan gagasan tradisional bahwa keadaan mental adalah keadaan internal makhluk berpikir. Kontras dengan teori identitas, fungsionalisme mengenalkan gagasan bahwa keadaan mental berkembang biak. Pemangku kepentingan pada fungsionalisme umumnya mengenakan biaya bahwa hal itu mengklasifikasikan terlalu banyak hal sebagai memiliki keadaan mental, atau setidaknya lebih banyak negara bagian daripada yang biasanya diterima psikolog. Efektivitas argumen untuk dan melawan fungsionalisme sebagian bergantung pada varietas tertentu yang dipertanyakan, dan apakah itu versi teori yang lebih kuat atau lebih lemah
    (sumber: http://www.iep.utm.edu/functism/)

    ReplyDelete
  19. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dalam wikipedia disampaikan bahwa fungsionalisme adalah teori filsafat yang menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Hal tersebut mirip dengan paham uniformitarianisme, yang menyebutkan bahwa ilmu merupakan suatu kesatuan dari keseragaman yang ada. Segala yang ada dan yang mungkin ada banyak terjadi sebagai suatu kesatuan atau sistem. Seperti halnya manusia dituntut untuk menyatukan antara idealita dan realita, begitu juga dalam persekolahan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam filsafat ilmu terdapat suatu paham yang dikenal dengan paham fungsionalisme. fungsionalisme merupakan paham dalam filsafat kontemporer yang didasarkan pada kondisi mental manusia yang dapat dibentuk sendiri oleh peran fungsi tersebut fungsionalisme juga dipahami sebagai suatu doktrin yang menganggap bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran hanyalah fungsinya saja dan bukan bergantung pada konstitusi internal.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fungsionalisme dalam hal ini menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Fungsionalisme adalah sebuah pemikiran yang tidak menolak substansi imaterial, tetapi menyatakan bahwa pada akhirnya semua substansi bersifat material. Dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan. Dalam artikel juga disebutkan bahwa fungsionalisme ada beberapa perspektif, sebagai arsitektur, hubungan internasional, filsafat berpikir, pengkontrasan dengan intensionalisme, struktural dan biologis.

    ReplyDelete
  22. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Teori fungsionalisme merupakan teori pemikiran dalam filsafat kontemporer. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Fungsi-fungsi psikologis adalah adaptasi terhadap lingkungan sebagaimana adaptasi biologis Darwin. Kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan dalam hubungannya dengan lingkungan adalah sesuatu yang terpenting. Fungsionalisme juga sangat memandang penting aspek terapan atau fungsi dari psikologi itu sendiri bagi berbagai bidang dan kelompok manusia.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Fungsionalisme dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke 20-an yang merupakan turunan dari liberalism. Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun “perdamaian dengan potongan-potongan” lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional. Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang dikembangkan sebagian besar sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme. Gagasan utamanya adalah bahwa keadaan mental (kepercayaan, keinginan, kesakitan, dll.) Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara implementasi fisik dan keluaran perilaku. Sehingga , intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dll, sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Bapak atas sumber bacaannya. Menurut sumber wikipedia yang saya baca Fungsionalisme ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) merupakan semata-mata oleh peran fungsional mereka -. Yaitu, mereka adalah hubungan kausal dengan keadaan mental lainnya, masukan sensorik, dan output perilaku [1] Fungsionalisme adalah tingkat teoretis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. [2] Oleh karena itu, berbeda dari pendahulunya dualisme Cartesian (advokasi zat mental dan fisik independen) dan Skinnerian behaviorisme dan fisikalisme (menyatakan hanya bahan fisik) karena hanya peduli dengan fungsi efektif otak, melalui organisasi atau 'program perangkat lunak nya. Yang dapat saya tangkap dari peryataan diatas adalah bahwa menurut fungsionalisme apapun yang kita lakukan, kita yakini atau yang lain lain adalah karena kita tahu apa fungsi dari hal tersebut.

    ReplyDelete
  25. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Functionalism adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Functionalism ini suatu paham yang memiliki sebuah prinsip yang harus dibangun seseorang berdasarkan pada tujuan hidupnya. Sifat manusia yang saling membutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain diharapkan dapat menjebatani jati diri sesorang, karena manusia akan berarti jika dirinya bermakna bagi makhluk lainnya. Karena sebenar-benar hidup manusia adalah untuk meningkatkan dimensi hidup dan bermanfaat bagi makhluk lainnya.

    ReplyDelete
  26. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Fungsionalisme dalam filsafat pikiran merupakan doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada susunan internal, melainkan pada fungsi atau peran yang dimainkannya dalam sistem yang merupakan bagian. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lainnya, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini memfokuskan secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental.

    ReplyDelete
  27. Fungsionalisme adalah doktrin yang membuat sesuatu menjadi pemikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis keadaan mental lainnya) tidak bergantung pada konstitusi internal, namun semata-mata pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem kognitif di mana ia berada. Lebih tepatnya, teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental yang harus ditentukan oleh hubungan kausalnya dengan rangsangan sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku.
    Sakit terjadi karena ada materi dalam tubuh kita yang berfungsi untuk memproses rasa sakit bukan karena ada luka dari tubuh itu sendiri.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Fungsionalisme adalah aliran psikologi yang memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Apa yang dilakukan manusia sebagai aksi adalah hal yang kompleks yang merupakan manifestasi dari jiwa dan mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan oleh sesuatu hal. Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis. Beberapa ciri fungsionalisme diantaranya adalah menekankan fungsi dibanding elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari aktivitas mental manusia.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Fungsionalisme adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran, keinginan, rasa sakit atau jenis lain dari kondisi mental tidak tergantung pada konstitusi internal, tetapi hanya pada fungsinya atau peran yang dimainkannya, dalam bagian sistem kognitif.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Lebih tepatnya, teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental yang akan ditetapkan oleh hubungan kausal untuk rangsangan sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku.

    ReplyDelete
  32. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Functionalism berkaitan dengan teori budi dalam filsafat kontemporer yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Dalam Functionalism, misalnya dalam kepercayaan, kehendak, rasa sakit berhubungan dan berkaitan dengan keadaan budi lain. Keadaan budi tersebut akan menjalankan peran berdasarkan fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  33. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Fungsionalisme mengartikan nilai-nilai sebagai hal yang diinginkan, hal-hal yang dikejar oleh manusia, dengan derajat kedalaman upaya yang berbeda untuk mencapainya. Nilai-nilai itu ada yang bersifat abstrak berupa prinsip-prinsip hidup yang dianggap baik seperti keadilan, keamanan, kebebasan, persamaan, demokrasi, kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa, kemanusiaan, kehormatan, dan nasionalisme, da nada pula nilai-nilai yang bersifat konkret, seperti pangan, sandang, perumahan, fasilitas kesehatan, fasilitan pendidikan, sarana perhubungan dan komunikasi, dan rekreasi.

    ReplyDelete