Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

25 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fungsionalisme memiliki beberapa makna sesuai dengan konteks atau bidangnya masing-masing. Namun, Fungsionalisme dalam filsafat berarti doktrin yang menjadikan sesuatu menjadi keadaan mental tertentu tidak bergantung atas konstruksi internal, melainkan terletak pada peran, fungsi dan kedudukan dalam suatu subyek. Maka dalam fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar suatu sistem dapat bertahan.

    ReplyDelete
  2. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia, yang dapat saya pahami, fungsionalisme dapat dipahami dari berbagai sudut pandang atau perspektif. Salah satunya dari perspektif filsafat. Fungsionalisme merupakan salah satu pandangan dalam teori akal/pikiran. Fungsionalisme menyatakan bahwa keadaan mental (Kepercayaan, keinginan, rasa sakit, dll) adalah bergantung hanya dari peran fungsionalnya. Fungsionalisme ini merupakan awal dari terbentuknya paham behaviorisme.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih bapak atas sharing web ilmunya mengenai fungsionalisme, yang berarti keadaan mental yang bergantung dari peran fungsinya, hal ini bermakna bahwa mental seorang manusia itu tergantung pada peran atau kedudukan manusia tersebut dalam menghaddapi kehidupannya di dunia.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Teori budi itulah sebutan lain bagi fungsionalisme. Teori ini menjelaskan suatu keadaan budi yang mencakup kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya dengan keadaan budi lainnya, input indera, dan juga output perilaku. Menurut fungsionalisme, manusia harus dipandang secara menyeluruh, karena setiap hal yang dilakukan manusia merupakan bentuk dari jiwanya sendiri. Manusia yang menganut teori ini memiliki ciri-ciri diantaranya lebih menekankan fungsi dibandingkan mental dan memandang penting suatu kemampuan individu untuk berubah sesuai dengan tuntutan lingkungannya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika dilihat, aliran functionalism disini lebih menjadi aliran yang nantinya lebih condong pada aliran behaviorisme. Disini, mereka lebih mengandalkan peran mereka untuk bertahan. Peran disini saya artikan sebagai perbuatan mereka, dimana perbuatan subyek itu sering kali dikaitkan dengan pengalaman mereka terhadap sesuatu, sehingga subyek dapat bertahan jika pengalaman yang mereka peroleh itu juga dapat bermanfaat bagi diri mereka
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  6. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. setelah saya membaca referensi yang Prof. Marsigit berikan, saya memahami bahwa fungsionalisme adalah aliran filsafat yang memandang manusia secara menyeluruh dan menyatakan bahwa apa yang membuat sakit, ingin tahu bergantung pada sistem kognitif atau terhadap stimulasi sensorik , keadaan mental lainnya , dan perilaku. Beberapa ciri yang menandai paham ini yaitu menekankan fungsi dibanding elemen mental dan pentingnya kemampuan individu untuk berubah. Paham ini bersifat netral antara materialisme dan dualisme. Terdapat dua metode yang biasa digunakan dalam paham ini. Pertama, metode observasi dimana tingkah laku terbagi menjadi metode fisiologis dan variasi kondisi. Sedangkan yang kedua adalah metode instropeksi. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  7. Junianto
    PM C

    Fungsionalism menekankan pada pentingnya pemikiran empris dan rasional mengenai sebuah pengalaman dan trial-error. Dari pengertian ini isa saya pahami bahwa paham ini mengutamakan bukti-bukti secara ilmiah berdasarkan pengalaman. Hal ini menunjukkan bahwa paham in menjunjung tinggi riset ilmiah berdasarkan bukti empiris.

    ReplyDelete
  8. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, functionalism adalah sebuah teori pikiran dalam filsafat kontemporer dimana apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Functionalism berkaitan dengan teori budi dalam filsafat kontemporer yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Dalam Functionalism, misalnya dalam kepercayaan, kehendak, rasa sakit berhubungan dan berkaitan dengan keadaan budi lain. Keadaan budi tersebut akan menjalankan peran berdasarkan fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Fungsionalisme adalah pendekatan yang penting bagi institusi internasional sebagai sebuah “working peace system”. selanjutnya ada 2 garis besar yang dapat dipahami terkait dengan “woking peace system”. Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.

    ReplyDelete
  11. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Fungsionalisme mempelajari tentang fungsi dan proses mental yang dapat didefinisikan apa yang telah dilakukan namun bukan dari apa yang mereka perbuat. Dalam mempelajari fungsi dan tingkah laku ini dibutuhkan metode observasi tingkah laku yang terdiri dari matode fisiologi dan metode variasi kondisi.

    ReplyDelete
  12. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Teori fungsionalis menjelsakan mengenai keadaan mental yang harus ditentukan oleh hubungan dengan rangsangan sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku.fungsionalisme dapat menjadi alternatif materialistik terhadap Tesis Identitas Psikososial yang menyatakan bahwa setiap jenis keadaan mental identik dengan tipe tertentu dari keadaan saraf.

    ReplyDelete
  13. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fungsionalisme yaitu sebuah teori filsafat yang yang beranggapan bahwa fenomena mental dalam suatu kesatuan yang dinamis membentuk sistem untuk pemuasan kebutuhan yang bersifat biologis. Misalnya adalah fungsionalisme menganggap pendidikan sebagai suatu sistem dari beberapa bagian yang terhubung satu sama lain. Salah satu bagian tidak dapat ditafsirkan secara terpisah

    ReplyDelete
  14. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Fungsionalisme merupakan suatu doktrin bahwa apa yang yang membuat sesuatu menjadi pemikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis keadaan mental lainnya) tidak bergantung pada konstitusi internal, namun semata-mata pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem kognitif di mana ia berada(https://plato.stanford.edu/entries/functionalism/). Sebagai contoh, rasa sakit sebagai keadaan yang cenderung disebabkan oleh luka tubuh, untuk menghasilkan keyakinan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh dan keinginan untuk keluar dari keadaan itu.

    ReplyDelete
  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Durkheim mengungkapkan bahwa masyarakat adalah sebuah kesatuan dimana di dalamnya terdapat bagian-bagian yang dibedakan. Bagian-bagian dari sistem tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang membuat sistem menjadi seimbang. Teori fungsionalisme fokus pada keteraturan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang terdiri atas bagian-bagian atau elemen-elemen yang saling berkaitan sehingga perubahan yang terjadi pada suatu bagian akan membawa perubahan pula terhadap bagian yang lain, dengan kata lain masyarakat senantiasa berada dalam keadaan berubah secara berangsur-angsur dengan tetap memelihara keseimbangan.

    ReplyDelete
  16. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Functionalism adalah paham yang memandang suatu fenomena sebagai suatu sistem dari funsi untuk kebutuahan. Paham yang memandang dunia dari fungsinya. Apakah fungsi dari ilmu pengetahuan itu sudah digunakan sesuai atau tidak. Sesuai dengan ruang waktunya. Sehingga pikiran dan perbuatan harus dihubungkan untuk menciptakan fungsi yang sesuai. Oleh karena itu, kita sebaiknya menggunakan ilmu yang kita peroleh secara bijaksana dan sesuai fungsinya dengan memperhatikan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  17. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Fungsionalisme adalah suatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan kegiatan yang praktikal. Dalam pdikologi, fungsionalisme berarti memandang bahwa manusia manusia harus dipandang secara menyeluruh. Beberapa ciri fungsionalisme ialah menekankan fungsi dibandingkan elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari atifitas mental manusia. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, seorang guru juga memiliki tugas fungsional yaitu membimbing siswanya dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga harus mampu menyesuaikan dalam pemilihan metode yang tepat dengan ligkungan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum, wr.wb.
    Fungsionalisme adalah aliran filsafat yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Aliran ini berpendapat bahwa semua perilaku manusia memiliki hubungan sebab akibat dengan perilakunya yang lain. Misalnya rasa sakit itu muncul disebabkan oleh ada disharmoni di dalam diri kita.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  19. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Fungsionalisme adalah suatu prinsip untuk merancang bangunan sesuai dengan tujuannya. Fungsionalisme berlawanan dengan intensionalisme. Fugnsionalisme dapat juga diartikan sebagai sbuah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, melainkan pada cara fungsinya, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada bagian.

    ReplyDelete
  20. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Fungsionalisme merupakan suatu doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu menjadi keadaan mental dari jenis tertentu tidak bergantung pada konstitusi internal, tetapi tergantung pada fungsi atau peran yang dimainkannya, dalam sistem dimana ia berada. Doktrin ini berakar pada konsepsi Aristoteles tentang jiwa, dan memiliki pendahulunya dalam konsep Hobbes tentang pikiran sebagai "mesin penghitung", namun hal itu telah sepenuhnya disahkan secara populer hanya pada sepertiga terakhir abad ke-20. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lain, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini berfokus secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Fungsionalisme merupakan paham yang menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental. Atau dengan kata lain, paham ini berusaha untuk menafsirkan fenomena mental dalam kaitannya dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan atau suatu sistem tertentu. Para Fungsionalis juga menganggap bahwa setiap hal memiliki fungsi masing-masing dalam suatu sistem yang menyatukan.

    ReplyDelete
  22. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Berdasarkan pengertian di https://id.wikipedia.org/wiki/Fungsionalisme_(filsafat_budi) maka saya dapat menyimpulkan bahwa fungsionalisme adalah keadaan budi diidentifikasikan berdasarkan peran fungsionalnya. Banyak faktor dalam hal ini yang mempengaruhi seperti input budi dan output budi. Hal ini dapat direfleksikan sebagai segala bentuk perilaku(output) kitai pasti ada yang mempengaruhi dalam hal ini inputnya, sehingga agar output budi ini sesuai dengan norma-norma maka dala memilih lingkungan dan budi perilaku tersebut sebaiknya kita memilih input yang baik agar menghasilkan output yang baik pula. Selain itu budi yang baik akan mengasilkan lingkungan yang baik, maka kita akan terletak pada lingkungan yang dapat mendukung kita untuk lebih baik lagi selama kita iatiqomah ingin menjadi orang baik.

    ReplyDelete
  23. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Fungsionalism dalam filsafat merupakan filsafat kontemporer. Filasafat kontemporer dimulai pada akhir abad ke 19 dan ditandai dengan munculnya filsafat analitik. filsafat pada masa ini sudah mulai profesional karena sebagian besar filsuf punya spesialisasi dibidangnya, misalkan matematika, ekonomi, fisika, dll. Hal demikian lumrah karena saat ini bidang ilmu pengetahuan berkembang pesat dan luas.

    ReplyDelete
  24. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Fungsionalisme merupakan pandangan filsafat kontenporer yang berkeyakinan bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) yang dibentuk semata-mata oleh peran fungsional. Keadaan mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka dikatakan direalisasikan pada beberapa tingkat dengan kata lain mereka dapat diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang tepat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Saya memandang paham ini sebagai sebuah prinsip yang harus dibangun seseorang berdasarkan tujuan hidupnya. Sifat saling membutukan dan bermakna bagi orang lain, diharapkan dapat menjebatani seseorang dalam mencapai jati diri seseorang manusia, karena manusia dapat berarti jika ia bermakna bagi orang lain.

    ReplyDelete