Jan 13, 2013

FICTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Fictionalism, bisa konek berikut:


Wss

44 comments:

  1. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fiksionalisme matematika adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak yaitu objek matematika non spatio temporal), dan (b) kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Fictionalisme adalah pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan yang tampak merupakan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "membuat kepercayaan", Fictionalisme terdiri dari setidaknya tiga tesis berikut:
    1. Klaim yang dibuat dalam domain wacana dianggap tepat; Artinya, benar atau salah
    2. Domain wacana harus ditafsirkan pada nilai nominal, tidak dikurangi dengan makna sesuatu yang lain
    3. Tujuan wacana dalam domain tertentu bukanlah kebenaran, namun beberapa kebajikan lain (mis., Kesederhanaan, cakupan penjelasan).

    ReplyDelete
  3. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan link wikipedia yang Bapak berikan, Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "yang berguna fiksi ").

    ReplyDelete
  4. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dua helai penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan benda-benda matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan ilmu. Juga dalam meta-etika, ada posisi yang setara disebut fictionalism moral. Banyak versi modern fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Fictionalism sama halnya dengan fiksi. Fiksi dipahami sebagai suatu kasus yang berpura-pura. Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa deskripsi dunia tidak dapat ditafsirkan begitu saja tetapi harus dipahami terlebih dahulu sebagai kasus yang dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  6. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Di mana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil. Ia melakukan ini dengan memberikan aksiomatisasi lengkap dari mekanika Newton yang tidak membutuhkan bilangan sebagai acuan atau fungsi sama sekali. Ia mulai dengan "keantaraan" dari aksioma Hilbert untuk mengkarakterisasi ruang tanpa mengkoordinasikannya, dan kemudian menambahkan relasi tambahan diantara titik-titik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan lapangan vektor (vector fields). Geometri Hilbert adalah matematik, karena berbicara tentang titik-titik yang abstrak, tetapi dalam teori Field, titik-titik ini adalah titik-titik nyata dari ruang fisik, sehingga tidak ada obyek-obyek matematik yang khusus sama sekali yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  7. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Field melanjutkan untuk merehabilitasi matematika sebagai jenis fiksi yang bermanfaat (useful fiction). Ia telah menunjukkan bahwa fisika matematik adalah sebuah perluasan yang konservatif dari fisika non-matematiknya (yaitu, setiap fakta fisik yang dapat dibuktikan dalam fisika matematik sudah dapat dibuktikan dari sistem Field), sehingga matematika adalah sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisiknya semuanya benar, meskipun pernyataanya sendiri salah. Jadi, ketika mengerjakan matematika, kita dapat melihat diri kita sendiri yang menceritakan jenis cerita, mengatakannya sebagai bilangan jika ada. Bagi Field, suatu pernyataan seperti "2 + 2 = 4" adalah salah seperti "Sherlock Holmes tinggal di 221B Baker Street" — tetapi keduanya benar menurut fiksi-fiksi yang relevan.

    ReplyDelete

  8. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. (https://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme)

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fiksi adalah abstrak dan seolah olah nampak nyata. Fiksionalisme berasal dari kata dasar fiksi. Fiksionalisme adalah aliran filsafat yang memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi". Dalam matematika merupakan ilmu yang menolak adanya teori –teori dalam matematika yang terbalik. Sehingga matematika diterima dengan wujud yang ada secara independen.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Fictionalism adalah ideologi dan pandangan dalam filsafat yang meyakini bahwa pernyataan yang muncul untuk menjadi deskripsi dari dunia tidak dapat dianggap seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus untu "membuat percaya". Salah satu fictionalisme dalam matematika bahwa pembicaraan tentang angka dan obyek matematika lainya tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan hal yang bersifat ilmiah.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. factionalism berasal dari kata dasar fiksi yang menurut KBBI berarti rekaan; hkayalan; tidak berdasarkan kenyataan. Di beberapa sumber mengatakan bahwa factionalism adalah suatu paham di mana konstruk sosial disusun berdasarkan fiksi-fiksi. Misal, bagaimana mitos-mitos masa silam mengkonstruk suatu kebudayaan. Di suku mandar misalnya meyakini bahwa memotong kuku di malam hari itu tidak baik karena akan mengalami kesialan. Atau bunyi gagak di malam hari diyakini sebagai suatu pertanda bahwa akan terjadi suatu peristiwa yang tidak baik. Mito-mitos tersebut adalah fiksi-fiksi yang membentuk suatu cara berfikir yang tradisionil.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Fiksionalisme pertama kali dikenalkan oleh Field pada tahun 1980, 1989, dan 1998. Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal) dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Ini sangat baik jika guru bisa mereduksinya di dalam proses belajar mengajar matematika di kelas sehingga siswa dapat melihat bukti empiris dan realistic dari objek materi yang sedang dipelajari. Hal ini juga menjadi salah satu lahirnya pendekatan matematika realistic. Dengan menggambarkan objek-objek yang besifat nyata di dalam pemikiran ataupun di luar pemikiran siswa.

    ReplyDelete
  13. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dari sumber wikipedia di atas, fictioinalisme merupakan pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah benar (kegunaan fiksi). Menurut saya, definisi ini berkaitan dengan definisi fiksi dalam kehidupan sehari-hari yakni fiksi merupakan suatu khayalan, rekaan, atau tidak berdasarkan kenyataan. Jadi, tidak semua yang terjadi di sekitar kita ditafsirkan sesuai dengan yang tampak mata. Bisa saja bukan seperti itu maknanya tetapi kita bisa mempercayainya walaupun bukan apa yang seperti kita fikirkan maknanya.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Fiksionalisme merupakan aliran yang berpandangan bahwa pengalaman beserta hubungannya hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Oleh karena itu, kebenaran hanyalah hipotesis kerja yang masih perlu diuji kepastiannya. Dalam matematika, fiksionalisme memandang bahwa proposisi-proposisi matematis dapat benar tanpa mengandaikan keberadaan entitas matematika secara independen. Proposisi matematis hanyalah instrumen dalam memahami realitas spasio-temporal; bilangan hanyalah nama-nama yang kita terakan pada semesta fisik. Posisi ini menyatakan bahwa karena entitas-entitas matematika tidak ada, maka sebagian besar proposisi matematis keliru.

    ReplyDelete
  15. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I now know that fictionalism is a view in philosophy that states that the description of the world should not be interpreted as such, but should be understood as a case of "making believe," pretending to treat something literally true (fictional use). I have not quite understood what I have understood about fiction that fiction is abstract and as if it seems real, right or wrong. I think this is related to the definition of fiction in everyday life, that fiction is a fantasy, and not based on the fact that not everything that happens around us can be interpreted and interpreted according to the five senses. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  16. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Menurut wikipedia, fiksi adalah sebuah pandangan atau aliran dalam ilmu filsafat yang menyatakan bahwa pendeskripsian terhadap sebuah dunia ditafsirkan dengan kemungkinan atau berpura-berpura. Maksud dari fiksi itu adalah sebuah kemungkinan yang ada nya itu masih menjadi sebuah mitos. Fiksi juga dapat diarti sebuah khayalan, jika diartikan dalam sebuah cerita maka fiksi adalah bagian dari sebuah cerita dongeng atau hanya sebuah mimpi. Akan tetapi, dalam dunia filsafat matematika, bisa saja sesuatu yang fiksi atau tidak nyata dapat dibuktikan dalam dunia matematika itu.

    ReplyDelete
  17. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Fictionalism, sebuah pandangan yang berpusat pada fiksi/ imajinasi atau sesuatu yang masih abstrak dan belum dapat dibuktikan secara nyata. Sebuah hal bisa saja salah jika dipandang dari sudut pandang fiksionalisme, tetapi mungkin benar saat kita bisa merunut kebenarannya,atau sebaliknya. Menurut pemahaman saya, terkadang pandangan fiksionalisme diperlukan dalam kita berpikir secara matematika. Sesuatu yang abstrak itu 'tidak buruk' karena bukankah pikiran kita itu bersifat abstrak? Bagaimanakah kita yakin bahwa 2+3=5? Dari mana asal usul notasi angka 2, 3 atau 5? Hal tersebut berawal dari fiksi yang terjadi pada pikiran manusia. Walaupun demikian, hal tersebut digunakan sampai sekarang.

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Fictionalism adalah paham yang melihat dunia ini dari cerita sebuah dunia. fictionalism modal menyatakan bahwa kemungkinan dunia ini tergantung dari pikiran manusia itu ada atau tidak mengenai dunia yang dimaksud. Fictionalism matematika adalah bahwa angka dan benda-benda matematika itu merupakan bentuk suatu tafsiran pemikiran, atau komunikasi yang cocok digunakan untuk menyampaikan ilmu matematika.

    ReplyDelete
  19. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fiksi dalam filsafat berarti pandangan terhadap sesuatu sebatat literal dan tafsiran belaka, seharusnya harus dipahami sebagai kasus. Seperti contoh dalam ilmu matematika, kita tidak bisa memandang matematika secara literal artinya hanya permainan angka, namun harus dipandang sebagai pemecahan masalah terhadap kehidupan dan memiliki misi ideologis.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih bapak atas sharing ilmunya mengenai fiktionalisme, yang berarti bahwa sesuatu dipandang hanya sebatas literal dan tafsiran belaka, jika kita melihat dalam menerapkan matematika yang menggunakan angka-angka maka pandanglah matematika secara luas yaitu untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata manusia bukan hanya sebatas olah angka saja.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  21. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Fiksionalisme merupakan suatu pandangan filsafat terhadap suatu pernyataan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan sebagai mestinya. Pada umunya fiksi-fiksi suatu ilmuah terkait wacana tertentu biasa diucapkan kalimat dalam wacana fiksi, tetapi juga dapat kita gunakan kalimat secara harfiah. Salah satu contohnya pada fiksi suatu ilmiah matematika, ketika kita berpendapat dan kita mengucapkan terdapat suatu bilangan prima dalam konteks biasa, tetapi kita juga dapat menyebutnya dalam ranah fiksi.

    ReplyDelete
  22. Junianto
    PM C

    Fictionalism mempunyai karakter khas tentang sebauh wacana dimana wacana tersebut memiliki tujuan berharga dan klaim bahwa tujuan tersebut bisa disajikan meskipun wacana tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam matematika dapat dianalogikan secara sederhana bahwa ketika siswa mengerjakan/ memecahakan permasalahan sejatinya mereka sedang belajar memecahkan permasalahan kehidupan yang mungkin akan mereka hadapi di masa mendatang.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Fictionalism disini jika kita terapkan dalam pembelajaran matematika adalah ketika seorang guru memiliki sebuah wacana unttuk memberikan soal mengenai kemampuan literasi matematis, maka guru tersebut memiliki wacana bahwa nanti ketika peserta didiknya menjawab dengan benar maka akan diberikan apresiasi setinggi-tingginya. Namun hal tersebut hanya sebagai wacana belaka yang belum diketahui kebenarannya. Kebenaran dari sebuah wacana akan terlihat ketika wacana tersebut direalisasikan oleh guru matematika tersebut.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum..
    Setelah membaca referensi dari website http://plato.stanford.edu/entries/fictionalism/ saya memahami pengertian fiksionalisme. Fiksionalisme mencakup mengenai pandangan yang menganggap kebenaran harfiah sebagai semacam fiksi. Fiksionalisme dalam matematika dikembangkan pada tahun 1980 oleh Hartry Field. Fiksionalisme disebut-sebut sebagai gagasan terbaik sebagai reaksi platonisme matematika. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  25. Junianto
    PM C

    Fictionalism mempunyai karakter khas tentang sebauh wacana dimana wacana tersebut memiliki tujuan berharga dan klaim bahwa tujuan tersebut bisa disajikan meskipun wacana tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam matematika dapat dianalogikan secara sederhana bahwa ketika siswa mengerjakan/ memecahakan permasalahan sejatinya mereka sedang belajar memecahkan permasalahan kehidupan yang mungkin akan mereka hadapi di masa mendatang.

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, fictionalism merupakan suatu pandangan yang memberi klaim terhadap sebuah wacana dimana tidak dipandang dari tujuan kebenarannya namun lebih condong dianggap sebagai “fiksi” atau berpura-pura melakukan sesuatu yang secara harfiah benar.

    ReplyDelete
  27. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang pernyataannya mendeskripsikan dunia yang tidak ditafsirkan apa adanya, tetapi seharusnya dipahami sebagai kasus agar dipercaya dan seolah-olah menganggap sesuatu itu benar. Fictionalism setidaknya terdiri dari Klaim yang dibuat atas benar atau salah, Tidak mengurangi arti dari suatu wacana, Tujuan wacana dalam domain yang diberikan bukan kebenaran, namun seperti kesederhanaan, ruang lingkup jelas, dll.

    ReplyDelete
  28. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "yang berguna fiksi "). Atau dengan kata lain fiksionalisme adalah keadaan menganggap matematika sebagai dongeng atau cerita fiksi belaka.

    Dua alur penting dari fictionalism yaitu modal fictionalism yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan mathematics fictionalism yang diusulkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kemudahan untuk melakukan ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  29. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Plato beranggapan bahwa objek matematika adalah abstrak, kalimat dan teori dalam matematika dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Fiksionalisme adalah gagasan yang dapat mematahkan pendapat Plato tersebut.
    Paham fiksionalisme merupakan anggapan bahwa suatu pernyataan yang terlihat dapat dideskripsikan namun sesungguhnya dianggap tidak nyata maka untuk dapat mempercayainya harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Memandang segala sesuatu sebagai tafsiran atau literasi belaka dapat dikatakan sebagai Fictionalism. Artinya dengan menafsirkan atau meliterasikan sesuatu, kita mencari kebenaran agar dapat dipercayai. Karena Fictionism ini merupakan anggapan yang menyatakan bahwa suatu pernyataan itu memang dapat dideskripsikan atau dijelaskan namun pada kenyataanya sesuatu itu dianggap tidak nyata, maka untuk dapat dipercayai diperlukan suatu pembuktian terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  31. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fiksionalisme adalah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa dunia harus dipahami sebagai sesuatu yang benar (bukan fiksi atau kepura-puraan). Dalam matematika, fiksionalisme diartikan sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisik bahwa semua benar, meskipun pernyataan salah.

    ReplyDelete
  32. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat tentang suatu wilayah wacana dapat dicirikan sebagai pandangan bahwa klaim yang dibuat dalam wacana tersebut tidak paling baik dilihat sebagai tujuan kebenaran literal namun lebih baik dianggap sebagai semacam 'fiksi'. Dalam aliran fiksionalism ini ada yang namanya fiksi ilmiah. Fiksi ilmiaah menurut Hartry Field adalah bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari sekedar memperoleh kenyamanan untuk melakukan sains.

    ReplyDelete
  33. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Di mana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil. Ia melakukan ini dengan memberikan aksiomatisasi lengkap dari mekanika Newton yang tidak membutuhkan bilangan sebagai acuan atau fungsi sama sekali. Ia mulai dengan "keantaraan" dari aksioma Hilbert untuk mengkarakterisasi ruang tanpa mengkoordinasikannya, dan kemudian menambahkan relasi tambahan diantara titik-titik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan lapangan vektor (vector fields). Geometri Hilbert adalah matematik, karena berbicara tentang titik-titik yang abstrak, tetapi dalam teori Field, titik-titik ini adalah titik-titik nyata dari ruang fisik, sehingga tidak ada obyek-obyek matematik yang khusus sama sekali yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  34. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Fiksionalisme adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika yang menterjemahkan objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme. Platonis menyatakan bahwa objek abstrak adalah semua yang bersifat non fisik, non mental, non ruang, non temporal, non sebab. Jadi, angka 3 ada pikiran kita, tetapi tidak ada dalam ruang ataupun waktu, bukan berupa objek fisik atau mental, dan tidak masuk kedalam sebab hubungan dengan objek lain.

    ReplyDelete
  35. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Fiksionalisme adalah salah satu pendapat mengenai asal usul matematika selain paham realisme, intusionalisme dan konstruktivisme. Fiksionaisme matematika adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap tinjauan yang ada tentang obyek matematika yang bersifat abstrak serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Salah satu contoh fiksionalisme dalam matematika ialah kaimat bahwa “angka 4 merupakan bilangan genap”. Yaitu memberikan sebuah gambaran tentang suatu objek abstrak tertentu. Dalam hal ini obyek abstraknya ialah angka 3. Angka 3 ada bebas dalam pikiran kita, tetapi tida ada di dalam ruang dan waktu, bukan berupa obyek fisik atau mental.

    ReplyDelete
  36. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Stanford Encyclopedia of Philosophy, Fiksionalisme dalam Filsafat Matematika adalah pandangan bahwa (a) kalimat matematika dan teori-teori yang dimaksudkan untuk menjadi obyek matematika abstrak, seperti yang disarankan Platonisme, tetapi (b) tidak ada hal-hal seperti benda abstrak , dan (c) teori matematika kami tidak benar. Dengan demikian, idenya adalah bahwa kalimat seperti '3 adalah bilangan prima' adalah palsu, atau tidak benar, untuk alasan yang sama bahwa, katakanlah, 'Si Peri gigi yang murah hati' adalah palsu atau tidak benar-karena seperti tidak ada orang seperti gigi peri, demikian juga tidak ada hal seperti nomor 3. Hal ini penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa meskipun nama, pandangan fungsionalis tidak perlu melibatkan klaim yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. Misalnya, tidak ada klaim di sini bahwa wacana matematika adalah semacam wacana fiksi. Dengan demikian, fungsionalis tidak berkomitmen untuk tesis bahwa tidak ada disanalogies penting antara matematika dan fiksi. Akhirnya, juga harus dicatat di awal bahwa fictionalism adalah versi nominalisme matematika, pandangan bahwa tidak ada hal-hal seperti objek matematika.

    ReplyDelete
  37. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Fictionalism adalah aliran filsafat yang berpendapat bahwa semua pernyataan yang dibuat oleh manusia di dunia itu tidak lah sesuai realitas namun dihasilkan dari pemikiran “make believe” atau dari kepura-puraan manusia yang menganggap secara harfiah itu benar
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Fiksinalisme adalah suatu pandangan dalam filsafat yang berarti bahwa berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah benar. Fiksionalisme wacana dapat dicirikan sebagai sebuah pandangan unutk melihat tujuan kebenaran literal namun lebih baik dianggap sebagai semacam 'fiksi'.

    ReplyDelete
  39. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Fiksionalisme adalah cara pandang mengenai suatu hal atau pernyataan yang dapat dideskripsikan, namun sesungguhnya hal tersebut tidak nyata dalam realitas kehidupan. Seperti misalnya angka dan bentuk-bentuk dalam matematika. sebelah dapat dideskripsikan, dan orang-orang menggunakannya dalam kehidupan, namun sebenarnya sebelas sendiri itu tidak nyata.

    ReplyDelete
  40. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang mana pernyataan tidak perlu ditafsirkan akan menjadi deskripsi dari sebuah dunia, melainkan harus dipahami sebagai kasus membuat percaya, berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah. Dua bagian penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan benda-benda matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan ilmu.

    ReplyDelete
  41. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Fictionalism memandang suatu wacana bukan dari benar salahnya, namun melihat adanya kebajikan di dalam wacana tersebut. Misalnya wacana berkaitan dengan seorang legenda yang mencuri untuk diberikan kepada masyarakatnya yang miskin. Menurut paham ini, berarti tindakan mencuri diabaikan, lebih fokus kepada kebajikan berupa sifat membantu orang lain yang sedang kesusahan.

    ReplyDelete
  42. Fictionalisme merupakan pandangan filsafat yang memiliki tiga tesis yakni 1) Klaim yang dibuat dalam domain wacana dianggap tepatcArtinya, benar atau salah, 2) Domain wacana harus ditafsirkan pada nilai nominal-tidak dikurangi menjadi makna sesuatu yang lain. 3) Tujuan wacana dalam domain tertentu bukanlah kebenaran, namun beberapa kebajikan lain (mis., Kesederhanaan, cakupan penjelasan). Terima Kasih

    ReplyDelete
  43. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam mempercayai seseuatu yang sifatnya tidak pasti, manusia sering kali ragu dan tidak jarang malah mengabaikannya. Manusia pada hakikatnya sangat membutuhkan penguatan, bukti atau paling tidak rasa diyakinkan sebelum akhirnya mempercayai sesuatu. Apalagi saat harus percaya pada sesuatu yang sifatnya fiksi atau khayal. Butuh penjelasan yang mendalam agar rasa percaya tersbut timbul dan diakui keberadaannya.

    ReplyDelete
  44. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Sesuatu hal yang tidak pasti dan tidak nyata terkadang sangat sulit untuk dipahami dan dipercayai kebenarannya. Namun tuhan telah mengatakan bahwa “tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembahku”. Dari pernyataan tersebut memberikan kita renungan bahwa di dunia ini ada kehidupan yang terjadi selain kehidupan yang sesuai realitas yang seperti saat ini sedang kita jalani atau lakoni. Yang terpenting adalah kita harus selalu yakin dan percaya atas segala ciptaan tuhan yang bersifat fiksi ataupun semu.

    ReplyDelete