Jan 13, 2013

HEURISTICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Heuristicism, bisa konek berikut:


Wss

32 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Heuristik berkaitan dengan pemecahan masalah, pembelajaran atau penemuan dengan menggunakan metode praktis, namun tidak dapat dijamin kesempurnaannya. Namun, patut diakui bahwa Heuristik ini dapat berharga pada proses berpikir seseorang di mana pada proses pemecahan masalah saat dituntut untuk cepat dan mengurangi beban kogintif.

    ReplyDelete
  2. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Brdasarkan sumber dari wikipedia, yang dapat saya pahami bahwa heuristicism adalah paham yang berdasarkan teknik heuriistic. Istilah heuristik ini diterjemahkan dari bahasa Yunani kuno yang artinya menemukan. Merupakan pendekatan atau strategi yang digunakan dalam problem solving atau penyelesaian masalah yang menggunakan metode praktis yang tidak terjamin keberhasilannya namun dapat mempercepat proses perolehan solusi yang memuaskan. Dalam filsafat, heuristik ini digambarkan seperi sebuah objek X yang digunakan untuk menjelaskan objek Y, namun kedua objek tersebut tidaklah sama atau identik.

    ReplyDelete
  3. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Heuristicism merupakan paham yang mempelajari tentang heuristic. Heuristic adalah pendekatan terhadap pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis yang tidak dijamin optimal atau sempurna, namun cukup untuk mencapai tujuan/ penemuan tersebut. Metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses menemukan solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi jalan pintas yang memudahkan beban kognitif dalam membuat keputusan. Dalam pembelajaran, heuristic sangat bermanfaat bagi siswa guna menemukan solusi penyelesaian terhadap permasalahan yang diberikan. Metode pembelajaran ang mengajarkan materi yang sulit dengan cara yang mudah akan membuat siswa mudah memahami materi yang sulit tersebut.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih bapak atas sharing web tentang heuristic, yang berarti paham berdasarkan teori heuristic yaitu menemuka, jika dikaitkan ke bidang matematika, maka hal ini berarti bahwa untuk memecahkan permasalahan matematika dapat menggunakan metode praktis untuk menemukan solusi namun tidak terjamin keberhasilan dalam membangun pengetahuan.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  5. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Heuricticism merupakan suatu aturan untuk membuat suatu keputusan kompleks untuk menarik kesimpulan secara cepat, sehingga seakan-akan dilakukan tanpa adanya usaha. Meskipun begitu, heuristicim ini penting digunakan dalam proses berpikir khususnya pada saat harus menggunakan kemampuan pemecahan masalah, karena dalam proses pemecahan masalah menuntut pemikiran secara rasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi bagi orang tersebut.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Sebuah teknik heuristik atau metode heuristik dinyatakan sebagai pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis yang tidak dijamin optimal atau sempurna, tapi dikatakan cukup untuk tujuan langsung. Salah satu metode heuristik ini adalah rule of thumb. Istilah Rules of Thumb konon datang dari kisah “cara mengukur tukang kayu”. Karena para tukang kayu malas menggunakan alat ukur, mereka menggunakan jempol (Thumb). Jadi ketebalan kayu diukur dengan berapa jempol. Dalam matematika lebih dikenal dengan trial and error. Misal untuk menemukan jalan keluar dalam menyelesaikan suatu persamaan linear, dapat dicoba satu per satu angka dan disubstitusi ke persamaan. Begitulah ibarat suatu heuristik dalam pemecahan masalah siswa saat belajar matematika.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada dasarnya Heuriticism disini diperlukan bagi mereka yang sudah memiliki basik pemahaman tentang suatu hal. Namun, disini jika seseorang belum memiliki dasar pengetahuan yang cukup, maka heuriticism tidak bisa mereka lakukan karena bukan kebenaran berdasarkan sumber yang mereka dapat, namun kebenaran secara subjektif karena itu merupakan epndapat yang tanpa adanya dasar apapun
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih Prof. Marsigit atas referensi yang diberikan. Berdasarkan website http://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic saya belajar bahwa kata heuristik mengacu pada pengalaman berbasis teknik untuk pemecahan masalah, belajar, dan penemuanyang memberikan solusi yang tidak dijamin akan optimal. Metode ini digunakan untuk mempercepat proses pemecahan masalah, pada akhirnya menemukan solusi dengan memuaskan. Dengan kata lain metode ini merupakan metode untuk mendapatkan jalan pintas. Sehingga dapat meringkankan beban kognitif pada saat mengambil keputusan, metode ini tidak membebani secara mental. Metode ini mencakup metode yang praktis dan mudah diakses, sehingga longgar dan mengontrol pemecahan masalah pada manusia. Demikian pemahaman saya mengenai heuristic, mohon dikoreksi apabila pemahaman saya salah. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C

    Heuritism bisa saya pahami sebagai suatu pembelajaran yang menggunakan strategi problem solving dengan metode praktis. Meskipun metode ini tidak menjamin keberhasilan dalam pemecahan masalah tetapi sangat membantu dan bisa mempercepat dalam prosesnya. Harapannya dengan adanya metode praktis ini bisa membantu siswa mempercepat dan memudahkan dalam menemukan solusi suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  10. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, secara sederhana heuriticism merupakan sebuah pendekatan jalan pintas untuk memudahkan beban kognitif dalam mengambil sebuah keputusan. Heurusticism ini tidak lain adalah salah satu pendekatan pemecahan masalah yang menggunakan metode praktis, akan tetapi tidak menjamin solusi yang optimal, melainkan hanya menfokuskan terhadap tujuan akhir.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Heuristicism berkaitan dengan pemecahan masalah dan pemerolehan ilmu pengetahuan dari suatu penemuan. Heuristicism mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau mungkin menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi yang terpenting disini yaitu PROSES dalam memecahkan masalah tersebut. Karena proses berpikir seseorang akan meningkat kualitasnya sejalan dengan pengalamannya.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dari link diatas ada yang mengatakan bahwa "Heuristik dimaksudkan untuk mendapatkan kinerja komputasi atau kesederhanaan konseptual berpotensi pada biaya akurasi atau presisi." ada pula arti heuristik dari Wikipedia yakni heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan.
    Aliran filsafat yang berpusat pada heuristik disebut heuristisisme. Heuristik juga dapat diartikan sebagai suatu pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis untuk tujuan langsung.

    ReplyDelete
  13. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Heuristik berarti faktor-faktor non-ilmiyah yang memberikan pengaruh menentukan bagi perkembangan ilmu, bahkan dapat melahirkan cabang ilmu baru. Semua faktor eksternal yang mempengaruhi, atau bahkan memberikan inovasi baru terhadap kehidupan kita, adalah heuristik. Heuristik memperlihatkan hubungan mutlak antara ilmu dengan pengertiannya. Heuristik menemukan jalan untuk menangani masalah secara ilmiah.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Masalah dapat terpecahkan melalui berbagai tahapan, Untuk memecahkan masalah diperlukan tahapan-tahapan yang menurut Polya ada 4tahapan, yaitu: memahami masalah, merencankan pemecahan, melaksanakan rencana, melihat kembali masalah dan penyelesiannya.
    Pendekatan ke pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis disebut dengan Heuristik.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Heuristik berhubungan dengan penemuan. Bisa juga dikatakan sebagai langkah atau cara menemukan makna melalui pengkajian secara referensial artinya dihubungkan dengan hal-hal yang nyata dalam rangka menemukan maknanya. Heuristik digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. Oleh sebab itu ada heuristik pada problem solving, yaitu sebagai langkah untuk menemukan penyelesaian masalah sampai ke pemaknaannya.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    ilmu pengetahuan yang ada hubungan dengan sebuah temuan. Maksud temuan disini adalah temuan untuk memecahkan suatu masalah. Heuristik ialah menunjukkan cara berpikir manusia dalam memecahkan suatu masalah sampai tuntas. Dalam perjalannya, pasti akan menemukan suatu halangan yang mengakibatkan masalah tersbut tidak dapat dipecahkan. Tetapi proses heuristik ini lebih menilai pada cara berpikir manusia.

    ReplyDelete
  17. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Heuristic merupakan sebah pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis yang tidak dijamin optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan langsung. Seringkali dalam hidup ini kita dihadapkan pada pilihan menyelesaika masalah secara tepat atau secara cepat. Jika solusi optimal atau ketepatan solusi yang diberikan antara metode yang cepat dan yang lambat hanya berbeda tipis maka lebih baik kita menggunakan metode yang lebih cepat. Karena terkadang dalam hidup ini kita dikejar dengan waktu yang membutuhkan solusi yang cukup optimal yang waktu yang relatif cepat.

    ReplyDelete
  18. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Heuristisisme merupakan suatu paham mengenai suatu pemecahan masalah, belajar dan penemuan yang kebenarannya tidak dianggap sebagai sesuatu yang optimal atau sempurna. Dengan ketidak optimalan suatu pembuktian atau pembelajaran mungkin saja memiliki sisi positif maupun sisi negatifnya. sisi positifnya beban kognitif menjadi ringan sehingga siswa tidak merasa terbebani dalam belajar. sedangkan sisi negatifnya siswa menjadi kurang mendalam dalam memahami suatu pembelajaran atau penemuan yang dia lakukan.

    ReplyDelete
  19. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Heuristik adalah setiap pendekatan pemecahan masalah, Pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tidak dijamin akan optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan mendesak. Dimana menemukan solusi optimal adalah tidak mungkin atau tidak praktis, metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi cara pintas mental untuk meringankan beban kognitif dalam membuat keputusan. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, dan akal sehat.

    ReplyDelete
  20. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Heuristik bertugas sebagai jembatan yang menunjukkan hubungan mutlak antara ilmu dengan pengertian dan sikap luar ilmu. Heuristik berarti faktor-faktor non-ilmiah yang memberikan pengaruh penting bagi perkembangan ilmu, bahkan dapat melahirkan cabang ilmu baru. Satu contoh adalah perkembangan industri di abad ke-18, yang dengan berbagai implikasi sosialnya melahirkan ilmu sosiologi. Kaidah heuristik dapat dirumuskan sebagai context of discovery yang berusaha menyusun context of justification sebagai koreksi diri.

    ReplyDelete
  21. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Heuristic adalah usaha dan teknik atau cara untuk menemukan, menyelidiki, mengumpulkan sumber-sumber sejarah atau penelitian. Heuristic tidak mempunyai aturan-aturan umum karena bukan merupakan ilmu melainkan teknik atau keterampilan. Dalam matematika salah satu bentuk heuristic ialah keterampilan memecahkan masalah. Berbeda dengan algoritma yang memiliki langkah-langka penyelesaian. Heuristic atau pemecahan masalah tidak menjamin solusi yang tepat, tetapi hanya memandu dalam menemukan solusi.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut The Psychology Dictionary, heuristik adalah suatu jalan pintas mental yang memungkinkan orang untuk memecahkan masalah dan membuat penilaian dengan cepat dan efisien. Strategi Aturan ibu jari ini mempersingkat waktu dalam pengambilan keputusan dan memungkinkan orang bermanfaat tanpa terus-menerus berhenti untuk berpikir tentang tindakan berikutnya. Sementara heuristik membantu dalam banyak situasi, mereka juga dapat menyebabkan prasangka.

    ReplyDelete
  23. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Heuristicism, menurut sumber dari Wikipedia adalah pendekatan untuk menyelesaikan masalah, belajar yang menunjukkan bahwa metode praktis tidak menjamin hasil/solusi yang diperoleh akan sempurna. Sehingga ada yang diperlukan lagi yaitu strategi yang diperoleh dari pembelajaran/pengalaman sebelumnya. Atau dengan kata lain aliran ini berfokus pada perlunya pengalaman sebelumnya untuk mengahadapi masalah baru.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  24. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Heuristik merupakan salah satu pendekatan dalam pemecaham masalah pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis yang tidak dapat dioptimalkan secara optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan langsung. Bila tidak dapat ditemukan solusi menggunakan cara optionl, maka metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses menemukan solusi yang memuaskan.

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Heuristik adalah suatu pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis yang tidak dapat dioptimalkan secara sempurna. Metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses menemukan solusi. Heuristik bisa menjadi jalan pintas mental yang memudahkan beban kognitif dalam membuat keputusan. Heuristik dapat dipahami sebagai metode singkat atau jalan pintas untuk menemukan solusi suatu permasahan.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Heuritisisme dapat dipahami sebagai suatu paham atau aliran filsafat mengenai heuristik, yakni kemampuan manusia dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan metode-metode praktis. Dari proses penyelesaian masalah ini manusia melakukan serangkaian penemuan-penemuan yang pada akhirnya dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penemuan tersebut juga merupakan wujud suatu ikhtiar manusia dalam menghadapi masalah.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)
    Heuristik ini berhubungan dengan penemuan. Dalam dunia ini penemuan memang merupakan salah satu bagian dari filsafat karena menemukan bagian dari kegiatan berpikir dan kegiatan berpikir merupakan sebenar-benarnya filsafat. Dalam kehidupan ini apabila semua orang tidak mau untuk berpikir maka kita tidak akan pernah merasakan kecanggihan teknologi sampai sekarang ini mungkin yang oleh para penemu sebelumnya telah diharapkan. Selain itu penemuan-penemuan tidak harus berupa benda atau teknologi namun saat kita sudah mengemukakakn pendapat kita maka hal tersebut merupakan salah satu bentuk penemuan karena hal yang baru dan belum pernah ada maka dapat disebut penemuan sehingga pendapat yang belum pernah dipikirkan orang dan dapat dibuktikan bahwa pemikiran itu benar maka juga dapat dikatakan penemuan.

    ReplyDelete
  29. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Heuristik merupakan pendekatan pemecahan masalah untuk memperoleh solusi yang tepat. Pada pendekatan ini senantiasa menggunakan prinsip trial dan error. Artinya pengalaman trial disini sangat penting dan perlu dicatat kemajuannya. Jika masih salah coba lagi, salah coba lagi begitu seterusnya sampai menemukan solusi yang tepat.

    ReplyDelete
  30. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Heuristik suatu ilmu yang berkaitan dengan penemuan. Penemuan dalam hal ini cenderung mengacu pada emecahan masalah adalah cara menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Pemecahan masalah tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi yang terpenting dalam heuristik adalah proses dalam memecahkan masalah itu sendiri karena proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Terima Kasih

    ReplyDelete
  31. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada dasarnya saya memandang pengalaman dari teknik yang diperoleh ketika seseorang itu mampu memecahkan masalah, belajar dan mencari tahu itu lebih bermakna daripada hasil yang ia peroleh. Karen proses akan menjadikan seseorang belajar, mengerti dan mengetahui lebih banyak.Paling tidak, dalam proses ini ada kepuasan tersendiri yang diperoleh seseorang saat ia menghargai apa yang ia telah lakukan.

    ReplyDelete
  32. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic saya belajar bahwa kata heuristik mengacu pada pengalaman berbasis teknik untuk pemecahan masalah, belajar, dan penemuan yang memberikan solusi yang tidak dijamin akan optimal. Metode ini digunakan untuk mempercepat proses pemecahan masalah, pada akhirnya menemukan solusi dengan memuaskan. Dengan kata lain metode ini merupakan metode untuk mendapatkan jalan pintas. Sehingga dapat meringkankan beban kognitif pada saat mengambil keputusan, metode ini tidak membebani secara mental. Metode ini mencakup metode yang praktis dan mudah diakses, sehingga longgar dan mengontrol pemecahan masalah pada manusia. Heuristik ini dapat diterapkan pada berbagai bidang ilmu pengetahuan, sebagai contoh dalam sejarah. Heuristik merupakan bagian dari penelitian sejarah

    ReplyDelete