Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

9 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pembelajaran memang seharusnya bagaimana seorang guru bisa mengkonstruk pemikiran dari siswa dengan berabagai metode, Apalagi saat sekarang ini peran guru adalah sebagai fasilitator sehingga menurut saya lebih sulit peran guru menjadi fasilitator ketimbgan guru perannya penyampai ilmu, karena untuk menjadi guru sebagai fasilitatot dibutuhkan guru yang inovatif dan kreatif guru. Untuk mencapai guru yang kreatif dan inovatif tentu membutuhkan kerja keras. Sehingga dengan kretifitas guru dan inovasinya dalam memfasilitasi siswa dalam belajar matematika diharapkan nantinya akan muncul intuisi matematika siswa, dengan demikian intuisi matematika nantinya akan membudaya dalam kehidupan siswa.

    ReplyDelete
  2. Intuisi dalam matematika harus dikembangkan melalui pengalaman dalam proses belajar matematika, tidak dapat terbentuk secara instan. Tidak dapat terbentuk jika kita menggunakan budaya instan dengan drill soal dan pemberian cara cepat. Jika kita ingin mengembangkan intuisi dalam matematika maka kita harus mengembangkan budaya intuisi matematika dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan intuisinya dalam memecahkan masalah matematika secara rutin. Sehingga intuisi dapat terlatih, akhirnya intuisinya terasah dan dapat terjadi secara otomatis dalam pikiran siswa. Intuisi matematika sangatlah penting dalam kreativitas matematika untuk menghasilkan ide/gagasan dalam pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete

  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menghasilkan matematika intuisi perlu membudayakan matematika sebagai proses bukan sebagai hasil. Karene sebagai proses maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan matematika intuisi. Prosesnya berupa intuisi penginderaan (belajar matematika melalui sebuah pengalaman), kemudian prosesnya berupa intuisi akal (menerima pengalaman dan menjadikannya sebagai pengetahuan), kemudian proses berikutnya berupa intuisi budi (pengetahuan yang berlandaskan budi). Melalui proses ini masalah matematika dapat dipecahkan melalui sebuah proses yang bertahap.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi matematika merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Meningkatkan intuisi matematika dapat dilakukan dengan membudayakan matematika yang merupakan tanggung jawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). Artinya, pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran yang dikaitkan dengan pengalaman siswa. Pembelajaran yang mengutamakan aktivitas siswa untuk menemukan konsep, bukan menerima transfer of knowledge dari guru ke siswa. Pembelajaran yang mengasah kreativitas siswa untuk menghasilkan ide-ide/gagasan dalam pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi matematika salah satunya dapat dengan membudayakan matematika. Budaya adalah hasil cipta karsa manusia. Demikian juga matematika adalah hasil dari pemikiran manusia, bahkan matematika adalah wujud dari kebutuhan manusia. Untuk membudayakan matematika, diperlukan berbagai pemaknaan mengenai matematika dari berbagai sudut pandang sehingga pandangan maatematika tidak hanya sekedar mengerjakan soal melainkan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Yang perlu menjadi perhatian pula, membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab dan kesadaran kita semua, sehingga secara tidak kita sadari intuisi matematika akan menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan matematika di kehidupan sehari-hari. Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dalam hal ini, perlu kompetensi yang baik agar menjadikan matemematika sebagai budaya yang baik

    Elegi pemberontakan pendidikan matematika 3, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dalam hal ini, Intuisi matematika salah satunya dapat dengan membudayakan matematika. Budaya adalah hasil cipta karsa manusia. Demikian juga matematika adalah hasil dari pemikiran manusia, bahkan matematika adalah wujud dari kebutuhan manusia. Untuk membudayakan matematika, diperlukan berbagai pemaknaan mengenai matematika dari berbagai sudut pandang sehingga pandangan maatematika tidak hanya sekedar mengerjakan soal melainkan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Yang perlu menjadi perhatian pula, membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab dan kesadaran kita semua, sehingga secara tidak kita sadari intuisi matematika akan menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan matematika di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Budaya dapat diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan terus menerus, secara teratur dan turun-temurun atau dengan kata lain kebiasaan yang berkesinambungan. Oleh karena itu untuk membangun intuisi juga diperlukan budaya. Budaya dalam hal ini adalah budaya matematika, yaitu adanya aktivitas matematika yang dilakukan secara kontinu, bertahap, dan teratur. Dalam diri seorang anak sebenarnya telah ada intuisi, tetapi intuisi yang dimiliki oleh seorang anak masih perlu dikembangkan agar dapat menjadi intuisi yang baik sesuai dengan indikator-indikator intuisi yang baik atau ahli. Maka untuk membentuk atau mengembangkan intuisi matematika dalam diri anak adalah satunya dengan pembudayaan matematika. Dalam hal ini peran guru yang paling utama untuk memberikan stimulus-stimulus yang membangun dan meningkatkan intuisi siswanya dengan belajar yang disiplin dan tentunya bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Untuk meningkatkan intuisi matematika, maka dapat dilakukan dengan membudayakan matematika. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik itu guru, sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika siswa tidak memiliki intuisi maka ia akan merasakan kesulitan dalam menemukan ide – ide kreatifnya. Tidak heran jika siswa hanya mengharapkan ‘suapan’ dari gurunya. Oleh karena itu pembelajaran yang inovatif sangat dibtuhkan dalam pembelajaran, dikarenakan di dalam pembelajaran ini guru hanya mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, siswa yang mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dilengkapi fasilitas yang mendukung dari guru.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Matematika sekolah merupakan konsep matematika sebagai pengetahuan intuitif (tidak berpondasi). Hal ini dikarena anak kecil membangun pengetahuan mereka secara intuitif. Sehingga anak kecil mempelajari matematika menggunakan intuisi mereka. Karenanya, intuisi matematika sudah menjadi sebuah budaya dalam bermatematika. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. untuk mengembangkan intuisi matematika, siswa memerlukan banyak latihan memecahkan persoalan-persoalan matematika. Persoalan yang dimaksud tidak hanya dalam lingkup pembelajaran matematika, akan tetapi dapat pula berupa permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengatur uang jajan, ketika membeli makanan, menghitung uang yang harus dibayar atau kembalian, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam mengembangkan budaya bermatematika atau intuisi matematika merupakan tanggung jawab semua pihak baik sekolah, guru, orang tua, maupun masyarakat.

    ReplyDelete