Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

108 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam kuliah Rabu, 02 November 2016 , professor Maitree memaparkan mengenai “Research Issue” yang ada dalam dunia Pendidikan Matematika. Beliau memulai kuliah ini dengan memutar sebuah video proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang professor di Jepang. Profesor ini bernama Yamamoto (Yamamoto Sensei). Dalam Video itu Yamamoto Sensei menggajar matematika pada 40 siswa kelas satu SD di jepang. Hal menarik yang beliau katakan mengenai Lesson Study adalah sebagai berikut
    “Mengajar yang baik adalah membuat pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran yang bermakna dan menarik bagi siswa. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menghubungkan kelas dengan dunia nyata. Bagaimana cara menghubungkannya? Jawaban pertayaan ini akan kita dapat apabila kita mengenal siapa siswa kita, bagaiman karakter mereka dan cara berpikir mereka. Karena itulah penting bagi seorang guru menjadikan Lesson study sebagai gaya hidupnya.”

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru. Pelaksanaan lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan untuk memaksimalkan peran guru dalam memfasilitasi anak membangun pengetahuannya. Lesson study juga sangat penting dilakukan untuk anak berkebutuhan khusus. Hal ini karena bisa digunakan sebagai acuan guru lain dalam mengajar pada anak berkebutuhan khusus. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki perbedaan, keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam kegiatan belajar. Sehingga lesson study bisa digunakan sebagai langkah awal dalam usaha untuk memajukan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Beragamnya siswa siswa kita dan aberagamnya kemamapuan manusia yanga hidup di dunia ini maka kita juga harus ememntingkan adanay pendidikan luar biasa, yanag mana dalam hal demikian kita mengajar siswa yang mempunya kebutuhan khsuus yang kebutuhan itu sangat berbeda dengan kebutuhan manusia yang lainnnya. Dengan demikian orang yang mempunyai kebutuhan khusus juga mempunya grade yang sama dengan orang yang biasa biasa saja.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan untuk menggali potensi yang dimilikinya tak terkecuali anak yang berkebutuhan khusus. Kegiatan lesson study adalah upaya untuk membiasakan guru dalam melakukan proses pembelajaran secara terencana dan sistematis. Adanya lesson study, maka guru telah menanamkan pondasi belajar pada anak yang berkebutuhan khusus, untuk termotivasi dalam hal belajar.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Profesionalitas memang masih menjadi sorotan, terutama dalam dunia pendidikan. Anak berkebutuhan khusus emang memerlukan pengkhususan pula dalam pembealaran, meliputi kurikulumnya, silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran nya. Misalnya saja untuk anak tuna netra, maka dibutuhkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Huruf Braille. Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus ini, sehingga tujuan profesionalitas dalam pendidikan bisa tercapai dengan optimal, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Lesson study sangat diperlukan apalagi pada anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini, banyak diantara SD yang saya jumpai namun ada sedikit berbeda dengan SD inklusi dimana di dalamnya anak-anak berkebutuhan khusus meski terbatas namun mereka memiliki kemampuan apa yang orang lain tidak miliki. Selain itu, mengajar juga harus sabar dan ikhlas karena mengajar mereka berbeda dengan mengajar anak yang normal. Ketelatenan dan keramahan pada anak serta yang terpenting adalah motivasi untuk bangkit, meski berbeda namun perbedaan itulah yang menjadikan unik.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali mereka yang memiliki kebutuhan khusus. karna melalui pendidikan, mereka bisa mengerti pentingnya ilmu dalam menjalani hidup di dunia ini. dengan terus memberikan motivasi salah satunya agar mereka tetap semangat dalam meuntut ilmu.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa yang memiliki kebutuhan khusus tentu perlu perhatian yang khusus juga. Dengan adanya lesson study diharapkan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran terutama pembelajaran matematika yang tepat untuk siswa yng dapat memenuhi kebutuhan belajar matematika siswa. Setiap siswa terlebih yang memiliki kebutuhan khusu pasti memiliki karakter yang berbeda, diharapkan dengan lesson study guru lebih dapat memahami karakter dari masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  9. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Program belajar lesson study cocok untuk segala jenis pembelajaran khususnya dalam matematika, tidak hanya untuk yang berkebutuhan khusus saja. Dalam hal ini, Program belajar lesson study merupakan suatu program pembelajaran yang dapat mengembangkan segala kreativitas yang dimiliki oleh seorang anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya program lesson study tersebut seorang anak berkebutuhun khusus tidak merasa bahwa dirinya berbeda dari temannya yang memiliki fisik yang normal. Selain itu perhatian guru sangat dibutuhkan, guru harus mampu mengenali segala karekteristik, potensi, kemampuan, kekurangan serta kelebihan masing-masing anak.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan matematika Kelas C 2016

    Setiap manusia pasti ingin dilahirkan dalam keadaan sempurna tanpa kurang satu apapun. Walau terlahir kurang sempurna sehinggga memiliki kebuuthan khusus walau berbeda dengan yang lain, tidak bisa dipungkiri bahwa anak yang berkebutuhan khusus juga berprestasi. Pada lesson study ini diharapkan seorang guru mampu memenuhi kebutuhan khusus siswa agar dapat memahami pembelajaran matematika bukan berarti guru acuh terhadap siswa yang memiliki kebutuhan khusus ini.

    ReplyDelete
  11. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sudah menjadi tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya. Ini sudah tertulis dalam Pembukaan UUD 1945. Sehingga di dalam pendidikan, seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dibebaskan untuk mengenyam pendidikan, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Menurut saya, mereka bahkan membutuhkan bimbingan dan perhatian yang lebih dari siswa lain. Oleh karenanya, guru perlu untuk memiliki dan meningkatkan kemampuan yang lebih dari guru pada umumnya. Salah satu cara ialah dengan menerapkan Lesson Study yang dicetuskan di Jepang.

    ReplyDelete
  12. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Lesson study merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan. Dalam pembelajaran dengan lesson study, guru-guru secara kolaboratif melakukan kegiatan pembelajaran dimana ada satu orang guru yang menjadi guru model atau satu orang guru yang mengajar si depan kelas sedangkan yang lain mengamati baik guru yang mengajar maupun siswanya. Hal ini ditujukan agar dapat mengetahui kekurangan tentang pembelajaran yang dilakukan sehingga nantinya dapat melakukan perbaikan. Dengan begitu, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perencanaan bisa dilakukan oleh guru secara pribadi, bisa juga direncanakan melalui musyawarah dalam suatu forum formal maupun non formal. Perencanaan dengan musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dibandingkan perencanaan secara sendiri, karena dengan musyawarah dapat menambah referensi mengenai metode yang cocok dalam pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Bagi siswa berkebutuhan khusus pasti memerlukan metode yang berbeda dibandingkan dengan siswa normal. Tentunya pengembangan pembelajaran bukan hanya bagi siswa normal tetapi siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan bahkan lebih memerlukan. Salah satu hal yang bisa dikembangkan yaitu lesson study. Sehingga lesson study tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan guru melalui diskusi, wadah untuk saling berbagi dan saling belajar.

    ReplyDelete
  14. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Prestasi yang diperoleh oleh PLB FIP UNY tentang Lesson Study dengan kaitannya pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus ini sangatlah patut kita apersepsi. Anak berkebutuhan khusus juga layak mendapatkan pendidikan matematika yang baik seperti halnya anak-anak yang lain. ABK bukan berarti mereka tidak cerdas, mereka hanya dibedakan oleh keadaan yang sedikit kurang jika dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran sangatlah perlu dikembangkan untuk memfasilitasi para siswa yang menyandang status ABK ini dengan harapan pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus. Lesson study bisa menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru di dalam kegiatan pembelajaran. Lesson study dapat membuat guru mengetahui cara mengajar mana yang tepat dan kurang tepat untuk siswanya. Lesson study dapat diterapkan di semua jenis tingkatan termasuk pada siswa yang berkebutuhan khusus. Hanya saja berbeda dengan cara mengajar dengan siswa biasa.

    ReplyDelete
  16. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai bunyi pasal 31 ayat 1 UUD 1945, yaitu setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan tidak terbatas pada kalangan tertentu. Baik kaya, miskin, normal, bahkan mereka yang berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkannya. Apalagi mereka (siswa) yang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian dan fokus yang lebih dalam pembelajarannya. Hal ini disebabkan mereka memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan / atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Akan tetapi, kekurangan-kekurangan ini bukanlah menjadi penghalang atau hambatan untuk mengikuti pembelajaran khususnya dalam belajar Matematika.

    ReplyDelete
  17. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua, yaitu mampu memperhatikan kemampuan, karakteristik, dan kebutuhan dari kekurangan atau gangguan tiap-tiap anak yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mereka sehingga dapat berkembang secara optimal.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan artikel di atas yang menawarkan solusi bagi anak berkebutuhan khusus agar tetap mengikuti pembelajaran, yaitu dengan metode pembelajaran Lesson Study dan Penjas Adpted. Semoga dengan kedua pendekatan tersebut dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Menjadi guru bagi siswa dengan kebutuhan khusus adalah sesuatu yang mulia. Kami menyadari bahwa setiap orang adalah pendidikan mendapatkan yang sah, tidak terkecuali bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Tapi, hal penting bagi guru adalah bahwa siswa mereka sedikit berbeda, sehingga, mereka harus menyiapkan metode pembelajaran yang terbaik. Salah satu metode pembelajaran yang terbaik adalah Lesson Study. Artikel di atas menggambarkan tentang Lesson Study. Lesson Study untuk Matematika pelajaran akan membuat guru dan siswa lebih kreatif dan aktif. Lesson Study dapat membantu guru untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk mengajar siswa khusus mereka. Jadi, tujuan pendidikan akan tercapai.

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study ternyata telah berkembang sejak lama, dan masih berkembang hingga saat ini, untuk pembelajaran lain tidak hanya matematika. Lesson study membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya sesama guru, dosen, atau antar instansi (sekolah, universitas, MGMP, maupun dinas Pendidikan). Lesson study bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan guru dan memberi sarana kepada guru untuk belajar dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita patut mengapresiasi Program Studi Pendidikan Luar Biasa PLB FIP UNY yang mampu menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, yang mana keynote speaker yang diundang adalah Prof.Hideo Nakata, Ph. D yang fokus pada lesson study. Hal ini menjadi motivasi bagi kita umumnya Indonesia bahwa lesson study sangat bisa diterapkan disini dan mampu membantu guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan, sehingga tercapai pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tujuan jangka pendek dari diadakannya lesson study adalah seperti yang disebutkan dalam komen saya sebelumnya. Namun jika dirunut kembali, manfaat lebih jauh dari diadakannya lesson study diantaranya adalah mendapatkan suatu hasil penelitian yang mana dapat digunakan sebagai referensi oleh pihak-pihak lain yang membutuhkan. Lebih jauh lagi, lesson study dapat membantu perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran lainnya. Oleh karenanya perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak untuk mengembangkan lesson study di seluruh Indonesia agar semua pihak dapat merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  23. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Orang yang akan bisa belajar adalah orang mau dan ingin belajar, bukan orang yang mengejar gelar atau nama. Ketika seorang itu normal tetapi motivasi belajarnya rendah maka akan lebih baik hasilnya dengan orang yang berkebutuhan khusus tetapi motivasi belajarnya tinggi. Setiap orang berhak untuk belajar baik berkebutuhan khusus atau bagaimanapun keadaannya karena membatasi orang untuk melakukan kebaikan adalah bukan sifat orang yang bernurani. Penggunaan lesson study sangat baik supaya bisa dikaji dan ditinjau oleh banyak pihak sehingga selain jadi pelajaran bagi yang mengikuti juga sebagai pembuka pikiran karena bersifat terbuka

    ReplyDelete
  24. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Telah diatur dalam UUD 1945 pasal 31 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan, dari peraturan tersebut jelas bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara. Pennyelenggaran pendidikan tersebut bisa secara formal, informal, nonformal. penyelenggaraan formal melaui institusi sekolah. Melalui lembaga sekolah tersebut setiap anak mempelajarai ilmu pengetahuan dan nilai-nilai sikap agar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dan memiliki budi pekerti dan berakhlak mulia. Begitupun dengan anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini orang tua, pemerintah, guru dan pihak-pihak yang terkait harus bekerja sama dalam rangka menfasilitasi bagaimana pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus sehingga anak-anak tersebut tetap bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

    ReplyDelete
  25. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Begitupun dalam pembelajaran matematika sekolah dimana matematika-matematika adalah kegiatan siswa dalam menemukan hubungan-hubungan konsep bukan mempelajari definisi-definisi. Maka dari itu matematika sekolahpun tihak hanya dipelajari oleh anak-anak normal saja melainkan juga sangat penting untuk dipelajari anak berkebutuhan khusus melalui aktivitas/ kegiatan kegiatan menemukan pola pola atau hubungan -hubungan.

    ReplyDelete
  26. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi generasi muda bangsa Indonesia, sehingga dalam UUD 1945 tercantum bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, warga negara disini temasuk yang normal dan berkebutuhan khusus, sehingga anak anak tersebut akan tetap berkembang sesuai dengan kemampuannya masing masing.

    ReplyDelete
  27. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Artikel “Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)” sangat bermanfaat. Lesson Study dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa yang berkebutuhan khusus karena dengan Lesson Study tersebut dapat mengembangkan pembelajaran dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang selama ini diterapkan untuk siswa yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya Lesson Study tersebut selain bermanfaat bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus juga bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan profesionalismenya sebagai guru, meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswanya, menggali potensi siswa-siswanya, dan dapat melayani kebutuhan siswa dalam sumber dan media pembelajaran yang lebih cocok bagi siswa tersebut tanpa terkecuali siswa yang berkebutuhan khusus. Lesson Study merupakan solusi untuk menangani kesulitan dalam pembelajaran bagi siswa karena sesungguhnya anak yang berkebutuhan khusus itu juga memiliki potensi, bakat, dan kemampuan yang luar luar biasa bahkan ada juga yang melebihi kemampuan anak normal pada umumnya. Semoga dengan adanya Lesson Study dapat memperbaiki pendidikan anak berkebutuhan khusus dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama bagi siswa berkebutuhan khusus, guru perlu melakukan lesson study atau penelitian pendidikan sehingga menjadi guru yang inovatif, kreatif, dan berkualitas, serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kurikulumnya.

    ReplyDelete
  28. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Agar mutu pendidikan di Indonesia baik, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan dunia pendidikan secara utuh. Salah satunya yaitu untuk siswa berkebutuhan khusus. Adanya PLB di fakultas FIP UNY diharapakan dapat mencetak calon-calon pendidik yang bermutu dan berkualitas yang dapat menerapkan berbagai macam metode, strategi pembelajaran sehingga dapat mengembangan potensi-potensi siswanya.

    ReplyDelete
  29. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study bukan merupakan suatu metode, model, taktik/strategi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Akan tetapi, merupakan suatu upaya pembinaan dalam meningkatkan proses dan hasil dari suatu pembelajaran di kelas. Lesson study muncul sebagai solusi bagi proses pembelajaran di kelas yang selama ini dianggap kurang efektif. Lesson study dianggap sebagai upaya pembinaan bagi pendidik sehingga pendidik dapat mengetahui bagaimana siswa belajar dan guru mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  30. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pentingnya Lesson Study yang berkembang di negar-negara di dunia dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Apalagi dengan diadakannya Lesson Study disekolah-sekolah dapat dijadikan sebagai ajang evaluasi dan tolak ukur dari keprofesionlitasan guru dalam mengajar. Dalam hal ini guru dapat melakukan banyak pembelajaran, melakukan eksperimen dan juga observasi terhadap bagaimana cara mengajar guru di berbagai dunia yang selanjutnya menjadi inspirasi bagi guru untuk dapat membentuk pendidikan yang inovatif yang dapat diterapkan di kelas yang diajarkannya.

    ReplyDelete

  31. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tidak dapat disamakan dengan anak normal pada umumnya. Oleh karena itu, dengan adanya pelaksanaan lesson study dapat membantu guru untuk lebih mudah mengembangkan media ataupun metode pengajaran yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus tersebut, sehingga anak berkebutuhan khusus dapat mendapatkan fasilitas yang memadai dari guru untuk belajar matematika. Selain itu dengan adanya pelaksaanan lesson study pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif, sistematis, dan juga lebih efektif.

    ReplyDelete
  32. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi profesionalitas guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan mengikuti lesson study, guru dan praktisi pendidikan dapat melihat bagaimana cara orang lain mengajar serta dapat mengetahui kekurangan pribadi saat mengajar. Siswa berkebutuhan khusus belajar matematika memerlukan perhatian yang lebih, sehingga saya rasa lesson study siswa berkebutuhan khusus akan memberikan banyak manfaat, sehingga sebaiknya guru-guru mengikuti atau bahkan menyelenggarakan lesson study siswa berkebutuhan khusu belajar matematika.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Lesson study selain sebagai sistem pembelajaran, juga merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan lesson study, kita dapat mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan lebih mudah karena dibantu oleh tim. Sehingga pembelajaran yang akan datang dapat lebih ditingkatkan lagi.

    ReplyDelete
  34. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Semua warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, termasuk ABK (anak berkebutuhan khusus). Pendidikan ABK ini dilandasi kuat oleh UU No 20 Tahun 2003 tenntang sisdiknas pasal 32 ayat 1 dan 2.
    Lesson study merupakan usaha multi level untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Program ini telah dikembangkan Jepang ratusan tahun yg lalu dan saat ini telah mulai dikembangkan oleh negara-negara di dunia karena manfaatnya yang sangat membantu.

    ReplyDelete
  35. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Nah Lesson study sangat penting sebagai sarana berbagi pengetahuan, sarana belajar, dan sarana menambah pengalaman. Bagi guru untuk siswa normal saja Lesson study memiliki kedudukan yang penting, karena guru haruslah terus belajar, apalagi bagi guru dari anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan perhatian lebih, pelakuan khusus dll. Melalui Lesson study, guru daoat mrmperoleh banyak hal baru, masukan, inovasi, dan solusi jika terdapat masalah yang selama ini ada atau terjadi. Karena disini guru dituntut harus memahammi bagaiamaana memperlakukan anak anak tersebut sesuai dengan "kebutuhan khususnya".

    ReplyDelete
  36. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah bentuk pengembangan profesional jangka panjang di mana tim guru atau pemerhati pendidikan merencanakan, meneliti, dan mempelajari instruksi pelajaran sebagai cara untuk menentukan bagaimana siswa belajar dengan sebaik-baiknya. Sehingga untuk kedepannya dapat dihasilkan pemebelajarana yang baik serta mengatasi masalah yang ada. Sehingga pembelajaran akan mempunyai berbagai variasi menyesuaikan kondisi kelas. Tidak ada metode yang paling efektif. Karena suatu metode dilakukan untuk mengkomodasi proses konstruktivism dari subjeknya.

    ReplyDelete
  37. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa lesson study sudah sejak lama dikembangkan di Jepang. Bagi saya lesson study sendiri adalah hal baru yang saya temui di tingkat perguruan tinggi. Saya jadi semakin tertarik dengan lesson study yang dilakukan di Jepang. Terkait dengan pembelajaran yang dilakukan disana juga dengan lesson study sendiri yang menurut saya sangat bagus karena menjadi salah satu cara bagi para pendidik untuk terus memperbaiki cara mengajarnya. Seandainya hal itu diterapkan di Indonesia pastilah akan banyak guru yang dapat saling berbagi tentang cara dan metode pembelajaran yang mereka gunakan, sehingga setiap guru akan mendapat ilmu dan pengetahuan baru tentang pembelajaran untuk akhirnya dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang mereka lakukan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  38. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Saya sangat setuju dengan pendapat dalam tulisan tersebut, bahwa pembelajaran pada peserta didik dengan kebutuhan khusus sangat memerlukan pengembangan. Selain dari segi pendidikannya, siswa berkebutuhan khusus jelas membutuhkan pembelajaran yang khusus sehingga guru perlu benar-benar mengembangkan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa yang dihadapinya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  39. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Matematika pada anak berkebutuhakn khusus harus mampu disederhanakan oleh guru. Dengan begitu siswa tidak dikenalkan dengan matematika formal secara langsung namun menggunakan pendekatan secara horizontal. Siswa akan mampu untuk mengeksplorasi matematika secara langsung dan mengomunikasikan matematika dengan teman atau gurunya secara langsung. Pendekatan secara horizontal akan melatih intuisi anak untuk peka dengan kejadian-kejadian matematis dalam kehidupan mereka.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  40. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada dasarnya setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Guru yang mengajar matematika pada siswa berkebutuhan khusus tentunya harus memberikan perhatian yang lebih. Sehingga perlu adanya lesson study untuk meningkatkan kualitas dari guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya lesson study diharapkan akan membantu meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar, terutama kepada anak yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  41. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Besarnya manfaat dan peran Lesson Study dalam mengembangkan pembelajaran matematika di sekolah, maka dari itu perlu bagi pendidik untuk mempelajari dan memahami serta merealisasikan konsep Lesson Study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran matematika terutama untuk siswa berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  42. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Inovasi dan pembaharuan dalam pendidikan memang sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan menyasar pendidikan bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika. Siswa yang berkebutuhan khussus memerlukan perhatian lebih terkait dengan pembelajaran matematika yang dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang menangani pendidikan anak berlkebutuhan khuhsus untuk mendapatkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi mereka. Salah satu pembelajaran yang dirasa tepat untuk memfasilitasi anak berkebutuhan khusus dalam belajar matematika adalah dengan lesson study. Dengan lesson study ini diharapkan para siswa berkebutuhan khusus dapat memperoleh kesempatan yang lebih banyak dan lebih baik untuk dapat mengeksplor pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan baru tentang matematika.

    ReplyDelete
  43. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B 2017

    Selamat saya ucapkan kepada Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta. Saya turut senang saat ini sudah banyak yang memberikan perhatian yang lebih pada anak-anak yang berkebutuhan khusus khususnya di bidang pendidikan. Saya berharap adanya pembahasan pada Workshop dan Simposium Internasional terkait Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika mampu membantu siswa berkebutuhan khusus dalam belajar seperti siswa lain pada umumnya. Ini merupakan langkah maju dalam ranah pendidikan di Indonesia. Saya berharap lesson study juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  44. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Bagi para guru pendidik anak-anak berkebutuhan khusus, mengajarkan matematika dan penjas menjadi hal yang berat, sehingga pada tahap persiapannya akan difokuskan pada bagaimana menggarap lesson study yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kebutuhan masing-masing peserta didik. Bagaimana guru di berikan kesempatan dalam mempersiapkan pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada pemenuhan tujuan pembelajaran sekalipun anak memiliki keterbatasan. Tentunya kreatifitas dan inovasi dari guru yang sangat di perlukan.

    ReplyDelete
  45. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Lesson study adalah upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar seorang guru agar pembelajaran berjalan dengan efektif. Baik itu dalam penyampaian materi, pengelolaan kelas maupun dalam penilaian. Lesson study di universitas adalah hal yang sangat familiar khususnya universitas di bidang pendidikan. Dalam mata kuliah misalnya, kegiatan lesson study dilakukan oleh mahasiswa sebagai guru model dan mahasiswa lain yang berperan sebagai siswa. Guru model mempersiapkan lesson study mulai dari instrumen pembelajaran, mengajar, hingga assessment atau penilaian. Selama proses berlangsung mahasiswa yang lain serta dosen memperhatikan sekaligus menilai kelebihan dan kekuranannya. Kemudian mahasiswa yang lain serta dosen memberi masukan kepada guru model dan dilakukan diskusi atau tukar pikiran tentang bagaimana proses pembelajaran yang baik.
    Lesson study tidak hanya penting dalam pengembangan pembelajaran matematika di sekolah normal, kegiatan ini juga sangat penting dilakukan di sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus atau SLB. Di sekolah dengan anak-anak normal saja masih sulit untuk melakukan pembelajaran inovatif dan kreatif. Apalagi di sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus. Oleh sebab itu lesson study berperan penting dalam pengembangan pembelajaran matematika di SLB. Diharapkan siswa-siswa berkebutuhan khusus tersebut mendapatkan pembelajaran yang terbaik sehingga mampu bersaing dengan anak-anak normal. Sehingga pemerataan pendidikan benabenar dapat dirasakan.

    ReplyDelete
  46. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Unsur dasar lesson study adalah kerja sama. Kerja sama antar guru dalam mendiskusikan dan menentukan suatu model pembelajaran memang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, dibutuhkan rancangan-rancangan model pembelajaran yang juga khusus. Kesulitan tersendiri adalah ketika sekolah inklusif mencampurkan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak biasa lainnya. Guru harus menyediakan LKS yang berbeda-beda antara anak berkebutuhan khusus dan anak biasa lainnya. Saat mengerjakan soal-soal latihan, guru dapat berkeliling dan memantau sejauh mana masing-masing siswa dapat menyelesaikan persoalan yang diberikan. Guru harus memberikan perhatian dan waktu yang lebih pada anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  47. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Lesson Study merupakan mempelajari lesson atau mempelajari pembelajaran mulai dari perencanaan, material, proses dan evaluasinya. Dalam membelajarkan matematika ke siswa ABK memang diperlukan hal-hal khusus jika dibandingkan dengan siswa pada umumnya. Dengan lesson study memang sangat memungkinkan pada akhirnya akan didapat suatu model dan desain pembelajaran yang sesuai dengan siswa ABK, karena pada lesson study setiap pembelajaran akan dipelajari untuk dicari kekurangan dan kelebihannya untuk disempurnakan lagi dalam pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  48. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya mengucapkan selamat kepada program studi PLB Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Sejujurnya, semenjak saya menempuh pendidikan S1 di FIP UNY, saya menyadari betapa prodi PLB merupakan salah satu program studi yang luar biasa. Bagaimana tidak? Menurut saya, prodi tersebut secara formal dan profesional menaruh perhatian besar pada perkembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusu di Indonesia. Dikarenakan satu fakultas, dulu saya sering kali memperhatikan paraktik-prakti mahasiswa PLB, dan menarik, benar-benar menarik. Semoga melalui workshop dan symposium internasional terkait lesson study dalam pembelajaran matematika, dapat memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hidup Pendidikan Indonesia!

    ReplyDelete
  49. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingan bapak di atas, saya langsung teringat dengan salah satu siswa saya yang istimewa, dia istimewa karena berbeda dengan teman-temannya yang lain, karena keistimewaannya pula maka lesson study untuknya haruslah istimewa juga. Walaupun dia belajar di dalam kelas yang notabene adalah kelas biasa pada umumnya, saya sebagai guru membedakan perlakuan terhadap dia, (bukan diskriminasi dalam artian negatif), ini dikarenakan kebutuhan ananda yang berbeda pula. Tetapi saya sadari bahwa untuk membuat lesons studi untuk anak ABK tidaklah mudah. Saya harus mencari referensi yang berkaitan dengan hal tersebut serta sharing sesama guru yang memang mengajar disalah satu skolah berkebutuhan khusus. Harapan saya adalah pemerintah dapat memfasilitasi guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru dalam pelatihan lesson study untuk anak ABK.

    ReplyDelete
  50. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Selamat kepada Prodi PLB atas penyelenggaraan Workshop dan Simposium Internsional nya. Kegiatan yang sangat bermanfaat tentunya untuk mahasiswa PLB, tetapi dengan kegiatan tesebut di share di blog ini, saya sebagai orang yang tidak begitu paham bagaimana manangani anak yang berkebutuhan khusus menjadi sedikit mengetahui bagaimana perjuangan seorang guru menghadapi anak yang berkebutuhan khusus. Semoga dengan adanya kegiatan tersebut dapat mencetus pikiran-pikiran para generasi profesionalis untuk memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan untuk anak yang berkebutuhan khusus, dan berkembang tidak sebatas pada mata pelajaran matematika dan penjas adapted saja. Sukses selalu UNY.

    ReplyDelete
  51. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Saya ikut merasa senang jika ada inovasi baru terkait pembelajaran matematika yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.Sebagaimana yang telah disebutkan yaitu lesson study. Ini menjadi terobosan baru agar anak-anak yang berkebutuhan khusus mendapatkan hak yang sama di dalam pendidikan.Senada dengan bunyi undang-undang” setiap wargan negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.Melihat anak –anak yang berkebutuhan khusus saya ikut merasa iba. Ada yang hilang kepercayaan dirinya bahkan ada yang ingin bunuh diri hanya dikarenakan keaadaan dirinya yang tak secemerlang dengan teman-temannya yang lain.Dikucilkan oleh lingkungannya, dan teman-temannya.Mungkin dengan hadirnya metode atau pendekatan pembelajaran yang diperuntukkan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus dapat menghidupkan kembali semangat belajar anak-anak tersebut hingga anak-anak tersebut merasa diperlakukan sama dengan anak-anak yang lain.

    ReplyDelete
  52. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian serius ialah adanya perbedaan individual peserta didik. Terlebih dengan banyaknya siswa yang berkebutuhan khusus. Permasalahan ini perlu dicarikan solusinya agar masing-masing siswa mendapatkan haknya untuk belajar. Lesson study dapat menjadi sarana yang cocok dalam menemukan cara yang dapat ditempuh guru untuk dapat memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan itu memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan, dan sekaligus merefleksikan. Dengan adanya lesson study, guru-guru dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa termasuk siswa yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  53. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Lesson study merupakan ide yang sangat menarik untuk diterapkan. Dalam pelaksanaannya lesson study merupakan upaya yang dibangun secara kolaboratif dalam upaya membangun learning community yang sehat bagi pendidik. Selain itu, Lesson Study juga dapat menjadi sarana dialektis untuk membangun konsep pembelajaran yang lebih kontekstual. Tentu hal ini dapat menjadi jawaban atas persoalan pelik kebjiakan pendidikan kita yang cenderung politis dan sentralistik.

    ReplyDelete
  54. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Selamat kepada program studi pendidikan luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, yang telah menyelenggarakan workshop dengan tema lesson study untuk anak berkebutuhan khusus. ini menunjukkan bahwa masih banyak pihak-pihak yang tetap memperhatikan mereka. bahwa mereka adalah anak-anak yang spesial, bukan yang terbelakang. bahwa pendidikan mereka juga tetap harus diutamakan.

    ReplyDelete
  55. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Seorang guru harus diap ditempatkan dimana, kapan, dan siapa pun siswanya. Termasuk saat kita mengajar pada sekolah inklusif yang memungkinkan bertemu dengan anak berkebuuhan khusus. Hakikatnya semua siswa itu sama datang ke sekolah untuk belajar. Sehingga sebagai fasilitator guru harus menggunakan pelayanan yang sama dengan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang biasa. Guru yang belum memiliki pengalaman dalam melayani anak berkebutuhan khusus perlu mempelajari terlebih dahulu dengan mengikuti lesson study yang dapat membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah. Lesson Study membuat guru bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  56. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Menurut saya, lesson study ini sangat membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah karena para guru dapat bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson study ini juga akan membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. dengan bertukar informasi dari proses pembelajaran sampai denganproses belajar anak berkebutuhan khusus dengan berbagai tantangan yang ada akan membantu guru dalam menanggapi anak dengan tepat dan efisien sehingga anak berkebutuhan khusus pun dapat menikmati pembeljaaran dengan menyenangkan. lesson study banyak manfaatnya dari bertukar informasi dan pengetahuan dan juga saling bersilaturahmi dan bercerita tentang pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  57. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNY. Berdasarkan postingan tentang lesson study dan siswa berkebutuhan khusus belajar matematika menunjukkan bahwa pentingnya diadakan lesson study untuk mengetahui dan mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Selain itu guru juga dapat memperluas jaringan antar guru yang lain sehingga dapat bersama-sama berdiskusi untuk memajukan pendidikan.

    ReplyDelete
  58. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalmu'alaikum Wr. Wb

    Dengan adanya lesson study semoga para guru akan selalu termotivasi untuk dapat berusaha memperbaiki serta meningkatkan kekurangan yang ada didalam proses pembelajaran, sehingga deengan kegiatan lesson study ini dapat meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus. Karena selayaknya anak berkebutuhan khusus juga haruslah mendapatkan pendidikan yang bermutu sama halnya dengan pendidikan anak-anak yang normal lainnya.

    ReplyDelete
  59. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya mempunyai teman waktu pendidikan S1 dan sekarang beliau menjadi guru di lembaga HomeSchooling kak Seto dimana pada lembaga tersebut hampir seluruhnya adalah berisi anak-anak berkebutuhan khusus. Menurut beliau anak-anak tersebut bukanlah suatu objek yang harus dihindari dan dijauhi melainkan objek yang harus dibimbing dan dididik. Karena menurut beliau setiap anak yang berkebutuhan khusus memiliki suatu kelebihan sehingga aspek yang menjadi kelebihan anak tersebutlah yang harus dieksplor agar mereka mempunyai masa depan yang cerah seperti anak-anak normal pada umumnya.

    ReplyDelete
  60. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Pembelajaran matematika bagi siswa berkebutuhan khusus tentunya tidak sama dengan siswa lain pada umumnya. Dan capaian hasil belajarnya pun juga akan berbeda. Oleh karena itu, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tentunya lebih istimewa dibanding dengan kelas-kelas biasa. Mengingat pentingnya pengembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, seperti yang disebutkan dalam UU, maka dibutuhkan suatu strategi bagi guru untuk saling mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakannya.
    Lesson study pada dasarnya merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Dimana pada lesson study ini dikembangkan rasa kerja sama antar guru untuk saling mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran dan kemudian mengkomunikasikannya dalam forum. Oleh sebab itu, pelaksanaaan lesson study bagi siswa berkebutuhan khusus pada pembelajaran matematika sangat dibutuhkan agar terjadinya perbaikan pembelajaran.

    ReplyDelete
  61. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Lesson studymerupakan sarana yang baik untuk mengevaluasi secara bersama dalam kaitan mengajar di kelas. Dengan adanya lesson study, guru akan mengetahui kekurangan atau kelebihan ketika mengajar. Karena adanya evaluasi bersama di akhir dan didampingi dosen ahli, maka seperti diskusi antar teman dan tidak terkesan menggurui. Mungkin kiranya hasil dari lesson study bisa di bukukan sehingga bisa dipelajari oleh para guru, Semoga kedepan lesson study bisa menjadi sarana memperbaiki cara mengajar guru yang intensif dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

    ReplyDelete
  62. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Dalam membuat RPP maupun program pembelajaran lain, guru memang perlu melihat beberapa hal, seperti karakter mata pelajarannya dan karakteristik siswa yang dihadapinya. RPP atau program pembelajaran yang diterapkan kepada anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan RPP pada pembelajaran yang biasanya. Tujuan pembelajarannya sendiri tentu juga sudah berbeda. Sehingga workshop dan symposium ini perlu didukung dan terus dikembangkan guna memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus agar mendapatkan pendidikan yang selayaknya didapatkan.

    ReplyDelete
  63. Junianto
    17709251065
    PM C

    Peningkatan kualitas pendidik/ guru memang seharusnya terus ditingkatkan. Salah satu cara peningkatan kualitas guru adalah dengan metode lesson study. Lesson study merupakan salah satu cara peningkatan kualitas guru dengan cara guru yang sedang mengajar di observasi oleh beberapa guru yang lain. Hal ini bertujuan agar kemampuan guru dalam mengajar bisa diketahui dan dievaluasi. Dengan cara ini guru akan tahu seberapa jauh ktingkat keprofesionalannya dalam mengajar.

    ReplyDelete
  64. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Anak-anak yang berkebutuhan khusus tentu menemui hambatan dalam proses pembelajaran matematika karena secara langsung anak-anak berkebutuhan khusus sudah berkurang salah satu atau beberapa dari kemampuannya seperti anak-anak normal. Misalnya penelitian pada siswa disabilitas netra dimana dianalisis apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa tersebut sehingga dari kesulitan-kesulitan itu dapat kita temui solusinya. Misalnya dengan membuat penggaris braile agar siswa disabiitas netra juga dapat menggunakannya.

    ReplyDelete
  65. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah dengan lesson study. Seperti ulasan yang bapak tulis, poin penting dari lesson study adalah adanya kerja sama. Menurut saya adanya lesson study ini juga bisa dianggap sebagai wadah untuk diskusi yang berisi problematika dan kendala yang dihadapi guru dalam mengampu mata pelajaran matematika. Tidak hanya untuk siswa normal, bagi guru yang mengampu matam pelajaran matematika untuk siswa berkebutuhan khususpun dapat diterapkan lesson study ini. Untuk siswa berkebutuhan khusus akan diberikan penanganan berbeda pula dari seorang guru matematika. Pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus difokuskan pada kreativitas dan kegiatan sosial sehingga memberikan kesempatan bagi siswa tersebut untuk mengekplorasi dirinya.

    ReplyDelete
  66. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Selamat untuk prodi PLB yang menyelenggarakan iven internasional.
    Lesson study sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. Sebab dengan lesson study maka pembelajaran akan bervariasi dan inovatif. Pembelajaran tersebut sangat mempengaruhi motivasi dan minat siswa untuk belajar. Tidak hanya untuk anak berkebutuhan khusus saja, namun untuk semua siswa. Ini sangat menarik untuk diterapkan dalam mata pelajaran matematika sebab matematika yang dipandang matapelajaran yang sulit bagi siswa. Dengan pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa akan membuat sisea termotivasi dan berminat selama pembelajaran. Hal itu akan berdampak pada prestasi siswa di dalam mata pelajaran matematika. Pembelajaran yang inovatif tersebut tidak lain tidak bukan berlatarbelakang dari kemampuan guru didalam menciptakannya. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan lesson study dan sekiranya perlu memperhatikan mana yang akan ditingkatakan untuk memilih tingkatan lesson study.

    ReplyDelete
  67. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Lesson study adalah upaya dalam melakukan peningkatan pembelajaran, salah satunya pada siswa yang berkebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus pada pembelajaran membutuhkan perhatian yang lebih banyak, sehingga membutuhkan kurikulum yang khusus. Penyelenggaraan workshop merupakan salah satu usaha untuk mengenalkan supaya guru dari siswa yang berkebutuhan khusus dapat melaksanakan kurukulum yang lebih baik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  68. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Guru yang mengajar di SLB pasti memiliki tantangan tersendiri dalam melakukan pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Ya, karena saya belum terlalu mengenal lebih dalam bagaimana proses pembelajaran di SLB. Tetapi dengan adanya Lesson study berarti sudah ada usaha dalam pembelajaran untuk melakukan inovasi yang kreatif yang digunakan khusus untuk anak yang berkebutuhan khusus. Karena hal ini jelas menjadi sesuatu tantang besar. Karena semua mengetahui bahwa matematika di sekolah biasa pun harus dilakukan proses pembelajaran yang benar dan sesuai, apalagi di sekolah yang luar biasa? Workshop seperti ini sangat diperlukan bagi para pendidik maupun calon pendidik untuk lebih melebarkan sayap sayapnya di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  69. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Ketertarikan saya untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa Luar Biasa sangatlah besar. Karena ketika kita mengajar siswa luar biasa, ada semanat yang khusus dan lebih daripada ketika mengajar siswa yang normal. Dalam memberikan pembelajaran bagi siswa yang berkebutuhan khusus, tidak bisa kita samakan dengan siswa yang normal. Contohnya adalah LKS dengan huruf braile. Disini, ketelitian kita sebagai pengembang bahan ajar dengan huruf Braile. Ketiika salah sedikit saja, sya yakin akan memberikan miskonsepsi kepada pembaca. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk mengerti bagaimana siswa belajar matematika khususnya mereka siswa dengan kebutuhan khusus. Semoga suatu saat keinginan ini dapat terrealisaikan. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Hal ini merupakan prestasi yang sangat perlu kita apresiasi. Melalui lesson study yang digunakan dalam pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menunjukan bahwa lesson study merupakan cara yang dirasa tepat untuk membelajarkan matematika khususnya. Keberadaan lessom study merupakan inovasi pembelajaran yang dirasa sangat mampu menjawab untuk permasalahan pembelajaran sekarang dan masa yang akan datang. Harapanya tidak puas dengan prestasi itu saja, semoga kedepannya masih bisa meraih prestasi-prestasi yang lain terkait dengan pembelajaran matematika khususnya. Selain untuk membuka cakrawala, semoga juga semakin meningkatkan inovasi dalam pembelajaran yang lain dalam rangka mewujudkan pembelajar yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  72. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Anak-anak berkebutuhan khusus tentunya membutuhkan metode pengajaran yang bersifat khusus pula. Namun di dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus, apapun metode khusus yang akan anda terapkan ada satu hal yang harus selalu ada dalam diri pendidik, apakah itu, yakni sikap dan sifat sabar. Apapun metode dan strategi yang akan diterapkan, kalau tidak sabar dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, maka ilmu yang kita berikan hanya akan menjadi sambi lalu saja. Anak yang berkebutuhan khusus tentunya perlu diberi ruang dan waktu yang lebih dalam memahami suatu konsep.

    ReplyDelete
  73. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Berdasarkan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa lesson study sangat bermanfaat dalam perkambangan pendidikan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih inovatif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesoon study dilakukan oleh guru atau beberapa guru. Dengan dilakukannya lesson study diharapkan guru mampu mewujudkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga nantinya dihasilkan siswa yang tidak hanya mendapatkan nilai bagus saja namun juga siswa yang benar-benar mengerti.

    ReplyDelete
  74. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru tentu memiliki metode atau pendekatan yang berbeda ketika mengajarkan matematika terhadap anak berkebutuhan khusus. Tidak semua guru memiliki kemampuan atau ketrampilan untuk mengajar anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu saya mengusulkan kalau salah satu mata kuliah baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana memuat mata kuliah tentang pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Kalaupun tidak bisa, perlu dibuatnya suatu pelatihan atau workshop untuk guru matematika mengenai cara mengajar anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  75. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Jugyo Sinkekyu/ lesson study ternyata tidak hanya dapat diterapkan Pada matemtika, namun pada pendidikan luar biasa pula. Lesson Study membantu guru-guru siswa berkebutuhan kusus untuk mengevaluasi kekurangan apa yang dilakukan agar tidak dilakukakn lagi di masa mendatang. Selain itu guru pun akan merasa lebih terbantu dengan adanya evaluator. Salut pada PLB UNY yang mulai mengembangkan lesson study di sekolah berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  76. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saya ingat pembelajaran filsafat ilmu adalah segala sesuatu disesuaikan dengan ruang dan waktunya. Sama halnya dengan pengajaran. Tentu saja pengajaran anak yang biasa dengan anak yang berkebuthan khusus pasti terdapat perbedaan. Apalagi sekarang marak sekolah inklusif di Indonesia dimana siswa berkebutuhan khusus dan siswa biasa dapat bercampur baur. Dalam menerapkan pembelajaran guru yang menjadi fasilitator harus memfasilitasi baik siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus secara adil agar tidak terjadi rasa ketidak adilan dari masinng-masing siswa yang akan berdampak pada psikologis mereka.

    ReplyDelete
  77. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saya pernah memiliki pengalaman untuk merasakan proses belajar mengajar di sebuah sekolah inklusi. Pengalaman tersebut saya dapatkan saat melakukan kegiatan PPL. Saya merasa prihatin dengan kondisi ABK di sekolah inklusi, karena saat proses pembelajaran matematika mereka diperlakukan sama dengan anak yang lainnya. ABK di sekolah inklusi tempat saya PPL ini ada beberapa macam ABK seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna netra dan autis. Guru matematika di sekolah tersebut tidak dapat berbuat banyak karena mereka belum memiliki kompetensi untuk membimbing siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu fasilitas, yang diberikanpun masih ada keterbatasan. Seperti modul soal dan buku braile belum tersedia, sehingga waktu ujian matematika siswa tuna netra harus dibacakan soal ujiannya. Semoga adanya sekolah inklusi yang memiliki tujuan baik untuk memberikan kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan tidak menjadi bumerang bagi para siswa. Selain itu dengan adanya lesson study ini semoga dapat membantu guru untuk memahamkan matematika kepada siswa ABK. Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Menurut pendapat saya, Aktivitas Lesson Study sangatlah bermanfaat demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Lesson study yang telah banyak dijalankan bagi siswa-siswa di sekolah umum ini sangatlah penting juga dilaksanakan bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Karena penting bagi mereka untuk merasakan program yang sama dengan sekolah umum selama hal itu memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di negara kita.

    Lesson Study ini terdiri dari tiga tahap, Plan, Do, and See. Plan adalah tahap dimana guru bekerja dalam grup dan membuat RPP, dimana mereka merencanakan jenis pembelajaran, metode, strategi, dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk melaksanakan Lesson study tersebut. Do adalah tahap ketika mereka melaksanakan Lesson Study tersebut, dengan satu guru berperan sebagai guru model dan guru lainnya berperan sebagai guru bantu. Sedangkan tahap terakhir adalah See, ini adalah tahap refleksi, tahap dimana mereka mengulas kembali dan mendiskusikan hal-hal yang merupakan kelebihan dan kekurangan mereka agar menjadi catatan untuk dapat meningkatkan lagi kinerja mereka di masa depan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  79. Junianto
    PM C

    Lesson study ini sangat bermanfaat bagi peningkatan keprofesionalan guru dalam mendampingi siswa belajar. Guru juga dapat saling bertukar informasi terkait bagaimana membelajarkan siswa di kelas terutama masukan untuk guru yang dievaluasi. Metode lesson study jika dilakukan secara rutin maka kualitas guru akan semakin meningkat karena terus mendapatkan koreksi dan evaluasi. Permasalahan yang ada dalam pembelajaran juga bisa saling didskusikan untuk kemudian dicari solusinya bersama.

    ReplyDelete
  80. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menurut saya lesson study adalah suatu sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Pada saat mengajar siswa yang berkebutuhan khusus tentunya guru harus menyampaikan dengan cara yang khusus pula. Disinilah profesionalitas guru dibutuhkan. Lesson study diperlukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran berikutnya dan tujuan secara umumnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  81. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Lesson study merupakan suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran di kelas nyata yang dilakukan oleh sekelompok guru secara berkolaborasi dalam waktu lama dan terus menerus untuk meningkatkan keprofesionalannya. Dalam pelaksanaannya plaksanaannya lesson study dibedakan menjadi 2, yaitu lesson study berbasis sekolah dan yaitu lesson study berbasis MGMP yaitu lesson study yang dilaksanakan oleh sekelompokkan. Namun model pembelajaran lesson study berbasis MGMP yaitu lesson study yang dilaksanakan oleh sekelompok guru mata pelajaran bagi guru-guru muda. Dan pendalaman kajian tentang proses pada mata pelajaran tertentu yang dapat dilaksanakan pada tingkat wilayah/kabupaten atau mungkin bisa diperluas lagi.

    ReplyDelete
  82. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Di Indonesia khususnya masih banya anak-anak yang berkebutuhan khusus atau memiliki kekurangan namun tidak memiliki kesempatan untuk belajar seperti anak normal lainya. Dari hal ini kita perlu belajar dari negara Jepang yang mana disana terdapat anak-anak berkebutuhan khusus yang lebih dianggap oleh pemerintah dan juga orang-orang disekitarnya.

    ReplyDelete
  83. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Lesson Study merupakan suatu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh para guru secara berkelanjutan. Guru akan dibekali dan dilatih untuk menjadi pendidik yang profesional. Lesson Study akan menambah pemahaman guru tentang tentang siswanya tentang cara mengajarnya. Dalam hubungannya dengan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus, kegiatan Lesson Study juga sangatlah penting. Guru akan lebih memahami karakter dan sifat siswa yang berkebutuhan khusus karena di dalam Lesson Study para guru akan saling berdiskusi dan berbagi pengalaman masing.masing serta melakukan observasi untuk memecahkan masalah pembelajaran sebelumnya. Dengan begitu guru akan siap untuk menghadapi pembelajaran-pembelajaran yang akan ia lakukan di sekolahnya. Jadi Lesson Study perlu dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  84. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi profesionalitas guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan mengikuti lesson study, guru dan praktisi pendidikan dapat melihat bagaimana cara orang lain mengajar serta dapat mengetahui kekurangan pribadi saat mengajar. Siswa berkebutuhan khusus belajar matematika memerlukan perhatian yang lebih, sehingga saya rasa lesson study siswa berkebutuhan khusus akan memberikan banyak manfaat, sehingga sebaiknya guru-guru mengikuti atau bahkan menyelenggarakan lesson study siswa berkebutuhan khusu belajar matematika

    ReplyDelete

  85. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Kegiatan lesson akan menjadi ajang saling berdiskusi antar guru dari berbagai sekolah bahkan berbagai daerah. Hal ini dapat berkontribusi pada upaya peningkatan profesionalisme guru dalam hal menyusun kegiatan belajar mengajar. Tidak bisa dipungkiri ada beberapa kasus tentang hilangnya idealisme seorang guru setelah lulus dari perguruan tinggi dan berkecimpung di dunia kerja. Maka dengan adanya kegiatan lesson study harapannya akan menjaga kualitas dan meningkatkannya.

    ReplyDelete
  86. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa yang memiliki kebutuhan khusus tentu perlu perhatian yang khusus juga. Dengan adanya lesson study diharapkan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran terutama pembelajaran matematika yang tepat untuk siswa yng dapat memenuhi kebutuhan belajar matematika siswa. Setiap siswa terlebih yang memiliki kebutuhan khusu pasti memiliki karakter yang berbeda, diharapkan dengan lesson study guru lebih dapat memahami karakter dari masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  87. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Walaupun jumlahnya minoritas, pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus tidak boleh diremehkan. Keberadaan mereka yang sangat spesial seharusnya juga mendapatkan perhatian yang spesial khususnya di dunia pendidikan. Jika mendesain pembelajaran untuk kelas biasa saja memancing perdebatan yang luar biasa, maka dalam mendesain pembelajaran untuk siswa spesial tentunya akan lebih menarik dan perlu mendapat fokus yang lebih pula. Kita tidak bisa menganggap penanganan yang sama dengan kelas biasa mengingat setiap siswa berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan-kebutuhan dan hal istimewa yang berbeda-beda setiap orangnya. Melalui lesson study, diharapkan sebuah kolaborasi dari beberapa guru, guru dengan dosen, atau dengan pihak terkait lainnya akan menghasilkan proses dan outcome yang positif.

    ReplyDelete
  88. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terselenggaranya kegiatan workshop dan symposium pada program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) merupakan suatu pencapaian yang luar biasa karena dengan adanya kegiatan tersebut memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar lebih dekat dengan teman yang diangkat yakni lesson study. Tidak semua orang tahu dan memahami tentang program lesson studi, oleh karena itu dnegan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan gambaran secara nyata tentang keterlaksanaan lesson studi itu sendiri. Hal ini dapat juga menjadi motivasi dan acuan bagi program studi lain untuk memberikan informasi dan layanan terkait program lesson studi pada prodinya masing-masing. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  89. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Siswa berkebutuhan khusus merupakan siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam pemebelajaran. Tidak hanya mata pelajaran matematika namun juga mata pelajaran yang lainnya. Maka dari itu dari artikel diatas dikatakan bahwa lesson studi digunakan untuk mmendiskusikan pesiapan pembelajajaran pelaksanaan dan perefleksian yang perlu diketahui oelh guru.

    ReplyDelete
  90. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebagaimana yang kita ketahui, dunia pendidikan mmemiliki banyak sekali hal-hal yang menjadi penghambat berlangsungnya pendidikan itu sendiri. Banyak hal yang harus dipehatikan guru, sebagai orang yang langsung berhadapan dengan siswa, agar suatu proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan siswa dapat paham apa yang ia pelajari. Media, metode pembelajaran dan yang lain harus bisa sesuai dengan karakter dan keadaan psikologis siswa. Tujuannya adalah agar siswa tersebut dapat terlayani dengan baik, tak terkecuali siswa dengan kebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  91. Alhamdulillah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerintah Indonesia telah mulai memperhatikan pendidikan bagi anak dengan berkebutuhan khusus. Walaupun standar pendidikan bagi anak normal dan berkebutuhan khusus berbeda namun mereka sama-sama bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masing-masing siswa dengan target yang telah ditetapkan. Kita tidak boleh mendeskriminasi siswa dengan kebutuhan khusus, karena sudah banyak bukti nyata tentang siswa dengan berkebutuhan khusus yang memiliki prestasi akademik.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  92. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Di Jepang, lesson study sudah menjadi sesuatu yang sangat berpangaruh dalam peningkatan profesionalisme guru. Dengan adanya lesson study, guru akan mendapat koreksi akan kinerjanya dan semua hal tersebut tentunya akan memberbaiki kinerja guru yang akan berakibat pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

    Apalagi mengingat kebutuhan siswa berkebutuhan khusus yang tentunya berbeda dari siswa pada umumnya.Guru SLB harus memenuhi kualifikasi khusus agar mampu memberi fasilitas pada siswa SLB. Maka dari itu, memang lesson study sangat diperlukan apalagi untuk mengkaji kinerja guru SLB.

    ReplyDelete
  93. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Mengajar di Seklah Luar Biasa membutuhkan teknik-teknik pengajaran yang jelas berbeda dengan Sekolah Umum. Fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus juga menjadi poin penting dalam pembelajaran. Guru-guru yang mengajar di SLB memerlukan kompetensi yang mumpuni dan model pembelajaran yang dipilih harus tepat. Diskusi antarguru dalam lesson study juga dapat membantu mereka untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat serta sharing-sharing pengalaman atau ide-ide.

    ReplyDelete
  94. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pendidikan adalah hak setiap anak, maka pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus pun tidak boleh diabaikan. Pendidik di sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus harus bekerja lebih ekstra lagi dibandingkan dengan pendidikan di sekolah formal biasa. Pendidik harus benar-benar menciptakan pbm yang selain memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan berpikirnya, juga harus menunjang kebutuhan untuk belajar siswa yang lainnya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  95. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus tidak melunturkan semangat wajib belajar untuk mengenyam pendidikan, merupakan hal yang patut disokong oleh para guru maupun civitas pendidikan lainnya. Memiliki keterbatasan dalam fisik maupun mental, bukanmenjadi alasan bagi mereka yang sungguh-sungguh ingin mendapat pendidikan. Maka tugas guru dalam pembelajaran akan dituntut lebih dan tidak seperti guru-guru yang mengajar di sekolah pada umumnya. Guru yang mengajar pada siswa yang berkebutuhan khusus adalah guru yang harus mampu memenuhi kebutuhan para siswa, dan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

    ReplyDelete
  96. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Lesson study dapat membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah. Lesson Study membuat guru bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  97. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Lesson study tak ubagnya sebagai rancangan kurikulum yang khusus bagi pengguna maupun situasi yang khusus. Seorang siswa berkebutuhan khusus tidak dapat belajar sama dengan temannya atau sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah. Mereka memiliki zona perkembangan yang berbeda dan membutuhkan scaffolding yang berbeda pula, maka pengembangan dan pemberdayaan learning trayektori bangi siswa-siswa berkebutuhan khusus penting adanya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  98. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Bahkan bagi siswa-siswa yang berkebutuhan khusus harusnya mereka mendapatkan SSP yang berbeda pula, terlebih lagi ABK yang berada di sekolah inklusi bukan sekolah luar biasa. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang di dalamnya terdapat kemajemukan kemampuan siswanya. Dalam konteks yang demikian makan siswa ABK sah-sah saja mendapatkan SSP mereka sendiri sesuai kemampuan dan kebutuhan mereka. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  99. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Setiap dunia pendidikan, baik pendidikan matematika maupun pendidikan anak berkebutuhan khusus ataupun pendidikan lainnya pasti mengharapkan suatu pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif agar profesionalitas pendidikan dapat meningkat dan semakin maju. Memang tidak mudah untuk merancang suatu pendidikan yang inovatif, akan tetapi kita tidak boleh putus asa dan harus tetap berusaha agar apa yang dicita-citakan dalam dunia pendidikan tercapai sehingga kecerdasan bangsa juga terwujud.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  100. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pendidikan tidak hanya hak bagi orang-orang yang normal saja, namun semua bangsa Indonesia berhak untuk memperoleh pendidikan tanpa terkecuali. Begitupula pada siswa yang berkebutuhan khusus, siswa tersebut berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang sama seperti yang lainnya. Pemerintah dan penggerak di bidang pendidikan setiap tahunnya melakukan perbaikan dan inovasi dalam dunia pendidikan. Salah satunya dengan melakukan lesson study, dengan melakukan lesson study ini diharapkan siswa yang berkebutuhan khusus memiliki perhatian khusus dalam pendidikannya, serta mampu meningkatkan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  101. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sejatinya, setiap manusia dilahirkan berbeda. Begitu juga dengan anak berkemampuan khusus. Meski sebagian orang menilainya aneh dan berbeda, namun nyatanya mereka sangat spesial. Sudah banyak ditemui anak berkemampuan khusus yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dibandingkan dengan anak lainnya. jika diamati, dibalik kesuksesan mereka tersebut karena pengaruh orang tua atau guru yang dengan gigih dan sabarnya menuntun mereka untuk memahami, belajar dan bertahan.

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  103. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1- Pendidikan matematika A 2015

    Lesson study sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan, karena dengan adanya lesson study bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, maupun media pembelajaran. Oleh karena itu sangat baik apabila terdapat kegiatan lesson study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus yang memberikan harapkan layanan pendidikan matematika untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif karena seperti yang kita tahu adanya sekolah inklusi.

    ReplyDelete
  104. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Sebelumnya selamat kepada jurusan PLB FIP UNY, even yang sangat luar biasa. Lesson study merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekolompok guru. Saya sangat mengapresiasi, karena lesson study yang dilakukan kali ini dikhusukan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan lesson study diperuntukkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus diharapkan pembelajaran matematika bagi anak-anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif.







    ReplyDelete
  105. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Mendidik siswa berkebutuhan khusus tentunya memberikan tantangan yang lebih besar bagi para pendidik dibandingkan dengan mendidik siswa pada umumnya. Seperti namanya, siswa berkebutuhan khusus membutuhkan perlakuan yang khusus dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengingat siswa berkebutuhan khusus memiliki keterbatasan dalam beberapa faktor yang membuat mereka tidak dapat mengoptimalkan seluruh inderanya dalam penerimaan informasi. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar dapat memfasilitasi siswa-siswa tersebut agar dapat menerima informasi yang akan kita berikan secara maksimal. Workshop dan simposium dengan tema Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus tersebut saya rasa sangat menarik. Karena dengan melakukan lesson study diharapkan dapat menjadi salah satu sarana bagi guru untuk menambah wawasan dan kreativitasnya untuk menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa-siswa berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  106. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Pendidikan anak berkebutuhan khusus tidak bisa disamakan dengan pendidikan anak secara umum. Anak berkebutuhan khusus perlu adanya pendidikan yang pelaksanaannya sesuai dengan kemampuan mereka. walaupun ada perbedaan diantara mereka dengan siswa secara umumnya, tetapi mereka tetap memiliki hak yang sama untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Dengan hal ini, perlu adanya lesson study yang sekiranya mampu untuk memfasilitasi teman-teman kita yang memiliki kebutuhan khusus yang sekiranya tepat bagi kemampuan mereka. lesson study tersebut perlu diperhatikan karena sebagai lesson study adalah item yang digunakan sebagai acuan persiapan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Dengan menggunakan lesson study yang tepat, maka teman-teman kita yang memiliki kebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk mengembangkan kualitas pendidikannya

    ReplyDelete
  107. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2105

    Salah satu metode dalam pembelajaran adalah Lesson Study. Pelaksanaan lesson study ini sangat beragam tergantung dari tujuan apa yang ingin dicapai. Manfaat dari lesson study ini adalah dapat meningkatkan kerjasama. Dengan metode diskusi, lesson study dapat meningkatkan critical thinking. Lesson study merupakan salah satu fasilitas untuk mencapai pembelajaran bermakna tidak terkecuali untuk siswa berkebutuhan khusus karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk diterima.

    ReplyDelete
  108. Assalamualaium penulis....narasi yang disajikan oleh penulis sangatlah terinci dan terarah....hingga pada satu paragraf yang membuat saya tertarik yaitu tentang bagaimana mengajarkan matematuka pada PDBK (ABK).....yang saya tanyakan adalah....bolehkan sy mendapatkan rujukan yang jelas buku/ jurnal/ hasil penelitian terkait dengan kutipan penulis tentang "Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.....untuk keperlua literatur tersebut...bisa kami mendapatkan dari penulis? terima kasih atas semua karyanya....

    ReplyDelete