Feb 12, 2013

Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?




Jika dikaitkan dengan pandangan tokoh Pendidikan Matematika Realistik (Realistic mathematics Education), Matematika merupakan kegiatan manusia (Freudenthal, 1977).


Menurut pandangannya Matematika harus dikaitkan dengan kenyataan, dekat dengan pengalaman anak dan relevan terhadap masyarakat, dengan tujuan menjadi bagian dari kegiatan kemanusiaan. Selain memandang matematika sebagai subyek yang ditransfer, Freudenthal menekankan ide matematika sebagai suatu kegiatan kemanusiaan. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk “dibimbing” dan “menemukan kembali” matematika dengan melakukannya. Oleh karena itu seorang guru harus mengetahui langkah-langkah pembelajarannya agar penyampaian sistematis. Seperti yang disampaikan oleh Zulkardi, 2002) langkah-langkah pembelajaran matematika realistik:

1. Persiapan

Selain menyiapkan masalah kontekstual, guru harus benar-benar memahami masalah dan memiliki berabagai macam strategi yang mungkin akan ditempuh siswa dalam menyelesaikannya.

2. Pembukaan

Pada bagian ini siswa diperkenalkan dengan strategi pembelajaran yang dipakai dan diperkenalkan kepada masalah dari dunia nyata. Kemudian siswa diminta untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara mereka sendiri.

3. Proses pembelajaran

Siswa mencoba berbagai strategi untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan pengalamanya, dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Kemudian setiap siswa atau kelompok mempresentasikan hasil kerjanya didepan siswa atau kelompok lain dan siswa atau kelompok lain memberi tangggapan terhadap hasil kerja siswa atau kelompok penyaji. Guru mengamati jalannya diskusi kelas dan memberi tanggapan sambil mengarahkan siswa untuk mendapatkan strategi terbaik serta menemukan atauran atau prinsip yang bersifat lebih umum.

4. Penutup

Setelah mencapai kesepakatan tentang strategi terbaik melalui diskusi kelas, siswa diajak menarik kesimpulan dari pelajaran saat itu. Pada akhir pertemuan siswa harus mengerjakan soal evaluasi dalam bentuk matematika formal.

Sehingga menurut pendapat saya, dari beberapa uraian diatas menunjukkan bahwa tidak ada cara yang terbaik dalam membelajarkan matematika, kecuali kalau kita menjadi yang terbaik agak proses menjadi lebih baik. Seorang tak akan pernah berhenti belajar dan mencari mana yang akan menjadi pilihan bagi dirinya untuk melakukannya. Oleh karena tiu, marilah kita selalu siap dan peka terhadap segala perubahan yang ada dan mencintai profesi serta anaka didik seperti kita mencintai diri kita adanya.
( Sabina Ndiung SPd, Mahasiswa S2 Prodi DIKDAS UNY Angkatan 2007)

6 comments:

  1. Tri Puji Astuti
    13301241037
    Pendidikan Matematika A 2013

    Seperti yang tertera pada postingan tersebut, bahwasanya pembelajaran di SD akan lebih bermakna jika dalam pembelajaran tersebut diberikan kesempatan kepada pelajar untuk dibimbing dan menemukan kembali matematika dengan melakukannya. Langkah-langkah pembelajarannya pun hendaknya sistematis. Seperti yang disampaikan Zulkardi bahwa langkah-langkah pembelajaran Realistik meliputi persiapan, pembukaan, proses pembelajaran, hingga penutup. Sehingga pelajar tau jalannya pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  2. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Sebelum masuk dalam pembelajaran, guru seharusnya telah membuat perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat dijadikan acuan saat mengajar. Didalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran yang telah dibuat secara sistemasis. Dengan begitu guru akan memberikan arahan secara tepat sasaran dan jelas. Maksudnya disini bukan langsung memberikan materi, tetapi langkah-langkah agar siswa memahami materi dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  3. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Saya setuju bahwa matematika adalah kegiatan, yang akan menjadi pengalaman berpikir siswa. Dalam pembelajaran matematika di SD maka haruslah dikaitkan dengan kenyataan dan bersifat konkret karena pemikiran anak-anak SD masih belum bisa berpikir secara abstrak. Kemudian disinilah bagaimana guru harus mampu merancang pembelajaran yang cocok untuk siswa. Saya pribadi setuju dengan langkah-langkah dari pembelajaran matematika realistik diatas, sehingga siswa dapat belajar dengan meaningful learning.

    ReplyDelete
  4. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam persiapan pembelajaran matematika realistik, guru harus mempersiapkan masalah yang kontekstual. Guru harus memahami masalah tersebut dan menyiapkan segal macam strategi yang mungkin akan ditempuh siswa. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa akan muncul berbagai strategi yang digunakan siswa dalam suatu kelas.

    ReplyDelete
  5. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Proses pembelajaran matematika realistik dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Kegiatannya berupa mencoba, mendiskusikan, mempresentasikan, dan menanggapi.

    ReplyDelete
  6. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Matematika didefinisikan sebagai aktivitas matematika. Dengan hal tersebut, siswa akan menyadari bahwa matematika itu dekat dengan kehidupannya. Pembelajaran matematika juga hendaknya mengajak siswa untuk berfikir dan merasakan tentang apa makna dibalik konsep tersebut. Metode berbeda dengan cara. Metode merupakan standar baku dalam melakukan suatu aktivitas. Sedangkan cara dapat bervariasi dan dikembangkan sesuai dengan ruang dan waktu. Adapun metode pembelajaran yang dianjurkan adalah metode talqiyyan fikriyyan yaitu memahamkan konsep secara mendalam sehingga memahami hakikat konsep tersebut dan memotivasi siswa untuk mengaplikasikan dan menyebarkannya. Adapun cara dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan individu atau kelompok, atau menerapkan model tertentu dalam pembelajaran.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.