Jan 13, 2013

CONSTRUCTIVISM




Ass, jika ingin membaca tentang Constructivism, bisa konek berikut:


Wss

14 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Konstruktivisme adalah teori pengetahuan yang berpendapat bahwa manusia menghasilkan pengetahuan dan makna dari interaksi antara pengalaman dan ide-ide mereka. Ini telah mempengaruhi sejumlah disiplin, termasuk psikologi, sosiologi, pendidikan dan sejarah ilmu pengetahuan. Selama masa bayi, itu adalah interaksi antara pengalaman manusia dan refleks atau perilaku-pola. Jean Piaget disebut sistem ini pengetahuan skema. Konstruktivisme bukan merupakan pedagogi tertentu, meskipun sering bingung dengan konstruksionisme, teori pendidikan yang dikembangkan oleh Seymour Papert, terinspirasi oleh ide-ide pembelajaran konstruktivis dan pengalaman dari Piaget. Teori Piaget belajar konstruktivis telah telah luas berdampak pada teori dan metode pengajaran dalam pendidikan belajar dan tema yang mendasari banyak gerakan reformasi pendidikan. Dukungan penelitian untuk teknik mengajar konstruktivis telah dicampur, dengan beberapa penelitian yang mendukung teknik ini dan penelitian lainnya bertentangan hasil tersebut.

    ReplyDelete
  2. Pandangan konstruktivisme secara formal dijelaskan oleh Piaget. Piaget menjelaskan bahwa bagaimana informasi yang diperoleh dari lingkungan dan ide dari individu berinteraksi dan hasilnya diinternalisasi dikembangkan oleh pembelajar. Piaget menidentifikasi proses akomodasi dan asimilasi sebagai kunci dari interaksi ketika individu pembelajar mengkonstruk pengetahuan mereka dari pengalamannya.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Teori Konstruktivisme bagi kita calon pendidik memang tidak asing mendengarnya yaitu sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis. Menurut filsafat konstruktivisme yang berbeda dengan filsafat klasik, pengetahuan itu adalah bentukan (konstruksi) peserta didik sendiri yang sedang belajar.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Konstruktivisme merupakan pembelajaran yang sedang hangat-hangat diterapkan dalam dunia pendidikan, karena pada dasarnya semua manusia sudah mempunyai bekal dalam pikirannya sehingga tugas dari seorang guru adalah bagaimana dia bisa mengkonstruk pemikiran siswa tersebut. Jadi konstruktivisme itu adalah bagaimana manusia bisa menghasilkan pengetahuan dari interaksi antara pengalamannya dan yang sedang dihadapinya.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Constructivisme mempunyai pandangan bahwa kemampuan berasal dari dirinya sendiri. Dalam membangun pengetahuan si constructivisme ini tentu memiliki dasar untuk membentuk pengetahuan baru . Maka dari itu diperlukan banyak mengamati hal yang baru, banyak membaca, mencoba hal yang baru, dengan demikian seseorang akan lebih mudah untuk membentuk pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Constructivism merupakan sudut pandang filosofis mengenai sifat pengetahuan. Pandnagan Constructivism menurut Piaget difokuskan pada bagaimana manusia membuat makna yang hubungannya antara interaksi dan pengalaman dan ide-ide manusia dan Constructivism meneliti interaksi antara pengalaman manusia dan refleks melalui pola perilaku. Constructivism tidak mengacu pada pedagogi tertentu, teori Piaget mengenai pembelajaran Constructivisme mengenai sifat pelajar, pentingnya latar belakang dan budaya dari peserta didik, tanggung jawab peserta didik untuk belajar, metode diskusi dan motivasi dalam belajar.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Aliran Konstruktivisme ini memang sangat digenjarkan pada era sekarang. Berdasarkan definisinya, Constructivism adalah suatu ajaran atau paham yang menekankan bahwa seseorang diberi kebebasan untuk mengkonstruk/membangun konsep dan pengetahuan melalui pengalaman yang dialami sendiri. Paham inilah yang saat ini digalakan guna meningakatkan mutu pendidikan dan kualitas proses pembelajaran. Di sekolah, dapat menerapkan paham ini untuk keberhasilan pembelajaran dengan memberikan kegiatan atau aktivitas kepada siswa berupa kerja berkelompok. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat menjadi fasilitator. Siswa diberi kesibukan berupa kegiatan, sehingga mereka dapat menggunakan paham heuristik untuk menemukan konsep yang akan dicari. Lama-kelamaan siswa akan terbiasa kritis, aktif dankreatif.

    ReplyDelete
  8. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Konstruktivisme menjadi suatu paham yang sedang banyak dianut oleh orang saat ini, terutama dalam praktek pendidikan. Konstruktivisme kaitannya dengan pendidikan maka teori ini mengenai hakikat pembelajaran yang berfokus pada bagaimana manusia memahami pengalaman mereka. Artinya, mengkonstruksi dalam pembelajaran, siswa diberikan kesempatan unutk membentuk dan membangun pemahaman mereka sendiri tentang pengalaman-pengalaman belajarnya. Jika sedang belajar matematika biarkan mereka memahami apa yang mereka pelajari tentang matematika sesuai dengan pemahamnya masing-masing. Hal tersebut diyakini dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna tidak hanya sekedar aktivitas untuk mendapatkan pengetahuan yang diberikan guru, tetapi mereka juga dapat menemukan pemahamannya sendiri terkait dengan pengetahuan tersebut.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Konstruktivisme merupakan salah satu teori belajar yang berpandangan bahwa siswa seharusnya belajar dengan cara membentuk pengetahuannya sendiri. Saat ini, paham konstruktivisme lah yang mendominasi pembelajaran di berbagai negara termasuk di Indonesia. Salah satu teori atau pandangan yang sangat terkenal berkaitan dengan teori belajar konstruktivisme adalah teori perkembangan mental Piaget. Teori ini biasa juga disebut teori perkembangan intelektual atau teori perkembangan kognitif. Teori belajar tersebut berkenaan dengan kesiapan anak untuk belajar, yang dikemas dalam tahap perkembangan intelektual dari lahir hingga dewasa. Setiap tahap perkembangan intelektual yang dimaksud dilengkapi dengan ciri-ciri tertentu dalam mengkonstruksi ilmu pengetahuan. Misalnya, pada tahap sensori motor anak berpikir melalui gerakan atau perbuatan. Piaget yang dikenal sebagai konstruktivis pertama menegaskan bahwa pengetahuan tersebut dibangun dalam pikiran anak melalui asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah penyerapan informasi baru dalam pikiran. Sedangkan, akomodasi adalah menyusun kembali struktur pikiran karena adanya informasi baru, sehingga informasi tersebut mempunyai tempat. Konstruktivis ini dikritik oleh Vygotsky, yang menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial. Konstruktivisme ini oleh Vygotsky disebut konstruktivisme sosial.

    ReplyDelete
  10. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Constructivism merupakan suatu sudut pandang filosofis yang menekankan dalam hal mengkonstruk atau membangun konsep berdasarkan pengalaman. Konsep dibangun atas dasar konsep-konsep yang telah ada sebelumnya. Untuk menghubungkan antara konsep satu dengan yang lainnya dibutuhkan pembelajaran yang tidak cukup hanya dengan yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, perlu adanya kreativitas, kritis, dan inovatif dalam membangun konsep yang baru.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kontruksi yang berarti bersifat membangun. Sedangkan Konstruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran konstektual yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia secara bertahap, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Sehingga paham ini percaya bahwa apa yang dikerjakan manusia itu membentuk dirinya sendiri. Sehingga pembentukannya memerlukan pengalaman, baik pengalaman fisis maupun pengalaman mental.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Konstruktivisme dalam etika adalah pandangan bahwa sejauh ada kebenaran normatif, misalnya, kebenaran tentang apa yang harus kita lakukan, mereka dalam beberapa hal ditentukan oleh proses ideal dari pertimbangan rasional, pilihan, atau kesepakatan.
    Konstruktivisme (Constructivism) adalah proses membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman. membangun disini bermakna menyusun pengetahuan yang diberikan oleh guru dengan pemikirannya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PM-D 2016

    Konstruktivisme merupakan sudut pandang filosofi mengenai sifat suatu pengetahuan. Konstruktivisme berasal dari kata konstruktiv dan isme. Konstruktiv berarti bersifat membina, memperbaiki, dan membangun. Sedangkan Isme dalam kamus Bahasa Inonesia berarti paham atau aliran. Konstruktivisme merupakan aliran filsafat pengetahuan yang berpandangan bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui hasil konstruksi pemikiran sendiri. Para konstruktivis menjelaskan bahwa satu-satunya sarana yang tersedia bagi seseorang untuk mengetahui sesuatu adalah pancaindranya, yaitu interaksi dengan objek dan lingkungan dengan melihat, mendengar, menjamah, mencium, dan merasakannya. Dari sentuhan indrawi itu seseorang membangun gambaran dunianya.

    ReplyDelete
  14. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Konstruktivisme dapat merujuk pada:
    • Konstruktivisme (seni) , sebuah gerakan seni awal abad ke-20 yang memuji seni sebagai praktik untuk tujuan sosial
    • Konstruktivisme (hubungan internasional) , sebuah teori yang menekankan karakter hubungan internasional yang dibangun secara sosial
    • Konstruktivisme (filsafat pendidikan) , sebuah teori tentang sifat pembelajaran yang berfokus pada bagaimana manusia membuat makna dari pengalaman mereka
    o Metode pengajaran konstruktivisme , berdasarkan teori pembelajaran konstruktivis
    • Konstruktivisme (matematika) , pandangan filosofis yang menegaskan perlunya membangun objek matematika untuk membuktikan bahwa itu ada.
    • Konstruktivisme (sekolah kejiwaan) , pendekatan psikologis yang mengasumsikan bahwa pengetahuan manusia itu aktif dan konstruktif
    • Arsitektur konstruksionis , sebuah gerakan arsitektur di Rusia pada 1920-an dan 1930-an
    • Epistemologi konstruktivisme , sebuah filsafat yang mempertahankan bahwa sains terdiri dari konstruksi mental yang diciptakan sebagai hasil pengukuran alam
    • Konstruktivisme sosial , sebuah teori bahwa pembangunan manusia terletak dan pengetahuan sosial dibangun melalui interaksi dengan orang lain

    ReplyDelete