Feb 12, 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?




By Marsigit

As a teacher we sometimes found the problems of: (1) covering the various needs of academic competencies, (2) promoting students active ways of learning. For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching. A rather old reference, Cockroft Report (1982) suggested that good teaching practice in all level of mathematics education should give opportunities for exposition by the teacher, discussion between teacher and pupils and between pupils themselves, appropriate practical work, consolidation and practice of fundamental skills and routine, problem solving, including the application of mathematics to everyday situations and investigational work.

The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching.

The process of a certain research may include problem analysis and a strategic plan, implementation of a strategic plan, observation and evaluation of the action by appropriate methods and techniques, reflection on the results of the evaluation and on the whole action and research process (Zuber and Skerritt, 1992). Due the process lead of a new problem hence the researcher sometimes need to develop cycle of planning, acting, observing and reflecting.

The researcher needs to fill in the specific conditional features for each level that partaining to the chosen area of action. Although there are multiple perspectives from which research on teaching can be approached and multiple interpretations of teaching act, one underlying theme needs to be more adequately addressed (Koehler and Grouws in Grouws, 1984). An educational research may bound territory in which events or processes occur over a specified period.

Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings.

22 comments:

  1. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Memang benar bahwa guru perlu melakukan evaluasi bertipe penelitian di setiap pembelajaran yang telah mereka lakukan. Bukan hanya semata sebagai evaluasi juga sebagai tambahan ilmu bilamana menemukan hal yang terduga selama proses penelitian tersebut. Sesuai dengan tujuannya dalam tulisan di atas “...can be to actively improve practice of mathematics teaching...”, sehingga setiap proses dalam mengajar guru perlu juga membiasakan menulis buku harian yang berisikan agenda setiap harinya dan apa saja yang telah diajarkan kepada siswa dan juga masalah dan rencana penyelesaiannya seperti apa. Dari situ akan ditindaklanjuti oleh guru bersangkutan dibantu dengan rekan guru lainnya untuk melakukan penelitian tidak hanya di kelas itu tetapi juga di kelas yang guru lain ajar agar semakin menyeluruh cakupan masalah beserta solusinya. Dari hasil penelitian tersebut, bisa menjadi koleksi guru untuk lebih tertantang mengembangkan solusi ajarnya dan melakukan penelitian lainnya dan juga bisa menjadi koleksi penelitian untuk kenaikan pangkat selanjutnya bila dibutuhkan.

    ReplyDelete
  2. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Kesadaran/kepekaan guru akan masalah yang ada dalam pembelajaran yang menjadi tugasnya adalah hal yang sangat penting dalam rangka perbaikan praktik pendidikan/pembelajaran. Penelitian tindakan kelas merupakan cara yang efektif digunakan oleh guru dalam rangka menyelidiki dan memperbaiki mutu pembelajaran yang dilakukan di kelas pembelajarannya. Dan guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran yang menjadi bidang tugasnya

    ReplyDelete
  3. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Peran penelitian bagi guru sebenarnya sangatlah penting karena dengan diadakannya penelitian guru mendapat solusi dari masalah-masalah yang timbul selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Tetapi tak sedikit guru yang masih belum menyadari tenatng pentingnya penelitian. Dari pembahasan diatas yang dapat saya simpulkan dari langkah-langkah penelitian adalah melakukan identifikasi masalah yang timbul selama proses pembelajaran matematika. Setelah identifikasi maka guru harus mencari solusi dari masalah yang timbul dan solusi tersebut juga dapat berasal dari hasil diskusi dengan guru lain. Setelah mencari solusi maka berlanjut pada penerapan dari solusi tersebut, apakah berhasil atau tidak. Apabila belum berhasil maka perlu mencari solusi lain hingga solusi tersebut dapat menjadi obat dari masalah yang timbul.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Tentu saja perlu bahwa guru mengevaluasi kinerja mengajarnya di kelas kepada siswa. Perlu pula adanya penelitian tentang guru seperti contohnya lesson study yang bertujuan untuk mengavaluasi suasana pembelajaran di kelas sehingga tahu apa yang perlu diperbaiki. Seperti kualitas belajar, Metode belajar, media atau bahkan respon siswa.

    ReplyDelete
  5. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Mengapa guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap kelas ajarnya sendiri ? Banyak sekali manfaat yang di dapat jika guru meneliti kelasnya sendiri atau PTK (Penelitian Tindakan Kelas), salah satunya adalah mampu membuat guru menjadi lebih profesional, hasil penelitian guru bisa dibagikan dengan guru lain, guru bisa menemukan metode pembelajaran baru. Selain itu, guru juga bisa mengujicobakan media pembelajaran yang kita buat. Ilmu pengetahuan terus berkembang, demikian juga ilmu pendidikan. Dengan melakukan penelitian, para guru akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Guru akan menjadi senang membaca, guru juga menjadi kreatif untuk mencoba sesuatu yang baru.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Guru memang harus meneliti terhadap pemeblajarannya sendiri. Hal tersebut tentunya semata-mata untuk mengetahui beberapa hal yang ingin diketaui seperti apakah metode pembelajaran yang digunakan berhasil atau tidak, apakah prestasi belajar siswa meningkat, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Oleh karena itu salah satu syarat guru saat ini juga merupakan penelitian yang dilakukan dan minimal merupakan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelasnya sendiri
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    From the title, I coincide that teachers must research their own teaching. Why? This is caused by research their teaching, they will find what is good what is not. From the result, teacher can make the learning process better.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Berdasarkan judul artikel diatas, menurut saya seorang guru memang perlu melakukan penelitian, baik penelitian di dalam kelas maupun penelitian di luar kelas. Mengapa saya ngomong seperti itu? karena apabila guru hanya diam tanpa melakukan penelitian, maka guru tersebut tidak akan pernah tau keadaan siswanya ataupun langkah apa yang harus dilakukan pada siswa agar lebih memahami atapun menyukai pelajaran yang dia ajarkan. Namun, sebagai seorang yang sedang meneliti siswanya, jangan sampai mengutamakan penelitiannya tetapi siswanya di anggurin. Sebagai seorang guru yang baik, jangan pernah meninggalkan siswa atau muridnya tanpa alasan yang jelas. Hal itu karena, dapat membuat mindset siswa menjadi jelek terhadap guru, apalagi guru yang jarang masuk dan killer dalam memberi tugas. Hal itu dapat membuat siswa menjadi benci terhadap guru tersebut. Kalau benci terhadap guru itu masing mending, ketimbang di tambah siswa ikut membenci pelajarannya. Oleh karena itu, lakukanlah penelitian tetapi tidak mengabaikan siswa. Semoga apapun usaha kita, kita bisa menjadi guru yang bagus dan di cintai murid-murid. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada artikel ini dituliskan bahwa “For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching”. Saya setuju dengan hal ini. Melalui penelitian guru akan banyak berlatih mengaplikasikan berbagai tindakan alternatif yang telah dipilihnya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Di sini guru akan lebih banyak mendapatkan pengalaman tentang keterampilan praktik pembelajaran secara reflektif. Dalam konteks pengalaman latihan guru ini, tujuan utama penelifian adalah untuk pengembangan keterampilan guru berdasarkan pada persoalan-persoalan pembelajaran matematika yang dihadapi guru di kelasnya sendiri, dan bukannya bertujuan untuk pencapaian pengetahuan umum dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Berdasarkan pemaparan diatas, guru memerlukan penelitan terkait cara mengajarnya sendiri. Tujuan utamanya yaitu untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas cara mengajar guru di kelas. Salah satu penelitian yang dapat dilakukan oleh guru yaitu penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini guru dapat meneliti baik kinerja guru dan siswa. Siklus penelitian yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru tersebut. Penelitian tindakan kelas tersebut dapat mencakup mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika, merancang strategi untuk memecahkan masalah, menerapkan dan menguji strategi, menegvaluasi efektivitas strategi, mencerminkan hasil, dan yang selanjutnya sampau pada kesimpulan atau masalah yang baru. Setelah itu guru dapat mengulangi tahapan-tahapan tersebut sesuai dengan siklus yang telah ditentukan oleh guru.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Guru perlu merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan melalui kegiatan penelitian untuk meningkatkan kualitas dari pembelajaran matematika. Sebagaimana telah dicantumkan dalam permen bahwa guru diwajibkan untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, para guru pastilah menemukan berbagai macam pertanyaan terkait siswa, proses pembelajaran, penilaian, dsb. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus ditemukan jawabannya oleh guru yaitu melalui kegiatan penelitian.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematik B

    Dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan bisa mengembangkan pembelajaran lebih baik dari sebelumnya. Cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan melakukan penelitian terhadap prose pembelajarannya sendiri. Agar nantinya guru dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan dalam pembelajaran tersebut sehingga penelitian tersebut menjadi refleksi bagi pribadi guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    yes, if they want to know about their quantity, quality, etc. Kebanyakan mungkin guru akan menganggap bahwa akan membuang waktu dan lebih baik digunakan untuk mengajar lebih banyak jam lagi. Padahal, dari penelitian itu sendiri dapat diketahui apa saja yang kurang dan apa saja yang akan diperbaiki agar pembelajaran menjadi lebih berkualitas dan bisa membuat siswa menjadi lebih sesuai dengan keinginan guru yaitu mengembangkan pikiran mejadi lebih terbuka. Bila guru tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukannya sendiri, bisa meminta bantuan sebaya untuk melakukan penelitian tersebut tetapi dengan arahan dan semua berkas berasal dari guru tersebut. Sehingga, bagus untuk dilakukan dan mungkin diwajibkan karena akan meningkatkan taraf kualitas guru dalam bidang menulis dan penelitian.

    ReplyDelete
  14. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Apa yang menjadi pertanyaan dalam tulisan ini adalah hal yang perlu disoroti dalam bidang pendidikan. Apakah guru perlu mengadakan penelitian. Menurut saya pribadi, guru perlu melakukan penelitian terkait dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat memberi manfaat dalam proses belajar mengajar yang terjadi, Dengan melakukan penelitian guru dapat lebih memperhatikan detail pembelajaran yang terjadi, permasalahan yang ada dan dapat menemukan solusi yang lebih tepat dalam permasalahan yang ada.

    ReplyDelete
  15. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan pemaparan mengenai apakah seorang guru perlu melakukan penelitian terhadap pengajarannya sendiri? Menurut saya seorang guru perlu melakukan sebuah penelitian terhadap pembelajaran yang dilakukan. Tujuan diadakannya penelitian tersebut adalah tidak lain untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran. Melalui penelitian terhadap pembelajarannya sendiri kemudian seorang guru dapat mengevaluasi mengenai hal-hal yang masih kurang dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil evalusi tersebut kemudian dijadikan guru sebagai sebuah rambu-rambu dalam merencanakan pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Pada pembelajaran yang dilakukan guru tidak lepas dengan masalah. Guru yang tergerak untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran akan melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahannya. Guru yang mempunyai kelas sendiri akan memperbaiki kualitas dirinya dengan efektif. Penelitian tindakan kelas dirasa penting karena dapat mengidentifikasi permasalah yang terjadi selama pembelajaran berlangsung. Penelitian tersebut haruslah sesuai dengan bidang yang dikerjakan agar memperoleh kebermanfaatan untuk pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Guru memerlukan penelitian terhadap pelaksanaan pembelajarannya sendiri. Guru yang ingin mengembangkan potensinya dalam membelajarkan siswa, dapat belajar dari pengalamannya selama mengajar. Pembelajaran yang telah dilakukan segera direfleksikan sehingga dapat diketahui apa saja yang perlu ditingkatkan dan apa saja yang perlu diubah. Dalam merefleksikan pembelajarannya tentu memerlukan kolaborasi antar guru. Dengan demikian masing-masing guru akan lebih detail dalam melakukan perbaikan. Maka tugas guru ialah terus menerus belajar, melakukan pengembangan diri, dan menyesuaikan pembelajran dengan perubahan zaman. Meskipun sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun sekalipun guru tetap harus senantiasa mengembangkan kompetensinya.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    sebagai seorang guru, terkadang menemukan masalah-masalah dalam proses belajar. Bagi para guru, penelitian tertentu dapat membantu mereka mengembangkan model untuk pengajaran matematika dan mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas. Mengutip referensi yang penting Cockroft Report (1982) mengemukakan bahwa praktik mengajar yang baik di semua tingkat pendidikan matematika harus memberikan kesempatan untuk eksposisi oleh guru, diskusi antara guru dan murid dan antara siswa sendiri, kerja praktek yang tepat, konsolidasi dan praktik keterampilan dasar dan rutin, pemecahan masalah, termasuk penerapan matematika untuk situasi sehari-hari dan pekerjaan investigasi. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Tujuan penelitian pendidikan secara aktif untuk meningkatkan ketrampilan mengajar matematika yang ideal dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan konteks siswa. penelitian juga sebagai sarana sekaligus refleksi bagi guru yang melakukan investigasi. Selain itu penelitian bertujuan menambah wawasan guru sekaligus peneliti. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seorang guru rasanya memang perlu untuk untuk melakukan penelitian terhadap proses dan caranya mengejar. Hal ini apabila benar dilakukan maka akan memberi manfaat bagi guru itu sendiri. Dengan penelitian itu setidaknya guru dapat mengetahui apa saja yang baik dan apa saja yang belum baik pada cara dan prosesnya dalam mengajar para siswa di kelas. Berdasarkan hasil pengamatan dari penelitian tersebut dapat dilakukan evaluasi bagi sang guru sehingga kedepannya guru dapat melakukan pengajaran yang semakin baik dari hari ke hari bagi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Ya, sangat perlu seorang guru meneliti dan mengevaluasi pengajarannya sendiri. Karena dengan hal itu akan menemukan kelemahan dan kekurangan dalam mengajar sehingga dijadikan semangat dan perbaikan untuk menjadi lebih baik dalam proses pengajaran. Dengan melakukan penelitian dan mengevaluasi maka seorang guru akan menemukan inovasi dan metode baru yang dapat digunakan untuk kemajuan dalam proses pengajaran.

    ReplyDelete
  22. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete