Jan 13, 2013

HOLISM





Ass, jika ingin membaca Holism, bisa konek berikut:


Wss

51 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Holisme merupakan gagasan bahwa sistem yang ada (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, linguistik, dll) dan sifat mereka harus dilihat sebagai keseluruhan, bukan sebagai koleksi bagian. Dalam KBBI, holisme berarti cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala, dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh. Contoh holisme dapat ditemukan di seluruh sejarah manusia dan dalam konteks sosial budaya paling beragam, seperti yang telah dikonfirmasi oleh banyak penelitian etnologis. Sama halnya dalam proses pembelajaran di kelas, dari berbagai atau sejumlah siswa yang mempunyai karakteristik yang berbeda, maka hendaknya guru tidak hanya terfokus pada satu siswa atau sekelompok anak saja yang mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih tinggi, tetapi juga harus memperhatikan siswa yang tingkat intelegensinya menengah ke bawah agar tujuan dari pembelajaran dapat dicapai oleh seluruh siswa dalam kelas tersebut. Maka dengan cara seperti ini semua siswa akan merasakan perhatian dari guru.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari link yang saya baca, holisme berasal dari bahasa Yunani (holos) yang artinya semua, keseluruhan. Jadi holisme adalah gagasan bahwa suatu sistem dan propertinya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai cadangan. Smuts berpendapat bahwa holisme adalah konsep yang mewakili keseluruhan kekayaan di alam semesta. Selanjutnya holisme juga melambangkan teori alam semesta dalam nada yang sama dengan materialisme dan spiritualisme. Dalam implementasi di bidang pendidikan, guru harus memandang suatu proses pembelajaran sebagai sistem yang utuh yang di dalamnya termasuk siswa. Oleh karena itu hendaknya guru mampu menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem dari alam semesta ini memiliki hubungan satu sama lain, dan lebih mudah untuk kita memahami jika kita memahaminya secara berhubungan, utuh, dan tidak dipisah-pisahkan.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Holisme (dari bahasa Yunani ὅλος holos "semua, keseluruhan, keseluruhan") adalah gagasan bahwa sistem (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa, dll) dan propertinya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai Koleksi suku cadang. Istilah Holisme diciptakan oleh J C Smuts dalam Holism and Evolution. Pendapat Smuts bahwa Holism adalah konsep yang mewakili keseluruhan kekayaan di alam semesta, dan keseluruhan ini adalah faktor nyata di alam semesta. Selanjutnya, Holisme juga melambangkan teori alam semesta dalam nada yang sama dengan Materialisme dan Spiritualisme. Struktur holism juga adalah Seluruh komposit yang memiliki struktur internal, fungsi atau karakter yang membedakannya dengan jelas dari penambahan mekanik, agregat, dan konstruksi, seperti sains mengasumsikan pada hipotesis mekanis: 106 Konsep struktur tidak terbatas pada domain fisik. (Misalnya bahan kimia, biologi dan artifak); Ini juga berlaku untuk domain metafisik (misalnya struktur mental, properti, atribut, nilai, cita-cita, dll.)

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Definisi Kata Holisme, cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh Itulah definisi dari Holisme. Holisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkahlaku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian atau komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Holisme memandang sesuatu sebagai satu kesatuan, bisa juga dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang saling berhubungan bekerja sama. Seperti halnya ilmu pengetahuan, ilmu tidak akan menjadi ilmu jika dipahami secara terpisah-pisah, ilmu pengetahuan adalah suatu sistem kesatuan. Sebagai seorang guru, haruslah dalam menyampaikan ilmu haruslah tersampaikan semuanya dalam satu bab misalnya, jangan sampai tertinggal meski itu hanya satu syarat, namun itu akan menimbulkan persepsi yang berbeda, bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi kontradiksi dalam ilmu tersebut. Solusinya adalah seorang guru harus mempersiapkan pembelajaran yang sistematis untuk menghindari keterceceran materi.

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Paham holisme dalam filsafat adalah suatu teori bahwa kepercayaan kita datang secara paket. Paham ini mengatakan bahwa suatu sistem tidak bisa dipandang dari bagian-bagiannya saja. sistem secara keseluruhan mempengaruhi bagaimana bagian bekerja. Untuk mengetahui konsep raja maka kita harus tahu konsep kerajaan dan kekuasaaan. jadi menurut pandangan ini kita harus memandang segala sesuatu secara keseluruhan agar mendapatkan kebenaran.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Paham holisme dalam artikel yang ada di share dalam link di atas merupakan paham yang menganut sistem secara keseluruhan (menyeluruh) dalam mencapai sesuatu, termasuk pengetahuan. Misalnya dalam pembelajaran matematika, maka kita harus berpikir secara ekstensi atau menyeluruh sehingga mencapai pengetahuan matematika tersebut. Lawan dari holisme adalah reduksionisme, yaitu suatu paham yang menyatakan bahwa suatu sistem yang kompleks dapat dijelaskan dengan cara mempelajari hal-hal yang menjadi dasar sistem tersebut (reduction).

    ReplyDelete
  9. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Holisme merupakan suatu pendekatan terhadap masalah atau gejala dengan memandang masalah atau gejala. Masalah ini dianggap sebagai suatu kesatuan utuh yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya. Hal tersebut harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh, bukanlah kesatuan yang terpisah antar bagian-bagian. Jadi dalam memahami sistem alam sebaiknya dipelajari secara utuh, tidak dengan cara memisahkan bagian-bagiannya.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Wikipedia, holisme merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta dengan segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Terkait dengan ontologi individu yaitu bagaimana seharusnya cara memahami individu, paham holisme melihat individu selalu dalam sebuah konteks, dalam keseluruhan kaitan sosialnya (F. M. Suseno, 2009).

    ReplyDelete
  11. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Holisme berasal dari kata kata bahasa Yunani yaitu holos yang berarti semua, seluruh, seluruh, total. Sedangkan yang dapat saya pahami dari holisme adalah bahwa holisme merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa kita harus melihat segala sesuatunya secara keseluruhan bukan hanya sebagia sebagian saja.

    ReplyDelete
  12. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Istilah Holisme dicetus oleh J C Smuts dalam Holism and Evolution. Menurut Smuts, Holism adalah konsep yang mewakili keseluruhan kekayaan di alam semesta, dan keseluruhan ini adalah faktor nyata di alam semesta. Selanjutnya, Holisme juga melambangkan teori alam semesta yang sama dengan Materialisme dan Spiritualisme. Holisme berasal dari bahasa Yunani: holos artinya "semua, keseluruhan, keseluruhan" adalah gagasan bahwa sistem (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa, dll) dan propertinya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai Koleksi suku cadang. Kata sifat yang diturunkan holistik telah diterapkan pada berbagai bidang di mana mereka menggabungkan konsep holisme.

    ReplyDelete
  13. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Holisme berkaitan dengan keutuhan, keseluruhan. Tidak bisa dipandang dari sebagian sebagian saja namun harus komprehensif atau secara sekeluruhan dalam hal yang penting. Ini adalah pemikiran yang menyatakan bahwa alam ini secara fisik maupun mental dan segala sesuatu di dalamnya harus dipandang sebagai sesuatu yang menyeluruh, utuh dan tidak terpisah bagian bagiannya,karena sesuatu yang menyeluruh saling berkaitan dan berhubungan.

    ReplyDelete
  14. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Holisme adalah suatu ideologi yang menyatakan dan meyakini bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya secara terpisah (terbagi-bagi menurut bagian-bagiannya), melainkan kita harus mempelajarinya secara menyeluruh sebagau satu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  15. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. holism kurang lebih dapat diartika sebagai suatu paham yang menyatakan bahwa sistem tata surya dan segala unsur-unsur kehidupan baik yang fisik maupun yang nonfisik adalah suatu kesatuan. Saya fikir, paham ini adalah paham yang ingin menunjukkan bahwa kehidupan secara holistic adalah suatu keteraturan. Kemudian, keteraturan tidak mungkin hadir dengan sendirinya. Ia mesti diatur oleh zat yang maha kuasa dalam hal ini Allah SWT.

    ReplyDelete
  16. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Holisme ialah suatu pemikiran yang beranggapan bahwa alam semesta cenderung membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekedar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi. Menurut pemikiran holism, sistem alam semesta baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila dipelajari dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  17. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut sumber yang ada, holism merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa segala yang ada di alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan bagian-bagian yang terpisah. Artinya, dalam kondisi tertentu, kita tidak bisa memandang sesuatu secara parsial saja, kita harus memandang sesuatu secara keseluruhan agar pemahaman yang kita punyai tidak salah. Misalnya, manusia terdiri dari dua komponen yakni jiwa dan ruh, dua komponen ini tidak bisa dipandang secara terpisah. Jiwa dan ruh adalah satu kesatuan yang saling mempengaruhi dan harus dipandang secara utuh.

    ReplyDelete
  18. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Holism berasal dari bahasa yunani, yang berarti semua atau keseluruhan. Holism merupakan suatu aliran atau pemikiran yang menyatakan secara keseluruhan tentang sebuah sistem yang ada dan kelengkapannya sebagai satu kesatuan bukan terpisah. Sehingga secara sistem atau konsep yang mewakili alam, maka haruslah dipandang secara utuh dan menyeluruh.

    ReplyDelete
  19. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel-artikel diatas. Dari yang telah saya baca, pengetahuan baru yang saya dapat disini adalah bahwa holism merupakan suatu paham atau pemikiran yang berpandangan bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada di alam semesta ini harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan bagian-bagian yang terpisah. Artinya, dalam kondisi tertentu, kita tidak bisa memandang sesuatu secara parsial atau sebagian saja, kita harus memandang sesuatu secara keseluruhan agar pemahaman yang kita punyai tidak salah. Inilah yang dimaksud dengan pemikiran objektif, memandang segala sesuatu secara utuh, jangan dalam satu sudut pandang saja namun harus secara umum bagaimana cara orang-orang berpikir. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  20. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Konsep holisme selalu mengemukakan bahwa organisme merupakan satu kesatuan yang utuh, bukan terbagi-bagi dalam bagian-bagian. Pikiran dan tubuh bukan merupakan bagian yang terpisah, tetapimerupakan satu bagian yang utuh, dan apabila terjadi sesuatu pada salah satunya maka akan berpengaruh padakeseluruhan.

    ReplyDelete
  21. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Holisme menunjukan suatu keutuhan atau kebulatan. Maka holisme sendiri merupakan paham di mana kebenaran diletakkan pada sesuatu yang utuh, tidak parsial. Holisme melihat jika nilai kebenaran suatu pengetahuan adalah utuh meliputi semua bidang. Refleksi nya bagi saya ialah alangkah lebih baik jika kita melihat segala sesuatu itu secara utuh. Hal itu akan membawa kita pada pendapat dan penilaian yang bijaksana. Sudut pandang parsial terhadap suatu hal besar kemungkinan menghasilkan penilaian negatif terhadap hal tersebut.

    ReplyDelete
  22. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Holisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa segala sesuatu merupakan suatu kesatuan yang utuh bukan sebagai komponen yang terpisah satu dengan yang lainnya. Hal ini seperti pada tubuh dan jiwa merupakan komponen yang tidak bisa diteliti atau dipahami berdasarkan komponennya, melainkan harus dipahami sebagai suatu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  23. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa holism atau wholism adalah gagasan mengenai sistem (fisik, biologis, kimia, sosial, ekonomi, mental, kebahasaan, dll) dan sifat-sifatnya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya kumpulan dari bagian-bagian. Dalam filsafat, doktrin yang menekankan pentingnya keseluruhan dari bagian-bagiannya adalah holism.

    ReplyDelete
  24. Terimakasih bapak atas sharing alamat web nya mengenai heolisme, yang menganggap bahwa segala sesuatu merupakan suatu kesatuan bukan sebagai komponen, marilah kita mengambil maknanya, jika kita hubungkan dengan ilmu matematika, hal ini berarti bahwa untuk memahami matematika kita tidak bisa hanya mengambil satu unsur saja dalam matematika untuk dipelajari tetapi harus keseluruhan komponen dalam matematika, karena komponen-komponen dalam matematika selalu berhubungan satu sama lain.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Holism adalah suatu paham yang mengatakan bahwa suatu sistem tidak dapat dipandang hanya dari bagian-bagiannya saja, melainkan semua bagian-bagian tersebut satu sama lain saling mempengaruhi bagaimana bagian itu bekerja. Filsuf yang mencetuskan adanya paham holism ini adalah Aristoteles. Aristoteles berpendapat bahwa suluruh keseluruhan melebihi dari bagian-bagian anggotanya. Karena holism adalah teori satu kesatuan, maka suatu tes tidak dapat diteskan atau diujikan secara terpisah dari keseluruhan sistem yang ada karena antara satu teori dengan teoir yang lain saling mendukung (sebuah teori selalu didukung dengan teori-teori yang lain).

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pandangan holism disini memberikan kita pengertian bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki hubungan yang reat satu sama lain. seperti halnya dengan tubuh kita, sebenarnya jika kaki yang terkena sakit, maka karena sebenarnya tubuh kita merupakan sesuatu yang saling berhubungan antar anggota tubuh, maka secara reflek hati juga akan mereasakan sakit tersebut, bahkan mata juga ikut merasakannya sehingga mengeluarkan air mata.
    TAMMA BIHAMDDILLAH

    ReplyDelete
  28. Junianto
    PM C

    Paradigma holism mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada tidak bisa dipisahkan satu sama lain atau dengan kata lain mereka merupakan satu kesatuan yang utuh. Jika kita ingin memahami suatu hal, maka kita tidak bisa memahami satu hal itu saja namun harus memahami keseluruhan sehingga pemahaman kita tidak secara parsial. Pemahaman secara parsial akan menimbulkan bias dan bisa terjadi kesalahpahaman makna/ arti.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya: sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan, Misalnya pikiran dan tubuh manusia adalah suatu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. Kata holisme pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926 oleh Jan Smuts. Smuts mendefinisikan holisme sebagai sebuah kecenderungan alam untuk membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekadar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi.Contoh holisme dapat ditemukan di sepanjang sejarah manusia dan dalam konteks sosial budaya yang paling beragam ditegaskan melalui banyak studi etnologi, Lawan dari holisme adalah reduksionisme, yaitu suatu paham yang menyatakan bahwa suatu sistem yang kompleks dapat dijelaskan dengan cara mempelajari hal-hal yang menjadi dasar sistem tersebut (reduction). Mohon di koreksi Prof. Marsigit apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, istilah holism berasal dari bahasa Yunani ὅλος holos yang berarti semua, keseluruhan, keseluruhan. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh J C Smuts di Holism and Evolution. Menurutnya, holism merupakan konsep yang mewakili semua kekayaan di alam semesta dan keseluruhan ini adalah faktor nyata di alam semesta. Dengan kata lain holism adalah sebuah gagasan bahwa sistem (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa, dll) dan propertinya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai koleksi suku cadang.

    ReplyDelete
  31. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Holism merupakan sebuah doktrin yang memandang keseluruhan menjadi satu kesatuan atau merupakan sebuah pendapat bahwa sebuah sistem dan kelengkapannya seharusnya dipandang menjadi satu kesatuan, bukan merupakan sebuah kumpulan dari bagian-bagian. Dalam aplikasinya, menyatakan atau menyimpulkan sesuatu perlu memandang secara holistik/keseluruhan.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Holisme ini merupakan suatu pemikiran yang tidak memandang alam semesta baik yang berupa fisik, sosial, ekonomi dan lain sebagainya sesuatu yang satu-kesatuan yang terpisah yang menjadi pelengkap, akan tetapi suatu kesatuan yang utuh. Tokoh dari Holisme ini adalah Jan Smuts, Jan Smuts mendefinisikan holisme sebagai sebuah kecenderungan alam untuk membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekadar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi.

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan wikipedia, holism berasal dari kata holos yang berarti “all, whole time”. Holism memandang bahwa sistem alam dan sifat-sifatnya harus dilihat sebagai sesuatu secara menyeluruh bukan sebagai koleksi dari bagian-bagiannya. Definisi secara holistik dari holism menolak pembagian antara fungsi dari bagian yang dipisahkan dan kerja dari keseluruhan. Karakter kunci dari konsep holisme adalah kesadaran akan kebenaran dasar dari pengalaman tertentu. Hal ini ada di kontradiksi bahwa apa yang diamati sebagai kepercayaan reduktivis pada metode induktif merupakan kunci untuk memverifikasi konsep mengenai bagaimana suatu bagian berfungsi dalam keseluruhan. Menurut holisme seluruh kepercayaan kita saling terkait seperti jaring. Lawan dari holism adalah reduksionisme.

    ReplyDelete
  34. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Organisme merupakan satu kesatuan yang utuh, bukan terbagi-bagi dalam bagian-bagian hal ini merupakan konsep holisme yang selalu dikemukakan. Pikiran dan tubuh bukan merupakan bagian yang terpisah, tetapi merupakan satu bagian yang utuh, dan apabila terjadi sesuatu pada salah satunya maka akan berpengaruh pada keseluruhan.

    ReplyDelete
  35. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa suatu sistem, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh. Cara pikir holistik sangat dibutuhkan dalam menghadapi suatu permasalahan, suatu permasalahan akan benar-benar selesai ketika dikerjakan dengan mempertimbangkan banyak aspek penyebabnya, bukan hanya salah satu aspek saja.

    ReplyDelete
  36. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Merujuk pada beberapa literatur terkait pendekatan holistik (Henzell-Thomas, 2006; Miller, 2001; Miller, 1991; Bawazir, 2007), maka secara umum pendekatan ini menekankan pada tujuan membentuk karakter anak yang selaras dengan nilai moral dan etika yang berlaku. Karakter ini dapat dibentuk melalui berbagai teknik, antara lain yaitu:
    a. Mengoptimalkan kreativitas seni sebagai media utk menghidupkan jiwa dan imajinasi, mengembangkan kesadaran akan keindahan dan merangsang otak.
    b. Melakukan studi lapangan untuk mengenalkan kondisi lingkungan secara nyata, baik lingkungan sosial maupun fisik.
    c. Menanamkan nilali-nilai etika dan moral, baik yang bersumber dari agama maupun dari sosial dan negara, untuk dijadikan sebagai nilai pribadi siswa, melalui pemahaman dan praktek pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
    d. Bekerjasama dengan orangtua dan masyarakat dalam memantau perkembangan siswa di sekolah maupun di luar sekolah.

    ReplyDelete
  37. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Holisme berarti bahwa semua atau seluruh., tidak dapat dipisahkan. Dalam hal ini holisme memandang bahwa sistem alam semesta tidak dapat dipisahkan, baik yang bersifat fisik, kimiawi, sosial, ekonomi, hayati, kebahasaan, maupun mental-psikis beserta kelengkapannya harus dipandang sebagai suatu kesatuan yang utuh. Sistem alam ini tidak dapat dipahami jika dipelajari sevara terpisah, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai satu kesatuan.

    ReplyDelete
  38. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Holisme merupakan suatu gagasan bahwa sistem fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa, dll) dan sifat-sifatnya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai koleksi dari bagian-bagian. Maka ketika kita memandang alam semesta, kita tidak dapat memisahkan bagian-bagiannya. Alam semesta ini bukan hanya dibangun dari aspek biologis maupun kimiawi, tetapi juga gabungan dari fisik, sosial, ekonomi, Bahasa, dan hal-hal lain yang saling mempengaruhi membentuk kesatuan.

    ReplyDelete
  39. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam filsafat, doktrin yang menekankan prioritas keseluruhan atas bagian adalah holisme. Holisme adalah sebuah cara pandang yang berprinsip bahwa mengenal keseluruhan sebagai suatu kesatuan lebih utama daripada hanya sekedar memahami bagian bagiannya. Kendala terbesar bagi manusia jika dihadapkan pada tantangan untuk berfikir keseluruhan (holistik) adalah kesulitannya dalam memadukan elemen-elemen yang bersifat empirik dengan yang non empirik,yang fisik dengan yang metafisik karena cenderung terbiasa melihat semua obyek yang ada pada dua dimensi yang berbeda itu secara terkotak kotak.

    ReplyDelete
  40. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Holism adalah paham yang memandang suatu pikiran bahwa sistem alam semesta harus dipandaang sebagai seasuatu yang utuh dan bukan merupakan dari bagian yang terpisah. Menurut paham ini jika memandangnya hanya sebagian akan ada yag terlewatkan dan tidak menjadi satu bagian yang utuh. Berbeda dengan reduksionalisme yang membuat suatu pemikiran menjadi bagian yang lebih sederhana yang dapat mewakili suatu pemikiran tersebut. Jadi holisme ini adalah paham yang memandang dunia secara utuh. Karena memang segala sesuatu yang ada di dunia ini saling berhubungan.

    ReplyDelete
  41. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Holisme dari bahasa Yunani holos yang artinya adalah gagasan bahwa sistem baik fisik, kimia, biologi maupun ekonomi, dll dan propertinya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan hanya sebagai koleksi suku cadang. Istilah Holisme diciptakan oleh J C Smuts di Holism and Evolution. Pendapat Smuts bahwa Holism adalah konsep yang mewakili semua kekayaan di alam semesta, dan keseluruhan ini adalah faktor nyata di alam semesta. Selanjutnya, Holisme juga melambangkan teori alam semesta dalam nada yang sama dengan Materialisme dan Spiritualisme.

    ReplyDelete
  42. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Holism ialah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, social, ekonomi, mental-psikis, kebahasaan dan seluruh kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatau yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Artinya, kita harus mempelajari sistem alam secara utuh atau tidak memisahkan bagian-bagiannya. Implikasinya dalam pembelajaran matematika ialah guru dalam mempelajari cara melaukan pembelajaran yang baik tidak dapat memisah-misahkan antara bagian-bagiannya, melainkan mempelajari keseluruhan dari unsur yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran yakni RPP, silabus, assessment, metode pembelajaran dan lain lain.

    ReplyDelete
  43. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Holisme adalah gagasan bahwa semua sifat-sifat sistem tertentu (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, linguistik, dll) tidak dapat ditentukan atau dijelaskan oleh bagian komponennya saja. Sebaliknya, sistem secara keseluruhan menentukan dengan cara yang penting bagaimana bagian-bagian berperilaku.

    ReplyDelete
  44. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dalam filsafat, holisme berarti doktrin yang menekankan prioritas bagian keseluruhan lebih diatas bagian-bagiannya. Menurut referensi yang saya baca, Holisme memandang bahwa sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.Holisme pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926 oleh Jan Smuts

    ReplyDelete
  45. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Hoslim adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa objek yang ada dan mungkin ada itu harus dipandang sebagai sebuah satu kesatuan yang utuh dan bukan bagian-bagian yang terpisah.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  46. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Holism adalah sebuah teori alam semesta yang meliputi keseluruhan faktor nyata di alam semesta. Holism merupakan suatu tesis dari keseluruhannya lebih banyak daripada jumlah bagiannya. Holism secara motodologi memiliki kontradiski dengan reduksionisme.

    ReplyDelete
  47. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah Holisme diciptakan oleh J C Smuts di Holism and Evolution. Smuts berpendapat bahwa Holism adalah konsep yang mewakili seluruh kekayaan di alam semesta, dan keseluruhan ini adalah faktor nyata di alam semesta. Selanjutnya, Holisme juga melambangkan teori alam semesta yang sealiran dengan aliran materialisme dan spiritualisme.

    ReplyDelete
  48. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Holisme memandang segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dalam pemaknaan lain, dapat juga dikatakan bahwa holisme memandang segala sesuatu sebagai suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang saling terhubung dan membentuk suatu kerjasama. Oleh sebab itu, para penganut paham ini mengatakan bahwa dalam memahami sesuatu kita harus memandangnya secara keseluruhan, tidak boleh bagian perbaigian.

    ReplyDelete
  49. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Holisme adalah paham yang memandang alam semesta beserta bagian-bagiannya sebagai sesuatu yang utuh tidak hanya sebagian-sebagian terpisah. Paham ini jika diimplementasikan dalam dunia pendidikan misalnya, guru harus memandang siswanya itu secara mmenyeluruh tidak hanya aspek kognitif siswa, karena mungkin siswa punya potnsi-potensi lain yang lebih menonjol selain kognitif. Pandangan guru yang menyeluruh terhadap siswa akan membuat siswa merasa diperhatikan dan siswa akan nyaman dan senang dalam belajar.

    ReplyDelete
  50. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Holism berkaitan dengan keutuhan suatu materi. Paham ini meyakini bahwa semua hal itu diciptakan secara utuh dan tidak terpisahkan dalam sebuah sistem kehidupan yang maha sempurna ini. Jika ketidakutuhan terjadi, maka makna dari sesuatu itu akan hilang. Namun reduksi atau pengurangan akan tetap mungkin terjadi. Tinggal bagaimana memaknainya lagi menjadi kan sebuah proses pembelajaran dalam mencapai hal baru.

    ReplyDelete
  51. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Holisme atau dapat juga di sebut dengan holistik merupakan pandangan dimana sega unsur yang ada dialam semesta saling berkaitan satu sama lain untuk mencapai keseimbangan hidup. Dalam pendidikan kami pernah mendengar kurikulum holistik yakni kurikulum yang memadukan seluruh unsur seklah dan pendidikan agar menjalin hubungan secara positif agar tergapainnya tujuan pembelajaran. Holisme juga menekankan bahwa siswa adalah subyek belajar yang harus aktif dan kreatif serta didukung oleh fasilitator yang baik. Terima Kasih

    ReplyDelete