Feb 12, 2013

The Nature of Mathematics Education Aim


By Marsigit
Yogyakarta State University

Philosophically, the aims of mathematics education stretch from the movement of back to basic of arithmetics teaching, certification, transfer of knowledge, creativity, up to develop students understanding.

Once upon a time, a mathematics teacher delivered his notion that the objective of his mathematical lesson was to use better mathematical, more advance terminology and to grasp a certain concept of mathematics. Other teacher claimed that the objective of his mathematical lesson was to achieve notions stated in the syllabi. While others may state that his aim was to get true knowledge of mathematics.

So the purpose of mathematics education should be enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society, in particular to situations which are of significance to their private, social and professional lives (Niss, 1983, in Ernest, 1991).

Accordingly, the curriculum should be based on project to help the pupil's self-development and self-reliance; the life situation of the learner is the starting point of educational planning; knowledge acquisition is part of the projects; and social change is the ultimate aim of the curriculum (Ernest, 1991).

Implicitly, Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. The aims of mathematics education are different among the ideology of mathematics: industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all.

References:
Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education?
Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved

46 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menurut Ernest (1989), ada beberapa hal yang menjadi dampak dari pendapat tentang Pure mathematics dalam sebuah praktek pembelajaran school mathematics. Pertama, matematika dipandang sebagai ilmu yang dinamis, karena matematika mengarahkan kepada penemuan manusia. Matematika bukan lah selesai pada hasil semata, tetapi dapat terbuka untuk direvisi (pandangan pemecahan berbasis masalah/Problem solving). Kedua, matematika dipandang sebagai suatu kesatuan yang satis dari sebuah pengetahuan, yang sudah memiliki struktur dan kebenaran. Matematika adalah monolit, produk dari statis, penemuan, bukan diciptakan (Pandangan Platonis). Ketiga, matematika dipandang sebagai kumpulan ilmu yang berguna terkait dengan akumulasi fakta, aturan dan keterampilan (Pandangan instrumentalis). Jadi ketika menutut Niss(Ernest, 1991), tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Maka kita sudah berbicara masalah asas pragmatisme dari tujuan pembelajaran matematika yaitu kaitannya dengan pandangan instrumentalis yang berkaitan dengan keterampilan.

    Paul Ernest. (1989). “The Knowledge, Beliefs and Attitudes of the Mathematics Teacher: a model”. Journal of Education for Teaching : International research and pedagogy. Publisher: Routledge.

    ReplyDelete
  2. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Secara filsafat, tujuan pendidikan matematika ialah pengajaran aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Selain itu disebutkan pula bahwa tujuan dari pelajaran matematika adalah untuk mencapai gagasan yang dinyatakan dalam silabus, dan untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang sebenarnya. Tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. jadi tujuan pendidikan matematika berbeda bergantung pada sudut pandang mana yang digunakan untuk melihat matematika.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    rnest (1995), yang secara implisit mengemukakan bahwa sifat dari tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Saya setuju dengan pendapat ernest ini, dimana suatu tujuan pendidikan bergantung pada ideolgi dan filsafatnya. Salah satu wujud pembentukan tujuan pendidikan matematika bisa digambarkan melalui kurikulumnya.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tujuan pendidikan matematika di Indonesia sudah diatur oleh pemerintah. Dalam kurikulum 2013, tujuan pendidikan matematika sudah tertulis pada kompetensi inti 1, 2, 3, 4. Dimana KI 1 adalah aspek spiritual, KI 2 adalah aspek sikap, KI 3 adalah aspek pengetahuan, dan KI 4 adalah aspek keterampilan. Semua KI ini harus dipenuhi oleh siswa karena dirasa cukup penting bagi siswa. Karena keempat aspek ini saling mendukung satu sama lain, sehingga tidak bisa apabila dipenuhi 1 atau beberapa aspek saja.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tujuan dari pendidikan matematika semestinya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan, dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, khususnya terhadap situasi yang sangat penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional. Sebagai contoh, matematika menurut Johson dan Rising (1972) dikatakan sebagai pengetahuan struktur yang terorganisasi. Pembiasaan berpikir secara terstruktur sangat bermanfaat ketika digunakan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial dan kehidupan. Pada hakikatnya, pendidikan matematika adalah suatu proses yang mengharapkan terbentuknya manusia yang memiliki suatu pola pikir terstruktur, mental yang tangguh, bersifat sabar dan ulet. Secara garis besar, hakikat dari tujuan pendidikan matematika yang dikemukakan oleh Ernest adalah bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  6. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan matematika hendaknya memiliki tujuan yang tepat. Selama ini, pendidikan matematika terkesan sebagai belajar berhitung, mencari nilai dari suatu masalah matematika, dan mentransfer ilmu dari guru ke siswa. Namun yang perlu diperbaiki adalah, tujuan pembelajaran matematika diharapkan dapat mengembangkan pemahaman siswa terhadap matematika dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan nyata/kontekstual

    ReplyDelete
  7. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Tujuan pembelajaran matematika saat ini, sepertinya masih mengacu kepada kegunaannya dalam dunia industri. Sehingga masalah yang banyak dibahas dalam materi matematika adalah seputar dunia kehidupan ekonomi saja. Sangat jarang ditemukan buku matematika yang menyajikan masalah kehidupan sosial, pendidikan, atau manajemen kehidupan sehari-hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh keadaan Indonesia saat ini yang sedang dalam tahap perkembangan. Seperti yang diutarakan oleh Ernest pada tulisan ini, tujuan pendidikan matematika bergantung kepada ideologi dari masing-masing daerah.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Secara filosofis, tujuan dalam pendidikan matematika mulai dari dasar seperti aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, sampai pada tahap pengembangan pemahaman siswa. Guru berpendapat bahawa tujuan pembelajaran yang akan dicapai telah tertuang dalam silabus yang dibuat. Tujuan pendidikan matematika antaralain agar siswa mampu meyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kurikulum yang dibuat seharusnya didasarkan pada usaha pengembangan dan kemandirian peserta didik.

    ReplyDelete
  9. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Secara filosofis, tujuan perumusan pendidikan matematika mulai dari gerakan kembali ke dasar pengajaran aritmatika, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Tujuan pendidikan matematika yang seharusnya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat, terutama situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka (Niss, 1983, Di Ernest, 1991).

    ReplyDelete
  10. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  11. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Tujuan pendidikan matematika adalah niatan yang mendasari pendidikanmatematika dan lembaga-lembaga yang melaluinya pendidikan tersebutterpengaruh. Tujuan tersebut mewakili salah satu komponen dari tujuanumum pendidikan, dan bergabung dengan tujuan lainnya untukmembentuk tujuan keseluruhan. Akibatnya, tujuan pendidikanmatematika harus konsisten dengan tujuan umum pendidikan. Ernest membedakan tiga kelompok kepentingan: pendidik,ahli matematika dan perwakilan industri dan masyarakat, masing-masingdengan tujuan berbeda untuk pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  12. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Tujuan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup melengkapi perubahan keadaan di dalam kehidupan di dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, kritis, rasional, cermat, jujur, efisien dan efektif (Puskur, 2002:9). Siswa diharapkan dapat menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang menekankan pada nalar dan pembentukan siswa serta keterampilan dalam penerapan matematika.

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Matematika sekolah berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri murid dan kemandirian. Tujuan ini harus diiringi oleh keterlibatan murid dalam proses pembelajaran, agar dalam prosesnya siswa secara langsung mengalami dan memahami sendiri.Saat murid terlibat dalam pembelajaran, maka murid akan merasakan sendiri pembelajaran memaknai dan memiliki pengalamannya, dan dengan pengalaman tersebut siswa dapat mengaitkan, mengorganisir, dan memaknainya sehingga siswa dapat membangun konsepnya sendiri. Saat konsep terbangun maka siswa akan mudah dalam memahami suatu materi dan konsep lain yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  16. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami setiap tujuan pembelajaran, termasuk juga tujuan pembelajaran matematika, saat ini sudah tertulis dalam peraturan yang ditetapkan oleh instansi terkait. Akan tetapi guru masih harus mengolah tujuan pembelajaran yang tertulis ini agar dalam pembelajaran matematika hendaknya memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, memutuskan, memanfaatkan dan bahkan mungkin menerapkan konsep matematika dalam kehidupan, setidakya dalam situasi penting di kehidupan pribadi dan semaksimal mungkin mampu menerapkannya juga pada kehidupan sosial dan profesional mereka. Oleh karenanya, dalam pembelajaran guru hendaknya mampu memfasilitasi hal-hal tersebut.

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Tujuan pendidikan saat ini bukan hanya untuk memenuhi target kurikulum semata, namun menuntut adanya pemahaman kepada peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang menuntut pemahaman peserta didik yaitu matematika. Pemahaman yang dimaksud bukanlah pemahaman dalam arti sempit yaitu menghafal materi pelajaran, namun pemahaman dalam arti luas yaitu lebih cenderung menekankan pada kegiatan proses pembelajaran yang meliputi menemukan konsep, menafsirkan dan lain sebagainya serta peserta didik dituntut untuk dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  18. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Setelah membaca artikel di atas, saya memperoleh pengetahuan baru bahwa tujuan dari pendidikan matematika ialah bermacam-macam. Ada yang meyakini bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk mengetahui fakta dan rahasia di dalam matematika. Pendapat lain mengatakan bahwa pendidikan matematika bertujuan untuk dapat diaplikasikan di dalam kehidupan. Ada pula yang mengatakan bahwa matematika dipelajari hanya untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam kurikulum. Di samping pendapat-pendapat tersebut, masih banyak lagi pendapat lainnya. Menurut Paul Ernest, pendapat tersebut tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematikanya, apakah industrial trainer, humanism society, progressive teaching atau education for all.

    ReplyDelete
  19. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Berbicara mengenai tujan pendidikan matematika, memang dapat menghasilkan banyak persepsi. Tujuan tersebut bisa ditinjau dari berbagai sudut pandang tertentu. Terimakasih atas ulasan yang Bapak berikan melalui tulisan ini. Tentu memberikan tambahan ilmu tentang tujuan dari pendidikan matematika yang ditinjatu dari aspek filosofis dan dari beberapa praktisi pendidikan matematika. Bahkan, tujuan ini bisa jadi berbeda bila dipandang dari industrial trainer, humanism society, progressive teaching or education for all. Seiring perkembangan zaman, pendidikan matematika juga akan mengalami perkembangan. Yang dulunya bertujuan menggunakan terminologi matematis, terminologi yang lebih maju, dan memahami konsep matematika tertentu, kini sudah berkembang ke arah yang lebih mengedepankan pada pembelajaran bermakna, dimana siswa mampu untuk menerapkan dan mengaplikasikan pembelajaran tersebut dalam konteks kehidupan nyata. Oleh karena itu, sejalan dengan pendapat Ernest, apa yang tertuang dalam kurikulum pendidikan matematika hendaknya didasarkan untuk membantu mengembangkan diri dan kemandirian siswa untuk mewujudkan perubahan sosial yang ada di dalam diri dan lingkungannya.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan penjelasan di atas, tujuan pendidikan (pengajaran) matematika ada beberapa macam. Diantaranya tujuan tersebut ialah, pengajaran matematika merupakan cara bagi guru untuk menyampaikan apa yang terdapat di dalam silabus, merupakan proses untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang sebenarnya, serta memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika di masyarakat khususnya situasi yang penting bagi kehidupan pribadi, sosial dan profesional mereka. Oleh karena itu, silabus yang disusun seyogyanya dapat memenuhi kebutuhan siswa seperti keterampilan matematika. Sehingga dengan begitu, mempelajari matematika membuat siswa mempunyai nilai dan diperlukan di masyarakat.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Upaya untuk menyampaikan materi atau keterampilan kepada siswa, maka harus diterapkan pendekatan pembelajaran yang tepat. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan hendaknya mengacu pada penemuan yang terarah dan pemecahan masalah. Penemuan dan pemecahan masalah tersebut merupakan pendekatan yang membantu tercapainya dengan mengacu pada pendekatan pembelajaran yang terkendali, dengan seksama menyusun seri-seri pembelajaran yang memberi urutan pembelajaran terhadap tujuan yang telah dirumuskan.

    ReplyDelete
  22. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Tujuan merupakan sebuah kata yang memiliki makna mendalam. Tujuan dalam pendidikan matematika merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan merupakan hal pentng, karena dengan tujuan itu akan memberikan arah untukmengambil tindakan. Namun,tidak semua guru dan siswa memiliki tujuan yang sama dalam pembelajaran matematika. Bahkan beberapa tidak mengetahui sebenarnya tujuan dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut menyebabkan implementasi dalam pembelajaran tidak sesuai dan kurang bermakna. Ternyata tujuan dalam pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika yang dianut.

    ReplyDelete
  23. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you for sharing this, Sir. As a teacher, i think it is not enough if we say the aim of our mathematics instruction in the classroom for students to grasp mathematics concept or to use more advanced mathematical terminology. Instead, our aim for students not only master the concept but they can apply what they've learn in classroom to the real life and with their abilities, the students can have self-development and self-reliance.

    ReplyDelete
  24. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    this is a good article to make us and other math teacher realize what is the purpose of learning mathematics, or what is the aims of mathematics education. of course there will be different ideas about it between many teacher, but only them who want to understand by heart, can accept this ideas of the nature of mathematics education aim

    ReplyDelete
  25. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    The aim of mathematics education is not only about understanding formula, terminology, or certain concept of mathematics. But the aim of mathematics is actualy more than that. Iam inline with Niss (1983) who said mathematics education enable students to realize, understand, judge, utilize and sometimes also perform the application of mathematics in society. Thus contextual teaching learning (CTL) or mathematics realistic play very important role in connecting mathematics and the real life. Beside that, mathematics education will increase the critical thinking and higher order thinking that is very important in our life.

    ReplyDelete
  26. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Tujuan pendidikan matematika sejalan dengan tujuan pendidikan itu sendiri, dan hal tersebut sudah ditetapkan oleh instansi terkait. Namun tetap diperlukan pemahaman yang mendalam oleh guru, sehingga guru dapat menentukan proses pembelajaran mana yang sesuai dengan tujuan pendidikan matematika yang ditetapkan. Dalam kurikulum 2013 guru adalah sebagai fasilitator, dalam hal ini guru harus dapat memfasilitasi siswa untuk pembentukan konsepnya terkait dengan matematika. Dengan pemahaman konsep yang baik maka siswa akan lebih mudah dapat pembentukan konsep terkait setelahnya.

    ReplyDelete
  27. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ernest (1995) outlined that the nature of the aim of mathematics education depends on its ideology and philosophy of mathematics education. Saya setuju dengan pendapat Ernest bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan yang digunakan apakah itu industrial trainer, humanism society, progressive teaching, dst. Karena bila tidak disesuaikan, jangankan untuk mencapai pendidikan maju yang maksimal, untuk melaksanakan proses pencapaian hasil seperti apa dan arah hasil yang dicapai mau dibawa kemanapun masih bingung.

    ReplyDelete
  28. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih Pak Prof. atas postingan ini, artikel yang sangat menginspirasi. Dari artikel di atas saya menemukan bahwa tujuan pembelajaran matematika bukan hanya yang terkait dengan pemahaman siswa akan materi, tercapainya indikator pembelajaran, tujuan yang terdapat dalam silabus dan lain sebagainya. Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa tujuan pembelajaran matematika juga memungkinkan siswa untuk memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menurut Ernest pembelajaran matematika hendaknya juga membantu pengembangan diri dan kemandirian siswa.

    ReplyDelete
  29. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Benar sekali, saya juga sepaham dengan Ernest bahwasannya tujuan pendidikan matematika tidak anya siswa mamou menyadari, memahami, menilai dan memanfaatkan namun juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan tjuan tersebut, sebaiknya kurikulum juga didesain untuk membantu tercapainya tujuan tersebut. Siswa harus mampu mengembangkan dirinya. Semoga Indonesia juga mampu mencapai tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  30. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Seiring dengan kemajuan jaman, tentu saja pengetahuan juga semakin berkembang. Agar suatu negara bisa lebih maju, maka perlu memiliki manusia-manusia yang melek teknologi. Untuk hal ini tentunya mereka perlu belajar matematika sekolah terlebih dahulu karena matematika memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan teknologi itu sendiri. Tanpa bantuan matematika tidak mungkin terjadi perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Meskipun demikian, matematika dipelajari bukan untuk keperluan praktis saja, tetapi juga sebagai perkembangan matematika itu sendiri. Apabila matematika tidak diajarkan di sekolah maka sangat mungkin matematika akan punah. Selain itu juga, sesuai dengan karakteristiknya yang bersifat hirarkis, guna mempelajari matematika lebih lanjut harus mempelajari matematika level sebelumnya. Seseorang yang ingin menjadi ilmuawan dalam bidang matematika, maka harus belajar dulu matematika mulai dari yang paling dasar.

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. Kurikulum harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri murid dan kemandirian. Tujuan ini harus diiringi oleh keterlibatan murid dalam proses pembelajaran, agar dalam prosesnya siswa secara langsung mengalami dan memahami sendiri

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Seperti yang telah bapak jelaskan dalam beberapa posting mengenai peta pendidikan, menurut Paul Ernest tujuan pembelajaran matematika tergantung dari ideologi dan filosofinya. Pada masyarakat industrial trainer pendidikan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kerja di bidang industri, sehingga tujuan pendidikan matematika mereka adalah back to basic. Pada masyarakat berideoleogi technological pragmatism, tujuan pendidikan matematika adalah certification atau mendapat ijazah. Pada masyarakat berideoleogi old humanism, tujuan pendidikan matematika adalah transfer pengetahuan. Pada masyarakat berideoleogi progressive educator, tujuan pendidikan matematika adalah kreativitas, sedangkan pada masyarakat berideoleogi public educator, tujuan pendidikan matematika adalah mengembangkan manusia secara komprehensif melalui matematika. Jika dilihat dari tujuannya, saat ini indonesia menggunakan ideologi progressive educator.

    ReplyDelete
  33. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Tujuan pembelajaran matematika sangat bergantung pada ideologi pendidikan. Tujuan pembelajaran matematika secara khusus adalah membangun pemahaman siswa sehingga siswa dapat mengaplikasian matematika dalam kehidupannya secara pribadi maupun dalam kehidupan sosialnya. Ini adalah goals dari kegiatan belajar matematika yang sampai saat ini masih terus dikembangkan dan dilakukan penelitian guna membantu guru dan seluruh stakeholder pendidikan dalam mencapai tujuan berupa kualitas proses dan kualitas output yang baik.

    ReplyDelete
  34. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Secara filosofis, tujuan dalam pendidikan matematika mulai dari dasar seperti aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, sampai pada tahap pengembangan pemahaman siswa. Guru berpendapat bahwa tujuan pembelajaran yang akan dicapai telah tertuang dalam silabus yang dibuat. Tujuan pendidikan matematika antara lain agar siswa mampu menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kurikulum yang dibuat seharusnya didasarkan pada usaha pengembangan dan kemandirian peserta didik.

    ReplyDelete
  35. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Tujuan matematika secara umum ialah memungkinkan siswa untuk menyadari, memahami, menilai, memanfaatkan, dan terkadang juga melakukan penerapan matematika di masyarakat. Hal ini yang tidak dipahami oleh semua guru di Indonesia bahwa mengajar matematika tidak hanya membuat mereka hafal rumus untuk mengerjakan soal, tetapi juga agar mereka paham penggunaan matematika atau manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat. Apabila guru berusaha agar siswa paham pentingnya matematika, maka mungkin saja minat siswa dalam mempelajari matematika akan lebih besar. Daripada siswa hanya tau bahwa ia wajib menghafal rumus-rumus demi mendapat nilai yang tinggi.

    ReplyDelete
  36. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Tujuan pendidikan matematka tidak semata-mata hanya menyampaikan ilmu matematika, namun juga mengarahkan siswa untuk menggunakan pengetahuan yang didapatnya untuk menyelesaikan atau setidaknya memahami berbagai fenomena sosial, ekonomi, dan bidang lainnya yang sekiranya akan menjadi bagian hidupnya di masa yang akan datang. Tidak ada yang tahu kelak siswa akan menjadi seperti apa. Tidak semua pekerjaan hanya mengaplikasikan matematika murni dalam bentuk teorema, definisi, prinsip, aksioma, lemma, dan segala objek pikiran. Banyak pekerjaan yang membuthkan lebih dari sekedar memasukkan rumus, yaitu interpretasi data dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  37. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Secara filsafat, tujuan pendidikan matematika ialah pengajaran aritmatika, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga pengembangan pemahaman siswa. Selain itu disebutkan pula bahwa tujuan dari pelajaran matematika adalah untuk mencapai gagasan yang dinyatakan dalam silabus, dan untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang sebenarnya. Tujuan pendidikan matematika bergantung pada ideologi dan filsafat pendidikan matematika. jadi tujuan pendidikan matematika berbeda bergantung pada sudut pandang mana yang digunakan untuk melihat matematika.

    ReplyDelete
  38. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Tujuan pendidikan matematika seperti yang diungkapkan oleh Paul Ernest akan bergantung pada ideology pendidikan matematikan. Indonesia yang negara demokrasi harusnya ideology matematikanya adalah public educator, akan tetapi yang terjadi di kenyataan sangatlah berbeda. Pada praktek di lapangannya Pendidikan matematika Indonesia saat ini condong pada ideology industrial trainer. Karena yang hanya ingin menciptakan siswa-siswa yang diperlukan oleh pasar, atau demi keuntungan saja.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  39. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kurikulum dalam matematika memerankan peran yang sangat penting. Kurikulum tersebut harus didasarkan pada proyek untuk membantu pengembangan diri dan kemandirian murid; situasi kehidupan pelajar adalah titik awal perencanaan pendidikan; akuisisi pengetahuan adalah bagian dari proyek; dan perubahan sosial adalah tujuan akhir kurikulum

    ReplyDelete
  40. There are several views about the nature of mathematics education aim. But, according to my opinion, the aim of mathematics education is to help students to face their problem in daily life. Mathematics can help to solve problems in daily life. So many things in this world that related to mathematic. Therefore, it is important for students to construct their mathematical knowledge to be trained to solve problems in the future life.

    thank you

    ReplyDelete
  41. Terimakasih bapak atas sharing ilmunya, semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Instruksi dalam matematika sesungguhnya tidak hanya bertujuan untuk siswa membangun pengetahuan matematikanya saja, tetapi juga siswa juga akan membangun nilai-nilai kepribadian atau membentuk sifat-sifat dalam dirinya yang akan tumbuh untuk menghadapi kehidupan di dunia nyatanya kelak.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  42. Name: Habibullah
    NIM: 17709251030
    Class: PM B (S2)

    Peace be upon you, and Allah mercy and blessings

    The purpose of the curriculum is not only to meet the targets of the curriculum alone, but more demanding to the learners' understanding, the understanding is more likely to emphasize the learning process activities that include finding concepts, interpreting etc. and learners are required to be able to apply it in everyday life.

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PMC

    Pendidikan seharusnya dianggap sebagai kebutuhan siswa dimana pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika bertujuan untuk memfasilitasi siswa. Memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuan matematikanya sendiri. Memfasilitasi siswa agar melalui matematika dapat mengembangkan dirinya. Memfasilitasi siswa agar dapat menerapkan matematika dalam kehidupannya di masyarakat.

    ReplyDelete
  44. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Belajar matematika tidak terlepas dari ciri matematika itu sendiri, yaitu (1) memiliki objek kejadian yang abstrak dan (2) berpola pikir deduktif dan konsisten. Sehingga matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Depdikbud, 1996). Secara umum tujuan pendidikan matematika di sekolah dapat digolongkan menjadi : tujuan yang bersifat formal, menekankan kepada menata penalaran dan membentuk kepribadian siswa. Tujuan yang bersifat material menekankan kepada kemampuan memecahkan masalah dan menerapkan matematika

    ReplyDelete
  45. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Saya rasa, pendidikan bukan hanya sekadar mentransfer ilmu tapi bagaimana mengajarkan nilai nilai yang ada. Jika ingin mengajarkan matematika berarti guru harus paham bahwa siswa harus paham, mampu menerapkan ilmu yang telah didapatkan, dan mampu mengomunikasikan proses yang ia lakukan.

    ReplyDelete
  46. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Pada artikel di atas disebutkan bahwa tujuan dari pendidikan matematika adalah "transfer" knowledge/pengetahuan maupun kreativitas untuk mengembangkan pemahaman siswa. Artikel ini ditulis 5 tahun yang lalu, sehingga adanya perubahan-perubahan mengenai tujuan pendidikan matematika merupakan hal yang wajar. Menurut saya, tujuan pendidikan matematika pada zaman sekarang ini mengacu pada teori konstruktivisme, dimana tujuan dari Pendidikan mathematika adalah memfasilitasi siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri tentang matematika. Tujuan ini bukan lagi hanya sekedar "transfer" pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi membantu siswa mengkonstruk pengetahuan yang baru berdasarkan pengetahuan lama yang telah ia ketahui. Tentu saja tujuan dari pendidikan matematika ini tidak selalu tetap, tetapi mengikuti kebutuhan atau keadaan zaman.

    ReplyDelete