Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

39 comments:

  1. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Pada dasarnya setiap individu tidak pernah dalam keadaan tetap, namun terus mengalami perubahan. ]jika melihat dalam bidang pengajaran, perubahan ataupun inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran hal dasar yang perlu dilakukan adalah melihat tujuan utama pembelajaran, selanjutnya baru meyusun kerangka serta alur-alur pembelajaran dengan memperhatiak aspek-aspek pendukung, agar ketercapain tujuan pembelajaran tersebut semakin besar. Oleh karena itu guru haruslah menjadi orang yang terbuka pada inovasi-inovasi baru yang muncul.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah, karena semuanya terikat pada ruang dan waktu. Diri kita senantiasa berubah, orang lain pun juga berubah. Salah satu hal yang berubah lainnya adalah peserta didik. Kita tidak bisa membantah bahwa perubahan zaman, globalisasi dan juga teknologi telah mengubah gaya hidup umat manusia. Termasuk mengubah gaya hidup peserta didik. Peserta didik zaman sekarang lahir dalam era gadget beserta dengan kemudahan yang ditawarkan, membuat karakter peserta didik zaman sekarang berbeda dengan peserta didik zaman dahulu. Dalam menghadapi ini, guru perlu melakukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan hal ini. Pembelajaran harus selalu inovatif, cara mengajar guru sekarang tidak bisa selalu sama dengan cara mengajar guru zaman dahulu. Sehingga guru perlu senantiasa melakukan inovasi dan perubahan untuk menyesuaikan dengan karakter peserta didik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan lesson study dan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilakukan bukan semata-mata untuk kepentingan yang sifatnya administrasi dan materil, tapi demi kebaikan anak didik, kebaikan negara, kebaikan dunia dan kebaikan akherat.

    ReplyDelete
  3. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perubahan adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pendidik. Dari mana kita harus merubahnya? Kapan kita merubahnya a? Bagaimana cara merubahnya? Mengapa kita merubahnya? Ya semua itu jelas apabila dalam setiap pembelajaran kita mengadakan sesi untuk merefleksikan metode pembelajaran itu dengan siswa. dengan hal ini, kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasi keselahan kita, dan kita pun akan mencari cara dengan mencari metode metode lain yang lebih sesuai dan lebih apik untuk mengatasi hal itu. maka dengan adanya evaluasi diri, tujuan pembelajaran akan lebih sesuai dengan tujuan pendidikan yang diterapkan di Indonesia. Karena sebagai manusia, tidaklah ada yang sempurna. Kita harus sering-sering mendapatkan saran dan kritikan entah itu dari siswa kita atau teman para pendidik.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Dunia bersifat dinamis dan begitu pula manusia, selalu mengalami perubahan meskipun tidak penah disadarinya. Perubahan masih bersifat umum, maka dia bisa mengarah kea rah kemunduran ataupun kemajuan , keburukan ataupun kebaikan maka sesuai dalam tulisan diatas bahwa setinggi-tinggi perubahan jika manusia mampu menyadari bahwa perubahan itu memiliki arah dan positif serta bermanfaat baik untuk dunia dan akhirat. Dalam system pendidikan memang perlu dibutuhkan perubahan sehingga system pendidikan itu revelan dan mampu memfasilitasi siswa sehingga untuk mewujudkan perubahan yang tepat di syaratkan ada beberapa unsur yang telah di sampaikan diatas. Menanggapi sisi cara melakukan inovasi yakni pada poin bahwa ketika ingin melakukan inovasi perlu meneganali hakikat siswa. Menggali hakikat siswa untuk menemukan siapa sebenarnya siswa, siswa sebagai subyek pembelajaran bukan obyek pembelajarn sehingga inovasi pembelajaran dapat diarahkan untuk membuat siswa melakukan kegiatan entah kegiatan berpikir atau fisik dalam belajar.Terima Kasih.

    ReplyDelete
  5. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Perubahan memiliki syarat dan salah satunya kenali dirimu sendiri

    Buat saya ini yang paling sulit pak, karena untuk mengenali diri sendiri namun masih ragu2 untuk menentukan pilihan
    Karena apa yang akan kita hadapi, apa yang kita mau, orangtua mau dan tanggung jawab lainnya
    Sebagai guru pun banyak yang harus diubah dari sudut pandang, kreatifitas, pengembangan alat dll
    Apalagi dijaman ini
    Yang ke disiplinan sering diabaikan karena tidak ads peraturan yang kuat
    Jika dari kecil sudah ditanamkan rasa tanggung jawab, untuk kedepannya akan lebih mudah

    ReplyDelete
  6. Berdasarkan cerita yang telah bapak tuliskan diatas maka saya dapat menyimpulkan bahwa sayanya seorang guru harus selalu senantiasa melakukan perubahan pada dirinya dan cara seorang guru memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuan. Sesungguhnya manusia itu senantiasa selalu berubah, setiap detiknya saat kita menyatakan kita tidak berubah maka sesungguhnya dirimu tadi telah berubah.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  7. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Setiap orang senantiasa melakukan dan mengalami perubahan, baik itu yang disadari maupun yang tidak disadari, direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Perubahan ini terjadi dengan sendirinya karena memang manusia itu terikat dengan ruang dan waktu yang selalu berubah. Tidak terkecuali bagi seorang guru, ia juga selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam cara mengajar serta dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran. Dalam setiap perubahan, yang musti diingat adalah perubahan yang kita lakukan hendaklah perubahan yang mempunyai arah, makna positif dan bermanfaat baik itu untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menggapai perubahan dalam hal ini adalah ke arah perubahan positif. Dari yang awalnya kuranb baik menjadi baik, dan dari yang sudah baik menjadi lebih baik. Pada dasarnya, tanpa sadar setiap orang setiap waktunya mengalami perubahan yaitu perubahan ruang dan waktu yang dimilikinya. Segala yang ada di dunia ini terus berubah tidak ada yang statis, tidak ada yang begitu-begitu saja. Dalam konteks pembelajaran, perubahan perlu digapai oleh guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang dilaksanakannya yang tujuan akhirnya adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas output yang dihasilkan yang dalam hal ini adalah kualitas peserta didik.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C
    17709251065

    Saya sepakat bahwa kelas adalah laboratorium bagi siswa. Sehingga siswa lah yang seharusnya melakukan penelitian/ kegiatan belajar. Maka dari itu, guru adalalah fasilitator bagi siswa. Ini merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran dimana siswa adalah benar-benar sebagai subjek belajar. Perubahan atau inovasi juga senantiasa harus terjadi dalam pembelajaran agar siswa mengalami peningkatan belajar.

    ReplyDelete
  10. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dari elegi ini terlihat bahwa pentingnya suatu perubahan. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang dinamis yaitu selalu berubah walaupun kadang manusia tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami perubahan. Sebagai makhluk yang dinamis hendaknya secara sadar kita mengadakan perubahan pada diri kita, perubahan ke arah positif tentunya. Perubahan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, perubahan yang bermanfaat dunia akhirat. Sebagai calon guru kita juga harus merancang perubahan-perubahan yang akan kita lakukan. Perubahan di sini termasuk inovasi dalam pembelajaran. Perubahan dalam hal inovasi ini lah yang saya rasa sangat sulit untuk dilakukan, tetapi kami akan terus berusaha untuk membuat inovasi dalam pembelajaran demi mencerdaskan anak bangsa.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terkadang kita tidak mudah untuk menerima adanya perubahan, meskipun setiap saat kita mengalami perubahan itu. Diperlukan sifat terbuka dan kesadaran diri untuk melakukan perubahan. Dalam elegi di atas dicontohkan ada seorang guru yang ingin berubah, mungkin dari pembelajaran tradisional menuju iniovasi pembelajaran. Ia harus mengenali dan memahami berbagai aspek yang mendukung keberhasilan perubahannya.Tentu dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh, kebesaran hati, dan usaha yang maksimal untuk melakukannya. Perubahan selalu terjadi karena memang kehidupan ini dinamis, namun tidak sedikit manusia yang ikhlas menerimanya. Hanya mereka yang berilmu pengetahuan dan ikhlas saja yang bisa memahaminya. Semoga para guru yang berniat melakukan inovasi pembelajaran diberikan kemudahan dan kesuksesan, aamiin.

    ReplyDelete
  12. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Benar sekiranya jika mengatakan bahwa kelas merupakan lahan penelitian dan pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk meneliti. Disini, seorang guru harus pintar-pintar untuk memilih metode yang baik dan inovatif agar pembelajaran yang diterima oleh siswa akan bermakna. Jika hanya satu saja yang digunakan, maka siswa akan cenderung bosan dengan pembelajaran yang bisa dikatakan monoton. Oleh karenanya, bagi setiap guru itu memang bisa dikatakan menjadi kewajiban untuk membuat inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran sesuai dengan apa yang diinginkan
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam proses pmbelajaran guru harusnya mengikuti perkembangan (perubahan) ilmu pengetahuan, teknologi, dll. Sebagai contoh: di Indonesia secara bertahap dilakukan perubahan kurikulum, ini dimaksudkan demi terwujudnya tujuan pendidikan yang ada. Guru disini tidak boleh hanya terpaku dengan kurikulum yang digunakan sebelumnya saja, namun juga harus mengikuti perubahan kurikulum yang diberlakukan, guru harus senantiasa belajar hal-hal baru. Dengan demikian guru akan dapat tetap enovatif dalam memberikan materi kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  14. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Sesuatu di dunia ini senantiasa bergerak. Sekecil apapun, selambat apapun. Hal – hal yang tidak pernah berubah adalah “perubahan” itu sendiri. Maka, pendidikan pun tidak terlepas dari perubahan. Entah perubahan itu sengaja di adakan atau perubahan itu tidak sengaja melainkan merupakan akibat tak langsung dari perubahan – perubahan yang lain. Menjadi guru tidak boleh berhenti berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Tetaplah melakukan inovasi – inovasi dalam melakukan pembelajaran. Yang ingin saya tanyakan Pak, perubahan menurut saya bisa ke arah yang positif dan arah negative. Bagaimana cara memastika bahwa perubahan kita berjalan ke arah yang positif.

    ReplyDelete
  15. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hakekat atau makna dari perubahan adalah kesadaran akan ruang dan waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika kita sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Untuk dapat melakukan perubahan maka orang harus mempunyai kesadaran tentang perubahan tersebut, mempunyai niat dan kesadaran untuk melakukan perubahan, menemukan alasan untuk melakukan perubahan, paham tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, dan bercermin pada diri sendiri.

    ReplyDelete
  16. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  17. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Manusia tidak akan terlepas dari perubahan karena kita hidup dalam ruang dan waktu yang juga terus berubah. Maka perubahan bukanlah sesuatu yang dapat kita hindari. Tak terkecuali seorang guru. Guru juga dituntut untuk terus berubah. Berubah disini adalah terus memperbaharui metode pembelajaran, instrumen, dan perangkat pembelajaran lainnya melalui inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini dapat diterapkan dalam kelas melalui penelitian tindakan kelas. Maka guru juga harus melakukan persiapan dengan mempelajari inovasi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas. Guru juga harus melakukan inovasi tersebut dengan memperhatikan kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Setiap orang harus mempunyai kesadaran dan niat tentang suatu perubahan yang diinginkan jika ingin melakukan sebuah perubahan berusaha menemukan alasan untuk melakukan perubahan, mau dan mampu memahami tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perunahan, dan bercermin pada diri sendiri. Dalam dunia pembelajaran, perubahan harus selalu dilakukan, dikarenakan kegiatan tersebut berhubungan langsung dengan obyek hidup yang senantiasa berubah, yaitu siswa. Pernyataan bahwa tiada metode yang paling cocok dalam proses pembelajaran harus memotivasi kita (para guru) untuk senantiasa melakukan perubahan dalam proses pembelajarannya. Sebenarnya perubahan dapat kita lakukan melalui penelitian yang bisa kita lakukan dalam proses pembelajaran itu.

    ReplyDelete
  19. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya sependapat dengan postingan ini yang menyampaikan mengenai perubahan dan syarat dalam melaukan perubahan adalah memiliki kesadaran dalam perubahan dan memiliki niat untuk melakukan perubahan. Apabila saya analogikan hal ini sama saja ketika adany perubahan kurikulum yang lebih mengutamakan teacher center menjadi kurikulum 2013 yang mengutamakan student center. Masih banyak guru yang mengalamin kesulitan untuk melakukan perubahan tersebut, hal ini mungkin saja karena kesadaran dan niat mereka dalam melaksanakan perubahan tersbeut belum sekuat mereka merasa nyaman dengan kegiatan yang telah bereka lakukan selama bertahun-tahun.

    ReplyDelete
  20. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga siswa akan mudah untuk membangun pengetahuan dan konsep. Guru perlu untuk melakukan perubahan secara berkala karena pengetahuan dan kondisi siswa akan berbeda setiap waktu, yaitu melalui metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, guru, dan lingkungan.

    ReplyDelete
  21. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Sadar ataupun tidak sadar setiap saat kita selalu mengalami perubahan. Hal itu karena belum juga kita mulai menunjuk diri kita, maka diri kita sejatinya telah berubah. Yaitu diri kita yang tadi menjadi diri kita yang sekarang. Namun perubahan yang bermakna adalah ketika kita menyadarinya. Perubahan yang benar-benar bermakana adalah perubahan yang diniatkan untuk menjadi lebih positif dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang guru, perubahan dalam inovasi pembelajaran itu mutlak diperlukan. Hal itu agar proses pembelajaran selalu relevan dengan karakteristik peserta didik dan perubahan zaman. Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Perubahan itu pasti terjadi pada setiap manusia tanpa terkecuali, perubahan akan terjadi terus menerus tanpa mengenal waktu. Perubahan itu harus mempunyai arah, entah itu perubahan ke arah positif maupun perubahan ke arah yang negatif, baik perubahan yang disadari ataupun yang tidak disadari. Namun perubahan itu pasti mempunyai tujuan tertentu, tentunya tujuan yang baik untuk dunia dan akhirat. Sebuah perubahan harus di dasari oleh kesadaran dari dalam diri kita terlebih dahulu, dari kesadaran itu akan muncul niat dan motivasi untuk berubah. Kita juga harus memahami alasan mengapa kita ingin melakukan suatu perubahan itu. BERANI BERUBAH ITU BAIK, jangan takut untuk berubah, kita perlu mencoba, berlatih dan kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan selama perubahan itu mampu memperbaiki hidup kita di masa sekarang dan mendatang.

    ReplyDelete
  23. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Salah satu cara guru dalam menggapai suatu perubahan adalah dengan sering melakukan penelitian pendidikan. Hasil dari penelitian pendidikan memberikan gambaran tentang keberhasilan metode yang diterapkannya. Jika belum berhasil guru harus sekreatif mungkin melakukan inovasi pembelajaran. Tidak dipungkiri bahwa hetepatan dan kecocokan dalam menerapkan metode pembelajaran harus melalui serangkaian research (penelitian) yang dilakukan guru tersebut.

    ReplyDelete
  24. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Elegi ini menjelaskan tentang apa itu perubahan. Berubah itu apabila kita menyadari adanya perubahan dan kita senantiasa berpikir dan memiliki niat serta motivasi untuk melakukan perubahan itu. Selain itu untuk dapat melakukan perubahan hendaknya menemukan alasan akan perubahan itu, dan selanjutnya untuk melakukan perubahan adalah sengan cara mencoba dan juga berlatih agar terbiasa melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  25. Seorang guru tentu perlu melakukan perubahan terhadap proses pembelajarannya. Tanpa perubahan, proses pembelajaran akan bersifat menonton. Penyampaian materi pembelajaranpun menuntut strategi-strategi yang berbeda untuk mencapai suatu pemahaman. Tanpa perubahan, seorang guru tidak akan mengetahui kelemahan pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan. Oleh karena itu perubahan perlu dilakukan guru sebagai bentuk refleksi terhadap pembelajaran. Perubahan dapat dilakukan guru dengan jalan penelitian. Dengan penelitian, inovasi pembelajaran dapat diperoleh.

    ReplyDelete
  26. Perubahan didasari dari kesadaran guru akan kelemahan dalam proses pembelajaran dan keinginan guru untuk pemberbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru haruslah sudah terbiasa dengan penelitian, terutama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan lesson study. Karena seyogyanya penelitian tersebut lahir dari pengalaman guru dalam pembelajaran. Maka tiadalah sumber inovasi guru selain dengan melakukan penelitian. Dan sebenar-benar ilmu guru ada pada tulisannya dan karyanya. Maka hasil dari penelitian yang dilakukan guru sebaiknya dipublikasikan sehingga bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete

  27. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Perubahan itu adalah sesuatu yang pasti terjadi pada setiap manusia yang terikat ruang dan waktu. Terkadang kita menyadari perubahan itu, namun terkadang kita tidak menyadarinya. Perubahan yang dimaksud pada elegi di atas adlah perubahan pada pembelajaran matematika.Dunia akan semakin berubah, maka kita juga harus berubah ke arah yang lebih baik untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi. Dalam hal ini peubahan yang dilakukan adalah dengan cara melakukan inovasi pembelajaran matematika, dengan lebih khusus disebutkan bahwa perubahan dilakukan dengan implementasi lesson study pada pembelajaran matematika. Lesson study membutuhkan kerjasama antar pendidik untk melakukan percobaan pada siswanya di kelas yang dianggap sebagai laboratorium.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dikarenakan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan dengan melakukan perubahan. Inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran perlu dilakukan guru. Guru dapat mengajak semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk melakukan perubahan, dengan begitu perubahan yang dilakukan dapat dimaksimalkan pengaruh positifnya

    ReplyDelete
  30. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Untuk menembus ruang dan waktu kita harus berubah dan membuat perubahan. Guru sebagai agent of change tentu memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi siswa sehingga siswa dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang lebih baik. Jika seseorang hanya diam dan tidak berinisiatif untuk melakukan inovasi maka ia akan terjebak di dalam ruang mitos di mana ia tak bisa menembus ruang dan waktu. Inovasi yang dilakukan tak lain merupakan gerakan perbaikan menuju proses dan hasil yang lebih baik. Untuk itu seseorang melakukan perubahan berdasarkan kesadaran masing-masing dan sesuai kebutuhan masing-masing pula.

    ReplyDelete
  31. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Tiada inovasi tanpa perubahan. Maka sebenar-benar orang yang merugi adalah mereka yang diam dalam pergerakan dunia. Begitu pula dalam bidang pendidikan. Setiap hari guru guru melakukan interaksi dengan subyek didik. Salah satu kreativitas seorang guru dapat dilihat dari sejauh apa guru tersebut dapat mengolah dan memanfaatkan apa yang mereka lihat dan mereka pahami dari subyek didiknya yaitu melalui penelitian. Kelemahan-kelemahan proses pembelajaran akan semakin terang saat guru melakukan penelitan. Dengan penelitian, guru tidak hanya mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya namun juga mampu mengenal siswa dengan lebih baik serta mampu merencanakan perbaikan ke depannya.

    ReplyDelete
  32. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Guru dalam melakukan pembelajaran dikelas perlu menggunakan pendekatn saintifik. Melalui pendekatan saintifik siswa dapat melakukan pembelajran yang bermakna. Karena kelas merupakan suatu laboratorium bagi siswa, dan pemebelajaran dikelas perlu dilakuakn dengan kegiatan peenlitan, maka siswa perlu melakukan kegiatan penelitan tersebut. Guru perlu menfasilitasi siswanya untuk melakukan hal tersebut.

    ReplyDelete
  33. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Untuk membuat inovasi. guru harus memperhatikan segala aspek yang perlu. Guru harus menilai apakah inovasi akan berguna atau tidak. Sehingga, sangatlah penting bagi guru untuk melakukan penelitian. Dengan penelitian guru dapat menemukan kelemahan ataupun kelebihan dari setiap inovasinya. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan umpan balik atau bahan koreksi untuk memperbaiki inovasi. Selain itu, guru juga perlu untuk mempublikasikan hasil penelitian sehingga guru lain juga dapat merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  34. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    S2 pmat b 2017

    Dalam sebuah proses diperlukan sebuah inovasi. Untuk membuat inovasi pembelajaran, maka dapat melalui dari mempelajari lesson study dan implementasikan aspek aspeknya sesuai dengan konteksnya. Pelajarilah model model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek tersebut sesuai dengan konteksnya

    ReplyDelete
  35. Kenapa harus diperlukan inovasi? Karena pada hakekatnya hidup itu adalah perubahan. Perubahan diperlukan untuk pembelajran yang lebih baik. Bagaimana agar guru mampu menjadi fasilitator yang baik. Oleh sebab itu, guru wajib hukumnya untuk berinovasi untuk yang lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Saat ini, tidak ada hal yang tidak berubah. Satu-satunya hal yang tidak berubah ialah perubahan itu sendiri. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, seiring dengan tuntutan zaman guru juga harus melakukan perubahan. Baik perubahan dalam metode pembelajaran yang dilakukan maupun media yang digunakan. Merode pembelajaran yang dilakukan hendaklah dapat mengarahkan siswa menuju kebermakaan pembelajaran , yakni pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  37. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dan ditemukan atau diuji menggunakan penelitian. Penelitian saat ini merupakan suatu keharusan bagi praktisi pendidikan, baik guru, kepala sekolah maupun lainnya. Banyak penelitian yang menguji apakah suatu metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika atau tidak. Sedangka penelitian mengenai tindakan yang dilakukan berdasarkan situasi di lapangan juga mulai menjamur. Biarpun demikian, buadaya meneliti perlu kita tingkatkan lagi sehingga pendidikan di Indonesia dapat memperoleh solusi yang benar-benar solutif. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  38. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kekonsistenan seseorang seringkali sulit untuk dilakukan. Konsisten mengajarkan kita untuk tetap fokus pada apa yang kita kerjakan. Namun apakah konsisten juga harus selalu berlaku pada prilaku dan cara guru mengajar? Tentu tidak. Kekonsistenan dapat menjadi fleksibel jika objek yang melekat padanya dapat merubah siswa manjadi lebih baik. Misalnya, seorang guru yang selalu mengajar dalam bentuk metode ceramah, mengubah gaya belajarnya dengan menerapkan metode pembelajaran yang dewasa ini semakin beragam dengan berbagai media pembelajaran yang semakin mengefektifkan kegiatan belajar di kelas. Saya rasa, hal ini tentu akan berpengaruh pada psikologi dan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  39. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru yang semakin hari-semakin berubah menjadi baik dalam pembelajaran, mak dirinya merupakan guru yang sukses. Perubahan menuju arah pembelajaran yang lebih baik harus selalu dilakukan guru. Ada beberapa cara seperti lesson study, penelitian tindakan kelas, maupun sharing di MGMP mata pelajaran. Dengan adanya perubahan-perubahan akan memunculkan inovasi-inovasi pembelajaran dengan harapan meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete