Feb 12, 2013

The Nature of Mathematics Education Aim


By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding.

Once upon a time, a mathematics teacher delivered his notion that the objective of his mathematical lesson was to use better mathematical, more advance terminology and to grasp a certain concept of mathematics. Other teacher claimed that the objective of his mathematical lesson was to achieve notions stated in the syllabi. While others may state that his aim was to get true knowledge of mathematics.

So the purpose of mathematics education should be enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society, in particular to situations which are of significance to their private, social and professional lives (Niss, 1983, in Ernest, 1991).

Accordingly, the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum (Ernest, 1991).

Implicitly, Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. The aims of mathematics education are different among the ideology of mathematics: industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

18 comments:

  1. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Mnurut Niss (1983), tujuan utama dari pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk memahami, menyadari, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan aplikasi matematika dalam masyarakat, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Maka dari itu, pembelajaran matematika saat ini sedang menuju ke arah dimana siswa tidak lagi hanya memahami dan mengerjakan, tetapi juga mengaplikasikan, agar ilmu yang sudah siswa dapat nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  2. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Tujuan pendidikan matematika yang baik seharusnya memungkinkan siswa untuk memahami, menyadari, menilai, memanfaatkan dan melakukan penerapan matematika dalam masyarakat. Dalam artian adalah untuk situasi yang penting bagi diterapkan dalam kehidupan pribadi, sosial dan profesional siswa. Oleh karena itu ilmu tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga harus bisa dimanfaatkan untuk merubah dunia dengan ilmu yang dimiliki
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    I wanna point out that math education aim will be different from ideology of math and so on. This should be understood by us, as teacher.

    ReplyDelete
  4. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Pembelajaran matematika yang seharusnya adalah guru membimbing siswa untuk membangun konsepnya sendiri dengna media belajar atau metode atau pendekatakan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Matematika erat kaitannya dengan dunia nyata, karena itu penting mengajarkan matematika sejak sekolah dasar dimulai dengan masalah sehari-hari.

    ReplyDelete
  5. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, hakikat pembelajaran matematika merupakan upaya membelajarkan murid/siswa agar siswa dapat mengembangkan cara berpikir matematika dan kemampuan berhitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tujuan pembelajaran matematika adalah: (1) melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, (2) mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinatif, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba, (3) mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. (4) mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembelajaran lisan, catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan.

    ReplyDelete
  6. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Berdasar kutipan dari Ernest (1991) yang dituliskan pada artikel ini “the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum”, jika dapat tepat sasaran maka kemampuan dan kemamdirian siswa dapat berkembang optimal. Untuk itu tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan melakukan penerapan matematika di masyarakat, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional siswa.

    ReplyDelete
  7. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Secara filosofis, tujuan pendidikan matematika membentang dari gerakan kembali ke dasar pengajaran aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga untuk mengembangkan pemahaman siswa. Secara implisit, Ernest (1995) menguraikan bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan matematika. Tujuan pendidikan matematika berbeda antara ideologi matematika: industrial trainer, masyarakat humanis pengajaran progresif atau pendidikan untuk semua. Kemurnian tujuan pendidikan matematika tidak terletak pada syllabus pembelajaran, akan tetapi tujuan pembelajaran matematika yang utama yaitu untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang benar.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Tujuan pendidikan matematika adalah memungkinkan siswa untuk melakukan penerapan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Oleh karena itu, harus ada jembatan yang menghubungkan antara matematika yang dipelajari di kelas dengan apa yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa dapat mencoba untuk mengaplikasikan pengetahuan matematis yang telah diperoleh di sekolah dalam menghadapi persoalan kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  9. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tujuan pendidikan matematika yaitu mempersiapkan siswa untuk memahami, memanfaatkan, atau melakukan penerapan matematika pada kehidupan. Oleh karena itu, pembelajaran matematika di kelas bukan lagi sebatas memahamkan siswa akan konsep-konsep matematika yang dipelajari, melainkan juga menjelaskan mengenai penggunaan atau pengaplikasian yang dapat digunakan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  10. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Tulisan ini mengingatkan bahwa dalam pembelajaran matematika tujuan agar siswa memahami matematika, mencapai indikator yang ada dalam pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan silabus ataupun RPP bukanlah satu-satunya yang menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika, melainkan lebih dari memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dengan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Mengutip apa yang dikemukakan Ernest, matematika juga dapat membantu pengembangan diri siswa dan kemandirian siswa.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Seperti halnya dalam dunia pendidikan, tujuan dari pembelajaran di sekolah diharapkan bukan hanya untuk memenuhi silabus dan indikator-indikator pencapaian pembelajaran namun juga bagaimana siswa bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didaptkan dari sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Yang penting dari pembelajaran tersebut adalah bagaimana implementasi dari siswa ke kehidupan nyata yang dapat bermanfaat sehari-hari.

    ReplyDelete
  12. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setelah membaca artikel di atas, saya memperoleh pengetahuan baru bahwa tujuan dari pendidikan matematika ialah bermacam-macam. Ada yang meyakini bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk mengetahui fakta dan rahasia di dalam matematika. Pendapat lain mengatakan bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk dapat diaplikasikan di dalam kehidupan. Ada pula yang mengatakan bahwa matematika dipelajari hanya untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam kurikulum. Di samping pendapat-pendapat tersebut, masih banyak lagi pendapat lainnya. Menurut Paul Ernest, pendapat tersebut tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematikanya, apakah industrial trainer, humanism society, progressive teaching atau education for all.

    ReplyDelete
  13. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mengacu pada penjelasan bacaan di atas, secara implisit Ernest (1995) menguraikan bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan matematika. Dikatakan pula jika tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan kadang-kadang juga melakukan penerapan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, dalam Ernest, 1991)

    ReplyDelete
  14. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Menurut niss tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan kadang-kadang juga melakukan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional. terimakasih

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap pendidik memiliki pencapaian dalam pembelajaran matematika yang beragam tapi tetap berpedoman pada kurikulum yang digunakan. Tujuan pendidikan matematika adalah membentuk karakter siswa sebelum terjun ke dunia sosial dan menghadapi masalah yang nyata khususnya untuk kehidupan pribadi dan sosial masyarakat, bukan hanya sekedar masalah yang tertulis di atas kertas. Tujuan pendidikan matematika menanamkan sifat sadar akan kreatifitas dengan ide yang cemerlang dalam menjalani kehidupan yang nyata.

    ReplyDelete
  16. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Dari sini saya memahami bahwa kemampuan dalam memecahkan persoalan adalah intuisi yang didapatkan dari pengalaman yang berulang. Intuisi terbentuk karena adanya struktur, dan struktur tersebut lahir dari pengulangan yang disebut pola. Sehingga kemampuan menyelesaikan persoalan seperti persoalan perhitungan matematika mudah dipecahkan ketika sudah tahu apa polanya. Jadi walaupun tingkatan atau level yang lebih tinggipun, mudah dipecahkan pula. Walaupun terdapat dasar definitif untuk pemecahan persoalan matematika seperti aljabar, dibalik itu ada hal yang lebih dasar lagi yaitu intuisi. Sebenar-benar tujuan dari suatu pembelajaran adalah terbentuknya karakter manusia yang siap untuk menghadapi gelombang kehidupan melalui hasil pemahaman intuitif, logis, dan empiris.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  17. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Prof. atas postingan ini, artikel yang sangat menginspirasi. Dari artikel di atas saya menemukan bahwa tujuan pembelajaran matematika bukan hanya yang terkait dengan pemahaman siswa akan materi, tercapainya indikator pembelajaran, tujuan yang terdapat dalam silabus dan lain sebagainya. Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa tujuan pembelajaran matematika juga memungkinkan siswa untuk memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menurut Ernest pembelajaran matematika hendaknya juga membantu pengembangan diri dan kemandirian siswa.

    ReplyDelete
  18. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete