Jan 13, 2013

PANTHEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pantheism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. Panteisme adalah keyakinan bahwa realitas yang ada merupakan perwujudan dari Tuhan. Segala yang ada di alam semesta dan Tuhan adalah identik. Mungkin menurut saya panteisme menyatakan bahwa alam semesta dan segala isinya adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Panteisme berasal dari Yunani yakni “pan”(yang berarti "semua, dari segala sesuatu") dan theos (yang berarti "Tuhan, ilahi"). Panteisme adalah keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian. Ada berbagai definisi panteisme. Beberapa menganggapnya posisi teologis dan dan ada lagi yang mengganggapnya sebagai filosofis tentang Tuhan. Sebagai posisi agama, beberapa menggambarkan panteisme sebagai kebalikan dari ateisme. Dari sudut pandang ini, panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari semua yang mencakup tentang keberadaan Tuhan. Beberapa berpendapat bahwa panteisme adalah posisi filosofis non-religius. Bagi mereka, panteisme adalah pandangan bahwa alam semesta (dalam arti totalitas semua eksistensi) dan Tuhan adalah identik (menyiratkan penolakan kepribadian dan transendensi Tuhan) bahwa segala sesuatu tersusun atau mencakup segala sesuatu dari tuhan yang tetap ada.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pantheism merupakan aliran Yunani Kuno yang menganggap alam semesta identik dengan Ketuhanan atau Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Pantheism mempercayai bahwa alam adalah segalanya dan yang berkehendak. Pantheism sudah dibahas sejak Thales dan Heraklitus.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Didalam kehidupan azaz ketuhanan dipercaya oleh semua agama. Paham pantheism meyakini alam semesta ini diidentifikasikan dengan sifat ketuhanan. Panthesim seringkali dibahas dalam beberapa film fenomenal sekelas star war, dimana imajinasinya berkembang menciptakan dunia khayalan tingkat tinggi mengenai kesemestaan alam semesta yang sesuai dengan harapan orang banyak.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pantheisme merupakan keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini identik dengan sifat keilahian. Ajaran yang ditekankan dalam patheisme adalah imanensi. Dalam istilah Filsafat Ketuhanan, Tuhan yang imanen berarti Tuhan berada di dalam struktur alam semesta serta turut serta mengambil bagian dalam proses-proses kehidupan manusia. Berbeda dengan transenden yang sangat mengagungkan Tuhan yang begitu jauh sehingga mereka sangat hormat. Karenanya, aliran pantheisme merupakan pertentangan dari transendensi. Adanya aliran ini dimaksudkan agar manusia lebih akrab dengan Tuhan dalam kehidupannya. Namun terdapat pandangan bahwa hal ini hanya akan membatasi Allah yang maha kuasa atas kehidupan manusia, Allah kehilangan unsur misterinya. Sifat Allah yang imanen terkadang akan membuat manusia hanya berpikir bahwa Allah dekat, hal ini kurang tepat, maka dibutuhkan sifat transenden juga. Allah yang transenden adalah Allah yang melampaui segala yang ada. Allah yang tidak terbatas untuk memimpin dunia.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Phanteisme adalah paham yang mengait-ngaitkat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pantheism adalah suatu keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia identik dengan alam yang diidentifikasikan dengan sifat ketuhanan. Sifat-sifat ketuhanan ada di alam yang segala sesuatunya kita dapat mengetahui atau mempelajari melalui alam yaitu hasil ciptaan-Nya bagi kaum yang berpikir. Demikianlah Alloh ciptakan segala esuatu tiadalah yang tiada artinya.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam sejarah filsafat ketuhanan istilah panteisme sebagai suatu aliran dalam memahami atau mengenal Tuhan, baik secara teoritis maupun historis. Tuhan diidentikkan dengan segala sesuatu, karena kehadirannya yang langsung dan aktif di dunia ini mengenakan bentuk yang nyata. Paham panteisme yang bersifat pribadi (personal) mengatakan bahwa karena Tuhan sendiri yang benar-benar ada. Sedangkan benda-benda yang dapat ditangkap oleh panca indera adalah bagian dari Tuhan. Panteisme mengungkapkan bahwa seseorang tidak mampu memberi batasan terhadap Tuhan dengan bahasa manusia yang terbatas.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Ada berbagai definisi panteisme. Beberapa menganggapnya sebagai sebuah posisi teologis dan filosofis mengenai Tuhan. Sebagai posisi religius, beberapa orang menggambarkan panteisme sebagai lawan polos ateisme. panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari Allah yang utuh dan imanen.

    ReplyDelete