Jan 13, 2013

STOICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Stoicism, bisa konek berikut:


Wss

34 comments:

  1. Stoicism secara esensial adalah sistem etika yang dikendalikan oleh logika sebagai teori metode dan fisika sebagai landasan. Stoicism berpandangan bahwa kesakitan dan kesenangan, kemiskinan dan kekayaan, kesakitan dan kesehatan dianggap sama-sama tidak penting. jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima apa yang kita telah diberikan dalam hidup, dengan tidak membiarkan diri kita dikuasai oleh keinginan kita untuk kesenangan atau ketakutan kita sakit, dengan menggunakan pikiran kita untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja bersama-sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil. Nafsu manusia yang menggebu-gebu berusaha diredam dan diseimbangkan dengan kebutuhan. Kontrol nafsu manusia menjadi penting untuk menjaga keseimbangan. Kebahagiaan bukan dengan memperturutkan nafsu manusia itu sendiri. bersyukur dengan apa yang ada, di waktu sekarang.

    ReplyDelete

  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik yang berkembang di seluruh dunia Romawi dan Yunani sampai abad ke-3. Stoicisme didominasi filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistemnya logika dan pandangan pada dunia alam. Menurut ajaran-ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima apa yang kita telah berikan dalam hidup, dengan tidak membiarkan diri kita dikuasai oleh keinginan kita untuk kesenangan atau ketakutan kita, dengan menggunakan pikiran kita untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita di dalam alam ini, dan dengan bekerja bersama-sama dan memperlakukan orang lain secara adil.

    Didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium pada abad ke-3 SM awal. Stoa mengajarkan bahwa emosi mengakibatkan kesalahan penilaian yang destruktif, karena hubungan aktif antara determinisme kosmik dan kebebasan manusia, dan keyakinan bahwa itu adalah berbudi luhur untuk mempertahankan kehendak (disebut prohairesis) yang sesuai dengan alam. Karena itu, kaum Stoik menyajikan filosofi sebagai cara hidup mereka (lex divina), dan mereka berpikir bahwa indikasi terbaik filsafat individu bukan apa yang dikatakan seseorang tapi bagaimana orang itu berperilaku. Untuk menjalani kehidupan yang baik, seseorang harus memahami aturan tatanan alam karena mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu berakar di alam.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Stoicism merupakan ilmu yang memperlajari tentang cara mengatasi rasa panik, depresi, kegagalan, kemarahan ataupun segala emosi yang bersifat destruktif dalam mecapai kebahagiaan hidup seseorang. Sehingga stoicism ini persiapan manusia dalam menghadapi hal buruk yang akan terjadi. Dengan demikian stoicism mengajarkan seseorang untuk melihat halangan dan rintangan yang ada di depan mata bukan sebagai sesuatu yang dapat menghentikan langkah seseorang untuk maju dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Stoicism merupakan pengendali diri dari sifat-sifat yang dapat merusak seseorang. Stoicism ini seperti halnya rasa takut, iri, menyukai sesuatu secara berelebihan, atau tidak sabar. Secara manusiawi manusia memang memiliki hasrat untuk melakukan hal yang buruk tersebut. Disini kontrol dirilah memegang pernanan penting untuk menahan keinginan buruk sehingga tidak merugikan dirinya sendiri dan orang lain.


    ReplyDelete
  5. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Meskipun saya baru mengetahui istilah sticism, saya akan mencoba untuk mengungkap sebenarnya apa itu stoicism. Stoicism merupakan salah satu aliran filsafat yang berkembang di seluruh Romawi dan Yunani. Inti dari ajaran yang dikemukakan oleh stoicism yakni kebahagiaan kita ditentukan oleh apa yang telah kita berikan untuk dunia. Jika kita analogikan dengan bahasa yang sering kita dengar yakni apa yang kita tanam maka itulah yang akan kita petik. Jika kita menanam kebaikan, maka kebaikan lah yang akan kita petik, begitu pula jika kita menanam keburukan maka keburukan pula yang akan kita peroleh. Apa yang kita beri maka itulah juga yang akan kita terima. Hal ini tidak bisa diartikan secara harfiah, namun maksud yang terdapat dalam kalimat itu merupakan makna yang tersirat. Dan seringkali kita harus menunggu waktu panen atau saat-saat ketika menerima hasil dari apa yang kita tanam. Jika kita sabar tentunya hal itu akan datang. Akan tetapi bagi orang-orang yang tidak sabar, dengan kata lain ingin yang instan-instan, maka yang mereka peroleh pun juga akan cepat menghilang.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    stoicsm mngajarkan kita salah satunya untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja bersama-sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Siapa yang menanam pasti akan memetik hasilnya, entah itu sedikit atau pun banyak. Hukum alam selalu berlaku bagi semua yang tinggal di alam semesta. Meski beramal sebesar biji zarah pun pasti akan dipetik. Menanam kebaikan maupun keburukan, baik itu sedikit maupun banyak pasti akan memetik sesuai dengan apa yang kita tanam. Dan sebenar-benar orang yang beruntung ialah yang hari esok lebih baik dari hari ini.

    ReplyDelete
  8. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Stoisisme adalah ajaran etika, menurut ajaran ini, manusia itu adalah bagian dari alam, sehingga ia wajib untuk hidup selaras dengan alam. Dalam Stoicisme, filsafat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu fisika, etika dan logika. Karena Stoa menilai segala sesuatu adalah satu kesatuan tak terpisahkan, maka keteraturan dalam ini sebagai takdir. Seperti halnya menilai alam semesta ini adalah proses penciptaan yang terus menerus.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Stoicisme merupakan filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logika dan pandangannya tentang alam. Menurut ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima apa yang telah kita berikan dalam hidup, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita.
    pada intinya kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Kaum stoikisme percaya bahwa setiap orang adalah bagian satu akal atau logos yang sama. Mereka beranggapan bahwa setiap orang seperti dunia miniatur atau mikrokosmos, yang merupakan cerminan dari makrokosmos. Ini mendorong pada pemikiran bahwa ada suatu kebenaran universal, yang dinamakan hukum alam. Dan karena hukum alam ini didasarkan pada akal manusia yang abadi dan universal, ia tidak berubah sejalan berlalunya waktu dan berpindahnya tempat. Hukum alam mengatur seluruh umat manusia, bahkan para budak. Kaum Stoik mengangap ketentuan undang-undang dari berbagai negara hanyalah tiruan tidak sempurna dari hukum yang tertanam pada alam itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Konsep stoicism adalah "humanisme" yang artinya suatu pandangan hidup yang menempatkan individu sebagai fokus utama, kaum stoicism percaya bahwa setiap orang adalah bagian dari satu akal "logos" yang sama. Stoicism merupakan ide dasar dari kosmopolitanisme. Ide dasar dari stoicism ini adalah mengenai natural law. Bahwa para Stoics memandang pentingnya etika yang merupakan hukum alamiah tersebut. Dan ini berlaku terhadap warga dunia secara menyeluruh. Dan dua filosofi dasar dari hal ini adalah naturalness of virtue dan hubungan antara self-centeredness dengan sesamanya. Manusia seharusnya hidup sesuai dengan sifat alamiahnya agar kehidupannya dapat berlangsung dengan baik. Pemahaman dan penerapan atas hukum alamiah tersebut lah yang akan membuat manusia menjadi cosmopolites.
    Dalam Stoicisme, filsafat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu fisika, etika dan logika. Dalam usaha untuk menjelaskan relasi ketiga bagian ini, beberapa tokoh Stoicisme mengatakan bahwa: “Filsafat itu ibarat seekor binatang. Tulang dan urat syarafnya adalah logika, dagingnya adalah etika, dan jiwanya adalah fisika. Ada juga yang mengibaratkannya sebagai telur. Cangkangnya adalah logika, putih telurnya adalah etika, dan kuning telurnya adalah fisika. Yang lain lagi mengibaratkannya seperti kebun buah-buahan. Pagar sekeliling kebun adalah lagika, buah-buahan adalah etika, dan tanah serta pohon-pohon adalah fisika”.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Stoisme berasal dari filsafat Helenistik, yang didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium (Siprus modern), c. 300 SM Ini dipengaruhi oleh Socrates dan kaum Sinis, dan terlibat dalam perdebatan sengit dengan Kaum Skeptis, Akademisi, dan Epikuria. Nama itu berasal dari Stoa Poikile, atau teras berukir, sebuah pasar terbuka di Athena dimana orang-orang Stoa yang asli biasa bertemu dan mengajar filsafat. Stoicisme pindah ke Roma di mana ia berkembang selama masa Kekaisaran, atau dianiaya oleh Kaisar yang tidak menyukainya (misalnya Vespasianus dan Domitianus) dan secara terbuka dipeluk oleh Kaisar yang berusaha untuk hidup dengan itu (Marcus Aurelius yang paling menonjol). Ini mempengaruhi kekristenan, dan juga sejumlah tokoh filosofis utama sepanjang masa (misalnya, Thomas More, Descartes, Spinoza), dan pada awal abad ke-21 melihat kebangkitan sebagai filosofi praktis yang terkait dengan Terapi Perilaku Kognitif dan pendekatan serupa. Stoisme adalah sejenis etika kebajikan eudaimonik, yang menyatakan bahwa praktik kebajikan baik diperlukan dan cukup untuk mencapai kebahagiaan (dalam pengertian eudaimonik). Namun, orang-orang Stoa juga mengakui adanya "indiferen" (untuk eudaimonia) yang bagaimanapun dapat disukai (misalnya, kesehatan, kekayaan, pendidikan) atau dispreferred (misalnya, penyakit, kemiskinan, ketidaktahuan), karena mereka memiliki (masing-masing, Positif atau negatif) nilai perencanaan sehubungan dengan kemampuan mempraktekkan kebajikan. Stoicisme sangat filosofis yang dimaksudkan untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari, berfokus pada etika (dipahami sebagai studi tentang bagaimana menjalani hidup seseorang), yang pada gilirannya diinformasikan oleh apa yang oleh orang-orang Stoa disebut "fisika" (sekarang ini, kombinasi antara alam Ilmu pengetahuan dan metafisika) dan apa yang mereka sebut "logika" (kombinasi antara logika modern, epistemologi, filsafat bahasa, dan ilmu pengetahuan kognitif).

    ReplyDelete
  13. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Stoicisme adalah sekolah filsafat Helenistik didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium pada awal abad ke-3 SM. Kaum Stoa mengajarkan bahwa emosi destruktif akibat kesalahan dalam penilaian bahwa orang bijak atau orang yang kesempurnaan moral dan intelektual. Kata stoic populer penggunaannya sekitar abad ke-14 yang kemudian merujuk makna secara lebih sederhana, yakni: tahan banting dari segala bentuk gempuran permasalahan di dalam kehidupan. Biasanya digunakan oleh pusat-pusat pendidikan yang fokus kepada penggemblengan karakter dan mental.

    ReplyDelete
  14. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Konsep stoicism berarti suatu pandangan hidup yang menempatkan individu sebagai fokus utamanya. Stoisisme bukan merupakan filsafat yang spekulatif dan sistematik, melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam memperhatikan emosi-emosi manusia. sebagai pengganti agama ia berusaha memperlihatkan manusia bagaimana memiliki jiwa dalam kedamaian. sikap ini mempengaruhi perilakunya terhadap kebajikan-kebajikan. Dan tulisan aliran-aliran ini cenderung bernada moralis. Hal ini erat hubungannya dengan konsep humanis.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Stoicism merupakan kehidupan yang selaras dengan alam dan menjadikan rasa puas dengan kebajikannya sebagai satu – satunya sumber kebahagiaan. Maka setiap peristiwa yang terjadi seakan direncanakan dan mejadi akibat penyelenggaraan Tuhan. Dalam aliran ini, beberapa pokok pikiran dapat dijelaskan menjadi beberapa bagian dengan menggabungkan ajaran filsuf kuno dengan pemikiran Plato dan Aristoteles yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Beberapa pikiran pokok seperti yang telah diuraikan sebagian pada kalimat sebelumnya.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Stoicisme merupakan salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Dalam filsafat ini menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana orang berperilaku atau bertindak sehari-hari. Ini merupakan pengertian dari fisafat itu sendii. Agar dapat menjalani kehidupan dengan baik, salah satunya adalah memahami aturan tatanan alam, karena alam pun memiliki tatanan yang memberikan pelajaran bagi kita manusia.

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Stoicisme adalah salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Dalam filsafat stoicisme menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana orang berperilaku atau bertindak sehari-hari. Inilah definisi dari filsafat individu itu sendiri. Untuk menjalani kehidupan yang baik, salah satu harus memahami aturan tatanan alam karena mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu berakar di alam. Dimana dari alam manusia bisa mengembangkan dirinya, ia dapat belajar dari pengalaman yang merupakan interaksi dengan alam. Manusia juga harus bersikap baik pada alam, karena bagaimana sikap kita pada alam akan sangat menentukan bagaimana kondisi alam untuk kehidupan generasi manusia selanjutnya.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Stoicism berkaitan dengan ajaran etika berdasar pemikiran Aristoteles dan Plato, manusia yang bijaksana dan kebaikan adalah sumber kebahagiaan, Allah adalah Maha Kuasa, pandangan tentang kehidupan secara mendalam, dan semua manusia adalah sama. Menurut saya, meski stoisime merupakan paham yang ada pada jaman Romawi kuno, namun stoisisme merupakan paham yang baik. Memenuhi dasar pemikiran filsafat, yaitu memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada, bedanya stoisisme memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan manusia. Ajaran Stoisisme berpusat pada manusia, dan tentang manusia, mulai dari kehidupan hingga sifat manusia.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Stoic berasal dari bahasa Yunani stōïkos , yang berarti dari portico. Hal ini, pada gilirannya , berasal dari stoa , portico yang dicat, mengacu pada tempat ilmuwan Stoic Zeno yang terkenal, teras depannya. Dan juga Stoicism merupakan ilmu yang memperlajari tentang cara mengatasi rasa panik, depresi, kegagalan, kemarahan ataupun segala emosi yang bersifat destruktif dalam mecapai kebahagiaan hidup seseorang.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari Link-link berikut dapat dilihat pada link yang kedua disebutkan bahwa toicism adalah salah satu gerakan filsafat baru periode helenistik. Nama ini berasal dari teras (Stoa Poikile) di Agro di Athena dihiasi dengan lukisan Moral, dimana anggota sekolah berkumpul, dan mereka kuliah diadakan. Tidak seperti 'penggemar makanan dan minuman", artikata sifat bahasa inggris "tabah" tidak benar-benar menyesatkan berkaitan dengan asal-usul filosofis. Stoa itu, pada kenyataannya, tahan emosi seperti rasa takut atau rasa iri (atau lampiran seksual yang berapi-api, atau cinta yang penuh gairah sesuatu apapun) baik yang, atau muncul dari, penilaian palsu dan bahwa orang bujak orang yang telah mencapai kesempurnaan moral dan intelektual akan tidak mengalami mereka.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Stoicsm ini merupakan filosofi dari Hellenistic. Stoicism ini berkaitan dengan paham yang dibawa oleh Sokrates tentang moral. Hal ini berkaitan dengan penyebutan "Physics" yang berarti kombinasi dari science dan metafisik yang mereka sebut dengan logika. Logika ini berkaitan dengan kombinasi antara logika, epistemologi, filsafat bahasa, dan science kognitif.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Stoisme adalah salah satu gerakan filosofis baru periode Helenistik. Stoicisme merupakan filsafat tentang etika yang dipengaruhi oleh sistem logika dan pandangannya tentang hidup. Menurut pndangannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan bagi manusia ditemukan dalam menerima apa yang telah kita berikan dalam hidup, dengan tidak membiarkan diri kita dikendalikan oleh keinginan kita untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita. Untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil.
    Orang-orang Stoa benar-benar menahan emosi seperti rasa takut atau iri hati (atau keterikatan seksual yang berapi-api, atau cinta penuh gairah terhadap apapun), atau timbul dari, penilaian salah dan bahwa orang bijak - seseorang yang telah mencapai kesempurnaan moral dan intelektual.

    ReplyDelete
  23. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Stoicisme adalah faham filsafat tentang kepribadian seseorang yang dalam pandangannya manusia sebagai makhluk sosial, bahwa jalan menuju kebahagiaan bagi manusia itu ditemukan dalam menerima apa yang telah kita berikan dalam hidup, selalu menerima apa yang terjadi (berserah diri), dengan tidak membiarkan diri dikendalikan oleh keinginan untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran kita. Untuk memahami dunia di sekitar kita dan untuk melakukan bagian kita dalam rencana alam, dan dengan bekerja sama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil. (Seneca & Epictetus) menekankan bahwa, karena "kebajikan cukup untuk kebahagiaan", seorang yang bijak kebal terhadap kemalangan.

    https://en.wikipedia.org/wiki/Stoicism

    ReplyDelete
  24. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Stoicisme, filsafat diklasifikasi menjadi 3 bagian yaitu logika, fisika, dan etika. Ketiga bagian tersebut saling tergantung satu sama lain dan tidak bisa dimengerti secara penuh kalau terpisah dari yang lainnya. Adapun filsafat yang dimaksud oleh Stoicisme adalah way of life atau practical art yang bertujuan untuk mentransformasikan hidup seseorang menuju hidup yang ideal, Sage. The Sage adalah hidup yang ideal atau figur utama stoic bijak. Bagi kaum stoic, teori itu penting namun yang paling penting dan sangat ditekankan adalah pembiasaan (habituation) dan pencernaan (digestion). Dengan kata lain, harus ada aksi atau perbuatan sebagai bentuk transfer dari teori-teori ke dalam praktek kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Stoicism adalah sekolah filsafat yunani kuno yang didirikan di Athena oleh Zeno pada awal abad ke 3. Orang-orang yang berpaham stoicism percaya bahwa emosi negatif yang dihasilkan dari keputusan yang salah akan menghancurkan manusia. Dan bahwa seoran shopis, yaitu orang yang memiliki kesempurnaan moral dan intelektual tidak akan pernah mengalami emosi-emosi yang merusak kebahagiaan.

    ReplyDelete
  26. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Menurut pendapat kaum stoisisme tujuan yang terutama dari segala filsafat ialah menyempurnakan moral manusia. aliran ini membagi filsafat menjadi tiga bagian, yakni logika, fisik dan etik. Logika dan fisika umumnya dipergunakan sebagai dasar etiknya. Etiknya ialah memberi petunjuk tentang sikap sopan santun dalam hidup dan penghidupan.

    ReplyDelete
  27. Kaum stoa berusaha untuk menyelaraskan kehidupannya dengan kehendak Ilahi. Hal yang datang pada dirinya secara positif atau negatif merupakan sudah ketentuan sehingga harus diterima dan disikapi sebaik mungkin. Pembicaraannya tentang Tema-tema terkait dimensi manusia sebagai fokus utama, di antaranya mengenai takdir, kehendak bebas, pemeliharaan Ilahi, dankejahatan

    ReplyDelete
  28. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Menurut Stoicisme, ideal kehidupan adalah “mencabut sampai akar, menghilangkan sama sekali perverted reason, penilaian yang salah atau menyimpang. Hal ini dapat terjadi bil ada latihan-latihan (askesis). Jika hal ini biasa terjadi maka akan tercapai ideal kehidupan, yakni Apatheia (bebas dari segala nafsu, emosi).

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada dasarnya dia percaya berbudi luhur dan kebajikan itu adalah masalah menyerahkan kepada kehendak tuhan. Stoicisme adalah keyakinan dalam pengembangan sebuah negara universal, dimana semua orang adalah saudara.

    ReplyDelete
  30. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bedasarkan sumber link yang bapak berikan, saya memahami bahwa stoicsm adalah paham atau keyakinan bahwa etika yang ada pada manusia itu adalah cerminan dari proses pikir, nalar dan logika manusia. Pandangan yang mencolok tentang etika adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah atau tawakal menerima keadaannya di dunia. Sikap tersebut merupakan cerminan dari kemampuan nalar manusia.

    ReplyDelete
  31. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Stoicism merupakan pandangan yang mencolok mengenai etika. Stoicism adalah cara hidup yang menekankan dimensi internal manusia dimana tidak akan pernah mengalami emosi negatif yang merusak kebahagiaan.

    ReplyDelete
  32. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Istilah apatheia pertama kali digunakan filsuf Aristoteles untuk menggambarkan suasana ketenangan atau pingsan. Kemudian, istilah ini dimasukkan ke sekolah filsafat yang didirikan oleh Zeno, yang disebut Stoicisme, untuk mengekspresikan suasana hati yang ideal dicapai manusia selama hidupnya. Cita-cita Stoicisme adalah mencapai apatheia, yaitu penerimaan dari peristiwa alam, sikap pasif terhadap rasa sakit dan kesenangan, penghapusan reaksi emosional, dan kurangnya gairah apa pun.

    ReplyDelete
  33. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Secara teoritis Stoa besifat materialis, secara praktis bermaksud membebaskan manusia dari belenggu benda, dengan hidup rohani orang memperoleh ketenangan batin. Manusia dihinggapi penyakit bila mencita-citakan kekayaan, kehoramatan dan tanda-tanda kebesaran dari yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, orang bijaksana tidak mempunyai nafsu yang meluap-luap ia dapat menerima segala sesuatu dengan sabar. Menjadikan manusia merdeka menurut hukum alam, manusia dapat berbuat leih dari binatang, ia dapat membanding dan dapat menentukan apa yang sesuai dengan sifatnya atau tidak, hal ini tergantung dari kemampuaannya untuk menimbang secara rasional. Hukum kausalitas umum menjelaskan bahwa tidak ada kemauan yang tidak mempunyai sebab, kemauan yang didorong oleh rasio dan timbangan yang akan melahirkan kesadaran kebijaksanaan yang melandasi sebab tindakannya, manusia hidup menurut alamnya adalah manusia yang tunduk pada hukum kausalitas, kemerdekaan tidak bertentangan dengan kemestian, melainkan berporos padanya. Aliran stoisisme atau stoa didirikan oleh zeno dari citium siprus (336-264 sM). Prinsip penting di kalangan aliran stoa adalah pandangannya yang bersifat materialistis, dengan kata lain yang ada itu adalah benda.

    ReplyDelete
  34. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Bagi kaum stoic, filsafat itu adalah jalan hidup (way of life). Filsafat adalah practical art, seni melatih diri agar menjadi manusia yang bijak, the sage. Apakah teori tidak penting dalam Stoicisme? Dengan menekankan filsafat sebagai way of life, kaum stoic tidak menyingkirkan pentingnya teori. Bagi mereka, teori juga penting. Tapi yang paling penting dan sangat ditekankan dalam Stoicisme adalah habituation and digestion(pembiasaan dan pencernaan). Artinya adalah kita mesti mengaksikan atau mentransferkan teori-teori itu ke dalam praktek hidup sehari-hari (Sam, 2013)

    ReplyDelete