Jan 13, 2013

STOICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Stoicism, bisa konek berikut:


Wss

57 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Stoicism merupakan kehidupan yang selaras dengan alam dan menjadikan rasa puas dengan kebajikannya sebagai satu – satunya sumber kebahagiaan. Maka setiap peristiwa yang terjadi seakan direncanakan dan mejadi akibat penyelenggaraan Tuhan. Dalam aliran ini, beberapa pokok pikiran dapat dijelaskan menjadi beberapa bagian dengan menggabungkan ajaran filsuf kuno dengan pemikiran Plato dan Aristoteles yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Beberapa pikiran pokok seperti yang telah diuraikan sebagian pada kalimat sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Stoicisme merupakan salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Dalam filsafat ini menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana orang berperilaku atau bertindak sehari-hari. Ini merupakan pengertian dari fisafat itu sendii. Agar dapat menjalani kehidupan dengan baik, salah satunya adalah memahami aturan tatanan alam, karena alam pun memiliki tatanan yang memberikan pelajaran bagi kita manusia.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Stoicisme adalah salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Dalam filsafat stoicisme menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana orang berperilaku atau bertindak sehari-hari. Inilah definisi dari filsafat individu itu sendiri. Untuk menjalani kehidupan yang baik, salah satu harus memahami aturan tatanan alam karena mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu berakar di alam. Dimana dari alam manusia bisa mengembangkan dirinya, ia dapat belajar dari pengalaman yang merupakan interaksi dengan alam. Manusia juga harus bersikap baik pada alam, karena bagaimana sikap kita pada alam akan sangat menentukan bagaimana kondisi alam untuk kehidupan generasi manusia selanjutnya.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Stoicism berkaitan dengan ajaran etika berdasar pemikiran Aristoteles dan Plato, manusia yang bijaksana dan kebaikan adalah sumber kebahagiaan, Allah adalah Maha Kuasa, pandangan tentang kehidupan secara mendalam, dan semua manusia adalah sama. Menurut saya, meski stoisime merupakan paham yang ada pada jaman Romawi kuno, namun stoisisme merupakan paham yang baik. Memenuhi dasar pemikiran filsafat, yaitu memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada, bedanya stoisisme memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan manusia. Ajaran Stoisisme berpusat pada manusia, dan tentang manusia, mulai dari kehidupan hingga sifat manusia.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Stoic berasal dari bahasa Yunani stōïkos , yang berarti dari portico. Hal ini, pada gilirannya , berasal dari stoa , portico yang dicat, mengacu pada tempat ilmuwan Stoic Zeno yang terkenal, teras depannya. Dan juga Stoicism merupakan ilmu yang memperlajari tentang cara mengatasi rasa panik, depresi, kegagalan, kemarahan ataupun segala emosi yang bersifat destruktif dalam mecapai kebahagiaan hidup seseorang.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari Link-link berikut dapat dilihat pada link yang kedua disebutkan bahwa toicism adalah salah satu gerakan filsafat baru periode helenistik. Nama ini berasal dari teras (Stoa Poikile) di Agro di Athena dihiasi dengan lukisan Moral, dimana anggota sekolah berkumpul, dan mereka kuliah diadakan. Tidak seperti 'penggemar makanan dan minuman", artikata sifat bahasa inggris "tabah" tidak benar-benar menyesatkan berkaitan dengan asal-usul filosofis. Stoa itu, pada kenyataannya, tahan emosi seperti rasa takut atau rasa iri (atau lampiran seksual yang berapi-api, atau cinta yang penuh gairah sesuatu apapun) baik yang, atau muncul dari, penilaian palsu dan bahwa orang bujak orang yang telah mencapai kesempurnaan moral dan intelektual akan tidak mengalami mereka.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Stoicsm ini merupakan filosofi dari Hellenistic. Stoicism ini berkaitan dengan paham yang dibawa oleh Sokrates tentang moral. Hal ini berkaitan dengan penyebutan "Physics" yang berarti kombinasi dari science dan metafisik yang mereka sebut dengan logika. Logika ini berkaitan dengan kombinasi antara logika, epistemologi, filsafat bahasa, dan science kognitif.

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Stoisme adalah salah satu gerakan filosofis baru periode Helenistik. Stoicisme merupakan filsafat tentang etika yang dipengaruhi oleh sistem logika dan pandangannya tentang hidup. Menurut pndangannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima apa yang telah kita berikan dalam hidup, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita. Untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil.
    Orang-orang Stoa benar-benar menahan emosi seperti rasa takut atau iri hati (atau keterikatan seksual yang berapi-api, atau cinta penuh gairah terhadap apapun), atau timbul dari, penilaian salah dan bahwa orang bijak - seseorang yang telah mencapai kesempurnaan moral dan intelektual.

    ReplyDelete
  9. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Stoicisme adalah faham filsafat tentang kepribadian seseorang yang dalam pandangannya manusia sebagai makhluk sosial, bahwa jalan menuju kebahagiaan bagi manusia itu ditemukan dalam menerima apa yang telah kita berikan dalam hidup, selalu menerima apa yang terjadi (berserah diri), dengan tidak membiarkan diri dikendalikan oleh keinginan untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita. Untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil. (Seneca & Epictetus) menekankan bahwa, karena "kebajikan cukup untuk kebahagiaan", seorang yang bijak kebal terhadap kemalangan.

    https://en.wikipedia.org/wiki/Stoicism

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Stoicisme, filsafat diklasifikasi menjadi 3 bagian yaitu logika, fisika, dan etika. Ketiga bagian tersebut saling tergantung satu sama lain dan tidak bisa dimengerti secara penuh kalau terpisah dari yang lainnya. Adapun filsafat yang dimaksud oleh Stoicisme adalah way of life atau practical art yang bertujuan untuk mentransformasikan hidup seseorang menuju hidup yang ideal, Sage. The Sage adalah hidup yang ideal atau figur utama stoic bijak. Bagi kaum stoic, teori itu penting namun yang paling penting dan sangat ditekankan adalah pembiasaan (habituation) dan pencernaan (digestion). Dengan kata lain, harus ada aksi atau perbuatan sebagai bentuk transfer dari teori-teori ke dalam praktek kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Istilah apatheia pertama kali digunakan filsuf Aristoteles untuk menggambarkan suasana ketenangan atau pingsan. Kemudian, istilah ini dimasukkan ke sekolah filsafat yang didirikan oleh Zeno, yang disebut Stoicisme, untuk mengekspresikan suasana hati yang ideal dicapai manusia selama hidupnya. Cita-cita Stoicisme adalah mencapai apatheia, yaitu penerimaan dari peristiwa alam, sikap pasif terhadap rasa sakit dan kesenangan, penghapusan reaksi emosional, dan kurangnya gairah apa pun.

    ReplyDelete
  12. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Secara teoritis Stoa besifat materialis, secara praktis bermaksud membebaskan manusia dari belenggu benda, dengan hidup rohani orang memperoleh ketenangan batin. Manusia dihinggapi penyakit bila mencita-citakan kekayaan, kehoramatan dan tanda-tanda kebesaran dari yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, orang bijaksana tidak mempunyai nafsu yang meluap-luap ia dapat menerima segala sesuatu dengan sabar. Menjadikan manusia merdeka menurut hukum alam, manusia dapat berbuat leih dari binatang, ia dapat membanding dan dapat menentukan apa yang sesuai dengan sifatnya atau tidak, hal ini tergantung dari kemampuaannya untuk menimbang secara rasional. Hukum kausalitas umum menjelaskan bahwa tidak ada kemauan yang tidak mempunyai sebab, kemauan yang didorong oleh rasio dan timbangan yang akan melahirkan kesadaran kebijaksanaan yang melandasi sebab tindakannya, manusia hidup menurut alamnya adalah manusia yang tunduk pada hukum kausalitas, kemerdekaan tidak bertentangan dengan kemestian, melainkan berporos padanya. Aliran stoisisme atau stoa didirikan oleh zeno dari citium siprus (336-264 sM). Prinsip penting di kalangan aliran stoa adalah pandangannya yang bersifat materialistis, dengan kata lain yang ada itu adalah benda.

    ReplyDelete
  13. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Bagi kaum stoic, filsafat itu adalah jalan hidup (way of life). Filsafat adalah practical art, seni melatih diri agar menjadi manusia yang bijak, the sage. Apakah teori tidak penting dalam Stoicisme? Dengan menekankan filsafat sebagai way of life, kaum stoic tidak menyingkirkan pentingnya teori. Bagi mereka, teori juga penting. Tapi yang paling penting dan sangat ditekankan dalam Stoicisme adalah habituation and digestion(pembiasaan dan pencernaan). Artinya adalah kita mesti mengaksikan atau mentransferkan teori-teori itu ke dalam praktek hidup sehari-hari (Sam, 2013)

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Stoikisme mengajarkan kita untuk menerima takdir, mengatur emosi agar kita bisa bertahan dan survive di kehidupan ini. Stoikisme juga memandang bahwa kebajikan adalah hal yang baik diluar itu adalah keburukan. Stoikisme juga merupakan sikap dimana kita tabah dalam menghadapi takdir, menerima dengan lapang semua yang terjadi, dan selalu bertahan dalam keadaan apapun, karena keyakinan bahwa cobaan yang diberikan oleh Allah tidak akan melebihi kemampuan manusia untuk menerimanya.

    ReplyDelete
  15. Anisa SAFITRI
    17701251038
    PEP B

    stoikisme erat kaitannya dengan sikap keteguhan mental dalam situasi apapun, atau sikap teguh, tabah dalam menghadapi suatu permasalahan yang ada. Stoikisme mengajarkan kita untuk menerima takdir, mengatur emosi agar kita bisa bertahan dan survive di kehidupan ini. Stoikisme juga memandang bahwa kebajikan adalah hal yang baik diluar itu adalah keburukan. Stoikisme juga merupakan sikap dimana kita tabah dalam menghadapi takdir, menerima dengan lapang semua yang terjadi, dan selalu bertahan dalam keadaan apapun, karena keyakinan bahwa cobaan yang diberikan oleh Allah tidak akan melebihi kemampuan manusia untuk menerimanya.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Segala kejadian dan peristiwa yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Tuhan dan merupakan pilihan terbaik yang ditakdirkan kepada manusia. Peristiwa yang terjadi hendaknya diikuti oleh rasa syukur dan pasrah terhadap yang telah diberikan. Apabila manusia terus meningkatka rasa syukurnya, maka Tuhan akan menambah kenikmatan. Paham ini sesuai dengan stoikisme yang meliputi perkembangan logika (terbagi dalam retorika dan dialektika), fisika, dan etika (memuat teologi dan (politik). Seperti bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah atau tawakal menerima keadaannya di dunia. Sikap tersebut merupakan cerminan dari kemampuan nalar manusia, bahkan kemampuan tertinggi dari semua hal.

    ReplyDelete
  17. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Stoicism merupakan paham yang dianut oleh yunani kuno bermula pada awal abad ke-3 SM. Inti dari paham ini adalah bagaimana cara menjalani hidup. Secara bahasa, stoic berarti sikap keteguhan mental dalam situasi apapun. Seseorang yang mempunyai sifat stoic dapat dikatakan ia mampu tabah dan berpikiran jernih dalam menghadapi permasalahan. Tokoh-tokoh paham ini antara lain Zeno dari Citium, Posidonius, dan Marcus Aurelius. Mereka adalah model filsuf yang menekankan keteguhan mental dalam keadaan baik dalam situasi senang maupun sedih. Saya rasa para penganut stoicism ini adalah mereka yang mempunyai kematangan mental yang baik sehingga dalam situasi apapun tetap bisa tenang dan mempu mengendalikan emosinya.

    ReplyDelete
  18. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Stoicism berarti keteguhan mentaldalam situasi apapun. Mereka yang menganut paham stoicism memiliki mental dan sikap yang teguh dalam keadaan apapun. Menurut para filsuf yang menganut paham stoicism mereka menekankan pentingnya keteguhan mental, baik disaat senang maupun sedih. Kaum stoics juga berpandangan bahwa ada saatnya orang harus mengubah atau menerima. Jadi, apabila peristiwa tersebut bisa diperbaiki, maka mereka akan memperbaikinya, tetapi jika peristiwa yang mereka alami tidak bisa diperbaiki, mereka akan belajar untuk menerima. Bagi mereka peristiwa yang tidak dapat diperbaiki ini diangap sebagai ketetapan semesta. Kaum stoicism ini mengutamakan ketenangan batin, tetapi bukan berarti tidak memiliki emosi, melainkan mereka memanaj emosinya.

    ReplyDelete
  19. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Stoicisme merupakan salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Nama ini berasal dari teras (Stoa Poikile) di Agora di Athena yang dihiasi dengan lukisan mural, di mana anggota sekolah berkumpul, dan tempat di mana mereka mengadakan kuliah. Dalam filsafat ini menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana seseorang berperilaku atau bertindak sehari-hari. Inilah definisi dari filsafat individu itu sendiri. Untuk menjalani sebuah kehidupan yang baik, kita harus memahami aturan tatanan alam karena mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu berakar di alam.

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut Wikipedia berbahsa Indonesia, stoicism adalah salah-satu aliran pada masa Yunani-Romawi yang dipelopori oleh Zeno. Saya mengenal zeno dengan beberapa paradoksnya. Paradoks achiles dan kura-kura adalah paradoks yang paling sering saya dengar. Salah-satu yang saya suka dari ajaran stoicism adalah kebijaksanaan lahir dari keselarasan antara manusia dengan alam semesta. Tidak jauh beda dengan tugas manusia dalam ajaran Islam yaitu sebagai wakil Tuhan di Bumi untuk merawat alam semesta

    ReplyDelete
  21. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik yang berkembang di Romawi dan Yunani hingga abad ke-3 Masehi. Stoicisme sebagian besar merupakan filsafat etika pribadi yang berasal dari sistem logika dan pandangannya tentang alam. Menurut ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ialah menerima keadaan saat ini, tidak membiarkan diri dikendalikan oleh keinginan untuk bersenang-senang atau rasa takut akan rasa sakit atau kecewa, menggunakan pikiran untuk mengerti dunia di sekitar, berinteraksi dengan dalam, dan bekerja sama dan memperlakukan orang lain secara adil. Dengan kata lain, stoicisme ini idelanya merupakan manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam. Hal ini sangat bagus jika kita bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni bijaksana, sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  22. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Stoicism adalah Salah satu aliran filsafat pada masa Hellenisme yang didirikan oleh Zeno pada awal abad ke-3 SM. Ajaran ini memandang hidup itu selaras dengan alam. Etika ajaran ini bahwa manusia itu juga bagian dari alam. Semua kejadian yang ada di alam sudah seimbang maka apa yang sudah ditentukan oleh alam tidak bisa dibantah dan dipungkiri lagi.

    ReplyDelete
  23. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Stoisisme merupakan filososofi cara hidup. Kaum Stoisis menggabungkan ajaran filsuf kuno dengan pemikiran Plato dan Aristoteles dengan keyakinan besar bahwa mereka mengajarkan etos dan sikap baru yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Mereka meyakini bahwa indikasi terbaik filsafat seseorang bukan pada apa yang dikatakan tetapi bagaimana ia berperilaku. Stoisisme ideal adalah manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam, mengendalikan afeksinya, dan menghadapi penderitaan dengan tenang. Tujuan kehidupan kaum stoisis adalah rasa puas dengan kebajikan sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan. Stoisme bukan filsafat spekulatif dan sistematik melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam yang memperhatikan emosi-emosi.

    ReplyDelete
  24. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik yang berkembang di seluruh dunia Romawi dan Yunani hingga abad ke-3 Masehi. Dari informasi artikel bapak Prof di atas ternyata untuk memperdalam ilmu filsafat ada sekolah khusus pendidikan filsafat itu sendiri. Dari hal tersebut terlihat jelas bahwa filsafat mempunyai pengaruh yang cukup besar tidak hanya dari sudut pandang kehidupan tetapi juga di dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit over the links presented above. The article is a new science to me as well. Stoicism was a school of Hellenistic philosophy that flourished in Rome and Greece until the 3rd century AD. Stoicism is largely a personal ethical philosophy derived from a system of logic and its view of nature. In this doctrine, the way to get happiness for every human living today is to accept the present state of affairs. Man must be in harmony with nature and everything that exists and that may exist in this world. If linked in the realm of spiritualism, this trait is called qonaah, it means accepting everything that happens and what he has given God in life. Therefore, the nature is very good if it can be applied in everyday life. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  26. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Stoaisme merupakan ajaran oleh Zeno (366-264 SM), pokok dari ajaran ini adalah bagaimana manusia dapat bahagia dalam hidupnya. Untuk mencapai kebahagian tersebut manusia harus harmoni terhadap dunia (alam) dan harmoni dengan dirinya sendiri. Manusia harus harmoni dengan alam karena ia merupakan bagian dari alam, dan sebelum harmoni dengan alam tentu manusia harus terlebih dahulu harmoni dengan dirinya sendiri dan bila itu telah terpenuhi maka kebahagiaan bukanlah lagi sebagai tujuan hidup, akan tetapi dalam keadaan harmoni dengan dirinya sendiri. Itulah sesungguhnya manusia dalam keadaan yang disebut “apatheia” yaitu keadaaan manusia dimana dirinya dapat menguasai segala perasaannya.

    ReplyDelete
  27. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Stoicism adalah sikap keteguhan mental dalam situasi apapun. Seseorang yang stoic dapat tabah dan berpikiran jernih dalam menghadapi persoalan. Ajaran ini menekankan pentingnya keteguhan mental baik itu di saat senang maupun sedih. Mazhab ini termasuk yang paling berpengaruh dalam sejarah

    ReplyDelete
  28. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Menurut link yang telah bapak bagikan, stoicism adalah salah satu aliran dalam filsafat yunani yang dikembangkan oleh Zeno di Athena. Stoicism merupakan filsafat tentang etika pribadi yang didapat dari sistem logika dan pandangannya tentang alam semesta. Menurut aliran ini, manusia adalah makluk sosial sehingga jalan untuk menuju kebahagiaan adalah dengan menghadirkan dirinya kepada lingkungan sekitar dengan tidak membiarkan rasa keinginan untuk bersenang atau takut menguasai diri sendiri, akan tetapi lebih kepada sikap bekerja sama dan memperlakukan orang lain dengan adil. Sehingga dapat dikatakan stoicism salah satu aliran filsafat yang membuat manusia untuk berpikir bijaksana.

    ReplyDelete
  29. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik yang berkembang di seluruh dunia Romawi dan Yunani hingga abad ke-3 Masehi. Stoicisme sebagian besar merupakan filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logika dan pandangannya tentang alam. Menurut ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima saat ini karena menghadirkan dirinya sendiri, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk bersenang-senang atau rasa takut akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita untuk mengerti.
    Dalam Stoicisme, filsafat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu fisika, etika dan logika. Dalam usaha untuk menjelaskan relasi ketiga bagian ini, beberapa tokoh Stoicisme mengatakan bahwa: “ filsafat itu ibarat seekor binatang. Tulang dan urat syarafnya adalah logika, dagingnya adalah etika, dan jiwanya adalah fisika. Ada juga yang mengibaratkannya sebagai telur. Cangkangnya adalah logika, putih telurnya adalah etika, dan kuning telurnya adalah fisika

    ReplyDelete
  30. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Stoicsm merupakan pandangan filosofi yang lahir pada periode Hellenistic. Hal yang menarik dari Stoa ini adalah ia berusaha untuk menahan emosi, nafsu, iri, dan ketakutan. Menurut mereka bahwa sesungguhnya orang yang dikatakan bijak adalah orang yang berhasil mencapai kesempurnaan moral dan intelektual. Sungguh pandangan yang sangat luas ketika kita bandingkan dengan realita di masa kini. Di era sekarang justru kita menganggap antara moral dan intelektual merupakan hal yang berseberangan. Seperti contoh orang-orang yang sering berbicara tentang moral mennganggap bahwa intelektual akan melunturkan moral yang selama ini dibangun, begitu pula sebaliknya oleh intelektual tertentu menganggap bahwa moral tidak dibutuhkan dalam pembentukan intelektualitas seseorang.

    ReplyDelete
  31. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    stoicism sebagian besar menjelaskan tentang filsafat etika pribadi,dimana untuk mencapai kebahagiaan maka manusia harus menerima apa yang diperoleh saat ini atau keaadaan saat ini dan dapat mengendalikan keinginan untuk bersenang-senang serta berbuat adil pada sesama. Filsafat etika pribadi ang baik bukan berbentuk ucapan namun berupa perbuatan yang baik. Dapat diartikan disini bahwa manusia yang beretika adalah yang berperilaku baik kepada sesama dan bisa berlaku adil.

    ReplyDelete
  32. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Berdasarkan sumber di atas stoicism merupakan sekolah filsafat yang didirikan di Yunani. Ajaran dalam sekolah ini ditekankan pada logika, fisika, dan etika. Pandangan yang ditekankan dalam etika adalah hidup yang tawakal dan pasrah menerima keadaannya dunia. Dalam ajaran stoicism untuk memperoleh kebahagiaan di dunia ini maka hendaknya dapat menerima segala macam keadaan. Selain itu juga tidak membiarkan adanya keinginan untuk bersenang-senang atau takut akan rasa sakit.
    Menurut saya ajaran etika stoicism ini yang dalam istilah jawa sering disebut “nrimo ing pandum”. Menerima segala jalan hidup tanpa ada penolakan atau pemberontakan tentang suatu hal, dan juga tidak neko-neko.

    ReplyDelete
  33. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang dapat saya pahami mengenai stoicism adalah bahwa stoicism merupakan paham atau aliran atau ajaran filsafat yang mengajarkan pengikutnya untuk senantiasa menerima keadaan yang ia alami atau dapati sekarang dan tidak membiarkan hasrat atau ketakutan terhadap sesuatu yang belum pasti mengendalikan dirinya.

    ReplyDelete
  34. Junianto
    PM C

    Stoicism merupakan paham yang mengatakan bahwa untuk memeperoleh kebahagiaan di dunia maka ia harus menerima dan pasrah terhadap apa yang ia terima dan alami. Hal ini juga menunjukkan bahwa tidak boleh ada egoisme untuk memperoleh segala sesuatu yang tidak kita peroleh. Maka hal yang pantas dilakukan adalah menerima dengan lapang dada terhadap apa yang diterima saat ini.

    ReplyDelete
  35. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Menurut paham stoicisme orang-orang bijak tidak akan mengalami emosi karena telah mencapai kesempurnaan intelektual. stoicisme adalah filsafat yang mengajarkan latihan untuk hidup.Hal yang paling mendasar dari konsep kehidupan stoikisme adalah hidup berdasarkan alam. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  36. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Stoicism merupakan bagian dari ilmu filsafat yang menafsirkan bahwa emosi yang timbul dari diri manusia merupakan akibat kesalahan penilaian terhadap sesuatu. Paham ini menjelaskan bahwa orang yang baik dan bijak akan memiliki kesempurnaan moral dan intelektual sehingga tidak akan menderita emosi. Emosi berkaitan dengan kondisi pikiran dan perasaan seseorang yang diekspresikan seseorang, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Apabila seseorang emosi, maka dampaknya bukan saja merugikan dirinya sendiri, melainkan juga orang lain.

    ReplyDelete
  37. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pemahaman yang diberikan dari Stoicism menurut saya itu tidak dapat saya ikuti. Karena pandangan saya sendiri, seseorang khususnya mereka yang muslim juga dituntut untuk berusaha dahulu sebelum mereka pasrah atau bahasa lainnya yaitu tawakkal. Hanya orang-orang yang malas saja yang menunggu dan menunggu pasrah atas apa yang mereka akan atau telah mereka terima. Kita hidup di Dunia ini bukan untuk selalu pasrah dan mengatakan segala hal itu karena takdir. Sebnarnya takdir itu kita yang menentukan karena kita melakukan sesuatu dan pada akhirnya itu merupakan sebab dari apa yang kita lakukan. Jadi konsep takdir tidak bisa dikatakan oleh mereka yang tidak mau berusaha, takdir itu hanya buat mereka yang berusaha.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  38. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa referensi yang terdapat dalam postingan di atas, stoicism merupakan suatu paham atau pandangan filsafat bahwa dalam menuju kebahagiaan seseorang harus mampu mengendalikan dirinya sendiri serta tidak membiarkan hasrat atau keinginan yang justru akan membuat dirinya berada dalam keadaan sulit. Dalam artian bahwa stoicism ini merupakan wujud pengendalian hawa nafsu seseorang terhadap urusan-urusan dunia.

    ReplyDelete
  39. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Stoikisme meliputi perkembangan logika (terbagi dalam retorika dan dialektika), fisika, dan etika (memuat teologi dan(politik). Seperti bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah atau tawakal menerima keadaannya di dunia. Sikap tersebut merupakan cerminan dari kemampuan nalar manusia, bahkan kemampuan tertinggi dari semua hal

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  40. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Stoikisme adalah keadaan yang meyakini beberapa pijakan diantaranya meliputi perkembangan logika (terbagi dalam retorika dan dialektika), fisika, dan etika (memuat teologi dan (politik).
    Pandangan yang mencolok tentang etika adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah atau tawakal menerima keadaannya di dunia. Mungkin jika di dalam islam dinamakan Qanaah.

    ReplyDelete
  41. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Stoicisme adalah filsafat sistematis yang memegang prinsip-prinsip pemikiran logis. Stoikisme meliputi perkembangan logika , fisika, dan etika. Hal ini sangat penting untuk dimiliki manusia, manusia memang tidak seharusnya hanya fokus pada peristiwa apa yang sedang terjadi, namun lebih pada pemikiran terhadap peristiwa tersebut.

    ReplyDelete
  42. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Stoicisme adalah orang-orang yang tidak menunjukkan ekspresi apapun saat mereka merasakan hal-hal yang baik maupunyang buruk. Atau dapat dikatakan meraka yang tidak banyak bicara. Mereka memiliki tujuan untuk membuat hidup lebih bahagia tanpa beban dengan cara mengendalikan emosi atau hal-hal negatif yang menghampirinya. Stoicisme memberikan pelajaran bahwa manusia harus dapat menahan hawa nafsu, dapat menerima takdir yang telah digariskan, tidak mudah mengeluh, dan senantiasa bersyukur kepada sang PEncipta. Kebaikan adalah harus dilakukan dan keburukan harus ditinggalkan.

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Menurut Stoicisme sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima saat ini karena menghadirkan dirinya sendiri, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk bersenang-senang atau rasa takut akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita untuk mengerti (https://en.m.wikipedia.org/wiki/Stoicism). Menurut orang stoicisme, emosi harus ditinggalkan karena dapat membawa kepada kerusakan. Selain itu, mereka beranggapan bahwa yang terpenting adalah apa yang dikerjakan bukan apa yang dikatakan. Maka penganut stoicisme ini ialah orang yang memendam emosinya dalam dirinya sendiri, tidak banyak bicara, dan lebih suka melakukan aksi nyata.

    ReplyDelete
  44. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Stoicisme merupakan paham yang berfoku pada logika, fisik dan etik. Paham ini mengajarkan bahwa kita dapat mengendalikan logika dengan etik atau perasaan kita. Kita tidak dikendalikan oleh logika. Begitupun dengan perasaan atau etik kita dapat dikendalikan dengan logika. Paham Orang yang memiliki paham Stoicisme ini mampu mengendalikan emosi diri sendiri, lebih suka melakukan hal-hal yang nyata dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang menurutnya akan membawa kerusuhan dan perpecahan.

    ReplyDelete
  45. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium pada awal abad ke-3 SM. Kaum Stoa mengajarkan bahwa emosi destruktif akibat kesalahan dalam penilaian, dan bahwa orang bijak, atau orang yang "kesempurnaan moral dan intelektual," tidak akan menderita emosi tersebut. Stoik khawatir dengan hubungan aktif antara determinisme kosmik dan kebebasan manusia, dan keyakinan bahwa itu adalah murni untuk mempertahankan kehendak (disebut prohairesis) yang sesuai dengan alam. Karena itu, kaum Stoik disajikan filosofi mereka sebagai cara hidup, dan mereka berpikir bahwa indikasi terbaik filsafat seseorang bukan apa yang orang katakan tetapi bagaimana ia berperilaku. Kemudian Stoa, seperti Seneca dan Epictetus, menekankan bahwa karena "kebajikan cukup untuk kebahagiaan", bijak kebal terhadap kemalangan. Keyakinan ini mirip dengan arti dari kalimat "tabah tenang", meskipun kalimat tidak termasuk "radikal etis" pandangan Stoic bahwa hanya bijak dapat dianggap benar-benar bebas, dan bahwa semua korupsi moral yang sama-sama setan.

    ReplyDelete
  46. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Berdasarkan salah satu sumber bacaan yang bapak berikan di atas, pada zaman Romawi Kuno sudah berkembang suatu doktrin bahwa orang yang bijak adalah orang yang kebal terhadap kemalangan sehingga kebaikan saja sudah cukup untuk meraih kebahagiaan. Karena itulah lukisan-lukisan pada zaman tersebut selalu menunjukkan ekspresi yang tenang. Orang-orang yang menganut paham ini benar-benar menahan diri mereka dari segala sesluatu yang dapat menimbulkan ekspresi berlebihan seperti cinta, seksual, takut, iri, dendam, dan lainnya.

    ReplyDelete
  47. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Scoitism mengajarkan tentang pengembangan kontrol diri dan ketabahan sebagai sarana untuk mengatasi emosi destruktif. Kontrol diri diperlukan dalam kehidupan kita, salah satu kontrol diri adalah sabar. Dengan bersabar maka kita melakukan kontrol diri dan dengan bersabar pula kita dapat mengatasi hal-hal seperti emosi destruktif. Ada suatu pepatah yang mengatakan bahwa orang sabar maka disayang Tuhan.

    ReplyDelete
  48. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Stoicism ialah paham dimana manusia yang bijak ialah ia yang mampu mengendalikan emosi dan hawa nafsunya contohnya mara, iri, dengki, nafsu seksual, dan lain lain. Orang dengan paham stoicism yakin bahwa orang bijak akan bebas sedangkan yang lainnya ialah budak. Budak di sini artinya ialah budah emosi dan hawa nafsu. Hikmah dari paham stoicism ini ialah agar kita dapat menahan emosi serta hawa nafsu kita. karena sesungguhnya emosi itu muncul dari ketidaksiapan pikir serta hawa nafsu itu datanganya dari bisikan syaitan. artinya seseorang yang terbawa emosi dan mengikuti hawa nafsu ialah orang yang sedang mengalami kekacauan di dalam pikiran dan hatinya.

    ReplyDelete
  49. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Stoisisme dirintis oleh zeno (336-264)SM, berasal dari kata Stoa (gang-gang). Inti dari ajaran Stoa adalah etika, menurut ajaran ini, manusia itu adalah bagian dari alam, sehingga ia wajib untuk hidup selaras dengan alam. Bagaimanapun alam ini sudah berjalan sebagaimana adanya menurut rasio(logos)-nya sendiri, sehingga kejadian yang sudah ditentukan oleh alam itu tidak mungkin dapat dielakkan oleh manusia. Sebelum dapat mencapai keselarasan dengan alam itu, manusia harus terlebih dahulu menyelaraskan dirinya sediri, yakni dengan selalu menyesuaikan perilaku dengan akalnya. Kebajikan tidak lain adalah akal yang benar (recta ratio). dengan demikian akal atau rasio yang dimaksud disini tidak lagi sekadar akal pribadi manusia itu, melainkan juga akal alam yang juga dapat diartikan sebagai hukum alam yang bersifat Ilahi.

    ReplyDelete
  50. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Berdasar referensi yang saya baca, Stoisisme dirintis oleh zeno (336-264)SM, berasal dari kata Stoa (gang-gang). Aliran Stoisisme berpandangan bahwa kebaikan adalah kebahagian. Kebahagiaan tersebut dicapai dalam perjalanan hidup yang sesuai dengan alam. Atau bisa dibilang inti ajaran ini adalah mengajak untuk hidup sesuai atau selaras dengan alam.

    ReplyDelete
  51. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017
    Assalamualaikum, wr.wb.
    Berdasarkan sumber yang diberikan, Stoicism adalah sebuah sekolah filsafat Yunani Kuno yang berpijak pada perkembangan logika, fisika, dan etika, namun yang mencolok darinya adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup . Atau dengan kata lain berarti stoicism adalah aliran filsafat yang berfokus pada sikap manusia dalam menjalani kehidupannya atau etika manusia.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  52. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Stoicism adalah aliran tentang etika pribadi yang diinformasikan oleh logika dan pandangannya tentang alam. Menurut ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima saat ini karena menghadirkan dirinya sendiri, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk bersenang-senang atau rasa takut akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita untuk mengerti.

    ReplyDelete
  53. Sejujurnya baru kali ini saya mendnegar istilah stoicism. Yang berasal dari sebuah sekolah. Dengan adanya perkembangan logika, fisika, dan etika dan politik, pandangan tentang etika adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah atau tawakal menerima keadaanya di dunia. Menurut saya ada hal yang baik dalam paham ini mengenai tawakal dan ilmu sains lainnya yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Namun saat etika hanya menerapkan kepasrahan, maka hal ini kurang menekankan untuk melakukan ikhtiar atau usaha.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Setelah mencoba memahami dari beberapa referensi, secara sederhana saya mengambil ksebuah simpulan bahwa stoicisme adalah paham yang menganggap kebahagiaan hidup berasal dari kemampuan diri mengendalikan apa yang ada didalamnya, termasuk emosi dan pikiran. Setinggi-tingginya hidup adalah hidup yang mampu selaras dengan kodrat alam, menerima dengan lapang dada apa yang dialami.

    ReplyDelete
  55. Arina Husna Zaini
    11701251024
    PEP S2 B

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Stoicism merupakan kosa kata yang masih asing di dengar oleh saya. Namun, setelah mencoba memahami isi artikel diatas diketahui bahwa stoicism merupakan suatu aliran filsafat yunani-romasi. Aliran ini memiliki beberapa pikiran pokok yang terdiri dari 5 bagian meliputi, Pertama : penggabungan pemikiran aristotales dan plato dengan keyakinan besar bahwa mereka mengajarkan etos dan sikap baru yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika; kedua : idealisme stoicism bahwa manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam, mengendalikan afeksinya, menanggung penderitaan secara tenang dan sebagai tujuan kehidupannya ialah rasa puas dengan kebajikan sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan; Ketiga :Tuhan adalah spesies dunia; Keempat: Stoicism memandangan bahwa kehidupan secara mendalam memperhatikan emosi-emosi manusia. Kelima, anjuran kesamaan semua manusia merupakan karakteristik sebagaimana juga suatu kosmopolitanisme tertentu. Pada poin ketiga kami masih merasa kebingungan karena bahasa yang sulit kami cerna. Mohon pencerahannya Prof. Terima Kasih

    ReplyDelete
  56. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Stoicism merupakan pengendalian diri dari sifat-sifat yang dapat merusak diri seseorang seperti rasa takut, iri, berlebihan menyukai sesuatu, atau tidak sabaran. Meskipun memang secara manusiawi setiap manusia pasti memiliki hasrat untuk melakukan hal-hal buruk tersebut. Namun disini kontrol dirilah yang berperan. Bagaimana seorang manusia menahan hasrat atau keinginan buruknya sehingga tidak merugikan dirinya sendiri atau bahkan orang lain.

    ReplyDelete