Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

36 comments:

  1. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Selamat untuk prodi PLB yang menyelenggarakan iven internasional.
    Lesson study sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. Sebab dengan lesson study maka pembelajaran akan bervariasi dan inovatif. Pembelajaran tersebut sangat mempengaruhi motivasi dan minat siswa untuk belajar. Tidak hanya untuk anak berkebutuhan khusus saja, namun untuk semua siswa. Ini sangat menarik untuk diterapkan dalam mata pelajaran matematika sebab matematika yang dipandang matapelajaran yang sulit bagi siswa. Dengan pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa akan membuat sisea termotivasi dan berminat selama pembelajaran. Hal itu akan berdampak pada prestasi siswa di dalam mata pelajaran matematika. Pembelajaran yang inovatif tersebut tidak lain tidak bukan berlatarbelakang dari kemampuan guru didalam menciptakannya. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan lesson study dan sekiranya perlu memperhatikan mana yang akan ditingkatakan untuk memilih tingkatan lesson study.

    ReplyDelete
  2. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Lesson study adalah upaya dalam melakukan peningkatan pembelajaran, salah satunya pada siswa yang berkebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus pada pembelajaran membutuhkan perhatian yang lebih banyak, sehingga membutuhkan kurikulum yang khusus. Penyelenggaraan workshop merupakan salah satu usaha untuk mengenalkan supaya guru dari siswa yang berkebutuhan khusus dapat melaksanakan kurukulum yang lebih baik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Guru yang mengajar di SLB pasti memiliki tantangan tersendiri dalam melakukan pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Ya, karena saya belum terlalu mengenal lebih dalam bagaimana proses pembelajaran di SLB. Tetapi dengan adanya Lesson study berarti sudah ada usaha dalam pembelajaran untuk melakukan inovasi yang kreatif yang digunakan khusus untuk anak yang berkebutuhan khusus. Karena hal ini jelas menjadi sesuatu tantang besar. Karena semua mengetahui bahwa matematika di sekolah biasa pun harus dilakukan proses pembelajaran yang benar dan sesuai, apalagi di sekolah yang luar biasa? Workshop seperti ini sangat diperlukan bagi para pendidik maupun calon pendidik untuk lebih melebarkan sayap sayapnya di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Ketertarikan saya untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa Luar Biasa sangatlah besar. Karena ketika kita mengajar siswa luar biasa, ada semanat yang khusus dan lebih daripada ketika mengajar siswa yang normal. Dalam memberikan pembelajaran bagi siswa yang berkebutuhan khusus, tidak bisa kita samakan dengan siswa yang normal. Contohnya adalah LKS dengan huruf braile. Disini, ketelitian kita sebagai pengembang bahan ajar dengan huruf Braile. Ketiika salah sedikit saja, sya yakin akan memberikan miskonsepsi kepada pembaca. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk mengerti bagaimana siswa belajar matematika khususnya mereka siswa dengan kebutuhan khusus. Semoga suatu saat keinginan ini dapat terrealisaikan. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Hal ini merupakan prestasi yang sangat perlu kita apresiasi. Melalui lesson study yang digunakan dalam pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menunjukan bahwa lesson study merupakan cara yang dirasa tepat untuk membelajarkan matematika khususnya. Keberadaan lessom study merupakan inovasi pembelajaran yang dirasa sangat mampu menjawab untuk permasalahan pembelajaran sekarang dan masa yang akan datang. Harapanya tidak puas dengan prestasi itu saja, semoga kedepannya masih bisa meraih prestasi-prestasi yang lain terkait dengan pembelajaran matematika khususnya. Selain untuk membuka cakrawala, semoga juga semakin meningkatkan inovasi dalam pembelajaran yang lain dalam rangka mewujudkan pembelajar yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  7. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Anak-anak berkebutuhan khusus tentunya membutuhkan metode pengajaran yang bersifat khusus pula. Namun di dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus, apapun metode khusus yang akan anda terapkan ada satu hal yang harus selalu ada dalam diri pendidik, apakah itu, yakni sikap dan sifat sabar. Apapun metode dan strategi yang akan diterapkan, kalau tidak sabar dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, maka ilmu yang kita berikan hanya akan menjadi sambi lalu saja. Anak yang berkebutuhan khusus tentunya perlu diberi ruang dan waktu yang lebih dalam memahami suatu konsep.

    ReplyDelete
  8. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Berdasarkan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa lesson study sangat bermanfaat dalam perkambangan pendidikan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih inovatif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesoon study dilakukan oleh guru atau beberapa guru. Dengan dilakukannya lesson study diharapkan guru mampu mewujudkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga nantinya dihasilkan siswa yang tidak hanya mendapatkan nilai bagus saja namun juga siswa yang benar-benar mengerti.

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Guru tentu memiliki metode atau pendekatan yang berbeda ketika mengajarkan matematika terhadap anak berkebutuhan khusus. Tidak semua guru memiliki kemampuan atau ketrampilan untuk mengajar anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu saya mengusulkan kalau salah satu mata kuliah baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana memuat mata kuliah tentang pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Kalaupun tidak bisa, perlu dibuatnya suatu pelatihan atau workshop untuk guru matematika mengenai cara mengajar anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Jugyo Sinkekyu/ lesson study ternyata tidak hanya dapat diterapkan Pada matemtika, namun pada pendidikan luar biasa pula. Lesson Study membantu guru-guru siswa berkebutuhan kusus untuk mengevaluasi kekurangan apa yang dilakukan agar tidak dilakukakn lagi di masa mendatang. Selain itu guru pun akan merasa lebih terbantu dengan adanya evaluator. Salut pada PLB UNY yang mulai mengembangkan lesson study di sekolah berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saya ingat pembelajaran filsafat ilmu adalah segala sesuatu disesuaikan dengan ruang dan waktunya. Sama halnya dengan pengajaran. Tentu saja pengajaran anak yang biasa dengan anak yang berkebuthan khusus pasti terdapat perbedaan. Apalagi sekarang marak sekolah inklusif di Indonesia dimana siswa berkebutuhan khusus dan siswa biasa dapat bercampur baur. Dalam menerapkan pembelajaran guru yang menjadi fasilitator harus memfasilitasi baik siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus secara adil agar tidak terjadi rasa ketidak adilan dari masinng-masing siswa yang akan berdampak pada psikologis mereka.

    ReplyDelete
  12. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saya pernah memiliki pengalaman untuk merasakan proses belajar mengajar di sebuah sekolah inklusi. Pengalaman tersebut saya dapatkan saat melakukan kegiatan PPL. Saya merasa prihatin dengan kondisi ABK di sekolah inklusi, karena saat proses pembelajaran matematika mereka diperlakukan sama dengan anak yang lainnya. ABK di sekolah inklusi tempat saya PPL ini ada beberapa macam ABK seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna netra dan autis. Guru matematika di sekolah tersebut tidak dapat berbuat banyak karena mereka belum memiliki kompetensi untuk membimbing siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu fasilitas, yang diberikanpun masih ada keterbatasan. Seperti modul soal dan buku braile belum tersedia, sehingga waktu ujian matematika siswa tuna netra harus dibacakan soal ujiannya. Semoga adanya sekolah inklusi yang memiliki tujuan baik untuk memberikan kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan tidak menjadi bumerang bagi para siswa. Selain itu dengan adanya lesson study ini semoga dapat membantu guru untuk memahamkan matematika kepada siswa ABK. Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Menurut pendapat saya, Aktivitas Lesson Study sangatlah bermanfaat demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Lesson study yang telah banyak dijalankan bagi siswa-siswa di sekolah umum ini sangatlah penting juga dilaksanakan bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Karena penting bagi mereka untuk merasakan program yang sama dengan sekolah umum selama hal itu memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di negara kita.

    Lesson Study ini terdiri dari tiga tahap, Plan, Do, and See. Plan adalah tahap dimana guru bekerja dalam grup dan membuat RPP, dimana mereka merencanakan jenis pembelajaran, metode, strategi, dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk melaksanakan Lesson study tersebut. Do adalah tahap ketika mereka melaksanakan Lesson Study tersebut, dengan satu guru berperan sebagai guru model dan guru lainnya berperan sebagai guru bantu. Sedangkan tahap terakhir adalah See, ini adalah tahap refleksi, tahap dimana mereka mengulas kembali dan mendiskusikan hal-hal yang merupakan kelebihan dan kekurangan mereka agar menjadi catatan untuk dapat meningkatkan lagi kinerja mereka di masa depan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Lesson study ini sangat bermanfaat bagi peningkatan keprofesionalan guru dalam mendampingi siswa belajar. Guru juga dapat saling bertukar informasi terkait bagaimana membelajarkan siswa di kelas terutama masukan untuk guru yang dievaluasi. Metode lesson study jika dilakukan secara rutin maka kualitas guru akan semakin meningkat karena terus mendapatkan koreksi dan evaluasi. Permasalahan yang ada dalam pembelajaran juga bisa saling didskusikan untuk kemudian dicari solusinya bersama.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menurut saya lesson study adalah suatu sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Pada saat mengajar siswa yang berkebutuhan khusus tentunya guru harus menyampaikan dengan cara yang khusus pula. Disinilah profesionalitas guru dibutuhkan. Lesson study diperlukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran berikutnya dan tujuan secara umumnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  16. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Lesson study merupakan suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran di kelas nyata yang dilakukan oleh sekelompok guru secara berkolaborasi dalam waktu lama dan terus menerus untuk meningkatkan keprofesionalannya. Dalam pelaksanaannya plaksanaannya lesson study dibedakan menjadi 2, yaitu lesson study berbasis sekolah dan yaitu lesson study berbasis MGMP yaitu lesson study yang dilaksanakan oleh sekelompokkan. Namun model pembelajaran lesson study berbasis MGMP yaitu lesson study yang dilaksanakan oleh sekelompok guru mata pelajaran bagi guru-guru muda. Dan pendalaman kajian tentang proses pada mata pelajaran tertentu yang dapat dilaksanakan pada tingkat wilayah/kabupaten atau mungkin bisa diperluas lagi.

    ReplyDelete
  17. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Di Indonesia khususnya masih banya anak-anak yang berkebutuhan khusus atau memiliki kekurangan namun tidak memiliki kesempatan untuk belajar seperti anak normal lainya. Dari hal ini kita perlu belajar dari negara Jepang yang mana disana terdapat anak-anak berkebutuhan khusus yang lebih dianggap oleh pemerintah dan juga orang-orang disekitarnya.

    ReplyDelete
  18. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Lesson Study merupakan suatu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh para guru secara berkelanjutan. Guru akan dibekali dan dilatih untuk menjadi pendidik yang profesional. Lesson Study akan menambah pemahaman guru tentang tentang siswanya tentang cara mengajarnya. Dalam hubungannya dengan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus, kegiatan Lesson Study juga sangatlah penting. Guru akan lebih memahami karakter dan sifat siswa yang berkebutuhan khusus karena di dalam Lesson Study para guru akan saling berdiskusi dan berbagi pengalaman masing.masing serta melakukan observasi untuk memecahkan masalah pembelajaran sebelumnya. Dengan begitu guru akan siap untuk menghadapi pembelajaran-pembelajaran yang akan ia lakukan di sekolahnya. Jadi Lesson Study perlu dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi profesionalitas guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan mengikuti lesson study, guru dan praktisi pendidikan dapat melihat bagaimana cara orang lain mengajar serta dapat mengetahui kekurangan pribadi saat mengajar. Siswa berkebutuhan khusus belajar matematika memerlukan perhatian yang lebih, sehingga saya rasa lesson study siswa berkebutuhan khusus akan memberikan banyak manfaat, sehingga sebaiknya guru-guru mengikuti atau bahkan menyelenggarakan lesson study siswa berkebutuhan khusu belajar matematika

    ReplyDelete

  20. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Kegiatan lesson akan menjadi ajang saling berdiskusi antar guru dari berbagai sekolah bahkan berbagai daerah. Hal ini dapat berkontribusi pada upaya peningkatan profesionalisme guru dalam hal menyusun kegiatan belajar mengajar. Tidak bisa dipungkiri ada beberapa kasus tentang hilangnya idealisme seorang guru setelah lulus dari perguruan tinggi dan berkecimpung di dunia kerja. Maka dengan adanya kegiatan lesson study harapannya akan menjaga kualitas dan meningkatkannya.

    ReplyDelete
  21. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Siswa yang memiliki kebutuhan khusus tentu perlu perhatian yang khusus juga. Dengan adanya lesson study diharapkan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran terutama pembelajaran matematika yang tepat untuk siswa yng dapat memenuhi kebutuhan belajar matematika siswa. Setiap siswa terlebih yang memiliki kebutuhan khusu pasti memiliki karakter yang berbeda, diharapkan dengan lesson study guru lebih dapat memahami karakter dari masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  22. Isoka Amanah Kurnia
    17709351051
    PPs Pend. Matematika C 2017

    Walaupun jumlahnya minoritas, pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus tidak boleh diremehkan. Keberadaan mereka yang sangat spesial seharusnya juga mendapatkan perhatian yang spesial khususnya di dunia pendidikan. Jika mendesain pembelajaran untuk kelas biasa saja memancing perdebatan yang luar biasa, maka dalam mendesain pembelajaran untuk siswa spesial tentunya akan lebih menarik dan perlu mendapat fokus yang lebih pula. Kita tidak bisa menganggap penanganan yang sama dengan kelas biasa mengingat setiap siswa berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan-kebutuhan dan hal istimewa yang berbeda-beda setiap orangnya. Melalui lesson study, diharapkan sebuah kolaborasi dari beberapa guru, guru dengan dosen, atau dengan pihak terkait lainnya akan menghasilkan proses dan outcome yang positif.

    ReplyDelete
  23. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terselenggaranya kegiatan workshop dan symposium pada program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) merupakan suatu pencapaian yang luar biasa karena dengan adanya kegiatan tersebut memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar lebih dekat dengan teman yang diangkat yakni lesson study. Tidak semua orang tahu dan memahami tentang program lesson studi, oleh karena itu dnegan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan gambaran secara nyata tentang keterlaksanaan lesson studi itu sendiri. Hal ini dapat juga menjadi motivasi dan acuan bagi program studi lain untuk memberikan informasi dan layanan terkait program lesson studi pada prodinya masing-masing. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  24. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Siswa berkebutuhan khusus merupakan siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam pemebelajaran. Tidak hanya mata pelajaran matematika namun juga mata pelajaran yang lainnya. Maka dari itu dari artikel diatas dikatakan bahwa lesson studi digunakan untuk mmendiskusikan pesiapan pembelajajaran pelaksanaan dan perefleksian yang perlu diketahui oelh guru.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebagaimana yang kita ketahui, dunia pendidikan mmemiliki banyak sekali hal-hal yang menjadi penghambat berlangsungnya pendidikan itu sendiri. Banyak hal yang harus dipehatikan guru, sebagai orang yang langsung berhadapan dengan siswa, agar suatu proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan siswa dapat paham apa yang ia pelajari. Media, metode pembelajaran dan yang lain harus bisa sesuai dengan karakter dan keadaan psikologis siswa. Tujuannya adalah agar siswa tersebut dapat terlayani dengan baik, tak terkecuali siswa dengan kebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerintah Indonesia telah mulai memperhatikan pendidikan bagi anak dengan berkebutuhan khusus. Walaupun standar pendidikan bagi anak normal dan berkebutuhan khusus berbeda namun mereka sama-sama bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masing-masing siswa dengan target yang telah ditetapkan. Kita tidak boleh mendeskriminasi siswa dengan kebutuhan khusus, karena sudah banyak bukti nyata tentang siswa dengan berkebutuhan khusus yang memiliki prestasi akademik.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  27. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Di Jepang, lesson study sudah menjadi sesuatu yang sangat berpangaruh dalam peningkatan profesionalisme guru. Dengan adanya lesson study, guru akan mendapat koreksi akan kinerjanya dan semua hal tersebut tentunya akan memberbaiki kinerja guru yang akan berakibat pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

    Apalagi mengingat kebutuhan siswa berkebutuhan khusus yang tentunya berbeda dari siswa pada umumnya.Guru SLB harus memenuhi kualifikasi khusus agar mampu memberi fasilitas pada siswa SLB. Maka dari itu, memang lesson study sangat diperlukan apalagi untuk mengkaji kinerja guru SLB.

    ReplyDelete
  28. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Mengajar di Seklah Luar Biasa membutuhkan teknik-teknik pengajaran yang jelas berbeda dengan Sekolah Umum. Fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus juga menjadi poin penting dalam pembelajaran. Guru-guru yang mengajar di SLB memerlukan kompetensi yang mumpuni dan model pembelajaran yang dipilih harus tepat. Diskusi antarguru dalam lesson study juga dapat membantu mereka untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat serta sharing-sharing pengalaman atau ide-ide.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pendidikan adalah hak setiap anak, maka pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus pun tidak boleh diabaikan. Pendidik di sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus harus bekerja lebih ekstra lagi dibandingkan dengan pendidikan di sekolah formal biasa. Pendidik harus benar-benar menciptakan pbm yang selain memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan berpikirnya, juga harus menunjang kebutuhan untuk belajar siswa yang lainnya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus tidak melunturkan semangat wajib belajar untuk mengenyam pendidikan, merupakan hal yang patut disokong oleh para guru maupun civitas pendidikan lainnya. Memiliki keterbatasan dalam fisik maupun mental, bukanmenjadi alasan bagi mereka yang sungguh-sungguh ingin mendapat pendidikan. Maka tugas guru dalam pembelajaran akan dituntut lebih dan tidak seperti guru-guru yang mengajar di sekolah pada umumnya. Guru yang mengajar pada siswa yang berkebutuhan khusus adalah guru yang harus mampu memenuhi kebutuhan para siswa, dan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Lesson study dapat membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah. Lesson Study membuat guru bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Lesson study tak ubagnya sebagai rancangan kurikulum yang khusus bagi pengguna maupun situasi yang khusus. Seorang siswa berkebutuhan khusus tidak dapat belajar sama dengan temannya atau sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah. Mereka memiliki zona perkembangan yang berbeda dan membutuhkan scaffolding yang berbeda pula, maka pengembangan dan pemberdayaan learning trayektori bangi siswa-siswa berkebutuhan khusus penting adanya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  33. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Bahkan bagi siswa-siswa yang berkebutuhan khusus harusnya mereka mendapatkan SSP yang berbeda pula, terlebih lagi ABK yang berada di sekolah inklusi bukan sekolah luar biasa. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang di dalamnya terdapat kemajemukan kemampuan siswanya. Dalam konteks yang demikian makan siswa ABK sah-sah saja mendapatkan SSP mereka sendiri sesuai kemampuan dan kebutuhan mereka. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  34. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Setiap dunia pendidikan, baik pendidikan matematika maupun pendidikan anak berkebutuhan khusus ataupun pendidikan lainnya pasti mengharapkan suatu pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif agar profesionalitas pendidikan dapat meningkat dan semakin maju. Memang tidak mudah untuk merancang suatu pendidikan yang inovatif, akan tetapi kita tidak boleh putus asa dan harus tetap berusaha agar apa yang dicita-citakan dalam dunia pendidikan tercapai sehingga kecerdasan bangsa juga terwujud.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  35. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pendidikan tidak hanya hak bagi orang-orang yang normal saja, namun semua bangsa Indonesia berhak untuk memperoleh pendidikan tanpa terkecuali. Begitupula pada siswa yang berkebutuhan khusus, siswa tersebut berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang sama seperti yang lainnya. Pemerintah dan penggerak di bidang pendidikan setiap tahunnya melakukan perbaikan dan inovasi dalam dunia pendidikan. Salah satunya dengan melakukan lesson study, dengan melakukan lesson study ini diharapkan siswa yang berkebutuhan khusus memiliki perhatian khusus dalam pendidikannya, serta mampu meningkatkan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  36. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sejatinya, setiap manusia dilahirkan berbeda. Begitu juga dengan anak berkemampuan khusus. Meski sebagian orang menilainya aneh dan berbeda, namun nyatanya mereka sangat spesial. Sudah banyak ditemui anak berkemampuan khusus yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dibandingkan dengan anak lainnya. jika diamati, dibalik kesuksesan mereka tersebut karena pengaruh orang tua atau guru yang dengan gigih dan sabarnya menuntun mereka untuk memahami, belajar dan bertahan.

    ReplyDelete