Feb 12, 2013

Problematika Pembelajaran Matematika di SD

Identifikasi Problematika Pembelajaran Matematika di SD


1. Bagaimana pembelajaran matematika mempengaruhi kepribadian siswa di SD?
2. Bagaimana pandangan kita tentang prestasi belajar matematika di SD?
3. Apakah pembelajaran matematika mampu membawa nilai-nilai moral?
4. Bagaimana kita secara arif dan bijaksana menyikapi adanya sebagian guru atau siswa yang menghendaki cara-cara cepat atau trik dalam matematika?
5. Bagaimana mengimplementasikan metode penemuan secara baik pada pembelajaran matematika di SD?
6. Bagaimana guru mampu memfasilitasi agar siswa mampu belajar matematika dengan baik khususnya dalam mengembangkan kemampuan matematika (mathematical thinking)?
7. Apa sebetulnya hakekat matematika yang dipelajari di SD>
8. Bagaimana menfasilitasi adanya berbagai macam latar belakang dan kemampuan siswa dalam belajar matematika di SD?
9. Bagaimana menghilangkan persepsi bahwa matematika adalah sulit?
10. Bagaimana menerapkan pembelajaran PMRI di SD misalnya tentang Pembagian Pecahan?
11. Kreativitas apa saja yang diharapkan dari siswa SD dalam belajar matematika?
12. Apakah perbedaan mendasar antara matematika sekolah dan matematika murni?
13. Apakah yang disebut berpikir logis dan bagaimana membelajarkannya di SD>
14. Bagaimana perbandingan antara pembelajaran matematika SD di Luar Negeri dan di Indonesia?
15. Apakah benar bahwa matematika adalah seni dan bagaimana sikap guru dalam pembelajaran matematika di SD?
16. Apakah Taksonomi Bloom relevan dalam pembelajaran matematika di SD? Jika relevan maka jelaskanlah?

Di identifikasi oleh: Sabina Ndiung, Melly Andriani, Atiaturrahmaniah, Moh. Bisri, Kurnia Hidayati, Laelatul Badriah, Wahyudi, Syarifuddin. Pembimbing: Marsigit

5 comments:

  1. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan nomor 4. Bagaimana kita secara arif dan bijaksana menyikapi adanya sebagian guru atau siswa yang menghendaki cara-cara cepat atau trik dalam matematika?
    Jawaban saya adalah tidak dapat dipungkiri bahwa budaya instan semakin menggerogoti tiap-tiap manusia. Cara cepat atau trik dalam matematika sebenarnya tidak ada larangan untuk menggunakannya. Tetapi yang perlu direnungi lagi, jika kita menggunakan cara instan seperti itu kita tidak akan memahami konsep materi dan cenderung akan mudah lupa. Untuk menggunakannya pun perlu berhati-hati karena terkadang untuk situasi tertentu tik/ cara itu mungkin tidak bisa digunakan untuk memecahkan persoalan.

    ReplyDelete
  2. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian guru atau siswa yang menghendaki cara-cara cepat atau trik dalam matematika. Dan itu menurut saya sah-sah saja melihat keadaan pendidikan di Indonesia. Di Indonesia ini pendidikan dinilai berhasil jika anak mendapatkan nilai yang bagus tanpa memandang prosesnya. Sehingga itu menjadi salah satu penyebab anak-anak menghendaki cara cepat atau trik dalam matematika.

    ReplyDelete
  3. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Sistem ujian akhir pilihan ganda juga merupakan salah satu penyebab munculnya cara-cara cepat atau trik dalam matematika. Karena dalam tipe soal tersebut, proses atau cara mendapatkan hasil atau jawabannya tidak menjadi pertimbangan dalam penilaian. Sehingga guru dan anak cenderung memilih cara cepat.

    ReplyDelete
  4. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut saya, cara cepat atau trik dalam matematika boleh diajarkan asalkan anak dibelakali dulu dengan konsepnya. Karena materi-materi dalam matematika itu saling berhubungan maka jika materi prasyaratnya belum menguasai akan menyulitkan siswa untuk melanjutkan kemateri berikutnya.

    ReplyDelete
  5. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Proses penyelesaian yang terlalu rumit dan panjang juga merupakan salah satu alasan kenapa guru dan siswa menghendaki cara cepat. Jadi jika jenis soalnya pilihan ganda dan waktu yang disediakan hanya terbatas, cara cepat lebih efektif untuk digunakan. Namun, jika soal itu berbentuk uraian maka gunakanlah cara yang sesuai.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.