Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

22 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika sangat dibutuhkan adnaya intuisi. Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul melalui pengalaman-pengalaman yang didapat oleh siswa dari kegiatan belajar matematika. Sehingga dengan adanya pengalaman matematika yang membudaya dalam diri siswa, intuisi itu akan tercipta. Jadi intuisi matematika itu adalah budaya bermatematika.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Namun dalam membudayakan intuisi pada siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait antara lain sekolah, guru, dan masyarakat maupun orang tua.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi matematika adalah budaya bermatematika. Peranan intuisi matematika sangatlah penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Dalam hal ini, berlatih menggunakan intuisi matematika adalah upaya untuk menumbuhkembangkan daya matematika khususnya kemampuan bernalar. Ini karena matematika diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan umum, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan berpikir abstrak serta meneruskan nilai-nilai yang terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan: ketekunan, keruntutan dalam berpikir, serta apresiasi terhadap kebenaran yang berkenaan dengan berbagai gagasan matematis (H. Gunawan, 2017).

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intuisi dalam matematika itu adalah budaya bermatematika. Upaya membudayakan matematika adalah tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Sehingga marilah berusaha agar kita dapat membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intusiai berperan penting dalam pembelajaran matematika. Semua orang memiliki intuisi dalam pikirannya. Hal yang awalnya tidak bisa dijelaskan namun diketahui nilai kebenarannya jika dilatih dan diperdalam akan menjadi sesuatu yang lebih baik. Jika seserang kehilangan intuisinya dalam bermatematika, bermatematika akan menjadi hal yang sangat memberatkan dan menakutkan. Jadi, membudayakan matematika sangat penting sehingga dibutuhkan kesadaran dari semua pihak.

    ReplyDelete
  6. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pembelajaran matematika bukan hanya tugas untuk guru dalam mengajarkannya yang harus berpatok pada penguasaan guru tersebut akan ilmu yang ia miliki melaikan juga tugas bagi orang tua dan masyarakat agar dapat membimbing para anaknya dalam menguasai matematika yang telah mereka terima di sekolah, sehingga para siswa dalam penguasaannya bukan hanya mengingat tapi dapat mengembangkan apa yang mereka pahami.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi matematika itu adalah budaya bermatematika. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Budaya adalah kebiasaan yang dlakukan seseorang, dalam hal ini budaya matematika adalah perilaku atau sikap seseorang dalam bermatematika. Intuisi adalah pola pikir seseorang, dalam hal ini intuisi matematika adalah bagaimana manusia itu berpikir agar dapat mengolah pengalaman bermatematika ke dalam pikiran agar menghasilkan ilmu pengetahuan matematika. Pengalaman yang dilakukan secara terus-menerus dan relatif konstan bisa isebut sebagai budaya. Budaya matematika inilah yang penting dalam menghasilkan intuisi matematika.
    Karena pentingnya membudayakan matematika dalam membentuk intuisi matematika, maka semua pihak bertanggung jawab dalam hal ini. Sekolah, guru, dan masyarakat atau orangtua memiliki tanggung jawab untuk membudayakan matematika pada siswa agar terbentuk intuisi matematika yang baik. Peran sekolah adalah menjadi lingkungan sebaik-sebaiknya sebagai tempat belajar siswa yang pokok. Peran guru menjadi wadah sekaligus memfasilitasi siswa berbudaya matematika. Sedangkan peran orangtua sebaai kontrol di rumah agar budaya matematika tidak hanya diterapkan di sekolah tetapi juga di kehidupan bermasyarakat. Dari kehidupan bermasyarakat ini lah pokok dari budaya matematika yang nantinya membentuk intuisi matematika siswa saat pelajaran di sekolah.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sekali lagi intuisi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi siswa dalam belajar matematika. akan tetapi untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, tidak hanya menjadi tanggung jawab siswa saja. tetapi lebih kompleks, memerlukan dukungan dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan siswa. Untuk membangun intuisi dalam belajar matematika harus mendapatkan dukungan dari guru sebagai fasilitator, sekolah yang akan menentukan kebijakan, dan juga orang tua yang senantiasa memberikan pengawasan dan arahan kepada anaknya agar bisa membangun pengetahuannya dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Pada elegi ini disebutkan bahwa intuisi matematika adalah budaya bermatematika, dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan gagasan matematika. Saya mencoba merenungkan dan memikirkan budaya bermatematika seperti apa yang dimaksudkan. Ketika saya mencoba menterjemahkan pendapat Thompson tersebut saya mendapati statement bahwa intuisi matematika isinya bervariasi dan bergantung pada kekuatan budaya di banyak negara. Mohon ijin untuk bertanya, maksut dari statemen tersebut bagaimana nggih pak? Mohon maaf, apabila saya salah menterjemahkan.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pemahaman kami, pada dasarnya seorang anak belajar lebih sering menggunakan intuisinya. Demikian halnya dengan belajar matematika, intuisi peranannya vital dalam pembelajarannya. Intuisi sebenarnya tidak serta-merta diberikan oleh Tuhan sebagai bawaan sejak lahir, melainkan didapat dari pengalaman-pengalaman yang relatif sama dan sering berulang. Perkembangan intuisi sangat dipengaruhi oleh kondisi, tingkah laku orang-orang disekitarnya. Sehingga pada pembelajaran seorang guru hendaknya berlatih untuk meningkatkan dan menggunakan intuisinya serta memberikan ruang, waktu dan kesempatan bagi siswanya untuk bisa membangun intuisinya sendiri.

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Salah satu cara dalam mengembangkan intuisi siswa adalah dengan siswa diberikan suatu masalah kehidupan sehari-hari kemudian siswa dapat menyelesaikan sendiri. Pendekatan yang disarankan salah satunya adalah dengan matematika realistik. Pada pendekatan ini siswa dapat memaksimalkan intuisi peserta didik, siswa akan terbiasa untuk berpikir matematis dalam menyelesaikan masalahnya. Selanjutnya siswa juga tidak akan pernah bertanya lagi apa manfaat mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari tersebut? Karena siswa sudah dapat mengetahui dia awal pembelajaran dengan memberikan motivasi dan masalah yang meanantang yang harus dikerjakan oleh siswa dan diselesaikan oleh siswa tersebut. Penggunaan media juga dapat mengembangkan intuisi siswa karena siswa secara nyata dapat terbantu oleh media yang digunakan dan lebih mudah dalam mengkonstruksikan intusinya dalam bentuk matematika dikarenakan mudah dalam memahami melalui media yang disajikan.

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Belajar matematika yang dianjurkan adalah belajar berpusat pada siswa, sehingga siswa diberikan kebebasan untuk membangun pengetahuannya masing-masing dengan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh masing-masing siswa dalam kehidupannya. Apabila pembelajaran yang berpusat pada siswa tersebut berjalan dengan baik, maka akan menghasilkan mathematical intuition atau budaya bermatematika.

    ReplyDelete
  13. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Dengan merefleksi kembali pernyataan sebelumnya bahwa intuisi memiliki peran penting di dalam matematika.Seperti halnya juga di sebut dalam elegi tersebut bahwa intuisi matematika adalah budaya bermatematika.Maaf jikalau salah memahami , gambarannya adalah bagaimana caranya membuat matematika semakin hidup dan dikenal di tengah-tengah masyarakat.Dan ini menjadi amanah bagi semua khalayak pada umumnya.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra,
    PPs PMA 2017
    17709251005

    assalamualaikum prof,
    Budaya dapat dihasilkan melalui pembiasaan. Begitu pula dengan intuisi yang merupakan salah satu budaya matematika, intuisi dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Misalnya dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan pelajaran di dalam kelompok-kelompok kecil. Sementara itu, guru berperan dalam merancang media yang sesuai untuk mendukung kegiatan diskusi. Dengan demikian siswa akan memahami konsep yang diberikan berdasarkan intuisinya, Dengan intuisi yang telah terbentuk tersebut, siswa akan dapat mengaitkan intuisi yang dimilikinya ketika belajar pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  15. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Membaca ulasan di atas tentunya saya juga tidak mampu mengerti sepenuhnya. Saya hanya mencermati bahwa intuisi matematika berperan dalam pembentukan ide atau gagasan. Menimbulkan tanya dalam benak saya, intuisi matematika diperoleh dari hal apa saja? Terima kasih Prof untuk ulasan ini.

    ReplyDelete
  16. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Intuisi sangat membantu siswa dalam memahami Matematika. Intuisi juga membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  17. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2-P.Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    terima kasih atas postingannya, Prof. sampai saat ini memang matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, maka dari itu kita sebagai guru harus membudayakan matematika agar terjadi peruabahan mindset di kalangan siswa. Unsur dasar pembudayaan matematika adalah kegiatan mengkomunikasikan matematika pada berbagai dimensinya. Komunikasi matematika meliputi materi komunikasi, komunikasi formal, komunikasi normatif dan komunikasi spiritual. Diharapkan dengan memaksimalkan komunikasi dalam pembelajaran matematika juga dapat meningkatkan kemampuan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, dengan kita selalu berpikr dapat membangkitkan intuisi matematika sehingga nantinya akan menjadi terbiasa. Ketika sudah terbiasa berhadapan dengan masalah matematika, maka pikiran akan otomatis memikirkan bagaimana penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi selanjutnya. Karena semakin kita sering terbiasa dengan menghadapi permasalahan matematika, akan semakin kuat intuisi kita.

    ReplyDelete
  19. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik".
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak. semakin tinggi usia seseorang pun juga mempengaruhi tingkat ke abstrakan materi dapat dipahami, ketika SD pembelajaran matematika memng dimulai dengan keadaan real suatu objek karena tingkat kematangan pemikiran anak SD belum pada tarap abstrak, namun semakin tinggi jenjang pendidikan maka semakin diajarkan materi dalam bentuk abstrak, sesuai dengan perkembangan dan kematangan pemikiran siswa. sehingga semakin tinggi maka akan semakin abstrak, namun dalam permasalahan matematika dengan pembiasaan dan intuisi yang ada maka akan semakin paham bentuk abtraksi dari matematika.

    ReplyDelete
  20. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pada umumnya dalam pembelajaran matematika di kelas sangat penting bagi guru untuk memahami interaksi antara intuitif, formal dan aspek-aspek prosedural dalam proses memahami, bernalar dan pemecahan masalah siswa. Jika kekuatan intuitif yang dimiliki siswa diabaikan, bagaimanapun bentuknya akan terus mempengaruhi kemampuan siswa bermatematika. Bila berpikir intuitif tidak dikendalikan juga dapat mengganggu proses berpikir matematis. Maka dari itu guru harus cerdas dalam menguasai setiap keadaan yang terjadi pada siswa.

    ReplyDelete
  21. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    intuisi matematika memang sangat diperlukan, khususnya untuk membangun ide-ide atau gagasan-gagasan baru di dunia matematika. karena hal-hal yang baru, dalam dunia matematika kadang tidak harus melalui proses a posteriori. bahkan tidak hanya di bidang matematika saja. di bidang astronomi misalnya, dari mana para astronom menyimpulkan bahwa black hole itu merupakan hasil dari bintang yang mati, padahalmereka belum pernah melihat langsung atau merasakan langsung kesana. disitulah berguna intuisi.

    ReplyDelete
  22. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa intuisi matematika merupakah salah satu kebudayaan matematika itu sendiri. Semua pihak, sekolah, guru, orang tua, bertanggung jawab atas membudayakan matematika terhadap siswa. Oleh karena itu, baiknya kita sebagai orang-orang yang bergerak di bidang pendidikan terus mengembangkan inovasi-inovasi agar dapat membudayakan matematika sehingga dapat memunculkan intuisi matematika siswa dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membudayakan matematika ialah membiasakan siswa untuk melihat bahwa hal-hal yang ada di sekitar mereka merupakan penerapan dari materi matematika.

    ReplyDelete