Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

50 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya setuju dengan semakin abstraknya suatu materi, maka semakin dibutuhkan intuisi-intuisi untuk memecahkannya. Dengan adanya intuisi-intuisi itu nantinya akan membawa banyak kazanah sehingga bisa menjadikan intuisi itu menjadi ilmiah dan diterapkan dalam bidang keilmuan. Untuk mendapatkan intuisi dalam matematika tentu harus memiliki kompetensi dalam matematika itu sendiri, sehingga diharapkan kedepannya bagaimana guru bisa mengkonstruk pemikiran siswa sehingga siswa menghasilkan intuisi-intuisi yang banyak dan bermanfaat dalam kehidupannya dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  2. Dengan intuisi maka kita dapat memperoleh pengetahuan. Untuk belajar matematika maka intuisi yang ada dalam diri siswa dikembangkan. Di sisi lain dengan belajar matematika maka intuisi dalam matematika juga akan terlatih. Intuisi digunakan untuk belajar matematika juga sebaliknya kompetensi matematika digunakan untuk mengasah intuisi matematika.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pengetahuan dapat diperoleh melalui dua cara yakni penalaran dan intuisi. Penalaran merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk mempelajari matematika, dan penalaran juga merupakan kemampuan yang dihasilkan karena belajar matematika. Mengetahui pengetahuan matematika juga dilakukan melalui intuisi, intuisi ruang dan waktu. Seorang guru pun juga harus menggunakan intuisi untuk membelajarkan matematika kepada para murid-muridnya sehingga pengetahuan akan matematika benar-benar dapat diperoleh.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi pemberontakan pendidikan matematika 4, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dengan adanya media yang abstrak, maka akan tampak bahwa kemampuan untuk berpikir secara formal, yang memerlukan formulasi eksplisit ide, bersama-sama dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide untuk menjadi logis ini diturunkan dari ide-ide lain dan lebih berlaku umum, ini merupakan kesempatan besar dalam memperluas cakupan dan jangkauan dari skema yang menjadi sifat kedua bagi kita, dan berperan penting dalam memperluas wilayah intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari elegi sebelumnya, selain pengalaman dan budaya matematika, untuk membangun intuisi matematika juga dibutuhkan kompetensi matematika. Kompetensi matematika berarti kemampuan matematika siswa. Dalam membangun intuisi, kebiasaan anak untuk menghadapi soal-soal matematika yang berviariasi dari yang sifatnya matematika sederhana sampai matematika yang kompleks tentunya akan meningkatkan kemampuan berpikir anak. Dari peningkatan kemampuan berpikir inilah akan mengembangkan intuisi anak. Selain itu, kompetensi dapat membangun pola pikir siswa terhadap matematika sehingga akan lebih mudah memahami matematika. Di sini, guru sebagai fasilitator yang senantiasa membantu jika siswa mengalami kesulitan belajar matematika.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Sayangnya penguasaan kompetensi matematika yang baik, tidak dapat terjadi begitu saja. Siswa harus membangun sendiri pengetahuannya dan memahami materi tersebut dengan fasilitasi dari guru, seperti dengan penggunaan metode, media, sumber dan interaksi pembelajaran yang bervariasi. Penggunaan metode pembelajaran yang baik, yang terarah, dan yang memberikan ruang dan waktu kepada siswa untuk dapat mengembangkan intuisi matematika mereka dengan baik, tidak hanya kemampuan berhitung, tetapi mereka juga harus memahami materi tersebut. Tentunya peran guru amat sangat diperlukan untuk memilih metode pembelajaran yang dapat membantu siswa membangun pengetahuannya. Dengan pembelajaran yang baik, diharapkan juga dapat mengembangkan kompetensi matematika dan kemampuan intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam elegi ini kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Intusisi adalah "Tenaga rohani", suatu kemampuan yang mengatasi rasio, kemampuan untuk menyimpulkan serta memahami secara mendalam. Intuisi matematika siswa menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik. Seiring dengan bertambahnya kemampuan matematika abstrak siswa, maka siswa juga harus mengimbanginya dengan kemampuan matematika formal dan penggunaan bahasa matematika yang baik. Karena siswa perlu mengungkapkan ide dan gagasannya dengan penyampaian yang dapat diterima secara umum. Jika itu dapat dilakukan, maka sesungguhnya siswa sudah dapat memanfaatkan intusinya dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Membawa siswa ke pemikiran abstrak tidaklah mudah. Terlebih berupa materi yang abstrak pula. Membawa siswa ke konsteks abstrak tidaklah mudah. Diawal pembelajaran guru menyamakan prior knowledge. Setelah itu dimulai dari hal yang paling sederhana, jika mungkin diawali dengan empiris. Setelah itu barulah sampai di titik pemikiran abstrak yang dominan di dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Kemampuan matematika merupakan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk dapat melakukan manipulasi matematika meliputi pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural. Kemampuan matematis diperlukan guna menghadapi permasalahan baik dalam matematika maupun kehidupan nyata. Beberapa kompetensi matematika yang diperlukan yaitu, kemampuan problem solving, kemampuan berargumentasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat koneksi serta kemampuan representasi. Kompetensi-kompetensi tersebut harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah. Dan kesemuanya dapat mengasah ketajaman intuisi matematika.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    dalam pembentukan intuisi pada siswa membutuhkan peran guru sebagai panutan dalam mengembangkan pola pikir anak. dalam pelajaran psikologi, kita mengetahui bahwa perkembangan pemikiran anak dengan cara menghubungkan skema-skema yang dimiliki oleh anak, semakin banyak skema yang terhubung, maka tingkat berpikir siswa juga akan semakin baik. sehingga dalam bernalar di ranah intuisi pun dapat dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Untuk mencapai kompetensi dalam pembelajaran matematika banyak hal yang harus dilakukan oleh guru. intuisi tidak akan datang sendiir tanpa kita gali terus pengetahuan yang ada. Sebagai guru harus benar-benar memanfaatkan semua fasilitas yang ada mulai dari buku, internet bahkan dari modul-modul yang telah dikembangkan sebelumnya. Guru harus terbuka terhadap semua fenomena yang terjadi. Guru harus menyiapkan semua perangkat sebelum pembelajaran dimulai dan harus melakukan evaluasi setelah proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Thompson, P., 1993, menjelaskan bahwa Gödel berpendirian bahwa intuisi kita dapat digunakan untuk bekerja dalam domain yang sangat aksiomatis, seperti perpanjangan ZF, atau kalkulus, sehingga memungkinkan kita untuk membuat pertimbanganyang baik untuk menerima atau menolak hipotesis secara independen dari pra-teori atau praduga tentang teori. Thompson menunjukkan bahwa Gödel dan Herbrand, secara bersama-sama membuat klaim tentang demarkasi batas-batas kemampuan intuisi. Thompson menyimpulkan bahwa Gödel, dengan kemampuannya dalam logika transendental, senang berpikir bahwa logika kita hanya sedikit tidak fokus, dan berharap bahwa terdapat kesalahan kecil sehingga masih mampu melihat secara tajam dan mampu berpikir matematika secara benar. Namun untuk hal ini, dia berbeda pandangan dengan Zermelo dan Hilbert. Thompson menyatakan bahwa Hilbert tidak akan dapat meyakinkan kita bahwa matematika itu bersifat konsistensi untuk selamanya, karena itu kita harus puas jika sistem aksiomatis matematika seperti yang dibuat Hilbert dianggap konsisten, jika kita tidak mampu membuktikannya.

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Maematika sekolah memerlukan suatu dukungan mampu berkembang dan diterapkan dengan baik. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan kompetensi matematika. kompetensi dalam matematika akan melatih siswa untuk berpikir secara luas dan mendalam yang akhirnya membawa kepada intuisi matematika. Semoga nantinya guru – guru semakin memperhatikan kebutuhan siswanya dan mampu menyusun pembelajaran yang tepat agar siswa dapat mengembangkan kompetensi matematikanya dan mencapai intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  14. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam pembelajaran matematika yang semakin abstrak akan membutuhkan pemikiran logika yang semakin rumit. Gagasan-gagasan yang sering dibutuhkan untuk menelaah semua kesulitan dan memecahkan masalah. Dengan memperluas wilayah akrab intuisi kita, kita akan lebih pandai dalam mengatur logika serta gagasan tersebut, sehingga pemecahan masalah dapat terpecahkan melewati perkembangan intuisi tersebut.

    ReplyDelete
  15. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Sebagai guru, tentunya harus memperhatikan ini. Guru harus kreatif dengan cara-cara atau metode mengajar sehingga siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan ide atau gagasan misalnya dalam pemecahan masalah sehingga akan menghasilkan intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  16. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi matematika juga merupakan kompetensi matematika. Dimana saat ini pembelajaran matematik hendaknya lebih mengutamakan pada pengembangan daya matematika siswa yang meliputi kemampuan menemukan kembali (reinvention), menyusun konjektur dan menalar secara logic (mathematical reasoning), menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menyelesaikan masalah (mathematical problem solving), berkomunikasi secara matematik (mathematical communication), dan mengaitkan idea matematik dengan kegiatan intelektual lainnya(mathematical connection ).

    ReplyDelete
  17. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam memahami matematika sangat di perlukan skill intuisi karena dengan adanya intuisi kita akan bisa lebih mengerti apa itu matematika, karena dalam matematika itu selalau membahas abstrak. Dengan adanya intuisis maka abstrak matematika dapat terjawab. Dengan adanya kompetensi matematika akan menghasilkan intuisi matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kompetensi matematika juga menjadi salah satu faktor munculnya intuisi matematika. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika misalnya, semakin sering siswa menggunakan intuisinya maka akan semakin berkembang intuisi yang dimilikinya. Disinilah intuisi berperan sangat penting siswa menggunakan intuisi dalam mengkonstruk kemampuan matematikanya.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Kompetensi diperlukan dalam hal problem solving, koneksi, interpretasi, dan komunikasi. Kemampuan yang dimiliki harus didukung kemampuan matematika dasar sebagai konsep dasar berpijak. Jika pengetahuan dasar yang dimiliki maka perlu adanya rainforcement agar konsep dasar tertanam kuat dalam benak mereka. Dengan demikian, dapat menghasilkan serta mempertajam intuisi matematika mereka.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Elegi ini mengatakan bahwa peningkatan kompetensi juga berimbas kepada peningkatan intuisi seseorang. Peningkatan kompetensi tersebut diantaraya yaitu proses pengabstraksian, dalam hal ini guru dapat mengembangkan kemampuan pedagogi nya untuk menggapai ntuisi. Bagi siswa, kemampuan untuk mengabstraksi ini sangat membutuhkan intuisi sehingga siswa dapat membentuk skema pada pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  21. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa mempelajari matematika dari pengalaman yang siswa rasakan kemudian pengalaman-pengalaman matematika itu mereka abstraksikan ke dalam bentuk rumus-rumus matematika. proses pengabtraksian itu melibatkan intuisi matematika. semakian banyak pengalaman matematika siswa yang diabstraksi, semakin terasah pula intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  22. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kompetensi matematika turut berperan dalam menghasilkan intuisi matematika. Intuisi matematika muncul karena pengalaman, pengalaman dalam menyelesaikan berbagai persoalan atau pengalaman melakukan riset riset matematika. Selain pengalaman, diperlukan pemahaman konsep, juga diperlukan kemampuan-kemampuan matematika, terutama dalam matematika formal yang sering menggunakan asumsi. Kemampuan matematika (kompetensi matematika) menurut NCTM ada lima, yaitu : 1) Kemampuan penalaran dan pembuktian;2) kemampuan komunikasi matematis; 3) kemampuan koneksi matematis; 4) kemampuan representasi matematis; 5) kemampuan pemecahan masalah matematis.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi di sini adalah pengetahuan. Pengetahuan matematika bersifat abstrak sehingga kompetensi matematika menghasilkan intuisi itu sendiri. Karena intuisi berhubungan dengan pemperolehan pengetahuan oleh seseorang.

    ReplyDelete
  24. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di dalam elegi ini, kompetensi pun mampu menghasilkan intuisi matematika dalam diri siswa. Siswa di dalam pembelajaran, tentunya diharapkan mampu dan bisa memahami serta mengerti kompetensi yang akan dipelajari di sekolah. Semakin tinggi tingkat pendidikan siswa, tentu semakin abstrak pula kompetensi yang perlu mereka kuasai, sehingga siswa dapat untuk berfikir lebih formal dan perlu untuk mengaitkan skema-skema yang ada di kepala mereka dengan pengetahuan baru (kompetensi yang lebih abstrak).

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tidak hanya budaya matematika yang mengasilkan budaya matematika, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Kompetensi matematika disusun untuk melatih siswa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan intuisi siswa. Oleh karenanya, jika kompetensi matematika tercapai dengan optimal, kemampuan intuisi siswa pun juga semakin tinggi.

    ReplyDelete
  26. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Jarang sekali guru memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan masalah, kebanyakan guru matematika dalam mengajarkan materi pelajaran dengan menggunakan latihan soal. Sehingga kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa kurang karena siswa terbiasa mengerjakan soal-soal yang instan. Pada kasus seperti ini kemampuan intuisi matematika yang ada pada diri siswa tidak dapat berjalan optimal karena pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah sangat kurang. Pengalaman merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan intusi matematika siswa.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    siswa yang menemukan jawaban yang tepat dengan langkah - langkah nya sendiri bahkan caranya itu singkat dibandingkan dengan langkah – langkah jawaban yang dibuat oleh guru atau pembuat soal merupakan salah satu kreativitas siswa, dan siswa akan terus bersemangat mengerjakan masalah – masalah matematika karena merasa berhasil mengerjakan permasalahan matematikanya dengan caranya sendiri, sehingga ini salah satunya bisa menemukan intuisi matematikanya sendiri.

    ReplyDelete
  28. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014




    hal yang dapat membangun intuisi ada berbagai macam, namun yang dibahas pada elegi sebelumnya bahwa selain pengalaman dan budaya matematika, untuk membangun intuisi matematika juga dibutuhkan kompetensi matematika. kemampuan berfikir siswa merupakan kompetensi siwa. kemampuan berfikir siswa memang berbeda beda, namun semuanya dapat dilatih untuk membangun intuisi nya sendiri.

    ReplyDelete
  29. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    dalam proses pembelajaran didalam kelas, guru dapat membangun intuisi siswa dengan seringnya memberikan activitas mengonsep materinya sendiri dan memberikan soal dimana siswa dilatih untuk dapat memecahkan masalah dan dengan kreativitasannya. hal ini baik bagi siswa karena jika siswa terus dimanjakan pikirannya dengan memberikan semuanya serba instan maka siswa tidak terbiasa mandiri dan akan cenderung kurang kreatif jika diberikan soal dengan sedikit modifikasi.

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Memang benar bahwa semakin abstrak materi dalam matematika, akan semakin dibutuhkan pula ide-ide yang muncul secara eksplisit, yang mana akan muncul dengan intuisi yang telah diasah secara baik. Maka dari itu dibutuhkan kompetensi matematika dalam ide-ide itu tadi. Sehingga intuisi akan semakin tajam dan tepat sasaran dalam konteksnya mempelajari suatu materi matematika yang abstrak

    ReplyDelete
  31. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Mungkin maksud dari kalimat tersebut adalah, dengan semakin abstraknya materi yang ditangkap, maka semakin memaksa intuisi kita untuk mengolah informasi tersebut sehingga dapat diterima oleh skema yang telah tercipta. Jika demikian, maka untuk meningkatkan intuisi agar semakin luas cakupan dan kepekaannya, maka perlu dilatih dengan memecahkan masalah berupa materi yang kompleks dan abstrak.

    ReplyDelete
  32. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kompetensi matematika yang diiliki siswa sangat tergantung pada cara penyampaian materi oleh guru. Sehingga guru perlu membuat inovasi yang menarik guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Dengan demikian, siswa bukan hanya mengembangkan kemampuan formalnya tetapi juga kemampuannya dalam berkreativitas dalam pembelajaran. Belajar juga melibatkan pengalaman yang dimiliki siswa, sehingga itu dapat dijadikan potensi dan pertimbangan bagi guru dalam memilih pendekatan dan metode di kelas.

    ReplyDelete
  33. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengalaman yang dimiliki siswa dapat menjadi bekal siswa dalam mengembangkan intuisi matematikanya. Menurut Thompson, jika materi matematika semanikn abstrak, maka semakin dibutuhkan logika yang kuat untuk memikirkan dan membuktikannya. Sehingga jika intuisi siswa semakin kuat, maka kemampuan bernalarnya juga akan semakin terlatih. Logika menjadi pondasi yang penting dalam belajar matematika. Sehingga guru pelu memfasilitasi siswa dalam membangun logika pikir dan mengembangkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  34. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi yang dimiliki siswa tidak hanya diperoleh melalui pengalaman dan budaya matematika saja tetapi intuisi juga dapat diperoleh melalui kompetensi matematika. Kompetensi matematika yang dimaksud adalah bagaimana seorang guru mampu menyampaikan materi ke siswa yang dapat dipahami dengan mudah dan bermakna bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut guru hendaknya dapat melakukan inovasi metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga siswa tidak hanya dikembangkan kemampuan formalnya saja melainkan juga kemampuannya dalam menyampaikan ide atau gagasan misalnya dalam suatu pemecahan masalah sehingga nantinya akan dihasilkan intuisi matematika dalam diri siswa

    ReplyDelete
  35. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendiikan Matematika A 2014
    Dalam mempelajari matematika dimulai dari hal-hal yang bersifat kongkret (sederhana), kemudian bertahap ke hal-hal yang semakin abstratk.Thomson menyatakan bahwa jika suatu materi semakin abstrak maka semakin dibutuhkan logika dalam membuktikannnya.Jika siswa dihadapkan pada soal-soal atau permasalahan yang abtrak, maka dibutuhkan logika matematika.Dalam proses menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru, alangkah lebih bainya siswa mampu membangun penyelesaian dari persoalan itu dengan caranya sendiri. Oleh karena itu seorang guru hendaknya mengarahkan dan membantu dan membimbing jika siswa menemukan kesulitan.

    ReplyDelete
  36. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Jika seseorang dikatakan mengerti suatu topik matematika, maka seseorang itu mengetahui tentang contoh-contoh dan heuristik dan bagaimana mereka itu dihubungkan. Seseorang yang mengerti matematika, dia mempunyai perasaan intuitif terhadap topik matematika tersebut, bagaimana fakta yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perhitungan yang dilakukannya, bagaimana topik matematika itu saling bergantung dan bagaimana topik matematika itu berhubungan dengan teori yang lain. Kemampuan intuitif dapat dijadikan sebagai jembatan pemahaman sesesorang sehingga dapat membantu dan memudahkan dalam mengaitkan objek yang dibayangkan dengan alternatif solusi yang diinginkan. Atau dengan kata lain mampu untuk menentukan strategi atau langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai solusi tersebut.

    ReplyDelete
  37. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Siswa dalam belajar matematika hendaknya dilatih dan dibiasakan untuk mempertajam aktivitas berpikir dan bernalar dengan menggunakan serangkaian aktivitas secara kreatif yang melibatkan kemampuan imajinatif, prediktif dan intuitif. Melalui kemampuan imajinatif seseorang mampu membayangkan dan memvisualisasikan objek dari permasalahan yang sedang dihadapi, sehingga ia mampu memberikan interpretasi atau representasi konsep dari masalah tersebut secara lebih jelas. Melalui kemampuan prediktif dapat mengarahkan seseorang untuk peka dan mampu menentukan alternatif solusi dari masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete
  38. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran bisa menjadi wada h dan isi pengetahuannya juga. Untuk membangun pengetahuan yang baru mka diperlukan intusi matematika untuk mengasosiakan pengetahuan yang sudah ada sehingga tercipta pengetahuan baru. Maka jiga diibaratkan sebagai tembok, matematika akan selalu memperkokoh satu sama lainnya atau terjadi timbal balik yang diharapkan adalah timbal balik positif untuk menggapai pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  39. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu contoh pembelajaran yang kompetensi matematika yang menghasilkan intusi matematika adalah pendekatan dengan kontekstual based learning atau Realistics Mathematics Education. Dimana pengetahuan siswa tentang suatu objek nyata dengan abstraksi dan edualisasi serta spesifikasy matematika berkolaborasi membentuk matematika formal. Dimana setiap langkah-langkah dalam pembelajaran dapat dirinci kompetensi yang didapatkan sehingga menjadi pengetahuan baru dan menjadi pondasi dari intuisi matematika untuk pengetahuan yang lainnya.

    ReplyDelete
  40. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Materi matematika yang bersifat abstrak pun dapat meningkatkan intuisi matematika. Hal ini dikarenakan materi yang abstrak dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis yang mana merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan ide-ide yang dimiliki. Dalam memperoleh kemampuan bernalarnya akan lebih baik siswa mengkonstruksi pengetahuannnya sendiri dengan bantuan seperlunya dari guru.

    ReplyDelete
  41. Dwi Kawuryani
    14301241049 (Pendidikan Matematika I 2014)
    Kompetensi dapat dibangun melalui banyak proses. Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi yang dimiliki seseorang tidak dapat diukur secara langsung. Semakin tinggi kompetensi yang dimiliki sesorang maka akan semakin tinggi pula intuisinya.

    ReplyDelete
  42. Fatmawati
    18709251071
    PM.D 2016
    Salah satu tujuan dari pendidikan matematika adalah berbagai kemampuan dalam matematika. Kemampuan-kemampuan tersebut muncul seiring siswa mempelajari matematika, mulai dari matematika konkrit hingga matematika abstrak. Kemampun-kemampuan tersebut dapat meningkatkan intuisi matematika siswa. Maka guru senantiasa memperhatikan kemampuan apa yang hendak dicapai oleh siswa dlam sebuah proses pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  43. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setiap pembelajaran dilakukan untuk tercapainya kompetensi yang ditentukan, kompetensi dalam matematika lebih kepada kemampuan matematis, pemecahan masalah, dan berpikir kritis. Kompetensi tersebut mempengaruhi intuisi siswa karena dengan kompetensi memberikan banyak pengalaman, sehingga ketika terbiasa dengan pemeahan masalah dan lain sebagainya siswa akan memiliki intusi matematika yang baik

    ReplyDelete
  44. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Intuisi bermatematika bisa terbentuk melalui kompetensi matematika. Dengan menggunakan contoh yang ada di dunia nyata maka akan lebih mudah diterima oleh siswa. Kemudian barulah ke bentuk yang abstrak dalam matematika. Banyak hal yang harus dilakukan pendidik sebelum dan sesudah kempetensi matematika. Tugas guru tidaklah mudah. Tugas guru bukan hanya mengajar, memberikan soal, memberi nilai. Bukan hanya itu. Tugas guru merupakan tugas yang kompleks untuk membangun siswanya dalam belajar matematika sehingga menghasilkan intuisi matematika yang baik.

    ReplyDelete
  45. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa intuisi itu sangat berpenagruh dalam kemampuan pemecahan masalah siswa, intuisi bisa dikatakan hipotesis awal yang dilakukan siswa untuk menemukan cara penyelesaian terhadap hipotesis nya tersebut. Intuisi dipengaruhi dari berbagai aspek, contohnya prior knowledge dan kemampuan dasar siswa, jika semuanya mumpuni maka intuisi siswa juga akan baik. Kendala dalam melatih intuisi siswa adalah pada beban kognitif siswa yang terbatas.

    ReplyDelete
  46. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ternyata kompetensi matematika juga salah satu mengapa intuisi matematika muncul. Adanya intuisi sangat dibutuhkan dalam mempelajari matematika yaitu agar dapat memecahkan permasalahan dalam matematika. Dengan semakin banyak pengalaman yang dimiliki siswa dalam melakukan kompetensi matematika, maka intuisi pada siswa akan semakin berkembang.

    ReplyDelete
  47. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hal tersebut karena siswa akan memperoleh pengalaman yang berbeda setiap kompetisi matematika yang dilakukannya sehingga intuisi siswa tersebut dapat berkembang.

    ReplyDelete
  48. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di indonesia, tersirat bahwa kompetensi matematika meliputi kemampuan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan representasi. Kemampuan penalaran sebagai bagian dari kompetensi matematika erat kaitannya dengan kegiatan pembuktian beserta pemberian alasan dan juga kemampuan analisis berdasarkan pada definisi, aksioma, ataupun teorema. Adapun cara untuk menguasai kemampuan penalaran adalah dengan berlatih menggunakan intuisi (berpikir intuitif). Mengasah kemampuan bernalar berarti juga ikut mengasah intuisi matematika. Dengan demkian, kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  49. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut Thompson, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Jika materi matematika semakin abstrak, tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut. Proses pemecahan masalah tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini bagaimana guru bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  50. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kompetensi matematika juga menghasilkan matematika, guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan kompetensi yang dapat membawa siswa kedalam pemikiran abstrak agar dapat meningkatkan kemampuan matematikanya yang menyebabkan timbulnya perubahan sikap dalam menghadapi suatu problematika yang terjadi dalam kehidupannyata.

    ReplyDelete