Jan 13, 2013

HOLISM





Ass, jika ingin membaca Holism, bisa konek berikut:


Wss

6 comments:

  1. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Holisme berkaitan dengan keutuhan, keseluruhan. Tidak bisa dipandang dari sebagian sebagian saja namun harus komprehensif atau secara sekeluruhan dalam hal yang penting. Ini adalah pemikiran yang menyatakan bahwa alam ini secara fisik maupun mental dan segala sesuatu di dalamnya harus dipandang sebagai sesuatu yang menyeluruh, utuh dan tidak terpisah bagian bagiannya,karena sesuatu yang menyeluruh saling berkaitan dan berhubungan.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Holisme adalah suatu ideologi yang menyatakan dan meyakini bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya secara terpisah (terbagi-bagi menurut bagian-bagiannya), melainkan kita harus mempelajarinya secara menyeluruh sebagau satu kesatuan yang utuh.

    ReplyDelete
  3. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. holism kurang lebih dapat diartika sebagai suatu paham yang menyatakan bahwa sistem tata surya dan segala unsur-unsur kehidupan baik yang fisik maupun yang nonfisik adalah suatu kesatuan. Saya fikir, paham ini adalah paham yang ingin menunjukkan bahwa kehidupan secara holistic adalah suatu keteraturan. Kemudian, keteraturan tidak mungkin hadir dengan sendirinya. Ia mesti diatur oleh zat yang maha kuasa dalam hal ini Allah SWT.

    ReplyDelete
  4. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Holisme ialah suatu pemikiran yang beranggapan bahwa alam semesta cenderung membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekedar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi. Menurut pemikiran holism, sistem alam semesta baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila dipelajari dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut sumber yang ada, holism merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa segala yang ada di alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan bagian-bagian yang terpisah. Artinya, dalam kondisi tertentu, kita tidak bisa memandang sesuatu secara parsial saja, kita harus memandang sesuatu secara keseluruhan agar pemahaman yang kita punyai tidak salah. Misalnya, manusia terdiri dari dua komponen yakni jiwa dan ruh, dua komponen ini tidak bisa dipandang secara terpisah. Jiwa dan ruh adalah satu kesatuan yang saling mempengaruhi dan harus dipandang secara utuh.

    ReplyDelete
  6. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Holism berasal dari bahasa yunani, yang berarti semua atau keseluruhan. Holism merupakan suatu aliran atau pemikiran yang menyatakan secara keseluruhan tentang sebuah sistem yang ada dan kelengkapannya sebagai satu kesatuan bukan terpisah. Sehingga secara sistem atau konsep yang mewakili alam, maka haruslah dipandang secara utuh dan menyeluruh.

    ReplyDelete