Jan 13, 2013

CRITICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Criticism, bisa konek berikut:


Wss

25 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Teori kritis berasal dari pemikiran Karl Marx yang bertujuan untuk mengurangi dominasi dan meningkatkan kebebasan, apapun bentuknya. Teori Kritis memiliki pandangan bahwa sistem, struktur kekuasaan dan keyakinan atau ideologi yang mendominasi masyarakat harus dilawan karena tidak sesuai dengan prinsip keadilan. Dalam pemikir sosial, teori kritis menganggap merekalah yang bertugas mengungkap penindasan-penindasan yang terjadi dalam masyarakat melalui tradisi dialektika.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Di jaman now, konsep berpikir kritis sangatlah penting untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Pola berpikir kritis dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah, mengambil keputusan secara selektif dan lain sebagainya. Berpikir kritis juga melibatkan kaahlian berpikir induktif “mengenali permasalah yang bersifat terbuka, mengenali hubungan, mampu menemukan sebab dan akibat, membuat kesimpulan dengan data yang relevan. Selain keahlian berpikir induktif juga terdapat keahlian berpikir deduktif yakni kemampuan memecahkan masalah spasial, mampu membedakan antara fakta dan opini.

    ReplyDelete
  3. Teori kritis yang pada awal mulanya adalah untuk mengkritisi system, struktur kekuasaan, keyakinan terhadap suatu ideology yang tidak sesuai dengan keadilan pada keadaan yang sesungguhnya pada manusia, maka para pemikir yang mendukung teori inilah yang melakukan gerakan dalam perubahan dalam masyarakat. Dalam hal pendidkan zaman sekarang, siswa dituntut untuk berfikir kritis guna untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah-masalah yang non rutin dihadapi.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Filsuf yang mempelopori paham kritikism adalah I.kant. Kritik yang berarti pemisah, pada paham ini I.Kant menggunakan kritik untuk memisahkan antara paham rasionalisme dan empirisme yang saling bertentangan. Dengan adanya dua paham yang bertentangan inilah I.Kant mensintesiskan keduanya sehingga terebntuk paham kritikism. I.Kant berargumen bahwa setiap pendekatan masing-masing memiliki nilai kebenaran setengah dan kesalahan setengah, artinya benarlah jika pengetahuan kita tentang dunia berasal dari indera kita sendiri, namun di dalam akal kita terdapat faktor-faktor yang menentukan kita untuk memandang dunia sekitar kita.

    ReplyDelete
  5. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Tokoh kritisisme yang popular adalah Imanuel Kant. Menurutnya, dengan teori kritis ini hubungan antara rasio dan pengalaman dapat menjadi harmonis. Ia juga menambahkan bahwa pengetahuan yang benar bukan hannya pada rasio, tetapi juga pada hasil indrawi. Seperti halnya dalam berfikir kritis, seorang siswa , anak didik, atau mahasiswa tidak begitu saja menerima informasi dari guru atau dosen, melainkan mereka harus bisa berfikir kritis tentang segala sesuatu agar menjadi pengetahuan yang berarti.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Criticism merupakan hal yang akan membuat kita akan semakin sadar bahwa kehidupan kita itu perlu untuk memberikan pemikiran yang kritis guna memberikan kehidupan yang layak bahkan lebih baik. Aliran criticism ini merupakan aliran yang memiliki pemikiran bahwa keharmonisan antara rasio dan pengalaman yang akan membuat suatu subyek itu berkembang, jadi tidak hanya rasio saja yang ditekankan maupun pengalaman saya yang ditekankan, melainkan keduanya. Imanuel Kant merupakan tokoh yang mengembangkannya yang berlandaskan pada perbedaan antara David Hume dan Rene De Scrates.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Junianto
    PM C

    Criticism mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berpikir secara mendalam akan sesuatu. Hal ini bisa dikaitkan dengan kekritisan kita terhadap kebijakan, sistem, dsb yang ada di negara. Kekritisan ini juga menjadi penyeimbang sebuah kekuasaan negara yang bertujuan agar apapun yang terjadi bisa terkontrol pelaksanaannya. Kaitannya dengan dunia pendidikan maka budaya berpikir kritis harus diajarkan kepada siswa agar mereka selalu berpikir secara mendalam dan menyeluruh.

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Berikut pemahaman saya mengenai Criticism setelah membaca website wikipedia dan plato stanford. Pada link plato standford yang Prof. Marsigit berikan disebutkan mengenai Critical Theory, teori kritis adalah sebuah aliran pemikiran yang menekankan penilaian reflektif dan kritik dari masyarakat dan budaya dengan menerapkan pengetahuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Teori Kritis memiliki sempit dan arti luas dalam filsafat dan dalam sejarah ilmu-ilmu sosial. Teori Kritis dalam arti sempit dikembangkan oleh filsuf Jerman dan dikenal sebagai Sekolah Frankfurt. Menurut teori ini, sebuah teori kritis dapat dibedakan dari teori tradisional menurut tujuan praktis tertentu. Teori kritis memberikan dasar deskriptif dan normatif untuk penyelidikan sosial yang bertujuan untuk mengurangi kekuasaanserta meningkatkan kebebasan dalam segala bentuknya. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, secara umum criticism merupakan dasar deskriptif dan normatif untuk penyelidikan sosial yang bertujuan mengurangi dominasi dan meningkatkan kebebasan dalam segala bentuknya. Criticism ini memiliki makna dalam artian luas dan sempit. Dalam makna sempit, criticism merupakan teori yang memperjuangkan emansipasi dan menciptakan kekuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dunia. Sedangkan dalam makna luas, criticism terkait dengan gerakan sosial yang mengidentifikasi beragam dimensi dominasi manusia dalam masyarakat modern.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Critism merupakan paham yang menyederhanakan atau mensintesis paham rasionalism dan empirism. Critism dipelopori oleh Immanuel Kant (1724 - 1804). Kant mengkritisi Rasionalisme dan Empirisme yang hanya mementingkan satu sisi dari dua unsur (akal dan pengalaman) dalam mencapai kebenaran. Dengan adanya paham critism, memberikan keadilan, dimana tidak memihak satu sisi dari 2 unsur (akal dan pengalaman) dalam mencapai kebenaran. Karena dengan menonjolkan satu unsur dengan mengabaikan yang lain hanya akan menghasilkan sesuatu yang berat sebelah dan ketidakadilan. Dua unsur tersebut saling mendukung dan saling mempengaruhi.

    ReplyDelete
  11. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Salah satu cara seseorang untuk membangun pengetahuan dengan mengkritisi apa yang dia temui. Sehingga tidak heran kenapa guru-guru sering mengatakan salah satu indikator untuk melihat siswa berpikir itu yaitu dengan melihat apakah siswa memiliki kemampuan kritis atau tidak. Criticism ini dipelopori oleh Immanuel Kant yang mengkritisi paham rasionalisme dan empirisme dengan mensisntesis kedua paham tersebut menjadi lebih sederhana dan lebih kompleks. Karena seseorang itu dalam membangun pengetahuan tidak hanya dari a priori atau aposteori saja melainkan dari keduanya.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Critical teori dapat dibedakan dari teori "tradisional" menurut tujuan praktis tertentu: teori sangat penting untuk sejauh bahwa ia berusaha manusia "emansipasi dari perbudakan", bertindak sebagai "membebaskan ... pengaruh", dan karya "untuk menciptakan dunia yang memenuhi kebutuhan dan kekuatan" manusia (Horkheimer 1972, 246). teori-teori tersebut bertujuan untuk menjelaskan dan mengubah semua keadaan yang memperbudak manusia, banyak critical teory dalam arti yang lebih luas telah dikembangkan seperti pendapat teman-teman saya di atas.

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Immanuel kant mempelopori kritisisme. Kritisisme adalah filsafat yang memulai pembelajarannya dengan terlebih dahulu menyelidiki rasio dan batas-batasnya. Immanuel kant mengkritisi Rasionalisme dan Empirisme dimana kedua faham tersebut bertentangan. Filsafat kritisisme menawarkan sintesis dari rasionalisme dan empirisme, dalam hal ini kritisisme berarti pemisahan. Pada pembelajaran siswa, siswa dapat memahami suatu konsep bukan hanya dari pemikirannya saja, namun ada tahapan-tahapan yang berbeda mulai dari observasi hingga praktik langsung.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Aliran ini bermula di Inggris hingga menyebar ke seluruh Eropa. Kritisime ini pertama kali dikenalkan oleh Immanuel Kant. Dalam aliran ini mempelajari tentang batas-batas kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuan manusia. Kritisisme memiliki ciri taiyu menganggap bahwa objek pengenalan berpusat pada subjek bukan obje serta menegaskan keterbatasan kemampuan rasio manusia untuk mengetahui realitas kehidupan. Immanuel Kant memulai dengan menyelediki kritik atas rasio murni, kritik atas dasar pertimbangan, serta kritik rasio praktis.

    ReplyDelete
  15. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Teori kritis muncul karena banyaknya gerakan sosial yang mengidentifikasi beragam dimensi dominasi manusia dalam masyarakat modern. Teori kritis memberikan dasar deskriptif dan normatif untuk penyelidikan sosial yang bertujuan mengurangi dominasi dan meningkatkan kebebasan dalam segala bentuknya. Maka teori kritis ini berguna untuk mengkritisi berbagai dominasi sehingga memberikan kebebasan bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kritis adalaH tuntutan internal dari berpikir filosofis itu sendiri. Berfilsafat dengan demikian merupakan berpikir kritis, selalu harus bertanya secara fundamental dan mencari jawaban rasional. Di sinilah terletak tanggung jawab filsafat, yakni dimana Filsafat secara kritis terus menerus mempertanyakan dan juga harus berani menawarkan jawaban-jawaban rasionalnya bagi permasalahan-permasalahan manusia. Seperti halnya pada pelopor kritisisme yaitu Immanuel Kant yang mengkritisi paham rasionalisme dan empirisme lalu mencoba menawarkan jalan keluar atau jalan tengah di antara keduanya. Dengan kritisisme, Imanuel Kant mencoba mengembangkan suatu sintesis atas dua pendekatan yang bertentangan tersebut.

    ReplyDelete
  17. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kritisisme ialah paham yang memulai perjalanan dengan terlebih dahulu menyelidiki kemampuan rasio dan batas-batasnya. Yaitu faham yang mengkritisi fahan rasionalisme dan empirisisme. Faham rasionalisme ialah faham yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, pemikiran, logika, dan analisis berdasarkan fakta. Sedangkan empirisisme ialah pencarian kebenaran melalui pembuktian-pembuktian indrawi atau dirasakan menggunakan alat indera. Artinya kritisisme ialah penengah diantara kedua paham tersebut yaitu paham yang hanya mementingkan logika dan yang satunya lagi paham yang hanya mementingkan pengalaman. Kritisisme beranggapan bahwa baik logika dan pengalaman sama-sama penting dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  18. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Kritikisme berarti filsafat untuk berbicara, membahas atau menulis tentang sesuatu atau seseorang karena masalah pribadi dan publik. Ini tidak berarti dalam cara yang buruk. Ada juga pengritikan yang baik. Namun membuat kritik terhadap sesuatu atau seseorang, umumnya dalam cara yang buruk. Seperti ketika orang berbicara omong kosong terhadap orang lain. Ini berarti untuk menemukan kesalahan dengan sesuatu. "Aku merasa tidak enak ketika guru mengkritik pekerjaan saya di depan kelas (dihadapan teman-teman)."

    ReplyDelete
  19. Ilania Eka Andari
    17709251050 ``
    S2 pmat c 207

    Yang saya dapat dari beberapa referensi antara lain bahwa aliran Kritisisme adalah aliran yang mengkritisi terhadap aliran rasionalisme dan empirisme. Aliran ini dipelopori oleh immanuel Kant. Aliran kritisisme menunjukkan bahwa daya pemikiran, pengalaman adalah hal penting untuk pengetahuan manusia. Karena itu, kritisisme juga diartikan sebagai pembelajaran yang menyelidiki batasan-batsan kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuan manusia

    ReplyDelete
  20. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kritisme memuat teori tentnag teori kritis. Teori kritis dapat dimaknai secara sempit dan secara luas. Secara sempit, teori kritis dapat dibedakan dari teori tradisional sesuai dengan tujuan praktis tertentu. Sedangkan secara luas teori ini berhubungan dengan banyak gerakan sosial yang mengidentifikasi beragam dimensi dominasi manusia dalam masyarakat modern.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Critism adalah pemikiran tidak setuju terhadap seseorang atau sesuatu karena dirasa atau dianggap tidak sesuai/benar. Untuk mampu melakukan ini memerlukan kemampuan berpikir yang lebih ekstra karena critism itu berarti kita diajak untuk berpikir untuk bertentangan atau berbeda dari yang sudah ada.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Menurut persepsi saya setelah membaca beberapa sumber, kritisisme ini merupakan aliran filsafat yang sejarah kemunculannya diawali oleh kritikan Imanuel Kant terhadap rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme menganggap bahwa pengetahuan hanya dapat diperoleh dari pemikiran, rasio, atau logika, sedangkan empirisme menyatakan sebaliknya bahwa pengetahuan hanya dapat diperoleh dari pengalaman nyata. Kemudian Kant mengungkap bahwa ada batasan-batasan kemampuan pikiran atau rasio manusia dalam menciptakan pengetahuan, pandangan ini kemudian disebut dengan paham kritisisme. Karena adanya batasan kemampuan pikiran tersebut, kemudian Kant menyebutkan pengalaman dapat meutupi kelemahan dari pikiran manusia tersebut. Oleh sebab itu pengetahuan dapat diperoleh dengan memadukan antara pikiran dan pengalaman.

    ReplyDelete
  23. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ditengah perdebatan filsafat logicism dan realism, muncul I. Kant dengan filsafat kritisnya, juga sering disebut filsafat solusi atau filsafat tengah. Dia mengambil sebagian dari realism dan sebagian dari logicism. Periode ini disebut periode modern, muncul setelah abad kegelapan di Eropa. Disebut aliran kritis karena I. Kant mengkritisi rasionalis dan empiris.

    ReplyDelete
  24. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Criticism lebih dipandang sebagai kecaman. Dan kecaman bisa datang dari mana saja dan seibebakan oleh banyak hal. Kecaman muncul karena adanya kesenjangan antara yang diharapkan dengan apa yang terjadi. Biasanya kecaman atau kritikan ini terjadi untuk menunjukkan ketidaksetujuannya seseorang terhadap fenomena yang terjadi. harapannya kritikan dapat membangun pribadi atau prilaku seseornag menjadi lebih baik. jadikanlah kritikan itu sebuah refleksi diri.

    ReplyDelete
  25. Imanuel Kant sebagai pelopor gerakan mengkritisi Rasionalisme dan Empirisme yang hanya mementingkan satu sisi dari dua unsur (akal dan pengalaman) dalam mencapai kebenaran menyebabkan lahirnya criticism. Dimana dalam aliran ini proses dalam memperoleh kebenaran dilakukan dengan terlebih dahulu menyelidiki kemampuan rasio dan batas-batasnya. Terima Kasih

    ReplyDelete