Jan 13, 2013

PANTHEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pantheism, bisa konek berikut:


Wss

34 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Bagi saya, cara memahami Tuhan merupakan cara yang paling subjektif karena setiap manusia mungkin memiliki cara tersendiri untuk memahami Tuhan nya. Tentu kita, sebagai makhluk ciptaan Tuhan memiliki keterbatasan dalam mendefinisikan Tuhan. Analogi yang menarik adalah, ibarat dua orang buta yang coba memahami ciri-ciri visual suatu benda maka ia akan memiliki pendapat yang berbeda tentang benda tersebut. Saya memahami bahwa siapa yang melihat semua mahluk pada dirinya dan dirinya sendiri pada semua mahluk, maka Ia tidak lagi melihat adanya sesuatu perbedaaan dengan yang lain.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Panteisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa segala sesuatu adalah Tuhan. menganggap bahwa alam semesta ini juga Tuhan. untuk memikirkan panteisme ada banyak cara. Panteisme merupakan lawan dari Teisme dan panteisme berhubungan dengan teisme. Seseorang yang menganggap bahwa Tuhan memiliki kekuasaan atas semua yang ada dan yang mungkin ada. Tuhan yang menciptakan dan mengatur semua makhlunya tanpa terkecuali, sehingga Tuhan akan mengerti tentang semua yang ada dan yang mungkin ada sampai masing-masing sifatnya. Karena kuasa Tuhan tak terbatas maka penganut panteisme sulit membedakannya dan menganggap segala sesuatu adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia, yang dapat saya simpulkan mengenai pantheism adalah paham yang di pelopori oleh Jopseph Raphson yang menganggap bahwa realitas berhubungan atau identik dengan Tuhan. Artinya segala sesuatu yang ada di jagad raya merupakan perwujudan dari Tuhan dan para pengikut aliran ini tidak mempercayai satu atau ketunggalan Tuhan karena pandangan mereka yang menganggap segala sesuatu adalah perwujudan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Pantheism Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Panteisme adalah keyakinan bahwa semua realita identik dengan ketuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic. Antara ateis dan panteis pada prinsipnya tidak mempercayai keberadaan Tuhan Personal. Seorang panteis menganggap bahwa segala sesuatu yang ada merupakan perwujudan dari Tuhan itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Junianto
    PM C

    Paham ini menganggap bahwa segala sesuatu di dunia merupakan perwujudan atau berhubungan dengna Tuhan. Paham ini dipelopori oleh Joseph Raphson. Maka dari itu, penganut paham ini tidak percaya adanya satu Tuhan tetapi banyak Tuhan karena segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah perwujudan dari Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Panteisme menganggap alam semesta identik dengan Tuhan. Segala sesuatu yang ada di alam merupakan perwujudan dari Tuhan itu sendiri, sehingga Tuhan tidak bersifat tunggal. Dalam suatu sumber disebutkan bahwa Panteisme atau pantheisme (Yunani: πάν ( 'pan' ) = semua dan θεός ( 'theos' ) = Tuhan) secara harfiah adalah bahwa Tuhan adalah semuanya dan semua adalah Tuhan. Panteisme sendiri adalah konsep ketuhanan yang nonpersonal.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Panteisme berasal dari bahasa Yunani yaitu pan yang berarti semua dan theos yang berarti Tuhan. Panteisme merupakan pandangan bahwa Tuhan adalah segala sesuatu, dan segala sesuatu adalah Tuhan. Panteisme juga dapat diartikan Tuhan adalah alam semesta, dan alam semesta adalah Tuhan. Istilah panteis pertama kali digunakan pada tahun 1705oleh penulis Irlandia John Toland dalam karyanya, “Socinianism Truly Stated, by a pantheist”. Namun tenyata konsep panteisme telah dibicarakan sebelumnya pada zaman filsuf Yunani Kuno oleh Thales, Parmenides dan Heraklitus.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Paham pantheism disini memang tidak bisa diikuti khususnya bagi orang muslim. Karena pada sesungguhnya jika kita menyekutukan Tuhan kita yaitu Alloh SWT maka kita telah berbuat dosa dan melanggar janji kita bahwa tiada Tuhan selain Alloh. Karena pada dasarnya pemahaman muslim dengan pemahaman Pantheism disini bertolak belakang dimana pemahaman dan keyakinan orang muslim bahwa kita tidak boleh menyerupakan Alloh dengan makhluknya, namun dengan melihat makhluk dan mentafakurkannya, maka iktu menjadi jalan kita melihat Alloh, yaitu lewat ciptaannya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi yang diberikan. Berdasarkan website http://plato.stanford.edu/entries/pantheism/ istilah panteisme pertama kali muncul dalam penulisan Irlandia pemikir bebas John Toland (1705) dan dibangun dari bahasa Yunani yang berasal dari kata pan (semua) dan theos (Tuhan). Panteisme yaitu kepercayaan bahwa Tuhan identik dengan alam.Sehingga secara umum panteisme dapat kita pahami secara positif bahwa Tuhan dan alam itu manunggal. Tuhan dan alam merupakan dua hakekat yang tidak dapat dipisahkan. Panteisme merupakan salah satu bentuk Monisme. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  10. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah pantheism pertama kali digagas oleh Joseph Raphson pada tahun 1697 dan digunakan untuk menggambarkan kepercayaan suatu golongan atau kelompok tertentu. Pantheism merupakan suatu keyakinan bahwa semua yang ada di alam semesta identik dengan keberadaan Tuhan. Dengan kata lain, segala perwujudan yang ada berhubungan dan terkait dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Panteisme adalah keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian,atau bahwa segala sesuatu menyusun mencakup semuanya, Tuhan imanen. Sebagai posisi agama, beberapa menggambarkan panteisme sebagai kebalikan dari ateisme.
    Tuhan ada bahkan lebih dekat dari urat leher kita. Aliran Pantheisme ini meyakini bahwa Tuhan adalah keseluruhan alam semesta ini. Ketika berbicara hal hal seperti ini mengenai Tuhan jujur hati saya terasa agak berat karena takut takut saya beranggapan salah.

    ReplyDelete
  12. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Panteisme berasal dai kata Yunani, pan yang berarti seluruh, semua, theo yang berarti Tuhan, dan isme yang bearti paham. Jadi, panteisme adalah paham bahwa alam semesta adalah Tuhan. Panteismeberpandangan bahwa Tuhan adalah yang tertinggi dan semuanya adalah Tuhan, sehingga segala sesuatu itu adalah Tuhan, sebab antara alam dan Tuhan merupakan suatu kesatuan dari realitas Absolut. Panteis percaya bahwa dengan peduli dengan alam, maka juga merawat Tuhan. Sehingga kehidupan mereka bisa diberkati Tuhan. Hal tersebut menjadikan para pengikut pantiesme dengan begitu senang hati merawat lingkungan

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Panteisme merupakan faham yang menganggap bahwa Tuhan adalah semesta alam ini. Mereka lebih banyak ‘melestarikan adat dan tradisi’ yang beranak-pinak dari leluhur mereka. Panteisme menegaskan bahwa seseorang tidak mampu memberi batasan terhadap Tuhan dengan bahasa manusia yang terbatas. Oleh karena itu, keberadaan Tuhan dalam alam adalah sekaligus untuk memudahkan pemahaman tentang Tuhan.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Panteisme ada hubungannya daengan alam semesta dan prinsip keTuhanan. Tuhan adalah alam semesta itu sendiri, berarti bahwa Tuhan adalah pencipta alam semesta dan jagat raya ini. Panteis tidak mempercayai bahwa Tuhan itu memilikikehendak, keinginan, dapat marah atau seperti halnya sifat manusia. Tetapi mereka percaya bahwa Tuhan itu ialah unsur energi, kesadaran dana alam semesta itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa panteisme tidak ada beda dengan atheis. Dimana terdapat perbedaan cara pandang mengenai definisi Tuhan itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Istilah phanteisme merupakan Bahasa modern meskipun gagasan tentang phanteisme merupakan gagasan yang kuno. Panteisme adalah keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian (https://en.wikipedia.org/wiki/Pantheism). Unsur-unsur pantheisme ini dapat kita lihat dalam budaya hindu. Dimana beberapa makhluk hidup dijadikan sebagai dewa dan mereka puja. Sebagai seorang muslim tentu kita harus berhati-hati dengan hal seperti ini. Jangan sampai kita menyekutukan Allah SWT dengan makhluk Nya.

    ReplyDelete
  16. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pantheisme merupakan suatu paham yang melihat bahwa alam semesta itu adalah Tuhan. Dengan melihat secara mendalam bahwa paham ini meyakini bahwa Tuhan itu tidak tunggal karena memandang Tuhan merupakan segala sesuatu, meliputi alam semesta.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    pantheism secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Pantheism adalah keyakinan bahwa semua realita identik dengan ketuhanan. Paham ini menganggap bahwa segala sesuatu di dunia merupakan perwujudan atau berhubungan dengna Tuhan. Sehingga dalam paham ini terdapat banyak tuhan dan menolak paham satu tuhan.

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pantheism merupakan paham yang menganggap dunia itu segala sesuatu. Menganggap bahwa Tuhan adalam alam semesta itu sendiri. Paham ini mempercayai bahwa semua berpusat pada Tuhan sebagai porosnya. Sehingga apa pun yang kita lakukan, jadikan Tuhan sebagai dasarnya, jadikan Tuhan sebagai tujuannya. Karena semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Asal mula kata pantheism adalah pan dan theos. Pan yang memiliki arti semua dan theos memiliki arti tuhan. Sehingga pantheism adalah aliran atau paham yang mempercayai bahwa semua alam semesta adalah tuhan. Maka, seluruh isi alam semesta merupakan tuhan, seperti batu, pohon, air, rumput, manusia, dan sebagainya. Jika dihubungkan dengan sains, material sains dari paham pantheism adalah energi, karena energi selalu ada dimana-mana termasuk ada dalam diri setiap manusia, bahkan tidak hanya ada pada diri manusia saja tetapi ada juga pada makhluk hidup lainnya sepeti pohon, hewan dan sebagainya. Mereka menggap energi adalah tuhan karena anggapan mereka energi sama halnya dengan tuhan yang selalu ada dimana-mana dan kapan saja. Paham pantheism ini meskipun menganggap alam semesta adalah tuhan bukan berarti menyembah alam semesta dan seisinya, tetapi alam semesta dan seisinya adalah hal yang wajib mereka sayangi dan pelihara.

    ReplyDelete
  20. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pantheism lahir dari pemikiran para penyembah berhala ketika berbicara tentang keagungan Tuhan, maka mereka memikirkannya secara material. “Tubuh” Tuhan Yang Maha Besar harus meliputi seluruh alam semesta ini, karena bila ada ruang kosong diluar “Tubuh” Tuhan maka berarti ruang itu lebih besar dari “Tubuh” Tuhan. Rasulullah bersabda “Berfikilah kamu semua perihal makhluk Allah (apa-apa yang diciptakan oleh Allah) dan janganlah kamu sekalian berfikir mengenai Dzat Allah, sebab sesungguhnya kamu semua sudah tentu tidak dapat mencapai keadaan hakikatnya” jadi dalam agama Islam para ulama tidak pernah menyatakan bahwa alam semesta adalah Tuhan, melainkan alam semseta dan seisinya adalah bukti keberadaan dan kekuasaan Allah.

    ReplyDelete
  21. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Panteisme ialah keyainan bahwa setiap realita atau kenyataan yang ada di alam semesta identic atau sama dengan keilahian atau ketuhanan. Paham ini hampir sama dengan paham theism yaitu segala sesuatu adalah bagian dari Tuhan yang utuh dan imanen. Namun juga hampir sama dengan atheism karena meyakini bahwa alam semesta dan tuhan itu identik atau sama. Yakni mengisyaratkan bahwa terdapat penolakan terhadap kepribadian dan transendensi Tuhan.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Berdasar referensi yang saya baca, Panteisme berasal dari kata pan yang berarti kesatuan dan kata teisme. Teisme adalah paham kepercayaan terhadap adanya Tuhan. Namun, seperti arti katanya sendiri, panteisme menganggap seluruhnya adalah Tuhan. Panteisme percaya bahwa seluruh alam ini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam. Tuhan dalam panteisme adalah satu dan sangat dekat dengan alam (imanen), hanya Tuhan mempunyai penampakan-penampakan atau cara berada Tuhan di alam.

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Panteis pertama kali digunakan secara langsung oleh penulis Irlandia John Toland dari tahun 1705, paham ini menyatakan bahwa Tuhan adalah segalanya dan segalanya adalah Tuhan. Kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Jika melihat di sumber, maka hal ini berarti bahwa segala sesuatu yang ada di semesta adalah Tuhan. Hal ini akan membuat mereka tidak berfikir bahwa bagaimana mungkin jika segala hal adalah Tuhahn, berarti mereka akan mengadakan rapat untuk manusia. Bukankah hal ini berarti bahwa para tuhan tersebut pastinya akan berdebat panjang dalam memutuskan nasib manusia. Bukankah hal ii akan berdampak bagi manusia. Maka tentu saja hal tersebut tidak memungkinkan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  26. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pantheism adalah aliran yang berpendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan. Sehingga hukum kodrat, Keadaan, dan Alam Semesta diwakili dalam prinsip teologis 'Tuhan'
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  27. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Panteisme adalah suatu aliran yang percaya bahwa semua realitas identik dengan keilahian, tidak percaya pada tuhan pribadi atau antropomorfis yang berbeda dan memiliki berbagai doktrin yang berbeda dalam hal bentuk dan hubungan antara keilahian dan kenyataan.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Paham ini menganggap bahwa terdapat keidentikan Tuhan dengan yang lainnya (alam semesta). Hal ini tentu saja merupakan pandangan yang salah karena tidak ada Tuhan selain Allah. Hal ini menyalahi keimanan bagi manusia sehingga menurut saya orang yang mengakui pantheism adalah orang yang tersesat belum menemukan jalan kebenaran sesungguhnya. Sebenarnya saya sering merasa bingung kenapa masih ada saja orang yang berpikir tentang tidak ada Tuhan atau yang menyatakan bahwa Tuhan itu ada banyak. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi padahal segala yang ada di dunia ini telah teratur, kekuatan siapa yang mampu mengatur semua ini kecuali Tuhan. Manusia saja rencananya bisa tidak sesuai dengan pelaksanaanya sehingga hal ini juga menunjukkan masih ada kuasa lain yang mengaur semuanya.

    ReplyDelete
  29. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Secara umum, panteisme dapat dipahami sebagai pandangan bahwa Tuhan itu identik dengan kosmos atau suatu pandangan bahwa tidak ada sesuatu yang berada di luar Tuhan, atau sebaliknya sebagai penolakan terhadap pandangan apapun yang menganggap Tuhan berbeda dari alam semesta.

    ReplyDelete
  30. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Aliran ini berkeyakinan bahwa Segala hal yang ada di alam semesta adalah Tuhan, atau Tuhan adalah segalanya. Setiap hal yang ada diyakini merupakan perwujudan dari sifat ataupun elemen Tuhan, termasuk hal-hal yang kecil seperti pasir, kuman, debu, hingga yang besar seperti gunung dan laut, dan bahkan manusia sendiri adalah merupakan perwujudan sifat tuhan.

    ReplyDelete
  31. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Tuhan merupakan perwujudan alam semesta, itu yang diyakini penganut paham pantheism. Bahwa Tuhan itu banyak, tersebar di alam semesta. Berbeda dengan agama islam yang meyakini bahwa Tuhan itu satu, pencipta segala-galanya termasuk alam semesta.

    ReplyDelete
  32. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    11701251024

    panteisme merupakan aliran filsafat yang menekankan bahwa Tuhan adalah konsep seluruh alam ini. Referensi lain menuliskan bahwa Panteisme mirip dengan politeisme (kepercayaan pada banyak allah) namun melebihi politeisme karena mengajarkan bahwa segala sesuatu adalah Tuhan. Pohon adalah Tuhan, batu adalah Tuhan, binatang adalah Tuhan, langit adalah Tuhan, matahari adalah Tuhan, Anda adalah Tuhan, dll. Panteisme adalah pemikiran yang melatari banyak sekte dan agama sesat (misal saja, Hinduisme dan Budhisme pada tahap tertentu, dan berbagai sekte yang mengajarkan kesatuan dan persatuan, serta penyembah "alam semesta.". Terima Kasih

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Azas ketuhanan dipercaya oleh semua agama, dalam penerapannya dalam kehidupan. Paham ini meyakini bahwa alam semesta ini diidentifikasikan dengan sifat ketuhanan. Dalam perkembangannya, pantheisme sering kali dibahas dalam beberapa film fenomenal sekelas Stars War. Imajinasi yang berkembang menciptakan dunia khayalan tingkat tinggi mengenai kesemestaan alam semesta yang sesuai dengan keinginan banyak orang.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Tuhan adalah pemilik semesta alam, keputusan tuhan bersifat mutlak dan absolute yang tidak dapat diganggu gugat. Manusia hanyalah seperti pion catur yang diskenariokan oleh tuhan dalam menjalani hidup di dunia. Manusia hanya bisa mengikuti apa yang diperintahkan oleh tuhan dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya. Setiap umat beragama yang percaya kepada tuhannya pasti mempunyai aturan-aturan yang jika dilaksanakan pasti akan membawa kebaikan.

    ReplyDelete