Jan 13, 2013

FICTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Fictionalism, bisa konek berikut:


Wss

25 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan pada beberapa referensi yang diberikan diatas, dapat saya simpulkan bahwa fictionalism adalah pandangan yang mengklaim adanya suatu wacana dimana tidak mementingkan adanya kebenaran yang ada melainkan cenderung kepada hal fiksi dengan berpura-pura melakukan sesuatu yang benar secara harafiah.

    ReplyDelete
  2. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Fiksionalisme merupakan aliran filsafat yang memiliki gagasan dalam bentuk tidak nyata namun dapat memberikan pengaruh pada kehidupan. Seperti halnya sangkaan bahwa pria lebih kuat dari wanita. Jargon tersebut banyak dipercaya bahkan dalam kehidupan sering dijadikan acuan. Padahal merunut penelitian, kemampuan wanita dalam menahan rasa sakit jauh lebih kuat daripada pria. Dengan demikian apakah sangkaan pria lebih kuat dari wanita itu nyata?

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Fiksi bersifat abstrak, namun seolah olah nampak nyata. Fiksionalisme berasal dari kata dasar fiksi. Fiksionalisme adalah aliran filsafat yang memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi". Dalam matematika merupakan ilmu yang menolak adanya teori –teori dalam matematika yang terbalik. Sehingga matematika diterima dengan wujud yang ada secara independen.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal), dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek.

    ReplyDelete
  5. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Fiksionalisme merupakan kata yang sering muncul dan dikaitkan dengan matematika. Dalam matematika, fiksionalisme merupakan gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematik. Platonisme merupakan, tinjauan yang ada tentang obyek matematika yang bersifat abstrak, kalimat serta teori matematika dimana kita dapat memerikan gambaran yang menar tentang suatu obyek dll.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Disisi lain, fiksionalisme adalah adalah sebuah tinjauan yang merupakan (1)kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi (2) tidak ada benda yang abstrak sehingga (3) teori-teori matematika kita menjadi tidak benar.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Fictionalism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Fictionalism, saya dapat mengetahui tentang Fiksionalisme yang merupakan pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan-pernyataan deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan tetapi sebaliknya harus dipahami sebagai kasus. Fiksional terdiri atas klaim yang dibuat dianggap benar itu benar atau salah, wilayah wacana harus ditafsirkan pada nilai nominal atau tidak direduksi menjadi sesuatu yang lain, dan tujuan bukanlah kebenaran, tetapi seperti kesederhanaan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Fictionalism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/fictionalism/, saya dapat mengetahui tentang Paradoks keberadaan. Paradoks tersebut ditekankan oleh beberapa filsuf. Pertimbangkan argumen berikut,
    “2 + 2 = 4. Jadi sesuatu yang ketika ditambahkan 2, menghasilkan 4. Sesuatu ini adalah angka. Jadi menghasilkan angka", atau
    "Fido adalah seekor anjing. Jadi Fido memiliki sifat-sifat menjadi anjing. Jadi ada sifat-sifat.”
    Jawaban dari paradoks tersebut adalah dengan cara mengadopsi fictionalism. Diruang filsafat, pertanyaan tentang keberadaan entitas abstrak itu sulit dan di luar itu pertanyaannya mudah. Ketika mengucapkan paradoks di ruang filsafat, secara harfiah apa yang ditegaskan adalah sesuatu yang tidak sepele.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Fictionalism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/mathfict/, saya dapat mengetahui tentang Fiksionalisme dalam Filsafat Matematika. Karakter fiksi tentang wacana adalah pengakuan terhadap beberapa tujuan wacana itu dan klaim bahwa tujuan itu dapat dilayani bahkan jika kalimat yang diucapkan dalam konteks wacana itu tidak benar secara harfiah. Jika wacana tersebut melibatkan matematika, inti dari pandangan fiktif matematika tentang wacana tersebut adalah bahwa tujuan terlibat dalam wacana itu dapat dilayani bahkan jika ucapan matematika yang dilakukan seseorang dalam konteks wacana itu tidak benar.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik fictionalism. Melalui link https://www.britannica.com/science/fictionalism, saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang fictionalism karena saat saya membuka halaman web tersebut, terdapat kalimat "Britannica does not currently have an article on this topic" dimana tidak terdapat artikel yang ingin dicari. Walaupun demikian, web yang diberikan sangat bermanfaat karena saya dapat mengaksesnya dan mencari tahu informasi yang ada tentang topik yang lainnya lebih lanjut lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Fiksionalisme merupakan paham yang mempunyai pandangan segala hal merupakan fiksi. Sebagai contoh dalam bidang matematika, paham ini memandang tidak ada sesuatu yang seperti objek matematika. Seperti yang telah kita ketahui, objek matematika merupakan konsep abstrak atau fiksi, yang hanya dalam fikiran manusia. Tiada satupun benda maupun alat di dunia ini yang mampu merepresentasikan objek-objek matematika secara utuh dan sempurna. Sejauh ini yang ada dalam pembelajaran matematika hanyalah merupakan model-model dari objek-objek matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Setelah terkonek dengan link tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa fictionalism adalah kecenderungan tentang kepura-puraan yang dilakukan terhadap kebenaran. Kebenaran yang merupakan kepura-puran akan menyebabkan dampak pada kehidupan sehari-hari. Dimana pandangan ini tidak mementingkan kebenaran melainkan kepura-puran.

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Selain hal tersebut, matematika yang abstrak dan fictionalism juga abstrak. Matematika yang fictionalism yang sama-sama abstrak, terdapat penolakan dari teori-teori matematika. Tetapi matematika hanya abstrak dalam pikiran tetapi dalam kehidupan sehari-hari matematika dapat dikomunkasikan melalui media. Hal tersebut yang membuat matematika ada dalam wujud yang independent.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam https://en.wikipedia.org/wiki/Fictionalism Fictionalism adalah pandangan filsafta yang pernyatan-pernyataannya tidak boleh ditafsirkan seperti itu, tetapi sebaliknya harus percaya, berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah. Factionalism terdiri dari tiga tesis; Klaim yang dibuat dalam domain diskursus dianggap benar, Wilayah wacana harus ditafsirkan pada nilai nominal — tidak direduksi menjadi sesuatu yang lain, serta Tujuan diskursus dalam domain apa pun bukanlah kebenaran, tetapi beberapa kebajikan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Fictionalism terdiri setidaknya tiga tesis berikut:
    1. Klaim yang dibuat dalam domain wacana diambil sebagai kebenaran-apt, yaitu, benar atau salah.
    2. Domain wacana adalah untuk ditafsirkan pada nilai nominal - tidak direduksi menjadi berarti sesuatu yang lain.
    3. Tujuan dari wacana dalam setiap domain yang diberikan tidak benar, tetapi beberapa kebajikan lainnya(misalnya, kesederhanaan, jelas lingkup).

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pandangan filsafat, fiksionalisme mendeskriskipan dunia tidak harus ditafsirkan dalam arti sebenarnya tetapi sebaliknya seharusnya dipahami sebagai kasus “percayalah” terhadap perlakuan suatu hal yang dianggap tidak benar secara harfiah. Salah satu karakteristik fiksi adalah membuat klaim bahwa suatu tujuan dapat dilayani atau dibahas meskipun kalimat yang diucapkan dalam konteks itu tidak benar secara harfiah. Pandangan fiktif matematika tentang suatu konteks adalah tujuan dalam konteks permasalaha itu dapat dilayani bahkan jika ucapan matematika yang dilakukan seseorang dalam konteks wacana itu tidak benar seperti ‘There are no square prime numbers’.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fiksionalisme merupakan aliran yang berpandangan bahwa pengalaman beserta hubungannya hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Oleh karena itu, kebenaran hanyalah hipotesis kerja yang masih perlu diuji kepastiannya. Dalam matematika, fiksionalisme memandang bahwa proposisi-proposisi matematis dapat benar tanpa mengandaikan keberadaan entitas matematika secara independen. Proposisi matematis hanyalah instrumen dalam memahami realitas spasio-temporal; bilangan hanyalah nama-nama yang kita terakan pada semesta fisik. Posisi ini menyatakan bahwa karena entitas-entitas matematika tidak ada, maka sebagian besar proposisi matematis keliru.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Fiksionalisme, di sisi lain adalah sebuah tinjauan yang merupakan (a) kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi (b) tidak ada benda yang abstrak sehingga (c) teori-teori matematika kita menjadi tidak benar. Karena itu, ide seperti kalimat “3 adalah bilangan prima” adalah salah, atau tidak benar, untuk alasan yang sama, mengatakan bahwa “peri itu murah hati” adalah salah atau tidak benar, karena tidak ada orang yang seperti peri, jadi tidak ada sesuatu yang seperti angka 3. Hal ini penting untuk dicatat, meskipun nama tinjauan, fiksionalisme tidak melibatkan beberapa pernyataan yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link tersebut disampaikan bahwa fictionalism dalam matematika diperkenalkan oleh Hartry Field, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Dimana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Sedangkan Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan. Telah ditunjukkan bagaimana mengerjakan ilmu pengetahuan tanpa menggunakan matematika, Field melanjutkan untuk merehabilitasi matematika sebagai jenis fiksi yang bermanfaat. Matematika adalah sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisiknya semuanya benar, meskipun pernyataanya sendiri salah. Jadi, ketika mengerjakan matematika, kita dapat melihat diri kita sendiri yang menceritakan jenis cerita, mengatakannya sebagai bilangan jika ada.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Fiksionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menyatakan pernyataan-pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, tetapi sebaliknya harus dipahami sebagai kasus yang fiksi. Dua untaian fiksi adalah fiksi yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa dunia yang mungkin, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, dapat menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fiksionalism matematika yang disampaikan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa berbicara tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan untuk belajar sains. Juga dalam matematika posisi setara yang disebut juga fiksi moral.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    "The domain of discourse is to be interpreted at face value—not reduced to meaning something else" Artinya bahwa discourse tidak bisa direduksi untuk hal yang lain.

    ReplyDelete
  22. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal), dan (b) kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Fiksionalisme adalah pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan-pernyataan yang tampaknya merupakan deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, tetapi sebaliknya harus dipahami sebagai kasus "percayalah", berpura-pura memperlakukan sesuatu sebagai benar secara harfiah (suatu "berguna" fiksi").

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Fictionalism atau fiksionalisme dipelopori oleh Harty Field pada tahun 1980 ketika ia mempublikasikan Science Without Numbers. Dimana ia menolak argumen Quine, yang menyatakan bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicaarakan tentang wujud yang ada secara independen.

    ReplyDelete
  25. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Fiksionalisme adalah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa dunia harus dipahami sebagai sesuatu yang benar (bukan fiksi atau kepura-puraan). Dalam matematika, fiksionalisme diartikan sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisik bahwa semua benar, meskipun pernyataan salah.

    ReplyDelete