Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

91 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Penelitian di bidang matematika tidak hanya membutuhkan teori-teori dari referensi yang bagus. Tetapi juga membutuhkan intuisi peneliti untuk menarik benang merah antara masalah yang ada, teori yang ada, dan hasil yang diperoleh. Karena dari ketiganya tersebut tidak jarang saling bertolak belakang. Di sini lah kemampuan peneliti sangat mempengaruhi. Peneliti harus bisa menganalisis hasil penelitiannya dan dibandingkan dengan teori-teori yang ada.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah dalam matematika, intuisi juga bisa hadir atau berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusa kritis, tatkala secara analitis permasalahan tidak dapat diselesaikan dalam research. Oleh karena itu untuk membantu keberhasilan dan mengembangkan research dibutuhkan intuisi yang akurat

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara tenatng intuisi dimana datangnya. Maka kita tidak bisa menjawab dengan pastinya dimana datang intuisi kita. Akrena intuisi datang secara otodidak. Ya datang-datang aja enatah datanagnya dari mana. Mungkin bisa dikatakn datang tak dijemput pulang tak diantar. Jika ada yang bisa memebrikan defenisis secara pasti intuisis itu seperti apa, maka orang itu harus ditanya lagi kebenarannya. Dari mana datangnya bahagia?

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Peran intuisi matematika dapat terjadi pada ide- ide siswa dalam proses pemecahan masalah matematika. Dimana ide- ide tersebut masih berupa dugaan yang dimiliki siswa, guru sebagai peneliti matematika maka guru akan berperan sebagai fasilitator agar ide- ide yang dimilki siswa sejalan dengan apa yang diharapkan dari tujuan pembelajaran. Sehingga siswa tidak akan salah membentuk konsep tersebut.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Intuisi sangat penting dalam proses pembelajaran matematika terkait dengan penyelesaian persmasalahan yang terjadi dalam matematika. Selain itu, intuisi juga diperlukan dalam hal koneksi, interpretasi, serta interaksi. Peran intuisi sangatlah besar dalam meningkatkan kemampuan matematika dasar sebagaimana konsep tertanam kuat dalam benak siswa. Oleh karena itu, penelitian matematika secara berkesinambungan sangat baik untuk mengetahui serta meningkatkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi dalam penelitian matematika merupakan langkah awal sebagai dugaan atau prediksi akan suatu fenomena atau noumena. Adanya intuisi dalam pembelajaran matematika, termasuk dalam penelitian matematika, merupakan pertanda bahwa seseorang sudah mampu berpikir kritis dan kreatif, artinya peka terhadap suatu keadaan. Tanpa suatu intuisi, penelitian kita hanyalah ilmu yang tidak berdasar. Walaupun intuisi itu memang harus dibuktikan untuk menentukan biasnya, namun setidaknya sudah ada prediksi atau dugaan akan suatu konsep.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. intuisi memiliki peran penting dalam penelitian pendidikan matematika. dengan ituisi peneliti akan lebih mudah memahami maslah apa saja yang perlu diteliti, dimana kekurangan dalam pendidikan matematika yang masih berpotensi untuk ditingkatkan. Dengan memahami masalah yang terjadi dalam pendidikan matematika, maka peneliti akan lebih mudah melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  8. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Immanuel Kant menyatakan bahwa pertimbangan sintetik relevan dengan intuisi, dan dikatakan bahwa, hasil pertimbangan sintetik dikarakterisasikan oleh tidak adanya kontradiksi dalam diri orang yang menyatakannya. Intinya, apa yang diucapkan atau divisualisasikan pada sikap bersifat konstan pada nilai kebenaran yang diyakini. Pemikiran-pemikiran cerdas lahir dari kecerdasan intuisi ini, berani berbeda dengan pemikiran banyak orang. Seperti diungkapkan oleh Prof.Dr. Marsigit bahwa intuisi juga memiliki peran dalam penelitian, jadi antara intuisi dan riset, bagi matematikawan bersifat timbal balik. Telah diungkapkan oleh Thompson bahwa intuisi membantu mereka dalam penelitian sebagai sumber dugaan.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Peran intuisi dalam matematika research. Intuisi digunakan oleh filsuf sekaligus matematikawan Immanuel Kant untuk berpikir dan menghasilkan pembuktian tentang matematika. Dengan intuisi memungkinkan seseorang berpikir tentang hal yang paling abstrak sekalipun. Intusisi, memiliki peran yang penting dalam matematika termasuk, matematika research. Kemudian selama masa ini, intuisi sering kali muncul ke permukaan, Keduanya sebagai sumber dugaan, dan dukungan epistemis; ketiga, bahwa penilaian intuitif kita dalam situasi ini sering bias, namun dengan cara yang dapat diprediksi.

    ReplyDelete
  10. 14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui elegi ini, kita dapat memperoleh peran dari intuisi matematika yang dimiliki peneliti dalam menghadapi penelitian matematika yang tengah ia lakukan. Melalui intuisi, ia dapat menjadi sumber dalam melakukan dugaan atau hipotesis dan dapat pula sebagai dukungan epistemik. Maka intuisi akan membantu peneliti dalam melaksanakan penelitiannya.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Pemahaman tiba-tiba datang dari dunia lain dan keluar dari kesadaran. Intuisi berperan pada penelitian matematika karena secara otomatis kita bisa memperkirakan apakah cara yang kita gunakan merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang kita ambil di dalam penelitian kita.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Intuisi kadang-kadang disebut sebagai bimbingan batin, merupakan suatu mekanisme batin atau mengetahui secara naluriah tanpa membutuhkan atau menggunakan proses berpikir logis. Intuisi merupakan alternatif sumber pengetahuan, tingkat kesadaran, atau sebagian orang menyebutnya, suara batin. Intuisi juga bisa timbul karena pengalaman. Dalam penelitian kita harus menentukan hipotesis yang terkait dengan dugaan sementara terhadap permasalahan yang akan di teliti. Dalam hal ini peran intuisi dapat melahirkan dugaan/ hipotesis yang akan kita ajukan dalam penelitian.

    ReplyDelete
  13. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    untuk membantu keberhasilan dan mengembangkan research dibutuhkan intuisi yang akurat, karna pada dasarnya tidak ada aktivitas yang benar – benar kreatif dalam sains dan matematika tanpa intuisi. Di dalam research intuisi yang akurat sangat dibutuhkan. Intuisi akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah dalam matematika.

    ReplyDelete
  14. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian.
    Misalka saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan.
    Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian.

    ReplyDelete
  15. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penggunaan intuisi dalam penelitian muncul saat tahap awal, yaitu saat menentukan hipotesis. Sedangkan dalam pembuktian, intuisi dapat berbentuk konjektur, atau sumber dugaan yang mengarahkan kita pada pembuktian tadi. Dengan intuisi yang baik, akan didapatkan pembuktian dan penelitian yang tepat pula

    ReplyDelete
  16. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Seperti yang dikatakan dalam paragraf tersebut. Peran intuisi dalam riset matematika adalah sebagai panduan (melalui insight) untuk menemukan bukti dari sebuah penelitian. Menurut Thompson, kita seperti sudah tahu suatu hal itu benar, namun kita tidak punya bukti untuk mengatakan itu benar. Maka itu lah intuisi. Selain itu intuisi dapat digunakan untuk memprediksi akan mengarah kemana riset tersebut. Sehingga dengan intuisi kita dapat mengawal riset matematika agar menemukan bukti atas jawaban dari masalah yang akan diselesaikan (rumusan masalah riset).

    ReplyDelete
  17. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Kemampuan intuisi setiap orang berbeda beda, intuisi yang berperan dalam penelitian matematika perlu dikaji kembali sehingga menjadi ilmiah, intuisi bias dikatakan sumber dugaan atau hipotesis dimana dugaan tersebut adalah dasar kita melakukan penelitian , jadi penelitian dilakukan untuk menemukan bukti dari dugaan sang peneliti

    ReplyDelete
  18. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam penelitian matematika, intuisi dapat mengarahkan sang peneliti mulai dari membuat asumsi awal, hipotesis, analisis hngga membuat kesimpulan, bahan setiap langkah dalam penelitian bisa dikatakan tidak terlepas dari intuisi. Dalam perkuliahan metodologi penelitian, pernah juga disampaikan bahwa dalam melakukan penelitian, kita tidak boleh melawan dari logika. Karenanya pula intuisi tersebut amatlah penting untuk dimilliki oleh seorang peneliti. Akan tetapi intuisi saja tidaklah cukup untuk melakukan sebuah penelitian, perlu dukungan dan landasan yang kuat dari beberapa referensi untuk melakukan penelitian tersebut.

    ReplyDelete
  19. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi matematika memberikan peranan penting dalam menarik kesimpulan.Dalam penelitian tentu ada masalah yang dikaji lalu ditelaah dan kemudian di selesaikan atau dipecahkan masalah tersebut. Peranan intuisi dalam penelitian adalah menganalisa dan mengira-ira atau memprediksi bagaimana masalah tersebut dipecahkan.

    ReplyDelete
  20. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    seperti yang telah di bahas pada elegi sebelum ini bahwa intuisi itu sangat penting dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa, intuisi dapat dipengaruhi oleh prior knowledge dan kemampuan dasar, jika kedua itu baik maka intusii siswa juga akan berjalan dengan baik. intuisi adalah hipotesis awal yang dilakukan oleh siswa untuk menduga dan menentukan arah tujuan penyelesaian maslaahnya, begitu juga dalam reserch siswa harus memiliki hipotesis awalnya. jika siswa tidak memiliki hipotesis awal maka siswa tidak bisa fokus arahnya dalam meneliti.

    ReplyDelete
  21. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Peranan intuisi matematika yaitu untuk menemukan ide-ide pemikiran siswa yang akan diterapkan pada proses pemecahan masalah matematika. Dari intuisi siswa, maka siswa akan membuat dugaan (muncul ide-ide) tentang pengetahuan atau pengalaman yang telah diperolehnya.

    ReplyDelete
  22. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sehingga siswa dapat membangun pikirannya sendiri dan menyimpulkan suatu pengetahuan yang diperoleh dari ide-ide tersebut. Jadi adanya intuisi ini sangat membantu dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  23. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam The Encyclopedia of Philosopy, intuisi didefinisikan sebagai pemahaman segera (immediate apprehension) sehingga tidak membutuhkan/memerlukan inferensi, kemampuan mendefinisikan istilah yang digunakan, pembenaran, penyimbolan, dan pemikiran kembali. Sebagai contoh, jika seseorang membaca “Januari, Februari” maka ia dapat menebak secara benar bahwa berikutnya adalah kata “Maret,” meskipun aturan urutan kata-kata tersebut tidak diberikan. Selanjutnya, Fischbein mengemukakan bahwa sekali intuisi dibangun, ia sangat kokoh atau stabil. Sebagai contoh, jika seorang anak menyimpulkan bahwa bilangan 0,999... lebih kecil dari 1, maka ia sangat sulit menerima prinsip bahwa kedua bilangan tersebut sama. Pada intinya, intusi berperan sangat penting dalam riset matematika yaitu untuk memberikan tebakan yang baik atau pendekatan alternatif dalam memecahkan suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  24. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika, sehingga sangat bermanfaat dalam riset matematika. Dengan adanya intuisi maka kita dapat menemukan ide-ide/gagasan yang kemudian digunakan untuk melakukan riset. Dari gagasan awal ini lah kemudian menjadi hipotesis. Namun selain intuisi kita pun perlu mencari fakta yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  25. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam kehidupan sehari-hari seseorang membutuhkan intuisi untuk dapat memahami suatu kejadian yang ada dan yang mungkin ada, begitu juga dalam sebuah penelitian matematika diperlukan intuisi karena dengan intuisi seseorang akan dapat menghasilkan sebuah kesimpulan. Selain itu, dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahaman seeorang karena ide-ide yang baru/inovatif akan selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas.

    ReplyDelete
  26. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menurut Thompson intuisi sangat berperan dalam riset matematika. Mulai dari pemikiran awal yang berupa pertanyaan-pertanyaan tentang matematika. Dugaan awal sebelum riset. Kegiatan selama riset, bahkan saat mengambil kesimpulan. Meskipun samar-samar tetapi intuisi telah mempengaruhi dalam riset matematika. Apalagi matematika merupakan bidang ilmu pasti yang jelas lebih banyak menggunakan intuisi daripada penalaman. Secara garis besar mungkin ini pendapat Thompson tentang peran intuisi dalam riset matematika.
    Menurut saya meskipun intuisi sangat berperan dalam riset matematika, tetap saja kita memerlukan pengalaman dalam riset tersebut. Tidak mungkin kita melakukan riset hanya dari menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan intuisi saja. Kita butuh pengalaman dalam riset matematika. Pengalaman inilah yang nantinya disingkronisasikan denga intuisi menjadi pengalaman yang dipikirkan sehingga terbentuk suatu ilmu pengetahuan. Karena tujuan riset matematika adalah untuk menemukan suatu pengetahuan tentang matematika.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  27. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi sangat berperan penting dalam matematika, salah satunya pada riset matematika. dalam riset memerlukan sebuah hipotesis untuk menarik suatu kesimpulan. Tanpa menggunakan intuisi kita akan sulit bahkan tidak bisa menentukan hipotesis yang sesuai dengan hasil yang ada. Diperlukan pengalaman-pengalaman yang dikolaborasikan dengan pengetahuan awal yang dikemas dalam intuisi untuk menyusun hipotesis atau konjektur awal dalam penelitian. Sehingga penelitian atau riset yang kita lakukan akan lebih bermakna dengan intuisi.

    ReplyDelete
  28. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bismillah. Sepemahaman saya terkait pendapat Thompson tersebut adalah jika salah satu aktivitas dalam bermatematika adalah research. Pada research tersebut tentu awalnya kita belum mengetahui apa-apa atau beleum memiliki bukti apa-apa. Selama masa ini, selama aktivitasinilah, intuisi sering muncul ke permukaan. Maksutnya, intuisi berperan dalam aktivitas research matematika. Intuisi bisa jadi dijadikan media untuk melihat sumber dugaan.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, dalam kehidupan manusia, manusia senantiasa menggunakan intuisinya dalam menjalani kehidupannya. Demikian halnya dalam melakukan penelitian/penyelidikan. Setidaknya dalam menentukan langkah awal apa yang harus dilakukan/dipelajari pertama kali terlebih dahulu biasanya ditentukan melalui intuisi. Setelah itu langkah selanjutnya barulah dia mengembangkan penelitian tersebut berdasarkan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang dimilikinya, dan dalam memilih pengetahuan yang mana dan pemahaman yang mana yang akan digunakan, menurut kami itu juga ditentukan oleh intuisi.

    ReplyDelete
  30. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Langkah-lankah dalam penelitian dimulai dari membuat hipotesis, mengamati, mengumpulkan data, membuktikan hipotesisnya dan untk mendapatkan kesimpulan. Oleh karena itu, peran intuisi dalam dunia penelitian tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam membuat hipotesa penelitian, peneliti akan membuat dugaan sementara untuk dibuktikan dalam dalam proses penelitian dan dalam membuat hiptesa tersebut peneliti menggunakan instuisinya. Menurut saya intuisi setiap orang berbeda tergantung proses dan pengalaman yang dialami peneliti. Semakin banyak kegiatan intuisi yang pernah dilakukan semakin lancar peneliti dalam membuat hiptesa. Oleh karena itu sebagai guru kita dapat membantu siswa kita menjadi peneliti yang handal dengan melibatkan intuisi siswa dalam semua kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi matematika merupakan hal yang sangat penting dalam mencari solusi atau memcahkan masalah. Dalam setiap proses penelitian, tentu terdapat masalah yang kemudian ditelaah dan dipecahkan masalahnya. Selain masalah, dalam penelitian juga ada yang dinamakan hipotesis. Hipotesis merupakan prediksi jawaban dari apa yang diteliti. Dalam membuat hipotesis diperlukan kemampuan memprediksikan bagaimana suatu masalah dipecahkan, untuk memprediksikan hipotesis inilah dibutuhkan intuisi.

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Di dalam riset penelitian tidak terlepas dari peran intuitif.Merujuk pada pernyataan Thomson pada point ke tiga bahwa “penilaian intuitif kita sering bias.”Saya ingin bertanya, apakah maksud dari bias dari kalimat tersebut?Karena yang saya pahami seperti di dalam psikologi bahwa bias adalah sebuah prasangka baik atau buruk berdasarkan apa yang dilihat tanpa mengetahui kebenarannya dengan pasti.Saya mohon maaf jika ada kata –kata yang keliru.Mohon penjelasannya Pak prof.Terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan di atas saya mencermatinya sebagai peran intuisi dalam sebuah penelitian terutama pada bidang ilmu matematika. Melalui intuisi seseorang dapat memberikan dugaan atau hipotesis yang dapat mengarahkan pada hasil penelitian. Perlu disadari terkadang kesimpulan dari hasil penelitian yang telah diperkirakan cenderung menampilkan sesuatu yang berbeda atau bahkan sesuai dengan dugaan yang telah disusun. Menurut saya, sangat penting ketika sebagai peneliti mampu memberikan penjelasan atas hasil yang diperoleh. Terima kasih Prof atas ilmu yang sudah diberikan.

    ReplyDelete
  34. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Intuisi sering datang dengan proses. Dalam prosesnya, terkadang kita sulit menemukan kesimpulan dan inilah dimana peran intuisi. Intuisi bisa jadi bias tapi bisa dijelaskan dalam kebiasaan yang bisa diharapkan.

    ReplyDelete
  35. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki manfaat yang besar dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam pembelajaran matematika atau di dalam kehidupan sehari-hari, intuisi juga dapat membantu dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian. Intuisi dapat memunculkan sumber dugaan dan prediksi terhadap suatu penelitian. Intuisi dapat muncul dari setiap pengalaman-pengalaman yang pernah kita alami sehingga secara tidak sadar intuisi kita berkembang. Intuisi yang telah berkembang dengan baik akan dapat memperkirakan hasil dari sesuatu yang akan kita teliti. Maka penting bagi kita untuk mengembangkan intuisi yang kita miliki.

    ReplyDelete
  36. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Begitu banyak postingan bapak mengenai intuisi, sehingga saya berpikir bahwa banyak faktor yang dapat memicu munculnya intuisi. Intuisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Sama halnya dalam penelitian matematika, menurut einstein, suatu penemuan bisa saja lahir melalui intuisi. Dalam penelitian kita tahu bahwa ada hipotesis di dalamnya, dengan adanya intuisi kita bisa menduga secara langsung dari terbatasnya data-data yang kita miliki.

    ReplyDelete
  37. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Ketika kita menyelesaikan suatu permasalahan harus menggunakan intuisi. Kita dapat menggunakan intuisi untuk memikirkan bagaimana cara agar dapat mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena intuisi akan mengotomatiskan pemikiran kita untuk menghadapi masalah, kemudian mencari penyelesaian dari masalah itu.

    ReplyDelete
  38. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian. dalam pembelajaran mataematika pun intuisi sangat diperlukan bahkan dipelajari, intuisi merupakah hal dimana seseorang untuk memprediksikan suatu kesimpulan atau keputusan dalam suatu penelitian maupun pembelajaran.

    ReplyDelete
  39. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Pada tulisan di atas, Thompson menggambarkan peran intuisi matematika dalam riset matematika. hal ini karena terkadang penemuan-penemuan para matematikawan yang melakukan riset itu didukung oleh intuisi matematika yang mereka miliki. kesimpulan dari hasil penelitian itu tidak harus sudah dapat diterka dengan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  40. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemampuan intuisi cukup sering diremehkan dan tidak dijadikan sebagai landasan dalam membuat keputusan terhadap suatu masalah yang dihadapi. Padahal, kemampuan intuisi seringkali benar jika diterapkan pada lingkungan yang stabil, teratur, dan mudah diprediksi. Kemampuan intuisi dapat digunakan sebelum memutuskan perlu atau tidaknya pendapat orang lain sebelum membuat sebuah keputusan, khususnya ketika melihat tren dan segmentasi dari suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  41. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa intuisi matematika dapat hadir melalui pengalaman matematika. Intuisi matematika juga merupakan hasil dari kemampuan matematika yang ada. Selain sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran matematika, intuisi matematika juga dapat dijadikan sebagai dugaan sementara dalam proses penelitian matematika. Dengan demikian, intuisi matematika sebaiknya terus dimunculkan dala proses pembelajaran matematika agar nanti outputnya intuisi matematika dapat menjadi inisialisasi dalam penelitian matematika.

    ReplyDelete
  42. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Intuisi berkembang sesuai perkembangan kemampuan, pengalaman, dan psikologi manusia. Intuisi terbangun berdasarkan prior knowledge seseorang dan akan semakin matang seiring pengalaman-pengalaman yang manusia alamai. Hubungan intuisi dalam mathematics reserch, saya artikan sebagai kemampuan manusia menggunakan intuisinya guna melakukan penelitian mathematika. Kecenderungan manusia adalah mengikuti intuisi yang merek miliki. Semakin baik intuisi mereka, maka hal-hal dalam kehidupan akan semakin dapat mereka perkirakan. Jika boleh saya asumsikan, intuisi mungkin adalah Indera ke enam yang dapat digunakan untuk (memprediksi) apa yang akan terjadi. Dengan kemampuan ini maka siswa dapat melakukan penelitian guna mengembangkan matematika maupun melengkapi hal-hal yang ada dalam matematika yang belum sempurna.

    ReplyDelete
  43. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Intuisi adalah salah satu faktor penting dalam pendidikan khususnya Matematika. Tidak hanya dapat meningkatkan kreativitas siswa, intuisi ini juga memiliki manfaat bagi para guru atau praktisi pendidikan matematika. Dalam penelitian, intuisi berperan dalam mengambil keputusan yang walaupun bersifat intuitif, namun masih dapat diprediksi.

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika merupakan hal yang sangat bagus. Karena ide-ide dan inovasi bisa muncul pada saat pembelajaran di kelas. Namun dalam berintuisi, kadang menghasilkan ide atau gagasan yang bias. Maka dari itu ada upaya penelitian matematika dalam rangka memperkuat hipotesis yang dimunculkan akibat berintuisi. Jadi berintuisi matematika dan penelitian bisa berjalan berdampingan.

    ReplyDelete
  45. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Dalam dunia penelitian, terkadang logika kita mampu menebak apa yang akan menjadi temuan kita dalam penelitian. Namun ada pula saat-saat dimana dalam penelitian kita, kita benar-benar tidak bisa menebak hasil apa yang akan kita temukan dalam penelitian. Disinilah salah satu letak pentingnya intuisi, dimana ia melengkapi kelemahan yang ada dalam logika kita. dengan demikian, kita masih bisa memperkirakan apa yang akan menjadi temuan dalam penelitian kita.

    ReplyDelete
  46. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Intuisi terbangun berdasarkan prior knowledge seseorang dan akan semakin matang seiring pengalaman-pengalaman yang manusia alami. Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa intuisi itu sangat penting dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa, intuisi dapat dipengaruhi oleh prior knowledge dan kemampuan dasar, jika kedua itu baik maka intuisi siswa juga akan berjalan dengan baik. Tidak hanya siswa, dalam penelitian, sebuah hipotesis yang kita buat haruslah berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah kita alami, dan pengetahuan-pengetahuan yang telah kuta tahu sebelumnya. Sehingga praduga sementara tetap berdasarkan alasan yang logis dan masuk akal, sesuait teorema-teorema yang umum terjadi. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  47. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Tidak disangka memang peran intuisi ini sangat banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, temasuk salah satunya adalah dalam melaksanakan riset matematika. Dalam memulai sebuah riset, tentunya sang peneliti terlebih dahulu menentukan permasalahan apa yang akan ditelitinya. Maka dalam menentukan masalah ini, peneliti menggunakan intuisinya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki. Selanjutnya peneliti menentukan teori apa yang dapat mendukung permasalahan yang akan ditelitinya dan juga menentukan metode penelitian. Dalam menentukan teori pendukung dan metode penelitian, intuisi juga berperan. Maka terlihat bahwa peran intuisi ini sangat penting dalam melakukan sebuah riset.

    ReplyDelete
  48. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Honestly, perhaps because I have never made any mathematichal research, I didn't really understand about Thompson's thought. What is actually happen when someone is somewhere between 'having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them'.
    What's in my mind is a small reflection that everytime somebody feels that he/she found something new, through a research, he/she found a deeper meaning of something. When he/she grow deeper, there will be more questions to ask and problems to solve. Someone should make a decision to stop first and think. Is it the time when intuition is working, in conjecturing a situation? In time when conclusion should be made when actually the researcher feels that the research is not complete yet?

    ReplyDelete
  49. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Penelitian merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menghasilkan pengetahuan yang valid dan sebagai bahan untuk evaluasi. Dalam penelitian pastinya selalu dijabarkan hasil dari temuan-temuan penelitian tersebut. Untuk mempermudah pembaca tentang penelitian ini diperlukan kesimpulan. Untuk menarik penjabaran penelitian menjadi kesimpulan diperlukan intuisi dari peneliti agar kesimpulan yang diambil dapat mewakili dan merangkung semua hasil temuan. Mohon pencerahannya Prof. jika komentar ini kurang tepat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  50. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Thompson memberikan pengetahuan lebih mengenai intuisi matematika. “Penilaian intuitif dalam situasi ini, kita sering bias. Namun dengan cara yang dapat diprediksi”. Ya dalam hal ini penelitian dilakukan untuk menghindari bias akan intuisi yang kita gunakan selama ini. Karena tidak mungkin rasa subyektif itu tidak muncul ketika kita melakukan sesustu penilaian. Maka dari itu perlu adanya evaluasi terhadap intuisi atau ide yang ada yang di dalam pikiran kita yang dapat dituangkan dalam melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  51. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Intuisi sangat diperlukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Dan dalam penelitian matematika juga dibutuhkan intuisi. Dalam sebuah penelitian matematika diperlukan intuisi karena dengan intuisi seseorang akan dapat menghasilkan sebuah kesimpulan. Selain itu, dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahaman seeorang karena ide-ide yang baru/inovatif akan selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, bahkan bukan hanya dalam pembelajaran matematika dalam pembelajaran-pembelajaran yang lain intuisi juga sangat diperlukan, baik itu ilmu sosial, ilmu alam, teknologi, dan ilmu-ilmu lainnya, bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita juga membutuhkan intuisi, Prof. Marsigit sering mencontohkan bagaimana intuisi itu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bagaimana beliau mengenali istri beliau, itu tidak terlepas dari intuisi.

    ReplyDelete
  53. Dalam melakukan penelitian dalam bidang matematika atau pendidikan matematika seorang peneliti harus memiliki intuisi yang cukup kuat. Peneliti harus menghilangkan pendapat subyektifnya. Peneliti sendiri harus senantiasa terbuka dalam mengevaluasi pemikirannya atas suatu ide yang telah dikemukan dengan mengandalkan intuisi peneliti tersebut, agar dalam penilaian intuisi tidak terjadi bias.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Penelitian matematika dilakukan untuk mengetahui kebenaran suatu pernyataan matematika atau untuk menguji teori dalam matematika. Pada bagian hasil penelitian, peneliti mengumpulkan bukti-bukti untuk menyimpulkannya. Dalam hal ini intuisi berperan untuk memberikan dugaan kebenaran atas apa yang diteliti. Dengan menggunakan intuisi peneliti dibantu untuk menyusun dugaan awal untuk memprediksi hasil penelitian. Sehingga dalam penelitian matematika peran intuisi juga sangat penting.

    ReplyDelete
  55. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian. dari intuisi yang membantu membuat hipotesis sehingga peneliti akan bekerja untuk membuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau berkebalikan dengan hipotesis sehingga prediksi yang dibuat akan dibuktikan nilai kebenarannya dengan menggunakan penelitian.

    ReplyDelete
  56. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebagaimana penjelasan yang diberikan pada komen-komen sebelumnya mengenai intuisi, disini saya mengambil kesimpulan bahwa jika seseorang khususnya peneliti memiliki intuisi yang tajam, maka akan berpegaruh pada hasil penelitian dan memberikan dampak yang baik dalam perkembangan pendidikan itu sendiri. Namun jika sebaliknya, maka penelitian yang dilakukan tidak bisa dijadikan acuan guna mengembangkan pendidikan untuk menjadi lebih baik
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  57. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY
    Intuisi itu seperti terjadi sekelibat saja. Intuisi seperti terlintas atau lewat begitu saja di pikiran kita. Intuisi berda di antara sesuatu yang tidak ada buktinya dan sesuatu yang sebetulnya kita mengetahuinya. Intuisi dikatakan seperti sebuah dugaan epistemologis. Intuisi sering menimbulkan bias tetapi terkadang bisa untuk melakukan prediksi.

    ReplyDelete
  58. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi membantu kita dalam berbagai kehidupan kita, salah satunya ketika melakukan peneitian. Dengan intuisi yang baik kita dapat membuat suatu dugaan atau hipotesis yang baik pula/ Dan dengan dugaan atau hipotesis yang kita miliki kita dapat menentukan langkah- langkah yang harus diambil dalam penelitian. Karena itulah penting untuk terus mengembangkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  59. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi memiliki peran penting dalam penelitian matematika. Dengan intuisi, peneliti akan mencoba menduga proses penelitian dari hipotesis hingga kesimpulan. Dalam proses tersebut, peneliti selalu membutuhkan intuisi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan penelitian dalam matematika memerlukan pemikiran kreatif, kritis; intuisi memberikan jalan dan ide dalam proses penelitian matematika terutama dalam proses pemecahan masalah. Mohon koreksi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  60. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Belajar matematika adalah membentuk pola pikir dengan belajar memecahkan masalah. Yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah adalah intuisi setiap individu. Selanjutnya dari intuisi-intuisi tersebut dapat didiskusikan bersama dengan mengumpulkan argument siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya tentang matematika yang selanjutnya dapat disinkronkan dengan dasar teori/materi yang ada.
    Dengan demikian siswa akan mampu untuk berpikir secara kreatif dan inovatif menggunakan intuisi-intuisinya.
    Namun, sekarang ini guru lebih sering hanya memberikan contoh-contoh bagaimana memecahkan suatu masalah matematika, meski cara demikian membuat siswa menjadi kurang kreatif dalam memecahkan masalah. Akibatnya siswa hanya mampu memecahkan masalah matematika bila telah diberikan caranya oleh guru. Dengan kondisi demikian, intuisi matematika siswa belum maksimal.

    ReplyDelete
  61. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Intuisi memiliki peran dalam pendidikan matematika. Lalu apakah intuisi memiliki peran dalam penelitian matematika? Menurut Thompson intuisi sangat berperan dalam riset matematika. Mulai dari pemikiran awal yang berupa pertanyaan-pertanyaan tentang matematika. Dugaan awal sebelum riset. Kegiatan selama riset, bahkan saat mengambil kesimpulan. Meskipun samar-samar tetapi intuisi telah mempengaruhi dalam riset matematika.

    ReplyDelete
  62. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Dengan adanya intuisi, peneliti dapat menentukan dan memberikan dugaan tentang akan bagaimana hasil dari penelitianya tersebut. Dalam penelitian dugaan sementara disebut dengan hipotesis. Dengan adanya hipotesis, peneliti akan merasa terarah dalam melakukan penelitian. Secara sangat sederhana, hipotesis menunjukkan kepada para peneliti apa yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  63. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    P Mat B PPS UNY
    intuisi dalam dunia penelitian merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam membuat hipotesa penelitian, melakukan penelitian sampai menarik kesimpulan. Oleh karena itu untuk meningkatkan intuisi matematika seseorang harus membiasakan diri untuk melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  64. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Intuisi memang dapat digunakan untuk penelitian seperti yang kita ketahui dalam penelitian ada yang namanya hipotesis penelitian, kedalaman hipotesis penelitian dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman peneliti yang nantinya akan memunculkan intuisi. Selain itu intuisi juga berguna saat peneliti melaksanakan penelitian yang membuat penelitian itu lebih menggunakan cara-cara kreatif dan lebih mendalaam untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih valid karena dipengaruhi oleh pengalamannya. Seperti contohnya penelitian kualitatif yang benar-benar tergantung pada pengalaman peneliti. Di penelitian ini tingat pengetahuan dan pengalaman menjadi faktor penentu edalaman peneliti.

    ReplyDelete
  65. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    Pendidikan Matematika A S2 UNY

    Setelah membaca elegi di atas, kita mengetahui bahwa peran intuisi dalam riset matematika adalah intuisi dapat membantu seseorang untuk membangun konsep atau pengetahuannya. Dalam riset ini, intuisi juga diperlukan untuk menentukan hipotesi dan menarik kesimpulan

    ReplyDelete
  66. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Intuisi akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah dalam matematika, intuisi juga bisa hadir atau berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusa kritis, tatkala secara analitis permasalahan tidak dapat diselesaikan dalam research, maka dari itu untuk membantu keberhasilan dan mengembangkan research dibutuhkan intuisi yang akurat. Tugas kita sebagai pendidik untuk mengasah kemampuan siswa. Guru juga harus memiliki kemampuan dalam memahami kemampuan siswa, hal-hal yang ditemui dalam proses pembelajaran dapat dijadikan bahan penelitian yang diharapkan dapat memberi manfaat demi perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  67. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebenarnya intuisi matematika terbentuk dari pengalaman masa lalu kita dan pengetahuan. Hal ini tidak perlu bahwa intuisi matematika selalu menghasilkan keputusan yang baik. Intuisi karena hal itu bergantung pada pengetahuan yang didapat akan menjadi kemampuan-domain tertentu. Jika kita sangat intuitif tentang satu hal kemungkinan adalah bahwa kita hanya sebagai orang biasa rata-rata sekitar cukup banyak segala sesuatu yang lain. Intuisi lebih baik dengan praktek. Ini adalah kemampuan otak untuk mengambil pola berulang tertentu yang berarti kita harus mendapatkan terkena sejumlah pola tersebut. Jadi jika seorang peneliti yang lebih berpengalaman dalam subjek maka ia akan memiliki intuisi yang lebih baik pada jenis hasil yang diharapkan. Jadi jelas peneliti senior akan lebih baik dalam hal itu.

    ReplyDelete
  68. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Peran intuisi ini sangat penting. Dari yang saya pelajari di mata kuliah psikologi belajar matematika,dikatakan bahwa siswa yang cerdas secara intuisi akan terlihat menonjol di kelas. Ia bisa dengan cepat memberikan respon atas pertanyaan yang diajukan oleh gurunya, pun jawaban yang diberikan tersebut belum tentu benar. Sehingga dibutuhkan banyak pengalaman untuk melatih keakuratan intuisi.

    ReplyDelete
  69. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Dalam penelitian peneliti diperlukan mengabil sebuah kesimpulan. Dalam hal ini peran intuasi sangatlah diperlukan. Dengan intuisi, peneliti dapat mengumpulkan dugaan dugaan penelitian. Didukung oleh temuan hasil penelitian dan ketajaman intuisi, maka akan menghasilkan kesimpulan penelitian yang sesuai dengan fenomena yang ada. Terimaksih

    ReplyDelete
  70. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi sangat penting dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa, intuisi dapat dipengaruhi oleh prior knowledge dan kemampuan dasar, jika kedua itu baik maka intusi siswa juga akan berjalan dengan baik. intuisi adalah hipotesis awal yang dilakukan oleh siswa untuk menduga dan menentukan arah tujuan penyelesaian masalahnya, begitu juga dalam reserch siswa harus memiliki hipotesis awalnya. jika siswa tidak memiliki hipotesis awal maka siswa tidak bisa fokus arahnya dalam meneliti.

    ReplyDelete
  71. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMatc 2017

    Mathematical intuition gives an important role in the conclusion. We often meet a variety of constraint in the process of learning or in research. This mathematical intuition can play a role in providing good solutions in the analysis came to the conclusion. In making initial assumptions sometimes it just intuition of the researchers only, and even then the hypothesis will be proven is intuition. Assuming owned then the hypothesis will be investigated what is right or wrong with using references as well as the foundations of thinking. But do not do the analysis in research using only intuition intuition alone, although sometimes it still often appears in the mind even when drawing conclusions

    ReplyDelete
  72. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ternyata intuisi memiliki peran yang penting dalam penelitian. Sebagai contoh kadang kita ragu-ragu dengan suatu kesimpulan, nah dengan menggunakan intuisi kita dapat sedikit lebih yakin dengan kesimpulan yang kita buat. Intuisi juga dapat mengembangkan kita untuk membuat konjektur atau dugaan yang dalam penelitian biasa kita sebut sebagai hipotesis. Sejatinya saat membuat hipotesis itulah intuisi kita muncul untuk menerka kesimpulan yang akan kita peroleh. Intuisi juga dapat menjadi petunjuk untuk mengambil keputusan mengenai mana yang harus dipilih untuk dilakukan selanjutnya.

    ReplyDelete

  73. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Peran intuisi dalam riset matematika itu sangat penting. Intuisi matematika memunculkan ide atau gagasan selama proses riset, yaitu saat pengamatan dan menuju sebuah kesimpulan. Tanpa intuisi matematika bisa jadi proses menuju kesimpulan akan mendapat kendala yang lebih banyak jika dibandingkan ketika peneliti memiliki intuisi. Intuisi matemtika dalam sebuah riset bis amenajdi sebuah dasar pengembangan dan memberikan kesimpulan. Oleh karena itu setelah intuisi itu muncul, maka yang dilakukan adalah pembuktian apakah intuisi tersebut benar atau tidak.

    ReplyDelete
  74. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Intuisi merupakan aspek dasar seseorang dalam memahami seseuatu. Dalam pidang penelitian, intuisi berperan dalam memprediksi hasil yang akan diperoleh serta memudahkan dalam membuat perencanaan penelitian yang mendukung harapan hasil penelitian. Berdasarkan elegi di atas, Thompson berpendapat bahwa intuisi dalam penelitian masih bersifat bias namun dapat diambil sebagai prediksi untuk keperluan masing-masing individu dalam penelitian.

    ReplyDelete
  75. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Intuisi seringkali menjadi dorongan yang kuat dalam membuat suatu dugaan-dugaan dalam suatu penelitian atau riset. Terkadang kita memiliki feeling dan keyakinan yang kuat terhadap hasil dari suatu penelitian yang belum kita lakukan. Kita tahu bahwa riset ini akan menghasilkan A, B, C walaupun kita belum memiliki bukti. Intuisi yang seperti itu membantu kita menentukan hipotesis sehingga kita dapat memprediksi bagaimana suatu riset akan berkembang.

    ReplyDelete
  76. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa mempelajari matematika dari pengalaman yang siswa rasakan kemudian pengalaman-pengalaman matematika itu mereka abstraksikan ke dalam bentuk rumus-rumus matematika. proses pengabtraksian itu melibatkan intuisi matematika. semakian banyak pengalaman matematika siswa yang diabstraksi, semakin terasah pula intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  77. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Intuisi salin digunakan dalam pembelajran matematika juga diperlukan dalam penelitan. Penelitian matematika ini memerlulkan intuisi karena denan begitu kita mampu menghasilkan suatu solusi untuk menjawab masalah yang terjadi dalam pembelajaran baik dikelas mapun di kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  78. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam suatu penelitian yang dilakukan seorang peneliti, tidak dipungkiri ia menggunakan secara sadar maupun tidak sadar bakan ia menggunakan intuisinya dalam menduga atau mengira-ngira hasil yang akan ditemukannya. Misalkan dalam penelitian tindakan, seorang peneliti tersebut dapat menduga hasil yang akan diperolehnya berdasarkan kajian-kajian teori maupun kajian penelitian relevan yang sudah ada, (ini disebut sebagai hipotesis penelitian tindakan). Maka sebenarnya intuisi itu sudah ada, namun bagaimana mengembangkannya itulah yang menjadi tugas bagi peneliti maupun pribadi masing-masing

    ReplyDelete
  79. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Peran intuisi dalam dunia penelitian, merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam membuat hipotesa penelitian, melakukan penelitian sampai menarik kesimpulan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  80. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Inti terjadi saat siswa melihat peristiwa atau dalam hal ini matematika. Pengetahuan awalnya dibentuk melalui intuisinya. hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu. Matematika yang disaring atau melalui proses abstraksi dan idealisasi kemudian di rubah menjadi yang ada dalam pikiran, yang kemudian disimpan dalam epoche atau ruang penyimpanan yang biasa digunakan nanti untuk intuisi.

    ReplyDelete
  81. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Peran intuisi sangat berperan penting dalam riset matematika krena dengan adanya intuisi maka siswa dapat mengembangkan kreativitas dan potensi – potensi yang dimilikinya. Guru yang seringkali menggunakan jalan pintas dalam mengajar membuat siswa kehilangan intuisinya. Padahal intuisi juga berperan dalam penelitian matematika dimana dugaan – dugaan yang akhirnya menjadi keputusan untuk membuat kesimpulan akan susah didapat karena terbiasa menggunakan rumus instan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  82. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Berdasarkan kutipan yang disampaikan Thompson di atas bahwa peran intuisi dalam penelitian itu salah satunya sebagai sumber dugaan dan dukungan epistemis. Penilaian intuitif dengan menduga akan menghasilkan sesuatu yang bias, namun masih dapat diprediksi. Dugaan dalam penelitian matematika menjadikan patokan bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Dugaan yang dibuat tersebut bisa saja diterima namun bisa juga di tolak, sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan. Dugaan merupakan sesuatu yang bias, yang belum dapat diketahaui kebenarannya, namun masih dapat diprediksi dengan melihat fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar lingkungan subjek yang akan di teliti.

    ReplyDelete
  83. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Instuisi salah satunya bisa dilatih dengan penelitian atau dengan menganalisis kejadian sehari-hari kemudian mencoba menghubungkannya dengan matematika. Investigasi sederhana dapat pula dipakai sebagai cara untuk mempertajam intuisi siswa. LEatihan yang kontinu tentu syarat untuk mengasah intuisi, maka sebagai seorang guru hendaknya memberikan failitas tersebut kepada siswa sebagai alat untuk mengasah dan memberikan ruang intuisi siswa untuk berkembang. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  84. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Intuisi sering diabaikan oleh guru sebagi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas. Terlebih siswa SD yang masih dalam tahap kongkrit intuisi tentu menjadi pemeran utama dalam drama siswa untuk mencapai pemahaman materi yang dipelajari siswa. Guru dapat memaintak intuisi dalam ranah appersepsi yang diarahkan semenarik mungkin sehingga siswa akan term,otivai untuk belajar dan menarik minat siswa untuk menginvestigasi lebih lanjut. Minat dan motivasi belajar siswa merupakan modal untama agar siswa mau belajar dan memahmi materi sebaik-baiknya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  85. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam tulisan si atas, secara garis besar Thomson berpendapat bahwa intuisi matematika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mencari solusi / pemecahan suatu masalah (investigasi matematika). Peranan intuisi matematika ini adalah untuk menemukan ide-ide pemikiran siswa sendiri yang akan bertahap pada proses pemecahan masalah sendiri, sehingga siswa juga akan dapat membangun pikirannya sendiri dan menyimpulkan suatu pengetahuan yang diperoleh dari ide-idenya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  86. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Masih sering terlupakan oleh banyak orang, intuisi matematika ternyata tidak hanya dapat membantu dalam menyelesaikan soal-soal tetapi dapat banyak membantu seseorang dalam penelitian matematika. Hal ini karena intuisi membantu berfikir kritis dan logis. Itulah mengapa pentingnya mengasah intuisi matematika sejak dini.

    ReplyDelete
  87. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pengetahuan yang bersumber dari intuisi merupakan pengalaman batin yang bersifat langsung. Artinya, tanpa melalui sentuhan indera maupun olahan akal pikiran. Ketika dengan serta-merta seseorang memutuskan untuk berbuat atau tidak berbuat dengan tanpa alasan yang jelas, maka ia berada di dalam pengetahuan yang intuitif. Dengan demikian, pengetahuan intuitif ini kebenarannya tidak dapat diuji baik menurut ukuran pengalaman indriawi maupun akal pikiran.

    ReplyDelete
  88. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada penelitian tentang pembelajaran matematika, intuisi itu penting untuk memunculkan idede-ide awal yang akan menjadi hipotesis. Menemukan ide yang akan diangkat dalam penelitian menurut saya adalah hal yang paling susah, sehingga sangat dianjurkan untuk banyak membaca sehingga wawasan luas. Banyaknya bacaan ini menurut saya bisa memunculkan intuisi yang akan memantik ide-ide dalam penelitian pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  89. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dalam suatu research, intuisi yang akurat sangatlah dibutuhkan. Seperti yang dikemukakan oleh para ahli dibidang matematika bahwa tidak ada aktivitas yang benar-benar kreatif dalam sains dan matematika tanpa intuisi. Intuisi dapat hadir dan berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusan kritis dimana secara analisis permasalahan tidak dapat diselesaikan dalam research. Intuisi juga akan mempengaruhi kecerdasan dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam matematika. Oleh karena itu, sebagai upaya mengembangkan dan membantu keberhasilan research dibutuhkan intuisi yang akurat.

    ReplyDelete
  90. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi matematika tidak hanya dibutuhkan untuk memahami nya atau dalam menyelesaikan masalah, tetapi intuisi ini juga dapat membantu untuk berfikir kritis dan logis. Oleh karena itu intuisi juga diperlukan dalam penelitian matematika.

    ReplyDelete