Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

13 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Secara sosiologis, sebuah komunitas yang mulai beranjak membesar dan menciptakan communal closure, punya peluang untuk memunculkan para skismatis. Suatu grup yang yang berhasil membangun strategi demikian, selalu akan berjumpa dengan countermobilization yang bertujuan untuk memelihara otonomi individu, desentralisasi keputusan dan mendorong persaudaraan yang setara. Konter mobilisasi inilah yang mendorong terciptanya skisma. Perbedaan aliran-aliran (denominasi) memang fakta yang tidak bisa dikaburkan. Bahkan karena perbedaan itu, saling serang, bunuh, caci dan maki antar kelompok menjadi tak terhindarkan. Kebanyakan, pertarungan yang bersifat politis seringkali menghinggapi perdebatan ilmiah soal perbedaan akidah itu. Sayangnya, tak sedikit pemimpin agama yang tidak bisa menerima kenyataan kalau sejarah agama juga berkelindan dengan kepentingan-kepentingan non-agama.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Selain karena sudah merupakan fakta yang tak terbantahkan, bisa dikatakan terjadinya skisma itu sebagai hal yang wajar, lumrah. Dalam kenyataan sosial, kekecewaan terhadap kelompok mapan, tak jarang memunculkan gerakan-gerakan pinggiran, baik karena masalah teologis murni ataupun soal politis yang dibungkus baju teologis. Belakangan ini, kita disuguhi panorama yang buram sebagai implikasi dari adanya skisma dalam sejarah agama. Pembakaran terhadap rumah dan pesantren milik komunitas Syiah di Sampang, Madura adalah salah satunya. Apapun dalihnya, apa yang terjadi di pulau garam itu tetap menyimpan cerita yang tak sedap soal skisma dalam Islam.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Schisme merupakan perpecahan dalam arti katanya,atau menurut saya meurpaka suatu perpecahanyang terjadi dalam suatu organisasi atau dalam suatu kelompok akan suatu permasalahan atau berbeda pandangan. atau dapat di lihat adanya suatu perpecahan suku, agama, ras dll yang merupakan ketidaksepakatnya sesuatu, atau tidak sukanya terhadap sesuatu yang menyebabkan perpecahan terjadi.

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Skisma berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Perpecahan dalam pendidikan dapat dilihat saat seseorang mengganggu kegiatan pembelajaran orang lain dengan mengekang untuk melakukan inovasi. Maksudnya adalah apabila orang tersebut tidak menyukai pembelajaran inovatif (student center) bahkan menyuruh guru lain untuk selalu menggunakan teacher center maka hal tersebut merupakan salah satu perpecahan yang hakiki, karena selain mengekang kreativitas guru, orang tersebut juga akan mengekang kreativitas siswanya.

    ReplyDelete
  5. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut sumber yang saya baca schism atau bisa juga disebut skisma didefinisikan sebagai memecah atau memisah yang berarti perpecahan yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Skisma dipergunakan di lingkungan agama kristen, lingkungan islam, dunia pilitik, dan dunia hiburan. Disetiap lingkungan itu semua memiliki kisahnya masing-masing, seperti pada lingkungan agama kristen, skisma diartikan sebagai tindakan menghasut agar terjadi perpecahan diantara orang-orang kristen. Sedangkan dalam lingkungan islam, skisma merujuk pada perpecahan antara islam sunni dan syi’ah untuk memperebutkan pengganti kedudukan Nabi Muhammad.

    ReplyDelete
  6. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Schism berarti adalah perpecahan. Dalam kehidupan kita sering kita lihat adanya perpecahan, perpecahan yang sering terjadi adalah perpecahan dalam suatu organisasi atau kelompok. Di indonesia sendiri masih sering terjadi adanya perpecahan, perpecahan suku, ras, dan tak jarang juga perpecahan agama. Banyak suku-suku di Indonesia yang terpecah belah hanya karena memperebutkan daerah/wilayah kekuasaan. Dalam agama juga sering terjadi perpecahan diantaranya dikarenakan masing-masing dari mereka menganggap bahwa ajarannya adalah yang paling benar. Sesungguhnya kita harus selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar terhindah dari segala jenis perpecahan.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Ketika seseorang menciptakaan suatu kondisi atau menghasut pada suatu organisasi sehingga terjadi suatu perpecahan dan menculnya suatu kelompok smepalan maka ini merupakan skismatik. Skismatik merupakan suatu wadah sifat-sifat yang berkaitan dengan perpecahan, ide-ide kebijakan yang diduga mengara dan mempromosikan perpecahan. Hal ini jelas memiliki tujuan untuk memecah belah persatuan yang sudah ada. Tentu saja dalam berkumpul, bermasyarakan dan berorganisasi bahkan bernegara, hal-hal ini (skismatik) harus kita hindari agar tidak terjadi, walaupun orang-orang dengan sifat skismatik bisa muncul kapan saja.

    ReplyDelete
  8. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Schism berasal dari bahasa Yunani, chisma (memecah, memisahkan) kemudian diartikan secara universal menjadi “perpecahan”. Paham ini biasanya terjadi dalam suatu organisasi yang ekslusif-konservatif-fundamentalis. Organisasi macam itu biasanya menolak ajaran di luar dari ajarannya dan cenderung memaksakan kehendaknya kepada pihak lain. Mungkin ISIS adalah contoh organisasi penganut dari paham ini.

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Schism merujuk kepada perpecahan dalam suatu organisasi atau perpecahan antara sekumpulan orang-orang tertentu. Sedangkan orang yang melakukan perpecahan tersebut disebut schismatic. Hal ini tentu tidak baik jika terjadi dalam suatu organisasi apalagi dalam suatu negara. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita dapat menghindari orang-orang yang bertipe schismatic agar tidak terjadi perpecahan dalam suatu organisasi yang kita ikuti, karena tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang schismatic banyak terdapat di sekitar kita.

    ReplyDelete
  10. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Schism adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan dalam sebuah organisasi. Contohnya saja karena ide semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu, maka muncul pandangan –pandangan baru yang dapat menimbulkan perpecahan. Terlebih lagi jika tidak memiliki pondasi yang kuat, maka mudah terombang ambingkan sehingga menimbulkan perpecahan. Dalam agama pun juga demikian, tadinya adalah satu kesatuan yang utuh dan kuat, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, muncul pemikiran baru yang menimbulkan perpecahan, sampai saat ini agama yang sama muncul menjadi berbagai macam golongan atau aliran.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Kata skismatik dapat merujuk kepada gagasan, kebijakan, dan lain sebagainya yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Orang-orang skismatik menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, maupun perpecahan di dalam suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun, pecah menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Paham schism merupakan hal yang sangat tidak baik untuk diterapkan. Karena paham ini mengajarkan kita kepada perbuatan yang tercela, khususnya kita yang hidup dilingkungan masyarakat yang kental dengan budaya musyawarah dan kelompok. Paham ini adalah paham yang mengjarkan untuk berbuat hasut di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan perpecahan, ini merupakan sifat yang dilarang dan dibenci baik oleh agama maupun oleh negara. Seharusnya kita sebagai generasi muda berusaha memperkokoh persatuan bukan mengahcurkan persatuan.

    ReplyDelete
  13. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links presented above. This is a new science for me. Schism is the person who creates or instigates divisions within an organization. In a more general sense, especially outside of religion, the word schism can refer to the split between two people, etc. Of course in groups, assembled, speaking and organizing and even stateless, these things (skismatics) must be avoided so as not to happen, even though people with schismatic traits can arise at any time. Therefore, we should always pray and ask Allah SWT to avoid all kinds of schism and schism division. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete