Feb 12, 2013

Problematika Pembelajaran Matematika di SD

Identifikasi Problematika Pembelajaran Matematika di SD


1. Bagaimana pembelajaran matematika mempengaruhi kepribadian siswa di SD?
2. Bagaimana pandangan kita tentang prestasi belajar matematika di SD?
3. Apakah pembelajaran matematika mampu membawa nilai-nilai moral?
4. Bagaimana kita secara arif dan bijaksana menyikapi adanya sebagian guru atau siswa yang menghendaki cara-cara cepat atau trik dalam matematika?
5. Bagaimana mengimplementasikan metode penemuan secara baik pada pembelajaran matematika di SD?
6. Bagaimana guru mampu memfasilitasi agar siswa mampu belajar matematika dengan baik khususnya dalam mengembangkan kemampuan matematika (mathematical thinking)?
7. Apa sebetulnya hakekat matematika yang dipelajari di SD>
8. Bagaimana menfasilitasi adanya berbagai macam latar belakang dan kemampuan siswa dalam belajar matematika di SD?
9. Bagaimana menghilangkan persepsi bahwa matematika adalah sulit?
10. Bagaimana menerapkan pembelajaran PMRI di SD misalnya tentang Pembagian Pecahan?
11. Kreativitas apa saja yang diharapkan dari siswa SD dalam belajar matematika?
12. Apakah perbedaan mendasar antara matematika sekolah dan matematika murni?
13. Apakah yang disebut berpikir logis dan bagaimana membelajarkannya di SD>
14. Bagaimana perbandingan antara pembelajaran matematika SD di Luar Negeri dan di Indonesia?
15. Apakah benar bahwa matematika adalah seni dan bagaimana sikap guru dalam pembelajaran matematika di SD?
16. Apakah Taksonomi Bloom relevan dalam pembelajaran matematika di SD? Jika relevan maka jelaskanlah?

Di identifikasi oleh: Sabina Ndiung, Melly Andriani, Atiaturrahmaniah, Moh. Bisri, Kurnia Hidayati, Laelatul Badriah, Wahyudi, Syarifuddin. Pembimbing: Marsigit

3 comments:

  1. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dari beberapa problematika pembelajaran matematika di SD, saya akan menjawab nomor 1 dan 3. Kedua pertanyaan tersebut hampir sama dan berhubungan. Matematika memiliki keterkaitan dengan pembentukan moral dan kepribadian siswa. Kita tahu bahwa pembelajaran matematika merupakan suatu aktifitas. Aktifitas mengenali masalah, menentukan cara menyelesaikan masalah dan menyelesaikan masalah. Dari aktifitas tersebut, siswa dapat belajar untuk peka terhadap masalah sekitar, sabar, teliti, pantang menyerah, mandiri, tanggung jawab, kerja sama, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  2. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Saya tertarik pada poin ke-4 dari daftar problematika pembelajaran matematika SD yang dituliskan di atas. Poin ke-4 berbunyi "Bagaimana kita secara arif dan bijaksana menyikapi adanya sebagian guru atau siswa yang menghendaki cara-cara cepat atau trik dalam matematika?". Menurut saya, tidak masalah jika guru atau siswa menggunakan trik atau cara-cara cepat dalam menyelesaikan soal-soal matematika, tetapi dengan syarat guru harus menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa dan siswa pun paham bagaimana cara semestinya yang harus ditempuh untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Menurut saya, cara-cara cepat atau trik dalam pelajaran matematika sebenarnya melatih kreatifitas seorang guru dalam mengolah rumus dasar yang ada. Selain itu, cara-cara cepat atau trik matematika ini mempunyai kesan tersendiri bagi anak terhadap pelajaran matematika. Mereka akan mempunyai kesan bahwa pelajaran matematika tidak sepenuhnya sulit, untuk kasus-kasus tertentu mereka dapat menggunakan trik atau cara-cara cepat dalam menyelesaikan soal matematika. Sehingga dengan trik tersebut mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakan suatu soal. Jadi menurut saya, cara yang bijak dalam menyikapi trik atau cara-cara cepat dalam matematika adalah dengan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara dasarnya kemudian baru menjelaskan dengan cara cepatnya.

    ReplyDelete
  3. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Matematika sekolah merupakan ranah yang sangat penting dalam perkembangan matematika anak kedepannya. Jika seorang anak matang dalam matematika sekolahnya maka kedepannya akan lebih mudah melenggang dalam mempelajari matematika tingkat lanjut. Oleh karena itu permasalahan-permasalahan yang terjadi pada matematika sekolah harus segera kita temukan jalan keluar atau solusi pemecahan masalahnya. Hal tersebut karena matematika merupakan suatu pelajaran yang sangat komprehensif terhadap kehidupan dan lifeskill yang akan menjadi modal anak di dalam menjalani kehidupan nantinya.

    ReplyDelete