Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 21: Mengapa 3+4=7 kontradiktif? (Bagian Kesatu)




Oleh Marsigit

Sudah saya buktikan bahwa 3+4=7 tidak berlaku untuk semua Ruang dan Waktu. Maka 3+4=7 adalah absolutely true hanya untuk Dunia yang terbebas oleh Ruang dan Waktu yaitu dunianya para Logicist-Formalist-Foundationalist.

Padahal kita mengetahui bahwa Dunia Anak-anak SD dan SMP itu adalah Dunia yang terikat dengan Ruang dan Waktu. Oleh karena itu jika kita mengatakan 3+4=7 sebagai benar begitu saja tanpa keterangan apapun, maka kita telah bersifat MANIPULATIF. Buktinya saya tidak dapat mengatakan bahwa 3pensil + 4buku = 7buku.

Persoalan pedagogiknya adalah bagaimana guru mampu menjelaskan kajadian ini menggunakan bahasa siswa. Inilah satu kejanggalan yang bisa menjadi awal untuk mempertanyakan Validitasnya karya Logicist-Formalist-Foundationalist dalam usahanya menangani problem-problem pembelajarann matematika di sekolah.

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Matematika merupakan kontradiktif. Hal ini dapat dilihat dalam perbedaannya yang terjadi akibat perbedaan ruang dan waktu. Bagi matematikawan 3+4=7 adalah mutlak benar hanya untuk dunia yang terbebas dari ruang dan waktu yaitu dunianya para logicist-formalist-foundationalist. Sedangkan pada dunia anak-anak 3+4=7 itu belum tentu benar. Contohnya ketika seorang anak akan menjumlahkan 3 pensil dan 4 penggaris sama dengan 7 penggaris maka hal ini adalah salah. Konsep 3+4=7 tidak berlaku dalam ruang dan waktu anak-anak.
    Meskipun kita tahu bahwa 3+4=7 belum tentu benar menurut ruang dan wakt anak-anak atau murid, sering guru melakukan kesalahan dengan mengatakan bahwa 3+4=7 itu benar begitu saja tanpa memberikan keterangan. Maka guru telah melakukan manipulatif pada pikiran anak. Seharusnya guru menjelaskan kejadian ini menggunakan bahasa siswa. Sehingga di kemudian hari siswa tidak mengalami salah konsep dalam matematika. Marilah kita sebagai guru dan calon guru memperbaiki perilaku iniagar tidak terjadi salah konsep pada siswa yang akan ditanggung siswa itu seumur hidup.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete