Feb 12, 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?




By Marsigit

As a teacher we sometimes found the problems of: (1) covering the various needs of academic competencies, (2) promoting students active ways of learning. For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching. A rather old reference, Cockroft Report (1982) suggested that good teaching practice in all level of mathematics education should give opportunities for exposition by the teacher, discussion between teacher and pupils and between pupils themselves, appropriate practical work, consolidation and practice of fundamental skills and routine, problem solving, including the application of mathematics to everyday situations and investigational work.

The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching.

The process of a certain research may include problem analysis and a strategic plan, implementation of a strategic plan, observation and evaluation of the action by appropriate methods and techniques, reflection on the results of the evaluation and on the whole action and research process (Zuber and Skerritt, 1992). Due the process lead of a new problem hence the researcher sometimes need to develop cycle of planning, acting, observing and reflecting.

The researcher needs to fill in the specific conditional features for each level that partaining to the chosen area of action. Although there are multiple perspectives from which research on teaching can be approached and multiple interpretations of teaching act, one underlying theme needs to be more adequately addressed (Koehler and Grouws in Grouws, 1984). An educational research may bound territory in which events or processes occur over a specified period.

Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings.

31 comments:

  1. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Evaluasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru, karena dengan melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita kerjakan maka, akan menghasilkan suatu metode yang baru, guna memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnhya. Seperti halnya seorang guru. Guru harus rendah hati untuk tidak mengakui bahwa semua metode yang telah dilakukan sudahlah hal yang sangat baik, karena pasti terdapat hal-hal yang disadari ataupun tidak telah menyalahi aturan dari suatu metode ajar yang kita lakukan. Maka sebagai seorang guru sangat penting untuk mengevaluasi metode mengajar yang telah dilakukan selama ini. Salah satu caranya yang sering dilakukan saat ini adalah dengan Lesson Study. Sehingga guru nantinya dapat memperoleh masukan dari pengawas, dosen ataupun ahli untuk perbaikan pembelajaran ketahap selanjutnya.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Evaluasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru, karena dengan melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita kerjakan maka, akan menghasilkan suatu metode yang baru, guna memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnhya. Seperti halnya seorang guru. Guru harus rendah hati untuk tidak mengakui bahwa semua metode yang telah dilakukan sudahlah hal yang sangat baik, karena pasti terdapat hal-hal yang disadari ataupun tidak telah menyalahi aturan dari suatu metode ajar yang kita lakukan. Maka sebagai seorang guru sangat penting untuk mengevaluasi metode mengajar yang telah dilakukan selama ini. Salah satu caranya yang sering dilakukan saat ini adalah dengan Lesson Study. Sehingga guru nantinya dapat memperoleh masukan dari pengawas, dosen ataupun ahli untuk perbaikan pembelajaran ketahap selanjutnya.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    The practice of teaching mathematics will always bear fruit problems, because basically the students who learn have different characters and backgrounds. Difficulties and obstacles in teaching mathematics, can be a topic of research conducted by teachers to improve the quality of teaching and learning process of mathematics in the classroom. The research process can include problem analysis and strategic planning, observation, implementation, and evaluation. This kind of classroom action research, should be done in depth in order to really solve problems in the classroom. Classroom action research according to Zuber and Skerrit, is appropriate enough to apply to a problem in a class. So it is expected that the solution used can really solve the existing problems, can change the conditions and learning situations to be better, and of course the main goal is for mathematics learning results to increase.

    ReplyDelete
  4. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Penelitian pengajaran guru dengan evaluasi menurut saya diperlukan, karena banyak hal yang pembaruan pada masanya, dalam pembelajaran Matematika spesifikasinya.
    Dikuatkan dengan data "Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings."

    Bahwa penelitian tindakan kelas juga akan mengidentifikasi masalah sampai menyelesaikan masalah tersebut dalam sistem pengajaran
    Sebagai guru, yang memiliki murid-murid yang banyak juga mereka bisa belajar dari luar tidak hanya di kelas, dengan menggunakan cyber siswa mampu belajar sesuai dengan apa yang mereka sukai, terlebih lagi menggunakan cyber menjadi salah satu fenomena yang tidak bisa pungkiri bahwa siswa dan orangtua murid mampu mengaksesnya dengan mudah, dan diberikan langkah-langkah bagaimana penyelesaiian dengen cepat pada pengerjaan soal-soal yang membutuhkan waktu lebih lama jika dihitung manual

    ReplyDelete
  5. Seorang guru yang bertanggungjawab atas hasil atau kesuksesan siswa dalam pembelajaran selama 1 tahun pelajaran, sudah semsetinya senantiasa melakukan penelitian tindakan dalam kelasnya. Hal ini guna untuk memperbaiki kualitas dari pembelajaran, guru akan mengetahui kelemahan apa dalam proses pembelajaran yang telah berlangsung, dengan demikian untuk pertemuan pembelajran selanjtnya dapat berlangsung lebih baik lagi.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    I totally agree with this sentence: “For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching.” By conducting the research, teacher will be able to indicate the strength and the weakness of teaching model they used. The result of the research become crusial input to change or continuing the teaching model. In conducting a research, teachers should understand the right steps, such a cycle of planning, acting, observing and reflecting. Teachers have to repeat that cycle again and again until the result getting improved.

    ReplyDelete
  7. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pengalaman adalah guru yang sebenarnya. Berdasar dari hal ini seorang guru harusnya senantisa belajar dari pengalaman mengajar untuk tahu, bagian mana yang masih kurang, bagian mana yang salah, bagian mana yang perlu ditambah, bagian mana yang perlu dikurang, bagian mana yang perlu diperbaiki. Guru yang selalu merefleksikan pembelajarannya akan dapat mengerti kebutuhan siswanya, maka siswa akan mendapatkan perlakuan yang lebih tepat, siswa akan dapat membentuk konsepnya dengan benar, siswa akan lebih dapat berpikir logis, kritis, kreatif dan aktif, dll.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Guru butuh penelitian untuk memperbaiki dan mengembangkan pengajaran yang dilakukannya agar sesuai dengan tuntutan zaman. Zaman terus berkembang, maka tantangan pun akan semakin beragam. Guru merupakan faktor penting dalam pendidikan. Pendidikan diperlukan untuk mempersiapkan anak agar memiliki ilmu yang dapat digunakan untuk menghadapi segala tantangan yang ada.

    ReplyDelete
  9. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya, seorang guru sangat perlu dan dianjurkan untuk mengadakan penelitian terkait dengan pengajaran yang ia lakukan. Akan sangat banyak manfaat yang dapat diambil oleh guru jika ia melaksanakan penelitian terhadap pembelajaran yang dilaksanakannya. Pertama, melalui penelitian guru dapat melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakannya. Apakah pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Secara tidak langsung dengan melaksanakan evaluasi, guru juga dapat memperbaiki praktik mengajarnya yang sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh siswa. Selain itu, guru juga dapat menganalisis masalah, kendala atau kekurangan yang ditemui dalam pembelajaran sehingga pada pembelajaran berikutnya dapat dilaksanakan dengan tepat. Selanjutnya manfaat yang menguntungkan bagi guru adalah ia dapat mempromosikan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakannya sehingga dapat mengembangkan model pembelajaran matematika selanjutnya.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Guru sebaiknya mampu mengcover kebutuhan siswa dan mendedikasikan diri secara maksimal untuk mencerdaskan bangsa. Meski kadang masih banyak guru yang belum tercukupi sehingga menjadi problema untuk peningkatan mutunya sebagai seorang pendidik. Namun, guru perlu mengkaji kemampuan mengajarnya sendiri sehingga mampu meningkatkan profesionalitasnya.

    Untuk guru, penelitian tertentu dapat membantu mereka untuk mengembangkan model untuk mengajar matematika. Tujuan dari educational research dapat secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika atas dasar posisi ideal model pengajaran yang baik matematika sekunder dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui / pengalaman konkret nya dan mengamati dan merefleksikan pengalaman itu.

    ReplyDelete
  11. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Setelah menjadi seorang pendidik, tugas guru tidak hanya mengajar saja, tetapi guru harus selalu mengembangkan kompetensinya (kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) hal tersebut dapat didukung dengan menambah referensi, melakukan penelitian, dan mengikuti pelatihan, karena pada hakikatnya pendidikan merupakan sepanjang hayat tidak ada batasan sesorang berhenti belajar karena dia telah nyaman dengan profesi yang dikerjakan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Adapun tujuan dari penelitian pendidikan bisa secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan posisi ideal model yang baik mengajar matematika sekunder dan atas dasar asumsi bahwa guru mampu belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaat mencolok dari penelitian karena itu adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkan.

    ReplyDelete
  13. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Guru perlu untuk melakukan penelitian. Salah satu alasannya adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru di kelas. Dengan melakukan penelitian, misalnya penelitian tindakan kelas, guru dapat menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Selain itu, dengan meneliti kelasnya, guru akan mengetahui dengan detail kekurangan dalam kelasnya, mengevaluasi keefektifan strategi yang telah dilaksanakan, serta meningkatkan kualitas pengajarannya.

    ReplyDelete
  14. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Dua hal yang perlu dilakukan guru adalah meningkatkan kompetensi akademis dan menerapkan pembelajaran yang aktif bagi siswa. Keduanya dapat dikembangkan secara bersama-sama dengan jalan melakukan penelitian terhadap kegiatan belajar yang dilakukannya. Dengan adanya penelitian, guru bisa mengetahui apa kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan selama proses pembelajaran guna memperbaiki komptensi akademis dan menemuka strategi pembelajaran aktif yang efektif untuk diterapkan dalam kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Penelitian tindakan merupakan cara efektif bagi seorang guru dalam melakukan cara, model, strategi, dan pendekatan yang dilakukan untuk siswanya. Apalagi penelitian tindakan menjadi salah satu bentuk yang dapat digunakan guru dalam best practice-nya. Selain itu sekarang telah banayk wadah atau ajang seperti lomba dari kementrian atau universitas-universitas yang dapat dijadikan sarana guru untuk menunjukkan penelitian tindakan yang dia lakkan. Guru juga dapat mempelajari dari peserta dari guru-guru lain yang memiliki cara peneitian tindakan kelas. Menurut saya lomba-lomba seperti ini akan menjadi wadah para guru untuk saling berdiskusi dan menambah pengetahuannya, dan lebi mengeksplore kemampuannya, karena yang saya amati masih jarang wadah yang memberikan kesempatan guru untuk membagikan pengalamannya.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Seorang guru dalam menjalankan tugasnya diharapkan terus-menerus melakukan Langkah-langkah untuk menemukan masalah dalam bentuk tindakan perbaikan, mengamati, dan melakukan refleksi serta mencarikan solusinya, ini merupakan langkah-langkah inovatif yang berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Langkah inovatif ini sebagai bentuk perubahan cara pandang guru tersebut dapat dilihat dari pemahaman dan penerapan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini, karena dalam proses pembelajaran, guru adalah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan. Peningkatan kualitas pembelajaran, merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang semakin pesat. Perkembangan Ipteks mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.

    ReplyDelete
  17. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Guru sebagai peneliti yang meneliti proses pembelajaran yang dilakukan adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan oleh setiap guru. Hal ini dilakukan untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran.Selain itu, dengan melakukan penelitian guru dapat mendiagnosis kesulitan dan berbagai kareakteristik siswa. Dengan begitu, diharpakan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang mampu memfasilitasi berbagai karakteristik dan kebutuhan siswa. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Seorang guru bertanggung jawab untuk memperbaiki profesionalisme nya di hadapan siswa dan sekolah, serta orangtua siswa. Guru yang baik adalah guru yang menyadari kekurangan dan keterbatasannya dalam mengajar sehingga berniat untuk melakukan perbaikan. Hasil belajar siswa yang rendah, motivasi belajar siswa yang menurun, serta ketidakaktifan siswa di kelas bisa jadi merupakan kelemahan dari guru.

    ReplyDelete
  19. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Praktik pengajaran yang baik dalam pendidikan matematika harus memberi kesempatan untuk eksposisi oleh guru, diskusi antara guru dan murid dan antara murid sendiri, kerja praktek yang tepat, konsolidasi dan praktik keterampilan dasar dan rutin, pemecahan masalah, termasuk penerapan matematika terhadap situasi sehari-hari dan Pekerjaan investigasi. Guru perlu melakukan penelitian pendidikan pada cara mengajarnya. Manfaat dari penelitian ini adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar dapat ditingkatkan.

    ReplyDelete
  20. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Sebagai guru pasti tidak akan pernah lepas dari masalah pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru pun tetap perlu melakukan riset untuk mencari solusi dari pemasalahan pembelajaran yang ia temui, sehingga pada akhirnya guru pun dapat menemukan obat dari masalah yang ia tersebut dan memperbaiki pembelajarannya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Guru sangat perlu memerlupan penelitian yang dilakukan sendiri. dengan melalukan penelitian sendiri, guru mampu mengetahui masalah yang berkembng di kelas dan menetahui solusinya sendiri. dengan begitu guru mampu mengkonstruk solusi yang dapat diterapka dikelasnya.

    ReplyDelete
  22. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari judul tulisan di atas. Jawaban dari pertanyaaan apakah guru perlu melakukan penelitian? Jawabannya tent saja ya. Penelitian adalah suatu usaha unntuk mendapatkan ilmu serta untuk mengembangkan pendidikan pula. Dengan menggunakan metodelogi tertentu. Sehingga penelitian adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh guru agar pembelajaran nya selalu meningkat. Ini juga mendukung agar guru tersebut dapat mencapai profesional. Penelitian juga dapat berupa pengembangan suatu perangkat pembelajaran atau yang menghasilkan produk baru dalam pembelajaran sehingga kualitas pembelajaran menjadi meningkat. Seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Marsigit di kelas, suasana sekarang adalah suasana penelitian. Tidak hanya guru saja yang melakukan penelitian. Siswa juga diharapkan melakukan penelitian yaitu misalkan dengan belajar menggunakan metode penemuan terbimbing itu termasuk penelitian. Kemudian kepala sekolah juga sebagai peneliti bagaimana mengembangkan sekolahnya. Intinya suasana penelitian. Sehingga ketika dinaikkan tingkatannya dalam filsafat maka sejatinya kehidupan adalah penelitian juga. Karena hakikat penelitian yaitu rasa ingin tahu. Tetapi yang perlu diingat tidak semua hal harus kita ketahui, karena ada beberapa bahkan banyak hal yang hanya bisa kita yakini, yaitu iman ikhlas dan tuhan.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    s2 pmat c 2017

    dengan melakukan research / penelitian, guru mampu untuk mengevaluasi apakah metode pembelajaran yang ia terapkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa. evaluasi tersebut bermanfaat bagi guru untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan metode yang selma ini digunakan di dalam kelas, sehingga harapannya guru dapat melakukan perbaikan atas kekurangan yang ada. Pada akhirnya manfaat yang paling utama adalah dengan adanya penelitian, maka pembelajaran di dalam kelas akan menjadi lebih optimal.

    selain itu, manfaat lain adalah guru diharapkan mampu mempublikasikan hasil penelitian mereka sehingga guru-guru lain dapat menjadikannya sebagai referensi. Guru-guru lain tersebut jjuga dapat memberikan evaluasi terhadap penelitian yang dilakukan.

    jika hal-hal seperti ini dilakukan oleh setiap guru, semoga pendidikan di Indonesia bisa mengalami peningkatan kualitas.

    Kesimpulan dari saya bahwa penelitian oleh Guru adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

    terimakasih

    ReplyDelete
  24. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Dengan melakukan beberapa penelitian, guru dapat mengevaluasi apakah metode mereka layak untuk diajarkan kepada siswa mereka. Jika mereka sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan metode pengajaran mereka, mereka akan dapat memperbaiki kualitas metode pengajaran mereka. Sehingga proses belajar bisa berjalan optimal. Selain itu, dengan melakukan beberapa penelitian, guru dapat mempublikasikan hasil penelitian mereka sehingga guru lainnya dapat belajar dari hasil penelitian tersebut. Dan kemudian, mereka bisa mengevaluasi hasilnya satu sama lain sehingga metode pengajaran di Indonesia dapat ditingkatkan.

    ReplyDelete
  25. Arina Husna Zaini
    PEP S2
    17701251024

    Perlu sekali bagi guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang dilakukannya selama ini. Evaluasi pembelajaran ini bisa dilkukan dengan melakukan penelitian mandiri oleh guru dengan memperhatikan poin-poin pentin yang disampaikan pada artikel diatas. Yakni mengidentifikasi dan menganalisis maslah yang timbul dalam proses pembelajaran matematika, merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris diantara para peneliti dan guru, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi keefektifan strategi, mencerminkan hasilnya, kesimpulan , mengulas siklus samapi praktik dan hasil yang diperoleh dipandang baik serta melaporkan temuan sebagai bahan pertimbangan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  26. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas semua sumber informasi nya disajikan, saya percaya bahwa dalam proses pembelajaran guru menemukan banyak masalah di dalamnya bahkan yang sudah professional sekalipun pasti menemui masalah. Maka dari itu penelitian sangat dibutuhkan guna mencari solusi dari permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  27. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Salah satu masalah yang seringkali dihadapi guru adalah bagaimana mengembangkan pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Maka penelitian menjadi dalah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan model pembelajaran matematika yang mengaktifkan siswa. Dengan melakukan penelitian guru dapat secara aktif memperbaiki pembelajaran yang dilakukan agar dapat mengaktifkan siswa. Karena itulah penting bagi seorang guru untuk melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  28. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu cara untuk mengembangkan kompetensi guru/calon guru pada zaman sekarang adalah dengan membuat suatu proses kegiatan yang disebut dengan research. Kegiatan ini mengajak serta mengajarkan guru/calon guru untuk menjadi penulis dalam menghasilkan sebuah karya, baik berbentuk proceding maupun dalam bentuk jurnal. Karena guru yang hebat adalah guru yang mampu menjual ide-ide kreatifnya serta mampu mennghasilkan suatu karya yang dapat membuatnya dikenal oleh para kaum akademisi yang lain. Namun, untuk mewujudkan hal ini bukanlah suatu perkara yang mudah melainkan memerlukan latihan, bimbingan, dan pembiasaan karena melalui tulisan seseorang mampu meningkatkan kemampuan notions-nya baik dalam berbahasa ilmiah mamupun dalam berbahasa filsafat.

    ReplyDelete
  29. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    In my opinion, teachers need to research their own teaching. However, how do teachers research their own teaching? They can record their teachings, do some observation, ask students to fill in some questionnaires. There is a method called action research which facilitates teacher on doing their research. Moreover, living is a research, thus as long as we are still alive, we should research everything, including our teaching. We don't want to be outdated teachers, don't we? By researching of our own teaching styles, our teaching processes, there will be improvements in our competences. By researching too, we can evaluate our bad teaching qualities, and we can contribute better in the future. So, do teachers need to research their own teaching? The answer is... Yes, they do.

    ReplyDelete
  30. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Segala sesuatu yang kita lakukan memerlukan evaluasi. evaluasin yang kita lakukan sebenarnya merupakan penelitian yang sangat sederhana mengenai pembelajaran yang telah kita lakukan misalnya. saat kita memberikan metode pembelajaran A pada siswa kelas K, kemudian di akhir pembelajaran atau akhir bab kita melakukan evaluasi pada siswa. Pada hakikatnya evaluasi yang kita lakukan ialah mengujia seberapa efektif pembelajaran yang telah kita lakukan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  31. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Ada istilah peer-teaching yang dapat dilakukan sebagai alternatif untuk penelitian atau refleksi pembelajaran yang telah kita lakukan. Dengan adanya peer-teaching ini kita akan mendapatkan masukan dan feed-back mengenai pembelajaran yang telah kita lakukan. Masuan dari partner tersebut yang akan kita gunakan sebagai bahan eveluasi pembelajaran dan pertimbangan untuk menentukan kegiatan pembelajaran selanjutnya yang akan kita lakukan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete