Jan 13, 2013

THEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Theism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Theism adalah definisi yang menjelaskan tentang kepercayaan manusia akan hadirnya para Dewa atau Tuhan. Keyakinan terhadap Tuhan merupakan wujud refleksi terdalam manusia, untuk dapat memahami Tuhan ia harus mampu melampaui hal-hal yang bersifat materialistik. Maka tidak heran jika banyak perkembangan pemahaman manusia terhadap konsep Tuhan. Salah satu contoh perkembangan pemahaman tekait konsep interaksi terhadap Tuhan adalah Open Theism, ialah tesis bahwa karena Tuhan mengasihi manusia dan menginginkan manusia untuk dapat bebas memilih untuk membalas cintanya. Maka dari itu, bagi saya cara untuk dapat mencapai Tuhan adalah dengan cinta kasih. Jika kita memahami interaksi manusia dengan Tuhan sebagai interaksi cinta kasih maka tidak ada keterpaksaan dalam menjalankan ajaran-Nya, tidak ada amarah dalam membangun dunia, dan tidak ada diskriminasi terhadap orang yang berbeda pandangan tentang-Nya.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Teisme merupakan pandangan yang mempercayai adanya dewa. Dewa yang dimaksud adalah kekuatan eksistensi di alam. Dalam kehidupan sekarang ini teisme merupakan pandangan yang mempercayai adanya Tuhan. lawan dari theisme adalah atheis yang artinya tidak percaya Tuhan. theism dibagi menjadi monoteism dan politeism. Monotheism merupakan pandangan yang mempercayai adanya Tuhan yang tunggal sedangkan politheisme merupakan pandangan yang mempercayai adanya Tuhan yang banyak.
    Dalam hidup ini manusia dan segala sesuatunya pasti ada yang menciptakan dan mengatur tentang segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini, semua itu menjadi bukti bahwa Tuhan itu ada, Tuhan yang menciptakan dan mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini sehingga kepercayaan kepada Tuhan merupakan kewajiban bagi setiap manusia.

    ReplyDelete
  3. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia, yang saya pahai mengenai theism atau theisme adalah paham atau kepercayaan mengenai adanya satu atau beberapa Tuhan. Secara etimologi, theisme berasal dari kata theos yang berarti Tuhan. Menurut para pengikut kepercayaan ini, terdapat sesuatu yang kekal yang merupakan sebab dari kejadian segala sesuatu yang lain.

    ReplyDelete
  4. Junianto
    PM C

    Theism yang saya pahami adalah suatu paham yang meyakini adanya kekuatan yang lebih besar daripada manusia yaitu dewa ataupun Tuhan. Dalm konsep kehidupan, Theisme berarti mengakui adanya Tuhan baik Tuhan Esa (monotheisme) maupun Tuhan tidak Esa (politheis). Intinya adalah paham ini mengakui adanya keuatan Tuhan sehingga alam semesta ini tidak terbentuk begitu saja tetapi karena diatur oelh Tuhan.

    ReplyDelete
  5. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas referensi bacaan yang telah diberikan. Menurut website http://plato.stanford.edu/entries/process-theism/ theisme merupakan paham yang meyakini keberadaan akan Tuhan dan percaya bahwa Tuhan abadi, tidak pernah berubah dan tidak terpengaruh oleh dunia. Theism dibangun dari argumen-argumen yang ingin menyatakan bahwa Tuhan itu ada. Paham ini memiliki tujuan untuk bisa memperoleh kesimpulan bahwa Tuhan itu benar-benar ada. Bukti-bukti akan adanya Tuhan dibagi menjadi dua yaitu, bukti a priori dan bukti a posteriori. Bukti a priori terdiri dari satu macam yaitu argumentasi ontologis dan bukti a posteriori terbagi menjadi beberapa macam cosmological argument, design or teleological argument, the moral argument dan the argument from religious experience.Terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Theisme yaitu meyakini adanya Tuhan. Istilah teisme pertama kali digunakan oleh Ralph Cudworth. Lawan dari teisme adalah ateisme yang meyakini bahwa Tuhan itu tidak ada. Theisme dibagi menjadi dua, yaitu monoteisme dan polietisme. Monoteisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu. Sedangkan politeisme adalah bentuk kepercayaan yang mengakui adanya lebih dari satu Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Theism disini saya memberikan makna iman dalam segi keislaman. Iman disini bisa dalm segala hal. Namun theism disini lebih fokus pada iman terhadap Tuhan yang mereka sembah. Adanya kepercayaan ini mengindikasi bahwa mereka percaya bahwa pada hakikatnya dunia ini adalah hasil ciptaan Tuhan, dan bukan karena kejadian alam yang selama ini gencar-gencarnya dibahas karena menurut saya jika menganggap hal tersebut, maka sesungguhnya mereka telah meniadakan keberadaan Tuhan, sehingga hal tersebut bisa diartikan ketidakpercayaan mereka terhadap Tuhan atau yang disebut dengan Atheism
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, theism merupakan suatu pandangan atau kepercayaan akan adanya dewa atau tuhan. Isilah theism ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Tuhan”, dimana dari istilah ini ditegaskan bahwa pemahaman dan kepercayaan terhadap adanya Dewa atau Tuhan adalah penyebab dari terjadinya semua hal yang lain.

    ReplyDelete
  9. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Teisme adalah paham ketuhanan yang berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Kebenaran dari teisme adalah sebagian besar pemikir mengakui adanya suatu realitas tertinggi yang perlu dianut, dalam kehidupan yang selalu berubah, teisme menawarkan suatu landasan yang kokoh, sebagian besar aliran
    pandangan menempatkan manusia dalam posisi tertinggi, teisme adalah suatu tujuan tertinggi bagi kehidupan

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Istilah Theism mungkin jarang kita dengar, namun pasti kita mengenal istilah Atheis bukan? Atheis adalah keyakinan untuk tidak berTuhan. Theism merupakan kebalikannya. Menurut yang saya baca di wikipedia Teisme dalam penggunaannya yang paling luas, adalah kepercayaan terhadap satu dewa. Betapa beruntungnya orang Indonesia yang mayoritas mempunyai Tuhan untuk menggantungkan doa dan harapannya selama hidup. Saya juga bersyukur Alhamdulillah dikaruniai keimanan bahwa semua yang ada di dunia ini adalah karena adanya Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Istilah Theism berasal dari bahasa Yunani theos yang berarti Tuhan. Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan adalah zat yang personal yang menciptakan alam, maka Tuhan dengan alam tidak sama, sebab Tuhan adalah pencipta dan alam adalah hasil ciptaan-Nya. Menurut teisme, Tuhan berada di alam (imanen) namun juga jauh dari alam (transenden). Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalahi hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga doa seseorang akan didengar dan dikabulkan.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terimakasih Prof, malalui tulisan ini saya sedikit mengerti apa itu teisme. Teisme merupakan paham yang sudah meyakini adanya Tuhan, Tuhan dan Makhluk adalah dua yang sangat berbeda, Tuhan sebagai pencipta dan pemelihara alam. Ajaran agama yang menganut theism seperti Islam, Kristen, Yahudi. Bahkan dalam Islam Tuhan adalah Esa, transenden dan imanen dijelaskan dalam kitab suci Al-Qur`an.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari salah satu link yang say abaca yaitu https://en.wikipedia.org/wiki/Theism, dijelaskan bahwa theisme dapat didefinisikan sebagai kepervayaan akan dewa atau Tuhan. Theisme ini terdiri dari beberapa tipe yaitu monotheisme, polytheisme, pantheisme dan panentheisme, deisme, autotheisme. Monoteisme merupakan kepercayaan bahwa hanya satu dewa atau Tuhan yang ada. Salah satu ajaran yang mempercayai bahwa hanya ada satu Tuhan adalah islam. Dalam islam kita meyakini bahwa hanya Allah SWT yang berhak disembah.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Theisme berlawanan dengan atheisme. Dalam aliran teisme, mereka percaya terhadap satu dewa atau pencipta alam semesta. Mereka percaya pada Tuhan, beriman kepada-Nya, serta menjalankan perintahnya untuk senantiasa menjadi pemimpin di bumi ini. Menjaga dan mengelola bumu sesuai ajaran agama yang dianut.

    ReplyDelete
  15. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Theisme ini merupakan paham yang meyakini adanya satu atau lebih Tuhan. Sebelumnya sudah dipelajari mengenai paham yang meyakini adanya Tuhan yang tunggal yang dikenal dengan paham Monoisme, paham yang meyakini bahwa Tuhan itu adalah segala hal yaitu paham Pantheisme dan lain sebagainya. Seseorang yang tidak meyakini adanya Tuhan sering dikenal dengan orang yang memiliki paham Atheisme.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Teisme, dalam arti yang luas, adalah keyakinan bahwa setidaknya satu dewa ada. Dalam pengertian yang lebih spesifik, teisme umumnya doktrin tauhid tentang sifat dewa, dan hubungan itu dewa untuk alam semesta. Teisme, dalam arti khusus ini, conceives Tuhan sebagai pribadi, hadir dan aktif dalam pemerintahan dan organisasi dunia dan alam semesta.

    ReplyDelete
  17. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Theisme merupakan paham yang mempercayai adanya Tuhan. Para pengikut paham ini meyakini bahwa segala sesuatu yang ada dan mungkin ada itu diciptakan oleh Tuhan. Mereka juga percaya bahwa Tuhan ada bersama mereka dialam semesta ini dan juga berada diluar alam semesta ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Theist adalah kepercayaan yang mengakui keberadaan Tuhan, dewa, dan roh-roh. Meskipun dulunya kepercayaan itu tersebar ber-macam2, namun belakangan terjadi pengelompokan dimana kelompok2 penganut kepercayaan tertentu menyeragamkan bentuk kepercayaannya sehingga menjadi identitas yang sekarang kita kenal dengan nama "AGAMA". Theist setidaknya mempercayai minimal satu Tuhan. Filsuf dan ilmuwan yang mengakui adanya Tuhan berarti memiliki level spiritual dalam dunianya. Bagi yang tidak mengakui keberadaan Tuhan, level tertinggi baginya hanyalah pikirannya sehingga ia terlalu mendewakan ilmu pengetahuan tanpa batas.

    ReplyDelete
  19. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Theism atau paham ketuhanan artinya ialah kepercayaan akan adanya tuhan atau dewa. Seseorang yang percaya akan Tuhan atau dewa juga mempercayai setiap kuasanya. Salah satunya bahwa dunia ini diciptakan oleh Tuhas, serta segala ilmu yang ada di alam semesta ini hanya milik Tuhan. Di dalam dasar Negara Indonesia paham ketuhanan ini tercantum dalam sila pertama pancasila yang berbunyi ‘ketuhanan yang maha Esa’. Artinya setiap rakyat Indonesia wajib mempercayai akan adanya tuhan dan memiliki satu tuhan/agama. Hikmah dari percaya akan Tuhan ialah agar kita tidak sombong dan merasa yang paling hebat. Karena sehebat-hebatnya manusia masih ada kuasa Tuhan yang lebih besar kehebatannya.

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dalam aliran teisme mereka berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan di samping berada di alam (imanen), tetapi Dia juga jauh dari alam (transenden). Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalahi hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga doa seseorang akan didengar dan dikabulkan. Agama-agama besar yang ada saat ini pada dasarnya menganut paham teisme, seperti Yahudi, Kristen, dan Islam.

    ReplyDelete
  21. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Teisme adalah aliran yang mempercayai adanya Tuhan. Aliran Teisme percaya bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan dan Makhluk adalah dua yang sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan di samping berada di alam , tetapi Dia juga jauh dari alam (transenden). dari referensi di atas saya menemukan terdapat beberapa tipe Teisme, yakni monoteisme, politeisme, panteisme dan panenteisme, deisme, autoteisme, serta teisme value-judgement

    ReplyDelete
  22. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Theism adalah kepercayaan terhadap satu dewa atau Tuhan. Hal ini berarti di dalam kehidupan theism adalah manusia-manusia mempercayai adanya Tuhan. Mempercayai bahwa mereka ada di dunia bukan karena muncul sendirinya namun karena telah terpilih oleh Tuhan. Kuasa Tuhan adalah yang tertinggi, yang absolut.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum, wr.wb.
    Jika ada aliran yang mempercayai Tuhan maka ada pula kepercayaan yang tidak mempercayai adanya Tuhan yaitu Atheisme. Aliran ini dengan segala daya pikirnya ia akan melawan, memprotes apa yang dipercayai oleh Theism. Power Now pun akhirnyapun merupakan alat bagi aliran ini.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  24. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Theism adalah suatu kepercayaan tentnag keberadaan Yang Maha Tinggi. Kepercayaan ini menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam monoteistik atau tuhan yang ditemukan dalam agama politeistik; sebuah kepercayaan kepada Tuhan atau dewa-dewa tanpa penolakan terhadap wahyu.

    ReplyDelete
  25. Teisme adalah pandangan yang mempercayai adanya dewa atau Tuhan. Untuk mencapai hal ini maka seseorang harus meninggalkan nilai-nilai materialism dalam dirinya. Karena seseoranng yang tidak bisa meninggalkan sisi dunia di belakang kehidupannya maka dia akan mejadi manusia yang atheis yaitu tidak percaya pada Tuhan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Teisme berarti mempercayai adanya Tuhan, yaitu dzat yang abadi, maha kuat dengan kekuatan yang besar, dan menjadi penguasa atas segala yang ada di alam semesta. Penganut paham ini percaya bahwa bumi dan alam semesta diciptakan oleh Tuhan, bukan muncul atau ada dengan sendirinya. Dan setiap yang ada di dalamnya dikendalikan oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  27. Arina Husna Zaini
    PEP S2
    17701251024

    Teisme merupakan lawan dari atheis. Teisme merupakan pemikiran tentang kepercayaan akan hadirnya Tuhan. Oleh karena itu secara tidak langsung teisme memiliki pandangan tenatng keimanan dan kepercayaan yang mendalam tentang ajaran agama. Teisme dapat dipandang sebagai monoteisme dimana kepercayaan manusia hanya percaya akan adanya Allah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  28. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Theism merupakan aliran ketuhanan, yang yakin dan percaya bahwa Tuhan itu ada. Adanya kepercayaan itu tentu didasari oleh iman seseorang. Paham ini sendiripun juga banyak bentuknya, mulai dari percaya akan adanya satu dan hanya satu Tuhan, atau yang percaya pada lebih dari satu Tuhan (dalamhal ini bisa juga mempercayai Dewa). Keberagaman aliran kepercayaan akan Tuhan ini merupakan sesuatu yang lumrah terjadi, "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku".

    ReplyDelete