Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

91 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Sebagai guru, tentunya harus memperhatikan ini. Guru harus kreatif dengan cara-cara atau metode mengajar sehingga siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan ide atau gagasan misalnya dalam pemecahan masalah sehingga akan menghasilkan intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisi matematika juga merupakan kompetensi matematika. Dimana saat ini pembelajaran matematik hendaknya lebih mengutamakan pada pengembangan daya matematika siswa yang meliputi kemampuan menemukan kembali (reinvention), menyusun konjektur dan menalar secara logic (mathematical reasoning), menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menyelesaikan masalah (mathematical problem solving), berkomunikasi secara matematik (mathematical communication), dan mengaitkan idea matematik dengan kegiatan intelektual lainnya(mathematical connection ).

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam memahami matematika sangat di perlukan skill intuisi karena dengan adanya intuisi kita akan bisa lebih mengerti apa itu matematika, karena dalam matematika itu selalau membahas abstrak. Dengan adanya intuisis maka abstrak matematika dapat terjawab. Dengan adanya kompetensi matematika akan menghasilkan intuisi matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kompetensi matematika juga menjadi salah satu faktor munculnya intuisi matematika. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika misalnya, semakin sering siswa menggunakan intuisinya maka akan semakin berkembang intuisi yang dimilikinya. Disinilah intuisi berperan sangat penting siswa menggunakan intuisi dalam mengkonstruk kemampuan matematikanya.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Kompetensi diperlukan dalam hal problem solving, koneksi, interpretasi, dan komunikasi. Kemampuan yang dimiliki harus didukung kemampuan matematika dasar sebagai konsep dasar berpijak. Jika pengetahuan dasar yang dimiliki maka perlu adanya rainforcement agar konsep dasar tertanam kuat dalam benak mereka. Dengan demikian, dapat menghasilkan serta mempertajam intuisi matematika mereka.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Elegi ini mengatakan bahwa peningkatan kompetensi juga berimbas kepada peningkatan intuisi seseorang. Peningkatan kompetensi tersebut diantaraya yaitu proses pengabstraksian, dalam hal ini guru dapat mengembangkan kemampuan pedagogi nya untuk menggapai ntuisi. Bagi siswa, kemampuan untuk mengabstraksi ini sangat membutuhkan intuisi sehingga siswa dapat membentuk skema pada pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa mempelajari matematika dari pengalaman yang siswa rasakan kemudian pengalaman-pengalaman matematika itu mereka abstraksikan ke dalam bentuk rumus-rumus matematika. proses pengabtraksian itu melibatkan intuisi matematika. semakian banyak pengalaman matematika siswa yang diabstraksi, semakin terasah pula intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  8. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kompetensi matematika turut berperan dalam menghasilkan intuisi matematika. Intuisi matematika muncul karena pengalaman, pengalaman dalam menyelesaikan berbagai persoalan atau pengalaman melakukan riset riset matematika. Selain pengalaman, diperlukan pemahaman konsep, juga diperlukan kemampuan-kemampuan matematika, terutama dalam matematika formal yang sering menggunakan asumsi. Kemampuan matematika (kompetensi matematika) menurut NCTM ada lima, yaitu : 1) Kemampuan penalaran dan pembuktian;2) kemampuan komunikasi matematis; 3) kemampuan koneksi matematis; 4) kemampuan representasi matematis; 5) kemampuan pemecahan masalah matematis.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi di sini adalah pengetahuan. Pengetahuan matematika bersifat abstrak sehingga kompetensi matematika menghasilkan intuisi itu sendiri. Karena intuisi berhubungan dengan pemperolehan pengetahuan oleh seseorang.

    ReplyDelete
  10. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Di dalam elegi ini, kompetensi pun mampu menghasilkan intuisi matematika dalam diri siswa. Siswa di dalam pembelajaran, tentunya diharapkan mampu dan bisa memahami serta mengerti kompetensi yang akan dipelajari di sekolah. Semakin tinggi tingkat pendidikan siswa, tentu semakin abstrak pula kompetensi yang perlu mereka kuasai, sehingga siswa dapat untuk berfikir lebih formal dan perlu untuk mengaitkan skema-skema yang ada di kepala mereka dengan pengetahuan baru (kompetensi yang lebih abstrak).

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tidak hanya budaya matematika yang mengasilkan budaya matematika, kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Kompetensi matematika disusun untuk melatih siswa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan intuisi siswa. Oleh karenanya, jika kompetensi matematika tercapai dengan optimal, kemampuan intuisi siswa pun juga semakin tinggi.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Jarang sekali guru memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan masalah, kebanyakan guru matematika dalam mengajarkan materi pelajaran dengan menggunakan latihan soal. Sehingga kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa kurang karena siswa terbiasa mengerjakan soal-soal yang instan. Pada kasus seperti ini kemampuan intuisi matematika yang ada pada diri siswa tidak dapat berjalan optimal karena pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah sangat kurang. Pengalaman merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan intusi matematika siswa.

    ReplyDelete
  13. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    siswa yang menemukan jawaban yang tepat dengan langkah - langkah nya sendiri bahkan caranya itu singkat dibandingkan dengan langkah – langkah jawaban yang dibuat oleh guru atau pembuat soal merupakan salah satu kreativitas siswa, dan siswa akan terus bersemangat mengerjakan masalah – masalah matematika karena merasa berhasil mengerjakan permasalahan matematikanya dengan caranya sendiri, sehingga ini salah satunya bisa menemukan intuisi matematikanya sendiri.

    ReplyDelete
  14. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014




    hal yang dapat membangun intuisi ada berbagai macam, namun yang dibahas pada elegi sebelumnya bahwa selain pengalaman dan budaya matematika, untuk membangun intuisi matematika juga dibutuhkan kompetensi matematika. kemampuan berfikir siswa merupakan kompetensi siwa. kemampuan berfikir siswa memang berbeda beda, namun semuanya dapat dilatih untuk membangun intuisi nya sendiri.

    ReplyDelete
  15. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    dalam proses pembelajaran didalam kelas, guru dapat membangun intuisi siswa dengan seringnya memberikan activitas mengonsep materinya sendiri dan memberikan soal dimana siswa dilatih untuk dapat memecahkan masalah dan dengan kreativitasannya. hal ini baik bagi siswa karena jika siswa terus dimanjakan pikirannya dengan memberikan semuanya serba instan maka siswa tidak terbiasa mandiri dan akan cenderung kurang kreatif jika diberikan soal dengan sedikit modifikasi.

    ReplyDelete
  16. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Memang benar bahwa semakin abstrak materi dalam matematika, akan semakin dibutuhkan pula ide-ide yang muncul secara eksplisit, yang mana akan muncul dengan intuisi yang telah diasah secara baik. Maka dari itu dibutuhkan kompetensi matematika dalam ide-ide itu tadi. Sehingga intuisi akan semakin tajam dan tepat sasaran dalam konteksnya mempelajari suatu materi matematika yang abstrak

    ReplyDelete
  17. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Mungkin maksud dari kalimat tersebut adalah, dengan semakin abstraknya materi yang ditangkap, maka semakin memaksa intuisi kita untuk mengolah informasi tersebut sehingga dapat diterima oleh skema yang telah tercipta. Jika demikian, maka untuk meningkatkan intuisi agar semakin luas cakupan dan kepekaannya, maka perlu dilatih dengan memecahkan masalah berupa materi yang kompleks dan abstrak.

    ReplyDelete
  18. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kompetensi matematika yang diiliki siswa sangat tergantung pada cara penyampaian materi oleh guru. Sehingga guru perlu membuat inovasi yang menarik guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Dengan demikian, siswa bukan hanya mengembangkan kemampuan formalnya tetapi juga kemampuannya dalam berkreativitas dalam pembelajaran. Belajar juga melibatkan pengalaman yang dimiliki siswa, sehingga itu dapat dijadikan potensi dan pertimbangan bagi guru dalam memilih pendekatan dan metode di kelas.

    ReplyDelete
  19. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengalaman yang dimiliki siswa dapat menjadi bekal siswa dalam mengembangkan intuisi matematikanya. Menurut Thompson, jika materi matematika semanikn abstrak, maka semakin dibutuhkan logika yang kuat untuk memikirkan dan membuktikannya. Sehingga jika intuisi siswa semakin kuat, maka kemampuan bernalarnya juga akan semakin terlatih. Logika menjadi pondasi yang penting dalam belajar matematika. Sehingga guru pelu memfasilitasi siswa dalam membangun logika pikir dan mengembangkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  20. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi yang dimiliki siswa tidak hanya diperoleh melalui pengalaman dan budaya matematika saja tetapi intuisi juga dapat diperoleh melalui kompetensi matematika. Kompetensi matematika yang dimaksud adalah bagaimana seorang guru mampu menyampaikan materi ke siswa yang dapat dipahami dengan mudah dan bermakna bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut guru hendaknya dapat melakukan inovasi metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga siswa tidak hanya dikembangkan kemampuan formalnya saja melainkan juga kemampuannya dalam menyampaikan ide atau gagasan misalnya dalam suatu pemecahan masalah sehingga nantinya akan dihasilkan intuisi matematika dalam diri siswa

    ReplyDelete
  21. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendiikan Matematika A 2014
    Dalam mempelajari matematika dimulai dari hal-hal yang bersifat kongkret (sederhana), kemudian bertahap ke hal-hal yang semakin abstratk.Thomson menyatakan bahwa jika suatu materi semakin abstrak maka semakin dibutuhkan logika dalam membuktikannnya.Jika siswa dihadapkan pada soal-soal atau permasalahan yang abtrak, maka dibutuhkan logika matematika.Dalam proses menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru, alangkah lebih bainya siswa mampu membangun penyelesaian dari persoalan itu dengan caranya sendiri. Oleh karena itu seorang guru hendaknya mengarahkan dan membantu dan membimbing jika siswa menemukan kesulitan.

    ReplyDelete
  22. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ternyata kompetensi matematika juga salah satu mengapa intuisi matematika muncul. Adanya intuisi sangat dibutuhkan dalam mempelajari matematika yaitu agar dapat memecahkan permasalahan dalam matematika. Dengan semakin banyak pengalaman yang dimiliki siswa dalam melakukan kompetensi matematika, maka intuisi pada siswa akan semakin berkembang.

    ReplyDelete
  23. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hal tersebut karena siswa akan memperoleh pengalaman yang berbeda setiap kompetisi matematika yang dilakukannya sehingga intuisi siswa tersebut dapat berkembang.

    ReplyDelete
  24. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di indonesia, tersirat bahwa kompetensi matematika meliputi kemampuan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan representasi. Kemampuan penalaran sebagai bagian dari kompetensi matematika erat kaitannya dengan kegiatan pembuktian beserta pemberian alasan dan juga kemampuan analisis berdasarkan pada definisi, aksioma, ataupun teorema. Adapun cara untuk menguasai kemampuan penalaran adalah dengan berlatih menggunakan intuisi (berpikir intuitif). Mengasah kemampuan bernalar berarti juga ikut mengasah intuisi matematika. Dengan demkian, kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  25. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut Thompson, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Jika materi matematika semakin abstrak, tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut. Proses pemecahan masalah tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini bagaimana guru bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  26. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kompetensi matematika juga menghasilkan matematika, guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan kompetensi yang dapat membawa siswa kedalam pemikiran abstrak agar dapat meningkatkan kemampuan matematikanya yang menyebabkan timbulnya perubahan sikap dalam menghadapi suatu problematika yang terjadi dalam kehidupannyata.

    ReplyDelete
  27. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Seperti pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 5 yang menyatakan bahwa Thompson berpendapat bahwa intuisi berperan penting dalam riset matematika dengan kata lain juga berperan dalam membentuk kompetensi matematika. Pada elegi ini dikatakan bahwa selain hal tersebut Thpmson juga menyampaikan bahwa secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan mathematical intuition. Seperti yang ia katakan bahwa ketika materi semakin abstrak pikiran kita akan merujuk pada ide-ide atau pemikiran yang lebih logis atu umum diterima. Hal ini menunjukkan bahwa intuisi kita bekerja dalam proses mencapai kompetensi matematika.
    Hal ini sangat menarik menurut saya. Karena ternyata intuisi bekerja dengan memperluas ruang lingkupnya ketika mencoba memahami hal hal yang abstrak. Intuisi kita akan otomatis merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan materi abstrak tersebut yang lebih mudah dipahami bagi kita. contohnya ketika seseorang untuk pertama kali belajar aljabar. Maka akan lebih mudah jika intuisi kita diarahkan ke hal-hal kehidupan sehari-hari seperti permasalahan matematika yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk aljabar. Tentu saja pada kegiatan ini intuisi kita bekerja dan berkembang dalam rangka memahami materi matematika.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  28. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Banyak faktor yang bisa mendukung siswa dalam membangun intuisi dalam bermatematika. Salah satunya adalah kompetensi matematika, ketika siswa memiliki kompetensi dalam matematika sebelum mempelajarinya maka akan semakin mudah untuk membangun intuisi dalam matematika. karena intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman siswa, maka dengan kompetensi yang dimiliki siswa akan banyak memiliki pengalaman-pengalaman sehingga semakin dekat untuk berintuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  29. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Setelah budaya matematika, kompetensi matematika juga menghasilkan matematika intuition. Disebutkan bahwa dengan materi yang semakin abstrak, maka dalam bermatematika memerlukan rumusan gagasan yang eksplisit. Gagasan tersebut didapatkan dari gagasan atau pengetahuan yang lain. Terlihat bahwa kompetensi memang begitu penting. Saya melihat di sini untuk memperluas intuisi matematika, diperlukan upaya kita untuk mensintesiskan beberapa pengetahuan matematika yang kita miliki.

    Sangat setuju, selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin

    ReplyDelete
  30. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, sebenarnya di setiap kompetensi dalam berbagai bidang diperlukan intuisi untuk mengapai atau membangunnya. Demikian pula halnya dengan kompetensi matematika. Sepemahaman kami, objek matematika bersifat abstrak. Karena objek matematika yang abstrak ini terkadang seseorang yang belajar matematika perlu untuk berpikir keras secara mendalam dan luas untuk memahaminya. Dan untuk mempelajari sesuatu yang abstrak tersebut, dalam menentukan langkah awal apa yang harus dilakukan/dipelajari pertama kali terlebih dahulu biasanya ditentukan melalui intuisi.

    ReplyDelete
  31. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Perkembangan berpikir siswa dapat dilihat dari jenjang dan usia yang dimiliki siswa. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada instuisi siswa tersebut, tentu saja intuisi siswa SD berbeda dengan intuisis siswa SMP apalagi dengan siswa SMA. Oleh karena itu matematika SD adalah matematika realita jangn memaksakan untuk menajdi matematika abstrak karena hal tersebut tidak sesuai untuk intuisinya. Hal ini juga berlaku pada siswa SMP dan SMA, walaupun siswa sudah mampu berpikir secara abstrak tetapi jangan sampai guru menggeneralisasikan bahwa semua siswa sudah mampu berpikir secaara abstrak sehigga guru juga harus menyampaikan dan menyajikan masalah matematika dalam konteks realita agar dengan konteks itu siswa dapat mengembangkan intuisinya dalam bentuk abstrak maka kaitan matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat relevn untuk digunakan.

    ReplyDelete
  32. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kompetensi matematika ditujukan untuk mengasah kemampuan siswa dalam menyelesaikna masalah atau problem solving. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, pembelajaran matematika harus dikaitkan dengan kehidupan nyata atau konkrit. Kemampuan dalam memecahkan masalah dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari sangat perlu diasah untuk membangun intuisi siswa. Intuisi sangat diperlukan bagi siswa khususnya untuk memecahkan masalah matematika. Untuk itu, perlu sekali seorang guru memahami hakekat dari matematika sekolah dan seorang guru juga harus menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  33. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.
    Di dalam meningkatkan intuisi perlu berpedoman pada gagasan lain yang umumnya dapat di terima dan dipahami.Di samping menjadi pengetahuan baru buat guru juga menjadi refrensi di dalam mengembangkan cara mengajar yang diharapkan oleh siswa.Sehingga siswa tidak merasa jenuh ketika belajar karena diakibatkan cara mengajar yang bersifat kaku dan hanya berpatokan pada satu cara mengajar.

    ReplyDelete
  34. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya tidak tahu akan kemampuan dari ilmu matematika itu sendiri. Melalui ulasan ini saya menjadi tahu bahwa ilmu matematika memiliki sifat yang begitu abstrak. Meski saya sendiri juga terkadang bingung dalam memahami keabstrakannya. Bahkan, butuh usaha lebih untuk dapat mengertinya. Berbekal pada gagasan yang telah saya peroleh sebelumnya yaitu pengalaman belajar konsep matematika melalui perhitungan sederhana, inilah yang dapat membantu saya dalam belajar di sekolah formal. Saya sendiri juga terkadang merasa sulit untuk menjelaskan secara logis. Semoga saya memiliki intuisi yang lebih luas saat belajar ilmu eksak. Terima kasih Prof atas ilmu yang diberikan.

    ReplyDelete
  35. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ternyata persaingan juga bisa melahirkan intuisi matematis. Dengan demikian kompetisi para siswa di kelas juga bisa menghasilkan intuisi. Seseorang akan termotivasi untuk belajar jika ada persaingan di sekitar yang mendorongnya untuk selalu menjadi lebih baik. Saya pikir intuisi akan muncul secara alami karena itu.

    ReplyDelete
  36. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Bukan hanya intuisi meningkatkan kompetensi matematika, secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Hal ini menarik karena intuisi di dalam pembelajaran matematika berarti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kompetensi matematika yang dimiliki. Intuisi yang berkembang tersebut penting untuk mengembangkan kompetensi matematika lainnya yang lebih tinggi. Demikian seterusnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa agar intuisinya berkembang sehingga kompetensi matematikanya pun akan berkembang.

    ReplyDelete
  37. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Pembelajaran matematika di sekolah memiliki pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran matematika disekolah tidak hanya berorientasi pada pengguasaan materi saja melainkan menggunakan materi tersebut sebagai alat dan sarana siswa untuk menggapai kompetensi tersebut. Oleh sebab itu, ranah pelajaran matematika harus disesuaikan dengan kompetensi yang harus di capai siswa. Merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa diharapkan dapat mendorong kemampuan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  38. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada elegi ini, ketika semkin sulit persoalan yang dihadapi, maka semakin berkembang intuisi seseorang tersebut. Semakin sulitnya persoalan yang dihadapi, semakin berkembang otak kita dalam menghubungkan skema-skema materi satu dengan yang lain untuk menyelesaikan masalah yang terkait. Skema skema pengetahuan lama dan pengetahuan yang baru akan saling terkait dan terhubung. Hubungan-hubungan yang sudah dibuat tadi harus dibiasakan untuk menghadapi soal-soal yang sulit. Sehingga semakin memperkuat intuisi seseorang

    ReplyDelete
  39. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    dari elegi ini, memang tampak bahwa peran guru matematika semakin berat. mereka bertanggung jawab membantu mengembangkan intuisi matematika dari siswa didiknya. ibaratnya dalam sebuah film, guru-guru itu ibarat aktor dan aktrisnya. mereka yang tampil didepan. dengan tidak mengabaikan peran penting lainnya dari berbagai pihak, maka kerjasama yang sistematis sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pendidikan sehingga pada akhirnya akan masuk ke ranah dunia intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  40. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perbedaan individual diantara peserta didik merupakan hal yang tidak mugkin dihindari, karena hampir tidak ada kesamaan yang dimiliki oleh setiap anak kecuali perbedaan itu sendiri. Dengan perbedaan yang dimiliki siswa secara tidak langsung turut berperan aktif dalam membangun semangat dan rasa percaya diri siswa, baik secara fisiologis maupun psikologis terutama dalam menggunakan intuisi untuk berfikir dan bernalar secara kritis.

    ReplyDelete
  41. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kompetensi matematika adalah kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika itu sendiri ataupun permasalahan matematika dalam dsebut dalam unia nyata. Macam-macam kemampuan matematika antara lain kemampuan pemecahan masalah, kemampuan bernalar, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat koneksi, dan kemampuan representasi. Berdasarkan penjelasan dalam tulisan ini, kemampuan matematika tersebut dapat menghasilkan intuisi matematika yangmana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa intuisi matematika merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, seyogyanya kita yang bergerak di bidang pendidikan untuk terus memotivasi pihak sekolah agar mengembangkan kompetensi matematika siswa untuk menghasilkan intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  42. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Kompetensi matematika didesain oleh pembuat kurikulum sebagai kemampuan maupun pengetahuan dasar yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran baik dikelas maupun praktik di lapangan. Kompetensi ini dapat dikembangkan guru guna memfasilitasi kemampuan dan pengetahuan siswa yang berbeda. Guru dapat membuat model pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan praktek di lapangan maupun kerja kelompok. Semua itu akan berhasil jika guru senantiasa bergerak memonitor kegiatan siswa sehingga ketika siswa mengalami kesulitan maupun ketika siswa sudah mampu menyelesaikan masalah yang di sajikan guru mampu tanggap dengan memberi treatmen lanjutan.

    ReplyDelete
  43. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Jika sebelumnya telah diketahui bahwa intuisi berperan dalam meningkatkan kemampuan penalaran serta kreativitas siswa dalam bermatematika. Ternyata konvers dari pernyataan ini juga berlaku, yaitu kemampuan matematika yang memadai mampu meningkatkan intuisi matematika siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang berkompeten dalam matematika adalah siswa yang telah melalui banyak latihan sehingga mampu meningkatkan intuisinya.

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Intuisi dalam bermatematika bisa bersumber dari pengalaman bermatematika siswa. Pengalaman itu sejalan dengan meningkatnya kompetensi matematika siswa. Siswa yang terus meningkatkan kompetensi matematikanya pasti akan semangat dalam setiap aktivitas di kelas, sehingga pengetahuan lebih yang sudah ia dapatkan ingin di ketahui oleh guru maupun teman di kelasnya. Hal inilah salah satu yang menyebabkan siswa intuitif lebih menonjol di kelas.

    ReplyDelete
  45. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Pikiran seseorang senantiasa berkembang. Pada anak-anak, ia hanya mampu berfikir konkret, ia akan kesulitan bahkan tidak mampu jika diminta untuk berfikir abstrak. Seiring bertambahnya usia, anak-anak yang dulunya hanya mampu berfikir konkret ini lama kelamaan akan mampu berfikir abstrak. Pendidikan memiliki perang yang sangat besar terhadap perkembangan atau perubahan cara berfikir anak tersebut. sehingga tugas pendidikan tidak sekedar memberikan anak ilmu, tapi ia juga melatih atau mengembangkan gaya berfikir anak. Disinilah letak pentingnya mengutamakan proses dibandingkan hanya hasil akhir saja. ibarat orang makan, kita tidak boleh hanya menyuapi anak, tapi kita juga harus mengajarkan pada anak-anak tentang cara makan, sehingga kelak ia tidak lagi harus disuapi.

    ReplyDelete
  46. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Kompetensi matematika, adalah kemampuan dan keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang yang belajar matematika. Meski matematika bersifat abstrak, namun setiap pembelajar matematika tentu harus memiliki kemampuan berpendapat yang eksplisit dan logis yang dapat diterima secara umum oleh orang banyak. Menguasai kompetensi matematika bukanlah dalam proses yang singkat dan instan, bahkan guru matematika saja belum tentu memiliki komoetensi matematika yang cakap, yang sesuai dengan standar seorang guru. Sehingga, seiring berjalannya waktu, belajar matematika tidak hanya belajar teorema nya saja namun kompetensi disebalik itu yang menjadi hikmah belajar matematika diharapkan juga harus tercapai. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  47. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Hal yang sangat menarik bagi saya, karena kompetensi matematika akan menghasilkan intuisi matematika, dan begitu juga sebaliknya bahwa intuisi matematika juga akan menghasilkan kompetensi matmatika. Dengan demikian, memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan membangun intuisi dari pengalaman budaya bermatematika, maka kompetensi matematika juga akan semakin berkembang. Semakin tinggi intuisi seseorang maka kompetensi matematikanya juga semakin baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memperhatikan perkembangan intuisi siswanya dengan membangun pengalaman-pengalaman bermatematika agar kompetensi matematika siswa semakin baik.

    ReplyDelete
  48. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ya, guru matematika perlu terus berjuang, Dan banyak belajar. Tantangannya adalah, guru sendiri perlu mengembangkan terlebih dahulu intuisi matematikanya.
    Bagaimana kemudian Juga mengembangkan konpetensi untuk membudayakan Matematika yang menghasilkan intuisi Matematika.
    Mari, sama sama berjuang !

    ReplyDelete
  49. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Setuju dengan thomson bahwa Intusi berkembang melalui kompetensi matematika. Banyaknya siswa yang berada di dalam suatu kelas, maka kemampuan matematika yang mereka miliki kenungkinan besar tidak sama dan jarang pula yang mirip. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kompetensi matematika dari masing-masing siswa diperlukan dorongan, motivasi, dukungan dan perencaaan pembelajaran yang menyenangkan. Dimana siswa dapat enjoy dan nyaman untuk mempelajari matematika, materi yang disampaikan telah di kontekstual kan sehingga siswa memiliki gambaran aplikasi matematika dalam kehidupan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  50. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Rumusan gagasan yang dapat diturunkan secara logis dapat memperkaya intuisi matematiaka. Hal ini menjadi tugas besar bagi para pendidik untuk membenahi dan menambah ilmu pengetahuan mengenai kompetensi dalam pembelajaran matematika. Sungguh, guru itu adalah pahlawan yang tiada habisnya jasa yang akan disumbangkan. Usahausaha yang tiada henti untuk tujua yang mulia bagia para siswa. tetapi terkadang, masih ada oknum guru yang hanya mementingkan hasil akhir tanpa melihat proses pembelajaran, dengan kata lain, sering melakukan lompatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  51. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    materi matematika tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan yang ada pada materi matematika tersebut. Proses pemecahan masalah yang dilakukan berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini guru harus bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Materi dalam pembelajaran matematika memang cukup kompleks, ada yang melatih kemampuan berhitung siswa, ada juga yang melatih kemanpuan siswa memcahkan masalah, bahkan pada llvel yang lebih tinggi matematika bisa melatih siswa mengembangkan teknologi yang canggih. sehingga pemebelajran semestinya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan siswa, sehingga siswa akan merasa senang dalam belajar.

    ReplyDelete
  53. Pelajaran di sekolah, semakin tinggi tingkatan kelas sekolahnya maka semakin banyak bahan materi abstrak yang mesti guru ajarkan, dan terkdang untuk menghubungkannya dnegan pengalaman nyata para siswa sangat susah. Untuk itu pentingnya mengembangkan kompetensi matematika siswa yang mana jika siswa menguasainya maka akan memperlihatkan ide secara logika dapat lebih mengeneralisasi ide yang yang telah diberikan. Yang mana pada akhirnya akan menghasilkan intuisi matematika.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Dalam pembelajaran matematika kompetensi dalam matematika merupakan hal penting. Setiap siswa memiliki kompetensi dan kompetensi antara siswa dengan siswa yang lain berbeda-beda. Dalam belajar matematika, siswa berusaha untuk meningkatkan kompetensinya masing-masing dengan fasilitas yang guru berikan. Seorang siswa belajar tentang hal yang semakin lama semakin sulit sehingga berusaha untuk memahaminya melalui penalaran dan gagasan-gagasan yang lebih logis. Proses tersebut akan dapat menghasilkan intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  55. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik". matematika dimulai pada anak sekolah dasar adlah matematikan realistik, matematika yang dapat dihitung jika telihat bendanya. namun semakin lama anak mulai diajarkan matematika abstrak dengan menggunakan permisalan -permisalaan tertentu, sehingga matematika dengan variabel dan lain sebagainya.
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  56. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intuisi matematika juga dapat dibentuk dengan bantuan dari fasilitator. Fasilitator di sekolah seperti guru. Menjadi guru matematika yang baik bagi peserta didik itu sangatlah susah, apalagi jika kita selalu memberikan matematika murni ke mereka. Hampir keseluruhan siswa akan menganggap matematika itu sulit. Jika siswa sudah menganggap matematika itu sulit, maka intuisi matematika siswa akan sulit juga dikembangkan. Oleh karena itu, sebagai guru yang merupakan pendidik, sebaiknya kita gunakan matematika sekolah yang berhubungan dengan dunia nyata agar peserta didik mampu mengasah intuisi mereka dengan maksimal.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  57. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Semakin kompleks suatu materi, semakin besar pula kesempatan untuk memperluas intuisi kita. Semakin abstrak materi matematika, akan memberikan kesempatan yang besar pula bagi kita untuk mengembangkan intuisi menjadi lebih baik. Guru perlu merangsang dengan menggunakan materi-materi matematika kritis untuk mengembangkan kemampuan intuisi siswanya. Kalau perlu guru mengembangkan soal-soal berbentuk open ended untuk mengadopsi banyak jawaban siswa berdasarkan keragaman intuisi yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  58. Nur Dwi Laili K
    1770951059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi matematika dan kompetensi matematika merupakan dua hal yang saling terkait. Intuisi matematika yang baik akan membantu siswa untul lebih meningkatkan kompetensi matematikanya. Sedangkan kompetensi matematika yang baik akan meningkatkan intuisi matematika siswa karena dengan kompetensi yang baik memberikan kesempatan untuk siswa memperoleh pengalaman- pengalaman baru yang dapat meningkatkan kemampuan intuisi matematikanya. Karena itulah sama-sama penting untuk mengembangkan intuisi dan kompetensi matematika.

    ReplyDelete
  59. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kompetensi matematika adalah kemampuan seseorang dalam mengolah permasalahan matematika. Dalam pembelajaran matematika, semakin banyak kita menguasai materi matematika maka semakin banyak pula soal pemecahan masalah yang dapat diselesaikan. Kemampuan inilah yang juga akan menghasilkan intuisi karena pada keadaan memecahkan masalah, kita akan terus berpikir dan menggunakan kompetensi yang kita miliki untuk memecahkan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  60. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Matematika memiliki banyak macam materi dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dalam memepelajari matematika harus secara bertahap dan benar-banar paham, karena materi yang dipelajari pada saat tertentu mungkin akan digunakan pada materi selanjutnya. Jadi dalam setiap materi harus paham. Hal itu lah yang perlu melibatkan beberapa fungsi kerja indera, sehingga akan mendapatkan berbagai pengalaman dan nantinya akan membentuk sebuah intuisi baru yang sangat berguna untuk kehidupan.

    ReplyDelete
  61. Pratama Wahyu P
    17709251033
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi dapat dihasilkan dari pengalaman. Lalu bagaimana cara menghasilkan intuisi matematika? Salah satunya adalah dari kompetensi matematika. Kompetensi yang baik akan menghasilkan intuisi yang baik dan berlaku juga sebaliknya. Dengan intuisi matematika yang baik, maka kita dapat memahami matematika dengan lebih baik lagi. Jadi kita harus memberikan kompetensi yang baik pada pembelajaran.

    ReplyDelete
  62. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi sebagai dasar matematika, menurut Immanuel Kant pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dulu menemukan inyuisi murni pada akal atau pikiran kita. Matematika yang bersifat sintetik apriori dapat dikonstruksi melalui tahapan intuisi yaitu intuisi penginferaan terkait objek matematika yang dapat diserap sebagai unsur aposteriori.

    ReplyDelete
  63. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033


    Kompetensi dan intuisi, semakin tinggi kompetensi seseorang maka akan memiliki intuisi yang semakin tajam pula. Jika kompetensi matematika seseorang telah mancapai untuk menyelesaikan hal-hal yang semakin bersifat abstrak, maka intuisi yang terbentuk juga semakin baik.

    ReplyDelete
  64. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intuisi yang berdasarkan pengalaman akan mempengaruhi intuisi mereka, yang nantinya intuisi tersebut akan mempengaruhi pengalaman mereka selanjutnya. Sehingga saya rasa intuisi sama halnya dengan membangun konsep, di mana konsep terbangun dari konsep selanjtnya berkaitan dengan konsep sekarang dan konsep yang akan datang. Sehingga apabila konsepnya tidak matang maka untuk konsep selanjutnya siswa akan emrasa kesulitan. Hal ini sama dengan intuisi , apabila pengalaman yang mereka dapatkan untuk memunculkan intuisi sedikit maka akan berpengaruh pada pembentukan intuisi sekarang dan yang akan datang.

    ReplyDelete
  65. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kompetensi matematika menurut NCTM meliputi kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, reason and proof, dan penalaran. Kompetensi-kompetensi tersebut memberikan suatu kontribusi pada intuisi matematika siswa. Kompotensi ini secara umum saling berkaitan. Pengalaman terhadap problem solving misalnya, tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa namun juga mendukung kompetensi lainnya termasuk perkembangan intuisi siswa. Maka jelas kompetensi matematika mempengaruhi intuisi siswa.

    ReplyDelete
  66. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kompetensi guru matematika merupakan suatu yang harus dikuasai oleh seorang guru sehingga dalam penyampaikan materi ke siswa dapat dipahami dengan mudah dan bermakna bagi siswa. Hal inilah yang dinamakan pendekatan kontekstual.
    Pada dasarnya kompetensi matemaika dibangun dari intuisi matematika, karena pengalaman belajar siswa yang semakin meningkat maka intuisi siswa pun menjadi semakin tajam sehingga kemampuan matematika yang dimiliki pun selalu berkembang. Kompetensi matematika memang menghasilkan intuisi matematika namun sebenarnya intuisi matematikalah yang sebenarnya melandasi kemampuan matematika.

    ReplyDelete
  67. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    Pendidikan Matematika A S2 UNY

    Intuisi matematika juga dapat dihasilkan dari kompetensi matematika yaitu kemampuan seseorang dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Dalam kondisi ini, seseorang akan mudah untuk memunculkan ide karena sudah biasa atau pernah menyelesaikan permasalahan matematika sebelumnya baik yang sejenis maupun berbeda.

    ReplyDelete
  68. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Bermula semakin meningkatnya bahan abstrak, hal tersebut membuat kemampuan untuk berpikir secara formal, yang memerlukan ide dengan rumusan eksplisit, serta dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide secara logis diturunkan dari ide-ide lain dan lebih umum yang diterima, merupakan aset besar dalam memperluas lingkup dan jangkauan dari skema yang menjadi sifat kedua untuk kita, dan berperan penting dalam memperluas wilayah yang lazim dari intuisi kita.

    ReplyDelete
  69. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    2. Intuisi dan kompetensi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Begitupun halnya dengan matematika. Intuisi matematika membutuhkan kompetensi sebagai acuan atau ukuran sejauhmana tumbuh dan berkembangnya intuisi. Sementara kompetensi tidak akan ada bila tanpa adanya intuisi.

    ReplyDelete
  70. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ternyata kompetisi juga melahirkan matematika dengan intuisi. Dengan demikian kompetisi siswa dikelas dapat memberikan kelahiran sebuah intuisi. Seseorang akan termotivasi untuk belajar jika ada persaingan disekitarnya dan hal tersebut akan mendorongnya untuk selalu berusaha melakukan yang lebih baik. Saya berpikir bahwa intuisi akan muncul secara alami karena hal itu.

    ReplyDelete
  71. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di Indonesia, tersirat bahwa kompetensi matematika meliputi kemampuan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan representasi. Kemampuan penalaran sebagai bagian dari kompetensi matematika erat kaitannya dengan kegiatan pembuktian beserta pemberian alasan dan juga kemampuan analisis berdasarkan pada definisi, aksioma, ataupun teorema. Adapun cara untuk menguasai kemampuan penalaran adalah dengan berlatih menggunakan intuisi (berpikir intuitif). Mengasah kemampuan bernalar berarti juga ikut mengasah intuisi matematika. Dengan demikian, kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  72. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Kompetensi matematika dibangun dari intuisi matematika, karena pengalaman belajar siswa yang semakin meningkat maka intuisi siswa pun menjadi semakin tajam sehingga kemampuan matematika yang dimiliki pun selalu berkembang. Kompetensi matematika memang menghasilkan intuisi matematika, namun sebenarnya intuisi matematikalah yang sebenarnya melandasi kemampuan matematika. Dalam berfilsafat kita memang juga harus berintuisi sehingga pemikiran terhadap objek filsafat akan semakin tajam, luas dan mendalam

    ReplyDelete
  73. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Materi matematika yang bersifat abstrak pun dapat meningkatkan intuisi matematika. Hal ini dikarenakan materi yang abstrak dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis yang mana merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan ide-ide yang dimiliki. Dalam memperoleh kemampuan bernalarnya akan lebih baik siswa mengkonstruksi pengetahuannnya sendiri dengan bantuan seperlunya dari guru.

    ReplyDelete

  74. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Seiring dengan bertambahnya kemampuan matematika abstrak siswa, maka siswa juga harus mengimbanginya dengan kemampuan matematika formal dan penggunaan bahasa matematika yang baik. Karena siswa perlu mengungkapkan ide dan gagasannya dengan penyampaian yang dapat diterima secara umum. Kemampuan mengungkapkan ide ini membutuhkan kompetensi-kompetensi matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menguasai kompetensi matematika juga mendukung peningkatan intuisi matemtika siswa.

    ReplyDelete
  75. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Matematika membentang dari konkret hingga abstrak. Di tengah keduanya terdapat tangga-tangga yang dapat dinaiki untuk mencapai kelengkapan ilmu matematika. Salah satunya melalui kompetensi matematika, yang ternyata juga menyumbang peran dalam meningkatkan intuisi matematika. Matematika tidak dapat dipisahkan dari intuisi. Semakin tinggi tingkat abstraksi dan idealisasi suatu objek matematika maka semakin besar pula kemampuan intuisi seseorang bekerja.

    ReplyDelete
  76. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa mempelajari matematika dari pengalaman yang siswa rasakan kemudian pengalaman-pengalaman matematika itu mereka abstraksikan ke dalam bentuk rumus-rumus matematika. proses pengabtraksian itu melibatkan intuisi matematika. semakian banyak pengalaman matematika siswa yang diabstraksi, semakin terasah pula intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  77. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kompetensi matematika merupakan hal yang perlu ditanamkan dalam pembelajran. Hal ini dikarenakn dengan penanaman kompetensi matematika, siswa mampu menghadapai persoalan matematika. siswa dapat dengan lancar menjawab persoalan dengan jawaban yang sistematis. Sehingga dengan begitu, akan timbul intusi matematika yang di sebabkan oleh telah tertanamnya kompetensi matemtaika dari dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  78. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Kompetensi matematika juga dapat menghasilkan intuisi matematika. Semua individu dapat berbagi ide mereka. Sehingga, ide-ide yang sudah ada di sekitar kita akan berkembang sejalan bertambahnya ide-ide, namun dari semua ide tersebut, hanya akan ada satu yang disepakati atau diterima secara umum. Hal ini menyebabkan kompetensi untuk membuat ide yang bisa diterima akan sangat dubutuhkan.
    Untuk mencapai hal itu, banyak sekali pengalaman yang akan di dapat. Sehingga intuisi juga akan dihasilkan.

    ReplyDelete
  79. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Kompetensi matematika merupakan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh siswa. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan penalaran dan pembuktian. semakin abstrak materi yang dipelajari maka semakin besar kemampuan intuisi yang diperlukan dalam memahami materi tersebut. Kemampuan pembuktian merupakan salah satu kompetensi yang paling tinggi, dikarenakan seseorang harus mampu menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimilikinya, dan kemampuan tersebut bisa dibiasakan dengan meningkatkan intuisi melalui pengalaman

    ReplyDelete
  80. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Menyampaikan materi matematika harus disesuaikan dengan kemampuan potensi anak yang dapat dilihat dari usia sekolah anak. Siswa yang baru SD akan sangat berbeda pendidik dalam menyampaikan dengan siswa SMA yang sudah mengenal abstrak, tetapi dengan tidak melupakan selalu mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  81. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana


    Terimakasih pak atas postingan ini, pengetahuan lagi untuk kami bahwa kompetensi membangun intuisi, sesuai dengan postingan terdahulu bahwa intuisi dapat dibangun dari pengalaman-pengalaman. Kompetensi merupakan salah satu pengalaman yang dapat diambil pelajaran bagi siswa untuk membangun pengetahuan dari siswa yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  82. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi matematika juga merupakan kompetensi matematika. Dimana saat ini pembelajaran matematik hendaknya lebih mengutamakan pada pengembangan daya matematika siswa yang meliputi kemampuan menemukan kembali (reinvention), menyusun konjektur dan menalar secara logic (mathematical reasoning), menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menyelesaikan masalah (mathematical problem solving), berkomunikasi secara matematik (mathematical communication), dan mengaitkan idea matematik dengan kegiatan intelektual lainnya(mathematical connection ).

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  83. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Tidak dapat dielakkan lagi bahwa kompetisi meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar dan memahami lebh danyak. Siswa yang terbiasa memenangkan olimpiade atau kompetisi matematika cenderung hidupnya lebih terarah dan lebih sistematis. Hal ini karena matematika yang dihayatinya telah melampaui teman-temannya yang masih berpikir bagaimana memperoleh nilai yang bagus. Hal ini mengindikasikan bahwa matematika sudah dapat diinternalisai dalam ksehidupan siswa atau minimal menumbuhkan sifat berpikir sistematis dan kammpuan memecahkan masalah. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  84. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Guru dapat mensiasati kompetisi siswa di dalam kelas yakni dengan cara memberikan pujian bagi siswa yang dapat memahami materi dengan baik atau dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan, itu adalah contoh yang paling miniml. Contoh lain untuk menstimulus iswa ialah dengan menghadirkan alat peraga secara langsung yang dapat menarik perhatian siswa, jika perhatia siswa dapat difokuskan pada materi yang dipeljari, maka apa yang disajikan guru dapat memperoleh kesempatan yang lebih tinggi untuk diteruskan ke memori selanjutnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  85. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti pada elegi di atas, mathematic intuition dapat dibangun dari kompetensi matematika. Keberadaan intuisi tidak terlepas dari upaya guru atau pendidik dalam membiasakan siswa untuk berpikir secara benar, menghayati dalam hati, diucapkan, dan dilakukan dengan perbuatan. Sebenarnya, belum diketahui kapan dimulainya sebuah intuisi. Intuisi lahir melalui pengalaman-pengalaman yang dialami siswa.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  86. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan Thomson bahwa secara timbal balik, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan untuk menunjukkan ide-ide secara logis diturunkan dari ide lain. Kemudian penerimaan secara umum merupakan cara yang besar dalam memperluas cakupan dan berbagai skema yang menjadi sifat kedua bagi kita. Selain itu juga berperan penting dalam memperluas intuisi kita.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  87. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Meningkatkan intuisi matematika seorang siswa adalah dengan memberikan masalah abstrak. Sayangnya tidak banyak siswa yang mampu menyelesaikannya. Butuh pembiasaan diri dan dukungan dari banyak pihak untuk membiasakan mempertajam intuisi matematika siswa-siswa.

    ReplyDelete
  88. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Selain kesenangan bermatematika yang bisa memunculkan intuisi matematika, kompetensi matematika juga bisa memunculkan intuisi matematika. Siswa jika sudah mampu atau kompeten terhadap salah satu materi matematika, maka dia sudah mempunyai modal untuk belajar materi matematika lainnya. Kompetensi siswa bisa menjadi prasyarat dan modal untuk belajar materi berikutnya. Jika siswa tidak mampu atau kompeten terhadap suatu materi matematika, maka dia akan cenderung tidak suka dengan matematika, padahal kesenangan bermatematika merupakan salah satu ciri siswa mampu berpikir intuitif. Maka dengan kata lain siswa harus mampu meningkatkan kompetensinya dalam bermatematika.

    ReplyDelete
  89. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Sepedapat dengan Thomson bahwa intuisi berkembang melalui kompetensi matematika. Ketika seseorang yang mengikuti kompetisi, dia akan selalu menyiapkan diri untuk menjadi juara. Dia akan terus mencari ilmu-ilmu baru, bahkan dia dapat menemukan cara sendiri yang lebih singkat dan tepat untuk menyelesaikan masalah matematika tanpa harus mengikuti cara-cara yang pernah dilakukan oleh orang lain. Inilah yang menjadi kreativitas anak, dia akan terus bersemangat mengerjakan masalah-masalah matematika, sehingga ia bisa menemukan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  90. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi selain didapat dari pengalaman-pengalaman dalam bermatematika ternyata dapat juga didapat melalui kompetensi matematika. Untuk meningkatkan intuisi matematika salah satunya dengan memberikan materi yang abstrak. Hal ini dikarenakan dengan adanya materi yang abstrak ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa.

    ReplyDelete