Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

5 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Paham nominalisme menghubungkan universalia dengan nama-nama semata. Pandangan ini bertentangan dengan pandangan yang memperlihatkan suatu pemahaman arti-arti universal sebagai dasar dari semua nama universal. Nominalisme condong kepada materialis yang mengakui bahwa benda-benda justru yang primer sedangkan konsep-konsep adalah yang sekunder. Kaum nominalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individu dengan ciri-ciri individualnya. Dengan kata lain hanya benda-benda fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Konsep-konsep umum yang diciptakan oleh pikiran manusia sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda, bahkan konsep-konsep umum tersebut tidak mencerminkan ciri dan kualitas benda-benda. Sehingga kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana konsep umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari beberapa referensi tentang Nominalism, yang dapat saya simpulkan adalah sebagai berikut: Nominalism merupakan suatu pandangan filosofis yang menentang adanya benda abstrak dan universal (secara metafisik). Adapun nominalism dibagi menjadi dua jenis ataupun versi. Versi pertama menyangkal keberadaan universal dimana dapat dicontohkan dari beberapa hal. Versi kedua adalah penyangkalan terhadap objek abstrak.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Nominalisme merupakan paham yang menyangkal sifat universal dimana sebuah keabstrakan tidak diakui dalam paham tersebut. Kaum normalism yang sebenar-benarnya ada hanyalah benda-benda individual dengan cirri individualnya. Paham ini memiliki kecondongan dengan paham materialism dimana mengakui keberadaan suatu benda berdasarkan indera-indera.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nominalisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Berbagai objek yang diberi label dengan istilah yang sama tidak memiliki kesamaan namun nama mereka. Dengan kata lain, hanya fakta fisik sebenarnya yang nyata, dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu, hanya merupakan abstraksi lisan.

    ReplyDelete