Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Paham nominalisme menghubungkan universalia dengan nama-nama semata. Pandangan ini bertentangan dengan pandangan yang memperlihatkan suatu pemahaman arti-arti universal sebagai dasar dari semua nama universal. Nominalisme condong kepada materialis yang mengakui bahwa benda-benda justru yang primer sedangkan konsep-konsep adalah yang sekunder. Kaum nominalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individu dengan ciri-ciri individualnya. Dengan kata lain hanya benda-benda fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Konsep-konsep umum yang diciptakan oleh pikiran manusia sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda, bahkan konsep-konsep umum tersebut tidak mencerminkan ciri dan kualitas benda-benda. Sehingga kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana konsep umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari beberapa referensi tentang Nominalism, yang dapat saya simpulkan adalah sebagai berikut: Nominalism merupakan suatu pandangan filosofis yang menentang adanya benda abstrak dan universal (secara metafisik). Adapun nominalism dibagi menjadi dua jenis ataupun versi. Versi pertama menyangkal keberadaan universal dimana dapat dicontohkan dari beberapa hal. Versi kedua adalah penyangkalan terhadap objek abstrak.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Nominalisme merupakan paham yang menyangkal sifat universal dimana sebuah keabstrakan tidak diakui dalam paham tersebut. Kaum normalism yang sebenar-benarnya ada hanyalah benda-benda individual dengan cirri individualnya. Paham ini memiliki kecondongan dengan paham materialism dimana mengakui keberadaan suatu benda berdasarkan indera-indera.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nominalisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Berbagai objek yang diberi label dengan istilah yang sama tidak memiliki kesamaan namun nama mereka. Dengan kata lain, hanya fakta fisik sebenarnya yang nyata, dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu, hanya merupakan abstraksi lisan.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nominalisme merupakan suatu paham yang para penganutnya beranggapan bahwa masalah sosial merupakan hasil pemikiran seseorang secara subyektif, misalnya saja pemikiran yangmenjelaskan bahwa nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Kemudian, aliran atau paham yang bertolak belakang dengan Nasionalisme adalah rasionalisme, perbedaannya terdapat pada apakah realitas itu merupakan sesuatu yang obyektif atau subyektif (hasil pemikiran seseorang).

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. nominalisme adalah pendapat atau pendirian ilmiah yang disusun dan dikemukakan secara rasional dan dapat meyakinkan orang lain dengan konsep abstrak, istilah umum atau universal tidak memiliki eksistensi independen namun hanya ada sebagai nama. Oleh karena itu, berbagai objek yang diberi label dengan istilah yang sama tidak memiliki kesamaan namun nama mereka. Maksudnya hanya fakta fisik sebenarnya yang nyata, dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu, hanya merupakan abstraksi lisan.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Nomalisme berasal dari bahasa latin yaitu nominis yang berarti nama. Nomalisme adalah aliran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dalam pikiran dunia perbendaan. Kaum nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang atau sesuatu yang sifatnya subyektif. Kaum nomalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda induvidu dengan ciri-ciri individualnya.

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Nomalism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism, saya dapat mengetahui tentang Nomalism atau nominalisme yang dalam metafisika merupakan pandangan filosofis yang menyangkal adanya universalisme dan benda-benda abstrak. Tetapi normalisme menegaskan adanya keberadaan umum atau istilah abstrak dan predikat. Ada dua versi utama dari nominalisme. Pertama, satu versi menyangkal keberadaan universal dimana hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu. Kedua, secara khusus menyangkal keberadaan abstrak benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Nomalism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics, saya dapat mengetahui tentang dua jenis Nomalisme. Pertama, salah satu yang menyatakan bahwa tidak yang universal dan yang menyatakan bahwa tidak ada objek abstrak. Kedua, realisme tentang universal adalah doktrin bahwa terdapat universal dan Platonisme tentang doktrin bahwa ada objek abstrak.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Nomalism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/ockham/, saya dapat mengetahui tentang William of Ockham. William adalah tokoh yang paling menonjol dalam sejarah filsafat selama Abad Pertengahan. Beliau dikenal dalam nominalisme metafisiknya dengan prinsip metodologis yang dikenal sebagai "Pisau Cukur Ockham". Karya-karyanya secara konvensional dibagi menjadi dua kelompok, yaitu akademik dan tentang politis.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Nominalism adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran Nominalism ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya berupa kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda untuk mengatur keberanekaragaman individual. Kesimpulannya nomalism menolak dua hal; pertama menolak hal yang abstrak dan kedua menolak suatu yang universal.

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Nominalisme dimaknai dengan suatu pandangan yang menyatakan bahwa tidak ada benda abstrak. Paham ini jg menyatakan bahwa universal tidak ada di dalam alam dan pikiran manusia. Universal hanyalah nama yang diberikan oleh manusia untuk menunjukkan kesamaan di dalam kelas atau kelompok tertentu.

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari link-link saya belajar bahwa nominalism adalah suatu aliran filsafat yang menentang adanya penolakan terhadap objek abstrak dan menentang adanya penolakan terhadap objek universal. Padahal di dunia ini terdapat objek abstrak dan objek universal yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan. Tetapi nominais lebih percaya dengan objek yang dapat dirasakan oleh panca indera kita. Tetapi kita harus tetap percaya bahwa objek abstrak dan universal ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Nominalisme adalah ajaran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Kaum nominalis menegaskan yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individual dengan ciri-ciri individualnya. Konsep-konsep umum yang ada dalam pikiran kita sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Nominalism secara filosofis menyangkal keberadaan benda universal dan abstark. Tetapi nominalism bukan sekadar menolak atau menyangkal terhadap benda-benda universal dan abstrak. Nominalis berpendapat bahwa hanya sebagian fisik yang ada dalam ruang dan waktu yang nyata dan benda yang universal hanya ada setelah hal-hal tertentu. Nominalism menyatakan bahwa beberapa bagian benda adalah entitas abstrak misaknya angka, sementara yang lain adalah entitas konkret - entitas yang memang ada dalam ruang dan waktu misalnya pisang.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Nominalism adalah salah satu aliran filsafat yang lahir pada abad pertengahan. Aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum adalah sesuatu yang tidak merujuk pada kenyataan apapun. Gagasan hanyalah kata-kata saja yang disusun oleh akal pikiran sebagai tanda untuk mengatur keanekaragaman individu. Mereka menganggap bahwa yang nyata adalah individu. Sesuatu yang tidak dalam realitas tidak dianggap nyata oleh mereka, yang nyata adalah yang terlihat atau yang berupa. Aliran ini juga menolak hak asasi manusia. Para penganut aliran ini menganggap yang primer adalah benda-benda dan konsep adalah sekunder.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya sebatas kata-kata yang disusun akal budi untuk mengatur keanekaan individu. Menurut pandangan ini, kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Kebanyakan nominalis menyatakan bahwa hanya fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Namun beberapa versi nominalisme menyatakan bahwa beberapa ialah berwujud abstrak, misalnya angka, sementara yang lainnya adalah wujud-wujud yang memang ada di dalam ruang dan waktu, misalnya batu, meja, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Nominalism adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan. Aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menujuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini memperngaruhi Martin Luther dan positivisme modren yang menilak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  20. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan link yang ada dalam potingan ini, menjelaskan bahwa kata “nominalisme” biasa digunakan oleh para filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika ini bersifat ambigu. Di satu sisi, pengertiann tradisional menyiratkan penolakan terhadap hal-hal yang universal. Dalam arti yang lebih modern, menyiratkan penolakan terhadap objek-objek abstrak. Dengan demikian, ada dua jenis nominalisme yaitu satu yang menyatakan bahwa tidak ada yang universal dan yang satu yang menyatakan tidak ada objek abstrak.

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. terimakasih

    ReplyDelete
  22. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Nominalism dan realism adalah dua aliran dalam filsafat yang berbeda atau bertolak belakang. Dari link tersebut dicontohkan perbedaan tersebut menyangkut hakikat dari suatu masalah terutama realita sosial yang diselidiki antara lain apakah realitas itu merupakan sesuatu yang obyektif atau subyektif (hasil pemikiran seseorang). Atau apakah realitas itu merupakan sesuatu yang sudah ada berada di luar pikiran manusia atau dari pikiran manusia. Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif), sebaliknya penganut realis menganggap bahwa realitas sosial itu merupakan sesuatu yang berada di luar pemikiran manusia (obyektif), merupakan kenyataan. Meskipun bertolak belakang, keduanya saling melengkapi.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya ingin menanyakan megenai penerapan penolakan terhadap hal-hal universal dalam dunia pendidikan, Prof? Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Nominalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang memandang bahwa hal yang sungguh-sungguh ada atau kenyataan adalah benda-benda individual yang sama sekali berbeda satu sama lainnya. Nominalisme menyangkal keberadaan universal, kebalikan dari Realisme yang memandang bahwa universal memang ada.

    ReplyDelete
  25. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Aliran filsafat ini yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Nominalisme merupakan suatu kedudukan masalah universal, yang berasal dari Plato, dan bertentangan dengan filosofi realis, seperti realisme Platonis, yang menyatakan bahwa universal memang ada di atas dan di atas rincian. Namun, nama "nominalisme" muncul dari perdebatan dalam filsafat abad pertengahan dengan Roscellinus.

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Nominalism atau nominalisme muncul pada abad pertengahan (abad ke-12). Paham ini merupakan aliran teologis yang berusaha melawan dan mereduksi paham-paham yang bersifat universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Latar belakang munculnya nominalisme karena pandangan skolastisisme yang ingin menggeneralisasikan apa saja, termasuk paham mengenai iman dan Allah.

    ReplyDelete