Feb 12, 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?




By Marsigit

As a teacher we sometimes found the problems of: (1) covering the various needs of academic competencies, (2) promoting students active ways of learning. For the teachers, a certain research may help them to develop model for mathematics teaching. A rather old reference, Cockroft Report (1982) suggested that good teaching practice in all level of mathematics education should give opportunities for exposition by the teacher, discussion between teacher and pupils and between pupils themselves, appropriate practical work, consolidation and practice of fundamental skills and routine, problem solving, including the application of mathematics to everyday situations and investigational work.

The purpose of educational research can be to actively improve practice of mathematics teaching on the basis of ideal position of good model of secondary mathematics teaching and on the basis of assumption that the teacher can learn and create knowledge through his/her concrete experience and observing and reflecting on that experience. The striking benefits of the research therefore is that understanding of the teacher and the situation of teaching learning processes is to be improved. Teacher is perceived to be co-worker in doing research and the researcher is not considered to an outside expert. Thus, the approach of the research is an evaluative-reflective-participatory-critical collaborative inquiry of teaching.

The process of a certain research may include problem analysis and a strategic plan, implementation of a strategic plan, observation and evaluation of the action by appropriate methods and techniques, reflection on the results of the evaluation and on the whole action and research process (Zuber and Skerritt, 1992). Due the process lead of a new problem hence the researcher sometimes need to develop cycle of planning, acting, observing and reflecting.

The researcher needs to fill in the specific conditional features for each level that partaining to the chosen area of action. Although there are multiple perspectives from which research on teaching can be approached and multiple interpretations of teaching act, one underlying theme needs to be more adequately addressed (Koehler and Grouws in Grouws, 1984). An educational research may bound territory in which events or processes occur over a specified period.

Specifically, action research may cover the following action (Zuber and Skerrit, 1992) : (1) identifying and analyzing problems arising in mathematics teaching learning processes, (2) designing the strategies for solving the problems as a results of symmetrical communication among the researchers and the teacher, (3) implementing and testing the strategies, (4) evaluating the effectiveness of the strategies, (5) reflecting the results, (6) arriving at conclusion and/or newly identified problems, (7) repeating the cycle until they were with the improved practice, (8) reporting the findings.

10 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sebagai guru, terkadang kita menemukan masalah: (1) mencakup berbagai kebutuhan kompetensi akademik, (2) mempromosikan cara belajar siswa yang aktif. Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk secara aktif memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika sekunder yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan konkretnya. Karena merefleksikan suatu pengalaman itu sangat besar manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016

    Seorang guru dalam menjalankan tugasnya diharapkan terus-menerus melakukan Langkah-langkah untuk menemukan masalah dalam bentuk tindakan perbaikan, mengamati, dan melakukan refleksi serta mencarikan solusinya, ini merupakan langkah-langkah inovatif yang berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Langkah inovatif ini sebagai bentuk perubahan cara pandang guru tersebut dapat dilihat dari pemahaman dan penerapan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini, karena dalam proses pembelajaran, guru adalah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan. Peningkatan kualitas pembelajaran, merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang semakin pesat. Perkembangan Ipteks mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Menjadi peneliti bukan hal yang susah tetapi menumbuhkembangkan jiwa meneliti adalah suatu pekerjaan yang tidak sederhana. Guru-guru kita pada umumnya adalah lulusan perguruan tinggi, yang notabene semua perguruan tinggi di Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk membuat penelitian atau membuat laporan akhir, dalam rangka memperoleh gelar sarjana. Secara tidak langsung ilmu dasar tentang teknik-teknik meneliti sudah dimiliki oleh para guru kita. terdapat beberapa penekanan yang berbeda dalam penelitian yang dilakukan oleh guru. Seorang guru peneliti dapat melakukan penelitian kelas untuk menganalisis dan meningkatkan aspek gaya mengajarnya. Guru lain dapat melakukannya untuk mempelajari ketrampilan mengajar tertentu untuk siswa dengan kemampuan tertentu. Guru yang lainnya lagi dapat menyelidiki aspek penggunaan model-model pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Guru membutuhkan penelitian (refleksi) di dalam pengajarannya. Karena sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah penelitian. Dengan adanya penelitian terhadap pengajaran ataupun yang berhubungan dengan kelasnya, guru dapat mengambil pelajaran dari penelitian tersebut. Sehingga dengan demikian guru akan terus mengintrospeksi dirinya dalam mengajar di kelas. Guru akan menjadi lebih memahami permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya

    ReplyDelete
  5. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Guru membutuhkan penelitian (refleksi) di dalam pengajarannya. Karena sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah penelitian. Dengan adanya penelitian terhadap pengajaran ataupun yang berhubungan dengan kelasnya, guru dapat mengambil pelajaran dari penelitian tersebut. Sehingga dengan demikian guru akan terus mengintrospeksi dirinya dalam mengajar di kelas. Guru akan menjadi lebih memahami permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya

    ReplyDelete
  6. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk secara aktif memperbaiki praktik pengajaran matematika berdasarkan posisi ideal model pengajaran matematika sekunder yang baik dan berdasarkan asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan pengamatan konkretnya. Guru dianggap rekan kerja dalam melakukan penelitian dan peneliti tidak dianggap sebagai ahli dari luar. Dengan demikian, pendekatan penelitian adalah penyelidikan kolaboratif evaluatif-partisipatif-kritis untuk pengajaran. Setelah menjadi seorang pendidik, tugas guru tidak hanya mengajar saja, tetapi guru harus selalu mengembangkan kompetensinya (kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) hal tersebut dapat didukung dengan menambah referensi, melakukan penelitian, dan mengikuti pelatihan, karena pada hakikatnya pendidikan merupakan sepanjang hayat tidak ada batasan sesorang berhenti belajar karena dia telah nyaman dengan profesi yang dikerjakan.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami tidak ada langkah/proses pembelajaran yang sempurna yang bisa diterapkan di mana saja, kapan saja dan dengan situasi apa saja. Pada setiap pembelajaran pastinya akan menghadapi kendala dan masalah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini guru perlu melakukan penelitian dengan tujuan memperbaiki pembelajarannya berdasarkan permasalahan-permasalahan yang selama ini dihadapi. Tentunya dalam penelitian ini diharapkan dilakukan berdasarkan inisiatif sendiri dan berdasarkan masalah riil yang dihadapi saat pembelajaran selama ini berlangsung. Dengan melakukan penelitian, guru juga akan meningkatkan kompetensinya sebagai seorang guru.

    ReplyDelete
  8. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Penelitian dalam pengembangan pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam ini kualiras mengajar guru dan kualitas belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya. Sebagai seorang guru atau calon guru sangat penting untuk melakukan penelitian dalam pengembangan pendidikan matematika agar diperoleh pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan zaan.
    Salah satu penelitian yang dapat dilakukan adalah Learning Study. Pengembangan pendidikan matematika dapat dilakukan melalui Learning Study, dimana terdapat banyak pihak dari instansi pendidikan yang mengupayakan pencarian pengetahuan tentang pembelajaran yang efektif digunakan untuk pelajran matematika. Metode pembelajaran yang dipilih adalah metode yang sedang menjadi tren saat ini seperti pembelajaran saintifik, model diskusi, penemuan terbimbing dan sebagainya. Tentu saja kegiatan ini dilakukan oleh para guru dan diakhir Learning Study diadakan diskusi yang bertujuan untuk bertukar pendapat. Dengan penelitian ini diharapkan semakin berkembangnya pendidikan matematika, khususnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Seperti yang saya katakan di postingan sebelumnya tentang pentingnya penilitian, eorang guru dituntut untuk menjadi pendidik yang profesional sekaligus peneliti yang profesional. Maksudnya, guru bisa menjadi peneliti di dalam proses belajar mengajar yang sedang dilakukan. Objeknya bisa dirinya sendiri dan bisa ke siswa. Guru bisa meneliti fenomena-fenomena apa yang terjadi dengan siswa selama pembelajaran, apakah dari hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa, atau kemampuan siswa. Dengan adanya identifikasi masalah-masalah tersebut dapat menjadi motivasi/langkah guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  10. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Guru memerlukan penelitian terhadap pelaksanaan pembelajarannya sendiri. Guru yang ingin mengembangkan potensinya dalam membelajarkan siswa, dapat belajar dari pengalamannya selama mengajar. Pembelajaran yang telah dilakukan segera direfleksikan sehingga dapat diketahui apa saja yang perlu ditingkatkan dan apa saja yang perlu diubah. Dalam merefleksikan pembelajarannya tentu memerlukan kolaborasi antar guru. Dengan demikian masing-masing guru akan lebih detail dalam melakukan perbaikan. Maka tugas guru ialah terus menerus belajar, melakukan pengembangan diri, dan menyesuaikan pembelajran dengan perubahan zaman. Meskipun sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun sekalipun guru tetap harus senantiasa mengembangkan kompetensinya.

    ReplyDelete