Jan 13, 2013

HEURISTICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Heuristicism, bisa konek berikut:


Wss

11 comments:

  1. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pandangan ke dua tentang ilmu adalah pandangan dinamis atau pandangan heuristik (arti heuristik adalah menemukan), dalam pandangan ini ilmu dilihat lebih dari sekedar aktivitas, penekanannya terutama pada teori dan skema konseptual yang saling berkaitan yang sangat penting bagi penelitian. Dalam pandangan ini ftmgsi ilmu adalah untuk membentuk hukum-hukum umum yang melingkupi prilaku dari kejadian-kejadian empiris atau objek empiris yang menjadi perhatiannya sehingga memberikan kemampuan menghubungkan berbagai kejadian yang terpisah-pisah serta dapat secara tepat memprediksi kejadian-kejadian masa datang.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Heuristik adalah setiap pendekatan pemecahan masalah, Pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tidak dijamin akan optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan mendesak. Dimana menemukan solusi optimal adalah tidak mungkin atau tidak praktis, metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi cara pintas mental untuk meringankan beban kognitif dalam membuat keputusan. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, dan akal sehat

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Heuristik adalah setiap pendekatan pemecahan masalah, Pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tidak dijamin akan optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan mendesak. Dimana menemukan solusi optimal adalah tidak mungkin atau tidak praktis, metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi cara pintas mental untuk meringankan beban kognitif dalam membuat keputusan. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, dan akal sehat

    ReplyDelete
  4. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    heuristik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'.Heuristik merujuk pada cara orang memecahkan masalah. Proses tersebut tidak mesti berjalan lancar, bisa jadi masalah terpecahkan atau justru timbul masalah lain yang baru. Selain itu hal ini mencakup metode, praktik, pendekatan untuk memecahkan masalah. dalam hal ini cara-cara atau proses menemuan cara yang cocok untuk menyelesaikan masalah walaupun dalam prosesnya menimbulkan masalah baru, namun proses penemuan solusi yang cocok dalam suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Heureticsm adalah suatu ideologi atau ilmu yang mempelajarai heurustik. Heuristik merupakan pendekatan yang bisa digunakan untuk mempercepat sebuah proses pencarian sebuah solus. Mempercepat proses pencarian atau pencapaian solusi daru suatu permasalahan bukanlah hal yang mudah. Untuk melakukan hal tersebut kita harus melalui banyak proses. Tentunya dengan berbagai pengalaman, Ilmu serta keterampilan dapat membantu seseorang dalam usaha mempercepat mendapatkan solusi dari suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. kurang-lebih saya dapat menyimpulkan bahwa paham ini adalah suatu paham yang berkaitan erat dengan suatu proses, cara, seni, atau metodelogi dalam mencari suatu penemuan. Paham ini menekankan pada anggapan bahwa proses mencari (dalam arti metodelogis) merupakan suatu rangkaian yang bertahap. Sebagaimana dalam penelitian ilmiah yang mensyararatkan langkah-langkah penelitian yang sistematis. Saya pikir paham ini sangat penting dalam dunia akademik atau hal-hal yang berkaitan dengan saintifik.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya pendekatan heuristic merupakan suatu pendekatan yang mirip dengan metode inquiry learning ataupun discovery learning. Discovery learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry). Tidak ada perbedaan yang prinsipil pada kedua istilah ini, namun perbedaannya dengan discovery ialah bahwa pada discovery masalah yang diperhadapkan kepada siswa semacam masalah yang direkayasa oleh guru, sedangkan pada inkuiri masalahnya bukan hasil rekayasa, sehingga siswa harus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk mendapatkan temuan-temuan di dalam masalah itu melalui proses penelitian. Jadi baik melalui pendekatan heuristicim, inquiry, ataupun discovery ketiganya merupakan pendekatan yang sangat cocok digunakan di dalam melaksanakan pembelajaran matematika dimana siswa diajak untuk berfikir dan bernalar secara kritis dan kreatif.

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Heuristicism atau heuristic menurut wikipedia merupakan suatu pendekatan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tetapi tidak menjamin optimal atau sempurna, namun cukup untuk mencapai suatu tujuan. Dari pengertian ini, menurut saya heuristic merupakan suatu metode atau cara untuk menemukan suatu solusi dengan dengan praktis dan cepat namun tidak menjamin bahwa metode tersebut ideal seperti yang diteorikan, tetapi dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contoh heuristic ialah pemikiran dan penilaian intuitisi. Intuisi merupakan contoh metode yang praktis dan cepat untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu walaupun intuisi tidak diketahui kapan datangnya dan kapan lupanya, tetapi intuisi dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.

    ReplyDelete
  10. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Heuristik merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Proses tersebut berbeda dengan algoritma yang hanya digunakan sebagai garis pedoman. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini sangat berharga sebagai proses berpikir seseorang karena pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis dapat mengurangi waktu yang diperlukan dalam memecahkan masalah.

    ReplyDelete
  11. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links you have presented. Based on the above articles, I came to understand that heuristica is a branch of science studying art and science related to an invention, derived from the same root in Greek with the word "eureka", meaning 'to find'. Heuristics refers to the way people solve problems. So, just as I learned in the course of educational psychology, that heuristics is an approach to problem solving, learning, or discovery using practical and instant methods, but does not guarantee optimal and successful solving problems, but enough to achieve a goal. This heuristic means an alternative way of solving problems that can be utilized and used as an effort to achieve the goal of problem solving. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete