Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

45 comments:

  1. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Memang benar intuisi matematika sangat penting untuk mengahasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Intuisi membantu siswa memahami matematika. Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap menyelesaikan proses pemecahan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Intuisi dapat membantu dalam memahami matematika. Intuisi sangat penting untuk mengasilkan ide-ide matematika. Perlu diketahui bahwa membudayakan matematika sangat penting dan merupakan tanggung jawab semua orang. Tidak dipungkiri bahwa dalam kehidupan kita selalu menjumpai matematika. Matematika bukan untuk ditakuti, tapi matematika digunakan untuk membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh sangat merugi jika seseorang takut dengan matematika. Pengalaman nyata tentang matematika dapat meningkatkan intuisi kita. Apalagi jika hal itu dilakukan dengan sering tentu dapat mengasah intuisi menjadi lebih baik sehingga dapat membantu dalam menyelesaikan persoalan matematika yang lebih formal.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 20108

    Intuisi penting dalam matematika. Dengan intuisi, manusia akan memiliki kemampuan memprediksi hasil. Intuisi didapatkan dari pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Membudayakan matematika yang merupakan intuisi matematika merupakan tanggung jawab semua pihak. Membudayakan matematika di semua tempat, di rumah, di sekolah dan di lingkungan sekitar. Membudayakan matematika juga berkaitan dengan literasi matematika. Literasi matematika yaitu menggunakan konsep/pengetahuan yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Matematika itu aspek yang penting. Saya setuju bahwa membudayakan matematika itu adalah tanggung jawab semua pihak mulai dari orangtua, Teman, Guru, dan lain lain. Dalam belajar matematika perlu adanya intuisi agar konsep-konsep matematika lebih mudah dipahami, itulah mengapa guru dituntut untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan intuisinya dalam memecahkan masalah matematika.

    ReplyDelete
  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Mempelajari matematika berarti harus disertai pengalaman bermatematika. Pengalaman matematika itu datangnya dari intuisi matematika. Lewat intuisi matematika, para siswa dididik untuk menggunakan pengalaman dan prior knowledgenya untuk mengkonstruksi matematika menjadi bentuk yang dapat dipahaminya. Jadi dengan intuisi matematika, para siswa belajar memprediksi konsep yang dipelajarinya. Mengembangkan intuisi adalah tanggung jawab bersama oleh semua pihak.

    ReplyDelete
  6. S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan intuisi matematika adalah dengan membudayakan bermatematika. Dalam hal ini, bermatematika dalam berbagai hal merupakan cara yang paling tepat agar kita terbiasa dengan matematika, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan intuisi matematika siswa. Akan tetapi, tanggungjawab dalam membudayakan bermatematika bukan hanya ada ditangan guru dan siswa saja melainkan pihak sekolah dan orang tua juga.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Membudayakan matematika menurut saya pribadi bermakna membiasakan matematika, membiasakan ini menyangkut dengan mengalami dengan berkelanjutan, tentu saja untuk dapat terbiasa diperlukan latihan-latihan bertahap dan terbimbing. Bukan berarti hanya memberikan soal atau materi tanpa adanya proses memfalitasi. Ketika membudayakan dengan memfalitasi ini terlaksana, maka siswa dapat mwnumbuhkan dan meningkatkan intuisi matematikanya. Dan tanggung jawab dalam hal ini, bukan hanya tanggung jawab guru, melainkan lingkungan belajar siswa(pemangku) dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Matematika tidak hanya sekedar diajarkan, namun dibudayakan. Bukan membudayakan untuk sekedar mengerjakan soal, tapi lebih pada membudayakan cara berpikir matematis. Dengan demikian maka matematika menjadi ilmu yang memberikan manfaat lebih dalam upaya siswa menyelesaikan masalah, saat menjadi siswa maupun ketika sudah terjun di dunia luar.

    ReplyDelete
  9. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Intuisi matematika memang sangat penting dalam membangun konsep-konsep matematika. Karena dengan intuisi matematika akan menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Intuisi matematika siswa diperoleh dari pengalaman dan pengetahuan mereka. Maka dari itu membudayakan matematika menjadi tanggung jawab semua pihak baik sekolah, guru, dan masyarakat khususnya orang tua. Anak yang sudah dibiasakan belajar matematika sejak kecil akan memiliki intuisi matematika yang kaya sehingga akan memudahkan mereka belajar matematika di sekolah yang lebih kompleks. Saya setuju dengan pendapat Pak Janu bahwa membudayakan matematika tidak sekedar mengerjakan soal tapi lebih pada pola pikir matematis. Karena tujuan dari belajar matematika bukan seberapa hebat dalam mengerjakan soal tetapi pola pikir matematis yang dapat diterapkan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Budaya akan muncul apabila pemikiran dari sekelompok orang berada dalam pemikiran yang sama. Sehingga budaya matematika bisa berarti merupakan pemikiran siswa, guru, orang tua, dan semua pihak memiliki pemikiran yang sama seperti matematika itu penting untuk dipelajari. Seperti banyak yang kita ketahui banyak siswa yang tidak menyukai matematika dan berusaha menghindarinya tetapi siswa tidak dapat menghindarinya karena bagaimanapun juga matematika akan selalu ada hingga Ujian Nasional. Terlebih lagi timbul pemikiran wajarnya siswa yang tidak pandai matematika menurut orang tuanya. Hal semacam itu yang seharusnya diubah menjadi budaya yang baru yang lebih positif seperti meningkatkan intuisi anak shingga siswa bisa lebih kreatif lagi dalam memecahkan masalah dan orang tua siswa akan merasa bangga dan tidak membudayakan matematika tidak baik juga tidak apa-apa. Tetapu membudayakan matematika sebagai pelajaran yang penting dan harus dikuasai untuk bekal kehidupan mendatang.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Guru yang mengajarkan matematika haruslah sangat berhati-hati. Karena sekali saja siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit maka bisa – bisa mereka trauma dan selamanya akan tidak tertarik dengan matematika, jika tidak memiliki minat mempelajarinya maka biasanya mereka akan terus mengalami kesulitan ketika mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Membudayakan matematika merupakan kewajiban bagi semua pihak. Dari kalimat tersebut, saya ingin menanyakan bagaimana cara kita membudayakan matematika di sekolah?

    ReplyDelete
  13. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    intuisi dalam matematika dicirikan dengan benar sebagai elemen intelek yang terus tumbuh, fleksibilitas intelektual dengan konsep kita saat ini tentang struktur abstrak dan hubungan antara struktur-struktur ini, kita harus menyadari bahwa isinya bervariasi dan tunduk pada kekuatan budaya dalam banyak hal yang sama. cara seperti elemen budaya lainnya. Bahkan simbol-simbol yang dirancang untuk ekspresi dan pengembangan matematika memiliki makna variabel, oleh karena itu harus tetap merupakan strategi penting untuk bertujuan untuk mengembangkan media yang semakin fleksibel dan ekspresif untuk representasi ide-ide.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Membudayakan matematika merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran dan salah satu subyeknya adalah intuisi matematika. Intuisis diperoleh seorang siswa dari pengalaman-pengalaman yang diperolehnya dalam belajar matematika. Adanya intuisi dalam diri siswa akan memunculkan ide-ide atau gagasan-gagasan dalam matematika. Maka dari itu, seorang guru harus bisa memberikan sebuah pengalaman kepada siswanya, hal tersebut tentunya bertujuan agar siswa memiliki intuisi matematika.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Matematika merupakan ilmu yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Membentuk intuisi matematika dapat diperleh melalui kegiatan bermatematika dalam aktivitas sehari-hari. Membentuk budaya matematika dapat dilakukan oleh guru, orang tua, dan masyarakat. Budaya matematika yang terbentuk akan menghasilkan intuisi matematika yang kuat dan dapat menjadi bekal membangun keilmuan matematika nantinya.

    ReplyDelete
  16. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Dari elegi di atas, diperoleh bahwa intuisi matematika adalah budaya matematika dan intuisi ini sangat penting karena dengan intuisi siswa dapat mengembangkan gagasannya sehingga siswa mempunyai pengalaman yang lebih. Intuisi terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang telah diperoleh siswa sehingga diharapkan seluruh elemen bangsa ini bertanggungjawab dalam membudayakan matematika. Ketika semua elemen bangsa ini dapat melakukan tugasnya masing-masing maka pelajar-pelajar di bangsa ini tidak akan kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dalam pembelajaran matematika, tidak cukup kalau guru hanya mengajarkan bagaimana menyelesaikan permasalahan matematika. Ada yang lebih penting dari itu, yaitu mengajarkan bagaimana siswa mampu menghasilkan ide-ide atau gagasan yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan matematika dalam berpikir kreatif matematika siswa. Untuk menghasilkan kemampuan memunculkan ide atau gagasan tersebut perlu dikembangkan kemampuan intuisi, dan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan berintuisi sangat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematis, ketika proses berpikir dengan menggunakan logika mengalami kemacetan, maka sangat penting untuk mempertimbangkan intuisi matematis. Berdasarkan penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide matematika, sehingga sangat penting kalau intuisi menjadi budaya matematika.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Seperti yang disampaikan Thompson, P.,1993, jika intuisi dalam matematika ditandai dengan baik sebagai elemen pertumbuhan intelek kita, fleksibilitas intelektual dengan konsep kita sekarang tentang struktur abstrak dan hubungan antara struktur ini, kita harus mengakui bahwa isinya bervariasi dan tunduk pada kekuatan budaya dalam banyak cara yang sama seperti elemen budaya lainnya. Hal tersebut tentu menandakan bahwa memang benar intuisi berasal dari pertumbuhan akal dan pemikiran kita.

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pembelajaran matematika semaik tinggi jenjangngnya akan berubah dari konkrit menjadi abstrak. Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak. Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik". Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"

    ReplyDelete
  20. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Membawa siswa ke alam abstrak merupakan tugas guru. Semakin tinggi usia seseorang pun juga mempengaruhi tingkat ke abstrakan materi dapat dipahami, ketika SD pembelajaran matematika memng dimulai dengan keadaan real suatu objek karena tingkat kematangan pemikiran anak SD belum pada tarap abstrak, namun semakin tinggi jenjang pendidikan maka semakin diajarkan materi dalam bentuk abstrak, sesuai dengan perkembangan dan kematangan pemikiran siswa. sehingga semakin tinggi maka akan semakin abstrak, namun dalam permasalahan matematika dengan pembiasaan dan intuisi yang ada maka akan semakin paham bentuk abtraksi dari matematika.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Budaya bermatematika secara tidak langsung akan melatih intuisi matematika anak, karena intuisi matematika mampu menciptakan ide atau gagasan yang baru. Membudayakan matematika dirumah bisa dilakukan orang tua sebelum tidur mencoba melatih anak dengan cerita yang didalamnya ada kaitannya dengan berhitung. Itu juga menjadi sangat penting guna mengubah mindset anak dalam pola pikir terhadap matematika itu sendiri, secara intuisi matematika pun dia dapat dengan mudah menggunakannya.

    ReplyDelete
  22. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Menurut Wikipedia, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi kegenerasi. Dalam membudayakan matematika maka perlu dilakuakan oleh semua pihak yang terkait agar menghasilkan sebuah matematika yang hidup dan berkembang bersama kehidupan manusia. sebuah buaya dapat terjadi karena sebuah pembiasaan, maka untuk membudayakan matematika juga perlu dilakukannya pembiasaan. Pembiasaan dapat berupa pengalaman-pengalaman yang dialami sendir oleh siswa, dimana pengalaman tersebut dapat berguna dan diingat oleh siswa dikemudian hari. Jika pengalaman-pengalaman atau pembiasaan sudah terbentuk maka budaya matematika akan terbentuk pula. Yang perlu diingat adalah sebuah intuisi tidak serta merta hadir tanpa ada penyebab yang menyebabkan ia ada. Maka kewajiban semua pihaklah dalam membudayakan matematika agar intuisi matematika dapat meningkat

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Melalui berbagai pengalaman yang diperoleh siswa akan mempengaruhi intuisi matematiknya. Intuisi sangat penting dalam proses pembelajaran karena intuisi akan memunculkan ide/ gagasan matematika. Dengan pembudayaan matematika membuat kita dapat menanamkan intuisi matematika di dalam pikiran siswa. Oleh karena itu, guru harus dapat memberikan pengalaman belajar yang bervariasi bagi para siswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
      Saya sanga setuju bahwa guru harus dapat memberikan pengalaman belajar yang bervariasi bagi para siswa. Guru dapat memberikan pengalaman yang bervariasi yang diantaranya dapat berupa penggunaan media dalam pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang berganti-ganti, dan tugas yang diberikan yang bervariasi.

      Delete
  24. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Budaya dapat dihasilkan melalui pembiasaan. Begitu pula dengan intuisi yang merupakan salah satu budaya matematika, intuisi dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Misalnya dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan pelajaran di dalam kelompok-kelompok kecil. Sementara itu, guru berperan dalam merancang media yang sesuai untuk mendukung kegiatan diskusi. Dengan demikian siswa akan memahami konsep yang diberikan berdasarkan intuisinya, Dengan intuisi yang telah terbentuk tersebut, siswa akan dapat mengaitkan intuisi yang dimilikinya ketika belajar pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    iswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan bantuan intuisinya. Melalui intuisi siswa dapat menemukan ide dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui aktivitas pembelajaran matematika yang aktif dan menyenangkan. Sehingga sangat perlu dibudayakan pembelajaran yang memuat konten matematika yang dapat diajarkan secara interaktif dan menyenangkan. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Budaya adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus dan turun emnurun. Matematika sebagai budaya yaitu ketika seseorang terbiasa memecahkan permasalahan baik dalam pembelajaran maupun yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita. Darisitulah kemudian intuisi-intuisi siswa akan semakin berkembang dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Saya sependapat dengan pernyataan yang diungkakan Thompson P bahwa betapa pentingnya membudayakan matematika dan dia juga menyatakan bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi didapat dari pengalaman yang banyak dialami oleh para siswa dalam matematika. Untuk itu, seorang guru harus merancang pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman-pengalaman yang bervariasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  28. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Intuisi memang pening untuk dimiliki siswa. Agar siswa memiliki intuisi matematika, semua pihak baik pihak sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat hendaknya dapat memberikan pengalaman matematika kepada siswa. Karena membudayakan matematika pada siswa merupakan tanggung jawab semua pihak. Khusus untu seorang guru dapat dilakukan dengan merancang pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman-pengalaman yang bervariasi kepada siswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Sehubungan dengan pembelajaran matematika maka kita lebih cocok untuk mendefinisikan matematika sebagai matematika sekolah, tetapi untuk tingkat perguruan tinggi kita mendefinisikan matematika formal atau aksiomatik. embudayaan pembelajaran matematika berimplikasi kepada fungsi guru sebagai fasilitator sebaik-baiknya agar peserta didik dapat mempelajari matematika secara optimal.

      Delete
  29. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Membudayakan matematika dapat memberikan atau membelajarkan siswa menemukan ide-ide. Membudayakan sesuatu adalah meleburkannya hingga terjiwai, mengintegrasikan dalam budi manusia. Dalam hal ini, membudayakan matematika dalam masyarakat artinya mengintegrasikan matematika dalam budi masyarakat sehingga segala cipta, rasa dan karsa bersifat matematika.

    ReplyDelete
  30. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Membudayakan matematika, melatih intuisi siswa dalam matematika merupakan tugas yang berat bagi semua pihak. Terutama bagi guru yang berinteraksi langsung dengan siswa di dalam pembelajaran di dalam kelas. Kita juga sebagai mahasiswa dapat berperan penting dalam hal ini. Dengan melakukan penelitian-penelitian yang dapat membantu para guru dalam membudayakan matematika dan membangun intuisi siswa.

    ReplyDelete
  31. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Benar adanya bahwa intuisi matematika berperan dalam menghasilkan atau memunculkan ide-ide/ gagasan matematika. Maka dalam proses membudayakan matematika ini akan menciptakan stimulus bagi siswa untuk menghasilkan intuisi matematikanya. Jadi, sudah seharusnya membudayakan matematika ini menjadi tanggungjawab semua kalangan termasuk orangtua siswa,Benar adanya bahwa intuisi matematika berperan dalam menghasilkan atau memunculkan ide-ide/ gagasan matematika. Maka dalam proses membudayakan matematika ini akan menciptakan stimulus bagi siswa untuk menghasilkan intuisi matematikanya. Jadi, sudah seharusnya membudayakan matematika ini menjadi tanggungjawab semua kalangan termasuk orangtua siswa.

    ReplyDelete
  32. Diana Prastiwi
    1870925104
    S2 P. Mat A 2018

    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin. Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan. Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya. Matematika adalah hal yang disadari atau tidak sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari perdagangan sampai dengan perhitungan yang rumit memerlukan matematika. pembudayaan matematika akan meningkatkan daya intuisi seseorang, bagaimana memperkirakan suatu perhitungan atau memperkirakan dari suatu keputusan permsalahan dan lain sebagainya. matematika adalah ratunya ilmu,karena matematika dapat digunakan pada semua mata pelajaran yang lainnya.

    ReplyDelete
  33. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Peran intuisi yang penting menjadi tanggung jawab semua pihak. Alangkah indahnya jika semua pihak bisa saling mendukung agar siswa tidak menjadi miskin mathematical intuition.

    ReplyDelete
  34. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Guru atau calon guru sebaiknya mampu memberikan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan dengan konteks yang dekat dengan lingkungan sekitar dari peserta didik. Dengan demikian mereka akan menjadi lebih mudah untuk membudayakan matematika disertai mengembangkan intuisi matematika yang ada pada diri peserta didik.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya setuju bahwa intuisi matematika sangatlah penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dengan adanya intuisi, akan sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya. Siswa dapat mempelajari matematika berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimilikinya. Untuk itu, sebagai guru dan calon guru maupun bagi stakeholder pendidikan, sudah seharusnya kita memperhatikan bagaimana cara membangkitkan budaya bermatematika dalam kegiatan pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Karena dengan demikian, siswa akan membangun intuisi mereka berdasarkan pengalaman yang didapatkannya dari lingkungan

    ReplyDelete
  36. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan penjelasan di atas, saya menyimpulkan bahwasannya semakin abstrak matematika yang diajarkan, kemampuan intuisi akan semakin meningkat. Hal ini karena ide-ide akan berkembang dengan luas. Intuisi merupakan tanda luwes dan kreatifnya berpikir siswa. Jika akal seseorang hidup, maka intuisi akan mudah muncul. Oleh karena itu, intuisi juga sering dikaitkan dengan fleksibilitas berpikir. Implikasinya dalam dunia pendidikan adalah siswa harus terus mengasah intuisi matematikanya agar lebih fleksibel dalam berpikir dan menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  37. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Intuisi berperan penting dalam matematika. Intuisi dapat menghasilkan ide ide baru dalam matematika dan juga dapat mendorong siswa untuk berpikir dari masalah yang ada. Pikiran-pikiran tersebut dapat menjadikan siswa untuk lebih memahami konsep-konsep yang ada pada matematika serta memberikan pengalaman untuk belajar yang bermakna.

    ReplyDelete
  38. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa intusi matematika menjadi kemampuan yang penting dalam menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Guru bertugas untuk menumbuhkan kemampuan intuisi matematika siswa. Dengan kemampuan intuisi siswa membantu siswa untuk dapat memecahkan masalah-masalah. Dan tentunya intuisi matematika dimulai dengan ditanamkan dan dipahamkan konsep. Sehingga intuisi matematika siswa semakin berkembang dengan adanya pemahaman konsep siswa.

    ReplyDelete
  39. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Budaya belajar matematika sangatlah penting untuk dapat mengembangkan intuition siswa, seorang siswa harus banyak berlatih baik itu di sekolah maupun di rumah.
    Siswa harus mulai diberi kesempatan untuk mengembangkan kreatifitas mereka dalam memahami matematika dengan proses belajar mengajar yang inovatif. Dengan demikian pengalaman yang mereka terima pun lebih banyak dan intuisi matematika mereka pun juga ikut berkembang.

    ReplyDelete
  40. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Sekali lagi intuisi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi siswa dalam belajar matematika. akan tetapi untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, tidak hanya menjadi tanggung jawab siswa saja. tetapi lebih kompleks, memerlukan dukungan dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan siswa. Untuk membangun intuisi dalam belajar matematika harus mendapatkan dukungan dari guru sebagai fasilitator, sekolah yang akan menentukan kebijakan, dan juga orang tua yang senantiasa memberikan pengawasan dan arahan kepada anaknya agar bisa membangun pengetahuannya dengan baik.

    ReplyDelete
  41. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Banyak faktor yang bisa mendukung siswa dalam membangun intuisi dalam bermatematika. Salah satunya adalah kompetensi matematika, ketika siswa memiliki kompetensi dalam matematika sebelum mempelajarinya maka akan semakin mudah untuk membangun intuisi dalam matematika. karena intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman siswa, maka dengan kompetensi yang dimiliki siswa akan banyak memiliki pengalaman-pengalaman sehingga semakin dekat untuk berintuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  42. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Intuisi sangat berperan penting dalam matematika, salah satunya pada riset matematika. dalam riset memerlukan sebuah hipotesis untuk menarik suatu kesimpulan. Tanpa menggunakan intuisi kita akan sulit bahkan tidak bisa menentukan hipotesis yang sesuai dengan hasil yang ada. Diperlukan pengalaman-pengalaman yang dikolaborasikan dengan pengetahuan awal yang dikemas dalam intuisi untuk menyusun hipotesis atau konjektur awal dalam penelitian. Sehingga penelitian atau riset yang kita lakukan akan lebih bermakna dengan intuisi.

    ReplyDelete
  43. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete