Feb 12, 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?




By Marsigit

As a teacher we sometimes found the problems of: (1) covering the various needs of academic competencies, (2) promoting students active ways of learning. For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching. A rather old reference, Cockroft Report (1982) suggested that good teaching practice in all level of mathematics education should give opportunities for exposition by the teacher, discussion between teacher and pupils and between pupils themselves, appropriate practical work, consolidation and practice of fundamental skills and routine, problem solving, including the application of mathematics to everyday situations and investigational work.

The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching.

The process of a certain research may include problem analysis and a strategic plan, implementation of a strategic plan, observation and evaluation of the action by appropriate methods and techniques, reflection on the results of the evaluation and on the whole action and research process (Zuber and Skerritt, 1992). Due the process lead of a new problem hence the researcher sometimes need to develop cycle of planning, acting, observing and reflecting.

The researcher needs to fill in the specific conditional features for each level that partaining to the chosen area of action. Although there are multiple perspectives from which research on teaching can be approached and multiple interpretations of teaching act, one underlying theme needs to be more adequately addressed (Koehler and Grouws in Grouws, 1984). An educational research may bound territory in which events or processes occur over a specified period.

Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings.

41 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dari artikel di atas kita menjadi tahu bahwa tujuan dari penelitian pendidikandengan meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan model yang baik digunakan baik dalam mengajar matematika sekunder dan atas asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan yang konkret serta merenungi pengetahuan yang konkret tersebut. Manfaat dari penelitian adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkanpendekatan penelitian adalah penyelidikan kolaboratif evaluatif-reflektif-partisipatif-kritis mengajar.

    ReplyDelete
  2. Guru perlu melakukan penelitian. Dengan penelitian tersebut guru dapat meningkatkan kompetensinya, mengetahui masalah dalam pembelajarannya, guru melakukan refleksi terhadap pembelajarannya. Penelitian tersebut dapat menyadarkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Misal dengan melakukan penelitian tindakan kelas maka berguna dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajarannya.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Guru seringkali menemukan masalah-masalah terhadap proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap cara mengajar mereka sendiri. Dan untuk menemukan solusi tersebut, maka penelitian menjadi salah satu jalannya. Dalam hal ini penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru. Guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaat mencolok dari penelitian karena itu adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkan. Dengan meneliti, guru akan melakukan refleksi diri dari apa yang telah dilakukannya dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dengan seringnya guru menemukan masalah-masalah yang beragam ketika di sekolah saya rasa perlu untuk diadakannya penelitian. karena penelitian itu dilakukan karena kita melihat adanya kesenjangan antara tujuan dan proses yang dijalani tidak sinkron. maka perlu untuk guru melihat apakah ada kesalahan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas mengajarnya. dengan demikian akan mempermudah guru sendiri dalam memberikan pelajaran kepada siswa.

    ReplyDelete
  5. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Guru memerlukan melakukan penelitian untuk meningkatkan praktek mengajar matematika agar mencapai model pengajar yang baik dan diawali dengan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalamannya ketika mengajar dikelas dan merefleksikan hasil pengalamannya.
    Penelitian tindakan kelas tersebut mencakup hal – hal berikut (Zuber dan Skerrit, 1992): (1) mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses pembelajaran matematika; (2) merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil dari komunikasi simetris antara peneliti dan guru; (3) menerapkan dan menguji strategi; (4) mengevaluasi efektivitas strategi; (5) menganalisis hasil yang telah diperoleh; (6) menyimpulkan dan mengidentifikasi hasil temuan; (7) mengulangi siklus hingga terdapat peningkatan praktek pengajaran; (8) melaporkan temuan.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Ketika mata kuliah penelitian saya pernah mendengar bahwa penelitian tidakan kelas (PTK) yang paling cocok dan berwenang melaksanakan adalah guru pengampu di kelas tersebut. Hal ini karena guru tersebutlah yang merasakan permasalah di kelas yang sehari-hari dihadapi. Sehingga guru tau persis masalah apa yang dihadapi. Memprediksi treatment seperti apa yang tepat. Serta melaksanakan penelitian yaitu dengan mengajar seperti biasa di kelas, tentu saja sesuai dengan metode yang ditetapkan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas telas dijabarkan dengan singkat dan jelas oleh Zuber dan Skerit diatas.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut pandangan Zuber-Skerritt (1992), terdapat 4 momen utama dalam siklus tindakan dan penelitian yakni: plan, act, observe dan reflect (Zuber-Skerritt, 1992, 13). Plan, perencanaan, terdiri atas analisis dan strategi perencanaan; action, tindakan, mengacu pada penerapan rencana strategis; observation, observasi, terdiri atas evaluasi tindakan dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat; dan reflection, berarti refleksi pada hasil evaluasi dan keseluruhan tindakan dan proses penelitian, yang dapat menuntun untuk melakukan identifikasi permasalahan atau masalah-masalah baru dan karena itu berlangsung siklus baru perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

    ReplyDelete
  9. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Guru perlu untuk melakukan penelitian. Salah satu alasannya adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru di kelas. Dengan melakukan penelitian, misalnya penelitian tindakan kelas, guru dapat menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Selain itu, dengan meneliti kelasnya, guru akan mengetahui dengan detail kekurangan dalam kelasnya, mengevaluasi keefektifan strategi yang telah dilaksanakan, serta meningkatkan kualitas pengajarannya.

    ReplyDelete
  10. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam bidang pendidikan, guru perlu secara terus menerus mengevaluasi kekurangan atau
    kelebihan mengajarnya supaya mendapatkan informasi bagi penyempurnaan mengajarnya; kalau
    perlu mempelajari teknik-teknik baru yang lebih menarik dan efektif (Alexander, dkk, dalam
    Bourne, 1992). Untuk itu guru perlu mendapat dorongan dan bantuan dari pihak-pihak yang
    terkait terutama Kepala Sekolah dan Penilik sekolah, agar mereka dapat mewujudkan pengajaran
    secara baik; namun perlu kiranya peran dan fungsi Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas
    diredefinisikan kembali agar kondisi lingkungan kependidikan lebih kondusif bagi guru dan
    siswa untuk mengembangkan dirinya. Seorang guru dapat merefleksikan gaya mengajar secara
    baik dan fleksibel jika guru yang bersangkutan menguasai cara-cara mengorganisasikan kelas,
    memanfaatkan sumber ajar, pencapaian tujuan pengajaran sesuai dengan kemampuan siswa,
    pengembangan sistem evaluasi, penanganan perbedaan individual, dan mewujudkan suatu gaya
    mengajar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Diperlukan suatu ‘political will’ dari pemerintah
    untuk menempatkan pendidikan yang dikembalikan kepada hakekat ‘mendidik’ sesuai dengan
    hakekat ‘subjek didik’ dan hakekat ‘keilmuan’, agar pendidikan matematika tidak hanya
    dipandang sebagai sesuatu yang ‘diwajibkan’ tetapi sesuatu yang ‘dibutuhkan’ oleh sibelajar,
    agar pendidikan tidak hanya memandang subyek didik sebagai ‘investasi’ pembangunan tetapi
    sebagai subyek yang perlu ‘dikembangkan’.

    ReplyDelete
  11. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Bagi guru, kelas merupakan sumber pengetahuan yang melimpah untuk terus meningkatkan kompetensinya. Maka semestinya seorang guru perlu melakukan penelitian terkait permaslahan-permaslahan dalam pembelajaran yang akan memperkaya pengetahuan baru dalam dunia pendidikan. Setidaknya seorang guru melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan dan mengevaluasi tentang pembelajaran yang selama ini dilakukan, apakah sudah sesuai dengan keadaan siswa atau tidak. Selain itu dengan mengadakan penelitian khususnya di kelas sendiri seorang guru setidaknya mampu mendeteksi kesulitan-kesulitan yang dialami siswanya selama proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Apakah seorang guru perlu untuk melakukan penelitian terhadap apa yang diajarkannya? Guru merupakan salah satu tokoh penting dalam pembelajaran di kelas, bagi seorang guru kelas merupakan lahannya untuk mengembangkan kompetensinya, agar menjadi guru yang baik dan profesional hendaklah kita tidak hanya mengajar namun juga melakukan penelitian terhadap apa yang kita ajarkan, penelitian yang dilakukan oleh guru akan bermanfaat nantinya dalam perbaikan mutu pendidikan dan mutu guru itu sendiri sebagai pendidik. Kenapa harus guru yang melakukan penelitian? karena guru sendiri yang tahu dan harus peka terhadap permasalahan yang terjadi pada kelasnya. Gurulah yang merasakan kesulitan apa saja yang dilami oleh siswanya dan kesulitan apa saja yang ia alami ketika pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Banyak permasalahan yang ditemui dalam mengajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diadakan suatu penelitian. Penelitian juga bertujuan agar ditemukan solusi atau jawaban atas pertanyaan dan masalah yang muncul. Penelitian juga dimaksudkan agar guru mampu mengembangkan kemampuannya dan kreatifitasnya dalam mengajar. Guru juga dapat terus belajar dan menyusun pembelajaran yang baik bagi siswa. Jadi penelitian mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, oleh karena itu berbagai penelitian terus dilakukan banyak orang sampai saat ini dan termasuk juga dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini saya memahami bahwa tujuan dari penelitian pendidikan dapat secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan posisi ideal model yang baik mengajar matematika sekunder dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaat mencolok dari penelitian karena itu adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkan. Guru yang dianggap rekan kerja dalam melakukan penelitian dan peneliti tidak dianggap ahli luar. Dengan demikian, pendekatan penelitian adalah penyelidikan kolaboratif evaluatif-reflektif-partisipatif-kritis mengajar.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?
    Yes, of course.
    Guru perlu melakukan penelitian untuk menemukan solusi atas masalah, kesulitan dan kebutuhan belajar siswa. Selain itu, dengan melakukan penelitian, guru dapat melakukan refleksi terhadap pembelajarannya, dan juga dapat meningkatkan kompetensi profesionalitasnya dan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau ada pertanyaan bahwa apakah guru membutuhkan penelitian dalam mengajar mereka. Maka saya akan menjawab YA, karena memanag harus guru itu ada pelatihan seperti lesson study . dan kita tengok cara mengajar guru di jepang bahwa mereka stiap kali mengajar merkea selalau melakukan penelitian sehingga dengan begitu mereka bisa memeperbaiki apa yang masih belum kurang cocok.

    ReplyDelete
  17. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Bentuk penelitian guru dalam pembelajarannya sebenarnya ialah refleksi sang guru terhadap baik cara mengajar, bahan ajar, media belajar dan sebagainya. Penting sekali penelitian ini bagi dirinya, karena sebagai evaluasi diri untuk kearah lebih baik dari sebelumnya. Sehingga guru dapat memperbaiki dari kekurangan di kemudian hari agar tercapainya tujuan pembelajaran yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  18. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam elegi ini, berisi tentang suatu pertanyaan, apakah guru perlu melakukan penelitian dalam pengajaran mereka sendiri?
    Menurut saya perlu, karena dengan melakukan penelitian, guru akan bisa mengetahui apa kekurangannya dalam mengajar, sehingga kegiatan pembelajaran dikemudian hari akan lebih menjadi berarti, sehingga guru dapat meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah. Selain itu dari penelitian guru akan dapat memberikan sumbang sih pemikirannya kepada dunia pendidikan sehingga ketika guru lain mengalami kesulitan maka ada referensi dari hasil penelitian.

    ReplyDelete
  19. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam (https://sugihartono1.wordpress.com/2009/11/04/sekilas-lesson-study-di-jepang/) Muchlas Yusak (Widyaiswara LPMP Jateng) menerjemahkan tulisan Makoto Yoshida. Makoto Yoshida, seorang pakar lesson study dan praktik pembelajaran di Jepang, memberikan gambaran mengenai lesson study di Jepang. Praktik lesson study mempunyai sejarah panjang terkait dengan upaya perbaikan pembelajaran dan belajar siswa di kelas dan telah membantu dalam pengembangan kurikulum di Jepang. Yoshida memberikan garis besar pelaksanaan lesson study sebagaimana dipraktikkan di Jepang, termasuk perencanaan jadwal lesson study, pemilihan tema penelitian (tujuan Lesson Study), penyiapan research lesson, penu–lisan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, diskusi tentang research lesson, penulisan laporan Lesson Study, dan penyelenggaraan Lesson Study open house.
    Kaitannya dengan tema tulisan ini adalah saya mengingat bahwa dalam kuliah tamu bersama Prof. Maitre di AULA Pascasarjana UNY menyatakan bahwa guru di Jepang, selain jadi pendidik adalah sebagai peneliti. Dan di Indonesia saat ini juga menerapkan hal yang sama juga yaitu dengan menuntut guru untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagaimana dalam tulisan ini, (Prof. Marsigit) menyatakan Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk secara aktif memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika sekunder yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan konkretnya. Merefleksikan pengalaman itu Manfaat yang mencolok dari penelitian ini adalah bahwa pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar perlu ditingkatkan. Guru dianggap rekan kerja dalam melakukan penelitian dan peneliti tidak dianggap sebagai ahli dari luar. Dengan demikian, pendekatan penelitian ini adalah penyelidikan kolaboratif evaluatif-partisipatif-kritis kolaboratif.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Proses refleksi memang diperlukan setiap kali kita selesai melaksanakan kegiatan, begitu juga dalam pembelajaran. Idealnya memang guru perlu melaksanakan penelitian terkait pembelajaran dan pengajaran yang dilakukannya sendiri. HAl ini dimaksudkan sebagai bahan untuk evaluasi dan perbaikan pembelajaran setelahnya. Selain itu, penelitian juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam belajar matematikas sehingga guru dapat mencari solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi siswa. Upaya penelitian ini diantaranya dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan menganalisis masalah selama proses pembelajaran, mendesain strategi untuk memecahkan masalah komunikasi antara peneliti dan guru,mengimplementasikan dan teknik tes, mengevaluasi keefektifan, merefleksi hasil sampai memperoleh kesimpulan dan identifikasi masalah, dan mengulangi proses ini sampai terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dan melaporkannya.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sudah seharusnya guru melakukan penelitian dalam kegiatan belajar untuk mengetahui situasi dan kondisi siswa. Untuk itu diperlukan tahapan: identifikasi kasus, identifikasi masalah, identifikasi faktor penyebab, diagnosis/ perkiraan kemungkinan bantuan yang diberikan, dan referal. Selain itu, dengan penelitian dapat menerapkan konsep dasar pengajaran remedial yang tepat, dan pendekatan serta metode pengajaran remedial yang tepat pula.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya, guru dangat perlu melakukan penelitian pembelajaran. Alasannya, karena mungkin saja cara mengajar atau model dalam pengajaran guru melakukan belum efektif dan memberikan hasil optimal. Kemudian bagi para guru, penelitian tertentu dapat membantu mereka mengembangkan model pengajaran matematika. Dimana tujuan penelitian pendidikan sendiri adalah untuk secara aktif memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika sekunder yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan konkretnya.

    ReplyDelete
  23. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Praktik pengajaran yang baik dalam pendidikan matematika harus memberi kesempatan untuk eksposisi oleh guru, diskusi antara guru dan murid dan antara murid sendiri, kerja praktek yang tepat, konsolidasi dan praktik keterampilan dasar dan rutin, pemecahan masalah, termasuk penerapan matematika terhadap situasi sehari-hari dan Pekerjaan investigasi. Guru perlu melakukan penelitian pendidikan pada cara mengajarnya. Manfaat dari penelitian ini adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar dapat ditingkatkan.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sempat mendengar sebuah wacana bahwa setiap guru diwajibkan untuk membuat satu PTK untuk program sertifikasinya, dan sampai saat ini saya belum update informasi tersebut. Jika benar adanya saya rasa PTK adalah satu penelitian yang menghasilkan produk yang dapat dipakai dalam pembelajaran. Misalnya saja seorang guru mendapat kendala siswa yang kurang dalam pemecahan masalah, guru kemudian meneliti dan menemukan solusi atas penelitiannya dan dilaporakan dalam bentuk PTK. Saya rasa hal tersebut banyak manfaatnya untuk guru dan siswa.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tentu sebagai guru, guru harus meneliti mengenai cara mengajar yang dia lakukan. Itu dibutuhkan agar guru mampu melakukan refleksi terhadap cara mengajarnya. Apakah cara mengajarnya sudah baik dan inovatif atau masih membosankan. Jika sudah diketahui atau diidentfikasi kira-kira apa yang kurang dalam pembelajarannya, guru bisa memikirkan solusinya, sehingga kekurangan itu bisa segera diperbaiki dan pembelajaran di dalam kelas juga akan semakin baik.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian pendidikan dapat secara aktif meningkatkan kualitas pembelajaran matematika oleh guru. Dengan penelitian, dapat memahami guru dan situasi proses pembelajaran manakah yang dapat dikembangkan. Poses ini termasuk analisis masalah yang dijumpai dalam pembelajaran, penerapan perencanaan pembelajaran, observasi dan evaluasi dengan metode dan teknik yang tepat. Dari proses tersebut dapat muncul problem baru yang mana peneliti butuh untuk mengembangkan planning, acting, observing, dan reflecting

    ReplyDelete
  27. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan tahapan-tahapan penelitian yang diungkapkan Zuber dan Skerrit (1992), kita dapat menyimpulkan bahwa saat guru yang menjadi peneliti, maka tahapan tersebut akan sangat mudah dilalui, karena guru sendiri lah yang mengalami pembelajaran yang akan diteliti. Juga akan menguntungkan bagi guru karena guru akan mendapatkan hasil penelitiannya yang akan dapat langsung diterapkan, juga akan bermanfaat bagi guru-guru lain yang memiliki permasalahan yang sama namun sudah ditemukan solusi yang tepat

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Melakukan penelitian merupakan tindakan ilmiah yang baik bagi seorang guru untuk mengembangkan diri. Guru dapat meneliti sendiri praktek pembelajaran yang ia lakukan di kelas misalnya dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang penting bagi guru terutama dalam rangka memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan pembelajaran yang ada dalam kelas. Dengan begitu, guru yang aktif meneliti akan memberikan peluang bagi ia untuk menemukan atau setidaknya mampu memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapinya di dalam kelas saat melakukan pembelajaran. Adapun, hal yang paling penting dalam melakukan penelitian tindakan kelas adalah guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran menjadi lebih efektif.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya setuju bahwa guru sangat perlu untuk melakukan penelitian terhadap pengajaran yang dilaksanakan nya. Sehingga guru dapat melakukan evaluasi terhadap metode yang digunakan dalam pembelajarannya. Apabila hal ini dilakukan, guru dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan kualitas serta profesionalitas diri sebagai pengajar. Selanjutnya hasil penelitian tersebut juga dapat digunakan untuk guru lain, atau dijadikan bahan untuk kajian pada tingkat universitas oleh calon guru maupun peneliti dibidang pengembangan kurikulum dan pendidikan.

    ReplyDelete
  30. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Penelitian tindakan kelas atau action research perlu dilakukan oleh seorang guru dalam kelasnya, tujuannya adalah untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di dalam kelasnya. Action reasearch ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap guru, karena melalui action research ini guru dapat memantau sampai sejauh mana efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan dan juga bagaimana kesulitan siswa dalam belajar serta bagaimana solusinya. sehingga guru mempunyai referensi sebagai bekal untuk evaluasi proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  31. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Menurut Zuber, dkk penelitian tindakan dapat mencakup mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam matematika mengajar proses pembelajaran, merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil dari komunikasi simetris antara peneliti dan guru, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi efektivitas strategi, mencerminkan hasil, kesimpulan dan atau masalah baru yang diidentifikasi, mengulangi siklus sampai mereka dengan praktek ditingkatkan dan melaporkan temuan

    ReplyDelete
  32. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Guru memerlukan inovasi dan pengembangan dalam pembelajaran yang bersifat konstan dan kontinu. Dalam proses inovasi dan pengembangannya, guru membutuhkan banyak referensi dan pertimbangan. Dalam proses yang dilakukannya maka guru perlu mengetahui dirinya dan merefleksi serta mengukur dirinya sendiri. Hal-hal tersebut hanya dapat diketahui melalui penelitian sehingga guru tetap memerlukan penelitian terhadap dirinya sendiri.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Untuk mencapai tujuan dalam suatu pembelajaran seorang guru harus benar-benar memfasilitasi siswanya. Oleh karena itu guru harus menciptkan pembelajaran inovatif. Untuk itu guru harus melakukan penelitian dalam kelasnya sendiri, agar guru dapat mengetahui bagaimana kondisi kelas dan metode apakah yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  34. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Secara khusus menurut (Zuber dan Skerrit, 1992) penelitian tindakan dapat mencakup tindakan berikut: Mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam matematika mengajar proses pembelajaran. Merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil dari komunikasi simetris antara peneliti dan guru. Menerapkan dan menguji strategi. Mengevaluasi efektivitas strategi. Mencerminkan hasil. Kesimpulan dan atau baru masalah yang teridentifikasi. Mengulangi siklus sampai mereka dengan praktek ditingkatkan. Melaporkan temuan.

    ReplyDelete
  35. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian dilakukan untuk menentukan suatu pembelajaran yang efektif, menentukan solusi dari permasalahan yang terjadi. Penting bagi guru untuk melakukan penelitian, karena untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas, sehingga dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di kelas dan menemukan solusi yang efektif agar proses pembelajaran ke depan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pembelajaran yang baik dan akan mencapai tujuan yang diinginka jika terdapat interaksi berupa diskusi antara guru dan murid serta murid dan murid itu sendiri. Pembelajaran yang mengandung ketrampilan akan memudahkan siswa dalam melakukan pemecahan masalah yang berhubungan dengan situasi sehari-hari. Tujuan penelitian pendidikan untuk memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan dari kehidupan nyata dengan cara merefleksikan pengalaman yang ada. Dengan demikian tujuan lain dari penelitian ini ialah agar guru terbiasa berinovasi dalam praktek mengajarnya.

    ReplyDelete
  37. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sebagai guru, terkadang kita menemukan masalah: (1) mencakup berbagai kebutuhan kompetensi akademik, (2) mempromosikan cara belajar siswa yang aktif. Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk secara aktif memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika sekunder yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan konkretnya. Karena merefleksikan suatu pengalaman itu sangat besar manfaatnya.

    ReplyDelete
  38. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016

    Seorang guru dalam menjalankan tugasnya diharapkan terus-menerus melakukan Langkah-langkah untuk menemukan masalah dalam bentuk tindakan perbaikan, mengamati, dan melakukan refleksi serta mencarikan solusinya, ini merupakan langkah-langkah inovatif yang berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Langkah inovatif ini sebagai bentuk perubahan cara pandang guru tersebut dapat dilihat dari pemahaman dan penerapan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini, karena dalam proses pembelajaran, guru adalah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan. Peningkatan kualitas pembelajaran, merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang semakin pesat. Perkembangan Ipteks mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.

    ReplyDelete
  39. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Menjadi peneliti bukan hal yang susah tetapi menumbuhkembangkan jiwa meneliti adalah suatu pekerjaan yang tidak sederhana. Guru-guru kita pada umumnya adalah lulusan perguruan tinggi, yang notabene semua perguruan tinggi di Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk membuat penelitian atau membuat laporan akhir, dalam rangka memperoleh gelar sarjana. Secara tidak langsung ilmu dasar tentang teknik-teknik meneliti sudah dimiliki oleh para guru kita. terdapat beberapa penekanan yang berbeda dalam penelitian yang dilakukan oleh guru. Seorang guru peneliti dapat melakukan penelitian kelas untuk menganalisis dan meningkatkan aspek gaya mengajarnya. Guru lain dapat melakukannya untuk mempelajari ketrampilan mengajar tertentu untuk siswa dengan kemampuan tertentu. Guru yang lainnya lagi dapat menyelidiki aspek penggunaan model-model pembelajaran.

    ReplyDelete
  40. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Guru membutuhkan penelitian (refleksi) di dalam pengajarannya. Karena sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah penelitian. Dengan adanya penelitian terhadap pengajaran ataupun yang berhubungan dengan kelasnya, guru dapat mengambil pelajaran dari penelitian tersebut. Sehingga dengan demikian guru akan terus mengintrospeksi dirinya dalam mengajar di kelas. Guru akan menjadi lebih memahami permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya

    ReplyDelete
  41. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Guru membutuhkan penelitian (refleksi) di dalam pengajarannya. Karena sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah penelitian. Dengan adanya penelitian terhadap pengajaran ataupun yang berhubungan dengan kelasnya, guru dapat mengambil pelajaran dari penelitian tersebut. Sehingga dengan demikian guru akan terus mengintrospeksi dirinya dalam mengajar di kelas. Guru akan menjadi lebih memahami permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya

    ReplyDelete