Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

52 comments:

  1. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Nominalisme merupakan suatu pandangan dalam filsafat. Paham ini menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak serta predikat. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal adanya universal - hal-hal yang dapat di instantiasi atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu. Versi lain secara khusus menyangkal adanya objek abstrak - objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu.
    Sebagian besar nominalis berpendapat bahwa hanya beberapa hal khusus dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal hanya ada post res, yaitu, setelah hal-hal tertentu. Namun, beberapa versi nominalisme berpendapat bahwa beberapa hal khusus adalah entitas abstrak, sementara yang lain adalah entitas konkret - entitas yang ada di ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Nominalisme ini memiliki arti yang ambigu seperti yang diungkapkan oleh para filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika. Namun nasionalisme diartikan sebagai penolakan universal saat abad pertengahan. Arti dari nasionalisme yang lebih modern ialah penolakan benda abstrak. Jadi dapat disumpulkan bahwa terdapat dua jenis nominalisme, yang menyatakan bahwa tidak ada universal dan salah satu yang menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. Realisme universal merupakan doktrin bahwa ada universal. Sedangkan Platonisme merupakan doktrin bahwa ada benda-benda abstrak. Sehingga nominalisme ialah independen dan konsisten diselenggarakan tanpa yang lain.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal adanya universal. Hal-hal yang dapat di instantiasi atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (mis., Kekuatan, kemanusiaan). Versi lain secara khusus menyangkal adanya objek abstrak. Objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu.
    sehingga Normalisme ini merupakan kebalikan dari istilah PANTHEISM.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganggap bahwa keberadaan predikat universal hanya bersifat konseptual atau merupakan pemahaman terhadap fenomena (dalam kasus ini adalah fenomena kemanusiaan). Di sisi lain, nominalisme adalah kebenaran berdasarkan nama atau ukuran, dalam hal ini kebenaran kenyataan terletak pada penamaan (teori-teori) bukan kenyataan itu sendiri. Paham tersebut sebagai konsekuensi dari cara penelitian yang menyederhanakan atau mereduksi kenyataan menjadi fakta-fakta yang dapat dipersepsi (reduksionisme).

    ReplyDelete
  5. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terdapat dua arti Nominalism dalam filsafat yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan syarat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Salah satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  7. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pemikiran ontologis yang melihat dunia empiris dari pandangan subyektif disebut sebagai pemikiran nominalism. Aliran nominalism digambarkan Burell dan Morgan (1979, 4) mendasarkan diri pada asumsi bahwa dunia sosial berada di luar individu dan tidak lebih dari nama, konsep dan label yang digunakan untuk membentuk realitas. Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  8. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Nominalisme menyangkal keberadaan universal. Motivasi untuk ini mengalir dari berbagai kekhawatiran, yang pertama adalah di mana mereka mungkin ada. Plato terkenal diadakan, pada satu interpretasi, bahwa ada ranah bentuk abstrak atau universal terlepas dari dunia fisik (lihat teori bentuk). Benda-benda fisik tertentu hanya contoh atau instantiate universal. Tapi ini menimbulkan pertanyaan: Di mana alam semesta ini? Salah satu kemungkinan adalah bahwa itu adalah luar ruang dan waktu. Pandangan simpatik dengan kemungkinan ini menyatakan bahwa, justru karena beberapa bentuk yang imanen dalam beberapa benda-benda fisik, juga harus mengatasi masing-masing benda-benda fisik; dengan cara ini, bentuk-bentuk yang "transenden" hanya sejauh mereka "imanen" dalam banyak benda-benda fisik. Dengan kata lain, imanensi menyiratkan transendensi; mereka tidak bertentangan satu sama lain. (Nor, pada tampilan ini, akan adaterpisah "dunia" atau "alam" bentuk yang berbeda dari dunia fisik, sehingga melalaikan banyak khawatir tentang di mana untuk menemukan "dunia yang universal".) Namun, naturalis menegaskan tidak ada yang berada di luar ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  9. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat. Ada setidaknya dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism)

    ReplyDelete
  10. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat. Ada setidaknya dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism)

    ReplyDelete
  11. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal. Nasionalism dalam pandangan lain merupakan Penganut nominalism berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan. Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Aliran nominalisme menganggap pemikiran atau gagasan umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan. Gagasan tersebut hanya berupa suatu kata-kata (nomina) saja yang di dalamnya memuat pernyataan umum, namun bukan hal yang umum. Menurut paham ini, apa yang nyata itulah yang benar dan apa yang tidak nyata dan abstrak bukan merupakan suatu kebenaran. Kemudian sesuatu tidak ada yang bersifat umum atau universal, karena satu dengan yang lainnya memiliki maksa yang berbeda. Dengan kata lain, nominalism menolak sesuatu yang abstrak dan universal.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti Ratnasari
    17709251036
    PPs PM B


    Rumus matematika, fisika, kimia, ekonomi, akutansi, dll akan dinyatakan benar apabila rumus tersbut berlaku umum. Sama saat kita berusaha untuk menemukan rumus yang telah ada dengan cara kita sendiri pada tingkatan dasar. Apabila rumus itu telah sesuai dengan rumus yang sebenarnya maka rumus itu benar dan biasanya disebut dengan pembuktian. Sedangkan pada tingakatan selanjutnya apabila kita ingin menemukan rumus baru atau membantah rumus yang telah ada kita juga harus membuktikan bahwa rumus itu berlaku umum. Hal tersebut bisa dibuktikan dalam logika matematika ada yang tautologi ada yang menggunakan metode kontradiksi. Kegiatab mengeneralisasikan rumus tersbut sangat disarankan untuk dipelajari oleh siswa hal tersebut karena siswa akan menyatukan skema yang diperolehnya untuk mengabstraksi menjadi formula yang berlaku umum.Selain itu siswa akan lebih memaknai rumus yang mereka temukan sendiri dari pada rumus yang diberikan oleh guru dan tentu saja siswa akan lebih lama dalam mengingat rumus tersebut bahkan ketika lupa siswa tahu bagaimana cara menemukn rumus tersebut.

    ReplyDelete
  14. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami nominalism sangat erat hubungannya dengan metafisika. Nominalisma adalah suatu ideologi atau pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, akan tetapi menegaskan keberadaan syarat umum atau abstrak. Setidaknya terdapat dua arti utama dari isttilah nominalisme, yaitu berarti menyangkal keberadaan universal hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Sedangkan arti yang lainnya adalah secara khusus menyangkal keberadaan benda abstrak, yaitu benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  15. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. nominalism kurang lebih adalah suatu paham yang menolak suatu kebenaran tunggal. Tidak ada kebenaran tunggal (gagasan umum), sebab individu-individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Paham ini kurang lebih (semoga tidak salah) adalah paham yang menekankan pada kebebasan individu yang berdiri di atas prinsip hak asasi manusia. Saya tidak tahu, apakah nominalism memilik hubungan dengan liberalism. Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk kita pelajari.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Nominalism menurut yang saya baca ialah pandangan yang menyangkal keberadaan benda-benda universal dan abstrak namun menegaskan adanya istilah universal dan abstrak. Menyangkal adanya benda-benda universal maksudnya ialah menyangkal adanya benda-benda yang dapat mewakili banyak hal tertentu. Menyangkal benda-benda abstrak maksudnya ialah menyangkal adanya objek abstrak yakni objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Menurut saya, paham ini lebih merujuk kepada hal-hal real yang ada. Ia tidak begitu menaruh perhatian pada benda-benda atau obyek fikir, karena benda-benda pada obyek fikir itulah yang bersifat abstrak dan universal.

    ReplyDelete
  17. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya sebatas kata-kata yang disusun akal budi untuk mengatur keanekaan individu. Menurut pandangan ini, kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Kebanyakan nominalis menyatakan bahwa hanya fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Namun beberapa versi nominalisme menyatakan bahwa beberapa ialah berwujud abstrak, misalnya angka, sementara yang lainnya adalah wujud-wujud yang memang ada di dalam ruang dan waktu, misalnya batu, meja, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  18. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    nominalism kurang lebih adalah suatu paham yang menolak suatu kebenaran tunggal. Tidak ada kebenaran tunggal (gagasan umum), sebab individu-individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Paham ini kurang lebih (semoga tidak salah) adalah paham yang menekankan pada kebebasan individu yang berdiri di atas prinsip hak asasi manusia. Saya tidak tahu, apakah nominalism memilik hubungan dengan liberalism. Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk kita pelajari.

    ReplyDelete
  19. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Actually the topic has been explained by the father in the class, but because I have not read this elegi so I do not understand when class. Based on the above links, I just found out that nominal thinking is an onotlogic thought that sees the empirical world from a subjective view. Nominalism is one of the schools of philosophy and theology that emerged in the Middle Ages or since the 12th century. The flow of nominalism assumes that the prevailing general notions or concepts do not refer to any fact, then the only wording (in Latin noun) is composed with reason as a mere sign to regulate the diversity of individuals. Thus, according to my understanding nominalism is a notion that emphasizes the freedom of the individual who stands on the principle of human rights. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  20. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Nominalisme juga merupakan salah satu aliran atau pandangan ilmu filsafat yang muncul di abda pertengahan . Aliran ini menganggap bahwa sebuah gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun. Maksudnya adalah sebuah konsep yang tidak dapat dibuktikan kenyataannya maka gagasan atau konsep hanya berupa kata-kata saja untuk mengatur berbagai macam individual. Nominalism sangat berhubungan dengan metafisik, yaitu menyangkal keberadaan benda secara umum dan abstrak.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep realitas.

    ReplyDelete
  22. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya memetakkan diri pada salah satu link yang tertera di atas.Saya mencermati bahwa nasionalism merupakan bentuk metafisika yang memberontak dan melakukan perlawanan terhadap kebenaran universal dari suatu benda yang abstrak.Banyak menyangkal terhadap kebenaran abstrak karena kebenarannya tidak sesuai dengan ruang da waktunya.Menurut saya ini merupakan suatu pengejewantahan nasionalism karena merasa adanya ketiakadilan yang tidak dapat diterima oleh akal pikiran.Kalau saya tidak salah, menurut saya ada keberpihakan Plato terhadap kebenaran Universal.Di lain hal dari bacaan ini saya menemukan bahwa orang yang pertamai kali menemukan istilah nasionalis yaitu John Buridan dan William dari Ockham.Dan abad kedelapan belas merupakan abad kejayaan nasionalism.

    ReplyDelete
  23. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Nominalisme adalah pandangan yang menyangkal adanya benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. Hal ini berarti bahwa pengabstraksian ini tidak ada di dunia ini yang bersifat universal, artinya tidak ada hal yang dapat disamakan. Bagi Nominalisme, informasi fisik dalam ruang dan waktu merupakan sesuatu yang nyata sedangkan universal merupakan hal yang dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kekuasaan.

    ReplyDelete
  24. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber yang Bapak share di atas, secara metafisik, nominalisme adalah pandangan filsafat yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak. Penyangkalan keberadaan universal adalah menyangkal sesuatu yang dapat mencontohkan atau mewakili banyak hal, sedangkan penyangkalan terhadap benda abstrak adalah menyangkal adanya objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Namun terdapat pandangan lain terhadap nominalisme yang berpendapat bahwa beberapa hal khusus adalah abstrak misalnya angka, sementara yang lainnya adalah konkret yang ada di dalam ruang dan waktu misalnya apel, kucing, meja, kursi, dll.

    ReplyDelete
  25. Junianto
    PM C

    Nominalism adalah paham yang menafikan keberadaan benda universal dan abstrak. Menafikan benda universal mengandung arti bahwa tidak ada benda yang bisa mewakili benda secara keseluruhan, sedangkan menafikan benda abstrak berarti tidak ada benda yang tidak menempati ruang dan waktu. Maka dari itu, benda universal dan abstrak dikatakan tidak ada jika diartikan dengan dua keadaan tersebut.hehe

    ReplyDelete
  26. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Paham yang diyakini para pengikut Nominalism mereka hanya melihat suatu benda itu ya satu, tidak ada sesuatu yang abstrak dan tidak ada pula yang bersifat universal. Hal ini dapat diartikan dengan menghilangkan sesuatu yang ada. Keyakinan tersebut tidak bisa diikuti oleh para matematikawan karena pada dasarnya mereka itu memahami bahwa matematika itu ada yang abstrak dan matematika itu bersifat universal.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  27. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, nominalism secara metafisik merupakan sebuah pandangan filosofis yang menyangkal adanya keberadaan benda universal dan abstrak, akan tetapi menegaskan adanya istilah universal dan abstrak. Dalam hal ini, nominalism terbagi menjadi dua versi yaitu versi yang menyangkal adanya universal dimana terdapat hal-hal yang dicontohkan oleh banyak hal. Sedangkan versi yang lainnya adalah versi yang menyangkal adanya objek abstrak. Disini secara khusus disebutkan bahwa objek itu tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  28. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Nominalism merupakan sebuah paham yang menolak keberadaan benda universal dan abstrak. Nominalism juga menyangkal adanya objek abstrak. Bisa juga dikatakan nominalism adalah paham yang menganggap bahwa yang dapat di tangkap indera saja yang dianggap ada. Yang diindera disini meliputi dapat didengar, dilihat, dicium, dirasakan, diraba. Sedangkan yang diluar itu dikatakan tidak ada, apalagi yang hanya berupa pemikiran saja (abstrak) tanpa ada bukti fisik yang jelas.

    ReplyDelete
  29. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Nominalisme merupakan salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul sejak abad ke-12, aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya berupa kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaragaman individual, hanya individual lah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan makhluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Segala suatu gagasan (wahyu, norma moral) diterima hanya karena dikehendaki oleh Tuhan tanpa alasan lain.

    ReplyDelete
  30. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Mungkin kata yang familiar adalah “Nominal”.
    Apa itu Nominalisme?. Menurut KBBI, Nominalisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Kaum nominalis beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama-nama (names), konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas. Nominalisme sering disejajarkan dengan paham konvensionalisme. Keduanya sulit dibedakan.

    ReplyDelete
  31. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Karakter utama dari Nominalism adalah penolakan terhadap apa yang disebut universal dan apa yang disebut object yang bersifat abstrak. Doktrin nominalism adalah semuanya itu bersifat khusus dan konkret. Nominalism dapat dikatakan sebagai anti Realism. Pada kasus tertentu, keberadaan sesuatu yang orang anggap sebagai objek abstrak dan universal misalnya angka, atau dunia, nominalism menanggapinya dengan dua cara: menyangkal keberadaan entitas tersebut atau menerima keberadaan entitas tersebut dengan penekanan bahwa objek tersebut tertentu dan konkret.

    ReplyDelete
  32. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Nominalism ini merupakan suatu teori yang menerankan tentang penolakan terhadap hal-hal yang sifatnya abstrak bagi manusia, karena menurut teori ini, manusia memerlukan suatu model yang terlihat atau nyata. Hal ini sesuai dengan salah satu metode pembelajaran matematika yaitu PMR(Pembelajaran Matematika Realistik). Sebuah materi atau konsep dalam matematika diajarkan dari yang dianggap nyata oleh siswa atau real, setahap demi setahap untuk tujuan akhir berpikir secara abstrak.

    ReplyDelete
  33. Nur Dwi Laili K
    27709251059
    PMC

    Nominalisme merupakan pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism). Nominalisme ini meyakini bahwa hanyasesuatu yang berwujud fisik dalam ruang dan waktu yang nyata. Padahal ada banyak hal-hal yang abstrak, tidak berwujud fisik, tetapi nyata. Menurut saya sesuatu itu bisa dianggap nyata jika ada dalam keyakinan dan pikiran kita.

    ReplyDelete
  34. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Nominalisme merupakan pandangan yang menolak kebenaran yang bersifat abstrak. Nominalisme mengakui kebenaran berdasarkan sesuatu yang kongkrit atau nyata. Paham ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak mengenai pembentukan pengetahuan. Anak-anak akan mudah untuk memahami suatu pengetahuan apabila disampaikan dalam bentuk kongkrit. Sesuatu yang dapat dilihat atau dipegang oleh anak-anak secara langsung.

    ReplyDelete
  35. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Sehingga kebenaran yang bersifat abstrak akan tertolak.

    ReplyDelete
  36. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Nominalis merupakan pandangan dalam ilmu filsafat yang membahas disebalik yang fisik atau metafisik. Menurut sumber yang saya baca, terdapat dua versi pandangan nominalism ini, yang pertama yang menyangkal keberadaan suatu universal dan yang kedua menyangkal keberadaannya suatu benda bastrak. Penyangkalan keberadaannya suatu universal adalah menyangkal adanya kekuatan yang dimiliki oleh manusia. Sedangkan penyangkalan dari keberadaan benda abstrak adalah suatu benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  37. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Orang yang memiliki paham nominalist tidak pernah mengakui adanya stuktur apapun yang nyata untuk menggambarkan konsep. Nama dianggap sebagai kreasi yang didasarkan pada kenyamanan mereka yang digunakan sebagai alat untuk menggambarkan, menciptakan rasa, dan melakukan negosiasi terhadap apapun. Kaum normalis berada pada asumsi bahwa dunia sosial eksternal untuk kesadaran individu tidak lebih dari sebuah nama, konsep dan label yang digunakan untuk struktur realitas semata.

    ReplyDelete
  38. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Beberapa pengertian nominalisme ialah sebagai berikut:
    1. Teori bahwa hal-hal tidak mempunyai esensi
    2. Definisi-definisi dan bahasa-bahasa tida menunjuk hal-hal, melainkan berhubungan dengan nama-nama atau istuila yang kita berikan pada hal-ha itu
    3. Semua istila uuniversal hanya merupakan nama-nama fiksional (simbol yang dibuat-buat) dan tida mempunyai eksistensi objektif dan real yang berkaitan dengannya
    Artinya, segala sesuatu yang kita ketahui tentang nama-nama, istilah, atau penjelasan dan definisi yang ada hanyala sebuah nama yang diberikan oleh manusia dan disepakati bersama. Bukan murni merupakan wujud dari hal-ha yang sesungguhnya ada.

    ReplyDelete
  39. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Encyclopedia Britannica, nominalisme dalam filsafat adalah posisi yang diambil dalam sengketa universal-kata yang dapat diterapkan untuk hal-hal individu memiliki sesuatu yang sama-yang berkembang terutama di akhir abad pertengahan. Nominalisme membantah keberadaan nyata universal dengan alasan bahwa penggunaan kata umum (misalnya, "kemanusiaan") tidak berarti adanya suatu hal yang umum disebut oleh itu.

    ReplyDelete
  40. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Terdapat dua versi utama nominalisme . Salah satu versi menyangkal keberadaan universal (hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu ) karena hal-hal yang universal tidak mempunyai esensi melainkan hanya definisi-definisi dan bahasa-bahasa pada umumnya yang berhubungan dengan nama-nama atau istilah.

    ReplyDelete
  41. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Nominalisme merupakan gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  42. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum dibawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  43. Nominalisme berpendapat bahwa gagasan universal hanyalah kata-kata, menganggap sesuatu secara nyata sama pada kedua sisi yaitu kebenaran yang sama dan kesalahan yang sama. Konsep universal dengan menggunakan kata-kata untuk mengekspresikannya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  44. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Nominalisme adalha aliran filsafat yang berpendapat bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanyalah kata-kata saja yang disusun oleh hasil pemikiran. Sehingga konsep umum/pernyataan umum tidak dapat menunjukkan realtas yang terjadi dan akan berbeda-beda tergantung dari siapa subjeknya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  45. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Nominalisme adlah suatu pandangan yang tidak percaya tentang keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. Kata nominalisme jika dilihat dari jaman dahulu menyiratkan penolakan terhadap universal. Disisi yang lebih modern memiliki maknapenolakan terhadap benda-benda abstrak.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Universal berarti keseluruhan dan abstrak berarti susah untuk dideskripsikan. Namun dala nominalism ini mereka tidak mengakui tentang universal dan abstrak ini. Padahal menurut saya ada hal yang bersifat universal di dunia ini yaitu percaya kepada hanya satu Tuhan. Segala firman Tuhan bersifat universal. Selain itu banyak juga yang kita temukan keabstrakan di dunia ini seperti pemikiran yang kadang-kadang sangat abstrak dan susah untuk diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu abstrak dalam pikiran ini sering diikuti dengan keabstrakan dalam hati. Hal ini menandakan betapa sulutanya dalam menyelaraskan kebastrakan dalam pikiran dan hati.

    ReplyDelete
  47. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Nominalisme merupakan pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda abstrak dan universal, namun pandangan ini menegaskan adanya istilah umum atau abstrak dan predikat. Nominalisme memiliki dua versi utama, versi pertama menyangkal adanya universal (hal-hal yang tidak dapat dicontohkan oleh hal-hal tertentu. kemudian versi kedua khusus menyangkal adanya objek abstrak (objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu)

    ReplyDelete
  48. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Secara sederhana saya dapat memahami bahwa nominalisme adalah pandangan yang menganggap segala yang ada adalah yang dapat diindra. para nominalis menyangkal adanya benda atau hal abstrak. Menurut mereka segala yang abstrak sulit untuk dideskripsikan dan diterima dengan jelas. Selain itu, paham ini juga tidak mempercayai adanya sifat umum atau universal. Menurut mereka keumuman sesuatu tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sesuatu tidak dapat bersifat umum sama di setiap tempat dan waktu.

    ReplyDelete
  49. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pandangan filosofis yang menyangkal segala sesuatu yang tidak real adalah nominalism. Pengikut paham ini yakin bahwa segala sesuatu yang tidak nyata itu tidak ada. Segala sesuatu harus bisa dibuktikan keberadaannya. Berarti segala sesuatu yang real itu yang bisa di indera. Dengan kata lain mereka tidak percaya pada adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  50. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Nominalisme merupakan paham menyatakan hanya khusus benda yang memiliki fisik dalam ruang dan waktu yang nyata saja yang ada. Paham ini menganggap benda atau sesuatu yang tidak tampak fisiknya saja yang ada. Disamping itu paham ini beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar simbol semata yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas

    ReplyDelete
  51. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Paham ini meyakini bahwa segala objek itu bersifat konkret, bukan abstrak. Sehingga segala objek diluar itu tidak diyakini keberadaannya. Secara umum juga tidak meyakini adanya masyarakat universal yang besifat sosial, karena setiap individu di dalamnya terkadang tetap memiliki ego untuk mementingkan diri sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  52. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Nominalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata sajayang disusun oleh akal budi sebagai tanda untuk mengatur keanekaan individual. Terima Kasih

    ReplyDelete