Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

114 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perubahan adalah hal sangat yang dibutuhkan agar memiliki perbedaan. Tentunya perubahan yang diinginkan adalah perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk dapat membenahi bagaimana mengajar matematika seorang guru perlu berubah. Menyajikan sesuatu yang beda dan baru dari biasanya sehingga membuat siswa menjadi lebih semangat untuk belajar. Guru dapat mengenali siswa – siswanya dalam kegiatan pembelajaran maka guru juga yang dapat menentukan ke arah mana dan bagaimana perubahan yang dilakukan. Harapannya agar guru – guru mampu menyadari itu dan melakukan perubahan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pendidikan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman yang menuntut guru juga harus selalu up to date bagaimana cara mengajar yang tepat dan inovatif bagi siswa. Namun terkadang dalam melaksanakan perubahan tersebut terdapat beberapa kendala, kendala itulah yang harus dipecahkan oleh seorang guru inovatif untuk menggapai suatu perubahan. Untuk dapat menggapai perubahan, maka langkah awal guru adalah selalu bercermin atau instrospeksi diri, apa yang kurang dalam diri dan cara pengajarannya.

    ReplyDelete
  3. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tak bisa dipungkiri, entah disadari atau tidak, manusia tak bisa terlepas dari perubahan. Saya menyadari setelah membaca tulisan ini, bahwa akan menjadi bermakna jika perubahan yang dilakukan mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Khususnya bagi seorang guru, haruslah mampu senantiasa berubah dan sadar akan perubahannya. Perubahan yang dapat dilakukan guru yakni membuat inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Bagi guru, perubahan-perubahan tersebut bukan hanya akan berpengaruh bagi dirinya, melainkan juga juga bagi para siswa, dikarenakan mereka akan mendapatkan hal-hal yang baru dan akan mendukungnya dalam belajar, sehingga siswa tidak cepat bosan dan akan tertarik mengikuti pelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memanag benar apa yang di jelaskan pada elegi ini, kita sebgaai guru seharusnya berubah. Berubah dalam hal ini adalah berubah pandnagan kita mengikuti perubahan zamannya. Kita tahu maaf apalagi yang guru sudah lama mengajar dan itu masih menggunakan pendekata bisa sehingga kita terbawa dlaam paham tersebut. Dengan adnaya perubahan maka kita sebagai guru dapaty berubah juga sesuai dengan perubahan zaman

    ReplyDelete
  5. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    Pendidikan Matematika A 2014
    Seperti yang telah dijelaskan dalam pembelajaran etnomatematika dan dari tulisan Bapak Prof.Marsigit M.A bahwa manusia senantiasa mengalami yang namanya perubahan ibarat belum selesai kita menunjuk seseorang, orang tersebut sudah mengalami perubahan yang diakibatkan adaya ruang dan waktu. Perubahan tersebut tentunya akan memberikan manfaat kepada kita ketika kita menyadari bahwa perubahan itu perlu, kita tahu mengapa kita perlu mengalami perubahan, kita bisa memaknani perubahan tersebut dengan memberikan arah dan tujuan yaitu perubahaan yang memberikan manfaat baik dunia dan akhirat. Begitu juga dalam pembelajaran diperlukan perubahan perubahan yang mengarah ke pembelajaran inovatif dimana pembelajaran itu adalah kegiatan siswa, berpusat pada siswa, pembelajaran yang bisa memfasilitasi siswa dalam menemukan atau membangun pengetahuan di benak siswa.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Penggerak perubahan dalam pembelajaran matematika di kelas adalah guru karena guru memegang kemudi pembelajaran. Perubahan dalam konteks ini merupakan perubahan ke arah yang baik dan agar bermanfaat bagi siswa. Perubahan dalam bidang matematika lebih kepada inovasi pembelajaran misalnya metode dan media pembelajaran. Untuk melakukan perubahan tidak serta merta dalam waktu singkat dan terjadi begitu saja. Guru perlu mengkaji terlebih dahulu terhadap apa yang ingin diubah. Kemudian guru merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu, akan lebih baik jika saling bekerja sama karena akan tercipta pertukaran ide-ide sehingga didapat hasil yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Sebagai refleksi seorang guru ialah melakukan perubahan- perubahan dalam proses pembelajaran. Apalagi seiiring dengan perkembangan jaman sekarang, seperti tekonologi. Sehingga gunakanlah teknologi dengan sebaik- baiknya dalam inovasi pembelajaran agar menyenangkan bagi generasi penerus bangsa ini.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Perubahan meski kita tidak melakukan apapun juga berubah seiring perjalanan waktu karena terikat oleh ruang dan waktu, dimana kita tidak akan mampu mengejar apapun yang kita lakukan dan sebenar-benar yang tidak berubah ialah sang Pencipta. Namun kita harus waspada terhadap perubahan itu sendiri, dimana perubahan dapat terjadi ke arah positif dan negatif. Oleh karena itu, kita harus selalu siap dengan bentuk perubahan.

    ReplyDelete
  9. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perubahan adalah kesadaran kita akan ruang, waktu, arah, potensi, dan fakta. Perubahan akan bermakna jika perubahan itu juga bermakna untuk yang lainnya. Jika keinginan berubah itu kuat maka tambahkan hal-hal yang ositif bagi dirimu dan yang lainnya, jadilah yang bermanfaat bagimu dan oranglain bahkan dunia dan akhirat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  10. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Perubahan adalah transformasi, segala sesuatu yang ada dan mungkin ada dapat melakukan transformasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa perubahan itu juga terjadi pada guru. Sebaik-baiknya perubahan adalah hijrah dari suatu keadaan yang buruk menuju keadaan yang bagus, jelek menjadi baik, kuno manjadi baru tanpa menghilangkan hakekat dari perubahan itu sendiri. Begitu juga dengan perubahan seorang guru, maka dituntut melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran tanpa menghilangkan hakekat dari aturan ataupun sistem pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  11. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Perubahan yang dimaksudkan disini adalah perubahan paradigma guru, dimana pembelajaran tidak lagi teacher oriented, melainkan student-centered. Dimana pembelajaran diibaratkan sebagai sebuah laboratorium, yaitu tempat penelitian dan percobaa. Dalam hal ini percobaan dilakukan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan mereka sehingga mereka menemukan konsepatau pengetahuannya sendiri, dengan bimbingan guru tentunya sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  12. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    “Elegi Guru Menggapai Perubahan” di atas sangat baik dan bermanfaat, di mana guru ingin melakukan perubahan, khususnya dalam metode pembelajaran kepada siswa agar berorientasi pada metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Akan tetapi, melakukan perubahan tidak semudah membalikkan tangan maupun sebuah teori saja, melainkan membutuhkan suatu proses.

    ReplyDelete
  13. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan tersebut akan terwujud apabila individu tersebut (guru) menyadari, berniat, dan selanjutnya diimbangi dengan usaha semaksimal mungkin. Apabila setiap individu (guru) melakukan perubahan, mudah-mudahan pembelajaran inovatif pun dapat terwujud. Kita sebagai calon guru, diharapkan cara-cara perubahan di atas dapat menjadi motivasi dan sebagai bekal menjadi guru profesional. Amiin.

    ReplyDelete
  14. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Apa itu perubahan? Jika ada seseorang menyatakan bahwa dirinya telah berubah. Lantas apa yang sebernya berubah pada dia. Yang mengalami perubahan yaitu sifat, bentuk, potensi, dan lainnya. Suatu perubahan tentu memiliki arah, yaitu perubahan ke arah yang baik/positif atau malah berubah ke arah yang buruk/negatif. Yang diharapkan adalah perubahan positif ke arah yang lebih baik. Perubahan sudah semestinya kita lakukan, karena hermenueika hidup itu adalah linier yang artinya selalu berkembang. Semua dapat mengalami perubahan atau perkembangan, namun tentang arah positif atau negatifnya tergantung kita mau yang mana.

    ReplyDelete
  15. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dikarenakan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan dengan melakukan perubahan. Inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran perlu dilakukan guru. Guru dapat mengajak semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk melakukan perubahan, dengan begitu perubahan yang dilakukan dapat dimaksimalkan pengaruh positifnya.

    ReplyDelete
  16. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    perubahan itu pasti dialami oleh manusia, dan pendidikan pun juga mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan seiring waktu yang berjalan, dalam pendidikan guru bisa menajdi ujung tombak dari perubahan, perubahan dapat kearah positif maupun negatif, namun harapannya perubahan yang terjadi kearah positif, untuk itu guru harus memperisapkan diri dan mempersiapkan pembelajaran agar dapat membuat siswa melakukan perubahan kearah positif.

    ReplyDelete
  17. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    setelah saya membaca tulisan Bapak, banyak sekali note untuk saya yang akan saya jadikan self reminder diri saya. saya sangat setuju dengan hal ini "Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri" . cita cita kelak saya ingin menajdi guru semoga saya bisa menjadi salah satu agen perubahan untuk pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Perubahan terjadi jika seseorang memikirkannya, jika guru tidak memikirkannya maka ia tidak menginginkan adanya perubahan dalam pola pikirnya. Syarat agar manusia dapat berubah antaralain ialah mempunyai kesadaran, memperbaharui niat dan motivasi, alasan perubahan, pemahaman tentang perubahan, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu merefleksi diri. Perubahan yang terjadi akan membawa guru melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan agar anak tidak jenuh dalam pembelajaran dan selalu antusias untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Jika keinginan kita semakin besar untuk berubah, maka kita dapat menambahkan “makna” pada perubahan diri kita. Perubahan kita akan bermakna jika perubahan itu bermakna pula bagi yang lainnya.Jika keinginan kita semakin besar lagi untuk berubah, maka kita dapat tambahkan “positif bagi diri kita dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginan kita semakin besar lagi untuk berubah, maka kita dapat tambahkan “bermanfaat bagi diri kita dan yang lain di dunia dan akherat”.

    ReplyDelete
  20. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tidak ada di dunia ini yang tidak berubah. Satu-satunya hal yang tidak mengalami perubahan adalah perubahan itu sendiri. Tentu, perubahan mengarah ke hal baik dan buruk. Sebagai manusia, perubahan haruslah mengarah ke hal-hal baik, termasuk guru. Guru semakin hari harus semakin berubah ilmunya (ilmunya bertambah), cara mengajarnya dan perangkat pembelajarannya (menyesuaikan kebutuhan siswa, teknologi, keadaan kelas). Agar guru bisa berubah menjadi guru yang lebih baik, guru haruslah terus melakukan penelitian kecil sehingga terciptanya inovasi-inovasi canggih muncul dan dapat membuat pembelajaran berubah menjadi semakin baik.

    ReplyDelete
  21. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Seorang guru dituntut untuk selalu berinovasi dalam pembelajarannya. Bagaimana caranya melakukan perubahan? Untuk melakukan perubahan diperlukan niat dan komitmen dalam menjalankan hal tersebut. Perubahan juga tidak dapat dilakukan jika guru tidak memiliki arah dan tujuan, perubahan tersebut tidak memiliki makna dan tidak bermanfaat bagi dunia dan akherat. Perubahan tersebut dapat terjadi jika guru mengerti apa yang dilakukan, metode apa yang harus dipakai dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan ruang dan waktunya. karena sesungguhnya semua metode yang ada itu baik, namun jika guru tidak mengerti maknanya, dimana dan kapan harus menggunakannya, yang ada hanya perubahan ke arah yang lebih buruk, bukan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  22. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Perubahan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Di dalam dunia pendidikan, seorang guru (pendidik) hendaknya dapat melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi dalam proses pembelajaran, guru hendaknya melakukan perubahan dari pembelajaran yang bersifat tradisional ke pembelajaran modern (pembelajaran inovatif), sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan tentunya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan perubahan, perubahan ini dilakukan dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran inovatif, dari pembelajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, dari pembelajaran yang bersumber pada papan tulis, kapur dan ceramah guru ke pembelajaran dengan sumber yang variatif.

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk melakukan perubahan guru harus memenuhi syarat yaitu menyadari akan perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi melakukan perubahan, menemukan alasan melakukan perubahan, memahami apa perubahan itu, mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, dan bercermin pada diri sendiri. Perubahan tidak berlangsung secara cepat, membutuhkan waktu dan tidak semudah membalikan tangan. Tetapi perubahan tetap penting dilakukan karena perubahan adalah sunatullah dan untuk kebaikan , baik kebaikan di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru harus terus melakukan perubahan. Guru yang baik akan menyadari bahwa bekerja secara tim akan lebih memberi manfaat pada dirinya. Sedangkan dengan kesadaran tersebut akan menjadikan guru lebih aktif dalam mencari rekan kerjasama untuk berdiskusi maupun sama-sama memberikan saran dan pendapatnya mengenai pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan yang semakin berkembang membuat pembelajaran harus mengalami perubahan. Salah satunya diwujudkan dengan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat diterapkan guru melalui beberapa tahapan. Yang pertama dilakukan adalah memahami tujuan pendidikan atau pembelajaran. Dengan ini, guru akan dapat menentukan pembelajaran yang seperti apa yang dapat dilaksanakan

    ReplyDelete
  27. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Langkah kedua adalah menentukan cara mencapai tujuan tersebut. Dengan telah adanya tujuan, maka guru mampu merumuskan langkah-langkah apa yang dapat ditempuh. Lalu langkah ketiga adalah melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan. Dengan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian yang dapat menjadi referensi mengenai pelaksanaan pembelajan yang efektif, praktis, dan inovatif.

    ReplyDelete
  28. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selanjutnya adalah dengan mengenali masalah, asal, dan ditujukan kepada siapa masalah tersebut. Dengan kita mengenali masalah itu, akan didapatkan pula penyelesaian yang jelas dan sesuai dengan masalah tersebut, agar tidak terjadi salah sasaran. Selanjutnya adalah mengembangkan skema pembelajaran yang fleksibel. Skema yang fleksibel memberi kesempatan kepada guru untuk menyusun hasil-hasil dari langkah-langkah sebelumnya. Lalu kembangkan interaksi belajar bagi seluruh siswa. Guru dapat menentukan pembelajaran yang seperti apakah yang mampu memfasilitasi siswa dalam berinteraksi

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mengembangkan sumber belajar menjadi hal yang dapat dilakukan. Dengan memilih sumber belajar yang tepat, akan memudahkan guru menyusun dan menentukan media yang mendukung. Dan selanjutnya akan dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan pendekatannya, serta inovasi di level sekolah

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan lesson study dan menerapkannya dalam pembelajaran, guru akan mampu dengan lancar melakukan inovasi pembelajaran. Dapat dilakukan pula penelitian tindakan kelas, juga mempelajari model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan arah inovassi pembelajaran yang diinginkan. Karena sebenar-benar kelas adalah laboratorium, dan sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Dengan seringnya dilakukan penelitian, akan semakin banyak pula kajian ilmiah mengenai pembelajaran yang inovatif dan interaktif yang dapat membantu guru merubah paradigma pendekatan pembelajaran yang baik

    ReplyDelete
  31. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Konsep ruang dan waktu merupakan faktor utama sebuah perubahan. Perubahan yg dilandasi dengan hubungan vertikal, senantiasa akan menuntun segala langkah menjadi lebih baik dari yang telah lalu. Perubahan pasti terjadi dalam segala aspek kehidupan, pendidikan, kemasyarakatan, ekonomi, politik, sosial budaya, dan sebagainya. Kita sebagai individu yang menjadi bagian dari kelompok yang akan mengalami perubahan, dituntut untuk selalu memiliki inovasi yang cerdas sehingga mampu memberikan warna yang indah dalam perubahan yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  32. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pada elegi guru menggapai perubahan ini mengajarkan kepada kita bahwa perlunya inovasi dalam pembelajarana. Karena setiap zaman perkembanagan ilmu serta karakter peserta didik pun berubah sehingga menunjang kebutuan peserta didik pun juga berubah,misalnya dahulu pembelajaran dengan metode ceramah unggul dalam pembelajaran namun ada zaman sekaran jika hanya dengan ceramah saja peserta didik kurang mampu menangkap pembelajaran diperlukan inovasi-inovasi baru. Misalnya menerapkan beberapa metode pembelajaran yang disesuaikan dengan topik pembejarana yang sesuai dengan fasilitias yang tesedia. Maka guru memiliki peran untuk selalu melakukan inivasi pembelajaran untuk meningkatkan kwaliatas peserta didiknya agar lebih baik.

    ReplyDelete
  33. Selasa, 6 Juni 2017
    EKA RETNO SARI (14301241013)
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ternyata tanpa kita sadari kita selalu berubah. Perubahan tidak selalu terjadi pada hal-hal tampak mata. Berubah masa berubah pula usia. Namun yang terpikir selama ini, berbicara tentang perubahan adalah terdapat dua kemungkinan, ke arah yang baik ataukah buruk. Namun membaca tentang hal apa saja yang harusnya ditambahkan agar sadar akan perubahan, kiranya perubahan itu adalah menuju pada kebaikan dan dipuncak kebaikan itu adalah bermanfaat untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sudah menjadi kodratnya, begitu waktu bertambah, zaman pun berubah. Perubahan zaman sangat kompleks dan dinamik. Sehingga diperlukan usaha yang tidak mudah untuk mengikuti dan hidup sesuai zaman. Jika tidak dapat mengikuti perubahan dan beradaptasi terhadapnya, maka yang akan muncul adalah permasalahan-permasalahan yang tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain. Untuk dapat beradaptasi minimal diperlukan ilmu dan keikhlasan yang cukup, karena jika tidak memiliki hal-hal tersebut perubahan tidak akan terjadi. Hasilnya, tidak akan bisa beradaptasi.

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Adanya perubahan seiring berjalannya waktu kadang tidak disadari. Begitupun juga seorang guru, seiring berkembangnnya jaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru hendaknya melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran. Perubahan ini akan membawa siswa dan pembelajaran kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sebagai seorang guru hendaknya dapat merubah paradigma pembelajaran. Dengan mengubah metode tradisional ke metode pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebaiknya jangan takut untuk berubah, perlu mencoba, berlatih dan kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan selama perubahan itu mampu memperbaiki diri kita ataupun orang disekeliling kita baik masa sekarang ataupun masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  37. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sebelum melakukan perubahan budaya, pertama-tama harus dilakukan terlebih dahulu diagnosis terhadap budaya yang akan dirubah. Tujuannya selain mengetahui budaya yang ada juga agar pelaku perubahan bisa belajar tentang pola pikir organisasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya sebab budaya bukanlah sebuah obyek tetapi sebuah perspektif. Kita berusaha melacak kembali bagaimana budaya yang sekarang berkembang dalam sebuah budaya organisasi. Tujuannya adalah agar dalam perubahan budaya kita tidak membuat kesalahan yang sama di masa datang.

    ReplyDelete
  38. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  39. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  40. Inilah yang harus mendapat perhatian dan pemikiran dari guru bahwa kelas pembelajaran adalah laboratorium. Laboratorium bagi guru atau laboratorium bagi siswa. Bagi guru berarti bagaimana guru memberikan perlakukan kepada siswa sehingga siswa dapat memperoleh pembelajaran yang berkualitas. Laboratorium bagi siswa berarti bagaimana siswa menghubungkan, melakukan penelusuran, membangun pengetahuan dengan saling berinteraksi dengan sumber belajar, bahan belajar, media belajar, berinteraksi dengan pengelaman yang telah dimilikinya, berinteraksi dengan sesama secara berdiskusi dan berinteraksi dengan guru.

    ReplyDelete
  41. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan pasti mengalami perkembangan dan perubahan. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas perlu untuk menyesuaikan perubahan-perubahan tersebut. Dapat dilihat problem perubahan kurikulum 2013, banyak guru yang belum siap untuk menerapkan pembelajaran kurikulum 2013. Seharusnya, seorang guru harus siap untuk memperbaiki diri baik dalam kemampuan maupun pengetahuannya sehingga dapat tetap menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif di kelas walaupun mengalami perubahan kurikulum.

    ReplyDelete
  42. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Di dunia ini, tidak ada yang sama. Bahkan aku yang sekarang berbeda dengan aku yang kemarin maupun besok sebab memang perubahan itu tidak dapat dihindari. Pandangan mengenai suatu hal itu juga begitu, berubah-ubah sesuai dengan ruang dan waktunya. Karena manusia itu sifat, selalu berubah, karena yang kekal hanyalah Tuhan. Kemudian jika dikaitkan dengan pendidikan, maka guru itu juga manusia, yang tentu setiap saat berubah. Siswa juga manusia. Manusia itu sifat, maka guru itu sifat, siswa sifat. Oleh karena itu, akan muncul berbagai masalah sejalan dengan terjadinya perubahanoleh karena otu, guru disini berperan melakukan perubahan yang disesuaikan dengan perubahan siswa, dari metode, penyampaian, sikap, dan sebagainya sehingga guru dapat memahami siswa.

    ReplyDelete
  43. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menanambkan nilai-nilai yang terpuji agar manusia berbudi luhur. Tidak hanya menjadi manusia yang berbudi luhur namun, pendidikan juga mempelajari semua aspek kehidupan seperti teknologi, ilmu sosial dan dll guna mempermudah kehidupan manusia di dunia yang semakin berubah. Kehidupan di dunia dan segala aspek didalamnya senantiasa bersifat dinamis oleh karena itu guru sebagai pionir bagi siswa membangun pengetahuannya harus senantiasa mengikuti perubahan di dunia agar hal yang di tanamkan kepada siswa dapat sesuai dengan perkembangan dunia di zamannya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  44. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Menjadi seorang guru tidak hanya dapat menyampaikan materi secara ceramah kepada siswanya. Menjadi seorang guru merupakan tanggung jawab yang besar. Perubahan seseorang termasuk seorang guru merupakan hal yang pasti. Akan tetapi perlu adanya berbagai upaya untuk menggapai perubahan yang menuju kebaikan dan bermanfaat untuk banyak pihak. Untuk menggapai perubahan seorang guru harus terus menerus belajar, berusaha mencari berbagai pengalaman, menerapkan apa yang telah dipelajari guna memberikan fasilitas yang terbaik kepada siswa untuk belajar. Selain itu selalu berdoa dan mengharap ridho Allah SWT agar dijauhkan dari sifat dan hal-hal yang bertentangan dengan spiritual.

    ReplyDelete
  45. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Sesuatu kehidupan pasti akan ada yang namanya perubahan, entah itu perubahan yang baik atau perubahan yang buruk. Sebagai guru yang menjadi pusat perhatian untuk siswanya sudah sewajarnya setiap guru melakukan perubahan diri menjadi lebih baik untuk menjadikan siswa berubah menjadi lebih baik juga. Akan lebih baik jika perubahan itu dimulakan dengan niat akan kesadaran diri ingin menjadi pribadi yang lebih baik, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang belum bisa menjadi bisa, dan lainnya.

    ReplyDelete
  46. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Tambahan sedikit...

    Jika ingin melakukan terhadap perubahan gaya mengajar atau perubahan ilmu pengetahuan, akan lebih baik jika dilakukan secara bersama atau individual, tetapi tetap bertahap.
    Satu kali belum bisa, masih ada beberapa kali belum dicoba, tetap lah berusaha untuk melakukan perubahan yang lebih, karena setiap perubahan itu memerlukan perjuangan dan ketekunan, serta sikap tidak mudah menyerah akan satu kali perubahan yang belum berhasil. Setiap perubahan mempunyai tujuan, baik tujuan untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  47. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi ini menyadarkan saya akan pentingnya perubahan. Perubahan adalah suatu yang pasti. Bahkan jika diri ini menganggap kita tak berubah, ruang dan waktu itu pun sejatinya pasti berubah setiap saat. Aku yang tadi beda dengan yang sekarang dan seterusnya.
    Sehingga ibarat suatu vektor gaya yang besar dan arah. Maka demikian pula dengan perubahan. Perubahan bagi siapa pun adalah suatu keniscayaan. Bagaimana kita mengarahkan untuk perubahan ini mempunyai arah yang lebih baik kedepannya atau bisa disebut tujuan. Karena setiap orang niscaya berubah, seorang guru pun haruslah berubah demikian lah sunnatullahnya. Guru yang awalnya menggunakan metode konvensional yang tak pernah menggunakan metode lain, maka mulai menggunakan berbagai metode yang disesuaikan dengan karakter siswa dan materi.

    ReplyDelete
  48. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Hal itu karena kemajuan pendidikan dan bidang teknologi jaman sekarang berbeda dengan tahun yang lalu. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. Siswa akan merasa tertekan karena tidak bebas dalam berekspresi dikarenakan pemikiran siswa dan guru berbeda. Guru yang bukan pembelajar adalah guru yang telah puas terhadap pengetahuan yang dimilikinya dan memutuskan untuk tidak mau mengembangkan pemikiranny sesuai perkembangan zaman Sedanggakn guru pembelajar adalah guru yang mau belajar dan mau mengajarkan kepada siswanya mengenai inovasi-inovasi baru dalam belajar agar kegiatan belajar menyenangkan.

    ReplyDelete
  49. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Terkadang guru sulit untuk berubah. Guru menganggap cara mengajarnya sudah yang paling baik dan tetap melakukan caranya sendiri. Pembelajaran yang baik adalah ketika guru bisa menyesuaikannya dengan keadaan lingkungan dan keadaan siswa. Sebaik-baik pembelajaran yang telah dirancang, jika tidak sesuai dengan siswa maka semua akan sia-sia karena siswa tetap tak akan mendapat ilmu yang maksimal. Inovasi dalan belajar sangatlah penting apalagi di zaman ini. Yang harus guru sadari adalah menjadi guru tak hanya terkungkung di sekolah saja, tapi juga harus terbuka dengan dunia luar. Guru harus sadar akan perubahan lingkungannya,perubahan zaman. Ketika ia sadar dengan perubahan zaman, maka secara sadar ia pun memiliki awalan ntuk berubah dan memberikan usaha terbaiknya demi kemajuan siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  50. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami didunia ini tidak ada yang tetap, dunia senantiasa berubah. Satu-satunya yang tetap di dunia ini adalah “dunia akan tetap terus berubah”. Tentunya semua mengharapkan perubahan yang lebih baik, yaitu perubahan yang mampu mengantarkan seseorang untuk mampu menembus ruang dan waktu dan menempati dimensi yang lebih tinggi. Dengan demikian sebagai seorang guru dan pendidik, kami harus siap dengan segala perubahan tersebut, tidak lain dan tidak bukan juga dengan melakukan perubahan agar kita bisa menghadapi segala perubahan dengan cara yang tepat di waktu yang tepat.

    ReplyDelete
  51. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof, benar-benar bermanfaat dan dekat dengan kehidupan kami di lingkungan pendidikan
    Melalui elegi ini saya tertarik bahwa guru yang ingin berinovasi harus didasarkan pada aktivitas penelitian. Saya setuju, karena hanya lewat penelitian itu lah guru akan mengetahui aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam pembelajaran. Selain itu, melalui penelitian juga lah guru dapat mengimplementasikan metode yang akan digunakan dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.

    ReplyDelete
  52. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Sebagai seorang pengajar, melakukan perubahan adalah hal yang harus selalu dillakukan guru demi mengiuti tren pembelajaran. Ada syarat-syarat seorang guru mampu melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbarui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada diri sendiri.
    Terdapat beberapa cara agar guru yang ingin melakukan perubahan pada cara mengajar dapat melakukan perubahan. Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerjasama denan orang lain. Kedua, akukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu da temukanlah makna dibalik setipa perubahanmu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

    ReplyDelete
  53. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Setelah membaca ini, bagi saya tidak hanya seorang guru saja yang memiliki keinginan pada perubahan. Saya sendiri juga memiliki keinginan hidup yang terus berubah dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya perubahan pada arah yang lebih baik. Semoga ruang dan waktu selalu memberikan kesempatan pada saya agar dapat mempergunakan keduanya dengan efektif. Tentunya, saya juga tidak hanya berfokus pada ruang dan waktu. Namun, kesempatan untuk menjalani kehidupan dari waktu ke waktu yang saya minta kepada Tuhan. Saya sangat bersyukur atas nikmat hidup yang sudah Tuhan berikan hingga saat ini. Terimakasih Prof, ulasan ini menghantarkan pada diri saya untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan kepada saya terutama nikmat umur, kesehatan dan hidup.

    ReplyDelete
  54. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    “engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah”, seperti halnya tak ada jawaban pun, itulah jawabannya. Sepertinya saya masih bertanya-tanya mengenai kalimat ini. Mohon kesediannya Bapak untuk memberikan penjelasan terkait kalimat ini.
    Banyak hal yang baru saya ketahui setelah membaca elegi ini. Ternyata perubahan yang tidak saya sadari adalah terkait dengan struktir, bentuk, sifat-sifat, potensi, dan fakt-fakta tentang diri ku ini. Sedangkan jika saya sadar dan berkeinginan untuk berubah maka hal yang terkait dengan perubahan yang disadari adalah ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Perubahan sangat penting sekali baik untuk diri sendiri, orang terdekat, orang jauh, dunia, dan akhirat. Apalagi perubahan bagi seorang guru, tentunya perubahan yang lebih baik ke arah positif, dapat memberikan perkembangan yang lebih maju lagi bagi dunia pendidikan. Setidaknya perubahan untuk dirinya sendiri, bagi lingkungan kelas, dan sekolahnya. Sungguh pentingnya perubahan bagi seorang guru untuk selalu mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, supaya peserta didik merasa senang dan tidak bosan untuk belajar.

    ReplyDelete
  55. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof
    Suguhan elegi yang sangat menarik.Dipoles dengan sentuhan-sentuhan nasehat yang indah.
    Kata kuncinya dari membaca elegi di atas, untuk melakukan perubahan perlu adanya kesadaran.Dengan mengambil petikan kalimat di dalam elegi tersebut yang menurut saya sangat memiliki daya tarik yang sangat penting bahwa “Sebaik- baik perubahanmu adalah yang juga bermanfaat buat orang lain” ini merupakan hal yang paling mendasar untuk membangun perubahan dan akan membawa dampak positif bagi diri kita sendiri.Juga sebaik-baiknya perubahan jika terarah, bernilai baik, dan bermanfaat bagi dunia maupun akhirat.Yang tidak kalah pentingnya juga di dalam perubahan agar yang sulit terasa mudah maka dibutuhkan kerja sama seperti yang telah disebut di dalam elegi tersebut.Kita menyadari bahwa kita tidak dapat berjalan sendiri tanpa orang-orang di sekitar kita.Mungkin seperti itulah yang diharapkan oleh guru di dalam melakukan perubahan-perubahan di dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  56. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih Prof. Marsigit atas artikel di atas. Ulasan yang menarik dan saya menjadi teringat dengan perkataan yang sering diucapkan oleh bapak di kelas, bahwa setiap detik sesungguhnya kita itu berubah, berubah pada ruang dan waktu yang sesuai dimana dan kapan kita berada. Jadi perubahan akan selalu ada dan selalu beriringan dengan kita. Bahkan kita tidak memikirkan sesuatupun, kita dianggap berubah, berubah dari yang tadi memikirkan suatu hal menjadi tidak memikirkan akan suatu hal. Apalagi seorang guru, menggapai perubahan untuk diri sendiri saja mungkin masih kesulitan bagaimana merubah siswa. Tidak merubah kodratnya namun sikap, sifat, dan pemikiran mereka agar menjadi manusia yang kritis, kreatif, inovatif, sekaligus bermanfaat, dan berkualitas dalam hidupnya. Tentunya tidak dengan pengambilan keputusan yang cepat dan instan, karena semuanya membuthkan waktu dan proses. Saya sangat setuju bahwa perubahan yang kita lakukan dan tebarkan hendaknya bermanfaat bagi diri sendiri, oranglain, dunia dan akhirat. Mungkin mudah saja untuk saya ketik saat ini, namun melakukan nya pun harus berangkat dari niat yang benar-benar murni dan tulus, selalulah memohon pertolongan agar diberi kemudahan oleh Allah sehingga pada akhirnya perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  57. Dimas Candra SAputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Setiap saat semua hal mengalami perubahan meskipun tanpa disengaja dan juga tanpa disadari. Guru yang bijak ialah guru yang mau berusaha untuk melakukan perubahan, baik melakukan perubahan paradigma pembelajaran, perubahan cara pandang, perubahan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Tentu perubahan yang dimaksud ialah perubahan untuk perbaikan, yaitu untuk benar-benar menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu upaya perubahan yang penting dilakukan oleh guru adalah selalu melakukan inovasi. Dalam melakukan inovasi, guru harus benar-benar memahami hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarannya. Inovasi yang dilakukan oleh guru juga harus disesuaikan dengan dinamika perubahan siswa. Setiap inovasi yang dilakukan pun perlu dilakukan refleksi dan evaluasi agar perubahan yang dilakukan selalu lebih baik. Dengan demikian, pendidikan akan benar-benar mampu menjawab tantangan perubahan zaman.

    ReplyDelete
  58. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perubahan yang meliputi pengetahuan, skill, dan sikaf merupakan hal yang penting bagi seorang guru. Perubahan yang dimaksud bukan saja perubahan yang terjadi pada diri siswa melainkan perubahan yang juga terjadi pada diri guru. Hal tersebut sangat berguna demi perbaikan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Karena jika gurunya bagus maka umumnya akan melahirkan peserta didik yang bagus pula. Untuk menuju perubahan tersebut guru harus tekun dalam mencari berbagai macam referensi pengetahuan yang meliputi metode, pendekatan, serta teknologi yang dapat mendukung pada saat pembelajaran berlangsung dengan begitu guru akan menjadi kreator dan innovator bagi perkembangan afektif, psikomotor, dan intelegensi siswanya.

    ReplyDelete
  59. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Menggapai perubahan merupakan sebuah keharusan yang akan dialami setiap makhluk. Perubahan pada dunia pendidikan juga pasti akan terjadi. Paradigma pendidikan yang tradisional mulai di ganti dengan inovasi-inovasi yang baru guna menunjang perkembangan segala aspek kehidupan. Karena tujuan pendidikan tidak bukan adalah membekali siswa dengan keahlian, ketrampilan, serta kemampuan lain guna menghadapi kehidupan nya. pendidik sebagai pioner dalam dunia pendidikan memegang peran sentral dalam peningkatan mutu pendidikan, oleh karena itu pendidik hendaknya senantiasa meningkatan kemampuan diri, kemampuan keilmuan, kemampuan pedagogik. Kemampuan administrasi, kemampuan perencanaan, kemampuan mengajar, kemampuan evaluasi, Kemampuan penilaian agar mampu memfasilitasi kebutuhan siswa yang berbeda- beda.

    ReplyDelete
  60. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Seorang guru atau siapapun, hendaknya menyadari bahwa perubahan itu pasti akan terjadi. tetapi bagaimana menyikapinya adalah hal yang penting. disitulah guru berperan dalam perubahan di bidang pendidikan, mengarahkan ke perubahan yang lebih baik, dengan dibantu oleh pihak-pihak lain yang melakukan penelitian, dan kerjasama yang berkesinambungan, maka perubahan ke arah yang lebih baik, bisa dicapai.

    ReplyDelete
  61. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih Prof, dengan membaca tulisan ini saya menjadi paham bahwa saya akan tetap berubah walaupun saya tidak menyadarinya. Perubahan itu pasti, tetapi berubah ke arah kebaikan itu belum pasti dan perubahan dalam kebaikan itu yang harus terus diupayakan. Jika hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka kita adalah termasuk golongan orang yang beruntung.

    ReplyDelete
  62. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Dalam pembelajaran dikelas menjadi seorang guru harus paham dengan apayang dihadapi.Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. perubahan yang ada sekarang beraitan dengan kurikulum adalah hal yang biasa terjadi karena sejatinya itu sesuatu berubah tanpa kita sadari. namun jika kita menyadari suatu perubahan dan mempunyai tujuan yang akan dicapaimakan tujuan itu adalah hal yang diinginkan oleh manusia untuk mengarahkan ke bagian tertentu. dengan potensi yang dimiliki oelhmanusia atau adanya daya juang manusia untuk melakukan perubahan yang lebih besar lagi berkaitan dengan makna perjalanan dlam perubahan itu sendiri adalah kekuatan yang lebih besar untuk berubah kearah tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  63. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sudah menjadi hakikatnya generasi muda menjadi agen perubahan begitu juga dengan guru. Sebagai pendidika kita harus teru berinovasi guna mengikut perkambangan zama dan tekhnologi yang semakin pesat. Di jama sekarang ini, mengajarkan “knowledge” bukan lagi menjadi hal yang paling utama karena siswa bisa mendapatkannya dengan akses informasi dengan ditunjang internet tapi tugas paling utama seorang pendidikan sekarang adalah mengajarkan kepada siswa “wisdom” dalam memanfaatkan tekhnologi agar tidak terjadinya pergeseran nilai dan moral.

    ReplyDelete
  64. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Proses belajar merupakan suatu kegiatan yang berusaha membuat perubahan kepada peserta didik baik dari segi kemampuan intelektual, prilaku, maupun motorik siswa. Perubahan bisa terjadi melalui kegiatan meniru atau kegiatan belajar otodidak. Untuk perubahan yang terjadi melalui proses meniru seperti yang dinyatakan di dalam teori belajar Gagne dan Bandura bahwa guru harus hati-hati di dalam menanamkan konsep belajar agar tidak terjadi kesalahan konsep.

    ReplyDelete
  65. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Perubahan tanpa kita sadaripun tetap akan terjadi, karena seperti yang telah Bapak jelaskan bahwa kamu sepersekian detik yang lalu sudah berubah menjadi dirimu yang lain karena termakan oleh ruang dan waktu. Akan tetapi, untuk menggapai sesuatu yang lebih baik, maka perlu melakukan perubahan yang disadari (dengan niat) yakni perubahan yang mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik bagi dunia maupun akhirat. Seperti perubahan yang dilakukan oleh para pendidik (guru), perubahan yang mereka lakukan ialah perubahan agar proses pembelajaran lebih baik dan dapat meningkatkan prestasi-prestasi siswanya. Perubahan yang dapat dilakukan seperti perubahan proses pembelajaran, bahan ajar, metode pembelajaran, cara menilai, cara merefleksi, dan lain-lainnya.

    ReplyDelete
  66. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Pada dasarnya setiap individu tidak pernah dalam keadaan tetap, namun terus mengalami perubahan. ]jika melihat dalam bidang pengajaran, perubahan ataupun inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran hal dasar yang perlu dilakukan adalah melihat tujuan utama pembelajaran, selanjutnya baru meyusun kerangka serta alur-alur pembelajaran dengan memperhatiak aspek-aspek pendukung, agar ketercapain tujuan pembelajaran tersebut semakin besar. Oleh karena itu guru haruslah menjadi orang yang terbuka pada inovasi-inovasi baru yang muncul.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  67. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah, karena semuanya terikat pada ruang dan waktu. Diri kita senantiasa berubah, orang lain pun juga berubah. Salah satu hal yang berubah lainnya adalah peserta didik. Kita tidak bisa membantah bahwa perubahan zaman, globalisasi dan juga teknologi telah mengubah gaya hidup umat manusia. Termasuk mengubah gaya hidup peserta didik. Peserta didik zaman sekarang lahir dalam era gadget beserta dengan kemudahan yang ditawarkan, membuat karakter peserta didik zaman sekarang berbeda dengan peserta didik zaman dahulu. Dalam menghadapi ini, guru perlu melakukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan hal ini. Pembelajaran harus selalu inovatif, cara mengajar guru sekarang tidak bisa selalu sama dengan cara mengajar guru zaman dahulu. Sehingga guru perlu senantiasa melakukan inovasi dan perubahan untuk menyesuaikan dengan karakter peserta didik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan lesson study dan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilakukan bukan semata-mata untuk kepentingan yang sifatnya administrasi dan materil, tapi demi kebaikan anak didik, kebaikan negara, kebaikan dunia dan kebaikan akherat.

    ReplyDelete
  68. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perubahan adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pendidik. Dari mana kita harus merubahnya? Kapan kita merubahnya a? Bagaimana cara merubahnya? Mengapa kita merubahnya? Ya semua itu jelas apabila dalam setiap pembelajaran kita mengadakan sesi untuk merefleksikan metode pembelajaran itu dengan siswa. dengan hal ini, kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasi keselahan kita, dan kita pun akan mencari cara dengan mencari metode metode lain yang lebih sesuai dan lebih apik untuk mengatasi hal itu. maka dengan adanya evaluasi diri, tujuan pembelajaran akan lebih sesuai dengan tujuan pendidikan yang diterapkan di Indonesia. Karena sebagai manusia, tidaklah ada yang sempurna. Kita harus sering-sering mendapatkan saran dan kritikan entah itu dari siswa kita atau teman para pendidik.

    ReplyDelete
  69. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Dunia bersifat dinamis dan begitu pula manusia, selalu mengalami perubahan meskipun tidak penah disadarinya. Perubahan masih bersifat umum, maka dia bisa mengarah kea rah kemunduran ataupun kemajuan , keburukan ataupun kebaikan maka sesuai dalam tulisan diatas bahwa setinggi-tinggi perubahan jika manusia mampu menyadari bahwa perubahan itu memiliki arah dan positif serta bermanfaat baik untuk dunia dan akhirat. Dalam system pendidikan memang perlu dibutuhkan perubahan sehingga system pendidikan itu revelan dan mampu memfasilitasi siswa sehingga untuk mewujudkan perubahan yang tepat di syaratkan ada beberapa unsur yang telah di sampaikan diatas. Menanggapi sisi cara melakukan inovasi yakni pada poin bahwa ketika ingin melakukan inovasi perlu meneganali hakikat siswa. Menggali hakikat siswa untuk menemukan siapa sebenarnya siswa, siswa sebagai subyek pembelajaran bukan obyek pembelajarn sehingga inovasi pembelajaran dapat diarahkan untuk membuat siswa melakukan kegiatan entah kegiatan berpikir atau fisik dalam belajar.Terima Kasih.

    ReplyDelete
  70. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Perubahan memiliki syarat dan salah satunya kenali dirimu sendiri

    Buat saya ini yang paling sulit pak, karena untuk mengenali diri sendiri namun masih ragu2 untuk menentukan pilihan
    Karena apa yang akan kita hadapi, apa yang kita mau, orangtua mau dan tanggung jawab lainnya
    Sebagai guru pun banyak yang harus diubah dari sudut pandang, kreatifitas, pengembangan alat dll
    Apalagi dijaman ini
    Yang ke disiplinan sering diabaikan karena tidak ads peraturan yang kuat
    Jika dari kecil sudah ditanamkan rasa tanggung jawab, untuk kedepannya akan lebih mudah

    ReplyDelete
  71. Berdasarkan cerita yang telah bapak tuliskan diatas maka saya dapat menyimpulkan bahwa sayanya seorang guru harus selalu senantiasa melakukan perubahan pada dirinya dan cara seorang guru memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuan. Sesungguhnya manusia itu senantiasa selalu berubah, setiap detiknya saat kita menyatakan kita tidak berubah maka sesungguhnya dirimu tadi telah berubah.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  72. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Setiap orang senantiasa melakukan dan mengalami perubahan, baik itu yang disadari maupun yang tidak disadari, direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Perubahan ini terjadi dengan sendirinya karena memang manusia itu terikat dengan ruang dan waktu yang selalu berubah. Tidak terkecuali bagi seorang guru, ia juga selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam cara mengajar serta dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran. Dalam setiap perubahan, yang musti diingat adalah perubahan yang kita lakukan hendaklah perubahan yang mempunyai arah, makna positif dan bermanfaat baik itu untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  73. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menggapai perubahan dalam hal ini adalah ke arah perubahan positif. Dari yang awalnya kuranb baik menjadi baik, dan dari yang sudah baik menjadi lebih baik. Pada dasarnya, tanpa sadar setiap orang setiap waktunya mengalami perubahan yaitu perubahan ruang dan waktu yang dimilikinya. Segala yang ada di dunia ini terus berubah tidak ada yang statis, tidak ada yang begitu-begitu saja. Dalam konteks pembelajaran, perubahan perlu digapai oleh guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang dilaksanakannya yang tujuan akhirnya adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas output yang dihasilkan yang dalam hal ini adalah kualitas peserta didik.

    ReplyDelete
  74. Junianto
    PM C
    17709251065

    Saya sepakat bahwa kelas adalah laboratorium bagi siswa. Sehingga siswa lah yang seharusnya melakukan penelitian/ kegiatan belajar. Maka dari itu, guru adalalah fasilitator bagi siswa. Ini merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran dimana siswa adalah benar-benar sebagai subjek belajar. Perubahan atau inovasi juga senantiasa harus terjadi dalam pembelajaran agar siswa mengalami peningkatan belajar.

    ReplyDelete
  75. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dari elegi ini terlihat bahwa pentingnya suatu perubahan. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang dinamis yaitu selalu berubah walaupun kadang manusia tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami perubahan. Sebagai makhluk yang dinamis hendaknya secara sadar kita mengadakan perubahan pada diri kita, perubahan ke arah positif tentunya. Perubahan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, perubahan yang bermanfaat dunia akhirat. Sebagai calon guru kita juga harus merancang perubahan-perubahan yang akan kita lakukan. Perubahan di sini termasuk inovasi dalam pembelajaran. Perubahan dalam hal inovasi ini lah yang saya rasa sangat sulit untuk dilakukan, tetapi kami akan terus berusaha untuk membuat inovasi dalam pembelajaran demi mencerdaskan anak bangsa.

    ReplyDelete
  76. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terkadang kita tidak mudah untuk menerima adanya perubahan, meskipun setiap saat kita mengalami perubahan itu. Diperlukan sifat terbuka dan kesadaran diri untuk melakukan perubahan. Dalam elegi di atas dicontohkan ada seorang guru yang ingin berubah, mungkin dari pembelajaran tradisional menuju iniovasi pembelajaran. Ia harus mengenali dan memahami berbagai aspek yang mendukung keberhasilan perubahannya.Tentu dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh, kebesaran hati, dan usaha yang maksimal untuk melakukannya. Perubahan selalu terjadi karena memang kehidupan ini dinamis, namun tidak sedikit manusia yang ikhlas menerimanya. Hanya mereka yang berilmu pengetahuan dan ikhlas saja yang bisa memahaminya. Semoga para guru yang berniat melakukan inovasi pembelajaran diberikan kemudahan dan kesuksesan, aamiin.

    ReplyDelete
  77. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Benar sekiranya jika mengatakan bahwa kelas merupakan lahan penelitian dan pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk meneliti. Disini, seorang guru harus pintar-pintar untuk memilih metode yang baik dan inovatif agar pembelajaran yang diterima oleh siswa akan bermakna. Jika hanya satu saja yang digunakan, maka siswa akan cenderung bosan dengan pembelajaran yang bisa dikatakan monoton. Oleh karenanya, bagi setiap guru itu memang bisa dikatakan menjadi kewajiban untuk membuat inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran sesuai dengan apa yang diinginkan
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  78. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam proses pmbelajaran guru harusnya mengikuti perkembangan (perubahan) ilmu pengetahuan, teknologi, dll. Sebagai contoh: di Indonesia secara bertahap dilakukan perubahan kurikulum, ini dimaksudkan demi terwujudnya tujuan pendidikan yang ada. Guru disini tidak boleh hanya terpaku dengan kurikulum yang digunakan sebelumnya saja, namun juga harus mengikuti perubahan kurikulum yang diberlakukan, guru harus senantiasa belajar hal-hal baru. Dengan demikian guru akan dapat tetap enovatif dalam memberikan materi kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  79. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Sesuatu di dunia ini senantiasa bergerak. Sekecil apapun, selambat apapun. Hal – hal yang tidak pernah berubah adalah “perubahan” itu sendiri. Maka, pendidikan pun tidak terlepas dari perubahan. Entah perubahan itu sengaja di adakan atau perubahan itu tidak sengaja melainkan merupakan akibat tak langsung dari perubahan – perubahan yang lain. Menjadi guru tidak boleh berhenti berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Tetaplah melakukan inovasi – inovasi dalam melakukan pembelajaran. Yang ingin saya tanyakan Pak, perubahan menurut saya bisa ke arah yang positif dan arah negative. Bagaimana cara memastika bahwa perubahan kita berjalan ke arah yang positif.

    ReplyDelete
  80. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hakekat atau makna dari perubahan adalah kesadaran akan ruang dan waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika kita sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Untuk dapat melakukan perubahan maka orang harus mempunyai kesadaran tentang perubahan tersebut, mempunyai niat dan kesadaran untuk melakukan perubahan, menemukan alasan untuk melakukan perubahan, paham tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, dan bercermin pada diri sendiri.

    ReplyDelete
  81. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  82. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Manusia tidak akan terlepas dari perubahan karena kita hidup dalam ruang dan waktu yang juga terus berubah. Maka perubahan bukanlah sesuatu yang dapat kita hindari. Tak terkecuali seorang guru. Guru juga dituntut untuk terus berubah. Berubah disini adalah terus memperbaharui metode pembelajaran, instrumen, dan perangkat pembelajaran lainnya melalui inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini dapat diterapkan dalam kelas melalui penelitian tindakan kelas. Maka guru juga harus melakukan persiapan dengan mempelajari inovasi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas. Guru juga harus melakukan inovasi tersebut dengan memperhatikan kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  83. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Setiap orang harus mempunyai kesadaran dan niat tentang suatu perubahan yang diinginkan jika ingin melakukan sebuah perubahan berusaha menemukan alasan untuk melakukan perubahan, mau dan mampu memahami tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perunahan, dan bercermin pada diri sendiri. Dalam dunia pembelajaran, perubahan harus selalu dilakukan, dikarenakan kegiatan tersebut berhubungan langsung dengan obyek hidup yang senantiasa berubah, yaitu siswa. Pernyataan bahwa tiada metode yang paling cocok dalam proses pembelajaran harus memotivasi kita (para guru) untuk senantiasa melakukan perubahan dalam proses pembelajarannya. Sebenarnya perubahan dapat kita lakukan melalui penelitian yang bisa kita lakukan dalam proses pembelajaran itu.

    ReplyDelete
  84. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya sependapat dengan postingan ini yang menyampaikan mengenai perubahan dan syarat dalam melaukan perubahan adalah memiliki kesadaran dalam perubahan dan memiliki niat untuk melakukan perubahan. Apabila saya analogikan hal ini sama saja ketika adany perubahan kurikulum yang lebih mengutamakan teacher center menjadi kurikulum 2013 yang mengutamakan student center. Masih banyak guru yang mengalamin kesulitan untuk melakukan perubahan tersebut, hal ini mungkin saja karena kesadaran dan niat mereka dalam melaksanakan perubahan tersbeut belum sekuat mereka merasa nyaman dengan kegiatan yang telah bereka lakukan selama bertahun-tahun.

    ReplyDelete
  85. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga siswa akan mudah untuk membangun pengetahuan dan konsep. Guru perlu untuk melakukan perubahan secara berkala karena pengetahuan dan kondisi siswa akan berbeda setiap waktu, yaitu melalui metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, guru, dan lingkungan.

    ReplyDelete
  86. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Sadar ataupun tidak sadar setiap saat kita selalu mengalami perubahan. Hal itu karena belum juga kita mulai menunjuk diri kita, maka diri kita sejatinya telah berubah. Yaitu diri kita yang tadi menjadi diri kita yang sekarang. Namun perubahan yang bermakna adalah ketika kita menyadarinya. Perubahan yang benar-benar bermakana adalah perubahan yang diniatkan untuk menjadi lebih positif dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang guru, perubahan dalam inovasi pembelajaran itu mutlak diperlukan. Hal itu agar proses pembelajaran selalu relevan dengan karakteristik peserta didik dan perubahan zaman. Terimakasih

    ReplyDelete
  87. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Perubahan itu pasti terjadi pada setiap manusia tanpa terkecuali, perubahan akan terjadi terus menerus tanpa mengenal waktu. Perubahan itu harus mempunyai arah, entah itu perubahan ke arah positif maupun perubahan ke arah yang negatif, baik perubahan yang disadari ataupun yang tidak disadari. Namun perubahan itu pasti mempunyai tujuan tertentu, tentunya tujuan yang baik untuk dunia dan akhirat. Sebuah perubahan harus di dasari oleh kesadaran dari dalam diri kita terlebih dahulu, dari kesadaran itu akan muncul niat dan motivasi untuk berubah. Kita juga harus memahami alasan mengapa kita ingin melakukan suatu perubahan itu. BERANI BERUBAH ITU BAIK, jangan takut untuk berubah, kita perlu mencoba, berlatih dan kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan selama perubahan itu mampu memperbaiki hidup kita di masa sekarang dan mendatang.

    ReplyDelete
  88. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Salah satu cara guru dalam menggapai suatu perubahan adalah dengan sering melakukan penelitian pendidikan. Hasil dari penelitian pendidikan memberikan gambaran tentang keberhasilan metode yang diterapkannya. Jika belum berhasil guru harus sekreatif mungkin melakukan inovasi pembelajaran. Tidak dipungkiri bahwa hetepatan dan kecocokan dalam menerapkan metode pembelajaran harus melalui serangkaian research (penelitian) yang dilakukan guru tersebut.

    ReplyDelete
  89. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Elegi ini menjelaskan tentang apa itu perubahan. Berubah itu apabila kita menyadari adanya perubahan dan kita senantiasa berpikir dan memiliki niat serta motivasi untuk melakukan perubahan itu. Selain itu untuk dapat melakukan perubahan hendaknya menemukan alasan akan perubahan itu, dan selanjutnya untuk melakukan perubahan adalah sengan cara mencoba dan juga berlatih agar terbiasa melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  90. Seorang guru tentu perlu melakukan perubahan terhadap proses pembelajarannya. Tanpa perubahan, proses pembelajaran akan bersifat menonton. Penyampaian materi pembelajaranpun menuntut strategi-strategi yang berbeda untuk mencapai suatu pemahaman. Tanpa perubahan, seorang guru tidak akan mengetahui kelemahan pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan. Oleh karena itu perubahan perlu dilakukan guru sebagai bentuk refleksi terhadap pembelajaran. Perubahan dapat dilakukan guru dengan jalan penelitian. Dengan penelitian, inovasi pembelajaran dapat diperoleh.

    ReplyDelete
  91. Perubahan didasari dari kesadaran guru akan kelemahan dalam proses pembelajaran dan keinginan guru untuk pemberbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru haruslah sudah terbiasa dengan penelitian, terutama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan lesson study. Karena seyogyanya penelitian tersebut lahir dari pengalaman guru dalam pembelajaran. Maka tiadalah sumber inovasi guru selain dengan melakukan penelitian. Dan sebenar-benar ilmu guru ada pada tulisannya dan karyanya. Maka hasil dari penelitian yang dilakukan guru sebaiknya dipublikasikan sehingga bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete

  92. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Perubahan itu adalah sesuatu yang pasti terjadi pada setiap manusia yang terikat ruang dan waktu. Terkadang kita menyadari perubahan itu, namun terkadang kita tidak menyadarinya. Perubahan yang dimaksud pada elegi di atas adlah perubahan pada pembelajaran matematika.Dunia akan semakin berubah, maka kita juga harus berubah ke arah yang lebih baik untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi. Dalam hal ini peubahan yang dilakukan adalah dengan cara melakukan inovasi pembelajaran matematika, dengan lebih khusus disebutkan bahwa perubahan dilakukan dengan implementasi lesson study pada pembelajaran matematika. Lesson study membutuhkan kerjasama antar pendidik untk melakukan percobaan pada siswanya di kelas yang dianggap sebagai laboratorium.

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  94. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dikarenakan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan dengan melakukan perubahan. Inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran perlu dilakukan guru. Guru dapat mengajak semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk melakukan perubahan, dengan begitu perubahan yang dilakukan dapat dimaksimalkan pengaruh positifnya

    ReplyDelete
  95. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Untuk menembus ruang dan waktu kita harus berubah dan membuat perubahan. Guru sebagai agent of change tentu memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi siswa sehingga siswa dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang lebih baik. Jika seseorang hanya diam dan tidak berinisiatif untuk melakukan inovasi maka ia akan terjebak di dalam ruang mitos di mana ia tak bisa menembus ruang dan waktu. Inovasi yang dilakukan tak lain merupakan gerakan perbaikan menuju proses dan hasil yang lebih baik. Untuk itu seseorang melakukan perubahan berdasarkan kesadaran masing-masing dan sesuai kebutuhan masing-masing pula.

    ReplyDelete
  96. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Tiada inovasi tanpa perubahan. Maka sebenar-benar orang yang merugi adalah mereka yang diam dalam pergerakan dunia. Begitu pula dalam bidang pendidikan. Setiap hari guru guru melakukan interaksi dengan subyek didik. Salah satu kreativitas seorang guru dapat dilihat dari sejauh apa guru tersebut dapat mengolah dan memanfaatkan apa yang mereka lihat dan mereka pahami dari subyek didiknya yaitu melalui penelitian. Kelemahan-kelemahan proses pembelajaran akan semakin terang saat guru melakukan penelitan. Dengan penelitian, guru tidak hanya mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya namun juga mampu mengenal siswa dengan lebih baik serta mampu merencanakan perbaikan ke depannya.

    ReplyDelete
  97. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Guru dalam melakukan pembelajaran dikelas perlu menggunakan pendekatn saintifik. Melalui pendekatan saintifik siswa dapat melakukan pembelajran yang bermakna. Karena kelas merupakan suatu laboratorium bagi siswa, dan pemebelajaran dikelas perlu dilakuakn dengan kegiatan peenlitan, maka siswa perlu melakukan kegiatan penelitan tersebut. Guru perlu menfasilitasi siswanya untuk melakukan hal tersebut.

    ReplyDelete
  98. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Untuk membuat inovasi. guru harus memperhatikan segala aspek yang perlu. Guru harus menilai apakah inovasi akan berguna atau tidak. Sehingga, sangatlah penting bagi guru untuk melakukan penelitian. Dengan penelitian guru dapat menemukan kelemahan ataupun kelebihan dari setiap inovasinya. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan umpan balik atau bahan koreksi untuk memperbaiki inovasi. Selain itu, guru juga perlu untuk mempublikasikan hasil penelitian sehingga guru lain juga dapat merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  99. Pratama Wahyu Purnama
    17709251033
    S2 pmat b 2017

    Dalam sebuah proses diperlukan sebuah inovasi. Untuk membuat inovasi pembelajaran, maka dapat melalui dari mempelajari lesson study dan implementasikan aspek aspeknya sesuai dengan konteksnya. Pelajarilah model model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek tersebut sesuai dengan konteksnya

    ReplyDelete
  100. Kenapa harus diperlukan inovasi? Karena pada hakekatnya hidup itu adalah perubahan. Perubahan diperlukan untuk pembelajran yang lebih baik. Bagaimana agar guru mampu menjadi fasilitator yang baik. Oleh sebab itu, guru wajib hukumnya untuk berinovasi untuk yang lebih baik.

    ReplyDelete
  101. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Saat ini, tidak ada hal yang tidak berubah. Satu-satunya hal yang tidak berubah ialah perubahan itu sendiri. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, seiring dengan tuntutan zaman guru juga harus melakukan perubahan. Baik perubahan dalam metode pembelajaran yang dilakukan maupun media yang digunakan. Merode pembelajaran yang dilakukan hendaklah dapat mengarahkan siswa menuju kebermakaan pembelajaran , yakni pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  102. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dan ditemukan atau diuji menggunakan penelitian. Penelitian saat ini merupakan suatu keharusan bagi praktisi pendidikan, baik guru, kepala sekolah maupun lainnya. Banyak penelitian yang menguji apakah suatu metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika atau tidak. Sedangka penelitian mengenai tindakan yang dilakukan berdasarkan situasi di lapangan juga mulai menjamur. Biarpun demikian, buadaya meneliti perlu kita tingkatkan lagi sehingga pendidikan di Indonesia dapat memperoleh solusi yang benar-benar solutif. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  103. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kekonsistenan seseorang seringkali sulit untuk dilakukan. Konsisten mengajarkan kita untuk tetap fokus pada apa yang kita kerjakan. Namun apakah konsisten juga harus selalu berlaku pada prilaku dan cara guru mengajar? Tentu tidak. Kekonsistenan dapat menjadi fleksibel jika objek yang melekat padanya dapat merubah siswa manjadi lebih baik. Misalnya, seorang guru yang selalu mengajar dalam bentuk metode ceramah, mengubah gaya belajarnya dengan menerapkan metode pembelajaran yang dewasa ini semakin beragam dengan berbagai media pembelajaran yang semakin mengefektifkan kegiatan belajar di kelas. Saya rasa, hal ini tentu akan berpengaruh pada psikologi dan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  104. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Guru yang semakin hari-semakin berubah menjadi baik dalam pembelajaran, mak dirinya merupakan guru yang sukses. Perubahan menuju arah pembelajaran yang lebih baik harus selalu dilakukan guru. Ada beberapa cara seperti lesson study, penelitian tindakan kelas, maupun sharing di MGMP mata pelajaran. Dengan adanya perubahan-perubahan akan memunculkan inovasi-inovasi pembelajaran dengan harapan meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  105. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Adanya perubahan kurikulum dan semakin pesatnya perkembangna zaman membuat guru mau tidak mau harus melakukan berbagai perubahanbaik dari segi kegiatan pembelajaran, model, strategi pembelajaran danlain sebagainya. Namun, perubahan tesebut btidak dapat dilakukan secara asal karena akan berpengaruh pada siswa dikemudian hari. Ada beberapa cara dan aturan yang harus ditaati agar perubahan tersebut tidak melenceng dan dapat memberikanmanfaat yang lebih baik.

    ReplyDelete
  106. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1- Pendidikan Matematika A 2015

    Perubahan atau berubah itu tidak dilarang namun harus disadari bahwa perubahan yang baik itu perubahan yang mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat. Dalam pendidikan juga seperti itu, perbuahan yang ada sebenarnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. perubahan dalam pendidikan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran juga perlu memperhatikan karakteistik siswa, kebutuhan siswa, tujuan yang akan dicapai, kematangan atau kesiapan dari apa yang akan dirubah, informasi-informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran sehingga benar-benar perubahan memberikan dampak yang positif pada dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  107. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015


    Perubahan yang baik adalah perubahan yang menuju pada hal positif.Seperti halnya dalam pendidikan, perubahan memang seharusnya dilakukan utntuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti misalnya perubahan dalam hal metode-metode pembelajaran yang inovatif yang memerhatikan karakteristik siswa, karakteristik materi dll. Dengan adanya perubahan ini pembelajaran akan optimal dan tujuan yang diinginkan juga tercapai.

    ReplyDelete
  108. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Saya setuju bahwa kelas pembelajaran merupakan laboratoriuim bagi siswa-siswa. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Dalam pembelajaran, siswa bebas bereksperimen untuk mengkonstruk suatu konsep. Guru harus pintar untuk memilih metode yang baik serta inovatif agar pembelajaran matematika menjadi bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  109. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Inovasi tentunya dibutuhkan dalam segala bidang kehidupan, mengingat adanya inovasi ini ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kehidupan. Begitu pula dalam pembelajaran. Untuk melakukan inovasi pembelajaran memang benar bahwa seorang guru harus terlebih dahulu mengetahui dasar-dasar dari pembelajaran itu sendiri. Selanjutnya, tekad dan usaha dalam melakukan perubahan itu sendiri juga sangat penting. Dengan memiliki tekad yang bulat serta usaha yang terus menerus dapat menjadi modal bagi seorang guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  110. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Pendidik harus senantiasa melakukan perubahan dalam mengajar. Perubahan yang dimaksud ini adalah perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan yang lebih inovatif dan kreatif. Untuk dapat melakukan perubahan ini, guru harus mengenali arah dan tujuan pembelajaran, menentukan cara untuk mencapai tujuan, mencoba memahami siswa, mengembangkan skema belajar yang fleksibel, mengembangkan interaksi belajar, mengembankan media, alat peraga, sumber belajar, teknologi belajar, dsb. Pembelajaran inovatif ini akan memfasilitasi siswa untuk melakukan penelitiannya sendiri. Selain itu, guru juga harus sering mencari sumber-sumber informasi mengenai pembeajaran inovatif. Dengan itu, guru bisa melakukan sebenar-benarnya pembelajaran,yaitu menjadi laboratorium bagi siswa.

    ReplyDelete
  111. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Kehidupan di dunia bersifat dinamis, sehingga semua yang ada di dunia maka juga bersifat dinamis. Dinamis disini berarti selalu berubah. Seperti keadaan jaman yang selalu berubah, Pendidikan pun ikut berubah seiring berjalannya waktu. Ada yang perubahannya ke arah lebih baik, contohnya penggunaan kertas sebagai pengganti sabak untuk mencatat sehingga dapat disimpan dan dibaca kembali, tetapi ada pula perubahan yang arahnya lebih buruk, contohnya rasa hormat murid yang berkurang terhadap gurunya. Perubahan-perubahan ini sebaiknya diikuti pula oleh perubahan metode pembelajaran karena gaya dan kebutuhan belajar juga ikut berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan ini dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan belajar yang terus berubah. Sifat dinamis dalam pendidikan inilah yang memancing ide-ide untuk membuat metode pembelajaran yang baru, atau dapat disebut dengan inovasi pendidikan.

    ReplyDelete
  112. Muhammad Labib Hidayaturrohman
    15301241023
    Pendidikan Matematika 2015

    Saya berterimakasih atas ilmu yang sudah bapak berikan. Dunia ini akan selalu berubah setiap saat, termasuk dalam hal pendidikan. Permasalahan permasalahan yang ada pun akan selalu berubah sepanjang waktu. Untuk itu perlu adanya perkembangan dan peningkatan kualitas guru agar guru dapat mengikuti perkembangan permasalahn terutama dalam hal pendidikan secara baik dan dapat segera mengatasinya. Guru yang tidak dapat melakukan hal ini akan semakin sulit dari waktu ke waktu karena permasalahan yang semakin rumit dan baru. Untuk itu perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam pendidikab di Indonesia pada khususnya agar pendidikan di Indonesia semakin maju. Terimakasih

    ReplyDelete