Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

9 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya setuju dengan semakin abstraknya suatu materi, maka semakin dibutuhkan intuisi-intuisi untuk memecahkannya. Dengan adanya intuisi-intuisi itu nantinya akan membawa banyak kazanah sehingga bisa menjadikan intuisi itu menjadi ilmiah dan diterapkan dalam bidang keilmuan. Untuk mendapatkan intuisi dalam matematika tentu harus memiliki kompetensi dalam matematika itu sendiri, sehingga diharapkan kedepannya bagaimana guru bisa mengkonstruk pemikiran siswa sehingga siswa menghasilkan intuisi-intuisi yang banyak dan bermanfaat dalam kehidupannya dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  2. Dengan intuisi maka kita dapat memperoleh pengetahuan. Untuk belajar matematika maka intuisi yang ada dalam diri siswa dikembangkan. Di sisi lain dengan belajar matematika maka intuisi dalam matematika juga akan terlatih. Intuisi digunakan untuk belajar matematika juga sebaliknya kompetensi matematika digunakan untuk mengasah intuisi matematika.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pengetahuan dapat diperoleh melalui dua cara yakni penalaran dan intuisi. Penalaran merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk mempelajari matematika, dan penalaran juga merupakan kemampuan yang dihasilkan karena belajar matematika. Mengetahui pengetahuan matematika juga dilakukan melalui intuisi, intuisi ruang dan waktu. Seorang guru pun juga harus menggunakan intuisi untuk membelajarkan matematika kepada para murid-muridnya sehingga pengetahuan akan matematika benar-benar dapat diperoleh.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi pemberontakan pendidikan matematika 4, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Dengan adanya media yang abstrak, maka akan tampak bahwa kemampuan untuk berpikir secara formal, yang memerlukan formulasi eksplisit ide, bersama-sama dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide untuk menjadi logis ini diturunkan dari ide-ide lain dan lebih berlaku umum, ini merupakan kesempatan besar dalam memperluas cakupan dan jangkauan dari skema yang menjadi sifat kedua bagi kita, dan berperan penting dalam memperluas wilayah intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari elegi sebelumnya, selain pengalaman dan budaya matematika, untuk membangun intuisi matematika juga dibutuhkan kompetensi matematika. Kompetensi matematika berarti kemampuan matematika siswa. Dalam membangun intuisi, kebiasaan anak untuk menghadapi soal-soal matematika yang berviariasi dari yang sifatnya matematika sederhana sampai matematika yang kompleks tentunya akan meningkatkan kemampuan berpikir anak. Dari peningkatan kemampuan berpikir inilah akan mengembangkan intuisi anak. Selain itu, kompetensi dapat membangun pola pikir siswa terhadap matematika sehingga akan lebih mudah memahami matematika. Di sini, guru sebagai fasilitator yang senantiasa membantu jika siswa mengalami kesulitan belajar matematika.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Sayangnya penguasaan kompetensi matematika yang baik, tidak dapat terjadi begitu saja. Siswa harus membangun sendiri pengetahuannya dan memahami materi tersebut dengan fasilitasi dari guru, seperti dengan penggunaan metode, media, sumber dan interaksi pembelajaran yang bervariasi. Penggunaan metode pembelajaran yang baik, yang terarah, dan yang memberikan ruang dan waktu kepada siswa untuk dapat mengembangkan intuisi matematika mereka dengan baik, tidak hanya kemampuan berhitung, tetapi mereka juga harus memahami materi tersebut. Tentunya peran guru amat sangat diperlukan untuk memilih metode pembelajaran yang dapat membantu siswa membangun pengetahuannya. Dengan pembelajaran yang baik, diharapkan juga dapat mengembangkan kompetensi matematika dan kemampuan intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  7. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam elegi ini kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Intusisi adalah "Tenaga rohani", suatu kemampuan yang mengatasi rasio, kemampuan untuk menyimpulkan serta memahami secara mendalam. Intuisi matematika siswa menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengna intuisi, siswa mampu menghubungkan pengalaman-pengalaman matematikanya untuk mengontruksi pengetahuan baru dan memahami bahasa matematika dengan baik. Seiring dengan bertambahnya kemampuan matematika abstrak siswa, maka siswa juga harus mengimbanginya dengan kemampuan matematika formal dan penggunaan bahasa matematika yang baik. Karena siswa perlu mengungkapkan ide dan gagasannya dengan penyampaian yang dapat diterima secara umum. Jika itu dapat dilakukan, maka sesungguhnya siswa sudah dapat memanfaatkan intusinya dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Membawa siswa ke pemikiran abstrak tidaklah mudah. Terlebih berupa materi yang abstrak pula. Membawa siswa ke konsteks abstrak tidaklah mudah. Diawal pembelajaran guru menyamakan prior knowledge. Setelah itu dimulai dari hal yang paling sederhana, jika mungkin diawali dengan empiris. Setelah itu barulah sampai di titik pemikiran abstrak yang dominan di dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Kemampuan matematika merupakan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk dapat melakukan manipulasi matematika meliputi pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural. Kemampuan matematis diperlukan guna menghadapi permasalahan baik dalam matematika maupun kehidupan nyata. Beberapa kompetensi matematika yang diperlukan yaitu, kemampuan problem solving, kemampuan berargumentasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat koneksi serta kemampuan representasi. Kompetensi-kompetensi tersebut harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah. Dan kesemuanya dapat mengasah ketajaman intuisi matematika.

    ReplyDelete