Feb 12, 2013

The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia




By. Marsigit
Mixing from value beliefs and empirical evidences, there are currently demands in Indonesia, that any educational reform should handle the issues of: (a) how to promote interactive curriculum rather than instrumental curriculum, (b) how to promote student centered approach rather than teacher centered approach, (c) how to promote students’ initiation rather than teacher’s domination, and (d) how to promote simple and flexible curriculum rather than crowded and tight-structured curriculum. While in term of observable good practice, there were demands that teachers need to have a chance to reflect their teaching in such a way that they may move from older paradigm of teaching to the new one. Teachers may move from emphasizing the “teaching” to emphasizing the “learning”; they may move from the act of “transferring teacher’s knowledge” to “constructing students’ knowledge”.

6 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk mencapai sesuatu yang lebih baik maka dibutuhkan perubahan, begitu juga dengan pendidikan yang ada di Indonesia, kalau ingin pendidikan di Indonesia maju maka diperlukan perubahan, baik dari segi guru, maupun dari segi politik dan kurikulum. dari segi guru, guru harus bisa merubah pembelajaran yang selama ini dilakukan hanya sekedar mentransfer ilmu maka dirubah menjadi bagaimana mengkonstruk pemikiran siswa. Memang hal ini tidak mudah, bukan berarti tidak bisa dilakukan, namun dibutuhkan kerja keras dari tiap individu guru sehingga pendidikan di Indonesia semakin maju dari tahun ketahun.

    ReplyDelete
  2. Kombinasi yang hebat adalah antara manusia yang berkualitas dengan instrumen yang berkualitas pula. Manusia berkualitas tanpa instrumen berkualitas maka perlu tenaga yang ekstra untuk berhasil mencapai tujuan. Instrumen yang berkualitas tanpa manusia yang berkualitas menjadi tanpa arti. Sumber daya manusia Indonesia yang menjadi modal untuk perubahan pendidikan Indonesia. Guru-guru yang berkualitas dan bermutu yang akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Guru-guru harus meningkatkan kompetensi dan profesionalnya dalam mengajar matematika.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Demi perubahan yang lebih baik maka perlu ada pemikiran yang simpel tentang reformasi pendidikan matematika. Reformasi ini dapat berupa apa saja mulai dari reformasi kurikulum instrumental menuju kurikulum interaktif, reformasi dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa, hingga belajar untuk membangun pengetahuan atau mengkonstruk pengetahuan bukan mentransfer pengetahuan guru.

    ReplyDelete
  4. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Reformasi merupakan suatu perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada sejak lama menuju arah perbaikan bagi masyarakat dan negara. Sama halnya dengan reformasi pada sistem pendidikan di Indonesia bertujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih banyak guru atau pendidik profesional di Indonesia yang menerapkan metode pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang baik adalah bagaimana siswa sendiri dapat membangun pengetahuannya sendiri dapat menemukan cara untuk mengatasi persoalan-persoalan matematika. oleh karena itu, hendaknya guru harus merefleksikan diri seperti apa ia melakukan kegiatan belajar dan mengubah paradiigma pembelajaran tradisional menjadi paradigm pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Reformasi pendidikan memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram dan sistemik. Reformasi pendidikan yang terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. Yang termasuk ke dalam reformasi terprogram ini adalah inovasi. Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, metode baru atau sarana baru untuk meningkatkan beberapa aspek dalam proses pendidikan agar terjadi perubahan secara kontras dari sebelumnya dengan maksud-maksud tertentu yang ditetapkan. Sedangkan reformasi sistemik berkaitan dengan adanya hubungan kewenangan dan distribusi serta alokasi sumber daya yang mengontrol sistem pendidikan secara keseluruhan. Hal ini sering kali terjadi di luar sekolah dan berada pada kekuatan social dan politik. Karakteristik reformasi sistemik ini sulit sekali diwujudkan karena menyangkut struktur kekuasaan yang ada. Dalam hal ini Indonesia tentunya sedang mengalami reformasi pendidikan yaitu adanya perubahan sistem pembelajaran dari yang dulunya berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Jadi dalam hal ini guru tidak hanya berperan sebagai pengajar dan pendidik tetapi lebih mengarah sebagai fasilitator bagi siswa.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Mengubah paradigma yang telah tertanam sekian lama diperkuat dengan pengalaman yang tak memiliki dampak begitu berarti terhadap peserta didik, bukanlah hal yang mudah. Paradigma tersebut harus diubah, dengan cara pelatihan – pelatihan yang menjadikan guru lebih kaya akan informasi belajar. Informasi yang didukung dengan hasil penelitian, bukti – bukti empiris, yang memunculkan motivasi guru untuk terus belajar dan berinovasi tanpa henti.

    ReplyDelete