Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

40 comments:

  1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Setuju dengan thomson bahwa Intusi berkembang melalui kompetensi matematika. Banyaknya siswa yang berada di dalam suatu kelas, maka kemampuan matematika yang mereka miliki kenungkinan besar tidak sama dan jarang pula yang mirip. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kompetensi matematika dari masing-masing siswa diperlukan dorongan, motivasi, dukungan dan perencaaan pembelajaran yang menyenangkan. Dimana siswa dapat enjoy dan nyaman untuk mempelajari matematika, materi yang disampaikan telah di kontekstual kan sehingga siswa memiliki gambaran aplikasi matematika dalam kehidupan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Rumusan gagasan yang dapat diturunkan secara logis dapat memperkaya intuisi matematiaka. Hal ini menjadi tugas besar bagi para pendidik untuk membenahi dan menambah ilmu pengetahuan mengenai kompetensi dalam pembelajaran matematika. Sungguh, guru itu adalah pahlawan yang tiada habisnya jasa yang akan disumbangkan. Usahausaha yang tiada henti untuk tujua yang mulia bagia para siswa. tetapi terkadang, masih ada oknum guru yang hanya mementingkan hasil akhir tanpa melihat proses pembelajaran, dengan kata lain, sering melakukan lompatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    materi matematika tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan yang ada pada materi matematika tersebut. Proses pemecahan masalah yang dilakukan berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini guru harus bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Materi dalam pembelajaran matematika memang cukup kompleks, ada yang melatih kemampuan berhitung siswa, ada juga yang melatih kemanpuan siswa memcahkan masalah, bahkan pada llvel yang lebih tinggi matematika bisa melatih siswa mengembangkan teknologi yang canggih. sehingga pemebelajran semestinya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan siswa, sehingga siswa akan merasa senang dalam belajar.

    ReplyDelete
  5. Pelajaran di sekolah, semakin tinggi tingkatan kelas sekolahnya maka semakin banyak bahan materi abstrak yang mesti guru ajarkan, dan terkdang untuk menghubungkannya dnegan pengalaman nyata para siswa sangat susah. Untuk itu pentingnya mengembangkan kompetensi matematika siswa yang mana jika siswa menguasainya maka akan memperlihatkan ide secara logika dapat lebih mengeneralisasi ide yang yang telah diberikan. Yang mana pada akhirnya akan menghasilkan intuisi matematika.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  6. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam pembelajaran matematika kompetensi dalam matematika merupakan hal penting. Setiap siswa memiliki kompetensi dan kompetensi antara siswa dengan siswa yang lain berbeda-beda. Dalam belajar matematika, siswa berusaha untuk meningkatkan kompetensinya masing-masing dengan fasilitas yang guru berikan. Seorang siswa belajar tentang hal yang semakin lama semakin sulit sehingga berusaha untuk memahaminya melalui penalaran dan gagasan-gagasan yang lebih logis. Proses tersebut akan dapat menghasilkan intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik". matematika dimulai pada anak sekolah dasar adlah matematikan realistik, matematika yang dapat dihitung jika telihat bendanya. namun semakin lama anak mulai diajarkan matematika abstrak dengan menggunakan permisalan -permisalaan tertentu, sehingga matematika dengan variabel dan lain sebagainya.
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi matematika juga dapat dibentuk dengan bantuan dari fasilitator. Fasilitator di sekolah seperti guru. Menjadi guru matematika yang baik bagi peserta didik itu sangatlah susah, apalagi jika kita selalu memberikan matematika murni ke mereka. Hampir keseluruhan siswa akan menganggap matematika itu sulit. Jika siswa sudah menganggap matematika itu sulit, maka intuisi matematika siswa akan sulit juga dikembangkan. Oleh karena itu, sebagai guru yang merupakan pendidik, sebaiknya kita gunakan matematika sekolah yang berhubungan dengan dunia nyata agar peserta didik mampu mengasah intuisi mereka dengan maksimal.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Semakin kompleks suatu materi, semakin besar pula kesempatan untuk memperluas intuisi kita. Semakin abstrak materi matematika, akan memberikan kesempatan yang besar pula bagi kita untuk mengembangkan intuisi menjadi lebih baik. Guru perlu merangsang dengan menggunakan materi-materi matematika kritis untuk mengembangkan kemampuan intuisi siswanya. Kalau perlu guru mengembangkan soal-soal berbentuk open ended untuk mengadopsi banyak jawaban siswa berdasarkan keragaman intuisi yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    1770951059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi matematika dan kompetensi matematika merupakan dua hal yang saling terkait. Intuisi matematika yang baik akan membantu siswa untul lebih meningkatkan kompetensi matematikanya. Sedangkan kompetensi matematika yang baik akan meningkatkan intuisi matematika siswa karena dengan kompetensi yang baik memberikan kesempatan untuk siswa memperoleh pengalaman- pengalaman baru yang dapat meningkatkan kemampuan intuisi matematikanya. Karena itulah sama-sama penting untuk mengembangkan intuisi dan kompetensi matematika.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kompetensi matematika adalah kemampuan seseorang dalam mengolah permasalahan matematika. Dalam pembelajaran matematika, semakin banyak kita menguasai materi matematika maka semakin banyak pula soal pemecahan masalah yang dapat diselesaikan. Kemampuan inilah yang juga akan menghasilkan intuisi karena pada keadaan memecahkan masalah, kita akan terus berpikir dan menggunakan kompetensi yang kita miliki untuk memecahkan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Matematika memiliki banyak macam materi dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dalam memepelajari matematika harus secara bertahap dan benar-banar paham, karena materi yang dipelajari pada saat tertentu mungkin akan digunakan pada materi selanjutnya. Jadi dalam setiap materi harus paham. Hal itu lah yang perlu melibatkan beberapa fungsi kerja indera, sehingga akan mendapatkan berbagai pengalaman dan nantinya akan membentuk sebuah intuisi baru yang sangat berguna untuk kehidupan.

    ReplyDelete
  13. Pratama Wahyu P
    17709251033
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi dapat dihasilkan dari pengalaman. Lalu bagaimana cara menghasilkan intuisi matematika? Salah satunya adalah dari kompetensi matematika. Kompetensi yang baik akan menghasilkan intuisi yang baik dan berlaku juga sebaliknya. Dengan intuisi matematika yang baik, maka kita dapat memahami matematika dengan lebih baik lagi. Jadi kita harus memberikan kompetensi yang baik pada pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi sebagai dasar matematika, menurut Immanuel Kant pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dulu menemukan inyuisi murni pada akal atau pikiran kita. Matematika yang bersifat sintetik apriori dapat dikonstruksi melalui tahapan intuisi yaitu intuisi penginferaan terkait objek matematika yang dapat diserap sebagai unsur aposteriori.

    ReplyDelete
  15. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033


    Kompetensi dan intuisi, semakin tinggi kompetensi seseorang maka akan memiliki intuisi yang semakin tajam pula. Jika kompetensi matematika seseorang telah mancapai untuk menyelesaikan hal-hal yang semakin bersifat abstrak, maka intuisi yang terbentuk juga semakin baik.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intuisi yang berdasarkan pengalaman akan mempengaruhi intuisi mereka, yang nantinya intuisi tersebut akan mempengaruhi pengalaman mereka selanjutnya. Sehingga saya rasa intuisi sama halnya dengan membangun konsep, di mana konsep terbangun dari konsep selanjtnya berkaitan dengan konsep sekarang dan konsep yang akan datang. Sehingga apabila konsepnya tidak matang maka untuk konsep selanjutnya siswa akan emrasa kesulitan. Hal ini sama dengan intuisi , apabila pengalaman yang mereka dapatkan untuk memunculkan intuisi sedikit maka akan berpengaruh pada pembentukan intuisi sekarang dan yang akan datang.

    ReplyDelete
  17. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kompetensi matematika menurut NCTM meliputi kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, reason and proof, dan penalaran. Kompetensi-kompetensi tersebut memberikan suatu kontribusi pada intuisi matematika siswa. Kompotensi ini secara umum saling berkaitan. Pengalaman terhadap problem solving misalnya, tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa namun juga mendukung kompetensi lainnya termasuk perkembangan intuisi siswa. Maka jelas kompetensi matematika mempengaruhi intuisi siswa.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kompetensi guru matematika merupakan suatu yang harus dikuasai oleh seorang guru sehingga dalam penyampaikan materi ke siswa dapat dipahami dengan mudah dan bermakna bagi siswa. Hal inilah yang dinamakan pendekatan kontekstual.
    Pada dasarnya kompetensi matemaika dibangun dari intuisi matematika, karena pengalaman belajar siswa yang semakin meningkat maka intuisi siswa pun menjadi semakin tajam sehingga kemampuan matematika yang dimiliki pun selalu berkembang. Kompetensi matematika memang menghasilkan intuisi matematika namun sebenarnya intuisi matematikalah yang sebenarnya melandasi kemampuan matematika.

    ReplyDelete
  19. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    Pendidikan Matematika A S2 UNY

    Intuisi matematika juga dapat dihasilkan dari kompetensi matematika yaitu kemampuan seseorang dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Dalam kondisi ini, seseorang akan mudah untuk memunculkan ide karena sudah biasa atau pernah menyelesaikan permasalahan matematika sebelumnya baik yang sejenis maupun berbeda.

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Bermula semakin meningkatnya bahan abstrak, hal tersebut membuat kemampuan untuk berpikir secara formal, yang memerlukan ide dengan rumusan eksplisit, serta dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide secara logis diturunkan dari ide-ide lain dan lebih umum yang diterima, merupakan aset besar dalam memperluas lingkup dan jangkauan dari skema yang menjadi sifat kedua untuk kita, dan berperan penting dalam memperluas wilayah yang lazim dari intuisi kita.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    2. Intuisi dan kompetensi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Begitupun halnya dengan matematika. Intuisi matematika membutuhkan kompetensi sebagai acuan atau ukuran sejauhmana tumbuh dan berkembangnya intuisi. Sementara kompetensi tidak akan ada bila tanpa adanya intuisi.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ternyata kompetisi juga melahirkan matematika dengan intuisi. Dengan demikian kompetisi siswa dikelas dapat memberikan kelahiran sebuah intuisi. Seseorang akan termotivasi untuk belajar jika ada persaingan disekitarnya dan hal tersebut akan mendorongnya untuk selalu berusaha melakukan yang lebih baik. Saya berpikir bahwa intuisi akan muncul secara alami karena hal itu.

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di Indonesia, tersirat bahwa kompetensi matematika meliputi kemampuan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan representasi. Kemampuan penalaran sebagai bagian dari kompetensi matematika erat kaitannya dengan kegiatan pembuktian beserta pemberian alasan dan juga kemampuan analisis berdasarkan pada definisi, aksioma, ataupun teorema. Adapun cara untuk menguasai kemampuan penalaran adalah dengan berlatih menggunakan intuisi (berpikir intuitif). Mengasah kemampuan bernalar berarti juga ikut mengasah intuisi matematika. Dengan demikian, kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Kompetensi matematika dibangun dari intuisi matematika, karena pengalaman belajar siswa yang semakin meningkat maka intuisi siswa pun menjadi semakin tajam sehingga kemampuan matematika yang dimiliki pun selalu berkembang. Kompetensi matematika memang menghasilkan intuisi matematika, namun sebenarnya intuisi matematikalah yang sebenarnya melandasi kemampuan matematika. Dalam berfilsafat kita memang juga harus berintuisi sehingga pemikiran terhadap objek filsafat akan semakin tajam, luas dan mendalam

    ReplyDelete
  25. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Materi matematika yang bersifat abstrak pun dapat meningkatkan intuisi matematika. Hal ini dikarenakan materi yang abstrak dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis yang mana merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan ide-ide yang dimiliki. Dalam memperoleh kemampuan bernalarnya akan lebih baik siswa mengkonstruksi pengetahuannnya sendiri dengan bantuan seperlunya dari guru.

    ReplyDelete

  26. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Seiring dengan bertambahnya kemampuan matematika abstrak siswa, maka siswa juga harus mengimbanginya dengan kemampuan matematika formal dan penggunaan bahasa matematika yang baik. Karena siswa perlu mengungkapkan ide dan gagasannya dengan penyampaian yang dapat diterima secara umum. Kemampuan mengungkapkan ide ini membutuhkan kompetensi-kompetensi matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menguasai kompetensi matematika juga mendukung peningkatan intuisi matemtika siswa.

    ReplyDelete
  27. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Matematika membentang dari konkret hingga abstrak. Di tengah keduanya terdapat tangga-tangga yang dapat dinaiki untuk mencapai kelengkapan ilmu matematika. Salah satunya melalui kompetensi matematika, yang ternyata juga menyumbang peran dalam meningkatkan intuisi matematika. Matematika tidak dapat dipisahkan dari intuisi. Semakin tinggi tingkat abstraksi dan idealisasi suatu objek matematika maka semakin besar pula kemampuan intuisi seseorang bekerja.

    ReplyDelete
  28. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa mempelajari matematika dari pengalaman yang siswa rasakan kemudian pengalaman-pengalaman matematika itu mereka abstraksikan ke dalam bentuk rumus-rumus matematika. proses pengabtraksian itu melibatkan intuisi matematika. semakian banyak pengalaman matematika siswa yang diabstraksi, semakin terasah pula intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  29. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kompetensi matematika merupakan hal yang perlu ditanamkan dalam pembelajran. Hal ini dikarenakn dengan penanaman kompetensi matematika, siswa mampu menghadapai persoalan matematika. siswa dapat dengan lancar menjawab persoalan dengan jawaban yang sistematis. Sehingga dengan begitu, akan timbul intusi matematika yang di sebabkan oleh telah tertanamnya kompetensi matemtaika dari dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  30. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Kompetensi matematika juga dapat menghasilkan intuisi matematika. Semua individu dapat berbagi ide mereka. Sehingga, ide-ide yang sudah ada di sekitar kita akan berkembang sejalan bertambahnya ide-ide, namun dari semua ide tersebut, hanya akan ada satu yang disepakati atau diterima secara umum. Hal ini menyebabkan kompetensi untuk membuat ide yang bisa diterima akan sangat dubutuhkan.
    Untuk mencapai hal itu, banyak sekali pengalaman yang akan di dapat. Sehingga intuisi juga akan dihasilkan.

    ReplyDelete
  31. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Kompetensi matematika merupakan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh siswa. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan penalaran dan pembuktian. semakin abstrak materi yang dipelajari maka semakin besar kemampuan intuisi yang diperlukan dalam memahami materi tersebut. Kemampuan pembuktian merupakan salah satu kompetensi yang paling tinggi, dikarenakan seseorang harus mampu menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimilikinya, dan kemampuan tersebut bisa dibiasakan dengan meningkatkan intuisi melalui pengalaman

    ReplyDelete
  32. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Menyampaikan materi matematika harus disesuaikan dengan kemampuan potensi anak yang dapat dilihat dari usia sekolah anak. Siswa yang baru SD akan sangat berbeda pendidik dalam menyampaikan dengan siswa SMA yang sudah mengenal abstrak, tetapi dengan tidak melupakan selalu mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  33. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana


    Terimakasih pak atas postingan ini, pengetahuan lagi untuk kami bahwa kompetensi membangun intuisi, sesuai dengan postingan terdahulu bahwa intuisi dapat dibangun dari pengalaman-pengalaman. Kompetensi merupakan salah satu pengalaman yang dapat diambil pelajaran bagi siswa untuk membangun pengetahuan dari siswa yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  34. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi matematika juga merupakan kompetensi matematika. Dimana saat ini pembelajaran matematik hendaknya lebih mengutamakan pada pengembangan daya matematika siswa yang meliputi kemampuan menemukan kembali (reinvention), menyusun konjektur dan menalar secara logic (mathematical reasoning), menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menyelesaikan masalah (mathematical problem solving), berkomunikasi secara matematik (mathematical communication), dan mengaitkan idea matematik dengan kegiatan intelektual lainnya(mathematical connection ).

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  35. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Tidak dapat dielakkan lagi bahwa kompetisi meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar dan memahami lebh danyak. Siswa yang terbiasa memenangkan olimpiade atau kompetisi matematika cenderung hidupnya lebih terarah dan lebih sistematis. Hal ini karena matematika yang dihayatinya telah melampaui teman-temannya yang masih berpikir bagaimana memperoleh nilai yang bagus. Hal ini mengindikasikan bahwa matematika sudah dapat diinternalisai dalam ksehidupan siswa atau minimal menumbuhkan sifat berpikir sistematis dan kammpuan memecahkan masalah. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  36. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Guru dapat mensiasati kompetisi siswa di dalam kelas yakni dengan cara memberikan pujian bagi siswa yang dapat memahami materi dengan baik atau dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan, itu adalah contoh yang paling miniml. Contoh lain untuk menstimulus iswa ialah dengan menghadirkan alat peraga secara langsung yang dapat menarik perhatian siswa, jika perhatia siswa dapat difokuskan pada materi yang dipeljari, maka apa yang disajikan guru dapat memperoleh kesempatan yang lebih tinggi untuk diteruskan ke memori selanjutnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  37. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti pada elegi di atas, mathematic intuition dapat dibangun dari kompetensi matematika. Keberadaan intuisi tidak terlepas dari upaya guru atau pendidik dalam membiasakan siswa untuk berpikir secara benar, menghayati dalam hati, diucapkan, dan dilakukan dengan perbuatan. Sebenarnya, belum diketahui kapan dimulainya sebuah intuisi. Intuisi lahir melalui pengalaman-pengalaman yang dialami siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  38. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan Thomson bahwa secara timbal balik, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan untuk menunjukkan ide-ide secara logis diturunkan dari ide lain. Kemudian penerimaan secara umum merupakan cara yang besar dalam memperluas cakupan dan berbagai skema yang menjadi sifat kedua bagi kita. Selain itu juga berperan penting dalam memperluas intuisi kita.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  39. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Meningkatkan intuisi matematika seorang siswa adalah dengan memberikan masalah abstrak. Sayangnya tidak banyak siswa yang mampu menyelesaikannya. Butuh pembiasaan diri dan dukungan dari banyak pihak untuk membiasakan mempertajam intuisi matematika siswa-siswa.

    ReplyDelete
  40. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Selain kesenangan bermatematika yang bisa memunculkan intuisi matematika, kompetensi matematika juga bisa memunculkan intuisi matematika. Siswa jika sudah mampu atau kompeten terhadap salah satu materi matematika, maka dia sudah mempunyai modal untuk belajar materi matematika lainnya. Kompetensi siswa bisa menjadi prasyarat dan modal untuk belajar materi berikutnya. Jika siswa tidak mampu atau kompeten terhadap suatu materi matematika, maka dia akan cenderung tidak suka dengan matematika, padahal kesenangan bermatematika merupakan salah satu ciri siswa mampu berpikir intuitif. Maka dengan kata lain siswa harus mampu meningkatkan kompetensinya dalam bermatematika.

    ReplyDelete