Jan 13, 2013

FICTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Fictionalism, bisa konek berikut:


Wss

36 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak dapat dianggap seperti itu, tapi malah harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah ("berguna fiksi "). Dua hal penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan untuk melakukan ilmu pengetahuan. Juga dalam meta-etika, ada posisi setara disebut fictionalism moral (diperjuangkan oleh Richard Joyce). Banyak versi modern fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menggambarkan dunia tidak dianggap seperti kenyataannya, namun dipahami sebagai sebuah kasus yang berpura-pura. Klaimnya dibuat dalam wacana yang tidak terbaik yang bisa dilihat untuk tujuan kebenaran secara harfiah tetapi lebih dianggap sebagai semacam ‘fiksi’.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa deskripsi dunia tidak dapat ditafsirkan begitu saja tetapi harus dipahami terlebih dahulu sebagai kasus yang dapat membuat percaya, dan berupaya untuk mengobati sesuatu secara harfiah. Dalam Fictionalism terdapat dua pernyataan bahwa kemungkinan dunia terlepas dari apakah ada atau tidak. Dalam matematika, Fictionalism dinyatakan oleh Harty Field bahwa pembicaraan mengenai angka dan benda-benda matematika tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan ilmu. Terdapat 3 tesis mengenai Fictionalism yaitu klaim yang dibuat dalam wacana diambil sebagai kebenaran (benar atau salah), domain wacana harus ditafsirkan berdasarkan nilainya tanpa dikurangi, dan tujuan dari wacana di setiap domain yang diberikan tidak benar tetapi mencakup seperti kesederhanaan, ruang lingkup yang jelas.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensi yang di berikan Prof Marsigit, dari sini dapat menambah kata pengertian pham filsafat baru yaitu fictionalism. Pada refrensi lain saya menemukan bahwa fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal), dan (b) kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Misalnya : dalam tinjauan platonis, kalimat “3 adalah bilangan prima” memberikan sebuah gambaran yang terus terang tentang sebuah nama objek tertentu, angka 3 memiliki arti yang sama pada kalimat “Planet Mars itu berwarna merah” memberikan sebuah gambaran tentang Mars. Akan tetapi Mars adalah sebuah objek fisik, sedangkan angka 3 (sesuai dengan platonisme) adalah sebuah obyek abstrak. Hal ini Platonis memberitahukan kepada kita bahwa objek abstrak adalah semua yang bersifat non fisik, non mental, non ruang, non temporal, non sebab. Jadi dalam tinjauan ini, angka 3 ada bebas dalam diri dan pikiran kita, tetapi tidak ada dalam ruang ataupun waktu, bukan berupa objek fisik atau mental, dan tidak masuk kedalam sebab hubungan dengan objek lain.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fictionalism sama halnya dengan fiksi. Fiksi dipahami sebagai suatu kasus yang berpura-pura. Fictionalism terdapat dua pernyataan bahwa kemungkinan dunia terlepas dari apakah ada atau tidak.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa dunia itu harus dipahami sebagai sebuah kasus “make believe”, memperlakukan sesuatu sebagai literatur yang benar. Fictionalisme terbagi menjadi dua, yakni fictionalisme modal yang dipelopori oleh Gideon Rosen dan fictionalisme matematika yang dikemukakan oleh Harty Field. Dalam matematika, aliran ini mengungkapkan tentang keberadaan matematika sebagai sesuatu yang fiksi atau tidak nyata. Fisnionalisme adalah sebuah tinjauan tentang kalimat dan teori-teori matematika yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi tidak ada benda abstrak, sehingga teori-teori matematika menjadi tidak benar. Karena itu, ide yang mengatakan bahwa “3 adalah bilangan prima” adalah salah atau tidak benar, untuk alasan yang sama, mengatakan bahwa “peri itu murah hati” adalah salah karena tidak ada orang seperti peri, jadi tidak ada sesuatu seperti angka tiga.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Fictionalism adalah suatu sudut pandang filsafat bahwa dunia harus dipahami sebagai suatu kasus. Segala yang ada dan yang mungkin ada jika engkau pikirkan itu benar, namun ketika sudah di luar pikiran, kebenaran itu relatif terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fictionalisme ialah pandangan yang bahwa pengalaman beserta hubungannya (kategorinya) hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Sehingga para fiksionalis berpikir bahwa mempunyai paham ini merupakan ide yang terbaik dalam menanggapi platonisme. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja (persangkaan belaka) yang masih perlu diuji lagi kepastiannya.

    ReplyDelete
  10. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Perbedaan kedua adalah antara fiktifisme hermeneutik dan revolusioner. Fiksi fenomenologis tentang wacana D adalah tesis tentang sifat sebenarnya wacana: menurut fiksi fenomenologis, sebenarnya kita tidak mengarahkan pada kebenaran literal tapi hanya muncul atau berpura-pura melakukannya. Fiktifisme revolusioner, sebaliknya, menegaskan bahwa ketika terlibat dalam D kita seharusnya hanya membuat pernyataan berpura-pura seperti itu; Inti keterlibatan dalam D akan dicapai dengan berpura-pura. Jelas, fiktifisme hermeneutik dan revolusioner adalah tesis yang berbeda dan harus dievaluasi secara terpisah. Dalam diskusi selanjutnya di bagian

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Fiksionalisme mengemukakan bahwa pengalaman beserta hubungannya (kategorinya) hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja (persangkaan belaka) yang masih perlu diuji lagi kepastiannya. Fiksionalisme dalam matematika menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Fiksionalisme menganggap bahwa matematika telah diabaikan, sehingga dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang real.

    ReplyDelete
  12. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Fictionalisme adalah pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan yang tampaknya merupakan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "make believe", berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah benar. Fictionalisme tidak melibatkan beberapa pernyataan yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. Misalnya, tidak ada pernyataan disini bahwa teks tentang matematika adalah sebuah jenis fiksi atau sesuatu sejenisnya. Karena itu, kekhayalan tidak dimasukkan ke dalam tesis yang tidak ada ketidakanalogisan yang penting antara matematika dan fiksi. Akhirnya, ini seharusnya juga dicatat di awal bahwa fictionalisme adalah sebuah versi nominal matematika, tinjauan bahwa tidak ada sesuatu yang sama dengan objek matematika.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Fiksionalisme adalah sebuah tinjauan yang merupakan kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi tidak ada benda yang abstrak sehingga teori-teori matematika kita menjadi tidak benar. Karena itu, ide seperti kalimat “3 adalah bilangan prima” adalah salah, atau tidak benar, dan untuk alasan yang sama, mengatakan bahwa “peri itu murah hati” adalah salah atau tidak benar, karena tidak ada orang yang seperti peri, jadi tidak ada sesuatu yang seperti angka 3. Hal ini penting untuk dicatat, meskipun nama tinjauan, fiksionalisme tidak melibatkan beberapa pernyataan yang sangat kuat tentang analogi antara matematika dan fiksi. Misalnya, tidak ada pernyataan disini bahwa teks tentang matematika adalah sebuah jenis fiksi atau sesuatu sejenisnya. Karena itu, kekhayalan tidak dimasukkan ke dalam tesis yang tidak ada ketidakanalogisan yang penting antara matematika dan fiksi. Akhirnya, ini seharusnya juga dicatat di awal bahwa fiksionalisme adalah sebuah versi nominal matematika, tinjauan bahwa tidak ada sesuatu yang sama dengan objek matematika.

    ReplyDelete
  14. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Fictionalism dalam filsafat matematika adalah pandangan bahwa pernyataan matematika, seperti '8 + 5 = 13' dan 'Π adalah tidak rasional', harus ditafsirkan pada nilai nominal dan, dengan demikian hasilnya adalah salah. Fictionalists biasanya didorong untuk menolak kebenaran laporan matematika seperti itu karena pernyataan ini menyiratkan keberadaan entitas matematika, dan menurut fictionalists tidak ada entitas tersebut. Fictionalism adalah nominalis (atau antirealist) akun matematika dalam hal itu menyangkal keberadaan alam entitas matematika abstrak. Fiksionalisme, dari situs lain adalah sebuah tinjauan yang merupakan (a) kalimat dan teori–teori matematika kita yang mengartikan tentang objek-objek matematika yang bersifat abstrak, seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi (b) tidak ada benda yang abstrak sehingga (c) teori-teori matematika kita menjadi tidak benar.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Fictionalisme merupakan pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan yang tampaknya merupakan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami. Fictionalisme terdiri dari setidaknya tiga tesis yang salah satunya menyebutkan bahwa klaim yang dibuat dalam domain wacana dianggap tepat, artinya benar atau salah. Itulah yang dapat saya pahami sedikit tentang fictionalisme.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Fictionalism merupakan salh satu pandangan dalam filsafat yang menggambarkan dunia tdak dianggap kenyataannya, namun dipahami sebagai sebuah kasus yang “membuat percaya”. Paham ini dalam matematika adalah membicarakan tentang angka dan obyek matematika lainnya tidak lebih dari kenyamanan dalam melakukan sesuatu hal dalam ilmu pengetahuannya.

    ReplyDelete
  17. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Fiksionalisme memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi". Fiksionalisme terdiri dari dua, yaitu fiksionalisme modal dan matematika. Fiksionalisme modal adalah kemungkinan dunia (ada maupun tidak) menjadi wacana yang berguna. Fiksionalisme matematika adalah pandangan bahwa orang belajar matematika (angka, bentuk) tidak lebih dari kepura-puraannya dalam memerankan kenyamanan untuk memperoleh ilmu matematika.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Salah satu alasan lingiustik dan bahasa selalau bersama-sama. Fictionalisme tentang wilayah wacana sementara dapat dicirikan sebagai pandangan bahwa klaim yang dibuat dalam wacana tersebut tidak paling baik dilihat sebagai tujuan kebenaran literal namun lebih baik dianggap sebagai semacam 'fiksi'. Seperti yang akan kita lihat, karakterisasi fiktifisme pertama ini dalam beberapa hal kasar. Tapi itu adalah titik tolak yang berguna.

    ReplyDelete
  19. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Fiksional yakni konten yang sarat rekaan alias fiktif. fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek yang bersifat abstrak (yaitu objek nonspatiotemporal), dan (b) kalimat serta teori-teori dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Dimana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan link pertama didapatkan bahwa
    Fictionalisme adalah pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan yang tampaknya merupakan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "make believe", berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah benar (sebuah "berguna fiksi"). Dua alur penting fiktifisme adalah fiktifisme kapital yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa dunia yang mungkin, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, dapat menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fiksi ilmiah yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka Dan objek matematika lainnya tidak lebih dari sekedar kenyamanan untuk melakukan sains. Juga dalam meta-etika, ada posisi setara yang disebut fiksi moralisme (diperjuangkan oleh Richard Joyce). Banyak versi modern fiktifisme dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam artikel juga disebutkan tentang sikap fiksionist, yaitu yang menerima tanpa keyakinan. Artinya bahwa fiksi dalam matematika menerima pembacaan kalimat dengan nilai yang diucapkan dalam konteks teorema empiris matematis dan biasa, namun ketika kalimat-kalimat itu, pada pembacaan itu, yang berkomitmen pada keberadaan objek matematika, fiktifis matematika tidak menerima kalimat tersebut sebagai kenyataan.

    ReplyDelete
  22. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Fiksionalisme matematika adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah (a) tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak yaitu objek matematika non spatio temporal), dan (b) kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Fictionalisme adalah pandangan dalam filsafat yang menurutnya pernyataan yang tampak merupakan deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "membuat kepercayaan", Fictionalisme terdiri dari setidaknya tiga tesis berikut:
    1. Klaim yang dibuat dalam domain wacana dianggap tepat; Artinya, benar atau salah
    2. Domain wacana harus ditafsirkan pada nilai nominal, tidak dikurangi dengan makna sesuatu yang lain
    3. Tujuan wacana dalam domain tertentu bukanlah kebenaran, namun beberapa kebajikan lain (mis., Kesederhanaan, cakupan penjelasan).

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan link wikipedia yang Bapak berikan, Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menurut pernyataan yang tampaknya deskripsi dunia tidak boleh ditafsirkan seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah (a "yang berguna fiksi ").

    ReplyDelete
  25. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dua helai penting fictionalism adalah fictionalism modal yang dikembangkan oleh Gideon Rosen, yang menyatakan bahwa kemungkinan dunia, terlepas dari apakah mereka ada atau tidak, mungkin menjadi bagian dari wacana yang berguna, dan fictionalism matematika dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan benda-benda matematika lainnya adalah tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan ilmu. Juga dalam meta-etika, ada posisi yang setara disebut fictionalism moral. Banyak versi modern fictionalism dipengaruhi oleh karya Kendall Walton dalam estetika.

    ReplyDelete
  26. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Fictionalism sama halnya dengan fiksi. Fiksi dipahami sebagai suatu kasus yang berpura-pura. Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa deskripsi dunia tidak dapat ditafsirkan begitu saja tetapi harus dipahami terlebih dahulu sebagai kasus yang dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  27. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang harus dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura untuk mengobati sesuatu yang benar secara harfiah. Fiksionalisme berupa pengalaman beserta hubungannya atau kategorinya hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Jadi, kebenaran hanyalah hipotesis kerja (persangkaan belaka) yang masih perlu diuji lagi kepastiannya.

    ReplyDelete
  28. Fictionalism adalah pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa dunia itu harus dipahami sebagai sebuah kasus “make believe”, memperlakukan sesuatu sebagai literatur yang benar. Dunia harus dipercayai sebagai hasil dari pemikiran orang terdahulu mellaui karya-karyanya. Dalam matematika, aliran ini mengungkapkan tentang keberadaan matematika sebagai sesuatu yang fiksi atau tidak nyata. Ini berkaitan dengan objek-objek matematika yang bersifat abstrak seperti pendapat-pendapat dalam platonisme, tetapi tidak ada benda abstrak, sehingga teori-teori matematika menjadi tidak benar. Bahwa pelabelan angka-angka hanya harus dipercayai tetapi tidak nyata. Tetapi sekarang seperti pelabelan bilangan prima sangat bermanfaat pada kemajuan teknologi. Terutama teknologi komputer, dengan adanya bilangan prima sistema keamanan komputer terjamin. Sesuatu yang ada akan ada manfaatnya di masa yang akan datang jadi tidak semata-mata fiksi, mungkun waktu sekarang masih fiksi tetapi yang akan datang menjadi realita.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Fiksionalisme adalah pandangan bahwa Tuhan, sebagai substansi immaterial, ada sejauh dinyatakan demikian dalam narasi religius tertentu, dan tidak ada di luarnya. Artinya, Tuhan ada sebagai entitas kultural, yakni objek yang dinyatakan keberadaannya oleh konvensi sosio-kultural tertentu, atau sebagai entitas mental, sebagai objek kepercayaan. Ini adalah semacam ateisme yang lunak: suatu sikap ateistik yang diplomatis.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Fiksionalisme adalah gagasan atau ungkapan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap objek matematika yang bersifat abstrak dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek tersebut. Fictionalism matematika yang dianjurkan oleh Hartry Field, yang menyatakan bahwa pembicaraan tentang angka dan objek matematika lainnya untuk melakukan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Field telah menunjukkan bagaimana mengerjakan ilmu pengetahuan tanpa menggunakan matematika, kemudian ia merehabilitasi matematika sebagai jenis fiksi yang bermanfaat, sehingga menurut Field matematika adalah sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisiknya semuanya benar, meskipun pernyataanya sendiri salah.

    ReplyDelete
  32. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Fictionalism merupakan pandangan dalam filsafat yang pernyataannya mendeskripsikan dunia yang tidak ditafsirkan apa adanya, tetapi seharusnya dipahami sebagai kasus agar dipercaya dan seolah-olah menganggap sesuatu itu benar.

    ReplyDelete
  33. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Di mana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil. Ia melakukan ini dengan memberikan aksiomatisasi lengkap dari mekanika Newton yang tidak membutuhkan bilangan sebagai acuan atau fungsi sama sekali. Ia mulai dengan "keantaraan" dari aksioma Hilbert untuk mengkarakterisasi ruang tanpa mengkoordinasikannya, dan kemudian menambahkan relasi tambahan diantara titik-titik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan lapangan vektor (vector fields). Geometri Hilbert adalah matematik, karena berbicara tentang titik-titik yang abstrak, tetapi dalam teori Field, titik-titik ini adalah titik-titik nyata dari ruang fisik, sehingga tidak ada obyek-obyek matematik yang khusus sama sekali yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Field melanjutkan untuk merehabilitasi matematika sebagai jenis fiksi yang bermanfaat (useful fiction). Ia telah menunjukkan bahwa fisika matematik adalah sebuah perluasan yang konservatif dari fisika non-matematiknya (yaitu, setiap fakta fisik yang dapat dibuktikan dalam fisika matematik sudah dapat dibuktikan dari sistem Field), sehingga matematika adalah sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisiknya semuanya benar, meskipun pernyataanya sendiri salah. Jadi, ketika mengerjakan matematika, kita dapat melihat diri kita sendiri yang menceritakan jenis cerita, mengatakannya sebagai bilangan jika ada. Bagi Field, suatu pernyataan seperti "2 + 2 = 4" adalah salah seperti "Sherlock Holmes tinggal di 221B Baker Street" — tetapi keduanya benar menurut fiksi-fiksi yang relevan.

    ReplyDelete

  35. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. (https://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme)

    ReplyDelete