Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

80 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Perubahan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, dikarena Allah telah memberikan kepada manusia akal, pikiran dan nafsu maka manusia terus ingin berubah, berbeda dengan binatang yang hanya diberikan nafsu, maka binatang tidak pernah berubah. Berkenaan dengan perubahan saya ingin mengutip dari Al-Qur'an surat Ar-Ra'd ayat 11 yang artinya "Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sampai mereka merubah keadaan mereka sendiri".

    ReplyDelete
  2. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Sesuatu di dunia ini senantiasa bergerak. Sekecil apapun, selambat apapun. Hal – hal yang tidak pernah berubah adalah “perubahan” itu sendiri. Maka, pendidikan pun tidak terlepas dari perubahan. Entah perubahan itu sengaja di adakan atau perubahan itu tidak sengaja melainkan merupakan akibat tak langsung dari perubahan – perubahan yang lain. Menjadi guru tidak boleh berhenti berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Tetaplah melakukan inovasi – inovasi dalam melakukan pembelajaran.
    Yang ingin saya tanyakan Pak, perubahan menurut saya bisa ke arah yang positif dan arah negative. Bagaimana cara memastika bahwa perubahan kita berjalan ke arah yang positif.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Untuk “perubahan” mempunya syarat utama yaitu harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Ketika menjadi seorang guru, hendaklah kita berubah menjadi lebih baik, pada proses mengajar, dan memahami siswa. Layaknya mempelajari berbagai metode pembelajaran jika dirasa kurang tepat untuk siswa maka rubahlah metode pembelajaran. Perubahan tidak berarti buruk, jadi ketika kita berada dikondisi untuk berubah janganlah takut.

    ReplyDelete
  4. Perubahan senantiasa terjadi pada diri manusia, bahkan manusia yang tidak melakukan apapun mengalami perubahan. Seperti Heraklitos yang terkenal dengan ucapannya panta rhei kai uden menei yang berarti, "semuanya mengalir dan tidak ada sesuatupun yang tinggal tetap”. Semua hal yang ada berada dalam proses menjadi. Gurupun tidak ada yang sempurna tetapi berusaha menjadi sempurna. Perubahan yang dilakukan harus mempunyai arah, yaitu pembelajaran menuju yang lebih baik. Pembelajaran akan ada perbaikan-perbaikan jika guru melakukan penelitian yang dapat menghasilkan inovasi-inovasi.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara tentang perubahan dilihat dari Paradigma matematika di tanah air yang saat ini sedang mengalami perubahan paradigma. Terdapat kesadaran yang kuat, terutama di kalangan pengambil kebijakan, untuk memperbaharui pendidikan matematika. Tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa dan dapat memberikan bekal kompetensi yang memadai baik untuk studi lanjut maupun untuk memasuki dunia kerja. Banyak solusi yang dapat digunakan untuk membawa perubahan salah satunya adalah dengan mempelajari lesson study dan mengimplementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya, memplejari Penelitian Tindakan kelas dan mengimplementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya, mempelajari model-model dan strategi pembelajaran dan mengimplementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

    ReplyDelete
  6. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Membaca postingan di atas, saya pribadi menjadi sadar, bahwasanya perubahan yang saya alami terkadang tidak mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat.
    Setiap dari kita, terlebih saya sendiri sebagai seorang mahasiswa jurusan "pendidikan" & calon guru, tentunya menjadi harapan dari perubahan itu sendiri. Perubahan pada cara mengajar, cara memandang siswa, cara memandang ilmu, dan masih banyak lagi. Sehingga, pembelajaran sesungguhnya akan lebih bermakna.
    Dengan posisi sebagai mahasiswa, maka semua itu dapat dimulai dengan belajar, membaca, membaca apapun, entah situasi, entah kebutuhan, menelitinya, memahaminya, merenungkannya, mencari masalahnya, menentukan solusinya, mengevaluasinya, serta menindaklanjutinya.
    Perubahan tidak akan pernah berhenti, maka yang bisa diakukan ialah memberinya arah dan makna, sehingga bisa bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Guru sebagai salah satu faktor utama keberhasilan siswa dalam belajar dan keberhasilan terciptanya pembelajaran yang inovatif. Maka sejatinya seorang guru harus melakukan perubahan dalam pendidikan khususnya bagaimana agar ilmu atau pengetahuan yang kita transfer dapat diterima dengan baik oleh siswa dan bermakna bagi siswa, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Seorang guru di samping mempunyai tugas untuk mencerdaskan siswanya juga bertugas untuk membimbing siswanya agar mempunyai akhlak yang baik. Maka di sinilah guru melakukan perubahan-perubahan baik dari segi metode belajar maupun pendekatan kepada siswa, karena siswa yang dihadapi guru berbeda setiap tahunnya dan mempunyai karakter yang berbeda-beda pula.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Guru mengalami perubahan seiring berjalannya waktu baik itu ia sadari maupun tanpa ia sadari. Perbedaan dari keduanya adalah mereka hanya mengetahui dan tak mengatahui arah dari perubahan itu. Syarat dari suatu perubahan yang dilakukan oleh guru diantaranya adalah memiliki kesadaran tentang perubahan, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan melakukan perubahan, mempunyai pemahaman tentang perubahan itu, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada dirimu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    perubahan yang sengaja dilakukan tentu diniatkan agar sesuatu itu menjadi lebih baik ke depannya. jika guru melakukan suatu perubahan, tentu guru berniat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. berdasarkan jabaran cara melakukan perubahan diatas adalah bahwasanya guru melakukan inovasi dalam pembelajaran. perubahan ini sebagai suatu bentuk bahan yang akan diteliti oleh guru. apakah inovasi yang dilakukan itu membawa kepada keefektifan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Perubahan itu perlu dan dihendaki untuk yang lebih baik. Dunia yang selalu berkembang tentunya harus diimbangi dengan perubahan positif juga. Siswa 10 tahun yang lalu sangat berbeda dengan siswa yang sekarang, dan bahwa siswa kemaren berbeda dengan siswa yang sekarang, sehingga perlu suatu inovasi baru dalam menyikapi hal tersebut. Inovasi dalam pembelajaran adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh guru, karena dengan begitu kita dapat mengoptimalkan peran kita sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  11. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Disadari atau tidak, manusia selalu mengalami perubahan. Entah itu perubahan ke arah positif atau negatif. Perubahan pun terus terjadi di dunia pendidikan. Guru sebagai salah satu komponen dalam pendidikan juga mengalami perubahan. Guru dituntut untuk dapat melakukan perubahan dalam kegiatan pembelajaran yang sebelumnya cenderung tradisional agar menjadi lebih inovatif. Dalam mewujudkan perubahan tentu diperlukan niat, motivasi, alasan hingga tujuan perubahan tersebut. Usaha yang dilakukan tidak serta merta memberikan hasil secara kilat karena perubahan membutuhkan proses. Dalam usaha berproses, kita belajar, menuntut ilmu, mencoba, berlatih bagaimana berubah menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Perubahan selalu terjadi setiap waktu, baik perubahan kearah positif ataupun negatif, perubahan yang disadari ataupun tidak disadari, perubahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Setiap perubaahan itu pasti akan memberikan makna dalam kehidupan setiap individu. Sebagai seorang guru hendaknya dapat memberikan inovasi-inovasi pembelajaran yang mampu membawa kegiatan belajar mengajar ke arah yang lebih menarik dan menyenangkan. Guru diharapkan mampu membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Dalam pembelajaran, guru hendaknya menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswanya dan perkembangan zaman. Sudah saatnya guru mengubah metode monoton yang telah menjadi warisan dari guru-guru sebelumnya menjadi metode yang lebh inovatif, sehingga pembelajaran dapat lebih kreatif dan menyenangkan.
    Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka seorang guru terlebih dahulu harus memahami arah dan tujuan pendidikan yang ingin dicapainya. Akan tetapi untuk tercapainya pembaharuan pembelajaran dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran yang inovatif, tentunya seorang guru membutuhkan bantuan serta kerjasama dari guru-guru lain.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Konteks perubahan itu tidak hanya sebatas pada diri individu. Dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaranpun perlu dilakukan perubahan. Karena perubahan merupakan sebuah sistem maka hal pertama yang dapat kita lakukan yaitu melakukan kerja sama dengan orang lain. Dalam melakukan kerjasa sama kita harus selalu bersikap jujur dan terbuka terhadap patner kita. Dengan jujur dan terbuka semuanya akan menjadi mudah. Tidak ada ketimpangan persepsi antara keduanya yang dapat menimbulkan perpecahan. Selanjutnya dalam melakukan perubahan guru harus mempunyai arah, mimiliki nilai positif, dan tentunya dapat bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Apalah arti sebuah perubahan jika perubahan tersebut tidak bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik-baiknya umat jika dia bermanfaat bagi orang lain. Menerapkan metode lesson study pada pembelajaran merupakan salah satu cara inovatif yang perlu dikembangkan. Hal tersebut sudah sepentasnya menjadi contoh untuk melakukan inovasi pembelajaran yang lebih inovatif. Perlu di ingat juga bahwa untuk menuju kedalam pembelajaran yang inovatif diperlukan faktor-faktor pendukung sperti visi dan misi. Visi dan misi ini harus jelas, ibarat sebuah kehidupan visi dan misi itu ibarat sebuah nafas. Jadi jika nafas berhenti semua kehidupan akan terhenti juga. Mungkin seperti itu lah filosofinya.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perubahan itu adalah sesuatu yang pasti terjadi pada setiap manusia yang terikat ruang dan waktu. Terkadang kita menyadari perubahan itu, namun terkadang kita tidak menyadarinya. Perubahan yang dimaksud pada elegi di atas adlah perubahan pada pembelajaran matematika.Dunia akan semakin berubah, maka kita juga harus berubah ke arah yang lebih baik untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi. Dalam hal ini peubahan yang dilakukan adalah dengan cara melakukan inovasi pembelajaran matematika, dengan lebih khusus disebutkan bahwa perubahan dilakukan dengan implementasi lesson study pada pembelajaran matematika. Lesson study membutuhkan kerjasama antar pendidik untk melakukan percobaan pada siswanya di kelas yang dianggap sebagai laboratorium.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Perubahan merupaka hal yang pasti terjadi di dunia ini. Perubahan yang baik adalah perubahan yang bisa dan mampu menembus ruang dan waktu. Sebaiknya guru pun melakukan perubahan dalam pembelajarannya mengikuti perubahan jaman. Karakteristik siswa yang beraneka ragam, yang berbeda dari tahun ke tahun, sebagai guru kita pun sebaiknya bisa beradaptasi dan berubah untuk mengikuti hal tersebut. Sebagai guru pun harus bisa mengarahkan berbagai macam karakteristik itu menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Perubahan adalah hal sangat yang dibutuhkan agar memiliki perbedaan. Tentunya perubahan yang diinginkan adalah perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk dapat membenahi bagaimana mengajar matematika seorang guru perlu berubah. Menyajikan sesuatu yang beda dan baru dari biasanya sehingga membuat siswa menjadi lebih semangat untuk belajar. Guru dapat mengenali siswa – siswanya dalam kegiatan pembelajaran maka guru juga yang dapat menentukan ke arah mana dan bagaimana perubahan yang dilakukan. Harapannya agar guru – guru mampu menyadari itu dan melakukan perubahan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  18. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pendidikan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman yang menuntut guru juga harus selalu up to date bagaimana cara mengajar yang tepat dan inovatif bagi siswa. Namun terkadang dalam melaksanakan perubahan tersebut terdapat beberapa kendala, kendala itulah yang harus dipecahkan oleh seorang guru inovatif untuk menggapai suatu perubahan. Untuk dapat menggapai perubahan, maka langkah awal guru adalah selalu bercermin atau instrospeksi diri, apa yang kurang dalam diri dan cara pengajarannya.

    ReplyDelete
  19. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tak bisa dipungkiri, entah disadari atau tidak, manusia tak bisa terlepas dari perubahan. Saya menyadari setelah membaca tulisan ini, bahwa akan menjadi bermakna jika perubahan yang dilakukan mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Khususnya bagi seorang guru, haruslah mampu senantiasa berubah dan sadar akan perubahannya. Perubahan yang dapat dilakukan guru yakni membuat inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Bagi guru, perubahan-perubahan tersebut bukan hanya akan berpengaruh bagi dirinya, melainkan juga juga bagi para siswa, dikarenakan mereka akan mendapatkan hal-hal yang baru dan akan mendukungnya dalam belajar, sehingga siswa tidak cepat bosan dan akan tertarik mengikuti pelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memanag benar apa yang di jelaskan pada elegi ini, kita sebgaai guru seharusnya berubah. Berubah dalam hal ini adalah berubah pandnagan kita mengikuti perubahan zamannya. Kita tahu maaf apalagi yang guru sudah lama mengajar dan itu masih menggunakan pendekata bisa sehingga kita terbawa dlaam paham tersebut. Dengan adnaya perubahan maka kita sebagai guru dapaty berubah juga sesuai dengan perubahan zaman

    ReplyDelete
  21. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    Pendidikan Matematika A 2014
    Seperti yang telah dijelaskan dalam pembelajaran etnomatematika dan dari tulisan Bapak Prof.Marsigit M.A bahwa manusia senantiasa mengalami yang namanya perubahan ibarat belum selesai kita menunjuk seseorang, orang tersebut sudah mengalami perubahan yang diakibatkan adaya ruang dan waktu. Perubahan tersebut tentunya akan memberikan manfaat kepada kita ketika kita menyadari bahwa perubahan itu perlu, kita tahu mengapa kita perlu mengalami perubahan, kita bisa memaknani perubahan tersebut dengan memberikan arah dan tujuan yaitu perubahaan yang memberikan manfaat baik dunia dan akhirat. Begitu juga dalam pembelajaran diperlukan perubahan perubahan yang mengarah ke pembelajaran inovatif dimana pembelajaran itu adalah kegiatan siswa, berpusat pada siswa, pembelajaran yang bisa memfasilitasi siswa dalam menemukan atau membangun pengetahuan di benak siswa.

    ReplyDelete
  22. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Penggerak perubahan dalam pembelajaran matematika di kelas adalah guru karena guru memegang kemudi pembelajaran. Perubahan dalam konteks ini merupakan perubahan ke arah yang baik dan agar bermanfaat bagi siswa. Perubahan dalam bidang matematika lebih kepada inovasi pembelajaran misalnya metode dan media pembelajaran. Untuk melakukan perubahan tidak serta merta dalam waktu singkat dan terjadi begitu saja. Guru perlu mengkaji terlebih dahulu terhadap apa yang ingin diubah. Kemudian guru merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu, akan lebih baik jika saling bekerja sama karena akan tercipta pertukaran ide-ide sehingga didapat hasil yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Sebagai refleksi seorang guru ialah melakukan perubahan- perubahan dalam proses pembelajaran. Apalagi seiiring dengan perkembangan jaman sekarang, seperti tekonologi. Sehingga gunakanlah teknologi dengan sebaik- baiknya dalam inovasi pembelajaran agar menyenangkan bagi generasi penerus bangsa ini.

    ReplyDelete
  24. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Perubahan meski kita tidak melakukan apapun juga berubah seiring perjalanan waktu karena terikat oleh ruang dan waktu, dimana kita tidak akan mampu mengejar apapun yang kita lakukan dan sebenar-benar yang tidak berubah ialah sang Pencipta. Namun kita harus waspada terhadap perubahan itu sendiri, dimana perubahan dapat terjadi ke arah positif dan negatif. Oleh karena itu, kita harus selalu siap dengan bentuk perubahan.

    ReplyDelete
  25. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perubahan adalah kesadaran kita akan ruang, waktu, arah, potensi, dan fakta. Perubahan akan bermakna jika perubahan itu juga bermakna untuk yang lainnya. Jika keinginan berubah itu kuat maka tambahkan hal-hal yang ositif bagi dirimu dan yang lainnya, jadilah yang bermanfaat bagimu dan oranglain bahkan dunia dan akhirat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  26. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Perubahan adalah transformasi, segala sesuatu yang ada dan mungkin ada dapat melakukan transformasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa perubahan itu juga terjadi pada guru. Sebaik-baiknya perubahan adalah hijrah dari suatu keadaan yang buruk menuju keadaan yang bagus, jelek menjadi baik, kuno manjadi baru tanpa menghilangkan hakekat dari perubahan itu sendiri. Begitu juga dengan perubahan seorang guru, maka dituntut melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran tanpa menghilangkan hakekat dari aturan ataupun sistem pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  27. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Perubahan yang dimaksudkan disini adalah perubahan paradigma guru, dimana pembelajaran tidak lagi teacher oriented, melainkan student-centered. Dimana pembelajaran diibaratkan sebagai sebuah laboratorium, yaitu tempat penelitian dan percobaa. Dalam hal ini percobaan dilakukan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan mereka sehingga mereka menemukan konsepatau pengetahuannya sendiri, dengan bimbingan guru tentunya sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  28. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    “Elegi Guru Menggapai Perubahan” di atas sangat baik dan bermanfaat, di mana guru ingin melakukan perubahan, khususnya dalam metode pembelajaran kepada siswa agar berorientasi pada metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Akan tetapi, melakukan perubahan tidak semudah membalikkan tangan maupun sebuah teori saja, melainkan membutuhkan suatu proses.

    ReplyDelete
  29. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan tersebut akan terwujud apabila individu tersebut (guru) menyadari, berniat, dan selanjutnya diimbangi dengan usaha semaksimal mungkin. Apabila setiap individu (guru) melakukan perubahan, mudah-mudahan pembelajaran inovatif pun dapat terwujud. Kita sebagai calon guru, diharapkan cara-cara perubahan di atas dapat menjadi motivasi dan sebagai bekal menjadi guru profesional. Amiin.

    ReplyDelete
  30. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Apa itu perubahan? Jika ada seseorang menyatakan bahwa dirinya telah berubah. Lantas apa yang sebernya berubah pada dia. Yang mengalami perubahan yaitu sifat, bentuk, potensi, dan lainnya. Suatu perubahan tentu memiliki arah, yaitu perubahan ke arah yang baik/positif atau malah berubah ke arah yang buruk/negatif. Yang diharapkan adalah perubahan positif ke arah yang lebih baik. Perubahan sudah semestinya kita lakukan, karena hermenueika hidup itu adalah linier yang artinya selalu berkembang. Semua dapat mengalami perubahan atau perkembangan, namun tentang arah positif atau negatifnya tergantung kita mau yang mana.

    ReplyDelete
  31. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dikarenakan perkembangan jaman, maka guru perlu menyesuaikan dengan melakukan perubahan. Inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran perlu dilakukan guru. Guru dapat mengajak semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk melakukan perubahan, dengan begitu perubahan yang dilakukan dapat dimaksimalkan pengaruh positifnya.

    ReplyDelete
  32. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    perubahan itu pasti dialami oleh manusia, dan pendidikan pun juga mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan seiring waktu yang berjalan, dalam pendidikan guru bisa menajdi ujung tombak dari perubahan, perubahan dapat kearah positif maupun negatif, namun harapannya perubahan yang terjadi kearah positif, untuk itu guru harus memperisapkan diri dan mempersiapkan pembelajaran agar dapat membuat siswa melakukan perubahan kearah positif.

    ReplyDelete
  33. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    setelah saya membaca tulisan Bapak, banyak sekali note untuk saya yang akan saya jadikan self reminder diri saya. saya sangat setuju dengan hal ini "Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri" . cita cita kelak saya ingin menajdi guru semoga saya bisa menjadi salah satu agen perubahan untuk pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  34. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Perubahan terjadi jika seseorang memikirkannya, jika guru tidak memikirkannya maka ia tidak menginginkan adanya perubahan dalam pola pikirnya. Syarat agar manusia dapat berubah antaralain ialah mempunyai kesadaran, memperbaharui niat dan motivasi, alasan perubahan, pemahaman tentang perubahan, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu merefleksi diri. Perubahan yang terjadi akan membawa guru melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan agar anak tidak jenuh dalam pembelajaran dan selalu antusias untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Jika keinginan kita semakin besar untuk berubah, maka kita dapat menambahkan “makna” pada perubahan diri kita. Perubahan kita akan bermakna jika perubahan itu bermakna pula bagi yang lainnya.Jika keinginan kita semakin besar lagi untuk berubah, maka kita dapat tambahkan “positif bagi diri kita dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginan kita semakin besar lagi untuk berubah, maka kita dapat tambahkan “bermanfaat bagi diri kita dan yang lain di dunia dan akherat”.

    ReplyDelete
  36. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tidak ada di dunia ini yang tidak berubah. Satu-satunya hal yang tidak mengalami perubahan adalah perubahan itu sendiri. Tentu, perubahan mengarah ke hal baik dan buruk. Sebagai manusia, perubahan haruslah mengarah ke hal-hal baik, termasuk guru. Guru semakin hari harus semakin berubah ilmunya (ilmunya bertambah), cara mengajarnya dan perangkat pembelajarannya (menyesuaikan kebutuhan siswa, teknologi, keadaan kelas). Agar guru bisa berubah menjadi guru yang lebih baik, guru haruslah terus melakukan penelitian kecil sehingga terciptanya inovasi-inovasi canggih muncul dan dapat membuat pembelajaran berubah menjadi semakin baik.

    ReplyDelete
  37. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Seorang guru dituntut untuk selalu berinovasi dalam pembelajarannya. Bagaimana caranya melakukan perubahan? Untuk melakukan perubahan diperlukan niat dan komitmen dalam menjalankan hal tersebut. Perubahan juga tidak dapat dilakukan jika guru tidak memiliki arah dan tujuan, perubahan tersebut tidak memiliki makna dan tidak bermanfaat bagi dunia dan akherat. Perubahan tersebut dapat terjadi jika guru mengerti apa yang dilakukan, metode apa yang harus dipakai dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan ruang dan waktunya. karena sesungguhnya semua metode yang ada itu baik, namun jika guru tidak mengerti maknanya, dimana dan kapan harus menggunakannya, yang ada hanya perubahan ke arah yang lebih buruk, bukan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  38. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Perubahan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Di dalam dunia pendidikan, seorang guru (pendidik) hendaknya dapat melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi dalam proses pembelajaran, guru hendaknya melakukan perubahan dari pembelajaran yang bersifat tradisional ke pembelajaran modern (pembelajaran inovatif), sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan tentunya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

    ReplyDelete
  39. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan perubahan, perubahan ini dilakukan dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran inovatif, dari pembelajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, dari pembelajaran yang bersumber pada papan tulis, kapur dan ceramah guru ke pembelajaran dengan sumber yang variatif.

    ReplyDelete
  40. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk melakukan perubahan guru harus memenuhi syarat yaitu menyadari akan perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi melakukan perubahan, menemukan alasan melakukan perubahan, memahami apa perubahan itu, mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, dan bercermin pada diri sendiri. Perubahan tidak berlangsung secara cepat, membutuhkan waktu dan tidak semudah membalikan tangan. Tetapi perubahan tetap penting dilakukan karena perubahan adalah sunatullah dan untuk kebaikan , baik kebaikan di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  41. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru harus terus melakukan perubahan. Guru yang baik akan menyadari bahwa bekerja secara tim akan lebih memberi manfaat pada dirinya. Sedangkan dengan kesadaran tersebut akan menjadikan guru lebih aktif dalam mencari rekan kerjasama untuk berdiskusi maupun sama-sama memberikan saran dan pendapatnya mengenai pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  42. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan yang semakin berkembang membuat pembelajaran harus mengalami perubahan. Salah satunya diwujudkan dengan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat diterapkan guru melalui beberapa tahapan. Yang pertama dilakukan adalah memahami tujuan pendidikan atau pembelajaran. Dengan ini, guru akan dapat menentukan pembelajaran yang seperti apa yang dapat dilaksanakan

    ReplyDelete
  43. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Langkah kedua adalah menentukan cara mencapai tujuan tersebut. Dengan telah adanya tujuan, maka guru mampu merumuskan langkah-langkah apa yang dapat ditempuh. Lalu langkah ketiga adalah melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan. Dengan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian yang dapat menjadi referensi mengenai pelaksanaan pembelajan yang efektif, praktis, dan inovatif.

    ReplyDelete
  44. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Selanjutnya adalah dengan mengenali masalah, asal, dan ditujukan kepada siapa masalah tersebut. Dengan kita mengenali masalah itu, akan didapatkan pula penyelesaian yang jelas dan sesuai dengan masalah tersebut, agar tidak terjadi salah sasaran. Selanjutnya adalah mengembangkan skema pembelajaran yang fleksibel. Skema yang fleksibel memberi kesempatan kepada guru untuk menyusun hasil-hasil dari langkah-langkah sebelumnya. Lalu kembangkan interaksi belajar bagi seluruh siswa. Guru dapat menentukan pembelajaran yang seperti apakah yang mampu memfasilitasi siswa dalam berinteraksi

    ReplyDelete
  45. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Mengembangkan sumber belajar menjadi hal yang dapat dilakukan. Dengan memilih sumber belajar yang tepat, akan memudahkan guru menyusun dan menentukan media yang mendukung. Dan selanjutnya akan dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan pendekatannya, serta inovasi di level sekolah

    ReplyDelete
  46. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan lesson study dan menerapkannya dalam pembelajaran, guru akan mampu dengan lancar melakukan inovasi pembelajaran. Dapat dilakukan pula penelitian tindakan kelas, juga mempelajari model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan arah inovassi pembelajaran yang diinginkan. Karena sebenar-benar kelas adalah laboratorium, dan sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Dengan seringnya dilakukan penelitian, akan semakin banyak pula kajian ilmiah mengenai pembelajaran yang inovatif dan interaktif yang dapat membantu guru merubah paradigma pendekatan pembelajaran yang baik

    ReplyDelete
  47. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Konsep ruang dan waktu merupakan faktor utama sebuah perubahan. Perubahan yg dilandasi dengan hubungan vertikal, senantiasa akan menuntun segala langkah menjadi lebih baik dari yang telah lalu. Perubahan pasti terjadi dalam segala aspek kehidupan, pendidikan, kemasyarakatan, ekonomi, politik, sosial budaya, dan sebagainya. Kita sebagai individu yang menjadi bagian dari kelompok yang akan mengalami perubahan, dituntut untuk selalu memiliki inovasi yang cerdas sehingga mampu memberikan warna yang indah dalam perubahan yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  48. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pada elegi guru menggapai perubahan ini mengajarkan kepada kita bahwa perlunya inovasi dalam pembelajarana. Karena setiap zaman perkembanagan ilmu serta karakter peserta didik pun berubah sehingga menunjang kebutuan peserta didik pun juga berubah,misalnya dahulu pembelajaran dengan metode ceramah unggul dalam pembelajaran namun ada zaman sekaran jika hanya dengan ceramah saja peserta didik kurang mampu menangkap pembelajaran diperlukan inovasi-inovasi baru. Misalnya menerapkan beberapa metode pembelajaran yang disesuaikan dengan topik pembejarana yang sesuai dengan fasilitias yang tesedia. Maka guru memiliki peran untuk selalu melakukan inivasi pembelajaran untuk meningkatkan kwaliatas peserta didiknya agar lebih baik.

    ReplyDelete
  49. Selasa, 6 Juni 2017
    EKA RETNO SARI (14301241013)
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ternyata tanpa kita sadari kita selalu berubah. Perubahan tidak selalu terjadi pada hal-hal tampak mata. Berubah masa berubah pula usia. Namun yang terpikir selama ini, berbicara tentang perubahan adalah terdapat dua kemungkinan, ke arah yang baik ataukah buruk. Namun membaca tentang hal apa saja yang harusnya ditambahkan agar sadar akan perubahan, kiranya perubahan itu adalah menuju pada kebaikan dan dipuncak kebaikan itu adalah bermanfaat untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  50. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sudah menjadi kodratnya, begitu waktu bertambah, zaman pun berubah. Perubahan zaman sangat kompleks dan dinamik. Sehingga diperlukan usaha yang tidak mudah untuk mengikuti dan hidup sesuai zaman. Jika tidak dapat mengikuti perubahan dan beradaptasi terhadapnya, maka yang akan muncul adalah permasalahan-permasalahan yang tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain. Untuk dapat beradaptasi minimal diperlukan ilmu dan keikhlasan yang cukup, karena jika tidak memiliki hal-hal tersebut perubahan tidak akan terjadi. Hasilnya, tidak akan bisa beradaptasi.

    ReplyDelete
  51. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Seorang manusia pada hakekatnya akan selalu mengalami perubahan. Dan perubahan yang diinginkan pastilah perubahan menuju sesuatu yang lebih baik lagi. Begitu pula dalam pembelajaran. Seorang guru harus berani berubah, harus berani berinovasi dan mencoba. Karena dengan begitu guru akan mampu membandingkan dari apa yang telah dicobanya mana yang terbaik untuk para siswa nya.

    ReplyDelete
  52. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam menggapai elegi ini, maka hakekatnya guru harus melewati batas kehidupan sebelumnya dan masa yang akan dating. Karena kurikulum sekarang berubah dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 guru haruslah menyesuaikan dengan pandangan pada masa sekarang. Dan tidak berpak\tokan pada masa sebelumnya yang memposisikan guru menjadi pusat dari pengetahuan. Karena pada kurikulum 2013 guru berperan sebagai fasilitator dan pusatnya adalah siswa, karena sumber belajara bukan hanya berasal dari guru namun dari berbagai sumberlain. Sehingga diharapkan siswa mampu merekonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  53. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Perubahan adalah keadaan dimana sesuatu menjadi sesuatu yang lain dengan atau tanpa disadari oleh pelaku. Perubahan dapat terjadi pada seluruh komponen dan sifat dari suatu objek, dapat pula hanya terjadi pada sebagian komponen atau sifat suatu objek. Perubahan-perubahan yang baik dalam proses pembelajaran hendaknya terus dilakukan sebagai salah satu contoh konkrit dari inovasi pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  54. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pesatnya perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran. Perlunya dilakukan pembaharuan atau inovasi dalam pembelajaran adalah sebagai langkah untuk memenuhi tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat dunia. Adapun, inovasi pembelajaran berarti pembelajaran yang bersifat student-centered dan berlandaskan pada paradigma konstruktivisme. Sebagai konsekuensinya, model-model pembelajaran inovatif pun banyak dikembangkan diantaranya Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  55. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru yang selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang tradisional hendaknya mampu berubah ke metode pembelajaran yang inovatif karena seperti yang telah disebutkan dalam artikel bahwa kelas pembelajaran yang sebenar-benarnya adalah laboratorium bagi siswa-siswanya. Hal pertama yang harus guru lakukan dalam melakukan perubahan adalah menumbuhkan kesadaran terhadap adanya perubahan itu sendiri. Dengan adanya kesadaran tersebut maka akan timbul niat dan motivasi dari dalam diri guru untuk senantiasa melakukan perubahan. Dengan begitu dalam melakukan suatu inovasi pun akan lebih ringan dan insyaallah guru akan selalu diberi kemudahan karena adanya niat baik tersebut.

    ReplyDelete
  56. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Belajar bisa dikatakan sebagai suatu proses perubahan dari tidak tau menjadi tau, belum bisa menjadi bisa, dan lain sebagainya. Perubahan itu akan terjadi ketika belajar itu dilakukan dalam keadaan sadar. Selain itu perubahan yang baik terjadi jika setelah terjadi perubahan itu akan membawa dampak bagi yang melakukan, bahkan bagi orang lain yang berada disekitarnya. Sehingga belajar akan bermakna jika bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.

    ReplyDelete
  57. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ilmu pengetahuan bersifat dinamis, maka guru dituntut untuk terus mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Maka dari itu diperlukan niat yang kuat untuk guru melakukan suatu perubahan agar mampu meningkatkan kompetensi mengajarnya sehingga dapat menciptakan generasi peneurs yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  58. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan merupakan kunci utama seorang guru untuk terus mengembangkan pembelajarannya, melakukan perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik lagi, dengan evaluasi terhadap penidikan seperti melakukan penelitian tindakan kelas, guru dapat menemukan solusi yang efektif untuk pembelajarannya di kelas.

    ReplyDelete
  59. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inovasi pembelajaran juga bisa dikatakan sebagai perubahan metode pembelajaran dari yang belum sempurna menjadi lebih baik. Untuk melakukan inovasi pembelajaran tentu harus memahami terlebih dahulu tentang hal – hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Selain itu dari sudut pandang subjek yang melakukan inovasi pembelajaran juga harus sadar akan pmelakukan perubahan, serta memiliki tujuan dan arah yang pasti dari inovasi tersebut.

    ReplyDelete
  60. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perubahan adalah suatu pergerakan untuk memperbaiki apa yang terjadi sebelumnya. seorang guru menggapai perubahan berrti guru tersebut akan membawa perubahan pula ke dalam dunia pendidikan. jika semua guru seperti ini, maka dunia pendidikan tidak akan perlu dikhawatirkan karena sudah dipegang atau dikendalikan oleh orang-orang yang tepat

    ReplyDelete
  61. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan yang diharapkan dalah perubahan yang disadari pada dimensi waktu, ruang, arah, dan fakta. Sedangkan perubahan yang menjadikan perubahan itu berbeda adalah perubahan yang memiliki arah, makna porsitif, dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  62. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan dengan arah yag jelas akan membentuk tujuan yang jelas pula, sehingga makna dan kebermanfaatan dari perubahan yang kita laukan dapat terlihat dengan baik.

    ReplyDelete
  63. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan yang diharapkan adalah perubahan yang memiliki makna positif, artinya perubahan yang kita lakukan merupakan tindakan secara sadar yang memang kita lakukan untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  64. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kebermanfaatan atas apa yang kita lakukan hendaknya menjadi poin penting sebelum kita melakukan perubahan. Peruahan yang kita lakukan hendaknya berlandaskan pada manfaat untuk dunia serta akhirat agar perubahan tersebut betul memiliki hasil yang maximal.

    ReplyDelete
  65. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kesadaran akan perubahan yang kita lakukan akan samgat berpengaruh terhadap tujuan yang akan kita capai dalam perubahan tersebut.

    ReplyDelete
  66. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah kita sadar ingin melakukan perubahan, maka kita harus tau apa niat dan motivasi kita untuk melakukan perubahan. Niatkan semua untuk kebermanfaatan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  67. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Alasan melakukan perubahan dapat menjadi motivasi dan pegangan kuat untuk kita berubah. Menemukan alasan yang tepat merupakan hal yang sangat penting utnuk kita kedepannya agar tetap berpegang teguh pada perubahan.

    ReplyDelete
  68. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pemahaman mengenai perubahan yang kita lukan harus dimiliki agar yang kita lakukan tidak salah dan yang menjadi perubahan betul bermanfaat untuk kedepan.

    ReplyDelete
  69. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Refleksi merupakan hal yang terus harus dilakukan untuk mengetahui progers dan kesalahan yang kita lakukan dalam perubahan.

    ReplyDelete
  70. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Arah tujuan pendidikan menjadi pondasi untuk melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  71. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk melakukan perubahan, kita dapat melakukannya dengan kerjasama sehingga memudahkan kita dalam mencapai tujuan dari perubahan tersebut dan pada proses berubah.

    ReplyDelete
  72. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perubahan yang kita lakukan harus sistematis sehingga akan menudahkan kita dalam mencapi tujuan dan prosesnya akan mudah untuk dilakukan. Terlebih dengan proses yang sistematis akan membuat kita mudah untuk melakukan.

    ReplyDelete
  73. Eka Novi Setiawan
    14301241044
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    menurut saya, sebelum perubahan terjadi selain niat sebagai faktor penting, alasan yang kuat kenapa kita berubah juga diperlukan untuk memahami apa penyebab kita berubah.

    ReplyDelete
  74. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Adanya perubahan seiring berjalannya waktu kadang tidak disadari. Begitupun juga seorang guru, seiring berkembangnnya jaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru hendaknya melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran. Perubahan ini akan membawa siswa dan pembelajaran kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  75. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sebagai seorang guru hendaknya dapat merubah paradigma pembelajaran. Dengan mengubah metode tradisional ke metode pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebaiknya jangan takut untuk berubah, perlu mencoba, berlatih dan kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan selama perubahan itu mampu memperbaiki diri kita ataupun orang disekeliling kita baik masa sekarang ataupun masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  76. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sebelum melakukan perubahan budaya, pertama-tama harus dilakukan terlebih dahulu diagnosis terhadap budaya yang akan dirubah. Tujuannya selain mengetahui budaya yang ada juga agar pelaku perubahan bisa belajar tentang pola pikir organisasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya sebab budaya bukanlah sebuah obyek tetapi sebuah perspektif. Kita berusaha melacak kembali bagaimana budaya yang sekarang berkembang dalam sebuah budaya organisasi. Tujuannya adalah agar dalam perubahan budaya kita tidak membuat kesalahan yang sama di masa datang.

    ReplyDelete
  77. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  80. Inilah yang harus mendapat perhatian dan pemikiran dari guru bahwa kelas pembelajaran adalah laboratorium. Laboratorium bagi guru atau laboratorium bagi siswa. Bagi guru berarti bagaimana guru memberikan perlakukan kepada siswa sehingga siswa dapat memperoleh pembelajaran yang berkualitas. Laboratorium bagi siswa berarti bagaimana siswa menghubungkan, melakukan penelusuran, membangun pengetahuan dengan saling berinteraksi dengan sumber belajar, bahan belajar, media belajar, berinteraksi dengan pengelaman yang telah dimilikinya, berinteraksi dengan sesama secara berdiskusi dan berinteraksi dengan guru.

    ReplyDelete