Jan 13, 2013

FICTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Fictionalism, bisa konek berikut:


Wss

10 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Fiksionalisme dalam matematika diperkenalkan dalam tahun 1980 ketika Hartry Field mempublikasikan Science Without Numbers, yang menolak dan bahkan membalikkan argumen Quine. Di mana Quine menganggap bahwa matematika harus ada untuk teori-teori sains terbaik, sehingga diterima sebagai kebenaran yang membicarakan tentang wujud yang ada secara independen. Field menganggap bahwa matematika telah diabaikan, dan oleh karena itu sebaiknya dipandang sebagai kebohongan yang tidak berbicara tentang sesuatu yang riil. Ia melakukan ini dengan memberikan aksiomatisasi lengkap dari mekanika Newton yang tidak membutuhkan bilangan sebagai acuan atau fungsi sama sekali. Ia mulai dengan "keantaraan" dari aksioma Hilbert untuk mengkarakterisasi ruang tanpa mengkoordinasikannya, dan kemudian menambahkan relasi tambahan diantara titik-titik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan lapangan vektor (vector fields). Geometri Hilbert adalah matematik, karena berbicara tentang titik-titik yang abstrak, tetapi dalam teori Field, titik-titik ini adalah titik-titik nyata dari ruang fisik, sehingga tidak ada obyek-obyek matematik yang khusus sama sekali yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Field melanjutkan untuk merehabilitasi matematika sebagai jenis fiksi yang bermanfaat (useful fiction). Ia telah menunjukkan bahwa fisika matematik adalah sebuah perluasan yang konservatif dari fisika non-matematiknya (yaitu, setiap fakta fisik yang dapat dibuktikan dalam fisika matematik sudah dapat dibuktikan dari sistem Field), sehingga matematika adalah sebuah proses yang dapat diandalkan aplikasi fisiknya semuanya benar, meskipun pernyataanya sendiri salah. Jadi, ketika mengerjakan matematika, kita dapat melihat diri kita sendiri yang menceritakan jenis cerita, mengatakannya sebagai bilangan jika ada. Bagi Field, suatu pernyataan seperti "2 + 2 = 4" adalah salah seperti "Sherlock Holmes tinggal di 221B Baker Street" — tetapi keduanya benar menurut fiksi-fiksi yang relevan.

    ReplyDelete

  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. Oleh itu, individualisme melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok sebagai lebih penting dari tujuan seseorang individu yang dengan sendiri adalah dasar kepada setiap badan masyarakat. (https://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme)

    ReplyDelete
  4. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fiksi adalah abstrak dan seolah olah nampak nyata. Fiksionalisme berasal dari kata dasar fiksi. Fiksionalisme adalah aliran filsafat yang memandang dunia harus dipahami dengan membuat percaya dari kepura-puraan "fiksi". Dalam matematika merupakan ilmu yang menolak adanya teori –teori dalam matematika yang terbalik. Sehingga matematika diterima dengan wujud yang ada secara independen.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Fictionalism adalah ideologi dan pandangan dalam filsafat yang meyakini bahwa pernyataan yang muncul untuk menjadi deskripsi dari dunia tidak dapat dianggap seperti itu, melainkan harus dipahami sebagai kasus untu "membuat percaya". Salah satu fictionalisme dalam matematika bahwa pembicaraan tentang angka dan obyek matematika lainya tidak lebih dari sebuah kenyamanan untuk melakukan hal yang bersifat ilmiah.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. factionalism berasal dari kata dasar fiksi yang menurut KBBI berarti rekaan; hkayalan; tidak berdasarkan kenyataan. Di beberapa sumber mengatakan bahwa factionalism adalah suatu paham di mana konstruk sosial disusun berdasarkan fiksi-fiksi. Misal, bagaimana mitos-mitos masa silam mengkonstruk suatu kebudayaan. Di suku mandar misalnya meyakini bahwa memotong kuku di malam hari itu tidak baik karena akan mengalami kesialan. Atau bunyi gagak di malam hari diyakini sebagai suatu pertanda bahwa akan terjadi suatu peristiwa yang tidak baik. Mito-mitos tersebut adalah fiksi-fiksi yang membentuk suatu cara berfikir yang tradisionil.

    ReplyDelete
  7. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Fiksionalisme pertama kali dikenalkan oleh Field pada tahun 1980, 1989, dan 1998. Fiksionalisme matematika atau bisa disebut sebagai fiksionalisme adalah gagasan terbaik sebagai sebuah reaksi terhadap platonisme matematika. Platonisme adalah tinjauan yang ada tentang objek matematika yang bersifat abstrak (yaitu objek matematika nonspatiotemporal) dan kalimat serta teori-teori matematika dimana kita dapat memberikan gambaran yang benar tentang objek-objek. Ini sangat baik jika guru bisa mereduksinya di dalam proses belajar mengajar matematika di kelas sehingga siswa dapat melihat bukti empiris dan realistic dari objek materi yang sedang dipelajari. Hal ini juga menjadi salah satu lahirnya pendekatan matematika realistic. Dengan menggambarkan objek-objek yang besifat nyata di dalam pemikiran ataupun di luar pemikiran siswa.

    ReplyDelete
  8. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dari sumber wikipedia di atas, fictioinalisme merupakan pandangan dalam filsafat yang menyatakan bahwa deskripsi dunia seharusnya tidak ditafsirkan seperti itu, namun seharusnya dipahami sebagai kasus "membuat percaya", berpura-pura memperlakukan sesuatu secara harfiah benar (kegunaan fiksi). Menurut saya, definisi ini berkaitan dengan definisi fiksi dalam kehidupan sehari-hari yakni fiksi merupakan suatu khayalan, rekaan, atau tidak berdasarkan kenyataan. Jadi, tidak semua yang terjadi di sekitar kita ditafsirkan sesuai dengan yang tampak mata. Bisa saja bukan seperti itu maknanya tetapi kita bisa mempercayainya walaupun bukan apa yang seperti kita fikirkan maknanya.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Fiksionalisme merupakan aliran yang berpandangan bahwa pengalaman beserta hubungannya hanyalah sebagai ketentuan yang diterima orang yang masih perlu diatur dan dikuasai. Oleh karena itu, kebenaran hanyalah hipotesis kerja yang masih perlu diuji kepastiannya. Dalam matematika, fiksionalisme memandang bahwa proposisi-proposisi matematis dapat benar tanpa mengandaikan keberadaan entitas matematika secara independen. Proposisi matematis hanyalah instrumen dalam memahami realitas spasio-temporal; bilangan hanyalah nama-nama yang kita terakan pada semesta fisik. Posisi ini menyatakan bahwa karena entitas-entitas matematika tidak ada, maka sebagian besar proposisi matematis keliru.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I now know that fictionalism is a view in philosophy that states that the description of the world should not be interpreted as such, but should be understood as a case of "making believe," pretending to treat something literally true (fictional use). I have not quite understood what I have understood about fiction that fiction is abstract and as if it seems real, right or wrong. I think this is related to the definition of fiction in everyday life, that fiction is a fantasy, and not based on the fact that not everything that happens around us can be interpreted and interpreted according to the five senses. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete