Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan dari berbagai link yang ditautkan dalam tulisan ini, maka saya dapat menyimpulkan bahwa uniformitarianism ialah doktrin keseragaman. Dimana uniformitarianism adalah suatu asumsi yang mengatakan mengenai hukum alam dan prosesnya yang ada dalam semesta, hal ini sesuai dengan apa yang terjadi di masa lampau dan masa depan. Hukum ini juga dapat berlaku secara general ataupun universal.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Uniformitarianisme mengacu pada invarians dalam prinsip-prinsip yang mendukung sains, seperti keteguhan, kausalitas, atau sebab-akibat, sepanjang waktu tetapi juga telah digunakan untuk menggambarkan invariance hukum fisik melalui ruang dan waktu. Dalam geologi, uniformitarianisme telah memasukkan konsep gradualistik bahwa “sekarang adalah kunci dari masa lalu”. Selain itu juga, uniformitarianisme juga mengandung doktrin keseragaman. Sehingga mereka membuktikan bahwa adanya siklus berulang. Dimana perbuatan kita pada saat ini merupakan perbuatan yang pernah dilakukan pada masa lampau. Apa yang diperoleh saat ini pula merupakan apa yang pernah diperoleh pada masa lampau. Sehingga apa yang dialami saat ini merupakan kunci dari masa lalu.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Uniformitariansm adalah peristiwa geologi masa lampau yang dikontrol oleh alam. Menurut (James Hutton, 1785) dalam http://medlinkup.wordpress.com/2011/07/01/hukum-hukum-stratigrafi/ Hukum ini lebih dikenal dengan semboyannya yaitu “The Present is the key to the past.”

    ReplyDelete
  4. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik uniformitarianism. Melalui link http://www.encyclopedia.com/topic/uniformitarianism.aspx, saya menemukan topik yang membahas tentang uniformitarianism lebih lanjut lagi. Konsep dari uniformitarianisme sendiri umumnya terlalu disederhanakan dalam buku-buku geologi sebagai "sekarang adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu". Uniformitarianisme berpendapat bahwa hanya proses yang saat ini aktif dapat terjadi di masa lalu geologis. Dimana tingkat dan intensitas proses geologis konstan sepanjang waktu. Selain itu uniformitarianisme memegang bahwa hukum-hukum alam yang mengatur adalah konstan melalui ruang dan waktu geologis
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  5. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelumnya terimakasih kepada Pak Marsigit atas link-link yang telah diberikan dan yang sesuai dengan topik uniformitarianism. Melalui link https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism, saya dapat mengetahui lebih lanjut tentang uniformitarianism. Uniformitarianisme dikenal sebagai Doktrin Keseragaman dimana mengacu pada invarians dalam prinsip-prinsip yang mendukung sains. Hal yang mencakup di dalamnya adalah keteguhan kausalitas, atau sebab-akibat, sepanjang waktu. Tetapi juga telah digunakan untuk menggambarkan invariance hukum fisik melalui ruang dan waktu. Postulat yang tidak dapat dibuktikan yang tidak dapat diverifikasi dengan menggunakan metode ilmiah membuat uniformitarianisme telah menjadi prinsip kunci pertama dari hampir semua bidang sains.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Namun pengertian Uninformitarianisme pada laman wikipedia adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hidup merupakan suatu interaksi antara yang tetap dan yang berubah. Sebenar-benarnya hidup adalah berkembang menjadi suatu potensi dari ada menjadi pengada melalui mengada. Maka segala sesuatu yang berubah diikhtiarkan semua keatas, disitulah duduk yang namanya keikhlasan. Tiadalah perubahan terjadi kalau tanpa keikhlasan. Jadi namanya keikhlasan adalah terwujudnya pengada (wadah) dari yang ada melalui mengada (ikhtiar). Untuk memahami tetap sebenarnya diperlukan pemahaman tentang berubah. Dan seperti yang juga telah sering dikatakan oleh Pak Marsigit bahwa hidup adalah tetap di dalam perubahan dan berubah di dalam ketetapan. Artinya di dalam hidup kita ada yang tetap dan ada yang berubah, tetap dan berubah tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bagi yang berubah maka berusahalah untuk mengubahnya menjadi lebih baik, bagi yang tetap pertahankanlah kebaikannya jangan sampai berubah.

    ReplyDelete
  8. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Uniformitarianisme secara epistemologi dinyatakan sebagai peristiwa temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan. Hal tersebut merupakan asumsi filosofis dalam domain metafisika dan postulat tanpa sebuah bukti dan tidak dapat diverifikasi menggunakan analisis ilmiah.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Pendapat ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lalu. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang  membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Pendapat ini lebih terkenal sebagai " the present is the key to the past" sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Bumi memang selalu berubah, tidak mungkin bumi menempati posisi yang sama dalam ruang waktu yang sama, karena bumi selalu bergerak memutari matahari dengan putaran spiral. Sehingga posisi bumi selalu berubah.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hukum Uniformitarianisme dikemukakan oleh James Hutton pada tahun 1785. Uniformitarianisme adalah peristiwa yang terjadi pada masa geologi lampau dikontrol oleh hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa pada masa kini. proses-proses geologi alam yang terlihat sekarang digunakan sebagai landasan untuk mengkaji proses geologi masa lampau. Uniformitarianisme merupakan sebuah keseragaman. Siklus pada uniformitarianisme bersifat siklik.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Uniformitarianisme ialah suatu paham dalam filsafat dimana alam semesta memiliki keteraturan, sehingga peristiwa yang terjadi akan berualng-ulang. Peristiwa pada masa lampau dapt terulang pada masa kini maupun masa yang akan datang. Sehingga dapat dipahami bahwa masa depan seperti masa lalu . Sehingga manusia dapat memprediksi atau berjaga-jaga akan kejadian di masa datang dengan berbekal pengalaman di masa lalu.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Uniformitarianism juga dikenal sebagai Doctrine of Uniformity. Uniformitarianism berarti paham tentang keseragaman terhadap suatu hal. Masyarakat kita sering mendoktrin orang lain supaya berpikir sama dengan dirinya. Padahal setiap individu mempunyai pandangannya masing-masing terhadap suatu hal. Namun hal ini memiliki pengaruh positif dan negative bagi masing-masing individu. Bagi dia yang tidak memiliki sebuah pandangan, keseragaman ide akan sanagt membantunya karena ia tidak perlu memikirkan ide lain. Akan tetapi berbeda halnya dengan orang lain yang memiliki insight yang berbeda, karena ia akan merasa terdiskriminasi dengan adanya paham uniformitarianism ini.

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Uniformitarianisme menyatakan bahwa hukum alam selalu beroperasi di alam ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di alam ini.Uniformitarianisme menyatakan bahwa peristiwa geologi disebabkan oleh proses alamiah, banyak diantaranya yang masih berlangsung saat ini. Dengan begitu kita dapat mengkaji mengenai lingkungan dari prosesnya

    ReplyDelete
  14. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Uniformitarianism adalah sebuah doktrin tentang keseragaman yang berlandaskan pada keseragaman tentang prinsip-prinsip yang mendukung ilmu pengetahuan. Keseragaman tersebut terdapat adanya kausalitas yang terjadi setiap waktunya. Namun, ruang dan waktu tersebut sudah menjadi sebuah prinsip dari ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menurut wikipedia, Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Uniformitarianisme merupakan sebuah ilmu sangat bergantung pada keseragaman karena tanpa hal tersebut tidak akan mungkin menyimpulkan peristiwa masa lalu yang dapat kita perkirakan akan terjadi pada masa depan.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Untuk lebih familiar lagi, uniformitarianisme seperti dejavu. Hanya saja dejavu merupakan suatu keadaan dimana kita merasa familiar terhadap sesuatu peristiwa atau keadaan di sekeliling kita padahal mungkin saja hal tersebut baru pertama kali terjadi. Hal tersebut tentu mirip dengan uniformitarianisme yang dimana paham tersebut menyatakan bahwa dalam alam semesta ini ada fase dimana suatu peristiwa akan terulang kembali.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Saya tertarik dengan setidaknya ada 12 kekeliruan mendasar tentang uniformitarianisme, yang diabadikan oleh beberapa penulis. Namun saya belum bisa memahami betul maknanya. uniformitarianism atau membuat elegi. 12 kekeliruan itu adalah uniformitarianism is unique to geology; was first discussed by James Hutton; was named by Lyell, who gave us its modern meaning; is the same as actualism, and should be renamed actualism; holds that only processes that are currently active could have occurred in the geologic past; holds that rates and intensities of geologic processes are constant through time; holds that only non-catastrophic or gradual processes have operated during geologic time; holds that Earth's conditions have changed little over geologic time; holds that the earth is very old; is a testable hypothesis, theory, or law; applies to the past only as far back as present conditions have existed on the earth's surface; holds only that the governing laws of nature are constant through space and geologic time. Seperti apakah kekeliruan-kekeliruan yang dimaksud.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Menurut Wikipedia, Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan terjadi di masa kini maupun masa depan.
    Dengan adanya paham tersebut, maka apa yang terjadi dimasa yang akan datang dapat diprediksi jauh sebelum masa itu terjadi. Dan hal tersebut memang benar adanya, dan amat terihat dalam dunia fasion. Dalam dunia fasion masa kini, ada tren-tren pakaian masa kini yang merupakan tren pakaian yang sudah pernah terjadi dimasa lalu. Prinsip keseragaman ini pula digunakan untuk membenarkan baik penalaran indutif maupun penelitian ilmiah.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari link yang dibagikan di atas saya peroleh informasi bahwa uniformitarianisme dikenal juga sebagai Doctrine of Uniformity. Dimana hal ini mengacu pada invariansi pada prinsi-prinsip yang mendasari sains, seperti keteguhan kausalitas atau sebab akibat, tetapi juga digunakan untuk menggambarkan invarian hukum fisika melalui ruang dan waktu. Meskipun ini merupakan dalil yang tidak dapat dibuktikan menggunakan metode ilmiah, uniformitarianisme telah menjadi prinsip utama dari hampir semua bidang ilmu. Terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Uniformitarianisme berpandangan tentang keseragaman. Menurut paham ini, bumi memiliki sejarah yang panjang. Hukum-hukum alam dan proses yang sedang terjadi di alam semesta sekarang ini ialah juga terjadi di masa lalu. Paham ini memunculkan prinsip yang menyatakan bahwa masa kini merupakan kunci masa lalu. Uniformitarianism ini telah menjadi prinsip utama dalam geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan yang lain. Namun, naturalisme geologi modern tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    ReplyDelete
  21. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Uniformitarianisme adalah sebauh pemikiran baru yang berpusat pada prinsrip uniformaitarianisme yang diusulkan oleh geologis Skotlandia, James Hutton pada tahun 1785. Secara umum prinsipnya yaitu keadaan ini adalah kunci menuju masa lalu. Mereka yang mengikuti pandangan ini mempercayai bahwa proses-proses dan gaya-gaya geologis yang terjadi secara perlahan atau tiba-tiba yang dialami bumi saat ini adalah sama dengan yang dialami secara geologis dimasa lalu.

    ReplyDelete
  22. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Sedangkan menurut Wikipedia, Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ini ada keteraturan atau keseragaman sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Prinsip keseragaman alam tersebut akan digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah atau yang sering disebut sebagai hipotesis. Hal tersebut dapat kita pahami bahwa kejadian masa depan ada kalanya akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita juga dapat mempredikis apa yang akan terjadi dalam suatu penelitian ilmiah maupun yang akan terjadi pada masa depan dengan melihat masa lalu.

    ReplyDelete
  23. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link yang disampaikan, salah satu kekeliruan mendasar tentang uniformitarianisme yang diabadikan oleh beberapa penulis adalah “Uniformitarianism is unique to geology”. Dalam Prinsip Geologi, 3 vol. (1830–1833), ahli geologi Skotlandia Sir Charles Lyell menguraikan sejarah bumi dengan menggunakan prinsip-prinsip Huttonian dan menyediakan sejumlah bukti geologis baru yang mendukung pandangan bahwa hukum fisik bersifat permanen dan segala bentuk supernaturalisme dapat ditolak. Pekerjaan Lyell pada gilirannya sangat memengaruhi naturalis Inggris Charles Darwin, yang mengakui Lyell telah menghasilkan revolusi dalam sains.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa alam semesta memiliki keteraturannya sendiri.Paham ini mengkaji tentang hukum dan proses yang ada di dalam alam semesta sehingga peristiwa akan terulang kembali. Paham ini juga membahas tentang keseragaman dimana ilmu pengetahuan membutuhkan keseragaman karena jika tidak adak keseragaman makan persitiwa di masa lalu tidak alan terulang kembali di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Uniformitarianism adalah paham yang menyatakan bahwa alam semester memiliki keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali (https://id.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianisme). Dalam laman wikipedia disebutkan bahwa "Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan." Dengan kata lain, pengetahuan priori yang mendasari akan adanya pembuktian.

    ReplyDelete
  26. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Uniformitarianisme adalah paham yang menyatakan bahwa alam semesta memiliki keteraturan atau keseragamannya sehingga peristiwa akan terulang kembali. sebagaimana salah seorang pemuka agama pernah menceritakan fase ummat di muka bumi, yang pada intinya mengatakan bahwa diwaktu yang akan datang kita bisa saja kembali pada suasana atau zaman nabi, dan hanya orang terpilih yang akan hidup dizaman ini.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Uniformitarianisme, juga dikenal sebagai Doctrine of Uniformity,mengacu pada invariansi dalam prinsip-prinsip yang mendasari sains, seperti keteguhan kausalitas, atau sebab-akibat, sepanjang waktu, tetapi juga digunakan untuk menggambarkan invarian hukum fisika melalui ruang dan waktu

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Uniformitarianism berpandangan bahwa masa sekarang merupakan kunci ke masa lalu. Paham yang menyatakan bahwa alam semsesta kita memili keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan.

    ReplyDelete
  29. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Jika diibaratkan, dunia yang ditinggali oleh manusia terbentuk dari ruang dan waktu yang berbentuk spiral dari masa tadi dan spiral ke massa depan. Maka, akan ada satu titik di mana suatu peristiwa terulang kembali di ruang dan waktu yang berbeda. Inilah inti dari uniformitarianism yaitu keseragaman. Maka dalam uniformitarianism, pengetahuan dan pengalaman dari masa lalu digunakan sebagai dasar untuk menyusun hipotesis atas fenomena yang terjadi di masa sekarang.

    ReplyDelete
  30. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, orang-orang yang berpaham ini mempercayai bahwa keteraturan alam semesta dapat menyebabkan suatu fenomena atau peristiwa terjadi terulang kembali. Hal ini benar adanya karena ruang dan waktu dapat terulang lagi namun tidak akan mungkin persis sama hanya bagian-bagian yang masih tetap yang dapat mengenangkan fenomena yang lama. Contoh kasus ini adalah seperti terjadinya gempa akan dirasakan sama dan berkesan sama bagi orang-orang yang sering atau pernah merasakan gempa bumi akan tetapi pasti berbeda diruang dan waktu lain. Terimakasih

    ReplyDelete
  31. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan penjelasan di atas, maka disimpulkan bahwasannya uniformitarianisme adalah sebagian besar kenampakan yang ada di bumi dihasilkan dari proses yang sangat lambat dan dalam waktu yang panjang, bukan seperti bencana yang datang tiba-tiba. Proses tersebutlah yang didefinisikan sebagai uniformitarianism. Dengan demikian uniformitarianisme adalah suatu proses yang terjadi di alam. Karena itulah uniformitarianisme dianggap sebagai prinsip atau proses yang beroperasi di alam semesta hingga sekarang atau yang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta dari dulu hingga kini. Bahkan Uniformitarianisme diajdikan sebagai dasar geologi hingga sekarang.

    ReplyDelete
  32. WIwin Mistiani
    PEP S3 2019
    Berdasarkan Penjelasan diatas yang di maksud dengan Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali.Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Prinsip keseragaman alam digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Dengan demikian, kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan dengan melihat apa yang terjadi pada masa lalu.

    ReplyDelete
  33. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika/ D 2019

    Sepemahaman saya uniformitarianisme dalam beberapa buku teks geologi dinyatakan sebagai “saat ini adalah panduan untuk menafsirkan masa lalu”. Bumi ini sudah berumur lebih dari ratusan juta tahun. Dan dalam proses berjalannya waktu, setiap saat pasti mengalami perubahan walaupun sedikit demi sedikit. Bumi memiliki beberapa lapisan, dan pada setiap lapisan memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing. Lapisan-lapisan ini tersusun disebabkan oleh banyaknya proses yang terjadi tentunya tidak serta merta semuanya langsung jadi melainkan dengan proses yang panjang, bisa saja suatu saat nanti lapisan bumi ini akan bertambah dengan lapisan baru lagi sebaga hasil penumpukan-penumpukan dan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini.

    ReplyDelete
  34. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Uniformitarianism adalah doktrin yang memahami bahwa hukum alam dan proses yang terjadi saat ini sama dengan yang terjadi di masa lampau. Artinya sesuatu yang pernah terjadi di masa lampau dapat terulang kembali atau bisa dikatakan juga menembus ruang dan waktu. Misalnya saja seperti letusan gunung merapi yang terjadi di masa lampau, dan terjadi lagi letusan gunung merapi beberapa tahun yang lalu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  35. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete