Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research




Oleh Marsigit

Seperti apa tepatnya peran Intuisi dalam Riset Matematika? Thompson menggambarkan sebagai berikut:

"During all but a vanishingly small proportion of the time spent in investigative mathematics, we seem to be somewhere between having no evidence at all for our conclusions, and actually knowing them; second, that during this time, intuition often comes to the forefront, both as a source of conjecture, and of epistemic support; third, that our intuitive judgments in these situations are often biased, but in a predictable manner"

Demikian terimakasih

23 comments:

  1. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    seperti yang telah di bahas pada elegi sebelum ini bahwa intuisi itu sangat penting dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa, intuisi dapat dipengaruhi oleh prior knowledge dan kemampuan dasar, jika kedua itu baik maka intusii siswa juga akan berjalan dengan baik. intuisi adalah hipotesis awal yang dilakukan oleh siswa untuk menduga dan menentukan arah tujuan penyelesaian maslaahnya, begitu juga dalam reserch siswa harus memiliki hipotesis awalnya. jika siswa tidak memiliki hipotesis awal maka siswa tidak bisa fokus arahnya dalam meneliti.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Peranan intuisi matematika yaitu untuk menemukan ide-ide pemikiran siswa yang akan diterapkan pada proses pemecahan masalah matematika. Dari intuisi siswa, maka siswa akan membuat dugaan (muncul ide-ide) tentang pengetahuan atau pengalaman yang telah diperolehnya.

    ReplyDelete
  3. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sehingga siswa dapat membangun pikirannya sendiri dan menyimpulkan suatu pengetahuan yang diperoleh dari ide-ide tersebut. Jadi adanya intuisi ini sangat membantu dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam The Encyclopedia of Philosopy, intuisi didefinisikan sebagai pemahaman segera (immediate apprehension) sehingga tidak membutuhkan/memerlukan inferensi, kemampuan mendefinisikan istilah yang digunakan, pembenaran, penyimbolan, dan pemikiran kembali. Sebagai contoh, jika seseorang membaca “Januari, Februari” maka ia dapat menebak secara benar bahwa berikutnya adalah kata “Maret,” meskipun aturan urutan kata-kata tersebut tidak diberikan. Selanjutnya, Fischbein mengemukakan bahwa sekali intuisi dibangun, ia sangat kokoh atau stabil. Sebagai contoh, jika seorang anak menyimpulkan bahwa bilangan 0,999... lebih kecil dari 1, maka ia sangat sulit menerima prinsip bahwa kedua bilangan tersebut sama. Pada intinya, intusi berperan sangat penting dalam riset matematika yaitu untuk memberikan tebakan yang baik atau pendekatan alternatif dalam memecahkan suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika, sehingga sangat bermanfaat dalam riset matematika. Dengan adanya intuisi maka kita dapat menemukan ide-ide/gagasan yang kemudian digunakan untuk melakukan riset. Dari gagasan awal ini lah kemudian menjadi hipotesis. Namun selain intuisi kita pun perlu mencari fakta yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam kehidupan sehari-hari seseorang membutuhkan intuisi untuk dapat memahami suatu kejadian yang ada dan yang mungkin ada, begitu juga dalam sebuah penelitian matematika diperlukan intuisi karena dengan intuisi seseorang akan dapat menghasilkan sebuah kesimpulan. Selain itu, dengan intuisi akan mendukung perkembangan pemahaman seeorang karena ide-ide yang baru/inovatif akan selalu muncul sehingga memungkinkan pemahaman seseorang menjadi luas.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menurut Thompson intuisi sangat berperan dalam riset matematika. Mulai dari pemikiran awal yang berupa pertanyaan-pertanyaan tentang matematika. Dugaan awal sebelum riset. Kegiatan selama riset, bahkan saat mengambil kesimpulan. Meskipun samar-samar tetapi intuisi telah mempengaruhi dalam riset matematika. Apalagi matematika merupakan bidang ilmu pasti yang jelas lebih banyak menggunakan intuisi daripada penalaman. Secara garis besar mungkin ini pendapat Thompson tentang peran intuisi dalam riset matematika.
    Menurut saya meskipun intuisi sangat berperan dalam riset matematika, tetap saja kita memerlukan pengalaman dalam riset tersebut. Tidak mungkin kita melakukan riset hanya dari menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan intuisi saja. Kita butuh pengalaman dalam riset matematika. Pengalaman inilah yang nantinya disingkronisasikan denga intuisi menjadi pengalaman yang dipikirkan sehingga terbentuk suatu ilmu pengetahuan. Karena tujuan riset matematika adalah untuk menemukan suatu pengetahuan tentang matematika.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Intuisi sangat berperan penting dalam matematika, salah satunya pada riset matematika. dalam riset memerlukan sebuah hipotesis untuk menarik suatu kesimpulan. Tanpa menggunakan intuisi kita akan sulit bahkan tidak bisa menentukan hipotesis yang sesuai dengan hasil yang ada. Diperlukan pengalaman-pengalaman yang dikolaborasikan dengan pengetahuan awal yang dikemas dalam intuisi untuk menyusun hipotesis atau konjektur awal dalam penelitian. Sehingga penelitian atau riset yang kita lakukan akan lebih bermakna dengan intuisi.

    ReplyDelete
  9. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bismillah. Sepemahaman saya terkait pendapat Thompson tersebut adalah jika salah satu aktivitas dalam bermatematika adalah research. Pada research tersebut tentu awalnya kita belum mengetahui apa-apa atau beleum memiliki bukti apa-apa. Selama masa ini, selama aktivitasinilah, intuisi sering muncul ke permukaan. Maksutnya, intuisi berperan dalam aktivitas research matematika. Intuisi bisa jadi dijadikan media untuk melihat sumber dugaan.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, dalam kehidupan manusia, manusia senantiasa menggunakan intuisinya dalam menjalani kehidupannya. Demikian halnya dalam melakukan penelitian/penyelidikan. Setidaknya dalam menentukan langkah awal apa yang harus dilakukan/dipelajari pertama kali terlebih dahulu biasanya ditentukan melalui intuisi. Setelah itu langkah selanjutnya barulah dia mengembangkan penelitian tersebut berdasarkan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang dimilikinya, dan dalam memilih pengetahuan yang mana dan pemahaman yang mana yang akan digunakan, menurut kami itu juga ditentukan oleh intuisi.

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Langkah-lankah dalam penelitian dimulai dari membuat hipotesis, mengamati, mengumpulkan data, membuktikan hipotesisnya dan untk mendapatkan kesimpulan. Oleh karena itu, peran intuisi dalam dunia penelitian tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam membuat hipotesa penelitian, peneliti akan membuat dugaan sementara untuk dibuktikan dalam dalam proses penelitian dan dalam membuat hiptesa tersebut peneliti menggunakan instuisinya. Menurut saya intuisi setiap orang berbeda tergantung proses dan pengalaman yang dialami peneliti. Semakin banyak kegiatan intuisi yang pernah dilakukan semakin lancar peneliti dalam membuat hiptesa. Oleh karena itu sebagai guru kita dapat membantu siswa kita menjadi peneliti yang handal dengan melibatkan intuisi siswa dalam semua kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi matematika merupakan hal yang sangat penting dalam mencari solusi atau memcahkan masalah. Dalam setiap proses penelitian, tentu terdapat masalah yang kemudian ditelaah dan dipecahkan masalahnya. Selain masalah, dalam penelitian juga ada yang dinamakan hipotesis. Hipotesis merupakan prediksi jawaban dari apa yang diteliti. Dalam membuat hipotesis diperlukan kemampuan memprediksikan bagaimana suatu masalah dipecahkan, untuk memprediksikan hipotesis inilah dibutuhkan intuisi.

    ReplyDelete
  13. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.
    Terimakasih banyak Pak prof
    Di dalam riset penelitian tidak terlepas dari peran intuitif.Merujuk pada pernyataan Thomson pada point ke tiga bahwa “penilaian intuitif kita sering bias.”Saya ingin bertanya, apakah maksud dari bias dari kalimat tersebut?Karena yang saya pahami seperti di dalam psikologi bahwa bias adalah sebuah prasangka baik atau buruk berdasarkan apa yang dilihat tanpa mengetahui kebenarannya dengan pasti.Saya mohon maaf jika ada kata –kata yang keliru.Mohon penjelasannya Pak prof.Terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  14. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan di atas saya mencermatinya sebagai peran intuisi dalam sebuah penelitian terutama pada bidang ilmu matematika. Melalui intuisi seseorang dapat memberikan dugaan atau hipotesis yang dapat mengarahkan pada hasil penelitian. Perlu disadari terkadang kesimpulan dari hasil penelitian yang telah diperkirakan cenderung menampilkan sesuatu yang berbeda atau bahkan sesuai dengan dugaan yang telah disusun. Menurut saya, sangat penting ketika sebagai peneliti mampu memberikan penjelasan atas hasil yang diperoleh. Terima kasih Prof atas ilmu yang sudah diberikan.

    ReplyDelete
  15. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Intuisi sering datang dengan proses. Dalam prosesnya, terkadang kita sulit menemukan kesimpulan dan inilah dimana peran intuisi. Intuisi bisa jadi bias tapi bisa dijelaskan dalam kebiasaan yang bisa diharapkan.

    ReplyDelete
  16. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Intuisi memiliki manfaat yang besar dalam berbagai aspek. Tidak hanya dalam pembelajaran matematika atau di dalam kehidupan sehari-hari, intuisi juga dapat membantu dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian. Intuisi dapat memunculkan sumber dugaan dan prediksi terhadap suatu penelitian. Intuisi dapat muncul dari setiap pengalaman-pengalaman yang pernah kita alami sehingga secara tidak sadar intuisi kita berkembang. Intuisi yang telah berkembang dengan baik akan dapat memperkirakan hasil dari sesuatu yang akan kita teliti. Maka penting bagi kita untuk mengembangkan intuisi yang kita miliki.

    ReplyDelete
  17. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Begitu banyak postingan bapak mengenai intuisi, sehingga saya berpikir bahwa banyak faktor yang dapat memicu munculnya intuisi. Intuisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Sama halnya dalam penelitian matematika, menurut einstein, suatu penemuan bisa saja lahir melalui intuisi. Dalam penelitian kita tahu bahwa ada hipotesis di dalamnya, dengan adanya intuisi kita bisa menduga secara langsung dari terbatasnya data-data yang kita miliki.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Ketika kita menyelesaikan suatu permasalahan harus menggunakan intuisi. Kita dapat menggunakan intuisi untuk memikirkan bagaimana cara agar dapat mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena intuisi akan mengotomatiskan pemikiran kita untuk menghadapi masalah, kemudian mencari penyelesaian dari masalah itu.

    ReplyDelete
  20. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi juga mempunyai peran dalam dunia penelitian. Misalkan saja ketika seseorang melakukan penelitian, orang tersebut akan mengguanakan intuisinya dalam menarik kesimpulan. Intuisi ini juga membantu peneliti dalam membuat hipotesa penelitian. dalam pembelajaran mataematika pun intuisi sangat diperlukan bahkan dipelajari, intuisi merupakah hal dimana seseorang untuk memprediksikan suatu kesimpulan atau keputusan dalam suatu penelitian maupun pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Pada tulisan di atas, Thompson menggambarkan peran intuisi matematika dalam riset matematika. hal ini karena terkadang penemuan-penemuan para matematikawan yang melakukan riset itu didukung oleh intuisi matematika yang mereka miliki. kesimpulan dari hasil penelitian itu tidak harus sudah dapat diterka dengan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  22. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemampuan intuisi cukup sering diremehkan dan tidak dijadikan sebagai landasan dalam membuat keputusan terhadap suatu masalah yang dihadapi. Padahal, kemampuan intuisi seringkali benar jika diterapkan pada lingkungan yang stabil, teratur, dan mudah diprediksi. Kemampuan intuisi dapat digunakan sebelum memutuskan perlu atau tidaknya pendapat orang lain sebelum membuat sebuah keputusan, khususnya ketika melihat tren dan segmentasi dari suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  23. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa intuisi matematika dapat hadir melalui pengalaman matematika. Intuisi matematika juga merupakan hasil dari kemampuan matematika yang ada. Selain sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran matematika, intuisi matematika juga dapat dijadikan sebagai dugaan sementara dalam proses penelitian matematika. Dengan demikian, intuisi matematika sebaiknya terus dimunculkan dala proses pembelajaran matematika agar nanti outputnya intuisi matematika dapat menjadi inisialisasi dalam penelitian matematika.

    ReplyDelete