Jan 13, 2013

IDENTITY THEORY





Ass, jika ingin membaca tentang Identity Theory, bisa konek berikut:


Wss Wr Wb

27 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Yang dapat saya simpulkan mengenai identity theory yang terdapat dalam beberapa link yang disertakan dalam tulisan ini adalah kesamaan hal ini berdasarkan terminologi dari bahasa latin. Namun perlu diketahui bahwa pengertian dan konsep identity disini bervariasi bergantung kepada ilmu yang mendasarinya. Sedangkan dalam filsafat sendiri, identity berarti relasi yang dimiliki masing-masing objek tertentu dengan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Teori identitas pikiran menyatakan bahwa keadaan dan proses pikiran identik dengan keadaan dan proses otak. Teori identitas pikiran adalah efek bahwa pengalaman ini hanyalah proses otak, tidak hanya berkorelasi dengan proses otak. Beberapa filsuf berpendapat bahwa meskipun pengalaman adalah proses otak, mereka pada dasarnya memiliki sifat nonfisik, psikis, dan kadang-kadang disebut 'qualia'. Beberapa ahli teori identitas memberikan analisis behaviouristic dari keadaan mental, seperti keyakinan dan keinginan, tetapi yang lain, kadang-kadang disebut ‘pusat negara materialis’, mengatakan bahwa keadaan mental adalah negara otak yang sebenarnya. Teori identitas memusatkan perhatiannya pada hubungan saling mempengaruhi diantara individu dengan struktur sosial yang lebih besar lagi.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Beberapa filsuf berpendapat bahwa meskipun pengalaman adalah proses otak mereka tetap memiliki sifat mendasar non-fisik , psikis. Beberapa teori identitas memberikan analisis behaviouristic keadaan mental , seperti keyakinan dan keinginan. Teori ini membahas mengenai hubungan antara pikiran pikiran dan otak dimana keduanya salaing bereaksi membentuk identitas diri. Untuk mengidentifikasi identitas tiap individu, teori identitas memusatkan perhatian kepada hubungan antara individu dan individu lain yang saling mempengaruhi. Individu akan berinteraksi dengan struktur sosial yang lebih luas. Keluasan struktur sesial sendiri sangat relatif, tergantung dari aktivitas masing-masing individu.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dunia adalah pikiran kita, sesuai dengan teori identitas yang menegaskan bahwa dunia itu apa yang ada dalam pikiran kita. Dalam filsafat bahwa dunia ada didalam pikiran kita merupakan suatu keadaan yang ideal dalam pikiran manusia. Sehingga identitas diri sebaiknya dijadikan refeksi dalam kegiatan kita sehari-hari agar bisa selalu merefleksikan apa saja yang sudah dikerjakan dan bagaimana hasilnya dan bisa merefleksi kegaitan yang dilakukan berguna atau tidak, karena teori identitas tersebut menyangkut dengan diri sendiri, walaupun kita membayangkandalam pikiran dunia itu ideal maka harus diimbangi juga dengan kenyataan mewujudkan apa yang ada dalam pikiran.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pusat perhatian teori identitas terletak pada hubungan saling mempengaruhi di antara individu dengan struktur sosial yang lebih besar lagi (masyarakat). Secara umum, identitas sosial mengacu pada definisi-diri seseorang dalam hubungannya dengan orang lain. Individu dan masyarakat dipandang sebagai dua sisi dari satu mata uang. Seseorang dibentuk oleh interaksi, namun struktur sosial membentuk interaksi.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, berbicara tentang identitas, sebuah identitas hadir karena manusia butuh untuk mengkategorisasikan sesuatu. Dengan begitu, identitas juga melibatkan pula ketegori dan menetapkan seseorang ke dalam struktur atau wilayah tertentu yang besar dan lebih lama ketimbang situasi partikular lainnya. Identitas itu sangat penting, karena identitas itu sebagai penanda. Nah diri kita tanpa identitas, maka akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Misalnya kita tidak punya identitas, maka kita tidak akan bisa menaiki kendaraan atau transportasi yang membutuhkan kartu identitas. Manfaat identitas yaitu, untuk dapat dikenali. Maksudnya, apabila terjadi apa-apa pada kita maka dengan adanya kartu identitas, maka kita akan mudah di identifikasi. Dan masih banyak contoh-contoh yang lain.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Teori identitas pertama kali dikemukakan oleh Sheldon Stryker. Teori tersebut memusatkan perhatian pada hubungan yang saling mempengaruhi antara individu dengan masyarakat. Individu dan masyarakat dianggap sebagai dua sisi dari satu mata uang. Dengan kata lain, seseorang dibentuk oleh interaksi, akan tetapi struktur sosial membentuk interaksi. Menurut Stryker, setiap orang memiliki “identitas” mereka masing-masing, peran yang mereka tampilkan ketika berinteraksi dengan orang lain mempunya definisi tentang diri mereka sendiri yang berbeda dengan orang lain.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Teori identitas menyatakan bahwa unsur yang satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi satu sama lain. Contoh dalam kehidupan bermasyarakat yaitu kita sebagai individu merupakan dua sisi yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan, ketika salah satu dihilangkan maka tidak akan bernilai. Individu dibentuk karena adanya interaksi, akan tetapi struktur sosial lah yang membentuk interaksi.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari link-link tersebut, identity theory adalah sebuah pandangan yang berhubungan dengan pikiran dan tubuh. Identity theory memiliki beberapa jenis yaitu kondisi mental yang sebagai fakta dan secara harfiah identic dengan beberapa dari jenis kondisi dari otak. Dari hal tersebut, identity theory diidentifikasi berdasarkan pemikiran filsuf yaitu dianalisis berdasarkan individu, perilaku yang mempunyai keyakinan untuk saling memepengaruhi.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Identity berasal dari kata latin “Sameness” atau kesamaan. Yang artinya hubungan yang dimiliki hanya untuk dirinya sendiri. Konsep filosofis dari identitas ini berbeda dengan gagasan ilmu psikologi dan ilmu sosial. Konsep filosofis menyangkut suatu relasi yang berpegang teguh pada “jika”. Jika mereka satu dan sama, atau identik sama dengan yang lain. sedangkan pengertian sosiologis mengenai identitas berkaitan dengan konsepsi diri seseorang, presentasi sosial, dan lebih umum, aspek-aspek seseorang yang menjadikannya unik, atau secara kualitatif berbeda dari yang lain misalnya identitas budaya, identitas gender, identitas nasional, identitas online dan proses pembentukan identitas.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Teori Indentitas dikemukakan oleh Sheldon Stryker (1980). Teori ini memusatkan perhatiannya pada hubungan saling mempengaruhi di antara individu dengan struktur sosial yang lebih besar lagi (masyarakat). Dinamakan “identitas”. Jika kita memiliki banyak peran, maka kita memiliki banyak identitas.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam dilsafat, identitas berasal dari bahasa Latin Indentitas yang berarti kesamaan. Identitas adalah hubungan yang masing-masing hanya berlaku untuk dirinya sendiri. Identitas juga dapat diartikan sebagai label, yaitu label terhadap dirinya atau label terhadap kelompok. Ketegangan akan terjadi jika seseorang merasa identitas dirinya dihina. Dan seseorang juga pasti akan merasa tegang atau marah saat identitas kelompoknya dihina oleh orang lain. Maka dalam hal ini identitas dapat diartikan sebagai sesuatu yang berorientasi kepemilikan. Dimana kepemilikan tersebut adalah berhubungan dengan apa dan bagaiman sebenarnya dirinya. Maka identitas seseorang pasti sama dengan keadaan sebenarnya dirinya. Yang menjadi kontradiksi adalah, bahwa ternyta konsep kesamaan dari identitas hanya berlaku jika terbebas dari ruang dan waktu. Selama didunia nyatanya tidak ada keadaan yang persis sama seperti keadaan sebelumnya, setelahnya ataupun keadaan-keadaan lain. Bahkan diri kita sendiri yang sekarang tidaklah sama dengan diri kita satu detik yang lalu dan satu detik kemudia. Walaupun tempat yang ia pijak masih tetap sama nyatanya adalah bahwa bumi terus berputar sehingga posisi yang sekarang tidak sama dengan posisi tadi atau nanti. Lantas bagaimana dengan konsep identitas. Nampaknya identitas hanya berlaku pada konteks tertentu yang terbebas dari ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Teori identitas pikiran menyatakan bahwa keadaan dan proses pikiran identik dengan keadaan dan proses otak. Sumber lain menyebutkan bahwa eori identitas memandang tentang hubungan antara pikiran dan tubuh. Tokoh dari teori identitas adalah U.T. Place, Herbert Feigl, dan J.J.C. Smart, masing-masing mengajukan teori sesuai versinya.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Identitas berarti kesamaan. Teori identitas dalam filsafat merupakan suatu pandangan materialisme modern. Teori identitas yang pertama adalah mengenai Teori Aspek-Ganda. Menurut teori ini, baik akal maupun badan bukan merupakan kesatuan yang terpisah dan berdiri sendiri, sehingga disebutkan bahwa sifatnya identik. Jika dianalogikan yaitu seperti sebuah koin mata uang, dimana memiliki dua sisi yang berbeda, setiap sisi tidak bisa disatukan namun ketika salah satunya dihilangkan maka tidak bernilai. Teori identitas yang kedua yaitu Teori Identitas Kontemporer. Teori ini mengatakan bahwa keadaan-keadaan mental itu sama dengan keadaan otak. Pembenaran yang diberikan kepada teori identitas adalah bahwa meskipun otak bersifat fisik ia memiliki hubungan yang mungkin cukup rumit dengan akal. Terdapat aliran materialisme dalam teori identitas kontemporer tersebut, yaitu rasa sakit, pikiran, ingatan, dan kenangan semua itu memang ada tetapi merupakan proses sistem syaraf saja. Pandangan teori ini menghilangkan pemisah antara akal dan badan.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Teori identitas mempengaruhi hubungan antara individu dengan masyarakat. Teori identitas menunjukkan adanya proses otak yang memproses pengalaman. ahli teori identitas memberikan analisis behaviouristic dari keadaan mental, seperti keyakinan dan keinginan, tetapi yang lain, kadang-kadang disebut ‘pusat negara materialis’, mengatakan bahwa keadaan mental adalah negara otak yang sebenarnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A
    Berdasarkan link yang terdapat pada postingan ini, teori identitas merupakan pandangan tentnag hubungan antara pikiran dan tubuh. Ada beberapa tipe dari teori identitas yaitu kondisi mental, sebagai fakta kontingen, secara harfiah identik dengan beberapa jenis dari kondisi otak. Menurut Sheldon Stryker teori ini memusatkan perhatian pada hubungan saling mempengaruhi di antara individu dan masyarakt yang dipandang sebagai dua sisi dari satu mata uang.

    ReplyDelete
  18. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa teori identitas berupa hubungan yang dimiliki masing-masing hal hanya untuk dirinya sendiri. Gagasan identitas memunculkan banyak masalah filosofis, termasuk identitas yang tidak dapat dibedakan. Teori identitas memusatkan perhatiannya pada hubungan saling mempengaruhi di antara individu dengan struktur sosial yang lebih besar lagi pada masyarakat. Teori identitas mendudukan individu sebagai pihak yang aktif dalam menetapkan perilakunya dan membangun harapan-harapan sosial.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang dibagikan Pak. Dalam filsafat, iedentitas, berasal dari bahasa latin yang berarti kesamaan adalah hubungan yang dimiliki masing-masing hal hanya untuk dirinya sendiri. Gagasan identitas memunculkan banyak masalah filosofis seperti jika x dan y memiliki semua sifat yang sama, apakah mereka adalah suatu hal yang sama? konsep filosofis tentang identitas berbeda dari gagasan identitas yang lebih terkenal yang digunakan dalam psikologi dan ilmu sosial. konsep filosofis menyangkut suatu relasi, khususnya, relasi yang x dan y berpegang teguh pada jika dan jika mereka adalah satu dan sama atau identik satu sama lain.

    ReplyDelete
  20. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    “Thought is reducible to motion in the brain.” Actually I do not understand about this sentence, sir.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dari berbagai link yang diberikan, teori identitas memiliki jenis-jenis identitas yang bermacam-macam, seperti teori identitas sosial yang menjelaskan perilaku sosial dan interaksi dengan sesama, teori identitas pikiran yang berhubungan dengan pengalaman-pengalaman yang berasal dari proses otak. Namun ada juga beberapa ahli teori identitas yang memberikan analisis behaviors tentang kondisi mental seperti keyakinan dan keinginan.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari artikel yang Bapak bagikan di atas, saya mendapati bahwa dalam pandangan filsafat teori identitas merupakan salah satu pandangan materialisme modern yang menyatakan bahwa pikiran dan materi ada di dalam kenyataan tapi berbeda ungkapan dari suatu realitas tunggal taitu material. Penekanan kuat pada pernyataan bahwa pemikiran dapat direduksi menjadi isyarat di otak.

    ReplyDelete
  23. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Teori identitas adalah sebuah hubungan antara proses otak dengan pengalaman kita. Apa yang ada di otak kita berarti itu yang kita pikirkan, dan kita adalah apa yang kita pikirkan, dunia kita juga adalah apa yang kita pikirkan. Konsep filosofis tentang identitas berbeda dari gagasan identitas yang lebih terkenal yang digunakan dalam psikologi dan ilmu sosial. Konsep filosofis menyangkut suatu relasi, relasi yany sifatnya jika, dan hanya jika.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Teori identitas pikiran menyatakan bahwa keadaan dan proses pikiran identik dengan keadaan dan proses otak.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Setelah membaca artikel dari tautan-tautan di atas, saya menangkap bahwa teori identitias yang dibahas di sini adalah teori identitas pikiran. Teori identitas pikiran percaya bahwa pikiran dan tubuh manusia saling berkaitan. Pikiran, sebagain entitas non-fisik dari diri manusia, sesungguhnya dipengaruhi oleh yang terjadi pada manusia secara fisik atau sebaliknya. Beberapa filsuf berpendapat, teori identitias adalah proses otak bukan korelasi semata. Proses otak membantu manusia memroses pengalaman sehingga setiap manusia memiliki pengalaman subjektif atau qualia. Misal saya dan teman saya memakan nasi goreng yang sama, namun kami mungkin memiliki interprasi berbeda terhadap rasa nasi goreng tersebut. Selain teori identitas pikiran, dikenal pula teori identitas soaial yang mengurai hubungan saling memengaruhi antara individu dengan masyarakat dalam konteks struktur sosial yang lebih besar.

    ReplyDelete
  26. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Teori ini memusatkan perhatiannya pada hubungan saling mempengaruhi di antara individu dengan struktur sosial yang lebih besar lagi (masyarakat). Individu dan masyarakat dipandang sebagai dua sisi dari satu mata uang. Seseorang dibentuk oleh interaksi, namun struktur sosial membentuk interaksi. Dalam hal ini Stryker tampaknya setuju dengan perspektif struktural, khususnya teori peran. Namun dia juga memberi sedikit kritik terhadap teori peran yang menurutnya terlampau tidak peka terhadap kreativitas individu. Terimakasih

    ReplyDelete