Feb 12, 2013

The Role of Lesson Study to Improve Teaching Learning of Mathematics and Science




By Marsigit

The problems for developing teaching learning processes cover the following questions:
(a) how to promote various methods (including CT&L) rather than single method?,
(b) how to promote using various teaching learning resources rather than limited one?,
(c) how to promote the students to construct their knowledge rather than to deliver them their knowledge?,
(d) how to facilitate the students rather than to direct them?, and
(e) how to promote life-oriented rather than text-books oriented?

The problems and issues for developing evaluation system cover the following questions:
(a) how to evaluate processes, skills and products or how to asses students’ competencies comprehensively?, and
(b) how to promote various approach of evaluation?

Everyone needs time to learn new things.

Lecturers and teachers need time to en-culture innovations.

To innovate their teaching teachers need to have right perceptions on what is called good practice of teaching; they also need knowledge and skills as well as experiences to perform their competencies in teaching.

The crucial issues for developing mathematics and sciences always comes from the shortage of equipments and educational facilities and resources.

Lesson Studies was developed in which the teachers, in collaboration with lecturers and Japanese Experts, tried out some teaching models at schools.

The lecturers of Teacher Training Program and school teachers worked collaboratively and composed some numbers of Lesson Study.

The grounds of the Lesson Study activities were reflecting and promoting the new paradigm of the secondary mathematics and science education, in which learning activities are not only perceived pragmatically and short-time oriented but also perceived as long-life time purpose.

Lesson Study activities let the teachers to reflect and evaluate, in cooperation with lectures or other teachers, their paradigm of teaching.

Approaches of Lesson Study covered
(a) cooperation among students in learning,
(b) contextual teaching and learning,
(c) life-skill,
(d) hands-on activities,
(e) interactive process oriented curriculum and syllabi development, and
(f) teachers’ and students’ autonomy.

From those three sites of study, they produced the notions of educational improvement, in term of teacher, student, and lecture.

At the national level, the Lesson Study project can be a statewide movement for professional development of primary and secondary education.

Through IMSTEP and SISTTEM, since 2001, DGMPSE (Directorate General of Management of Primary and Secondary Education, in cooperation with JICA-Japan, has initiated Lesson Study as a model of professional development designed to assist teachers in producing qualified lesson plans and gaining a better understanding of student learning in primary and secondary mathematics and science.

Previous study by IMSTEP indicated that to encourage mathematics teachers’ professional development, all sides in educational system should consider the promotion of:
(1) good atmosphere for teaching and learning,
(2) various teaching methods and teaching learning resources,
(3) chances for the teachers and their students to perform their initiatives,
(4) cooperative learning,
(5) research class as a model for educational innovations (as Japanese teachers do),
(6) teachers’ role to develop their curriculum,
(7) school and teacher autonomy
(8) school-based management, and
(9) contextual teaching.

In early 2000, there are cooperations among universities, teacher training institutes and MoNE’s Directorate of Secondary Education to improve teachers’ competencies to support the implementation of the proposed competence-based curriculum (Curriculum 2004).

Government agenda for implementing the new curriculum leads to the need for socialization the philosophy and the concepts of school-based curriculum as well as the results of Lesson Study activities.

Yogyakarta, October 2010

60 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson study sangat bermanfaat untuk guru-guru muda yang mau berkembang dalam proses mengajarnya. Sebagai guru model yang akan berusaha menjadi contoh yang baik bagi guru lainnya dengan meningkatkan kemampuan dirinya. Dan sebagai guru yang lainnya pasti akan termotivasi untuk mengikuti cara yang dilakukan dalam lesson study. Hal seperti ini semakin memicu guru untuk semakin inovatif dalam pelajarannya di kelas, dan membuat siswa semakin mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan dalam pembelajaran khususnya matematika,

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Permasalahan dalam bidang pendidikan membutuhkan solusi. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu dengan Lesson Study. Dengan Lesson Study, siswa diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri karena Lesson Study diterapkan berdasarkan refleksi dari guru yang mengajarkan suatu materi. Lesson Study akan mampu membantu memperbaiki pembelajaran yang diterapkan di kelas. Dari hal tersebut menurut saya Lesson Study cocok diterapkan di sekolah – sekolah yang ingin memperbaiki pembelajarannya. Guru memberikan peranan penting dalam pembelajaran, dan kunci keberhasilan pembelajaran di kelas tergantung dari guru dan siswa, maka dari itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari artikel ini saya memperoleh pemahaman bahwa setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru .Dosen dan guru perlu waktu untuk inovasi pembelajaran. Untuk berinovasi guru harus memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktek pengajaran yang baik, mereka juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk melakukan kompetensi mereka dalam mengajar. Selain itu pada artikel ini juga membahas tentang Lesson study dikembangkan di mana guru, bekerja sama dengan dosen dan ahli Jepang, mencoba beberapa model mengajar di sekolah-sekolah. Para dosen dari Program Pelatihan Guru dan guru sekolah bekerja bersama-sama dan terdiri dari beberapa nomor Lesson Study. Dasar kegiatan Lesson Study yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru matematika sekunder dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat, tetapi juga dianggap sebagai tujuan waktu seumur hidup.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru. Pelaksanaan lesson study merupakaan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan untuk memaksimalkan peran guru dalam memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya.
    Lesson Study melalui inovasi dapat terlaksana jika:
    • Guru bersifat terbuka
    • Komitmen guru tinggi
    • Dikembangkan infra-sistem yang menunjang
    • Menggerakan segenap komponen pembelajaran
    Sangat banyak manfaat dari pelaksanaan lesson study. Salah satunya yaitu lesson study dapat memberikan sumbangan terhadap pengembangan keprofesionalan guru.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Mengembangkan gaya mengajar agar inovatif berarti harus banyak belajar mengenai berbagai pendekatan dan model pembelajaran. Begitu banyak model pembelajaran yang dapat digunakan guru yang dapat membantu siswa mengonstruksi pengetahuan. Jika guru tidak malsa dan mau menyiapkan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran selain ekspositori, maka siswa bisa merasa senang dan tidak bosan. Pembelajran juga menjadi berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  6. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016


    Seperti yang kita tahu bahwa lesson study merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh guru karena dnegan adanya lesson study maka kita bisa memperbaiki kekurangan yang masih harus dibenahi. Dan saya teringat waktu mengikuti kuliah umum dengan dosen tamu Prof. Maitree Imprasitha dari Khon Kaen University Thailand. Kuliah umum ini bertema “Research in Mathematics Education and Writing Scientific Paper”. Dalam pemaparan beliau beliau mengatakan bahwa lesson study sangat berkembang di jepang. Dan hasilnya juga sangat signifikan, sehingga memang negara jepang dalam masalah pendidikan terbukti tinggi. Dan guru di jepang itu selalu melakukan riset setiap kali mengajar, jadi bukan seperti kita melakukan riset hanya utnuk melakukan penelitian doank akan tetapi di jepang sana setiap kali mengajar guru melakukan penelitian jadi selalu ada perbaikan saat mengajar kembali. Semoga kita dan guru-guru lainnya selalu menerapkan lesson study setiap kali mengajar.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Lesson study sebagai bentuk upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengidentifikasi, mengevaluasi dan memeperbaiki proses pembelajaran. Karena lesson study dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan antar guru maka sekelompok guru akan dapat menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Kegiatan Lesson Study membiarkan guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi, bekerja sama dengan perguruan tinggi atau guru lain sehingga menghasilkan paradigma yang baik ketika mereka mengajar.
    Pendekatan Lesson Study meliputi : a) kerjasama antar siswa dalam belajar, b) pembelajaran kontekstual , c) keterampilan hidup , d) melakukan kegiatan , e) proses interaktif kurikulum yang berorientasi dan pengembangan silabus , dan f) guru dan siswa otonomi.
    Sementara itu, Bill Cerbin dan Bryan Kopp (dalam Sudrajat, 2008:2) mengemukakan bahwa Lesson Study memiliki empat (empat) tujuan utama yaitu : (1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, (2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, diluar peserta Lesson Study, (3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, dan (4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
    Dari hal tersebut kita sebagai guru dapat meningkatkan pengajaran kita sehingga kualitas dari hasil pengajaran juga akan dapat terlihat, ditambah dukungan pemerintah maka dunia pendidikan matematika dan sains di Indonesia akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Semua guru dan pendidik memiliki pertanyaan serupa yang dicantumkan pada awal postingan ini.lesson study merupakan salah satu cara ang dikembangkan agar guru dan pendidik memiliki jalan keluar dan dapat berkomunikasi dan mendapat ide serta mencoba hal-hal yang baru. Hal ini sangat bermanfaat sebab lesson study tidak hanya beranggotakan guru-guru saja, tetapi juga berkolabosari dengan dosen-dosen ahli. Dengan demikian, banyak hal yang dapat dipelajari dan diperhatikan.

    ReplyDelete
  10. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Dari postingan ini terlihat bahwa pendekatan Lesson study meliputi:
    1. Kerjasama diantara murid dalam pembelajaran
    2. Pembelajaran kontekstual
    3. Life skill
    4. Hands-on activities
    5. Proses interaksi yang berorintasi kurikulum dan perkembangan silabus
    6. Otonomi guru dan murid
    Semua orang perlu mempelajari hal baru. Dan dengan kegiatan lesson study, guru dan pendidik akan terdorong untuk terus melakukan inovasi dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam proses pembelajara, akan lebih baik untuk mebiasakan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri dari pada guru menjelaskan atau menyalurkan pengetahuannya secara langsung. Lesson Study merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai pembelajaran semacam ini. Salah satunya yaitu dengan pembelajaran yang kooperatif, artinya siswa dibimbing untuk berkolaborasi baik dalam menemukan konsep dengan berdiskusi maupun menyajikan hasil temuannya dan memberikan kritik dan masukan. Kemudian, bisa juga dilakukan dengan pembelajaran dan pengajaran kontekstual (CTL) yaitu dengan membiasakan siswa untuk menghadapi masalah kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    ReplyDelete
  12. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Lesson study sangat tepat digunakan pada situasi dan kondisi yang heterogen dimana dikembangkan pembelajaran yang inovatif, kritis, kreatif, dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, lesson study merupakan tantangan bagi guru untuk selalu mengembangkan kemampuannya meliputi kreiatifitas, berpikir kritis, dan inovatif. Dengan demikian menjadikan pembelajaran lebih bermakna.

    ReplyDelete
  13. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pengembangan pendidikan menjadi sangat penting dalam rangka menghasilkan pendidikan yang optimal khususnya pada pelajaran matematika. Tujuan dari pengembangan pada hakekatnya adalah agar mendapatkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Inovasi-inovasi ini tentunya memiliki dampak untuk bagaimana perbaikan pendidikan, khususnya dalam pelajaran matematika. Lesson study dapat dijadikan sebagai kegiatan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Pendekatan Lesson Study, sesuai dengan tulisan diatas biasanya membahas tentang hal-hal sebagai berikut :
    1. kerjasama antar siswa dalam pembelajaran,
    2. pembelajaran kontekstual,
    3. keterampilan hidup,
    4. aktivitas langsung,
    5. kurikulum dan pengembangan silabus yang interaktif, dan
    6. otonomi guru dan siswa.

    ReplyDelete
  14. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Lesson study merupakan metode pembelajaran yang dilakukan obeh dua guru atau lebih dalam melakukan pembelajaran. Sato orang guru yang menjadi guru model atau yang mengajar di depan kelas dan yang lain melakukan pengamatan tentang pembelajaran. Kegiatan Lesson Study memungkinkan para guru merefleksikan dan mengevaluasi, bekerja sama dengan dosen atau guru lainnya, paradigma pengajaran mereka.
    Pendekatan Lesson Study dibahas tentang kerjasama antar siswa dalam pembelajaran, pembelajaran kontekstual, keterampilan hidup, aktivitas langsung, kurikulum dan pengembangan silabus proses interaktif, dan otonomi guru dan siswa.
    Sehingga menurut saya, akan banyak sekali peran lesson study dalam meningkatkan pembelajaran matematika dan pengetahuan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Untuk berinovasi dalam pembelajaran, guru perlu memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktik pengajaran yang baik; Mereka juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk menjalankan kompetensi dalam mengajar. Kegiatan Lesson Study memungkinkan para guru merefleksikan dan mengevaluasi paradigma pengajaran mereka. Lesson study dapat menjadi gerakan untuk pengembangan profesional pendidikan dasar dan menengah.

    ReplyDelete
  16. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lesson study secara sederhana bisa digunakan sebagai sarana berdiskusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Lesson study dalam pengembangan profesionalitas keguruan misalnya dalam program MGMP disini sebagai sarana untuk berbagai pengalaman pembelajaran

    ReplyDelete
  17. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus. Lesson study ini dapat dilakukan di semua tingkat pendidikan, mulai dari SD sampai universitas. Lesson study bisa menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru di dalam kegiatan pembelajaran. Lesson study dapat membuat guru mengetahui cara mengajar mana yang tepat dan kurang tepat untuk siswanya.

    ReplyDelete
  18. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study yang dikembsngkan memiliki manfaat bagi para guru. Kegiatan ini memberi kesempatan bagi guru untuk merefleksi dan mengevaluasi cara mengajarnya, sekaligus mendapatkan kritik dan saran maupun tanggapan dari dosen maupun guru lain yang terlibat pada kegiatan tersebut. Diharapkan dengan kegiatan lesson study ini, perkembangan pendidikan di Indonesia akan semakin baik, dalam hal guru, siswa, dan dosen yang bekerjasama

    ReplyDelete
  19. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga universitas. Dengan semakin berkembangnya lesson study, guru mampu berpartisipasi dan terbuka dalam merubah paradigma pembelajaran dan mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif dan efektif bagi para siswanya

    ReplyDelete
  20. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konsep dan praktek Lesson Study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang. Adapun, orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan Lesson Study di Jepang adalah Makoto Yoshida. Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study berperan untuk meningkatkan proses belajar-mengajar yang lebih baik karena pembelajaran berpusat pada realitas (apa yang nyata dibelajarkan dan bagaimana membelajarkannya), pelajaran dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam pembelajaran di kelas, merupakan pembelajaran yang berkelanjutan, merespon bukti mengenai proses dan hasil belajar siswa, menempatkan peran para guru sebagai peneliti pembelajaran.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Berdasarkan pemahaman saya, Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk engaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data.

    ReplyDelete
  22. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Setiap orang mempnyai kesempatan dan membutuhkan waktu untuk dapat melakukan perubahan dan untuk mempelajari hal-hal baru yang ada dalam kehidupannya. Untuk dapat berinovasi, guru harus memiliki persepsi praktik pengajaran yang baik dan benar melalui pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang telah dimiliki untuk dapat memenuhi kompetensi dalam mengajar. Namun dalam faktaknya dalam berinovasi guru terhenti oleh kekurangan sarana dan prasarana dalam pembelajaran serta sumber daya yang ada. Dengan menggunakan lesson study diharapkan dapat memberikan atau mengarahkan keparadigma baru dalam pendidikan matematika karena dengan lesson study dapat memungkinkan guru untuk merefleksi dan mengevaluasi pengajaran yang selama ini telah dilakukan.

    ReplyDelete
  23. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Selain model pembelajaran yang perlu menjadi acuan pembelajaran, konsep lesson study perlu dikombinasikan dengan model pembelajaran sebagai pendukung dalam pembelajaran. Lesson Study muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran, yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial. Dengan memadukan model dan lesson study dalam pembelajaran, matematika diharapkan mampu mengkonkritkan dari yang abstrak sehingga pembelajaran akan efektif.

    ReplyDelete
  24. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson study didahului adanya kesepakatan dari para guru tentang tujuan bersama yang ingin ditingkatkan dalam kurun waktu jangka panjang dengan cakupan tujuan yang lebih luas, misalnya tentang: pengembangan kemampuan akademik siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pemenuhan kebutuhan belajar siswa, pengembangan pembelajaran yang menyenangkan, mengembangkan kerajinan siswa dalam belajar, dan sebagainya. Observasi langsung boleh dikatakan merupakan jantungnya Lesson Study. Untuk menilai kegiatan pengembangan dan pembelajaran yang dilaksanakan siswa tidak cukup dilakukan hanya dengan cara melihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan) atau hanya melihat dari tayangan video, namun juga harus mengamati proses pembelajaran secara langsung. Dengan melakukan pengamatan langsung, data yang diperoleh tentang proses pembelajaran akan jauh lebih akurat dan utuh, bahkan sampai hal-hal yang detail sekali pun dapat digali. Penggunaan videotape atau rekaman bisa saja digunakan hanya sebatas pelengkap, dan bukan sebagai pengganti.

    ReplyDelete
  25. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik yang dilaksanakan sekelompok guru secara bersama-sama sehingga dapat saling belajar, mulai dari perumusan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan tindak lanjut secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran di dalam kelas. Beberapa manfaat yang didapat dari hasil lesson study seperti: 1) memikirkan dengan cermat mengenai tujuan dari pembelajaran, materi pokok, dan bidang studi; 2) mengkaji dan mengembangkan pembelajaran terbaik yang dapat dikembangkan; 3) memperdalam pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan; 4) memikirkan secara mendalam tujuan jangka panjang yang akan dicapai berkaitan dengan siswa; 5) merancang pembelajaran secara kolaboratif; 6) mengkaji secara cermat cara dan proses belajar seta tingkah laku siswa; 7) mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat/penuh daya; dan 8) melihat hasil pembelajaran sendiri melalui siswa dan kolega

    ReplyDelete
  26. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik yang dilaksanakan sekelompok guru secara bersama-sama sehingga dapat saling belajar, mulai dari perumusan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan tindak lanjut secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran di dalam kelas. Beberapa manfaat yang didapat dari hasil lesson study seperti: 1) memikirkan dengan cermat mengenai tujuan dari pembelajaran, materi pokok, dan bidang studi; 2) mengkaji dan mengembangkan pembelajaran terbaik yang dapat dikembangkan; 3) memperdalam pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan; 4) memikirkan secara mendalam tujuan jangka panjang yang akan dicapai berkaitan dengan siswa; 5) merancang pembelajaran secara kolaboratif; 6) mengkaji secara cermat cara dan proses belajar seta tingkah laku siswa; 7) mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat/penuh daya; dan 8) melihat hasil pembelajaran sendiri melalui siswa dan kolega

    ReplyDelete
  27. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas: PM C (s2)
    NIM : 17709251050

    Selama pendidikan masih ada, maka selama itu pula masalah-masalah tentang pendidikan akan selalu muncul dan orang pun tak akan henti-hentinya untuk terus membicarakan dan memperdebatkan tentang hal tersebut. Sebagian besar pembicaraan tentang pendidikan terutama tertuju pada “Bagaimana upaya untuk menemukan cara yang terbaik guna mencapai pendidikan yang bermutu?” Dan “Bagaimana cara mengatasi praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif?”
    Jawabannya adalah dengan lesson study. Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, melainkan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

    Proses Pembelajaran akan terjadi manakala terdapat interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan lingkungannya guna transfer of knowledge dan juga transfer of value. Dalam proses pembelajaran yang selama ini terjadi di dunia pendidikan indonesia adalah proses pembelajaran dengan menganut metode konvensional yaitu ceramah. Dimana metode tersebut menjadikan siswa sebagai penerima informasi secara pasif sedangkan guru adalah penentu jalannya proses pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa berasumsi bahwa segala informasi dan pengetahuan yang berasal dari guru bersifat absolut dan mutlak. Metode konvensional seperti ini cenderung lebih menekankan point teacher-centered, dimana yang diperhatikan adalah bagaimana cara guru mengajar.

    Lalu pernahkah kita berfikir bahwa dengan menggunakan metode yang seperti itu proses pembelajaran berjalan membosankan dan peserta didik menjadi pasif, karena tidak berkesempatan untuk menemukan sendiri konsep yang diajarkan. Selain itu yang paling penting adalah pengetahuan yang diperoleh melalui model ini lebih cepat terlupakan dan juga dengan menggunakan metode ceramah menyebabkan peserta didik menjadi belajar menghafal yang tidak mengakibatkan timbulnya pengertian.

    Seharusnya metode yang kita gunakan adalah metode yang lebih menekankan kepada point student-centered, dimana yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana siswa belajar. Dengan menitikberatkan point student-centered, siswa dapat menjadi lebih aktif dan mandiri. Selain itu, dalam suatu kelas yang heterogen student centered sangatlah berperan penting karena Student-Centered Learning memiliki potensi untuk mendorong siswa belajar lebih aktif, mandiri, sesuai dengan irama belajarnya masing-masing.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Kerjasama dalam model pengembangan profesional telah lama dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk membantu guru dalam menghasilkan rencana pelajaran yang berkualitas dan mendapatkan yang lebih baik, pemahaman tentang pembelajaran siswa pada matematika dasar dan menengah dan sains. Hal itu disebabkan setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Dalam mempelajari hal yang baru seorang pendidik harus memiliki persepsi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk melengkapi kompetensi baru yang akan dicapai. Oleh karean itu diperlukan Lesson Study untuk megembangkan profesional pendidikan.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari beberapa artikel yang saya baca, kami merasa bahwa lesson study sangat bermanfaat untuk guru dan para praktisi pendidikan. Dengan sering mengikuti dan melakukan lesson studi maka dengan sendirinya kualitas pembelajaran di kelas akan meningkat kualitasnya. Serta dengan sering melakukan lesson study maka para guru akan sering melihat bagaimana rekan/koleganya beraksi di kelas, dan hal ini bisa memotivasi guru tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas.

    ReplyDelete
  30. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru mestinya harus bisa memfasilitasi kebutuhan setiap siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah paradigma pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak akan mudah, terlebih lagi apabila guru harus berjuang seorang diri. Hal ini karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman guru. Maka inilah peran lesson study untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Lesson study telah banyak dilakukan di Jepang dan inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Jepang. Prinsip utama Lesson Study adalah peningkatan kualitas pembelajaran secara bertahap dengan cara belajar dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Lesson study dilakukan mulai dari tahap persiapan, pengamatan proses pembelajaran secara langsung, hingga evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi ini dilakukan melalui diskusi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Sistem pendidikan yang sudah baku bisa jadi merupakan salah satu faktor belum setaranya level pendidikan di negara Indonesia dengan negara lain. Hal ini berdampak pada guru yang minim menggunakan inovasi dalam pembelajaran. Padahal inovasi pendidikan akan berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan peserta didik. Sejalan dengan ulasan Bapak di atas, lesson study merupakan salah satu cara agar guru bisa melakukan inovasi pembelajaran. Setelah melakukan lesson study, guru akan mendapatkan pengalaman baru terkait dengan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sehingga sistem pendidikan semakin lama akan semakin baik.

    ReplyDelete
  32. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Setiap manusia yang hidup pasti membutuhkan orang lain. Dalam segala aktivitas hidupnya seorang manusia berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut karena memang manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Termasuk sebagai seorang guru. Untuk meningkatkan kualitas mengajar dan memperbaiki cara mengajar seorang guru membutuhkan interaksi dan masukan dari pihak lain. Mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran kemudian mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

    ReplyDelete

  33. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan tingkat pengetahuan dan psikologi anak yang memliki jenjang yang berbeda-beada. Oleh karena itu butuh sebuah proses di dalam mambangun pengetahuan anak.Prinsip pembelajaran yang kontekstual dimana anak dapat menyelami makna di dalam kehidupannya sesuai dengan kenyaatan bukan semata-mata merujuk pada teks atau konsep. Maka solusi terbaik untuk menangani permasalahan di dalam pembelajaran dengan menerapkan metode pengajaran berupa lesson study. Di mana anak dapat membentuk sebuah kelompok diskusi denga saling bertukar pikiran satu sama lain sehingga anak dapat berkembang dan membangun pemahamannnya sendiri.

    ReplyDelete
  34. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Setiap sesuatu hal itu memiliki aturan ataupun tatacara, dan semua harus sesuai dengan tata cara agar apapun yang dilakukan mencapai tujuan yang diinginkan. Begitu juga dalam melaksanakan lesson study. Haruslah melalui tahapan dan atruan-aturan yang telah ditetapkan agar dapat mencapai tujuan pelaksanaannya. Sehingga semua peermasalah yang ingin dipecahkan melalui kegiatan lesson study tersebut, dapat tercapai. Yaitu perbaikan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Lots of problems to develop the teaching and learning process. One solution that can be applied is the concept of Lesson Study. Lesson Study activities illustrate and promote new paradigms in math and science education where learning activities are not only felt pragmatically or practically, and are time-oriented but their long-term goals will also be more pronounced. Important points in learning lesson study include cooperation among students, contextual learning, life skills, direct activities, curriculum and development of syllabus that is oriented interactive and autonomous aspects reside in teachers and students. Yes, it is also true that the lesson study project can also be used to improve the professionalism of a teacher in primary and secondary education, even universities. So to implement the new curriculum, the government is expected to be able to utilize the concept of lesson study in school and national-based curriculum.

    ReplyDelete
  37. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY\

    Lesson study activities will open the teachers’ mind about the problems of education in our country. One of the problem is : “how to promote the students to construct their knowledge rather than to deliver them their knowledge?”. It is related to students centered rather than teacher centered. Students centered let the students to construct their knowledge independently. While teacher is only facilitator who help students when they meet some problem or difficulties. Lesson study is not involving teachers only, but some lectures also participate inside. They make such a group of discussion to share about various methods of education, to share about updated issues of education, new innovation of teaching learning methods, and many other crusial information related to education.

    ReplyDelete
  38. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Permasalahan dalam dunia pendidikan akan selalu ada dan bahkan mungkin tidak akan berhenti. Ujung tombak pendidikan adalah guru. Untuk terwujudnya tujuan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku maka perlu diadakannya Lesson Study (secara kontinu guru bersama-sama saling belajar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan tidak lanjut atas serangkaian proses yang dijalankan). Dengan diadakannya Lesson Study diharap guru mengerti apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan dalam pembelajaran. Sehingga kemudian siswa dapat mengikuti pembelajaran dan menerima serta menerapkan pembelajaran yang diberikan.

    ReplyDelete
  39. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari berbagai masalah pembelajaran yang kompleks, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki komponen pembalajarannya yakni dari segi siswa maupun gurunya. Artikel di atas lebih menekankan pada perbaikan yang dilakukan dari segi guru, yakni salah satu untuk mengatasinya adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan kegiatan kajian terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Kegiatan kajian pembelajaran tersebut dilakukan oleh sesama guru dalam kegiatan kelompok kerja guru di suatu sekolah atau pun suatu tempat untuk menemukan nilai-nilai positif atau praktif terbaik (best practices) dari pembelajaran yang dapat diambil, yang kemudian dapat dipertahankan dan ditularkan kepada guru-guru yang lain.

    ReplyDelete
  40. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih atas potingan di atas Pak Prof. Dari postingan ini, saya belajar bahwa dalam mengatasi permasalahan-permasalahan dan dalam rangka peningkatan kualiatas pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan banyak cara. Akan tetapi, sebelum memutuskan bagaimana cara mengatasinya lebih baik di identifikasi terlebih dahulu apa inti permasalahannya. Apakah permasalahannya terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan? Atau terkait dengan sumber belajar yang dipakai? Atau bisa saja kendalanya terletak pada fasilitas siswa?
    Berdasarkan postingan di atas, cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran matematika adalah dengan lesson studi. Lesson studi merupakan sebuah kegiatan yang memungkin para guru untuk saling mengevaluasi dan bekerja sama terkait dengan pembelajaran yang mereka laksanakan. Maka melalui kegiatan lesson studi ini dapat meningkatkan kompetensi guru sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat ditingkatkan.

    ReplyDelete
  41. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Projek pembelajaran dengan lesson study memiliki peran untuk meningkatkan. Lesson study mengcover beberapa hal diantaranya (a) kooperasi antar siswa dalam belajar, (b) pembelajaran kontekstual, (c) keterampilan hidup (d) melaksanakan aktifitas, (e) proses interaktif yang berorientasi pada kurikulum dan pengembangan silabus, dan (f) otonomi siswa dan guru

    ReplyDelete
  42. Di tingkat nasional, proyek Lesson Study dapat menjadi gerakan di seluruh negara bagian untuk pengembangan profesional pendidikan dasar dan menengah. Melalui IMSTEP dan SISTTEM, sejak tahun 2001, DGMPSE (Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan JICA-Jepang, telah memulai Lesson Study sebagai model pengembangan profesional yang dirancang untuk membantu guru dalam memproduksi rencana pelajaran yang berkualitas dan mendapatkan yang lebih baik pemahaman belajar siswa dalam matematika primer dan sekunder dan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  43. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Dalam mempelajari hal yang baru seorang pendidik harus memiliki persepsi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk melengkapi kompetensi baru yang akan dicapai. Oleh karean itu diperlukan Lesson Study untuk megembangkan profesional pendidikan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  44. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Pada dasarnya setiap orang membutuhkan waktu untuk mempelajari berbagai hal baru. Baik itu dosen dan guru perlu waktu untuk inovasi pembelajaran. Untuk berinovasi guru harus memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktek pengajaran yang baik, mereka juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk melakukan kompetensi mereka dalam mengajar. Lesson study dikembangkan di mana guru, bekerja sama dengan dosen dan ahli Jepang, mencoba menerapkan beberapa model mengajar di sekolah-sekolah. Para dosen dari Program Pelatihan Guru dan guru sekolah bekerja bersama-sama dan terdiri dari beberapa nomor Lesson Study. Dasar kegiatan Lesson Study yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru matematika sekunder dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat , tetapi juga dianggap sebagai tujuan waktu seumur hidup .

    ReplyDelete
  45. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pengembangan life skill adalah suatu hal yang menjadi tujuan dari pembelajaran matematika dan sains. Bagaimanapun life skill sangat berguna bagi kehidupan siswa sehari-hari. Karena pada dasarnya matematika dan sains adalah ilmu yang digunakan sebagai tools dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat simbol-simbol, grafik, bahasa matematika, logika, dan lain-lain yang digunakan sebagai komunikasi dan mentransfer ide serta melatih kemampuan berpikir logis.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya sangat setuju dengan kegiatan lesson study dan pelatihan seperti yang dikemukakakn di atas, karena menurut saya kegiatan tersebut masih jarang dilakukan oleh guru. Karena sekarang siste lima hari kerja(full day school) mungkin akan dirasakan kesulitan untuk melaksanakan kegiatan pada hari kerja karena guru sudah memiliki waktu yang padat dalam kerja tersebut. Sehingga dalam sistem lima hari kerja ini, dapat dilakukan lesson study dan pelatihan pada hari sabtu agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain itu guru akan lebih fokus dalam mengikuti pelatihan sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut guru dapat mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  47. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C


    Setiap orang mempnyai kesempatan dan membutuhkan waktu untuk dapat melakukan perubahan dan untuk mempelajari hal-hal baru yang ada dalam kehidupannya. Untuk dapat berinovasi, guru harus memiliki persepsi praktik pengajaran yang baik dan benar melalui pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang telah dimiliki untuk dapat memenuhi kompetensi dalam mengajar. Namun dalam faktaknya dalam berinovasi guru terhenti oleh kekurangan sarana dan prasarana dalam pembelajaran serta sumber daya yang ada. Dengan menggunakan lesson study diharapkan dapat memberikan atau mengarahkan keparadigma baru dalam pendidikan matematika karena dengan lesson study dapat memungkinkan guru untuk merefleksi dan mengevaluasi pengajaran yang selama ini telah dilakukan.

    ReplyDelete
  48. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Lesson study merupakan pembelajaran matematika di kelas yang diperagakan oleh guru kemudia dimonitoring atau diamati oleh guru lain atau oleh ahli di bidangnya. Tujuannya adalah, agar guru yang mengajar dapat dikomentari dan diberi masukan untuk perbaikan proses pembelajaran. Hal itu diharapkan akan memberikan perubahan menuju kebaikan, sehingga semkin hari kualitas pembelajaran yang dilakukan akan semakin baik. Proses ini, sagat baik dilakukan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Terimaksih

    ReplyDelete
  49. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menarik sekali pembahasan tentang petan lesson study untuk meningkatkan pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan yang disampaikan di atas. Saya tertarik dengan permasalahan-permasalahan terkait dengan pengembangan pembelajaran matematika dan sistem penilaian yang disampaikan dalam bentuk point-point atau pertanyaan. Salah satu yang menarik bagi saya ialah pada pertanyaan bagaimana membimbing siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri ketimbang melakukan transfer ilmu kepada mereka. Hal ini menjadi permasalahan umum dan banyak terjadi pada guru matematika di Indonesia. Bahwa guru bingung bagaimana cara membimbing siswanya agar mampu membangun pengetahuannya sendiri. Beberapa usaha yang dilaukan guru justru berdampa pada ketidaksiapan siswa melakukan kegiatan yang diinstruksikan guru. hal ini dikarenakan karakteristik belajar siswa yang dibawa seja dulu ialah siswa datang ke sekolah untuk mendengarkan ceramah guru. Maka perlu ketelatenan dan kerja keras agar budaya belajar siswa yang seperti itu dapat beruba menjadi budaya belajar constructivis.

    ReplyDelete
  50. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setiap orang membutuhkan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Dosen dan guru pun demikian. Guru harus memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktik yang baik mengajar juga dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk melakukan kompetensi mereka dalam mengajar. Isu-isu penting untuk mengembangkan matematika dan ilmu selalu berasal dari kekurangan peralatan dan fasilitas pendidikan dan sumber daya. Lesson Study adalah alternatif yang baik untuk meningkatkan kesadaran guru terhadap hal-hal yang mungkin selama ini kurang diperhatikan selama berlangsungnya proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  51. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Untuk berinovasi dalam pembelajaran, guru perlu memiliki persepsi yang benar tentang apa yang disebut praktik pengajaran yang baik; Mereka juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman untuk menjalankan kompetensi dalam mengajar. Kegiatan Lesson Study memungkinkan para guru merefleksikan dan mengevaluasi paradigma pengajaran mereka. Lesson study dapat menjadi gerakan untuk pengembangan profesional pendidikan dasar dan menengah.

    ReplyDelete
  52. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Lesson study adalah upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyelenggarakan PBM dengan cara meneliti dan merefleksikan secara sistematis PBM tersebut. Tujuan Lesson Study adalah untuk meningkatkan pelayanan guru terhadap kebutuhan belajar siswa. Di Jepang, lesson study sudah menjadi sesuatu yang sangat berpangaruh dalam peningkatan profesionalisme guru. Dengan adanya lesson study, guru dapat lebih memahami ide-ide maupun teori dalam pendidikan melalui prakteknya sebagai guru, dapat memperbaiki perspektif mengenai cara mengajar atau mendidik yang baik, dan mendapat koreksi melalui respon siswa maupun para ahli. Koreksi dan semua hal tersebut tentunya akan memberbaiki kinerja guru yang akan berakibat pada kemajuan pendidikan di Indonesia

    ReplyDelete
  53. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Melalui artikel ini kita diberikan pengetahuan bahwa sangat bermanfaatnya leson study bagi perkembangan pendidikan. Lesson study adalah bentuk kerja sama antara guru dengan guru, dosen, ahli pendidikan lainnya untuk mencari solusi dari masalah pembelajaran yang sering dialami oleh guru. Sehingga guru pun akan mampu melakukan perbaikan pembelajaran sesuai dengan saran para ahli tersebut.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  54. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Lesson study menggunakan pendekatan yang mendukung unutk bekerja sama antar siswa dalam pembelajaran, menggungkan pembelajaran konstekstual, meningkatkan keterampilan hidup, menerapkan aktivitas langsung, serta mengmebangkan pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  55. Berdasarkan penelitian oleh IMSTEP tentang pengembangan professional guru, maka kita dapat menyimpulkan bahwa dalam system pendidikan haru ada perubahan dalam setiap aspek, mulai dari suasana dalam pembelajran, metode yang digunakan guru dalam mengajar, pelatihan-pelatihan yang digunakan guna meningkatkan kemampuan mengajar guru, manajemen dalam sekolah, dan pedagodi, kemampuan guru yang juga perlu ditingkatkan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  56. Arina Husna Zaini
    PEP S2
    17701251024

    Setelah mencoba memahami artikel diatas, kami sependapat dan setuju bahwa dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang inovatif memrlukan waktu yang cukup dan tepat. Guru perlu memiliki oersesu awal yang tepat tenatng apa yang hendak dikembangkan. Oleh karena itu, dengan adanya lesson study dapat membantu siswa dalam membangun persepsi tersebut. Terima Kasih

    ReplyDelete
  57. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pembelajaran yang digadang-gadang dapat meningkatkan tingkat kebermaknaan pembelajaran. Pembelajaran kontekstual mengarahkan siswa untuk mengaitkan pembelajaran yang diterima di kelas dengan kehidupan yang biasa ditemuinya. Dengan pmbelajaran ini, siswa diharapkan dapat menggali makna lebih dalam mengenai materi yang dipelajari dan kemudian untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan kesehariannya. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  58. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kegiatan evaluasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Baik evaluasi sumatif maupun formatif yang dilakukan oleh guru, namun sejatinya evaluasi juga dapat dilakukan oleh teman sejawat. dengan adanya evaluasi diharapkan guru akan mendapatkan masukan untuk kegiatan pembelajaran pada masa yang akan datang. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  59. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PMC

    Guru seringkali kesulitan mengembangkan proses belajar. Karena itulah perlu bagi seorang guru melaksanakan lesson study. Kegiatan lesson study membantu guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Guru terkadang merasa telah melaksanakan pembelajaran inovatif sesuai RPP yang dibuat. Tetapi terkadang guru tidak menyadari bahwa pada pelaksanaannya proses pembelajaran belum sesuai dengan RPP. Maka lesson study membantu guru untuk melihat kekurangan dalam proses pembelajaran dan memberikan masukan agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih baik.

    ReplyDelete
  60. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Permasalahan dalam dunia pendidikan memang seolah-olah tiada habisnya. Seperti yang tertulis dalam artikel, terdapat cukup banyak permasalahan yang ditemukan dalam proses belajar mengajar, seperti bagaimana cara mengarahkan siswa agar dapat mengkonstruk sendiri pengetahuannya, bagaimana cara agar dapat memfasilitasi siswa, dan banyak lainnya. Lesson study dapat menjadi salah satu solusi bagi guru maupun calon guru untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada, dengan mengevaluasi suatu praktik pembelajaran dan mencari alternatif solusi agar dapat melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Selain itu, diharapkan melalui lesson study juga dapat bermunculan inovasi-inovasi bagi perkembangan proses pembelajaran ke depannya.

    ReplyDelete