Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

37 comments:

  1. Nominalisme adalah paham filsafat yang menyatakan penolakan terhadap universalitas dan objek abstrak. Penganut nominalisme berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam metafisika, nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal adanya universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan persyaratan dan predikat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal hal yang bisa dipakai atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak . Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Jadi setidaknya ada dua jenis Nominalisme, salah satu yang mempertahankan bahwa tidak ada universal dan yang lain menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. Realisme tentang universal adalah doktrin bahwa ada universal, dan Platonisme adalah doktrin bahwa ada benda-benda abstrak. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi, sebuah nihilis, seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis a. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan keterangan atau benda konkrit akan dihitung sebagai nominalis a. Mengingat betapa istilah ‘Nominalisme’ digunakan dalam filsafat kontemporer, filsuf tersebut tidak akan nominalists. Kata ‘Nominalisme’ membawa implikasi bahwa doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu adalah tertentu , dan bahwa ini bukan kebenaran yang kosong.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Nominalism merupakan aliran dalam ilmu filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak mengarah pada kenyataan apapun, gagasan hanya kata-kata yang disusun berdasarkan akal manusia guna mengatur keberagaman individu. Pencetus nominalism metafisik ialah Ockham Razor yang menyatakan bahwa pandangan menganai segala sesuatu tidak hanya pada metafisika tetapi di semua bidang yang lainnya. Nominalist tidak mengakui adanya struktur apapun yang real untuk menggambarkan suatu konsep. Sehingga nominalism menyangkal eksistensi hal-hal yang universal baik dalam pikiran maupun dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Nominalism mengungkapkan bahwa kepercayaan terhadap benda abstrak dan alam sesmesta itu tidak ada. Benda-benda abstrak sulit untuk didefinisikan. Benda abstrak memilik sifat tidak pasti dan tetap. Sedangkan alam semesta bersifat luas sehingga sulit untuk menentukan batasannya dan terlalu luas definisinya.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Nominalisme merupakan pandangan filosofis yang menyangkal adanya universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah dan sifat umum ataupun abstrak. Dari pengertian tersebut, pandangan nominalisme dapat dibagi menjadi dua versi. Versi pertama yakni yang menyangkal keberadaan universal, sedangkan yang lain menyangkal adanya benda-benda abstrak yakni benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Kebanyakan nominalist mengadakan bahwa hanya keterangan fisik dalam ruang dan waktu adalah nyata dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu. Terkait dengan universal, hal ini bertentangan dengan filosofis realis seperti realisme Platonis yang menegaskan bahwa universal memang ada atas dan di atas keterangan.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, itu berarti penolakan universal. Dalam, arti yang lebih modern tapi sama-sama bercokol lain, itu berarti penolakan terhadap benda-benda abstrak

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nominalism yaitu suatu pandangan filosofis tentang penolakan objek abstrak dan universalitas. Segala yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiran itu benar sesuai dengan ruang dan waktu. Akantetapi segala yang ada dan yang mungkin ada di luar pikiran itu merupakan lambang atau simbol untuk menyatakan dimensi kenyataan/tolok ukur agar dapat dipahami oleh pikiran orang lain yang relatif terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh “nama” merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Sehingga Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini, tidak ada.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. hal ini bertentangan dengan bertentangan dengan filosofi realis, seperti realisme yang menegaskan bahwa universal memang ada di atas dan di atas hal-hal khusus.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nominalism dalam filsafat terdapat dua pandangan yaitu yang pertama pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang abstrak atau benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu dan yang kedua pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang universal atau menyangkal keberadaan hal universal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan).

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Karakter utama dari Nominalism adalah penolakan terhadap apa yang disebut universal dan apa yang disebut object yang bersifat abstrak. Doktrin nominalism adalah semuanya itu bersifat khusus dan konkret. Nominalism dapat dikatakan sebagai anti Realism. Pada kasus tertentu, keberadaan sesuatu yang orang anggap sebagai objek abstrak dan universal misalnya angka, atau dunia, nominalism menanggapinya dengan dua cara: menyangkal keberadaan entitas tersebut atau menerima keberadaan entitas tersebut dengan penekanan bahwa objek tersebut tertentu dan konkret.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, ambigu. Dalam satu pengertian, perasaan paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, ini menyiratkan penolakan terhadap universal . Di sisi lain, yang lebih modern tapi sama-sama memiliki akar, ini menyiratkan penolakan terhadap benda-benda abstrak . Mengatakan bahwa ini adalah pengertian yang berbeda dari kata yang mengandaikan bahwa objek universal dan abstrak tidak berarti hal yang sama. Dan sebenarnya tidak. Karena walaupun para filsuf yang berbeda berarti hal yang berbeda secara universal , dan juga oleh objek abstrak , menurut penggunaan luas universal adalah sesuatu yang dapat di instantiasikan oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak bersifat spasial maupun temporal.
    Jadi ada (setidaknya) dua jenis Nominalisme, yang berpendapat bahwa tidak ada universal dan yang mempertahankan bahwa tidak ada benda abstrak. [ 1 ] Realisme tentang universal adalah doktrin bahwa ada universal, dan Platonisme adalah doktrin bahwa ada benda-benda abstrak.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Aliran nominalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita. Apakah hal ini bertentangan dengan penalaran induktif, yang mengambil dari kejadian khusus dan kemudian disimpulkan untuk umum? Menurut saya, mungkin nominalisme adalah landasan dari penalaran induktif, karena dalam penalaran induktif kesimpulan umum berdasarkan dari kejadian khusus dan hanya beberapa saja.

    ReplyDelete
  15. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Kata Nominalisme secara tradisional berarti penolakan universal. Secara modern diartikan sebagai penolakan benda abstrak. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi nihilis seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai seorang nominalis. Lebih jauh, kaum nominalisme beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama-nama (names), konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme dalam metafisika merupakan pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak, contohnya kekuatan. Sebagian besar nominalis berpendapat bahwa hanya beberapa hal khusus dalam ruang dan waktu yang nyata. Namun beberapa berpendapat bahwa beberapa hal khusus adalah entitas abstrak, misalnya angka. Sementara yang lain adalah entitas konkret yang ada dalam ruang dan waktu, misalnya sofa.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Nominalisme dalam metafisika merupakan pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak namun menegaskan keberadaan syarat umum atau abstrak. Nominalisme memiliki dua arti utama, yang pertama adalah menyangkal keberadaan universal. Sedangkan arti utama yang kedua adalah menyangkal keberadaan benda abstrak, benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Nominalisme menampilkan pandangan berkenanaan dengan problem universal (paham-paham) yang menyatkan bahwa universal bukanlah entitas-entitas real, entah dalam dunia, entah dalam pikiran hanya naman-nama yang menonjol kelompok atau kelas hal-hal ondividual. Pengertian lain dari nominalism anatra lain bahwa (1) teori bahwa hala-hala tidak mempunyai esensi, (2) definisi-dfinisi dan bahasa-bahasa pada umumnya tidak menunjuk hala-hal melainkan berhubungan nama nama yang kita berikan pada hal-hal itu

    ReplyDelete
  19. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini tidak ada. Kaum nominalis beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk memberi pengertian dan memahami realitas. Nominalisme sering disejajarkan dengan paham konvensionalisme keduanya sulit dibedakan.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    terdapat dua sisi mengenai makna dari aliran norminalism ini. Di satu sisi, arti yang paling tradisional bersal dari abad pertengahan, mempunyai arti "penolakan universal". Di lain sisi, mempunyai arti "penolakan benda abstrak". Nominalsme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada abad pertengahan atau sejakan abad ke-12. kata "nominalisme", seperti yang digunkan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi anglo-amerika, adalh ambigu. jadi setidaknya ada dua jenis nominalisme salah satu menyatakan bahwa tidak ada unversal, menegaskan bahwa ada benda tertentu dan bahwa segala sesuatu tertentu dan lainya. salah satu lagi menyatakan bahwa tidak ada benda abstrak, menegaskan bahwa ada benda konkret dan bahwa segala sesuatu yang konkret.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam metafisika, nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. Artinya bahwa pengabstraksian ini tidak ada bagi kaum nominalisme dan tidak ada di dunia ini yang bersifat universal, artinya tidak ada yang dapat diseragamkan. Paham Nominalisme berimbas munculnya doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu itu khusus atau konkret, dan ini tidak sepenuhnya benar. Jadi satu jenis Nominalisme menegaskan bahwa ada benda-benda tertentu dan bahwa segala sesuatu bersifat khusus, dan yang lainnya menegaskan bahwa ada benda-benda konkret dan semuanya bersifat konkret.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Nominalisme merupakan suatu pandangan dalam filsafat. Paham ini menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak serta predikat. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal adanya universal - hal-hal yang dapat di instantiasi atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu. Versi lain secara khusus menyangkal adanya objek abstrak - objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu.
    Sebagian besar nominalis berpendapat bahwa hanya beberapa hal khusus dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal hanya ada post res, yaitu, setelah hal-hal tertentu. Namun, beberapa versi nominalisme berpendapat bahwa beberapa hal khusus adalah entitas abstrak, sementara yang lain adalah entitas konkret - entitas yang ada di ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  23. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Nominalisme ini memiliki arti yang ambigu seperti yang diungkapkan oleh para filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika. Namun nasionalisme diartikan sebagai penolakan universal saat abad pertengahan. Arti dari nasionalisme yang lebih modern ialah penolakan benda abstrak. Jadi dapat disumpulkan bahwa terdapat dua jenis nominalisme, yang menyatakan bahwa tidak ada universal dan salah satu yang menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. Realisme universal merupakan doktrin bahwa ada universal. Sedangkan Platonisme merupakan doktrin bahwa ada benda-benda abstrak. Sehingga nominalisme ialah independen dan konsisten diselenggarakan tanpa yang lain.

    ReplyDelete
  24. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal adanya universal. Hal-hal yang dapat di instantiasi atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (mis., Kekuatan, kemanusiaan). Versi lain secara khusus menyangkal adanya objek abstrak. Objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu.
    sehingga Normalisme ini merupakan kebalikan dari istilah PANTHEISM.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganggap bahwa keberadaan predikat universal hanya bersifat konseptual atau merupakan pemahaman terhadap fenomena (dalam kasus ini adalah fenomena kemanusiaan). Di sisi lain, nominalisme adalah kebenaran berdasarkan nama atau ukuran, dalam hal ini kebenaran kenyataan terletak pada penamaan (teori-teori) bukan kenyataan itu sendiri. Paham tersebut sebagai konsekuensi dari cara penelitian yang menyederhanakan atau mereduksi kenyataan menjadi fakta-fakta yang dapat dipersepsi (reduksionisme).

    ReplyDelete
  26. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terdapat dua arti Nominalism dalam filsafat yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  27. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan syarat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Salah satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  28. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Nominalisme berisi ajaran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dala pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Pandangan ini berbeda dengan realisme abad pertengahan, kaum nominalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individual dengan ciri-ciri individualnya. Konsep-konsep umum yang diciptakan pikiran kita,sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda.

    ReplyDelete
  29. Nominalisme berarti penolakan universal dan penolakan terhadap abstrak. Realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama-nama (names), konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas. Suatu hal yang universal hanya suatu nama yang digunakan untuk menjelaskan dan memahami ralitas. Tetapi apa yang dijelaskan tersebut hanya sebuah nama yang diciptakan dan bukan realitas itu sendiri.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Nominalisme dan realisme adalah dua aliran dalam filsafat yang berbeda atau bertolak belakang. Realisme adalah posisi filosofis universal yang pada kenyataannya memang ada, sementara nominalisme adalah negasi, atau penolakan universal, benda abstrak, atau keduanya. Konseptualisasi menyatakan bahwa universal ada, tetapi hanya dalam persepsi pikiran. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Nominalisme seperti yang digunakan oleh para filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Arti yang paling tradisional yang berasal dari abad pertengahan ialah penolakan universal.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada masa yang lebih modern nominalisme diartikan sebagai penolakan terhadap benda-benda abstrak. Jadi terdapat dua jenis nominalisme, yang menyatakan bahwa tidak ada universal dan salah satu yang menyatakan bahwa tidak ada benda abstrak.

    ReplyDelete
  33. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Nominalism merupakan salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran Nominalism menerangkan segala hal menurut apa adanya sesuai dengan kenyataan. Misalnya agama yang diterima dan disampaikan kepada kita merupakan kehendak Tuhan atau Allah tanpa ada alasan lain.

    ReplyDelete
  34. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pemikiran ontologis yang melihat dunia empiris dari pandangan subyektif disebut sebagai pemikiran nominalism. Aliran nominalism digambarkan Burell dan Morgan (1979, 4) mendasarkan diri pada asumsi bahwa dunia sosial berada di luar individu dan tidak lebih dari nama, konsep dan label yang digunakan untuk membentuk realitas. Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Nominalisme menyangkal keberadaan universal. Motivasi untuk ini mengalir dari berbagai kekhawatiran, yang pertama adalah di mana mereka mungkin ada. Plato terkenal diadakan, pada satu interpretasi, bahwa ada ranah bentuk abstrak atau universal terlepas dari dunia fisik (lihat teori bentuk). Benda-benda fisik tertentu hanya contoh atau instantiate universal. Tapi ini menimbulkan pertanyaan: Di mana alam semesta ini? Salah satu kemungkinan adalah bahwa itu adalah luar ruang dan waktu. Pandangan simpatik dengan kemungkinan ini menyatakan bahwa, justru karena beberapa bentuk yang imanen dalam beberapa benda-benda fisik, juga harus mengatasi masing-masing benda-benda fisik; dengan cara ini, bentuk-bentuk yang "transenden" hanya sejauh mereka "imanen" dalam banyak benda-benda fisik. Dengan kata lain, imanensi menyiratkan transendensi; mereka tidak bertentangan satu sama lain. (Nor, pada tampilan ini, akan adaterpisah "dunia" atau "alam" bentuk yang berbeda dari dunia fisik, sehingga melalaikan banyak khawatir tentang di mana untuk menemukan "dunia yang universal".) Namun, naturalis menegaskan tidak ada yang berada di luar ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  36. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat. Ada setidaknya dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism)

    ReplyDelete
  37. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat. Ada setidaknya dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism)

    ReplyDelete