Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

35 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Kompetensi matematika menghasilkan mathematical intuition. Kompetensi merupakan kemampuan terhadap sesuatu. Seseorang dianggap kompeten karena telah melakukan sebuah usaha yang tidak hanya sekali dan tidak sebentar sampai berhasil. Seseorang dianggap kompeten karena membuktikan bahwa ia kompeten dalam bidangnya. Orang yang kompeten sama halnya juga orang yang sudah berpengalaman. Tidak hanya satu pengalamannya tapi ada begitu banyak pengalaman yang sudah ia lalui. Pengalam tersebut ia jadikan sebagai pengetahuannya dan pembelajaran bagi ia apa yang harus dilakukan kedepannya agar dapat lebih baik lagi. Tentu dengan adanya pengalaman-pengalaman tersebut dapat menghasilkan intuisi yang baik. karena pada darnya intuisi dapat berkembang dengan adanya pengalaman-pengalaman. Sehingga kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika juga.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 20108

    Berkembangnya pengetahuan seseorang dengan mempelajari materi, baik materi yang baru maupun materi lanjutan yang ditunjukkan dengan keberhasilan seseorang menjelaskan materi atau konsep atau ide yang dihasilkan. Berulang-ulangnya pengetahuan ini akan membangun intuisi menjadi lebih kuat.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Menurut Thompson, kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan intuisi matematika. Jika materi matematika semakin abstrak, tentu membutuhkan penalaran untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut. Proses pemecahan masalah tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa. Dalam hal ini bagaimana guru bisa mengembangkan intuisi siswa. Karena intuisi matematika juga terbentuk dari pengalaman-pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Kompetensi adalah suatu usaha dimana seseorang tersebut berhasil melakukan sesuatu. Kompetensi matematika berarti orang tersebut telah melakukan suatu usaha yang berhasil dalam belajar matematika. Elegi di atas menggambarkan bahwa seorang siswa yang sudah kompeten akan menghasilkan sebuah kempuan intuisi dalam belajar matematika. Saya setuju dengan pernyataan tersebut, agar bisa kompeten dalam bidang sesuatu, seorang individu pasti telah melakukan berbagai usaha, usaha inilah yang disebut sebagai pengalaman-pengalaman yang nantinya akan mempermudah seseorang dalam berintuisi.

    ReplyDelete
  5. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Menurut saya, tidak dapat dipungkiri kompetensi merupakan bagian dari membudayakan. Ketika kompetensi matematika mulai meningkat, maka intuisi siswa juga akan meningkat. Sehingga, ketika guru mengakui pentingnya intuisi siswa dalam pembelajaran, guru juga sebaiknya menyadari pentingnya kompetensi yang dimiliki oleh guru.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Acuan dalam pembelajaran adalah kompetensi yang disasar untuk dikuasai. Penguasaan kompetensi menjadi satu hal yang dapat disalah artikan oleh guru dan siswa. Selama ini guru seringkali merasa siswa sudah menguasai kompetensi karena telah mampu mengerjakan soal dengan baik walaupun dalam keseharian proses pembelajarannya adalah drill. Menjadi pertanyaan bersama apakah kondisi demikian sudah merupakan sebenar-benarnya menguasai kompetensi?

    ReplyDelete
  7. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari pernyataan Thompson dapat disimpulkan bahwa kompetensi matematika dapat menghasilkan intuisi matematika. Siswa yang telah mencapai kompetensi matematika akan memiliki proses automasi dalam otaknya sehingga disitulah proses intuisi matematika meningkat. Orang yang berkompeten dapat dikatakan sebagai expert. Proses inilah pasti seseorang sudah memahami, melakukan berulang-ulang, dan adanya kesan dalam suatu bidang yang menjadi kompetensinya dalam hal ini matematika. Jadi semakin siswa memiliki kompetensi matematika yang banyak maka semakin banyak menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Berdasarkan pendapat dari Thompson, intuisi matematika dapat dibentuk pula melalui kompetensi matematika yang diberikan. Hal ini dikarenakan pemberian materi yang abstrak akan mendorong siswa berpikir secara formal dan berpikir secara eksplisit. Dengan begitu siswa akan menemukan ide-ide yang bisa digunakan dalam memecahkan masalah secara logis dan dapat diterima secara umum. Oleh karena itu, pemberian kompetensi matematika juga dapat meningkatkan kemampuan intuisi siswa dalam belajar.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition. Intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman matematika, dengan mengikuti kompetisi-kompetisi matematika maka akan menambah pengalaman matematika. Kemudian para siswa yang memperoleh mathematical experiences tersebut akan mampu memunculkan mathematical intuition dalam diri mereka.

    ReplyDelete
  10. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Kompetensi matematika yang diperoleh adalah cikal bakal dari intuisi matematika. Jika disambungkan dengan artikel lain, maka, intuisi matematika diperoleh melalui "pengalaman matematika".

    ReplyDelete
  11. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Materi matematika yang semakin abstrak, akan memunculkan kemampuan secara formal yang membutuhkan perumusan gagasan eksplisit. Kemampuan tersebut untuk menunjukkan ide-ide yang dapat diturunkan secara logis dari ide-ide lain yang lebih diterima secara umum. Intuisi adalah aset besar untuk memperluas ruang lingkup dan jangkauan. Pengetahuan yang menjadi kualitas kedua dan intuisi akan memperluas pemikiran kita.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Kompetensi matematika untuk membangun intuisi matematika didapatkan dari kemampuan bernalar secara logis untuk dapat menemukan ide-ide lain yang dpat diturunkan kepada ilmu-ilmu yang lebih umum. Kompetensi matematika ini dapat diperoleh dengan memperluas ruang lingkup ilmu kita sehingga kita dapar memperluas pengetahuan yang nantinya akan membentuk dan memperkuat intuisi matematika kita.

    ReplyDelete
  13. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Kompetensi matematika sangat diperlukan bagi siswa untuk belajar matematika. Karena siswa yang mempunyai kompetensi matematika tentunya dapat memahami matematika dalam hubungannya dengan capaian pembelajaran berdasarkan tuntutan kurikulum. Kompetensi matematika dapat diperoleh dengan cara belajar menemukan kembali konsep matematika, menyusun konjektur dan menalar secara logis, menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menyelesaikan masalah, berkomunikasi secara matematik, dan mengaitkan idea matematik dengan kegiatan intelektual lainnya.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan elegi tersebut bahwa kompetensi matematika dapat membangun mathematic intuition. Kompetensi matematika merupakan sebuah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi yang dimiliki oleh guru tersebut tentunya diperoleh melalu sebuah pengalaman dalam pembelajaran. Kompetensi tersebut akan mampu membiasakan siswa untuk berpikir kreatif. Tentunya proses berpikir kreatif yang dilakukan siswa muncul karena adanya pengalaman-pengalaman pada saat pembelajaran. Pengalaman tersebut akan digunkana oleh siswa dalam mengembangkan suatu ide atau gagasan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B
    Assalamualaikum wr wb
    intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Berpikir Intuitif adalah proses kognitif yang memunculkan ide sebagai suatu strategi dalam membuat keputusan yang diperkirakan benar sehingga menghasilkan jawaban spontan dalam memecahkan masalah. Jawaban spontan adalah ungkapan baik tulisan maupun lisan, yang dihasilkan subjek dari pemecahan masalah matematika tanpa menggunakan cara berpikir analitik.

    ReplyDelete
  16. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Kompetensi matematika menurut Thompson juga akan menghasilkan intuisi matematika. Seorang yang telah berkompeten dalam matematika akan dengan mudah menyelesaikan masalah. Apalagi ditambah dengan materi yang abstrak , secara tidak langsung akan membangkitkan mathematical intuition orang tersebut. semakin sulit lagi soal yang diberikan maka intuisi akan berkembang dengan sendirinya sesuai skema yang ada diri orang tersebut.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Matematika dengan segala keabstrakannya ternyata berperan dalam memperluas intuisi matematika. Kemampuan-kemampuan atau kompetensi dalam matematika juga merupakan aset yang berperan dalam memperluas intuisi kita. Kompetensi menurut KBBI adalah kewenangan atau kekuasaan untuk menentukan dan memutuskan suatu masalah. Ada begitu banyak kompetensi dalam matematika yang dapat membantu untuk memecahkan permasalahan matematika. Kompetensi tersebut diatara adalah penalaran, pemecahan masalah, koneksi matematik, komunikasi matematik, representasi matematik dan sikap positif terhadap matematik. Oleh karena ada banyak kompetensi matematika yang dapat kita kembangkan dan digali lebih dalam agar kemampuan kita dalam memecahkan permasalahan matematika menjadi lebih kaya. Kekayaan tersebutlah yang membantu kita dalam memperluas pengalaman guna memperkuat intuisi matematika kita.

    ReplyDelete
  18. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dengan diberikannya bahan kajian matematika yang semakin abstrak, maka semakin luas dan kompleks pula ide-ide matematika seseorang. Kedalaman dan keluasan pengetahuan matematika ini akan memperluas cakupan dan jangkauan dari skema yang telah dimiliki dan akan membantu kita untuk mengembangkan dan memperluas intuisi matematik kita. Sehingga, cara seorang anak memperoleh intuisi matematika bergantung pada kompetensi matematik yang dimiliki anak tersebut.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709215005
    S2 PM A 2018

    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melakukan penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba2 saja datang di luar kesadaran. Dari elegi di atas d katakan bahwa dengan materi yang semakin abstrak menghasilkan kemampuan intuisi yang baik. Dengan materi yang semakin abstrak tampaknya kemampuan untuk bernalar dapat diturunkan secara logis dari ide-ide lain yang lebih diterima secara umum.

    ReplyDelete
  20. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bukan hanya intuisi meningkatkan kompetensi matematika, secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Hal ini menarik karena intuisi di dalam pembelajaran matematika berarti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kompetensi matematika yang dimiliki. Intuisi yang berkembang tersebut penting untuk mengembangkan kompetensi matematika lainnya yang lebih tinggi. Demikian seterusnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa agar intuisinya berkembang sehingga kompetensi matematikanya pun akan berkembang.

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mengutip dari thompson "Dengan materi yang semakin abstrak, tampaknya kemampuan untuk bernalar secara formal, yang membutuhkan perumusan ide secara eksplisit, bersama dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide yang dapat diturunkan secara logis dari ide-ide lain dan yang lebih umum diterima, adalah aset besar dalam memperluas cakupan dan berbagai skema yang menjadi sifat kedua bagi kami, dan sangat berperan dalam memperluas wilayah akrab intuisi kita”. Menurut saya perlu diberikan pelatihan bagi guru bagaimana melatih intuisi siswa. terimakasih

    ReplyDelete
  22. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi matematika juga dapat dikembangkan melalui kompetensi, kompetensi dalam pembelaran matematika bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan matematika yang dimiliki seseorang. Kompetensi biasanya terbentuk atas kemampuan yang telah diasah atau potensi yang dikembangkan melalui belajar dan pengalaman. Jika seseorang siswa telah berkompeten maka siswa akan mampu menghasilkan intuisi-intuisi yang membantunya dalam memahami setiap pelajaran.

    ReplyDelete
  23. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Matematika merupakan pelajaran yang penting dan sangat bermanfaat di lingkungan sehari-hari. Mempelajari matematika dari yang paling sederhana juga yang berasal dari benda-benda konkrit disekitar kita yang tentunya dikenal oleh siswa. Lalu sampai pada tahap lebih lanjut akan sampaipada hal-hal yang abstrak yang semakin tinggi tingkatannya.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Tingkatan belajar matematika mempengaruhi pola pikir yang akan menghasilkan ide-ide dan gagasan yang semakin tinngi pula tingkatannya. Dalam mempelajari matematika, dibutuhkan intuisi untuk dapat memecahkan persoalan. Sehingga semakin tinggi kompetensi yang dicapai, maka intuisi pada siswa akan semakin berkembang. Intuisi dapat terbentuk dari pengalaman sehingga guru harus memberikan berbagai pengalaman tentang belajar dan konsep matematika kepada siswa.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Kompetensui matematika dapat dijabarkan dalam kemampuan matematis yaitu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan konseptual dan kemampaun procedural. Tujuan pembelajaran matematika diantaranya mencapai kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi, dan representasi. Untuk mencapai suatu kompetensi, maka dibutuhkan ide-ide yang baik berupa model pembelajaran yang mampu membiasakan siswa mengkonstruksi pengetahuan dan juga bisa membiasakan munculnya intuisi dari banyaknya pengalaman.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Kompetensi matematika diantaranya kemampuan dalam pemecahan masalah matematika, kemampuan dalam menggabungkan fakta-fakta yang ada menjadi sebuah kesimpulan, dan kemampuan mengkomunikasikan matematika itu sendiri entah melalui tulisan maupun ucapan. Apabila siswa memiliki kemampuan-kemampuan tersebut atau memiliki kompetensi dalam matematika, teantunya akan menghasilkan intusisi amtematika dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  27. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kompetensi matematika menghasilkan intuisi matematika, karena ini berkaitan dengan adanya pengalaman matematika. Sebab, kompetensi ini adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang pada ilmu pengetahuan tertentu. Dikatakan berkompeten karena memiliki kemampuan yang mumpuni dalam ilmu pengetahuan tersebut. jadi muncul keterkaitan antara kompetensi matematika dengan pengalaman matematika sehingga hal tersebut bisa menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  28. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik". matematika dimulai pada anak sekolah dasar adlah matematikan realistik, matematika yang dapat dihitung jika telihat bendanya. namun semakin lama anak mulai diajarkan matematika abstrak dengan menggunakan permisalan -permisalaan tertentu, sehingga matematika dengan variabel dan lain sebagainya. Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?" Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  29. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Karena kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, bisa menjadi salah satu alternatif para guru untuk meningkatkan mathematical intuition.

    ReplyDelete
  30. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Banyak faktor yang bisa mendukung siswa dalam membangun intuisi dalam bermatematika. Salah satunya adalah kompetensi matematika, ketika siswa memiliki kompetensi dalam matematika sebelum mempelajarinya maka akan semakin mudah untuk membangun intuisi dalam matematika. karena intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman siswa, maka dengan kompetensi yang dimiliki siswa akan banyak memiliki pengalaman-pengalaman sehingga semakin dekat untuk berintuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  31. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Dalam pembelajaran matematika, guru atau calon guru sebaiknya dapat menyajikan permasalahan-permasalahan matematika yang dapat memacu siswa untuk bisa memecahkannya. Dalam proses pemecahan masalah, siswa akan menggunakan kemampuan-kemampuan matematika yang telah mereka miliki sebelumnya.

    ReplyDelete
  32. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Hal yang sangat menarik bagi saya, karena kompetensi matematika akan menghasilkan intuisi matematika, dan begitu juga sebaliknya bahwa intuisi matematika juga akan menghasilkan kompetensi matmatika. Dengan demikian, memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan membangun intuisi dari pengalaman budaya bermatematika, maka kompetensi matematika juga akan semakin berkembang. Semakin tinggi intuisi seseorang maka kompetensi matematikanya juga semakin baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memperhatikan perkembangan intuisi siswanya dengan membangun pengalaman-pengalaman bermatematika agar kompetensi matematika siswa semakin baik.

    ReplyDelete
  33. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Matematika adalah konsep yang nyata dan abstrak. Kompetensi matematika untuk membangun matematika menunjukan ide secara logis agar dapat diterima secara umum. Kompetensi matematika diperoleh dengan memperluas ruang lingkup ilmu untuk dapat memperkuat intuisi matematika.

    ReplyDelete
  34. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa kemampuan intuisi yang baik mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan permasalahan yang lebih abstrak. Intuisi bukan hanya pada kemampuan dalam berpikir tetapi kemampuan juga kemampuan pada penanaman konsep. Ide dan gagasan baru dikembangkan secara logis pada konsep dan pengetahuan. Guru matematika menjadi langkah utama untuk membangun intuisi matematika pada siswa.

    ReplyDelete
  35. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete