Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

20 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ternyata kompetensi matematika juga salah satu mengapa intuisi matematika muncul. Adanya intuisi sangat dibutuhkan dalam mempelajari matematika yaitu agar dapat memecahkan permasalahan dalam matematika. Dengan semakin banyak pengalaman yang dimiliki siswa dalam melakukan kompetensi matematika, maka intuisi pada siswa akan semakin berkembang.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hal tersebut karena siswa akan memperoleh pengalaman yang berbeda setiap kompetisi matematika yang dilakukannya sehingga intuisi siswa tersebut dapat berkembang.

    ReplyDelete
  3. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di indonesia, tersirat bahwa kompetensi matematika meliputi kemampuan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan representasi. Kemampuan penalaran sebagai bagian dari kompetensi matematika erat kaitannya dengan kegiatan pembuktian beserta pemberian alasan dan juga kemampuan analisis berdasarkan pada definisi, aksioma, ataupun teorema. Adapun cara untuk menguasai kemampuan penalaran adalah dengan berlatih menggunakan intuisi (berpikir intuitif). Mengasah kemampuan bernalar berarti juga ikut mengasah intuisi matematika. Dengan demkian, kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut Thompson, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Jika materi matematika semakin abstrak, tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut. Proses pemecahan masalah tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini bagaimana guru bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kompetensi matematika juga menghasilkan matematika, guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan kompetensi yang dapat membawa siswa kedalam pemikiran abstrak agar dapat meningkatkan kemampuan matematikanya yang menyebabkan timbulnya perubahan sikap dalam menghadapi suatu problematika yang terjadi dalam kehidupannyata.

    ReplyDelete
  6. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Seperti pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 5 yang menyatakan bahwa Thompson berpendapat bahwa intuisi berperan penting dalam riset matematika dengan kata lain juga berperan dalam membentuk kompetensi matematika. Pada elegi ini dikatakan bahwa selain hal tersebut Thpmson juga menyampaikan bahwa secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan mathematical intuition. Seperti yang ia katakan bahwa ketika materi semakin abstrak pikiran kita akan merujuk pada ide-ide atau pemikiran yang lebih logis atu umum diterima. Hal ini menunjukkan bahwa intuisi kita bekerja dalam proses mencapai kompetensi matematika.
    Hal ini sangat menarik menurut saya. Karena ternyata intuisi bekerja dengan memperluas ruang lingkupnya ketika mencoba memahami hal hal yang abstrak. Intuisi kita akan otomatis merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan materi abstrak tersebut yang lebih mudah dipahami bagi kita. contohnya ketika seseorang untuk pertama kali belajar aljabar. Maka akan lebih mudah jika intuisi kita diarahkan ke hal-hal kehidupan sehari-hari seperti permasalahan matematika yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk aljabar. Tentu saja pada kegiatan ini intuisi kita bekerja dan berkembang dalam rangka memahami materi matematika.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Banyak faktor yang bisa mendukung siswa dalam membangun intuisi dalam bermatematika. Salah satunya adalah kompetensi matematika, ketika siswa memiliki kompetensi dalam matematika sebelum mempelajarinya maka akan semakin mudah untuk membangun intuisi dalam matematika. karena intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman siswa, maka dengan kompetensi yang dimiliki siswa akan banyak memiliki pengalaman-pengalaman sehingga semakin dekat untuk berintuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Setelah budaya matematika, kompetensi matematika juga menghasilkan matematika intuition. Disebutkan bahwa dengan materi yang semakin abstrak, maka dalam bermatematika memerlukan rumusan gagasan yang eksplisit. Gagasan tersebut didapatkan dari gagasan atau pengetahuan yang lain. Terlihat bahwa kompetensi memang begitu penting. Saya melihat di sini untuk memperluas intuisi matematika, diperlukan upaya kita untuk mensintesiskan beberapa pengetahuan matematika yang kita miliki.

    Sangat setuju, selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin

    ReplyDelete
  9. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, sebenarnya di setiap kompetensi dalam berbagai bidang diperlukan intuisi untuk mengapai atau membangunnya. Demikian pula halnya dengan kompetensi matematika. Sepemahaman kami, objek matematika bersifat abstrak. Karena objek matematika yang abstrak ini terkadang seseorang yang belajar matematika perlu untuk berpikir keras secara mendalam dan luas untuk memahaminya. Dan untuk mempelajari sesuatu yang abstrak tersebut, dalam menentukan langkah awal apa yang harus dilakukan/dipelajari pertama kali terlebih dahulu biasanya ditentukan melalui intuisi.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Perkembangan berpikir siswa dapat dilihat dari jenjang dan usia yang dimiliki siswa. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada instuisi siswa tersebut, tentu saja intuisi siswa SD berbeda dengan intuisis siswa SMP apalagi dengan siswa SMA. Oleh karena itu matematika SD adalah matematika realita jangn memaksakan untuk menajdi matematika abstrak karena hal tersebut tidak sesuai untuk intuisinya. Hal ini juga berlaku pada siswa SMP dan SMA, walaupun siswa sudah mampu berpikir secara abstrak tetapi jangan sampai guru menggeneralisasikan bahwa semua siswa sudah mampu berpikir secaara abstrak sehigga guru juga harus menyampaikan dan menyajikan masalah matematika dalam konteks realita agar dengan konteks itu siswa dapat mengembangkan intuisinya dalam bentuk abstrak maka kaitan matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat relevn untuk digunakan.

    ReplyDelete
  11. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kompetensi matematika ditujukan untuk mengasah kemampuan siswa dalam menyelesaikna masalah atau problem solving. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, pembelajaran matematika harus dikaitkan dengan kehidupan nyata atau konkrit. Kemampuan dalam memecahkan masalah dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari sangat perlu diasah untuk membangun intuisi siswa. Intuisi sangat diperlukan bagi siswa khususnya untuk memecahkan masalah matematika. Untuk itu, perlu sekali seorang guru memahami hakekat dari matematika sekolah dan seorang guru juga harus menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  12. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Di dalam meningkatkan intuisi perlu berpedoman pada gagasan lain yang umumnya dapat di terima dan dipahami.Di samping menjadi pengetahuan baru buat guru juga menjadi refrensi di dalam mengembangkan cara mengajar yang diharapkan oleh siswa.Sehingga siswa tidak merasa jenuh ketika belajar karena diakibatkan cara mengajar yang bersifat kaku dan hanya berpatokan pada satu cara mengajar.

    ReplyDelete
  13. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya tidak tahu akan kemampuan dari ilmu matematika itu sendiri. Melalui ulasan ini saya menjadi tahu bahwa ilmu matematika memiliki sifat yang begitu abstrak. Meski saya sendiri juga terkadang bingung dalam memahami keabstrakannya. Bahkan, butuh usaha lebih untuk dapat mengertinya. Berbekal pada gagasan yang telah saya peroleh sebelumnya yaitu pengalaman belajar konsep matematika melalui perhitungan sederhana, inilah yang dapat membantu saya dalam belajar di sekolah formal. Saya sendiri juga terkadang merasa sulit untuk menjelaskan secara logis. Semoga saya memiliki intuisi yang lebih luas saat belajar ilmu eksak. Terima kasih Prof atas ilmu yang diberikan.

    ReplyDelete
  14. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ternyata persaingan juga bisa melahirkan intuisi matematis. Dengan demikian kompetisi para siswa di kelas juga bisa menghasilkan intuisi. Seseorang akan termotivasi untuk belajar jika ada persaingan di sekitar yang mendorongnya untuk selalu menjadi lebih baik. Saya pikir intuisi akan muncul secara alami karena itu.

    ReplyDelete
  15. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Bukan hanya intuisi meningkatkan kompetensi matematika, secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Hal ini menarik karena intuisi di dalam pembelajaran matematika berarti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kompetensi matematika yang dimiliki. Intuisi yang berkembang tersebut penting untuk mengembangkan kompetensi matematika lainnya yang lebih tinggi. Demikian seterusnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa agar intuisinya berkembang sehingga kompetensi matematikanya pun akan berkembang.

    ReplyDelete
  16. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Pembelajaran matematika di sekolah memiliki pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran matematika disekolah tidak hanya berorientasi pada pengguasaan materi saja melainkan menggunakan materi tersebut sebagai alat dan sarana siswa untuk menggapai kompetensi tersebut. Oleh sebab itu, ranah pelajaran matematika harus disesuaikan dengan kompetensi yang harus di capai siswa. Merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa diharapkan dapat mendorong kemampuan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, ketika semkin sulit persoalan yang dihadapi, maka semakin berkembang intuisi seseorang tersebut. Semakin sulitnya persoalan yang dihadapi, semakin berkembang otak kita dalam menghubungkan skema-skema materi satu dengan yang lain untuk menyelesaikan masalah yang terkait. Skema skema pengetahuan lama dan pengetahuan yang baru akan saling terkait dan terhubung. Hubungan-hubungan yang sudah dibuat tadi harus dibiasakan untuk menghadapi soal-soal yang sulit. Sehingga semakin memperkuat intuisi seseorang

    ReplyDelete
  18. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    dari elegi ini, memang tampak bahwa peran guru matematika semakin berat. mereka bertanggung jawab membantu mengembangkan intuisi matematika dari siswa didiknya. ibaratnya dalam sebuah film, guru-guru itu ibarat aktor dan aktrisnya. mereka yang tampil didepan. dengan tidak mengabaikan peran penting lainnya dari berbagai pihak, maka kerjasama yang sistematis sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pendidikan sehingga pada akhirnya akan masuk ke ranah dunia intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  19. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perbedaan individual diantara peserta didik merupakan hal yang tidak mugkin dihindari, karena hampir tidak ada kesamaan yang dimiliki oleh setiap anak kecuali perbedaan itu sendiri. Dengan perbedaan yang dimiliki siswa secara tidak langsung turut berperan aktif dalam membangun semangat dan rasa percaya diri siswa, baik secara fisiologis maupun psikologis terutama dalam menggunakan intuisi untuk berfikir dan bernalar secara kritis.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kompetensi matematika adalah kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika itu sendiri ataupun permasalahan matematika dalam dsebut dalam unia nyata. Macam-macam kemampuan matematika antara lain kemampuan pemecahan masalah, kemampuan bernalar, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat koneksi, dan kemampuan representasi. Berdasarkan penjelasan dalam tulisan ini, kemampuan matematika tersebut dapat menghasilkan intuisi matematika yangmana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa intuisi matematika merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, seyogyanya kita yang bergerak di bidang pendidikan untuk terus memotivasi pihak sekolah agar mengembangkan kompetensi matematika siswa untuk menghasilkan intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete