Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

68 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus maka diperlukan perhatian yang lebih maka guru harus melakukan pengembangan pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan demikian perlunya lesson study dapat digunakan untuk memperoleh pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus agar siswa dapat mencari pola atau hubungan antar konsep, guru melakukan kegiatan investigasi sesuai kemampuan siswa, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika dan dapat mengkomunikasikan hasil pekerjaanya kepada orang lain secara lisan maupun tertulis. Dengan demikian guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus diperlukan ekstra pengetahuan dan kesabaran dalam melayani siswa di dalam kelas.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk mendapatkan pendidikan adalah hak semua warga negara, tanpa pandang SARA, maupun bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Maka untuk memberikan pendidikan kepada mereka yang berkebutuhan khusus maka diperlukan keahlian khusus. Maka untuk mendapatkan keahlian khusus bagi pengajar maupun calon pengajar untuk siswa yang berkebutuhan khusus maka memang harus diadakan lesson study sebagai wahana untuk saling bertukar informasi. Sehingga siswa yang berkebutuhan khusus ini dapat secara maksimal menimba ilmu dengan pengajar-pengajar yang handal dan berpengalaman baik secara teori maupun praktek.

    ReplyDelete
  3. Lesson Study dikembangkan oleh bangsa jepang untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusianya melalui sekolah dan pendidikan. Lesson Study dikembangkan untuk semua pendidikan untuk yang normal atau berkebutuhan khusus dari tingkat dasar sampai tinggi. Jepang telah mempunyai konsensus bahwa peningkatan pendidikan dilakukan melalui kegiatan Lesson Study. Indonesia selama ini selalu meniru atau mengadopsi pendidikan yang dilakukan oleh negara-negara yang telah maju. Pendidikan Indonesia akhirnya akan dibawa sesuai dengan kebiajakan pemerintah yang orangnya telah mengenyam pendidikan di suatu negera tertentu. jika pemerintahnya berganti akhirnya sistem pendidikannya berganti. Indonesia belum mempunyai sistem pendidikan yang sesuai dengan jati diri bangsanya. Mudah mudahan dari pembelajaran ke negara-negara maju dapat diciptakan pendidikan yang benar-benar untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia Indonnesia. Bukan sistem pendidikan yang diimpor berdasarkan kerjasama dan bantuan finansial di dalamnya.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Lesson study tidak hanya memperhatikan pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau satu pokok bahasan saja, melainkan bagaimana membelajarkan satu unit materi pokok dan bahkan bidang studi, dan juga memperhatikan perkembangan siswa dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson Study merupakan suatu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh para guru secara berkelanjutan guru akan dibekali dan dilatih untuk menjadi pendidik yang profesional. Lesson Study dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa yang berkebutuhan khusus karena dengan Lesson Study tersebut dapat mengembangkan pembelajaran dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang selama ini diterapkan untuk siswa yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sesuai yang telah dibahas sebelumnya Lesson study adalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, di mana seorang guru dapat menimbah pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  7. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Lesson study dapat dilakukan untuk mata pelajaran apa pun di pendidikan formal hingga pendidikan luar biasa. Matematika sangat dibutuhkan bagi anak berkebutuhan khusus. Karena dalam kehidupan sehari – hari banyak menggunakan matematika dalam bentuk sederhana. Oleh karena itu guru berperan sangat penting dalam pembelajaran. Untuk menciptakan guru yang berkualitas diperlukan inovasi dan evaluasi. Cara yang paling efektif yang ditempuh adalah melalui lesson study, tanpa menggurui namun dengan cara berbagi informasi dan pengalaman dari guru oleh guru. Tujuannya yang dicapai hanyalah satu, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Menurut pendapat saya, Aktivitas Lesson Study sangatlah bermanfaat demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Lesson study yang telah banyak dijalankan bagi siswa-siswa di sekolah umum ini sangatlah penting juga dilaksanakan bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Karena penting bagi mereka untuk merasakan program yang sama dengan sekolah umum selama hal itu memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di negara kita.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson Study ini terdiri dari tiga tahap, Plan, Do, and See. Plan adalah tahap dimana guru bekerja dalam grup dan membuat RPP, dimana mereka merencanakan jenis pembelajaran, metode, strategi, dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk melaksanakan Lesson study tersebut. Do adalah tahap ketika mereka melaksanakan Lesson Study tersebut, dengan satu guru berperan sebagai guru model dan guru lainnya berperan sebagai guru bantu. Sedangkan tahap terakhir adalah See, ini adalah tahap refleksi, tahap dimana mereka mengulas kembali dan mendiskusikan hal-hal yang merupakan kelebihan dan kekurangan mereka agar menjadi catatan untuk dapat meningkatkan lagi kinerja mereka di masa depan.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Lesson study bagi guru mengajar siswa berkebutuhan khusus memang perlu. Hal ini agar terdapat suatu forum yang membahas lebih fokus apa-apa saya yang dibutuhkan dan strategi yang tepat untuk mengajar para siswa berkebutuhan khusus, khususnya dalam pelajaran matematika. Jangankan siswa berkebutuhan khusus, bagi siswa normal tanpa suatu kurang apapun untuk menerapkan pembelajaran yang baik bagi mereka tetap dibutuhkan lesson study, terlebih bagi siswa berkebutuhan khusus ini. Dalam matematika, perlu dipikirkan metode mengajar seperi apa yang digunakan, media pembelajran, menjelaskan berbagai simbol matematika dan sebagainya.

    ReplyDelete
  11. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Lesson study merupakan suatu pedenkatan multi level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Unsur dasar lesson study adalah kerja sama, baik kerja sama sesame guru, guru dengan dosen, maupun antar instansi pendidikan. Lesson study memiliki berbagai manfaat seperti dapat meningkatkan profesionalisme guru, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dapat mengembangkan potensi dan memfasilitasi belajar, dsb.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Lesson Study menggunakan pendekatan multi level guna memperbaiki kualitas pembelajaran yang telah terjadi. Lesson Study lebih mengedepankan kerjasama dalam sekolah tersebut terjalin, seperti guru dengan sesama guru, guru dengan kepala sekolah dan dengan lembaga sekolah tersebut. Dengan kerjasama akan meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran dan lain sebagainya. Matematika sekolah juga merupakan untuk anak kebutuhan khusus, permasalahan yang dihadapinya pun tidak sedikit. Pengalaman saya menjadi guru pendamping ABK di sekolah inklusi pada saat pembelajaran matematika, guru harus pelan-pelan mengajarkan materi matematika, karena anak akan membayangkan terlebih dahulu sebelum dapat mengolah informasi tersebut.

    ReplyDelete
  13. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Menjadi guru untuk anak berkebutuhan khusus adalah sebuah penghargaan. Kita menyadari bahwa setiap orang itu istimewa dan berhak untuk memperoleh pendidikan tidak terkecuali untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Tetapi, beberapa hal yang penting yaitu bahwa guru untuk anak berkebutuhan khusus sedikit berbeda, jadi mereka harus mensiapkan metode yang cocok dengan karakter anak didik mereka. Salah satu metode yang digunakan yaitu Lesson Study. Artikel di atas mendeskripsikan tentang lesson study untuk matematika yang membuat guru dan peserta didik lebih kreatif dan aktif. Lesson study dapat membantu guru meningkatkan kemampuan mengajar mereka untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Sehingga tujuan dari pembelajaran dapat dicapai.

    ReplyDelete
  14. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson study untuk anak berkebutuhan khusus merupakan hal yang baik, hal ini bisa digunakan oleh guru lain sebagai acuan untuk mengajarkan pada anak kebutuhan khusus. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki keunikan, kelebihan, serta memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri dalam belajar. Hal ini bisa digunakan sebagai langkah awal untuk memajukan pendidikan anak yang memiliki kebutuhan khusus agar lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Lesson study dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi persoalan pendidikan saat ini. siswa berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan khusus dalam belajar. Mendampingi juga perlu dengan kesabaran. Siswa yang berkebutuhan khusus dalam belajar matematika mungkin dikarenakan dalam menerima informasi yang disampaikan lebih lambat dibanding dengan teman yang lainnya. Maka diperlukan strategi mengajar yang tepat dari guru agar siswa berkebutuhan khusus tersebut dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam kuliah Rabu, 02 November 2016 , professor Maitree memaparkan mengenai “Research Issue” yang ada dalam dunia Pendidikan Matematika. Beliau memulai kuliah ini dengan memutar sebuah video proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang professor di Jepang. Profesor ini bernama Yamamoto (Yamamoto Sensei). Dalam Video itu Yamamoto Sensei menggajar matematika pada 40 siswa kelas satu SD di jepang. Hal menarik yang beliau katakan mengenai Lesson Study adalah sebagai berikut
    “Mengajar yang baik adalah membuat pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran yang bermakna dan menarik bagi siswa. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menghubungkan kelas dengan dunia nyata. Bagaimana cara menghubungkannya? Jawaban pertayaan ini akan kita dapat apabila kita mengenal siapa siswa kita, bagaiman karakter mereka dan cara berpikir mereka. Karena itulah penting bagi seorang guru menjadikan Lesson study sebagai gaya hidupnya.”

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru. Pelaksanaan lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan untuk memaksimalkan peran guru dalam memfasilitasi anak membangun pengetahuannya. Lesson study juga sangat penting dilakukan untuk anak berkebutuhan khusus. Hal ini karena bisa digunakan sebagai acuan guru lain dalam mengajar pada anak berkebutuhan khusus. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki perbedaan, keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam kegiatan belajar. Sehingga lesson study bisa digunakan sebagai langkah awal dalam usaha untuk memajukan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Beragamnya siswa siswa kita dan aberagamnya kemamapuan manusia yanga hidup di dunia ini maka kita juga harus ememntingkan adanay pendidikan luar biasa, yanag mana dalam hal demikian kita mengajar siswa yang mempunya kebutuhan khsuus yang kebutuhan itu sangat berbeda dengan kebutuhan manusia yang lainnnya. Dengan demikian orang yang mempunyai kebutuhan khusus juga mempunya grade yang sama dengan orang yang biasa biasa saja.

    ReplyDelete
  19. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan untuk menggali potensi yang dimilikinya tak terkecuali anak yang berkebutuhan khusus. Kegiatan lesson study adalah upaya untuk membiasakan guru dalam melakukan proses pembelajaran secara terencana dan sistematis. Adanya lesson study, maka guru telah menanamkan pondasi belajar pada anak yang berkebutuhan khusus, untuk termotivasi dalam hal belajar.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Profesionalitas memang masih menjadi sorotan, terutama dalam dunia pendidikan. Anak berkebutuhan khusus emang memerlukan pengkhususan pula dalam pembealaran, meliputi kurikulumnya, silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran nya. Misalnya saja untuk anak tuna netra, maka dibutuhkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Huruf Braille. Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus ini, sehingga tujuan profesionalitas dalam pendidikan bisa tercapai dengan optimal, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Lesson study sangat diperlukan apalagi pada anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini, banyak diantara SD yang saya jumpai namun ada sedikit berbeda dengan SD inklusi dimana di dalamnya anak-anak berkebutuhan khusus meski terbatas namun mereka memiliki kemampuan apa yang orang lain tidak miliki. Selain itu, mengajar juga harus sabar dan ikhlas karena mengajar mereka berbeda dengan mengajar anak yang normal. Ketelatenan dan keramahan pada anak serta yang terpenting adalah motivasi untuk bangkit, meski berbeda namun perbedaan itulah yang menjadikan unik.

    ReplyDelete
  22. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali mereka yang memiliki kebutuhan khusus. karna melalui pendidikan, mereka bisa mengerti pentingnya ilmu dalam menjalani hidup di dunia ini. dengan terus memberikan motivasi salah satunya agar mereka tetap semangat dalam meuntut ilmu.

    ReplyDelete
  23. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Siswa yang memiliki kebutuhan khusus tentu perlu perhatian yang khusus juga. Dengan adanya lesson study diharapkan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran terutama pembelajaran matematika yang tepat untuk siswa yng dapat memenuhi kebutuhan belajar matematika siswa. Setiap siswa terlebih yang memiliki kebutuhan khusu pasti memiliki karakter yang berbeda, diharapkan dengan lesson study guru lebih dapat memahami karakter dari masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  24. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Program belajar lesson study cocok untuk segala jenis pembelajaran khususnya dalam matematika, tidak hanya untuk yang berkebutuhan khusus saja. Dalam hal ini, Program belajar lesson study merupakan suatu program pembelajaran yang dapat mengembangkan segala kreativitas yang dimiliki oleh seorang anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya program lesson study tersebut seorang anak berkebutuhun khusus tidak merasa bahwa dirinya berbeda dari temannya yang memiliki fisik yang normal. Selain itu perhatian guru sangat dibutuhkan, guru harus mampu mengenali segala karekteristik, potensi, kemampuan, kekurangan serta kelebihan masing-masing anak.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan matematika Kelas C 2016

    Setiap manusia pasti ingin dilahirkan dalam keadaan sempurna tanpa kurang satu apapun. Walau terlahir kurang sempurna sehinggga memiliki kebuuthan khusus walau berbeda dengan yang lain, tidak bisa dipungkiri bahwa anak yang berkebutuhan khusus juga berprestasi. Pada lesson study ini diharapkan seorang guru mampu memenuhi kebutuhan khusus siswa agar dapat memahami pembelajaran matematika bukan berarti guru acuh terhadap siswa yang memiliki kebutuhan khusus ini.

    ReplyDelete
  26. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sudah menjadi tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya. Ini sudah tertulis dalam Pembukaan UUD 1945. Sehingga di dalam pendidikan, seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dibebaskan untuk mengenyam pendidikan, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Menurut saya, mereka bahkan membutuhkan bimbingan dan perhatian yang lebih dari siswa lain. Oleh karenanya, guru perlu untuk memiliki dan meningkatkan kemampuan yang lebih dari guru pada umumnya. Salah satu cara ialah dengan menerapkan Lesson Study yang dicetuskan di Jepang.

    ReplyDelete
  27. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Lesson study merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan. Dalam pembelajaran dengan lesson study, guru-guru secara kolaboratif melakukan kegiatan pembelajaran dimana ada satu orang guru yang menjadi guru model atau satu orang guru yang mengajar si depan kelas sedangkan yang lain mengamati baik guru yang mengajar maupun siswanya. Hal ini ditujukan agar dapat mengetahui kekurangan tentang pembelajaran yang dilakukan sehingga nantinya dapat melakukan perbaikan. Dengan begitu, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  28. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perencanaan bisa dilakukan oleh guru secara pribadi, bisa juga direncanakan melalui musyawarah dalam suatu forum formal maupun non formal. Perencanaan dengan musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dibandingkan perencanaan secara sendiri, karena dengan musyawarah dapat menambah referensi mengenai metode yang cocok dalam pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Bagi siswa berkebutuhan khusus pasti memerlukan metode yang berbeda dibandingkan dengan siswa normal. Tentunya pengembangan pembelajaran bukan hanya bagi siswa normal tetapi siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan bahkan lebih memerlukan. Salah satu hal yang bisa dikembangkan yaitu lesson study. Sehingga lesson study tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan guru melalui diskusi, wadah untuk saling berbagi dan saling belajar.

    ReplyDelete
  29. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Prestasi yang diperoleh oleh PLB FIP UNY tentang Lesson Study dengan kaitannya pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus ini sangatlah patut kita apersepsi. Anak berkebutuhan khusus juga layak mendapatkan pendidikan matematika yang baik seperti halnya anak-anak yang lain. ABK bukan berarti mereka tidak cerdas, mereka hanya dibedakan oleh keadaan yang sedikit kurang jika dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran sangatlah perlu dikembangkan untuk memfasilitasi para siswa yang menyandang status ABK ini dengan harapan pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  30. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus. Lesson study bisa menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru di dalam kegiatan pembelajaran. Lesson study dapat membuat guru mengetahui cara mengajar mana yang tepat dan kurang tepat untuk siswanya. Lesson study dapat diterapkan di semua jenis tingkatan termasuk pada siswa yang berkebutuhan khusus. Hanya saja berbeda dengan cara mengajar dengan siswa biasa.

    ReplyDelete
  31. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai bunyi pasal 31 ayat 1 UUD 1945, yaitu setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan tidak terbatas pada kalangan tertentu. Baik kaya, miskin, normal, bahkan mereka yang berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkannya. Apalagi mereka (siswa) yang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian dan fokus yang lebih dalam pembelajarannya. Hal ini disebabkan mereka memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan / atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Akan tetapi, kekurangan-kekurangan ini bukanlah menjadi penghalang atau hambatan untuk mengikuti pembelajaran khususnya dalam belajar Matematika.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua, yaitu mampu memperhatikan kemampuan, karakteristik, dan kebutuhan dari kekurangan atau gangguan tiap-tiap anak yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mereka sehingga dapat berkembang secara optimal.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan artikel di atas yang menawarkan solusi bagi anak berkebutuhan khusus agar tetap mengikuti pembelajaran, yaitu dengan metode pembelajaran Lesson Study dan Penjas Adpted. Semoga dengan kedua pendekatan tersebut dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  34. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Menjadi guru bagi siswa dengan kebutuhan khusus adalah sesuatu yang mulia. Kami menyadari bahwa setiap orang adalah pendidikan mendapatkan yang sah, tidak terkecuali bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Tapi, hal penting bagi guru adalah bahwa siswa mereka sedikit berbeda, sehingga, mereka harus menyiapkan metode pembelajaran yang terbaik. Salah satu metode pembelajaran yang terbaik adalah Lesson Study. Artikel di atas menggambarkan tentang Lesson Study. Lesson Study untuk Matematika pelajaran akan membuat guru dan siswa lebih kreatif dan aktif. Lesson Study dapat membantu guru untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk mengajar siswa khusus mereka. Jadi, tujuan pendidikan akan tercapai.

    ReplyDelete
  35. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study ternyata telah berkembang sejak lama, dan masih berkembang hingga saat ini, untuk pembelajaran lain tidak hanya matematika. Lesson study membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya sesama guru, dosen, atau antar instansi (sekolah, universitas, MGMP, maupun dinas Pendidikan). Lesson study bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan guru dan memberi sarana kepada guru untuk belajar dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  36. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita patut mengapresiasi Program Studi Pendidikan Luar Biasa PLB FIP UNY yang mampu menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, yang mana keynote speaker yang diundang adalah Prof.Hideo Nakata, Ph. D yang fokus pada lesson study. Hal ini menjadi motivasi bagi kita umumnya Indonesia bahwa lesson study sangat bisa diterapkan disini dan mampu membantu guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan, sehingga tercapai pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  37. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tujuan jangka pendek dari diadakannya lesson study adalah seperti yang disebutkan dalam komen saya sebelumnya. Namun jika dirunut kembali, manfaat lebih jauh dari diadakannya lesson study diantaranya adalah mendapatkan suatu hasil penelitian yang mana dapat digunakan sebagai referensi oleh pihak-pihak lain yang membutuhkan. Lebih jauh lagi, lesson study dapat membantu perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran lainnya. Oleh karenanya perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak untuk mengembangkan lesson study di seluruh Indonesia agar semua pihak dapat merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  38. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Orang yang akan bisa belajar adalah orang mau dan ingin belajar, bukan orang yang mengejar gelar atau nama. Ketika seorang itu normal tetapi motivasi belajarnya rendah maka akan lebih baik hasilnya dengan orang yang berkebutuhan khusus tetapi motivasi belajarnya tinggi. Setiap orang berhak untuk belajar baik berkebutuhan khusus atau bagaimanapun keadaannya karena membatasi orang untuk melakukan kebaikan adalah bukan sifat orang yang bernurani. Penggunaan lesson study sangat baik supaya bisa dikaji dan ditinjau oleh banyak pihak sehingga selain jadi pelajaran bagi yang mengikuti juga sebagai pembuka pikiran karena bersifat terbuka

    ReplyDelete
  39. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Telah diatur dalam UUD 1945 pasal 31 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan, dari peraturan tersebut jelas bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara. Pennyelenggaran pendidikan tersebut bisa secara formal, informal, nonformal. penyelenggaraan formal melaui institusi sekolah. Melalui lembaga sekolah tersebut setiap anak mempelajarai ilmu pengetahuan dan nilai-nilai sikap agar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dan memiliki budi pekerti dan berakhlak mulia. Begitupun dengan anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini orang tua, pemerintah, guru dan pihak-pihak yang terkait harus bekerja sama dalam rangka menfasilitasi bagaimana pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus sehingga anak-anak tersebut tetap bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

    ReplyDelete
  40. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Begitupun dalam pembelajaran matematika sekolah dimana matematika-matematika adalah kegiatan siswa dalam menemukan hubungan-hubungan konsep bukan mempelajari definisi-definisi. Maka dari itu matematika sekolahpun tihak hanya dipelajari oleh anak-anak normal saja melainkan juga sangat penting untuk dipelajari anak berkebutuhan khusus melalui aktivitas/ kegiatan kegiatan menemukan pola pola atau hubungan -hubungan.

    ReplyDelete
  41. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014



    pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi generasi muda bangsa Indonesia, sehingga dalam UUD 1945 tercantum bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, warga negara disini temasuk yang normal dan berkebutuhan khusus, sehingga anak anak tersebut akan tetap berkembang sesuai dengan kemampuannya masing masing.

    ReplyDelete
  42. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Artikel “Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)” sangat bermanfaat. Lesson Study dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa yang berkebutuhan khusus karena dengan Lesson Study tersebut dapat mengembangkan pembelajaran dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang selama ini diterapkan untuk siswa yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya Lesson Study tersebut selain bermanfaat bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus juga bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan profesionalismenya sebagai guru, meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswanya, menggali potensi siswa-siswanya, dan dapat melayani kebutuhan siswa dalam sumber dan media pembelajaran yang lebih cocok bagi siswa tersebut tanpa terkecuali siswa yang berkebutuhan khusus. Lesson Study merupakan solusi untuk menangani kesulitan dalam pembelajaran bagi siswa karena sesungguhnya anak yang berkebutuhan khusus itu juga memiliki potensi, bakat, dan kemampuan yang luar luar biasa bahkan ada juga yang melebihi kemampuan anak normal pada umumnya. Semoga dengan adanya Lesson Study dapat memperbaiki pendidikan anak berkebutuhan khusus dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama bagi siswa berkebutuhan khusus, guru perlu melakukan lesson study atau penelitian pendidikan sehingga menjadi guru yang inovatif, kreatif, dan berkualitas, serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kurikulumnya.

    ReplyDelete
  43. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Agar mutu pendidikan di Indonesia baik, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan dunia pendidikan secara utuh. Salah satunya yaitu untuk siswa berkebutuhan khusus. Adanya PLB di fakultas FIP UNY diharapakan dapat mencetak calon-calon pendidik yang bermutu dan berkualitas yang dapat menerapkan berbagai macam metode, strategi pembelajaran sehingga dapat mengembangan potensi-potensi siswanya.

    ReplyDelete
  44. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study bukan merupakan suatu metode, model, taktik/strategi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Akan tetapi, merupakan suatu upaya pembinaan dalam meningkatkan proses dan hasil dari suatu pembelajaran di kelas. Lesson study muncul sebagai solusi bagi proses pembelajaran di kelas yang selama ini dianggap kurang efektif. Lesson study dianggap sebagai upaya pembinaan bagi pendidik sehingga pendidik dapat mengetahui bagaimana siswa belajar dan guru mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  45. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pentingnya Lesson Study yang berkembang di negar-negara di dunia dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Apalagi dengan diadakannya Lesson Study disekolah-sekolah dapat dijadikan sebagai ajang evaluasi dan tolak ukur dari keprofesionlitasan guru dalam mengajar. Dalam hal ini guru dapat melakukan banyak pembelajaran, melakukan eksperimen dan juga observasi terhadap bagaimana cara mengajar guru di berbagai dunia yang selanjutnya menjadi inspirasi bagi guru untuk dapat membentuk pendidikan yang inovatif yang dapat diterapkan di kelas yang diajarkannya.

    ReplyDelete

  46. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tidak dapat disamakan dengan anak normal pada umumnya. Oleh karena itu, dengan adanya pelaksanaan lesson study dapat membantu guru untuk lebih mudah mengembangkan media ataupun metode pengajaran yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus tersebut, sehingga anak berkebutuhan khusus dapat mendapatkan fasilitas yang memadai dari guru untuk belajar matematika. Selain itu dengan adanya pelaksaanan lesson study pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif, sistematis, dan juga lebih efektif.

    ReplyDelete
  47. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi profesionalitas guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan mengikuti lesson study, guru dan praktisi pendidikan dapat melihat bagaimana cara orang lain mengajar serta dapat mengetahui kekurangan pribadi saat mengajar. Siswa berkebutuhan khusus belajar matematika memerlukan perhatian yang lebih, sehingga saya rasa lesson study siswa berkebutuhan khusus akan memberikan banyak manfaat, sehingga sebaiknya guru-guru mengikuti atau bahkan menyelenggarakan lesson study siswa berkebutuhan khusu belajar matematika.

    ReplyDelete
  48. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Lesson study selain sebagai sistem pembelajaran, juga merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan lesson study, kita dapat mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan lebih mudah karena dibantu oleh tim. Sehingga pembelajaran yang akan datang dapat lebih ditingkatkan lagi.

    ReplyDelete
  49. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Semua warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, termasuk ABK (anak berkebutuhan khusus). Pendidikan ABK ini dilandasi kuat oleh UU No 20 Tahun 2003 tenntang sisdiknas pasal 32 ayat 1 dan 2.
    Lesson study merupakan usaha multi level untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Program ini telah dikembangkan Jepang ratusan tahun yg lalu dan saat ini telah mulai dikembangkan oleh negara-negara di dunia karena manfaatnya yang sangat membantu.

    ReplyDelete
  50. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Nah Lesson study sangat penting sebagai sarana berbagi pengetahuan, sarana belajar, dan sarana menambah pengalaman. Bagi guru untuk siswa normal saja Lesson study memiliki kedudukan yang penting, karena guru haruslah terus belajar, apalagi bagi guru dari anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan perhatian lebih, pelakuan khusus dll. Melalui Lesson study, guru daoat mrmperoleh banyak hal baru, masukan, inovasi, dan solusi jika terdapat masalah yang selama ini ada atau terjadi. Karena disini guru dituntut harus memahammi bagaiamaana memperlakukan anak anak tersebut sesuai dengan "kebutuhan khususnya".

    ReplyDelete
  51. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah bentuk pengembangan profesional jangka panjang di mana tim guru atau pemerhati pendidikan merencanakan, meneliti, dan mempelajari instruksi pelajaran sebagai cara untuk menentukan bagaimana siswa belajar dengan sebaik-baiknya. Sehingga untuk kedepannya dapat dihasilkan pemebelajarana yang baik serta mengatasi masalah yang ada. Sehingga pembelajaran akan mempunyai berbagai variasi menyesuaikan kondisi kelas. Tidak ada metode yang paling efektif. Karena suatu metode dilakukan untuk mengkomodasi proses konstruktivism dari subjeknya.

    ReplyDelete
  52. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa lesson study sudah sejak lama dikembangkan di Jepang. Bagi saya lesson study sendiri adalah hal baru yang saya temui di tingkat perguruan tinggi. Saya jadi semakin tertarik dengan lesson study yang dilakukan di Jepang. Terkait dengan pembelajaran yang dilakukan disana juga dengan lesson study sendiri yang menurut saya sangat bagus karena menjadi salah satu cara bagi para pendidik untuk terus memperbaiki cara mengajarnya. Seandainya hal itu diterapkan di Indonesia pastilah akan banyak guru yang dapat saling berbagi tentang cara dan metode pembelajaran yang mereka gunakan, sehingga setiap guru akan mendapat ilmu dan pengetahuan baru tentang pembelajaran untuk akhirnya dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang mereka lakukan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  53. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Saya sangat setuju dengan pendapat dalam tulisan tersebut, bahwa pembelajaran pada peserta didik dengan kebutuhan khusus sangat memerlukan pengembangan. Selain dari segi pendidikannya, siswa berkebutuhan khusus jelas membutuhkan pembelajaran yang khusus sehingga guru perlu benar-benar mengembangkan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa yang dihadapinya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  54. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Matematika pada anak berkebutuhakn khusus harus mampu disederhanakan oleh guru. Dengan begitu siswa tidak dikenalkan dengan matematika formal secara langsung namun menggunakan pendekatan secara horizontal. Siswa akan mampu untuk mengeksplorasi matematika secara langsung dan mengomunikasikan matematika dengan teman atau gurunya secara langsung. Pendekatan secara horizontal akan melatih intuisi anak untuk peka dengan kejadian-kejadian matematis dalam kehidupan mereka.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  55. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kemampuan dan profesionalisme guru harus selalu ditingkatkan. Hal ini menyangkut pada aspek mutu ataupun kualitas pendidikan. Kegiatan lesson study adalah upaya untuk membiasakan guru dalam melakukan proses pembelajaran secara terencana dan sistematis, untuk mendapatkan feed back dari teman. Dengan demikian para guru akan selalu termotivasi untuk berusaha meningkatkan serta memperbaiki kekurangan-kekurangan di dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan lesson study adalah untuk mencari dan menemukan cara-cara mengajar dalam proses pembelajaran yang efektif bagi anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  56. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil refleksi kegiatan pembelajarannya. Pengembangan pendidikan khususnya pendidikan anak berkebutuhan khusus sesungguhnya telah menjadi pemikiran dan usaha bersama sesuai dengan kencenderungan global pada dekade terakhir ini. Kondisi yang demikian juga menjadi dasar pemikiran dan pengembangan bagi perguruan tinggi yang mengemban misi pendidikan. Di sisi lain, pendidikan merupakan instrumen utama pembangunan sumber daya manusia (SDM). Salah satu arah kebijakan bidang pendidikan memfokuskan pada peningkatan kemampuan akademik dan profesional tenaga kependidikan sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai implementasi dari kebijakan tersebut sudah selayaknya program dan kegiatan pembangunan bidang pendidikan diarahkan untuk mengembangkan profesionalisme guru.

    ReplyDelete
  57. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    School Based Lesson Study merupakan terobosan baru dalam inovasi pembelajaran dimana guru saling bertukar informasi bahkan dapat mengundang dosen dengan fokus pembelajaran yang relevan. Lesson study ini sangat membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah karena selai para guru dapat bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran juga akan membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Terlebih lagi, jika Lesson study ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah 3T di Indonesia.

    ReplyDelete
  58. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  59. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A
    Terdapat beberapa tahapan dalam Lesson Study, yaitu :
    1. Tahapan Perencanaan (Plan)
    Dalam tahap perencanaan, para guru yang tergabung dalam Lesson Study berkolaborasi untuk menyusun RPP yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
    2. Tahapan Pelaksanaan (Do)
    Pada tahapan yang kedua, terdapat dua kegiatan utama yaitu: (1) kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang guru yang disepakati atau atas permintaan sendiri untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun bersama, dan (2) kegiatan pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota atau komunitas Lesson Study yang lainnya .
    3. Tahapan Refleksi (Check)
    Tahapan ketiga merupakan tahapan yang sangat penting karena upaya perbaikan proses pembelajaran selanjutnya akan bergantung dari ketajaman analisis para perserta berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
    4. Tahapan Tindak Lanjut (Act)
    Dari hasil refleksi dapat diperoleh sejumlah pengetahuan baru atau keputusan-keputusan penting guna perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran, baik pada tataran indiividual, maupun menajerial.

    ReplyDelete
  60. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Lesson Study akan membantu siswa berkebutuhan khusus untuk belajar matematika. Sehingga, mereka akan lebih mudah memahami matematika.

    ReplyDelete
  61. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sepakat dengan pernyataan dari Bapak bahwa : Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb

    ReplyDelete
  62. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson Study merupakan suatu kegiatan kolaborasi antara guru untuk mengevaluasi pembelajaran di kelas. Dengan adanya komunikasi atau tukar pendapat antar guru dapat menghasilkan suatu produk atau perangkat yang efektif karena dapat dievaluasi secara bersama-sama dan digagas secara bersamaan pula.

    ReplyDelete
  63. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak, tidak boleh ada diskriminasi, anak yag berkebutuhan khusus juga berhak mendapat pembelajaran matematika maka dari itu guru-guru matematika juga perlu memperhatikan bagaimana model dan media yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus terlebih tentunya media yang digunakan pasti berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

    ReplyDelete
  64. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru dapat memanfaatkan Lesson Study untuk melakukan persiapan, mengimplementasikan, dan merefleksikan pembelajaran. Dengan begitu, diharapkan guru dapat memberikan pelayanan terbaik bagi anak berkebutuhan khusus kaitannya dengan kegiatan pembelajaran. Selain itu, Lesson Study juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki kurikulum dan silabus serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya sehingga proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dapat lebih inovatif.

    ReplyDelete
  65. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar Hendayana, dkk, 2009: 5). Sehingaga dengan adanya lesson study maka para peneliti dapat menukarkan ide dan gagasannya serta saling bertukar pikiran mengenai berbagai konsep yang ingin mereka buktikan.

    ReplyDelete
  66. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada dasarnya setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Guru yang mengajar matematika pada siswa berkebutuhan khusus tentunya harus memberikan perhatian yang lebih. Sehingga perlu adanya lesson study untuk meningkatkan kualitas dari guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya lesson study diharapkan akan membantu meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar, terutama kepada anak yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  67. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Besarnya manfaat dan peran Lesson Study dalam mengembangkan pembelajaran matematika di sekolah, maka dari itu perlu bagi pendidik untuk mempelajari dan memahami serta merealisasikan konsep Lesson Study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran matematika terutama untuk siswa berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  68. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Inovasi dan pembaharuan dalam pendidikan memang sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan menyasar pendidikan bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika. Siswa yang berkebutuhan khussus memerlukan perhatian lebih terkait dengan pembelajaran matematika yang dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang menangani pendidikan anak berlkebutuhan khuhsus untuk mendapatkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi mereka. Salah satu pembelajaran yang dirasa tepat untuk memfasilitasi anak berkebutuhan khusus dalam belajar matematika adalah dengan lesson study. Dengan lesson study ini diharapkan para siswa berkebutuhan khusus dapat memperoleh kesempatan yang lebih banyak dan lebih baik untuk dapat mengeksplor pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan baru tentang matematika.

    ReplyDelete