Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Schism merupakan perpecahan yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi, pergerakan, atau denominasi agama. Selain itu, schism juga dapat digunakan untuk perpecahan antara dua atau lebih orang, baik saudara, teman, pacar, dan lain sebagainya. Dengan kata lain schism merupakan situasi dimana tidak ada lagi yang namanya persatuan dan kekompakan. Hal ini dapat terjadi karena adanya pemicu atau dalang dari sebuah perpecahan. Tidak mungkin bisa terpecah jika tidak ada sebabnya. Dalang dari perpecahan ini adalah schismatic. Oleh karena itu, agar perpecahan dapat diatasi atau dapat dihindari maka kita harus saling percaya satu dengan yang lainnya, tidak egois, selalu memusyawarahkan apa yang menjadi keinginan kita dan senantiasa ikhlas jika pendapat kita ditolak karena sesungguhnya apa yang menjadi keputusan bersama merupakan keputusan yang terbaik dan sudah berdasarkan pertimabngan-pertimbangan yang ada.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari ketiga referensi yang ditautkan pada tulisan diatas, yang dapat saya simpulkan mengenai schism adalah suatu pandangan tentang pecahnya suatu kelompok ataupun golongan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari perpecahan kelompok ataupun golongan ini adalah munculnya suatu ide atau gagasan, kebijakan yang baru dan kemudian mendorong untuk memunculkan perpecahan.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Skisma merupakan suatu paham perpecahan yang terjadi dalam suatu kelompok ataupun agama. Paha mini menyebutkan bahwa suatu kelompok atau agama akan terpecah menjadi berbagai kelompok kecil yang memiliki variasi pemikiran. Teori ini berlawanan dengan agama Islam dimana agama Islam itu satu, tidak ada perpecahan. Semua berpegang pada Al-Qur’an dan Hadist. Walaupun banyak wacana yang mengatakan Islam akan terpecah berbagai golongan dan hanya 1 golongan yang masuk surga. Sedikit mengkritisi bahwa 1 golongan tersebutlah Islam, golongan lain adalah bukan Islam [pandangan secara kaffah]. Sehingga hingga akhir zaman Islam itu satu, tapi akan ada berbagai golongan yang mengatasnamakan Islam.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Schisme menurut saya merupakan suatu perpecahan yang terjadi dalam suatu organisasi atau dalam suatu kelompok akan suatu permasalahan atau berbeda pandangan. atau dapat di lihat adanya suatu perpecahan suku, agama, ras dll yang merupakan ketidaksepakatnya sesuatu, atau tidak sukanya terhadap sesuatu yang menyebabkan perpecahan terjadi.

    ReplyDelete

  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Schism atau dalam bahasa indonesia skisma memiliki arti memisahkan atau memecah. Skisma berarti suatu bentuk perpisahan atau perpecahan yang mengakibatkan dua hal yang pada awalnya satu menjadi terpisah. Skisma dapat merujuk pada orang yang melakukan skisma atau suatu kebijakan atau suatu hubungan. Skisma yang merujuk pada orang disebut skismatik yang berarti orang yang melakukan perpecahan stay pemisahan. Sedangkan kebijakan atau pilihan berarti kebijakan yang dapat menyebabkan perpecahan dan pilihan yang menyebabkan putusnya hubungan dengan orang lain.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Schism adalah perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Atau secara sederhananya schism merupakan aliran sesat. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Pada jaman sekarang sudah banyak sekali aliran-aliran yang sesat yang menawarkan kesejahteraan tanpa melalukan ibadah yang menyulitkan. Hal ini tentu sangat berbahaya. Oleh karena itu, iman menjadi benteng yang kuat untuk melawan schism.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Schism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Schism, saya dapat mengetahui tentang Schism. Dari link tersebut dapat disimpulkan bahwa Schism atau Skisma adalah pembagian antara orang, seperti milik organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Kata ini paling sering diterapkan pada perpecahan dalam apa yang sebelumnya merupakan satu tubuh agama, seperti Skisma Timur-Barat atau Skisma Barat Besar
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Schism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/augustin/, saya dapat mengetahui tentang Schism. Dari link tersebut ditemukan tentang Augustine. Santo Agustinus adalah filsuf abad keempat yang filsafatnya yang inovatif telah menanamkan doktrin Kristen dengan Neoplatonisme. Beliau berpendapat bahwa skeptis tidak memiliki dasar untuk mengklaim mengetahui bahwa tidak ada pengetahuan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara bahasa "skismatik" merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Perpecahan yang dimaksud disini bisa berupa terjadinya perbedaan pendapat. Seperti yang kita tau bahwa setiap orang memiliki cara pandangnya sendiri terhadap suatu hal, jadi adanya perbedaan pendapat dengan orang lain itu wajar dan manusiawi. Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Lalu bagaimana caranya kita bisa menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita? Jika kita tidak merasa memiliki dan tidak sombong serta tetap berpikir kritis maka kita mampu menghargai orang lain.

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Schisme awalnya merupakan suatu perpecahan yang terjadi di suatu gereja yang akhirnya membuat perpecahan atau persaingan antar gereja, kemudian istilah tersebut kemudian dsebut untuk menggambarkan divisi-divisi. Sehingga secara sederhana satu kata yang dapat menjelaskan kata Schism adalah perpecahan. Perpecahan disini bermakna bahwa setiap orang memiliki pendapat, sudut pandang dan prespektif yang berbeda-beda.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, skisma adalah suatu pemisahan yang terjadi di dalam lembaga Gereja atau pemisahan diri dari persaudaraan umat beriman tanpa menyangkal ajaran iman. Nah, intinya menurut saya yaitu terjadinya perpecahan umat dalam agama. Ingat, bahwa nabi Allah yakni nabi kita Muhammad Shalallahu'alaihiwasalam pernah menyampaikan bocoran bahwa nanti agama islam akan terpecah beberapa golongan, hal itu juga terjadi dalam agam kristen. Jadi persiapkanlah diri kita, jadilah golongan yang benar. Semoga kita termasuk orang-orang beruntung. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    saya ingin melanjutkan komentar sebelumnya, schism atau skima itu nampaknya intinya perpecahan. Nah perpecahan yang terjadi di indonesia saat ini bukan hanya dari segi agama, tetapi dari segi kerakyatan, negara indonesia terpecah-pecah. Bisa kita lihat dalam politik yang terjadi sekarang ini. Namanya memilih itu haknya siapapun, tetapi memfitnah satu sama lain itu sesuatu yang tidak baik. Hal ini takutnya bisa memicu bubarnya negara indonesia. Jadi, mari kita doakan, semoga negara ini jauh dari kata perpecahan dan berganti menjadi persatuan yang sesungguhnya. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Schism ialah perpecahan, sedangkan orang yang menciptakan atau menghasut suatu perpecahan disebut Scismatic atau Skismatik. Tuduhan terhadap Schism ini bukan termasuk bid’ah karena ajarannya tidak termasuk perbedaan kepercayaan atau doktrin. Schism ini dapat diartikan bahwa ada perpecahan suatu organisasi karena ada suatu isu tertentu. Saat ini terutama di Indonesia banyak terjadi perpecahan antara kelompok satu dengan yang lainnya karena perbedaan pandangan sehingga membagi masyarakat menjadi beberapa kubu yang berlawanan. Salah satu isu yang dapat memecah belah masyarakat yaitu isu politik di Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Schism mengungkapkan suatu perpecahan dalam suatu kelompok tertentu. Perpecahan yang terjadi tidak hanya mencakup perpercahan suatu negara namun juga dapat terjadi dalam hal agama. Sebagai contoh di Indonesia, khususnya Jawa, schism dapat kita jumpai sebagai fenomena perselisihan antara Islam dan kekuatan lokal, pada dimensi-dimensi tertentu sebenarnya tidak bisa menggambarkan secara utuh kenyataan Islam di Jawa.

    ReplyDelete
  15. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Schism adalah sebuah pandangan mengenai perpecahan suatu kelompok atau golongan. Kelompok yang terpecah akan menimbulkan pemikiran-pemikiran baru mengenai ide atau gagasan yang intinya adalah perpecahan. Perpecahan yang terjadi karena adanya ego dari masing-masing kaum dan mengunggulkannya. Karena adanya pemikiran baru tersebut yang memicu perpecahan yang tidak dilandasi saling menghormati.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. Sehingga jika dimaknai secara sederhana schism itu adalah perpecahan.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Skisma merupakan pembagian atau perpecahan, biasanya milik organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Perpecahan disini dimaksudkan perpecahan suatu kelompok yang sebelumnya menjadi badan keagamaan tunggal. Secara lebih luas, pemisahan antara dua atau lebih orang, baik itu saudara, teman, kekasih, dll.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Schism berasal dari bahasa Yunani schizo yang berarti perpecahan, yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan didalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Diantara sebuah negara terkadang terdapat beberapa orang yang skismatik, penyulut api diantara kebersatuan bangsa Indonesia. Dengan adanya dua kubu capres yang kini saling sudut menyudutkan antar calon semoga tidak menyebabkan Schism di Indonesia. Jangankan dalam konteks negara yang luas, bahkan dalam suatu hubungan antara dua orang manusia pun tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya Schism. Schism atau perpecahan dapat terjadi diantara dua orang yang awalnya dekat namun kemudian terjadi sebuah masalah diantara mereka yang tidak dapat diatasi antara kedua belah pihak hingga menimbulkan perpecahan diantara mereka. Schism sesungguhnya dapat dicegah dan diatasi jika setiap anggota sebuah kelompok atau negara memiliki rasa memiliki yang sama, rasa persaudaraan bersama, rasa saling peduli satu sama lain. Rasa-rasa tersebut yang harus senantiasa dipupuk agar perpecahan atau Schism dapat diminimalisir. Toh jika memang mungkin ada kesalahpahaman hendaknya dimusyawarahkan bersama seluruh anggota kelompok.

    ReplyDelete
  19. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kata skismatik dapat merujuk kepada gagasan, kebijakan, dan lain sebagainya yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Orang-orang skismatik menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, maupun perpecahan di dalam suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun, pecah menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih Prof atas link-link yang dibagikan di atas. Dari wikipedia sayan memperoleh informasi bahwa kata skisma berasal dari bahasa inggris schism, dari bahasa Yunani schisma yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan dan lain-lain yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan, Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll.

    ReplyDelete
  21. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Schism merupakan suatu paham perpecahan yang terjadi dalam suatu kelompok ataupun agama. Pada link tersebut dijelaskan bahwa skismatik berarti seseorang yang menciptakan atau menghasut agar terjadi skisma di dalam sebuah gereja atau anggota dari gereja yang memisahkan diri, atau gagasan serta hal-hal yang dianggap dapat menyebabkan skisma. Perpecahan dan pertentagan tersebut pada mulanya adalah karena persoalan politik. Tetapi kemudian merembet ke bidang agama dan bidang-bidang lain. Untuk membela dan mempertahankan pendapat-pendapat mereka serta untuk menyerang pendapat lawan-lawannya, mereka berusaha menggunakan logika dan khazanah ilmu pengetahuan di masa lalu.

    ReplyDelete
  22. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll. yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. terimakasih

    ReplyDelete
  23. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Schism atau skisma berarti perpecahan yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompk atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Dalam islam skisme digunakan untuk merujuk pada perpecahan antara islam sunni dan syah pada 632M mengenai siapa yang berhak menggantikan kedudukan Nabi Muhammad dan pada 662 serta 680 mengenai siapa yang berhak mengklaim kekhalifan. Skisma ini sangat berbahaya. Bahkan hingga saat ini dengan berbagai macam aliran islam, skisma sering menjadi pemicu pemberontakan antarumat beragama.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Schism merupakan salah satu paham filsafat yang menekankan adanya sebuah perpecahan dalam sebuah organisasi, kelompok atau golongan. Sementara orang yang melakukan perpecahan tersebut dinamakan skismatik , perpecahan ini pun terjadi karena sudah tidak adanya persamaan pendapat, atau terjadi karena adanya perbedaan ide atau gagasan antar kelompol tersebut.

    ReplyDelete
  25. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Schism berasal dari bahasa Yunani schizo yang berarti perpecahan, yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan didalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. skismatik inilah dalam sebuah organisasi yang terkadang dapat menimbulkan dualisme kepemimpinan sebagaimana komentar saya sebelumnya di tulisan bapak tentang dualism.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Schism adalah Terbaginya/terpecahnya antara orang-orang, biasanya organisasi, gerakan, atau denominasi agama. istilah ini paling sering diterapkan pada perpecahan dalam apa yang sebelumnya menjadi badan keagamaan tunggal, seperti Skisma Timur-Barat atau Skisma Besar Barat. Ini juga digunakan untuk perpecahan di dalam organisasi atau gerakan non-religius atau, secara lebih luas, pemisahan antara dua atau lebih orang, baik itu saudara, teman, dll.

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Schism dalam bahasa inggris memiliki arti perpecahan atau dalam bahasa indonesia skisma. Kata skisma merujuk kepada perpecahan antara Islam Sunni dan Syi'ah pada tahun 632 Masehi mengenai siapa yang berhak menggantikan kedudukan Nabi Muhammad, dan pada 661 serta 680 mengenai siapa yang berhak mengklaim Kekhalifahan.

    ReplyDelete
  28. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Schism dapat dikatakan sebagai suatu perpecahan. Perpecahan suatu organisasi atau gerakan. Adanya perpecahan ini dapat disebabkan oleh ketidaksepahaman atau tidak sepakatnya suatu pendapat atau keputusan dalam organisasi. Dengan demikian dapat menimbulkan perpecahan, manusia di dalamnya akan saling curiga, memisahkan diri karena tidak se-visi dan misi lagi

    ReplyDelete