Jan 13, 2013

STOICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Stoicism, bisa konek berikut:


Wss

37 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut salah satu artkel yang pernah saya baca, aliran stoisisme ini berpandangan bahwa kebaikan adalah kebahagian. Dan manusia dapat mencapainnya dengan jalan keutamaan. Adapun keutamaan itu sendiri merupakan buah dari kehendak yang disandarkan kepada akal. Oleh karena itu, pekerjaan orang gila tidak ada nilainya walaupun pekerjaannya benar. Termasuk keutamaan, adalah sabar dalam menghadapi kesulitan untuk mencapai kebaikan dan memperjuangkannya. Jika menurut stoisisme kebaikan adalah kebahagian, maka janganlah berorientasi bahwa bahagia adalah memiliki harta dan tahta. Sebenar-benarnya bahagia itu adalah sederhana. Dengan terus menjalankan perintahNya, menjauhi laranganNYa, menysukuri nikmatNya, dan mengharap rahmatNya maka kita akan merasakan yang dinamakan sebagai kebahagiaan.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Stoicisme adalah sekolah filsafat helenistik yang didirikan oleh Zeno dari Citium di Athena. Stoicisme sebagian besar merupakan filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logika dan pandangannya tentang alam semesta. Stoicisme mengajarkan bahwa untuk menggapai kebahagiaan maka manusia harus dapat mengendalikan segala keinginannya, jangan terlalu ambisius namun terus berusaha untuk dapat meraih apa yang sudah menjadi keinginannya. Selain itu, sebagai makhluk sosial kita tidak akan bisa hidup sendiri. kita pasti memerluka bantuan dari orang lain. Maka perlu adanya sosialisasi dengan orang lain dan menjalin persaudaraan dengan orang lain. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dengan orang lain untuk dapat menggapai apa yang menjadi tujuan kita.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend Mat A 2018

    Stoikisme mengajarkan kita untuk menerima takdir, mengatur emosi agar kita bisa bertahan dan survive di kehidupan ini. Stoikisme juga memandang bahwa kebajikan adalah hal yang baik diluar itu adalah keburukan. Stoikisme juga merupakan sikap dimana kita tabah dalam menghadapi takdir, menerima dengan lapang semua yang terjadi, dan selalu bertahan dalam keadaan apapun, karena keyakinan bahwa cobaan yang diberikan oleh Allah tidak akan melebihi kemampuan manusia untuk menerimanya.

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari beberapa link yang ditautkan dalam tulisan diatas , pemahaman saya tentang stoicism adalah suatu paham dalam filsadat yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan, seseorang harus mampu mengendalikan diri sendiri dan tidak membiarkan keinginan diri membawa dalam kesulitan. Secara sederhana stoicism merupakan wujud pengendalian hawa nafsu terhadap urusan-urusan dunia.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Stoicisme adalah filsafat yang didirikan oleh Zeno di Atena. Filsafat ini mengajaarkan manusia untuk selaras dengan alam. Dalam proses penyelarasan diri dengan alam, hal utama yang harus dilakukan oleh manusia adalah mengendalikan nafsunya. Sifat ini dapat didistribusikan dengan baik dimana saat ini banyak manusia yang sudah tidak perduli pada alam. Padahal ketidakpedulian akan menghadirkan ketidakselarasan, yang berimbas pada ketidakseimbangan. Pada dasarnya alam dan manusia yang selaras akan menimbulkan sikap yang saling menghormati dimana alam akam memberikan kenyamanan pada manusia begitu pula sebaliknya.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Stoic adalah sebutan yang menggambarkan orang-orang yang tidak menunjukkan ekspresi apapun mengenai apa yang mereka rasakan, atau tidak banyak berbicara. Stoicism adalah pandangan yang dianut oleh stoic. Stoic bertujuan untuk membuat manusia lebih bahagia dengan cara belajar mengendalikan emosi atau perasaan negatif yang mereka rasakan. Artinya seorang stoic akan mencapai kebahagiaan apabila ia mampu mengendalikan dirinya. Dan apabila diterapkan dalam kehidupan Islami maka kebahagiaan seorang stoic akan tercapai apabila ia mampu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Stoicism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Stoicism, say adapat mengetahui tentang Stoicism lebih lanjut. Stoicisme mulai dikenal pada awal abad ke-3 SM sejak adanya sekolah filsafat Helenistik yang didirikan oleh Zeno dari Citium di Athena. Stoicisme sebagian besar merupakan filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logika dan pandangannya tentang dunia alam. Sebagai makhluk sosial, jalan menuju kebahagiaan untuk manusia ditemukan dalam menerima momen saat ia menghadirkan dirinya, dengan tidak membiarkan dirinya dikendalikan oleh keinginan untuk kesenangan atau rasa takut akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran seseorang untuk memahami dunia dan melakukan bagian dalam rencana alam, dan dengan bekerja bersama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Stoicism. Melalui link https://plato.stanford.edu/entries/stoicism/, say adapat mengetahui tentang Stoicism lebih lanjut. Kaum Stoic menekankan sifat sistematis filosofi mereka melalui cara ideal untuk mengevaluasi pandangan etis Stoik yang khas. Hal itu adalah dengan cara mempelajarinya dalam konteks eksposisi penuh filosofi mereka. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Stoicism. Melalui link www.iep.utm.edu/stoicism/, saya mengalami kesulitan dalam mengakses link tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan adanya gangguan server yang ada atau memang tidak available lagi keberadaannya untuk IP di Indonesia. Sekiranya untuk kedepan linknya bisa diganti dengan link yang merujuk pada artikel lain sehingga bisa membahas materi yang bersangkutan lebih dalam lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik Stoicism. Melalui link www.iep.utm.edu/stoicism/, sebelumnya saya mengungkapkan bahwa mengalami kesulitan dalam mengunjungi halaman web tersebut. Ternyata setelah saya coba lagi, saya dapat mengunjunginya. Sepertinya hal ini dikarenakan server hanya bisa digunakan tidak pada malam hari atau dini hari.
    Dalam postingan yang ada disana terdapat Pengertian dari stoicisme yang artinya filosofi eudaimonik Helenistik yang dipengaruhi oleh para pendahulu dan sezamannya, serta berada dalam dialog kritis terbuka dengan mereka. Terdapat pula hubungan antara Stoa dan Kant, khususnya dalam konsep tugas yang melampaui konsekuensi spesifik dari tindakan seseorang. Kant beralasan apriori, kaum Stoik sangat naturalistik dan empiristis. Hal tersebut merupakan perbedaan utama antara sistem deontologis seperti Kant dan yang eudaemonistik seperti Stoic, dan dapat merupakan kebangkitan baru etika kebajikan dalam filsafat kontemporer
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut Wikipedia, Stoisisme merupakan salah satu aliran mazhab filsafat Yunani-Romawi tahun 108 SM dari Athena. Beberapa pokok pikiran dalam aliran ini adalah pertama, mengenai etos dan sikap baru yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Kedua, ideal menurut aliran Stoisisme adalah manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam, mengendalikan afeksinya, dan menanggung penderitaan secara tenang dan sebagai tujuan kehidupannya ialah rasa puas dengan kebajikan sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan. Ketiga, Allah adalah spesies jiwa dunia. Dia memiliki di dalam diriNya sendiri benih atau daya seminal untuk setiap perkembangan sehingga setiap peristiwa seakan direncanakan dan menjadi akibat penyelenggaraan. Keempat, Stoisme bukanlah filsafat spekulatif dan sistematik melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam memperhatikan emosi-emosi manusia. Kelima, mengenai kesamaan semua manusia yang merupakan karakteristik suatu kosmopolitanisme tertentu.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, stoisisme didasarkan pada ide bahwa tujuan hidup adalah hidup selaras dengan alam. Alam itu sendiri didefinisikan sebagai keseluruhan kosmos, termasuk rekan-rekan kita sesama manusia. (Epictetus) ada hal-hal yang berada dalam kendali kita dan ada hal-hal yang tidak berada dalam kendali kita. Mungkin maksud dari pernyataan itu bisa saya contohkan. Sesuatu yang bisa dikendalikan adalah kemampuan kita, pikiran kita, pergerakan kita, sedangakn sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan seperti waktu yang terus berjalan, angin yang berhembus, detak jantung dan lain-lain.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Stoicism disebut juga dengan STOA, adalah nama sebuah aliran atau mahzab filsafat Yunani Kuno yang didirikan di kota Athena, Yunani oleh Zeno pada awal abad ke-3 SM. Secara garis besar ajaran dari Stoicism ini meliputi perkembangan logika, fisika, etika. Pandangan tentang etika adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan hidup pasrah atau tawakkal menerima keadaannya di dunia. Sikap tersebut merupakan cerminan kemampuan nalar manusia dan bahkan kemampuan tertinggi dari semua hal.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Stoicisme adalah paham helenistik yang didirikan oleh Zeno pada awal abad ke-3 di Athena, Yunani. Paham ini mengajarkan amal dan kebaikan manusia merupakan sesuatu yang sejalan dengan akal. Filsafat merupakan suatu pencarian terhadap asas-asas rasional yang menghubungkan alam semesta dan kehidupan manusia dalam suatu kebulatan tunggal yang logis.

    ReplyDelete
  15. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari ink-link tersebut, kita dapat mengambil dari segi positifnya bahwa stoicism adalah kebaikan adalh sebuah kebahagiaan dan bagaimana kita menjalani kehidupan ini. Karena menjalani hidup tidak semudah apa yang kita cita-citakan maka dengan adanya stoicism kita dapat bersyukur dengan apa yang terjadi tetapi tetap bertahan untuk menghadapinya. Karena sesungguhnya apa pilihan Allah SWT untuk kita adalah yang terbaik.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Orang-orang Stoik percaya bahwa emosi negatif yang menghancurkan manusia dihasilkan dari keputusan yang salah, dan bahwa seorang sophis, yaitu orang yang memiliki "kesempurnaan moral dan intelektual," tidak akan pernah mengalami emosi-emosi yang merusak kebahagiaan, misalnya marah berlebihan, panik berlebihan, sedih berlebihan, dsb.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Stoicism dipandang dari filosofi sosial memiliki ciri khas. Ciri khas Stoicisme adalah kosmopolitanismenya bahwa semua orang adalah manifestasi dari satu semangat universal dan harus hidup dalam kasih persaudaraan dan siap membantu satu sama lai. Menurut Epictetus tentang hubungan manusia dengan dunia: "Setiap manusia pada dasarnya adalah warga negara dari persemakmurannya sendiri; tetapi ia juga anggota dari kota besar para dewa dan manusia.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Stoicism juga disebut sebagai Stoa dalam bahasa Yunani. Stoikisme adalah nama sebuah aliran yang lahir pada zaman Yunani Kuno di kota Athena dan ditemukan oleh Zeno pada awal abad ke-3 SM. Para penganut paham ini meyakini bahwa apapun yang terjadi didunia ini adalah sebuah hukum alam dan mereka pasrah menerima takdir yang diberikan alam. Prinsip dan ajaran Stoikisme banyak mempengaruhi pemikiran para teolog Kristen dan filsuf sepanjang abad. Paham ini juga dikatakan merupakan paham yang paling lama dan paling kuat yang dapat diterima dibanding paham atau filsafay yang lainnya. Nampaknya wajar bahwa paham ini adalah paham yang terkuat, karena moralitas yang dihasilkan dari ajaran ini adalah moralitas yang baik dan menganggap emosi negatif hanya akan menghancurkan manusia. Dan ajaran yang paling menonjol dari paham ini adalah bagaimana manusia bertindak menerut keteraturan hukum alam yang diselenggarakan sang Ilahi. Sungguh sebuah paham yang mempunyai sifat kehambaan yang tinggi.

    ReplyDelete
  19. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Stoisisme merupakan filososofi cara hidup. Kaum Stoisis menggabungkan ajaran filsuf kuno dengan pemikiran Plato dan Aristoteles dengan keyakinan besar bahwa mereka mengajarkan etos dan sikap baru yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Mereka meyakini bahwa indikasi terbaik filsafat seseorang bukan pada apa yang dikatakan tetapi bagaimana ia berperilaku. Stoisisme ideal adalah manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam, mengendalikan afeksinya, dan menghadapi penderitaan dengan tenang. Tujuan kehidupan kaum stoisis adalah rasa puas dengan kebajikan sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan. Stoisme bukan filsafat spekulatif dan sistematik melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam yang memperhatikan emosi-emosi.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari Wikipedia disebutkan Stoikisme disebut juga dengan Stoa adalah nama sebuah aliran atau mahzab Filsafat Yunani yang didirikan di Kota Athena, Yunani, oleh Zeno dari Citium pada awal abad ke-3 Sebelum Masehi. Ajaran sekolah atau mazab Stoa ini sangat luas dan beragam, namun dapat disimpulkan bahwa pijakannya adalah perkembangan logika, fisika dan etika. Pandangan yang mencolok mengenai etika adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup dengan menekankan apatheia, hidup pasrah dan tawakal menerima keadaan di dunia. Sikap tersebut merupakan cerminan dari kemampuan nalar manusia, bahkan kemampuan tertinggi dari semua hal.

    ReplyDelete
  21. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link tersebut dijelaskan bahwa Stoicism mengajarkan pengembangan kontrol diri dan ketabahan sebagai cara mengatasi emosi negative yang merusak. Kontrol diri merupakan satu potensi yang dapat dikembangkan dan digunakan individu selama proses-proses dalam kehidupan, termasuk dalam menghadapi kondisi yang terdapat di lingkungan yang berada disekitarnya. Para ahli berpendapat bahwa kontrol diri dapat digunakan sebagai suatu intervensi yang bersifat preventif selain dapat mereduksi efek-efek psikologis yang negative dari lingkungan. Di samping itu kontrol diri memiliki makna sebagai suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya serta kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi.

    ReplyDelete
  22. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Stoicism adalah suatu paham dimana para filsufnya mengajarkan sikap yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Stoisisme juka mengajarkan manusia untuk bisa bijkasana dan hidup selaras dengan alam, dan menekankan bahwa berbuat kebaikan adalah satu-satunya sumber kebahagiaan. Dan untuk mendapatkan kebahagiaan harus mampu membawa diri untuk bisa tidak berada dalam kesulitan.

    ReplyDelete
  23. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Menuurut wikipedia Stoisisme adalah salah satu aliran atau mazhab filsafat Yunani-Romawi yang didirikan tahun 108 SM di Athena oleh Zeno dari Citium dan memperluas pengaruhnya dalam Kekaisaran Romawi. Nama mazhab ini diambil dari lokasi di Athena tempat pertama kali mazhab ini ditemukan. Dalam aliran stoisisme terdapat beberapa pokok pikiran yang dapat dijelaskan menjadi 5 bagian. Pertama, Kaum Stoa menggabungkan ajaran filsuf kuno dengan pemikiran Plato dan Aristoteles dengan keyakinan besar bahwa mereka mengajarkan etos dan sikap baru yang mempunyai pengaruh mendalam terhadap etika. Kedua, ideal Stoisisme adalah manusia bijaksana yang hidup selaras dengan alam, mengendalikan afeksinya, menanggung penderitaan secara tenang dan sebagai tujuan kehidupannya ialah rasa puas dengan kebajikan sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan. Ketiga, Allah adalah spesies jiwa dunia. Dia memiliki di dalam diriNya sendiri benih atau daya seminal untuk setiap perkembangan sehingga setiap peristiwa seakan direncanakan dan menjadi akibat penyelenggaraan. Keempat, Stoisme bukan filsafat spekulatif dan sistematik melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam memperhatikan emosi-emosi manusia. Kelima, anjuran kesamaan semua manusia merupakan karakteristik sebagaimana juga suatu kosmopolitanisme tertentu. terimakasih

    ReplyDelete
  24. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Stoisisme merupakan filsafat Helenistik yang didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium pada 300 SM yang dipengaruhi oleh Socrates dan Cynics. Stoisisme adalah jenis etika kebaikan eudaimonik yang menyatakan bahwa praktik kebaikan diperlukan dan cuku untuk mencapai kebahagiaan. Namun, Stoa juga mengakui keberadaan “acuh tak acuh” yang bisa lebih disukai atau ditiadakan karena mereka masing-masing mempunyai nilai perencanaan sehubungungan dengan keampuan untuk mempraktikan kebaikan.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Stocis tell us about the path to happiness for humans is found in accepting the moment as it presents itself, by not allowing oneself to be controlled by the desire for pleasure or fear of pain, by using one's mind to understand the world and to do one's part in nature's plan, and by working together and treating others fairly and justly. This means that accepting the moment withour worrying what make you hurts.

    ReplyDelete
  26. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    stoisisme merupakan filsafat helenistik yang didirikan di Athena oleh Zeno dari Citium pada 300 SM yang dipengaruhi oleh Socrates dan Cynics. Stoisme bukan filsafat spekulatif dan sistematik melainkan pandangan tentang kehidupan secara mendalam memperhatikan emosi-emosi manusia.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Stoicism adalah sekolah filsafat Helenistik yang didirikan oleh Zeno dari Citium di Athena pada awal abad ke-3 SM.Stoicisme sebagian besar merupakan filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logikanya dan pandangannya tentang dunia alami.

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Stoikisme atau stoicism dipelopori oleh Zeno dari Citium, ia mendirikan sekolah Stoikisme pada tahun 334-262 SM. Selain itu, kebangsaan amerika yang mempelopori aliran ini adalah H. Richard Niebuhr. Aliran Stoikisme sendiri memandang bahwa emosi negatif yang menghancurkan manusia dihasilkan dari keputusan yang salah. Seorang sophis (orang yang memiliki kesempurnaan moral dan intelektual) tidak akan pernah mengalami emosi-emosi yang merusak kebahagiaan, misalnya marah yang berlebihan, panik berlebihan, sedih berlebihan, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  29. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Stoicisme adalah orang-orang yang tidak menunjukkan ekspresi apapun saat mereka merasakan hal-hal yang baik maupunyang buruk. Atau dapat dikatakan meraka yang tidak banyak bicara. Mereka memiliki tujuan untuk membuat hidup lebih bahagia tanpa beban dengan cara mengendalikan emosi atau hal-hal negatif yang menghampirinya. Stoicisme memberikan pelajaran bahwa manusia harus dapat menahan hawa nafsu, dapat menerima takdir yang telah digariskan, tidak mudah mengeluh, dan senantiasa bersyukur kepada sang PEncipta. Kebaikan adalah harus dilakukan dan keburukan harus ditinggalkan.

    ReplyDelete
  30. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Inti dari ajaran stoicsm adalah kebajikan, toleransi, dan kontrol diri. Stoicsm meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta adalah akibat dari suatu sebab. Karena manusia tidak mampu mengontrol "sebab", maka manusia berusaha mengontrol bagiamana menghadapi "akibat" yang terjadi. Agat dapat dijelaskan mencapai inti ajaran stoicm, manusia harus memegang empat prinsip dasar yaitu kebijaksanaa, kesederhanaaan, keadilan, dan keberanian. Saat ini, stoic sering digunakan untuk mendeskripsikan sikap seseorang yang tetap tenang walaupun berada di situasi genting atau di bawah tekanan.

    ReplyDelete
  31. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, stoisisme memandang dan menelaah bahwa kebahagiaan mereka dengan membagi faktor kebahagiaan menjadi dua, yaitu faktor yang ada dibawah kendali kita sebagai manusia dan faktor lain yang di luar kendali kita. mereka memusatkan perhatian pada kebahagiaan yang hanya bisa dikendalikan oleh diri sendiri,di luar itu mereka mengikuti jalan takdir. Anjuran pepatah "Saat memanah, arahkan mata panahmu menuju sasaran utama namun jangan berharap dia akan menancap tepat di sasaran utama" adalah contoh real konsep stoisisme yang membingungkan banyak orang. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Stoicisme dirintis oleh zeno (336-264) SM, berasal dari kata Stoa (gang-gang). Inti dari ajaran Stoa adalah etika, menurut ajaran ini, manusia itu adalah bagian dari alam, sehingga ia wajib untuk hidup selaras dengan alam. Bagaimanapun alam ini sudah berjalan sebagaimana adanya menurut rasio (logos)-nya sendiri, sehingga kejadian yang sudah ditentukan oleh alam itu tidak mungkin dapat dielakkan oleh manusia.

    ReplyDelete
  33. Wiwin Mistiani
    PEP S3 2019
    Stoicism adalah sekolah filsafat Helenistik yang didirikan oleh Zeno dari Citium, di Athena, pada awal abad ke-3 SM. Stoicisme adalah filsafat etika pribadi yang diinformasikan oleh sistem logikanya dan pandangannya tentang dunia alami. Menurut ajarannya, sebagai makhluk sosial, jalan menuju eudaimonia (kebahagiaan) bagi manusia ditemukan dalam menerima momen saat itu muncul, dengan tidak membiarkan diri dikendalikan oleh keinginan untuk kesenangan atau ketakutan akan rasa sakit, dengan menggunakan pikiran seseorang untuk memahami dunia dan untuk melakukan bagian seseorang dalam rencana alam, dan dengan bekerja bersama dan memperlakukan orang lain secara adil dan adil.

    ReplyDelete
  34. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 Pend Matematika D 2019

    Stoicisme merupakan salah satu gerakan filsafat baru periode Helenistik. Nama ini berasal dari teras (Stoa Poikile) di Agora di Athena yang dihiasi dengan lukisan mural, di mana anggota sekolah berkumpul, dan tempat di mana mereka mengadakan kuliah. Dalam filsafat ini menyatakan bahwa filsafat individu adalah terletak pada bagaimana seseorang berperilaku atau bertindak seharihari. Definisi dari filsafat individu itu sendiri. Menjalani sebuah kehidupan yang baik, kita harus memahami aturan tatanan alam karena mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu berakar di alam.

    ReplyDelete
  35. Pengertian stoicsm sesuai link yang diberikan adalah sebuah sekolah filsafat yunani kuno yang berpijak pada logika, fisika, dan etika. Yang paling nampak dalam stoicsm adalah bagaimana manusia memilih sikap hidup atau bagaimana sikap manusia dalam menjalani hidupnya.

    ReplyDelete
  36. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Kalau menurut pemahaman saya berarti aliran ini fokus mengajarkan bagaimana manusia itu menyikapi hidupnya, beretika dan menjalani hidupnya. Berarti mampu mengendalikan diri, menjalani hidup yang baik, berusaha untuk menjadi manusia yang beretika. Saya juga membaca komemtar dari kawan-kawan bahwa stoicsm ini mengajarkan seseorang untuk tetap mampu memgontrol diri meskipun dalam kondisi tidak baik sekalipun.

    ReplyDelete
  37. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete