Jan 13, 2013

HOLISM





Ass, jika ingin membaca Holism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018


    Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya. Sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan. Holisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkahlaku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian/komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari berbagai sumber yang ditautkan dalam tulisan ini, holism berasal dari bahasa Yunani, holos yang bermakna semua, keseluruhan. J C Smuts pertama kali memperkenalkan istilah ini dalam Holism and Evolution. J C Smuts menyatakan bahwa holism mewakili seluruh kekayaan di alam semesta dan merupakan faktor nyata yang ada di alam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa holism ialah ide bahwa sistem(fisik, biologi, mental, ekonomi, sosial, dsb) dan elemen lainnya merupakan sesuatu yang dipandang secara keseluruhan bukan hanya koleksi suku cadang.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Holisme adalah suatu paham bahwa suatu sistem tidak bisa dipandang dari bagian-bagiannya saja. Sistem secara keseluruhan mempengaruhi bagaimana bagian bekerja. Oleh karena itu dalam mempelajari sesuatu kita dituntut untuk tidak mengotak-ngotakan ilmu. JIka sistem dipelajari secara terpisah maka hasil dari pemahaman pun tidak akan utuh.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Holisme merupakan keutuhan, keseluruhan. Tidak bisa dipandang dari sebagian sebagian saja namun harus komprehensif atau secara sekeluruhan dalam hal yang penting. Ini adalah pemikiran yang menyatakan bahwa alam ini secara fisik maupun mental dan segala sesuatu di dalamnya harus dipandang sebagai sesuatu yang menyeluruh, utuh dan tidak terpisah bagian bagiannya,karena sesuatu yang menyeluruh saling berkaitan dan berhubungan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Holisme, dirujuk dalam KBBI ialah cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala, dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh. Pendidikan holistik adalah suatu filsafat pendidikan yang berasal dari pemikiran bahwa pada dasarnya seorang individu dapat menemukan identitas, tujuan dan makna hidup melalui hubungannya dengan masyarakat, nilai-nilai spiritual. dan lingkungan alam. Tujuan dari pendidikan holistik sendiri adalah untuk membantu dalam mengembangkan potensi individu dalam suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, demoktaris dan humanis melalui pengalaman dalam berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Melalui pendidikan holistik ini, diharapkan peserta didik dapat menjadi dirinya sendiri, dengan artian dapat memperoleh kebebasan dari segi psikologis, mengambil keputusan yang baik dan tepat, dapat menyesuaikan cara belajar sesuai dengan dirinya, memperoleh kecakapan dalam sosial, serta dapat mengembangkan karakter dan emosionalnya.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Hal itu tergantung siapa orangnya, karena semua orang punya pemikiran yang berbeda-beda. Menurut saya, apa yang di ciptakan Allah Subhanahuwata'ala semuanya baik, namun ada juga yang di ciptakan untuk dijadikan cobaan agar belajar dari itu.

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Holisme merupakan suatu pemikiran yang mengatakan bahwa sistem alam semesta baik itu bersifat fisik, kimiawi, sosial, ekonomi, dll serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan bagian-bagian yang terpisah. Menurut pemikiran ini, kita tidak dapat memahami sistem alam apabila kita mempelajari mereka dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, dengan kata lain kita harus mempelajarinya sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 2018

    Holisme berarti bahwa semua atau seluruh., tidak dapat dipisahkan. Dalam hal ini holisme memandang bahwa sistem alam semesta tidak dapat dipisahkan, baik yang bersifat fisik, kimiawi, sosial, ekonomi, hayati, kebahasaan, maupun mental-psikis beserta kelengkapannya harus dipandang sebagai suatu kesatuan yang utuh. Sistem alam ini tidak dapat dipahami jika dipelajari sevara terpisah, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai satu kesatuan.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham holisme merupakan paham yang mempunyai pandangan terhadap suatu sistem secara keseluruhan yang akan mempengaruhi bagaimana hal tersebut bekerja. Jika terdapat sebuah teori, hal tersebut tidak bisa dipisah dari keseluruhan sistem. Sebuah teori tidak bisa diisolasi dan diuji secara terpisah dari teori-teori pendukung yang lain. Hal ini dikarenakan oleh teori teori yang saling mendukung satu sama lain secara keseluruhan. Teori tidak dapat ditentukan hanya dengan bukti saja atau hanya dengan observasi semata. Teori harus dilihat secara keseluruhan

    ReplyDelete
  10. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan link tersebut, holism mempunyai beberapa pengertian dari berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah pada status ilmu umum. Holism yang secara ilmiah dipercaya bahwa perilaku system tidak dapat diprediksi secara sempurna, dan tidak peduli berapa banyak data yang tersedia. Keadaan system tersebut tanpa simulasi sehingga penuh kejadian yang terjadi dalam system.

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Lawan dari holism adalah reduksionisme yaitu suatu paham yang dinyatakan dalam system yang kompleks dan dijelaskan dengan cara mempelajari hal-hal yang mendasar dari suatu system. Selain itu, holism sering dijumpai pada manusia dan dalam konteks social budaya yang beragam yang disebut dengan etnologi.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018


    Holisme berasal dari bahasa Yunani holos yang berarti semua, keseluruhan, seluruh. Definisi dari Holism adalah gagasan bahwa sistem secara fisik, biologis, kimia, sosial, ekonomi, mental, dan linguistik serta sifat-sifatnya harus dipandang sebagai keutuhan, bukan hanya sebagai kumpulan bagian-bagian. Holisme itu juga menyatakan sebuah teori tentang alam semesta dalam nada yang sama dengan Materialisme dan Spiritualisme.

    ReplyDelete
  13. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Holisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkah laku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian/komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  14. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Kata holisme pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926 oleh Jan Smuts. Asal kata hilism diambil dari bahasa yunani holos yang berarti semua atau keseluruhan. Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta baik yang fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, meltal-psikis dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian terpisah. Menurut paham ini, sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya dan sistem tersebut harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan. Dalam filsafat, holisme adalah doktrin yang menekankan prioritas keseluruhan atas suatu bagian. Pandangan ini mengajarkan kepada kita bahwa sebuah sistem yang utuh tidak daat dipahami hanya sebagian-sebagian saja yang berarti kita tidak boleh memandang sesuatu hanya berdasarkan apa yang terlihat saja. Jangan lupakan yang tak terlihat yang biasa disebut metafisik, dimana metafisik dan fisik adalah satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipahami hanya sebagian saja.

    ReplyDelete
  15. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Holisme merupakan paham dengan konsep teori tentang keutuhan alam semesta. Holisme terdapat juga dala ilmu sosial-sains, diantaranya pada bidang arsitek (holisme cenderung menyiratkan perspektif desain yang inklusif), branding (citra merek universal di semua negara mewakili semuanya, mulai dari gaya iklan hingga alat tulis yang dibuat perusahaan, hingga warna perusahaan), pendidikan (The Taxonomy of Educational Objectives), antropolog (jika antropologi sosial dan budaya, holistik merujuk pada analisis masyarakat secara keseluruhan yang menolak memecah masyarakat menjadi bagian-bagian komponen), dan bidang lainnya.

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Holisme ialah suatu pemikiran yang beranggapan bahwa alam semesta cenderung membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekedar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi. Menurut pemikiran holism, sistem alam semesta baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila dipelajari dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  17. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Holisme adalah suatu paham dimana apa yang ada di alam semesta ini merupakan bagian dari keseluruhan tidak dipandang sebagai bagian yang terpisah pisah namun semua menyatu. Sehingga kita pun harus mempelajari ilmu alam atau sistem alam sebagai suatu kesatuan yang utuh dan menyeluruh tidak dalam konteks mempelajari ilmu alam dengan bagian yang terpisah pisah.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Holisme diambil dari bahasa Yunani yaitu holo yang berarti semua atau keseluruhan. Holisme pertama kali dikenalkan oleh Jan Smuts dari Afrika Selatan. Smuts mendefinisikan holisme sebagai sebuah kecenderungan alam untuk membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekedar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi. Holisme berkaitan dengan humanisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkahlaku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian/komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa holism merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Lebih lanjut dijelaskan bahwa secara metodologis, holisme menentang reduksionisme. Holisme Metodologis merupakan pemahaman tentang jenis tertentu dari sistem kompleks paling baik dicari pada tingkat prinsip yang mengatur perilaku seluruh sistem, dan bukan pada tingkat struktur dan perilaku bagian komponennya. Sedangkan reduksionisme metodologis merupakan pemahaman tentang sistem yang kompleks paling baik dicari pada tingkat struktur dan perilaku bagian-bagian komponennya.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang diberikan Prof. Dari salah satu link yang saya baca dijelaskan bahwa Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis dan kebahasan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Contoh holisme dapat ditemukan di sepanjang sejarah manusia dan dalam konteks sosial budaya yang paling beragam ditegaskan melalui banyak studi etnologi.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Holism is the idea that physical, biological, chemical, social, economic, mental,linguistic can be said as a system, should be viewed as whole. This means that we cannot separate that system.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Holism memiliki cara pandang yang utuh dalam pemikiran terhadap sesuatu yang ada di dunia, baik itu bersifat fisik, kimiawi, ekonomi, bahasa dan lain sebagainya. Holism memiliki hukum yang berlaku untuk mengatur fungsi setiap bagian dan bersifat menyeluruh utuh.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Holism atau Holisme berasal dari kata ‘holos’ yang artinya keseluruhan. Holisme diperkenalkan oleh Jan Smuts pada tahun 1926. Holisme sendiri merupakan aliran filsafat yang berpandangan bahwa alam semesta ini merupakan satu kesatuan yang utuh, bukan kesatuan dengan bagian-bagian yang terpisah.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dalam filsafat, setiap doktrin yang menekankan prioritas keseluruhan atas bagian-bagiannya adalah holisme.

    ReplyDelete
  25. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pada link ini dijelaskan bahwa holism merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. dalam suatu pembelajarn matematika juga menunjukkan adanya keterlibatan dalam disiplin ilmu yang sebagai satu kesatuan ilmu yang mampu menopang keberlangsungan disiplin ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  26. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Holisme menjelaskan bahwa suatu sistem adalah kesatuan utuh, bukan susunan dari sistem-sistem lain yang terpisah. Misalnya, alam semesta adalah sebuah sistem utuh, di dalamnya terdapat komponen biotik, abiotik, fisik, kimiawi, sosial, dsb. yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya (holistik).

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta (sistem alam yang tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya) sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan. Baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Oleh karena itu, holism bersifat utuh dan satu kesatuan tidak dapat dipisahkan, sama seperti komponen negara yang tidak dapat dipisahkan seperti filsafat tidak terpisahkan satu sama lain. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih atas tulisan ini prof, Holisme adalah suatu teori bahwa kepercayaan kita datang secara paket. Pahamini mengatakan bahwa suatu sistem tidak bisa dipandang dari bagian-bagiannya saja. Sistem secara keseluruhan mempengaruhi bagaimana bagian bekerja. Untuk mengetahui konsep raja maka kita harus tahu konsep krajaan dan kekuasaan. Namun demikian teori konsep holisme tidak memberikan jawaban bagaimana cara memberikan justifikasi dari kepercayaan kita.

    ReplyDelete
  29. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete