Jan 13, 2013

PANTHEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pantheism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Panteisme adalah keyakinan bahwa realitas yang ada merupakan perwujudan dari Tuhan. Segala yang ada di alam semesta dan Tuhan adalah identik. Mungkin menurut saya panteisme menyatakan bahwa alam semesta dan segala isinya adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Panteisme berasal dari Yunani yakni “pan”(yang berarti "semua, dari segala sesuatu") dan theos (yang berarti "Tuhan, ilahi"). Panteisme adalah keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian. Ada berbagai definisi panteisme. Beberapa menganggapnya posisi teologis dan dan ada lagi yang mengganggapnya sebagai filosofis tentang Tuhan. Sebagai posisi agama, beberapa menggambarkan panteisme sebagai kebalikan dari ateisme. Dari sudut pandang ini, panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari semua yang mencakup tentang keberadaan Tuhan. Beberapa berpendapat bahwa panteisme adalah posisi filosofis non-religius. Bagi mereka, panteisme adalah pandangan bahwa alam semesta (dalam arti totalitas semua eksistensi) dan Tuhan adalah identik (menyiratkan penolakan kepribadian dan transendensi Tuhan) bahwa segala sesuatu tersusun atau mencakup segala sesuatu dari tuhan yang tetap ada.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pantheism merupakan aliran Yunani Kuno yang menganggap alam semesta identik dengan Ketuhanan atau Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Pantheism mempercayai bahwa alam adalah segalanya dan yang berkehendak. Pantheism sudah dibahas sejak Thales dan Heraklitus.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Didalam kehidupan azaz ketuhanan dipercaya oleh semua agama. Paham pantheism meyakini alam semesta ini diidentifikasikan dengan sifat ketuhanan. Panthesim seringkali dibahas dalam beberapa film fenomenal sekelas star war, dimana imajinasinya berkembang menciptakan dunia khayalan tingkat tinggi mengenai kesemestaan alam semesta yang sesuai dengan harapan orang banyak.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pantheisme merupakan keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini identik dengan sifat keilahian. Ajaran yang ditekankan dalam patheisme adalah imanensi. Dalam istilah Filsafat Ketuhanan, Tuhan yang imanen berarti Tuhan berada di dalam struktur alam semesta serta turut serta mengambil bagian dalam proses-proses kehidupan manusia. Berbeda dengan transenden yang sangat mengagungkan Tuhan yang begitu jauh sehingga mereka sangat hormat. Karenanya, aliran pantheisme merupakan pertentangan dari transendensi. Adanya aliran ini dimaksudkan agar manusia lebih akrab dengan Tuhan dalam kehidupannya. Namun terdapat pandangan bahwa hal ini hanya akan membatasi Allah yang maha kuasa atas kehidupan manusia, Allah kehilangan unsur misterinya. Sifat Allah yang imanen terkadang akan membuat manusia hanya berpikir bahwa Allah dekat, hal ini kurang tepat, maka dibutuhkan sifat transenden juga. Allah yang transenden adalah Allah yang melampaui segala yang ada. Allah yang tidak terbatas untuk memimpin dunia.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Phanteisme adalah paham yang mengait-ngaitkat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pantheism adalah suatu keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia identik dengan alam yang diidentifikasikan dengan sifat ketuhanan. Sifat-sifat ketuhanan ada di alam yang segala sesuatunya kita dapat mengetahui atau mempelajari melalui alam yaitu hasil ciptaan-Nya bagi kaum yang berpikir. Demikianlah Alloh ciptakan segala esuatu tiadalah yang tiada artinya.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam sejarah filsafat ketuhanan istilah panteisme sebagai suatu aliran dalam memahami atau mengenal Tuhan, baik secara teoritis maupun historis. Tuhan diidentikkan dengan segala sesuatu, karena kehadirannya yang langsung dan aktif di dunia ini mengenakan bentuk yang nyata. Paham panteisme yang bersifat pribadi (personal) mengatakan bahwa karena Tuhan sendiri yang benar-benar ada. Sedangkan benda-benda yang dapat ditangkap oleh panca indera adalah bagian dari Tuhan. Panteisme mengungkapkan bahwa seseorang tidak mampu memberi batasan terhadap Tuhan dengan bahasa manusia yang terbatas.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Ada berbagai definisi panteisme. Beberapa menganggapnya sebagai sebuah posisi teologis dan filosofis mengenai Tuhan. Sebagai posisi religius, beberapa orang menggambarkan panteisme sebagai lawan polos ateisme. panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari Allah yang utuh dan imanen.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Panteisme terdiri dari tiga kata, yaitu pan, berarti seluruh, theo, berarti Tuhan, dan ism (isme), berarti paham. Jadi, pantheism adalah paham bahwa seluruhnya Tuhan. Panteisme berpendapat bahwa seluruh alam ini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam. Tuhan dalam panteisme adalah satu dan sangat dekat dengan alam. Tuhan dalam panteisme, disamping Esa juga Maha Besar, dan tidak berubah. Alam indrawi adalah ilusi atau khayal belaka karena selalu berubah. Adapun, yang wujudnya hakiki hanya satu, yakni Tuhan. Dalam panteisme segala sesuatu adalah Tuhan, tidak satu pun yang tidak tercakup didalam-Nya dan tidak satu pun yang bisa berada tanpa Tuhan.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Panteisme berasal dai kata Yunani, pan yang berarti seluruh, semua, theo yang berarti Tuhan, dan isme yang bearti paham. Jadi, panteisme adalah paham bahwa alam semesta adalah Tuhan. Panteismeberpandangan bahwa Tuhan adalah yang tertinggi dan semuanya adalah Tuhan, sehingga segala sesuatu itu adalah Tuhan, sebab antara alam dan Tuhan merupakan suatu kesatuan dari realitas Absolut. Panteis percaya bahwa dengan peduli dengan alam, maka juga merawat Tuhan. Sehingga kehidupan mereka bisa diberkati Tuhan. Hal tersebut menjadikan para pengikut pantiesme dengan begitu senang hati merawat lingkungan

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Panteisme atau pantheisme secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Ini merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa alam semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Ada beberapa cara berbeda untuk memikirkan panteisme. (1) Banyak tradisi keagamaan dan tulisan spiritual di dunia ditandai oleh gagasan dan perasaan panteistik. Hal ini terutama terjadi, misalnya, dalam ajaran Hindu di sekolah Advaita Vedanta, dalam beberapa varietas Yudaisme Kabalistik, dalam spiritualitas Celtic, dan dalam mistisisme Sufi. (2) Sumber panteistik penting lainnya dapat ditemukan dalam literatur, misalnya, seperti penulis Goethe, Coleridge, Wordsworth, Emerson, Walt Whitman, DH Lawrence, dan Robinson Jeffers. Meskipun harus ditambahkan bahwa, jauh dari terbatas pada budaya tinggi, tema panteistik juga tidak asing lagi di media populer, misalnya di film-film seperti Star Wars, Avatar, dan The Lion King . (3) Ketiga, seperti dalam artikel ini, panteisme dapat dianggap secara filosofis ; Yaitu, pemeriksaan kritis dapat dibuat dari gagasan utamanya sehubungan dengan maknanya, koherensi mereka, dan kasus yang harus dibuat untuk atau melawan penerimaan mereka.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Panteisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah semuanya dan semua adalah Tuhan. Dalam ajaran agama Islam benar adanya bahwa Tuhan adalah segalanya, karena segala sesuatu ada dan terjadi atas kehendak Allah SWT. Namun ungkapan 'semua adalah Tuhan' menurut saya hal tersebut kurang tepat, karena benda bukanlah Tuhan , gunung, pohon, tanah, laut, bukanlah Tuhan. Tuhan yang menciptakan segalanya, kita percaya Allah itu ada, namun dengan menganggap benda-benda adalah Tuhan berarti kita telah melakukan syirik. Syirik dengan menyamakan Tuhan dengan benda atau orang lain, hal tersebut merupakan dosa besar. Jadi, Tuhan adalah semua, namun semua bukanlah Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat dipahami bahwa pantheism atau panteisme adalah salah satu paham tentang konsep ketuhanan. Pada ajaran Pantheism segala sesuatunya dianggap, misalnya Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Letak perbedaan antara Teisme dan Panteisme adalah dalam Teisme Tuhan adalah zat yang personal yang menciptakan alam, maka Tuhan dengan alam tidak sama, sebab Tuhan adalah pencipta dan alam adalah hasil ciptaan-Nya, tetapi Panteisme menganggap Tuhan adalah kesatuan umum (impersonal), yang mengungkapkan dirinya dalam alam. Dalam Panteisme segala sesuatu adalah Tuhan, tidak satu pun yang tidak tercakup di dalam-Nya dan tidak satu pun yang bisa berada tanpa Tuhan. Panteisme menegaskan bahwa seseorang tidak mampu memberi batasan terhadap Tuhan dengan bahasa manusia yang terbatas. Jika Tuhan tidak terbatas dan trasenden, semua pembatasan / pengertian harus ditiadakan karena yang tidak terbatas tidak bisa ditangkap oleh sesuatu yang terbatas. Oleh karena itu, keberadaan Tuhan dalam alam adalah sekaligus untuk memudahkan pemahaman tentang Tuhan. Dan dalam ajaran agama menyatakan bahwa kenalilah dirimu maka kamu akan kenal Tuhanmu.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pantheisme merupakan suatu keyakinan yang mempercayai Tuhan. Kiranya paham tersebut mengingatkan kepada saya akan pentingnya mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih percaya lagi kepada Tuhan. Terlepas dari banyaknya paham – paham yang muncul, tetapi keyakinan akan Tuhan adalah hal penting. Semoga selanjutnya kita semua dapat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Phanteisme merupakan keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian yang memiliki arti Tuhan tidak berwujud secara nyata, namun Tuhan terdapat pada semua bentuk yang telah diciptakanNya. Konsep seperti ini biasanya dipahami oleh negara-negara belahan Timur.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artikel tersebut tentang pantheism . anteisme atau pantheisme (Yunani: πάν ( 'pan' ) = semua dan θεός ( 'theos' ) = Tuhan) secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Ini merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum kodrat, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik. Paham ini mengatakan bahwa semua yang ada di dunia ini adlaah tuhan. Dan segala yang ada di dunia ini juga patut untuk dipuja sebagai mana memuja tuhan yang agung bagi mereka. Dengan begitu kita hidup bagi paham tersebut adalah semuanya tuhan.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Panteisme merupakan paham yang menganggap bahwa tuhan non personal, kaum panteisme beranggapan bahwa tuhan merupakan semesta alam ini. jadi mereka beranggapan bahwa semesta alam ini adalah tuhan. sehingga dapat dikatakan bahwa panteisme mempunyai kesamaan dengan ateisme dalam hal tak menganggap adanya tuhany secara personal dan perbedaannya adalah dalam panteisme meyakini adanya tuhan namun non personal, tetapi ateisme tak menganggap adanya tuhan sama sekali. Paham panteisme dipopulerkan oleh seorang fisuf Baruch dan berkembang pada abad ke-17.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah panteisme berkaitan dengan keyakinan pada diri seseorang tentang Tuhan. Paham ini beranggapan bahwa alam semesta lah Tuhan bagi kaum penganut paham ini. Mereka menagnggap bahwa Tugan non personal. Keyakinan panteistik muncul saat hal-hal di dunia ini membangkitkan reaksi keagamaan tertentu dalam diri kita. Panteisme tidak hanya terjadi pada aspek religi, melainkan tentang literatur dan filsafat.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Panteisme adalah paham yang meyakini bahwa semua realitas identik dengan keilahian. Kaum Panteisme menyatakan bahwa segala sesuatu adalah kehendak Tuhan. Kaum Panteisme mengimani akan adanya Tuhan. Walaupun pada awalnya secara umum panteisme dapat dipahami secara positif sebagai pandangan bahwa Tuhan itu identik dengan kosmos, pandangan bahwa tidak ada sesuatu yang berada di luar Tuhan, atau sebaliknya sebagai penolakan terhadap pandangan manapun yang menganggap Tuhan berbeda dari alam semesta.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Panteisme atau pantheisme (Yunani: “pan”= semua dan “theos” = Tuhan) yang secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Ini merupakan sebuah pandangan bahwa segala sesuatu merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum kodrat, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik.
    Refrensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Panteisme

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pantheisme adalah suatu paham yang memandang keseluruhan yang ada di alam ini adalah Tuhan. Seorang pantheis akan melihat batu hingga kotoran sapi sebagai elemen pembentuk Tuhan. Jadi, bukannya mereka akan melihat batu atau daun sebagai Tuhan. Ingat kriteria "keseluruhan" dalam pemahaman mereka. Di sisi lain, pantheisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan itu satu tapi tidak dapat digambarkan bentuknya. Dia meliputi seluruh ciptaannya. Seperti satu sendok garam dalam segelas air. Garam tidak kelihatan karena larut dalam air. Tapi seluruh air dalam gelas itu akan terasa garam.

    ReplyDelete
  26. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Pak atas sumber bacaannya. Yang dapat saya pahami dari Panteisme adalah paham yang mengait ngaitkan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini dengan Tuhan. paham V adalah paham keIlahian

    ReplyDelete
  27. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pantheisme merupakan keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini identik dengan sifat keilahian. Kaum Panteisme menyatakan bahwa segala sesuatu adalah kehendak Tuhan. Tuhan dalam panteisme adalah satu dan sangat dekat dengan alam. Tuhan dalam panteisme, disamping Esa juga Maha Besar, dan tidak berubah. Alam indrawi adalah ilusi atau khayal belaka karena selalu berubah. Adapun, yang wujudnya hakiki hanya satu, yakni Tuhan. Dalam panteisme segala sesuatu adalah Tuhan, tidak satu pun yang tidak tercakup didalam-Nya dan tidak satu pun yang bisa berada tanpa Tuhan. Dunia dan segala isinya ada karena kehendak Tuhan.

    ReplyDelete
  28. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Panteisme adalah keyakinan bahwa alam semesta (atau alam sebagai totalitas dari segala sesuatu) identik dengan keilahian (Tuhan). Panteisme merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri yang berupa konsep ketuhanan yang nonpersonal.

    ReplyDelete
  29. Pantheisme menganggap bahwa tuhan terdapat dalam keseluruhan alam semesta. Alam semesta dan segala isinya merupakan bagian dari Tuhan. Tuhan dan alam semesta tidak dapat dipisahkan. Ini merupakan sebuah pemikiran yang menurut pandangan saya tidak tepat. Karena pencipta merupakan ciptaan pencipta itu sendiri. Nah inilah pemikiran manusia, semakin memikirkan ketuhanan berdasarkan akal maka menurut saya tidaklah mungkin. Cukuplah Tuhan itu Esa dan Maha pencipta segalanya. Kita belajar dari apa yang telah Allah pedomankan kepada kita yaitu AlQuran.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Panteisme atau pantheisme secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Panteisme merupakan paham yang mempercayai bahwa Tuhan dan alam semesta adalah identik. Tuhan adalah alam semesta, dan alam semesta adalah Tuhan. Panteis tidak mempercayai Tuhan sebagai entitas yang bersifat personal. Namun kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk. Karena Tuhan dalam pandangan mereka adalah kumpulan dari alam semesta.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Panteisme diartikan sebagai keyakinan bahwa alam semesta atau alam sebagai totalitas dari segala sesuatu adalah identik dengan keilahian, atau bahwa segala sesuatu yang mencakup semuanya, imanen Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Secara umum, panteisme dapat dipahami sebagai pandangan bahwa Tuhan identik dengan alam semesta. Pantheisme terbangun karena pemikiran yang memandang bahwa segala materi atau benda yang ada di alam ini adalah wujud dari Tuhan.

    ReplyDelete
  33. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pantheism merupakan paham dimana segala sesuatu yang ada di alam semesta erat kaitannya dengan Tuhan. Paha mini menganggap seluruh alam semesta dan Tuhan sebagai sebuah substansi yang luas. Kaum Pantheism tidak percaya adanya dewa.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Panteisme mirip dengan politeisme (kepercayaan pada banyak allah) namun melebihi politeisme karena mengajarkan bahwa segala sesuatu adalah Allah. Pohon adalah Allah, batu adalah Allah, binatang adalah Allah, langit adalah Allah, matahari adalah Allah, Anda adalah Allah, dll. Panteisme adalah pemikiran yang melatari banyak sekte dan agama sesat (misal saja, Hinduisme dan Budhisme pada tahap tertentu, dan berbagai sekte yang mengajarkan kesatuan dan persatuan, serta penyembah "alam semesta.")

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Tuhan dalam bentuk personal inilah yang kemudian bagi banyak pandangan panteisme tidak diterima. Sebagai alternatif, panteisme pun tidak mengafirmasi bentuk Tuhan yang berada dalam kondisi sepenuhnya transenden, sepenuhnya secara ontologis berbeda dengan dunia ini. Salah satu isu yangmenjadi kontraposisi panteistik terhadap transendensi Tuhan yang absolut adalah jika Tuhan diandaikan secara ontologis berada dalam sesuatu yang melewati dunia dan semesta, maka bagaimana mungkin adanya pengetahuan tentang Tuhan, indikasinya, jika sistem pengetahuan tentang Tuhan tidak mungkin adanya, bagaimana seseorang berbicara atau bahkan mengkonseptualisasikan Tuhan itu sendiri.

    ReplyDelete