Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

46 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Fungsionalisme merupakan teori filsafat tentang pikiran. Teori ini didefinisikan berdasarkan sebab akibat. Fungsionalisme juga membahas tentang hubungan pikiran dan perilaku. Pikiran dan perilaku manusia juga terbatas dalam ruang dan waktu. Tergantung dari ruang dan waktu mana yang sedang dibicarakan. Pemahaman mengenai perilaku juga diperlukan dalam semua pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran di kelas. Dari teori – teori yang sudah dipelajari ini mampu menambah wawasan saya tentang apa yang belum diketahui sebelumnya. Namun saya menyadari bahwa masih terbatas dalam pemahamannya.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang merupakan teori alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme. Menurut John Dewey fungsionalisme tidak pernah menjadi sekolah formal, preskriptif, telah menjabat sebagai link bersejarah dalam evolusi filsafat menghubungkan perhatian strukturalis dengan anatomi pikiran untuk konsentrasi pada fungsi dari pikiran dan, kemudian, untuk pengembangan dan pertumbuhan behaviorisme

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita tahu bahwa Fungsionalisme adalah teori tentang sifat keadaan mental. Menurut fungsionalisme, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan dan bukan dari bentuknya. Hal ini dapat dipahami dengan memikirkan artefak seperti mousetraps dan kunci. Secara khusus, motivasi asli untuk fungsionalisme berasal dari perbandingan pikiran yang bermanfaat dengan komputer. Tapi itu hanya analogi. Argumen utama untuk fungsionalisme bergantung pada menunjukkan bahwa ia lebih unggul dari pesaing utamanya: teori identitas dan behaviorisme. Kontras dengan behaviorisme, fungsionalisme mempertahankan gagasan tradisional bahwa keadaan mental adalah keadaan internal makhluk berpikir. Kontras dengan teori identitas, fungsionalisme mengenalkan gagasan bahwa keadaan mental berkembang biak. Pemangku kepentingan pada fungsionalisme umumnya mengenakan biaya bahwa hal itu mengklasifikasikan terlalu banyak hal sebagai memiliki keadaan mental, atau setidaknya lebih banyak negara bagian daripada yang biasanya diterima psikolog. Efektivitas argumen untuk dan melawan fungsionalisme sebagian bergantung pada varietas tertentu yang dipertanyakan, dan apakah itu versi teori yang lebih kuat atau lebih lemah
    (sumber: http://www.iep.utm.edu/functism/)

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dalam wikipedia disampaikan bahwa fungsionalisme adalah teori filsafat yang menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Hal tersebut mirip dengan paham uniformitarianisme, yang menyebutkan bahwa ilmu merupakan suatu kesatuan dari keseragaman yang ada. Segala yang ada dan yang mungkin ada banyak terjadi sebagai suatu kesatuan atau sistem. Seperti halnya manusia dituntut untuk menyatukan antara idealita dan realita, begitu juga dalam persekolahan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam filsafat ilmu terdapat suatu paham yang dikenal dengan paham fungsionalisme. fungsionalisme merupakan paham dalam filsafat kontemporer yang didasarkan pada kondisi mental manusia yang dapat dibentuk sendiri oleh peran fungsi tersebut fungsionalisme juga dipahami sebagai suatu doktrin yang menganggap bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran hanyalah fungsinya saja dan bukan bergantung pada konstitusi internal.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fungsionalisme dalam hal ini menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Fungsionalisme adalah sebuah pemikiran yang tidak menolak substansi imaterial, tetapi menyatakan bahwa pada akhirnya semua substansi bersifat material. Dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan. Dalam artikel juga disebutkan bahwa fungsionalisme ada beberapa perspektif, sebagai arsitektur, hubungan internasional, filsafat berpikir, pengkontrasan dengan intensionalisme, struktural dan biologis.

    ReplyDelete
  7. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Teori fungsionalisme merupakan teori pemikiran dalam filsafat kontemporer. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Fungsi-fungsi psikologis adalah adaptasi terhadap lingkungan sebagaimana adaptasi biologis Darwin. Kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan dalam hubungannya dengan lingkungan adalah sesuatu yang terpenting. Fungsionalisme juga sangat memandang penting aspek terapan atau fungsi dari psikologi itu sendiri bagi berbagai bidang dan kelompok manusia.

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Fungsionalisme dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke 20-an yang merupakan turunan dari liberalism. Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun “perdamaian dengan potongan-potongan” lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional. Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, yang dikembangkan sebagian besar sebagai alternatif dari teori identitas pikiran dan behaviorisme. Gagasan utamanya adalah bahwa keadaan mental (kepercayaan, keinginan, kesakitan, dll.) Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara implementasi fisik dan keluaran perilaku. Sehingga , intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dll, sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

    ReplyDelete
  9. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Bapak atas sumber bacaannya. Menurut sumber wikipedia yang saya baca Fungsionalisme ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) merupakan semata-mata oleh peran fungsional mereka -. Yaitu, mereka adalah hubungan kausal dengan keadaan mental lainnya, masukan sensorik, dan output perilaku [1] Fungsionalisme adalah tingkat teoretis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. [2] Oleh karena itu, berbeda dari pendahulunya dualisme Cartesian (advokasi zat mental dan fisik independen) dan Skinnerian behaviorisme dan fisikalisme (menyatakan hanya bahan fisik) karena hanya peduli dengan fungsi efektif otak, melalui organisasi atau 'program perangkat lunak nya. Yang dapat saya tangkap dari peryataan diatas adalah bahwa menurut fungsionalisme apapun yang kita lakukan, kita yakini atau yang lain lain adalah karena kita tahu apa fungsi dari hal tersebut.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Functionalism adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Functionalism ini suatu paham yang memiliki sebuah prinsip yang harus dibangun seseorang berdasarkan pada tujuan hidupnya. Sifat manusia yang saling membutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain diharapkan dapat menjebatani jati diri sesorang, karena manusia akan berarti jika dirinya bermakna bagi makhluk lainnya. Karena sebenar-benar hidup manusia adalah untuk meningkatkan dimensi hidup dan bermanfaat bagi makhluk lainnya.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Fungsionalisme mengartikan nilai-nilai sebagai hal yang diinginkan, hal-hal yang dikejar oleh manusia, dengan derajat kedalaman upaya yang berbeda untuk mencapainya. Nilai-nilai itu ada yang bersifat abstrak berupa prinsip-prinsip hidup yang dianggap baik seperti keadilan, keamanan, kebebasan, persamaan, demokrasi, kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa, kemanusiaan, kehormatan, dan nasionalisme, da nada pula nilai-nilai yang bersifat konkret, seperti pangan, sandang, perumahan, fasilitas kesehatan, fasilitan pendidikan, sarana perhubungan dan komunikasi, dan rekreasi.

    ReplyDelete
  12. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    fungsionalisme merupakan teori yang menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Fungsionalisme menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan. Ini tersusun atas beberapa bagian yang saling terhubung satu sama lain.

    ReplyDelete
  13. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Fungsi berarti berguna, namun functionalism adalah tingkat atau level teoritis yang menyatakan hubungan antara fisik dan outputnya yaitu perilaku. Keadaan Mental diidentifikasi oleh para fungsional, mental dapat diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer. Komputer dan otak memiliki kesamaan yaitu hubungan fungsionalnya. Komputer merupakan perangkat fisik yang melakukan perhitungan pada input hingga menghasilkan output, begitu juga dengan otak kita, menghasilkan sebuah output berupa perilaku atau tingkah laku.

    ReplyDelete
  14. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Fungsionalisme sering disebut juga sebagai filsafat pikiran, teori pikiran dalam filsafat kontemporer, merupakan alternatif dari teori identias pikiran serta behaviorisme. Menurut John Dewey, fungsionalisme bukan ilmu formal melainkan preskriptif yang telah berperan sebagai peghubung bersejarah dalam evolusi filsafat yang menghubungkan perhatian strukturalis dengan anatomi pikiran untuk konsentrasi pada fungsi dari pikiran dan kemudian berperan dalam pengembangan dan pertumbuhan behaviorisme.

    ReplyDelete
  15. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. jujur, ketika saya membaca tentang paham ini, saya sangat sulit untuk memahami apa itu functionalism hingga saat ini. satu hal yang saya bisa tangkap bahwa functionalism adalah paham yang menganggap bahwa setiap komponen dalam kehidpan ini merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa unsur-unsur penyusun yang saling berkait yang diatur oleh suatu kekuatan tunggal. Misalnya, mungkin secara fungsionalis, dapat kita katakana bahwa agama adalah suatu sistem yang kokoh yang dikendalikan oleh kekuatan absolut yaitu Allah SWT. Begitupun dengan organisasi-organisasi seperti institusi perguruan tinggi yang secara fungsionalis dapat disebut sebagai suatu sistem.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber dari wikipedia, fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer. Ide utamanya ialah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) dibentuk semata-mata karena peran fungsional mereka. Sehingga jika dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang berperan sebagai kepala sekolah dan seseorang yang berperan sebagai guru akan beda keadaan mentalnya dikarenakan fungsi atau kedudukan mereka yang berbeda. Jadi keadaan mental setiap orang akan berbeda sesuai dengan fungsional mereka.

    ReplyDelete
  17. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Fungsionalisme adalah aliran yang berpandangan bahwa fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi. Mereka lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial di masyarakat bisa bertahan. Sistem tersebut harus bekerja sama untuk mempromosikan solidaritas dan stabilitas.

    ReplyDelete
  18. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I came to understand that functionalism defines values ​​as desirable, things that are pursued by humans, with different degrees of depth of effort to achieve them. Functionalism emphasizes the functions and not just the facts of the mental phenomena, or attempts to interpret the mental phenomena in terms of the role it plays in life. One thing I understand is that every component in life is a system consisting of several interrelated and united constituent elements arranged by a single force. For example, the religion of Islam is a solid system controlled by absolute forces namely Allah SWT. Thus, in the perspective of functionalism there are some requirements or functional needs that must be fulfilled and become committed and consistent together, so that a social system in society can survive and orderly. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  19. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Menurut wikipedia, fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer. Fungsionalisme adalah sebuah tingkatan teoritis antara implementasi fisik dan tindakan. Fuctionalisme juga dapat diartikan sebagai sudut pandang sebuah teori yang menyatakan keadaan mental. Fungsionalisme dikembangkan sebagian besar sebagai alternatif teori identitas pikiran dan behaviorisme. Jika dalam contoh sehari-hari, misalnya saja sebuah HP mempunyai fisik yang mempunyai sistem, sehingga yang menjadi hasil dari HP tersebut adalah merupakan sebuah output(hasil) dari sebuah prilaku yang diinginkan dari HP tersebut.

    ReplyDelete
  20. FUNCTIONALISM
    https://powermathematics.blogspot.co.id/2013/01/functionalism.html

    Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Fiksi dalam filsafat matematika mengatakan bahwa kalimat matematis seperti "2 + 2 = 4" berguna tapi salah: angka adalah (dalam beberapa hal) "fiksi yang berguna." Fiksi akan biasanya merekomendasikan agar kita menggunakan kalimat yang dimaksud, menerima tanpa mempercayainya. Ini dikenal sebagai "fiksi revolusioner."

    ReplyDelete
  22. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fungsionalisme memiliki beberapa makna sesuai dengan konteks atau bidangnya masing-masing. Namun, Fungsionalisme dalam filsafat berarti doktrin yang menjadikan sesuatu menjadi keadaan mental tertentu tidak bergantung atas konstruksi internal, melainkan terletak pada peran, fungsi dan kedudukan dalam suatu subyek. Maka dalam fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar suatu sistem dapat bertahan.

    ReplyDelete
  23. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia, yang dapat saya pahami, fungsionalisme dapat dipahami dari berbagai sudut pandang atau perspektif. Salah satunya dari perspektif filsafat. Fungsionalisme merupakan salah satu pandangan dalam teori akal/pikiran. Fungsionalisme menyatakan bahwa keadaan mental (Kepercayaan, keinginan, rasa sakit, dll) adalah bergantung hanya dari peran fungsionalnya. Fungsionalisme ini merupakan awal dari terbentuknya paham behaviorisme.

    ReplyDelete
  24. Terimakasih bapak atas sharing web ilmunya mengenai fungsionalisme, yang berarti keadaan mental yang bergantung dari peran fungsinya, hal ini bermakna bahwa mental seorang manusia itu tergantung pada peran atau kedudukan manusia tersebut dalam menghaddapi kehidupannya di dunia.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Teori budi itulah sebutan lain bagi fungsionalisme. Teori ini menjelaskan suatu keadaan budi yang mencakup kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya dengan keadaan budi lainnya, input indera, dan juga output perilaku. Menurut fungsionalisme, manusia harus dipandang secara menyeluruh, karena setiap hal yang dilakukan manusia merupakan bentuk dari jiwanya sendiri. Manusia yang menganut teori ini memiliki ciri-ciri diantaranya lebih menekankan fungsi dibandingkan mental dan memandang penting suatu kemampuan individu untuk berubah sesuai dengan tuntutan lingkungannya.

    ReplyDelete
  26. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika dilihat, aliran functionalism disini lebih menjadi aliran yang nantinya lebih condong pada aliran behaviorisme. Disini, mereka lebih mengandalkan peran mereka untuk bertahan. Peran disini saya artikan sebagai perbuatan mereka, dimana perbuatan subyek itu sering kali dikaitkan dengan pengalaman mereka terhadap sesuatu, sehingga subyek dapat bertahan jika pengalaman yang mereka peroleh itu juga dapat bermanfaat bagi diri mereka
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  27. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. setelah saya membaca referensi yang Prof. Marsigit berikan, saya memahami bahwa fungsionalisme adalah aliran filsafat yang memandang manusia secara menyeluruh dan menyatakan bahwa apa yang membuat sakit, ingin tahu bergantung pada sistem kognitif atau terhadap stimulasi sensorik , keadaan mental lainnya , dan perilaku. Beberapa ciri yang menandai paham ini yaitu menekankan fungsi dibanding elemen mental dan pentingnya kemampuan individu untuk berubah. Paham ini bersifat netral antara materialisme dan dualisme. Terdapat dua metode yang biasa digunakan dalam paham ini. Pertama, metode observasi dimana tingkah laku terbagi menjadi metode fisiologis dan variasi kondisi. Sedangkan yang kedua adalah metode instropeksi. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  28. Junianto
    PM C

    Fungsionalism menekankan pada pentingnya pemikiran empris dan rasional mengenai sebuah pengalaman dan trial-error. Dari pengertian ini isa saya pahami bahwa paham ini mengutamakan bukti-bukti secara ilmiah berdasarkan pengalaman. Hal ini menunjukkan bahwa paham in menjunjung tinggi riset ilmiah berdasarkan bukti empiris.

    ReplyDelete
  29. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, functionalism adalah sebuah teori pikiran dalam filsafat kontemporer dimana apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada.

    ReplyDelete
  30. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Functionalism berkaitan dengan teori budi dalam filsafat kontemporer yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Dalam Functionalism, misalnya dalam kepercayaan, kehendak, rasa sakit berhubungan dan berkaitan dengan keadaan budi lain. Keadaan budi tersebut akan menjalankan peran berdasarkan fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  31. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Fungsionalisme adalah pendekatan yang penting bagi institusi internasional sebagai sebuah “working peace system”. selanjutnya ada 2 garis besar yang dapat dipahami terkait dengan “woking peace system”. Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.

    ReplyDelete
  32. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Fungsionalisme mempelajari tentang fungsi dan proses mental yang dapat didefinisikan apa yang telah dilakukan namun bukan dari apa yang mereka perbuat. Dalam mempelajari fungsi dan tingkah laku ini dibutuhkan metode observasi tingkah laku yang terdiri dari matode fisiologi dan metode variasi kondisi.

    ReplyDelete
  33. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Teori fungsionalis menjelsakan mengenai keadaan mental yang harus ditentukan oleh hubungan dengan rangsangan sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku.fungsionalisme dapat menjadi alternatif materialistik terhadap Tesis Identitas Psikososial yang menyatakan bahwa setiap jenis keadaan mental identik dengan tipe tertentu dari keadaan saraf.

    ReplyDelete
  34. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fungsionalisme yaitu sebuah teori filsafat yang yang beranggapan bahwa fenomena mental dalam suatu kesatuan yang dinamis membentuk sistem untuk pemuasan kebutuhan yang bersifat biologis. Misalnya adalah fungsionalisme menganggap pendidikan sebagai suatu sistem dari beberapa bagian yang terhubung satu sama lain. Salah satu bagian tidak dapat ditafsirkan secara terpisah

    ReplyDelete
  35. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Fungsionalisme merupakan suatu doktrin bahwa apa yang yang membuat sesuatu menjadi pemikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis keadaan mental lainnya) tidak bergantung pada konstitusi internal, namun semata-mata pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem kognitif di mana ia berada(https://plato.stanford.edu/entries/functionalism/). Sebagai contoh, rasa sakit sebagai keadaan yang cenderung disebabkan oleh luka tubuh, untuk menghasilkan keyakinan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh dan keinginan untuk keluar dari keadaan itu.

    ReplyDelete
  36. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Durkheim mengungkapkan bahwa masyarakat adalah sebuah kesatuan dimana di dalamnya terdapat bagian-bagian yang dibedakan. Bagian-bagian dari sistem tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang membuat sistem menjadi seimbang. Teori fungsionalisme fokus pada keteraturan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang terdiri atas bagian-bagian atau elemen-elemen yang saling berkaitan sehingga perubahan yang terjadi pada suatu bagian akan membawa perubahan pula terhadap bagian yang lain, dengan kata lain masyarakat senantiasa berada dalam keadaan berubah secara berangsur-angsur dengan tetap memelihara keseimbangan.

    ReplyDelete
  37. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Functionalism adalah paham yang memandang suatu fenomena sebagai suatu sistem dari funsi untuk kebutuahan. Paham yang memandang dunia dari fungsinya. Apakah fungsi dari ilmu pengetahuan itu sudah digunakan sesuai atau tidak. Sesuai dengan ruang waktunya. Sehingga pikiran dan perbuatan harus dihubungkan untuk menciptakan fungsi yang sesuai. Oleh karena itu, kita sebaiknya menggunakan ilmu yang kita peroleh secara bijaksana dan sesuai fungsinya dengan memperhatikan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  38. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Fungsionalisme adalah suatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan kegiatan yang praktikal. Dalam pdikologi, fungsionalisme berarti memandang bahwa manusia manusia harus dipandang secara menyeluruh. Beberapa ciri fungsionalisme ialah menekankan fungsi dibandingkan elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari atifitas mental manusia. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, seorang guru juga memiliki tugas fungsional yaitu membimbing siswanya dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga harus mampu menyesuaikan dalam pemilihan metode yang tepat dengan ligkungan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum, wr.wb.
    Fungsionalisme adalah aliran filsafat yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Aliran ini berpendapat bahwa semua perilaku manusia memiliki hubungan sebab akibat dengan perilakunya yang lain. Misalnya rasa sakit itu muncul disebabkan oleh ada disharmoni di dalam diri kita.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  40. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Fungsionalisme adalah suatu prinsip untuk merancang bangunan sesuai dengan tujuannya. Fungsionalisme berlawanan dengan intensionalisme. Fugnsionalisme dapat juga diartikan sebagai sbuah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada bagian.

    ReplyDelete
  41. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Fungsionalisme merupakan suatu doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, tetapi tergantung pada fungsi atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada. Doktrin ini berakar pada konsepsi Aristoteles tentang jiwa, dan memiliki pendahulunya dalam konsep Hobbes tentang pikiran sebagai "mesin penghitung", namun hal itu telah sepenuhnya disahkan secara populer hanya pada sepertiga terakhir abad ke-20. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lain, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini berfokus secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental.

    ReplyDelete
  42. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Fungsionalisme merupakan paham yang menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental. Atau dengan kata lain, paham ini berusaha untuk menafsirkan fenomena mental dalam kaitannya dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan atau suatu sistem tertentu. Para Fungsionalis juga menganggap bahwa setiap hal memiliki fungsi masing-masing dalam suatu sistem yang menyatukan.

    ReplyDelete
  43. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Berdasarkan pengertian di https://id.wikipedia.org/wiki/Fungsionalisme_(filsafat_budi) maka saya dapat menyimpulkan bahwa fungsionalisme adalah keadaan budi diidentifikasikan berdasarkan peran fungsionalnya. Banyak faktor dalam hal ini yang mempengaruhi seperti input budi dan output budi. Hal ini dapat direfleksikan sebagai segala bentuk perilaku(output) kitai pasti ada yang mempengaruhi dalam hal ini inputnya, sehingga agar output budi ini sesuai dengan norma-norma maka dala memilih lingkungan dan budi perilaku tersebut sebaiknya kita memilih input yang baik agar menghasilkan output yang baik pula. Selain itu budi yang baik akan mengasilkan lingkungan yang baik, maka kita akan terletak pada lingkungan yang dapat mendukung kita untuk lebih baik lagi selama kita iatiqomah ingin menjadi orang baik.

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Fungsionalism dalam filsafat merupakan filsafat kontemporer. Filasafat kontemporer dimulai pada akhir abad ke 19 dan ditandai dengan munculnya filsafat analitik. filsafat pada masa ini sudah mulai profesional karena sebagian besar filsuf punya spesialisasi dibidangnya, misalkan matematika, ekonomi, fisika, dll. Hal demikian lumrah karena saat ini bidang ilmu pengetahuan berkembang pesat dan luas.

    ReplyDelete
  45. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Fungsionalisme merupakan pandangan filsafat kontenporer yang berkeyakinan bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) yang dibentuk semata-mata oleh peran fungsional. Keadaan mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka dikatakan direalisasikan pada beberapa tingkat dengan kata lain mereka dapat diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang tepat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Saya memandang paham ini sebagai sebuah prinsip yang harus dibangun seseorang berdasarkan tujuan hidupnya. Sifat saling membutukan dan bermakna bagi orang lain, diharapkan dapat menjebatani seseorang dalam mencapai jati diri seseorang manusia, karena manusia dapat berarti jika ia bermakna bagi orang lain.

    ReplyDelete