Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

31 comments:

  1. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Adanya perubahan seiring berjalannya waktu kadang tidak disadari. Begitupun juga seorang guru, seiring berkembangnnya jaman dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru hendaknya melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran. Perubahan ini akan membawa siswa dan pembelajaran kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sebagai seorang guru hendaknya dapat merubah paradigma pembelajaran. Dengan mengubah metode tradisional ke metode pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebaiknya jangan takut untuk berubah, perlu mencoba, berlatih dan kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan selama perubahan itu mampu memperbaiki diri kita ataupun orang disekeliling kita baik masa sekarang ataupun masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sebelum melakukan perubahan budaya, pertama-tama harus dilakukan terlebih dahulu diagnosis terhadap budaya yang akan dirubah. Tujuannya selain mengetahui budaya yang ada juga agar pelaku perubahan bisa belajar tentang pola pikir organisasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya sebab budaya bukanlah sebuah obyek tetapi sebuah perspektif. Kita berusaha melacak kembali bagaimana budaya yang sekarang berkembang dalam sebuah budaya organisasi. Tujuannya adalah agar dalam perubahan budaya kita tidak membuat kesalahan yang sama di masa datang.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  5. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  6. Inilah yang harus mendapat perhatian dan pemikiran dari guru bahwa kelas pembelajaran adalah laboratorium. Laboratorium bagi guru atau laboratorium bagi siswa. Bagi guru berarti bagaimana guru memberikan perlakukan kepada siswa sehingga siswa dapat memperoleh pembelajaran yang berkualitas. Laboratorium bagi siswa berarti bagaimana siswa menghubungkan, melakukan penelusuran, membangun pengetahuan dengan saling berinteraksi dengan sumber belajar, bahan belajar, media belajar, berinteraksi dengan pengelaman yang telah dimilikinya, berinteraksi dengan sesama secara berdiskusi dan berinteraksi dengan guru.

    ReplyDelete
  7. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan pasti mengalami perkembangan dan perubahan. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas perlu untuk menyesuaikan perubahan-perubahan tersebut. Dapat dilihat problem perubahan kurikulum 2013, banyak guru yang belum siap untuk menerapkan pembelajaran kurikulum 2013. Seharusnya, seorang guru harus siap untuk memperbaiki diri baik dalam kemampuan maupun pengetahuannya sehingga dapat tetap menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif di kelas walaupun mengalami perubahan kurikulum.

    ReplyDelete
  8. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Di dunia ini, tidak ada yang sama. Bahkan aku yang sekarang berbeda dengan aku yang kemarin maupun besok sebab memang perubahan itu tidak dapat dihindari. Pandangan mengenai suatu hal itu juga begitu, berubah-ubah sesuai dengan ruang dan waktunya. Karena manusia itu sifat, selalu berubah, karena yang kekal hanyalah Tuhan. Kemudian jika dikaitkan dengan pendidikan, maka guru itu juga manusia, yang tentu setiap saat berubah. Siswa juga manusia. Manusia itu sifat, maka guru itu sifat, siswa sifat. Oleh karena itu, akan muncul berbagai masalah sejalan dengan terjadinya perubahanoleh karena otu, guru disini berperan melakukan perubahan yang disesuaikan dengan perubahan siswa, dari metode, penyampaian, sikap, dan sebagainya sehingga guru dapat memahami siswa.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menanambkan nilai-nilai yang terpuji agar manusia berbudi luhur. Tidak hanya menjadi manusia yang berbudi luhur namun, pendidikan juga mempelajari semua aspek kehidupan seperti teknologi, ilmu sosial dan dll guna mempermudah kehidupan manusia di dunia yang semakin berubah. Kehidupan di dunia dan segala aspek didalamnya senantiasa bersifat dinamis oleh karena itu guru sebagai pionir bagi siswa membangun pengetahuannya harus senantiasa mengikuti perubahan di dunia agar hal yang di tanamkan kepada siswa dapat sesuai dengan perkembangan dunia di zamannya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  10. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Menjadi seorang guru tidak hanya dapat menyampaikan materi secara ceramah kepada siswanya. Menjadi seorang guru merupakan tanggung jawab yang besar. Perubahan seseorang termasuk seorang guru merupakan hal yang pasti. Akan tetapi perlu adanya berbagai upaya untuk menggapai perubahan yang menuju kebaikan dan bermanfaat untuk banyak pihak. Untuk menggapai perubahan seorang guru harus terus menerus belajar, berusaha mencari berbagai pengalaman, menerapkan apa yang telah dipelajari guna memberikan fasilitas yang terbaik kepada siswa untuk belajar. Selain itu selalu berdoa dan mengharap ridho Allah SWT agar dijauhkan dari sifat dan hal-hal yang bertentangan dengan spiritual.

    ReplyDelete
  11. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Sesuatu kehidupan pasti akan ada yang namanya perubahan, entah itu perubahan yang baik atau perubahan yang buruk. Sebagai guru yang menjadi pusat perhatian untuk siswanya sudah sewajarnya setiap guru melakukan perubahan diri menjadi lebih baik untuk menjadikan siswa berubah menjadi lebih baik juga. Akan lebih baik jika perubahan itu dimulakan dengan niat akan kesadaran diri ingin menjadi pribadi yang lebih baik, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang belum bisa menjadi bisa, dan lainnya.

    ReplyDelete
  12. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Tambahan sedikit...

    Jika ingin melakukan terhadap perubahan gaya mengajar atau perubahan ilmu pengetahuan, akan lebih baik jika dilakukan secara bersama atau individual, tetapi tetap bertahap.
    Satu kali belum bisa, masih ada beberapa kali belum dicoba, tetap lah berusaha untuk melakukan perubahan yang lebih, karena setiap perubahan itu memerlukan perjuangan dan ketekunan, serta sikap tidak mudah menyerah akan satu kali perubahan yang belum berhasil. Setiap perubahan mempunyai tujuan, baik tujuan untuk dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  13. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi ini menyadarkan saya akan pentingnya perubahan. Perubahan adalah suatu yang pasti. Bahkan jika diri ini menganggap kita tak berubah, ruang dan waktu itu pun sejatinya pasti berubah setiap saat. Aku yang tadi beda dengan yang sekarang dan seterusnya.
    Sehingga ibarat suatu vektor gaya yang besar dan arah. Maka demikian pula dengan perubahan. Perubahan bagi siapa pun adalah suatu keniscayaan. Bagaimana kita mengarahkan untuk perubahan ini mempunyai arah yang lebih baik kedepannya atau bisa disebut tujuan. Karena setiap orang niscaya berubah, seorang guru pun haruslah berubah demikian lah sunnatullahnya. Guru yang awalnya menggunakan metode konvensional yang tak pernah menggunakan metode lain, maka mulai menggunakan berbagai metode yang disesuaikan dengan karakter siswa dan materi.

    ReplyDelete
  14. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Hal itu karena kemajuan pendidikan dan bidang teknologi jaman sekarang berbeda dengan tahun yang lalu. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. Siswa akan merasa tertekan karena tidak bebas dalam berekspresi dikarenakan pemikiran siswa dan guru berbeda. Guru yang bukan pembelajar adalah guru yang telah puas terhadap pengetahuan yang dimilikinya dan memutuskan untuk tidak mau mengembangkan pemikiranny sesuai perkembangan zaman Sedanggakn guru pembelajar adalah guru yang mau belajar dan mau mengajarkan kepada siswanya mengenai inovasi-inovasi baru dalam belajar agar kegiatan belajar menyenangkan.

    ReplyDelete
  15. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Terkadang guru sulit untuk berubah. Guru menganggap cara mengajarnya sudah yang paling baik dan tetap melakukan caranya sendiri. Pembelajaran yang baik adalah ketika guru bisa menyesuaikannya dengan keadaan lingkungan dan keadaan siswa. Sebaik-baik pembelajaran yang telah dirancang, jika tidak sesuai dengan siswa maka semua akan sia-sia karena siswa tetap tak akan mendapat ilmu yang maksimal. Inovasi dalan belajar sangatlah penting apalagi di zaman ini. Yang harus guru sadari adalah menjadi guru tak hanya terkungkung di sekolah saja, tapi juga harus terbuka dengan dunia luar. Guru harus sadar akan perubahan lingkungannya,perubahan zaman. Ketika ia sadar dengan perubahan zaman, maka secara sadar ia pun memiliki awalan ntuk berubah dan memberikan usaha terbaiknya demi kemajuan siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  16. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami didunia ini tidak ada yang tetap, dunia senantiasa berubah. Satu-satunya yang tetap di dunia ini adalah “dunia akan tetap terus berubah”. Tentunya semua mengharapkan perubahan yang lebih baik, yaitu perubahan yang mampu mengantarkan seseorang untuk mampu menembus ruang dan waktu dan menempati dimensi yang lebih tinggi. Dengan demikian sebagai seorang guru dan pendidik, kami harus siap dengan segala perubahan tersebut, tidak lain dan tidak bukan juga dengan melakukan perubahan agar kita bisa menghadapi segala perubahan dengan cara yang tepat di waktu yang tepat.

    ReplyDelete
  17. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof, benar-benar bermanfaat dan dekat dengan kehidupan kami di lingkungan pendidikan
    Melalui elegi ini saya tertarik bahwa guru yang ingin berinovasi harus didasarkan pada aktivitas penelitian. Saya setuju, karena hanya lewat penelitian itu lah guru akan mengetahui aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam pembelajaran. Selain itu, melalui penelitian juga lah guru dapat mengimplementasikan metode yang akan digunakan dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.

    ReplyDelete
  18. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Sebagai seorang pengajar, melakukan perubahan adalah hal yang harus selalu dillakukan guru demi mengiuti tren pembelajaran. Ada syarat-syarat seorang guru mampu melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbarui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada diri sendiri.
    Terdapat beberapa cara agar guru yang ingin melakukan perubahan pada cara mengajar dapat melakukan perubahan. Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerjasama denan orang lain. Kedua, akukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu da temukanlah makna dibalik setipa perubahanmu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Setelah membaca ini, bagi saya tidak hanya seorang guru saja yang memiliki keinginan pada perubahan. Saya sendiri juga memiliki keinginan hidup yang terus berubah dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya perubahan pada arah yang lebih baik. Semoga ruang dan waktu selalu memberikan kesempatan pada saya agar dapat mempergunakan keduanya dengan efektif. Tentunya, saya juga tidak hanya berfokus pada ruang dan waktu. Namun, kesempatan untuk menjalani kehidupan dari waktu ke waktu yang saya minta kepada Tuhan. Saya sangat bersyukur atas nikmat hidup yang sudah Tuhan berikan hingga saat ini. Terimakasih Prof, ulasan ini menghantarkan pada diri saya untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan kepada saya terutama nikmat umur, kesehatan dan hidup.

    ReplyDelete
  21. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    “engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah”, seperti halnya tak ada jawaban pun, itulah jawabannya. Sepertinya saya masih bertanya-tanya mengenai kalimat ini. Mohon kesediannya Bapak untuk memberikan penjelasan terkait kalimat ini.
    Banyak hal yang baru saya ketahui setelah membaca elegi ini. Ternyata perubahan yang tidak saya sadari adalah terkait dengan struktir, bentuk, sifat-sifat, potensi, dan fakt-fakta tentang diri ku ini. Sedangkan jika saya sadar dan berkeinginan untuk berubah maka hal yang terkait dengan perubahan yang disadari adalah ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Perubahan sangat penting sekali baik untuk diri sendiri, orang terdekat, orang jauh, dunia, dan akhirat. Apalagi perubahan bagi seorang guru, tentunya perubahan yang lebih baik ke arah positif, dapat memberikan perkembangan yang lebih maju lagi bagi dunia pendidikan. Setidaknya perubahan untuk dirinya sendiri, bagi lingkungan kelas, dan sekolahnya. Sungguh pentingnya perubahan bagi seorang guru untuk selalu mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, supaya peserta didik merasa senang dan tidak bosan untuk belajar.

    ReplyDelete
  22. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof
    Suguhan elegi yang sangat menarik.Dipoles dengan sentuhan-sentuhan nasehat yang indah.
    Kata kuncinya dari membaca elegi di atas, untuk melakukan perubahan perlu adanya kesadaran.Dengan mengambil petikan kalimat di dalam elegi tersebut yang menurut saya sangat memiliki daya tarik yang sangat penting bahwa “Sebaik- baik perubahanmu adalah yang juga bermanfaat buat orang lain” ini merupakan hal yang paling mendasar untuk membangun perubahan dan akan membawa dampak positif bagi diri kita sendiri.Juga sebaik-baiknya perubahan jika terarah, bernilai baik, dan bermanfaat bagi dunia maupun akhirat.Yang tidak kalah pentingnya juga di dalam perubahan agar yang sulit terasa mudah maka dibutuhkan kerja sama seperti yang telah disebut di dalam elegi tersebut.Kita menyadari bahwa kita tidak dapat berjalan sendiri tanpa orang-orang di sekitar kita.Mungkin seperti itulah yang diharapkan oleh guru di dalam melakukan perubahan-perubahan di dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih Prof. Marsigit atas artikel di atas. Ulasan yang menarik dan saya menjadi teringat dengan perkataan yang sering diucapkan oleh bapak di kelas, bahwa setiap detik sesungguhnya kita itu berubah, berubah pada ruang dan waktu yang sesuai dimana dan kapan kita berada. Jadi perubahan akan selalu ada dan selalu beriringan dengan kita. Bahkan kita tidak memikirkan sesuatupun, kita dianggap berubah, berubah dari yang tadi memikirkan suatu hal menjadi tidak memikirkan akan suatu hal. Apalagi seorang guru, menggapai perubahan untuk diri sendiri saja mungkin masih kesulitan bagaimana merubah siswa. Tidak merubah kodratnya namun sikap, sifat, dan pemikiran mereka agar menjadi manusia yang kritis, kreatif, inovatif, sekaligus bermanfaat, dan berkualitas dalam hidupnya. Tentunya tidak dengan pengambilan keputusan yang cepat dan instan, karena semuanya membuthkan waktu dan proses. Saya sangat setuju bahwa perubahan yang kita lakukan dan tebarkan hendaknya bermanfaat bagi diri sendiri, oranglain, dunia dan akhirat. Mungkin mudah saja untuk saya ketik saat ini, namun melakukan nya pun harus berangkat dari niat yang benar-benar murni dan tulus, selalulah memohon pertolongan agar diberi kemudahan oleh Allah sehingga pada akhirnya perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  24. Dimas Candra SAputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Setiap saat semua hal mengalami perubahan meskipun tanpa disengaja dan juga tanpa disadari. Guru yang bijak ialah guru yang mau berusaha untuk melakukan perubahan, baik melakukan perubahan paradigma pembelajaran, perubahan cara pandang, perubahan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Tentu perubahan yang dimaksud ialah perubahan untuk perbaikan, yaitu untuk benar-benar menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu upaya perubahan yang penting dilakukan oleh guru adalah selalu melakukan inovasi. Dalam melakukan inovasi, guru harus benar-benar memahami hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarannya. Inovasi yang dilakukan oleh guru juga harus disesuaikan dengan dinamika perubahan siswa. Setiap inovasi yang dilakukan pun perlu dilakukan refleksi dan evaluasi agar perubahan yang dilakukan selalu lebih baik. Dengan demikian, pendidikan akan benar-benar mampu menjawab tantangan perubahan zaman.

    ReplyDelete
  25. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Perubahan yang meliputi pengetahuan, skill, dan sikaf merupakan hal yang penting bagi seorang guru. Perubahan yang dimaksud bukan saja perubahan yang terjadi pada diri siswa melainkan perubahan yang juga terjadi pada diri guru. Hal tersebut sangat berguna demi perbaikan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Karena jika gurunya bagus maka umumnya akan melahirkan peserta didik yang bagus pula. Untuk menuju perubahan tersebut guru harus tekun dalam mencari berbagai macam referensi pengetahuan yang meliputi metode, pendekatan, serta teknologi yang dapat mendukung pada saat pembelajaran berlangsung dengan begitu guru akan menjadi kreator dan innovator bagi perkembangan afektif, psikomotor, dan intelegensi siswanya.

    ReplyDelete
  26. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Menggapai perubahan merupakan sebuah keharusan yang akan dialami setiap makhluk. Perubahan pada dunia pendidikan juga pasti akan terjadi. Paradigma pendidikan yang tradisional mulai di ganti dengan inovasi-inovasi yang baru guna menunjang perkembangan segala aspek kehidupan. Karena tujuan pendidikan tidak bukan adalah membekali siswa dengan keahlian, ketrampilan, serta kemampuan lain guna menghadapi kehidupan nya. pendidik sebagai pioner dalam dunia pendidikan memegang peran sentral dalam peningkatan mutu pendidikan, oleh karena itu pendidik hendaknya senantiasa meningkatan kemampuan diri, kemampuan keilmuan, kemampuan pedagogik. Kemampuan administrasi, kemampuan perencanaan, kemampuan mengajar, kemampuan evaluasi, Kemampuan penilaian agar mampu memfasilitasi kebutuhan siswa yang berbeda- beda.

    ReplyDelete
  27. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Seorang guru atau siapapun, hendaknya menyadari bahwa perubahan itu pasti akan terjadi. tetapi bagaimana menyikapinya adalah hal yang penting. disitulah guru berperan dalam perubahan di bidang pendidikan, mengarahkan ke perubahan yang lebih baik, dengan dibantu oleh pihak-pihak lain yang melakukan penelitian, dan kerjasama yang berkesinambungan, maka perubahan ke arah yang lebih baik, bisa dicapai.

    ReplyDelete
  28. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih Prof, dengan membaca tulisan ini saya menjadi paham bahwa saya akan tetap berubah walaupun saya tidak menyadarinya. Perubahan itu pasti, tetapi berubah ke arah kebaikan itu belum pasti dan perubahan dalam kebaikan itu yang harus terus diupayakan. Jika hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka kita adalah termasuk golongan orang yang beruntung.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Dalam pembelajaran dikelas menjadi seorang guru harus paham dengan apayang dihadapi.Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa. perubahan yang ada sekarang beraitan dengan kurikulum adalah hal yang biasa terjadi karena sejatinya itu sesuatu berubah tanpa kita sadari. namun jika kita menyadari suatu perubahan dan mempunyai tujuan yang akan dicapaimakan tujuan itu adalah hal yang diinginkan oleh manusia untuk mengarahkan ke bagian tertentu. dengan potensi yang dimiliki oelhmanusia atau adanya daya juang manusia untuk melakukan perubahan yang lebih besar lagi berkaitan dengan makna perjalanan dlam perubahan itu sendiri adalah kekuatan yang lebih besar untuk berubah kearah tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  30. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sudah menjadi hakikatnya generasi muda menjadi agen perubahan begitu juga dengan guru. Sebagai pendidika kita harus teru berinovasi guna mengikut perkambangan zama dan tekhnologi yang semakin pesat. Di jama sekarang ini, mengajarkan “knowledge” bukan lagi menjadi hal yang paling utama karena siswa bisa mendapatkannya dengan akses informasi dengan ditunjang internet tapi tugas paling utama seorang pendidikan sekarang adalah mengajarkan kepada siswa “wisdom” dalam memanfaatkan tekhnologi agar tidak terjadinya pergeseran nilai dan moral.

    ReplyDelete