Feb 12, 2013

The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia




By. Marsigit
Mixing from value beliefs and empirical evidences, there are currently demands in Indonesia, that any educational reform should handle the issues of: (a) how to promote interactive curriculum rather than instrumental curriculum, (b) how to promote student centered approach rather than teacher centered approach, (c) how to promote students’ initiation rather than teacher’s domination, and (d) how to promote simple and flexible curriculum rather than crowded and tight-structured curriculum. While in term of observable good practice, there were demands that teachers need to have a chance to reflect their teaching in such a way that they may move from older paradigm of teaching to the new one. Teachers may move from emphasizing the “teaching” to emphasizing the “learning”; they may move from the act of “transferring teacher’s knowledge” to “constructing students’ knowledge”.

22 comments:

  1. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Pembelajaran berpusat pada siswa atau Student Centered Learning merupakan salah satu pendekatan wajib bagi pembelajaran pada kurikulum 2013 yang mendahulukan kepentingan dan kemampuan siswa dalam belajar. Pembelajaran ini harus membagi ruang bagi siswa untuk belajar sesuai dengan ketertarikannya, kemampuan pribadinya, dan gaya belajarnya. Dalam pendekatan ini, guru berperan sebagai fasilitator yang harus mampu membangkitkan motivasi siswa terhadap materi belajar serta harus mendampingi dan membimbing siswa dalam pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Inovasi guru diperlukan dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Point utama siswa sebagai peran yang aktif dalam pembelajaran, dalam hal ini lah menuntu selalu adanya inovasi guru dengan metode atau medua dalam proses belajar agar sisea tidak cenderung bosan dan dapat membangun sendiri pengetahuannya karena belajar adalah proses interaksi antar guru dan siswa sehingga guru berusaha memfasilitasi siswa agar berperan aktif.

    ReplyDelete
  3. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Saya pribadi sangat setuju dengan pendapat Prof diatas. Masalah terkait kurikulum memang tidak pernah ada habisnya. Pergantian kurikulum memang perlu dilakukan sebagai inovasi karena pendidikan semakin berkembang tetapi ketika tidak ditangani dengan baik maka kurikulum tidak akan berjalan dengan tepat. Tingkat kematangan kurikulum dan penerapannya sangat menentukan tingkat keberhasilannya.

    ReplyDelete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Reformasi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi memiliki makna, membuat hasil pembelajaran menjadi lebih implementatif dan yang paling penting adalah membangun kurikulum yang mampu menyadarkan siswa akan pentingnya belajar. Saat ini arahnya adalah pembelajaran implementatif, karena tuntutan jaman, teknologi terus berkembang, dan siswa harus mampu berlari mengikuti perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  5. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Perubahan kurikulum memang yang terpenting dari semuanya adalah kesiapan dari guru sendiri untuk mengajar dengan cara membangun pengetahuan siswa, bukan hanya untuk menstranfer pengetahuan yang ada. Hal tersebut terlihat nyata bagaimana untuk merubah paradigma pembelajaran yang terdahulu menjadi yang lebih inovatif dan memiliki daya saing dikancah global. Untuk guru yang sudah senior memang akan terasa sulit untuk melakukannya karena tidak berada dalam era generasi milenial dan merasa kesulitan untuk memperlajari komputer dan sebagainya. Tetapi hal tersebut termasuk profesionalitas guru dan seorang guru wajib untuk meningkatkan kompetensi diri sehingga pembelajaran yang dilakukan juga bisa meningkat lagi
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dengan berbagai perubahan dalam pendidikan menuntut guru untuk merancang pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dalam postingan ini telah dijelaskan bahwa guru perlu melakukan refleksi terhadap pembelajarannya sehingga dapat memperbaiki kualitasnya. Dengan begitu guru akan mampu beralih dari paradigma pembelajaran yang lama ke yang baru. Guru dapat beralih dari menekankan “pengajaran” ke menekankan “pembelajaran”, dan guru juga dapat merubah orientasi dari transfer knowledge ke constructing students’ knowledge.

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Saya akan mencoba memberikan pendapat saya tentang empat poin diatas tentang perubahan yang dapat dilakukan. Yang pertama dalam mempromosian kurikulum yang interaktid daripada kurikulum yang instumental adalah dengan memperhatikan aspek karakter siswa, artinya siswa dan guru serta siswa dan siswa dapat menjalankan kurikulum yang interaktif dengan saling memahami karakter, poin kedua adalah cara mempromosikan student centered dalam pembelajaran adalah peran guru sebagai fasilator yang memberikan keleluasan siswa dalam berpikir namun tetap dalam bimbingan guru, poin ketiga dalam mempromosikan inisiasi siswa adalah guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dan menjawab, dan yang terakhir adalah kurikulum yang flexible, diterapkan dengan interkativenya pembelajaran yang berlangsung, setiap pertanyaan diatas memiliki keterkaiatan jawaban satu dengan yang lain

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    I agree on the point of teacher need to reflect their teaching. The teachers should evaluate their teaching. This reflection will give some information about our teaching.

    ReplyDelete
  9. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Saat ini pendidikan di Indonesia membutuhkan metode-metode yang dapat mereformasi system pendidikan di Indonesia. Saya setuju dengan apa yang diungkapkan Prof. Marsigit dalam artikel diatas. Bahwa kita membutuhkan paradigma pengajaran baru yang menekankan pembelajaran untuk membangun pengetahuan siswa. Berbicara masalah kurikulum, saat ini di Indonesia sedang menggalakkan kurikulum 2013 dengan menggunakan student centered sebagai pendekatan pembelajaran. Secara konstektual, rancangan kurikulum ini sangat sempurna dan sudah memenuhi standart pendidikan di Indonesia, akan tetapi dalam praktiknya kurikulum ini masih memerlukan banyak penyempurnaan.

    ReplyDelete
  10. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Salah satu cara untuk mempromosikan pendekatan yang berpusat pada siswa untuk menggeser pendekatan yang berpusat pada guru melalui Lembar Kerja Siswa yang didalamnya berisi aktivitas siswa. Pembelajaran seperti ini diterapkan dengan cara memberi kesempatan pada anak untuk bereksplorasi mencari pengetahuan dan pengalaman siswa. Penerapan pendekatan yang berpusat pada siswa dapat menstimulasi perkembangan siswa lebih aktif bergerak, mampu memecahkan masalah, mengerti konsep sebab akibat, berani mengungkapkan pendapat, bekerjasama dan tolong menolong. Sumber belajar lainnya dapat berupa siswa, buku, internet, guru, orang yang ahli dalam bidangnya, dan lingkungan.

    ReplyDelete
  11. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, reformasi pendidikan memang penting, karena dengan adanya reformasi pendidikan, guru harus siap mengajar dan membangun pengetahuan yang dimiliki siswa, dan bukan hanya mentransfer pengetahuan yang ada dan mungkin ada. Hal itu perlu diubah, paradigma pembelajaran yang tradisional menjadi yang inovatif. Untuk guru yang kurang pengetahuan tentang teknologi atau guru-guru jama dulu kemungkin akan kesulitan dalam mengikuti akan perkembangan teknologi, sehingga dapat mengalami kesulitan dalam mempelajari sistem komputer ataupun yang lainnya. Tetapi hal itu termasuk bagian profesionalitas guru untuk meningkatkan kompetensi diri, sehingga pembelajaran meningkat.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb

    Pembelajaran Berpusat Pada Siswa (Student Centred Learning) merupakan pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 tertuang secara jelas dalam Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013. Pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centred Learning) harus memberi ruang bagi siswa untuk belajar menurut ketertarikannya, kemampuan pribadinya, gaya belajarnya. Guru dalam pembelajaran kurikulum 2013 yang berpusat pada siswa (student centred) berperan sebagai fasilitator yang harus mampu membangkitkan ketertarikan siswa terhadap suatu materi belajar dan menyediakan beraneka pendekatan cara belajar sehingga siswa (yang berbeda-beda tersebut) memperoleh metoda belajar yang paling sesuai baginya.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah bagaimana menggeser paradigma teacher center menjadi student center.
    Saat ini banyak guru yang masih menerapkan teacher center di dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan ketidakpercayaan guru terhadap kurikulum 2013 dimana metode student center dianjurkan dalam kurikulum tersebut. kurangnya penerapan dalam kelas menyebabkan siswa belum terbiasa dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013, Pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 dianggap tidak efektif untuk menanamkan pengetahuan siswa, terutama saat akan menghadapi ujian nasional. sehingga menjadi seorang guru harus terbuka dengan perkembangan dan dinamis dalam menempatkan diri untuk selalu berkembang dan berkembang dalam mempelajari inovasi pembealajaran.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018


    Untuk memberikan perubahan pendidikan di Indonesia, reformasi pendidikan diperlukan khususnya dalam bidang kurikulum dan proses pembelajarannya. Kurikulum yang baik tidak hanya berfungsi sebagai kurikulum instrumental namun juga bersifat interaktif. Student center dalam proses pembelajaran sudah seharusnya mulai diterapkan, bukan lagi teacher center. Pembelajaran ini akan lebih memberikan ruang bagi siswa untuk aktif dalam kegiatan PBM. Semua hal ini akan dapat dicapai dengan adanya usaha guru-guru yang profesional dan berpikiran inovatif.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jika kita melihat praktik pembelajaran di lapangan, reformasi pendidikan matematika dari teacher centered menuju student centered, dari dominasi guru menuju insiatif siswa sebenarnya telah banyak diupayakan. Namun, dalam pelaksanaannya, masih terdapat berbagai kendala dan ketidaksesuaian. Hal ini berkaitan dengan budaya kelas yang sulit untuk dibangun agar menjadi lebih kondusif dalam mempraktikan student centered. Selain itu juga disebabkan oleh kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Untuk menjadi lebih baik diperlukan sebuah reformasi atau perubahan. Pun begitu dengan pendidikan di Indonesia. Untuk menjadi lebih baik maka harus terbiasa melakukan hal-hal yang lebih baik. Seperti yang awalnya “transferring teacher’s knowledge” menjadi “constructing students knowledge” atau dari kurikulum yang padat menjadi yang lebih sederhana dan fleksibel. Untuk menggapai sistem pendidikan yang lebih baik diperlukan usaha yang seimbang antara guru dan pemerintah. Pemerintah hendaknya menciptakan kurikulum yang lebih ramah lagi. Bukankah sedikit namun bermakna lebih baik dari pada padat namun pesan yang diinginkan tidak lagi terlihat apalagi tersampaikan.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Yang perlu diperhatikan dari elegi ini dan menjadi tugas bersama adalah saat ini ada tuntutan di Indonesia, bahwa reformasi pendidikan harus menangani masalah-masalah: (a) bagaimana mempromosikan kurikulum interaktif daripada kurikulum instrumental, Sementara dalam hal praktik yang baik yang dapat diamati, ada tuntutan bahwa guru perlu memiliki kesempatan untuk merefleksikan pengajaran mereka sedemikian rupa sehingga mereka dapat beralih dari paradigma mengajar yang lebih lama ke yang baru. Guru dapat beralih dari menekankan "mengajar" ke menekankan "belajar"; mereka dapat beralih dari tindakan "mentransfer pengetahuan guru" ke "membangun pengetahuan siswa". terimakasih

    ReplyDelete
  18. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dijelaskan pada bacaan diatas bahwa guru perlu memiliki kesempatan untuk merefleksikan pengajaran mereka sedemikian rupa sehingga mereka dapat beralih dari paradigma mengajar yang lebih lama ke yang baru. Guru dapat beralih dari menekankan "mengajar" ke menekankan "belajar"; mereka dapat beralih dari tindakan "mentransfer pengetahuan guru" ke "membangun pengetahuan siswa". Hal ini saya rasa benar adanya, bahkan yang lebih baik adalah membuat siswa memahami konsep dengan membangun pengetahuan dan melakukan proses abstraksinya sendiri dalam benak siswa masing-masing.

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Reformasi pendidikan matematika di Indonesia sangat dibutuhkan bagi seluruh pendidik. Seorang guru memiliki tugas untuk membangun pengetahuan siswa yang dilakukan dengan berbagai inovasi metode pembelajaran. Pembelajaran yang semakin canggih mengharuskan seorang guru serba bisa dan lebih kreatif. Semakin canggihnya teknologi semakin besar tantangan seorang guru untuk memahami dan menjadi guru yang professional dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. kamhar ngado
    18709251048
    in 2019 the 21 century revolution 5.0 maybe i am wrong. the education's revolution in the new year was decreased. at the moment i am waiting for the kemendikbud scholarship but still not exist for this year why??? the last i checked in 2017 is exist and they part it in two stages. we are young we can make the awesome revolution in mathematics education if our government keep humble to support with open again the ongoing scholarship who are we waiting. in indonesia education is standard of gold so we have slogan if you have education you have the future if you have education you have a good job i don't why i just wondering have an opportunity to take master degree at prestigious university who anybody is unable like me. having degree such us mathematics education will give the best solution as well as to help our home town, our tribes go out from the darkness to lightness. that is our pride thank god you chosen me of 10.000 people and i promise to self i will do the best for my country, my community, my home town and my tribe to bring you what i have from YSU i mean the best education

    ReplyDelete
  21. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka perkembangan di dalam dunia pendidikan pun juga tidak dapat dihindari. Pendidikan sudah seharusnya mampu mengejar dan menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Sehingga diperlukan reformasi dan pengembangan dalam dunia pendidikan terutama pendidikan matematika. Banyak hal yang harus diperbaiki, baik dalam hal teknis maupun praktiknya. Untuk itu, diperlukan kesungguhan agar masalah-masalah terselesaikan dan pendidikan Indonesia semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  22. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete