Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Seperti pada elegi pemberontakan pendidikan matematika 5 yang menyatakan bahwa Thompson berpendapat bahwa intuisi berperan penting dalam riset matematika dengan kata lain juga berperan dalam membentuk kompetensi matematika. Pada elegi ini dikatakan bahwa selain hal tersebut Thpmson juga menyampaikan bahwa secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan mathematical intuition. Seperti yang ia katakan bahwa ketika materi semakin abstrak pikiran kita akan merujuk pada ide-ide atau pemikiran yang lebih logis atu umum diterima. Hal ini menunjukkan bahwa intuisi kita bekerja dalam proses mencapai kompetensi matematika.
    Hal ini sangat menarik menurut saya. Karena ternyata intuisi bekerja dengan memperluas ruang lingkupnya ketika mencoba memahami hal hal yang abstrak. Intuisi kita akan otomatis merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan materi abstrak tersebut yang lebih mudah dipahami bagi kita. contohnya ketika seseorang untuk pertama kali belajar aljabar. Maka akan lebih mudah jika intuisi kita diarahkan ke hal-hal kehidupan sehari-hari seperti permasalahan matematika yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk aljabar. Tentu saja pada kegiatan ini intuisi kita bekerja dan berkembang dalam rangka memahami materi matematika.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete