Feb 12, 2013

The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia




By. Marsigit
Mixing from value beliefs and empirical evidences, there are currently demands in Indonesia, that any educational reform should handle the issues of: (a) how to promote interactive curriculum rather than instrumental curriculum, (b) how to promote student centered approach rather than teacher centered approach, (c) how to promote students’ initiation rather than teacher’s domination, and (d) how to promote simple and flexible curriculum rather than crowded and tight-structured curriculum. While in term of observable good practice, there were demands that teachers need to have a chance to reflect their teaching in such a way that they may move from older paradigm of teaching to the new one. Teachers may move from emphasizing the “teaching” to emphasizing the “learning”; they may move from the act of “transferring teacher’s knowledge” to “constructing students’ knowledge”.

49 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    pendidikan matematika di Indonesia saat ini masih terkesan mengekang siswa, sehingga siswa ketika mereka bertanya sesuatu tentang matematika mereka merasa takut. Oleh karena itu, Indonesia perlu mereformasi pendidikan matematika, mungkin salah satunya ke arah yang lebih inovatif sehingga siswa dapat belajar dengan gembira dan dapat lebih memahami tentang penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  2. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Salah satu isu pendidikan saat ini adalah “how to promote student centered approach rather than teacher centered approach”. Hal pertama yang harus dilakukan agar pembelajaran yang berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa adalah dengan mengubah cara pandang guru bahwa tugas guru bukanlah mentransfer pengetahuan kepada siswa namun menjadi fasilitator agar siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri. Guru harus lebih percaya kepada siswa-siswanya dan tidak memaksakan pengetahuannya kepada siswa.

    ReplyDelete
  3. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari paparan pak Prof diatas, ada beberapa langkah yang harus dipertimbangkan dalam memperbaiki atau merubah pendidikan di Indonesia, terutama dalam bidang matematika. Ada 4 isu yang sebaiknya dipertimbangkan, diantaranya bagaimana mengembangkan kurikulum interaktif, pendekatsn student centered, inisiatif siswa, dan kurikulum yang fleksibel dan sederhana. Apabila hal ini dapat terpecahkan, guru mampu mengubah paradigma dan dapat memaknai bahwa pembelajaran adalah membangun pengetahuan siswa, bukan transfer pengetahuan

    ReplyDelete
  4. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pastilah sulit merubah sesuatu yang telah lama menjadi kebiasaan. Terutama perubahan dalam belajar dan mengajar. Paradigma pembelajaran berpusat pada guru salah satunya. Namun dengan berbagai kajian ilmiah, ternyata dengan pendekatan itu siswa kurang memaknai pembelajaran yang mereka lalui. Padahal siswa membutuhkan kemampuan dan pengetahuannya untuk menjadi bekalnya di kemudian hari. Maka dari itu diperlukan pembelajaran bermakna, dengan bantuan pembelajaran dengan pendekatan student centered, agar hal tersebut dapat tercapai dengan maksimal

    ReplyDelete
  5. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut saya, sebelum menuju ke dalam kurikulum yang fleksibel, sebaiknya ditingkatkan dulu mutu dan profesionalisme pendidik untuk setiap daerah. Dengan demikian, apabila diterapkan kurikulum yang fleksibel, kita tidak perlu khawatir dengan mutu hasil pendidikan. Karena semua tenaga pendidik telah terstandar. Kemudian, kita juga memerlukan sebuah sistem yang dapat selalu melayani kebutuhan lembaga pendidik dari setiap daerah. Setiap daerah tentunya memerlukan hal-hal yang berbeda-beda. Tergantung dengan demografi, dan jenis kurikulum yang akan digunakannya.

    ReplyDelete
  6. Taufan Adi Pradana
    13301241059
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamualaikum.wr.wb
    Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah bagaimana menggeser paradigma teacher center menjadi student center.
    Saat ini banyak guru yang masih menerapkan teacher center di dalam proses pembelajaran.
    Hal ini dikarenakan ketidakpercayaan guru terhadap kurikulum 2013 dimana metode student center dianjurkan dalam kurikulum tersebut.
    Pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 dianggap tidak efektif untuk menanamkan pengetahuan siswa, terutama saat akan menghadapi ujian nasional.

    ReplyDelete
  7. Salah satu kendala dalam perubahan dalam pendidikan matematika di Indonesia adalah materi pembelajaran yang digariskan kurikulum nasional dirasa terlalu padat sehingga guru seperti mengejar selesainya materi dengan menggunakan ceramah atau berpusat pada guru. Sedangkan penggunaan student center dirasa membutuhkan waktu yang terlalu lama. Meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan paradigma student center dapat membantu siswa dalam mengkonstruk sendiri pengetahuannya, pembelajaran menjadi lebih bermakna, kemampuan pemecahan masalah, penalaran dan bukti, komunikasi, koneksi dan representasi siswa dapat lebih dikembangkan. Yang dilakukan adalah guru agar tidak mengejar materi maksudnya materi dapat diajarkan secara keseluruhan bukan bersifat drill dari subbab materi. Kreativitas dan inovasi guru sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.

    ReplyDelete
  8. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Reformasi merupakan suatu perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada sejak lama menuju arah perbaikan demi kesejahteraan masyarakat dan negara. Sama halnya dengan reformasi pada sistem pendidikan di Indonesia bertujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun gerakan perubahan itu memang tidak mudah dan membutuhkan waktu serta proses karena budaya yang telah mengakar dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam artikel diatas telah disebutkan bahwa setiap reformasi pendidikan harus menangani isu-isu. Pertaman, bagaimana mempromosikan kurikulum interaktif dari kurikulum instrumental. Kedua bagaimana mempromosikan pendekatan berpusat pada siswa dari pendekatan yang terpusat pada guru. Ketiga bagaimana mempromosikan inisiasi siswa 'dari pembelajaran yang didominasi guru. Keempat bagaimana mempromosikan kurikulum sederhana dan fleksibel daripada kurikulum ramai dan ketat terstruktur.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Reformasi pendidikan matematika berarti menginginkan adanya perubahan terhadap sistem pendidikan yang telah ada di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Reformasi pendidikan matematika memerlukan terobosan pembelajaran terkait bagaimana pembelajaran matematika yang semestinya. Pembelajaran inovatif dan kreatif menjadi salah satu terobosan agar siswa mampu membangun dan memahami konsep matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pembaharuan dan pergeseran paradigma-paradigma dalam pembelajaran matematika perlu untuk dilakukan. Pembaharuan yang dilakukan tentu haruslah menciptakan pembelajaran matematika yang lebih baik dan lebih efektif sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Perubahan-perubahan yang mutlak perlu untuk dilakaukan dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah lebih menekankan pada bagaimana siswa belajar bukan bagaimana guru mengajar, mengembangkan kurikulum yang sederhana dan fleksibel daripada kurikulum yang rumit dan membatasi, sehingga ruang gerak para praktisi pendidikan seakan terkekang oleh aturan-aturan yang rumit, pembelajaran yang lebih menekanakan peran aktif siswa daripada dominasi guru dan hal-hal lainnya yang dapat menunjang adanya pembaharuan pendidikan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  12. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Reformasi Pendidikan di Indonesia, adalah hal yang saat ini sangatlah dibutuhkan. tetapi diperlukan adanya perjuangan yang besar untuk dapat melaksanakannya. karena paham-paham tersebut belum banyak dipahami oleh guru-guru yang ada saat ini. selain itu, sangatlah sulit untuk mengubah paradigma para pendidik yang telah memiliki cara-cara mereka sendiri dalam mengajar, sangatlah sulit untuk mengubah kebiasaan guru yang telah dijalankan selama puluhan tahun.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  13. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Saat ini, dunia pendidikan di Indonesia sedang berkembang, bahkan pada dasarnya dunia pendidikan senantiasa berkembang. Saat ini dengan sejak mulai berlakunya kurikulum KTSP dan saat ini sudah berlaku kurikulum 2013, sudah ada upaya untuk merubah paradigma pembelajaran dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa, dari paradigma guru memberikan informasi dan pemahaman siswa menjadi guru membantu siswa dalam membangun pemahamannya sendiri. Semoga hal ini bisa segera diterapkan di seluruh bagian Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Jika kita melihat praktik pembelajaran di lapangan, reformasi pendidikan matematika dari teacher centered menuju student centered, dari dominasi guru menuju insiatif siswa sebenarnya telah banyak diupayakan. Namun, dalam pelaksanaannya, masih terdapat berbagai kendala dan ketidaksesuaian. Hal ini berkaitan dengan budaya kelas yang sulit untuk dibangun agar menjadi lebih kondusif dalam mempraktikan student centered. Selain itu juga disebabkan oleh kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Indonesia is currently trying to improve the quality of education. This is demonstrated by the curriculum revision and improvement of teaching resources. I believe that if Indonesia will apply the rules of teachers should have a minimum of master's education, surely we can further improve the quality of teachers in Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalmualalikum wr.wb
    Dalam pendidikan indonesia saat ini, pembelajaran di kelas masih menggunakan paradigma lama yaitu pembelajaran berpusat para guru. Sebagian besar guru-guru di indonesia menganggap bahwa pembelajaran dikatakan sukses jika dalam kelas anak-anak mengikuti pelajaran dengan tenang, tidak ribut, diam memperhatikan, dan lain-lain. Paradigma tersebut harus diubah dimana, pembelajaran harus berpusat pada siswa, dengan demikian diharapkan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan pada akhirnya dapat memingkatkan kualitas belajar siswa.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Kurikulum 2013 menjadikan pendidikan di Indonesia dari teacher center menjadi student center. Telah lama Indonesia menganut teacher center apalagi matematika. Banyak guru yang kurang percaya kepada students center, mulai dari waktu yang diperlukan, ketidak percayaan pada siswa, apalagi waktu yang diperlukan untuk mengajar dengan materi yang banyak dikhawatirkan tidak dapat memenuhi kriteria Ujian Nasional. Segala sesuatu memang tidak ada yang instan, sebagai seorang guru yang baru tidak ada salahnya kita yang mencobanya dan ketika kita berhasil maka akan menjadi bukti bahwa student center memang lebih baik dari teacher center

    ReplyDelete
  18. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    This simple logic is right to the target. every point has connection to each others. for example, to promote student centered approach rather than teacher centered approach of course we need to promote simple and flexible curriculum rather than crowded and tight-structured curriculum. and also on the other points. every element must work together to make it done.

    ReplyDelete
  19. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah bagaimana menggeser paradigma teacher center menjadi student center.
    Saat ini banyak guru yang masih menerapkan teacher center di dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan ketidakpercayaan guru terhadap kurikulum 2013 dimana metode student center dianjurkan dalam kurikulum tersebut. kurangnya penerapan dalam kelas menyebabkan siswa belum terbiasa dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013, Pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 dianggap tidak efektif untuk menanamkan pengetahuan siswa, terutama saat akan menghadapi ujian nasional. sehingga menjadi seorang guru harus terbuka dengan perkembangan dan dinamis dalam menempatkan diri untuk selalu berkembang dan berkembang dalam mempelajari inovasi pembealajaran.

    ReplyDelete
  20. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Education today is not just to meet the targets of the curriculum alone, but requires an understanding to learners. One of the subjects that requires students' understanding is mathematics. Understanding is not an understanding in the narrow sense of memorizing the subject matter, but understanding in the broad sense that is more likely to emphasize the activities of learning process that includes finding concepts, interpreting and so on and learners are required to be able to apply it in everyday life. That way, in addition to teacher-centered learning can be realized optimally, then the teacher can also achieve the expected learning objectives both from the curriculum and from the government.

    ReplyDelete
  21. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you for sharing this, Sir. The process of revolution and development of education, especially mathematics education, has always happen continuously. There are efforts done by stake holders and education practitioners to transform mathematics classroom from teacher-centered to student-centered approach. I hope we can continue this effort to improve education in our country.

    ReplyDelete
  22. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pendidikan di Indonesia saat ini sudah mengalami perbaikan diberbagai aspek, meskipun masih ada beberapa hal yang belum terealisasi dengan optimal, menurut saya salah satunya adalah kurikulum yang selalu berubah tanpa melihat penilaian sejauh mana kurikulum sebelumnya sudah terlaksana sesuai dengan visi dan misi pendidikan di Indonesia. Namun meskipun begitu orientasi mengajar saat ini sudah mengalami perubahan paradigma yakni dari pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa.

    ReplyDelete
  23. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan teori-teori pembelajaran yang ada, proses pembelajaran yang baik ialah proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dan siswa membangun sendiri pengetahuannya (tidak hanya menerima informasi dari guru). Teori-teori pembelajaran tersebut tetntu saja dihiraukan oleh para pendidik dan pakarnya. Sehingga, proses pembelajaran di kelas pun sudah mulai menerapkan teori-teori belajar ini. Hanya saja dalam pelaksanaannya masih banyak terdapat hambatan-hambatan sehingga proses mengimplementasikan teori belajar ini masih belum maksimal. Memang terlihat simple, mengubah proses pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, akan tetapi pelaksanannya tidak sesimple teorinya.

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka perkembangan di dalam dunia pendidikan pun juga tidak dapat dihindari. Pendidikan sudah seharusnya mampu mengejar dan menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Sehingga diperlukan reformasi dan pengembangan dalam dunia pendidikan terutama pendidikan matematika. Banyak hal yang harus diperbaiki, baik dalam hal teknis maupun praktiknya. Untuk itu, diperlukan kesungguhan agar masalah-masalah terselesaikan dan pendidikan Indonesia semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  25. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Gambaran berbagai masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru-baru terjadi .Dengan adanya postingan di atas memberikan titik temu atau jalan untuk malakukan reformasi sehingga perubahan dapat terealisasi dalam menata pendidikan yang lebih cerah.Terkait dengan gagasan kurikulum yang dipaparkan dalam artikel tersebut sangat tepat karena melihat kurikulum yang sedang berkembang masih universal.Keberadaan kurikulum mungkin lebih dipadatkan lagi dengan melihat kondisi murid atau siswa yang ada.

    ReplyDelete
  26. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Reformasi pendidikan matematika dapat ditinjau dari beberapa aspek. Yang pertama dari aspek kurikulum yang interaktif. Kedua, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan ketiga, melibatkan siswa secara aktif dan pembelajaran tidak didominasi oleh guru. Pembelajaran tidak hanya merupakan proses mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, namun lebih kepada bagaimana siswa mampu mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Disinilah peran guru diperlukan sebagai fasilitator untuk memberikan scaffolding pada siswa dalam proses membangun pengetahuan siswa.

    ReplyDelete
  27. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    From what I've seen, flexible curriculum is applied in some development countries such as UK. Teachers are free to modify the curriculum as long as it's still in the same boat. Here in Indonesia the curriculum is stiff that teachers cannot do a lot things to making improvement or even some innovation through their own teaching style. Indonesian curriculum tend to put too much materials and goals within the very limited time we have. Teachers are having pressure on finishing all the materials and ignoring some others responsibility such as scaffolding or remedial teaching. This should be a hot topic to be discussed among the Education Authorities. We can also add psychological side as one of the key reason why curriculum need to be more flexible.

    ReplyDelete
  28. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Tidak mudah memang mununtut sebuah reformasi di Indonesia ini, apalagi mengenai pendidikan yang tampaknya masih kebingungan mencari bentuk, sering berganti kurikulum yang dianggap hanya menyusahkan para pelaku pembelajaran dipandang dari berbagai sudut. Tapi selayaknya Indonesia segera menyadari bahwasanya kurikulum yang dianut selama ini masih memperlakukan murid sebagai obyek yang dengan kurikulum tersebut siswa akan dibentuk demikian rupa.
    Semoga Indonesia mampu merubah paradigma pebelajaran lama mereka ke yang lebih inovatif, yang terbukti mampu memenuhi kebutuhan siswa secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  29. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya sangat setuju dengan logika pikir yang ada pada tulisan Bapak di atas. Mengenai simple curriculum yang flexibel bukan kurikulum yang ketat dan padat. Selain itu juga bukan dominasi guru melainkan keaktifan siswa, bukan teacher center melainkan student center. Selain itu kurikulum dibuat yang interaktif bukan hanya instrumentatif.

    ReplyDelete
  30. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Ketika kita melihat beberapa tahun kebelakang, memang pendidikan Indonesia telah mengalami kemelencengan, dimana pembelajaran masih bersifat berpusat pada guru, dan lain sebagainya. tetapi beberapa tahun ini, hal ini telah sedikit demi sedikit diperbaiki, walaupun masih ada beberapa hal yang masih melenceng atau bahkan perkembangan perbaikannya tidak seperti hal yang kita harapkan, tetapi tetap saja perubahan tersebut telah ada. Revolusi pendidikan yang sangat dibutuhkan ini memang tidak terlepas dari peran pemerintah yang mengeluarkan kurikulum 2013 dan mencanangkan metode scientific , inovative learning, dan sebagainya. walaupun pada akhirnya revolusi yang diharapkan sangat mendadak dan memiliki kekurangan disana-sini tetapi dengan berjalannya waktu kita dapat memperbaikinya setahap demi setahap

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  31. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Postingan ini menyampaikan beberapa kesulitan dan halangan dalam pelaksanaan pembelajaran di Indonesia, saa juga menyutujui poin-poin tersebut apalagi poin nomor d) how to promote simple and flexible curriculum rather than crowded and tight-structured curriculum. Menurut saya kurikulum matematika memang sangat padat tidak sebanding dengan waktu yang diberikan oleh kurikulum untuk pembelajaran apalagi, pada kurikulum 2013, lebih mengutamakan student center sehingga diperlukan waktu lebih untuk memaksimalkan potensi siswa dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu keadaan fasilitas sekolah juga kuran mendukung dalam pelaksanaan kurikulum sehingga masih banyak sekolah yang membuat siswa secara bergantian menggunakan alat dan hal ini juga semakin membuat waktu pembelajaran berkurang.

    ReplyDelete
  32. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Guru harus dapat membuat siswanya untuk membangun pengetahuan mereka. Reformasi pendidikan dapat dilakukan dengan mengubah kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Dan mengubah metode guru dalam mengajar. Dari beberapa guru mungkin telah merasa nyaman dengan metode tradisional yang telah berjalan bertahun-tahun lamanya, namun metode tersebut dirasa kurang efektif. Dengan hanya memberlakukan siswa sebagai objek dalam pembelajaran, maka siswa menjadi kurang aktif, kreatif, dan mandiri, siswa juga tidak dapat menggali potensi-potensi yang ada pada diri mereka secara optimal.

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Salah satu isu pendidikan saat ini adalah “how to promote student centered approach rather than teacher centered approach”. Hal pertama yang harus dilakukan agar pembelajaran yang berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa adalah dengan mengubah cara pandang guru bahwa tugas guru bukanlah mentransfer pengetahuan kepada siswa namun menjadi fasilitator agar siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri. Guru harus lebih percaya kepada siswa-siswanya dan tidak memaksakan pengetahuannya kepada siswa

    ReplyDelete
  34. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    kurikulum yang digunakan hendaknya bersifat interaktif dan ditentukan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa-siswanya. Sehingga akan memudahkan guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. Namun yang terjadi di Indonesia sekarang ini, kurikulum yang berlaku di Indonesia hanya ada satu dan berpusat pada pemerintah. Hal inilah yang perlu dibenahi agar pendidikan di Indonesia tidak terkesan egois dan otoriter. Secara keseluruhan, hendaknya semua pihak yang terkait dalam hal kependidikan saling bahu membahu untuk mengentaskan Indonesia dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi sekarang ini agar Indonesia menjadi lebih baik dan ke depannya akan menjadi negara yang maju dan berkualitas.

    ReplyDelete
  35. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. permasalahan pendidikan akan selalu menarik untuk dibahas karena berkaitan dengan masa depan bangsa. dari artikel di atas kalimat yang menarik perhatian saya ialah ‘how to promote students’ initiation rather than teacher’s domination’ . Agar paradigma pembelajaran bergeser ke membangun pengetahuan siswa maka siswa perlu diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyatakan pendapat dan mengembangkan diri mereka. Dengan demikian dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran sedikit demi sedikit akan berkurang. Guru mungkin telah memberikan kesempatan pada siswa untuk berkembang dan menyatakan pendapat, namun menurut saya pada kenyataannya sedikit susah untuk meningkatkan inisiatif siswa dalam belajar. Sebab siswa juga memiliki budaya untuk selalu patuh, diam dan mendengarkan apa kata gurunya. Budaya ini masih tertanam dalam masyarakat sehingga menurut saya sedikit sulit untuk mengubahnya.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya setuju dengan pemikiran di atas bahwa perlu adanya pemikiran-pemikiran tersebut agar pendidikan matematika di Indonesia mengalami peningkatan. Salah satu yang menarik bagi saya ialah pendapat bahwa perlu mengganti paradigma guru yang tadinya bertujuan ‘mentransfer pengetahuan guru’ menjadi ‘membangun pengetahuan siswa’. Budaya yang ada di Indonesia dari zaman dulu ialah seorang guru bertugas mentransfer pengetahuan kepada siswanya, sehingga guru menjadi satu-satunya sumber ilmu. Bahkan pepatah jawa mengatakan guru itu kepanjangan dari digugu lan ditiru yang artinya guru itu diikuti perkataannya dan ditiru perilakunya. Pepatah tersebut memang benar adanya, hanya paradigm guru yang harus diubah. Yakni menjadi guru bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuannya. Artinya, guru menjadi salah satu (bukan satu-satunya) sumber ilmu bagi siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. guru diharapkan mampu menstimulasi siswa agar aktif berpikir serta memberi arahan agar siswa mampu mengolah sendiri informasi yang ia peroleh menjadi pengetahuan dengan caranya sendiri.

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Alasan logis yang telah dipaparkan diatas merupakan alasan yang perlu unutk dipertimbang. Sangan setuju bahwa perlu guru unutk merubah paradigm pembelajaran merekan yang awalnya dari pengajaran menjadi pembelarajan, dari proses mentransfer pengetahuan menjadi membangun pengetahuan siswa. Hal ini perlu unutk dillaksanakan karena dengan begitu siswa mampu membangun pengetahuan dari yang dimiliki sehingga akan berdampak kepada pemahaman materi yang maksimal.

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Pemikiran dan logika sederhana dalam tulisan ini sangat memberikan kontribusi yang luar biasa bagi paradikma pembelajaran. Mengubah dari menekankan "pengajaran" untuk "pembelajaran"; dan mengubah persepsi dari "mentransfer pengetahuan guru" untuk "membangun pengetahuan siswa". Dengan pemikiran seperti ini siswa dapat dipandang sebagai subyek pembelajaran sehinggan hubungan guru dan siswa dapat terjalin harmonis. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  40. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pendidikan Indonesia tidak akan maju dan berkembang jika tidak dimulai dari atas, yaitu pemerintah. Pemerintah yang perlu memulai langkah awal reformasi itu dan agar reformasi itu ke arah yang lebih baik, yang sesuai dengan ideology bangsa, maka pemerintah harus melepaskan dari segala pengaruh luar dan kepentingan pribadi.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Ilania Eka Andari
    17709251050
    s2 pmat c 2017

    Menurut saya, faktanya Indonesia memang perlu melakukan reformasi terhadap pendidikan matematika. Sebab Pendidikan Matematika di Indonesia saat ini cenderung masih mengekang siswa, hal tersebut salah satunya ditunjukkan oleh fakta bahwa siswa merasa takut, ragu-ragu, khawatir, maupun was-was saat harus mengajukan pertanyaan tentang matematika. Begitupula sebaliknya, ketika guru memberikan pertanyaan matematika, siswa merasa takut untuk menjawab. Hal-hal tersebut jelas membuktikan bahwa selama ini siswa tidak belajar matematika dengan bahagia.

    Oleh karena itu, Indonesia perlu mengubah pendidikan matematika menjadi pendidikan matematika yang lebih menyenangkan, lebih inovatif sehingga siswa dapat belajar dengan bahagia dan bisa lebih mengerti serta memahami tentang penggunaan/kaitan/implementasi matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  43. Pendidikan di Indonesia memang perlu adanya reformasi. Guna untuk menciptakan generasi muda yang lebih kreatif dalam pembelajaran. Generasi muda yang didorong untuk kreatif bisa membuat berbagai inovasi kedepannya saat mereka telah menginjak dunia nyata, dengan demikian diharapkan bahwa generasi muda itulah yang akan membawa kemajuan dalam bangsa tercinta ini.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  44. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Saya pikir memang benar bahwa Indonesia perlu mereformasi pendidikan matematika mereka. Karena menurut saya, pendidikan matematika sekarang masih terkesan untuk mengekang siswa, sehingga siswa ketika mereka menanyakan sesuatu tentang matematika, kebanyakan dari mereka merasa takut dan tidak mau mendengar pertanyaan itu lagi. Ini membuktikan bahwa mereka tidak belajar matematika dengan bahagia. Oleh karena itu, Indonesia perlu mengubah pendidikan matematika menjadi pendidikan matematika yang lebih menyenangkan, lebih inovatif sehingga siswa dapat belajar dengan bahagia dan bisa lebih mengerti tentang penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  45. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kurikulum merupakan konsepsi pendidikan yang digunakan sebagi acuan dalam pelaksanaannya di lapangan, kurikulum kita telah mengatur jalannya pendidikan dengan sangat ideal, baik dalam hal siswanya, guru, kesejahteraan guru, materi, pembelajaran, evaluasi, manajemen dan sebagainya. Namun dibalik kurikulum yang memuat kebijakan dan tujuan yang uhur tersebut banyak hal yang ternyata tidak sesuai dalam pelaksanaannya. Keidealan kurikulum yang disusun ternyata menyisakan ruang untuk terjadinya pelanggaran-pelanggarn yang pada ahirnya merugikan siswa,merugikan pendidikan dan merugikan bangsa pada akhirnya. Itulah ironi pendidikan yang ada di Indonesia, seingga bagi para calon guru diharapkan dapat memperbaiki hal tersebut minimal dalam dirinya sendiri. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  46. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C


    Lohika merupakan salah satu karakteristik matematika yang kental dan esensial. Namun pada kurikulum yang baru, pembelajaran logika diubah menjadi pembelajaran tidak langsung, dengan kata lain materi logika ditiadakan, padahal kita semua paham bahwa logika siswa biarpun dapat diasah seiring dengan pembelajaran yang dilakukan tetap saja pengetahuan akan lebih kokoh jika diberikan dasarnya secara tersurat dan bermakna. WAllahu a'lam

    ReplyDelete
  47. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Banyak permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan saat ini, sehingga reformasi sistem pendidikan di Indonesia perlu dilakukan. Salah Satunya dengan mengubah paradigma pembelajaran teacher center menjadi student center. Sehingga guru yang tadinya lebih mendominasi pembelajaran berganti menjadi siswa yang mendominasi. Dalam proses pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitastor pembelajaran. Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan cara aktif terlibat dalam permbelajaran. Dengan demikian siswa dapat lebih aktif dan pemikiran mereka semakin berkembang menjadi kritis dengan permasalahan yang ada, tanpa harus selalu menunggu guru menyampikan materi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  48. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pendidikan marupakan hal yang tidak pernah habis untuk dibicarakan, karena pendidikan merupakan aspek penting untuk mencapai masa depan yang gemilang. Namun dalam pendidikan ada unsur-unsur yang harus selalu mengalami perbaikan seperti kurikulum dan cara penyampaian/pengajaran guru di dalam kelas. Hal ini dimaksudkan agar guru lebih terarah dalam melakukan pembelajaran dan guru mampu membuat iklim belajar yang bersifat kolaborasi, mandiri, aktif dan kreatif.

    ReplyDelete
  49. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Dari ulasan diatas menunjukan adanya beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memperbaiki maupun meningkatkan pendidikan nasional Indonesia. Dengan adanya pertimbangan tersebut menunjukan bahwa apabila ingin melaksanakan perubahan dalam sektor pendidikan perlu adanya penelitian-penelitian terkait supaya dapat mematangkan latar belakang dirubahnya suatu kurikulum pendidikan nasional. Sehingga, tidak terjadi seperti awal tahun 2013 dimana perubahan kurikulum yang dilaksanakan belum ada persiapan yang matang sehingga menimbulkan kekacauan dalam ranah pendidikan. Tidak hanya dialami oleh siswa, hal tersebut juga dialami bagi guru. Karena, dengan kurikulum 2013 yang mana merubah proses pendidikan dari berpusat kepada guru menjadi berpusat kepada siswa. Karena guru sudah sangat terbiasa menggunakan pendidikan yang berpusat pada guru, untuk merubah menjadi terpusat kepada siswa akan merasa kesulitan dan memerlukan waktu untuk beradaptasi. Dengan adanya hal tersebut, perlu adanya banyak sosialisasi kurikulum sehingga apa yang sebenarnya ingin dilaksanakan oleh kurikulum dapat dilaksanakan oleh guru dimana guru sebagai agen pelaksana kebijakan tersebut.

    ReplyDelete