Jan 13, 2013

THEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Theism, bisa konek berikut:


Wss

37 comments:

  1. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Paham theisme merupakan suatu keyakinan akan keberadaan Tuhan, proses perkembangan paham theisme dikembangkan melalui pikiran-pikiran para filsuf dan istilah paham theisme adalah lawan dari ateisme, yang mana paham tersebut tidak mengenal akan keberadaan Tuhan. Sebagai seorang muslim mempunyai keyakinan akan keberadaan Tuhan yakni Allah Ta’ala, kita yakin bahwa segala sesuatunya adalah ciptaan Nya dan kehendak Nya.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Kesimpulan yang dapat saya peroleh mengenai theism sesuai dengan referensi yang ada dalam tulisan ini adalah, pandangan yang menyatakan akan kepercayaan akan adanya Tuhan ataupun dewa di dunia. Theism berasal dari bahasa Yunani yang berarti "Tuhan" yang menjelaskan bahwa adanya alam semesta karena ciptaan dan keberadaan Tuhan. Sedangkan antitesis dari theism adalah yang sudah diketahui secara luas yaitu atheis.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Theisme merupakan kebalikan dari atheisme. Theisme merupakan keyakinan akan keberadaan Yang Maha Tinggi atau dewa. Sedang atheisme merupakan penolakan theisme atau penolakan keyakinan pada Tuhan atau dewa. Theisme terdiri dari beberapa tipe yaitu monotheism (meyakini hanya ada satu dewa atau Tuhan), polytheism (meyakini ada lebih dari satu dewa atau Tuhan), pantheism (kepercayaan bahwa alam semesta adalah setara dengan dewa) dan panentheism (percaya bahwa alam semesta bergabung dengan dewa), deism (keyakinan agama harus didasarkan pada nalar manusia) , autotheism (keyakinan bahwa diri sendiri adalah dewa), dan value-judgment theisms (memiliki tiga pandangan yaitu eutheisme yang meyakini bahwa dewa murah hati, dheheheisme yang meyakini bahwa dewa tidak sepenuhnya baik dan mungkin bisa jahat, dan misotheisme yang meyakini bahwa dewa ada tapi jahat).
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Theisme adalah paham yang menentang atheism. Theisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan satu Tuhan pencipta alam. Dalam Islam jelas paham inilah yang menjadi pondasi dalam beragama. Dalam Agama Islam kejelasan tentang Tuhan adalah Esa,sekaligus Transenden dan Imanen dijelaskan dalam beberapa Ayat Al-quran Qul huwallahu ahad” katakanlah wahai Muhammad Dia (Allah) adalah satu.(Qs:112:1). Logika pun nampak jelas ketika dalam kehidupan hanya ada satu pemimpin yang berkuasa. Tidak pernah ada negara dipimpin oleh dua presiden. Tidak pernah ada kerajaan yang baik dipimpin oleh dua raja. Seperti itu pula dunia, yang dimiliki oleh satu zat, yaitu Alloh.

    ReplyDelete
  5. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Theism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Theism, saya dapat mengetahui lebih lanjut tentang Theism. Definisi Theism atau Teisme secara luas adalah sebagai keyakinan akan keberadaan Yang Mahatinggi atau dewa. Dalam bahasa umum, Teisme dapat dibandingkan dengan Deisme. Kemudian mampu menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam monoteisme atau disebut sebagai teisme klasik. Konsep klasik yang lainnya bisa berupa atau dewa-dewa dalam agama politeistik atau kepercayaan pada Tuhan atau dewa tanpa penolakan. Sedangkan adanya wahyu seperti karakteristik dari deisme
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Theism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/process-theism/, saya dapat mengetahui lebih lanjut tentang proses Theism. Menurut Whitehead dan Hartshorne, proses theism adalah atribut penting dari Tuhan untuk sepenuhnya terlibat dan dipengaruhi oleh proses temporal. Hal tersebut sangat kontras dengan bentuk-bentuk tradisional teisme dimana Tuhan menjadi atau setidaknya dipahami sebagai dalam segala hal yang non-temporal atau abadi, tidak berubah atau abadi, dan tidak terpengaruh oleh dunia atau tidak mungkin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Theism. Melalui link www.iep.utm.edu/o-theism/, saya mengalami kesulitan dalam mengakses link tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan adanya gangguan server yang ada atau memang tidak available lagi keberadaannya untuk IP di Indonesia. Sekiranya untuk kedepan linknya bisa diganti dengan link yang merujuk pada artikel lain sehingga bisa membahaas theism lebih dalam lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Theism. Melalui link www.iep.utm.edu/o-theism/, sebelumnya saya mengungkapkan bahwa mengalami kesulitan dalam mengunjungi halaman web tersebut. Ternyata setelah saya coba lagi, saya dapat mengunjunginya. Sepertinya hal ini dikarenakan server hanya bisa digunakan tidak pada malam hari atau dini hari.
    Dalam postingan yang ada disana terdapat open theism yang artinya tesis terbuka tentang anggapan bahwa karena Tuhan mengasihi kita dan menginginkan agar kita bebas memilih untuk membalas kasih-Nya. Tuhan telah membuat pengetahuan-Nya dan merencanakan masa depan tergantung pada tindakan kita. Hal ini membuat ada kebenaran kontingen, tetapi kebenaran-kebenaran ini tidak dapat diketahui oleh siapa pun, termasuk Tuhan. Beliau berpendapat bahwa meskipun Tuhan Maha Kuasa yang memungkinkan Tuhan untuk melakukan segala sesuatu yang dapat dilakukan, Tuhan tidak dapat menyelesaikan 2 + 2 = 5 atau melakukan sesuatu yang secara logis tidak mungkin. Kemahatahuan dipahami dengan cara yang sama.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Theisme atau teisme adalah suatu sikap menyepakati klaim esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: maha penyayang dan maha mulia. Teisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan entitas bernama Tuhan. Orang yang menganut paham teisme disebut teis (theist). Paham teisme terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada paham Ketuhanan yang dianutnya. Banyaknya konsep teisme adalah suatu problematika tersendiri, yaitu pemahaman yang berbeda mengenai entitas Tuhan. Namun dibalik itu semua, teisme percaya akan Tuhan, dan disinilah teisme bersatu dalam melawan argumen2 ateisme. Masalah ini menjadi demikian penting karena seorang teis yang mempercayai Tuhan akan lebih baik bila dia mengenali Tuhannya tidak hanya dengan modal iman, tapi juga dengan ilmu pengetahuan. Pemahaman akan Tuhan secara rasional pasti akan menemui batas. Bila rasionalitas sudah diambang batas, barulah keyakinan baik dogmatis maupun non dogmatis yang berbicara.

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Teisme secara umum merupakan suatu kepercayaan terhadap satu dewa. Beberapa pengertian juga menjelaskan bahwa dewa berada dalam entitas yang dapat dikenali tetapi berbeda, sama dengan panteisme. Dalam konteks lain dapat dikatakan bahwa dewa adalah kekuatan eksistensi atau yang ada di alam semesta, dan tidak termasuk sejenis bentuk deisme. Teisme dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme (di mana kata Tuhan dikapitalkan) dan politeisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, teisme dalam penggunaannya yang paling luas, adalah kepercayaan terhadap satu dewa. Beberapa penggunaan lebih kecil menjelaskan bahwa dewa berada dalam entitas yang dapat dikenali tetapi berbeda. Penggunaan kecil lainnya mengatakan bahwa dewa adalah kekuatan dari alam semesta. Teisme dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme dan politeisme.

    ReplyDelete
  12. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Teisme adalah paham yang mepercayai adanya Tuhan. Para penganut teisme menalar Tuhan bukan saja dengan akal budi mereka, melainkan juga dengan wakyu dari kitab suci yang mereka yakini. Penganut teisme meyakini bahwa Tuhan menjadi penyebab segala-galanya. Dalam Islam ini berarti meyakini dan beriman kepada Allah SWT. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah karena kehendak Allah. Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia" (QS. Yasin: 82).

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Theisme berlawanan dengan atheisme. Dalam aliran teisme, mereka percaya terhadap satu dewa atau pencipta alam semesta. Mereka percaya pada Tuhan, beriman kepada-Nya, serta menjalankan perintahnya untuk senantiasa menjadi pemimpin di bumi ini. Menjaga dan mengelola bumu sesuai ajaran agama yang dianut.

    ReplyDelete
  14. Theism dalam bahwa yunani yaitu “Tuhan”. Theism secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan akan keberadaan Yang Maha tinggi atau para dewa. Theism merupakan kontradiksi dari atheism yaitu tidak percaya bahwa tuhan itu ada. Tipe-tipe Thiesm yaitu Monotheism, Polytheism, Pantheism dan Panentheism, Deism, Autotheism, dan Value-Judgment Theism. Theism menjelaskan bahwa adanya dunia ini karena ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Theisme merupakan paham yang meyakini Tuhan. Alam diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Theisme menyakini bahwasannya Tuhan selalu mengawasi dan memelihara alam semesta berserta seluruh isinya. Theisme juga mempercayai adanya mu’jizat. Sama halnya ketika kita berdoa dengan penuh ketulusan dan keikhlasan maka doa tersebut akan didengar dan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Mendengar.

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Theism adalah sebuah paham tentang keyakinan bahwa adanya Tuhan. Sebuah keyakinan tidak dapat dipaksakan tetapi kita dapat berpikir mengapa ada fenomena yang sangat luar biasa, dan pencipta kita. Sedangkan awan dari theism adalah atheism yang merupakan paham tentang tidak meyakini bahwa tida ada Tuhan atau Dewa. Walaupun adanya theism dan atheism harus saling menghormati karena kepercayaan datangnya dari hati kemudian membuat kita berpikir lagi.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Theism adalah paham tentang percaya adanya Tuhan (yang menciptakan) dan merupakan kebalikan dari atheism. Seseorang yang menganut theism memiliki keyakinan bahwa Tuhan adalah pencipta alam semesta beserta isinya. Selain itu orang yang menganut theism juga percaya bahwa ada kejadian yang bisa terjadi diluar akal pikiran karena adanya kehendak dari sang Pencipta.

    ReplyDelete
  18. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Teisme secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan akan keberadaan Yang Maha Tinggi atau para dewa. Terdapat 6 jenis teisme yaitu monotheism, polytheism, pantheism and panentheism, deism, autotheism, value-judgement theisms. Pada link yang kedua memaparkan menegnai process theism. Processs theism tidak menyangkal bahwa Tuhan dalam beberapa hal abadi, tidak berubah, dan tidak dapat ditembus, tetapi ia bertentangan dengan pandangan klasik dengan menegaskan bahwa Tuhan dalam beberapa hal bersifat sementara, dapat berubah, dan mungkin.

    ReplyDelete
  19. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Theism pertama kali digunakan oleh Ralph Cudwort pada tahun 1617-1688 dan digunakan sebagai lawan dari Ateisme. Ateisme adalah pandangan yang tidak mempercayai adanya keberadaan Tuhan ataupun Dewa-dewa. Sedangkan Teisme mempercayai adanya keberadaan Tuhan ataupun Dewa. Penganut pandangan ini mempercayai bahwa Tuhan atau dewa adalah kekuatan eksistensi di alam semesta. Maka jelaslah bahwa penganut paham ini adalah kaum/umat yang beragama. Para penganut paham ini nampaknya menyadari dirinya, alam dan segala isinya adalah mempunyai penyebab utama, bukan semerta merta ada tanpa penyebab. Mereka menyakini dan mengimani hal tersebut, bahwa mereka adalah bagian dari ciptaan Tuhan yang harus mereka yakini dan imani.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang diberikan Prof. Saya membuka link tersebut dan memperoleh informasi bahwa teisme secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan akan keberadaan Yang Mahatinggi atau para dewa. Dalam bahasa umum, kontras dengan deisme, yang sering menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam monoteisme. Sedangkan, ateisme umumnya dipahami sebagai penolakan terhadap teisme yaitu penolakan terhadap kepercayaan pada Tuhan atau dewa-dewa.

    ReplyDelete
  21. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam arti yang luas, teisme memiliki kayakinan tentang keberadaan Tuhan. Dalam pengertian yang lebih spesifik, teisme merupakan doktrin tauhid tentang sifat-sifat Tuhan dan hubungan Tuhan dengan alam semesta. Menurut paham ini, Tuhan merupakan imanen, transenden, tertinggi, dan maha sempurna. Seorang theis mempercayai bahwa alam semesta diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang dimiliki oleh Tuhan. Tuhan aktif mengawasi dan juga memelihara alam semesta.

    ReplyDelete
  22. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Theism atau teisme adalah paham yang mempercayai adanya Tuhan (Alloh). Dalam aliran teisme mereka berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, antra tuhan dan mahluknya sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan di samping berada di alam tetapi Dia juga jauh dari alam. Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan telah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalahi hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga da seseorang akan didengar dan dikabulkan.

    ReplyDelete
  23. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada bagian dari artikel disampaikan argumen untuk keberadaan Tuhan dalam proses theism. Theism proses tidak didasarkan pada doktrin atau teologi agama dan itu bukan teori ilmiah. Pemikiran para manusia dengan pendekatan akal budi tentang Tuhan. Usaha yang dilakukan manusia ini bukanlah untuk menemukan Tuhan secara absolut atau mutlak, namun mencari pertimbangan kemungkinan-kemungkinan bagi manusia untuk sampai pada kebenaran tentang Tuhan.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Theism berartu Tuhan. Paham ini menekankan dan percaya akan adanya keberadaan Tuhan. Paham ini berpendapat bahwa yang menciptakaan alam semesta adalah Tuhan. Alam semesta diatur oleh Tuhan dan menganggap bahwa Tuhan itu pasti, dan ada. Paham ini hampir sama dengan paham panteisme namun sangat berlawanan dengan paham ateisme yang menolak akan adanya keberadaan Tuhan.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Teisme, dalam penggunaannya yang paling luas, adalah kepercayaan terhadap satu dewa. Beberapa penggunaan lebih kecil menjelaskan bahwa dewa berada dalam entitas yang dapat dikenali tetapi berbeda, sama dengan panteisme. Penggunaan kecil lainnya mengatakan bahwa dewwa adalah kekuatan eksistensi di alam semesta, dan tidak termasuk sejenis bentuk deisme. Teisme dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme (di mana kata Tuhan dikapitalkan) dan politeisme.terimakasih

    ReplyDelete
  26. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    This link https://plato.stanford.edu/entries/process-theism/ told us about process theism based on some philosophers.

    ReplyDelete
  27. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Teisme berarti tuhan. artinya paham yang menganggap bahwa tuhan itu ada. paham ini merupakan kebalikan dari ateisme yang berpaham bahwa tuhan itu tidak ada. paham ini menyakini bahwa tuhan telah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam.

    ReplyDelete
  28. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Teisme merupakan kepercayaan akan keberadaan Yang Mahatinggi atau para dewa. Dalam bahasa umum, atau ketika kontras dengan deisme, istilah ini sering menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam monoteisme (juga disebut sebagai teisme klasik) - atau dewa yang ditemukan dalam agama politeistik — kepercayaan pada Tuhan atau dewa tanpa penolakan wahyu sebagai karakteristik deisme

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Theism atau teisme merupakan aliran filsafat yang mempercayai bahwa ada kehadirannya dewa atau Tuhan. Teisme dikelompokkan menjadi dua, yaitu monoisme dan politeisme. Teisme pertama kali dipelopori oleh Ralph Cudworth pada tahun 1617-1688. Ateisme merupakan aliran yang berkebalikan dengan teisme, yang tidak mempercayai adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  30. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Esensi dari theism adalah kepercayaan terhadap eksistensi Tuhan baik dalam bentuk tunggal (monotheism) atau jamak (politheism). Theism sendiri terdiri dari aliran-aliran yang mendefinisikan eksistensi tuhan dalam wujud berbeda-beda. Pantheism meyakini Tuhan dan alam semesta adalah satu entitas yang sama, deism meyakini bahwa Tuhan ada namun keberadaannya tidak mengintervensi kehidupan di dunia, dan autotheism meyakini manusia mungkin memiliki sifat-sifat yang dimiliki Tuhan.

    ReplyDelete
  31. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, analisa theisme menurut apa yang saya pahami disini merupakan mendasarkan pada perilaku dan pemikirannya kepada Tuhan, tentunya mereka mempunyai sebuah bingkai bernama Agama untuk mewujudkan interaksi batiniah kepada Tuhan nya. disini, peran agama sangat kuat, individu-individu tampak seperti religius dan berpaku pada dogma-dogma agama yang mereka anut maupun ikuti. Tidak salah memang, bahwasanya agama sepertinya dijadikan alat untuk mencapai kebahagiaan akherat bahkan kedamaian hati nurani. Barangkali betrand russel mempunyai pandangan yang berbeda, ia mempunyai statment bahwa Agnostic seperti yang diungkapnya merupakan sepintas memuja akal dan logika manusia, tidak mempercayai konsistensi dari sang Tuhan, tetapi tidak pula menolak Tuhan. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Sebutan teisme pertama digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688), dan digunakan sebagai lawan kata ateisme, sebutan yang dicetuskan sekitar tahun 1587. Dalam aliran teisme mereka berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, dimana antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan di samping berada di alam (imanen), tetapi juga berada jauh dari alam (transenden). Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalahi hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga doa seseorang akan didengar dan dikabulkan.

    ReplyDelete
  33. Wiwin Mistiani
    PEP S3 2019

    Teisme secara luas didefinisikan sebagai kepercayaan akan keberadaan Yang Mahatinggi atau dewa. Dalam bahasa umum, atau ketika kontras dengan deisme, istilah ini sering menggambarkan konsepsi klasik tentang Tuhan yang ditemukan dalam monoteisme (juga disebut sebagai teisme klasik) - atau dewa yang ditemukan dalam agama politeistik — kepercayaan pada Tuhan atau dewa tanpa penolakan wahyu sebagai karakteristik deisme. Ateisme umumnya dipahami sebagai penolakan terhadap teisme dalam arti teisme seluas-luasnya, yaitu penolakan terhadap kepercayaan pada Tuhan atau dewa-dewa. Klaim bahwa keberadaan dewa apa pun tidak diketahui atau tidak dapat diketahui adalah agnostisisme.

    ReplyDelete
  34. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Menurut saya, theism adalah suatu paham atau ideologi dimana kita mengenal adanya Tuhan, dan segalanya baik yang ada maupun yang mungkin ada adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala yang kita miliki, kita capai dan kita dapatkan tidak lain karena atas kuasa dan kehendak Tuhan. Ini merupakan konsep ketuhanan yang kita yakini dan anut selama ini. Lawan dari Theisme adalah atheisme yaitu ideologi yang tidak mempercayai kesemua hal tersebut.

    ReplyDelete
  35. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Apa yang bisa saya tanggapi adalah theism merupakan kepercayaan kepada satu dewa atau Tuhan. Artinya kepercayaan ini membuat manusia percaya bahwa dirinya itu ada didunia karena terpilih oleh Tuhan, bukan muncul dengan sendirinya. Semuanya karena kuasa Tuhan, tanpa kuasa Tuhan maka manusia tidak mungkin ada didunia ini. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  36. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Selain itu, kalau theism percaya Tuhan berati yang tidak percaya Tuhan disebut atheisme. Banyak orang yang menganut kepercayaan atheisme. Mereka tidak memiliki agama dan hidup menurut apa yang diyakini oleh dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  37. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete