Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. Nominalisme adalah paham filsafat yang menyatakan penolakan terhadap universalitas dan objek abstrak. Penganut nominalisme berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam metafisika, nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal adanya universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan persyaratan dan predikat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal hal yang bisa dipakai atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak . Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Jadi setidaknya ada dua jenis Nominalisme, salah satu yang mempertahankan bahwa tidak ada universal dan yang lain menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. Realisme tentang universal adalah doktrin bahwa ada universal, dan Platonisme adalah doktrin bahwa ada benda-benda abstrak. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi, sebuah nihilis, seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis a. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan keterangan atau benda konkrit akan dihitung sebagai nominalis a. Mengingat betapa istilah ‘Nominalisme’ digunakan dalam filsafat kontemporer, filsuf tersebut tidak akan nominalists. Kata ‘Nominalisme’ membawa implikasi bahwa doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu adalah tertentu , dan bahwa ini bukan kebenaran yang kosong.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Nominalism merupakan aliran dalam ilmu filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak mengarah pada kenyataan apapun, gagasan hanya kata-kata yang disusun berdasarkan akal manusia guna mengatur keberagaman individu. Pencetus nominalism metafisik ialah Ockham Razor yang menyatakan bahwa pandangan menganai segala sesuatu tidak hanya pada metafisika tetapi di semua bidang yang lainnya. Nominalist tidak mengakui adanya struktur apapun yang real untuk menggambarkan suatu konsep. Sehingga nominalism menyangkal eksistensi hal-hal yang universal baik dalam pikiran maupun dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Nominalism mengungkapkan bahwa kepercayaan terhadap benda abstrak dan alam sesmesta itu tidak ada. Benda-benda abstrak sulit untuk didefinisikan. Benda abstrak memilik sifat tidak pasti dan tetap. Sedangkan alam semesta bersifat luas sehingga sulit untuk menentukan batasannya dan terlalu luas definisinya.

    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Nominalisme merupakan pandangan filosofis yang menyangkal adanya universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah dan sifat umum ataupun abstrak. Dari pengertian tersebut, pandangan nominalisme dapat dibagi menjadi dua versi. Versi pertama yakni yang menyangkal keberadaan universal, sedangkan yang lain menyangkal adanya benda-benda abstrak yakni benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Kebanyakan nominalist mengadakan bahwa hanya keterangan fisik dalam ruang dan waktu adalah nyata dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu. Terkait dengan universal, hal ini bertentangan dengan filosofis realis seperti realisme Platonis yang menegaskan bahwa universal memang ada atas dan di atas keterangan.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, itu berarti penolakan universal. Dalam, arti yang lebih modern tapi sama-sama bercokol lain, itu berarti penolakan terhadap benda-benda abstrak

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nominalism yaitu suatu pandangan filosofis tentang penolakan objek abstrak dan universalitas. Segala yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiran itu benar sesuai dengan ruang dan waktu. Akantetapi segala yang ada dan yang mungkin ada di luar pikiran itu merupakan lambang atau simbol untuk menyatakan dimensi kenyataan/tolok ukur agar dapat dipahami oleh pikiran orang lain yang relatif terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh “nama” merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Sehingga Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini, tidak ada.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Nominalisme adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak, namun menegaskan adanya istilah umum dan abstrak dan predikat. hal ini bertentangan dengan bertentangan dengan filosofi realis, seperti realisme yang menegaskan bahwa universal memang ada di atas dan di atas hal-hal khusus.

    ReplyDelete