Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

9 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Schism merupakan perpecahan yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi, pergerakan, atau denominasi agama. Selain itu, schism juga dapat digunakan untuk perpecahan antara dua atau lebih orang, baik saudara, teman, pacar, dan lain sebagainya. Dengan kata lain schism merupakan situasi dimana tidak ada lagi yang namanya persatuan dan kekompakan. Hal ini dapat terjadi karena adanya pemicu atau dalang dari sebuah perpecahan. Tidak mungkin bisa terpecah jika tidak ada sebabnya. Dalang dari perpecahan ini adalah schismatic. Oleh karena itu, agar perpecahan dapat diatasi atau dapat dihindari maka kita harus saling percaya satu dengan yang lainnya, tidak egois, selalu memusyawarahkan apa yang menjadi keinginan kita dan senantiasa ikhlas jika pendapat kita ditolak karena sesungguhnya apa yang menjadi keputusan bersama merupakan keputusan yang terbaik dan sudah berdasarkan pertimabngan-pertimbangan yang ada.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari ketiga referensi yang ditautkan pada tulisan diatas, yang dapat saya simpulkan mengenai schism adalah suatu pandangan tentang pecahnya suatu kelompok ataupun golongan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari perpecahan kelompok ataupun golongan ini adalah munculnya suatu ide atau gagasan, kebijakan yang baru dan kemudian mendorong untuk memunculkan perpecahan.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Skisma merupakan suatu paham perpecahan yang terjadi dalam suatu kelompok ataupun agama. Paha mini menyebutkan bahwa suatu kelompok atau agama akan terpecah menjadi berbagai kelompok kecil yang memiliki variasi pemikiran. Teori ini berlawanan dengan agama Islam dimana agama Islam itu satu, tidak ada perpecahan. Semua berpegang pada Al-Qur’an dan Hadist. Walaupun banyak wacana yang mengatakan Islam akan terpecah berbagai golongan dan hanya 1 golongan yang masuk surga. Sedikit mengkritisi bahwa 1 golongan tersebutlah Islam, golongan lain adalah bukan Islam [pandangan secara kaffah]. Sehingga hingga akhir zaman Islam itu satu, tapi akan ada berbagai golongan yang mengatasnamakan Islam.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Schisme menurut saya merupakan suatu perpecahan yang terjadi dalam suatu organisasi atau dalam suatu kelompok akan suatu permasalahan atau berbeda pandangan. atau dapat di lihat adanya suatu perpecahan suku, agama, ras dll yang merupakan ketidaksepakatnya sesuatu, atau tidak sukanya terhadap sesuatu yang menyebabkan perpecahan terjadi.

    ReplyDelete

  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Schism atau dalam bahasa indonesia skisma memiliki arti memisahkan atau memecah. Skisma berarti suatu bentuk perpisahan atau perpecahan yang mengakibatkan dua hal yang pada awalnya satu menjadi terpisah. Skisma dapat merujuk pada orang yang melakukan skisma atau suatu kebijakan atau suatu hubungan. Skisma yang merujuk pada orang disebut skismatik yang berarti orang yang melakukan perpecahan stay pemisahan. Sedangkan kebijakan atau pilihan berarti kebijakan yang dapat menyebabkan perpecahan dan pilihan yang menyebabkan putusnya hubungan dengan orang lain.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Schism adalah perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Atau secara sederhananya schism merupakan aliran sesat. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Pada jaman sekarang sudah banyak sekali aliran-aliran yang sesat yang menawarkan kesejahteraan tanpa melalukan ibadah yang menyulitkan. Hal ini tentu sangat berbahaya. Oleh karena itu, iman menjadi benteng yang kuat untuk melawan schism.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Schism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Schism, saya dapat mengetahui tentang Schism. Dari link tersebut dapat disimpulkan bahwa Schism atau Skisma adalah pembagian antara orang, seperti milik organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Kata ini paling sering diterapkan pada perpecahan dalam apa yang sebelumnya merupakan satu tubuh agama, seperti Skisma Timur-Barat atau Skisma Barat Besar
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Schism. Melalui link https://www.iep.utm.edu/augustin/, saya dapat mengetahui tentang Schism. Dari link tersebut ditemukan tentang Augustine. Santo Agustinus adalah filsuf abad keempat yang filsafatnya yang inovatif telah menanamkan doktrin Kristen dengan Neoplatonisme. Beliau berpendapat bahwa skeptis tidak memiliki dasar untuk mengklaim mengetahui bahwa tidak ada pengetahuan
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara bahasa "skismatik" merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Perpecahan yang dimaksud disini bisa berupa terjadinya perbedaan pendapat. Seperti yang kita tau bahwa setiap orang memiliki cara pandangnya sendiri terhadap suatu hal, jadi adanya perbedaan pendapat dengan orang lain itu wajar dan manusiawi. Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Lalu bagaimana caranya kita bisa menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita? Jika kita tidak merasa memiliki dan tidak sombong serta tetap berpikir kritis maka kita mampu menghargai orang lain.

    ReplyDelete