Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

49 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi memang berperan dalam penelitian matematika, namun perlu dikaji lebih dalam sehingga bisa menjadikannya ilmiah. Karena intuisi itu adalah sumber dugaan terhadap apa yang akan kita teliti. walaupun penilaian masing-masing orang berbeda, namun masih bisa diprediksi.

    ReplyDelete
  2. Peneliti ketika mendapat permasalahan untuk diteliti maka dia mempunyai dugaan atau hipotesis. Dalam intuisinya, dia mungkin akan memperoleh keberhasilan dalam penelitiannya atau memproleh pengetahuan yang diprediksinya. Intuisi menjadi sebagai dugaan atau hipotesis. Intuisi tersebut agar tidak menjadi bias maka diperlukan bukti secara empiris. Penelitian digunakan sebagai bukti dari intuisi dari seorang peneliti.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Peran intuisi dalam matematika research. Dapat saya artikan bahwa researcher disini adalah guru, jadi bagaimana pandangan guru terhadap intuisi matematika. Sebagai researcher matematika, maka guru perlu menyadari bagaimana hakekat matematika sebagai salah bentuk intuisi matematika. Menurut jurnal yang saya baca yang ditulis oleh Pak Prof sendiri bahwa matematika dipahami dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu. Belajar dari Kant ini, maka guru sebagai researcher selayaknya dapat membelejarkan para siswanya agar siswa memahami dan mengkonstruksi pengetahuannya menggunakan intuisi dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Thompson menyatakan, semakin sedikit waktu yang dihabiskan dalam menginvestigasi matematika, maka kita akan berada di antara tidak memiliki bukti sama sekali untuk kesimpulan dan paham akan keadaannya. Intuisi sering datang ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemik. Selain itu penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, tetapi dalam cara yang dapat diprediksi. Hal tersebut membuat kita sebagai calon yang akan melakukan riset matematika untuk bisa menyiapkan diri terhadap kemurnian intuisi, intuisi yang baik akan dapat membuat riset matematika kita menghasilkan riset yang baik juga.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dibutuhkan dalam memecahkan masalah matematika. Intuisi dapat dijadikan sebagai referensi, sumber awal, atau pun sumber dugaan untuk menyelesaikan masalah matematika. Intuisi ini biasanya datang secara tiba-tiba, dan diluar sadar kita. Namun, intuisi itu dapat di bangun melalui pengalaman dan kebiasaan-kebiasaan yang di asah. Sehingga, dalam pembelajaran matematika, guru berperan sebagai fasilitator siswa dalam mengembangkan intuisi mereka. Maksudnya, guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplor kemampuannya. Seperti dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa di beri kesempatan untuk mencari pola baru dan menyelesaikan masalah tersebut menggunakan caranya sendiri. Dengan seperti itu intuisi siswa dapat berkembang.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Tidak hanya pada pendidikan, intuisi juga mempunyai peran dalam penelitian. . Hal ini karena intuisi membantu berfikir kritis dan logis. Sebelum menyusun suatu kerangka penelitian yang utuh seorang peneliti akan terlebih dahulu merumuskan hipotesis. Hipotesis yang dirumuskan tidak hanya bersumber dari teori-teori yang telah dikaji, pengamatan peneliti, tetapi juga bersumber intuisi peneliti tersebut. Meskipun demikian intuisi yang muncul tetap memperhatikan segi keilmiahan. Oleh karena itu kualitas intuisi yang muncul dalam penelitian tetap dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman penieliti dalam melihat fenomena-fenomena yang muncul. Dan dengan pengalaman ini akan memperbanyak pertimbangan-pertimbangan dalam menemukan solusi yang didapatkan melalui intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam elegi ini, peran intuisi dalam mathematical research itu sangat penting. Intuisi dalam matematika dapat memunculkan ide atau gagasan selama proses riset, yaitu pada saat pengamatan dan menuju sebuah kesimpulan. Tanpa intuisi matematika bisa jadi proses menuju kesimpulan akan mendapat kendala yang lebih banyak jika dibandingkan ketika peneliti memiliki intuisi. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikontruksi berdasarkan intuisi keruangan dan waktu. Penggnaan intuisi dalam ruang dan waktu yang tepat menjadikan pembelajaran matematika lebih efektif. Terlebih penelitian matematika yang sangat memerlukan intuisi untuk mendapat suatu hal yang baru, terkini dan terpercaya.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dalam matematika abstrak terkadang selain menyelesaikan permasalahan matematika kita harus membuktikan suatu pernyataan atau teorema. Ketika membuktikan terkadang kita menemukan suatu kebuntuan atau merasa tak mampu menyelesaikannya. Namun berkat pengalaman dan keterampilan kita dalam bermatematika, tiba-tiba intuisi pun muncul sehingga mampu menyelesaikan masalah yang ada. Dan terkadang intuisi datang diawal permasalahan. Ketika kita baru saja selesai membaca persoalan matematika kita sudah mampu meprediksi jawabannya berkat intuisi yang dimiliki dan bermatematika. Untuk mencapai tingkat intuisi yang demikian, maka diperlukan banyak latihan sejak dini. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menyukai matematika. karena di samping intuisi berguna untuk memecahkan masalah matematika, intuisi juga sangat berguna ketika kita menghadapi masalah dalam kehidupan nyata.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dengan pengembangan berpikir nalar siswa, dimana intuisi berasal dari praduga yang ditimbulkan berdasarkan pengalaman yang siswa miliki. bisa dikatakan bahwa intuisi dapat berupa prediksi yang kita simpulkan dengan menghubungkan segala sesuatu menggunakan panca indra kita. intuisi dapat semakin berkembang jika kita memahami budaya yang ada disekitar kita.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Penelitian yang dilakukan oleh calon guru maupun guru memiliki dampak yang besar dalam perubahan perubahan mengajarnya menuju kualitas yang lebih baik lagi. Intuisi sangat berperan penting dalam penelitian matematika karena penelitian tidak akan berjalan jika tidak adanya intuisi yang dimiliki. Semakin banyak dan luas intuisi yang dimiliki akan semakin berkualitas pula penelitian yang dilakukan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Thompson, P., 1993, menyatakan bahwa para filsuf matematika memiliki, selama ribuan tahun, berulang kali keterlibatan dalam perdebatan tentang paradoks dan kesulitan mereka dalam melihat fenomena yang muncul dari tengah-tengah keyakinan mereka yang kuat dan intuitif. Dari munculnya Geometri non-Euclidean, analisis teori kontinum, dan penemuan Cantor tentang bilangan transfinite, sistem Frege, matematikawan kemudian menyuarakan keprihatinan mereka bagaimana kita secara serampangan telah memikirkan sesuatu yang asing, dan dengan liar memperpanjang persoalan matematika kita dengan intuisi, atau kalau tidak kita telah menjadi rentan terhadap perangkap yang tak terduga dan sampai sekarang, dengan apa yang disebut kontradiksi. Thompson menunjukkan bahwa di jantung perdebatan ini terletak tugas mengisolasi intuisi macam apa, dan memutuskan kapan kita harus sangat berhati-hati bagaimana menerapkannya, namun, mereka yang mencari kepuasan dasar epistemologis tentang peran intuisi dalam matematika sering dihadapkan dengan pilihan yang tidak menarik, antara metafisika yang berasal dari Brouwer, dan pengakuan mistis Gödel dan Platonis bahwa kita secara intuitif dapat membedakan ranah kebenaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa, dalam hal dasar, matematika dianggap sebagai ilmu logis, bersih terstruktur, dan cukup beralasan atau singkatnya dalam matematika adalah ilmu logis yang sangat terstruktur, namun jika kita menggali cukup dalam dan dalam penyelidikan yang mendalam, kita masih menemukan beberapa hal yang menjadi perdebatan filsafat. Ini adalah kenyataan bahwa, dalam hal sejarah matematika, berbagai macam sejarah matematika yang datang, dimulai di Yunani kuno, berjalan melalui pergolakan menuju masa depan yang keluar, sedangkan dalam hal sistem pondasi logis matematika, metode matematika adalah deduktif, dan oleh karena itu logika memiliki peran mendasar dalam pengembangan matematika

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisi yang disampaikan oleh Thompson tersebut mengungkapkan bahwa intuisi yang baik akan menghasilkan research yang baik juga. Semuanya kembali kepada intuisi dari masing – masing individu yang akan melakukan penenlitian. Penelitian dilakukan untuk mengungkap suatu permasalahan dan mendapatkan bukti dari permasalahan yang ada. Oleh karena itu diperlukan intuisi dalam penelitian. Mengasah intuisi dapat dilakukan dengan memperdalam ilmu, salah satunya juga dengan melakukan penelitian – penelitian.

    ReplyDelete
  14. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam penelitian matematika, kita pasti akan menggunakan intuisi pemikiran kita. intuisi bisa saja membantu pada proses awal dan belum tentu membantu secara keseluruhan dari penelitian tersebut. Namun intuisi bisa digunakan sebagai langkah awal dalam penelitian yang akan dilakukan. Langkah awal dalam penelitian matematika tersebut adalah investigasi awal. Setelah kita berhasil melampauinya, maka kita dapat mengembangkan penelitian tersebutsesuai dengan data yang telah diperoleh pada proses sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Penelitian di bidang matematika tidak hanya membutuhkan teori-teori dari referensi yang bagus. Tetapi juga membutuhkan intuisi peneliti untuk menarik benang merah antara masalah yang ada, teori yang ada, dan hasil yang diperoleh. Karena dari ketiganya tersebut tidak jarang saling bertolak belakang. Di sini lah kemampuan peneliti sangat mempengaruhi. Peneliti harus bisa menganalisis hasil penelitiannya dan dibandingkan dengan teori-teori yang ada.

    ReplyDelete
  16. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah dalam matematika, intuisi juga bisa hadir atau berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusa kritis, tatkala secara analitis permasalahan tidak dapat diselesaikan dalam research. Oleh karena itu untuk membantu keberhasilan dan mengembangkan research dibutuhkan intuisi yang akurat

    ReplyDelete
  17. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara tenatng intuisi dimana datangnya. Maka kita tidak bisa menjawab dengan pastinya dimana datang intuisi kita. Akrena intuisi datang secara otodidak. Ya datang-datang aja enatah datanagnya dari mana. Mungkin bisa dikatakn datang tak dijemput pulang tak diantar. Jika ada yang bisa memebrikan defenisis secara pasti intuisis itu seperti apa, maka orang itu harus ditanya lagi kebenarannya. Dari mana datangnya bahagia?

    ReplyDelete
  18. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Peran intuisi matematika dapat terjadi pada ide- ide siswa dalam proses pemecahan masalah matematika. Dimana ide- ide tersebut masih berupa dugaan yang dimiliki siswa, guru sebagai peneliti matematika maka guru akan berperan sebagai fasilitator agar ide- ide yang dimilki siswa sejalan dengan apa yang diharapkan dari tujuan pembelajaran. Sehingga siswa tidak akan salah membentuk konsep tersebut.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Intuisi sangat penting dalam proses pembelajaran matematika terkait dengan penyelesaian persmasalahan yang terjadi dalam matematika. Selain itu, intuisi juga diperlukan dalam hal koneksi, interpretasi, serta interaksi. Peran intuisi sangatlah besar dalam meningkatkan kemampuan matematika dasar sebagaimana konsep tertanam kuat dalam benak siswa. Oleh karena itu, penelitian matematika secara berkesinambungan sangat baik untuk mengetahui serta meningkatkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi dalam penelitian matematika merupakan langkah awal sebagai dugaan atau prediksi akan suatu fenomena atau noumena. Adanya intuisi dalam pembelajaran matematika, termasuk dalam penelitian matematika, merupakan pertanda bahwa seseorang sudah mampu berpikir kritis dan kreatif, artinya peka terhadap suatu keadaan. Tanpa suatu intuisi, penelitian kita hanyalah ilmu yang tidak berdasar. Walaupun intuisi itu memang harus dibuktikan untuk menentukan biasnya, namun setidaknya sudah ada prediksi atau dugaan akan suatu konsep.

    ReplyDelete
  21. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. intuisi memiliki peran penting dalam penelitian pendidikan matematika. dengan ituisi peneliti akan lebih mudah memahami maslah apa saja yang perlu diteliti, dimana kekurangan dalam pendidikan matematika yang masih berpotensi untuk ditingkatkan. Dengan memahami masalah yang terjadi dalam pendidikan matematika, maka peneliti akan lebih mudah melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  22. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Immanuel Kant menyatakan bahwa pertimbangan sintetik relevan dengan intuisi, dan dikatakan bahwa, hasil pertimbangan sintetik dikarakterisasikan oleh tidak adanya kontradiksi dalam diri orang yang menyatakannya. Intinya, apa yang diucapkan atau divisualisasikan pada sikap bersifat konstan pada nilai kebenaran yang diyakini. Pemikiran-pemikiran cerdas lahir dari kecerdasan intuisi ini, berani berbeda dengan pemikiran banyak orang. Seperti diungkapkan oleh Prof.Dr. Marsigit bahwa intuisi juga memiliki peran dalam penelitian, jadi antara intuisi dan riset, bagi matematikawan bersifat timbal balik. Telah diungkapkan oleh Thompson bahwa intuisi membantu mereka dalam penelitian sebagai sumber dugaan.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Peran intuisi dalam matematika research. Intuisi digunakan oleh filsuf sekaligus matematikawan Immanuel Kant untuk berpikir dan menghasilkan pembuktian tentang matematika. Dengan intuisi memungkinkan seseorang berpikir tentang hal yang paling abstrak sekalipun. Intusisi, memiliki peran yang penting dalam matematika termasuk, matematika research. Kemudian selama masa ini, intuisi sering kali muncul ke permukaan, Keduanya sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemis; ketiga, bahwa penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, namun dengan cara yang dapat diprediksi.

    ReplyDelete
  24. 14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui elegi ini, kita dapat memperoleh peran dari intuisi matematika yang dimiliki peneliti dalam menghadapi penelitian matematika yang tengah ia lakukan. Melalui intuisi, ia dapat menjadi sumber dalam melakukan dugaan atau hipotesis dan dapat pula sebagai dukungan epistemik. Maka intuisi akan membantu peneliti dalam melaksanakan penelitiannya.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Intuisi berperan pada penelitian matematika karena secara otomatis kita bisa memperkirakan apakah cara yang kita gunakan merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang kita ambil di dalam penelitian kita.

    ReplyDelete
  26. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Intuisi kadang-kadang disebut sebagai bimbingan batin, merupakan suatu mekanisme batin atau mengetahui secara naluriah tanpa membutuhkan atau menggunakan proses berpikir logis. Intuisi merupakan alternatif sumber pengetahuan, tingkat kesadaran, atau sebagian orang menyebutnya, suara batin. Intuisi juga bisa timbul karena pengalaman. Dalam penelitian kita harus menentukan hipotesis yang terkait dengan dugaan sementara terhadap permasalahan yang akan di teliti. Dalam hal ini peran intuisi dapat melahirkan dugaan/ hipotesis yang akan kita ajukan dalam penelitian.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    untuk membantu keberhasilan dan mengembangkan research dibutuhkan intuisi yang akurat, karna pada dasarnya tidak ada aktivitas yang benar – benar kreatif dalam sains dan matematika tanpa intuisi. Di dalam research intuisi yang akurat sangat dibutuhkan. Intuisi akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah dalam matematika.

    ReplyDelete
  28. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian.
    Misalka saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan.
    Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penggunaan intuisi dalam penelitian muncul saat tahap awal, yaitu saat menentukan hipotesis. Sedangkan dalam pembuktian, intuisi dapat berbentuk konjektur, atau sumber dugaan yang mengarahkan kita pada pembuktian tadi. Dengan intuisi yang baik, akan didapatkan pembuktian dan penelitian yang tepat pula

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Seperti yang dikatakan dalam paragraf tersebut. Peran intuisi dalam riset matematika adalah sebagai panduan (melalui insight) untuk menemukan bukti dari sebuah penelitian. Menurut Thompson, kita seperti sudah tahu suatu hal itu benar, namun kita tidak punya bukti untuk mengatakan itu benar. Maka itu lah intuisi. Selain itu intuisi dapat digunakan untuk memprediksi akan mengarah kemana riset tersebut. Sehingga dengan intuisi kita dapat mengawal riset matematika agar menemukan bukti atas jawaban dari masalah yang akan diselesaikan (rumusan masalah riset).

    ReplyDelete
  31. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Kemampuan intuisi setiap orang berbeda beda, intuisi yang berperan dalam penelitian matematika perlu dikaji kembali sehingga menjadi ilmiah, intuisi bias dikatakan sumber dugaan atau hipotesis dimana dugaan tersebut adalah dasar kita melakukan penelitian , jadi penelitian dilakukan untuk menemukan bukti dari dugaan sang peneliti

    ReplyDelete
  32. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam penelitian matematika, intuisi dapat mengarahkan sang peneliti mulai dari membuat asumsi awal, hipotesis, analisis hngga membuat kesimpulan, bahan setiap langkah dalam penelitian bisa dikatakan tidak terlepas dari intuisi. Dalam perkuliahan metodologi penelitian, pernah juga disampaikan bahwa dalam melakukan penelitian, kita tidak boleh melawan dari logika. Karenanya pula intuisi tersebut amatlah penting untuk dimilliki oleh seorang peneliti. Akan tetapi intuisi saja tidaklah cukup untuk melakukan sebuah penelitian, perlu dukungan dan landasan yang kuat dari beberapa referensi untuk melakukan penelitian tersebut.

    ReplyDelete
  33. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi matematika memberikan peranan penting dalam menarik kesimpulan.Dalam penelitian tentu ada masalah yang dikaji lalu ditelaah dan kemudian di selesaikan atau dipecahkan masalah tersebut. Peranan intuisi dalam penelitian adalah menganalisa dan mengira-ira atau memprediksi bagaimana masalah tersebut dipecahkan.

    ReplyDelete
  34. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Selain intuisi berperan penting dalam pembelajaran matematika khsusnya untuk siswa, intuisi juga memiliki peran penting dalam penelitian matematika. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya untuk menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian sehingga didapatkan hasil yang baik untuk pembuktian dari penelitian yang dilakukan.

    ReplyDelete
  35. ARNY HADA INDA
    1609251079
    PPS-MAT D 2016
    Intuisi adalah ide atau gagasan yang muncul dari seorang individu dan digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan tanpa didahului dengan analisis yang disengaja. Isu tentang intuisi sudah diperdebatkan oleh para filsuf dan ilmuwan sejak zaman Yunani kuno dan baru saat ini para peneliti mengetahui bagaimana intuisi terbentuk dan dari mana asalnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa intuisi dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang benar. Intuisi diatur oleh sistem bawah sadar Kita. Intuisi sebenarnya juga berasal dari informasi atau pengalaman yang pernah Kita alami sebelumnya, namun informasi tersebut berada di alam bawah sadar Kita. Ketika intuisi muncul maka keputusan itu adalah keputusan yang muncul dari alam bawah sadar Kita. Sehingga, intuisi muncul tanpa Kita harus berpikir dengan matang dan menganalisis semua kejadian yang pernah terjadi, tiba-tiba muncul begitu saja.

    ReplyDelete
  36. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak orang yang meremehkan intuisi. Padahal dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa intuisi dapat menjadi jawaban yang terbaik dan benar jika kita bisa mengasahnya. Ya, intuisi juga perlu diasah. Menurut para peneliti, intuisi akan berubah menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu dan tergantung dengan seberapa sering kita menggunakannya. Alasan mengapa kita perlu mempertimbangkan intuisi adalah karena intuisi sering kali ‘tahu’ apa yang terbaik untuk kita walaupun tidak bisa dimengerti dan dianalisis secara sadar. Para ahli bahkan menyatakan bahwa sistem alam bawah sadar kita sudah mengetahui jawaban yang benar sebelum sistem sadar mengetahuinya. Sehingga, jangan pernah meremehkan intuisi yang muncul ketika kita berada di bawah pilihan yang sulit. Terkadang intuisi mengetahui apa yang harus kita pilih dibandingkan dengan analisis kita yang membutuhkan waktu yang lama.

    ReplyDelete
  37. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Riset matematika adalah penelitan mengenai objek dari matemaika, dalam hal ini yang terkhusunya di Universitas Negeri Yogyakarta itu mengenai Pure Mathematics and Mathematics in Education. Dalam hal ini pun intuisi matematika yang dilihat daru dua sudut pandang tersebut berbeda. Untuk pure matematika lebih melihat ke pengembangan ilmu matematika. Sedangkan Mathematics in Eduaciton lebih memandang bagaiman intuisi yang berkembang siswa dalam merkonstruksi pengetahuan matematika.

    ReplyDelete
  38. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Namun dalam intuisi tidak dapat memandang bahwa dengan intuisi matematika yang satu tentang pengethuan yang sama. Namun dengan pengetahuan yang sama pula dengan intuisi matematika dari orang yang berbeda akan menghasilkan ilmu pengetahuan yang baru didukung dari intuisi lain yang diketahui oleh sang peneliti matematika. Sehingga dalam melakukan penelitian matika diperlukanberbagai teman dengan intuisi matematika yang berbda mmahami pengetahuan yang sama untuk menciptakan harmani baru dari pengetahuan yang ada.

    ReplyDelete
  39. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Ternyata intuisi memiliki peran yang penting dalam penelitian. Sebagai contoh kadang kita ragu-ragu dengan suatu kesimpulan, nah dengan menggunakan intuisi kita dapat sedikit lebih yakin dengan kesimpulan yang kita buat. Intuisi juga dapat mengembangkan kita untuk membuat konjektur atau dugaan yang dalam penelitian biasa kita sebut sebagai hipotesis. Sejatinya saat membuat hipotesis itulah intuisi kita muncul untuk menerka kesimpulan yang akan kita peroleh. Intuisi juga dapat menjadi petunjuk untuk mengambil keputusan mengenai mana yang harus dipilih untuk dilakukan selanjutnya.

    ReplyDelete
  40. Dwi Kawuryani
    S1 PMI 2014/14301241049
    Intuisi memiliki peran yang besar dalam penelitian Matematika. Meski pun sifat nya tidak ilmiah dan membutuhkan pembuktian secara ilmiah tetapi intuisi membantu seseorang dalam pemahaman dan pemecahan masalah atau penemuan solusi.

    ReplyDelete
  41. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Pada tulisan di atas menjelaskan tentang bagaimana intuisi berperan dalam sebuah research matematika. Thompson menyatakan bahwa intuisi dapat menjadi solusi untuk keraguan seseorang dalam menginvestigasi matematika. Intuisi selalu hadir ke permukaan, baik sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemik, dan juga bahwa penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, tetapi dalam cara yang dapat diprediksi

    ReplyDelete
  42. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam suatu penelitian, penting adanya dugaan awal atau hipotesis terhadap hasil dari penelitian. Ketika dari awal belum memikirkan suatu hipotesis atau belum melakukan intuisi, maka kedepannya tidak akan ada tujuan yang jelas apa yang mau dicapai.

    ReplyDelete
  43. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Intuisi matematika biasanya terjadi di awal. Intuisi tersebut merupakan prediksi yang disimpulkan berdasarkan pengalaman subjeknya. Ketepatan prediksi seseorang tergantung pada pengalaman yang telah dilalui oleh subjek tersebut. Semakin banyak pengalaman dan semakin terstruktur skema yang terbentuk dalam pikiran seseorang maka semakin mendekati kebenaran pula prediksi yang dihasilkan. Sebaliknya jika intuisi dilandasi dengan pengalaman yang sedikit atau gap antara skema satu dengan yang lainnya terlalu jauh maka prediksi yang dihasilkan oleh subjek tersebut menengah ke bawah.

    ReplyDelete
  44. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    seperti yang telah di bahas pada elegi sebelum ini bahwa intuisi itu sangat penting dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa, intuisi dapat dipengaruhi oleh prior knowledge dan kemampuan dasar, jika kedua itu baik maka intusii siswa juga akan berjalan dengan baik. intuisi adalah hipotesis awal yang dilakukan oleh siswa untuk menduga dan menentukan arah tujuan penyelesaian maslaahnya, begitu juga dalam reserch siswa harus memiliki hipotesis awalnya. jika siswa tidak memiliki hipotesis awal maka siswa tidak bisa fokus arahnya dalam meneliti.

    ReplyDelete
  45. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Peranan intuisi matematika yaitu untuk menemukan ide-ide pemikiran siswa yang akan diterapkan pada proses pemecahan masalah matematika. Dari intuisi siswa, maka siswa akan membuat dugaan (muncul ide-ide) tentang pengetahuan atau pengalaman yang telah diperolehnya.

    ReplyDelete
  46. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sehingga siswa dapat membangun pikirannya sendiri dan menyimpulkan suatu pengetahuan yang diperoleh dari ide-ide tersebut. Jadi adanya intuisi ini sangat membantu dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  47. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam The Encyclopedia of Philosopy, intuisi didefinisikan sebagai pemahaman segera (immediate apprehension) sehingga tidak membutuhkan/memerlukan inferensi, kemampuan mendefinisikan istilah yang digunakan, pembenaran, penyimbolan, dan pemikiran kembali. Sebagai contoh, jika seseorang membaca “Januari, Februari” maka ia dapat menebak secara benar bahwa berikutnya adalah kata “Maret,” meskipun aturan urutan kata-kata tersebut tidak diberikan. Selanjutnya, Fischbein mengemukakan bahwa sekali intuisi dibangun, ia sangat kokoh atau stabil. Sebagai contoh, jika seorang anak menyimpulkan bahwa bilangan 0,999... lebih kecil dari 1, maka ia sangat sulit menerima prinsip bahwa kedua bilangan tersebut sama. Pada intinya, intusi berperan sangat penting dalam riset matematika yaitu untuk memberikan tebakan yang baik atau pendekatan alternatif dalam memecahkan suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  48. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika, sehingga sangat bermanfaat dalam riset matematika. Dengan adanya intuisi maka kita dapat menemukan ide-ide/gagasan yang kemudian digunakan untuk melakukan riset. Dari gagasan awal ini lah kemudian menjadi hipotesis. Namun selain intuisi kita pun perlu mencari fakta yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  49. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam kehidupan sehari-hari seseorang membutuhkan intuisi untuk dapat memahami suatu kejadian yang ada dan yang mungkin ada, begitu juga dalam sebuah penelitian matematika diperlukan intuisi karena dengan intuisi seseorang akan dapat menghasilkan sebuah kesimpulan. Selain itu, dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahaman seeorang karena ide-ide yang baru/inovatif akan selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas.

    ReplyDelete