Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Masih melanjutkan pentingnya membudayakan matematika.Thompson, P.,1993, mengatakan bahwa:

" if intuition in mathematics is properly characterized as a living growing element of our intellect, an intellectual versatility with our present concepts about abstract structures and the relations between these structures, we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element. Even the symbols designed for the expression and development of mathematics have variable meanings, it must therefore remain an important strategy to aim to develop an increasingly versatile and expressive medium for the representation of familiar ideas"


Jadi intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika); dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).


Referensi:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K.

102 comments:

  1. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    Pendidikan Matematika A 2014

    Matematika sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pemerintah memposisikan matematika sebagai pelajaran wajib disekolah dan mendapat jam pelajaran dengan porsi banyak. I.de-ide dan gagasan matematika sangatlah penting dikuasai siswa, sehinga peran guru harus bisa sebagaimana mungkin menananmkan konsep matematika dibenak siswa. Membudayakan matematika merupakan tugas semua pihak.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    intuisi matematis sangat penting untuk menghasilkan ide matematika. Saya pikir intuisi matematika berkembang dengan sendirinya dalam diri setiap anak yang didapat melalui pengalaman. Untuk itu, diperlukan intervensi berbagai pihak (seperti guru, masyarakat sekolah (orang tua), dll) sehingga intuisi mereka berkembang. Memang, seseorang tidak akan berkembang jika tidak ada keinginan dalam dirinya, juga anak, guru atau orang tua hanya sebagai motivator dan fasilitator (tidak mengekang kebebasan anak). Entah secara langsung atau tidak langsung kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari matematika. Baik di sekolah, di rumah atau di masyarakat. Jadi merupakan tanggung jawab bersama berbagai pihak untuk mengembangkan matematika di setiap anak.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita juga tahu bahwa budaya juga berperan dalam hal membangun intuisi siswa. yanag mana sepenggal kalimat dari artiekl tersebut “we must recognize that its content is variable and subject to cultural forces in much the same way as any other cultural element” oleh karena itu untuk menghasilkan matematika intuisi perlu membudayakan matematika sebagai proses bukan sebagai hasil. Karene sebagai proses maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan matematika intuisi.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisi matematika yang dihasilkan siswa melalui eksplorasi, investigasi hingga interaksi sosial. Berkaitan dengan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya dan intuisi yang sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata. Dalam membiasakan siswa untuk menggunakan intuisi guru berperan sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Budaya matematika yang rutin dan berkesinambungan dapat memunculkan intuisi matematika. Intuisi diperoleh dari kreatifitas berpikir yang berbudaya/berkesinambungan sehingga akan terbentuk dengan sendirinya intuisi matematika itu sendiri. intuisi diperoleh dengan jalan yang tidak instan, harus melalui usaha dan proses. Yang demikian itulah akan menemukan kebermaknaan intuisi khususnya dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Budaya merupakan kebiasaan-kebiasaan yang terjadipada suatu lingkup ruang atau daerah tertentu. Maka "berbudaya matematika" itu berarti juga pembiasaan-pembiasaan yang terjadi selama proses pembelajaran matematika. Intuisi merupakan salah satu budaya bermatematika, karena intuisi merupakan bagian yang tidak terlepas dalam belajar matematika. Seseorang membutuhkan intuisi untuk merancang dan mengembangkan gagasan sehingga diperoleh konsep matematika tertentu.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa hidup di masyarakat, dan di dalam kehidupan bermasyarakat itu tidak akan dapat terlepas dari matematika. persoalan jual beli yang terjadi dalam masyarakat terdapat matematika didalamnya. Penghitungan waktu, kecepatan, debit air juga menggunakan penghitungan matematika. budaya untuk bermatematika sebenarnya ada di sekitar kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  8. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hasil pemikiran yang menimbulkan kebiasaan dan kebiasaan itu dapat disebut sebagai budaya. Kebiasaan berpikir matematika akan menjadi budaya kemudian menghasilkan kecerdasan intuisi matematika. Karena dengan budaya matematika maka akan menambah pengalaman dalam matematika sehingga akan lebih mudah dalam berintuisi. Menciptakan budaya matematika memang cukup sulit dikarenakan persepsi banyak orang bahwa matematika itu sulit, namun dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pendekatan secara kontekstual akan lebih mudah karena budaya akan mudah tercipta jika setiap saat manusia menemuinya dalam kehidupannya. Sehingga tanpa disadari mereka akan mengakui bahwa banyak permasalahan yang memang sangat diperlukan untuk dipecahkan menggunakan matematika. Guru berperan utama di sekolah. Namun, budaya matematika siswa di sekolah yang sudah baik perlu dijaga dimanapun juga. Sehingga orangtua memiliki peranan di rumah dan masyarakat berperan dalam kehidupan di masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisi dalam matematika dicirikan sebagai elemen dari intelektualitas manusia. Intuisi matematika adalah budaya bermatematika, maksudnya intuisi digunakan oleh setiap orang atau setiap manusia pasti menggunakan intuisinya. Hal ini seperti budaya dalam matematika. Intuisi digunakan untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dengan demikian intuisi dangat penting dalam bermatematika. Karena intuisi menjadi cara semua orang untuk memperoleh pengetahuan matematika. Maka setiap orang juga telah membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  10. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Suatu budaya tentunya telah melekat dalam diri seseorang, yang sulit untuk dihilangkan dan telah mendarah daging pada diri seseorang. Seperti diketahui bahwa intuisi diperoleh dari kegiatan, pengalaman, dan percobaan yang dibuat oleh seseorang, dalam hal ini adalah siswa. Sehingga, melalui budaya yang telah biasa mereka punya, akan tumbuh intuisi pada diri mereka. Maka dari itu, perlu guru dan masyarakat membudayakan matematika ke dalam diri siswa, yang nanti akan menumbuhkan intuisi matematika pada diri mereka.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Untuk memecahkan permasalahan matematika sangat dibutuhkan intuisi. Semakin sering siswa mempunyai pengalaman dalam memecahkan masalah matematika semakin tajam pula tingkat kemampuan intuisi siswa. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan intuisi siswa, guru maupun orang tua bisa membudayakan pemecahan masalah matematika di dalam setiap kegiatan siswa.

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai pernyataan Thompson, P 1993 di atas tentang pentingnya membudayakan matematika menjelaskan bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi ini perlu dilatih, karena dengan intuisi siswa maupun guru dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan yang sangat membantu proses pembelajaran. Dalam mempelajari suatu hal diperlukan pemahaman konsep terlebih dahulu. Karena dengan pemahaman konsep, kita akan mengetahui kemana arah tujuan mempelajari suatu materi pelajaran yang dibahas. Dengan kata lain, konsep merupakan pondasi dalam membangun pengetahuan.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju bahwa perlunya mengembangkan intuisi dan membudayakan matematika. Dengan upaya tersebut diharapkan siswa mempunyai pengalaman dan keterampilan terutama dalam menghadapi persoalan dalam pembelajaran. Kedua hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak.

    ReplyDelete
  14. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Saya sependapat dengan artikel di atas, karena dalam kehidupan sehari-hari berhubungan dengan matematika, jadi perlu ditumbuhkan intuisi matematika pada siswa. Intuisi dapat membantu siswa dalam pemahaman dan memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya pengalaman-pengalaman yang dimiliki siswa, dapat memicu kuatnya intusi dari siswa sehingga memiliki keterampilan dalam menghadapi persoalan matematika.

    ReplyDelete
  15. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin.
    Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan.
    Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  16. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    saya sependapat jika intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika), intuisi akan muncul dengan sendirinya dan biasanya intuisi itu ada karena adanya penagalaman, pengalaman yang paling dekat dengan kita adalah pengalaman dala kehidupan sehari ahri dan erat dengn budaya, intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  17. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    saya sependapat bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). karena semua orang pasti melakukan pendidikan dan maka untuk membudayakan matematika itu tanggung jawab semua orang, jika mengandalkan ego masing masing maka keharmonisan apek pendidikan akan rusak.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pernyataan diatas. Intuisi matematika memang sangat penting. Sekolah, kepala sekolah,masyarakat dan guru bertanggung jawab untuk membudayakan intuisi matematika. Peran seorang guru untuk membudayakan intuisi matematika adalah dengan memfasilitasi siswa untuk memperoleh mathematical skills yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika, sikap metode matematika, sikap mendukung serta internal motivation.

    ReplyDelete
  19. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan demikian siswa akan mengalami mathematical experience. Setelah melalui tahap mathematical experience inilah maka intuisi matematika anak akan terbentuk. Setelah anak memiliki intuisi matematika maka anak akan dapat menemukan dan mengungkapkan gagasan matematika mereka.

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Membudayakan matematika sangat diperlukan dalam melatih intuisi. Diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk melaksanakan hal tersebut. Sekolah, guru, dan masyarakat adalah peran yang dekat dengan siswa, sehingga dari pihak-pihak tersebut siswa dibudayakan dengan matematika, lewat proses dan kegiatan masing-masing.

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan membudayakan matematika, siswa dengan mudah dapat melalui tahap-tahap menemukan pengalamannya dengan runtut. Dengan rasa senangnya terhadap matematika, dilanjutkan dengan pemahaman yang baik tentang matematika, dan sikap dan metode yang tepat, maka pengalaman matematika akan dicapai. Hal inilah yang menjadi kunci berkembangnya intuisi siswa

    ReplyDelete
  22. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya masih belum mengerti budaya bermatematika itu seperti apa. Namun saya setuju jika dikatakan intuisi sangat penting untuk perkembangan matematika. Seperti yang dikatakan Kant, intuisi menjadi alat untuk mengolah persepsi kita mengenai fenomena, sehingga menjadi ide atau gagasan-gagasan model matematika. Yang kemudian dilanjutkan untuk diolah dan diselesaikan menjadi konsep atau menjadi sebuah solusi untuk permasalahan yang tampak dari fenomena dengan struktur dan model yang sama.

    ReplyDelete
  23. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kualitas pendidikan di Indonesia, yang misalnya saja dilihat dari hasil PISA saat ini masih memprihatinkan, yakni mendekati peringkat bawah. Hal ini bukan hanya semata-mata kesalahan siswa karena tidak bisa mengerjakan soalnya, tetapi juga perlu diperhatikan bagaimana peraturan pemerintah yang ada dan guru yang berperan memberi bekal ilmu pada siswa. Apakah pihak-pihak yang terkait sudah menjalankan dengan baik atau belum.

    ReplyDelete
  24. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas kemampuan matematika siswa ialah karena rendahnya kreativitas dan inntuisi siswa dalam memaknai pembelajaran matematika. Guru yang memberi strategi kurang tepat, akan memberi dampak besar bagi siswa bahkan bagi Indoesia sendiri. Guru perlu mengenalkan matematika sebagai aktivitas sehari-hari siswa, sehingga matematika bukan barang abstrak yang hanya berisi rumus saja dalam benak siswa.

    ReplyDelete
  25. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.
    Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik".
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  26. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menurut Thompson P, menyatakan betapa pentingnya membudayakan matematika dan dia juga menyatakan bahwa intuisi merupakan budaya bermatematika. Karena intuisi matematika sangat berperan penting dalam untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika, maka membudidayakan matematika tanggung jawab semua pihak baik guru sekolah, keluarga maupun masyarakat. Tidak hanya itu kemauan, niat, dan pengalaman yang dimiliki juga sangat berperan penting. Karena apabila tidak ada niat dan kemauan maka seseorang akan sulit untuk memecahkan permasalahan yang ada.

    ReplyDelete
  27. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika sangat dibutuhkan adnaya intuisi. Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul melalui pengalaman-pengalaman yang didapat oleh siswa dari kegiatan belajar matematika. Sehingga dengan adanya pengalaman matematika yang membudaya dalam diri siswa, intuisi itu akan tercipta. Jadi intuisi matematika itu adalah budaya bermatematika.

    ReplyDelete
  28. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Namun dalam membudayakan intuisi pada siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait antara lain sekolah, guru, dan masyarakat maupun orang tua.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi matematika adalah budaya bermatematika. Peranan intuisi matematika sangatlah penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Dalam hal ini, berlatih menggunakan intuisi matematika adalah upaya untuk menumbuhkembangkan daya matematika khususnya kemampuan bernalar. Ini karena matematika diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan umum, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan berpikir abstrak serta meneruskan nilai-nilai yang terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan: ketekunan, keruntutan dalam berpikir, serta apresiasi terhadap kebenaran yang berkenaan dengan berbagai gagasan matematis (H. Gunawan, 2017).

    ReplyDelete
  30. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika. Intuisi dalam matematika itu adalah budaya bermatematika. Upaya membudayakan matematika adalah tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Sehingga marilah berusaha agar kita dapat membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  31. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Intusiai berperan penting dalam pembelajaran matematika. Semua orang memiliki intuisi dalam pikirannya. Hal yang awalnya tidak bisa dijelaskan namun diketahui nilai kebenarannya jika dilatih dan diperdalam akan menjadi sesuatu yang lebih baik. Jika seserang kehilangan intuisinya dalam bermatematika, bermatematika akan menjadi hal yang sangat memberatkan dan menakutkan. Jadi, membudayakan matematika sangat penting sehingga dibutuhkan kesadaran dari semua pihak.

    ReplyDelete
  32. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pembelajaran matematika bukan hanya tugas untuk guru dalam mengajarkannya yang harus berpatok pada penguasaan guru tersebut akan ilmu yang ia miliki melaikan juga tugas bagi orang tua dan masyarakat agar dapat membimbing para anaknya dalam menguasai matematika yang telah mereka terima di sekolah, sehingga para siswa dalam penguasaannya bukan hanya mengingat tapi dapat mengembangkan apa yang mereka pahami.

    ReplyDelete
  33. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Intuisi matematika itu adalah budaya bermatematika. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Budaya adalah kebiasaan yang dlakukan seseorang, dalam hal ini budaya matematika adalah perilaku atau sikap seseorang dalam bermatematika. Intuisi adalah pola pikir seseorang, dalam hal ini intuisi matematika adalah bagaimana manusia itu berpikir agar dapat mengolah pengalaman bermatematika ke dalam pikiran agar menghasilkan ilmu pengetahuan matematika. Pengalaman yang dilakukan secara terus-menerus dan relatif konstan bisa isebut sebagai budaya. Budaya matematika inilah yang penting dalam menghasilkan intuisi matematika.
    Karena pentingnya membudayakan matematika dalam membentuk intuisi matematika, maka semua pihak bertanggung jawab dalam hal ini. Sekolah, guru, dan masyarakat atau orangtua memiliki tanggung jawab untuk membudayakan matematika pada siswa agar terbentuk intuisi matematika yang baik. Peran sekolah adalah menjadi lingkungan sebaik-sebaiknya sebagai tempat belajar siswa yang pokok. Peran guru menjadi wadah sekaligus memfasilitasi siswa berbudaya matematika. Sedangkan peran orangtua sebaai kontrol di rumah agar budaya matematika tidak hanya diterapkan di sekolah tetapi juga di kehidupan bermasyarakat. Dari kehidupan bermasyarakat ini lah pokok dari budaya matematika yang nantinya membentuk intuisi matematika siswa saat pelajaran di sekolah.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  34. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sekali lagi intuisi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi siswa dalam belajar matematika. akan tetapi untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika, tidak hanya menjadi tanggung jawab siswa saja. tetapi lebih kompleks, memerlukan dukungan dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan siswa. Untuk membangun intuisi dalam belajar matematika harus mendapatkan dukungan dari guru sebagai fasilitator, sekolah yang akan menentukan kebijakan, dan juga orang tua yang senantiasa memberikan pengawasan dan arahan kepada anaknya agar bisa membangun pengetahuannya dengan baik.

    ReplyDelete
  35. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Pada elegi ini disebutkan bahwa intuisi matematika adalah budaya bermatematika, dan intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan gagasan matematika. Saya mencoba merenungkan dan memikirkan budaya bermatematika seperti apa yang dimaksudkan. Ketika saya mencoba menterjemahkan pendapat Thompson tersebut saya mendapati statement bahwa intuisi matematika isinya bervariasi dan bergantung pada kekuatan budaya di banyak negara. Mohon ijin untuk bertanya, maksut dari statemen tersebut bagaimana nggih pak? Mohon maaf, apabila saya salah menterjemahkan.

    ReplyDelete
  36. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pemahaman kami, pada dasarnya seorang anak belajar lebih sering menggunakan intuisinya. Demikian halnya dengan belajar matematika, intuisi peranannya vital dalam pembelajarannya. Intuisi sebenarnya tidak serta-merta diberikan oleh Tuhan sebagai bawaan sejak lahir, melainkan didapat dari pengalaman-pengalaman yang relatif sama dan sering berulang. Perkembangan intuisi sangat dipengaruhi oleh kondisi, tingkah laku orang-orang disekitarnya. Sehingga pada pembelajaran seorang guru hendaknya berlatih untuk meningkatkan dan menggunakan intuisinya serta memberikan ruang, waktu dan kesempatan bagi siswanya untuk bisa membangun intuisinya sendiri.

    ReplyDelete
  37. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Salah satu cara dalam mengembangkan intuisi siswa adalah dengan siswa diberikan suatu masalah kehidupan sehari-hari kemudian siswa dapat menyelesaikan sendiri. Pendekatan yang disarankan salah satunya adalah dengan matematika realistik. Pada pendekatan ini siswa dapat memaksimalkan intuisi peserta didik, siswa akan terbiasa untuk berpikir matematis dalam menyelesaikan masalahnya. Selanjutnya siswa juga tidak akan pernah bertanya lagi apa manfaat mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari tersebut? Karena siswa sudah dapat mengetahui dia awal pembelajaran dengan memberikan motivasi dan masalah yang meanantang yang harus dikerjakan oleh siswa dan diselesaikan oleh siswa tersebut. Penggunaan media juga dapat mengembangkan intuisi siswa karena siswa secara nyata dapat terbantu oleh media yang digunakan dan lebih mudah dalam mengkonstruksikan intusinya dalam bentuk matematika dikarenakan mudah dalam memahami melalui media yang disajikan.

    ReplyDelete
  38. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Belajar matematika yang dianjurkan adalah belajar berpusat pada siswa, sehingga siswa diberikan kebebasan untuk membangun pengetahuannya masing-masing dengan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh masing-masing siswa dalam kehidupannya. Apabila pembelajaran yang berpusat pada siswa tersebut berjalan dengan baik, maka akan menghasilkan mathematical intuition atau budaya bermatematika.

    ReplyDelete
  39. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Dengan merefleksi kembali pernyataan sebelumnya bahwa intuisi memiliki peran penting di dalam matematika.Seperti halnya juga di sebut dalam elegi tersebut bahwa intuisi matematika adalah budaya bermatematika.Maaf jikalau salah memahami , gambarannya adalah bagaimana caranya membuat matematika semakin hidup dan dikenal di tengah-tengah masyarakat.Dan ini menjadi amanah bagi semua khalayak pada umumnya.

    ReplyDelete
  40. Dimas Candra Saputra,
    PPs PMA 2017
    17709251005

    assalamualaikum prof,
    Budaya dapat dihasilkan melalui pembiasaan. Begitu pula dengan intuisi yang merupakan salah satu budaya matematika, intuisi dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Misalnya dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan pelajaran di dalam kelompok-kelompok kecil. Sementara itu, guru berperan dalam merancang media yang sesuai untuk mendukung kegiatan diskusi. Dengan demikian siswa akan memahami konsep yang diberikan berdasarkan intuisinya, Dengan intuisi yang telah terbentuk tersebut, siswa akan dapat mengaitkan intuisi yang dimilikinya ketika belajar pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  41. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Membaca ulasan di atas tentunya saya juga tidak mampu mengerti sepenuhnya. Saya hanya mencermati bahwa intuisi matematika berperan dalam pembentukan ide atau gagasan. Menimbulkan tanya dalam benak saya, intuisi matematika diperoleh dari hal apa saja? Terima kasih Prof untuk ulasan ini.

    ReplyDelete
  42. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Intuisi sangat membantu siswa dalam memahami Matematika. Intuisi juga membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  43. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2-P.Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    terima kasih atas postingannya, Prof. sampai saat ini memang matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, maka dari itu kita sebagai guru harus membudayakan matematika agar terjadi peruabahan mindset di kalangan siswa. Unsur dasar pembudayaan matematika adalah kegiatan mengkomunikasikan matematika pada berbagai dimensinya. Komunikasi matematika meliputi materi komunikasi, komunikasi formal, komunikasi normatif dan komunikasi spiritual. Diharapkan dengan memaksimalkan komunikasi dalam pembelajaran matematika juga dapat meningkatkan kemampuan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  44. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, dengan kita selalu berpikr dapat membangkitkan intuisi matematika sehingga nantinya akan menjadi terbiasa. Ketika sudah terbiasa berhadapan dengan masalah matematika, maka pikiran akan otomatis memikirkan bagaimana penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi selanjutnya. Karena semakin kita sering terbiasa dengan menghadapi permasalahan matematika, akan semakin kuat intuisi kita.

    ReplyDelete
  45. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik".
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak. semakin tinggi usia seseorang pun juga mempengaruhi tingkat ke abstrakan materi dapat dipahami, ketika SD pembelajaran matematika memng dimulai dengan keadaan real suatu objek karena tingkat kematangan pemikiran anak SD belum pada tarap abstrak, namun semakin tinggi jenjang pendidikan maka semakin diajarkan materi dalam bentuk abstrak, sesuai dengan perkembangan dan kematangan pemikiran siswa. sehingga semakin tinggi maka akan semakin abstrak, namun dalam permasalahan matematika dengan pembiasaan dan intuisi yang ada maka akan semakin paham bentuk abtraksi dari matematika.

    ReplyDelete
  46. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pada umumnya dalam pembelajaran matematika di kelas sangat penting bagi guru untuk memahami interaksi antara intuitif, formal dan aspek-aspek prosedural dalam proses memahami, bernalar dan pemecahan masalah siswa. Jika kekuatan intuitif yang dimiliki siswa diabaikan, bagaimanapun bentuknya akan terus mempengaruhi kemampuan siswa bermatematika. Bila berpikir intuitif tidak dikendalikan juga dapat mengganggu proses berpikir matematis. Maka dari itu guru harus cerdas dalam menguasai setiap keadaan yang terjadi pada siswa.

    ReplyDelete
  47. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    intuisi matematika memang sangat diperlukan, khususnya untuk membangun ide-ide atau gagasan-gagasan baru di dunia matematika. karena hal-hal yang baru, dalam dunia matematika kadang tidak harus melalui proses a posteriori. bahkan tidak hanya di bidang matematika saja. di bidang astronomi misalnya, dari mana para astronom menyimpulkan bahwa black hole itu merupakan hasil dari bintang yang mati, padahalmereka belum pernah melihat langsung atau merasakan langsung kesana. disitulah berguna intuisi.

    ReplyDelete
  48. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa intuisi matematika merupakah salah satu kebudayaan matematika itu sendiri. Semua pihak, sekolah, guru, orang tua, bertanggung jawab atas membudayakan matematika terhadap siswa. Oleh karena itu, baiknya kita sebagai orang-orang yang bergerak di bidang pendidikan terus mengembangkan inovasi-inovasi agar dapat membudayakan matematika sehingga dapat memunculkan intuisi matematika siswa dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membudayakan matematika ialah membiasakan siswa untuk melihat bahwa hal-hal yang ada di sekitar mereka merupakan penerapan dari materi matematika.

    ReplyDelete
  49. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Intuisi dari budaya. Kebudayaan merupakan hal yang erat dengan kebiasaan suatu kelompok. Kebudayaan ini akan lebih mudah diturunkan kepada generasi muda karena mereka langsung mengalami hal tersebut. Hal ini juga dapat di aplikasikan dalam dunia pendidikan matematika, yaitu melatih inuisi matematis siswa dengan kebudayaan mathematika. Salah satu caranya dengan membiasakan siswa untuk bermain matematika secara langsung, tidak hanya di tekankan pada penguasaan materi pelajaran. Hal ini bisa dilaksanakan dengan melakukan pembelajaran matematika proyek maupun kelompok. Hal ini akan memfasilitasi siswa dengan pengalaman langsung terkait budaya matematika.

    ReplyDelete
  50. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Membudayakan matematika memang menjadi tugas bersama antar elemen masyarakat. Hal ini tidak hanya menjadi tugas sekolah, tidak pula hanya jadi tugas guru. Tapi juga keluarga dan masyarakat. Banyak guru dan sekolah yang sudah berusaha untuk mengubah mindset bahwa matematika itu sulit, menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Namun usaha ini terkadang tidak diimbangi dengan usaha dari pihak keluarga. Dari pihak keluarga masih saja memberikan doktrin-doktrin atau mitos-mitos bahwa matematika menyeramkan, sulit untuk dipelajari, tidak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu membudayakan harus menjadi tanggung jawab bersama antara sekolah, guru maupun keluarga dari siswa. Hal ini bukan hanya dalam hal matematika, namun dalam pendidikan secara umum.

    ReplyDelete
  51. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, prof. Seperti yang kita pahami intuisi memiliki peran yang besar dalam mengembangkan kreativitas siswa, dalam hal ini dalam pembelajaran matematika. Intuisi ini tidak muncul begitu saja, namun butuh banyak latihan dan berasal dari meaningful experience. Sehingga membudayakan Matematika sangatlah penting dan layaknya dimulai sedini mungkin. Membudayakan Matematika ini adalah tanggung jawab bersama orang tua, guru serta para pembuat kebijakan di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dengan membudayakan bermatematika dalam diri siswa, maka akan memudahkan siswa mendapat pengalaman bermatematika. Jika pengalaman bermatematika siswa sudah banyak, maka secara tidak langsung siswa bisa bertransformasi menjadi siswa intuitif. Jika banyak siswa berintuisi maka akan muncul banyak ide-ide dan inovasi dalam bermatematika, sehingga akan tercipta student centered, karena siswa sudah bisa berperan aktif dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  53. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Membudayakan matematika tidak hanya berlaku secara formal ketika seseorang berada di suatu satuan pendidikan saja, namun kebermaknaanya akan semakin terasa ketika kita transfer ke dunia nyata yang merupakan situasi dan kondisi yang baru. Pentingnya intuisi matematika, harus terus ditanam dan dibangun sampai kapanpun. Oleh karena itu membudayakan harus menjadi tanggung jawab bersama antara sekolah, guru maupun keluarga dari siswa. Karena keberadaan matematika dalam kehidupan, amatlah penting dan selalu membersamai segala aktivitas kita sehari-hari. Sehingga pengalaman-pengalaman matematika siswa akan menjadi modal pengetahuannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  54. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Dalam pembelajaran matematika juga dibutuhkan intuisi. Ketika kita hanya meminta siswa mengerjakan soal-soal tanpa memperhatikan konteksnya, dan juga kesesuaiannya dengan budaya siswa sehari-hari, maka hal tersebut tak melatih intuisi siswa. Siswa butuh melatih intuisi matematikanya lewat masalah-masalah kontekstual yang sesuai dengan keadaan mereka.

    ReplyDelete
  55. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya setuju bahwa intuisi matematika sangatlah penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dengan adanya intuisi, akan sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya. Siswa dapat mempelajari matematika berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimilikinya. Untuk itu, sebagai guru dan calon guru maupun bagi stakeholder pendidikan, sudah seharusnya kita memperhatikan bagaimana cara membangkitkan budaya bermatematika dalam kegiatan pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Karena dengan demikian, siswa akan membangun intuisi mereka berdasarkan pengalaman yang didapatkannya dari lingkungan.

    ReplyDelete
  56. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Tantangan pada generasi saat ini adalah banyak orangtua muda yang menjadi 'korban' kurikulum padat materi, Matematika yang lebih banyak dialami sebagai drill latihan soal Dan bukan sebagai Proses pengalaman. Membudayakan Matematika adalah tantangan besar, karena itu juga berarti mengubah pola pikir sebagian orang.
    Di sekolah, guru yang paling penting menjadi agen perubahan. Latihan soal itu tetap perlu, agar anak trampil menggunakan pengetahuan matematikanya. Namun itu bukan satu satunya. Yang lebih penting adalah mengajak anak untuk menyadari bahwa dalam keseharian, saat bermain kita bermatematika. Membangun matematika mulai dari pengalaman keseharian. Membudayakan munculnya intuisi Matematika dalam peristiwa keseharian.

    ReplyDelete
  57. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Intuisi matematika merupakan subyek dari budaya bermatematika. Secara tidak langsunh jika kita sudah biasa berlatih matematika maka kita akan terbiasa dengan matematika itu sendiri. Hal itu akan menghasilkan intuisi matematika. Intuisi matematika dapat terbentuk karena beberapa faktor pendukung antara lain sekolah, guru, dan lingkungan. Lingkungan yang paling berpengaruh adalah orang tua, sebab orang tua yang lebih tau karakteristik anak. Oleh karena itu, untuk membentuk intusi matematika tidak hanya membebankan kepada sekolah dan guru, orang tua harus memiliki kesadaran untuk membentuk intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  58. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sejalan dengan artikel diatas bahwa intuisi dalam pendidikan matematika memiliki peran yang penting untuk menghasilkan dan mengembangkan pemikiran untuk memecahkan segala permasalahan. Intuisi pendidikan matematika diasah melalui membudayakan matematika itu sendiri yakni dengan banyak diskusi, berlatih dan menggali pengetahuan. Membudayakan matematika bagi siswa memang tidak mudah. Namun, guru dapat membantu siswa untuk membudayakan matematika itu dengan menyajikan pelajaran matematika yang inovatif, aktif serta membuat siswa untuk berpikir. Sesuai dengan artikel diatas, tidak hanya guru yang berperan dalam mengasah siswa namun berbagai kalangan yakni lingkungan sekolah, rumah, orang tua memiliki peran yang tidak kalah penting untuk membudayakan matematika guna mengasah intuisi yang dimiliki.

    ReplyDelete
  59. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti yang sudah dibahas dalam elegi elegi sebelumnya, intuisi matematika itu sangatlah penting bagi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dengan berlatih secara konsisten dan sesuai dengan teori matematika, siswa akan menghasilkan intuisi yang sangat banyak. Siswa akan kaya dengan intuisi sehingga benar matematika itu merupakan pembelajaran yang bukan untuk diingat apalagi untuk dihafalkan. Maka dari itu dengan tujuan memperkaya siswa dengan intuisi, perlu adanya peran sekolah untuk memberikan pembalajaran yang berarti dan sesuai dengan prosedur tanpa melihat patokan UN.

    ReplyDelete
  60. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua)”
    Kalimat ini sangat besar maknanya bagi saya Prof. saya sangat setuju dengan hal tersebut. Bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membutuhkan intuisi bagi siswa yang sedang mempelajarinya. Mengerjakan soal matematika harus dengan student center dimana siswa tersebutlah yang mengerjakannya sehingga guru paham akan ketidakpahaman serta pemahaman peserta didik tersebut.

    ReplyDelete
  61. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Pada dasarnaya Matematika akan Membudaya dengan sendirinya jika masyarakat merasa butuh dan merasa senang belajar matematika, seperti halnya pedagan dipasar, tanpa disadari mereka setiap hari bermatematika atau berhitung sehingga kemampuan berhitung mereka dalam aritmatika sosial lebih hebat dibanding beberapa mahasiswa lulusan S1 jurusan Matematika murni ataupun Pendidikan Matematika. ini dikarenakan mereka setiap hari melakukan perhitungan tersebut (aritmatika sosial) sehingga dalam pikiran mereka terbentuk pola dan menjadi intuisi yang kuat.

    ReplyDelete
  62. Berdasarkan bacaan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa, jika seoarang guru dapat menganggap intuisi matematika adalah elemen penting dalam perkembangan intelektual seorang siswa. Seperti symbol yang didesain untuk mengekspresikan dan mengembangkan matematika mempunyai pengertian atau makna tersendiri, harus mempunyai strategi penting dalam mengembangkan keberagaman dan ekspresis untuk mempresentasika dari ide yang ada dalam pikiran. Intuisi yang merupakan bagian dari budaya matematika harus dikembangkan oleh semua pihak yang berada dalam rana bidang pendidikan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  63. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Intuisi merupakan hal yang diperlukan dalam hidup ini. Intuisi harus bisa diasah agar keberadaannya tetap terjaga, karena hidup pada zaman ini semakin mudah untuk berusaha menghilangkan intuisi. Untuk menghasilkan intuisi dalam matematika maka caranya adalah dengan budaya matematika. Matematika yang benar-benar sesuai dengan kondisi siswa. Dalam menciptakan budaya matematika semua pihak yang terkait harus bersama-sama bekerja sama untuk mewujudkannya. Sekolah, guru, masyarakat semuanya ikut bertanggung jawab dalam membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  64. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Membudayakan matematika harus dilakukan sedini mungkin.
    Bila siswa diajarkan untuk melihat permasalahan dari sudut pandang matematis, maka siswa akan terbiasa untuk berpikir matemats dalam menyelesaikan persoalan. Pembiasaan ini akan membuat siswa mengerti arti penting matematika dalam kehidupan sehari-harinya dan berpikir bahwa matematika adalah sesuatu yang dekat dengan dirinya.Matematika adalah hal yang disadari atau tidak sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari perdagangan sampai dengan perhitungan yang rumit memerlukan matematika. pembudayaan matematika akan meningkatkan daya intuisi seseorang, bagaimana memperkirakan suatu perhitungan atau memperkirakan dari suatu keputusan permsalahan dan lain sebagainya. matematika adalah ratunya ilmu,karena matematika dapat digunakan pada semua mata pelajaran yang lainnya.

    ReplyDelete
  65. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Slah satu kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dapat dilihat dari intuisi yang mereka miliki. Semakin dangkal intuisi mereka, maka semakin rendah pula kecerdasannya. Intuisi pada dasarnya digunakan untuk memilih keputusan secara bijak. Semakin bijak keputusan yang diberikan, maka semakin cerdas orang tersebut. matematika merupakan materi yang memang dianggap sulit bagi peserta didik. Namun, pada dasarnya selain pengaruh eksternal, pengaruh internal juga dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan di matematika. Salah satu faktornya adalah intuisi mereka yang dangkal sehingga kecerdasan mereka juga cenderung rendah. Membudayakan matematika dalam kalangan pendidikan dapat mempertajam intuisi peserta didik. Hal ini yang akan membuat kesulitan matematika peserta didik akan semakin berkurang secara perlahan
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  66. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Intuisi dalam matematika perlu dikembangkan karena siswa agar siswa merasa lebih secure dan percaya diri dalam belajar matematika. Dalam matematika terdapat banyak sekali representasi makna yang dituliskan dalam simbol, notasi, dan huruf. Siswa dengan pengalaman belajar yang cukup akan terlatih dan terbiasa untuk menggunakan ketiganya dengan tepat. Kemampuan siswa untuk menggunakan simbol, notasi, serta yang lainnya adalah budaya belajar matematika yang positif sehingga siswa paham betul esensi dari matematika yang mengandung representasi. Budaya matematika yang baik tentu akan menghasilkan intuisi yang baik bagi siswa karena siswa semakin mengenal matematika lebih dalam dan dapat memisahkan objek-objek matematika lebih baik.

    ReplyDelete
  67. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi akan melahirkan ide-ide atau gagasan. Intuisi dalam pembelajaran matematika tidak akan terbangun dengan baik jika pembelajaran hanya menghitung atau menghafal rumus. Membudayakan matematika bukan berarti budaya menghitung atau mengutak-atik rumus saja, melainkan budaya berpikir kritis, sering bertanya, dan kreativitas itulah yang membentuk intuisi yang baik. Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang menggembor-gemborkan peningkatan High Order Thinking Skills dalam pembelajaran yang didalamnya terdapat kemampuan berfikir kritis.

    ReplyDelete
  68. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi matematika dibangun melalui aktivitas-aktivitas matematika. Atau dengan kata lain intuisi matematika dibangun melalui proses membudayakan matematika. Membudayakan matematika tidak bisa hanya dilakukan disekolah dimana waktu yang dihabiskan disekolah hanyalah sebagian dari waktu yang dimiliki siswa. Siswa lebih banyak mengahabiskan waktunya di luar sekolah. Karena itulah sebagai suatu proses membudayakan matematika, maka proses membudayakan matematika ini tidak bisa hanya dilakukan di sekolah. Orang tua terutama juga harus ikut berperan dalam mebangun intuisi matematika siswa dengan membudayakan matematika. Orang tua perlu ikut menyediakan aktivitas dan berinteraksi dengan anak-anaknya untuk membangun intuisi matematika.

    ReplyDelete
  69. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Belajar matematika bukanlah hal yang tidak berguna ataupun pendapat buruk lain apa tetang matematika. Untuk melepaskan label negatif tersebut pada masyarakat, ini merupakan tantangan yang harus diselesaikan bersama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membudayakan matematika. Dimana saat kita bersama-sama membudayakan matematika secara otomasis intuisi matematika kita akan berkembang dan harapannya mampu menumbuhkan ide/gagasan matematika yang luar biasa. Oleh karena itu marilah kita membudayakan matematika dengan memulainya dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  70. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi dalam pembelajaran matematika akan muncul kepada siswa jika siswa itu telah memiliki pengalaman matematika yang banyak. Namun, munculnya intuisi bukan hanya karena mempunyai pengalaman matematika saja. Munculnya intuisi juga dikarenakan siswa sikap, metode matematika dan rasa senang terhadap matematika. Jika yang terpenuhi hanya salah satu factor tersebut diatas maka belum tentu intuisi tersebut akan muncul. Intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  71. 17709251033
    Pratama Wahyu Purnama
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Intuisi matematika adalah budaya matematika. Ilmu matematika memang tidak bisa dipisahkan dari intuisi. karena sejak zaman dahulu, para ilmuwan menemukan rumus ataupun formula ataupun theorema itu berawal dari sebuah intuisi. Jadi jangan pisahkan antara intuisi dengan matematika.

    ReplyDelete
  72. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Dalam matematika, intusis sangatlah penting. Intuisi berperan penting dalam menghasilkan gagasan-gagasan atau ide yang baru. Jadi agar kita dapat mempelajari matematika dengan lebih mudah, maka kita juga harus melatih intuisi pada diri kita.

    ReplyDelete
  73. 17709251033
    Pratama wahyu Purnama
    PPS Matematika B 2017

    Membudayakan matematika itu merupakan tanggung jawab semua pihak, baik sekolah, guru, siswa, orang tua, dan juga masyarakat. Jadi matematika itu bukan hanya didapat disekolah saja. Mari sama-sama berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  74. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa intuisi matematika itu adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi matematika sangat penting untuk membantu siswa dalam memunculkan ide-ide/gagasan matematika. Oleh karena itu, guru, orang tua, maupun pihak lain perlu membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  75. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Budaya dapat diartikan kebiasaan sehingga untuk menghasilkan kebiasaan intuisi matematika menurut saya dengan cara membiasakan siswa dalam mengerjakan LKS secara mandiri dengan kelompoknya hal ini akan memberikan pengalaman kepada siswa selain itu guru juga dapat memberikan bantuan dengan membuat LKS yang dapat dikerjakan mandiri secara berkelmpok dengan memberikan petunjuk-etunjuk dalam LKS yang mudh dipahami dan menggiring siswa untuk dapat menyelesaikan LKS terebut. Diharapkan isi LKS bukan hanya sekedar latihan soal saja namun berisi tentang materi yang harus ditemukan sendiri oleh siswa.

    ReplyDelete
  76. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perkembangan intuisi anak tidak hanya dipengaruhi oleh pengalaman yang didapatkan di sekolah namun juga dipengaruhi oleh pengalaman dalam keluarga dan masyarakat. Maka dalam mendukung perkembangan intuisi tidak hanya usaha dari guru namun juga dari orang tua dan masyarakat. Oleh karena itu budaya matematika perlu dilestarikan dalam
    kehidupan sehari-hari, yaitu dengan membiasakan anak menerapkan matematika dalam penyelesaian masalah yang ia hadapi dalam kehidupan. Dengan demikian, pengalaman matematika anak terus meningkat sehingga mendukung perkembangan intuisinya.

    ReplyDelete
  77. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Manurut pendapat saya, Intuisi matematika ialah suatau hal yang seharusnya dikembangkan jika kita mengingikan kemajuan bangsa yang sehat tidak hanya mengandalkan kemampuan berhitung dan juga logika tetapi juga diimbangi oleh karakter siswa yang kuat yang mampu mengembangkan nilai-nilai kehidupan. Individu yang berada dilingkungan yang berbudaya matematika akan dapat mengembangkan intuisi dengan baik ini saya kira akan berlaku sebaliknya, dengan keadaan pendidikan sekarang yang lebih mengutamakan penilaian kognitif daripada afektif dibutuhkan kerja keras berbagai pihak untuk menumbuhkan intuisi matematika dalam diri setiap individu.

    ReplyDelete
  78. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Jika intuisi dalam matematika dengan benar ditandai sebagai elemen akal kita yang tumbuh dan hidup maka sebuah fleksibilitas intelektual dengan konsep kita ini tentang struktur abstrak dan hubungan antara struktur ini, kita harus mengakui bahwa isinya adalah variabel dan tergantung pada kekuatan budaya pada banyak cara yang sama seperti unsur budaya lainnya. Bahkan simbol dirancang untuk berekspresi dan pengembangan matematika memiliki arti variabel, karena itu harus tetap merupakan strategi penting untuk bertujuan dalam mengembangkan media yang semakin fleksibel dan ekspresif untuk representasi ide yang akrab.

    ReplyDelete
  79. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    2.     Pelajaran yang dapat kita ambil adalah bahwa membudayakan matematika itu merupakan tanggungjawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). Akan tetapi hal ini belum bisa sepenuh diterapkan dalam negeri Indonesia karena masih kurangnya solidaritas antara sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua) serta pemerintah. Matematika masih menjadi momok yang hanya dilimpahkan pada guru dan sekolah. Sementara masyarakat dan pemerintah hanya sebagai komentator atas usaha yang dilakukan oleh guru dan sekolah sehingga peserta didiklah yang menjadi korbannya. Padahl ini akan berdampak bagi masa depan bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  80. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Intuisi matematika dapat ditumbuhkan melalui membudayakan matematika. Sehingga semua pihak dari orangtua, guru, masyarakat, sekolah dan lingkungan berperan penting dalam proses membagun intuisi mateamtika siswa. Namun yang harus digaris bawahi, budaya bermatematika di sini yang dimaksud bukan hanya mengerjakan soal matematika dengan cepat dan benar sehingga mendapat nilai matematika bagus dalam UN. Namun budaya bermatematika disini yang dimaksudkan adalah bagaimana siswa berproses dalam pembelajaran matematika seperti meamahami konsep, memecahkan masalah, mengungkapkan gagasan, dan lainnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  81. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sekolah hendaknya mulai mengembangkan kurikulum yang bisa membuat siswa lebih paham dan dapat dimengerti oleh guru. Seorang guru harus bisa mempunyai pemikiran yang kreatif,ulet dan inovatif. Dan seorang guru membuat rencana pembelajaran yang berbasis pengembangan intuisi matematika di dukung oleh kondisi orang tua/masyarakat yang senada sehingga memunculkan budaya matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  82. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Mathematics is mathematics culture intuition. Culture is something that is done continuously, regularly and hereditary. Math is math cultural activities carried out continuously, regular and hereditary. Real mathematics activities can be found easily in daily life. But to be able to understand that we're doing math activities we would need to have a mathematical intuition. This mathematical intuition should we get after we learn mathematics, but what happened is not like that. Learning mathematics is abstract for students because they are taught about the formal mathematics, mathematics is not needed to solve the problems of daily life.

    ReplyDelete
  83. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Betul sekali bahwa membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak. Seharusnya dalam membelajarkan matematika khususnya untuk siswa SD, guru menggunakan pendekatan yang mengacu kepada intuisi siswa sebagai contoh pendekatan kontekstual atau realistik. Tentu saja matematika yang diajarkan di sekolah dasar harus sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Jika sejak kecil siswa mengetahui bahwa matematika sesuai dengan intuisi mereka maka siswa tidak akan takut kepada matematika dan matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi mereka. Orang tuapun harus turut andil dalam proses belajar anak-anaknya, tidak hanya matematika namun juga pada mata pelajaran lain

    ReplyDelete

  84. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    ntuisi matematika adalah subyek untuk membangun kebuadayaan matematika. Ya, jika seorang siswa telah memiliki intuisi matemtika, maka tidak hanya pada pembelajaran matematika saja intuisi tersebut akan muncul, tetapi juga ketika dalam kehidupan sehari-hari dia menemui situasi yang berhubungan dengan konsep matematika, maka dengan sendirinya intuisi itu akan muncul. Maka, mengasah ketrampilan intuisi matemtika siswa tidak hanya menjadi tugas guru, tetapi semua pihak. Dengan memiliki intuisi, sisw ajuga diharapkan untuk lebih kreatif karena dia terbiasa memunculkan ide atau gagasan baru berdasarkan pada pengalamannya dan situasi yang sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  85. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa hidup di masyarakat, dan di dalam kehidupan bermasyarakat itu tidak akan dapat terlepas dari matematika. persoalan jual beli yang terjadi dalam masyarakat terdapat matematika didalamnya. Penghitungan waktu, kecepatan, debit air juga menggunakan penghitungan matematika. budaya untuk bermatematika sebenarnya ada di sekitar kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  86. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi ini diceritakan bahwa sangat diperlukan siswa untuk membudayakan intuisi matematikanya. Dengan telah membudayakan intuisi matematika dalam pembelajaran, maka siswa akan dengan mudah mampu menghadapai segala jenis permasalahan matematiaka. Namun untuk membudayan hal tersebut, perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, yaitu sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).

    ReplyDelete
  87. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Membudayakan matematika adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan membudayakan matematika kepada siswa, mereka dapat memperkaya pengalaman matematikanya. Secara otomatis, hal ini juga dapat menunjang perkembangkan atau peningkatan intuisi matematika siswa.
    Untuk membudayakan matematika, bukan hanya pihak guru atau sekolah yang bertanggung jawab. Membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk orang tua dan masyarakat.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Membudayakan matematika merupakan salah satu cara dalam menanamkan intuisi anak. Di sekolah, anak sebagai siswa, maka guru serta berbagai pihak yang terlibat di sekolah bertanggungjawab dalam menjadikan proses belajar sebagai pengalaman dan kebiasaan yang akan diterapkan siswa di kehidupannya. Di rumah maupun lingkungan masyarakat, anak akan berinteraksi dengan masayarakat sekitar maka keluarga juga memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan intuisinya. Karena keluarga merupakan tempat pertama bagi anak merasakan pendidikan. Dengan lingkungan pendidikan yang baik akan membantu meningkatkan kemampuan berpikir anak.

    ReplyDelete
  90. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Ketika guru memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi peserta didik, siswa akan terbiasa untuk berpikir matematis dalam menyelesaikan masalah. Apalagi penggunaan matematik realistik juga dapat membudayakan siswa untuk mengenal manfaat matematika secara lebih nyata.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  91. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari posrtingan di atas dikatakan bahwa intuisi matematika merupakan bagian dari budaya matematika. Jadi benar bahwa intuisi merupakan dari pengalaman-pengalaman serta karakter budaya tertentu. Intuisi itu perlu ditingkatkan karena untuk menunjang perkemangan-perkembangan kemampuan berpikir dan kreatifitas. Membudayakan matematika itu bukan hanya tanggung jawab siswa atau guru saja, akan tetapi ada peran orang tua juga di sana. Guru harus meningkatkan kreatifitasnya dalam mengajar, agar siswa dapat memacu diri untuk meningkatkan kemampuan intuisinya.

    ReplyDelete
  92. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Membudayakan matematika adalah tentang mengguankan matematika dalam interaksi kehidupan sehati-hari. Interaksi ini dapat berupa pembelajaran secara langsung dengan membaca, mengerjakan soal, dan sebagainya. Dapat pula disisipkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika membantu ibu memasak, ibu dapat meminta anak mengambilkan cabai sejumlah sekian. Dengan demikian anak akan menyasari bahwa ternyata apa yang dipelajarinya dalam matematika dapat digunakan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  93. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi matematika adalah berbudaya matematika. tujuan intuisi matematika adalah untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Dimana peran seorang guru, sekolah, masyarakat, dan orang tua ikut adil dalam bertanggung jawab untuk membudayakan matematika. Tidak hanya itu kemauan, niat, pengalamaan, dan kegagalan berperan sangatlah penting. Karena bagaimana pun kalau tidak ada kemauan atau niat dll maka seseorang tidak dapat memecahkan permasalahan sehari-hari.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  94. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Siswa yang mengetahui dan memahami konsep-konsep matematika secara global dan paham bahwa kesemuanya ialah suatu ksatuan yang saling terikat akan meningkatkan intuisi siswa. Intusis ini akan dijadikan modal untuk mengkonstruksi matematika pada ranah yang lebih tinggi lagi. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  95. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Matematika pada dasarnya tidak hanya saling terkait antara konsep satu dan konsep lainnya, melainkan matematika dapat diintegrasikan dan diinterkoneksikan dengan kehidupan keseharian siswa, baik kehidupan keagamaannya, kehidupan sosialnya maupun kehidupan kealamannya. Ambil contoh dalam pembelajaran aritmatika sosial, konsep ini dapat dihubungkan dengan konsep jual beli yang ada dalam kehidupan keseharian siswa, serta dapat pula diintegrasikan dengan konsep riba (jika dalam islam) sebagai integrasi antara matematika dengan agama siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  96. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti yang telah kita ketahui selama ini, setiap aktivitas yang dilakukan dalam hidup pasti tidak akan pernah bisa lepas dari matematika. Untuk itu matematika sangat perlu untuk dibudayakan pada seluruh lapisan masyarakat. Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman, pengalaman yang dimaksud adalah yang berupa budaya matematika sehingga intuisi matematika juga merupakan salah satu subjek dari budaya matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  97. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sesuai pernyataan Thompson, P (1993) tentang pentingnya membudayakan matematika, saya sependapat bahwa mengembangkan intuisi dan membudayakan matematika perlu dilakukan. Dengan upaya membudayakan yang dilakukan oleh semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua) tersebut diharapkan siswa mempunyai pengalaman dan keterampilan terutama dalam menghadapi persoalan dalam pembelajaran matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  98. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas diperoleh bahwa intuisi matematika adalah budaya matematika. Jika kita berbicara tentang budaya, maka tidak akan terlepas dari lingkungan sekitar, keluarga, masyarakat, sekolah, dan guru. Bagaimana budaya matematika di lingkungan akan mempengaruhi intuisi seseorang. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan intuisi siswa. Oleh karena itu, guru harus benar-benar dapat menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, sehingga intuisi siswa dapat berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  99. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika masih kurang dilakukan oleh orang tua, guru, sekolah atau masyarakat mungkin hal ini karena intuisi masih kurang dianggap penting. Padahal intuisi matematika penting di dalam menghasilkan ide baru. Hal ini akan mengasah kemampuan matematis siswa nya. Diharapkan adanya dukungan dari banyak pihak dalam menguatkan intuisi matematika pada siswa. Bisa dengan pemberian sosialisasi dan pengertian kepada banyak pihak untuk mendukung adanya penguatan intuisi matematika pada siswa.

    ReplyDelete
  100. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ide-ide penting dan inovatif muncul ketika seseorang berintuisi. Intuisi dalam matematika bisa menghasilkan ide-ide baru dalam bermatematika. Intuisi muncul tidak begitu saja, namun didahului dengan pengalaman-pengalaman yang sudah dilakukan ataupun pengalaman-pengalaman yang sering dilakukan. Seringnya melakukan sesuatu tentang matematika yang menimbulkan pengalaman, maka bisa terbentuk kebiasaan dalam bermatematika, yang dengan kata lain merupakan salah satu cara dalam membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  101. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Budaya merupakan hasil karya cipta manusia, matematika termasuk hasil karya manusia. Jadi matematika adalah budaya yang harus dilestarikan karena dibutuhkan manusia sejak dahulu sampai akhir dunia. Oleh sebab itu membudayakan matematika menjadi tanggung jawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua). Sebagai pelaku yang bertanggung jawab membudayakan matematika, sekolah dan guru seharusnya tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, melainkan dilengkapi dengan aspek afektifnya sehingga rasa kecintaan terhadap matematika dapat muncul dalam diri peserta didik. Ini sebagai salah satu tugas yang cukup berat bagi seorang guru. Peranan metodologis didaktis guru yang digunakan akan cukup menentukan sejauh mana aspek afektif siswa terhadap matematika dapat diaktifkan dalam proses pembelajaran sehingga membangkitkan penghayatan terhadap matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  102. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi adalah subjek budaya matematika , intuisi matematika ini sangat penting untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan matematika. Saya sangat setuju bahwa membudayakan matematika merupakan tanggung jawab semua pihak terutama membudayakan matematika pada anak-anak. Matematika pada anak bukanlah matematika formal yang abstrak, tetapi matematika anak adalah matematika intuitif yang dekat dengan kehidupan anak. Oleh karena itu perlu dibudayakan matematika melalui hal-hal konkret yang ada dekat dengan kehidupan mereka.

    ReplyDelete