Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?




Oleh Marsigit

Berikut masih sangat terkait dengan Intuisi. Pertanyaan yang sangat terkenal diajukan oleh Immanuel Kant (1781) "Apakah matematika itu ilmu?". Dia menguaraikan jawabannya dalam bukunya yang berjudul "Critic of Pure Reason".

Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.

Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".

Pure Logic dipandang baru sebagai A Priori saja dan belum Sintetik, karena Pure Logic memang bersifat Analitik.

Dengan demikian menurut Kant, Pure Logic belumlah merupakan Ilmu. Karena Pure Logic bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya.

Demikian terimakasih.

44 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Intuisi sangat penting untuk membangun pengetahuan matematika. Menurut Immanuel Kant ilmu akan terbentuk jika dibangun di atas intuisi. Kemampuan intuisi didapatkan dari pengalaman. Secara tidak langsunh mengatakan bahwa matematika dikatakan ilmu jika berlandaskan oleh pengalaman. Berarti mengajar matematika harus mengaitkan dengan kejadian sehari-hari dam harus sesuai dengam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Kami merasa benar-benar bodoh karena hal yang sederhana saja luput dari pemikiran kami yakni tenatng ilmu dan pengetahuan serta perbedaannya. Setelah mecoba memhami tulisan diatas bahwa matematika merupakan ilmu dan bukan sekedar pengetahuan karena pengetahuan dalam matematika sendiri sudah bersifat umum, diakui kebenarannya serta telah teruji. Matematika menjadi ilmu berdasarkan ruang dan waktu, dibangun melalui pengalaman serta intuisi. Matematika dapat pula tidak menjadi ilmu ketika konsep matematika itu sendiri tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Oleh karena itu, kita sebagi subyek yang berusaha terus belajar harus mampu dengan tepat menempatkan matematika sesuai ruang dan waktunya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  4. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari beberapa elegi yang membahas intuisi, mengapa saya baru memikirkan hal itu sekarang? Ya mungkin benar ilmu saya belumlah banyak. Maka dari itu jangalah saya bersifat sombong. Sungguh intuisi yang sangat berguna. Karena benar, tanpa kita membangun intuisi dan memperkaya intuisi siswa, maka selama ini kita tidak mengajarkan matematika itu sebagai ilmu, melainkan hanya sebagai syarat untuk memahamkan siswa dalam mengerjakan soal tanpa memikirkan prosedurnya.

    ReplyDelete
  5. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Sebenarnya saya mohon maaf pak atas ketidakpahaman dan kebingungan saya dengan elegy ini. Imanuel Kant disatu sisi mengatakan bahwa matematika itu ilmu namun disisi lain matematika itu juga bukan ilmu. Mohon elegy ini bisa dijelaskan lebih rinci pak..
    Karena setau saya matematika adalah “Mother of Sains” karena semua ilmu terdapat unsure matematikanya.
    Sekali lagi saya mohon maaf atas ketidakpahaman saya ini pak. Mohon bimbingannya.

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    ketika S1 salah satu dosen saya pernyah menyampaikan sebuah istilah "Aku dengar aku lupa, Aku lihat aku menerti, Aku lakukan aku pahami" yang berarti bahwa ketika kita hanya mendengar (pembelajaran ceramah) sebuah ilmu maka akan sulit kita mengerti dan akan cepat kita lupakan, akan tetapi jika kita mendengar dan menyaksikan (pembelajaran audio visual) sebuah ilmu maka akan lebih dimengerti akan tetapi jika kita melakukan atau menemukan atau bahkan membangun sebauh ilmu maka kita akan memahami sepenuhnya ilmu tersebut. demikian halnya dengan ilmu matematika jika kita hanya mempelajarinya dengan metode ceramah atau audio visual tan membudayakannya dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan sepenuhnya memahami matematika.

    ReplyDelete
  7. Sebuah bidang materi bisa dikatakan ilmu jika dibangun atas intuisi termasuk matematika. sesungguhnya dikatakan bahwa manusia memiliki ilmu pengetahuan matematika karena dia telah membangun atau mengkontruksi ilmu pengetahuan dalam pemikirannya, sesuai dengan ruang dan waktu, melalui pengalaman-pengalam, keterampilan, megetahui sebab-akibat dari suatu teorema matematika yang ada dalam kehidupan di dunia.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa sebelum adanya teori dari Imanuel Kant, terdapat dua perbedaan pendapat yang sangat sengit yaitu antara Rene De Scrates dan David Hume. Dimana keduanya saling adu pemikiran bahwa Rene De Scrates disini lebih condong pada pemikiran yang berlandaskan pengalaman dia, bahwa sebenar-benarnya ilmu itu berasal dari pikiran. Dan david hume yang mengatakan bahwa sebenar-benanrya ilmu itu berasal dari pengalaman. Disinilah Imanuel Kant memberikan jembatan kepada kedua pemahaman tersebut bahwa pada dasarnya ilmu itu juga membutuhkan pikiran dan juga pengalaman sehingga yang diambil dari pemahaman mereka oleh Imanuel Kant adalah Sintetik Apriori. Disini jika saya menghubungkan dengan pembelajaran matematika, matematika dikatakan sebagai ilmu bagi peserta didik jika berangkat dari hal-hal yang berada di lingkungan mereka dan berlanjut hingga ke abstrak bagi peserta didik dewasa. Hal inilah yang akan membuat matematika itu dibutuhkan sebagai ilmu yang penting bagi peserta didik jika diajarkan sesuai dengan objek yang belajar matematika tersebut
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ternyata tidak semudah itu untuk mengatakan bahwa matematika itu adalah ilmu. Disana terdapat adanya kriteria yang menjadikan matematika dapat dikatakan sebagai ilmu, misalnya dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu (intuisi) yang kemudian dia bersifat sintetik a priori.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Immanuel Kant, ilmu itu bersifat sintetik apriori, gabungan antara rasio atau logika dengan penagalaman. Maka sebenar-benar ilmu adalah pikiran yang dapat diterapkan dan pengalaman yang dapat dipikirkan. Matematika merupakan suatu ilmu karena matematika yang ada di dalam pikiran dapat diterapkan dan pengalaman matematika dapat dipikirkan. Misalnya konsep tentang integral dapat diterapkan untuk menghitung luas dari suatu daerah yang tidak beraturan. Kemudian di dunia konkrit, terdapat meja, almari, yang dapat direduksi menjadi objek-objek geometri di dalam pikiran.

    ReplyDelete
  11. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Matematika menjadi ilmu jika dilandasi atau di dasari dengan intuisi (ruang dan waktu) dimana yang merujuk pada pengalaman (experience). Jika tidak didasari dengan hal tersebut, maka matematika bukan ilmu. Oleh karena itu agar matematika dapat menjadi ilmu, maka dalam kegiatan pembelajarannya guru bertanggung jawab untuk membudayakan matematika. Namun tidak hanya guru saja yang memiliki tanggung jawab tersebut. Orang tua (masyarakat), sekolah, maupun pihak lainnya juga memiliki tanggung jawab untuk membudayakan matematika.

    ReplyDelete
  12. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Menurut Kant matematika akan menjadi ilmu ketika ia dibangun di atas intuisi. Hal ini jelas melawan pure matematika sehingga pure matematika bukanlah ilmu. Pada bagian lain, Prof menjelaskan bahwa pure matematika tidak memberikan informasi apapun kecuali konsistensi pada dirinya. Disisi lain, Kant juga menyatakan pandangan yang sangat popular yaitu sintetik apriori, yang menyeimbangkan dan menjembatani antara pengetahuan dan pengalaman.

    ReplyDelete
  13. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033

    Matematika akan dikatakan sebagai ilmu apabila matematika dibangun diatas sebuah intuisi. Tak hanya matematika, Ilmu yang lain pun juga begitu. Jadi matematika akan menjadi ilmu jika matematika itu Sintetik Apriori.

    ReplyDelete
  14. Lalu bagaimana dengan Matematika murni, atau pure logic? Pure Logic belum bisa dikategorikan sebagi ilmu karena pure logic itu hanya sebagai Apriori Sahaja. Jadi Pure Logic akan berubah menjadi ilmu ketika sudah bersintetis dan dipandang sebagi sintetik apriori.

    ReplyDelete
  15. Menurut Immanuel Kant, Pure Logic belumlah merupakan Ilmu. Karena Pure Logic bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya. 

    ReplyDelete
  16. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas tentang matematika. Matematika bisa disebut ilmu dan bisa bukan ilmu. Hal ini disampaikan oleh Immanuel Kant bahwa Matematika berdasarkan intuisi. Dan ia berdasarkan ruang dan waktu, artinya menyesuaikan. Kant menyimpulkan bahwa matematika adalah sintetik apriori. Contohnya kita bisa belajar dari tau teorinya dahulu baru praktinya.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Imanuel Kant menyatakan bahwa matematka akan menjadi ilmu jika dibangn di atas intuisi dalam kerangka ruang dan waktu dan bersifat sintetik a priori. Sehingga dari pendapat ini peran intuisi penting dalam membangung ilmu matematika. Agar dapat membangun ilmu tersebut diperlukan cara dan strategi guru dalam memunculkan pengalaman-pengalaman. Selain itu siswa juga sebaiknya lebih mengurangi ketergantungan terhadap guru. Maksudnya untuk menciptakan pengalaman sendiri maka dibutuhkan usaha untuk mendapatkan pengalaman tersebut sehingga menurut saya dalam memunculkan pengalaman tersebut siswa sendirilah yang berusaha untuk menganalissi serta menemukan dari materi yang dipelajari.

    ReplyDelete
  18. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Menurut Immanuel Kant, rasionalism terlalu mengagung-agungkan logika sehingga mengabaikan pengalaman sedangkan empirism terlalu mengagung-agunkan pengalaman sehingga mengabaikan logika. Maka Kant mengungkapkan bahwa sebenar-benar ilmu adalah hasil sintetik apriori yaitu penggabungan antara logika dan pengalaman. Maka jelas intuisi yang didukung pengalaman adalah dasar dari pembangunan ilmu.

    ReplyDelete
  19. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    Pendidikan Matematika A S2 UNY

    Selain matematika sebagai bahasa dan budaya, matematika juga bisa dipandang sebagai ilmu jika dapat dibangun dengan sebuah intuisi. Dan Intuisii memiliki dimensi ruang dan waktu. maka dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu apabila matematika bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika dikatakan sebagai ilmu jika dapat memberikan informasi dan dibangun atas dasar intuisi. Oleh sebab itu, menurut saya pembelajaran matematika di sekolah, intuisi siswa harus terlibat agar matematika bermakna sebagai ilmu bagi dirinya. Pembelajaran matematika harus relevan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa dapat mengaplikasikan intuisi yang dimilikinya dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  21. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika menurut saya adalah ilmu yang sifatnya universal, karena dengan menguasai matematika, seseorang dapat berpikir secara logis dan sistematis serta mendasari perkembangan teknologi yang terus berkembang sampai saat ini. Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan, banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang untuk menyelesaikannya membutuhkan matematika, misalnya berhitung, mengukur, menimbang, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matematika bisa sebagai semuah ilmu atau mungkin juga tidak. Menurut Kant, Matematika merupakan ilmu jika itu dapat dibangun dengan sebuah intuisi. Intuisi memiliki dimensi ruang dan waktu. Dengan demikian, matematika ke dalam ilmu pengetahuan jika dibangun dengan dimensi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    1. Menurut Kant, sesuai dengan kebenaran matematika merupakan prasyarat bahwa kita memaksakan pada setiap objek yang mungkin dari pengalaman kita. Sama seperti Descartes telah mencatat dalam Meditasi Kelima, esensi tubuh diwujudkan kepada kita dalam geometri ruang Euclid, yang menentukan priori struktur dunia spasial yang kita alami. Untuk dirasakan oleh kita, objek apapun harus dianggap sebagai hal unik yang terletak dalam ruang dan waktu, sehingga kerangka spatio-temporal itu sendiri yang menyediakan koneksi yang hilang antara konsep segitiga dan bahwa jumlah sudut.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    2. Kant menambahkan, memahami matematika dengan cara ini memungkinkan untuk naik di atas sebuah kontroversi lama antara rasionalis dan empiris mengenai sifat dari ruang dan waktu. Leibniz telah mempertahankan bahwa ruang dan waktu bukan hal intrinsik dari dunia itu sendiri, tetapi hanya sebuah produk dari pikiran kita. Newton, di sisi lain, bersikeras bahwa ruang dan waktu yang mutlak, bukan hanya satu set hubungan spasial dan temporal. Kant sekarang menyatakan bahwa keduanya benar! Ruang dan waktu yang mutlak, dan mereka berasal dari pikiran kita. Sebagai sintetik penilaian apriori, kebenaran matematika yang informatif dan diperlukan.

    ReplyDelete
  25. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    Immanuel Kant merupakan tokoh penengah dari pertentangan dua pendapat antara Descartes yang menyatakan ilmu itu dibentuk berlandaskan rasio, dan D. Hume menyatakan bahwa ilmu dibentuk berlandaskan pengalaman. Immanuel Kant menganggap ilmu dibentuk berdasarkan keduanya yaitu rasio dan pengalaman. Tentu saja pendapat immanuel kant ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru/calon guru dalam mendesain pembelajaran. Pengalaman samgat penting untuk membentuk intuisi yang akan memudahkan siswa dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  26. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Menurut Imanuel Khan Matematika sebagai ilmu murni yang mengedapankan logika, belumlah dapat disebut sebagai ilmu karena masih bersifat analitik. Sehingga matematika menurutnya harus bersifat sintetik a priori jika ingin dikatakan ilmu. Jadi, matematika itu tidak terbatas hanya logika dan konsistensi, namun juga harus dibangun berladaskan intuisi. Dengan begitu matematika dapat dikatakan sebagai ilmu dan dapat bermanfaat bagi kehidupan. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Matematika akan menjadi ilmu apabila dilandasi atau didasari dengan intuisi. Intuisi memiliki pengertian ruang dan waktu. Dalam perjalanannya, intuisi dapat diperoleh setelah pengalaman matematika dimana pengalaman tersebut merupakan akumulasi dari keterampilan matematika yang diperoleh melalui pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi dari dalam siswa itu sendiri. Jika tidak memenuhi syarat di atas maka matematika belum dapat dikatakan sebagai ilmu, melainkan masih dikatakan sebagai ilmu murni yang bersifat pasti dan tidak berubah. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan kreativitasnya. Dengan demikian, maka guru perlu mengembangkan intuisi pada siswa agar siswa tidak kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  28. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    ruang dan waktu. Dalam perjalanannya, intuisi dapat diperoleh setelah pengalaman matematika dimana pengalaman tersebut merupakan akumulasi dari keterampilan matematika yang diperoleh melalui pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi dari dalam siswa itu sendiri. Jika tidak memenuhi syarat di atas maka matematika belum dapat dikatakan sebagai ilmu, melainkan masih dikatakan sebagai ilmu murni yang bersifat pasti dan tidak berubah. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan kreativitasnya. Dengan demikian, maka guru perlu mengembangkan intuisi pada siswa agar siswa tidak kehilangan intuisinya

    ReplyDelete
  29. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut Kant, ilmu merupakan tanggapan yang memberi pengetahuan baru. Sehingga matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori. Sintetik berarti pernyataan atau berita pengetahuan yang kebenarannya diketahui dalam hubungannya dengan beberapa intuisi sedangkan apriori berarti cara memperoleh pengetahuan tanpa memanfaatkan suatu (atau beberapa)pengalaman khusus sehingga matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di atas intuisi, tidak membutuhkan definisi. Menurut saya inilah yang membedakan matematika sebagai ilmu dengan pure mathematic karena pure mathematics diawali oleh definisi yang berarti adanya foundasi sedangkan matematika sebagai ilmu merupakan intuisi

    ReplyDelete

  30. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Intuisi adalah kemampuan memberikan ide atau gagasan baru berdasarkan pada pengalaman-pengalaman yang telah dilalui dan dihubungkan dengan kejadian yang sedang dialami. Karena dasarnya adalah pengalaman, maka intuisi itu erat kaitannya dengan ruang dan waktu. Ilmu adalah sesuatu yang digunakan manusia untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dikatakan bahwa matematika dikatakan sebagai ilmu jika dibangun berdasarkan intuisi, sedangkan intuisi sendiri ada karena ruang dan waktu, yaitu pengalaman.

    ReplyDelete
  31. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari artikel d atas saya merefleksi bahwa matematika itu merupakan ilmu sesuai dengan ruang dan waktunya. matematika itu merupakan ilmu yang dibangun berdasarkan intuisi. Pada pembelajaran matematika di sekolah, siswa mengasah intuisi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah pengalaman matematika siswa. Semakin banyak pengalaman siswa maka semakin terasah intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  32. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Matematika dapat dikatakan sebagai suatu ilmu jika ia bersifat sintetik apriori. Kant telah menggabungkan dua pendapat yang dulunya bertentangan yaitu antara paham Rasionalisme yang mempercayai ilmu pengetahuan hanya berdasarkan rasio dan Empirisme yang mengatakan bahwa ilmu didapat dari pengalaman. Di dalam perkembangannya ternyata terbukti bahwa keduanya diperlukan untuk membentuk pengetahuan. Saat intuisi bekerja, kita akan terdorong untuk mencari bukti-bukti sehingga berdasarkan pengalaman, ilmu pengetahuan menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  33. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi tersebut dikatakan bahwa pada teori Kant, matematika dapat berupa ilmu dan tidak. Diakatan sebagai ilmu ketika matematika tersebut dibangun diatas intuisi yang mana bergantung kepada ruang dan waktu. Sedangkan yang disebut sebagai bukan ilmu adalah ketika matematika diajarkan sebagai pure logic saja.

    ReplyDelete
  34. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam mendefinisikan matematika sebagian orang akan mengalami kesulitan, apakah matematika sebagai ilmu atau bukan. Maka dijawab oleh Kant bahwa matematik merupakan ilmu jika dikerangkai oleh ruang dan waktu. Artinya matematika bisa digunakan sebagai dasar bagi ilmu pengetahuan bidang lainnya, sesuai dengan keperluan bagi pengetahuan itu. Maka matematika sebagai ilmu melalui proses analitik untuk menempatkan dirinya sesuai ruang dan waktu. Menurut Kant, matematika itu bisa dikatakan sebagai ilmu jika sintetik apriori

    ReplyDelete
  35. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Intuisi di dalam kerangka ruang dan waktu membangun matematika menjadi ilmu. Intuisi perlu digunakan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu guru harus memfasilitasi siswa menggunakan strategi, model, metode, dan pendekatan yang dapat memaksimalkan intuisi peserta didik.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewi Thufaila
      17709251054
      Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

      Assalamualaikum.wr.wb
      Matematika itu fleksibel. Matematika akan menjadi ilmu bila dibangun di atas intuisi, yaitu dalam kerangka ruang dan waktu. Kenyataannya bahwa intuisi lahir dari sebuah pengalaman. Sehingga guru dituntut untuk memberi pengalaman belajar siswa untuk melahirkan dan memupuk intuisinya. Matematika sebagai ilmu selain dapat memberikan informasi/ pengetahuan, juga dapat memberikan pengalaman dan keterampilan pada siswa.
      Wassalamualaikum.wr.wb

      Delete
  36. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Intuisi dapat muncul karena adanya pengalaman (experience). Oleh karena itu agar matematika dapat menjadi ilmu, maka dalam kegiatan pembelajarannya guru bertanggung jawab untuk membudayakan matematika. Namun tidak hanya guru saja yang memiliki tanggung jawab tersebut. Orang tua (masyarakat), sekolah, maupun pihak lainnya juga memiliki tanggung jawab untuk membudayakan matematika.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  37. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ilmu pengetahuan itu dapat dibangun salah satunya dengan memiliki sikap skeptis, artinya memiliki sikap keragu-raguan terhadapat pernyataan, fakta, atau sesuatu yang disampaikan oleh orang yang dianggap berilmu. Begitulah yang dilakukan Immanuel Kant dalam postingan ini, yaitu dengan mempertanyakan apakah matematika itu adalah ilmu atau bukan. Postingan ini masih berhubungan dengan intuitif, intuitif terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang dialami oleh seseorang. Sehingga matematika itu dapat dikatakan sebagai ilmu apabila matematika dipandang sebagai sesuatu yang intuitif yang dibangun dari pengalaman-pengalaman.

    ReplyDelete
  38. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Intuisi yang merentang antara ruang dan waktu memiliki peran penting dalam menentukan matematika sebagai ilmu atau hanya sebagai mitos saja, oleh karena itu seorang guru harus dapat menggunakan intuisinya dengan baik dan beijaksana serta guru harus dapat pula menstimulus intuisi siswa agar dapat berjalan dan memperoleh pengetahuan yang tidak hanya sekedar common sense. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  39. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Menurut Karl R. Popper ilmu pengetahuan haruslah dapat melewati proses falsifikasi, yakni ilmu pengetahuan yang ada dijadikan sebagai obyek uji dan dibandingkan konsepsi lain, jika terjadi kontradiksi maka ia akan gagal menjadi ilmu pengetahuan dan digantikan oleh konsep yang telah berhasil memfalsifikasinya. Sedangkan matematika kita pahami sebagai ilmu pengetahuan yang di dalamnya murni tanpa adanya kontradiksi, sehingga prinsip ini mungkin berlaku hanya di beberapa bagian matematika yang berupa teorema, lemma dan sebagainya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan uraian singkat pada tulisan di atas, matematika itu ruang dan waktu. Ada saat matematika dikatakan sebagai ilmu tetapi ada juga saat matematika bukan merupakan suatu ilmu. Lagi-lagi peran intuisi sangat mempengaruhi dalam hal ini. Mengapa? Karena matematika dikatakan ilmu jika intuisi dijadikan sebagai dasar dalam berpikir matematika. Dengan kata lain matematika sebagai ilmu jika dibangun dalam intuisi. Dengan demikian jika kita ingin memelajari matematika sebagai sebuah ilmu, maka intuisi matematika harus dilibatkan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sebaliknya, jika kita menganggap matematika bukan merupakan sebuah ilmu maka dalam mempelajarinya tak perlu menggunakan intuisi matematika. Intuisi diperoleh berdasarkan dari pengalaman baik secara langsung maupun tidak langsung. Matematika juga tidak akan dianggap sebagi ilmu jika tidak ditmpatkan pada ruang dan waktu yang semestinya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ternyata matematika sebagai ilmu juga berkaitan dengan ruang dan waktu. Begitu juga dengan intuisi yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Sehingga matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika dibangun dari intuisi. maka pentingnya membangun intuisi atau mempertajam intuisi matematika.

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Sintetik apriori mampu untuk membangun ilmu pengetahuan. Begitu juga jika matematika adalah ilmu maka bersifat sintetik apriori. Matematika sebagai ilmu berarti matematika bisa dipikirkan di dalam pikiran kita dan dipikirkan diluar pikiran kita. Keduanya saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete