Jan 22, 2013

Elegi Pemberontakan Para Berhenti




Elegi Pemberontakan Para Berhenti
Oleh Marsigit

Elegi ini sengaja dibiarkan terbuka. Pembaca dipersilahkan untuk membuat Comment, Tesis, Analisis, atau Sintesis, perihal apa saja baik secara Formalnya maupun Substansinya jika Elegi ini diteruskan. Siapa saja yang terlibat, apa yang dibicarakan, kemudian referensi yang mungkin digunakan. Apa hubunannya dengan Elegi-elegi terdahulu. Apa juga kemungkinan kelanjutan dari Elegi ini. Selamat memikirkannya. Semoga kita semua memperoleh kecerdasan Pikir dan Hati. Amin


19 comments:

  1. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kemarin saya mendengarkan sebuah ungkapan atau elegi dari seorang Romo yang mungkin dapat menjadi inspirasi dalam menulisan Elegi Pemberontakan Para Berhenti.
    Atheis dimusuhi karena tidak berTuhan
    berTuhan dimusuhi karena Tuhannya beda
    Tuhannya sama dimusuhi karena nabinya beda
    Nabinya sama dimusuhi karena alirannya berbeda
    Alirannya sama dimusuhi karena pendapatnya beda
    Pendapatnya sama dimusuhi karena partainya beda
    Partainya sama dimusuhi karena pendapatannya beda.
    Sekiranya Para Berhenti akan melakukan pemberontakan jika sebuah ukuran kebenaran hanya dipandang sebelah mata. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Berhenti, saat seorang manusia yang selalu emiliki kegiatan berfikir, bahkan tak terbataas umur, waktu, namun tetap dalam berfikir setiap manusia memiliki dimensi ruang dan waktunya yang berbeda. Seperti pada elegi sebelumnya, saat seseorang jenuh melakukan berfikir dan dia berkeinginan berhenti. Berhenti pun tidak serta merta mudah untuk dilakukan, saat kita manusia berhenti dalam berfikir saja, kita dapat dikatakan mati dan meninggalkan dunia ini, karena jika kita berhenti maka sudah tidak ada gunanya manusia itu berada di dunia ini. Bahkan setiap bergerak pun manusia pasti memikirkannya terlebih dahulu. Sehingga jika berkeinginan berhenti, hanya Tuhanlah yang bisa untuk memberhentikannya, sedangkan kita manusia tidak akan pernah berhenti

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kehidupan yang fana ini penuh dengan dilema, semakin dunia dikejar maka kita akan semakin haus, tidak diikuti akan ketinggalan zaman. Keputusasaan yang kadang selalu menyelimuti seakan tak akan pernah berhenti. Ketika dicoba berhenti, pada hakikatnya tidak akan pernah berhenti karena kita berada dalam dunia yang dibatasi ruang dan waktu. Sehingga pada intinya ketika masih berada di dunia ini tak akan pernah berhenti, kendatipun nyawa sudah melayang yang berhenti sebenarnya adalah lahiriah saja namun secara batiniah itu akan terus berjalan namun diluar dari jangkauan pemikiran manusia yang tidak akan bisa dirasakan dan dipikirkan oleh siapapun kecuali nyawa sudah melayang. Maka pada initinya pemberontakan para berhenti tidak akan pernah tercapai sampai kapanpun, untuk itu mari kita selalu merada di jalan Allah sehingga kita akan selalu dalam lindungan dan rahmatNya.

    ReplyDelete

  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Ada dua pengertian dari kata berhenti : pertama, diam di tempat dan tidak lagi melakukan apapun. Kedua, beristirahat sejenak dan kembali melanjutkan apa yang akan dilakukan. Menurut saya elegi pemberontakan para berhenti ini secara tidak langsung menguji pemahaman dan ketidakpahaman kita dalam berfilsafat. Seperti yang pernah disampaikan bapak Marsigit bahwa "Berfilsafat itu tidak seperti kita mempelari Matematika. Dalam matematika kita yang semula tidak mengerti, setelah diajarkan akan menjadi mengerti. Berbeda dengan filsafat, jika pada awalnya kita mengerti, maka pada akhirnya kita menjadi tidak paham sama sekali". Pemahaman dan ketidakpahaman kita inilah yang memotivasi kita untuk memilih berhenti total dalam arti diam ditempat tidak mau melanjutkan lagi atau berhenti sementara, dalam arti refreshing dulu dan mulai melanjutkan lagi. Jadi, dalam mempelajari apapun, baik hal itu sulit atau tidak kita hendaknya bisa menentukan berhenti total atau berhenti sejenak yang akan kita pilih. Secara pribadi saya menentukan pilihan yang kedua yaitu berhenti sejenak dan kembali melanjutkan apa yang akan saya dilakukan. Karena sesulit apapun ilmu yang kita pelajari pastilah memiliki jalan keluarnya asalkan kita mau berusaha mempelajarinya.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut pandangan saya “berhenti” adalah tidak bergerak atau tidak meneruskan lagi. Berhenti akan menjadi positif artinya jika berhenti pada konteks positif seperti halnya berhenti pada puncak kesuksesan, dimana dia telah mencapai pada tujuan yang dicita-citakan kemudian dia berhenti karena sudah puas dengan apa yang diperoleh. Namun berhenti akan bermakna negatif ketika dikontekskan pada negatif pula seperti misalnya seorang guru berhenti berinovasi dalam pembelajaran makan guru akan monoton saja dalam pembelajarannya. Semoga kita tidak berhenti dalam belajar dan menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Elegi ini nantinya akan berisi tentang percakapan antara berhenti, bergerak, dan orang tua berambut putih. Inti dari percakapan tersebut yakni para berhenti yang tengah memberontak karena selalu dianggap buruk oleh bergerak. Namun kemudian orang tua berambut putih menjelaskan bahwa baik berhenti dan bergerak itu harus saling melengkapi. Sebagaimana Allah mencipatakan segala sesuatu berpasang-pasangan, seperti berhenti dan bergerak, dua hal yang bertentangan namun jika salah satu tidak ada maka yang lain pun tidak berarti. Berhenti dapat berarti baik, seperti seseorang yang berhenti dari perbuatan-perbuata dosa yang selalu dilakukannya, dengan kata lain bertaubat. Karenanya, kita tidak boleh melihat segala sesuatu hanya dari satu sisi, tetapi lihatlah dari berbagai sisi sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  7. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sepemahaman saya mengenai Elegi pemberontakan para berhenti. Maksud dari elegi ini adalah, kehidupan itu merupakan sebuah proses dari kita lahir hingga mati. Nah, saat mati itulah semuanya telah berhenti. Matinya pikiran atau hati adalah berhentinya akal budi dan hati nurani untuk bekerja dalam diri manusia, karena berhenti dapat diartikan sebagai mengakhiri suatu proses, kegiatan, atau aktivitas. Berhenti berpikir juga adalah bisa dalam berhenti berfikir negatif sehingga tidak akan menjadi mitos, karena alasan dari berhenti berpikir negatif adalah karena dapat menjadi dosa, dengan demikian berhenti berpikir negatif telah menjadi logos.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Elegi Pemberontakan Para Berhenti artinya seseorang yang dikatakan berhenti belum tentu ia tidak bersuara. Berhenti bukan berarti menyerah tetapi berhenti bisa saja merupakan proses penyesuaian terhadap segala hal yang terjadi dalam hidup seseorang. Seseorang dapat dikatakan berhenti untuk maju dan berhenti untuk berlari kebelakang. Berhenti untuk maju, proses dimana seseorang merefleksi dan berusaha untuk membuat segala sesuatu yang dilewatinya dimasa lalu untuk menjadi lebih baik dengan menatap masa depan dengan menyuarakan apa yang ada dalam hatinya. Sedangkan berhenti untuk berlari kebelakang adalah orang yang takut untuk mencoba hal baru yang mungkin akan membawa kehidupannya ke arah yang lebih baik, tetapi ia terjebak dalam ketidaksadaran ruang dan waktu yang menuntunya untuk diam dan tak bersuara.

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Berheti adalah gerakan yang intensitasnya nol. Jadi berhenti sebenarnya juga adalah bergerak. Ketika elegi –elegi senantiasa berhenti maka nantinya akan membuat kehidupan serasa hampa dan kosong. Kosongnya suatu wadah atau tempat, dianalogikan dengan pikiran kita yang sangat sensitif. Seseorang yang selalu mengisi pikirannya dengan ilmu-ilmu yang baik dan tidak membiarkan pirikan itu kosong akan mempunyai pemikiran maju. Pikiran kosong mengindikasikan seseorang itu kurang motivasi untuk lebih maju dan sukses. Sebaliknya pikiran yang selalu diisi sedikit demi sedikit membuat kempuannya semakin bertambah. Jadi, ilmu untuk pikiran sangat penting dan wajib hukumnya demi kelangsungan hidup yang baik.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    dari elegi ini, kita tahu apa itu makna berhenti. seperti halnya digambarkakn jika seseorang memilih untuk menghentikan jujur, sehingga ia memilih berhenti untuk mencapai jantung nyaman. Jika seseorang memilih untuk berhenti untuk memaafkan, sehingga ia memilih untuk berhenti untuk berteman. Jika seseorang memilih berhenti untuk belajar, sehingga ia memilih untuk berhenti menjadi pintar.

    ReplyDelete
  11. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Berhenti itu tidak bergerak, namun berhenti juga tidak bergerak akantetapi terus berpikir. Segala aktifitas yang kita lakukan pasti ada kontradiksi karena itu bagian dari dunia. Sehingga duniamu berbeda dengan duniaku. Dengan adanya pemberontakan yang artinya untuk menemukan yang separoh dunia yang lain. Jadi sebenar-benar pemberontokan ialah untuk melengkapi dunia yang separoh. Oleh karenanya pemberontakan para berhenti dilakukan guna menggapai suatu tujuan yaitu melengkapi dunia separoh yang lain.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berhenti di sini saya implikasikan melalui segi pendidikan khususnya pelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika guru diharapkan untuk selalu melakuan inovasi atau perubahan. Guru yang berhenti dalam melakukan suatu perubahan adalah guru yang tidak menginginkan suatu perkembangan dalam kemampuannya. Berhenti berarti tidak melakukan apa-apa. Seorang guru yang memiliki prinsip pembelajaran tradisional jika berhenti untuk melakukan perubahan akan terjebak oleh suatu lingkaran pembelajaran tradisional yang menghambat kemajuan dan perkembangan kemampuan guru dan akan berpengaruh pada perkembangan kemampuan dan pengetahuan siswa. Oleh karena itu sebagai pendidik, kita tidak ada henti-hentinya dalam merubah inovasi pembelajaran di kelas. karena jaman terus berubah maka suasana dalam kelas harus di sesuaikan.

    ReplyDelete
  13. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Ketika mendengar kata berhenti, maka secara spontan pikiran saya mengarahkan pada suatu aktivitas yang sedang kita lakukan kemudian berhenti melakukannya. Namun berhenti tidak selalu berarti berhenti melakukan sesuatu seterusnya namun bisa juga berhenti sejenak lalu kemudian melanjutkannya. Misalnya dalam memahami filsafat, kita melakukannya dengan mengikuti perkuliahan bersama Bapak Prof. Marsigit setelah perkuliahan tersebut berakhir kita tetap melakukan proses karena belajar bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.
    Berhenti dan kemudian melanjutkan kembali maksudnya adalah kemana pun dan dimanapun kita berproses, kita perlu untuk berhenti sejenak untuk kembali pada kodrat kita sebagai hamba Allah yang taat, untuk beribadah kepadaNya sambil meminta petunjuk dalam menjalankan proses yang benar yang bisa mendekatkan kita kepadaNya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Selama manusia hidup di dunia ini, maka sebenar-benarnya ia tidak akan pernah mengenal kata berhenti. Saya gunakan contoh berikut: jika manusia ingin berhenti belajar, maka sejauh mana berhenti yang ia maksud? Apakah menonton televisi bukan termasuk kegiatan belajar ? Apakah mendengar pengalaman orang lain maka tidak akan ada aspek belajarnya ? Belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Jadi, manusia tak akan mampu berhenti kecuali jika Allah SWT lah yang menghendaki. Sebenar-benar berhenti dalam hidup ini adalah jika manusia tersebut meninggal. Tapi itu pun belum berhenti seutuhnya, karena kematian tersebut adalah awal untuk dunia pertanggungjawabannya di akhirat.

    ReplyDelete
  16. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Berhenti dalam pandangan saya berarti akhir dari apa yang dimulaikan. Berhenti dapat berarti baik dan tidak baik. Tidak baik jika dalam berhenti mengolah pikiran, karena apa yang dipikirkan pikiran akan terus berjalan, maka tidak ada kata berhenti untuk menggapai suatu pola pikir yang baik. Membaca elegi- elegi emang sulit, dan tidak mudah untuk dapat memahaminya secara langsung dengan cara mengkaitkan elegi yang satu dengan elegi yang lainnya. Dalam usaha membangun diri, dunia dan akhirat membuat kita sadar sebenarnya siapa kita yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Elegi – elegi yang termuat jika tidak didorong dengan kemauan yang sangat hebat, tidaklah akan terbaca dan terambil manfaatnya. Namun, ketika sudah terhanyut di dalam kata demi kata, bait demi bait hingga elegi demi elegi, semua terarungi dengan tulus ikhlas. Maka akan ditemukan keindahan ilmu yang nyata di dalamnya. Tidak hanya itu, bahkan kita terhanyut di dalamnya. Tidak terbatas dalam ruang dan waktu. Hanya saja bagaimana kita memandang semua itu sesuai dengan konteks.

    ReplyDelete
  18. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Ilmu yang dapat dipetik dari berbagai macam elegi sepanjang yang say abaca adalah istilah – istilah filsafat yang tidak jarang maknanya sering ditemukan disekitaran kehidupan, ilmu kehidupan, ilmu memandang suatu pandangan, ilmu diri, ilmu pendidikan, panutan yang dapat dijadikan teladan, dan yang paling tinggi ialah ilmu spiritual yang tergolong dalam dimensi yang paling tinggi yang tiada menandingi.

    ReplyDelete
  19. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    pada elegi ini saya ingin menghubungkannya dengan elegi menggapai inovasi dalam pendidikan. bahwasanya jika kita berhenti berinovasi dalam mengembangkan suatu metode pembelajaran mutakhir tentu kita tidak akan bisa mengimbangi cara belajar anak sesuai zaman yang mana disini bisa kita anggap sebagai ruang dan waktunya. berhenti hanyalah kata untuk orang yang semangatnya sudah mati. karena sejatinya orang hidup akan selalu berusaha untuk berkarya.
    berhenti hanya akan membuat kita stuck di tempat yang seharusnya kita sudah berada jauh di depan.

    ReplyDelete