Feb 12, 2013

The Nature of Mathematics Education Aim


By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding.

Once upon a time, a mathematics teacher delivered his notion that the objective of his mathematical lesson was to use better mathematical, more advance terminology and to grasp a certain concept of mathematics. Other teacher claimed that the objective of his mathematical lesson was to achieve notions stated in the syllabi. While others may state that his aim was to get true knowledge of mathematics.

So the purpose of mathematics education should be enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society, in particular to situations which are of significance to their private, social and professional lives (Niss, 1983, in Ernest, 1991).

Accordingly, the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum (Ernest, 1991).

Implicitly, Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. The aims of mathematics education are different among the ideology of mathematics: industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

12 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Secara filosofis, tujuan dalam pendidikan matematika mulai dari dasar seperti aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, sampai pada tahap pengembangan pemahaman siswa. Guru berpendapat bahawa tujuan pembelajaran yang akan dicapai telah tertuang dalam silabus yang dibuat. Tujuan pendidikan matematika antaralain agar siswa mampu meyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kurikulum yang dibuat seharusnya didasarkan pada usaha pengembangan dan kemandirian peserta didik.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Secara filosofis, tujuan perumusan pendidikan matematika mulai dari gerakan kembali ke dasar pengajaran aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Tujuan pendidikan matematika yang seharusnya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, Di Ernest, 1991).

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  5. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Tujuan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup melengkapi perubahan keadaan di dalam kehidupan di dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, kritis, rasional, cermat, jujur, efisien dan efektif (Puskur, 2002:9). Siswa diharapkan dapat menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang menekankan pada nalar dan pembentukan siswa serta keterampilan dalam penerapan matematika.

    ReplyDelete
  6. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete
  7. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri murid dan kemandirian. Tujuan ini harus diiringi oleh keterlibatan murid dalam proses pembelajaran, agar dalam prosesnya siswa secara langsung mengalami dan memahami sendiri.Saat murid terlibat dalam pembelajaran, maka murid akan merasakan sendiri pembelajaran memaknai dan memiliki pengalamannya, dan dengan pengalaman tersebut siswa dapat mengaitkan, mengorganisir, dan memaknainya sehingga siswa dapat membangun konsepnya sendiri. Saat konsep terbangun maka siswa akan mudah dalam memahami suatu materi dan konsep lain yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  9. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami setiap tujuan pembelajaran, termasuk juga tujuan pembelajaran matematika, saat ini sudah tertulis dalam peraturan yang ditetapkan oleh instansi terkait. Akan tetapi guru masih harus mengolah tujuan pembelajaran yang tertulis ini agar dalam pembelajaran matematika hendaknya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, memutuskan, memanfaatkan dan bahkan mungkin menerapkan konsep matematika dalam kehidupan, setidakya dalam situasi penting di kehidupan pribadi dan semaksimal mungkin mampu menerapkannya juga pada kehidupan sosial dan profesional mereka. Oleh karenanya, dalam pembelajaran guru hendaknya mampu memfasilitasi hal-hal tersebut.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Tujuan pendidikan saat ini bukan hanya untuk memenuhi target kurikulum semata, namun menuntut adanya pemahaman kepada peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang menuntut pemahaman peserta didik yaitu matematika. Pemahaman yang dimaksud bukanlah pemahaman dalam arti sempit yaitu menghafal materi pelajaran, namun pemahaman dalam arti luas yaitu lebih cenderung menekankan pada kegiatan proses pembelajaran yang meliputi menemukan konsep, menafsirkan dan lain sebagainya serta peserta didik dituntut untuk dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Setelah membaca artikel di atas, saya memperoleh pengetahuan baru bahwa tujuan dari pendidikan matematika ialah bermacam-macam. Ada yang meyakini bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk mengetahui fakta dan rahasia di dalam matematika. Pendapat lain mengatakan bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk dapat diaplikasikan di dalam kehidupan. Ada pula yang mengatakan bahwa matematika dipelajari hanya untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam kurikulum. Di samping pendapat-pendapat tersebut, masih banyak lagi pendapat lainnya. Menurut Paul Ernest, pendapat tersebut tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematikanya, apakah industrial trainer, humanism society, progressive teaching atau education for all.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Berbicara mengenai tujan pendidikan matematika, memang dapat menghasilkan banyak persepsi. Tujuan tersebut bisa ditinjau dari berbagai sudut pandang tertentu. Terimakasih atas ulasan yang Bapak berikan melalui tulisan ini. Tentu memberikan tambahan ilmu tentang tujuan dari pendidikan matematika yang ditinjatu dari aspek filosofis dan dari beberapa praktisi pendidikan matematika. Bahkan, tujuan ini bisa jadi berbeda bila dipandang dari industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all. Seiring perkembangan zaman, pendidikan matematika juga akan mengalami perkembangan. Yang dulunya bertujuan menggunakan terminologi matematis, terminologi yang lebih maju, dan memahami konsep matematika tertentu, kini sudah berkembang ke arah yang lebih mengedepankan pada pembelajaran bermakna, dimana siswa mampu untuk menerapkan dan mengaplikasikan pembelajaran tersebut dalam konteks kehidupan nyata. Oleh karena itu, sejalan dengan pendapat Ernest, apa yang tertuang dalam kurikulum pendidikan matematika hendaknya didasarkan untuk membantu mengembangkan diri dan kemandirian siswa untuk mewujudkan perubahan sosial yang ada di dalam diri dan lingkungannya.

    ReplyDelete