Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

21 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada dasarnya setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Guru yang mengajar matematika pada siswa berkebutuhan khusus tentunya harus memberikan perhatian yang lebih. Sehingga perlu adanya lesson study untuk meningkatkan kualitas dari guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya lesson study diharapkan akan membantu meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar, terutama kepada anak yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  2. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Besarnya manfaat dan peran Lesson Study dalam mengembangkan pembelajaran matematika di sekolah, maka dari itu perlu bagi pendidik untuk mempelajari dan memahami serta merealisasikan konsep Lesson Study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran matematika terutama untuk siswa berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Inovasi dan pembaharuan dalam pendidikan memang sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan menyasar pendidikan bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika. Siswa yang berkebutuhan khussus memerlukan perhatian lebih terkait dengan pembelajaran matematika yang dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang menangani pendidikan anak berlkebutuhan khuhsus untuk mendapatkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi mereka. Salah satu pembelajaran yang dirasa tepat untuk memfasilitasi anak berkebutuhan khusus dalam belajar matematika adalah dengan lesson study. Dengan lesson study ini diharapkan para siswa berkebutuhan khusus dapat memperoleh kesempatan yang lebih banyak dan lebih baik untuk dapat mengeksplor pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan baru tentang matematika.

    ReplyDelete
  4. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B 2017

    Selamat saya ucapkan kepada Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta. Saya turut senang saat ini sudah banyak yang memberikan perhatian yang lebih pada anak-anak yang berkebutuhan khusus khususnya di bidang pendidikan. Saya berharap adanya pembahasan pada Workshop dan Simposium Internasional terkait Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika mampu membantu siswa berkebutuhan khusus dalam belajar seperti siswa lain pada umumnya. Ini merupakan langkah maju dalam ranah pendidikan di Indonesia. Saya berharap lesson study juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  5. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
    Bagi para guru pendidik anak-anak berkebutuhan khusus, mengajarkan matematika dan penjas menjadi hal yang berat, sehingga pada tahap persiapannya akan difokuskan pada bagaimana menggarap lesson study yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kebutuhan masing-masing peserta didik. Bagaimana guru di berikan kesempatan dalam mempersiapkan pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada pemenuhan tujuan pembelajaran sekalipun anak memiliki keterbatasan. Tentunya kreatifitas dan inovasi dari guru yang sangat di perlukan.

    ReplyDelete
  6. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Lesson study adalah upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar seorang guru agar pembelajaran berjalan dengan efektif. Baik itu dalam penyampaian materi, pengelolaan kelas maupun dalam penilaian. Lesson study di universitas adalah hal yang sangat familiar khususnya universitas di bidang pendidikan. Dalam mata kuliah misalnya, kegiatan lesson study dilakukan oleh mahasiswa sebagai guru model dan mahasiswa lain yang berperan sebagai siswa. Guru model mempersiapkan lesson study mulai dari instrumen pembelajaran, mengajar, hingga assessment atau penilaian. Selama proses berlangsung mahasiswa yang lain serta dosen memperhatikan sekaligus menilai kelebihan dan kekuranannya. Kemudian mahasiswa yang lain serta dosen memberi masukan kepada guru model dan dilakukan diskusi atau tukar pikiran tentang bagaimana proses pembelajaran yang baik.
    Lesson study tidak hanya penting dalam pengembangan pembelajaran matematika di sekolah normal, kegiatan ini juga sangat penting dilakukan di sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus atau SLB. Di sekolah dengan anak-anak normal saja masih sulit untuk melakukan pembelajaran inovatif dan kreatif. Apalagi di sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus. Oleh sebab itu lesson study berperan penting dalam pengembangan pembelajaran matematika di SLB. Diharapkan siswa-siswa berkebutuhan khusus tersebut mendapatkan pembelajaran yang terbaik sehingga mampu bersaing dengan anak-anak normal. Sehingga pemerataan pendidikan benabenar dapat dirasakan.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Unsur dasar lesson study adalah kerja sama. Kerja sama antar guru dalam mendiskusikan dan menentukan suatu model pembelajaran memang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, dibutuhkan rancangan-rancangan model pembelajaran yang juga khusus. Kesulitan tersendiri adalah ketika sekolah inklusif mencampurkan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak biasa lainnya. Guru harus menyediakan LKS yang berbeda-beda antara anak berkebutuhan khusus dan anak biasa lainnya. Saat mengerjakan soal-soal latihan, guru dapat berkeliling dan memantau sejauh mana masing-masing siswa dapat menyelesaikan persoalan yang diberikan. Guru harus memberikan perhatian dan waktu yang lebih pada anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Lesson Study merupakan mempelajari lesson atau mempelajari pembelajaran mulai dari perencanaan, material, proses dan evaluasinya. Dalam membelajarkan matematika ke siswa ABK memang diperlukan hal-hal khusus jika dibandingkan dengan siswa pada umumnya. Dengan lesson study memang sangat memungkinkan pada akhirnya akan didapat suatu model dan desain pembelajaran yang sesuai dengan siswa ABK, karena pada lesson study setiap pembelajaran akan dipelajari untuk dicari kekurangan dan kelebihannya untuk disempurnakan lagi dalam pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  9. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya mengucapkan selamat kepada program studi PLB Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Sejujurnya, semenjak saya menempuh pendidikan S1 di FIP UNY, saya menyadari betapa prodi PLB merupakan salah satu program studi yang luar biasa. Bagaimana tidak? Menurut saya, prodi tersebut secara formal dan profesional menaruh perhatian besar pada perkembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusu di Indonesia. Dikarenakan satu fakultas, dulu saya sering kali memperhatikan paraktik-prakti mahasiswa PLB, dan menarik, benar-benar menarik. Semoga melalui workshop dan symposium internasional terkait lesson study dalam pembelajaran matematika, dapat memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hidup Pendidikan Indonesia!

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingan bapak di atas, saya langsung teringat dengan salah satu siswa saya yang istimewa, dia istimewa karena berbeda dengan teman-temannya yang lain, karena keistimewaannya pula maka lesson study untuknya haruslah istimewa juga. Walaupun dia belajar di dalam kelas yang notabene adalah kelas biasa pada umumnya, saya sebagai guru membedakan perlakuan terhadap dia, (bukan diskriminasi dalam artian negatif), ini dikarenakan kebutuhan ananda yang berbeda pula. Tetapi saya sadari bahwa untuk membuat lesons studi untuk anak ABK tidaklah mudah. Saya harus mencari referensi yang berkaitan dengan hal tersebut serta sharing sesama guru yang memang mengajar disalah satu skolah berkebutuhan khusus. Harapan saya adalah pemerintah dapat memfasilitasi guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru dalam pelatihan lesson study untuk anak ABK.

    ReplyDelete
  11. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Selamat kepada Prodi PLB atas penyelenggaraan Workshop dan Simposium Internsional nya. Kegiatan yang sangat bermanfaat tentunya untuk mahasiswa PLB, tetapi dengan kegiatan tesebut di share di blog ini, saya sebagai orang yang tidak begitu paham bagaimana manangani anak yang berkebutuhan khusus menjadi sedikit mengetahui bagaimana perjuangan seorang guru menghadapi anak yang berkebutuhan khusus. Semoga dengan adanya kegiatan tersebut dapat mencetus pikiran-pikiran para generasi profesionalis untuk memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan untuk anak yang berkebutuhan khusus, dan berkembang tidak sebatas pada mata pelajaran matematika dan penjas adapted saja. Sukses selalu UNY.

    ReplyDelete
  12. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof.

    Saya ikut merasa senang jika ada inovasi baru terkait pembelajaran matematika yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.Sebagaimana yang telah disebutkan yaitu lesson study. Ini menjadi terobosan baru agar anak-anak yang berkebutuhan khusus mendapatkan hak yang sama di dalam pendidikan.Senada dengan bunyi undang-undang” setiap wargan negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.Melihat anak –anak yang berkebutuhan khusus saya ikut merasa iba. Ada yang hilang kepercayaan dirinya bahkan ada yang ingin bunuh diri hanya dikarenakan keaadaan dirinya yang tak secemerlang dengan teman-temannya yang lain.Dikucilkan oleh lingkungannya, dan teman-temannya.Mungkin dengan hadirnya metode atau pendekatan pembelajaran yang diperuntukkan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus dapat menghidupkan kembali semangat belajar anak-anak tersebut hingga anak-anak tersebut merasa diperlakukan sama dengan anak-anak yang lain.

    ReplyDelete
  13. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Salah satu masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian serius ialah adanya perbedaan individual peserta didik. Terlebih dengan banyaknya siswa yang berkebutuhan khusus. Permasalahan ini perlu dicarikan solusinya agar masing-masing siswa mendapatkan haknya untuk belajar. Lesson study dapat menjadi sarana yang cocok dalam menemukan cara yang dapat ditempuh guru untuk dapat memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan itu memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan, dan sekaligus merefleksikan. Dengan adanya lesson study, guru-guru dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa termasuk siswa yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  14. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Lesson study merupakan ide yang sangat menarik untuk diterapkan. Dalam pelaksanaannya lesson study merupakan upaya yang dibangun secara kolaboratif dalam upaya membangun learning community yang sehat bagi pendidik. Selain itu, Lesson Study juga dapat menjadi sarana dialektis untuk membangun konsep pembelajaran yang lebih kontekstual. Tentu hal ini dapat menjadi jawaban atas persoalan pelik kebjiakan pendidikan kita yang cenderung politis dan sentralistik.

    ReplyDelete
  15. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Selamat kepada program studi pendidikan luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, yang telah menyelenggarakan workshop dengan tema lesson study untuk anak berkebutuhan khusus. ini menunjukkan bahwa masih banyak pihak-pihak yang tetap memperhatikan mereka. bahwa mereka adalah anak-anak yang spesial, bukan yang terbelakang. bahwa pendidikan mereka juga tetap harus diutamakan.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Seorang guru harus diap ditempatkan dimana, kapan, dan siapa pun siswanya. Termasuk saat kita mengajar pada sekolah inklusif yang memungkinkan bertemu dengan anak berkebuuhan khusus. Hakikatnya semua siswa itu sama datang ke sekolah untuk belajar. Sehingga sebagai fasilitator guru harus menggunakan pelayanan yang sama dengan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang biasa. Guru yang belum memiliki pengalaman dalam melayani anak berkebutuhan khusus perlu mempelajari terlebih dahulu dengan mengikuti lesson study yang dapat membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah. Lesson Study membuat guru bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Menurut saya, lesson study ini sangat membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah karena para guru dapat bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson study ini juga akan membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. dengan bertukar informasi dari proses pembelajaran sampai denganproses belajar anak berkebutuhan khusus dengan berbagai tantangan yang ada akan membantu guru dalam menanggapi anak dengan tepat dan efisien sehingga anak berkebutuhan khusus pun dapat menikmati pembeljaaran dengan menyenangkan. lesson study banyak manfaatnya dari bertukar informasi dan pengetahuan dan juga saling bersilaturahmi dan bercerita tentang pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  18. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNY. Berdasarkan postingan tentang lesson study dan siswa berkebutuhan khusus belajar matematika menunjukkan bahwa pentingnya diadakan lesson study untuk mengetahui dan mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Selain itu guru juga dapat memperluas jaringan antar guru yang lain sehingga dapat bersama-sama berdiskusi untuk memajukan pendidikan.

    ReplyDelete
  19. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalmu'alaikum Wr. Wb

    Dengan adanya lesson study semoga para guru akan selalu termotivasi untuk dapat berusaha memperbaiki serta meningkatkan kekurangan yang ada didalam proses pembelajaran, sehingga deengan kegiatan lesson study ini dapat meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus. Karena selayaknya anak berkebutuhan khusus juga haruslah mendapatkan pendidikan yang bermutu sama halnya dengan pendidikan anak-anak yang normal lainnya.

    ReplyDelete
  20. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya mempunyai teman waktu pendidikan S1 dan sekarang beliau menjadi guru di lembaga HomeSchooling kak Seto dimana pada lembaga tersebut hampir seluruhnya adalah berisi anak-anak berkebutuhan khusus. Menurut beliau anak-anak tersebut bukanlah suatu objek yang harus dihindari dan dijauhi melainkan objek yang harus dibimbing dan dididik. Karena menurut beliau setiap anak yang berkebutuhan khusus memiliki suatu kelebihan sehingga aspek yang menjadi kelebihan anak tersebutlah yang harus dieksplor agar mereka mempunyai masa depan yang cerah seperti anak-anak normal pada umumnya.

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Pembelajaran matematika bagi siswa berkebutuhan khusus tentunya tidak sama dengan siswa lain pada umumnya. Dan capaian hasil belajarnya pun juga akan berbeda. Oleh karena itu, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tentunya lebih istimewa dibanding dengan kelas-kelas biasa. Mengingat pentingnya pengembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, seperti yang disebutkan dalam UU, maka dibutuhkan suatu strategi bagi guru untuk saling mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakannya.
    Lesson study pada dasarnya merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Dimana pada lesson study ini dikembangkan rasa kerja sama antar guru untuk saling mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran dan kemudian mengkomunikasikannya dalam forum. Oleh sebab itu, pelaksanaaan lesson study bagi siswa berkebutuhan khusus pada pembelajaran matematika sangat dibutuhkan agar terjadinya perbaikan pembelajaran.

    ReplyDelete