Jan 13, 2013

HEURISTICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Heuristicism, bisa konek berikut:


Wss

28 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Heuristik merupakan setiap pendekatan untuk pemecahan masalah dengan menggunakan metode praktis walaupun tidak maksimal dan tidak logis namun cukup untuk mencapai tujuan. heuristik bisa menjadi jalan pintas yang dapat meringankan pepan kognitif dalam mencari solusi dan membuat keputusan. Menggunakan pendekatan heuristik tidak dianjurkan namun juga tidak dilarang. Pendekatan heuristik jika diterapkan dalam pembelajaran akan membuat siswa menjadi susah bernalar, mereka cenderung akan melakukan tebak-tebakan. Namun tidak dipungkiri juga, pendekatan heuristik bisa digunakan dalam hal menjawab dengan cepat dan tepat misalnya ketika mengerjakan UN yang hanya diberikan waktu 2 jam untuk menyelesaikan 40 soal, tentu bisa saja kehabisan waktu jika harus menggunakan cara yang panjang, sehingga pada kesempatan tersebut siswa juga bisa melakukannya dengan menggunakan pendekatan heuristik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan pemahaman saya dari berbagai tautan yang diberikan diatas dapat saya tarik kesimpulan secara sederhana bahwa heuriticism adalah pendekatan jalan pintas dalam memudahkan beban kognitif dalam mengambil suatu keputusan ataupun kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini mengutamakan pemecahan masalah secara praktis tetapi tidak menjamin adanya suatu solusi yang optimal tetapi bagaimana agar mendapatkan suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan dari suatu penemuan. Heuristik adalah ilmu yang berbasis pada pengalaman individu. Pengalaman dijadikan sumber untuk memberikan penilaian pada sesuatu. Dalam proses belajar di sekolah teknik ini sangat baik, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sesuatu berdasar pengalaman. Keuntungan yang di dapat adalah kebermaknaan pembelajaran menjadi lebih baik. Dengan memanfaatkan pengalaman sebagai sumber belajar maka alur ilmu yang diserap oleh siswa akan lebih harmoni.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Heuristik adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'.Heuristik merujuk pada cara orang memecahkan masalah. Proses tersebut tidak mesti berjalan lancar, bisa jadi masalah terpecahkan atau justru timbul masalah lain yang baru. Selain itu hal ini mencakup metode, praktik, pendekatan untuk memecahkan masalah. dalam hal ini cara-cara atau proses menemuan cara yang cocok untuk menyelesaikan masalah walaupun dalam prosesnya menimbulkan masalah baru, namun proses penemuan solusi yang cocok dalam suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Heuristik adalah tahap untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber berbagai data agar dapat mengetahui segala bentuk peristiwa atau kejadian masa lampau yang relevan dengan topik. Heuristik adalah suatu penuntun yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat mengarahkan pemecah masalah untuk menemukan penyelesaian soal yang diberikan. Menurut Poyla (1973:112), heuristik berarti “penuntun untuk menemukan”. Selanjutnya dalam Webster’s (1985:856) tertulis bahwa heuristik adalah penuntun untuk menemukan pemecahan atau jawaban. Pemecahan dengan strategi heuristik adalah suatu prosedur khusus untuk membelajarkan menyelesaikan masalah matematika, dengan memberikan penuntun/petunjuk dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada setiap langkah- langkah pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kata Heuristik merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti memperoleh. Menurut G.J.Reiner, heuristik merupakan suatu teknik, suatu seni, dan bukan suatu ilmu. Dengan kata lain, Heuristik sering diartikan sebagai suatu ketrampilan dalam menemukan, mengenali, dan memperinci bibliografi atau mengklasifikasi dan merawat catatan-catatan. Istilah Heuristik ini biasanya sering ditemukan dalam sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, terutama dalam pengumpulan dan penulisan data sejarah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, heuristikisme mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini dapat teramat berharga pada proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau relasi antar komponen pembentuk masalah yang mungkin tidak relevan digunakan.

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Heuristicsm. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic, saya dapat mengetahui tentang teknik Heuristik atau sering disebut sebagai heuristik. Dalam bahasa Yunani artinya "temukan" atau secara pengertiannya adalah pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis. Pendekatan tersebut tidak dijamin optimal, sempurna , logis, dan rasional tetapi bukan mencapai tujuan langsung. Metode heuristik dapat digunakan sebagi sarana untuk meningkatkan proses menemukan solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi jalan pintas mental yang meringankan beban kognitif saat mengambil keputusan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Heuristicsm. Melalui link http://www.factbites.com/topics/Availability-heuristic, saya dapat mengetahui tentang heuristicc dari berbagai link yang tertera dari halaman link tersebut. Salah satunya adalah tentang Ketersediaan Heuristic yang merupakan sesuatu yang didorong oleh rangsangan yang paling umum di lingkungan. Ketersediaan heuristik mengacu pada kecenderungan yang mendasarkan untuk penilaian pada informasi yang tersedia.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Heuristicsm. Melalui link https://www.britannica.com/topic/heuristic-reasoning, saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang Heuristicsm karena saat saya membuka halaman web tersebut, terdapat kalimat "Britannica does not currently have an article on this topic" dimana tidak terxapat artikel yang ingin dicari. Walaupun demikian, web yang diberikan sangat bermanfaat karena saya dapat mengaksesnya dan mencari tahu informasi yang ada tentang topik yang lainnya lebih lanjut lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Heuristicsm. Melalui link https://www.britannica.com/technology/heuristic-program-solving, serupa dengan link https://www.britannica.com/topic/heuristic-reasoning, dimana saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang Heuristicsm. Tertera kalimat "Britannica does not currently have an article on this topic" dimana tidak terdapat artikel tentang problem solving dalam heuristik. Walaupun demikian, web yang diberikan sangat bermanfaat karena saya dapat mengaksesnya dan mencari tahu informasi yang ada tentang topik yang lainnya lebih lanjut lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Heuristic berasal dari bahasa Yunani yaitu “Eureka” berarti untuk menemukan. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini dapat teramat berharga pada proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi (https://id.wikipedia.org/wiki/Heuristik).

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Heuristik merupakan paham yang menyatakan suatu ilmu yang dipandang lebih dari sekedar suatu aktivitas, namun mempunyai penekanan pada teori dan skema konseptual yang saling berkaitan dan sangat penting bagi penelitian. Suatu penelitian harus bersifat heuristic, hal ini dimaknai dengan adanya aktualisasi pemikiran secara terus menerus. Filsafat memerlukan ilmu lain sebagai sumber pengalaman yang otentik.

    ReplyDelete
  15. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari link tersebut, saya dapat belajar bahwa heuristicism adalah sebuah ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan penemuan, karena dalam Bahasa Yunani eureka adalah untuk menemukan. Ilmu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai metode dalam pencarian jalur terpendek atau jalan pintas.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Heuristik (heuristic) yaitu aturan sederhana untuk membuat keputusan kompleks atau untuk menarik kesimpulan secara cepat dan seakan tanpa usaha yang berarti. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau relasi antar komponen pembentuk masalah yang mungkin tidak relevan digunakan.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Heuristik merupakan pendekatan untuk pemecahan masalah atau penemuan, hasilnya cukup memadai untuk mencapai tujuan. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan, tetapi proses heuristik ini telaten dalam melakukan proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah menerapkan pemikiran relasional.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Heuristicism berasal dari kata Yunani “eureka” yang berarti untuk menemukan. Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menunjukkan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Terlepas dari kelebihan yang dimiliki kaum Heuristik, mereka juga memilki kekurangan yaitu tidak selamanya hasil yang mereka capai akan berhasil atau sesuai dengan keinginan atau bahkan mungkin justru malah menimbulkan masalah baru. Heuristic dapat disebut pula sebagai aturan sederhana untuk membuat keputusan kompeks atau untuk menarik kesimpulan secara cepat dan seakan tanpa usaha yang berarti. Oleh karena sifatnya yang mengabaikan ketelitian dalam mengambil keputusan lah yang menyebabkan sebuah hasil yang dilakukan oleh kaum heuristik tidak selamanya berhasil. Namun, cara berpikir seperti ini juga diperlukan mengingat kaum heuristik mengambil keputusan secara cepat yang pasti akan mengabaikan dan mengurangi waktu untuk sesuatu yang mungkin tidak terlalu penting yang tidak berpengaruh terhadap kepentingan pengambilan keputusan atau pemecahan masalahnya.

    ReplyDelete
  19. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Heuristik merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Proses tersebut berbeda dengan algoritma yang hanya digunakan sebagai garis pedoman. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini sangat berharga sebagai proses berpikir seseorang karena pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis dapat mengurangi waktu yang diperlukan dalam memecahkan masalah.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini dapat teramat berharga pada proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau relasi antar komponen pembentuk masalah yang mungkin tidak relevan digunakan. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dalam link tersebut dijelaskan bahwa heuristik berarti faktor-faktor non-ilmiah yang memberikan pengaruh menentukan bagi perkembangan ilmu, bahkan dapat melahirkan cabang ilmu baru. Di sini, heuristik tugasnya semacam jembatan, karena menunjukkan hubungan mutlak antara ilmu dengan pengertian dan sikap luar ilmu. Heuristik memperlihatkan keterlibatan ilmu baik. Heuristik memperlihatkan konteks yang lebih luas, yang memungkinkan pembaharuan dan perbaikan sistem kaidah ilmiah. Heuristik menimbulkan kepekaan akan konteks tetapi tidak menyediakan suatu metodologi.

    ReplyDelete
  22. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang diberikan Prof. Dari Wikipedia yang saya baca Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penemuan. Heuristik ini berkaitan dengan pemecahan masalah yakni cara menunjukkan pemikirian seseorang dalam melakukan proses pemecahan masalah sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Heuristik ini tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan suatu masalah bahkan terkadang menimbulkan masalah baru untuk diselesaikan, tetapi proses heuristik ini sangatlah berharga pada proses berpikir seseorang karena proses pemecahan masalah ini menuntut pemikiran rasional dan dapat memingkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dari kalimat ini "any approach to problem solving or self-discovery that employs a practical method, not guaranteed to be optimal, perfect, logical, or rational, but instead sufficient for reaching an immediate goal. Where finding an optimal solution is impossible or impractical, heuristic methods can be used to speed up the process of finding a satisfactory solution." dapat disimpulkan bahwa yang terpenting adalah bagaimana masalah ini dipecahkan, bukan menemukan solusi yang paling sempurna.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Heuristik merupakan salah satu paham filsafat dimana untuk dapat menyelesaikan masalah diperlukan pendekatan pemecahan masalah atau jalan pintas agar dapat memudahkan dalam mencapao sebuah kesimpulan. sehingga heuristik ini menekankan pada proses pemecahan masalah untuk menemukan kesimpulan bukan untuk mencari solusi, sesuatu yang lebih praktis diutamakan dalam menyelesaikan masalah,

    ReplyDelete
  25. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Heuristik yaitu berasal dari kata yunani heurishein, artinya memperoleh. Menurut G. J. Reiner seperti yang ditulis Dudung Abdurrahman (1900), heuristik adalah suatu tehnik, suatu seni, dan bukan suatu ilmu. Heuristik seringkali merupakan suatu keterampilan dalam menemukan, mengenali dan memperinci bibliografi atau mengklasifikasi dan merawat catatan-catatan. hal tersebut erat kaitannya bagaimana memperoleh catatan sejarah untuk m,enulis sejarah yaitu dengan pengumpulan data sebanyak mungkin untuk dijadikan sumber penelitian sejarah.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Heuristik adalah strategi yang berasal dari pengalaman sebelumnya dengan masalah yang sama. Strategi-strategi ini bergantung pada penggunaan informasi yang mudah diakses, meskipun dapat diterapkan secara longgar, untuk mengendalikan penyelesaian masalah pada manusia, mesin, dan masalah abstrak.

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Heuristik berasal dari bahasa yunani eureka yang berarti untuk menemukan. Heuristik sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Dalam pembelajaran di kelas guru juga menggunakan model pembelajaran yang berhubungan dengan penemuan. Siswa menemukan konsep sendiri, misalnya model pembelajaran discovery learning.

    ReplyDelete
  28. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ilmu pengetahuan yberhubungan dengan sebuah temuan. Maksud temuan disini adalah temuan untuk memecahkan suatu masalah. Heuristik ialah menunjukkan cara berpikir manusia dalam memecahkan suatu masalah sampai tuntas. Dalam perjalannya, pasti akan menemukan suatu halangan yang mengakibatkan masalah tersbut tidak dapat dipecahkan. Tetapi proses heuristik ini lebih menilai pada cara berpikir manusia.

    ReplyDelete