Jan 13, 2013

HEURISTICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Heuristicism, bisa konek berikut:


Wss

5 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Heuristik merupakan setiap pendekatan untuk pemecahan masalah dengan menggunakan metode praktis walaupun tidak maksimal dan tidak logis namun cukup untuk mencapai tujuan. heuristik bisa menjadi jalan pintas yang dapat meringankan pepan kognitif dalam mencari solusi dan membuat keputusan. Menggunakan pendekatan heuristik tidak dianjurkan namun juga tidak dilarang. Pendekatan heuristik jika diterapkan dalam pembelajaran akan membuat siswa menjadi susah bernalar, mereka cenderung akan melakukan tebak-tebakan. Namun tidak dipungkiri juga, pendekatan heuristik bisa digunakan dalam hal menjawab dengan cepat dan tepat misalnya ketika mengerjakan UN yang hanya diberikan waktu 2 jam untuk menyelesaikan 40 soal, tentu bisa saja kehabisan waktu jika harus menggunakan cara yang panjang, sehingga pada kesempatan tersebut siswa juga bisa melakukannya dengan menggunakan pendekatan heuristik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan pemahaman saya dari berbagai tautan yang diberikan diatas dapat saya tarik kesimpulan secara sederhana bahwa heuriticism adalah pendekatan jalan pintas dalam memudahkan beban kognitif dalam mengambil suatu keputusan ataupun kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini mengutamakan pemecahan masalah secara praktis tetapi tidak menjamin adanya suatu solusi yang optimal tetapi bagaimana agar mendapatkan suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan dari suatu penemuan. Heuristik adalah ilmu yang berbasis pada pengalaman individu. Pengalaman dijadikan sumber untuk memberikan penilaian pada sesuatu. Dalam proses belajar di sekolah teknik ini sangat baik, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sesuatu berdasar pengalaman. Keuntungan yang di dapat adalah kebermaknaan pembelajaran menjadi lebih baik. Dengan memanfaatkan pengalaman sebagai sumber belajar maka alur ilmu yang diserap oleh siswa akan lebih harmoni.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Heuristik adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'.Heuristik merujuk pada cara orang memecahkan masalah. Proses tersebut tidak mesti berjalan lancar, bisa jadi masalah terpecahkan atau justru timbul masalah lain yang baru. Selain itu hal ini mencakup metode, praktik, pendekatan untuk memecahkan masalah. dalam hal ini cara-cara atau proses menemuan cara yang cocok untuk menyelesaikan masalah walaupun dalam prosesnya menimbulkan masalah baru, namun proses penemuan solusi yang cocok dalam suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Heuristik adalah tahap untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber berbagai data agar dapat mengetahui segala bentuk peristiwa atau kejadian masa lampau yang relevan dengan topik. Heuristik adalah suatu penuntun yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat mengarahkan pemecah masalah untuk menemukan penyelesaian soal yang diberikan. Menurut Poyla (1973:112), heuristik berarti “penuntun untuk menemukan”. Selanjutnya dalam Webster’s (1985:856) tertulis bahwa heuristik adalah penuntun untuk menemukan pemecahan atau jawaban. Pemecahan dengan strategi heuristik adalah suatu prosedur khusus untuk membelajarkan menyelesaikan masalah matematika, dengan memberikan penuntun/petunjuk dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada setiap langkah- langkah pemecahan masalah.

    ReplyDelete