Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

44 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Intuisi matematika merupakan subyek dari budaya bermatematika. Secara tidak langsunh jika kita sudah biasa berlatih matematika maka kita akan terbiasa dengan matematika itu sendiri. Hal itu akan menghasilkan intuisi matematika. Intuisi matematika dapat terbentuk karena beberapa faktor pendukung antara lain sekolah, guru, dan lingkungan. Lingkungan yang paling berpengaruh adalah orang tua, sebab orang tua yang lebih tau karakteristik anak. Oleh karena itu, untuk membentuk intusi matematika tidak hanya membebankan kepada sekolah dan guru, orang tua harus memiliki kesadaran untuk membentuk intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sejalan dengan artikel diatas bahwa intuisi dalam pendidikan matematika memiliki peran yang penting untuk menghasilkan dan mengembangkan pemikiran untuk memecahkan segala permasalahan. Intuisi pendidikan matematika diasah melalui membudayakan matematika itu sendiri yakni dengan banyak diskusi, berlatih dan menggali pengetahuan. Membudayakan matematika bagi siswa memang tidak mudah. Namun, guru dapat membantu siswa untuk membudayakan matematika itu dengan menyajikan pelajaran matematika yang inovatif, aktif serta membuat siswa untuk berpikir. Sesuai dengan artikel diatas, tidak hanya guru yang berperan dalam mengasah siswa namun berbagai kalangan yakni lingkungan sekolah, rumah, orang tua memiliki peran yang tidak kalah penting untuk membudayakan matematika guna mengasah intuisi yang dimiliki.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti yang sudah dibahas dalam elegi elegi sebelumnya, intuisi matematika itu sangatlah penting bagi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dengan berlatih secara konsisten dan sesuai dengan teori matematika, siswa akan menghasilkan intuisi yang sangat banyak. Siswa akan kaya dengan intuisi sehingga benar matematika itu merupakan pembelajaran yang bukan untuk diingat apalagi untuk dihafalkan. Maka dari itu dengan tujuan memperkaya siswa dengan intuisi, perlu adanya peran sekolah untuk memberikan pembalajaran yang berarti dan sesuai dengan prosedur tanpa melihat patokan UN.

    ReplyDelete
  4. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua)”
    Kalimat ini sangat besar maknanya bagi saya Prof. saya sangat setuju dengan hal tersebut. Bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membutuhkan intuisi bagi siswa yang sedang mempelajarinya. Mengerjakan soal matematika harus dengan student center dimana siswa tersebutlah yang mengerjakannya sehingga guru paham akan ketidakpahaman serta pemahaman peserta didik tersebut.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Pada dasarnaya Matematika akan Membudaya dengan sendirinya jika masyarakat merasa butuh dan merasa senang belajar matematika, seperti halnya pedagan dipasar, tanpa disadari mereka setiap hari bermatematika atau berhitung sehingga kemampuan berhitung mereka dalam aritmatika sosial lebih hebat dibanding beberapa mahasiswa lulusan S1 jurusan Matematika murni ataupun Pendidikan Matematika. ini dikarenakan mereka setiap hari melakukan perhitungan tersebut (aritmatika sosial) sehingga dalam pikiran mereka terbentuk pola dan menjadi intuisi yang kuat.

    ReplyDelete
  6. Berdasarkan bacaan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa, jika seoarang guru dapat menganggap intuisi matematika adalah elemen penting dalam perkembangan intelektual seorang siswa. Seperti symbol yang didesain untuk mengekspresikan dan mengembangkan matematika mempunyai pengertian atau makna tersendiri, harus mempunyai strategi penting dalam mengembangkan keberagaman dan ekspresis untuk mempresentasika dari ide yang ada dalam pikiran. Intuisi yang merupakan bagian dari budaya matematika harus dikembangkan oleh semua pihak yang berada dalam rana bidang pendidikan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  7. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Intuisi merupakan hal yang diperlukan dalam hidup ini. Intuisi harus bisa diasah agar keberadaannya tetap terjaga, karena hidup pada zaman ini semakin mudah untuk berusaha menghilangkan intuisi. Untuk menghasilkan intuisi dalam matematika maka caranya adalah dengan budaya matematika. Matematika yang benar-benar sesuai dengan kondisi siswa. Dalam menciptakan budaya matematika semua pihak yang terkait harus bersama-sama bekerja sama untuk mewujudkannya. Sekolah, guru, masyarakat semuanya ikut bertanggung jawab dalam membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  8. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin.
    Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan. Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.Matematika adalah hal yang disadari atau tidak sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari perdagangan sampai dengan perhitungan yang rumit memerlukan matematika. pembudayaan matematika akan meningkatkan daya intuisi seseorang, bagaimana memperkirakan suatu perhitungan atau memperkirakan dari suatu keputusan permsalahan dan lain sebagainya. matematika adalah ratunya ilmu,karena matematika dapat digunakan pada semua mata pelajaran yang lainnya.

    ReplyDelete
  9. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Slah satu kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dapat dilihat dari intuisi yang mereka miliki. Semakin dangkal intuisi mereka, maka semakin rendah pula kecerdasannya. Intuisi pada dasarnya digunakan untuk memilih keputusan secara bijak. Semakin bijak keputusan yang diberikan, maka semakin cerdas orang tersebut. matematika merupakan materi yang memang dianggap sulit bagi peserta didik. Namun, pada dasarnya selain pengaruh eksternal, pengaruh internal juga dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan di matematika. Salah satu faktornya adalah intuisi mereka yang dangkal sehingga kecerdasan mereka juga cenderung rendah. Membudayakan matematika dalam kalangan pendidikan dapat mempertajam intuisi peserta didik. Hal ini yang akan membuat kesulitan matematika peserta didik akan semakin berkurang secara perlahan
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  10. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Intuisi dalam matematika perlu dikembangkan karena siswa agar siswa merasa lebih secure dan percaya diri dalam belajar matematika. Dalam matematika terdapat banyak sekali representasi makna yang dituliskan dalam simbol, notasi, dan huruf. Siswa dengan pengalaman belajar yang cukup akan terlatih dan terbiasa untuk menggunakan ketiganya dengan tepat. Kemampuan siswa untuk menggunakan simbol, notasi, serta yang lainnya adalah budaya belajar matematika yang positif sehingga siswa paham betul esensi dari matematika yang mengandung representasi. Budaya matematika yang baik tentu akan menghasilkan intuisi yang baik bagi siswa karena siswa semakin mengenal matematika lebih dalam dan dapat memisahkan objek-objek matematika lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi akan melahirkan ide-ide atau gagasan. Intuisi dalam pembelajaran matematika tidak akan terbangun dengan baik jika pembelajaran hanya menghitung atau menghafal rumus. Membudayakan matematika bukan berarti budaya menghitung atau mengutak-atik rumus saja, melainkan budaya berpikir kritis, sering bertanya, dan kreativitas itulah yang membentuk intuisi yang baik. Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang menggembor-gemborkan peningkatan High Order Thinking Skills dalam pembelajaran yang didalamnya terdapat kemampuan berfikir kritis.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi matematika dibangun melalui aktivitas-aktivitas matematika. Atau dengan kata lain intuisi matematika dibangun melalui proses membudayakan matematika. Membudayakan matematika tidak bisa hanya dilakukan disekolah dimana waktu yang dihabiskan disekolah hanyalah sebagian dari waktu yang dimiliki siswa. Siswa lebih banyak mengahabiskan waktunya di luar sekolah. Karena itulah sebagai suatu proses membudayakan matematika, maka proses membudayakan matematika ini tidak bisa hanya dilakukan di sekolah. Orang tua terutama juga harus ikut berperan dalam mebangun intuisi matematika siswa dengan membudayakan matematika. Orang tua perlu ikut menyediakan aktivitas dan berinteraksi dengan anak-anaknya untuk membangun intuisi matematika.

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Belajar matematika bukanlah hal yang tidak berguna ataupun pendapat buruk lain apa tetang matematika. Untuk melepaskan label negatif tersebut pada masyarakat, ini merupakan tantangan yang harus diselesaikan bersama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membudayakan matematika. Dimana saat kita bersama-sama membudayakan matematika secara otomasis intuisi matematika kita akan berkembang dan harapannya mampu menumbuhkan ide/gagasan matematika yang luar biasa. Oleh karena itu marilah kita membudayakan matematika dengan memulainya dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul kepada siswa jika siswa itu telah memiliki pengalaman matematika yang banyak. Namun, munculnya intuisi bukan hanya karena mempunyai pengalaman matematika saja. Munculnya intuisi juga dikarenakan siswa sikap, metode matematika dan rasa senang terhadap matematika. Jika yang terpenuhi hanya salah satu factor tersebut diatas maka belum tentu intuisi tersebut akan muncul. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  15. 17709251033
    Pratama Wahyu Purnama
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi matematika adalah budaya matematika. Ilmu matematika memang tidak bisa dipisahkan dari intuisi. karena sejak zaman dahulu, para ilmuwan menemukan rumus ataupun formula ataupun theorema itu berawal dari sebuah intuisi. Jadi jangan pisahkan antara intuisi dengan matematika.

    ReplyDelete
  16. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Dalam matematika, intusis sangatlah penting. Intuisi berperan penting dalam menghasilkan gagasan-gagasan atau ide yang baru. Jadi agar kita dapat mempelajari matematika dengan lebih mudah, maka kita juga harus melatih intuisi pada diri kita.

    ReplyDelete
  17. 17709251033
    Pratama wahyu Purnama
    PPS Matematika B 2017

    Membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab semua pihak, baik sekolah, guru, siswa, orang tua, dan juga masyarakat. Jadi matematika itu bukan hanya didapat disekolah saja. Mari sama-sama berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  18. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi matematika sangat penting untuk membantu siswa dalam memunculkan ide-ide/gagasan matematika. Oleh karena itu, guru, orang tua, maupun pihak lain perlu membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  19. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Budaya dapat diartikan kebiasaan sehingga untuk menghasilkan kebiasaan intuisi matematika menurut saya dengan cara membiasakan siswa dalam mengerjakan LKS secara mandiri dengan kelompoknya hal ini akan memberikan pengalaman kepada siswa selain itu guru juga dapat memberikan bantuan dengan membuat LKS yang dapat dikerjakan mandiri secara berkelmpok dengan memberikan petunjuk-etunjuk dalam LKS yang mudh dipahami dan menggiring siswa untuk dapat menyelesaikan LKS terebut. Diharapkan isi LKS bukan hanya sekedar latihan soal saja namun berisi tentang materi yang harus ditemukan sendiri oleh siswa.

    ReplyDelete
  20. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perkembangan intuisi anak tidak hanya dipengaruhi oleh pengalaman yang didapatkan di sekolah namun juga dipengaruhi oleh pengalaman dalam keluarga dan masyarakat. Maka dalam mendukung perkembangan intuisi tidak hanya usaha dari guru namun juga dari orang tua dan masyarakat. Oleh karena itu budaya matematika perlu dilestarikan dalam
    kehidupan sehari-hari, yaitu dengan membiasakan anak menerapkan matematika dalam penyelesaian masalah yang ia hadapi dalam kehidupan. Dengan demikian, pengalaman matematika anak terus meningkat sehingga mendukung perkembangan intuisinya.

    ReplyDelete
  21. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Manurut pendapat saya, Intuisi matematika ialah suatau hal yang seharusnya dikembangkan jika kita mengingikan kemajuan bangsa yang sehat tidak hanya mengandalkan kemampuan berhitung dan juga logika tetapi juga diimbangi oleh karakter siswa yang kuat yang mampu mengembangkan nilai-nilai kehidupan. Individu yang berada dilingkungan yang berbudaya matematika akan dapat mengembangkan intuisi dengan baik ini saya kira akan berlaku sebaliknya, dengan keadaan pendidikan sekarang yang lebih mengutamakan penilaian kognitif daripada afektif dibutuhkan kerja keras berbagai pihak untuk menumbuhkan intuisi matematika dalam diri setiap individu.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Jika intuisi dalam matematika dengan benar ditandai sebagai elemen akal kita yang tumbuh dan hidup maka sebuah fleksibilitas intelektual dengan konsep kita ini tentang struktur abstrak dan hubungan antara struktur ini, kita harus mengakui bahwa isinya adalah variabel dan tergantung pada kekuatan budaya pada banyak cara yang sama seperti unsur budaya lainnya. Bahkan simbol dirancang untuk berekspresi dan pengembangan matematika memiliki arti variabel, karena itu harus tetap merupakan strategi penting untuk bertujuan dalam mengembangkan media yang semakin fleksibel dan ekspresif untuk representasi ide yang akrab.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    2.     Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). Akan tetapi hal ini belum bisa sepenuh diterapkan dalam negeri Indonesia karena masih kurangnya solidaritas antara sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua) serta pemerintah. Matematika masih menjadi momok yang hanya dilimpahkan pada guru dan sekolah. Sementara masyarakat dan pemerintah hanya sebagai komentator atas usaha yang dilakukan oleh guru dan sekolah sehingga peserta didiklah yang menjadi korbannya. Padahl ini akan berdampak bagi masa depan bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Intuisi matematika dapat ditumbuhkan melalui membudayakan matematika. Sehingga semua pihak dari orangtua, guru, masyarakat, sekolah dan lingkungan berperan penting dalam proses membagun intuisi mateamtika siswa. Namun yang harus digaris bawahi, budaya bermatematika di sini yang dimaksud bukan hanya mengerjakan soal matematika dengan cepat dan benar sehingga mendapat nilai matematika bagus dalam UN. Namun budaya bermatematika disini yang dimaksudkan adalah bagaimana siswa berproses dalam pembelajaran matematika seperti meamahami konsep, memecahkan masalah, mengungkapkan gagasan, dan lainnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  25. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sekolah hendaknya mulai mengembangkan kurikulum yang bisa membuat siswa lebih paham dan dapat dimengerti oleh guru. Seorang guru harus bisa mempunyai pemikiran yang kreatif,ulet dan inovatif. Dan seorang guru membuat rencana pembelajaran yang berbasis pengembangan intuisi matematika di dukung oleh kondisi orang tua/masyarakat yang senada sehingga memunculkan budaya matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Mathematics is mathematics culture intuition. Culture is something that is done continuously, regularly and hereditary. Math is math cultural activities carried out continuously, regular and hereditary. Real mathematics activities can be found easily in daily life. But to be able to understand that we're doing math activities we would need to have a mathematical intuition. This mathematical intuition should we get after we learn mathematics, but what happened is not like that. Learning mathematics is abstract for students because they are taught about the formal mathematics, mathematics is not needed to solve the problems of daily life.

    ReplyDelete
  27. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Betul sekali bahwa membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak. Seharusnya dalam membelajarkan matematika khususnya untuk siswa SD, guru menggunakan pendekatan yang mengacu kepada intuisi siswa sebagai contoh pendekatan kontekstual atau realistik. Tentu saja matematika yang diajarkan di sekolah dasar harus sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Jika sejak kecil siswa mengetahui bahwa matematika sesuai dengan intuisi mereka maka siswa tidak akan takut kepada matematika dan matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi mereka. Orang tuapun harus turut andil dalam proses belajar anak-anaknya, tidak hanya matematika namun juga pada mata pelajaran lain

    ReplyDelete

  28. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    ntuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Ya, jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari dia menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Maka, mengasah ketrampilan intuisi matemtika siswa tidak hanya menjadi tugas guru, tetapi semua pihak. Dengan memiliki intuisi, sisw ajuga diharapkan untuk lebih kreatif karena dia terbiasa memunculkan ide atau gagasan baru berdasarkan pada pengalamannya dan situasi yang sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa hidup di masyarakat, dan di dalam kehidupan bermasyarakat itu tidak akan dapat terlepas dari matematika. persoalan jual beli yang terjadi dalam masyarakat terdapat matematika didalamnya. Penghitungan waktu, kecepatan, debit air juga menggunakan penghitungan matematika. budaya untuk bermatematika sebenarnya ada di sekitar kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  30. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi ini diceritakan bahwa sangat diperlukan siswa untuk membudayakan intuisi matematikanya. Dengan telah membudayakan intuisi matematika dalam pembelajaran, maka siswa akan dengan mudah mampu menghadapai segala jenis permasalahan matematiaka. Namun untuk membudayan hal tersebut, perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, yaitu sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).

    ReplyDelete
  31. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Membudayakan matematika adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan membudayakan matematika kepada siswa, mereka dapat memperkaya pengalaman matematikanya. Secara otomatis, hal ini juga dapat menunjang perkembangkan atau peningkatan intuisi matematika siswa.
    Untuk membudayakan matematika, bukan hanya pihak guru atau sekolah yang bertanggung jawab. Membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk orang tua dan masyarakat.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Membudayakan matematika merupakan salah satu cara dalam menanamkan intuisi anak. Di sekolah, anak sebagai siswa, maka guru serta berbagai pihak yang terlibat di sekolah bertanggungjawab dalam menjadikan proses belajar sebagai pengalaman dan kebiasaan yang akan diterapkan siswa di kehidupannya. Di rumah maupun lingkungan masyarakat, anak akan berinteraksi dengan masayarakat sekitar maka keluarga juga memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan intuisinya. Karena keluarga merupakan tempat pertama bagi anak merasakan pendidikan. Dengan lingkungan pendidikan yang baik akan membantu meningkatkan kemampuan berpikir anak.

    ReplyDelete
  34. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Ketika guru memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi peserta didik, siswa akan terbiasa untuk berpikir matematis dalam menyelesaikan masalah. Apalagi penggunaan matematik realistik juga dapat membudayakan siswa untuk mengenal manfaat matematika secara lebih nyata.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  35. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari posrtingan di atas dikatakan bahwa intuisi matematika merupakan bagian dari budaya matematika. Jadi benar bahwa intuisi merupakan dari pengalaman-pengalaman serta karakter budaya tertentu. Intuisi itu perlu ditingkatkan karena untuk menunjang perkemangan-perkembangan kemampuan berpikir dan kreatifitas. Membudayakan matematika itu bukan hanya tanggung jawab siswa atau guru saja, akan tetapi ada peran orang tua juga di sana. Guru harus meningkatkan kreatifitasnya dalam mengajar, agar siswa dapat memacu diri untuk meningkatkan kemampuan intuisinya.

    ReplyDelete
  36. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Membudayakan matematika adalah tentang mengguankan matematika dalam interaksi kehidupan sehati-hari. Interaksi ini dapat berupa pembelajaran secara langsung dengan membaca, mengerjakan soal, dan sebagainya. Dapat pula disisipkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika membantu ibu memasak, ibu dapat meminta anak mengambilkan cabai sejumlah sekian. Dengan demikian anak akan menyasari bahwa ternyata apa yang dipelajarinya dalam matematika dapat digunakan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  37. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi matematika adalah berbudaya matematika. tujuan intuisi matematika adalah untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dimana peran seorang guru, sekolah, masyarakat, dan orang tua ikut adil dalam bertanggung jawab untuk membudayakan matematika. Tidak hanya itu kemauan, niat, pengalamaan, dan kegagalan berperan sangatlah penting. Karena bagaimana pun kalau tidak ada kemauan atau niat dll maka seseorang tidak dapat memecahkan permasalahan sehari-hari.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  38. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Siswa yang mengetahui dan memahami konsep-konsep matematika secara global dan paham bahwa kesemuanya ialah suatu ksatuan yang saling terikat akan meningkatkan intuisi siswa. Intusis ini akan dijadikan modal untuk mengkonstruksi matematika pada ranah yang lebih tinggi lagi. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  39. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika pada dasarnya tidak hanya saling terkait antara konsep satu dan konsep lainnya, melainkan matematika dapat diintegrasikan dan diinterkoneksikan dengan kehidupan keseharian siswa, baik kehidupan keagamaannya, kehidupan sosialnya maupun kehidupan kealamannya. Ambil contoh dalam pembelajaran aritmatika sosial, konsep ini dapat dihubungkan dengan konsep jual beli yang ada dalam kehidupan keseharian siswa, serta dapat pula diintegrasikan dengan konsep riba (jika dalam islam) sebagai integrasi antara matematika dengan agama siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti yang telah kita ketahui selama ini, setiap aktivitas yang dilakukan dalam hidup pasti tidak akan pernah bisa lepas dari matematika. Untuk itu matematika sangat perlu untuk dibudayakan pada seluruh lapisan masyarakat. Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman, pengalaman yang dimaksud adalah yang berupa budaya matematika sehingga intuisi matematika juga merupakan salah satu subjek dari budaya matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sesuai pernyataan Thompson, P (1993) tentang pentingnya membudayakan matematika, saya sependapat bahwa mengembangkan intuisi dan membudayakan matematika perlu dilakukan. Dengan upaya membudayakan yang dilakukan oleh semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua) tersebut diharapkan siswa mempunyai pengalaman dan keterampilan terutama dalam menghadapi persoalan dalam pembelajaran matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas diperoleh bahwa intuisi matematika adalah budaya matematika. Jika kita berbicara tentang budaya, maka tidak akan terlepas dari lingkungan sekitar, keluarga, masyarakat, sekolah, dan guru. Bagaimana budaya matematika di lingkungan akan mempengaruhi intuisi seseorang. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan intuisi siswa. Oleh karena itu, guru harus benar-benar dapat menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, sehingga intuisi siswa dapat berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  43. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika masih kurang dilakukan oleh orang tua, guru, sekolah atau masyarakat mungkin hal ini karena intuisi masih kurang dianggap penting. Padahal intuisi matematika penting di dalam menghasilkan ide baru. Hal ini akan mengasah kemampuan matematis siswa nya. Diharapkan adanya dukungan dari banyak pihak dalam menguatkan intuisi matematika pada siswa. Bisa dengan pemberian sosialisasi dan pengertian kepada banyak pihak untuk mendukung adanya penguatan intuisi matematika pada siswa.

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ide-ide penting dan inovatif muncul ketika seseorang berintuisi. Intuisi dalam matematika bisa menghasilkan ide-ide baru dalam bermatematika. Intuisi muncul tidak begitu saja, namun didahului dengan pengalaman-pengalaman yang sudah dilakukan ataupun pengalaman-pengalaman yang sering dilakukan. Seringnya melakukan sesuatu tentang matematika yang menimbulkan pengalaman, maka bisa terbentuk kebiasaan dalam bermatematika, yang dengan kata lain merupakan salah satu cara dalam membudayakan matematika.

    ReplyDelete