Jan 13, 2013

CONSTRUCTIVISM




Ass, jika ingin membaca tentang Constructivism, bisa konek berikut:


Wss

11 comments:

  1. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    mengkonstruk pengetahuan nya sendiri untuk siswa adalah salah satu tujuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, guru dapat membantu siswa dengan cara memfasilitasi siswa sehingga siswa dapat ada arahan dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dengan siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri berarti siswa paham dengan materi, namun jika siswa diebrikan materi secara isntan maka akan membunuh kreatifitas siswa, dan siswa akan cenderung ingin mengambil cara instan. hal ini kurang baik untuk perkembangan pemikiran siswa.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Konstruktivisme merupakan salah satu aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita merupakan hasil dari konstruksi (bentukan) kita sendiri. Pengetahuan merupakan akibat dari suatu konstruksi kognitif dari kenyataan yang terjadi melalui serangkaian aktivitas seseorang. Siswa membentuk skema, kategori konsep dan struktur pengetahuan yang diperlukan untuk pengetahuan. Menurut teori konstruktivime pengetahuan tidak dapat di transfer begitu saja dari pikiran guru kepada pikiran siswa artinya, siswa harus aktif secara mental membangun struktur pengetahuannya berdasarkan kematangan kognitif yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pembelajaran berdasarkan konstruktivisme memberi pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa atau rancangan kegiatan disesuaikan dengan gagasan awal siswa agar siswa memperluas pengetahuan mereka tentang fenomena dan memiliki kesempatan untuk merangkai fenomena, sehingga siswa terdorong untuk membedakan dan memadukan gagasan tentang fenomena yang menantang siswa. Pembelajaran konstruktivisme memberi siswa kesempatan untuk berpikir tentang pengalamannya. Ini dapat mendorong siswa berpikir kreatif, imajinatif, mendorong refleksi tentang model dan teori, mengenalkan gagasan-gagasan pada saat yang tepat.

    ReplyDelete
  4. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Konstruktivisme erat kaitannya adalah berkaitan dengan bagaimana mengkonstruk atau membangun sendiri pengetahuan. Paham ini merupakan paham pembelajaran yang menitik beratkan pada langkah-langkah dalam mempelajari ilmu pengetahuan sesuai dengan langkah atau sintaks yang sesuai. Dalam matakuliah psikologi pendidikan lebih dalam juga diketahui ada konstruktivis sosial dimana pengaruh sosial juga mempengaruhi seseorang dalam membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Konstruktivisme dalam filsafat pendidikan didefinisikan sebagai suatu teori tentang sifat pembelajaran yang berfokus pada bagaimana menciptakan suatu makna dari sebuah pengalaman. Belajar matematika menurut paham konstruktivisme merupakan proses dimana siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika mereka sendiri. Guru berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi proses kontruksi dan membimbing siswa mengkonstruk pengetahuannya, dengan siswa membangun pengetahuan mereka sendiri, pengetahuan yang mereka peroleh melalui pengalaman belajar tersebut akan lebih bermakna dibandingkan dengan pengetahuan yang hanya diberikan secara instan oleh guru.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Konstruksi berasal dari kata construct yang artinya membangun. Konstruktivisme dalam dunia pendidikan maksudnya adalah ideologi yang meyakini bahwa pendidikan seharusnya bersifat membangun. Yaitu dalam proses pembelajaran hendaknya merupakan proses membangun pengetahuan dala artian membangun pemahaman akan pengetahuan dari peserta didik, tidak hanya serta merta perpindahan informasi dari guru (sumber belajar) ke peserta didik. Karena dengan membangun pemahaman sendiri tersebut bagi peserta didik akan lebih bermakna pembelajarannya.

    ReplyDelete
  8. Gina Sasmita Pratama
    17709241003
    S2 P.Mat A 2017

    Constructivism merupakan proses membangun atau menyusun pengetahun baru dalam struktur kognitif berdasarkan pengalaman. Berbeda dengan behaviorism, menurut constructivism, pengetahuan tidak diperoleh dari luar secara pasif atau ditanamkan saja kepada siswa, tetapi pengetahuan yang baik ialah pengetahuan yang dibangun sendiri dari dalam diri siswa. Oleh karena itu, proses pembelajaran di kelas sebaiknya mendorong siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya atau siswa secara aktif mengkonstruk pengetahuannya dan guru hanya sebagai fasilitator saja. Pengetahuan yang dibangun sendiri oleh siswa akan lebih bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Konstruktivisme merupakan pandangan yang beranggapan bahwa pengetahuan dapat diperoleh melalui hasil konstruksi dari interaksi antara pengalaman dan ide. Teori konstruktivisme ini telah memberikan banyak pengaruh pada teori dan metode pengajaran yang mendasari gerakan perubahan pada dunia pendidikan. Model pembelajaran konstruktivisme menyatakan bahwa dalam prose pemerolehan pengetahuan diawali dengan terjadinya konflik kognitif. Konflik kognitif ini dapat diatasi melalui pengetahuan yang dibangun sendiri oleh anak melalui pengalamannya dari hasil interaksi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, dalam pembelajaran konstruktivism, siswa aktif secara mental membangun pengetahuannya yang dilandasi oleh struktur kognitif yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  10. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017
    Assalamu'alaikum wr wb.
    Konstruktifis adalah sudut pandang filosofis tentang sifat pengetahuan. Kontrustifis beraati pembangunana. Didalam dunia pendidikan konstruktifis dapat diartikan adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang mana siswa dilibatkan secara langsung (aktif) dalam penemuan sebuah teori atau konsep (skema). Pada penemuan atau pembangunan konsep atau skema, seseorang atau siswa melakukan penarikan sebuah kesimpulan berdasarkan penggabungan antara pengalaman dan ide.

    ReplyDelete
  11. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas link-link yang disajikan di atas. Seperti yang pernah saya baca bahwa konstruktivisme didefinisikan sebagai suatu teori tentang sifat pembelajaran yang berfokus pada bagaimana menciptakan suatu makna dari sebuah pengalaman. Konstruksi berasal dari kata "construct" yang artinya membangun, maksudnya pengetahuan tidak diperoleh dari luar secara pasif atau ditanamkan saja kepada siswa, tetapi pengetahuan yang baik ialah pengetahuan yang dibangun sendiri dari dalam diri siswa. Teori sangat berpengaruh bagi dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kebijakan pemerintah dalam kurikulum 2013, dimana pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa sendiri yang harus membangun pengetahuan nya dari pengetahuan yang ia miliki sebelumnya dan pengalaman yang pernah ia alami. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete