Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Schism merupakan perpecahan yang terjadi pada organisasi atau gerakan. Orang yang beraliran schism menciptakan penghasutan perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota kelompok yang memisahkan diri melalui gagasan, kebijaksanaan, dan lain sebagainya. Dalam bidang selain agama pun schism berarti perpecahan yang terjadi pada dua orang atau lebih baik saudara, teman, suatu negara dalam gerakan politik maupun bidang lainnya menjadikan kelompok atau individu itu terpecah satu sama lain menjadi beberapa kelompok dikarenakan saling berbeda pendapat yang tidak dapat diterima secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  2. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Schism adalah perpecahan pada suatu organisasi, perpecahan sering terjadi dimana saja. Adanya perpecahan ini terjad karena tidak satu pemahaman. Tidak terjalinnya komunikasi yang baik, dan berbeda pandangan atau tujuan bisa menjadi faktor perpecahan. Perpecahan memang sering kali dinilai butuk karena tidak mencerminkan persatuan namun setiap orang mempunyai hak untuk memilih. Karena hidup adalah suatu pilihan.

    ReplyDelete
  3. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Secara harfiah, schism berati perpecahan. Schism merupakan sebuah kelompok-kelompok orang, biasanya di dalam sebuah organisasi atau gerakan atau dalam agama. Kata ini sering diterapkan pada perpecahan dalam sebuah agama yang pada awalnya satu, seperti skism timur-barat atau skism barat besar. Kata ini juga sering diterapkan pada perpecahan sebuah organisasi non-agama atau sebuah gerakan atau saudara atau teman. Sedangkan orang yang menghasut sehingga terjadi sebuah perpecahan disebut sebagai schismatik. Perpecahan merupakan hal yang sangat dihindari dalam sebuah organisasi atau kelompok bahkan dihindari pada hubungan pertemanan, apalagi dalam sebuah agama. Tentunya sifat ini juga sangat dibenci oleh Allah SWT. dan sebagai manusia yang beriman, seharusnya kita juga menghindari hal-hal yang menimbulkan perpecahan. Segala perbedaan harus disikapi dengan bijaksana dan cerdas.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    secara sederhana satu kata yang dapat menjelaskan apa itu schism adalah perpecahan karena Pada awalnya Schism adalah perpecahan yang terjadi pada gereja yang pada akhirnya membuat gereja gereja saingan yang kemudian diistilahkan sebagai divisi divisi.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Schism berarti perpecahan yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Perpecahan tersebut biasanya terjadi karena perbedaan pendapat, kesalahpahaman, hasutan, perbedaan pandangan dan tujuan, dsb. Perpecahan merupakan sesuatu yang sudah umum terjadi karena adanya disharmoni. Manusia adalah makhluk yang berbeda-beda, memiliki pola pikir yang berbeda, karakter yang berbeda, pandangan yang berbeda, jadi wajar saja jika perpecahan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Schism merupakan perpecahan suatu golongan, kelompok, maupun organisasi. Perpecahan timbul karena adanya kontradiksi atau perbedaan sudut pandang. Sudah sewajarnya kita menghargai perbedaan sudut pandang agar tidak terjadi perpecahan khususnya di negara kita yang demokrasi berdasarkan asas musyawarah untuk menggapai mufakat. Selain itu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Meski banyak perbedaan keanekaragaman namun tetap satu karena perbedaan adalah suatu anugerah dan unik yang menjadikannya berbeda. Adanya antitesis timbul karena adanya tesis, sehingga keduanya dapat disintesis.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Schism yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Mereka yang menganut paham ini, orang-orang yang pandai dalam menghasut seseorang lainnya sehingga adanya perpecahan didalam sebuah kelompok tersebut. Seperti halnya perpecahan dalam agama yang menimbulkan berbagai macam pandangan.

    ReplyDelete
  8. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Schismatic sebagai kata sifat berarti berkaitan dengan perpecahan atau perpecahan, atau gagasan, kebijakan, dan lain-lain yang dianggap mengarah pada atau mendorong perpecahan. terkadang penggunaan kata ini untuk perpecahan dalam organisasi atau gerakan non-keagamaan atau, secara lebih luas, pemisahan antara dua atau lebih orang, baik itu saudara, teman, kekasih.

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Skisma atau schism biasa diartikan sebagai perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Dalam tradisi agama-agama, skisma lebih sering digunakan dalam tradisi gereja. Schism adalah perpecahan yang terjadi pada gereja yang pada akhirnya membuat gereja-gereja saingan yang kemudian diistilahkan sebagai divisi-divisi. Jadi secara sederhana satu kata yang dapat menjelaskan apa itu schism adalah perpecahan.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Scism berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll, yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. Perbedaan aliran-aliran (denominasi) memang fakta yang tidak bisa dikaburkan. Bahkan karena perbedaan itu, saling serang, bunuh, caci dan maki antar kelompok menjadi tak terhindarkan. Kebanyakan, pertarungan yang bersifat politis seringkali menghinggapi perdebatan ilmiah soal perbedaan akidah itu. Sayangnya, tak sedikit pemimpin agama yang tidak bisa menerima kenyataan kalau sejarah agama juga berkelindan dengan kepentingan-kepentingan non-agama. Selain karena sudah merupakan fakta yang tak terbantahkan, bisa dikatakan terjadinya skisma itu sebagai hal yang wajar, lumrah. Dalam kenyataan sosial, kekecewaan terhadap kelompok mapan, tak jarang memunculkan gerakan-gerakan pinggiran, baik karena masalah teologis murni ataupun soal politis yang dibungkus baju teologis.

    ReplyDelete
  11. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Skisma , dalam agama Kristen , merupakan perpecahan dalam kesatuan gereja.
    Di gereja mula-mula, "perpecahan" digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok yang berpisah dengan gereja dan mendirikan gereja-gereja saingan. Istilah awalnya mengacu pada perpecahan yang disebabkan oleh ketidaksepakatan mengenai sesuatu selain doktrin dasar. Dengan demikian, kelompok skismatik tidak harus sesat. Akhirnya, bagaimanapun, perbedaan antara perpecahan dan perpecahan Bidah secara bertahap menjadi kurang jelas, dan gangguan di gereja disebabkan oleh ketidaksepakatan mengenai doktrin dan juga gangguan yang disebabkan oleh ketidaksepakatan lain pada akhirnya semua disebut sebagai skismatik.

    ReplyDelete
  12. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pada awalnya Schism adalah perpecahan yang terjadi pada gereja yang pada akhirnya membuat gereja gereja saingan yang kemudian diistilahkan sebagai divisi divisi. Jadi secara sederhana satu kata yang dapat menjelaskan apa itu schism adalah perpecahan. Dalam rangka untuk sampai pada keputusan untuk apa mempengaruhi kontroversi Donatis telah pada pengembangan intelektual Agustinus, perlu untuk melihat berapa lama dan seberapa intens ia prihatin dengan itu.

    ReplyDelete
  13. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Pada link di atas memberikan pengetahuan kepada kita bahwa schism adalah paham mengenai pembagian atau pengelompokan populasi menjadi kelompok-kelompok kecil. Pembagian ini bisa berdasarkan organisasi, pergerakan, ataupun berdasarkan agama. Lebih jauh penganut paham schism ini mempunyai mempunyai tujuan atau maksud untuk menghasut atau mempengaruhi orang-orang yang terlibat dalam suatu kelompok sehingga orang tersebut memisahkan diri dari kelompok tersebut. Atau dengan kata lain para penganut schism menghendaki adanya perpecahan dalam suatu kelompok. Bukan hanya dalam konteks kelompok atau organisasi saja, tetapi para kaum schism bisa juga masuk ke dalam ranah agama sehingga terjadi perpecahan, padahal pada hakekatnya kita menganut agama yang sama.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Schism menjadikan terjadinya suatu perpecahan diantara orang – orang. Perpecahan merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan. Perpecahan ini bisa terjadi antara orang, organisasi ataupun agama. Untuk menghindari adanya perpecahan maka sebagai manusia yang memiliki Tuhan hendaknya kita harus semakin membatasi diri terhadap pengaruh yang tidak baik dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak doa dan berbuat baik agar perpecahan tidak terjadi dan menimpa kita.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di sebuah organisasi atau yang merupakan anggota dari suatu kelompok. Hal ini cenderung untuk memcah belah persatuan yang telah lama tercipta. Hal-hal ini sudah ada sejak dulu kala, bahkan sampai saat ini dan detik ini pun hal itu masih ada dan sering terjadi. Hal-hal seperti inilah yang sehausnya kita hindari, agar persatuan dan keutuhan yang telah tercipta tidak akan goyah karena hasutan yang terjadi. Kita sebagai orang pun harus lebih pandai mengenal hasutan yang dapat memecah belah.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Schism adalah suatau perpecahan yang ada di antara kita atai didalam organisasi. Perpecahan disisni bisa berakibat merusak suatau hubungan yang sudah baik menjadi bruuk. Kelompok-kelompok ini biasanya sering di temui dalam suatau organisasi. Yanag mana dalam organisasi akan sangat bbanyak menimbulkan suatau perpecahan

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dapat diketahui dari artikel diatas bahwa schism merupakan suatu paham yang berkaitan dengan perpecahan. perpecahan yang terjadi dapat dikarenakan oleh berbagai sebab, entah itu organisasi, perkumpulan, atau bisa juga disebabkan oleh agama. tetapi perpecahan itu juga dapat berkaitan dengan individu, misalnya perpecahan yang terjadi antara saudara, dsb. Laum yang menganut paham ini terkadang pandai menciptakan adu domba adar timbul suatu perpecahan entah dalam suatu kelompok ataupun individu.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah Schism berkaitan dengan suatu paham mengenai perpecahan. Suatu perpecahan bisa saja terjadi pada suatu organisasi atau perkumpulan. Penyebab terjadinya perpecahan pun bisa bermacam-macam, bisa karena agama, ras atau masalah lainnya. Kaum Schism inilah yang menyebabkan perpecahan tersebut. Dalam artikel yang dishare dalam elegi ini juga disebutkan mengenai perpecahan yang terjadi pada kaum Kristiani. Dalam artikel disebutkan perbedaan antara perpecahan dan bidah secara bertahap menjadi kurang jelas, dan gangguan di gereja disebabkan oleh ketidaksepakatan mengenai doktrin dan juga gangguan yang disebabkan oleh ketidaksepakatan lain pada akhirnya semuanya disebut skismatik.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Skism merupakan suatu gerakan filosofi yang digunakan untuk perpecahan dalam organisasi non-keagamaan atau gerakan atau, lebih luas lagi, pemisahan antara dua orang atau lebih, baik itu saudara laki-laki, teman, kekasih, dll.
    Skisma adalah kaum skism yaitu orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan dalam sebuah organisasi atau siapa anggota kelompok sempalan. Schismatic sebagai kata sifat berarti berkaitan dengan perpecahan atau perpecahan, atau gagasan, kebijakan, dan lain-lain yang dianggap mengarah pada atau mendorong perpecahan.

    ReplyDelete
  20. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...
    Kata skisma berasal dari bahasa Inggris “schism” dan bahasa Yunani “schism” yang berarti "memecah" atau "memisahkan", yang berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll., yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Dalam pengertian yang lebih umum, khususnya di luar agama, kata skisma dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih, baik saudara, teman, kekasih, dll. atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat. Dalam istilah sekarang yang dapat saya simpulkan adalah “Schism” pada masa sekarang sama halnya dengan “FITNAH”
    Refrensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Schism

    ReplyDelete
  21. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Skisma merupakan pemisahan menjadi kelompok-kelompok bermusuhan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Secara umum, skisma diartikan sebagai perpecahan antara dua atau lebih kelompok/individu yang terjadi karena adanya perbedaan gagasan, pendapat, kebijakan, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Kata 'schism' atau 'schizo' dalam bahasa Yunani, bermakna 'memecah' atau 'memisah'. Biasanya digunakan untuk menggambarkan perpecahan dalam organisasi atau gerakan. Istilah ini jarang terdengar, namun sebetulnya skisme dalam sejarah Islam sangat dekat bahkan bisa dibilang, berlatar belakang pada persoalan-persoalan politis, seperti peristiwa yang terkenal dengan sebutan 'Fitnatu al-Kubra'. dimulai dengan terbunuhnya Usman oleh sekelompok orang yang tidak senang terhadap kebijakan-kebijakan pemerintahan khalifah Ustman karena dinilai nepotis. Kemudian pembunuhan Ali oleh sekelompok pendukungnya yang membelot karena tidak setuju adanya albitrase (gencetan senjata) pada perang siffin antara Ali dan Muawiyah.

    ReplyDelete
  23. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Scishme atau skisma berarti sebuah perpecahan dengan pembagian antara orang, biasanya terjadi pada sebuah organisasi, gerakan, atau denominasi agama. Kata ini paling sering diterapkan pada perpecahan dalam apa yang sebelumnya merupakan hal yang tunggal. Hal ini juga digunakan dari perpecahan dalam organisasi non-agama atau gerakan. Lebih luas bisa digunakan pada dari pemisahan antara dua orang atau lebih, baik itu saudara, teman dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  24. Setiap individu mempunyai pemikirannya masing-masing. Terhadap suatu hal individu akan mempunyai pandangan yang berbeda. Perbedaan pandangan yang tidak dapat disatukan akan menimbulkan perpecahan. Schism merupakan istulah yang digunakan untuk menggambarkan perpecahan yang terjadi di Gereja. Pemikiran-pemikirang tentang suatu hal yang mengatur bagaimana gereja harus dijalankan kadang menimbulkan perbedaan. Kemudian ketidakpuasan terhadap keputusan yang diambil akan membuat individu tersebut memisahkan diri dan membetuk sendiri persekutuannya.

    ReplyDelete
  25. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Schism berarti perpecahan. Istilah ini pada mulanya digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok yang memutuskan hubungan dengan gereja dan mendirikan gereja-gereja saingan. Perpecahan tersebut disebabkan oleh perselisihan ataupun perbedaan pendapat atas sesuatu selain perbedaan keyakinan atau doktrin dasar.

    ReplyDelete
  26. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Gangguan dalam gereja yang disebabkan oleh perselisihan atau gangguan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat lain disebut sebagai skismatik. Schism juga dapat diartikan sebagai perpecahan dalam organisasi non-keagamaan atau gerakan yang lebih luas lagi, pemisahan

    ReplyDelete
  27. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Schism merupakan sebuah perpecahan. Schism biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang schism adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Secara sosiologis, sebuah komunitas yang mulai beranjak membesar dan menciptakan communal closure, punya peluang untuk memunculkan para skismatis. Suatu grup yang yang berhasil membangun strategi demikian, selalu akan berjumpa dengan countermobilization yang bertujuan untuk memelihara otonomi individu, desentralisasi keputusan dan mendorong persaudaraan yang setara. Konter mobilisasi inilah yang mendorong terciptanya skisma. Perbedaan aliran-aliran (denominasi) memang fakta yang tidak bisa dikaburkan. Bahkan karena perbedaan itu, saling serang, bunuh, caci dan maki antar kelompok menjadi tak terhindarkan. Kebanyakan, pertarungan yang bersifat politis seringkali menghinggapi perdebatan ilmiah soal perbedaan akidah itu. Sayangnya, tak sedikit pemimpin agama yang tidak bisa menerima kenyataan kalau sejarah agama juga berkelindan dengan kepentingan-kepentingan non-agama.

    ReplyDelete
  29. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Selain karena sudah merupakan fakta yang tak terbantahkan, bisa dikatakan terjadinya skisma itu sebagai hal yang wajar, lumrah. Dalam kenyataan sosial, kekecewaan terhadap kelompok mapan, tak jarang memunculkan gerakan-gerakan pinggiran, baik karena masalah teologis murni ataupun soal politis yang dibungkus baju teologis. Belakangan ini, kita disuguhi panorama yang buram sebagai implikasi dari adanya skisma dalam sejarah agama. Pembakaran terhadap rumah dan pesantren milik komunitas Syiah di Sampang, Madura adalah salah satunya. Apapun dalihnya, apa yang terjadi di pulau garam itu tetap menyimpan cerita yang tak sedap soal skisma dalam Islam.

    ReplyDelete