Feb 12, 2013

The Nature of Mathematics Education Aim


By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding.

Once upon a time, a mathematics teacher delivered his notion that the objective of his mathematical lesson was to use better mathematical, more advance terminology and to grasp a certain concept of mathematics. Other teacher claimed that the objective of his mathematical lesson was to achieve notions stated in the syllabi. While others may state that his aim was to get true knowledge of mathematics.

So the purpose of mathematics education should be enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society, in particular to situations which are of significance to their private, social and professional lives (Niss, 1983, in Ernest, 1991).

Accordingly, the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum (Ernest, 1991).

Implicitly, Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. The aims of mathematics education are different among the ideology of mathematics: industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

43 comments:

  1. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPS P.Mat D

    Dari artikel ini kia tahu bahwa banyak orang yang memiliki persepsi mengenai tujuan pendidikan. Dan setiap persepsi itu berbeda-beda setiap orang. Dan disinipun saya juga ingin berpendapat bahwasanya tujuan pendidikan matematika agar anak dapat mengetahui dan memahami konsep-konsep matematika. Anak diharapkan tidak hanya mengetahui konsep-konsep dasar matematika saja namun membangun konsep-konsep matematika tersebut harapannya agar anak dapat memahami secara mendalam konsep-konsep tersebut. Dan semua kembali pada diri masing-masing, karna bahwasanya berpendapat itu diperbolehkan yang terpenting jangan mengutamakan ego masing-masing.

    ReplyDelete
  2. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dari berbagai tuuan pendidikan yang dijabarkan diatas, memang untuk menyamakan suatu tuuan kita membutuhkan kurikulum. agar tujuan yang kita harapakan merata seluruh indonesia.
    tai goal yang harus dicapai tentu berdasarkan keinginan pribadi dari siswa tersebut, tergantung pada cita-cita yang ingin dicapainya. tapi saya juga setuju dengan Ernest (1995), yang secara implisit mengemukakan bahwa sifat dari tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  3. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Tujuan dari matematika dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Namun di Indonesia pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah telah ditetapkan tujuannya di dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006 yang berbunyi: (1) Siswa dapat memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep/algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah; (2) Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; (3) Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh; (4) Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; (5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Cockroft dalam Uno mengemukakan bahwa Matematika perlu diajarkan kepada siswa karena matematika selalu digunakan dalam segi kehidupan, semua bidang studi memerlukan ketrampilan Matematika yang sesuai, matematika merupakan sarana komunikasi yang kuat, singkat, dan jelas sehingga dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai cara, matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian, dan kesadaran keruangan serta matematika memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang. Couco dalam Chernet Tuge (2008) mengungkapkan beberapa hal yang dikaji dalam sebuah pendidikan matematika yakni Berpikir algorithmic: Membangun dan menggunakan proses mekanik untuk model situasi, Penalaran oleh kontinuitas: Berpikir tentang sistem terus bervariasi, Penalaran Kombinatorial: Mengembangkan cara untuk "menghitung tanpa menghitung." Pemikiran percobaan: Belajar untuk membayangkan interaksi kompleks, Proporsional penalaran: Berpikir tentang scaling, daerah, ukuran, dan probabilitas, Penalaran tentang perhitungan: Mengembangkan berpikir aljabar tentang sifat-sifat operasi di berbagai sistem simbol dan Berpikir Topological: Generalisasi pengertian tentang kedekatan dan pendekatan untuk situasi non-metrik.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Persepsi orang mengenai tujuan matematika sangatlah beragam, tergantung dari bagaimana orang tersebut memandang matematika dari sudut pandang yang bermacam-macam pula. Ada yang mengatakan matematika dipelajari dengan tujuan untuk mengetahui fakta dan rahasia di dalam matematika itu sendiri, ada yang mengatakan matematika dipelajari untuk diterapkan dalam berbagai macam aplikasi kehidupan, dan bahkan ada yang mengatakan bahwa matematika dipelajari hanya untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam kurikulum. Pendapat manusia mengenai tujuan matematika memang relatif atau berbeda-beda, tetapi menurut saya matematika dipelajari bukan hanya sekedar formalitas kependidikan saja akan tetapi memang matematika itu dibutuhkan oleh kita dalam kaitannya dengan berbaur dan berkehidupan sosial dalam masyarakat. Karena memang matematika secara kodrati sudah terdapat dalam diri masing-masing individu

    ReplyDelete
  6. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Persepsi orang mengenai tujuan matematika sangatlah beragam, tergantung dari bagaimana orang tersebut memandang matematika dari sudut pandang yang bermacam-macam pula. Hakikat matematika sekolah seperti yang telah dikemukakan oleh Ebbutt and Straker terdiri dari kegiatan penulusuran pola/ hubungan, kegiatan kreativitas (termasuk imajinasi, intuisi, dan penemuan), kegiatan pemecahan masalah (problem solving), dan komunikasi. Melalui keempat kegiatan tersebut diharapkan pembelajaran matematika dapat lebih menyenangkan bagi siswa. Pendidikan matematika diberikan kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat benar-benar memahami pengertiannya kemudian mereka akan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Seperti yang telah bapak jelaskan dalam beberapa posting mengenai peta pendidikan, menurut Paul Ernest tujuan pembelajaran matematika tergantung dari ideologi dan filosofinya. Pada masyarakat industrial trainer pendidikan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kerja di bidang industri, sehingga tujuan pendidikan matematika mereka adalah back to basic. Pada masyarakat berideoleogi technological pragmatism, tujuan pendidikan matematika adalah certification atau mendapat ijazah. Pada masyarakat berideoleogi old humanism, tujuan pendidikan matematika adalah transfer pengetahuan. Pada masyarakat berideoleogi progressive educator, tujuan pendidikan matematika adalah kreativitas, sedangkan pada masyarakat berideoleogi public educator, tujuan pendidikan matematika adalah mengembangkan manusia secara komprehensif melalui matematika. Jika dilihat dari tujuannya, saat ini indonesia menggunakan ideologi progressive educator.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Tujuan dari pendidikan matematika sejatinya tidak hanya sekedar agar siswa mahir dalam bermatematika atau menguasai seluruh kompetensi dasar matematika yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Akan tetapi, pendidikan matematika bertujuan untuk membentuk karakter matematika dalam diri siswa. karakter tersebut yang akan berguna bagi kehidupan sehari-hari siswa. bekal untuk menghadapi tantangan dunia power now. Semua kompetensi dasar matematika yang diajarkan selama siswa menempuh pendidikan mungkin tidak akan digunakan untuk menghadapi masalah siswa dalam keseharian mereka. Nha, karakter tersebut antara lain seperti berpikir kritis, logis, teliti, disiplin, dapat memecahkan masalah dengan baik, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  9. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam artikel ini, Niss berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika adalah agar siswa menyadari, memahami, memanfaatkan, dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pendapat lain mengatakan bahwa tujuan pendidikan matematika adalah hanya untuk mencapai kurikulum/ silabus saja. Ada juga yang berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika adalah agar diperoleh pengetahuan matematika yang sebenarnya. Dari pendapat-pendapat ini saya juga mempunyai pendapat dalam tujuan pendidikan matematika adalah agar anak dapat benar-benar mengetahui dan memahami konsep-konsep matematika. Sehingga dari konsep-konsep tersebut anak dapat menyelesaikan permasalahan matematik dalam kehidupan sehari-hari atau mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  10. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari artikel di atas dapat dipahami bahwa tujuan dari pendidikan matematika tidak hanya terbatas pada bagaimana menanamkan konsep matematika pada siswa agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan menurut Paul Ernest tujuan dari pendidikan matematika itu tergantung pada pandangan atau ideologi dan filsafat pendidikannya. Apakah pendidikan matematika itu sebagai industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all. Selain itu, matematika juga bisa dimaknai sebagai bahasa universal, kerangka berfikir logis, membentuk kedisiplinan.

    ReplyDelete
  11. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPS Pendidikan Matematika C 2016

    Dari artikel di atas diketahui bahwa tujuan pembelajaran matematika itu bukan saja dituntut sekedar menghitung, tetapi siswa juga dituntut agar lebih mampu menghadapi berbagai masalah dalam hidup ini. Masalah itu baik mengenai matematika itu sendiri maupun masalah dalam lmu lain, serta dituntut suatu disiplin ilmu yang sangat tinggi, sehingga apabila telah memahami konsep matematika secara mendasar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tujuan pendidikan matematika hendaknya dapat diterapkan dengan baik di sekolah. Tujuan tersebut juga harus sesuai dengan tujuan dalam pendidikan nasional. Salah satu tujuannya yaitu berkaitan dengan pemecahan masalah. Oleh karena itu harus disusun pembelajaran yang berkaitan dengan memecahkan masalah. Melalui pemecahan masalah, siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruk pengetahuannya. Jadi dalam pembelajaran di kelas hendaknya juga memberikan soal pemecahan masalah agar siswa terbiasa untuk memecahkan masalah dan mampu menerapkan matematika dalam pemecahan masalah kehidupan sehari – hari.

    ReplyDelete
  13. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Persepsi seseorang mengenai tujuan pendidikan matematika sangatlah beragam, tergantung dari bagaimana orang tersebut memandangnya dari sudut pandang yang bermacam-macam pula. Menurut Paul Ernest tujuan dari pendidikan matematika itu tergantung pada pandangan atau ideologi dan filsafat pendidikannya. Apakah pendidikan matematika itu sebagai industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all. Tapi, menurut saya tujuan pendidikan matematika adalah agar siswa dapat memahami konsep-konsep matematika sehingga mereka dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pembelajaran matematika merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam membuat siswa belajar matematika secara optimal. Diupayakan bahwa antara guru dan siswa saling membutuhkan dalam pembelajaran matematika, sehingga terjadi interaksi saat belajar matematika dalam kelas. Menurut NCTM (2000: 11) terdapat enam prinsip utama dalampembelajaran matematika sekolah.
    1) Equity. Exellence in mathematics education require equity highexpectations and strong support for all student.
    2) Curriculum. A curriculum is more than a collection of activities, itmust be coherent, focused on important mathematics, and wellarticulated across the grades.
    3) Teaching. Effective mathematics teaching requires understanding whatstudents know and need to learn and then challenging and supportingthem to learn it well.
    4) Learning. Students must learn mathematics with understanding,actively building new knowledge from experience and priorknowledge.
    5) Assessment. Assessment should support the learning of importantmathematics and furnish useful information to both teachers and students.
    6) Technology. Technology is essential in teaching and learningmathematics, it influences the mathematics that taught and enhancesstudents’ learning.

    ReplyDelete

  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Untuk menghasilkan suatau hasil output yang bagus juga harus membuat tjuan pendidikan itu seperti apa. Tujuan pendidikan pada umumnya ialah menyediakan lingkungan yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya, sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat, dan Dalam artikel ini, Niss berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika adalah agar siswa menyadari, memahami, memanfaatkan, dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  16. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pada UU No. 23 tahun 2003 tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Seperti halnya yang pada tujuan pendidikan matematika yaitu melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan menyampaikan informasi atau meng¬komunikasikan gagasan sebagai bentuk pengalaman dari belajar matematika.

    ReplyDelete
  17. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Postingan ini masih berkaitan dengan postingan sebelumnya, politics and ideology of education. Ernest dalam bukunya menuliskan tentang 5 ideology matematika yaitu industrial trainer, technological pragmatist, old humanist, progressive educator dan public educator. Masing-masing ideology memiliki tujuan dalam pendidikan mereka.
    Berikut adalah tujuan pendidikan matematika menurut masing-masing idelogi:
    1. The Industrial Trainer:
    “to ensure that children leave school literate, numerate and with a modicum of scientific knowledge, it should not extend beyond these three core subjects, nor attempt to do more than set minimum standards in basic knowledge and technique.” (Lawlor, 1988, in Ernerst, 1991)
    2. The Technological Pragmatist
    “The aims of this group for the teaching of mathematics are utilitarian; students should be taught mathematics at the appropriate level to prepare them for the demands of adult employment.” (Ernest, 1991)
    3. The Old humanist
    “The aims of this group for mathematics education are those of the old humanists applied to mathematics: a concern with the transmission of mathematical knowledge, culture and values. The goal is to transmit pure mathematics per se, with an emphasis on the structure, conceptual level and rigour of the subject. The aim is to teach mathematics for its intrinsic value, as a central part of the human heritage, culture and intellectual achievement.” (Ernest, 1991)
    4. The Progressive Educators
    “The mathematical aim of the progressive educator is to contribute to the overall development of the growing human being, to develop the child’s creativity and self realization through the experience of learning mathematics.” (Ernest, 1991)
    5. The Public Educators
    “The aims of the public educator perspective are the development of democratic citizenship through critical thinking in mathematics.” (Ernest, 1991)

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pelaksanaan pembelajaran matematika memang berpedoman kepada tujuan pendidikan matematika. Dalam implementasinya, saya sependapat bahwa tujaun pendidikan matematika tiap satuan pendidikan bahkan tiap orang itu berbeda-beda bergantung kepada ideologi dan filsafat tentang pendidikan matematika. Hal ini berkaitan dengan aksiologi pendidikan matematika, yaitu apa yang hendak dicapai atau manfaat dan tujuan apa yang hendak dicapai dari pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Tujuan pendidikan tidak hanya mampu mengimplementasi dalam pembelajaran saja, akan tetapi dapat mengimplementasikan dalam kehidupan/masalah sehari-hari juga. Dengan konsep dasar yang kuat yang tertanam dalam benak mereka merupakan modal dalam mengarungi kehidupan sehari-hari yang tidak terlepas dari masalah matematika. Oleh karena itu, setiap pembelajaran tentunya guru menginformasikan tujuan yang hendak dicapai kepada siswa sehingga mereka akan tahu penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  20. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Persepsi merupakan anggapan atau pandangan terhadap sesuatu. Pada artikel di atas, menunjukkan adanya berbagai persepsi mengenai tujuan pendidikan matematika. Ada yang berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika merupakan dasar mengajar perhitungan Aritmatika, mentrasfer ilmu pengetahuan, sarana kreativitas, dan pemahaman siswa. Sedangkan menurut Niss, 1983 (di dalam Ernest,1991) berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk memahami, menilai, menggunakan dan mengaplikasikan matematika di dalam kehidupan masyarakat.

    ReplyDelete
  21. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan pendapat Niss tersebut, karena pada dasarnya siswa merupakan titik pusat dalam pembelajaran. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk bereksplorasi untuk melakukan investigasi yang mana diharapkan pada akhirnya siswa berusaha membangun konsep atau pola pikir, memecahkan persoalan dengan cara sendiri, serta mampu menyimpulkan materi yang dipelajari. Dengan memposisikan siswa sebagai titik pusat atau subjek pembelajaran, semoga tujuan pembelajaran yang telah disebutkan di atas dapat terwujud. Amin.

    ReplyDelete
  22. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari artikel di atas dikatakan bahwa kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu murid pengembangan diri dan kemandirian; situasi kehidupan peserta didik adalah titik awal perencanaan pendidikan; akuisisi pengetahuan adalah bagian dari proyek; dan perubahan sosial adalah tujuan akhir dari kurikulum (Ernest, 1991). Hal itu berarti bahwa kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dapat mengembangkan kemandirian diri siswa, kurikulum yang dikembangkan di Indonesia efeknya akan kelihatan ketika dihasilkan siswa yang karakteristiknya seperti apa. Tentu diharapkan kurikulum yang dikembangkan dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki sosial yang baik dan pengetahuan yang baik.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Tujuan pendidikan matematika yaitu membentuk kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam menghapi permasalahan hidupnya. Sejalan dengan pendapat berikut dimana tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, Di Ernest, 1991).
    Dengan demikian, kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri dan kemandirian murid; Situasi hidup pelajar adalah titik awal perencanaan pendidikan; Akuisisi pengetahuan adalah bagian dari proyek; Dan perubahan sosial adalah tujuan akhir kurikulum (Ernest, 1991).

    ReplyDelete
  24. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menurut Ernest (1989), ada beberapa hal yang menjadi dampak dari pendapat tentang Pure mathematics dalam sebuah praktek pembelajaran school mathematics. Pertama, matematika dipandang sebagai ilmu yang dinamis, karena matematika mengarahkan kepada penemuan manusia. Matematika bukan lah selesai pada hasil semata, tetapi dapat terbuka untuk direvisi (pandangan pemecahan berbasis masalah/Problem solving). Kedua, matematika dipandang sebagai suatu kesatuan yang satis dari sebuah pengetahuan, yang sudah memiliki struktur dan kebenaran. Matematika adalah monolit, produk dari statis, penemuan, bukan diciptakan (Pandangan Platonis). Ketiga, matematika dipandang sebagai kumpulan ilmu yang berguna terkait dengan akumulasi fakta, aturan dan keterampilan (Pandangan instrumentalis). Jadi ketika menutut Niss(Ernest, 1991), tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Maka kita sudah berbicara masalah asas pragmatisme dari tujuan pembelajaran matematika yaitu kaitannya dengan pandangan instrumentalis yang berkaitan dengan keterampilan.

    Paul Ernest. (1989). “The Knowledge, Beliefs and Attitudes of the Mathematics Teacher: a model”. Journal of Education for Teaching : International research and pedagogy. Publisher: Routledge.

    ReplyDelete
  25. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Secara filsafat, tujuan pendidikan matematika ialah pengajaran aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Selain itu disebutkan pula bahwa tujuan dari pelajaran matematika adalah untuk mencapai gagasan yang dinyatakan dalam silabus, dan untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang sebenarnya. Tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. jadi tujuan pendidikan matematika berbeda bergantung pada sudut pandang mana yang digunakan untuk melihat matematika.

    ReplyDelete
  26. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    rnest (1995), yang secara implisit mengemukakan bahwa sifat dari tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Saya setuju dengan pendapat ernest ini, dimana suatu tujuan pendidikan bergantung pada ideolgi dan filsafatnya. Salah satu wujud pembentukan tujuan pendidikan matematika bisa digambarkan melalui kurikulumnya.

    ReplyDelete
  27. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tujuan pendidikan matematika di Indonesia sudah diatur oleh pemerintah. Dalam kurikulum 2013, tujuan pendidikan matematika sudah tertulis pada kompetensi inti 1, 2, 3, 4. Dimana KI 1 adalah aspek spiritual, KI 2 adalah aspek sikap, KI 3 adalah aspek pengetahuan, dan KI 4 adalah aspek keterampilan. Semua KI ini harus dipenuhi oleh siswa karena dirasa cukup penting bagi siswa. Karena keempat aspek ini saling mendukung satu sama lain, sehingga tidak bisa apabila dipenuhi 1 atau beberapa aspek saja.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tujuan dari pendidikan matematika semestinya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan, dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, khususnya terhadap situasi yang sangat penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional. Sebagai contoh, matematika menurut Johson dan Rising (1972) dikatakan sebagai pengetahuan struktur yang terorganisasi. Pembiasaan berpikir secara terstruktur sangat bermanfaat ketika digunakan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial dan kehidupan. Pada hakikatnya, pendidikan matematika adalah suatu proses yang mengharapkan terbentuknya manusia yang memiliki suatu pola pikir terstruktur, mental yang tangguh, bersifat sabar dan ulet. Secara garis besar, hakikat dari tujuan pendidikan matematika yang dikemukakan oleh Ernest adalah bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan matematika hendaknya memiliki tujuan yang tepat. Selama ini, pendidikan matematika terkesan sebagai belajar berhitung, mencari nilai dari suatu masalah matematika, dan mentransfer ilmu dari guru ke siswa. Namun yang perlu diperbaiki adalah, tujuan pembelajaran matematika diharapkan dapat mengembangkan pemahaman siswa terhadap matematika dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan nyata/kontekstual

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Tujuan pembelajaran matematika saat ini, sepertinya masih mengacu kepada kegunaannya dalam dunia industri. Sehingga masalah yang banyak dibahas dalam materi matematika adalah seputar dunia kehidupan ekonomi saja. Sangat jarang ditemukan buku matematika yang menyajikan masalah kehidupan sosial, pendidikan, atau manajemen kehidupan sehari-hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh keadaan Indonesia saat ini yang sedang dalam tahap perkembangan. Seperti yang diutarakan oleh Ernest pada tulisan ini, tujuan pendidikan matematika bergantung kepada ideologi dari masing-masing daerah.

    ReplyDelete
  31. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Tulisan singkat di atas menjelaskan mengenai tujuan dari pendiidkan matematika. Menurut Ernest (1991) bahwa tujuan pendidikan matematika adalah untuk memungkinkan siswa memahami, menyadari, menyelesaikan permasalahan, dan juga mampu mengaplikasikan apa yang diperolehnya dalam kehidupan bermasyarakat, baik itu untuk kepentingan dirinya maupun kepentingan orang banyak. Ernenst juga menyebutkan bahwa tujuan dari pendidikan matematika dipengaruhi oleh ideologi dan filosofi yang dianut. masing-masing ideologi dan filosofi memiliki tujuan nya masing-masing. Maka kita harus menentukan kita mengacu pada ideologi matematika yang mana sehingga kita memiliki arah untuk menentukan tujuan pendidikan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  32. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, memanfaatkan dan kadang-kadang juga melakukan penerapan matematika dalam masyarakat, khususnya situasi yang penting untuk kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Karena sebenar-benar pembelajaran matematika seharusnya juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya berupa konsep-konsep di dalam kelas.

    ReplyDelete
  33. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada kurikulum sebelumnya pendidikan masih berpusatkan kepada guru. Namun dalam berbagai penelitian pembelajarkan dengan berkonsepokan hal tersebut kurang efektif karena siswa hanya mendapatkan pengetahuan dari satu arah saja. Sehingg untuk mengobatinya maka pada masa sekarang pembelajran berpusatkan pada siswa sehingga siswa mendapatkan pengetahuan dari mana saja dan kapan saja atas kesediaannya sendiri untuk mencari ilmu.

    ReplyDelete
  34. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Menurut Niss (1983, Dalam Ernest, 1991) tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan kadang-kadang juga melakukan penerapan matematika dalam masyarakat, khususnya untuk situasi yang memiliki signifikansi untuk kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka.

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri siswa dan kemandirian. Situasi kehidupan pelajar adalah titik awal perencanaan pendidikan, akuisisi pengetahuan merupakan bagian dari proyek dan perubahan sosial adalah tujuan akhir dari kurikulum.

    ReplyDelete
  36. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Suatu pendidikan atau pembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai, tujuan dari pendidikan matematika yaitu bagaimana menjadikan siswa berpikir kritis dan dapat memecahkan masalah secara mahir dan tepat serta meningkatkan intuisi siswa, memang tujuan pembelajaran setiap orang berbeda-beda namun sejatinya tujuan pembelajaran yaitu siswa berhasil memahami konsep dengan benar dan tepat.

    ReplyDelete
  37. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Secara filosofis, tujuan dalam pendidikan matematika mulai dari dasar seperti aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, sampai pada tahap pengembangan pemahaman siswa. Guru berpendapat bahawa tujuan pembelajaran yang akan dicapai telah tertuang dalam silabus yang dibuat. Tujuan pendidikan matematika antaralain agar siswa mampu meyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kurikulum yang dibuat seharusnya didasarkan pada usaha pengembangan dan kemandirian peserta didik.

    ReplyDelete
  38. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Secara filosofis, tujuan perumusan pendidikan matematika mulai dari gerakan kembali ke dasar pengajaran aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Tujuan pendidikan matematika yang seharusnya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, Di Ernest, 1991).

    ReplyDelete
  39. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  40. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  41. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Tujuan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup melengkapi perubahan keadaan di dalam kehidupan di dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, kritis, rasional, cermat, jujur, efisien dan efektif (Puskur, 2002:9). Siswa diharapkan dapat menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang menekankan pada nalar dan pembentukan siswa serta keterampilan dalam penerapan matematika.

    ReplyDelete
  42. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete
  43. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete