Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

60 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pembelajaran memang seharusnya bagaimana seorang guru bisa mengkonstruk pemikiran dari siswa dengan berabagai metode, Apalagi saat sekarang ini peran guru adalah sebagai fasilitator sehingga menurut saya lebih sulit peran guru menjadi fasilitator ketimbgan guru perannya penyampai ilmu, karena untuk menjadi guru sebagai fasilitatot dibutuhkan guru yang inovatif dan kreatif guru. Untuk mencapai guru yang kreatif dan inovatif tentu membutuhkan kerja keras. Sehingga dengan kretifitas guru dan inovasinya dalam memfasilitasi siswa dalam belajar matematika diharapkan nantinya akan muncul intuisi matematika siswa, dengan demikian intuisi matematika nantinya akan membudaya dalam kehidupan siswa.

    ReplyDelete
  2. Intuisi dalam matematika harus dikembangkan melalui pengalaman dalam proses belajar matematika, tidak dapat terbentuk secara instan. Tidak dapat terbentuk jika kita menggunakan budaya instan dengan drill soal dan pemberian cara cepat. Jika kita ingin mengembangkan intuisi dalam matematika maka kita harus mengembangkan budaya intuisi matematika dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan intuisinya dalam memecahkan masalah matematika secara rutin. Sehingga intuisi dapat terlatih, akhirnya intuisinya terasah dan dapat terjadi secara otomatis dalam pikiran siswa. Intuisi matematika sangatlah penting dalam kreativitas matematika untuk menghasilkan ide/gagasan dalam pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete

  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menghasilkan matematika intuisi perlu membudayakan matematika sebagai proses bukan sebagai hasil. Karene sebagai proses maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan matematika intuisi. Prosesnya berupa intuisi penginderaan (belajar matematika melalui sebuah pengalaman), kemudian prosesnya berupa intuisi akal (menerima pengalaman dan menjadikannya sebagai pengetahuan), kemudian proses berikutnya berupa intuisi budi (pengetahuan yang berlandaskan budi). Melalui proses ini masalah matematika dapat dipecahkan melalui sebuah proses yang bertahap.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi matematika merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Meningkatkan intuisi matematika dapat dilakukan dengan membudayakan matematika yang merupakan tanggung jawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). Artinya, pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran yang dikaitkan dengan pengalaman siswa. Pembelajaran yang mengutamakan aktivitas siswa untuk menemukan konsep, bukan menerima transfer of knowledge dari guru ke siswa. Pembelajaran yang mengasah kreativitas siswa untuk menghasilkan ide-ide/gagasan dalam pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi matematika salah satunya dapat dengan membudayakan matematika. Budaya adalah hasil cipta karsa manusia. Demikian juga matematika adalah hasil dari pemikiran manusia, bahkan matematika adalah wujud dari kebutuhan manusia. Untuk membudayakan matematika, diperlukan berbagai pemaknaan mengenai matematika dari berbagai sudut pandang sehingga pandangan maatematika tidak hanya sekedar mengerjakan soal melainkan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Yang perlu menjadi perhatian pula, membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab dan kesadaran kita semua, sehingga secara tidak kita sadari intuisi matematika akan menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan matematika di kehidupan sehari-hari. Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dalam hal ini, perlu kompetensi yang baik agar menjadikan matemematika sebagai budaya yang baik

    Elegi pemberontakan pendidikan matematika 3, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dalam hal ini, Intuisi matematika salah satunya dapat dengan membudayakan matematika. Budaya adalah hasil cipta karsa manusia. Demikian juga matematika adalah hasil dari pemikiran manusia, bahkan matematika adalah wujud dari kebutuhan manusia. Untuk membudayakan matematika, diperlukan berbagai pemaknaan mengenai matematika dari berbagai sudut pandang sehingga pandangan maatematika tidak hanya sekedar mengerjakan soal melainkan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Yang perlu menjadi perhatian pula, membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab dan kesadaran kita semua, sehingga secara tidak kita sadari intuisi matematika akan menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan matematika di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Budaya dapat diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan terus menerus, secara teratur dan turun-temurun atau dengan kata lain kebiasaan yang berkesinambungan. Oleh karena itu untuk membangun intuisi juga diperlukan budaya. Budaya dalam hal ini adalah budaya matematika, yaitu adanya aktivitas matematika yang dilakukan secara kontinu, bertahap, dan teratur. Dalam diri seorang anak sebenarnya telah ada intuisi, tetapi intuisi yang dimiliki oleh seorang anak masih perlu dikembangkan agar dapat menjadi intuisi yang baik sesuai dengan indikator-indikator intuisi yang baik atau ahli. Maka untuk membentuk atau mengembangkan intuisi matematika dalam diri anak adalah satunya dengan pembudayaan matematika. Dalam hal ini peran guru yang paling utama untuk memberikan stimulus-stimulus yang membangun dan meningkatkan intuisi siswanya dengan belajar yang disiplin dan tentunya bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Intuisi matematika siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Untuk meningkatkan intuisi matematika, maka dapat dilakukan dengan membudayakan matematika. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik itu guru, sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika siswa tidak memiliki intuisi maka ia akan merasakan kesulitan dalam menemukan ide – ide kreatifnya. Tidak heran jika siswa hanya mengharapkan ‘suapan’ dari gurunya. Oleh karena itu pembelajaran yang inovatif sangat dibtuhkan dalam pembelajaran, dikarenakan di dalam pembelajaran ini guru hanya mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, siswa yang mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dilengkapi fasilitas yang mendukung dari guru.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Matematika sekolah merupakan konsep matematika sebagai pengetahuan intuitif (tidak berpondasi). Hal ini dikarena anak kecil membangun pengetahuan mereka secara intuitif. Sehingga anak kecil mempelajari matematika menggunakan intuisi mereka. Karenanya, intuisi matematika sudah menjadi sebuah budaya dalam bermatematika. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. untuk mengembangkan intuisi matematika, siswa memerlukan banyak latihan memecahkan persoalan-persoalan matematika. Persoalan yang dimaksud tidak hanya dalam lingkup pembelajaran matematika, akan tetapi dapat pula berupa permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengatur uang jajan, ketika membeli makanan, menghitung uang yang harus dibayar atau kembalian, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam mengembangkan budaya bermatematika atau intuisi matematika merupakan tanggung jawab semua pihak baik sekolah, guru, orang tua, maupun masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    sebagaimana yang kita ketahui bahwa intuisi matematika dipengaruhi oleh pengalaman seseorang. pengalaman dipengaruhi oleh berbagai faktor yang salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, maka budaya mempunyai andil yang besar dalam hal ini. dengan budaya yang kita miliki, tentu akan menambah banyaknya pengalaman matematika.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Intuisi Matematika sebagai subjek dari budaya bermatematika guna menghasilkan ide-ide matematika. Budaya bermaatematika harus dibudayakan atau dikembangkan secara terus menenrus dan berkesinambungan agar siswa tidak lagi menganggap matematika merupakan pelajaran yang ditakuti. Budaya bermatematika dapat membuat siswa lebih tertantang jika dihadapkan pada permasalahan matematika dan selalu ingin mencobanya kembali.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Thompson menyatakan bahwa gagasan tentang intuisi kita yang harus baik, tegas dan benar, berasal teori yang menyatakan bahwa kemampuan indera merupakan kemampuan primitif yang diwariskan dari gaya filsafat Rene Descartes yang mencari kebenaran absolut tentang segala sesuai yang tidak tergoyahkan, yang telah menolak semua pembenaran lainnya kecuali kebenaran diriyang menemukan bahwa dirinya yang ada adalah dirinya yang sedang memikirkannya

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari elegi ini kita tahu bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika) dan intuisi sangatlah penting dalam proses pembelajaran sebab dengan intuisi, siswa akan dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Sehingga intuisi dalam siswa sangat penting untuk dikembangkan. Maka, guru harus mempertimbangkan perkembangan intuisi siswa dalam merencanakan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Penting kiranya untuk dapat membudayakan matematika. Maka benar yang disampaikan pada bacaan di atas bahwa intuisi penting untuk menghasilkan ide – ide atau gagasan dalam matematika. pentingnya intuisi tersebut harus didukung oleh berbagai pihak terutama guru. guru berperan penting dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu hendaknya guru harus mampu menyusun pembelajaran yang dapat membuat siswa mengembangkan intuisinya dan membudayakan matematika serta dapat diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari – hari.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Intuisi memang penting dalam pembelajaran matematika. Setiap anak memiliki kepintarannya masing-masing, bahkan tidak semua anak dilahirkan untuk pintar matematika. Namun setiap anak berhak untuk berkembang secara matematika, terutama dengan berintuisi di dalam matematika. Dalam mempelajari intusi matematika, tidak serta merta kita akan belajar sendiri, namun lingkungan sekitar pun sangat berperan dalam mendukung proses tersebut. Selain para siswa, guru pun juga perlu dalam belajar intuisi. Karena intuisi bermanfaat untuk banyak orang, tidak hanya dalam matematika saja.

    ReplyDelete
  16. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    Pendidikan Matematika A 2014

    Matematika sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pemerintah memposisikan matematika sebagai pelajaran wajib disekolah dan mendapat jam pelajaran dengan porsi banyak. I.de-ide dan gagasan matematika sangatlah penting dikuasai siswa, sehinga peran guru harus bisa sebagaimana mungkin menananmkan konsep matematika dibenak siswa. Membudayakan matematika merupakan tugas semua pihak.

    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    intuisi matematis sangat penting untuk menghasilkan ide matematika. Saya pikir intuisi matematika berkembang dengan sendirinya dalam diri setiap anak yang didapat melalui pengalaman. Untuk itu, diperlukan intervensi berbagai pihak (seperti guru, masyarakat sekolah (orang tua), dll) sehingga intuisi mereka berkembang. Memang, seseorang tidak akan berkembang jika tidak ada keinginan dalam dirinya, juga anak, guru atau orang tua hanya sebagai motivator dan fasilitator (tidak mengekang kebebasan anak). Entah secara langsung atau tidak langsung kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari matematika. Baik di sekolah, di rumah atau di masyarakat. Jadi merupakan tanggung jawab bersama berbagai pihak untuk mengembangkan matematika di setiap anak.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita juga tahu bahwa budaya juga berperan dalam hal membangun intuisi siswa. yanag mana sepenggal kalimat dari artiekl tersebut “we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element” oleh karena itu untuk menghasilkan matematika intuisi perlu membudayakan matematika sebagai proses bukan sebagai hasil. Karene sebagai proses maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan matematika intuisi.

    ReplyDelete
  19. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi matematika yang dihasilkan siswa melalui eksplorasi, investigasi hingga interaksi sosial. Berkaitan dengan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya dan intuisi yang sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata. Dalam membiasakan siswa untuk menggunakan intuisi guru berperan sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Budaya matematika yang rutin dan berkesinambungan dapat memunculkan intuisi matematika. Intuisi diperoleh dari kreatifitas berpikir yang berbudaya/berkesinambungan sehingga akan terbentuk dengan sendirinya intuisi matematika itu sendiri. intuisi diperoleh dengan jalan yang tidak instan, harus melalui usaha dan proses. Yang demikian itulah akan menemukan kebermaknaan intuisi khususnya dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Budaya merupakan kebiasaan-kebiasaan yang terjadipada suatu lingkup ruang atau daerah tertentu. Maka "berbudaya matematika" itu berarti juga pembiasaan-pembiasaan yang terjadi selama proses pembelajaran matematika. Intuisi merupakan salah satu budaya bermatematika, karena intuisi merupakan bagian yang tidak terlepas dalam belajar matematika. Seseorang membutuhkan intuisi untuk merancang dan mengembangkan gagasan sehingga diperoleh konsep matematika tertentu.

    ReplyDelete
  22. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa hidup di masyarakat, dan di dalam kehidupan bermasyarakat itu tidak akan dapat terlepas dari matematika. persoalan jual beli yang terjadi dalam masyarakat terdapat matematika didalamnya. Penghitungan waktu, kecepatan, debit air juga menggunakan penghitungan matematika. budaya untuk bermatematika sebenarnya ada di sekitar kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  23. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hasil pemikiran yang menimbulkan kebiasaan dan kebiasaan itu dapat disebut sebagai budaya. Kebiasaan berpikir matematika akan menjadi budaya kemudian menghasilkan kecerdasan intuisi matematika. Karena dengan budaya matematika maka akan menambah pengalaman dalam matematika sehingga akan lebih mudah dalam berintuisi. Menciptakan budaya matematika memang cukup sulit dikarenakan persepsi banyak orang bahwa matematika itu sulit, namun dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pendekatan secara kontekstual akan lebih mudah karena budaya akan mudah tercipta jika setiap saat manusia menemuinya dalam kehidupannya. Sehingga tanpa disadari mereka akan mengakui bahwa banyak permasalahan yang memang sangat diperlukan untuk dipecahkan menggunakan matematika. Guru berperan utama di sekolah. Namun, budaya matematika siswa di sekolah yang sudah baik perlu dijaga dimanapun juga. Sehingga orangtua memiliki peranan di rumah dan masyarakat berperan dalam kehidupan di masyarakat.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisi dalam matematika dicirikan sebagai elemen dari intelektualitas manusia. Intuisi matematika adalah budaya bermatematika, maksudnya intuisi digunakan oleh setiap orang atau setiap manusia pasti menggunakan intuisinya. Hal ini seperti budaya dalam matematika. Intuisi digunakan untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dengan demikian intuisi dangat penting dalam bermatematika. Karena intuisi menjadi cara semua orang untuk memperoleh pengetahuan matematika. Maka setiap orang juga telah membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  25. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Suatu budaya tentunya telah melekat dalam diri seseorang, yang sulit untuk dihilangkan dan telah mendarah daging pada diri seseorang. Seperti diketahui bahwa intuisi diperoleh dari kegiatan, pengalaman, dan percobaan yang dibuat oleh seseorang, dalam hal ini adalah siswa. Sehingga, melalui budaya yang telah biasa mereka punya, akan tumbuh intuisi pada diri mereka. Maka dari itu, perlu guru dan masyarakat membudayakan matematika ke dalam diri siswa, yang nanti akan menumbuhkan intuisi matematika pada diri mereka.

    ReplyDelete
  26. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk memecahkan permasalahan matematika sangat dibutuhkan intuisi. Semakin sering siswa mempunyai pengalaman dalam memecahkan masalah matematika semakin tajam pula tingkat kemampuan intuisi siswa. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan intuisi siswa, guru maupun orang tua bisa membudayakan pemecahan masalah matematika di dalam setiap kegiatan siswa.

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai pernyataan Thompson, P 1993 di atas tentang pentingnya membudayakan matematika menjelaskan bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi ini perlu dilatih, karena dengan intuisi siswa maupun guru dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan yang sangat membantu proses pembelajaran. Dalam mempelajari suatu hal diperlukan pemahaman konsep terlebih dahulu. Karena dengan pemahaman konsep, kita akan mengetahui kemana arah tujuan mempelajari suatu materi pelajaran yang dibahas. Dengan kata lain, konsep merupakan pondasi dalam membangun pengetahuan.

    ReplyDelete
  28. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju bahwa perlunya mengembangkan intuisi dan membudayakan matematika. Dengan upaya tersebut diharapkan siswa mempunyai pengalaman dan keterampilan terutama dalam menghadapi persoalan dalam pembelajaran. Kedua hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak.

    ReplyDelete
  29. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Saya sependapat dengan artikel di atas, karena dalam kehidupan sehari-hari berhubungan dengan matematika, jadi perlu ditumbuhkan intuisi matematika pada siswa. Intuisi dapat membantu siswa dalam pemahaman dan memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya pengalaman-pengalaman yang dimiliki siswa, dapat memicu kuatnya intusi dari siswa sehingga memiliki keterampilan dalam menghadapi persoalan matematika.

    ReplyDelete
  30. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin.
    Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan.
    Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  31. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    saya sependapat jika intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika), intuisi akan muncul dengan sendirinya dan biasanya intuisi itu ada karena adanya penagalaman, pengalaman yang paling dekat dengan kita adalah pengalaman dala kehidupan sehari ahri dan erat dengn budaya, intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  32. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    saya sependapat bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). karena semua orang pasti melakukan pendidikan dan maka untuk membudayakan matematika itu tanggung jawab semua orang, jika mengandalkan ego masing masing maka keharmonisan apek pendidikan akan rusak.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pernyataan diatas. Intuisi matematika memang sangat penting. Sekolah, kepala sekolah,masyarakat dan guru bertanggung jawab untuk membudayakan intuisi matematika. Peran seorang guru untuk membudayakan intuisi matematika adalah dengan memfasilitasi siswa untuk memperoleh mathematical skills yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika, sikap metode matematika, sikap mendukung serta internal motivation.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan demikian siswa akan mengalami mathematical experience. Setelah melalui tahap mathematical experience inilah maka intuisi matematika anak akan terbentuk. Setelah anak memiliki intuisi matematika maka anak akan dapat menemukan dan mengungkapkan gagasan matematika mereka.

    ReplyDelete
  35. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Membudayakan matematika sangat diperlukan dalam melatih intuisi. Diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk melaksanakan hal tersebut. Sekolah, guru, dan masyarakat adalah peran yang dekat dengan siswa, sehingga dari pihak-pihak tersebut siswa dibudayakan dengan matematika, lewat proses dan kegiatan masing-masing.

    ReplyDelete
  36. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan membudayakan matematika, siswa dengan mudah dapat melalui tahap-tahap menemukan pengalamannya dengan runtut. Dengan rasa senangnya terhadap matematika, dilanjutkan dengan pemahaman yang baik tentang matematika, dan sikap dan metode yang tepat, maka pengalaman matematika akan dicapai. Hal inilah yang menjadi kunci berkembangnya intuisi siswa

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya masih belum mengerti budaya bermatematika itu seperti apa. Namun saya setuju jika dikatakan intuisi sangat penting untuk perkembangan matematika. Seperti yang dikatakan Kant, intuisi menjadi alat untuk mengolah persepsi kita mengenai fenomena, sehingga menjadi ide atau gagasan-gagasan model matematika. Yang kemudian dilanjutkan untuk diolah dan diselesaikan menjadi konsep atau menjadi sebuah solusi untuk permasalahan yang tampak dari fenomena dengan struktur dan model yang sama.

    ReplyDelete
  38. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kualitas pendidikan di Indonesia, yang misalnya saja dilihat dari hasil PISA saat ini masih memprihatinkan, yakni mendekati peringkat bawah. Hal ini bukan hanya semata-mata kesalahan siswa karena tidak bisa mengerjakan soalnya, tetapi juga perlu diperhatikan bagaimana peraturan pemerintah yang ada dan guru yang berperan memberi bekal ilmu pada siswa. Apakah pihak-pihak yang terkait sudah menjalankan dengan baik atau belum.

    ReplyDelete
  39. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas kemampuan matematika siswa ialah karena rendahnya kreativitas dan inntuisi siswa dalam memaknai pembelajaran matematika. Guru yang memberi strategi kurang tepat, akan memberi dampak besar bagi siswa bahkan bagi Indoesia sendiri. Guru perlu mengenalkan matematika sebagai aktivitas sehari-hari siswa, sehingga matematika bukan barang abstrak yang hanya berisi rumus saja dalam benak siswa.

    ReplyDelete
  40. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.
    Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik".
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  41. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menurut Thompson P, menyatakan betapa pentingnya membudayakan matematika dan dia juga menyatakan bahwa intuisi merupakan budaya bermatematika. Karena intuisi matematika sangat berperan penting dalam untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika, maka membudidayakan matematika tanggung jawab semua pihak baik guru sekolah, keluarga maupun masyarakat. Tidak hanya itu kemauan, niat, dan pengalaman yang dimiliki juga sangat berperan penting. Karena apabila tidak ada niat dan kemauan maka seseorang akan sulit untuk memecahkan permasalahan yang ada.

    ReplyDelete
  42. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    sudah memnjadi suatu keharusan bahwa siswa mulai diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, karena siswa akan terbiasa untuk berpikir matematis dalam menyelesaikan persoalan matematik bahkan persoala di kehidupan sehari-hari. Dengan ini siswa dapat mengetahui arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  43. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam bahasan kali ini sangat menarik sekali bahwa intuisi matematika sebagai subjekpenggerak kebudayaan dalam hal ini pengetahuan matematika. Intuisi Matematika seperti pada penjelasan pada artike sebelumnya, berasal dari pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuannya. Jadi ibaratkan rumah, matematika dasar sebagai pondasinya. Kemudia dengan intuisinya tersebut matematikawa membangun dari pondasi rumah untuk menjadi rumah kecil matematika. Dan setelah itu dengan intusi matematika terntang rumah kecil matematika tersebut diperbesar menjadi rumah matematika yang semakin lama semakin besar dan indah.

    ReplyDelete
  44. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Namun, rumah tersebut haruslah dirawat juga dari dalam sehingga intusi matematika juga harus menunjukkan kebudayaan dalamnya. Bagaikan keindahan yang ada didalam rumah. Jika rumah besar matematika semakin besar maka untuk menjaganya bukanlah mudah untuk satu orang. Namun perlu banyak elemen yang harus bertanggung jawab untuk menjaga sang rumah besar matematika seperti masyarakat, sekolah, guru, dan pihak lainnya. Sehingga kebudayaan didalamnnya akn terjaga keindahannya.

    ReplyDelete
  45. Dwi Kawuryani
    14301241049 (Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam tulisan tersebut dapat kita dapat bahwa intuisi akan timbul dari budaya, artinyabintuisi seseorang dalam bermatematika akan muncul setelah dia terbiasa bermatematika. Jadi seseorang tidak dapat memunculkan intuisi nya secara konstan tetapi melalui sebuah proses pembudayaan Matematika dalam diri nya.

    ReplyDelete
  46. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Betul sekali bahwa membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak. Seharusnya dalam membelajarkan matematika khususnya untuk siswa SD, guru menggunakan pendekatan yang mengacu kepada intuisi siswa sebagai contoh pendekatan kontekstual atau realistik. Tentu saja matematika yang diajarkan di sekolah dasar harus sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Jika sejak kecil siswa mengetahui bahwa matematika sesuai dengan intuisi mereka maka siswa tidak akan takut kepada matematika dan matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi mereka. Orang tuapun harus turut andil dalam proses belajar anak-anaknya, tidak hanya matematika namun juga pada mata pelajaran lain.

    ReplyDelete
  47. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Intuisi matematika merupakan salah satu dari subject of cultural forces atau budaya matematika. Kita ketahui bahwa intuisi matematika itu penting dalam membantu siswa memahami sesuatu, karena itu guru harus memikirkan bagaimana cara untuk menciptakan intuisi siswa tersebut. Budaya matematika seperti apa yang mampu menghidupkan intuisi matematika siswa tersebut. Dalam menghidupkan intuisi bukan hanya guru saja yang berpengaruh, tetapi orang tua, lingkungan, bahkan siswa sendiri pun juga ikut berperan dalam menghidupkan intuisi matematika tersebut.

    ReplyDelete
  48. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju bahwa intuisi itu penting. Intuisi ini dapat muncul karena adanya pengalaman. Jika anak memiliki intuisi yang baik maka anak juga akan lebih mudah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan adanya experience tersebut, maka siswa akan terbiasa untuk bekerja secara mandiri dan lebih mampu untuk menghasilkan pemikiran/ide/ gagasan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  49. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab untuk membudayakan matematika. Dengan membudayakan matematika maka siswa akan terbiasa dengan pelajaran matematika dan pengalaman siswa pun dapat bertambah. Selain itu, siswa juga tidak akan kehilangan intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  50. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seseorang akan mahir dalam sesuatu jika mereka terbiasa, budaya merupakan suatu kebiasaan, dengan kita melakukannya terus-menerus maka otomatis pengalaman yang didapat semakin banyak juga, sama halnya dengan intuisi, kemampuan intuisi berkembang dengan baik jika memiliki banyak pengalaman, dengan adanya budaya matematika memberikan banyak pengalaman matematika sehingga dapat meningkatkan daya logika atau intuisi siswa.

    ReplyDelete
  51. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seorang guru harus mampu memfasilitasi siswa dengan budaya matematika, matematika ilmu yang ilmiah dan exact, jika pengalaman matematika terus menerus dibudayakan kepada siswa maka kemampuan intuisi siswa akan meningkat. Dengan budaya matematika, siswa akan mampu meningkatkan kemampuan mengorganisir element interaktifiti yang dimiliki sebagai prior knowledgenya untuk menyelesaikan permaslahan.

    ReplyDelete
  52. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Intuisi matematika itu penting. Dengan intuisi seorang siswa dapat ide-ide atau gagasan-gagasan matematika. Semua pihak harus sadar akan pentingnya intuisi ini. Bukan hanya sekolah, guru, dan orang tua tetapi juga siswa itu sendiri harus berusaha untuk menggapai intuisi tersebut. Inilah peran guru, dia harus menjadi fasilitator sekaligus menjadi motivator yang baik bagi siswanya. Hal yang tidak kalah penting adalah ketentuan para pembuat kebijakan dalam dunia pendidikan. Karena jika kebijakan-kebijakan tidak pro dengan mathematical intuition namun malah lebih mementingkan hasil dengan cara yang singkat, maka guru pun akan kembali mengabaikan mathematical intuition.

    ReplyDelete
  53. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sepakat bahwa yang berperan dalam membudidayakan matematika itu sendiri adalah dari semua pihak. baik guru, siswa, maupun orang tua. Dengan begitu, maka tujuan pendidikan yang sudah disusun dan dirancang sedemikan rupa akan tercapai dan terwujud.

    ReplyDelete
  54. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Membudayakan matematika itu sangat penting dalam melatih intusi siswa, karan intuisi itu akan meningkat jika siswa memiliki banyak pengaalaman belajar, membudayakan matematika juga dapat menghasilakan ide-ide atau gagasan matematika, dan tanggungjawwab untuk membudayakan matematika terletak pada semua pihak, guru, sekolah, siswa, orangtua dll.

    ReplyDelete
  55. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika sangat dibutuhkan adnaya intuisi. Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul melalui pengalaman-pengalaman yang didapat oleh siswa dari kegiatan belajar matematika. Sehingga dengan adanya pengalaman matematika yang membudaya dalam diri siswa, intuisi itu akan tercipta. Jadi intuisi matematika itu adalah budaya bermatematika.

    ReplyDelete
  56. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Namun dalam membudayakan intuisi pada siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait antara lain sekolah, guru, dan masyarakat maupun orang tua.

    ReplyDelete
  57. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi matematika adalah budaya bermatematika. Peranan intuisi matematika sangatlah penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Dalam hal ini, berlatih menggunakan intuisi matematika adalah upaya untuk menumbuhkembangkan daya matematika khususnya kemampuan bernalar. Ini karena matematika diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan umum, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan berpikir abstrak serta meneruskan nilai-nilai yang terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan: ketekunan, keruntutan dalam berpikir, serta apresiasi terhadap kebenaran yang berkenaan dengan berbagai gagasan matematis (H. Gunawan, 2017).

    ReplyDelete
  58. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intuisi dalam matematika itu adalah budaya bermatematika. Upaya membudayakan matematika adalah tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Sehingga marilah berusaha agar kita dapat membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  59. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intusiai berperan penting dalam pembelajaran matematika. Semua orang memiliki intuisi dalam pikirannya. Hal yang awalnya tidak bisa dijelaskan namun diketahui nilai kebenarannya jika dilatih dan diperdalam akan menjadi sesuatu yang lebih baik. Jika seserang kehilangan intuisinya dalam bermatematika, bermatematika akan menjadi hal yang sangat memberatkan dan menakutkan. Jadi, membudayakan matematika sangat penting sehingga dibutuhkan kesadaran dari semua pihak.

    ReplyDelete
  60. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pembelajaran matematika bukan hanya tugas untuk guru dalam mengajarkannya yang harus berpatok pada penguasaan guru tersebut akan ilmu yang ia miliki melaikan juga tugas bagi orang tua dan masyarakat agar dapat membimbing para anaknya dalam menguasai matematika yang telah mereka terima di sekolah, sehingga para siswa dalam penguasaannya bukan hanya mengingat tapi dapat mengembangkan apa yang mereka pahami.

    ReplyDelete