Jan 13, 2013

SCHISM





Ass, jika ingin membaca tentang Schism, bisa konek berikut:


Wss

25 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Schism dalam hali ini merupakan istilah dalam agama Kristen perpecahan dalam kesatuan gereja. Schism bukanlah merupakan perpecahan akibat ajarannya, melainkan doktrin atas kuasa. Walaupun dalam sejarah Schism terbesar terjadi di dalam struktur gereja, namun seiring berkembangnya zaman Schism akan sulit dilepaskan dari relasi antar kuasa dan agama. Kuasa dan Agama merupakan dua hal yang belum ditemukan titik temunya hingga saat ini. Maka terkadang saya berpikir, apakah sekuler menjadi alternatif bagi jembatan antara kuasa dan agama?

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Schism merupakan istilah yang identik dengan perpecahan. Perpecahan tersebut merupakan perpecahan dalam agama maupun organisasi. Orang yang schism merupakan orang yang mendorong perpecahan. Orang yang schism dalam agama berarti adalah orang yang sesat. Selain itu istilah schism juga dapat digunakan untuk menjelaskan perpecahan antara dua orang atau lebih, dengan sahabat maupun dengan kekasih. Schism juga dapat digunakan untuk menunjukkan penyebab atau faktor-faktor pendorong dalam perpecahan.

    ReplyDelete
  3. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, prof. Setelah membaca referensi wikipedia, yang dapat saya pahami mengenai schism adalah merujuk pada istilah sistem pembagian atau penggolongan manusia, biasanya yang semula berada dala satu organisasi, pergerakan atau agama. Paham ini dikenal secara umum dalam beberapa agama besar, misalnya Islam, Kristen dan Buddha.

    ReplyDelete
  4. Junianto
    PM C

    Schism bisa dipahami sebagai perpecahan baik dalam agama maupun organisasi, dsb. Perpecahan bisa dikatakan sebagai suatu keniscayaan karena memang manusia diciptakan beragam. Perpecahan terjadi ketika manusia dengan keberagamannya tidak mau saling menghormati dan mengahargai sehingga mengedepankan egonya masing-masing. Apalagi jika didorong oleh ambisi-ambisi untuk menjadi penguasa.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Skisma berarti perpecahan yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan atau kebijakan yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan. Selain itu, kata skisma juga dapat merujuk kepada perpecahan antara dua orang atau lebih atau perpecahan dari suatu negara, gerakan dalam politik, atau bidang apapun juga, menjadi dua atau lebih kelompok yang saling berbeda pendapat.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Keragaman antar manusia dan karakteristik yang berbeda merupakan landasan utama pada filsafat ini yang menjadikan perpecahan antara agama, organisasi, dan lain sebagainya terjadi. Hal ini memang benar adanya karena dengan perbedaan memang menimbulkan perpecahan. Namun perlu di garis bawahi bahawasannya hal tersebut dikarenakan ego yang tinggi sehingga perpecaha itu terjadi. Namun jika menyingkirkan ego masing-masing, menurut saya tidak akan terjadi perpecahan, namun hanya perbedaan pendapat yang bisa diterima oleh orang lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. terimakasih atas referensi yang diberikan pak. Berdasarkan http://www.iep.utm.edu/augustin/ skisma mengandung makna perpecahan yang sering terjadi dalam suatu organisasi. Orang-orang paham ini merupakan orang-orang yang suka menghasut dan menimbulkan perpecahan dalam sebuah kelompok. Jika diterapkan dalam sebuah organisasi kaum inilah yang menyebabkan adanya perpecahan dan membuat organisasi menjadi dua atau lebih kelompok yang berbeda pendapat. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  8. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, schism dapat dipandang sebaagi perpecahan dalam suatu kelompok atau golongan. Perpecahan ini biasanya disebabkan karena adanya hasutan sehingga menimbulkan suatu gagasan atau kebijakan baru yang kemudian mendorong munculnya perpecahan.

    ReplyDelete
  9. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri. Seperti dirujuk dari wikipedia, Kata skismatik dapat pula merujuk kepada gagasan, kebijakan, dll yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan.

    ReplyDelete
  10. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Skisma adalah perpecahan. Perpecahan adalah hal yang lumrah terjadi dalam masyarakat, menhindarinya adalah hal yang terbaik. Bersikap baik, tidak mudah emosi dan selalu berpikir sebelum malakukan sesuatu adalah sedikit sara untuk mengindari perpecahan.
    Skisma lebih menitikberatkan pada gerejawi. Pepecahan disini disebabkan oleh beberapa hal termasuk doktrin, sejarah dan juga praktik. Seperti ketika terjadi perpecahan antara gereja timur dan gereja barat yang diakibatkan oleh politik dan doktrin.

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Schisme merupakan perpecahan antara orang-orang, biasanya milik sebuah organisasi, gerakan, atau denominasi agama (https://en.wikipedia.org/wiki/Schism). Orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan dalam sebuah organisasi disebut schismatic. Sebagai seorang manusia kita pun harus berhati-hati dengn tindakan dan ucapan kita. Jangan sampai perbuatan dan ucapan kita menjadi penyebab perpecahan suatu kelompok.

    ReplyDelete
  12. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Schisma dapat dikatakan sebagai suatu perpecahan. Perpecahan suatu organisasi atau gerakan. Adanya perpecahan ini dapat disebabkan oleh ketidaksepahaman atau tidak sepakatnya suatu pendapat atau keputusan dalam organisasi. Dengan demikian dapat menimbulkan perpecahan, manusia di dalamnya akan saling curiga, memisahkan diri karena tidak se-visi dan misi lagi.

    ReplyDelete
  13. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Schisme itu merupakan suatu perpecahan diantara orang-orang atau suatu kelompok tertentu. Perpecahan disini lebih dikarenakan karena doktrin yang dilakukan oleh individu yang ada di dalam kelompok tersebut ataupun individu yang ada di luar dari organisasi atau kelompok tersebut. Paham ini berawal dari terpecahnya agama kristiani akibat dari doktrin atas kuasa bukan karena agama itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Schism berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang menganut paham Schism adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri.

    ReplyDelete
  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Awal perkembangan skismatik adalah pada saat pengikut gereja Kristen mulai membentuk kelompok-kelompok kecil di luar gereja karena ketidaksepahaman mengenai beberapa hal yang menjadi kajian di gereja. Dalam perkembangannya, tidak semua kelompok skismatik berarti sesat. Skisma yang paling signifikan adalah perpecahan blok barat dan timur yang membagi kekristenan ke dalam cabang-cabang barat (Katolik Roma) dan timur (Ortodoks) yang dimulai pada tahun 1054 karena berbagai perselisihan dan tindakan.

    ReplyDelete
  16. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Schism ialah paham tenatang perpecahan suatu golongan yang tainya merupakan satu bahan atau tubuh, perpecahan yang dimaksud lebih cenderung kepada perpecahan golongan agama. Orang yang memprofokasi terjadinya perselisihan yang memicu perpecahan disebut skisma. Tentu saja paham ini tidak baik untuk diikuti terutama karena telah melanggar sila ketiga Pancasila yang berbunyi ‘persatuan Indonesia’. Sebua perpecahan di daam suatu golongan atau agama mampu menimbulkan perpecahan di masyarakat yang lebih luas. Hal ini akan menciptakan kubu-kubu di dalam masyarakat yang dapat memeca belah persatuan Indonesia. Oleh karena itu marilah kita menghindari menjadi orang yang suka memecah belah serta menghindari hasutan agar tidak terpecah belah. Hal tersebut dapat dilaukan dengan cara memperluas wawasan kita sehingga tidak berpikir dangka dan mudah termaan oleh hasutan orang lain.

    ReplyDelete
  17. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Skisma berarti perpecahan, yang biasanya terjadi dalam sebuah organisasi atau gerakan. Orang yang skismatik adalah orang yang menciptakan atau menghasut perpecahan di dalam sebuah kelompok atau seorang anggota dari kelompok yang memisahkan diri.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  18. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Shicm adalah perpecahan diantara masyarakat. Di dalam kehidupan bersosial pasti terjadi perbedaan pendapat, paham, dan aliran. Perbedaan ini jika semakin membesar akan menimbulkan perpecahan. Shicm atau perpecahan ini biasanya terjadi di dalam sebuah organisasi, perubahan, dan denominasi agama.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  19. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Namun shicm yang popular adalah yang terjadi yang terjadi di bidang agama. Adanya denominasi agama atau subkelompok dalam agama yang beroperasi di bawah nama umum, tradisi, dan identitas. Walaupun dia menggunakan nama umum agamanya namun ternyata kelompok ini terpengaruh oleh paham lain yang membuatnya merubah ketentuan agamanya. Menurut pandangannya agama kelompoknya lah yang paling benar. Hal inilah yang sering membuat perpecahan terjadi.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  20. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Skisme adalah aliran yang menciptakan atau menghasut perpecahan dalam sebuah organisasi atau yang merupakan anggota kelompok sempalan. Skisme jika menjadi kata sifat menjadi skismatik yang mana memiliki arti berkaitan dengan perpecahan atau perpecahan, atau gagasan, kebijakan, dan lain-lain yang dianggap mengarah ke atau mendorong perpecahan.

    ReplyDelete
  21. Betapa bahanya nilai sebuah kekuasaan. Jika seseorang tersebut telah terjangkit keserahkaan atas kekuasaan, maka hancur sudah nilake hidupan kebenaran pada manusia tersebut. Bahkan manusia yang berda di sekitarnya akan mendapat dampak dari hal tersebut. Dampak negative yang diterima, walaupun terkadang jika manusia yang telah tenggelam dalam kekuasaan tersebut akan memandang bahwa tidak ada dampaknya terhadap dirinya dan orang lain.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Schism mengacu pada paham yang menyebabkan perpecahan dalam suatu agama, organisasi, atau klompok-klompok lainnya dalam kehidupan manusia. Perpecahan yang terjadi umumnya disebkan karena adanya perpedaan prinsip atau pendapat dalam kekuasaan yang dipengaruhi juga oleh sikap egois. Perpecahan memang selalu menghantui kehidupan, karena memang kehidupan dunia sangat beragam, termasuk manusia. Perpecahan terjadi akibat tidak adanya kesepakatan atas perbedaan atau keragaman tersebut.

    ReplyDelete
  23. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    schism merupakan perpecahan di dalam sebuah komunitas atau kelompok atau agama. Banyak hal yang bisa menyebabkan perpecahan, bisa dari dalam maupun dari luar. Paling berbahaya jika perpecahan terjadi karena ada hasutan-hasutan, fitnah, maupun, black campaign. Perpecahan juga bisa terjadi karena perebutan kekuasaan atau otoritas. Kalau dalam bahasa filsafat adalah sedang terjadi perebutan untuk menjadi subyek yang bisa mengendalikan obyek. Menjadi subyek itu baik asal didasari oeh norma, aturan, dan hati nurani.

    ReplyDelete
  24. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Pemikiran schism merupakan pandangan yang bermakna perpecahan. Perpecahan ini biasa terjadi dalam suatu oraganisasi ataupun sistem yang menekankan pada keberagaman. Orang yang berschism cenderung melakukan hal-hal yang dapat merusak persatuan atu mencoba membuat perpecahan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Perpecahan sering terjadi di mana saja, baik dalam organisasi, kelompok, bahkan keluarga sekalipun. Adanya perpecahan biasanya terjadi karena tidak satu pemahaman, kurangnya komunikasi dan berbeda pandangan atau tujuan. Perpecahan biasa terjadi, meskipun seringkali dinilai buruk karena tidak mencerminkan sikap persatuan, namun menurut saya setiap orang tentu punya hak untuk memilih. Karena hidup adalah pilihan dan dari pilihan itulah setiap orang dapat terus menjalankan hidupnya tanpa adanya tekanan untuk menjadi sesuatu yang bukan dirinya atau hidup dalam bayang-bayang orang lain.

    ReplyDelete