The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Feb 12, 2013
Sekolah Bertaraf Internasional : Sebuah Epistemology
Oleh : Marsigit
Ass Wr Wb
Berikut saya sampaikan jawaban saya dari beberapa pertanyaan pembaca tentang aspek pengembangan SBI.
Dalam konteks Filsafat, maka aspek pengembangan SBI dapat dimasukkan ke ranah Epistemologi yang meliputi Sumber-sumber pemahaman SBI, macam aspek-aspeknya, referensi pendukung, evidences, pembenaran, metode, arah dan tujuan.
Dalam persepsi saya Sekolah Bertaraf Internasional, atau Sekolah Berstandar Internasional, atau World Class University, atau apapun namanya, dalam konteks ke Indonesiaan adalah suatu PROSES INTERAKSI antara DUA hal :
-Global VS Indonesia,
-Maju VS Berkembang,
-Sophisticated VS Traditional,
-Teori VS Praktek,
-Produk VS Proses,
-Pemerintah VS Masyarakat,
-Undang-Undang VS Implementasinya,
-Standard VS Non-standard,
-the Winner VS the Looser,
-the Best VS the Least,
-the Fact VS the Potentiality,
-the Idealism VS the Pragmatism,
-the Obligatory VS the Need,
-the Long Term VS the Short Term,
-Centralized VS Decentralized,
-International Value VS Local Value,
-Logic VS Action,
-Knowledge VS Experience,
-Terminal Point VS Starting Point,
-Ego VS Iklhas,
-Moving VS Steadily,
-TESIS VS ANTI-TESIS, dst.
Dengan konsep tersebut di atas maka persoalan pengembangan sekolah menuju SBI adalah seberapa jauh Tata Ruang dan Segment Waktu yang ada, memberikan dan mampu dimanfaatkan oleh segenap unsur-unsur (tesis-tesis) tersebut di atas untuk melakukan interaksi secara sinergis, intensif dan ekstensif.
Unsur-unsur berkonotasi TERMINAL POINT sengaja saya letakkan dibagian kiri misalnya Internasional, Standard, the Winner, dst.
Sedangkan unsur-unsur berkonotasi STARTING POINT saya letakkan di bagian kanan, misalnya Tradisional, Local, the Loser..dst.
Kondisi psikologis unsur-unsur TERMINAL POINT tentunya berbeda dengan unsur-unsur STARTING POINT.
Dengan kata lain, tantangan pengembangan SBI ke depan adalah seberapa jauh dan bagaimana mampu segenap unsur-unsur (tesis-tesis) tersebut TERJEMAH dan DITERJEMAHKAN atau saling BERSINTESIS secara sinergis, ekstensif dan intensif.
Faktanya (bagian kanan), yang didukung EVIDENCES ternyata bahwa TIDAKLAH MUDAH melakukan hal tersebut di atas.
Kalau boleh dikatakan bahkan SANGAT SULIT DIWUJUDKAN disebabkan oleh adanya SIFAT EGO yang menonjol, menguasai dan membatasi ruang gerak unsur-unsur (tesis-tesis) tersebut.
Dalam jangka waktu pendek, hal demikian kelihatan bersifat KONTRA PRODUKTIF, tetapi dalam jangka panjang (setelah mungkin ganti generasi) akan memberi harapan.
Hypothetical analyses saya menyimpulkan bahwa dalam 100 tahun, bangsa kita masih kalah dengan bangsa Jepang, Cina dan Amerika; tetapi kita akan melihat kejayaan Indonesi setelah kurun lebih dari 100 tahun (alih beberapa generasi).
Maka tantangan pengembangan SBI secara konseptual atau secara hakikinya, tidak cukup hanya menemukan anti-tesis tetapi juga MENSINTESISKAN antara TESIS dan ANTI-TESIS.
Apa yang sedang saya lakukan ini adalah kegiatan SINTESIS atas tesis-tesis dan anti tesisnya.
Ruang dan Waktu akan menjadi saksi, kemana dan sampai kapan dan sampai dimana perjalanan bangsa ini khususnya nasib pengembangan SBI.
Demikian semoga memberi kontribusi. Mohon maaf atas kurangnya.
Marsigit
Yogyakarta, 25 Desember 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
SBI pada awalnya secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Inonesia. Namun, dari bagian akhir postingan ini sampai kapan SBI akan bangsa Indonesia dalam pengembangan SBI ternyata tidak lama. Sekitar awal tahun 2013 SBI dan RSBI sudah dihapuskan. Banyak pihak yang menyatakan bahwa SBI adalah produk gagal. Pendidikan Indonesia justru semakin rendah dilihat dari prestasi siswa yang menurun. Adapun alasanya diantaranya bertentangan dengan UUD 1945, RSBI menimbulkan dualism pendidikan, biaya sekolah menjadi mahal sehingga menimbulkan diskriminasi pendidikan, dan pembedaan antara RSBI/SBI dengan non RSBI/SBI menimbulkan adanya kastanisasi pendidikan.
Aan Andriani
ReplyDelete18709251030
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr.wb
Dalam konteks filsafat, aspek pengembangan SBI dapat dimasukkan ke ranah epistemologi yang meliputi sumber-sumber pemahaman SBI, seperti aspek-aspeknya, referensi pendukung, evidences, pembenaran, metode, arah, dan tujuan. Saat ini kemajuan pendidikan di Indonesia masih kalah dengan negara-negara lain. Padahal Indonesia memiliki bibit-bibit unggul namun masih susah dalam mengembangkannya. Hal ini perlu adanya dorongan dari pemerintah untuk dapat memfasilitasi dan membantu perkembangan dalam dunia pendidikan. Dalam mengembangkan SBI tanpa adanya bantuan dari pemerintah maka akan susah untuk melaksanakannya. Misalnya saja dalam hal pembiayaan. Siswa yang masuk ke sekolah SBI akan lebih mahal dibandingkan dengan siswa yang masuk di sekolah yang biasa saja karena dalam menerapkan SBI akan membutuhkan fasilitas yang bertaraf internasional juga, sehingga membutuhkan biaya yang banyak juga. Untuk itu perlu adanya dukungan dari pemerintah agar dapat menyelenggarakan SBI sehingga bisa menciptakan siswa-siswa yang bertaraf internasinal dan dapat mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju.
Wassalamualaikum wr.wb.
Tiara Cendekiawaty
ReplyDelete18709251025
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Untuk beberapa waktu yang lalu SBI memang sangat hits dalam kalangan pendidikan di Indonesia, namun itu tidaklah lama karena pada akhirnya SBI dihapuskan karena dianggap tidak meningkatkan mutu pendidikan seperti apa yang ditargetkan. Dengan adanya label SBI, RSBI, SSN menimbulkan kesenjangan diantara sekolah-sekolah sehingga sekolah yang tidak memiliki label tersebut dianggap tidak mempunyai mutu yang baik. Pada dasarnya pelabelan tersebut tidak perlu dilakukan karena yang utamanya adalah peningkatan kualitas dari seluruh lini sekolah itu sendiri. Label hanyalah label ketika pada akhirnya tidak bisa menghasilkan kualitas yang setimpal dengan label tersebut.
Nani Maryani
ReplyDelete18709251008
S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dalam pandangan filsfat, aspek pengembangan SBI masuk ke dalam ranah epistemologi yang meliputi sumber-sumber sumber pemahaman SBI dan lainnya. Jika kembali kepada pertanyaan filosofis, apa yang sebenarnya hendak dituju oleh program SBI ini ? Jika tujuan utama dari program SBI ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran dan output pendidikan yang mengadopsi atau berkiblat pada sistem Cmbridge atau IB saja maka itu bukanlah jawaban yang sebenarnya. Jika ditinjau secara filosofis, menggerakkan potensi terbaik pendidikan di Indonesia untuk berkiblat kepada sistem Cambridge bisa dikatakan sebagai pengkhianatan terhadap tujuan pendidikan nasional itu sendiri.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Jika ditinjau dari epistemogoli, SBI atau Sekolah Bertaraf Internasional ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempersiapkan siswa yang memiliki daya saing yang tinggi terhadap persaingan global. Kita tidak bisa menjatuhkan sifat kepada SBI tetapi yang bisa dilakukan hanyalah menunggu bagaimana SBI untuk pengembangan jaman mendatang. Adanya ruang dan waktu akan menjadi jawaban dari semua itu
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Mungkin saja SBI ini awalnya memikirkan jangka panjang bahwa Indonesia akan bisa bersaing dengan negara lain. tetapi, pada kenyataannya tidak semudah itu menerapkan indikator dalam SBI. Yang harus difokuskan adalah bagaimana peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan secara merata di seluruh Indonesia.
Anggoro Yugo Pamungkas
ReplyDelete18709251026
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan artikel diatas, berbicara tentang sekolah berstandar internasional itu ada dampak baik dan buruknya. Dampak baiknya, menurut saya dengan adanya sekolah berstandar internasional, indonesia bisa menunjukkan bahwa indonesia mempunya sekolah yang berkualitas internasional. Namun dampak buruknya, sekolah-sekolah yang biasa saja menjadi tertinggal dan dengan hal itu menjadi perebutan antar calon siswa. Sehingga kadang banyak orang-orang yang melakukan berbagai cara agar anaknya masuk di sekolah itu. Walaupun tidak semua, tetapi ada yang melakukan seperti itu
Sintha Sih Dewanti
ReplyDelete18701261013
PPs S3 PEP UNY
Konsep sekolah bertaraf internasional sangat bagus, akan tetapi banyak persoalan pengembangan sekolah menuju SBI. Seperti yang disampaikan pada artikel ini adalah seberapa jauh tata ruang dan segment waktu yang ada, memberikan dan mampu dimanfaatkan oleh segenap unsur-unsur (tesis-tesis) tersebut di atas untuk melakukan interaksi secara sinergis, intensif dan ekstensif. Kelemahan pada SBI adalah telah terjadi kekacauan dalam proses belajar-mengajar dan kegagalan didaktik. Guru tidak mungkin disulap dalam waktu singkat bisa mengajarkan materinya dalam bahasa Inggris. Akibatnya, banyak siswa SBI justru gagal dalam ujian nasional karena mereka tidak memahami materi bidang studinya.
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika 2018
Dalam konteks filsafat SBI sebagai sebuah epistemology terdiri dari beberapa aspek yaitu referensi pendudukung, fakta-fakta, pembenaran, metode, arah, dan tujuan. Untuk mencapai sekolah SBI atau world class university terdapat beberapa interaksi yaitu global vs Indonesia, maju vs berkembang, teori vs praktek, produk vs proses, pemerintah vs masyarakat, dan sebagainya. Mengembangkan SBI memang tidaklah mudah, diperlukan perbaika sistem-sistem pendidikan agar sesuai dengan standart pendidikan internasional atau dunia. Meskipun system pendidikan di Indonesia masih kalah dengan negara-negara lainnya, akan tetapi pendidikan di Indonesia memliki potensi untuk mensejajarkan pendidikannya dengan pendidikan di dunia terutama China, Jepang, dan Amerika.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
sekolah bertaraf internasional mempunyai proses pencapaian yang tidak mudah. Sebelum menjadi sekolah bertaraf internasional, proses dimulai dari rintisan sekolah bertaraf internasional dengan berbagai tahapan selanjutnya. Sekolah SBI juga telah menerapkan pengajaran pendidikan modern bilingual dan bahasa sehari-hari menggunakan bahasa inggris diwajibkan. Dari segi siswa sekolah SBI akan mempunyai standar input tersendiri. Begitu juga dengan biaya sekolah yang biasanya relative lebih mahal dibandingkan sekolah pada umumnya.
Agnes Teresa Panjaitan
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika A 2018
18709251013
Penghapusan sekolah bertaraf Internasional di Indonesia adalah suatu hal yang menurut saya sangat amat disayangkan. Dengan berbagai kontroversi dalam pelaksanaanya menjadi salah satu tantangan yang menjadi hambatan akan adanya pengembangan atas sekolah dengan kualitas internasional ini. Seperti yang ada dalam tulisan ini, kehadiran sekolah bertaraf internasional seolah menjadi dua versi dalam dunia pendidikan seperti global vs Indonesia, Maju Vs berkembang dan lain sebagainya. Namun dua versi yang berlawanan sebaiknya tidak menjadi hambatan melainkan kombinasi yang dapat menjadi salah satu cara dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Dalam Sekolah Bertaraf Internasional, siswa dilatih bukan cuma mengejar prestasi akademis di kelas dan menjadi yang terbaik, tapi juga dilatih mengetahui proses dan usaha untuk mencapainya supaya terbangun kreativitasnya. SBI diarahkan tidak hanya mengedepankan kecerdasan intelektual, tetapi juga membangun kecerdasan hati, rasa, dan raga
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
SBI menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di indonesia. Namun kenyataannya pelaksanaan SBI di indonesia justru membuat mental siswa menurun, siswa belum siap untuk memulai dunia pendidikan yang berbasis SBI. Siswa justru merasa tertekan bahjan guru juga dirasa belum siap, walau sudah ada beberapa SBI di indonesia namun sebagian masih bertaraf nasional dikarenakan mental siswa dan guru belum siap sehingga pelaksanaanya masih perlu diperhatikan.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Menjadi sekolah bertaraf internasional bukanlah sesuatu yang mudah untuk diwujudkan. Apalagi apabila kita mau menengok pendidikan kita sekarang ini. Untuk bisa mencapai taraf internasional terdapat permasalahan kompleks yang perlu kita selesaikan terlebih dahulu. Mulai dari sistemnya, paradigmanya, praktik pembelajarannya, kualitasnya, dan lain sebagainya. Maka hal ini bukanlah merupakan sesuatu yang mustahil tetapi tentu memerlukan proses yang panjang.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Membahas tentang SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) dan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) mengingatkan saya pada masa-masa sekolah di bangku SMP dan SMA. Sejujurnya saya masih kurang paham terkait bagaimana sebuah sekolah bisa dikategorikan sebagai SBI atau RSBI. Namun yang saya alami dulu adalah ketika seorang siswa ingin bersekolah di sekolah SBI atau RSBI maka tidaklah cukup dengan menggunakan hasil nilai UN seperti ketika ingin masuk di sekolah negeri umumnya tetapi masih ditambah dengan menjalani test masuk. Selain itu ada biaya pendidikn yang sangat jauh berbeda antara SBI atau RSBI jika dibandingkan dengan biaya mengikuti program regular di sekolah negeri pada umumnya. Setelah membaca bacaan ini saya baru mengetahui aspek-aspek terkait SBI.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sekolah dapat dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional dengan beberapa usaha yang tentunya membutuhkan ikhtiar maksimal. Ada syarat perlu untuk menjadikan atau membangun sebuah sekolah bertaraf internasional yaitu kebutuhan siswa. kebutuhan siswa untuk mengembangkan kemampuan matematika, bahasa, dan ilmu pengetahuan lain secara lebih luas dan global. Manfaatnya siswa dapat menggunakan berbagai macam bahasa internasional kedalam pembelajaran lain. Hal tersebut tentunya menarik dan menjadikan siswa lebih berkembang. Untuk membuat itu menjadi terlaksana dibutuhkan usaha dan kerja keras seluruh komponen pendidikan. terimakasih
Atin Argianti
ReplyDelete18709251001
PPs PM A 2018
Seklah bertaraf internasional dalam postingan tersebut memiliki tujuan bagwa sekolah dengan tafar internasional harus dapat bersaing di kancah dunia atau global. Tujuan tersebut ditinjau dari tujuan epistimologi sekolah bertaraf internasional. Tetapi sekolah bertaraf internasional di Indonesia masih mengalami kesulian dalam mencapai indicator untuk menjadi sekolah bertaraf internasional.
Atin Argianti
ReplyDelete18709251001
PPs PM A 2018
Penerapan konsep untuk pengembangan sekolah SBI memiliki banyak dampak presepsi pada SBI mengenai tata ruang dan tata waktu yang harus ada dan mampu memberikan manfaat pada seluruh unsur yang dapat berinteraksi secara sinergis, intensif, dan ekstensif. Tetapi konsep tersebut secara konseptual tidak cukup untuk diperdebatkan tanpa adanya anti tesis dan sintesisnya.
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Salah satu tujuan pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dang membangun karakter yang baik pada anak. Untuk dapat menjadi Sekolah Berstandar Internasional merupakan sebuah pencapaian besar, namun apalah guna pencapaian ini jika di masih terjadi kesenjangan dalam pendidikan ini, oleh karena itu sekolah Berstandar internasional dihapuskan karena beberapa pertimbangan dari segi kebermanfaatannya. Yang tertpenting sekarang ini adalah membangun paradigm pendidikan Indonesia yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Melihat system penddikan negara-negara maju, seperti Finland, bahwa tidak ada perbedaan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, seperti sekolah antara sekolah yang elite dan sekolah yang biasa. Sekolah negeri dan sekolah swasta. Semua sekolah itu sama, sehingga tidak ada sekolah yang dipenuhi dengan anak-anak yang pintar saja. Sehingga focus Indonesia sekarang ini bagaimana menyatrakan pendidikan di Indonesia, melihat masih banykanya sekolah di pelosok-dipelosok yang masih perlu ditingkatkan
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Perjuangan untuk menjadikan sekolah bertaraf internasional tidaklah mudah. Sekarang mungkin SBI telah dihapuskan. Namun universitas menuju taraf internasional masih digema-gemakan diperguruan tinggi. Untuk mampu bersaing ketaraf internasional pihak kampus khususnya PASCASARJANA memberi syarat agar mahasiswanya ketika lulus wajib melaporkan telah mempunyai artikel terindeks scopus atau artikel bertaraf internasional atau artikel bertaraf nasional minimal sinta 2. Hal ini tentunya menjadi tantangan positif bagi mahasiswanya untuk terus berupaya mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan menulis sebuah artikel.
Kartianom
ReplyDelete18701261001
S3 PEP 2018
Dahulu Sekolah Bertaraf Internasional atau pernah diterapkan di Indonesia. Banyak sekolah yang mengejar predikat tersebut, sebagai sekolah bertaraf internasional. Sekolah yang memiliki label SBI, menerapkan sistem bilingual dalam pembelajarannya, yaitu menerapkan dua bahasa dalam proses pembelajaran, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Namun dalam mewujudkan sekolah bertaraf internasional, dalam ruang dan waktu saat ini tidaklah mudah untuk mewujudkannya dalam waktu yang singkat. Namun untuk generasi Indonesia berikutnya diharapkan Indonesia mengalami kemajuan dalam tingkat Internasional.
Dhamar Widya Safitri
ReplyDelete19701251009
S2 PEP A 2019
Assalamualaikum.
Tantangan pengembangan Sekolah Bertaraf Internasional masih besar untuk diwujudkan. Namun, dengan perubahan SBI dapat memberikan harapan baru untuk siswa dan dan orang tua untuk mendapat sekolah dengan layanan berkualitas internasional. Ruang dan waktu menjadi saksi perkembangan sekolah bertaraf internasional ini.
Terimakasih.
Syaiful Syamsuddin
ReplyDelete19701261002
S3 PEP 2019
Assalamu alaikum wr.wb
Sekolah bertaraf internasional adalah sekolah dengan konsep untuk memenuhi kebutuhan global. Artinya sekolah bertaraf internasional tidak hanya standar sekolah pada umumnya di Indonesia tetapi juga harus memenuhi standar sekolah negara yang pendidikannya sudah maju. Dalam hal ini seluruh perangkat pendidikan yang ada di sekolah tersebut dituntut mempunyai keunggulan yang lebih dibandingkan dengan sekolah pada umumnya yang di Indonesia. Namun demikian, banyak yang menilai realisasi sekolah bertaraf internasional oleh pemerintah terkesan terburu-buru. Ini tampak dari munculnya berbagai masalah manajemen tatkala kecepatan sekolah-sekolah dalam melakukan perubahan (mengadopsi silabus pembelajaran dan penilaian asing) masih belum diimbangi dengan upaya yang sistematis untuk memperkuat dan meningkatkan mutu sumber daya kependidikan (kepala sekolah, guru, dan manajemen), membangun sistem kontrol dan akuntabilitas atas seluruh kegiatan akademis dan administrasi keuangan sekolah. Akibatnya, pertumbuhan SBI yang begitu cepat itu malah menimbulkan masalah, kontraproduktif, dan kehilangan arah. Dengan hilangnya pesan perubahan, yang sebelumnya tercermin dari perubahan manajemen sekolah yang menjadi lebih transparan, akuntabel, dan partisipatif, program SBI ini malah hanya membawa kecemasan baru di masyarakat. Semestinya Depdiknas terlebih dulu melakukan pemetaan, pengkajian ulang dan persiapan dari segala sisi sebelum menggulirkan program tersebut, sehingga keresahan tak menjalar di masyarakat.