Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

27 comments:

  1. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dualisme merupakan pandangan filosofis yang menegaskan tentang sesuatu hal dilihat dari dua substansi yang berbeda. Pada dasarnya pandangan dualisme terdapat dua dunia yang terpisah, seperti halnya jiwa dan raga kita, karena dua hal tersebut terdapat perbedaan yang sesuai dengan sifatnya. Adapun cakupan dari penganut paham dualisme beragam jenis seperti dualisme sosial, dualisme ekonomi, dualisme politik, dualisme teknologi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Istilah dualism berasal dari bahasa Latin duo yang bermakna dua. Secara umum dualism memberikan suatu pandangan tentang dua hal, dimana ada dua jenis ataupun kategori yang menjadi dasar dari beberapa prinsip ataupun beberapa hal. Istilah dualisme pada mulanya digunakan untuk menyatakan oposisi biner yang kelkal, dan perlu makna yang dipertahankan dalam bentuk metafisik dan filosofis, sedangkan secara umum menunjukkan penggunaan lain untuk sistem yang berisi dua bagian .

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dualisme adaah suatu konsep yang mengacu pada dua substans. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Mudahnya dalam paham ini terdapat dua substansi yang dibedakan. Sama-sama penting namun tidak memiliki hubungan, tapi juga saling mempengaruhi. Yang paling terasa sebagai wujud dualism adalah pendidikan, dimana pendidikan agama terpisah umum. Padahal jelas agama merupakan sumber yang didalamnya memiliki hakekat ilmu pengetahuan. Belakangan ini permasalah persebut mulai banyak ditanggapi, outputnya adalah berbagai inovasi kurikulum dilakukan. Pemerintah mengisyaratkan agar pemahaman keagamaan dan budi pekerti masuk dalam pengetahuan umum. Karena memang kebutuhan manusia dalam pertumbuhan tidak hanya pengetahuan umum namun juga pengetahuan spiritual. Dimana dengan demikian maka akan terbentuk siswa dengan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dari link tersebut, dapat dipahami bahwa konsep dualism ini mengarah pada dua substansi. Ada dua pihak yang berbeda pandangan dan sama sama tidak bisa diresukdi. Paham yang berbeda satu dengan yanglain tetapi tidak dapat disatukan atau pun dihilangkan salah satunya. Paham ini kontradiksi dari monoisme. sikap dualism berbahaya tatkala hadir dan memuat kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah atau semesta.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dualisme adalah paham bahwa dalam kehidupan ini ada dua prinsip yang saling bertentangan (seperti ada kebaikan ada pula kejahatan, ada terang ada gelap); keadaan bermuka dua, yaitu satu sama lain saling bertentangan atau tidak sejalan. Kualitas pendidikan tak mampu mengimbangi kemajuan teknologi karena adanya dualisme dalam dunia pendidikan. Dua hal yang seharusnya berjalan beriringan malah dipisahkan, berjalan dalam lorong-lorong kegelapan, padahal keduanya akan bersinar binar jika disatukan, menjadi jalan pembuka bagi kebangkitan dunia ilmu pengetahuan. Dualisme tersebut adalah pendidikan kognitif dan pendidikan karakter. Padahal, keduanya harus diseimbangkan bukan didualismekan. Sebuah kata kata bijak mengatakan, ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu cacat. Barangkali seperti itu, bahwa pendidikan kognitif tanpa pendidikan karakter adalah buta.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, seperti kita ketahui bahwa dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Diri kita tidak akan hidup apabila hanya ada jiwanya, dan sebaliknya tidak akan hidup jika hanya ada raga. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna, dimana manusia memiliki jiwa dan raga. Namun, kebanyakan orang sekarang lupa akan nikmat yang diberikan Allah ini. Semoga senantiasa kita tetap terjaga kebersihan dan kesucian jiwa dan raga kita dari keburukan-keburukan dari luar. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dualisme merupakan salah satu konsep filsafat yang menyatakan bahwa terdapat dua substansi atau isi. Dalam hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim atau menganggap bahwa fenomena mental adalah suatu entitas non-fisik. Gagasan dualisme ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Plato dan Aristoteles. Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa kecerdasan seseorang tidak dapat diidentifikasi dengan fisik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dualism merupakan paham filsafat yang berkaitan antara dua substansi. Dualisme juga menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Dualisme bertentangan dengan berbagai jenis monisme, termasuk fisikalisme dan fenomenalisme. Maka, segala sesuatu yang ada terdiri dari dua hal yaitu zat dan pikiran.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dualism adalah sebuah pandangan filsafat yang mengarah pada konsep yang berlawanan atau atau ada dua substansi. Dua substansi tersebut berbeda dan tidak menemukan titik temu atau bertentangan. Pada dasarnya konsep dari dualism tidak akan menemukan persamaan yang saling mendukung karena sifatnya subjektif dan menganggap keduanya sama-sama benarnya.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua subtansi. Gagasan tentang dualisme jiwa dan raga berasal setidaknya sejak zaman Plato dan Aristoteles, berhubungan dengan spekulasi tentang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Plato dan Aristoteles berpendapat dengan alasan berbeda, bahwa "kecerdasan" seseorang (bagian dari budi atau jiwa) tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan dengan fisik. Selain itu dalam KBBI dijelaskan bahwa Dualisme adalah paham bahwa dalam kehidupan ini ada dua prinsip yang saling bertentangan seperti ada kebaikan dan ada pula keburukan. Biasanya istilah dualism sering dikaitkan dengan sebuah kepemimpinan di suatu organisasi, instansi, asosiasi, dan lain sebagainya, yang biasa disebut dengan dualism kepemimpinan yaitu ada dua kepemimpinan yang saling bertolak belakang dalam satu organisasi.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Orang yang pertama kali menggunakan konsep dualisme adalah Thomas Hyde (1700), yang mengungkapkan bahwa antara zat dan kesadaran (pikiran) yang berbeda secara subtantif. Jadi adanya segala sesuatu terdiri dari dua hal yaitu zat dan pikiran. konsep dualisme menganggap bahwa ada dua pihak yang berseteru baik dan jahat yang sama kuatnya.

    ReplyDelete
  12. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Dualisme dalam konteks matematka secara umum dimaknai sebagai menerjemahkan konsep, teorema atau struktur matematika ke dalam konsep lain, teorema atau struktur, dengan cara ont-to-one. Dualitas yang sederhana, muncul dari konteks himpunan bagian dari himpunan semesta S. Untuk himpunan bagian A ⊆ S, komplemen Ac terdiri dari semua elemen di S yang tidak terkandung dalam A…

    ReplyDelete
  13. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Secara umum, ide atau dasar dari dualism adalah bahwa untuk beberapa domain tertentu ada dua jenis atau katagori dasar dari suatu hal atau suatu prinsip. Dualism tentunya bertolak belakang dengan monoism yang merupakan teori yang meyakini bahwa hanya ada satu jenis fundamental atau dasar. Contohnya, dalam teologi, seorang yang dualism adalah seseorang yang percaya bahwa baik dan buruk atau Tuhan dan Iblis adalah kekuatan independen yang kurang lebih sama didunia ini. Memiliki sikap dualism dalam hal ke Tuhan an nampaknya kurang tepat. Karena antara Tuhan dan Iblis tidak dapat disamakan dan bukan sesuatu yang patut untuk disamakan. Antara Tuhan dan Iblis mempunyai hubungan Pencipta dan yang diciptakan yang tentunya bukan dua hal yang dapat disamakan, karena jelas nampak sekali dimana letak perbedaannya.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dualisme merupakan pandangan filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Menurut pandangan ini, segala yang ada dan yang mungkin ada bersumber dari dua substansi atau hakikat dengan menggabungkan antara idealism dan materialism. Sehingga dualisme mengatakan bahwa wujud alam ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber, yaitu hakikat materi dan rohani. Materi ada karena adanya rohani dan sebaliknya rohani ada karena terdapat materi. Dualisme berlainan dengan monoism yang mengajarkan bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Versi dari dualisme yang dikenal secara umum diterapkan oleh René Descartes (1641), yang berpendapat bahwa budi adalah substansi non-fisik. Descartes adalah yang pertama kali mengidentifikasi dengan jelas budi dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak, sebagai tempat kecerdasan. Sehingga, dia adalah yang pertama merumuskan permasalahan jiwa-raga dalam bentuknya yang ada sekarang. terimakasih

    ReplyDelete
  16. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa dualisme sebagai konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Jika dikaitkan dengan pendidikan, dualism yang terjadi pada pendidikan adalah adanya pemisahan sistem pendidikan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama, yang pada akhirnya melahirkan pemisahan antara sekolah umum dan sekolah agama (madrasah), antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama, yang masing-masing dianggap saling bertentangan satu dengan yang lainnya. Saat ini pemerintahan Indonesia ingin mengeluarkan pendidikan agama dari belenggu sistem dualism pendidikan, meskipun usaha tersebut belum sepenuhnya memberikan harapan yang pasti terhadap pengahapusan dualisme pendidikan.

    ReplyDelete
  17. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekata rohani. Kedua macam hakikat itu masing-masing beba berdiri sendiri. Seorang dualis melihat fakta secara mendua. Akal dan materi adalah dua substenasi yang secara ontologis terpisah. Jiwa-raga (mind-body) tidak saling terkait satu sama lain karena beda komposisi.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018


    Terimakasih atas link yang dibagikan Prof. Dualism adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandnagan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas nonfisik. Gagasan tentang dualisme jiwa dan raga berasal dari zaman Plato dan Aristoteles berhubungan dengan spekulasi tentang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa dengan alasan yang berbeda, kecerdasan seseorang tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan denga fisik.

    ReplyDelete
  19. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dualism is the idea that for some domains, there are two fundamentals. This means that when you belief there is good and bad, that can be said as dualism. Dualism opposite with monism which do not believe these two fundamentals.

    ReplyDelete
  20. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dualisme berasal dari kata dua, artinya dualisme merupakan paham filsafat yang membicarakan bahwa adanya pandangan tentang dua hal yang berbeda, dapat diartikan pula bahwa sebuah prinsip itu dapat dipandang dengan dua dasar yang berbeda. Dualisme merupakan filsafat yang menyatakan dua substansi yang berhubungan dengan spekulasi tentang adanya keberadaan jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan.

    ReplyDelete
  21. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    dualisme umumnya dipahami sebagai dua hal subtansial yang berbeda. misalkan, dalam dualisme kepemimpinan itu terjadi karena terciptnya dua kubu yang berselisih paham, konsep, tujuan ataupun cita-cita sehingga membuat mereka tidak bisa bersatu.

    ReplyDelete
  22. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dualisme terkait erat dengan pemikiran RenĂ© Descartes (1641), yang menyatakan bahwa pikiran adalah zat nonfisik — dan karenanya, non-spasial. Descartes dengan jelas mengidentifikasi pikiran dengan kesadaran dan kesadaran diri dan membedakan ini dari otak sebagai pusat kecerdasan.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Berdasarkan link yang Bapak bagikan di atas, saya mendapati bahwa gagasan tentang dualism atau dualisme sudah ada sejak zaman Plato dan Aristoteles. Namun versi dualisme secara umum diterapkan oleh Rene Descartes pada tahun 1641. Adapun menurut Plato dan Aristoteles dualisme berhubungan dengan spekulasi tentang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Kecerdasan seseorang (bagian dari jiwa) tidak dapat dijelaskan melalui kondisi fisik seseorang tersebut.

    ReplyDelete
  24. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dualisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa dalam kehidupan ini terdapat dua prinsip yang saling bertentangan (ada baik dan buruk, terang dan gelap. Dalam konsep ini mengarah pada dua subtansi. Selain pandangan yang berhubungan antara jiwa dan raga, mengklaim juga bahwa fenomena mental adalah entitas non fisik. Sikap ini akan berbahaya jika memuat suatu kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah secara bersamaan.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Dualisme dalam filsafat pikiran memandang manusia sebagai entitas yang terdiri dari unsur jasmani dan rohani. Unsur jasmani bersifat badaniah, bersinggungan dengan realita di luar diri manusia. Sementara, unsur rohani adalah alam pikiran manusia yang di dalamnya hidup segala yang ideal bagi manusia. Di luar filsafat pikiran, dualisme hidup sebagai penjelasan atas segala sesuatu yang memiliki dua subsatansi. Misal, baik dan buruk, benar dan salah, gelap dan terang, siang dan malam.

    ReplyDelete
  26. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, paham dualisme dianggap suatu varian dari paham idealisme. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dari sekilas uraian di atas maka, secara definitif, dualisme dapat dipahami sebagai pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik. Contoh: adikodrati/kodrati, Allah/alam semesta, roh/materi, jiwa/badan, dunia yang kelihatan/dunia yang tidak kelihatan, dunia inderawi/dunia intelektual, realitas aktual/realitas kemungkinan, dunia noumenal/dunia fenomenal, kekuatan kebaikan/kekuatan kejahatan, dan lain sebagainya. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete