Jan 13, 2013

THEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Theism, bisa konek berikut:


Wss

37 comments:

  1. Theisme atau teisme adalah suatu sikap menyepakati klaim esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: maha penyayang dan maha mulia. Teisme menjadi lawan dari ateisme. Teisme dibagi menjadi monotheisme, polytheime, pantheisme dan pennetheisme.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Theism Istilah berasal bahasa Yunani yakni theos yang berarti "dewa". Jadi theism adalah suatu aliran yang mempercayai bahwa adanya suatu kekuatan gaib yang mengatur alam semesta ini, yang sering diistilahkan Dewa atau dalam agama Islam adalah Allah. Sementara ateisme adalah kebalikan dari theism yakni suatu paham yang tidak mengakui adanya Allah, paham ini lebih mengedepankan pemikiran, sehingga apapun yang terjadi di dunia ini tidak ada campur tangan dari kekuatan gaib. Dalam theism dibagi lagi dengan beberapa bagian diantaranya adalah monotheism, polytheism dan lain-lainnya.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Theism merupakan kepercayaan terhadap satu Tuhan. Sebagai contoh kita yang beraga Islam mempunyai keyakinan bahwa tiada Tuhan kecuali Allah SWT, keyakinan kita dibersamaai dengan ketaatan dan ketakwaan kita dengan menjauhi segala larangannya dan beribadah dengan sebaik-baiknya. Aliran ini berpendapat bahwa alam semestea diciptakan oleh Tuhan tanpa batas, sehingga antara Tuhan dan makhluk-Nya sangat berbeda. Theism lebih bersifat universal dan masih ada hubungannya dengan masalah keduniawian.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Theism adalah aliran ketuhanan yang yakin dan percaya bahwa Tuhan itu ada. Adanya kepercayaan tersbut pasti dilandasi oleh keimanan seseorang kepada tuhan. Keberagaman aliran kepercayaan kepada Tuhan ini merupakan sesuatu yang lumrah. Di dalam agama Islam keyakinan seorang umat kepada Allah SWT di landasi dengan 6 keimanan, “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku”.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Theisme berarti suatu pandangan yang percaya akan adanya Tuhan. Sedangkan pandangan yang tidak percaya akan keberadaan Tuhan disebut sebagai atheisme. Tuhan itu ada dan satu, itulah kepercayaan saya. Jika kita tidak percaya akan adanya Tuhan, lalu bagaimana kita berpikir tentang keberadaan alam semesta dan seluruh isinya termasuk diri kita sendiri. Siapa yang menciptakan mereka? Apakah ada dengan sendirinya? Tentunya hal itu akan melampaui batas pikiran manusia jika tidak percaya akan adanya Tuhan. Sejatinya, orang-orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan itu tidak ada. Orang-orang yang kita sebut sebagai atheis sebenarnya percaya akan adanya Tuhan. Tetapi mereka tidak mengakuinya. Sesugguhnya mereka tengah terjangkit sifat sombong. Fir’aun yang mengaku dirinya sebagai tuhan, di akhir hayatnya pun tetap mengakui akan Tuhan Yang Esa.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Teisme, secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan pada keberadaan dewa atau dewa. dan Ateisme umumnya dipahami sebagai penolakan teisme dalam arti yang luas dari teisme, yaitu penolakan kepercayaan pada Tuhan atau dewa-dewa. kembali pada keyakinan diri masing-masing tentang 2 hal tersebut, dan sejatinya manusia percaya adanya Tuhan dan sejatinya orang atheis mereka yang sombong tidak mengakui adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Theism yang berarti suatu pandangan yang mengakui adanya Tuhan, sedangkan atheism adalah suatu pandangan yang tidak mengakui adanya Tuhan. Alam semesta beserta isinya diciptakan, dan segala hal yang diciptakan pastinya akan kembali kepada-Nya. Mengimani yang berarti percaya, meski tak terlihat, namun kita bisa merasakan keberadaan-Nya melalui ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Theis berasal dari kata theos yang berarti Allah atau Tuhan. Theisme bersifat universal. Dalam aliran teisme mereka berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    theism didefinisikan sebagai kepercayaan akan adanya Tuhan.
    aliran ini bertentangan dengan atheism yang mana merupakan keyakinan tentang tidak adanya tuhan.
    proses Theism tidak menyangkal bahwa Tuhan dalam beberapa hal abadi, tidak dapat berubah, dan tidak dapat diterima, namun bertentangan dengan pandangan klasik dengan menegaskan bahwa Tuhan dalam beberapa hal bersifat temporal, dapat berubah, dan mungkin.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Theisme atau teisme adalah suatu sikap yang menyepakati klaim akan esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki Tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: Maha Penyayang dan Maha Mulia. Salah satu yang mencolok yang sering dikritik pihak non-theist kepada theist adalah istilah-istilah yang tanpa makna. Theist menyatakan bahwa Tuhan Maha Mulia, namun tidak bisa menunjukkan apa arti maha sebelum kata mulia tersebut.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Istilah Theism berasal dari bahasa Yunani theos yang berarti Tuhan. Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan adalah zat yang personal yang menciptakan alam, maka Tuhan dengan alam tidak sama, sebab Tuhan adalah pencipta dan alam adalah hasil ciptaan-Nya. Menurut teisme, Tuhan berada di alam (imanen) namun juga jauh dari alam (transenden). Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalahi hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga doa seseorang akan didengar dan dikabulkan.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Theism adalah paham yang percaya bahwa Tuhan menciptakan dan membina. Theism percaya Tuhan menciptakan alam semesta, dan berlakunya hukum alam, tetapi Tuhan mempunyai hubungan personal dengan manusia. Saya meyakini theism karena berdasarkan Alquran, Islam merupakan satu-satunya agama yang mengajarkan sebuah konsep Ketuhanan berupa pengesaan Tuhan, dalam rangka memurnikan keagungan-Nya selaku Pencipta tunggal, Pembina tunggal (dari alam semesta), serta Illah (sesembahan) tunggal.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Teisme proses biasanya mengacu pada keluarga gagasan teologis yang berasal dari, yang diilhami oleh, atau sesuai dengan orientasi metafisik filsuf Inggris-matematikawan Alfred North Whitehead (1861-1947) dan filsuf Amerika-ornitolog Charles Hartshorne (1897-2000) . Bagi Whitehead dan Hartshorne, ini adalah atribut penting dari Tuhan untuk dilibatkan sepenuhnya dan dipengaruhi oleh proses temporal. Gagasan ini sangat kontras dengan bentuk teisme tradisional yang membuat Tuhan menjadi atau setidaknya dianggap sebagai, dalam segala hal tidak temporal (abadi), tidak berubah (tidak dapat diubah,) dan tidak terpengaruh oleh dunia (tidak dapat disalahkan). Teisme proses tidak menyangkal bahwa Tuhan dalam beberapa hal abadi, tidak dapat berubah, dan tidak dapat diterima, namun bertentangan dengan pandangan klasik dengan menegaskan bahwa Tuhan dalam beberapa hal bersifat temporal, dapat berubah, dan mungkin. Pandangan Whitehead dan Hartshorne juga harus dibedakan dari yang menegaskan bahwa makhluk ilahi, dengan tindakan pembatasan diri, membuka diri terhadap pengaruh dari dunia. Beberapa neo-Thomis memegang pandangan ini dan sekelompok filsuf Kristen Evangelis, yang menyebut diri mereka "para teoretisi terbuka," mempromosikan gagasan serupa. Bentuk-bentuk teisme ini dipengaruhi oleh teisme proses, namun mereka menolak klaimnya bahwa Tuhan pada dasarnya dalam hubungan saling memberi dan menerima dengan dunia. Selain itu, teisme proses adalah teologi filosofis yang sejati dalam artian bahwa hal itu tidak didasarkan pada klaim tentang wawasan khusus atau kebenaran yang diwahyukan tetapi dalam refleksi filosofis. Secara khusus, teisme proses adalah produk berteori yang mengambil kategori menjadi, perubahan, dan waktu sebagai dasar untuk metafisika. Dasar metafisik teisme proses sering disebut filosofi proses, sebuah label yang disarankan oleh judul magnum opus Whitehead, Process and Reality . Untuk menarik penekanan filosofi ini pada keterkaitan, banyak ilmuwan mengikuti Bernard Loomer dalam menyebutnya sebagai filosofi proses-relasional. Ungkapan yang disukai Whitehead untuk sudut pandang metafisiknya adalah "falsafah organisme." Artikel ini terutama membahas konsep Tuhan dalam teisme proses, walaupun kita akan menyimpulkan dengan diskusi singkat tentang argumen keberadaan Tuhan dalam pemikiran proses dan catatan tentang Pengaruh historis pada teisme proses.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Theisme berarti pemahaman suatu pandangan yang percaya akan adanya Tuhan yang maha Esa. Sedangkan pandangan yang tidak meyakini ataupun percaya akan adaanya Tuhan disebut sebagai atheisme. “Tuhan itu Esa dia tidak beranak dan tidak pula diperanakan” itulah kepercayaan yang saya yakini sekarang. Tuhan yang menciptakan seluruh mahluk beserta isi bumi.

    ReplyDelete
  15. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita ketahui bahwa teisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan entitas Tuhan. Orang yang menganut paham teisme disebut teis (theist). Paham teisme terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada paham Ketuhanan yang dianutnya. Beberapa paham teisme adalah antara lain:Teisme yang mempercayai Tuhan personal, Deisme, Panteisme,Panenteisme, Monoteisme, Politeisme, Monolatrisme. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan.Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: maha penyayang dan maha mulia. Dan bagi kita sebagai muslim mempecayai dan meyakini Allah satu-satunya Tuhan yang berhak kita sembah dan ibadahi. Dialah pencipta alam semesta ini.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Theisme adalah suatu keyakinan yang mempercayai adanya Tuhan. Tuhan lah yang menguasai alam semesta. Teisme membawa kepada kepercayaan yang penuh terhadap Tuhan dan hanya berbakti dan menyembah kepada Tuhan saja. Ada banyak hal mungkin tidak bisa dijangkau dan dipikirkan oleh manusia dan itu merupakan contoh kuasa Tuhan, karena apa yang manusia tidak mungkin lakukan hal itu akan menjadi mungkin jika Tuhan yang melakukannya.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Paham theism adalah paham dimana kita sebagai manusia mengenal dan mengakui adanya Tuhan, semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini merupakan ciptaan Tuhan YME. Semua yang kita peroleh selama ini juga merupakan pemberian Tuhan YME. Ini semua adalah konsep yang dianut mengenai keTuhan_an. Disisi lain ada pula atheism, ini bertentangan dengan theism, karena merekaa tidak mempercayai adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061


    Teisme berkaitan erat dengan paham kepercayaan terhadap dewa, hal ini menunjukkan suatu spiritual. Menurut Auguste Compte pada abad ke 19, spiritual atau kepercayaan dalam beragama termasuk dalam kehidupan pada masa archaic, tribal, dan tradisional. Sedangkan saat ini kita berada pada masa pos-pos modern jauh dari masa tradisional apalagi archaic. Selain itu, Auguste Compte juga mengungkapkan bahwa masa spiritual berada di dalam lingkup filsafat, di mana filsafat sendiri juga dilingkupi oleh kehidupan modern dan positivisme. Semoga meski kita sudah berada pada jaman pos-pos modern, kita masih menjadi manusia yang teisme, selalu beragama, dan percaya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Theisme berarti pemahaman suatu pandangan yang percaya akan adanya Tuhan yang maha Esa. Theisme, berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang maha sempurna, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Ciri lain dari theisme bahwasannya Tuhan setelah menciptakan alam, ia tetap aktif mengawasi, menciptakan, dan menentukan segala sesuatu di dunia ini.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Theism atau paham tentang ketuhana, bahwa pemahaman, kesadaran, atau kesadaran yang sadar akan keberadaan dirinya dari keabadian, adalah penyebab semua hal lainnya". Ateisme umumnya dipahami sebagai penolakan terhadap teisme dalam arti teisme yang paling luas, yaitu penolakan kepercayaan terhadap tuhan atau tuhan. Klaim bahwa keberadaan dewa apapun tidak diketahui atau tidak diketahui adalah agnostisisme . theism ini juga mngklaim bahwa paham kita berlandasan tuhan. Jadi jika kita membahas theism maka kita juga kan membahas ketuhanan.

    ReplyDelete
  21. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada tautan yang telah diberikan pada artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa teisme merupakan suatu paham yang berkenaan dengan tuhan. teisme pertama kali dikelkan oleh Ralph Coudworth, yang berasal dari kata "theos" dengan "dewa". sehingga dapat dikatakan bahwa teisme merupakan suatu konsepsi kelasik yang berkaitan dengan keberadaan tuhan. keberadaaan tuhan dimna dipercayai oleh beberapa agama antara lain yahudi, islam, kristen, hindu, dan sebagainya. sementara itu lawan dari paham teisme alah ateisme, yaitu paham yang tidak percaya keberadaan tuhan.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Theisme adalah paham yang mempercayai keberadaan Tuhan. Dalam menejemahkannya maka dapat dikatakan bahwa Theisme membutuhkan yang namanya agama. Para penganutnya mempercayai bahwa setelah kehidupan di dunia ada tahap lanjutan yang harus dihadapi oleh setiap manusia. Sehingga menghasilkan konsep dosa, ganjaran dan lain-lain.

    ReplyDelete
  23. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Theisme menurut KBBI berarti ilmu yang mengajarkan tentang adanya Tuhan. Pada zaman tertentu mungkin paham ini merupakan paham tentang kepercayaan adanya dewa. Entah itu monoteisme atau mono yang berarti satu, yakni mempercayai bahwa ada satu Tuhan ataupun politeisme atau poli yang berarti banyak, artinya mempercayai ada banyak Tuhan. Namun, kita sebagai hamba yang beriman dan bertakwa sudah seharusnya percaya bahwa Tuhan Maha Esa artinya maha satu dan tidak ada duanya. Keyakinan ini lah yang seharusnya tertanam dalam diri kita, bahwa Tiada Tuhan Selain Allah.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Istilah teisme berasal dari bahasa Yunani yang berarti "Tuhan". Istilah theisme pertama kali digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688). Teisme secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan akan adanya dewa atau dewi. Dalam bahasa populer, atau bila dibandingkan dengan deisme, istilah ini sering menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam agama monoteistik dan politeistik.
    Kita mengenal kaum ateis yaitu orang yang menolak adanya Tuhan. Maka Ateisme umumnya dipahami sebagai penolakan terhadap teisme dalam arti teisme yang paling luas, yaitu penolakan terhadap kepercayaan pada Tuhan.

    ReplyDelete
  25. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Teisme adalah sebagai kepercayaan yang percaya akan adanya dewa atau Tuhan. Istilah theisme berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tuhan". Istilah theisme pertama kali digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688). Dalam definisi Cudworth, mereka "secara ketat dan benar disebut Theists, yang menegaskan, bahwa pemahaman, kesadaran, atau kesadaran yang sadar, yang ada dari dirinya sendiri dari keabadian, adalah penyebab dari semua hal lainnya". Sehingga jika ada Theisme maka akan ada Atheism yaitu lawan dari Theism yang artinya tidak percaya akan adanya Tuhan.

    Refrensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Theism

    ReplyDelete
  26. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih bapak atas sumber bacaan yang telah diberikan. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa Teisme, dalam arti khusus ini, conceives Tuhan sebagai pribadi, hadir dan aktif dalam pemerintahan dan organisasi dunia dan alam semesta. Sebagai teisme tersebut menggambarkan konsepsi klasik Allah yang ditemukan dalam agama Kristen, Yahudi, Islam, Sikh, dan beberapa bentuk Hindu.Kalau menurut pendapat saya theism itu mungkin kalau dalam islam adalah suatu paham yang menyatakan bahwa Allah adalah satu satunya Tuhan yang ada dan yang pantas di sembah.

    ReplyDelete
  27. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Theisme sebagai bagian dari kajian Teologi merupakan suatu paham yang meyakini bahwa Tuhan itu ada. Argumen-argumen yang dibangun untuk membuktikan eksistensi Tuhan dilakukan oleh Teologi Natural dimana kesimpulan yang diambil didasarkan hanya pada pikiran manusia saja. Secara umum, bukti-bukti adanya Tuhan dibedakan menjadi dua yaitu bukti a priori dan bukti a posteriori. Bukti a priori hanya terdiri atas satu macam yaitu argumentasi ontologis, sedangkan bukti a posteriori terdiri atas berbagai macam yaitu argumen kosmologis, argumen desain atau teleologis, argumen moral, dan argumen dari pengalaman relijius.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sebutan Theism pertama dimunculkan oleh Ralph Cudworth (1617-1688) sebagai lawan dari kata atheism. Jika atheism memiliki pandangan tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau dewa-dewa, maka theism adalah sebaliknya. Pandangan theism ini kemudian berkembang menjadi polytheism dan monotheism. Monotheism adalah paham yang menganggap hanya ada satu Tuhan. Maka agama samawi merupakan bagian dari monotheism.

    ReplyDelete
  29. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Theisme atau teisme adalah suatu sikap menyepakati klaim esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Atheism menganut kepercayaan yang pasti akan keberadaan Tuhan. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal Salah satu yang mencolok yang sering dikritik pihak non-theist kepada theist adalah istilah-istilah yang tanpa makna.

    ReplyDelete
  30. Theisme hadir karena pemikiran manusia bahwa alam semesta yang besar dan luas pasti diciptakan oleh kekuatan yang diluar batas kemampuan manusia. Sehingga manusia mempercayai adanya hal yang gaib. Bahwa Tuhan lah yang menciptakan alam semesta. Seperti cerita abi Ibrahim. Bahwa Ibrahim berpikir bagaimana kehidupan ini ada kemudian melihat masyarakat sekitar yang menyembah berhala. Bagaimana mungkin manusia menyembah berhala yang berhala tersebut diciptakan manusia. Berhala yang tidak bisa apa-apa. Manusia salah jika menyembah berhala. Dalam perenungannya, Ibrahim melihat bintang yang bersinar terang, kemudian bulan, kemudian matahari yang besar tetapi semuanya itu tenggelam. Sehingga Ibrahim berdoa dan berkesimpulan bahwa hanya Tuhan yang menciptakan alam semesta dan berserah diri kepadaNya.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Theisme merupakan suatu paham yang meyakini bahwa Tuhan itu ada. Selain itu, proses teisme adalah teologi yang benar-benar filosofis dalam arti bahwa itu tidak didasarkan pada klaim wawasan khusus atau kebenaran yang diwahyukan tetapi dalam refleksi filosofis. Dalam Theisme, alam diciptakan oleh Tuhan yang maha sempurna, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Tuhan tidak hanya menciptakan saja, namun tetap mengawasi sesuatu yang telah diciptakan-Nya. Karena itu Theisme menyakini akan kekuatan doa, yaitu ketika seseorang berdoa maka akan didengar dan dikabulkan oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  33. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan sumber yang saya baca, theism secara pengertian dalam arti luas adalah kepercayaan terhadap dewa. Sedangkan dalam arti sempit open teisme adalah keyakinan bahwa Tuhan YME memberikan kesempatan bagi manusia untuk bisa menentukan masa depannya sendiri. Sehingga Dia membiarkan manusia memilih atau melawan kehendak-Nya.

    ReplyDelete
  34. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Theism merupakan paham dan kepercayaan terhadap satu dewa yang dapat disembah. Theism dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme dan politeisme. Theism merupakan lawan dari atheism, dimana paham yang tidak mempercayai adaya Tuhan.

    ReplyDelete
  35. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kepercayaan atas adanya dewa atau tuhan disebut sebagai Theism. Penganut theism ini terbagi menjadi beberapa, yaitu ada yang mempercayai beberapa tuhan (politeisme) dan ada yang mempercayai bahwa tuhan itu satu (monoteisme). Orang yang beragama islam termasuk ke dalam penganut mono-theism, sesuai dengan QS. Al-Ikhlas jelas bahwa bagi orang muslim tuhan itu satu atau tunggal yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  36. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teisme merupakan ilmu yang mengajarkan adanya Tuhan. Teisme terbagi menjadi Monoteisme, Politeisme, Panteisme/Panenteisme, Deisme, Autoteisme, Euteisme, Dysteisme, dan Misoteisme. Lawan dari teisme adalah ateisme, dimana ateisme beranggapan tidak adanya Tuhan. Sebagai umat islam temasuk dalam monoteisme. Yakni mentauhidkan Allah subhanahu wa Ta’ala. Secara istilah syar’i, makna tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya (Syarh Tsalatsatil Ushul, 39). Dari makna ini sesungguhnya dapat dipahami bahwa banyak hal yang dijadikan sesembahan oleh manusia, bisa jadi berupa Malaikat, para Nabi, orang-orang shalih atau bahkan makhluk Allah yang lain, namun seorang yang bertauhid hanya menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan saja.

    ReplyDelete
  37. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teisme merupakan ilmu yang mengajarkan adanya Tuhan. Teisme terbagi menjadi Monoteisme, Politeisme, Panteisme/Panenteisme, Deisme, Autoteisme, Euteisme, Dysteisme, dan Misoteisme. Lawan dari teisme adalah ateisme, dimana ateisme beranggapan tidak adanya Tuhan. Sebagai umat islam temasuk dalam monoteisme. Yakni mentauhidkan Allah subhanahu wa Ta’ala. Secara istilah syar’i, makna tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya (Syarh Tsalatsatil Ushul, 39). Dari makna ini sesungguhnya dapat dipahami bahwa banyak hal yang dijadikan sesembahan oleh manusia, bisa jadi berupa Malaikat, para Nabi, orang-orang shalih atau bahkan makhluk Allah yang lain, namun seorang yang bertauhid hanya menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan saja.

    ReplyDelete