Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

9 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi memang berperan dalam penelitian matematika, namun perlu dikaji lebih dalam sehingga bisa menjadikannya ilmiah. Karena intuisi itu adalah sumber dugaan terhadap apa yang akan kita teliti. walaupun penilaian masing-masing orang berbeda, namun masih bisa diprediksi.

    ReplyDelete
  2. Peneliti ketika mendapat permasalahan untuk diteliti maka dia mempunyai dugaan atau hipotesis. Dalam intuisinya, dia mungkin akan memperoleh keberhasilan dalam penelitiannya atau memproleh pengetahuan yang diprediksinya. Intuisi menjadi sebagai dugaan atau hipotesis. Intuisi tersebut agar tidak menjadi bias maka diperlukan bukti secara empiris. Penelitian digunakan sebagai bukti dari intuisi dari seorang peneliti.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Peran intuisi dalam matematika research. Dapat saya artikan bahwa researcher disini adalah guru, jadi bagaimana pandangan guru terhadap intuisi matematika. Sebagai researcher matematika, maka guru perlu menyadari bagaimana hakekat matematika sebagai salah bentuk intuisi matematika. Menurut jurnal yang saya baca yang ditulis oleh Pak Prof sendiri bahwa matematika dipahami dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu. Belajar dari Kant ini, maka guru sebagai researcher selayaknya dapat membelejarkan para siswanya agar siswa memahami dan mengkonstruksi pengetahuannya menggunakan intuisi dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Thompson menyatakan, semakin sedikit waktu yang dihabiskan dalam menginvestigasi matematika, maka kita akan berada di antara tidak memiliki bukti sama sekali untuk kesimpulan dan paham akan keadaannya. Intuisi sering datang ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemik. Selain itu penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, tetapi dalam cara yang dapat diprediksi. Hal tersebut membuat kita sebagai calon yang akan melakukan riset matematika untuk bisa menyiapkan diri terhadap kemurnian intuisi, intuisi yang baik akan dapat membuat riset matematika kita menghasilkan riset yang baik juga.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dibutuhkan dalam memecahkan masalah matematika. Intuisi dapat dijadikan sebagai referensi, sumber awal, atau pun sumber dugaan untuk menyelesaikan masalah matematika. Intuisi ini biasanya datang secara tiba-tiba, dan diluar sadar kita. Namun, intuisi itu dapat di bangun melalui pengalaman dan kebiasaan-kebiasaan yang di asah. Sehingga, dalam pembelajaran matematika, guru berperan sebagai fasilitator siswa dalam mengembangkan intuisi mereka. Maksudnya, guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplor kemampuannya. Seperti dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa di beri kesempatan untuk mencari pola baru dan menyelesaikan masalah tersebut menggunakan caranya sendiri. Dengan seperti itu intuisi siswa dapat berkembang.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Tidak hanya pada pendidikan, intuisi juga mempunyai peran dalam penelitian. . Hal ini karena intuisi membantu berfikir kritis dan logis. Sebelum menyusun suatu kerangka penelitian yang utuh seorang peneliti akan terlebih dahulu merumuskan hipotesis. Hipotesis yang dirumuskan tidak hanya bersumber dari teori-teori yang telah dikaji, pengamatan peneliti, tetapi juga bersumber intuisi peneliti tersebut. Meskipun demikian intuisi yang muncul tetap memperhatikan segi keilmiahan. Oleh karena itu kualitas intuisi yang muncul dalam penelitian tetap dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman penieliti dalam melihat fenomena-fenomena yang muncul. Dan dengan pengalaman ini akan memperbanyak pertimbangan-pertimbangan dalam menemukan solusi yang didapatkan melalui intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam elegi ini, peran intuisi dalam mathematical research itu sangat penting. Intuisi dalam matematika dapat memunculkan ide atau gagasan selama proses riset, yaitu pada saat pengamatan dan menuju sebuah kesimpulan. Tanpa intuisi matematika bisa jadi proses menuju kesimpulan akan mendapat kendala yang lebih banyak jika dibandingkan ketika peneliti memiliki intuisi. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikontruksi berdasarkan intuisi keruangan dan waktu. Penggnaan intuisi dalam ruang dan waktu yang tepat menjadikan pembelajaran matematika lebih efektif. Terlebih penelitian matematika yang sangat memerlukan intuisi untuk mendapat suatu hal yang baru, terkini dan terpercaya.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dalam matematika abstrak terkadang selain menyelesaikan permasalahan matematika kita harus membuktikan suatu pernyataan atau teorema. Ketika membuktikan terkadang kita menemukan suatu kebuntuan atau merasa tak mampu menyelesaikannya. Namun berkat pengalaman dan keterampilan kita dalam bermatematika, tiba-tiba intuisi pun muncul sehingga mampu menyelesaikan masalah yang ada. Dan terkadang intuisi datang diawal permasalahan. Ketika kita baru saja selesai membaca persoalan matematika kita sudah mampu meprediksi jawabannya berkat intuisi yang dimiliki dan bermatematika. Untuk mencapai tingkat intuisi yang demikian, maka diperlukan banyak latihan sejak dini. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menyukai matematika. karena di samping intuisi berguna untuk memecahkan masalah matematika, intuisi juga sangat berguna ketika kita menghadapi masalah dalam kehidupan nyata.

    ReplyDelete