Feb 12, 2013

IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA




IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh: Mahasiswa S1 Reguler Pendidikan Matematika Angkatan 2007, 2o Nopember 2008


1.Pengaruh banyaknya tugas sekolah terhadap kondisi psikologis siswa.
2.Bagimana menumbuhkan mental atau motivasi yang kuat agar siswa mampu mengerjakan matematika.
3.Bagaimana seorang guru muda (novice) mengatasi nervous ketika menyelenggarakan pembelajaran matematika?
4.Bagaimana melayani kebutuhan belajar matematika yang beraneka ragam termasuk kondisi dan latarbelakang siswa?
5.Bagaimana melayani kebutuhan belajar matematika dari siswa yang berprestasi tinggi?
6.Tanggung jawab guru adalah mendidik semuanya “Education for All”?
7.Sekitar polemik bentuk soal UAN dan pengaruhnya terhadap psikologis siswa?
8.Apa yang kita ketahui tentang “Transfer of Knowledge” dan “Transfer of Value”?
9.MUSUH UTAMA PENDIDIKAN ADALAH BUDAYA INSTANT? Jelaskan maknany?
10.Bagaimana mengembangkan matematika sebagai kegiatan problem solving di kelas?
11.Bagaimana mengatur keseimbangan antara belajar matematika sebagai proses atau sebagai hasil?
12.Bagaimana mengetahui tingkat kecerdasan dan kemampuan siswa belajar matematika?
13.Bagaimana mengembangkan aspek nilai budi pekerti dalam pembelajaran matematika?
14.Bagaimana melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran matematika?
15.Apakah terdapat “prejudice” dalam pembelaaran matematika dan bagaimana pengaruhnya terhadap kegiatan belajar matematika?
16.Bagaimana mengembangkan pembelajaran bermakna dalam pbm matematika?
17.Bagaimana mengembangkan pembelajaran kontekstual dalam pbm matematika?
18.Bagaimana kedudukan dan fungsi hukuman dan hadiah dalam pembelajaran matematika?
19.Bagaimana meningkatkan kemampuan matematika siswa?
20.Bagaimana mengembangkan pembelajaran matematika yang menarik dan menyenangkan serta siswa menghayati bahwa matematika adalah penting?
21.Bagaimana aspek kuantitatif dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematikia?
22.Apa yang dapat kita ketahui tentang “managemen emosi” dan penerapannya dalam pbm matematika?
23.Bagaimana mengembangkan metode pembelajaran matematika yang dinamis dan fleksibel?
24.Bagaimana mengembangkan skenario pembelajaran matematika?
25.Bagaimana memotivasi siswa belajar matematika?
26.Bagaimana menumbuhkan apersepsi siswa dan keterlibatan siswa dalam pbm matematika?
27.Apa yang kita ketahui tentang “metapora” dan bagaimana pengaruhnya dalam pbm matematika?

Kontributor: Ratna Indrayani, Sani Merdekawati, M. Abdul Rosid, Adi Rahman, Yayu Marissyafani, Fety Herira Amasari, Tri Wijayanti, Faizin, Ajeng Desi, Ervinta Astrining Dewi, Palupi Sri Wijayanti, Hutri Prastasiwi, Trisnawati, Uki Rahmawati, Fina Hanifa, Supriyanti, Anniy Susilowatiy, Rima Aksen, Artina Tarapti, Anisa Halimatus Sa’diyah, Noviana Anggraini, Nur Hera Utami, Indrati Setyarini, Isti Nur Chasanah.
Pembimbing: Dr. Marsigit

4 comments:

  1. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Banyaknya tugas sekolah sangat mempengaruhi kondisi psikologis siswa. Kebanyakan pengaruhnya adalah kearah negative. Karena kebanyakan siswa masih beranggapan bahwa tugas merupakan suatu beban bagi mereka. Sehingga semakin banyak tugas yang diberikan guru pada siswa akan menjadikan siswa merasa memiliki beban yang banyak.

    ReplyDelete
  2. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut saya cara menumbuhkan mental atau motivasi yang kuat agar siswa mampun mengerjakan matematika adalah dengan menumbukan kecintaan siswa pada matematika. Seperti pengalaman saya. Ketika saya mencintai dan menyenangi pelajaran matematika, dengan sendirinya saya termotivasi untuk bisa memecahkan masalah-masalah dalam matematika. Ketika saya merasa kesusahan dalam mengerjakan, saya membaca sumber-sumber yang ada dan mencoba untuk memahami sendiri. Namun, ketika saya mengalami kesulitan dalam memahami sumber-sumber tersebut, saya mulai bertanya kepada orang dewasa yang saya nilai bisa memcahkan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  3. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kecintaan siswa akan matematika dapat timbul salah satunya melalui gurunya. Ketika saya duduk di bangku sekolah dasar, saya memiliki guru matematika yang menyenangkan, sehingga saya merasa senang saat pelajaran matematika. Dan dari situ pula siswa dapat termotivasi untuk mencintai matematika.

    ReplyDelete
  4. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut pendapat saya, cara mengatasi nervous pada guru muda saat mengajar adalah dengan menamkan rasa percaya diri. Percaya diri itu dapat muncul ketika guru muda sebelumnya telah memiliki persiapan yang matang untuk mengajarnya. Mengetahui kondisi kelas dan siswa yang akan diampunya juga merupakan suatu persiapan.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.