Feb 12, 2013

The Role of Lesson Study to Improve Teaching Learning of Mathematics and Science




By Marsigit

The problems for developing teaching learning processes cover the following questions:
(a) how to promote various methods (including CT&L) rather than single method?,
(b) how to promote using various teaching learning resources rather than limited one?,
(c) how to promote the students to construct their knowledge rather than to deliver them their knowledge?,
(d) how to facilitate the students rather than to direct them?, and
(e) how to promote life-oriented rather than text-books oriented?

The problems and issues for developing evaluation system cover the following questions:
(a) how to evaluate processes, skills and products or how to asses students’ competencies comprehensively?, and
(b) how to promote various approach of evaluation?

Everyone needs time to learn new things.

Lecturers and teachers need time to en-culture innovations.

To innovate their teaching teachers need to have right perceptions on what is called good practice of teaching; they also need knowledge and skills as well as experiences to perform their competencies in teaching.

The crucial issues for developing mathematics and sciences always comes from the shortage of equipments and educational facilities and resources.

Lesson Studies was developed in which the teachers, in collaboration with lecturers and Japanese Experts, tried out some teaching models at schools.

The lecturers of Teacher Training Program and school teachers worked collaboratively and composed some numbers of Lesson Study.

The grounds of the Lesson Study activities were reflecting and promoting the new paradigm of the secondary mathematics and science education, in which learning activities are not only perceived pragmatically and short-time oriented but also perceived as long-life time purpose.

Lesson Study activities let the teachers to reflect and evaluate, in cooperation with lectures or other teachers, their paradigm of teaching.

Approaches of Lesson Study covered
(a) cooperation among students in learning,
(b) contextual teaching and learning,
(c) life-skill,
(d) hands-on activities,
(e) interactive process oriented curriculum and syllabi development, and
(f) teachers’ and students’ autonomy.

From those three sites of study, they produced the notions of educational improvement, in term of teacher, student, and lecture.

At the national level, the Lesson Study project can be a statewide movement for professional development of primary and secondary education.

Through IMSTEP and SISTTEM, since 2001, DGMPSE (Directorate General of Management of Primary and Secondary Education, in cooperation with JICA-Japan, has initiated Lesson Study as a model of professional development designed to assist teachers in producing qualified lesson plans and gaining a better understanding of student learning in primary and secondary mathematics and science.

Previous study by IMSTEP indicated that to encourage mathematics teachers’ professional development, all sides in educational system should consider the promotion of:
(1) good atmosphere for teaching and learning,
(2) various teaching methods and teaching learning resources,
(3) chances for the teachers and their students to perform their initiatives,
(4) cooperative learning,
(5) research class as a model for educational innovations (as Japanese teachers do),
(6) teachers’ role to develop their curriculum,
(7) school and teacher autonomy
(8) school-based management, and
(9) contextual teaching.

In early 2000, there are cooperations among universities, teacher training institutes and MoNE’s Directorate of Secondary Education to improve teachers’ competencies to support the implementation of the proposed competence-based curriculum (Curriculum 2004).

Government agenda for implementing the new curriculum leads to the need for socialization the philosophy and the concepts of school-based curriculum as well as the results of Lesson Study activities.

Yogyakarta, October 2010

21 comments:

  1. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Lesson study merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalitas pada pendidikan dasar dan menengah. Peningkatan tersebut mengacu pada peningkatan guru, siswa, dan pembelajaran. Dengan lesson study, guru dapat merefleksikan dan mengevaluasi diri sehingga dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas dalam mengajar.

    ReplyDelete
  2. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang akhir-akhir ini menarik untuk diperbincangkan adalah tentang Lesson Study. Lesson Study muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti yang kita tahu bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered), yang ternyata tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Untuk merubah kebiasaan praktik pembelajaran dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran yang berpusat kepada siswa memang tidak mudah, terutama di kalangan guru yang tergolong pada kelompok penolak perubahan atau inovasi. Dalam hal ini, Lesson Study dapat dijadikan alternatif perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang lebih efektif.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  3. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Lesson study sangat berguna untuk pembelajaran. Dengan menggunakan lesson study, siswa benar-benar akan berperan aktif. Materi yang akan disampaikan tidak hanya ditranfer kepada siswa tetapi juga akan dikonstruk oleh siswa sehingga siswa dapat memahami materi dengan benar dan tidak sekedar menghafal materi yang ada
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Lesson study memang perlu dan penting untuk dilakukan sebagai bentuk kegiatan evaluasi dimana untuk melihat praktik kerja guru langsung di lapangan, mengamati tentang bagaimana cara guru mengajar dan bagaimana respon siswa. Dalam hal ini tentu dapat memperbaiki proses pembelajaran agar menjadi lebih baik. Guru dapat memperbaiki kesalahannya dalam menerapkan pembelajaran, siswa pun juga semakin paham dengan materi.

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    To promote various learning sources to students, we should do it first. What does it mean? It means that we should give them some various learning sources. We stimulate them to find sources by using some "machines".

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Berdasarkan judul artikel diatas, lesson study adalah model pembinaan atau pelatihan profesi guru melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar yang baik. Tujuan utama dari Lesson Study yaitu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, untuk memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, untuk meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis agar seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  7. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Saya akan menanggapi salah satu masalah mengembangkan proses belajar mengajar, yaitu: “how to facilitate the students rather than to direct them?”. Pertama, guru harus menyakini bahwa setiap siswa memiliki kemampuan berbeda. Guru harus mau menerima pendapat siswa. Di kelas, guru tidak mendominasi, dan selalu mendorong siswa untuk ikut dalam kegiatan kelas. Agar siswa tidak bosan, guru sebagai fasilitator harus merencanakan kegiatan dengan baik,menciptakan situasi aktif,mengendalikan dinamika kelas, dan menghidupkan suasana yang asyik.

    ReplyDelete
  8. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Lesson study dikembangakan di Jepang yang diimplementasikan dalam pembelajaran matematikn, sains, dan pendidikan luar biasa. Lesson study ini memungkinkan para guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi paradigma pengajaran mereka. Dalam pendekatan lesson study meliputi kerjasama diantara siswa dalam pembelajaran, pembelajaran dan pengajaran konstektual, life-skill, hands-on activities, pembelajaran interaktif yang berorientasi kepada kurikulum dan pengembangan syllabus, serta otonomu siswa dan guru. Lesson study dilakukan dengan cara berkolaborasi antara guru dan dosen ahli untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Lesson study sangat banyak manfaatnya jika dirasakan dan dipraktekan sendiri oleh guru. Lesson study merupakan dapat meningkatkan profesionalisme guru, kualitas pembelajaran, potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa. Dengan kondisinya mengamati secara real apa yang terjadi di kelas yang sebenarnya akan mennjadikan guru lebih memahami apa yang diperlukan. Satu guru menjadi model, kemudian yang lain mengobservasi. Para observer akan melihat dan mengamati apa yang saling diperbincangkan, didiskusikan, ditulis, dan dikerjakan oleh para siswa, dll. Setelah mengamati, para observer ini nantinya akan memberi masukan kepada guru model tersebut supaya nantinya guru bisa melakukan intervensi tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat teknik kepada siswanya dalam proses pembelajaran yang nantinya berlangsung.

    ReplyDelete
  10. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematik B

    Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari segi pemahaman siswa maupun strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan. Karena untuk menerapkan suatu metode ataupun strategi pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan materi dan juga karakteristik peserta didiknya terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  11. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan taraf kualitas guru salah satunya dengan menggunakan lesson study yang sering dilakukan di Negara Jepang. Mungkin kebanyakan guru takut untuk melakukan lesson study karena merasa terawasi oleh orang banyak dan dapat menghambat proses pembelajaran sehingga siswa juga akan mengalami tekanan karena diawasi yang berarti setiap ada pertanyaan siswa harus menjawab dengan benar. Tetapi itu hanya di awal nya , karena bila dilakukan secara rutin maka baik siswa maupun guru akan terbiasa. Bagusnya lesson study dilakukan terletak pada peningkatan evaluasi bagi guru dalam mengajar dan menemukan perbaikan atas pengajarannya sehingga mempunyai solusi agar menjadi baik kedepannya.

    ReplyDelete
  12. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Terimakasih atas tulisan yang dibagikan diatas Pak. Dari tulisan ini, saya belajar bawa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sekaligus dapat menjadi solusi atas permasalahan yan ada. Tetapi perlu ada pengidentifikasian dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Apakah terkait dengan metode, sumber atau sarana dan prasana yang diperlukan. Tulisan ini juga kembali mengingatkan bahwa perlu adanya lesson study yang dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan sesama guru.

    ReplyDelete
  13. Menaggapi pertanyaan mengenai (c) how to promote the students to construct their knowledge rather than to deliver them their knowledge? Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran. Seorang guru harus dapat mengubah cara pandangnya terhadap siswa, sebagian guru masih beranggapan bahwa siswa diibaratkan sebagai botol kosong yang harus diisi. Guru harus berpandangan bahwa seorang siswa merupakan sebuah peneliti di dalam kelas, dimana siswa-siswa tersebut dapat menemukan atau membangun pengetahuan yang dimilikinya sendiri. Tentunya untuk dapat mewujudkan hal tersebut seorang guru harus mampu memfasilitasi siswa dengan baik ketika pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kegiatan lesson study merupakan sebuah kegiatan belajar dari pembelajaran. Tujuan diadakannya lesson study yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Melalui lesson study memungkinkan para guru untuk bisa merefleksi dan mengevaluasi mengenai pembelajaran yang sudah dilakukannya. Kemudain hasil refleksi dan evaluasi tersebut dijadikan rujukan oleh seorang guru untuk merencanakan suatu pembelajaran yang lebih baik pada pertemuan berikutnya.

    ReplyDelete
  15. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan postingan artikel tersebut, saya belajar bahwa setiap orang membutuhkan waktu untuk memelajari sesuatu yang baru. Misalnya saja dalam pembelajaran matematika, seorang guru baru yang belum mempunyai pengalaman mengajar sebelumnya akan menjadi seorang yang expert akan membutuhkan waktu paling tidak 10 tahun agar menjadi expert. Dengan pengalaman mengajar di kelas kemudian melakukan evaluasi pembelajaran lalu mengaplikasikan hasil evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya. Jadi, tidak ada yang instan untuk menjadi seorang yang ahli atau belajar sesuatu yang baru.

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Selain hal tersebut, saya belajar tentang lesson study yang merupakan merefleksi dan memromosikan paradigma baru mengenai aktivitas pembelajaran tidak hanya yang disarankan untuk jangka pendek tetapi juga untuk berkelanjutan sampai tujuan dari pembelajaran terpenuhi. Lesson study yang merupakn kerja sama antar sesama guru tetapi juga dengan dosen. Ada seorang guru sebagi pengajarnya dan observer untu mengamati siswanya bagaimana menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru mestinya harus bisa memfasilitasi kebutuhan setiap siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah paradigma pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak akan mudah, terlebih lagi apabila guru harus berjuang seorang diri. Hal ini karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman guru. Maka inilah peran lesson study untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Lesson study telah banyak dilakukan di Jepang dan inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Jepang. Prinsip utama Lesson Study adalah peningkatan kualitas pembelajaran secara bertahap dengan cara belajar dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Lesson study dilakukan mulai dari tahap persiapan, pengamatan proses pembelajaran secara langsung, hingga evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi ini dilakukan melalui diskusi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Dosen dan guru perlu waktu untuk mengembangkan inovasi.Untuk berinovasi, guru mereka perlu memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktik mengajar yang baik; mereka juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk melakukan kompetensi mereka dalam mengajar. Masalah krusial untuk mengembangkan matematika dan sains selalu datang dari kekurangan peralatan dan fasilitas dan sumber daya pendidikan.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Lesson study bertujuan untuk memperlihatkan kegiatan pembelajaran secara lengkap dan guru yang bersangkutan dapat sekaligus merefleksi dirinya dan juga siswa. melalui lesson study guru dapat mengetahui hal-hal apa yang harus diperbaiki. Kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki. Dan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Melalui lesson study guru juga dapat lebih mengenal karakteristik siswa. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Peran lesson study sangat bermanfaat untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Selain itu lesson study mampu meningkatkan kualitas dan pendidikan yang ada menjadi lebih baik. Berharap lesson studi menjadi kegiatan yang kontinue dan lebih ditingkatkan agar tujuan pendidikan di Indonesia dapat tercapai.

    ReplyDelete
  21. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete